Mengenali Mata Minus Pada Anak

KODE ICD-10: H52.1 : Myopia

myopia Seorang ayah bercerita: “ Ketika anak perempuan saya masih kelas I SD, berulang kali kami selaku orang tua dipanggil ke sekolah oleh gurunya. Kami diberi tahu bahwa anak kami sering tidak menyelesaikan tugas menulis di sekolah sehingga harus pulang lebih akhir dibanding teman-temannya. Selain itu katanya anak kami suka menyontek tulisan temannya saat diberi tugas menyalin tulisan di papan tulis “. Si Ayah melanjutkan: “ Belakangan kami mengetahui mata anak kami minus 2,5 setelah konsultasi ke dokter.”

Sementara itu seorang Ibu berkisah: “ Putra saya memiliki hobi menggambar, Kabur nih tapi nampak tidak senang jika diminta menulis dan membaca. Dia juga suka banget menonton TV dan main game di layar komputer dalam jarak dekat sambil sesekali memicingkan matanya. Kata gurunya, putra saya kurang bisa menangkap pelajaran yang ditulis di papan tulis. Nilai raportnya kurang bagus terutama untuk pelajaran matematika. Atas saran dokter, saya memeriksakan mata anak saya. Ternyata minus 4. Setelah menggunakan kacamata, nilai pelajarannya berangsur membaik .”

Menikmati membaca Cerita seorang ayah dan ibu atas putra-putri mereka menunjukkan kepada kita bahwa peran orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mengenali kemungkinan gangguan penglihatan anak melalui pengamatan di sekolah dan di rumah ketika anak sedang belajar, menggunakan komputer, ataupun bermain yang menggunakan fungsi penglihatan.

Mata minus atau myopia merupakan kelainan refraksi dimana sinar sejajar yang masuk mata dibias membentuk bayangan di depan retina mata sehingga obyek terlihat kabur apabila melihat jauh.

Myopia ditandai dengan kabur jika melihat jauh, melihat obyek lebih jelas dalam jarak dekat,  mata mudah lelah dan kerap mendekatkan mata ke obyek yang dilihatnya.

Bagi anak yang mampu menyampaikan keluhan penglihatan, biasanya orang tua segera memeriksakan anaknya ke dokter.  Namun anak yang masih kecil atau tidak mampu menyampaikan keluhan penglihatan, para orang tua dapat memantau fungsi penglihatan anaknya melalui pengamatan sejak dini.

Myopia dapat dikenali apabila anak menunjukkan gejala-gejala sebagai berkut:

  • Kabur jika melihat jauh.
  • Memicingkan mata bila melihat jauh.
  • Membaca dalam jarak dekat.
  • Mata mudah lelah saat membaca.
  • Kadang mengeluh sakit kepala.

Bagaimana menanggulangi myopia ?

  • Menggunakan kacamata, yakni dengan koreksi lensa negatif terlemah yang menghasilkan penglihatan terbaik.
  • Lensa kontak. Penggunaan lensa kontak terutama pada myopia tinggi dan anisometria.
  • Bedah retraktif, meliputi: (a) Bedah refraktif kornea, yakni dengan mengubah lengkungan permukaan kornea menggunakan laser atau operasi lasik. (b) Bedah refraktif lensa, yakni tindakan ekstraksi lensa jernih yang diikuti dengan implantasi lensa di dalam mata (intraokuler). Tindakan bedah biasanya dilakukan jika dengan koreksi kacamata ataupun penggunaan lensa kontak tidak memberikan hasil yang memuaskan. Hanya saja, para orang tua hendaknya menanyakan efek samping yang mungkin timbul pasca operasi.

FAQ SEPUTAR MATA MINUS PADA ANAK

Apakah vitamin A dan wortel dapat mengurangi mata minus ? Jawab: Tidak. Mata minus bukan karena kekurangan vitamin A tapi karena kelainan refraksi sebagimana penjelasan pada pengertian myopia.

Apakah mata minus pada anak harus sering kontrol ? Jawab : Ya. Mata minus pada anak sebaiknya kontrol 6 bulan hingga setahun sekali terutama pada awal penggunaan kacamata karena mata minus pada anak biasanya cenderung bertambah sampai usia sekitar 20 tahun.

Semoga bermanfaat.

Edisi cetak, file PDF 499 KB, silahkan download di sini atau di sini.

Referensi:

  • PDT Ilmu Penyakit Mata RSU Dr. Soetomo, Surabaya, edisi III, 2006.
  • Ilmu Kesehatan Anak, Jilid II, ceakan XI, FKUI, 2005.

Berapa biaya operasi Lasik ? Silahkan lihat di sini.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

53 Responses to “Mengenali Mata Minus Pada Anak”


  1. 1 Cahya Januari 5, 2010 pukul 1:46 am

    Betul Cak, kalau minusnya besar kerasa banget (katanya), kalau saya cuma dikit, kadang antara pakai kaca mata dan tidak pakai sama saja :)

    Tentang masalah vitamin A, saya justru menemukan kebanyakan orang percaya bahwa ini membantu mengurangi mata minus. Lha, ternyata di masyarakat kita masih banyak simpang siur antara fakta dan mitos seputar kesehatan mata.

  2. 2 Sisil Januari 5, 2010 pukul 12:11 pm

    Kalo kata orang mata minus itu keturunan, saya setuju.
    Soalnya ayah dan ibu saya berkaca mata. Anak-anaknya yang 10 (halah banyak amat) berkaca mata juga. Sekarang 2 dari 3 anak saya memakai kaca mata sejak SD kelas VI. Nah lo, gimana dok biar cucu saya ga ketularan. Hehe .. mikirnya jauh amat ya, dok. Trims.

  3. 3 itikkecil Januari 5, 2010 pukul 11:00 pm

    sekalian konsul cak… umur saya jauh di atas duapuluh, tapi kenapa ada kecenderungan minus saya terus bertambah ya? apakah ada hubungannya dengan kebiasaan saya menggunakan komputer lebih dari empat jam per hari?

  4. 4 zeinitza Januari 6, 2010 pukul 11:49 am

    wah kebetulan nih jadi pengen curhat juga.

    saya juga cak mulai memakai kacamata dari kelas 4 SD waktu itu minus saya masih 1/4 mata kiri-kanan kemudian minus makin bertambah sampai saat ini saya tetap berkacamata.

    kalau baca tulisan cak moki diatas tentang ibu yang saat memeriksakan anaknya tau-tau matanya sudah minus 4 saya jadi ikut prihatin karena benar saat pertumbuhan minus akan berkembang lebih cepat.

    Dulu saya tidak tahu kalau minus mata itu ternyata ada bahayanya juga saya pikir nga masalah kan nga ada efek sampingnya kecuali rabun. Ternyata minus mata yang sangat tinggi cenderung berbahaya karena bisa menimbulkan gangguan pada cairan bola mata sehingga timbul floaters atau flashes, juga bisa menyebabkan penipisan retina bahkan ablatio retina (retina lepas).

    seperti saat ini saya pribadi sudah sempat laser retina karena di bagian atas ada yang menipis. kalau tahu begitu efeknya dari dulu saya jaga mata saya dengan pola makan, baca/nonton yang baik. Walaupun tidak bisa mengurangi at least bisa menghambat pertambahan.

    Memang sih sejak periksa mata tahun 2004-2009 minus saya tidak nambah lagi.

    Dokter mata saya sering menyarankan kalau nanti punya suami usahakan yang tidak berkacamata. Wah jadi bener nih minus faktor keturunan memang sih ortu saya juga berkacamata. Tapi kayaknya kebiasaan saya suka baca sambil tiduran juga banyak pengaruhnya.

    ugh… jadi nyesel…

    ah jadi kebanyakan curhat. Pokoknya titip pesen aja kepada bapak-ibu yang punya putra-putri berkacamata dan teman-teman yang minusnya masih kecil jangan lupa kontrol terus ke dokter mata tiap 6 bulan sekali. Jangan lupa banyak makan buah dan sayur untuk menjaga kesehatan mata…

  5. 5 cakmoki Januari 6, 2010 pukul 3:04 pm

    @ Cahya:
    iya…. bahkan para ahlipun berbeda pendapat soal mitos yang bekembang di masyarakat.
    Makasih tambahan infonya mealui link :)

    @ Sisil:
    Mata minus gak menular. Tapi ada pendapat ahli yang menyebautkan adanya kemungkinan diturunkan.

    @ itikkecil:
    halo mbak Ira ….
    Sebagian ahli berpendapat bahwa CVS (computer vision syndrom) diantaranya dapat mengakibatkan keluhan mata, tapi tidak disebutkan apakah menambah minus atau enggak. Meski begitu, bagi pemakai komputer dianjurkan untuk beristirahat setiap 2 jam agar terhindar dari keluhan-keluhan akibat CVS.
    Kalo bertambahnya dikit gak papa mbak …. biasanya perlu ceck setiap 2 tahun sekali.

    @ zeinitza:
    Makasih tambahan curhatnya …. pengalaman semacam ini sangat berguna bagi para orang tua dalam mendeteksi fungsi penglihatan dan memelihara kesehatan mata putra-putrinya…
    Sengaja saya tidak menulis komplikasinya supaya para pembaca gak terlalu takut :)
    Sekali lagi terimakasih.

  6. 6 Munir ardi Januari 6, 2010 pukul 6:11 pm

    Artikel yang sangat berguna cak untuk jaga-jaga siapa tahu suatu saat anak mengalami ciri seperti di atas jadi bisa dideteksi sejak dini, terimakasih

  7. 7 cakmoki Januari 7, 2010 pukul 12:08 am

    @ Munir ardi:
    Terimakasih atas kunjungannya, Pak :)
    Met berkarya

  8. 8 nai Januari 7, 2010 pukul 10:12 am

    kalo anak saya matanya juga rabun jauh tapi beda minusnya antara mata kiri dan kanan. waktu periksa kemarin yg kiri -0.5 sedangkan yang kanan diatas -5 kalau tidak salah -10, makanya dokter yang periksa sampai geleng-geleng. terus pakai kacamata dengan ukuran -0.5 dan -5.
    cak, apa minus yang berbeda jauh ini dapat menimbulkan mata juling ya ? soalnya mata anak saya yang kanan agak juling ke luar :|

  9. 9 cakmoki Januari 9, 2010 pukul 4:40 am

    @ nai:
    ya, perbedaan minus yang terlalu jauh dapat menimbulkan mata juling. Untuk itu diperlukan koreksi mata (refraksi) dan kontrol lebih cepat (6 bulan) ke dokter mata untuk meminimalisir perbedaan tersebut dan upaya meminimalisir juling.
    Trims :)

  10. 10 nararya Januari 9, 2010 pukul 3:41 pm

    saya dulu juga mengalami itu dok, kelas 6 SD mengalami kesulitan ketika harus membaca papan tulis sehingga saya harus sering2 bertanya pada teman apa yang tertulis didepan. pernah dicurigai guru karena berbisik2 pada teman saat ulangan dikirain menyontek, padahal saya kan mau nanya apa sih yang ditulis di papan tulis.hihi
    pas tes mata, saya langsung minus 3. ortu kaget juga, tapi memang ada turunan (ibu minus) dan hobi membaca saya yang siang malam tancap gas ;)

  11. 11 nararya Januari 9, 2010 pukul 3:43 pm

    eh lupa, sekalian nanya dong cak…kalo lasik itu apakah membuat mata yang minus menjadi normal selamanya atau ada kemungkinan terjadi penambahan minus lagi setelah operasi?

  12. 12 cakmoki Januari 10, 2010 pukul 2:02 pm

    @ nararya:
    Lasik dimaksudkan untuk koreksi myopia dengan mengubah lapisan kornea mata. Menurut evaluasi FDA pada tahun 2006, 95% pasien menyatakan puas pasca operasi dan sekitar 140 pasien menyatakan adanya keluhan efek samping. Ini berarti sebagian besar menjadi normal.
    Untuk itu bagi seseorang yang ingin operasi Lasik, dianjurkan untuk konsultasi ke dokter mata dan mendiskusikan untung ruginya serta kemungkinan efek samping yang terjadi pasca operasi.
    Trims :)

  13. 13 nurhayadi Januari 19, 2010 pukul 2:17 am

    thanks inpo kesehatannya gamblang sekali, mbacanya sekali saja dah langsung nyanthol di otak.

  14. 14 cakmoki Januari 19, 2010 pukul 9:21 am

    @ nurhayadi:
    Moga pembaca yang lain juga tidak kesulitan memahami artikel ini… Trims atas kunjungannya :)

  15. 15 Dwie Januari 19, 2010 pukul 7:48 pm

    Dok…
    saya jg pake kaca mata -4, kira-kira kalo di lasik biaya nya mahal ga ya…?
    tks dok…

  16. 16 cakmoki Januari 20, 2010 pukul 12:58 am

    @ Dwie:
    di artikel paling bawah, ada link tentang biaya lasik. Silahkan dilihat.
    Menurut pihak klinik tersebut, biaya tidak tergantung besar kecuilnya minus, tapi bergantung pada pilihan jenis teknik operasi yang dilakukan.
    Trims

  17. 17 Rock Januari 21, 2010 pukul 6:33 am

    Artikel yang sangat bermanfaat…

    btw tukeran link yuk? Link “Cakmoki” sudah nongkrong di “ROCK”, silahkan di cek… Makasih sebelumnya & salam kenal…

  18. 18 cakmoki Januari 22, 2010 pukul 8:36 pm

    @ Rock:
    Salam kenal…
    Ok, ntar saya link di halaman Temans.
    Makasih kunjungannya :)

  19. 19 Anas Kamtiyono Januari 23, 2010 pukul 1:49 am

    Wah, anak-anak ternyata juga bisa kena yang beginian ya Cak?
    Jadi ingat akan nikmat yang harus disyukuri nih :D

  20. 20 cakmoki Januari 23, 2010 pukul 2:30 am

    @ Anas Kamtiyono:
    iya, bisa …. Mari kita bersyukur … :)

  21. 21 suwung Januari 28, 2010 pukul 4:57 pm

    wah anaku juga minus nih… kasihan kalo pake kacamata

  22. 22 cakmoki Januari 29, 2010 pukul 2:19 am

    @ suwung:
    sebaiknya pake kacamata pak, agar anak tidak terganggu belajarnya :)

  23. 23 erina Februari 3, 2010 pukul 11:34 pm

    aku mau tanya dong!! skarang tuhkan jamannya kontak lens, tapi mata aku normal aja. gak mines, plus, dan silinder. apa boleh aku pake kontak lens??? bahayanya apa mata yang normal pake kontak lens???? makasih….

  24. 24 cakmoki Februari 3, 2010 pukul 11:50 pm

    @ erina:
    menurut saya tidak perlu pake kontak lens. Untuk apa ?
    Kalo nekat mau pake gak bahaya sih, hanya saja repot merawatnya, kemungkinan iritasi jika gak terawat dan yang jelas keluar biaya untuk sesuatu yang tidak perlu … maaf :)
    Makasih

  25. 25 Ardi Februari 11, 2010 pukul 1:26 pm

    aku mao tanya neh…

    mata kiri aku minus 0,5 , dan kanan minus 0,75…

    apakah dengan minus yang masih kecil itu koq aku duduk dibelakang liat papan tulis udh gak nampak tulisannya??

  26. 26 cakmoki Februari 11, 2010 pukul 3:36 pm

    @ Ardi:
    iya, bisa aja gitu, terlebih jika jaraknya lebih 6 m. Untuk itu sebaiknya pake kacamata agar bisa menikamti tulisan dan membaca dengan nyaman :)

  27. 27 Umminya ahmad Februari 15, 2010 pukul 4:37 pm

    Cak moki yg slalu mnjawab prtnyaan pasien… suami saya minus >4. Di depan komputer bisa 8-10 jam,krn kerjanya emang jd peneliti di puslit informatika lipi. Umur 30 th, apa minusnya bisa tambah? Saya jg minus meskipun sedikit. Apa bisa nurun k anak? Anak saya 3 th sdh pinter main komputer, bahkan dial up k internet. Apa itu jg bs jd pencetus minus anak kelak?
    Matur suwun sanget

  28. 28 cakmoki Februari 16, 2010 pukul 12:10 pm

    @ Umminya ahmad:
    Maaf Bu, terlambat menjawab :)
    Pada usia segitu biasanya gak bertambah. Kalaupun bertambah gak akan banyak.
    Kemungkinan menurut ke anak tetap ada kalo mengacu faktor genetik sebagai salah satu teradinya myopia.
    Adapun terlalu lama di depan komputer disebutkan dapat menjadi faktor pencetus dikarenakan akomodasi berlebihan.
    Untuk itu, sedapat mungkin diupayakan agar mengistirahatkan mata setiap 2 jam jika sedang berkomputer.
    Maturnuwun.

  29. 29 mamah rafly Februari 17, 2010 pukul 6:50 pm

    cakmoki, saya mau nanya, anakku baru umur 2,5 th ,beberapa hari ini matanya selalu berkedip-kedip tidak seperti biasanya,apakah pengaruh komputer ,soalnya dia selalu ikut di depan komputer,apakah anakku matanya akan minus?? Makasih…

  30. 30 cakmoki Februari 18, 2010 pukul 12:59 pm

    @ mamah rafly:
    Kedip-2 tersebut bisa jadi pengaruh layar konitor komputer. Untuk deteksi dini mata, gak ada salahnya periksa ke dr sp mata.
    Makasih …

  31. 31 Care and Healed Maret 10, 2010 pukul 5:26 am

    Tertarik dgn info seputar CVS dengan insidensi myopia pada anak nih, Cak. Soalnya saat jalan2 di google, banyak ketemu hubungan yg signikan antara tipe monitor tertentu dgn keluhan mata. Tapi ini masih salah satu dari banyak faktor.

  32. 32 cakmoki Maret 10, 2010 pukul 12:28 pm

    @ Care and Healed:
    ya, itu diduga sebagai salah satu faktor.
    CVS pernah saya tulis : di sini.
    Makasih

  33. 33 bunda zaqi Mei 16, 2010 pukul 10:12 am

    Cak moki yang baik, stelah membaca keterangan dan
    pengalaman dr teman2 sebelum ny,
    sepertinya anak q jg minus. Sebaiknya periksa k dokter anak dulu atw langsung ke
    Doketr anak?

  34. 34 cakmoki Mei 17, 2010 pukul 5:05 am

    @ bunda zaqi:
    sebaiknya langsung periksa ke dokter spesialis mata.

  35. 35 yohan wibisono Mei 27, 2010 pukul 11:43 am

    dok, adakah cara tepat yang bisa kita gunakan agar anak kita khususnya terhindar dari Mata minus atau myopia ini? karena kasihan juga kan kalau masih kecil udah harus pakai kacamata…yah, siapa tahu ada caranya, kan lebih baik mencegah daripada mengobati (seperti kata pepatah). makasih sebelumnya dok, atas infonya..salam

  36. 36 Susinto September 9, 2010 pukul 3:44 am

    Cak Moki,

    Ini anak saya baru kelas 2 SD (7 tahun) setelah diperiksa matanya ternyata masing-2 minus 0,5 kiri dan kanan dan disarankan oleh toko kacamatanya memakai kaca mata pada saat baca dan nonton,

    Pertanyaannya adalah apakah minus tersebut bisa normal kembali setelah mengkonsumsi vitamin mata dalam waktu dekat?

    Apakah vitamin mata yang bagus untuk seusia anak saya? bisa dibantu vitamin yang baik?

    Oya apakah sering main gameboy bisa menyebabkan mata minus?

  37. 37 cakmoki September 9, 2010 pukul 9:20 pm

    @ yohan wibisono:
    maaf, kelewatan….
    Gak ada cara khusus untuk menghindari mata minus karena kondisi tersbut merupakan kelainan refraksi.
    Makasih

    @ Susinto:
    Tidak bisa… mata minus adalah kelainan refraksi, tidak bisa diatasi dengan vitamin apapun. Beda kalo mata kabur karena kekurangan vitamin A dimana kaburnya akibat gangguan pada retina, sedangkan pada mata minus tidak kekurangan vit A melainkan karena gangguan refraksi lensa mata.
    Makasih

  38. 38 Nur Oktober 9, 2010 pukul 5:59 pm

    Saya tdk tau kalau sy minus atau tdk. Tp stlh sy mencoba kacamata minus 1 tmn sy, saya merasa sgt nyaman dan enak di pakai membaca. Namun stlh ke dokter, sy tdk ada minus. Apakah sy minus?

  39. 39 cakmoki Oktober 10, 2010 pukul 12:16 am

    @ Nur:
    Kalo sudah diperiksa ke dokter dan dinyatakan tidak minus, berarti tidak minus.

  40. 40 joy November 4, 2010 pukul 9:24 pm

    cak moki, anak saya 7th kelas 1SD, keluhan di sekolah selalu tidak kelihatan tulisan di papan tulis. Diperiksa oleh dokter ternya minus 2 dan silindris 2, kiri kanan. Trus dokter menyarankan untuk diobati dulu, dokter resepkan vitamin lalu kontrol kembali seminggu kemudian. Menurut cak, apakah perlu minum obat dulu baru kontrol kembali? atau langsung pakaikan kacamata saja?
    Mohon sarannya cak, trims.

  41. 41 cakmoki November 5, 2010 pukul 12:05 am

    @ joy:
    Mata minus gak ada obatnya… yang terbaik adalah dengan menggunakan kacamata minus dan silindris.. makin cepat makin bagus supaya anak gak tersiksa dan dapat menikmati pelajaran dengan nyaman :)
    Makasih

  42. 42 Nasya Desember 4, 2010 pukul 8:54 pm

    mas, saya mau nanya. Saya sering membaca sambil tiduran dengan jarak yang dekat. saya juga sering main komputer lebih dari 3 jam karena banyak tugas. mata pun cepat lelah. kira-kira, apakah saya minus?

  43. 43 Nasya Desember 4, 2010 pukul 10:09 pm

    Oh ya. Kalau orang yang matanya minus itu kebanyakan sipit atau nggak?

  44. 44 cakmoki Desember 5, 2010 pukul 12:08 am

    @ Nasya:
    Untuk memastikannya perlu periksa :)
    Silahkan ke optical, ntar akan ketahuan minus apa enggak.

    Mata minus gak ada hubungannya dengan mata sipit atau enggak.
    Makasih

  45. 45 bintang Desember 14, 2010 pukul 3:33 pm

    cak Moki , anakku yang hanya satu , mata kirinya minus 1,25 kanan 0,25 . trus dia nangis……. kenapa aku begini ibu? umur 8 tahun kelas 3 sd . Sedih mendengar tangis nya. Dia belum mau pake kaca nya , karena teman sekolahnya yang pakai kacamata terlihat repot dengan kaca matanya. tidak bebas bermain dan pasti tidak nyaman , kelu anakku . menurut Dr. dia tidak mengeluh karena mata kanannya berfungsi baik , Dia lalu searching di google ( di dampingi aku) lalu menemukan arikel sekaligus memasarkan kacamata seperti yang di jual di apotik century , aku lupa namanya made germany . effectif kah? tks ya

  46. 46 cakmoki Desember 15, 2010 pukul 12:37 am

    @ bintang:
    Semua kacamata, made in manapun, sama saja.
    Kalo baru pasang kacamata emang adakalanya gitu. Namun dengan support, secara perlahan anak akan memahami betapa enaknya memakai kacamata karena bisa membaca dengan jelas, melihat teman bermain dengan lebih terang, dan gak repot ketika melihat tulisan di papan tulis ketika sekolah.
    Bayangkan kalo gak pake kacamata, melihat tulisan sambil memicingkan mata, gak bisa menikmati membaca…dll. Jadi, untuk mensupport anak adalah dengan menunjukkan manfaatnya. :D
    Makasih

  47. 47 Nira Januari 25, 2011 pukul 7:39 pm

    kalau harga periksa ke dokter berapa ya???

  48. 48 cakmoki Januari 25, 2011 pukul 11:38 pm

    @ Nira:
    sekitar 125-200 ribu

  49. 49 tomi Maret 20, 2011 pukul 4:36 pm

    Cak Moki yang baik.

    Saya mau tanya.
    Saya pernah periksa mata saya di optik.
    Setelah dicek, mata kiri saya minus 0.75 dan yang kanan minus 1.
    Orang optik tersebut menyarankan saya untuk menggunakan kacamata.

    Belakangan ini mata saya memang kabur kalau melihat benda jauh karena kerja di depan komputer lebih dari 10 jam per hari.

    Pandangan agak jelas ketika hari masih pagi.
    Namun kalau udah sore, mata mulai kabur.
    Untuk jarak pandangan yang terjauh, hanya jelas jika melihat dari jarak 2 ~ 3 meter. Kalau lebih dari 3 meter, mata saya akan kabur.

    Yang ingin saya tanyakan, kalau mata minus 1 sebaiknya menggunakan lensa berapa? Lensa minus 1? Atau bolehkah menggunakan lensa minus 0.75?
    Mohon penjelasannya.

    Terima kasih

  50. 50 cakmoki Maret 20, 2011 pukul 4:48 pm

    @ tomi:
    Lensa yang tepat dan nyaman adalah yang sesuai hasil pemeriksaan, yakni minus 0,75 untuk yang kiri dan minus 1 untuk yang kanan.
    Minus segitu sebaiknya pake kacamata agar nyaman dan gak mudah pusing.
    Makasih

  51. 51 Agus April 5, 2011 pukul 2:21 pm

    Cak, mau tanya juga..
    saya umur skrg udah 32, dan sudah pake kacamata sejak umur 25 tahun, dan hampir setiap tahun minusnya nambah antara 1/4 sd 1/2
    Kira2 apakah minus saya bisa nambah terus setiap tahun, dan pada umur berapa minus itu akan berhenti nambahnya.

    Trus saya punya anak yg baru berumur 5,5 tahun, saat ini masih di TK, setiap lihat tv dr jauh selalu ngriyip2, dan kata bu gurunya kalo duduknya di belakang dia juga griyip2 sehingga pelajarannya sring tidak selesai. Setelah saya periksa ke dokter, dokter bilang silindernya masih kecil banget… dan cuma dikasih vitamin

    Apakah kalo masih kecil, dgn vitamin bisa membantu agar minusnya tidak tambah, dan seberapa besar faktor keturunan berpengaruh?

    Maaf ya Cak, kalo nanyanya kepanjangan..
    Matur Suwun

  52. 52 cakmoki April 17, 2011 pukul 5:32 pm

    @ Agus:
    Wah, maaf kelewatan
    Masih bisa nambah pak… mestinya sih usia sekitar 20-25 udah ga nambah, tapi ada kalanya masih nambah 1/4-1/2.
    Untuk anak, gak bisa pake vitamin, harus pake kaca mata supaya nyaman melihat dan gak terganggu pelajarannya.
    Untuk itu, silahkan bawa anak ke optical aja
    Maturnuwun

  53. 53 vida Mei 25, 2011 pukul 9:43 am

    ass,….
    cak saya mw tanya,..
    skrg sya umur 20,dan sudah pkek kcamata sejak umur 17.pd wktu itu sya minus 2,5 cak,tp sya blom memeriksakan kmbali mata sya.krn stiap sya mw priksa mta,sya tkut minus sya brtmbah.
    dan yg sya rsakan skrg,kayaknya mata sya ndak ad prubahan,bahkan kayaknya brtambah minusnya.
    saya takut cak…dan sya tdk nyaman dengan kondisi ini.ap yg hrus sya lkukan?ap ad cra untuk menyembuhkan mta sya ini…?
    trimakasih


Berikan Balasan

Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,984,847 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

