Penyakit Jantung Koroner

Kode ICD 10: I.25 : Coronary Artery Disease

Apa sih Penyakit Jantung Koroner itu ?

atherosclerosis Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah keadaaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan otot jantung atas oksigen dengan penyediaan yang di berikan oleh pembuluh darah koroner.

Ketidakmampuan pembuluh darah koroner untuk menyediakan kebutuhan oksigen biasanya diakibatkan oleh penyumbatan athroma (plak) *lihat gambar zoom pembuluh darah di sebelah kiri * pada dinding bagian dalam pembuluh darah koroner.

Apa akibat adanya Athroma ?

Jantung berfungsi memompa darah yang kaya oksigen paru keseluruh tubuh. Bila otot jantung kekurangan oksigen maka kemampuannya akan berkurang, sehingga tidak mampu memberi oksigen organ-organ tubuh sesuai kebutuhannya (payah jantung).

Apakah akibatnya bila pembuluh darah koroner tersumbat?

Bila pembuluh darah koroner tersumbat mendadak dan tidak dapat segera diganti fungsinya oleh pembuluh darah koroner yang lain maka otot jantung yang seharusnya dilayani akan mati. Gejalanya sangat bergantung berapa persen penyumbatan terjadi dan berapa banyak pembuluh darah yang terkena.

GEJALA ( mulai dari yang paling ringan sampai terberat ):

  1. Nyeri dada (Angina pectoris)
  2. Nyeri dada yang tidak stabil (Unstable Angina pectoris)
  3. Matinya sebagian otot jantung (Infark Myocard)
  4. Mati Mendadak *enakan yang ini kali ya* ;)

PENYEBAB JANTUNG KORONER

Biasa disebut faktor resiko yaitu :

Penyebab utama (Mayor) :

Penyebab tambahan (Minor)

  • Obesitas (kegemukan)
  • Kurang olah raga/ fisik (Sedentary)
  • Stress
  • Umur, semakin tua resiko meningkat ( termasuk saya.. ;) )
  • Pemakaian obat-obatan tertentu (steroid)

Apa yang harus dilakukan bila terkena penyakit jantung koroner ?

  • Hindari faktor resiko yang bisa dihindari
  • Bila sudah terkena, harus disiplin berobat.

Dengan memahami bahwa penyakit kardiovaskuler (pembuluh darah jantung) merupakan proses pengobatan seumur hidup, maka diperlukan beberapa komponen terapi seperti pendidikan kesehatan, bimbingan tentang pola makan dan metabolisme tubuh, serta bimbingan psikologis untuk membantu penyembuhan pasien.

Sumber: Brosur Jantung Koroner, RS. Husada Utama, Surabaya *trims, Stef*

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

67 Responses to “Penyakit Jantung Koroner”


  1. 1 Mrs. Fortynine November 2, 2008 pukul 7:14 pm

    mantappp!

    boleh saya kopas ke forum saya Cak?
    ;)

    err…kalo penyakit hati obatnya apa Cak?
    :cry:

  2. 2 pakdejack November 2, 2008 pukul 8:48 pm

    whuuueee… hbs ujian responsi anatomi jantung langsung baca artikel jantung… bener2 bnr2 klop….

  3. 3 Amed November 2, 2008 pukul 10:10 pm

    Kalo semacam “Angin Duduk” atau kalau orang sini bilang “Menyamak” itu katanya termasuk jantung koroner juga ya dok?

  4. 4 keishka November 3, 2008 pukul 8:38 am

    kalau kei habis lari gt yah, dada suka sakit. kpla keleyeng2 pusing gt… knp tuh.. itu kenapa yah pak dok?? apa jantung juga??

  5. 5 asuna17 November 3, 2008 pukul 11:13 am

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!

    http://penyakit.infogue.com/penyakit_jantung_koroner

  6. 6 lintasmarketing November 3, 2008 pukul 11:19 am

    Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi
    mudah.
    salam

  7. 7 English Learner November 3, 2008 pukul 12:40 pm

    Then we really have to walk on egg in running our lifestyle. Thank you Cak! Salam kenal. :)

  8. 8 nararya November 4, 2008 pukul 6:54 am

    jantung saya lagi sehat-sehatnya nih..selalu berdetak kencang (pertanda tanpa sumbatan) setiap nicolas saputra lewat ;)

  9. 9 keishka November 4, 2008 pukul 9:25 am

    ehm.. yang aku kyana blm dijawab deh om….

  10. 10 icalmahdi November 4, 2008 pukul 11:25 am

    PJK..>>
    Pembunuh Jantung Kawakan..
    hehe..

    no smoking..!!
    no Coronary Hearth Disease..!!

  11. 11 cakmoki November 4, 2008 pukul 11:40 am

    @ Mrs. Fortynine:
    yo, monggo Swi.
    Obat sakit hati : ketemuan, sms-an dll *peluk idia* :P

    @ pakdejack:
    tau gitu bikin edisi lengkap … hehehe.
    Bikin postingannya pakde…

    @ Amed:
    iya, yang dimaksud ‘angin duduk” adalah infark miokard, yakni Jantung Koroner yang oenyumbatannya melebihi 50% sehingga timbul kerusakan otot jantung di bagian yang dialiri darah oleh pembuluh darah yg mengalami penyumbatan.

    @ keishka:
    Bukan penyakit jantung kei…
    Itu mah karena gak biasa lari … hehehe. Ato lari tanpa pemanasan, trus main genjot aja. Gak papa koq… silahkan lari rutin untuk memelihari stamina sekaligus memperkuat otot jantung.
    Maaf, gak langsung jawab…soale gak setiap waktu ada di depan komputer *ngeles*

    @ English Learner:
    Salam kenal juga. Terimakasih.

    @ nararya:
    Kalo Brad Pitt lewat denyut jantung lebih kenceng kale :)

    @ icalmahdi:
    iye … hehehe

  12. 12 pakdejack November 4, 2008 pukul 2:14 pm

    ntar tak postingannya cak!! skr lg masuk blok neuropsikiatry,,,, wuihh…kyknya serem deh! kuliah pertama aja udah mumet…

  13. 13 keishka November 4, 2008 pukul 6:28 pm

    obrolan sm temenku kemaren…

    waduh…ayah saya juga kena jantung..

    dan akhir2 ini, saya sering sesak dadanya..apalagi kalau habis minum kopi. terus kadang-kadang, kalau habis jalan atau kegiatan lain, tiba-tiba bagian dada terasa linu, walaupun sebentar. tapi tidak begitu parah. jadi saya anggap biasa.

    terus kalau linu, saya minum air putih sebanyak banyaknya, rasanya agak plong+mendingan. dan ketika air putih diminum, rasanya kayak mendorong sesuatu yang membuat sesak napas. ini kenapa ya ? atau hanya perasaan saya saja ? atau malah keturunan dari ayah saya?

    hehehhe. apa tuh artinya??

  14. 14 sibermedik November 4, 2008 pukul 6:32 pm

    kalau dokternya yang ngerokok gimana cak?

    *prihatin ngelihat TS banyak yang ngerokok*

  15. 15 cakmoki November 4, 2008 pukul 11:19 pm

    @ pakdejack:
    ya sip :)
    hehehe, neuro ga nemen-2, psikiatry nya itu lho yang bikin serem.
    Met bertugas ya… moga sukses.

    @ keishka:
    Kayaknya “sesak dada” tersebut bukan penyakit jantung kei …
    Lagipula, pada wanita pada umumnya terjadi di usia lebih dari 56 tahun, itupun kalo ada faktor resiko yang ga dikendalikan.

    …apalagi kalau habis minum kopi…

    yang beginian biasanya berhubungan dengan peningkatan produksi asam lambung karena dipicu oleh kopi (terutama jika perut kosong) sehingga nyesak di ulu hati yang dapat menjalar ke dada.
    Hal ini menjelaskan juga tentang rasa mendorong sesuatu saat minum air putih di jalur kerongkongan di pertengahan dada hingga ulu hati (bagian tengah perbatasan dada dan perut).

    Artinya … gak perlu dikhawatirkan … maaf kalo saya benar, hehehe ( kalo salah juga mohon maaf) :P

    @ sibermedik:
    biarken aja, kan bisa masang stent sendiri :D
    *guyonane: mungkin sengaja milih suddent d… biar ga menderita, sssttt* :roll:

  16. 16 keishka November 5, 2008 pukul 9:36 am

    wew, ternyata TSnya perokok yah?? hmm…… dasar!! stop meroko dunk, kan katana sebelum mengajari org lain ajarilan dirimu sndiri… halah…

    kakek,jgn ngambek yah.. kan dirimu yang minta aku panggil gt.. hehhe… mau tnya lagi nih… kalau ibuny perokok, trus anaknya saat dikandungan itu kena juga ga?? bisanya sakit apa kek??

  17. 17 cakmoki November 5, 2008 pukul 11:37 am

    @ keishka:
    Ntar saya sampaikan :D

    iya cucu, tenang aja, kakek gak suka ngambek … merajuk pernah *moga yg ini ga kebaca* :roll:

    ibu hamil perokok beresiko pada anak yg dikandungnya, antara lain: keguguran, lahir prematur, BBLR (berat badan lahir rendah), terganggunya suplai oksigen dari ibu ke janin, gangguan pada pembuluh darah, dan gangguan perkembangan sosial pada bayi yg dilahirkannya kelak.

    Thanks

  18. 18 keishka November 5, 2008 pukul 6:01 pm

    wew, serem yah kek.. temenku lagi hamil dia perokok bgt deh.. walaopun engga punya dasar sakit jantung kalau kaya gt carana bisa kena juga kah sm jantung anaknya??

    bwt, kei kenalan sm icalllllllllllll…. hohohohoho… senengnya…. (eh ga penting yah bilang2) hehhe.. tapi kakek, dia ko jutek gt yah… huehuehuehehueheu

  19. 19 cakmoki November 5, 2008 pukul 11:59 pm

    @ keishka:
    itu faktor resiko kei … bisa iya bisa enggak.

    melunakkan jutek gampang, cucu … kasih kedipan deh, ntar gak jutek lagi *kalo gak mempan bukan salah saya* hehehe

  20. 20 keishka November 6, 2008 pukul 8:21 am

    kakek, ntr aku cb ngedipin deh.. :D btw, mau tnya lagi.. kalau ada cwe suka mabok2 ngerokok.. dll. bisa kena faktor jantungan engga sih?? tus… temenku yang sakit jantung bawaan, suka kuluar keringetan gt kek… tanganya sering bgt berair… itu knp yah?? kan aneh.. smpe2 kalau nulis dibuku msti ditilamin sm lap. :D habisnya terus2san keringetan…

  21. 21 icalmahdi November 6, 2008 pukul 6:06 pm

    Wah.. DOk tolong saya di kedipin sama Kei..!!!
    KEliatannya timbul iritasi nih..
    Komplikasinya apa dok ya??
    hehe..(mudah2an Si kei gak baca ini..)

  22. 22 cakmoki November 6, 2008 pukul 10:45 pm

    @ keishka:
    iya, kebiasaan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab penyakit di atas.

    Banyak keringat pada penyakit jantung bawaan (ada beberapa jenis) karena produksi kelenjar keringat yang berlebihan (hiperhidrosis) yang dipicu oleh peningkatan frekuensi denyut jantung (takikardia).

    @ icalmahdi:
    hihihi… gak ikut-ikut. Arek Suroboyo mosok wedi :D
    Komplikasinya paling pol kangenisasi *tenang aja, kei ga ngerti koq*

  23. 23 keishka November 7, 2008 pukul 8:53 am

    hmm… kekek, biar pasien ical kei yang tanganin.. hahahha… ternyata kemaren ical nyapa aku cm mau bilang dia iritasi.. wah kakek jahat, aku bener2 ga ngerti apa yang diomongin dirimu dan ical.. bahsa planet mana sih??

    oh gt yah???pantesan temenku keringetan mulu tangannya. baru selesai nonton film medical dragon… jadi bertanya-tanya…. kan di film itu ada oprsi batista.. apaan sih itu???

  24. 24 cakmoki November 8, 2008 pukul 1:47 am

    @ keishka:
    hmmm rahasia dong, tanya ical aja ;)

    operasi batista adalah operasi ventrikel (rongga jantung) untuk mengurangi beban (volume) pada rongga jantung tersebut supaya gak sesak.

  25. 25 W I T A Desember 2, 2008 pukul 5:10 am

    well,,
    tenkz bangedd bwad cakmoki’s blog..
    artikel ini bener2 bantu saya bwad ngerjain tugas biologi di pagi buta gini..
    *hhe

    okaii,,
    troz nulis artikel yang berkualitas yap…
    xD

  26. 26 ovan Januari 18, 2009 pukul 6:38 am

    assalamualaikum
    cak, kata dokter ibuku kena jantung koroner, berasal dari penyakit DM dan pikiran. Dulu sering nyeri dada tapi sekarang jarang kambuh. Biasanya kambuh karena air dingin atau makanan. Yang masih terjadi kadang2 sering pusing tanpa sebab jelas. Gimana dok solusinya.
    Kami biasa pake askes di RSUD Wirosaban yogya, hanya ada spesialis dalam. Selain diberi obat DM obat jantungnya cuma dikasih ISDN dan clobazam (1x sehari). O iya ibuku usia 69tahun.
    Atas jawabannya syukron, jazaakallahu khoir.

  27. 27 cakmoki Januari 19, 2009 pukul 2:58 pm

    @ ovan:
    Wa’alaikum salam,
    ISDN diterusin gak boleh berhenti seperti yang tertulis di artikel, obat tersebut (ISDN) digunakan selamanya.
    Kadang ada efek samping pusing (nggilyeng) kalo minum ISDN 3×1, karena itu obatnya bisa diturunkan dosisnya menjadi 2×1 ato 1×1 kalo kondisi udah stabil dan gak nyeri dada. Tapi sebaiknya konsul ke dokter yg ngerawat selama ini.
    Clobazam untuk penenang, biasanya digunakan pada malam hari aja, sedangkan obat diabet diterusin sesuai saran dokter.
    Trims

  28. 28 ovan Januari 20, 2009 pukul 12:14 pm

    trima kasih sangat dok..
    kenapa ya jika ibu saya makan yg ‘berasa’ enak nyeri dadanya kadang kambuh? apa memang harus menghindari makanan yg gurih, asin, manis?

    Biasanya jika kambuh diberi ISDN, apakah tindakan ini dilakukan setiap kambuh atau ada tindakan lain?

    maap cak nanya terus, di rsud dokternya agak susah diajak ngobrol karena terlalu banyak pasien antri.

  29. 29 cakmoki Januari 21, 2009 pukul 11:14 am

    @ ovan:
    Boleh makan yang enak-enak. Gurih, asin dan manis juga boleh, yang penting gak berlebihan.
    ISDN harus dminum selamanya, ada gak ada keluhan tetep diminum mengingat obat tersebut dimaksudkan untuk memelihara peredaran darah ke otot jantung dan menjaga ritme denyut jantung agar stabil.
    Trims

  30. 30 the talkaz Maret 24, 2009 pukul 3:55 pm

    wah maksih bos, jadi tambah pengetahuan tentang penyakit jantung koroner nih..artikelnya sip..:D

  31. 31 cakmoki Maret 25, 2009 pukul 8:39 pm

    @ the talkaz:
    makasih juga kunjungannya :D

  32. 32 adlinana Maret 29, 2009 pukul 1:09 am

    sugoi na…!!

    papa q kena ne pnyakit.,,
    hufft :(

  33. 33 cakmoki Maret 29, 2009 pukul 10:54 pm

    @ adlinana:
    Moga beliau tetep sehat … tentu dengan minum obat teratur :)

  34. 34 mell Juli 25, 2009 pukul 11:38 pm

    Pa dok dok ..
    Makasi bgt yya .artikelny keren . Mantep.
    Ngebantu bgt buat mahasiswa kedokteran yg baru ky saya.
    Ribet yya. Plajaranny susaaah ..hehe

    Eh aku mau tanya nih,tp aga jau dr topik dikit gpp yya.
    Untuk atlas manusia yg bagus sobotta ap yokochi ?
    Makasiih.

  35. 35 cakmoki Juli 26, 2009 pukul 3:23 am

    @ mell:
    Pakai Sobotta aja … kalo dulu yg bagus Spaltehozl.
    Dan yang paling bagus adalah memahami dan menghayati saat praktikum, lapis demi lapis, jaringan demi jaringan.
    Kalo hanya mengandalkan atlas, dijamin banyak lupanya ketimbang ingatnya saat ketemu pasien beneran…. hahaha…
    Moga sukses :)

  36. 36 Ny. WIEN September 7, 2009 pukul 11:08 pm

    Malem Dok ……
    Perihal penyakit jantung yg di derita ibu saya.Hasil lab.terakhir yg saya dapatkan setelah di cek ulang,secara garis besar adalah (untuk usia ibu saya yg 60 tahun) adanya pembengkakan jantung akibat hipertensi(210/190)kolesterol tinggi,asam urat juga di kategorikan lumayan tinggi,juga ginjal yang tidak dalam ukuran ideal/normal.Maaf saya lupa angka2 tepatnya untuk hasil lab.Untuk kondisi seperti ini tindakan preventif setelah membaca hasil lab.tsb apa ya dok?Kami harus mengunjungi dokter spesialis apa(kalau menurut dokter kami harus ke spesialis)?Pola makan seperti apa yg pas untuk kondisi ibu saya?Mungkin kalau harus menulis daftar makanan yg ‘boleh dan tidak boleh’di makan,mungkin dokter bisa merekomendasikan kami artikel atau sejenisnya lewat website di internet.Matur nuwun sebelumnya nggih dok…atas jawabannya.

  37. 37 cakmoki September 9, 2009 pukul 12:38 am

    @ Ny. WIEN:
    Malem, Bu…
    Pembesaran Jantung atau cardiomegali salah satunya sebagai akibat dari hipertensi, dimana pada penderita tersebut akan mengalami : mudah sesak, nafas terengah (walau jalan jarak dekat), mudah lelah, dll.
    Yang terpenting adalah minum obat untuk memperkuat kontraksi jantung (digoxin) dan obat untuk menurunkan tahanan (retensi) jantung (obat golongan diuretik) dan obat-2 untuk menurunkan hipertensi.
    Sebaiknya kontrol secara teratur ke dokter spesialis jantung.
    Adapun makanan yang dibatasi bergantung pada hasil pemeriksaan fisik oleh dokter dan hasil follow up laboratorium. Menurut saya gak perlu lewat internet karena kondisi seseorang (terkait dengan penyakitnya) gak selalu sama.
    Maturnuwun.

  38. 38 Ny. Wien September 10, 2009 pukul 10:47 pm

    sugeng dalu Dok….matur nuwun sekali jawabannya.Pas setelah sy baca jawaban njenengan sy baca2 juga tanya-jawab yang lain soal jantung.Saya jadi pingin nanya lagi nih dok….gak papa ya?Soal keringat yang keluar dari telapak tangan(yang kadang agak berlebihan).Perasaan…dari kecil saya juga sering mengalami itu.Sekarang usia saya 39 tahun.Tapi ndak di sertai rasa yang ndak enak di dada,baik itu ritme degup jantung maupun nyeri yg timbul.Dada biasa aja kalo pas keringat lagi keluar.Apalagi kalo pas lagi’sumuk’banget telapak kaki juga ikut ngeluarin keringat agak ekstra.Selama ini saya blm pernah periksa jantung sih….waktu muda dulu saya termasuk orang yang aktif dalam gerak(baik olah raga maupun lainnya)Sekarang berat badan saya memang agak over(Tinggi 165 berat 80)Tekanan darah saya cenderung rendah…Menurut dokter apa kondisi saya ini termasuk yg ‘berjantung’tidak normal.Matur nuwun lagi sebelumnya ya Dok…..

  39. 39 cakmoki September 11, 2009 pukul 1:07 am

    @ Ny. Wien:
    Sugeng dalu, Bu …
    Keluar keringat di telapak tangan dalam jumlah berlebihan disebut dengan hiperhidrosis. Kondisi tersebut dapat dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya: produksi keringat yg berlebihan melalui kelenjar sebasea (lemak) di telapak tangan, faktor kecemasan, faktor psikis, kepekaan terhadap perubahan cuaca, dan lain-lain. Bukan berhubungan dengan penyakit jantung. Emang ada mitos yg berkembang seperti itu di masyarakat, tapi anggapan tersebut belum tentu benar.

    Perbandingan tinggi dan berat badan emang tidak seimbang, namun tidak serta merta dikatakan “berjantung tidak normal”. Hal itu hanya dapat dibuktikan melalui pemeriksaan, setidaknya EKG, oleh dokter spesialis jantung.
    Menurut saya, sedapat mungkin diusahakan menurunkan berat badan dengan mengatur asupan makanan dan olah raga yg bersifat aerobik.
    Hal ini dimaksudkan sebagai langkah preventif agar tidak terjadi penumpukan lemak di pembuluh darah yg bisa menimbulkan berbagai keluhan di kemudian hari.
    Moga sehat selalu :)
    Maturnuwun

  40. 40 Ny. Wien September 11, 2009 pukul 11:18 pm

    Matur nuwun…. kesekian kalinya dok.
    Malam ini,sementara saya nggak nanya lagi,hanya mau ungkapin sedikit yg ada di benak saya.
    Saya ‘agak’tertegun (atau mungkin memang benar2 tertegun).Angka ‘kunjungan’di blog njenengan ternyata ratusan ribu.Subbhanallah…..Saya jadi ingat.Dlm ‘management’Islam diantara tiga perkara yang tidak akan putus ketika orang wafat salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat.Menurut saya njenengan sudah punya ‘investasi’besar (kalau tidak boleh dikatakan luar biasa)…dengan selalu meluangkan waktu,memberikan jawaban atas semua tanya yang datang.Apalagi kalau melihat jam2 njenengan menjawab.
    Subbhanallah…..(jujur ini dari hati dok)terus lipat gandakan ‘investasi’akhiratnya ya dok.Tidak banyak dokter yang mau kayak njenengan.Semoga sehat terus…..matur nuwun sekali lagi.

  41. 41 cakmoki September 12, 2009 pukul 12:49 am

    @ Ny. Wien:
    Waduhhh, mungkin pujiannya terlalu tinggi. Saya hanya ingin berbagi, itu saja. Dengan berdiskusi bersama, berarti kita sama-sama berbagi pengetahuan, seberapapun kecilnya. dan sayapun bisa belajar banyak dari njenengan dan pengunjung yang lain.
    Andai diskusi kita dinilai sebagai amal dan mendapatkan ridho-Nya, semoga menjadi investasi kita semua. Amiiin.
    Maturnuwun support dan do’anya, demikian pula sebaliknya.

  42. 42 rera Oktober 27, 2009 pukul 9:51 am

    terimakasih, ternyata berbahaya juga..

  43. 44 cakmoki Oktober 27, 2009 pukul 4:41 pm

    @ rera:
    trims juga kunjungannya :)

  44. 45 rahmah Desember 15, 2009 pukul 1:49 am

    Ass.Wr.Wb.
    Dear Neters,
    Hanya ingin berbagi info saja. Bila anda menderita masalah kesehatan yang tidak tahu obatnya (kanker, ginjal, jantung, diabetes, kista, tumor, katarak, dll), ingatlah Propolis. Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69
    ”……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”
    Informasi mengenai propolis kunjungi PROPOLIS | Obat Propolis
    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
    Wslm.Wr.Wb.
    Rahmah

  45. 46 Nurul_Ayu90 Desember 23, 2009 pukul 11:30 pm

    Salam…
    >Sya mau tnya nieee..perihal ayah sya,semenjak beliau mendapat tahu yg beliau kena pnyktjantung,Beliau tidak lagi ceria & x lg suka bergurau dgn ahli keluarga kami,kadang2 kami cmua btl2 rindu kn gurau tawa seperti dulu oleh ayahku..skrg beliau hanya serious j & sering murung…
    >Bkn 2 shja,Beliau jga kerap kencing,kadang2 smpaikn 13-15 kali dlm sehari,stlh perjumpaan dgn Dr..Dr mngatakn 2 adlh kesan daripada ubat..Btl k???
    >Bntu lh sya???

  46. 47 cakmoki Desember 24, 2009 pukul 12:50 am

    @ Nurul_Ayu90:
    Salam …
    > Untuk mengembalikan keceriaan ayahanda, diperlukan dukungan atau support dari seluruh keluarga, disertai pemahaman bahwa penyakit jantung dapat dikendalikan dengan berobat dan kontrol ke dokter spesialis jantung secara teratur.
    Memang tidak mudah, namun dengan kesabaran, niscaya kepercayaan diri ayahanda lambat laun dapat pulih kembali. Jikalau perlu, sekali-sekali beliau diajak rekreasi untuk refreshing.

    > Sering kencing yang dialami beliau, boleh jadi karena efek samping obat diuretika (misalnya Lasix). Obat tersebut berfungsi untuk mengurangi beban kerja jantung. Tidak apa-apa. Yang penting minum dalam jumlah yang cukup agar tidak merasa lemas akibat sering kencing.

    Semoga beliau dapat ceria kembali seperti semula.
    Terimakasih… Salam.

  47. 48 ManusiaSuper Februari 10, 2010 pukul 8:21 am

    Saya sering sakit di bagian perut kiri persis di bawah rusuk Cak, biasanya setelah tidur di springbed yang per-nya rusak di depan tipi atau ketika otot punggung bekerja keras (ngangkat barang, dorong motor), itu gejala bukan?

  48. 49 cakmoki Februari 10, 2010 pukul 2:11 pm

    @ ManusiaSuper:
    Bukan, Cil. Itu bukan gejala jantung koroner. Tapi nyeri otot karena pengaruh fisik, disebut dengan myalgia. Gak papa… cukup diobati dengan pereda nyeri kalo emang mengganggu. Kalo gak mengganggu, ga perlu obat. Dipake relaksasi ama senam ringan paling dah ilang… :D

  49. 50 lies Februari 3, 2011 pukul 9:02 pm

    malem bu, sy mo nanya. Ibu sy mengidap penyakit jantung dan hipertensi sdh 6 thn yg lalu, 6 bln yg lalu pernah kena serangan jantung dan tekanan 220/120. Kt dokternya jantungnya mengalami pembengkakan. Dan beberapa hr ini mengalami nueri lg diagnosa dokter jantung, mengalami jantung bocor dan penyempitan pembuluh darah jantung atau disebut jg jantung koroner. Kerja jantung 55 %. Bila mnm obt jantung selalu kesakitan kepalanyua. Yg ingin sy tanyakan apakah ibu sy bs sembuh ? Pengobatan apa yg hrs dilakukan? Mengingat dokter menyarankan caterisasi…. Makasih

  50. 51 cakmoki Februari 3, 2011 pukul 11:27 pm

    @ lies:
    Malem mbak :)
    Pengobatan paling bagus pada penyempitan pembuluh darah jantung koroner adalah sebagaimana yg disarankan dokter jantung tersebut, yakni kateterisasi.
    Sedangkan intuk pembesaran jantungnya dianjurkan minum obat seterusnya, gak boleh berhenti supaya gak mudah sesak or ampek. Begitu pula untuk hipertensinya, disnjurran minum obat terus menurus.. ini karena hipertensi dapat memicu pembesaran jantung dan menimbulkan dampak lainnya.
    Kini, banyak orang yg menderita penyakit semacam ini, termasuk di ndeso kami.. namun para pasien dan keluarganya sekarang udah sangat paham, bahwa untuk penyakit hipertensi, terlebih dengan pembesaran jantung, perlu minum obat seumur hidup agar dapat beraktifitas seperti biasa, sehingga kualitas hidupnya tetap terjaga sementara tekanan darah dapat dikendalikan hingga normal.
    Makasih

  51. 52 firoh Februari 8, 2011 pukul 3:57 pm

    siang mas, salam kenal for all by firoh

  52. 53 cakmoki Februari 8, 2011 pukul 4:30 pm

    @ firoh:
    Met sore… salam kenal juga :)
    Makasih atas kunjungannya

  53. 54 Titi Februari 11, 2011 pukul 4:15 pm

    Selamat sore dok…

    saya mau tanya, calon suami saya perokok berat, semenjak 2 tahun ini mengalami denyut jantung yang tiba2 berhenti sehingga harus di pukul keras dengan tangan di bagian dada sebelah kiri agar berdenyut kembali, itu apa termasuk PJK?? atau penyakit jantung yg lain ya dok??
    sejak 1 bulan ini sudah berhenti merokok, namun masih kambuh. Biasanya hal ini dirasakan saat kecapaian, dan stress atau banyak pikiran…pasti selalu kambuh. Ini bisa disembuhkan ga ya dok?? kalo iya bagaimana pengobatannya ya dok…??terimakasih…

  54. 55 cakmoki Februari 12, 2011 pukul 3:40 pm

    @ Titi:
    Selamat sore,
    belum tentu penyekit jantung koroner
    Untuk memastikannya, sebaiknya periksa ke dokter jantung… kalo bukan penyakit jantung berarti gak perlu obat jantung. kalo ada penyakit lain, tentu bisa diobati hingga smebuh.
    Terimakasih

  55. 56 ria Februari 13, 2011 pukul 2:56 am

    dan seseorang yang pernah mewarnai hatiku dengan begitu indahnya.. dipilih Tuhan untuk ‘diambil’ melalui penyakit ini saat sedang berada di kantor dan melaksanakan tugas hariannya..

    3 tahun lalu
    berpulang dalam usia 23 tahun..
    tanpa terduga..

    tak biasanya..
    dia tak segera berangkat pagi itu.. dipeluknya ibunya yang sedang masak.. begitu hangat dan lama.. tersungging senyum.. mengatakan.. ‘aku akan melepaskan pekerjaan ini, namun aku tak akan mengambil pegawai negeriku di sekolah itu.. karena panggilanku bukanlah mengajar’
    sang ibu pun bertanya.. ‘kau masih ingin membuka bengkelkah? mengamalkan ilmu mu tak harus dengan wirausaha.. mengajar juga bentuk pengamalan.. apa yang kau ajarkan juga sejalan dengan pendidikan gelar sarjanamu.. tak semua orang bisa menjadi PN, dan kau sekarang sudah dapat malah ingin melepaskannya..wirausaha bisa kau lakukan nati nak.. disela-sela PNmu’
    hanya tersenyum, dia pun mencium tangan sang ibu dan pamit kerja dengan mengucap salam terlebih dahulu

    siang itu..
    sebuah smsku konfrontasi pernyataannya kepada sang ibu pada pagi harinya tak terjawab..
    sebuah telepon ku terima dengan kabar kepergiannya sebagai balasannya

    singkat, tak lebih dari sepuluh menit saat dia terjatuh dari kursinya dalam kondisi tak sadarkan diri.. dihembuskannya nafas terakhir.
    hanya jenazahnya yang diantarkan ke IGD..

    tak ada riwayat penyakit,
    tak ada keluhan..
    tak ada riwayat perokok ataupun suka minum kopi
    tak pernah sekalipun terlihat kesusahan terpancar di wajahnya..
    terkecuali bila berbicara mengenai ibunya yang janda dan mulai sakit2an.. itupun setelahnya dia akan langsung mengambil air wudhu dan sholat.. ‘menenangkan hati’ katanya..

    hari itu,
    vonis ‘jantung’ mengukir abadi senyum damai di wajahnya dalam tidurnya yang panjang..

  56. 57 cakmoki Februari 13, 2011 pukul 2:34 pm

    @ ria:
    Condolence …

  57. 58 nurbiyanto Februari 13, 2011 pukul 3:57 pm

    met sore cak,
    nanya cak, skr kan lagi ngetren masalah jantung koroner nich. Agak kuatir juga cak. Saya umur 40 tahun hobi olah raga, yang rutin tiap hari minggu main futsal dan bersepeda pada hari rabu.
    Masalah tekanan darah cak, Kalau pas setelah olah raga berat(futsal) tensi darah 120/80 selama 2 hari. Tapi kalau pas nggk olah raga /kerja di kantor tensi 135-140/ 90. kenapa demikian cak? normalkah? Amankah olah raga futsal buat saya dengan tensi tersebut. trims

  58. 59 cakmoki Februari 13, 2011 pukul 5:27 pm

    @ nurbianto:
    Sebenenarnya PJK sudah ngetrend sejak dulu, hanya saja belakangan ini lebih ngtrend karena menyangkut orang-2 terkenal dan diberitakan TV secara simultan.
    Sisi positifnya, setidaknya masyarakat awam lebih mengenal dan bisa lebih hati-2 untuk menghindari PJK.
    Usia segitu sebaiknya tidak main futsal. Terlebih orang-2 kita kebanyakan hanya asal mmain aja, tanpa pemanasan, tanpa latihan penunjang rutin.
    Olah raga adalah hal yang sangat bagus dalam menunjang kesehatan jasmani maupun rohani, namun sebaiknya disesuaikan dengan usia.. pilih yang ringan dan tidak terlalu melelahkan, sesuai minat dan kemampuan.
    Untuk tensi, ukuran segitu masih normal, kalo yang 140/90 termasuk border line.. namun ada referensi lain yg sudah menggolongkan hipertensi ringan pada tensi 140/90.
    Makasih

  59. 60 nurbiyanto Februari 14, 2011 pukul 4:19 pm

    makasih cak, ini satu lagi, di dada kadang2 terasa pegal, kadang kanan/kiri. tapi biasanya kerasa seperti ada dahak yg nggk mau keluar.kalau dahak dimuntahin habisnya agak lega.Dulu pernah bronkitis ,apa ini sebabnya cak bronkitis yg belum sembuh benar. Perlukah periksa ke ahli dalam, atau mungkin gajala sakit jantung, maturnuwun.

  60. 61 cakmoki Februari 14, 2011 pukul 11:50 pm

    @ nurbiyanto:
    Keluhan tersebut berhubungan dengan produksi dahak yg berleihan karena berbegai faktor… gapapa.
    Bukan berarti bronkitis belum sembuh… dahak akan diproduksi berlebihan kalo kita terpapar debu, asap, cuaca dingin, dan berbagai bentuk polutan lainnya.

    Kalo ingin crek jantung, yang paling tepat adalah periksa ke Dokter Sp jantung.
    Maturnuwun

  61. 62 Reno April 8, 2011 pukul 7:36 pm

    Cak mau tanya, sakit jantung apa boleh dipijat? Soalnya bapak saya suka pijet kalo badan lagi ga enak. Makasih :)

  62. 63 cakmoki April 10, 2011 pukul 11:19 pm

    @ Reno:
    Boleh :)

  63. 64 ayha Mei 29, 2011 pukul 10:53 am

    banyak2in senam jantung deh, biar sehat

  64. 65 cakmoki Mei 29, 2011 pukul 2:15 pm

    @ ayha:
    betul :D


  1. 1 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « Pieces of Mind Lacak balik pada Februari 18, 2009 pukul 11:59 pm
  2. 2 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « dragus.cn Lacak balik pada Februari 16, 2011 pukul 6:21 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,982,405 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: