Varises kaki

KODE ICD-10 : I83 : VARICOSE VEINS 

varicose veins Bagi sebagian orang, varises ( varices ) bukan masalah, terutama varices ringan tanpa keluhan. Sementara bagi orang lain, varices merupakan persoalan, yakni varises yang menimbulkan keluhan dan mengganggu aktifitas sehari-hari. Terlebih bagi orang-orang yang dalam pekerjaannya dituntut keindahan penampilan kaki (faktor kosmetik).

Meski bukan penyakit serius, varises dengan stadium lanjut kadang dapat mengakibatkan penyulit (komplikasi), seperti: perdarahan, luka infeksi dan gangguan sirkulasi pembuluh darah lainnya.

Varises (varices) adalah pembuluh darah balik (vena) yang melebar dan berkelok-kelok akibat gangguan (hambatan) aliran darah. Ini terjadi lantaran ketidakmampuan katub (klep) vena dalam mengatur aliran darah. Akibatnya aliran darah yang seharusnya mengalir lancar ke arah jantung, mengalami hambatan dan terjadi arus balik sebagian aliran darah dalam pembuluh darah vena, sehingga pembuluh darah vena melebar dan berkelok-kelok.

ANGKA KEJADIAN

varices Penelitian angka kesakitan di US dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang mirip. Wanita sekitar 50-55% sedangkan pria 40-50%.

Sementara ada ahli lainnya menyebutkan bahwa perbandingan frekuensi varises pada wanita dan pria adalah 5:3. Dengan kata lain, wanita memiliki faktor resiko lebih besar ketimbang pria. Perbedaan ini boleh jadi berhubungan dengan faktor hormonal. Berdasarkan usia, varises lebih kerap terjadi pada usia produktif.

FAKTOR PEMICU

Beberapa faktor pemicu terjadinya varises, antara lain:

  • Peningkatan tekanan pembuluh darah vena permukaan (vena superfisialis) oleh berbagai sebab.
  • Obesitas (kegemukan)
  • Berdiri lama (terutama para pekerja yang dituntut berdiri lama)
  • Faktor hormonal
  • Kehamilan
  • Obat-obat kontrasepsi (KB)
  • Faktor keturunan (genetik)

GEJALA DAN KELUHAN

Berdasarkan berat ringannya penyakit dan keluhan, varises terbagi menjadi 4 stadium, yakni:

Stadium I : Pada stadium ini keluhan biasanya tidak spesifik. Pada umumnya ditandai dengan keluhan tungkai, diantaranya: gatal, rasa terbakar, rasa kemeng, kaki mudah capek, kesemutan (gringgingen), rasa pegal.

Stadium II: Pada stadium ini ditandai dengan warna kebiruan yang lebih nyata pada pembuluh darah vena (fleboekstasia).

Stadium III: Pembuluh darah vena nampak melebar dan berkelok-kelok. Keluhan pada tungkai makin nyata dan makin kerap dialami.

Stadium IV: Pada stadium ini ditandai dengan timbulnya berbagai penyulit (komplikasi), antara lain: dermatitis, tromboplebitis, selulitis, luka (ulkus), perdarahan varises, dan gangguan pembuluh darah vena lainnya.

PENGOBATAN

Pada dasarnya pilihan pengobatan varises terdiri dari pengobatan tanpa operasi, pada stadium I dan II, serta pengobatan dengan operasi terutama pada stadium III dan IV.

Pengobatan tanpa operasi:

  • Pengobatan menggunakan bebat elastik (elastic bandage), kaos kaki kompresi dan pemakaian sepatu bertumit tinggi.
  • Obat-obat vasoprotektif (anti varises), diminum ataupun melalui suntikan.

Pengobatan operasi:

Tindakan operasi terutama dilakukan pada varises stadium III dan IV, namun bisa juga dilakukan pada stadium II. Teknik-teknik pengobatan pada varises sudah dikenal sejak abad kelima sebelum masehi. Seiring dengan perkembangan teknologi kedokteran, teknik operasi dikembangkan melalui pendekatan meminimalisir tindakan invasif. Operasi yang lazim dilakukan diantaranya: Stripping Varises, Ambulatory Phlebectomy (menghilangkan bagian varises dengan irisan kecil), dan Saphectomy.

Tindakan operasi yang bersifat invasif minimal, yakni: Radiofrekuensi Ablasi dan Endovenous Laser Therapy (EVLT).

TIPS PENCEGAHAN

  • Makan makanan bergizi dan Olahraga teratur.
  • Hindari berdiri terlalu lama. Sedapat mungkin melakukan relaksasi jika dalam aktifitas sehari-hari dituntut berdiri lama.
  • Hindari terlalu lama duduk dengan kaki menyilang. Posisi ini dapat menghambat aliran darah dari tungkai ke arah jantung.
  • Hindari pemakaian pakaian bawah yang terlalu ketat.
  • Jika sedang bepergian jauh, usahakan meluruskan kaki secara berkala dan memijit-mijit tungkai sehabis bepergian.
  • Gunakan kaos kaki elastis untuk mencegah penekanan pada tungkai.
  • Bagi yang suka sepatu hak tinggi, dapat menggunakannya agar otot sekitar varises berkontraksi dan untuk memperlancar aliran darah.

Semoga bermanfaat.

Kata kunci : Varises, varices, vena, pembuluh darah balik, spider Veins, phlebectomy, sclerotherapy

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

84 Responses to “Varises kaki”


  1. 1 Cahya Februari 18, 2010 pukul 6:39 am

    Sepertinya pada wanita lebih sering ya Cak, saya lupa apa ada faktor genetis terkait seks ya…

    Tapi kadang penderita yang mendapat komplikasi karena memang pekerjaan mesti lebih banyak berdiri atau mondar-mandir ke sana kemari.

    Kalau mau relaks kadang ada yang takut ditegur atasan – dikira bersantai-santai.

  2. 2 A.J.I Februari 18, 2010 pukul 9:35 am

    mungkin karena wanita sering memakai sepatu high heel jadi sering jinjit dan terjari penekanan pada telapaka kaki depan

  3. 3 bonk ava Februari 20, 2010 pukul 12:22 pm

    artikel nya berguna! keep blogging!

  4. 4 cakmoki Februari 20, 2010 pukul 6:24 pm

    @ Cahya:
    iya, faktor sex (hormonal) merupakan salah satu faktor etiologis.
    Benar, repotnya bagi para pekerja yg harus berdiri hampir seharian… mau leyeh-2 gak bisa… :)

    @ A.J.I:
    Pemakaian sepatu hak tinggi masih kontroversi, namun sebagian besar berpendapat bahwa hak tinggi sekitar 3 cm dapat memperbaiki aliran darah.

    @ bonk ava:
    Makasih kunjungannya :)
    hmmm, saya udah liat blog-nya… seger.

  5. 5 Cahya Februari 20, 2010 pukul 7:09 pm

    @Cak Moki,

    He he, saya ingat zaman koass Cak, berdiri kesana kemari :D

  6. 6 cakmoki Februari 20, 2010 pukul 11:11 pm

    @ Cahya:
    hehehe..iya, jaman koass adalah masa menyenangkan sekaligus penderitaan… kadang lari kesana kemari :D

  7. 7 GPRS GRATIS LINTAS OPERATOR Februari 22, 2010 pukul 9:08 am

    Takut juga ya jika ampe varisez. . .mahal g ya jika ampe operasi.kan biasanya ini terjadi sama ibu yang baru melahirkan. . .PUSAT SEGALA TIPS DAN TRICK

  8. 8 cakmoki Februari 22, 2010 pukul 3:41 pm

    @ GPRS GRATIS:
    iya, tapi gak selalu operasi, dan bukan penyakit berbahaya.

  9. 9 mei Februari 23, 2010 pukul 1:39 pm

    wahhh….keknya tanda tanda varises tahap 1 nih..tanda tanda penuaankah???

  10. 10 cakmoki Februari 23, 2010 pukul 4:20 pm

    @ mei:
    enggaklah… gak ada hubungannya dengan tanda penuaan :)

  11. 11 oshi Februari 28, 2010 pukul 1:05 pm

    wah wah.. kayaknya ada tanda-tanda varises di kakiku pak..

  12. 13 tukangsate Maret 18, 2010 pukul 7:32 pm

    Terima kasih artikelnya berguna sekali, tapi saya masih ada beberapa pertanyaan Cak

    1. Saya punya varises di betis sebelah kiri (sudah lama sekali, kalo ga salah sejak smp), selain kurang sedap dipandang awalnya tidak menganggu, namun akhir-akhir ini dibagian tersebut sering terasa pegel. Juga terkadang kalo dipake jogging sering terasa sakit (saya biasa jogging 3 km, setelah kira2 2 km bagian betis kiri tersebut terasa sakit, kayak ada yang tergencet gitu). Ini kenapa yang ya Cak?

    2. Kalo baca artikel diatas sepertinya dah stadium III, kalo mau konsultasi ke dokter spesialis apa ya Cak?

    3. Jika memang harus dioperasi di Samarinda ada ga Cak? kira-kira biayanya berapa Cak?

    4. Terima kasih Cak

    Salam
    Tukangsate

  13. 14 Nana Maret 19, 2010 pukul 2:39 pm

    bermanfaat nih artikelnya

  14. 15 cakmoki Maret 19, 2010 pukul 5:15 pm

    @ tukangsate:
    1) rasa pegal tersebut karena hambatan aliran darah balik… gak papa, gak bahaya… tapi tentu sangat menganggu.

    2) ke Dokter Spesialis Bedah

    3) Ada… silahkan ke RS Dirhagayu (dr. Ramelan Sp.B), atau ke RSUD. AWS (dr. Mangalindung, SpB), atau ke RSUD. IA. Moeis (dr. Wawan, Sp.B)
    Maaf, biayanya saya ga tahu persis… mungkin sekitar 2-3 juta.

    Moga sehat selalu
    Makasih

    @ Nana:
    Makasih :)

  15. 17 cakmoki Maret 20, 2010 pukul 3:19 pm

    @ tukangsate:
    sami-sami, maturnuwun

  16. 18 Adda Maret 24, 2010 pukul 3:25 am

    dok, apa varises ada hubungannya dengan selulit?
    bagaimana cara menghilangkan selulit?
    terima kasih

  17. 19 mey Maret 24, 2010 pukul 5:23 am

    mahalnya cak operasinya?ada diskon ga y?hehe..ibuku jg menderita varises kye stadium 3 :( ad cr lain selain operasi cak?

  18. 20 cakmoki Maret 24, 2010 pukul 2:22 pm

    @ adda:
    Mirip, tapi selulit ukurannya sangat kecil, dan gak ada hubungannya dengan varises.
    Untuk mengatasi selulit, silahkan baca artikel di blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/04/29/selulite-ahhh/

    Terimakasih

    @ mey:
    Itu kan hanya kemungkinan …. pastinya ga tahu persis.. :)
    Kalo stadium 3 hanya operasi. Dengan suntikan biasanya ga bisa, soalnya dah dalam.

  19. 21 Lengka Maret 31, 2010 pukul 6:05 am

    nice place to get a new atmosphere here, just wanna say you’ve a good skill seen on your post, really, I like it very much…keep blogging my Brada!!!

  20. 22 cakmoki Maret 31, 2010 pukul 2:36 pm

    @ Lengka:
    Makasih support dan kunjungannya…bravo Majalengka :)

  21. 23 LEgit April 17, 2010 pukul 9:45 am

    cak Kalo mw berobat d palembang kta hrs kmana ya????

    Apakah tidak ada jalan lain selain oprasi buat stadium 3 n 4 ???

    MAkasih Cak

  22. 24 cakmoki April 17, 2010 pukul 12:51 pm

    @ LEgit:
    Ke Poliklinik Bedah, RSUD setempat… ntar dokter bedah akan memeriksa dan menentukan stadium varises, kemudian akan memberikan pilihan pengobatan.
    Jika berdasarkan hasil pemeriksaan dokter bedah emang bener stadium 3-4, maka biasanya dilakukan operasi. Operasinya termasuk operasi kecil… jangan menyimpulkan sendiri sebalum diperiksa dokter … :)
    Makasih

  23. 25 keptin April 17, 2010 pukul 5:31 pm

    bermanfaat banget ni artikelnya , tapi kayanya banyak yang copas deh gan

  24. 26 cakmoki April 17, 2010 pukul 11:16 pm

    @ keptin:
    Saya jamin, semua artikel di sini tidak ada yg copas :)
    Maaf, saya bukan pencari duit di internet lewat cara-2 seperti itu.

    Perlu diketahui, artikel-2 tentang penyakit di seluruh dunia, mengacu pada tata cara yang baku. Jika menyangkut: definisi, patofisiologi, penyebab, gejala, pengobatan dan seterusnya, maka semua dokter akan menulis hal yg sama. Itu bukan berarti copy-paste. Yang beda hanya cara menyampaikannya saja … Ilmu tentang penyakit tidak sama dengan resep membuat jajan yg bisa sesukanya mencampur adonan…. begitu lho, Mas :)
    Makasih atas kunjungannya.

  25. 27 irfan April 29, 2010 pukul 9:06 pm

    cak, bagus artikelnya,
    mw nanya.. di betis saya sih gak da masalah apa2, cuma di kaki tu uratnya agak menonjol, pa itu varises?

    kalo operasi apakah yg di operasi tu hanya bagian varisesnya atokah organ dalam (misal: jantung to apa)??

    kenapa tidak menjelaskan tntg suntik varises cak? soalnya metode itu banyak yg sering menggunakannya ketimbang operasi….

    kalo suntik varises, biayanya berapa ya cak?

  26. 28 cakmoki April 30, 2010 pukul 3:30 pm

    @ irfan:
    Kalo gambarannya sama ato mirip dengan tanda-2 di atas, kemungkinan emang varises.
    Kalo operasi hanya varisesnya saja (hanya di bawah kulit).
    Suntik sudah saya tulis di bab pengobatan. Hanya saja tidak saya tulis rinci mengingat sngat teknis dan hanya dapat dilakukan oleh dokter.
    Saat ini, metode suntik sudah jatrang dilakukan kecuali 10 tahun yang lalu, itupun hanya untuk varises yg stadium 1. Lagipula, operasi saat ini sudah banyak pilihan metode yg minimal invasif.
    Biaya suntik setiap daerah dan setiap dokter berbeda-beda. Selain itu bergantung pada obat yg digunakan jumlah titik suntikan.
    Makasih

  27. 29 vita Mei 4, 2010 pukul 3:50 pm

    dok, utk varises stadium II atau III, pengobatan melalui operasi apakah akan meninggalkan bekas luka/sayatan? untuk daerah tangerang punya rekomendasi rumah sakit yg biasa melakukan operasi ini? Terimakasih infonya dok..

  28. 30 cakmoki Mei 4, 2010 pukul 4:08 pm

    @ vita:
    Dengan teknik terkini, bekas luka dapat diminimalisir.
    Maaf, saya tidak tahu RS dan dokter bedah terbaik di Tangerang
    Makasih

  29. 31 edi mashudi Mei 13, 2010 pukul 9:31 pm

    Terima kasih informasinya..saya sering main sepeda,jadi variesnya tampak besar stadium 3, kadang terasa pegal kalau terlalu berdiri lama…bingung menghilangkan dari kakinya, kedokter apa…

  30. 32 cakmoki Mei 14, 2010 pukul 5:02 pm

    @ :edi mashudi
    Periksanya ke doter bedah :)
    Moga segera teratasi

  31. 33 Yohan Wibisono Mei 20, 2010 pukul 4:52 pm

    dok, mengenai pemakaian hak tinggi kan masih kontroversi nih…bagaimana kalau memakai spatu hak lebih dari 3 cm? apa juga masih dapat memperbaiki aliran darah? thx untuk infonya…

  32. 34 lili Juni 20, 2010 pukul 8:34 am

    Dok, varises saya di tungkai dan betis sudah mulai membesar, saya di jkt, dimana yah sebaiknya saya konsultasi yang tidak mahal ?

  33. 35 cakmoki Juni 20, 2010 pukul 2:42 pm

    @ lili:
    Di Pilklinik Bedah RSCM
    Makasih

  34. 36 anra Juli 3, 2010 pukul 7:50 pm

    cak aq da verises di kaki kalau mau suntik atau opresi

    kalau di medan dimana ya tempatnya??

    kalu di klinik kecantikan bisa gak??

    emangnya harus konsultasi sama doktr bedah ya..

  35. 37 salmah Juli 4, 2010 pukul 1:42 pm

    cak aku mau nanya apa varises bisa disembuhkan dengan memakai stocking khusus varises klo bisa dimana saya bisa membelinya saya berdomisisli di makassar dan klo boleh tau berapa harganya makasih sebelumnya

  36. 38 cakmoki Juli 5, 2010 pukul 3:13 am

    @ anra:
    Di RSUD Pirngadi, Poliklinik Bedah
    gak bisa di klinik kecantikan…varises adalah kompetensi dokter spesialis Bedah.
    Makasih

    @ salmah:
    untuk yang ringan dan masih stadium I, bisa dengan elastic bandage… dapat dibeli di apotek atau toko Alkes (alat kesehatan)… harganya gak sampai 50 ribu.
    Makasih

  37. 39 406 Juli 28, 2010 pukul 8:19 pm

    cak
    aku punya varises nie
    tadi ada cara yang pake elastic bandage ya ?
    gimana caranya tuh ?
    truz kalo operasi , yang d solo yang bagus dimana ya ?
    kira kira butuh dana berapa ?

  38. 40 cakmoki Juli 29, 2010 pukul 12:59 pm

    @ 406:
    ya, untuk yg ringan dapat menggunakan elastic bandage… cukup dibalutkan di sepanjang kaki yang ada varisesnya secara teratur dan berkesinambungan. Harganya sekitar 25.000 s/d 50.000…

    bandage
    Kalo mo operasi, silahkan ke Poliklinik Bedah RUSD Solo.
    Mohon maaf, biayanya saya ga tahu.. :)
    Makasih

  39. 41 406 Juli 29, 2010 pukul 7:37 pm

    makasi cak
    oiya
    ngiketnya itu yang kenceng ato cuma diiket gto aja cak ?
    bagusnya diiket waktu apa cak ?
    hehehe

  40. 42 cakmoki Juli 30, 2010 pukul 1:12 am

    @ 406:
    Ngiketnya persis seperti gambar, walah , menjelaskannya sulit lewat tulisan :) …. jangan terlalu kencang supaya tidak mengganggu peredaran darah. tapi juga jangan terlalu kendor.
    Membalutnya pada saat rileks….bisa disambi nonton TV, tidur, dll.
    Makasih

  41. 43 406 Agustus 1, 2010 pukul 12:18 pm

    mau tanya lagi cak
    hehe
    misalnya kalo varisesnya udah pada tingkat 2 ato 3
    apakah ada cara lain untuk penyembuhannya selain dengan operasi atau dengan suntik ?

  42. 44 cakmoki Agustus 1, 2010 pukul 4:44 pm

    @ 406:
    Saya copy-kan lagi bab pengobatan ya … :)

    PENGOBATAN

    Pada dasarnya pilihan pengobatan varises terdiri dari pengobatan tanpa operasi, pada stadium I dan II, serta pengobatan dengan operasi terutama pada stadium III dan IV.

  43. 45 karim September 12, 2010 pukul 10:53 am

    Maaf dok,,

    saya punya varises di betis kanan,,
    kok varisesnya nambah menjulur kemana2,dan tambah besar, keliatan berkelok-kelok.,
    Ini mengatasinya bgaimna dok?

  44. 46 cakmoki September 12, 2010 pukul 5:38 pm

    @ karim:
    Untuk mengatasinya bergantung pada stdium varises.
    Untuk stadium 1-2 dengan pengobatan atau bebat elastik, sedangkan untuk stadium 3-4 dengan operasi.
    Untuk memastikan stadium varises dan pilihan tindakan medis, seyogyanya periksa ke dokter bedah ato poliklinik bedah RSUD setempat.
    Makasih

  45. 47 peewee September 23, 2010 pukul 2:24 pm

    Cak, saya mau tanya kl cuma dengan pemakaian elastic bandage apa benar2 bisa menghilangkan varises stadium I & II?? atau dengan harus minum obat jg?? Dan elastic Bandage haris dipakai dlm 1 hari brp jam? dan brp lama hrs pakai elastic bandage? Trims.

  46. 48 cakmoki September 23, 2010 pukul 2:52 pm

    @ peewee:
    idealnya dengan obat juga :)
    Pemakaian elastic Bandage, frekuensinya dan tekanan balutan serta arahnya akan ditentukan dokter berdasarkan hasil pemeriksaan varices… selain itu, bergantung pula kepada bahan elastic bandage yang digunakan oleh dokter.
    Demikian pula dengan lamanya pemakaian elastic bandage, ditentukan berdasarkan respon hasil pengunaan elastic bandage secara berkala.
    Dokter akan memberikan penjelasan tata cara penggunaan elastic bandage di rumah… tapi untuk yang pertama sebaiknya ke dokter.
    Makasih

  47. 49 tya September 28, 2010 pukul 8:08 am

    cak sy mau tanya.klo untuk pengobatan d bandung di RS mana ya?kl hrs operasi apa sesudahnya akan muncul lg atau tdk,apa bnyk yg sdh melakukan operasi n berhasilkah cak?soalnya kyknya varises sy dh parah nih,tp takut mau operasi.mksih.

  48. 50 tya September 28, 2010 pukul 8:10 am

    cak sy mau tanya.klo untuk pengobatan d bandung di RS mana ya?kl hrs operasi apa sesudahnya akan muncul lg atau tdk,apa bnyk yg sdh melakukan operasi n berhasilkah cak?soalnya sy takut mau operasi nih…

  49. 51 cakmoki September 28, 2010 pukul 2:13 pm

    @ tya:
    yang dokternya lengkap di RS Hasan Sadikin.
    Dah banyak yang operasi dan hasilnmya bagus… operasi varises adalah operasi ringan. Lagipula, saat ini operasi varises sudah canggih.
    Untuk mencegah timbulnya varises pasca operasi, silahkan baca Tips Pencegahan pada artikel di atas.
    Makasih

  50. 52 ranuwa November 16, 2010 pukul 12:06 am

    1. saya terkena varises sejak dari smp ..kaki kiri dan kanan …dan sekarang sudah ada sekitar 10 thunan sya menderita ini dan sering skali kesemutan …kadang” keram …kira” bahaya tdk ya …sya tkut…utk saat ini hal yang saya harus lakukan utk kesembuhan itu harus di operasi taw hanya gimana yaaa..';..dan jika memang di operasi da di RS mana …saya ada di kawasan ciputat tangerang…
    trimzz..

  51. 53 cakmoki November 16, 2010 pukul 3:57 am

    @ ranuwa:
    Varises tidak bahaya … untuk pengobatannya, sebaiknya berobat ke Poliklinik RSUD Tangerang. Ntar akan dipilih tindakan medis sesuai stadiumnya oleh dokter berdasarkan hasil pemeriksaan.
    Makasih

  52. 54 Teresa November 25, 2010 pukul 4:45 am

    Stlh saya membaca artikel ini saya jd ingin brtanya, disaat ini kondisi saya sdg mengandung jalan 8bln n kondisi kaki kanan saya hampir tiap malam kram n saya dari smp sdh kena varises dikedua kaki saya n yg saya tanyakan apakah berbahaya jika lg hamil sering kambuh kram kakinya? Thx tere

  53. 55 cakmoki November 25, 2010 pukul 2:10 pm

    @ Teresa:
    Varises Tidak Bahaya walaupun sedang hamil :)
    Makasih

  54. 56 ayukk Desember 1, 2010 pukul 10:42 pm

    maksih info`y yeaaa,,,,,,,,,,,,,

  55. 57 cakmoki Desember 2, 2010 pukul 12:24 am

    @ ayukk:
    makasih juga komen dan kunjungannya :D

  56. 58 aldro Desember 2, 2010 pukul 9:39 am

    Salam kenal dok, sy mau tanya kalo di bagian sekitar paha hingga bawah pinggang timbul urat2 berkelok2 warna merah, dan makin hari sepertinya semakin membesar dan bertambah luas. Apakah itu varises atau kelainan pembuluh darah lainnya, dok? Perlu saya jelaskan bahwa sebelumnya saya pernah mengkonsumsi jamu gemuk (yg tidak blacklist bpom) tentunya, apakah ada hubungannya atau efeknya dari jamu tersebut, dok?

  57. 59 cakmoki Desember 2, 2010 pukul 12:21 pm

    @ aldro:
    Salam kenal
    kemungkinan striae (timbunan lemak di bawah kulit) yang berhubungan dengan penggunaan obat gemuk (biasanya isinya steroid).
    Untuk memastikan striae atu bukan, silahkan baca artikel di Blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/04/29/selulite-ahhh/

    Makasih

  58. 60 aldro Desember 2, 2010 pukul 11:20 pm

    tks untuk jawabannya dok..

  59. 61 cakmoki Desember 3, 2010 pukul 2:00 am

    @ aldro:
    sama-sama

  60. 62 aldo Januari 17, 2011 pukul 7:24 pm

    aku mau nanya aku berumur 14 tahun apakah jika nanti saya di oprasi atau suntik varises tidak mempengaruhi masa pertumbuhan dan di manakah sebaiknya tempat dokter varises di makassar yang baik?
    thanks.

  61. 63 cakmoki Januari 17, 2011 pukul 11:01 pm

    @ aldo:
    Operasi atau suntik varises gak ada hubungannya dengan pertumbuhan dan tidak akan mempengaruhi pertumbuhan.
    Operasi varises dapat dilakukan di poli bedah RS setempat.
    Makasih

  62. 64 baju couple Januari 19, 2011 pukul 12:42 am

    dapat info menarik lagi nih.. baru tahu sy hal begini :)

  63. 65 cakmoki Januari 19, 2011 pukul 6:14 am

    @ baju couple: :)

  64. 66 nuti Januari 27, 2011 pukul 3:15 pm

    cakkalauvarisesnyadsebabkanfaktorketurunangmntu,,,pabissembuh

  65. 67 cakmoki Januari 27, 2011 pukul 5:25 pm

    @ nuti:
    bisa

  66. 68 pvc Februari 15, 2011 pukul 10:35 am

    dok dlu aku prnah operasi varikokel
    skrg di sekitar paha gmpg pegal dan aliran darah berdesir
    juga disertai gatal2 di kepala dan rasa terbakar/panas di badan
    apakah ini varises ?
    kalau saya kembali lagi ke dktr urologi uda bner ngga ?thanx

  67. 69 cakmoki Februari 15, 2011 pukul 10:59 am

    @ pvc:
    belum tentu varises… ya bener, untuk kontrol varikokelnya dapat kontrol ke dokter urologi.
    Thanx

  68. 70 eka Maret 7, 2011 pukul 11:59 pm

    Bagus artikelnya cak.
    Kl ke ahli bedah utk operasi, bilangnya ahli bedah apa?

  69. 71 cakmoki Maret 8, 2011 pukul 4:20 pm

    @ eka:
    Sp Bedah Umum
    makasih

  70. 72 marwadi Maret 10, 2011 pukul 6:59 pm

    ibu saya habis operasi varices….. gimana caranya agar operasi varices ibu saya cepat sembuh dan harus minum obat apa biar yang mancur agar ibu saya cepat sembuh? saya minta komentarnya….. tolong kirim ke alamat email saya…. terima kasih

  71. 73 cakmoki Maret 11, 2011 pukul 3:41 pm

    @ mawardi:
    jawabannya di sini aja :)
    operasi varises adalah operasi jenis ringan. Agar cepat sembuh:
    1) minum obat teratur sesuai anjuran dokter bedah
    2) makan makanan bergizi
    rata-rata sembuh dalam 1-2 minggu…setelah itu hanya perlu pemulihan
    Makasih

  72. 74 eka Maret 14, 2011 pukul 4:34 pm

    terimakasih atas jawabannya dok.
    yang mau saya tanyakan lagi, itu prosedur operasinya gimana dok? apanya yg dipotong? maaf karena saya agak kurang jelas dengan penjelasan diketerangan yg diatas.
    bius apa yang gunakan?
    terima kasih banyak atas penjelasannya

  73. 75 novi April 6, 2011 pukul 12:32 pm

    kalau ibu yang baru 3 minggu melahirkan apakah dibolehkan memakai sepatu berhak tinggi???

  74. 76 cakmoki April 6, 2011 pukul 3:29 pm

    @ eka:
    Yang dipotong pembuuh darah baik (vena).. prosedur operasinya sangat teknis, banyak jenisnya bergantung pada stadium varises dan letaknya.
    Bius yng digunakan pada umumnya bius parsial, bukan bius total.
    Makasih

    @ novi:
    boleh

  75. 77 aku April 10, 2011 pukul 1:48 pm

    terima kasih artikelnya sangat membantu.
    saya mau tanya apakah varises hanya terjadi di bagian kaki??
    lalu apakah di pinggang dan bagian atas tangan yg menunjukan tanda2 yang saama juga termasuk varises atau bkan??
    saya tunggu jawabannya.. terima kasih

  76. 78 maria l kurniadi April 18, 2011 pukul 5:04 am

    Dok,
    berapa lama operasi berlangsung untuk varises dan berapa lama penembuhannya?

  77. 79 tika April 18, 2011 pukul 9:54 pm

    mau nanya dok.. maaf sebelumnya kalau saya salah ‘kamar’.. karena sudah saya bongkar2 kok saya masih gak nemu rubrik yang pas untuk nanyain apa yang ingin saya tanyakan..
    saya dua bulan belakangan memiliki permasalahan dengan tulang bahu sebelah kiri saya dan juga lutut saya yang selalu berbunyi bersamaan setiap kali saya bergerak.. utamanya saat saya berjalan. saya mengerti kalau ini tidak berbahaya, hanya saja saya menjadi sedikit cemas karena kondisi ini diikuti pula oleh nyeri pada dada sebelah kiri baik saat saya ‘bergerak’ ataupun menarik nafas. kondisi saya saat ini tidak bisa mengangkat kedua tangan saya dengan leluasa.. karena seringkali saat saya melakukan hal tersebut.. saya merasakan sensasi nyeri menjalar dari pundak saya (utamanya yang kiri) berlanjut hingga ke lengan kiri dan juga dada kiri saya.. tipikal nyerinya adalah nyeri tajam. hal ini pada akhirnya akan diakhiri oleh rasa kebas pada seluruh tangan setelahnya. nyeri ini juga saya rasakan apabila saya membawa tas.. hanya saja bervariasi.. kalau saya membawa tas ransel.. saya merasakan sensasi nyeri berasal dari dada.. sedangkan kalau saya membawa tas cangklong (apa ya bahasa indonesianya??) saya merasakan nyeri bermula dari pundak ataupun bagian belakang tubuh saya.. saat saya mengenakan helm, saya merasakan nyeri dari bagian belakang leher saya.. merambat hingga mendekati telinga.. digunakan untuk menoleh kekanan.. ada perasaan tidak nyaman yang terkadang juga diikuti nyeri merambat yang sama. rasa tidak nyaman, kebas dan nyeri merambat ini juga saya rasakan pada (maaf) pantat saya yang merambat hingga pangkal paha utamanya saat saya bangkit dari duduk atau dari sepeda motor.

    atas saran seorang teman yang dokter umum, saya sudah mengunjungi dokter syaraf (sebulan lalu).. disana saya dilakukan beberapa tes sederhana dengan menekan beberapa bagian tubuh saya termasuk menekan kepala saya.. saat itu saya tak merasakan seluruh keluhan saya.. sehingga oleh dokter saya hanya diberikan vitamin B dan renadinac sebanyak 30biji masing2 dengan ijin meningkatkan dosis hingga 50mg apabila memang 25mg dianggap tidak berpengaruh.. saya juga diminta untuk tidak membawa beban dalam bentuk apapun.. sehingga praktis hingga detik ini saya memanfaatkan tas yang memiliki roda.
    masalahnya, hingga saat ini saya masih merasakan sakit yang sama dan renadinac 50mg tidak lagi memberikan pengaruh apapun pada rasa sakit saya. jujur, saya enggan untuk kembali kepada dokter syaraf tersebut.. dan saya juga sudah mempertimbangkan faktor psikosomatis pada diri saya mengingat banyaknya peran dan beban yang harus saya jalani baik fisik ataupun psikis.. pemikiran ini muncul karena adanya kesadaran bahwa coping yang saya miliki tidak selamanya bagus.. ada saat dimana pilihan saya adalah repress.. hanya saja dokter umum kenalan saya meyakini memang ada yang salah dengan diri saya. dia berpedoman pada 8gigi saya yang ‘hancur’ bukan karena karies.. namun lebih kepada karena ‘kalah’nya gigi saya saat mengunyah sesuatu.. (yang itu berarti bisa jadi sesuatu yang lunak macam roti)

    terkait dengan apa yang saya alami, adakah rekomendasi dari cakmoki mengenai dokter sp apa saya harus periksa? terimakasih sebelumnya..

  78. 80 cakmoki April 20, 2011 pukul 4:10 am

    @ aku:
    Maaf, kelewatan.
    pada dasarnya varises dapat terjadi di anggota badan yg lain, namun pada umumnya terjadi di kaki sebagaimana penjelasan pada artikel.
    untuk memastikan vdi tangan tersebut arises atau bukan, sebaiknya periksa ke dokter terdekat.
    makasih

    @ maria kurniadi:
    paling lama hanya sekitar 1 jam.
    Penyembuhan rata-rata gak sampai seminggu
    makasih

    @ tika:
    Makasih telah menceritkan kronologis keluhan secara runtut dan lengkap.
    Menurut saya, jika enggan kembali ke dokter syaraf, sebaiknya periksa ke dokter spesialis Rehab Medik atau Poliklinik Rehab Medik RSUD setempat untuk menjalani pemeriksaan sekaligus pengobatan dengan fisioterpai secara berkala dan berkesinambungan
    Pada umumnya, satu seri fisioterapi memerlukan 6-12 kali fisioterapi dengan interval 1-2 kali seminggu.
    Selama menjalani fisioterapi hendaknya tidak bosan mengingat keluhan tersebut tidak serta merta dapat diminimalisir dengan 1-2 kali fisioterapi.
    Moga segera sembuh
    Makasih

  79. 81 toibah April 22, 2011 pukul 1:50 am

    cak aku mohon bantuan mu. cak aku punya varises sudah setadium 3-4. aku mau oprasi. kira kira berapa lama aku harus beradadi rumah sakit.sampe gak 1 minggu.karena biar aku ambil cuti kerja.kalau di cibubur, di rumah sakit mana ya? terimakasih cak…

  80. 82 cakmoki April 22, 2011 pukul 3:08 pm

    @ toibah:
    Gak samapi seminggu, hanya perlu waktu 2-3 hari di RS.
    Di RS mana aja bisa, yang penting ada dokter bedahnya
    Makasih

  81. 83 ellena Mei 30, 2011 pukul 3:24 pm

    kalau masih berusia remaja, apakah bisa terkena varises juga?

  82. 84 cakmoki Mei 30, 2011 pukul 4:07 pm

    @ ellena:
    bisa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,958,869 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: