Obat untuk mudik Lebaran

PERSIAPAN OBAT OBATAN SAAT MUDIK

mudik Pekan menjelang Lebaran merupakan saat-saat menyenangkan bagi para pemudik sekaligus merepotkan, terutama bagi yang punya anak balita. Persiapan matang yang udah dicatat seakan gak pernah sempurna … merasa ada aja yang kurang. Pakaian, bekal uang (kartu kredit), kesiapan kendaraan (bagi yang berkendara sendiri), oleh-oleh, peralatan kebersihan, make-up dan pernak-perniknya adalah menu harian para pemudik. Tak terkecuali obat-obatan sebagai antisipasi jika ada gangguan kesehatan selama mudik Lebaran.

Kali ini kita mencoba berbagi seputar persiapan obat-obatan. Walau nampak sepele, gak ada salahnya kita bahas, dengan harapan dapat membantu bagi yang memerlukan. Hal ini wajar mengingat saat Lebaran tidak mudah menemui dokter *lha sebagian dokter mudik juga je*

OBAT OBAT YANG PERLU DIPERSIAPKAN

obat_mudik Secara umum, obat yang perlu dibawa sebagai bekal mudik adalah obat-obat yang biasa digunakan atas rekomendasi dokter (dokter langganan) atau obat daftar W (obat bebas) yang emang biasa dipakai dan dirasa dapat membantu mengurangi keluhan tertentu. Meski begitu, kita tetap akan membuat daftar sederhana obat-obat bekal mudik sekaligus ringkasan khasiat dan dosisnya. Setidaknya diharapkan dapat membantu sebelum ke dokter jika emang memerlukan periksa ke dokter.

Ringkasan Daftar Obat :

Obat Anti Mabuk ( anti muntah, obat vertigo )

  1. Dimenhydrinate 50 mg ( Antimo, Dramasine, Dramamine, Stop-Mun). Obat golongan ini biasa digunakan untuk mencegah mabuk, mual dan vertigo. Untuk mencegah mabuk, diminum sekitar 30 menit sebelum naik kendaraan (paling bagus dalam keadaan perut kosong). Dosis anak: 5 mg per kg berat badan terbagi dalam 4 dosis. Atau untuk lebih mudahnya: usia 8-12 tahun: 1/2-1 tablet, 6-8 tahun: 1/4-1/2 tablet.
  2. Domperidone (Dometa, Galflux, Motilium, Novotil, Vometa, Vomitas). Digunakan untuk anti mual-muntah dan diminum dalam keadaan perut kosong. Dosis anak: 0,25-0,5 mg per kg berat badan terbagi dalam 3-4 dosis. Sediaan: tablet 10 mg, sirup (dan tetes) 5 mg per 5 ml.
  3. Obat-obat untuk vertigo banyak jenisnya. Selain Dramasine dan Dramamine, obat vertigo yang lazim digunakan diataranya: Betahistine (Merislon, Mertigo, dll), Cinnarizine ( Merron, Perifas, dll).

Obat Penurun Panas.

  1. Parasetamol atau Asetaminofen. Nama dagangnya banyak deh… gak usah disebutin satu persatu yaaa… Selain untuk penurun panas, dapat juga digunakan untuk pereda sakit kepala ringan. Dosis anak: rata-rata 10 mg per kg berat badan per dosis.
  2. Ibuprofen ( Arthrifen, Febryn, Proris, dll ). Dosis anak: rata-rata 10 mg per kg berat badan per dosis. Sediaan untuk anak: sirup 100 mg per 5 ml, 200 mg per tablet dan supposutoria (dimasukkan dubur).

Analgesik ( pereda nyeri )

Antalgin (methampyron), Asam Mefenamat, Natrium Diklofenat, Ibuprofen, Piroksikam, dll … dll … jenis maupun merk dagangnya banyak banget. Silahkan menggunakan sesuai rekomendasi dari dokter masing-masing. Obat-obat ini lazim digunakan untuk sakit kepala, sakit gigi, nyeri sendi dan tulang, nyeri otot, dll. Minumnya setelah makan yaaa …

Obat Asma

Bagi penderita asma, silahkan membekali diri dengan obat-obat yang udah biasa diberikan oleh dokter. Jenis dan bentuk sediaannya beragam. Berdasarkan bentuknya, ada yang berbentuk tablet, kapsul, kaplet, sirup, semprot, suntikan ( emangnya mo nyuntik sendiri? :P ). Sedangkan berdasarkan kandungannya juga banyak. Salbutamol, Terbutalin sulfat, Teofilin, Aminofilin, Ketotifen, …. dan lain-lain.

Antasida ( … dan yang berhubungan dengan keluhan lambung )

Obat-obat untuk menanggulangi keluhan lambung seperti: senep (bahasa Indonesianya apa ya?), rasa penuh di lambung, nyeri or perih ulu hati, kembung, mbesesek (halah, opo tho iki), … dll … sangat beragam. Silahkan menghubungi dokter masing-masing untuk bekal mudik Lebaran.

Selain obat-obat di atas, pada umumnya kita udah tahu obat-obat yang diperlukan dalam perjalanan hingga kembali ke rumah, misalnya: obat untuk batuk pilek, obat rhinitis alergika (pilek, bersin, buntu), obat alergi, dan lain-lain.

Adakalanya seseorang memerlukan bekal obat yang biasa diminum dalam jangka panjang, misalnya: obat diabet, obat anti hipertensi, obat jantung dan lain-lain. Untuk itu, sebelum mudik seyogyanya minta resep ke dokter langganan masing-masing atau nebus obat ke dokter dispensing bagi yang tinggal di ndeso dan gak ada apotik, agar setidaknya dapat menanggulangi untuk sementara jika tanpa disangka mengalami gangguan kesehatan.

Catatan: bagi para pemudik yang nyopir sendiri (driver), hindari penggunaan obat yang menimbukan ngantuk, misalnya: obat anti mabuk, obat mual-muntah, antihistamin, dll. Kalaupun terpaksa menggunakannya, sebaiknya istirahat setelah minum obat-obat tersebut dan dapat melanjutkan perjalanan jika sudah fresh. Gak usah buru-buru deh… yang penting selamat !

Semoga sedikit tips ini berguna, teriring do’a mudah-mudahan acara mudik Lebaran berjalan lancar dan selamat hingga kembali ke rumah masing-masing. Amiiin. *jangan lupa oleh-olehnya ya…* :)

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

23 Responses to “Obat untuk mudik Lebaran”


  1. 1 dokterearekcilik September 24, 2008 pukul 6:06 am

    kalo sakitnya barengan bisa bawa lemari obat pas mudik :D

  2. 2 aRuL September 24, 2008 pukul 9:43 am

    wah nama2nya nama2 apotik, ada tidak nama2 obat pasaran seperti antimo, dsb gitu dok yg bisa direkomendasikan?
    kalo antimo aman ngak dok?

  3. 3 Andri September 24, 2008 pukul 3:13 pm

    Jangan lupa bawa juga Betadine atau Obat merah bagi yang berkendaraan bermotor, siapa tahu dibutuhkan.

    Dianjurkan juga bawa stok minyak kayu putih kalau-kalau masuk angin. ^^

  4. 4 sibermedik September 24, 2008 pukul 11:29 pm

    Antihistamin yg non sedatif kan harus pakai resep dokter (mis:loratadine)?lha yg jadi supir gimana?ke dokter dulu?

    btw,’obat’ buat koas yg gak mudik apa cak?paling enak memang ‘obat’nya di telepon putrinya calon mertua..he..he :D

  5. 5 Nika September 25, 2008 pukul 6:19 am

    Kalo saya ‘obat’nya pas mudik bawa bekal yg enyak banyak2 hehehe..
    Nggak ding yg bener MKP alias minyak kayu putih soale suka kembungan. Btw, cak moki mudik kemana nih? Ayo dolan ke rmh saya di Ngawi. Jauh gak?

  6. 6 masDan September 25, 2008 pukul 5:24 pm

    Wahm Saya tahun ini Ndak Mudik, Save Buat tahun depan ajah ah..

  7. 7 draguscn September 26, 2008 pukul 4:03 am

    Bos .. tambah nih ..
    Obat Diare
    secara di tempat tujuan pasti gatel-gatel kalo ngga ngicip berbagai makanan yang tersedia .. belum yang di jalanan mampir-mampir .. oralit, segala diar-diaran (neo diarex, new diatab dll) sakit berlanjut hubungi klinik yang masih “nekat” buka .. hehehe
    Obat Anti Diabetikum buat yang emang udah punya penyakit DM. *takut lupa* barangkali aja di tujuan nanti apotek tutup.

  8. 8 Wempi September 26, 2008 pukul 4:59 pm

    sekalian buat arus balik juga cak

  9. 9 elias September 26, 2008 pukul 7:13 pm

    kalo buat obat kanker (kantong kering) buat yang gak mudik apaan cak hehehe

  10. 10 cakmoki September 27, 2008 pukul 2:33 am

    @ dokterearekcilik:
    lengkap dengan pisangnya bagi yang minum obatnya harus pak pisang :D

    @ aRuL:
    ada tuh… antimo aman, tapi ngantuk … karenanya, sebaiknya driver gak minum obat tersebut…

    @ Andri:
    ya, plus verband dab plester …:)

    @ sibermedik:
    he-eh, sebaiknya beberapa hari sebelum mudik, ke dokter dulu..
    Bener kuwi… obat coas yg gak mudik, dianterin parcel anak calon mertua … :D

  11. 11 nandar September 27, 2008 pukul 11:34 am

    dan yang penting juga cak.kalo capai istirahatlah :)

  12. 12 Astri September 27, 2008 pukul 1:11 pm

    Cak Moki mudik ke Surabaya gak?

  13. 13 cakmoki September 28, 2008 pukul 12:52 am

    @ Astri:
    iya Mbak … sejak kamis malam… hehehe
    Ntar malam habis sahur mau muter-muter …trus balik ke Surabayanya belum tahu …

  14. 14 cakmoki September 28, 2008 pukul 1:14 am

    @ Nika:
    Bagi–bagi dong :D
    Sy mudik ke Sby dan Jember Utara (jangan disingkat lho, ra ilok), Mbak …hmmm, Ngawi ya… kebetulan Lebaran ini gak sempat muter ke Jogja, gak bisa mampir nih … Met mudik juga ya

    @ masDan:
    Tahun depan gantian cerita mudik yaaa

    @ draguscn:
    Maturnuwun Mas :)
    Mudik gak?

    @ Wempi:
    hihihi, iya …gak kepikiran, sama kali … bedanya, koper jadi hamil karena banyak oleh-oleh dan dompet menipis karena bagi-bagi ke kerabat …hahaha

    @ elias:
    Obatnya berpelukan aja deh …eh, ada yang dipeluk gak ??? :P

    @ nandar:
    betul, … sambil menikmati wedhang jahe (kalo ada) :D

  15. 15 draguscn September 28, 2008 pukul 6:04 am

    Iya, tapi ngga jauh .. cuma sampe Lumajang. Ibu saya tinggal disana sekarang. jadi semua berlebaran di rumah Uti. Saya kayaknya hiatus nih sampe jum’at. Di rumah Uti ngga ada speedy :-(
    Selamat mudik.
    Selamat Lebaran.
    Mohon maaf lahir dan batin.
    Baik kata-kata yang sengaja maupun yang tidak
    yang sudah bikin hati tidak nyaman.
    Semoga silaturahmi terjalin terus.

    NB:
    Ke Jember kalo lewat Lumajang, masuk kota dulu ya ..
    No telp saya disana ada di facebook

  16. 16 nararya September 29, 2008 pukul 12:40 pm

    weits…ndak lewat jogja ya? kalo lewat kan bisa dapat parsel bakpia dari saya, hahahaha ;)
    postingnya telat tu cak..saya mudik ke bali(rumah mertua) tgl 21 bawa anak saya yang baru 9 bulan dengan persiapan seadanya (anak saya ndak pernah sakit, jadi ndak punya obat apa2). Disana terjadi “bencana”, anak saya batuk pilek, panas (ampe 39,1 c). Udah panik setengah mati tu, ndak ada DSA di daerah itu; maklum di kampung, cak. Sempet kami bawa ke dokter umum, lumayan lah anak saya bisa stabil. Akirnya kami balik jogja, sorenya langsung ke DSA. sekarang menuju sembuh ;)

  17. 17 cakmoki September 30, 2008 pukul 4:21 am

    @ draguscn:
    Tetangga nih :)
    Kalo mudik kali ini saya gak sempat ke Lumajang, insya Allah lain waktu, yang penting udah punya no tilpon untuk saling kontak.

    Selamat Lebaran juga …
    Mohon maaf lahir batin atas segala kekhilafan saya.

    @ nararya:
    ooo, Jogja yaa … sayang sekali Lebaran kali ini gak ke Jogja soalnya udah 2 kali ke Jogja selama tahun ini… ntar bakpia-nya akan saya ambil kalo pas ke Jogja :)

    Maaf atas keterlambatan postingan ini …Moga si kecil segera sembuh yaaa

  18. 18 Yudhi Gejali September 30, 2008 pukul 5:11 pm

    Met Mudik yah…semuanya…
    saya liat di TV, demi mudik, ada yang bermalam semalaman di Motor, ngantri, sambil bawa anak kecil.

  19. 19 superkecil November 13, 2008 pukul 10:36 am

    terima kasih

    tulisan ini membantu ‘cil memecahkan kasus Ibu hammil yang mabuk perjalanan

    critanya Ny. ZH mengalami morning sickness tiap pagi dan semakin tambah usia kandungannya, si Ibuk semakin parah mual muntahnya,, ngga cuman pagi hari…

    selanjutnya….

    insya Allah ditulis di blog saia :lol:

  20. 20 cakmoki November 14, 2008 pukul 1:15 am

    @ Yudhi Gezali:
    Sorry telat … :)

    @ superkecil:
    Ntar saya lihat postingannya ya (ojo suwi-suwi lho) ;)

  21. 21 obat jantung November 29, 2008 pukul 11:14 am

    Terima kasih atas infonya….

  22. 22 obat alternatif jantung November 29, 2008 pukul 5:41 pm

    nice artikel…
    thanks ya buat infonya…
    sangat bermanfaat…

  23. 23 cakmoki November 29, 2008 pukul 6:38 pm

    @ obat jantung:
    Sama-sama … terimakasih kunjungannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,968,807 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 560 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: