Infeksi Amandel

KODE ICD.10: J03 (Acute Tonsilitis) dan J35.0 (Chronic Tonsillitis)

tonsillitis Ketika para orang tua membicarakan amandel (maksudnya tonsilitis) yang kebetulan menimpa anaknya, maka topik yang sering diperbincangkan gak jauh-jauh dari: harus operasi apa enggak, kalau operasi biayanya berapa, perlu waktu berapa lama untuk penyembuhan, mempengaruhi kekebalan tubuh apa enggak, apa resiko kalau tidak operasi dan sebaliknya, trus ada pantangan makanan atau minuman apa enggak, dan lain-lain, dan lain-lain … Nah, ini adalah tugas para dokter untuk menjelaskan kepada para orang tua ataupun penderita tonsillitis. Kalaupun penjelasan dari para dokter berbeda-beda, gak masalah, dan sangat wajar terjadi di dunia medis. Jangankan penjelasan berbeda, sedangkan penjelasan yang sama oleh dokter yang samapun bisa saja ditangkap berbeda oleh masing-masing penderita.

Tonsillitis adalah infeksi (radang) tonsil (amandel) yang pada umumnya disebabkan oleh mikro-organisme (bakteri dan virus). Terbanyak dialami oleh anak usia 5-15 tahun.

Tonsillitis, berdasarkan waktu berlangsungnya (lamanya) penyakit, terbagi menjadi 2, yakni Tonsilitis akut dan Tonsilitis kronis.

Dikategorikan Tonsilitis akut jika penyakit (keluhan) berlangsung kurang dari 3 minggu. Sedangkan Tonsilitis kronis jika infeksi terjadi 7 kali atau lebih dalam 1 tahun, atau 5 kali selama 2 tahun, atau 3 kali dalam 1 tahun secara berturutan selama 3 tahun. Adakalanya terdapat perbedaan penggolongan kategori Tonsilitis akut dan Tonsilitis kronis.

GEJALA DAN TANDA

Keluhan yang dapat dialami penderita Tonsilllitis, antara lain:

  • Tengorokan terasa kering, atau rasa mengganjal di tenggorokan (leher)
  • Nyeri saat menelan (nelan ludah ataupun makanan dan minuman) sehingga menjadi malas makan.
  • Nyeri dapat menjalar ke sekitar leher dan telinga.
  • Demam, sakit kepala, kadang menggigil, lemas, nyeri otot.
  • Dapat disertai batuk, pilek, suara serak, mulut berbau, mual, kadang nyeri perut, pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar limfe) di sekitar leher.
  • Adakalanya penderita tonsilitis (kronis) mendengkur saat tidur (terutama jika disertai pembesaran kelenjar adenoid (kelenjar yang berada di dinding bagian belakang antara tenggorokan dan rongga hidung).
  • Pada pemeriksaan, dijumpai pembesaran tonsil (amandel), berwarna merah, kadang dijumpai bercak putih (eksudat) pada permukaan tonsil, warna merah yang menandakan peradangan di sekitar tonsil dan tenggorokan.

Tentu tidak semua keluhan dan tanda di atas diborong oleh satu orang penderita. Hal ini karena keluhan bersifat individual dan kebanyakan para orang tua atau penderita akan ke dokter ketika mengalami keluhan demam dan nyeri telan.

PENCEGAHAN

Tak ada cara khusus untuk mencegah infeksi tonsil (amandel). Secara umum disebutkan bahwa pencegahan ditujukan untuk mencegah tertularnya infeksi rongga mulut dan tenggorokan yang dapat memicu terjadinya infeksi tonsil. Namun setidaknya upaya yang dapat dilakukan adalah:

  • Mencuci tangan sesering mungkin untuk mencegah penyebaran mikro-organisme yang dapat menimbulkan tonsilitis.
  • Menghindari kontak dengan penderita infeksi tanggorokan, setidaknya hingga 24 jam setelah penderita infeksi tenggorokan (yang disebabkan kuman) mendapatkan antibiotika.

Frequently Asked Questions ( FAQ )

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh penderita atau orang tua penderita Tonsillitis.

Apakah tonsillitis yang udah besar banget harus operasi ? … Jawab: tentang operasi ntar dulu yaaa … kita bahas di bagian akhir :)

Katanya, tonsilitis dapat mengganggu kecerdasan, bener gak sih ? … Jawab: Tidak. Kecerdasan akan terganggu kalo gak belajar. Namun ada pendapat bahwa penderita tonsilitis dapat mengalami gangguan konsentrasi (mungkin karena keluhannya).

Kalo operasi amandel, mempengaruhi kekebalan tubuh apa enggak ? … Jawab: Enggak. Tonsil memang salah satu kelenjar yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh di tenggorokan, tapi kelenjar lain di area tersebut buanyak banget, yakni kelenjar-kelenjar getah bening yang bertebaran di tenggorokan dan di bagian tubuh lainnya.

Ada pantangan makanan gak ? … Jawab: Gak ada. Silahkan baca lagi bab pencegahan.

Bener gak sih, sering minum air dingin di kulkas dapat menyebabkan tonsilitis ? … Jawab: Tidak, penyebabnya adalah infeksi oleh mikro-organisme.

Boleh mium es gak ? … Jawab: Saat infeksi, sebaiknya tidak minum es. Dianjurkan minum minuman hangat.

Apakah es dapat menyebabkan tonsilitis ? … Jawab: Enggak. Tonsilitis disebabkan infeksi oleh mikro-organisme. Namun, es dari air mentah (di tempat kami masih ada yg membuat es dari air mentah) dan menggunakan pemanis buatan, bisa jadi menimbulkan iritasi di tenggorokan yang memicu timbulnya infeksi tenggorokan ataupun infeksi tonsil. Tapi sejujurnya, gak ada penelitian ilmiah tentang hal ini.

Kalo coklat, cak ? … Jawab: Gak papa. Kalo gak mau coklat, kirim ke sini aja :P

Apalagi yaaa … ? *megang jidat sambil mengingat-ingat, dohhh … lupa* :roll:

KAPAN PERLU OPERASI ?

Berdasarkan The American Academy of Otolaryngology–Head and Neck Surgery (AAO-HNS), operasi tonsillitis (tonsillectomy) perlu dilakukan jika memenuhi syarat-syarat berikut:

INDIKASI ABSOLUT:

  1. Tonsil (amandel) yang besar hingga mengakibatkan gangguan pernafasan, nyeri telan yang berat, gangguan tidur atau komplikasi penyakit-penyakit kardiopulmonal.
  2. Abses peritonsiler (Peritonsillar abscess) yang tidak menunjukkan perbaikan dengan pengobatan. Dan pembesaran tonsil yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan wajah atau mulut yang terdokumentasi oleh dokter gigi bedah mulut.
  3. Tonsillitis yang mengakibatkan kejang demam.
  4. Tonsil yang diperkirakan memerlukan biopsi jaringan untuk menentukan gambaran patologis jaringan.

INDIKASI RELATIF:

  1. Jika mengalami Tonsilitis 3 kali atau lebih dalam satu tahun dan tidak menunjukkan respon sesuai harapan dengan pengobatan medikamentosa yang memadai.
  2. Bau mulut atau bau nafas tak sedap yang menetap pada Tonsilitis kronis yang tidak menunjukkan perbaikan dengan pengobatan.
  3. Tonsilitis kronis atau Tonsilitis berulang yang diduga sebagai carrier kuman Streptokokus yang tidak menunjukkan repon positif terhadap pengobatan dengan antibiotika.
  4. Pembesaran tonsil di salah satu sisi (unilateral) yang dicurigai berhubungan dengan keganasan (neoplastik)

Menurut saya, jika masih indikasi relatif, perlu dipertimbangkan juga indikasi atau faktor non teknis menyangkut kesiapan penderita, terutama kesiapan mental pada anak (kesiapan biaya juga tentunya). Jika anak belum siap atau ogah dioperasi, gak ada salahnya menunda hingga anak benar-benar siap.

Silahkan berbagi :)

Semoga bermanfaat.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

124 Responses to “Infeksi Amandel”


  1. 1 hanjaya839 Mei 7, 2009 pukul 2:56 pm

    Halo om dokter?? sepertinya saya komen pertama ya, hehehe… waw! amandel aja bikin saya merinding nih… jangan-jangan pilek aja bikin saya dek-dekan nih bahayanya… Om dokter apa kabar?

  2. 2 cakmoki Mei 7, 2009 pukul 11:04 pm

    @ hanjaya839:
    halo.. kabar baik, moga demikian pula sebaliknya :)

  3. 3 Besan Mei 8, 2009 pukul 6:10 am

    Katanya amandel bs hilang sendiri kl udah akil balig ya cak?
    Trus kl gak hilang smp dewasa apa orangnya jd gampang sakit2n,iya nih cak kbtln amandel sy kok msh ada.
    Apa dgn konsumsi buah2n bs mcegah infeksi amandel cak.
    Makasih jwbnny cak.

  4. 4 cakmoki Mei 8, 2009 pukul 11:10 pm

    @ Besan:
    Amandel (tonsil) gak akan pernah hilang kecuali dengan operasi.
    Kalo yang dimaksud Tonsilitis (infeksi amandel), maka dapat disembuhkan infeksinya, dan amandel nya (tonsil) tetep ada.
    Pada dasarnya, jika kondisi tubuh bagus (dengan asupan makanan gizi seimbang, tidur dalam jumlah cukup), serta memperhatikan pencegahan (sesuai artikel diatas), niscaya gak akan mengalami infeksi amandel.
    Makasih

  5. 5 masjaliteng Mei 9, 2009 pukul 2:44 am

    Cak, anak saya (8th dan 14 bln) sering batuk, pilek. Apakah seusia yang kecil sudah bisa kena infeksi amandel? Tiap sakit (kedua-duanya) selalu mendapat antibiotika, haruskah begitu? Terima kasih sebelumnya.

  6. 6 cakmoki Mei 9, 2009 pukul 4:39 pm

    @ Masjaliteng:
    Bisa. Tonsilitis, yang terbanyak pada usia 5-15 tahun.
    Batuk pilek pada anak seusia tersebut emang sering terjadi, bahkan tak jarang 2 minggu atao sebulan sekali terpaksa ke dokter. :) … di sini juga gitu, sama aja. Maklum, pada usia tersebut, anak2 lebih sering kontak dengan temen-temennya sehingga mudah ketularan kalo ada salah satu yg batuk pilek.
    Tentang antibiotika, bergantung pada pemeriksaan dokter.
    Kalo pada pemeriksaan terdapat infeksi yg diduga oleh kuman, maka akan dibari antibiotika. Tapi kalo enggak, gak akan diberi, mestinya gitu. Tapi, emang ada dokter yg hobi ngasih antibiotika… hehehe. Saya udah nulis masalah ini, yakni kecendertungan booming antibiotika.
    Trims

  7. 7 binangkit Mei 11, 2009 pukul 12:26 am

    Bapak usia 35 th saat tidur ngorok banter(kadang kaya’ suara babi), dengan bibir pucat. Kalo sudah dibangunin, baru bibirnya merah lagi. Saat dicek amandelnya, ga membesar, tapi dia memang gampang kena radang tenggorokan. gejala apa ni Pak Dokter…?

  8. 8 Perfectlist Mei 12, 2009 pukul 12:04 am

    Dok..tukaran link dong??

  9. 9 cakmoki Mei 12, 2009 pukul 12:23 am

    @ binangkit:
    Itu karena saat tidur terjadi relaksasi pada laryng sehingga menutup jalan nafas, akibatnya ngorok.
    Penanggulangannya mudah, yakni dengan membiasakan tidur miring.
    Trims

    @ Perfectlist:
    Ok, ntar saya link …Blog nya udah saya lihat, bagus.
    Trims atas kunjungannya.

  10. 10 keishka Mei 16, 2009 pukul 6:28 pm

    kakek…… hohoho, dah lama ga mampir… hihihi… kalu kei suka kadang2 ngerasa pedih kek, tenggorokannya.. knp ya?? tp ga sakit nelen.. cm sakit aja… ky yg pedih gt… kurang minum.. sama ga sih??

  11. 11 cakmoki Mei 17, 2009 pukul 4:25 pm

    @ keishka:
    iya kali, kurang minum :)

  12. 12 Besan Mei 19, 2009 pukul 9:00 am

    Cak,ada gak beda gejala antara tonsilitis krn virus dgn yg krn bakteri. benar sih cak kl minum air hangat/kumur2 air garam/permen pelega tenggorokan bs mkurangi sakitnya tonsilitis.
    Blognya cak moki ikut google adsense ya (maaf cak nanya agak privasi n OOT)
    Makasih.

  13. 13 cakmoki Mei 19, 2009 pukul 10:45 pm

    @ Besan:
    Pada tahap awal gak ada bedanya. Pada hari ketiga (rata-2), jika tonsilitis tersebut disebabkan kuman biasanya nampak bercak putih di permukaan tonsil.
    Air hangat dan lozenges bisa sedikit membantu meredakan rasa nyeri, tapi pada umumnya gak banyak membantu.

    Blog ini tidak dimasukkan gogle adsense. Sesuai niat semula, diperuntukkan untuk saling berbagi sedikit informasi kesehatan.
    Makasih

  14. 14 Besan Mei 20, 2009 pukul 9:23 am

    ptama kali meluncur k blog ini,di kanan atas sekilas wah ada iklan kacamata pikir sy (mgk ini yg jd “inspirasi” tny ttg google adsense).
    Tp gak tahuny ternyata itu foto ownerny yg poseny gaul hbs (gak nyangka kl dokter).. .

    Jarang skl ada dokter yg mau mbagi ilmuny yg notabene rumit n mahal. salut bwt cak moki n dokter2 lainnya yg telah mendermakan ilmuny. smg mjd pencerahan bwt qt2.
    btw kpn2 sy mau tny lg.

    Matur nuwun.

  15. 15 cakmoki Mei 21, 2009 pukul 12:10 pm

    @ Besan:
    hahaha … untungnya gak masang foto lagi mancing :D
    Makasih atas supportnya…Maturnuwun

  16. 16 binangkit Mei 24, 2009 pukul 2:55 am

    menggok dikit ya Cak… kalo tidur miring ga menjamin kualitas tidur (lha wong tidur kan posisinya gonta-ganti)ada jalan kluar lain ga? seinget saya bisa dioperasi spy saluran nafas ga tertutup. Indikasi operasinya apa Cak?

  17. 17 cakmoki Mei 24, 2009 pukul 5:13 pm

    @ binangkit:
    ya, bener … salah satu indikasi oparasi, jika mengganggu jalan napas.
    Tentang indikasi operasi, selengkapnya silahkan baca lagi pada bagian “Indikasi Absolut” dan “Indikasi Relatif” :)

  18. 18 tukang ngomel Juni 2, 2009 pukul 11:41 am

    aduh Cak, setahun ini, udah beberapa kali tenggorokanku sakit. karena biasanya sakitnya datang saat saya flu, ya saya kasih obat flu plus vit c, biasanya sih sembuh meski agak lama (sampe 5-7 harian). tapi yg sekarang ini sakitnya banget2 e… plus batuk lagi (padahal nek dipake batuk jadi tambah suakit).

    ya wes ntar tak ke dokter dulu ya…

  19. 19 cakmoki Juni 2, 2009 pukul 6:23 pm

    @ tukang ngomel:
    iya, mau gak mau ke dokter aja deh, teriring do’a semoga segera sembuh :)

  20. 20 Tiniz Juni 8, 2009 pukul 9:52 pm

    Wah dah lama nih ga mampir, gara2 baca discussion board di group Dukungan Buat Ibu Prita jadi ingat Cak Moki, kasian banget para dokter digeneralisasi jd kena imbas ikut dimaki-maki juga…padahal dokter yang satu ini khan buuaaaaik banget!!

    Baca topik tentang amandel ini aku jd ingat, sebulan yg lalu aku bawa 2 anakku ke dokter THT di salah satu klinik di Pamulang karena sering batuk dan pilek, hasil diagnosa dokter:
    - si sulung, 10thn, amandelnya infeksi dan bengkak, disarankan operasi, tapi sementara dikasih obat+antibiotik dulu
    - si kecil, 8th, amandelnya malah sudah ga ada, tumbuh baru di belakang hidung dikasih obat+antibiotik, dgn cttn kalau dgn obat tdk sembuh perlu dioperasi juga. Seminggu kemudian diminta balik lg, minggu berikutnya waktu aku kesana, terjadi dialog seperti ini;

    Dokter: Kenapa ini?
    Aku: Ini Dok, yang minggu lalu periksa, dan disuruh balik seminggu lagi..*loh bukannya Dokter yg nyuruh sy balik…??*
    Dokter: Terus gimana?
    Aku: ya kondisinya lebih baik sih Dok tapi belum sembuh..*yang dokter khan situ, kok malah nanya…??*
    Dokter: Gak mau operasi aja?
    Aku: saya masih mikir-mikir Dok, saya ingin tau kalau operasi prosedurnya seperti apa dan apa ada efek sampingnya, kalau tidak dioperasi dampaknya apa…
    Dokter: YA JADI BLOON *dengan nada tinggi*
    Aku, suami dan 2 anakku: *bengong……* dalam hatiku, *anakku mungkin akan jadi bloon menurut Dokter, tapi menurutku justru Dokter yang bloon dengan berkomentar begitu dan masih berharap saya mau anak saya dioperasi oleh Dokter*

    Keterlaluan banget tuh Dokter, bicara seperti itu dihadapan anak2ku yang baru berumur 8 dan 10 tahun….

    Cak Moki, mungkin perlu diusulin penambahan mata kuliah baru di Fakultas Kedokteran, mata kuliah Human Relations & Public Speaking, atau aku usulin aja ke tuh Dokter ya untuk belajar komunikasi ke Cak Moki….:D

  21. 21 cakmoki Juni 9, 2009 pukul 10:47 pm

    @ Tiniz:
    Ha ha ha, … asli, saya ngempet ketawa waktu baca dialog di atas, … nyengir. :D
    Sejujurnya, reaksi eksplosif dari dokter semacam kalimat si atas masih dapat dijumpai di negeri ini. Mengejutkan juga kalo itu diucapkan di praktek pribadi. Apa gak bubar jalan tuh pasiennya…

    Usulan mbak Tiniz untuk menambah pelajaran Human Relations & Public Speaking moga didengar oleh yang mau mendengar… hehehe.
    Sebenarnya udah ada dalam mata kuliah Dokter Keluarga dan Diagnosa Kedokteran Komunitas, bab komunikasi personal dan komunikasi publik yang terbagi lagi dalam sub-bab2. Persoalannya, aplikasi saat berhadapan dengan pasien adakalanya tidak mudah, tapi mengasyikkan bagi dokter yang menikmatinya.

    Soal komunikasi selalu dinamis, karenanya saya jg tidak pernah berhenti belajar, termasuk dari pasien.

    Maturnuwun :)

  22. 22 Eko Juli 4, 2009 pukul 7:56 pm

    Kejadian yang menimpa pada kakak sepupu saya. Setelah proses pengambilan tonsil dengan cara alternatif (dukun-potong pakai kuku), ternyata badan menjadi panas dan dingin naik turun. Suara sengau dan sering mengeluarkan dahak darah. Susah bernafas dan sudah tidur. Jamu dari dukun dihentikan di hari ke 3 karena badan panas dingin dan digantikan dengan minum anti biotik. Hari ini sudah masuk fase yang memprihatinkan karena pernafasan sdh sulit. Apa yang harus dilakukan? mohon pencerahannya. trims

  23. 23 cakmoki Juli 6, 2009 pukul 3:14 pm

    @ Eko:
    Sebaiknya periksa ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan obat yang tepat ssesuai kondisi infeksi yang dialami oleh kaka sepupu.
    Menilik keluhan di atas, kemungkinan akan diberikan antibiotika golongan Sepalosporin generasi I (setidaknya) hingga generasi III. Ato bisa juga akan diberikan antibiotika golongan quinolon.
    Semoga kakak sepupu segera sembuh.
    Makasih.

  24. 24 Anastasya anaconda Oktober 22, 2009 pukul 1:11 pm

    Aduh cakkkk….tenggorokan Q jg sakit bgt neeh,
    apa mungkin amandel?
    tp kt orang amandel biasanya penderitanya anak usia 5 – 15 th.
    skrg aq 25 th.udh minum obt sakit tenggorokan ga sembuh2 strezz bgt deh.

  25. 25 cakmoki Oktober 22, 2009 pukul 2:52 pm

    @ Anastasya anaconda:
    Terbanyak emang dialami anak 5-15 tahun, artinya di luar usia tersebut bisa juga kendati persentasenya kecil.
    Untul ngeliat infeksi amandel (tonsilitis) apa engga, dapat dilihat sendiri dengan menggunakan senter melalui kaca… caranya gampang, buka mulut trus lihat dengan senter, lantas cocokkan dengan gambar … :) … sakit tenggorokan bukan hanya infeksi amandel tapi dapat juga infeksi (radang) tenggorokan.
    Untuk memastikannya, sebaiknya periksa ke dokter terdekat agar mendapatkan obat yg tepat.
    Moga segera sembuh… Trims

  26. 26 Jimmy November 20, 2009 pukul 1:57 pm

    salam dokter…
    nama saya jimmy, 26 thn.
    pertama saya mengeluh telinga bagian kanan terasa rada rada sakit.
    kemudian saya ke dokter tht kebetulan hidung saya sering tersumbat tp tersumbatnya kadang hanya kiri n kadang berganti kanan. setelah di periksa di dokter tht, hasilnya di hdung jika kena ac & makanan dingin dapat tersumbat dan kata dokter saya juga menderita amandel setelah saya di beri resep obat, dokter menyarankan saya harus makan habis obat tersebut, tp setelah saya mengkonsumsi obat selama 9 hari telinga saya malah berdengin jadi saya menyetop makan obat tersebut (padahal tinggal 1 hari lg obatnya sudah habis)setelah 3 hari tenggorokan saya dekat lubang hidung terasa sakit dan hidung juga sakit dan setelah 1 minggu (selama ini saya mengkonsumsi Obat chinese) tenggorokan saya seperti ada benda kecil .. dan nyeri masih ada sampai sekarang cuman sudah ga senyeri kemarin dan telinga saya masih berdenging dan sakit terutama di ruangan tertutup / sepi. saya sangat bingung kata temen saya jika kita makan antibioti & obat radang terlalu banyak/keras dapat menyebabkan telinga berdenging .jd dok saya harus gmana ya m mam obat apa ya? trus dok apakah bagi yg menderita ingfeksi amandel dapat sembuh total? soalnya saya orgnya doyan makan gorengan & pedas…

    tolong di balas dok atas perhatiannya saya mengucapkan trimakasi dan biarlah segala kebaikan dokter Tuhan yg membalasnya

    Jimmy, Medan 20 Nov 09

  27. 27 cakmoki November 21, 2009 pukul 12:19 am

    @ Jimmy:
    Telinga berdenging dibut tinitus, biasnya timbul karena adanya sumbatan di hidung (Rhinitis), infeksi daerah tenggorokan (faringitis dan tonsilitis), atau bisa juga penjalaran infeksi dari hidung ke rongga telinga (antara ronga hidung dan telinga dihubungkan oleh saluran kecil yg berfugsi untuk keseimbangan tekanan udara luar dan tekanan telinga bagian dalam). Hal ini dapat dimengerti mengingat saat ini mengalami keluhan di tenggorokan dan hidung yang makin sakit. Jadi, telinga berdenging bukan disebabkan antibiotika. Memang ada antibiotika golongan tertentu (aminoglikosid) yang dapat menimbulkan gangguan pendengaran telinga (bukan telinga berdenging) pada pemakaian jangka panjang hingga berbulan-bulan secara terus menerus, tapi obat golongan ini sudah sangat jarang digunakan.

    Infeksi amandel yang berulang (kronis) biasanya dipicu oleh penurunan kondisi tubuh sehingga mudah terinfeksi oleh kuman. Bukan karena makanan gorengan, pedas atau sejenisnya.

    Menurut saya, jika masih ada keluhan sebaiknya kembali ke dokter THT untuk mendapatkan pengobatan penyakit di hidung maupun infeksi amandel-nya. Pada kasus-2 begini biasanya memerlukan pengobatan 7-14 hari.

    Moga segera sembuh :)
    Trims

  28. 28 hanz Desember 11, 2009 pukul 9:02 am

    Halo dokter,salam sejahtera.
    saat ini saya mengalami pembengkakan amandel kiri dan kanan..saya sering banget mengalami ini.umur saya 26 thn,dan pada waktu smp pernah didiagnosa amandel disebabkan oleh streptococus dan menjalani terapi suntik antibiotik sebulan sekali sampai sma ± 4 tahun.
    pembengkakan amandel yang sekarang kelihatanya parah,amandel saya bengkak tampak bergerigi,sakitnya sampai telinga, badan lemas, anget, suara serak dan dahak pagi hari ada bercak darah ± 3 hari. ini udah parah banget dok?udah sebulan nih bengkaknya..saya peminum kopi dan suka gorengan.apakah ada pengaruhnya dok? ini yang disebut tonsilitis kronis?udah hampir seminggu sakitnya dok..terima kasih ya..

  29. 29 cakmoki Desember 11, 2009 pukul 4:30 pm

    @ hanz:
    halo juga :)
    Kategori Tonsilitis kronis adalah sebagai berikut:
    Tonsilitis kronis jika infeksi terjadi 7 kali atau lebih dalam 1 tahun, atau 5 kali selama 2 tahun, atau 3 kali dalam 1 tahun secara berturutan selama 3 tahun.

    Jika sakit banget, sebaiknay diobati hingga sembuh. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik, setidaknya cefadroxyl, dimium 3×1 sesudah makan, selama sedikitnya 7-10 hari. Dan pereda nyeri untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.
    Kopi dan gorengan gak mempengaruhi infeksi amandel.
    Trims

  30. 30 andry Januari 2, 2010 pukul 7:33 pm

    apa benar es ngga bikin kambuh amandel…..please jawab donk

  31. 31 cakmoki Januari 3, 2010 pukul 12:48 pm

    @ andry:
    Tidak. Silahkan baca lagi tentang Frequently Asked Questions ( FAQ ) pada artikel di atas.
    Apakah es dapat menyebabkan tonsilitis ? … Jawab: Enggak. Tonsilitis disebabkan infeksi oleh mikro-organisme. Namun, es dari air mentah (di tempat kami masih ada yg membuat es dari air mentah) dan menggunakan pemanis buatan, bisa jadi menimbulkan iritasi di tenggorokan yang memicu timbulnya infeksi tenggorokan ataupun infeksi tonsil.
    Trims

  32. 32 nia Februari 2, 2010 pukul 4:39 pm

    HAI…dok,makasih niy bagi bagi ilmu gratis,anak saya kondisi amandelnya belum sembuh juga walau sudah ke dokter di kasih anti biotik aja,tapi anak saya sering mengeluh perutnya sakit,nafasnya bau,badanya kalau pagi panas kalau malam panas dingin semua gara gara amandelnya.apakah yang harus saya lakukan lagi yah? jujur pelajaranya sangat sangat merosot,jadi agak telat mikirnya saya sangat kwatir karena di aanak kami satu satunya.tolong yah….dok,makasih bila di respon.

  33. 33 cakmoki Februari 2, 2010 pukul 11:25 pm

    @ nia:
    Kalo boleh tahu, berat badan dan usia anak berapa ? Mohon info juga jenis antibiotika yg sudah diberikan, dosisnya dan sudah berapa lama diberikan.
    Kita diskusikan lebih lanjut setelah melengkapi informasi yaa…
    Makasih

  34. 34 Johan April 4, 2010 pukul 1:33 am

    Dok,

    Ada yg blg klu pake air parutan jahe yg diusapkan ke leher penderita amandel bisa menghilangkan/menyembuhkan penyakit amandel. Pernah dengar, Dok? Any comment?
    Makasih y sebelumnya.

  35. 35 cakmoki April 4, 2010 pukul 4:02 am

    @ Johan:
    Pernah denger langsung dari penderita yang berobat, dan mereka tidak sembuh
    Makasih :)

  36. 36 Johan April 5, 2010 pukul 3:04 pm

    Thanks atas balasannya, Dok…

    Klu boleh tanya lagi ya: Dalam tahap pengobatan, pasien (anak; +/- 4 thn) diberi antibiotik untuk radang amandelnya, dan obat panas (ibuprofen) untuk demam/panasnya. Bila ditambah lagi dengan obat herbal yg berkomposisi pegagan+temulawak+pecut kuda, apakah boleh?
    Terima kasih lagi ya, Dok.

  37. 37 cakmoki April 6, 2010 pukul 2:19 pm

    @ Johan:
    Cukup dengan antibiotika dan ibuprofen…gak perlu lagi herbal seperti yang disebutkan.
    Makasih :)

  38. 38 eka tura rahmawati April 12, 2010 pukul 4:34 pm

    hallo dok saya perempuan berusia 31 tahun 5hari yang lalu telah menjalankan operasi tonsilitis. tapi kenapa ya dok bercak merah yang didinding tenggorokan dan sebelahnya amandel tidak hilang mohon jawabannya.trims

  39. 39 cakmoki April 13, 2010 pukul 5:36 pm

    @ eka tura rahmawati:
    Ya, tentu saja belum waktunya sembuh…sabar aja mbak…kadang perlu minum antibiotika dan anti nyeri hingga 2-3 minggu.
    gak papa..
    Moga segera sembuh
    makasih

  40. 40 owny Mei 30, 2010 pukul 9:20 pm

    Malam dok,
    Mo nanya2 niy..
    dok,tenggorokan (Leher) kaya ada yang mengganjal.setelah di cek ke dokter katanya infeksi amandel.(amandelnya gak bengkak)
    trus dikasih obat :
    1.kaflam
    2.metronidazol
    3.ceterizine
    setelah obatnya diminum, tenggorokannya spt masih ada yg mengganjal dok.
    Kira2 obat apa yg sebaiknya dikonsumsi ya dok?
    makasih

  41. 41 cakmoki Mei 30, 2010 pukul 9:32 pm

    @ owny:
    Met malam …
    Tambah Antibiotika: Cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1, sesudah makan, selama sedikitnya 5-7 hari.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  42. 42 rakha Juni 14, 2010 pukul 5:31 pm

    haloo dok..
    saya rakhaa..??
    saya udah 3 harii inie sakit tengoorokan..
    ktanya cie amandel saya bengkakk..
    khann saya paling takut yg namannya masuk rumahsakitt..??
    apah lagii di suruh oprasii..??
    bisa stresss dluann dokk…
    jdie saya minta tipzz donkk dari om dokterr..
    makan apah biar amandel saya kempess dan gag tambah besar..??
    umur saya 13 tahun om dokk….
    tolong kasih tw yakhh om dokk…

    terima kasihh om dokterr…

  43. 43 cakmoki Juni 15, 2010 pukul 12:00 pm

    @ rakha:
    halo juga :)
    Obatnya:
    Jika berat dan dah lebih 30 kg, dapat menggunakan:
    1) Erythromycin 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama 7-10 hari.
    2) Untuk pereda nyeri dan bengkak, dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg atau ibuprofen 400 mg, diminum 3×1 sesudah makan, hingga bengkak dan atau nyerinya reda.
    Moga segera sembuh.
    Trims

  44. 44 rakha Juni 15, 2010 pukul 5:27 pm

    yakhh om dokterr mana ngertii sayaa yg kya begituann…
    secara saya masih smp..
    yg gampang jah om dokk yg ada di sekitar kita jahh..
    kya buah”an yg paling baguss bwad ngempesin amandel apahh..
    trzz minumnya apaa..
    biar gag tambah gede n kempess….
    makasih om dokterr..

  45. 45 cakmoki Juni 16, 2010 pukul 4:12 pm

    @ rakha:
    Gak ada buah atau apapun untuk ngempesin amandel, selain obat… coba minta tolong ama papa atau mama untuk membantu tanya jawab ini biar beliau mengupayakan obatnya.
    Makasih

  46. 46 Bunda BerAnda Juni 18, 2010 pukul 5:50 pm

    salam kenal Dok…:)
    saya seorang Ibu dgn 2 puteri
    yg Pertama usia 5 th 2 bl dgn BB 14 kg
    dan ke Dua 3 th 6 bl dgn BB 14 kg
    sdh 4 hari ini kedua puteri saya demam dgn radang tenggorokan dan tonsilnya jg membesar
    sdh saya berikan obat antibiotik Cefadroxil ( 5 ml , 3 X 1 ) dan Proris ( 5ml 3 X 1 ) utk penurun demamnya setiap daya kerja obat habis badannya panas lg suhu bdannya sekitar dgn termometer manual bukan digital 38.7-38.8Cdan lokasi yg paling panas itu di leher mereka dan utk yg kecil usia 3 th di bagian leher belakangya muncul benjolan kecil , kl saya lihat di daerah tonsilnya membesar dan berwarna merah , dan sekarang yg kecil sdh mulai merasakan kl menelan terasa sakit . lidah bersih tdk ada bercak-2 putih/ kotor malah terlihat merah ( mungur-2 kl org jawa bilang ) . Mrk berdua terlihat lincah-2 dan spt anak yg tdk sakit Dok msh bermain kesana kesini. saya khawatir kl mereka terserang Typhus Dok…:( krn 2 minggu sebelumnya saya ajak bezuk sodara yg sakit typhus dgn Thiter > dr 500 . mohon sarannya Dok …
    Matur tq sebelumnya

  47. 47 cakmoki Juni 19, 2010 pukul 6:42 am

    @ Bunda BerAnda:
    Salam kenal …

    Pertama, kalo nyata-nyata infeksi tenggorokan dan infeksi amandel, pasti bukan typhus. Dan gak perlu periksa tes widal. Ntar malah salah interpretasi hanya gara-gara titernya positif.

    Kedua, pengobatan infeksi amandel memerlukan waktu 7-10 hari. Kalo masih ringan biasanya bisa sembuh dalam 4-7 hari.

    Ketiga, dosis obat untuk keduanya sama persis karena berat badannya sama.
    Obatnya sudah benar, hanya dosisnya perlu kita bahas.

    a. Dosis cefadroxyl adalah minimal 50 mg per kg berat badan per hari, dibagi 2-3 dosis.
    Itu berarti kedua anak tersebut minimal memerlukan Cefadroxyl 700 mg per hari.
    Jika menggunakan cefadroxyl forte (250 mg per 5 cc), dosis 3×1 sendok takar ( 5 cc ) berarti udah benar.
    Tapi jika menggunakan cefadroxyl yang biasa (125 mg per 5 cc), dosis 3×1 sendok takar ( 5 cc ) berarti kurang.
    Kalo pake rujukan texbook terbitan sebelum tahun 1980, dosisnya hanya 25-50 kg. Dosis tersebut sudah tidak tepat sejak 20 tahun yang lalu. Repotnya, buku-2 terjemahan yg dicetak ulang edisi terbaru masih menggunakan dosis yg merujuk pada texbook terbitan sebelum 1980. Termasuk dosis di kemasan obat.
    Untuk itu, silahkan menggunakan dosis minimal 3×250 mg selama4-7 hari dan bisa dilanjutkan hingga 7-10 jika belum sembuh.

    b. Dosis ibuprofen (proris, arthriphen, dan sejenisnya) adalah : minimal 10 mg per kg berat badan per dosis, dan dapat diberikan 3-4 kali sehari.
    Kalo beratnya 14 kg, berati minimal 140 mg sekali minum (per dosis), minimal 1 1/2 sendok takar setiap kali pemberian.

    Untuk panas yang tinggi, dosisnya bisa menggunakan 15-20 mg per kg berat badan per dosis.
    Monggo yang ini juga disesuaikan dengan dosis yg tepat.

    Tentang benjolan di leher, adalah limfadenitis atau infeksi atau peradangan kelenjar akibat penyebaran infeksi di rongga mulut, termasuk tenggorokan dan amandel. Gak maslah, ntar akan mengempis setelah 1-2 minggu pasca pengobatan infeksi amandel ataupun infeksi tenggorokan. Usahakan tidak dipegang-pegang dan tidak dipijat-pijat agar tidak makin besar.

    Selanjutnya, kita tunggu sedikitnya 4 hari ke depan.

    Maturnuwun :)

  48. 48 roy Juli 14, 2010 pukul 10:24 am

    Alow dok..
    Mo nanya neh,biasanya saya pria 28 thn klo skt tenggorokan paling flu n batuk aja..n ga lama jg sembuh..
    Tapi kali ini skt nya parah amandel saya di sisi kiri kanan nya ada bercak putih..sampe2 minum air aja sakit plus suara berserak, n susah tdr karena mulut terasa kering spanjang malam..tapi ga demam n batuk n flu..trus kelenjar getah bening di leher jadi gde yang biasanya kecil..kemaren da k dokter tht katanya musti cabut amandel tp diobatin dlu dikasih climadan 300 3X1 ,danalgin 3X1 juga,serta obat kumur jm verde, semuanya untuk 5 hr. Ini dah hr 3 lom ada tanda mkn baik? Apa tdk ada jalan keluar selain operasi cabut amandel dok? Thxx ya dok

  49. 49 cakmoki Juli 14, 2010 pukul 3:57 pm

    @ roy:
    halo juga ….
    Kalo gak mau operasi, gak papa.. yang penting kalo amandelnya infeksi, segera diobati.
    Kalo amandel udah ada bercak putihnya, disebut dengan Peritonsiler Infiltrat. Pengobatannya memerulkan waktu sedikitnya 7-10 hari.
    Tentu saja kalo masih kurang dari 5-7 hari masih sakit, lha wong sedikitnya 7-10 hari

    Untuk itu, silahkan obat di atas dilanjutkan hingga sedikitnya 7-10 hari.
    Moga sembuh sesuai jadwal (minimal 7-10 hari).
    Makasih

  50. 50 roy Juli 14, 2010 pukul 10:10 pm

    @Cakmoki:
    Wah responnya cepet..hehe..
    Thx dok…saya akan jalani pengobatan yang sudah berjalan…semoga tidak perlu sampai operasi…makasih infonya dok…

  51. 51 cakmoki Juli 15, 2010 pukul 1:12 am

    @ roy:
    Terimakasih juga telah berbagi…
    Semoga segera sembuh

  52. 52 Mama Ana Agustus 5, 2010 pukul 5:48 pm

    Sore dok,
    Dok mau tanya anak saya umur 7 thn berat 20 kg sudah 3 minggu ini berturut turut sakitnya kambuh lagi.
    Pertama tgl 19/7 panas dan sakit menelan, ke dr anak katanya amandel diberi cefixime selama 3,5 hari habis. Tapi tgl 20 panas lagi, diperiksa dr yg berbeda (dr anak) di beri thiampenicol 125 mg selama 4 hr, sempat masuk sekolah 2 hari. Tapi tgl 4/8 panas lagi, ke dr umum dekat rumah diberi amoxilin dan obat untuk radangnya
    Dok, yang ingin saya tanyakan kenapa setelah obat antibiotik habis panasnya kembali muncul, apakah pemberiannya kurang lama.
    Kalau misalnya lebih tepat memakai cefadroxil, berapa dosis yg tepat untuk anak saya?
    Apakah makanan yang digoreng atau makanan siap saji (sosis, nuget .. anak saya suka sekali) menjadi pemicu?
    Makasih ya dok, saya ga tega kalau anak saya harus dioperasi …

  53. 53 cakmoki Agustus 5, 2010 pukul 11:46 pm

    @ Mama Ana:
    Met malam…
    Ya benar..jika emang infeksi amandel, pengobatannya kurang lama. Dosisnya juga perlu kita kaji. Yg pertama dan kedua sayangnya tidak dicantumkan dosisnya. Untuk Thiamphenicol, dosis minimal adalah 4×250 mg, sama dengan amoksisilin.

    Dapat juga menggunakan Cefadroxyl dengan dosis minimal 3×250 mg (kalo pake sirup yg forte, dosisnya: 3×1 sendok takar).
    Jika menggunakan Erythromycin, dosisnya 4×200 mg atau 4×1 sendok takar (per sendok takar erythromycin = 200 mg).
    Lamanya pengobatan sedikitnya 4-7 hari dan dapat dilanjutkan hingga 10 hari.
    Selama masih demam, sebaiknya istirahat, tidak usah sekolah lebih dulu, hingga benar-benar sembuh.

    Makanan bukan sebagai pemicu.
    Lho ..lho..lho…. gak akan dioperasi ah…untuk operasi ada syaratnya. Dan syarat yg paling penting adalah kesediaan si anak. :)

    Semoga segera sembuh.
    Makasih

  54. 54 Ferry Agustus 14, 2010 pukul 7:02 pm

    dok..saya pria usia 33th 3 hr yg lalu saya periksa ke dokter THT dan dinyatakan saya kena infesi amandel..dan sdh smp mengeluarkan nanah,saya di ksh obat tp smp hr ini g ada perubahan,buat mkn msh ttp sakit..klo malem msh demam<kepala jg msh nyeri,kira2 obat atau buah2an apa yg dpt mempercepat proses penyembuhan saya dok..trm ksh

  55. 55 cakmoki Agustus 15, 2010 pukul 4:17 am

    @ Ferry:
    kalo ada nanah, berarti udah menjalar ke jaringan sekitar amandel, lazim disebut dengan Peritonsiler Infiltrat. Pengobatannya sedikitnya 7-14 hari… Saya yakin dokter THT udah memberikan obatnya…. ntar akan mulai membaik pada hari ke lima dan berangsur mengempis setelah seminggu. kalo 3 hari sih jelas belumada perubahan…masih nyeri, sakit kepala, demam, kadang menggigil, badan sakit semua, dll.
    Untuk mempercepat adalah dengan minum obat teratur, istirahat dan makan makanan bergizi.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  56. 56 maya September 11, 2010 pukul 12:33 am

    Dokter, sy bersyukur ada dkter yg mau berbagi ilmu. Bgini dok, anak saya usia 6 th bb 17. Demam tinggi d batuk2.2 hr. sy ajak k dokter. Katanya amandel anak sy bengkak. Ikasih obat antibitik. Puyerr isinya amox ddan campuran lain.. Sdh hampir 3 hr minum tp kok malah tambah sakit untuk nelan. Padahal pas ke dokter, keluhan sait menelan blm ada. Apa perlu saya ganti obat do k? Atau sis nya yg 3 kali erhar kurang. Cuku gak kl sy teruskan amox sirunya saja krn puyer dkternyaa hanya utk 3 hari? TRimakasih byak dokter

  57. 57 cakmoki September 11, 2010 pukul 2:09 am

    @ maya:
    Mungkin dosisnya kurang, mbak…. untuk BB 17 kg, dosis amoksisilin adalah 4×250 mg (sirup amox forte: 4 x 1 sendok takar), diminum sedikitnya 4-7 hari. Trus obat panasnya 3-4 x 2 sendok takar. Sedangkan batuknya: sirup ambroxol 3×1 sendok takar.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  58. 58 maya September 11, 2010 pukul 6:55 pm

    Makasih banyak dok..jd, kalau amox syrupnya hbs , gak perlu ganti obat cefadroxil? Tinggal amox nya kita beli lg? Dan anti nyerinya yg tdk terlalu pahit apa ya dok supaya bs makan..mksh banyak dkter atas bantuannya.

  59. 59 cakmoki September 12, 2010 pukul 2:29 am

    @ maya:
    Sementara gak usah diganti…
    Untuk anti nyeri yang enak, dapat menggunakan sirup Febryn or Proris.. dosisnya 3×2 sendok takar.
    Makasih

  60. 60 feri September 13, 2010 pukul 10:02 pm

    Salam kenal dok, saya feri n anak saya usia 6 th sudah seminggu anak saya amandel d minum obat antibiotik tp nelennya msh sakit walau mending sudah bisa makan. Tp leher bagian atas dekat kuping sekarang sakit dok. Itu kenapa y dok. Apa yg hrs dilakukan? D kenapa sdh seminggu minum obat tp kewsembuhannya blm banyak ? Makasih byk y dok attas bantuan d kmurahan hati dokter berbagi ilmu. Mksh

  61. 61 cakmoki September 13, 2010 pukul 10:56 pm

    @ feri:
    salam kenal …
    Sakit di leher adalah dampak dan penjalaran dari infeksi amandel. Mestinya seminggu udah membaik.
    Kalo boleh tahu, obat apa yang digunakan ? … juga dosis dan berat badan anak ?
    Obatnya cukup 2 jenis, yakni antibiotika dan anti nyeri sekaligus penurun panas.
    Antibiotika misalnya: erythromycin, dosisnya 30-50 mg per kg berat badan per hari, diberikan 3-4 kali sehari, sedikitnya 7-10 hari…
    Pereda nyeri: misalnya: sirup proris, dosisnya minimal 10 mg per kg berat bada per dosis… dapat diberikan 3-4 kali sehari.
    Andai berat badan anak 16-20 kg, maka dosis erythromycin adalah 4×1 sendok takar.. dan sirup proris 3×2 sendok takar.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  62. 62 feri September 14, 2010 pukul 10:30 am

    Obatnya amoxil tm , fg trroches. Minumnya 3 kali 1 sendok takar. Bb 16,5. Dia jg ngeluh gatal2 di kkaki. Apa krn alrgi obat y dok? Berapa lama sy hrs menunggu kesmbuhannya dok? Atw perlu. Bw ke dokter lg? Tp kl k dokter lg di kasih obat banyak lg. Mhn masukannya. Trmksh banyak dok

  63. 63 cakmoki September 14, 2010 pukul 6:03 pm

    @ feri:
    kalo gatalnya timbul beberapa hari setelah minum obat, berarti bukan karena alergi obat.
    Dengan bb 16, kg, amoksisilin 3×250 mg masih kurang dosisnya.
    Kalo mau, silahkan menggunakan obat yg saya rekomendasikan, yakni:
    sirup erythromycin 4×1 sendok takar.. dan sirup proris 3×2 sendok takar. Untuk gatalnya, sirup loratadine 1/2 sendok takar sekali sehari.
    Makasih

  64. 64 icha September 14, 2010 pukul 9:20 pm

    permisi mau tanya donk…
    saya 23th dan tahun ini terkena infeksi amandel 2x dan saat ini lg kena infeksi amandel.

    tadi pas ke dokter, di kasih phenoxymethyl penicillin yg 500mg; 4×1 sebanyak 50capsules. udah ini aja.

    nah tapi tenggorokan saya tetep merasa perih, panas, telinga kayak mampet, agak demam sama seberapapun air yg saya minum, tetap berasa kering tenggorokannya.

    nah, apa saya perlu tambahan obat mengingat saya cuma di kasih 1macem obat aja dengan kondisi saya saat ini? dokter disini memang ga begitu mau kasih pasiennya banyak macam obat terutama antibiotik.

    makasih.

  65. 65 cakmoki September 14, 2010 pukul 11:27 pm

    @ icha:
    ya, perlu tambahan obat untuk pereda demam sekaligus untuk meredakan rasa perih di tenggorokan, misalnya: parasetamol 500 mg, diminum 3-4 kali hingga kleuhan hilang.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  66. 66 carolina September 25, 2010 pukul 7:40 pm

    dokter yth, umur saya 29 tahun, sejak saya melahirkan januari lalu, sering radang amandel. ( memang waktu SD amandel saya sering kambuh, ttp sejak SMP, hampir tidak pernah kambuh lagi dok ). obak yg saya biasa konsumsi adalah amoxil 500 , 3×1.

    sejak januari lalu, sudah sekitar 4 sampe 5 kali kambuh amandel saya, konsumsi amoxil 500 susah sembuh , sampe harus konsumsi 5 hari.

    yang mau saya tanyakan dok, apa saya sudah resisten amoxiilin ?

    skg lagi kambuh, setelah 2 hari minum amoksil tp amandel tambah bengkak, saya berinisiatif minum cefat 500, 3×1.

    sampe hari ini, sudah minum cefat 7 biji, tapi sama sekali tidak ada perubahan pada tenggorokan saya ? apa yg saya hrs lakukan ?
    apa perlu mengganti antibiotik lagi jenis erithromicin atau azithromicin ? dosisnya bagaimana ?

    terima kasih dok, mohon bantuannya. dok, darimana kita tahu, sebuah antibiotik cocok untuk penyakit ini ? setelah minum berapa biji baru menunjukkan perubahan ?

  67. 67 cakmoki September 26, 2010 pukul 3:15 am

    @ carolina:
    Normalnya, infeksi amandel dianjurkan minum antibiotika sedikitnya 5-10 hari, sedangkan untuk yang agak berat, sedikitnta perlu 7-10 hari.
    Menurut saya bukan resisten amoksisilin, tapi dosisnya yang perlu dinaikkan menjadi 4×500 mg selama 5-10 hari. Kalo yang ringan, biasanya sembuh dengan amoksisilin 3x500mg selama 3-4 hari.
    Udah bener pake cefadroyl 3×500 mg..diminum sedikitnya 5 hari… jangan buru-buru diganti.
    Kalau 5 hari belum membaik, barulah bisa diganti dengan Eythromycim 3-4×500 mg selama sedikitnya 5 hari.
    Untuk nyeri or bengkaknya perlu tambahan obat, misalnya asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri or bengkaknya reda.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  68. 68 carolina September 26, 2010 pukul 4:54 pm

    dokter, terimakasih untuk pencerahannya… untungnya hari ini sudah membaik dok, setelah saya itung2, berarti sampe hari ini, udah minum cefat 4 hari. berarti menurut dokter, harus minum ditambah satu hari lagi menjadi 5 hari atau minum sampe 7 hari dok ?

    yang saya mau tanyakan lagi dok, kenapa setelah melahirkan saya bolak balik kena amandel ? pilek pun sering menghantui saya, padahal dulu blm tentu setahun ada sekali saya kena pilek. apa ada hubungannya dgn fisik saya yg drop krn tiap malam kurang tidur urus bayi ? krn sebelumnya biar makan apa aja, jarang kumat amandel saya.

    apa yg harus saya lakukan untuk mencegah kekambuhan yg berulang. terus terang saya takut minum antibiotik banyak2 apalagi saya mau badan saya fit kembali seperti sblm punya anak. terima kasih dok.

  69. 69 cakmoki September 26, 2010 pukul 6:00 pm

    @ carolina:
    ya, minum cefat minimal 5 hari, kalo 5 hari udah sembuh, dapat dihentikan.

    Benar, mudah sakit karena sibuk ngurus bayi, kurang tidur, kurang istirahat sehingga kondisi tubuh drop, akibatnya mudah kena penyakit. Itu wajar saja… Namun kelak kondisi tubuh akan pulih kembali kalo udah gak terlalu repot.

    Yang perlu dilakukan hanya anjuran bersifat umum bagi wanita pasca melahirkan, yakni:
    > istirahat sebaik-baiknya dan berusaha tidur nyenyak ketika ada kesempatan…walaupun sulit tentunya :)
    > makan makanan bergizi untuk menunjang kondisi tubuh.
    > kalau perlu mengkonsumsi multivitamin (merk apa saja, yang disukai)

    Moga sehat selalu
    Makasih

  70. 70 carolina September 27, 2010 pukul 6:09 pm

    terima kasih dok atas balasannya… salam hangat buak cak dan keluarga

  71. 71 cakmoki September 28, 2010 pukul 12:24 am

    @ carolina:
    trimakasih juga telah berbagi… :)
    Semoga sehat selalu dan salam untuk keluarga

  72. 72 eni Oktober 4, 2010 pukul 11:21 am

    Assalamu’alaikum..
    cak. mo tanya ne..syukron sebelumnya
    Anak saya udah dari 2,5 tahun kena amandel. Sekarang umurnya 6 tahun 8 bulan. BB 20Kg.pas baru2 kena,e..kira2 3 bulanan,tiap 2 minggu demam. Tapi diobati Alhamdulillah sembuh. Setelah itu jarang sekali demam.Mungkin karna anaknya yang super geraknya.kayak gak ada capeknya,aktif sekali.cuma pernah umur 5,5tahun infeksi,ada bintik2 putih di amandelnya, sampe bengkak ke leher & telinga,Berobat ke SPA.dkasi obat+dsuruh pake pasta gigi enzim dewasa.Alhamdulillah sembuh.Kata dokter itu,ga perlu operasi dulu,kita lihat aja perkembangannya umur 9-11tahun nanti,kalo tidak begitu mengganggu gak pa2.Soalnya kata anak saya nelan makanan tidak sakit cak,
    Sekarang amandelnya kayak bakso cak,di keduanya.Seprti gambar,cuman agak kecil sedikitlah.
    Akhir2 ini dia sering batuk.tapi bentar2 aja.hilang timbul.paling kalau makan permen..mau tidur&bangun tidur.Tp akhir2 ini alhamdulillah udah tidak ngorok.Untuk pencegahan saya melarangnya minum es,makan ciki&mie..Kalo minum es,malamnya langsung batuk. kecuali es krim,itupun kalo kondisinya benar2 fit & saya kasi sedikit.

    Bagaimana menurut Cak Moki anak saya?
    Jazakallohu khoiron
    Wassalam

  73. 73 cakmoki Oktober 4, 2010 pukul 3:29 pm

    @ eni:
    Assalamu’alaikum…
    Menilik kronologisnya, saya sependapat dengan DSA yang mengobati anak pada usia 5,5 tahun.
    Pada umumnya anak lebih tahan terhadap infeksi atau penularan infeksi seiring dengan bertambahnya usia dan tumbuh kembang anak.
    kalau hanya batuk-2 dikit setelah aktifitas berlebihan, bagun tidur, dll, gak papa… itu masih wajar.
    Menurut saya, gak perlu operasi kecuali ada gangguan.
    Semoga sehat selalu. :)
    Makasih telah berbagi.
    Wassalam

  74. 74 en Si Oktober 8, 2010 pukul 7:32 am

    Assalamu’alaikum cak moki…..
    belum bosen kan atas kunjungan saya?mudah2an belumn ya

    saya mo tanya:
    anak saya yang udah saya ceritain ke cak moki kemaren tu yang diatas,
    sekarang amandelnya ada bintik2 putih,dan sedikit memmbesar.tidak seperti biasanya.itu infeksi ya cak?sudah 2 hari ini lah.

    katanya sakit kalo makan pedas, dan sering bersin kalo habis mandi & batuk kalo habis gosok gigi.tapi ga demam cak…….kalo makan yang lain,gak ada ngeluh apa2.aktifitas biasa.tetap aktif bin kreatif

    apa harus berobat cak?kalo dibiarin bisa bahaya gak?
    belum sempat berobat, karena dia lagi MID semester.

    Syukron wa jazakallohu khoir
    barakallohu fiik,smoga Alloh menetapkan hati cak moki dalam kebaikan selalu.Amin

    wassalamu’alaikum

  75. 75 cakmoki Oktober 8, 2010 pukul 2:08 pm

    @ en Si:
    Wa’alaikumsalam…
    enggak bosen koq :D
    Keluarnya bintik putih pada infeksi amandel dan sekitar amandel, disebut dengan Peritonsiler Infiltrat, yakni timbulnya nanah memadat berbentuk bintik atau bercak putih. Hal ini menadakan adanya infeksi. Ditadai dengan: nyeri, demam, sakit kepala, nyeri persendian…namun gak semua keluhan tersebut dialami.
    Sebaiknya berobat agar tidak bertambah sakit dan gak bertambah besar.
    Kalo belum sempat berobat, dapat mengggunakan:
    1) Antibiotika, misalnya: Erythromycin…. kalo BB 20 Kg, dosisnya: 4×250 mg… kalu yang bentuk sirup: 4x1sendok takar (1 sendok takar=200 mg erythromycin). Lamanya minum erythromycin pada peritonsiler infiltrat ataupun infeksi amandel (tonsilitis), sedikitnya 5-10 hari.
    2) Pereda nyeri, misalnya: Sirup Febryn atau Sirup Proris, diminum 3×2 sendok takar (sama dengan 3×200 mg), di saat nyeri saja.
    Moga segera sembuh.
    Makasih
    Wassalam

  76. 76 en Si Oktober 8, 2010 pukul 11:04 pm

    wa’alaikum salam

    makasih banget ya cak……….
    ya, nanti diusahakan berobat, kalau gak sempat, beli di apotik sambil jemput dia sekolah.

    o ya, pereda nyeri pd no 2) itu diminum pada saat nyeri appanya ya cak?
    yang ank saya keluhkan salah satunya nyeri sendi dan kadang2 nyeri di amandelnya. jadi pas nyeri tersebut diminum cak?
    kemaren saya sempat kepikiran yang nggak2 cak,kan jenis tulangnya lumayan besar untk anak seumurnya.Dia ngeluhnya sakit tulang, saya takut tulangnya bermasalah.ternyata efek dari amandelnya.

    makasih ,syukron wajazakallohu khoir.
    semoga tidak bosan menjawab pertanyaan saya
    Wassalamu’alaikum

  77. 77 en Si Oktober 8, 2010 pukul 11:14 pm

    o ya cak,da yang ketinggalan ni pertanyaannya……

    anak saya dari kecil koq badanyya gak berisi2 ya.
    lahirnya kan usia kandungan 8 bulan lebih, BBLR (2 kg) umur 3 bulan BB 5,8 kg, tapi lama kelamaan koq sedikit nambahnya, cuma nambah tinggi aja.sekarang tingginya mungkin 160 cm lebih.termasuk normal gak cak BBnya(20 kg,umur 6 thn, 8 bulan)?
    Apa badannya gak mau berisi karena pengaruh sering infeksi amandel?

    bagaimana menurut cak moki?

    wasalamu’alaikum

  78. 78 cakmoki Oktober 9, 2010 pukul 2:00 am

    @ en Si:
    iya bener… kalo pas nyeri saat makan (nyeri telan), sakit di amandelnya, termasuk nyeri sendi, sakit kepala… dan bisa juga untuk demam.
    Umur 6 tahun 8 bulan dengan BB 20 kg adalah normal. Maklumlah kalo anak nampak gak berisi, soalnya anak lebih suka beraktifiras, bermain, dll… bukan karena amandel. :) Apalagi dengan tinggi segitu… berarti anak tumbuh dan berkembang dengan bagus.
    Makasih

  79. 79 en Si Oktober 10, 2010 pukul 8:52 pm

    assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh cak…..
    saya berkunjung lagi nih….

    sebelumnya ralat cak,Tinggi Badan anak saya 122 cm,afwan kemaren salah.heeeeeeeeee

    anak saya udah berobat cak,dikasi amoxicilin,proris & obat anti radang lanadexon sama dokter.

    tapi kenapa ya cak,td bangun tidur siang dia mimisan? sebelumnya udah 6bln yang lalu jg prnah mimisan.udah 3x lah sama tadi.
    itu karena apa ya cak?apa perlu penanganan khusus/ kalo ga diobatin, ditutup pake daun sirih biar berhenti darahnya aja gak pa pa cak?tapi habis itu lama lagi kambuhnya cak,sampe 6 bulanan.

    sekian,barakallohu fiik
    syukron wajazakallohu khoir
    Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

  80. 80 cakmoki Oktober 10, 2010 pukul 11:28 pm

    @ en Si:
    Wa’alaikumsalam warhmatullohi wabarokatuh…
    Kalo pernah mimisan, biasanya bisa timbul lagi kalo anak demam, kepanasan dan aktifitas berlebihan. Ini terjadi karena pecahnya pembuluh darah kapiler di permukaan rongga hidung. Cukup ditutup dengan kasa steril dan ditekan pangkal hidung supaya mampet.
    Kalo masih mimisan, dapat diberikan tablet Danachrom untuk menghentikan perdarahan, diminum 3×1/2 tablet selama 3-4 hari.
    Untuk sementara anti radang lanadexon dihentikan dulu mengingat anak mimisan… toh udah ada anti radang non steroid (proris), untuk meredakan nyeri, meredakan bengkak dan meredakan demam.

    Tentang tinggi badan, mungkin yg diukur TB ibunya …hahaha
    Makasih
    Wasslam

  81. 81 en Si Oktober 11, 2010 pukul 5:28 pm

    wa’alaikum salam
    benar kata cak moki,mimisan anak saya karena anak saya mulai sakit2 persendiannya, sedikit demamm, ternyata dia tertular cacar dari saya cak,

    badannya udah ada 4 plentingan, rencana mau berobat bantar lagi

    syukron wajazakallohu khoiron

    Wassalamu’alaikum

  82. 82 cakmoki Oktober 11, 2010 pukul 11:41 pm

    @ en Si:
    Assalamu’alaikum..
    obatnya sama, yakni acyclovir 20 mg per Kg BB per dosis… diminum 4 x sehari. Kalo BB 20 Kg, berarti dosisnya 4×400 mg… dan obat obat lain untuk meredakan keluhan.
    Pada anak biasanya lebih cepat sembuh.
    Moga segera sembuh.
    Makasih
    Wassalam

  83. 83 en Si Oktober 12, 2010 pukul 3:04 pm

    Wa’alakum salam
    Makasih udah selalu menjawab keluhan – keluhan saya.
    udah berobat…….dikasi acyclovir 4×1 yang udah dijadiin serbuk& paracetamol & bedak salicyl.

    doain smoga anak saya cepat sembuh ya…….

    saya bersyukur bisa kenal cak moki, walaupun melalui internet.
    semoga banyak lahir cak moki baru, yang selalu menjadikan profesinya sebagai ladang amal…

    barokallohu fiikum.Semoga Alloh memberikan rahmatNya untuk cak Moki sekeluarga, Dan buat dokter2 yang tulus ikhlas mengabdi kepada Allah. dan mengharapkan pahala Alloh.

    Syukron wajazakallohukhoiron
    wassalamu’alaikum

  84. 84 cakmoki Oktober 12, 2010 pukul 10:41 pm

    @ en Si:
    Assalamu’alaikum…
    Terimakasih atas support dan do’anya…. demikian pula sebaliknya, semoga penjenengan sekeluarga senantiasa dalam lindungan-Nya. …amiiin.
    Wassalam

  85. 85 carolina November 18, 2010 pukul 7:25 pm

    cakmoki yth, krn belakangan ini saya sering terserang radang amandel yg susah disembuhkan ,minum amoksil, cefat lamaaa banget baru sembuh. minum lbh dari seminggu, maka saya kemudian melakukan swab tenggorok.

    hasilnya adalah sbb :

    hasil pembiakan : serratia marcescens

    uji kepekaan :

    sensitif : piperacillin, ticarcillin, cefotaxime, ceftazidime, cefepime, meropenem, imipenem, contrimoxazole, tobramycin, amikacin, gentamicin, netilmicin, ciprofloxacin

    resistant : amoxillin, cephalotin, cefoxitin, cefuroxime

    jadi, tolong cakmoki bantu saya pilihkan obat yg tepat untuk penyakit ini. kalo bisa obat yg ringan dulu. takut juga saya krn hasil gogling saya ternyata bakteri ini sudah resistan thp gol penicilin dan cephalosporin tingkat pertama dan makrolida.

    hal inilah yg menjelaskan knp saya minum amoksil, cefat dan erithromicin tp ga sembuh tuntas. biasanya setelah minum amoksil seminggu, radang menurun tp gak lama kambuh lagi.

    tolong saran dan pencerahannya pengobatan thd penyakit ini, dan bakteri ini menular lewat apa dok ? saya was2 krn takut menulari bayi saya yg berusia 10 bulan. thanx

  86. 86 cakmoki November 19, 2010 pukul 12:48 am

    @ carolina:
    Berdasarkan hasil uji kepekaan, yang paling ringan adalah Cotrimoxazole.. Dosisnya: cotrimoxazole forte (merk dagang, misalnya: Bactrim Forte, Bactoprim Forte, Primadex forte, dll), diminum 2×1 sesudah makan selama 7-10 hari.
    Kalo dengan obat tersebut belum sembuh dalam 7-10 hari, batrulah menggunakan cyprofloxacin (tidak dianjurkan bagi wanita hamil dan menyusui)
    Penularan terbanyak melalui droplets (percikan uap air mulut dan pernafasan)
    Makasih

  87. 87 carolina November 19, 2010 pukul 9:33 am

    cakmoki yth, biasanya bakteri serratia marcescens ini bisa menyebabkan infeksi amandel krn apa dok ?

    apa krn makanan, minuman kotor ?

    dan misalnya saya sudah sembuh, apa semua lipstik saya hrs dibuang dok ? untuk mencegah penularan kembali ?

  88. 88 cakmoki November 19, 2010 pukul 2:14 pm

    @ carolina:
    Karena paparan melalui droplets (percikan uap air mulut dan pernafasan)
    Bisa juga melalui makanan atau minuman yg terpapar kuman tersebut.
    Infeksi amandel gak ada huungannya dengan lipstik.
    Makasih

  89. 89 carolina November 19, 2010 pukul 3:05 pm

    Maksud saya kan wkt sakit saya masih menggunakan lipstik, nah setelah sembuh apakah saya bs tertular kembali jika menggunakan lipstik yg sama ? Krn penggunaan lipstik wkt sakit akan menyebabkan sebagian bakteri pindah ke lipstik melalui air liur ?

  90. 90 cakmoki November 19, 2010 pukul 3:10 pm

    @ carolina:
    ya, saya mngerti maksudnya. Lipstik bukan media penularan… Kalaupun ada kuman yang nempel bersama liur, dalam 24 jam si kuman akan mati karena lipstik bukan media berkembang biak bagi kuman, sedangkan liur yang nempel di lipstik akan mengalami metabolisme sehingga tidak bisa untuk media kuman.

  91. 91 Ahmad Maulana November 20, 2010 pukul 1:56 am

    Assalamualaikum Pak Dokter..
    saya mau nanya tentang Amandel nih..
    saya remaja berusia 18thn..
    saya punya amandel,tetapi gejala yang saya rasakan tidak ada nyeri saat menelan,melainkan nafas saya agak terganggu..
    itu terjadi berhari hari hingga sekarang..apalagi di saat suhu menurun disekitar atau habis turun hujan..
    kalau malam hari datang tubuh saya menggigil kedinginan,sekitar leher pegel-pegel,keringat mengucur disaat saya ingin tidur,dan untuk tidurpun saya sulit sekali..
    Pertanyaan saya “Apakah saya memang terkena penyakit amandel.??”
    dan “apakah saya harus melakukan operasi dikarenakan Nafas saya sedikit terganggu DOk..??”
    sekian..
    Terima Kasih..
    Wassalamualaikum…

  92. 92 cakmoki November 20, 2010 pukul 2:14 am

    @ Ahmad Maulana:
    Wa’alaikumsalam
    Untuk mengetahui apakah gangguan nafas dan keluhan yang dialami tersebut berhubungan dengan infeksi amandel atu bukan, sebaiknya periksa ke dokter terdekat.
    Makasih
    Wassalam

  93. 93 carolina November 20, 2010 pukul 8:22 am

    terima kasih dok untuk pencerahannya. salam buat keluarga.

  94. 94 cakmoki November 20, 2010 pukul 4:36 pm

    @ carolina:
    terimakasih juga telah berbagi… selamat berakhir pekan

  95. 95 Ahmad Maulana November 21, 2010 pukul 2:01 am

    hmmmm…
    begitu ya dok..
    kalau masalah setiap malam meriang dan lemes itu karena apa ya dok..??
    karena yang saya baca amandel juga begitu efek sampingnya..
    terimalasih sebelumnya..

  96. 96 cakmoki November 21, 2010 pukul 11:34 am

    @ Ahmad Maulana:
    Tanda Infeksi amandel diantaranya: nyeri telan, demam, kadang disertai sakit kepala dan nyeri badan.
    Kalo malam meriang dan lemas, banyak penyakit yang seperti itu…untuk memastikannya seyogyanya periksa ke dokter.
    Makasih

  97. 97 Yunia septalevie November 29, 2010 pukul 3:56 pm

    Dok adik saya 2 bulan yang lalu operasi amandel dan 1 bulan setelah opersai katanya badannya lemas dan sering pingsan akhirnya dibawa kerumah sakit katanya infeksi amandel , dan dirujuk untuk dirawat diRS , dan sekarang menginjak 1 bulan ini dirawat dirumah sakit dan kesehatannnya sekarang terus menurun , dimata sebelah kanan dan hidung sebelah kanan keluar cairan mirip nanah dan setiap buang air kecil dan besar keluar bersama darah apa separah itu dok infeksi amandel sekarang keluarga saya pasrah dok karena kami sudah kehabisan dana untuk adik saya …….

  98. 98 cakmoki November 29, 2010 pukul 10:57 pm

    @ Yunia septalevie:
    Operasi infeksi amandel mestinya gak separah itu. Bisa jadi keluhan-keluhan tersebut merupakan penyakit lain.
    Untuk itu, gak ada salahnya menanyakan kepada dokter yg merawat tentang penyakitnya.
    Makasih

  99. 99 Yunia septalevie November 30, 2010 pukul 2:01 pm

    Oh gitu ya dok ……
    waktu itu sudah sempet tanya kedokter yang merawat diduga kena infeksi hiv dok , akhirnya diambil sample darah dan hasilnya negatif , dan dirongsenpun semua hasilnya bagus …….setiap keadaan adik saya menurun selalu dianjurkan untuk transfusi darah…..Dok Mungkin ngga ya adik saya salah diagnosa ????
    sebelumnya terima kasih dok .

  100. 100 cakmoki Desember 1, 2010 pukul 2:55 am

    @ Yunia septalevie:
    Kalo salah diagnosis amandel jelas gak mungkin… Bisa jadi, ada kelainan darah (blood discrasia) yang belum diketahui secara pasti mengingat kelainan darah banyak jenisnya, misalnya ITP atau sejenisnya… namun sekali lagi, jawaban paling tepat adalah dari dokter yang merawat… menduga-duga tanpa mengetahui rangakaian hasil pemeriksaan sering salah. Dan jangan sampai kita salah duga :D
    Makasih

  101. 101 Yunia septalevie Desember 1, 2010 pukul 8:53 am

    Terima kasih dok atas jawabannya ……
    kemarin jam 2 siang adik saya sudah dipanggil keramahtullah…….
    mungkin ini yang terbaik buat adik saya ……daripada harus menderita sakit yang ngga jelas sakitnya apa…..?????
    Selamat jalan adikku…………………..

  102. 102 cakmoki Desember 1, 2010 pukul 11:05 pm

    @ Yunia septalevie:
    Innalillahi wa’inna ilaihi roji’un.. Menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya adinda tercinta. Teriring do’a semoga adinda mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Dan bagi segenap keluarga yang ditinggalakan, mudah-mudahan diberikan kesabaran.
    Makasih telah berbagi

  103. 103 sisraelga Januari 6, 2011 pukul 7:39 am

    salam kenal dok..
    saya sisraelga,tinggi badan 175 dengan berat badan 65 kg
    saya ank kos, jd dr pd terkena biaya tinggi dengan berobat kedokter lebih baik saya bertanya disini..hehehe
    ini pun klw pak dokter bersedia menjawabnya..
    saya terkena amandel sejak 5 hari yg lalu tetapi saya kira panas dalam sehingga saya cuma minum larutan penyegar panas dalam, tp mkn kesini makin parah dan akhirnya setelah googling, ciri2 yg saya dapatkan adalah amandel dan di tambah badan saya meriang dok..
    kira2 bleh mnta resepnya dok?? :D

  104. 104 cakmoki Januari 6, 2011 pukul 6:23 pm

    @ sisraelga:
    Salam kenal,
    Ok, obatnya:
    1) Antibiotika, misalnya: cefadroxyl 500 mg (yang generik aja supaya ga mahal), diminum 3×2 sesudah makan selama sedikitnya 5-7 hari.
    2) Peredan nyeri sekaligus meredakan demam, misalnya: asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga sembuh.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  105. 105 Nurfaisyah Februari 10, 2011 pukul 5:14 pm

    Terima Kasih atas blog yang bermanfaat ini Dok.
    yang ingin sy tanya….dr sekian banyak komentar orang-orang di atas kenapa tiap orang diberi obat yang berbeda ? padahal keluhan dan sakitnya itu pada dasarnya sama.
    Selanjutnya, kalau memang boleh Bapak memberikan resep dasar untuk amandel itu seperti apa ?

    Terima kasih

  106. 106 cakmoki Februari 10, 2011 pukul 6:07 pm

    @ Nurfaisyah:
    Pilihan obatnya bergantung pada keluhan dan kronologisnya.. emang benar pada dasarnya keluhannya mirip, namun penyakitnya ada gradasinya.
    Resep dasar untuk infeski amandel karena kuman:
    1) Antibiotika (amox, amox-clav-cefadroxyl dan turunannya, ery dan turunannya).
    2) Obat simptomatis, untuk meredakan keluhan bergantung pada berat ringannya keluhan dan ada tidaknya riwayat gangguan lambung.
    Makasih

  107. 107 nurfaisyah Februari 12, 2011 pukul 12:39 pm

    Terima kasih atas komentar balasan Bapak….Kalau boleh Saya bertanya lebih lanjut, Ada teman Saya yang juga mengalami amandel dan setelah disarankan untuk minum Asam mefenamat rasa nyerinya berkurang tapi radang dari amandel itu sendiri belum berkurang. Menurut Bapak, adakah obat alternatif selain Asam mefenamat yang dapat membantu menurunkan radang dari amandel teman Saya ?
    Terima kasih

  108. 108 cakmoki Februari 12, 2011 pukul 3:26 pm

    @ nurfaisyah:
    jelas saja infeksinya belum berkurang, lha wong belum dikasih antibiotika :D
    Persoalannya bukan pada pereda nyeri tapi pada obat untuk memberantas penyakitnya, yakni antibiotika.
    Diberi obat pereda nyeri merk apapun gak akan mengurangi infeksinya.
    Makasih

  109. 109 agatha kristy Februari 18, 2011 pukul 2:36 pm

    dok,ini saya mau nanya..anak saya sekarang uda umur 21 tapi amandel masi ada..sering batuk,pilek,nelan ludah and obat kadang susah..kadang juga sesak nafas..beberapa waktu lalu ke tht kata dokternya kena sinusitis.apa kalo kena sinusitis itu bisa juga kena amandel dok..?dan dia mengalami sakit itu sudah beberapa tahun.biaya operasi amandel kira2 berapa ya kalo dirumah sakit daerah surabaya?terima kasih balasannya

  110. 110 cakmoki Februari 18, 2011 pukul 3:45 pm

    @ agatha kristy:
    Wajar kalo masih ada infeksi amandel, soalnya suka batuk pilek sehingga kelenjar amandel cenderung terinfeksi juga.
    Sinusitis dan infeksi amandel tidak saling berhubungan.
    Keduanya sebaiknya diobati hingga sembuh.
    Kalaupun ingin operasi, biayanya dapat ditanyakan langsung ke doter THT… besaran biaya bergantung kepada RS tempat operasi.
    kalu ingin lebih ringan, operasi dapaty memilih di RSU Dr Soetomo.
    Makasih

  111. 111 Rudy Maret 8, 2011 pukul 8:28 pm

    Dokter, saya umur 40th, berat 85Kg.

    Udah 2-3 minggu ini saya sakit tenggorokan, sakit waktu nelan makanan. Pertama mulai terasa sakit saya hisap FG-troches, habis 1 papan ga sembuh. Terus sy minum Lemocin 500mg 3x sehari + Erythromicin 250mg 3x sehari, yg ada lambung saya perih banget abis minum Erythromicin.

    Saya tetp lanjutin minum Lemocin 500mg 3x sehari + Cyprofloxacin 500mg 2x sehari, antibiotik dah mo abis tinggal buat sehari lagi kok tenggorokan saya masih sakit ya (buat nelan).

    Menurut Dokter apa mungkin ada yg salah dgn obatnya apa dgn dosisnya. Saya belum sempat ke dokter secara langsung, resep tsb diberikan oleh apoteker pas beli obat.

    Mohon pencerahannya dan terima kasih banyak atas waktunya.

  112. 112 cakmoki Maret 8, 2011 pukul 11:17 pm

    @ Rudy:
    Menurut saya obatnya berlebihan, Pak :)
    Andaikata infeksi tenggorokan tersebut disebabkan kuman, obatnya gak perlu pake cyprofloxacin karena justru berpotensi menimbulkan resisten.
    Untuk itu, cukup dengan cefadroxyl 500mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama 5-7 hari.
    Adapun untuk pereda nyeri dapat menggunakan pereda nyeri yang tidak menimbulkan perih di lambung, misalnya parasetamol.
    Kalo tahan dengan asam mefenamat, dapat menggunakannya (diminum sesudah makan) sebagai pereda nyeri yang lebih kuat dari parasetamol.
    Moga segera sembuh.
    makasih

  113. 113 Rudy Maret 9, 2011 pukul 1:44 am

    Terima kasih atas respon Dokter yg sangat cepat.
    Baik, saya akan coba resep yg Dokter berikan.

    Sekali lagi terima kasih, Semoga Tuhan selalu memberkati anda sekeluarga.

  114. 114 cakmoki Maret 9, 2011 pukul 5:49 am

    @ Rudy:
    Sama-sama, Pak… terimakasih telah berbagi
    Semoga segera sembuh dan sehat selalu

  115. 115 Astrid Maret 15, 2011 pukul 1:15 am

    Haiiii dokter Moki yg smart

    Anak saya berusia 3th mengalami panas sudah 3 hari ini. Tadi pagi say bawa ke dokter anak katanya infeksi amandel. Ditunjukkan juga pada saya benjolan merah bertitik-titik putih.
    Yg mau saya tanyakan:

    1. Wajarkah bila benjolan amandel hanya ada disatu sisi saja bukan di kiri dan kanan?
    Kalau pas suhu badannya panas saya temp pakai temp telinga digital disisi yg ada infeksinya panasnya bisa menunjukkan suhu 38,5-39 derajat. Kalau di telinga yg satunya suhunya selisih 1 derajat. Apa emang bisa gitu yah?

    2. Saat ini dia dianjurkan minum antibiotik dan proris bila panas. Apakah bila suhu badannya tidak panas proris tetap diminumkan mengingat penjelasan dokter di atas kalau proris juga berfungsi sebagai pereda nyeri.

    3. Adakah pantangan makanan?

    4. Apakah kalau sudah pernah kena infeksi amandel itu berarti dia lbh mudah terkena infeksi amandel lagi? Dan bagaimana tahunya kalau infeksinya sudah sembuh benar????

    Trimakasih sebelumnya ^.^

  116. 116 cakmoki Maret 15, 2011 pukul 6:16 pm

    @ Astrid:
    haiiii …jugak :D

    1) wajar… bintik putih atau infiltrat pada amandel dapat timbul di salah satu sisi amandel ataupun keduanya.
    Kalo hanya yg satu sisi, maka suhu di sisi yg mengalami infiltrat tentu lebih tinggi. Wajar lah

    2) Benar, proris hanya diminum kalo nyeri atau demam… sedangkan antibiotika harus dihabiskan walaupun udah ga ada keluhan supaya tidak terjadi resisten.

    3) Gak ada dong… mengapa harus ada pantangan kalo sedang sakit ? Bukankah kalo sakit perlu meningkatkan kondisi tubuh dan pemulihan ? :D

    4) Enggak lah. Kalo udah sembuh ya sembuh dong… hanya saja, seseorang bisa kena infeksi amandel kalo ada mikro-organisme yg menginfeksi amandel).. baik yang belum maupun yang pernah.

    Makasih

  117. 117 jaket0range Maret 31, 2011 pukul 8:30 am

    Assalamualaikum.
    Om saya laki2 berumur 19th kurang 3 hari .
    saya mau tanya Om..
    2 minggu yang lalu saya batuk batuk (saya pikir karena saya alerfi debu), namun saya biarkan.
    saya pikir seperti biasa nanti sembuh dengan sendirinya.
    eh tapi ternyata sudah 2 minggu ini saya batuk terus,
    karena intensitas batuk yang berlebih, akibatnya tenggorokan terasa sakit seperti radang tenggorok , pernah juga suara saya hampir hilang Om..
    Nah , tadi malam pas batuk sakitnya terasa di tenggorokan sampai telinga kiri.
    terus tadi pagi pas bangun , rasanya seperti ada yang mengganjal di tenggorokan saya yang sebelah kiri. buat makan dan minum masih bisa, walau agak sakit.
    “Om apa saya terkena amandel ?”
    “Beri saya saran om ?”
    sedangkan saya sekarang sedang jauh dari orangtua karena saya bekerja di Bogor.
    Wasaalamualaikum

  118. 118 orensyogend April 7, 2011 pukul 10:54 am

    cak telinga kiri saya sakit dan nyeri banget,sebelumnya saya mengalami radang tenggorokan di sertai pilek.obatnya apa ya ?

  119. 119 cakmoki April 8, 2011 pukul 4:50 am

    @ jaket0range:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    maaf, kelewatan… :)
    Untuk mengetahui amandel atau bukan , silahkan periksa ke dokter terdekat
    Makasih
    Wassalam

    @ orensyogend:
    Obatnya dapat ditentukan setelah periksa telinga.. jika pada pemeriksaan didapatkan infeksi telinga bagian tengah akibat penyebaran infeksi tenggorokan dan pilek, maka diperlukan antibiotika… namun jika belum periksa ke dokter dan hanya untuk meredakan nyeri, sementara dapat menggunakan pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg, diminumn 3×1 sesudah makan hingga sembuh
    Makasih

  120. 120 natalie Mei 19, 2011 pukul 5:37 pm

    Sore dok mau tanya adik saya umur 22th hari senin bdnnya panas meriang,lalu amandelnya bengkak 2nya dipriksa kedokter ktnya radang babi apa sama dok?tp saya rasa radang amandel,kmdn diberi obat amoxilin 10 uk 500mg,dexamethason sama paracetamol,hr rabu kmrn yg sebelah kanan kempes,yg kiri msh bengkak lalu muncul bercak merah dan ada putihnya,kmdn disrh tambahi amoxilin 5biji lg dok,,hari ni kamis sdh kempesan tp msh nyeri,,obat apa yg cocok utk nyerinya y dok,,dan apakah itu artinya radang sdh membaik?makasih

  121. 121 natalie Mei 19, 2011 pukul 5:41 pm

    Dok maaf saya lupa menambahkan adik saya jg minum ramuan jeruk nipis+kunyit+madu katanya bisa utk amandel,,ada efeknya ga dok

  122. 122 cakmoki Mei 19, 2011 pukul 11:51 pm

    @ natalie:
    met malam,
    jika infeksi amandel disertai denga bercak putih or merah, berarti udah terjadi penyebaran, disebut dengan peritonsiler infiltrat
    pengobatanya:
    1) antibiotika, misalnya Cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan selama sedikitnya 7 hari.. kalo amoksisilin gak mempan
    2) pereda nyeri, bengkak dan demam, misalnya dengan asam mefenamat (merk dagang misalnya; ponstan, ponstelax, dll), diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri dan bengkaknya reda.

    untuk ramuan tersebut ga ada efeknya terhadap infeksi amandel.
    Makasih

  123. 123 natalie Mei 20, 2011 pukul 9:39 am

    Makasih y dok atas sarannya,,kalo bengkaknya sdh kempes tetep pake cefadroxyl?berarti amoxilinnya dihabisin dl yg 10 y dok krn kan antibiotik baru diberi cefa droxyl?utk ponstan diminum sampai bengkak nya kempes y dok

  124. 124 cakmoki Mei 21, 2011 pukul 2:40 pm

    @ natalie:
    Ya tetep pake
    ponstan untuk anti nyeri dan anti bengkak, kalo masih nyeri diminum hingga ga nyeri.
    Makasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,625,813 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: