Pilgub Kaltim 2008: menghitung suara

ROAD TO KT-1: MENGHITUNG SUARA SEMENTARA

Sore ini merupakan saat-saat sibuk bagi para Tim Sukses untuk menghitung dan merekapitulasi hasil sementara perolehan suara dari TPS-TPS. Biasanya Tim Sukses di TPS akan melaporkan perolehan suara kepada Tim Sukses Kelurahan / Desa, kemudian berlanjut ke tingkat Kecamatan, tingkat Kota / Kabupaten dan akhirnya di tingkat propinsi. Posko-posko setiap calon tentu sibuk dan para calon dengan segenap pendukungnya mungkin dag-dig-dug menunggu laporan dari berbagai penjuru jaringan yang sudah dibangun jauh hari sebelum Pemilihan Gubernur.

Dari jajaran KPUD, suara akan dihitung mulai dari TPS trus ke kelurahan / Desa, berlanjut ke PPK di tingkat Kecamatan, dan seterusnya hingga KPUD Propinsi.

TPS 13 SEBELAH RUMAH ( 1 dari 6.566 TPS)

Harap diingat bahwa TPS 13 hanya salah satu sampel dari 6.566 TPS se Kaltim. Karenanya tak bisa dijadikan bahan analisa dan tak bisa menggambarkan keseluruhan perolehan suara sementara dari 4 Cagub-Cawagub yang sedang berkompetisi.

Saya hanya ingin menulis beberapa obrolan yang hadir di TPS tersebut saat saya melihat hasil akhir perhitungan suara di TPS 13. Beberapa kenalan sempat saya hubungi via sms, kemudian ngabari jumlah perolehan suara di beberapa TPS, namun saya tidak akan menampilkannya di posting ini.

Hasil perolehan suara di TPS 13 Kelurahan Rawamakmur, Kec. Palaran, Kota Samarinda adalah sebagai berikut:

Jumlah Pemilih terdaftar : 448.

Jumlah Pemilih yang menggunakan hak suaranya : 443

Jumlahyang tidak menggunakan hak suaranya : 105 ( 23 % )

Jumlah yang rusak (tidak sah) : 15

Jumlah yang sah : 328

  1. Perolehan Pasangan No. 1 : 191 (58,2 %) *Awang Faroek Ishak-Farid*
  2. Perolehan Pasangan No. 2 : 34 (10,3 %) *Nusyirwan-Heru Bambang*
  3. Perolehan Pasangan No. 3 : 92 (28,1 %) *Achmad Amins-Hadi Mulyadi*
  4. Perolehan Pasangan No. 4 : 11 (03,4 %) *Jusuf SK-Luther Kombong*

Jumlah : 328

Tanpa bermaksud mengecilkan arti calon lain, nampaknya persaingan antara pasangan pak Awang-Farid yang didukung koalisi 15 partai dan pak Amins-Hadi Mulyadi yang didukung 6 partai paling ramai diperbincangkan pemilih khususnya di TPS 13.

Beliau berdua sudah sejak lama disosialisasikan kepada masyarakat oleh para pendukungnya, sedangkan pasangan pak Nusyirwan-Heru Bambang yang diusung PDI-P dan pasangan pak Jusuf SK-Luther Kombong yang diusung Golkar bisa dibilang agak terlambat disosialisasikan oleh para pendukungnya dengan berbagai sebab.

PEMILIH BERKATA BLAK-BLAKAN

Setelah usai perhitungan suara, saya bergabung dengan kerumunan orang sembari mendengarkan komentar-komentar mereka. Tanpa kikuk beberapa orang berkata dengan santainya terkait hasil perolehan sementara , …blak-blakan, sambil guyon…. tanpa ekspresi marah ataupun sedih, … mereka mengungkapkan isi hatinya. Berikut contoh-contohnya:

Sesaat setelah perhitungan di TPS 13 selesai, seorang ibu muda berkata lantang :” lhaaaa, jagoku menang … kalo kampanye saya duduk paling depan, saya yakin pak Awang menang …”.

Seorang bapak sekitar 35 tahun berujar:” … saya gak milih walikota, janji melulu, sampai masa jabatan kedua hampir berakhir, jalanan tempat kami tetap tanah …”.

Pengusaha tambak udang sambil tertawa berkata:” … jago saya pak Amins, menang di 3 TPS daerah saya di pelabuhan … pokoknya daerah pelabuhan dikuasai pak Amins … “.

Seorang mahasiswa berguman sambil terseyum:” … hehehe, kan ? … “.

Seorang ibu dengan satai berkata:”… Siapapun yang menang paling sama saja … kita tetep begini … harus usaha sendiri kalo mau dapet duit … hahaha …”.

Salah satu sesepuh di wilayah kami berucap:” … Alhamdulillah, yang penting aman, semoga tetap aman hingga selesai semuanya …”.

Akankah para Tim Sukses dan para Calon bersikap sama dengan sebagian pemilih seperti di atas ?

Ataukah para pendukung calon yang kalah tidak bisa mereima dengan lapang dada dan akan menuntut yang menang dengan berbagai cara ?

Kami-kami hanya berharap, semoga kerukunan tetap terjaga, aman dan pemenang dapat mewujudkan janji-janji yang pernah diucapkannya.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

:)

About these ads

24 Responses to “Pilgub Kaltim 2008: menghitung suara”


  1. 1 Rizki on benbego Mei 26, 2008 pukul 10:14 pm

    mudah2an pilgub disana bisa diterima semua orang hasilnya. perlu kejujuran.

  2. 2 transmorfosis Mei 26, 2008 pukul 11:02 pm

    moga aja berjalan dengan samai dan bisa menerima baik itu menang atau kalah

  3. 3 itikkecil Mei 27, 2008 pukul 9:29 am

    semoga semuanya aman-aman saja :D

  4. 4 iyan... Mei 27, 2008 pukul 10:52 am

    hehehehe… mahasiswanya ga bergumam tapi cengengesan… :)
    yang pasti siapa pun yang menang diharapkan bisa jadi cerminan pilihan masyarakat kaltim….
    n palaran ga jadi desa jadul…

    penghitungan sementara liat di http://kaltim.kpu.go.id

  5. 5 asepganda Mei 27, 2008 pukul 11:02 am

    saya do’akan semoga pligub di Kaltim tidak se jahat di Jawa Barat…amin….
    mudah mudahan aman jujur, dan fleksibel….

  6. 6 sibermedik Mei 27, 2008 pukul 11:08 am

    Jare ndak nyoblos? lha kok malah ikut2 Quick Count?? Dapet cipratan ya cak???mbok bagi-bagi..:P

  7. 7 mariana silvania Mei 27, 2008 pukul 11:19 am

    :) semoga lancar ya pak.. proses penghitungan suaranya.. lancar sampai menjabat nanti.. mudah2an pemimpin baru bisa membawa perubahan baru untuk Kaltim.. amiin

  8. 8 dobelden Mei 27, 2008 pukul 3:51 pm

    mudah2an menang dech yang menang

  9. 9 economatic Mei 27, 2008 pukul 5:27 pm

    Kelihatannya rakyat Kaltim bingung dengan para calon yang ada, buktinya nggak ada suara mayoritas. Bahkan yang tertinggi aja nggak sampai 30%. Anda pilih siapa nich…..
    Salam http://economatic.wordpress.com/

  10. 10 juliach Mei 28, 2008 pukul 3:57 am

    semoga periode kali ini janji-janjinya dijalankan.

  11. 11 cakmoki Mei 28, 2008 pukul 1:12 pm

    @ Rizki on benbego:
    mudah-mudahan :) .. terimakasih

    @ transmorfosis:
    Moga benar-benar damai…thanks

    @ itikkecil:
    Amin… trims mbak

    @ iyan:
    iya sih, lali kalo ngguyu …hahaha
    mbuh Yan, mungkin Palaran tambah maju, mungkin tetap seperti dulu … nanti kita lihat aja ukuran sederhana, air, listrik, jalan … :P

    @ asepganda:
    Semoga do’anya dikabulkan…amin… haturnuhun

    @ sibermedik:
    lha iki ceritho itung-itungan je :P … kesempatan silaturahmi :)
    Hadir gak mesti nyoblos … ngicipi suguhan boleh koq … hahaha

    @ mariana silvania:
    Terimakasih mbak ..eh Bu :) … moga perubahan ke arah perbaikan untuk masyarakat…amiiin

    @ dobelden:
    hehehe…iya

    @ economic:
    wah gak tahu … mungkin memang ga ada yang menonjol … :lol:
    Saya ? … plih no 5 … hahaha
    Salam, terimakasih kunjungannya :)

    @ juliach:
    Semoga mbak :) … dijalankan dan kerkualitas.

  12. 12 penyokongpaklah Mei 28, 2008 pukul 6:01 pm


    COBA LIAT SITUS:
    rompaklah-malingsia.blogspot.com

  13. 13 cakmoki Mei 28, 2008 pukul 6:23 pm

    @ penyokongpaklah:
    ok :)

  14. 14 indocoolz Mei 31, 2008 pukul 3:34 pm


    AYO LAH KITA MERAMEKAN KOMUNITAS “Axxyc.com”

    (Komunitas Indo, ngak perlu register)

  15. 15 cakmoki Mei 31, 2008 pukul 11:31 pm

    @ indocoolz
    ok, ntar tak intip ya :)

  16. 16 yuhardin Juni 2, 2008 pukul 10:41 pm

    Hidup Kaltim
    Hitung Cepat Hasil Pilkada.. Selesai dalam 2 Jam dari semua TPS. Bukan Metode Statistik Klik.. http://yuhardin.wordpress.com

  17. 17 cakmoki Juni 3, 2008 pukul 4:37 pm

    @ yuhardin:
    ok.. trims :)

  18. 18 gundala Juni 6, 2008 pukul 10:13 pm

    malem om :)..postingannya bagus banget minta ijin tuk trackback yaw..btw domisiliku di samarinda juga nih..seputaran sei dama..trims

  19. 19 cakmoki Juni 7, 2008 pukul 1:04 pm

    @ gundala:
    kita tetanggaan ya… ok silahkan track back
    Makasih kunjungannya :)

  20. 20 marhaen Juni 8, 2008 pukul 5:17 pm

    Merdeka…!!!
    Di wajibkan kepada semua warga Kaltim untuk selalu damai di dalam pilgub ini karna qta smua tau kaltim adalah daerah yg sangat kondusif..siapapun yg terpilih nanati menjadi KT-1 qta semua wajib mendukung walaupun yg terpilih itu bukan calon yang qta jagokan

  21. 21 cakmoki Juni 8, 2008 pukul 8:25 pm

    @ marhaen:
    Merdeka … !!!
    Ya, seuju … siapapun yang terpilih tetap kita dukung untuk berbuat yang terbaik bagi Kaltim…
    Tapi tetep boleh kritis kalo ga beres kan??? …hehehe
    Makasih kunjungannya :)


  1. 1 Perolehan Suara Pilkada Kaltim « blognya unggun Lacak balik pada Juni 7, 2008 pukul 1:28 am
  2. 2 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « Pieces of Mind Lacak balik pada Februari 19, 2009 pukul 12:00 am
  3. 3 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « dragus.cn Lacak balik pada Februari 16, 2011 pukul 6:21 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,958,983 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: