Penyakit berbahaya atau bukan ?

DOK, APAKAH PENYAKIT SAYA BERBAHAYA ?

tidak_berbahaya Ketika seseorang sakit atau mengalami gangguan kesehatan, adakalanya ia bertanya-tanya dalam hati: “ bahaya atau tidak ? “ Pertanyaan senada kadang ditanyakan langsung kepada dokter yang memeriksanya di saat  berobat. Namun tak jarang ada yang menanyakan bahaya tidaknya penyakit melalui email atau melalui forum tanya jawab di internet seiring dengan makin berkembangnya informasi interaktif masalah kesehatan di internet. Pertanyaan ini sangat wajar. Siapa sih yang mau dihinggapi penyakit berbahaya ?

Dalam  pelayanan medis dan komunikasi dokter-pasien, seorang pasien berhak mengetahui informasi tentang penyakit dan kondisi yang dialaminya, sedangkan seorang dokter berkewajiban memberikan informasi kepada pasiennya dengan cara yang “bijak”.

Pada keadaan tertentu seorang dokter mungkin tidak sulit untuk memberi tahu kepada pasiennya bahwa penyakit yang diderita si pasien tidak berbahaya. Sebaliknya di saat yang lain, dimana kondisi pasien sudah pada fase terminal, bisa jadi seorang dokter merasa kesulitan untuk memberi tahu kondisi pasien dengan cara apa adanya. Menghadapi situasi semacam ini biasanya seorang dokter memilih jalan tengah, yakni memberi tahu keluarga dekat si pasien dengan cara yang “bijak” sembari memberi support untuk tetap berikhtiar.

Ditinjau dari sudut pandang pasien, istilah “bahaya” barangkali bukan hanya berbahaya terhadap jiwa, langsung maupun tidak langsung, tapi mungkin dapat bermakna lain bergantung pada penyakit dan maksud penderita itu sendiri.

Sebagai contoh, ketika seorang pria dewasa menderita Disfungsi Ereksi lantas menanyakan bahaya atau tidak terkait penyakitnya, tentu istilah “bahaya” yang ditanyakannya tidak berhubungan dengan keselamatan jiwa. Pada kasus ini, istilah “bahaya” mungkin dimaksudkan apakah nantinya “cucakrowo” masih mampu berkicau sambil mengepakkan sayap atau lunglai selamanya. Makna lain mungkin dimaksudkan apakah ia nantinya mampu memuaskan pasangannya dan memberikan keturunan atau tidak.

Demikian pula misalnya ketika seorang gadis menanyakan bahaya tidaknya bekas cacar air di wajahnya. Pada contoh ini, istilah bahaya sangat mungkin berhubungan dengan “penampilan”.

Lain lagi manakala seorang penderita Herpes zoster menanyakan bahaya tidaknya penyakit yang sedang dideritanya. Secara umum, pertanyaan “bahaya” mungkin dikaitkan dengan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh Herpes zoster. Sedangkan secara khusus, bila Hepers zoster menyerang area wajah, khususnya area mata, pertanyaan “bahaya” barangkali berhubungan dengan efek terhadap fungsi penglihatan.

Tatkala seorang ibu diberitahu bahwa anaknya menderita infeksi amandel (tonsilitis), boleh jadi istilah “bahaya” yang ada di benaknya dikaitkan dengan operasi atau tidak. *membahayakan isi dompet* :)

Beberapa contoh kecil  di atas menunjukkan bahwa istilah “bahaya” yang digunakan seseorang terkait dengan penyakit yang sedang dideritanya, tidak selalu berhubungan dengan keselamatan jiwa. Istilah “bahaya” tersebut memiliki makna lebih luas, lebih bervariasi, bahkan adakalanya bersifat individual bergantung pada pelbagai faktor yang menyertainya.

Menilik beragamnya maksud pertanyaan “bahaya” dari masing-masing pasien berkenaan dengan penyakitnya, seorang dokter dituntut untuk lebih “mengenal” para pasiennya agar informasi yang diberikan tidak meruntuhkan mental pasien. Jika tidak, “maksud baik” seorang dokter untuk memberitahu pasien dengan tujuan agar mengetahui penyakitnya, bukan tidak mungkin justru akan membuat pasien makin menderita sepulang dari ruang pemeriksaan dokter.

Di media online, pertanyaan tentang “bahaya” tidaknya penyakit kerap diajukan oleh pengunjung. Hal ini sangat wajar mengingat begitu banyaknya informasi penyakit dan kesehatan bertebaran diinternet.

Kadang seseorang merasa sangat khawatir hanya gara-gara membaca kalimat yang beraroma “menakutkan”, seperti: waspadaijangan remehkannol koma sekian persen berakhir dengan kematian … dan kata-kata bombastis sejenis yang bagi sebagian orang mengakibatkan tak dapat tidur semalaman.

Salahkah ? Tidak. Keduanya tidak salah. Penulis artikel mungkin ingin mengajak pembaca untuk berhati-hati, sedangkan pembaca yang ketakutan juga tidak bersalah atas rasa takutnya.

Lantas bagaimana jalan keluarnya ? Yang diperlukan menurut saya adalah dibukanya pintu dialog online, melalui email atau halaman tanya jawab (konsultasi atau apapun namanya) secara berkesinambungan agar dapat saling bertukar informasi secara “bijak”.

Dibanding di ruang pemeriksaan dokter atau di praktek, dialog online bisa dibilang lebih sulit lantaran komunikasi antara pengunjung dan dokter dilakukan dengan “tidak saling berhadapan”. Berbeda dengan di ruang periksa, dimana seorang dokter sedikit banyak dapat menilai pasien sehingga lebih mudah memilih kalimat yang tepat dalam memberikan informasi.

Bagimana pendapat pembaca ?

Silahkan berbagi … :)

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

21 Responses to “Penyakit berbahaya atau bukan ?”


  1. 1 Mey Oktober 30, 2009 pukul 9:54 am

    Cak,leher sblh kiri saya (pas diatas pundak) ada benjolan kecil 2.yang 1 bulat yang 1 agak panjang,kalau ditekan sakit tp kalo dibiarkan biasa saja.kira2 muncul 18 okt 09,yang panjang kempes,tapi yang bulat sepertinya bertambah besar.tapi saya sama sekali tidak habis jatuh/cedera,badan saya juga sehat-sehat saja,tidak panas,batuk ato apa,kira-kira itu apa ya cak?kalau mau periksa,ke dokter umum dulu atau kemana?kira2 bayarnya berapa ya cak?thanks

  2. 2 cakmoki Oktober 30, 2009 pukul 4:00 pm

    @ Mey:
    Kemungkinan peradangan kelenjar (limfadenitis). Sebaiknya tidak dipencet-pencet atau ditekan agar tidak makin membesar.
    Periksaanya cukup ke dokter umum, biasanya akan diberikan obat selama 7-10 hari.
    Biaya periksa bergantung pada masing-masing dokter dan masing-2 daerah, biasanya biaya gak sampai segitu.
    Sedangkan harga obat bergantung pada jenis sdan jumlahnya.
    Trims

  3. 3 Mey Oktober 31, 2009 pukul 8:31 am

    Makasih cak,mg2 sy cepet sembuh,amin..mg2 jg cak moki slalu drahmati Allah

  4. 4 aprillins Oktober 31, 2009 pukul 9:54 am

    yaaa.. kalau saya sih masih santai aja dokterr.. karena masih sehat sehat saja, paling mata yang rada2 sliweran..

  5. 5 sibermedik November 1, 2009 pukul 2:44 am

    Saat ini yang bikin ‘Lebay’ sebuah kondisi penyakit adalah Sinetron dok..kapan ya ada film sekelas “Dokter Sartika” seperti awal tahun 90-an yang benar2 mendidik masyarakat di bidang kesehatan disamping sisi hiburannya.. *PR buat MENKES yag ngaku Jago IKM lulusan Amrik*

  6. 6 cakmoki November 1, 2009 pukul 1:41 pm

    @ Mey:
    Ya, moga cepet sembuh… Makasih juga atas do’anya, moga demikian pula sebaliknya.

    @ aprillins:
    Mata sliweran sih obatnya gampang, cuci mata di Mall :D

    @ sibermedik:
    iya, rasanya hingga detik ini belum ada satupun sinetron dunia medis sekelas Kartika … Gimana kalo kita bikin sendiri? Sampetan dadi pemeran utama didampingi Jupe … hahaha

  7. 7 sibermedik November 1, 2009 pukul 10:58 pm

    haduw, kalau syuting bareng Jupe ntar putrinya camer jingkrak2 dong.. Btw, mampir di blog saya yg baru ya dok: http://www.petualangankoas.wordpress.com

  8. 8 cakmoki November 2, 2009 pukul 12:01 am

    @ sibermedik:
    halah, paling jingkrak-2 ngasih hadiah :D
    Ok, ntar saya liat dan sy link

  9. 9 Kakaakin November 4, 2009 pukul 10:20 am

    Berkunjung….udah lama saya nggak mampir kesini… :)
    Kadang masyarakat punya pendapat sendiri tentang penyakitnya, biasanya sih dari pengalaman pribadi atau tetangga… :)
    Di tempat saya, ada bapak2 yang datang ke UGD setelah hari sebelumnya dia tertusuk paku. Katanya “biasanya saya ketusuk paku nggak apa2, Mbak. Cuma yang ini kok bengkak ya?” Waduh… untung nggak kejang2 pak…

  10. 10 cakmoki November 5, 2009 pukul 10:57 pm

    @ Kakaakin:
    iya, biasanya gitu .. makanya kita berkewajiban untuk aktif memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. :)
    Tantangan kita makin berat karena sebagian media cetak (koran) malah aktif promosi informasi kesehatn yang gak mendidik setiap hari (ngejar ongos iklan kalee)

  11. 11 jumardin asih November 9, 2009 pukul 7:27 pm

    iya berbahaya dok kalau dokternya juga ga tau kalau penyakit pasiennya berbahaya atau tidak.

  12. 12 cakmoki November 10, 2009 pukul 2:09 pm

    @ jumardin asih:
    iya :D

  13. 13 mrtajib November 13, 2009 pukul 8:27 am

    pagi dok..

    saya buka di ruang tanya jawab, eh dah ditutup semua…:)) Akhirnya ya terpaksa nulis disini. Ceritanya, seorang teman fan blog panjenengan kirim sms kepada saya, isinya berikut ini:

    P’tlg emailkan dr.cakmoki,td ku lupa.. Anaku mtanya merah n sll digosok2 trs,udh 1 mgu,n udh t’ksh salep cendo fenicol tp blm da prbhan. Tlg tnykn kmgknan sbb knp,n apa solusi plg aman, n klo pny resep or rkmendasi obt trtntu kr2 apa? Tlg sgr d emaikn y,n sgr ksh ke aku jwbnya. T’tgu, Thanks

    Itu tulisan (SMS) aslinya lho…..

    Trims….

  14. 14 cakmoki November 13, 2009 pukul 10:37 pm

    @ mrtajib:
    malam Gus Tajib…
    Buka semua kog … gak pernah tutup soale gak ada pintunya.
    Ok, kalo mata merahnya karena infeksi, biasanya keluar kotoran (beleken). Obatnya dah bener, yakni cendophenicol.
    Tapi nampaknya kemungkinan anak tersebut mengalami conjunctivitis alergika, yakni alergi pada mata yg ditandai dengan mata merah dan gatal. Biasanya di picu oleh debu. Obatnya: cendoxytrol.
    Silahkan copy jawaban ini dan kirim via sms.

    Moga anak tersebut segera sembuh.
    Tur nuwun Gus Tajib.

  15. 15 tisna November 16, 2009 pukul 11:25 am

    cak…saya mau tanya kalo aritmia itu biasanya gejalanya apa?

    menjelang lebaran kemarin tiba-tiba detak jantung saya tidak normal padahal sebelumnya tidak ada keluhan apa-apa…kata dokter itu ‘penyakit genetis’ penyebabnya karena HB saya rendah waktu itu..tapi kata kakak saya itu aritmia..

    kalo aritmia itu pengobatannya dengan apa cak?ada pantangan tertentu tidak cak?soalnya sampe sekarang saya masih takut juga kalau nanti kambuh lagi..

    makasih infonya cak..

  16. 16 suprazani November 16, 2009 pukul 12:40 pm

    Thanks to dr.cakmooki atas informasinya, n to p’tajib yang telah menyampaikan smsku..

    Alhamdulillah mata akira berangsur mulai membaik, meski sesekali masih digaruk2..

    Emang sich,, t’perhatikan akira tu sukanya mainan tanah, hingga mungkin matanya sering kemasukan debu kalee yaa… OK, kedepan aku mesti lebih ati-ati…

    Thanks

    Salam
    Suprazani

  17. 17 cakmoki November 17, 2009 pukul 2:47 pm

    @ tisna:
    Aritmia adalah detak jantung yang tidak beraturan. Keluhan ini dapat disebabkan oleh berbegai faktor, faktor fisik, organik ataupun faktor psikis.
    Jika hanya sesekali dan saat diperiksa dokter ternyata gak ada kelainan, maka gak perlu terlelu khawatir.
    Obat yang lazim digunakan untuk aritmia adalah isosorbid dinitrat. Namun penggunaan obat ini harus berdasarkan pemeriksaan dokter.
    Trims

    @ suprazani:
    Makasih juga telah berbagi… moga Akira sehat selalu, demikian pula segenap keluarga.
    Salam

  18. 18 city and open forums November 18, 2009 pukul 7:30 pm

    Cak,leher sblh kiri saya (pas diatas pundak) ada benjolan kecil 2.yang 1 bulat yang 1 agak panjang,kalau ditekan sakit tp kalo dibiarkan biasa saja.kira2 muncul 18 okt 09,yang panjang kempes,tapi yang bulat sepertinya bertambah besar.tapi saya sama sekali tidak habis jatuh/cedera,badan saya juga sehat-sehat saja,tidak panas,batuk ato apa,kira-kira itu apa ya cak?kalau mau periksa,ke dokter umum dulu atau kemana?kira2 bayarnya berapa ya cak?thanks

  19. 19 cakmoki November 20, 2009 pukul 12:14 am

    @ city and open forum:
    kemungkinan limfadenitis (infeksi kelenjar). Untuk memastikannya harus dilihat secara langsung.
    Untuk langkah awal sebaiknya periksa ke dokter umum. Setelah itu akan diarahkan sesuai dengan jenis penyakitnya atau beliau akan memberikan pengobatan jika dipandang tidak memerlukan pemeriksaan atau tindakan medis lanjutan.
    Thanks

  20. 20 michael November 13, 2010 pukul 9:57 am

    cak mo tanya …….klo mo periksa hernia ke dokter apa ya,soalnya temen saya mau di periksa tp bingung n klo d operasi biayanya berkisar brp ya………thnx

  21. 21 cakmoki November 13, 2010 pukul 4:45 pm

    @ michael:
    ke dokter spesialis bedah.
    Mohon maaf, saya tidak tahu biaya karena setiap kota dan setiap RS biayanya berbeda-beda.
    Makasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,965,255 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: