Tips Mengatasi Sengatan Lebah

Adakalanya kita menjumpai seseorang disengat lebah/tawon atau mungkin kita sendiri mengalaminya.

Alat penyengat lebah (ovirpasitor) merupakan alat pertahanan pada bagian belakang tubuh lebah betina. Ketika lebah menyengat, alat penyengat dan kantung racun tertinggal (lebah madu yang mati setelah menyengat) di tubuh korban, adapula yang tidak tertinggal (golongan hymenoptera) dan dapat digunakan menyengat lagi.

Zat racun lebah (fosfolipase, histamin, hialuronidase, norepinefrin, mellitin) akan merangsang keluarnya histamin yang menimbulkan 2 jenis reaksi, yakni:

1. Gejala Lokal

  • Rasa terbakar dan nyeri di tempat sengatan
  • Pembengkakan (edema)
  • Gatal (urtikaria, pruritus)
  • Benjolan merah (eritematus)

2. Gejala Menyeluruh (sistemik) *0,4-0,8 %*

  • Merah (angioedema) dan gatal (urtikaria) seluruh tubuh
  • Pembengkakan saluran nafas yang dapat menimbulkan gangguan pernafasan
  • Syok anafilaktif.

Gejala yang menyeluruh (gejala sistemik) dapat menimbulkan reaksi berat bahkan fatal beberapa saat setelah mengalami sengatan.

Bagaimana menganggulanginya ? Berikut ini adalah Tips mengatasi sengatan lebah:

Untuk mengatasi gejala lokal:

  1. Kompres daerah sengatan menggunakan es (kantung es)
  2. Beri obat golongan antihistamin untuk menguragi gatal ( misalnya: loratadine 10 mg 1×1, Terfenadine 60 mg 2×1, mebhydrolin napadisilate 50 mg 3×1, chlorpheniramine maleate 4 mg 3×1, cetrizine diHCl 10 mg 1×1, fexofenadine HCl 60 mg 1×1, dll )
  3. Beri pereda sakit. Bila rasa sakit belum berkurang, dapat diberi suntikan lidokain 2% atau kombinasi lidokain 2% dan triamsinolon diasetat.

Untuk mengatasi gejala menyeluruh (sistemik).

  1. Beri suntikan epinefrin 0,3-0,5 cc secara subkutan (di bawah kulit) dan dapat diulang 10 menit jika diperlukan. Untuk kasus yang berat, suntikan dapat diulang selama beberapa hari.
  2. Beri kortikosteroid.
  3. Beri antihistamin. Dapat juga diberikan kombinasi kortikosteroid dan antihistamin.
  4. Desensitisasi. Langkah ini ditempuh untuk orang-orang yang dalam kesehariannya beresiko tersengat lebah, misalnya: para pekerja ternak lebah.

Semoga bermanfaat :)

 

About these ads

110 Responses to “Tips Mengatasi Sengatan Lebah”


  1. 1 Dee Februari 12, 2008 pukul 2:07 am

    Cari lebahnya, terus bales disengat. Tips hanya berlaku bagi yang memiliki penyengat.

  2. 2 itikkecil Februari 12, 2008 pukul 10:36 am

    ngakak baca komentar pakde Dee

  3. 3 Fa Februari 12, 2008 pukul 11:06 am

    Cak, itu obat2annya bisa dibeli bebas di apotik po? klo memang boleh, kayaknya mesti disiapin dikit di kotak obat :D *haduh, saya lama nggak komen di sini, kangen jhe -hugs-*

  4. 4 sibermedik Februari 12, 2008 pukul 7:12 pm

    @FA
    CHLORFENIRAMINE MALEAT = CTM..djual bebas dtoko2 obat..

    Btw,cak yg dmaksud sistemik kuwi mirip anafilaktik injeksi opo steven johnson?
    untk p3k ra mungkin toh orang awam nenteng adrenalin kmana2? lha ada tips lain buat menangani kasus diatas bagi orang awam.

  5. 5 -tikabanget- Februari 12, 2008 pukul 8:34 pm

    “Beri obat golongan antihistamin untuk menguragi gatal ( misalnya: loratadine 10 mg 1×1, Terfenadine 60 mg 2×1, mebhydrolin napadisilate 50 mg 3×1, chlorpheniramine maleate 4 mg 3×1, cetrizine diHCl 10 mg 1×1, fexofenadine HCl 60 mg 1×1, dll )”

    itu cari dimana?
    temen sayah gatel gatel berat..
    ato cuma buat obat yang ke-entup lebah ajah?

  6. 6 cakmoki Februari 13, 2008 pukul 12:17 am

    @ Dee:
    hahaha, asli ngakak … *mbayangkan penyengat sakti mandraguna*

    @ itikkecil:
    ha? napa mbak ? ;)

    @ Fa:
    bebas mbak… punya Lebah po ? :P *kangen juga , hugs ..blethak*

    @ sibermedik:
    yo, yg dimaskud “fatal”: anafilaktik hingga steven jhonson.

    untuk awam, tips pakai yg “mengatasi gejala lokal”, … nyuntik adrenalin tanggung jawab sampeyan ..hehehe
    Trims koreksinya

    @ -tikabanget-:
    Di Apotik mbak … beli lho .. kalo cari gak nemu *guyon* :)
    Obat tersebut bukan hanya untuk keentup lebah, bisa dipakai untuk penanggulangan pertama pada berbagai kasus “alergi”. Oya, efek sampingnya ngantuk, mulai ngantuk ringan hingga ngantuk trus ketiduran.

  7. 7 dokterearekcilik Februari 15, 2008 pukul 11:27 pm

    Diphenhidramin injeksi untuk IV agak sulit dicari sekarang. Karena harga jual yg ditetapkan pemerintah terlalu rendah dibanding ongkos produksi. Di palaran gimana ???

  8. 8 sibermedik Februari 16, 2008 pukul 12:12 am

    kalo tips menghindari di-entub cak moki gmn? *kabur mau di-entub*

  9. 9 cakmoki Februari 16, 2008 pukul 3:02 am

    @ dokterearekcilik:
    sama, kalo beli baru gak ada, pesan ke Jawa ga dateng-dateng dengan alasan yg sama, gara-gara aturan baru.

    Tapi kami masih punya, untuk selanjutnya ga tahu.
    nunggu ganti menteri ? *tolah-toleh*

    @ sibermedik:
    gampang, … traktir bakso di tempat yg betah isin :P

  10. 10 starflake Februari 16, 2008 pukul 3:32 pm

    dientup tawon kok serasa kena penyakit aneh2 ya?? apa karena bahasanya kedokteran ya cak??…haha..

  11. 11 cakmoki Februari 16, 2008 pukul 10:50 pm

    @ starflake:
    iya … entah apa bahasa Indonesia yang paling pas. Ada usul? :)

  12. 12 dini wiradinata Februari 18, 2008 pukul 2:47 pm

    salam kenal Cak…
    saya ini penggemar lama, tapi baru berani urun komen, numpang nanya tepatnya.
    agak oot sih Cak. Gini..saya kok kalau minum obat yang ada antihistamin ngantuknya bener2 teler ya Cak? sampe kalo diajak ngomong tuh suka gak nyambung. Kalo minum obatnya pagi ini misalnya, sampe besok pagi baru bisa seger. Padahal suami n tmn2 kok gak gitu ya Cak?
    *baru kenal kok udah ngerepotin, maaf loh Cak*

  13. 13 cakmoki Februari 20, 2008 pukul 1:27 am

    @ dini wiradinata:
    salam kenal juga, trims
    maaf jawab komennya telat, kebetulan agak repot :)

    iya, setiap obat menimbulkan efek yang berbeda bagi setiap orang. Ini yang dinamakan individual.
    Contohnya, antihistamin seperti yg diceritakan, ada yang minum setengah tablet aja langsung ngantuk dan tidur seharian, sedangkan yang lain minum 1 tablet ga apa-apa.
    Gak berhubungan dengan daya tahan tubuh lho, so ga perlu risau … :)

  14. 14 SOEDARTO Juni 20, 2008 pukul 6:19 pm

    Mengobati sengatan lebah secara alami adalah dengan menetesi
    mengolesi luka sengatan dengan air kencing.

  15. 15 jabal alamsyah Agustus 8, 2008 pukul 3:22 pm

    mas soedarto, tips alaminya lucu yah… yang mo coba, posting di sini pengalaman dan khasiatnya… :))

    _______________________________________________________________
    Belanja Buku Online di http://www.laroci.com

  16. 16 praz76 Oktober 7, 2008 pukul 11:05 pm

    tips tersebut memang benar-benar manjur tidak hanya karena lebah tetapi jg serangga lain yang tidak beracun…
    ^^bagaimana kalo disengat om PLN alias kezetruumm……????^^

  17. 17 cakmoki Oktober 8, 2008 pukul 1:28 am

    @ praz76: :)

  18. 18 VIN Oktober 13, 2008 pukul 1:50 pm

    Ada yang lebih alami, nga! cara pengobatannya
    Seperti kalau luka kesayat pakai daun babadotan
    Atau apakah benar pakai benangsari bunga kesukaan tawon atau bunga kembangsepatu, apakah ada yang sudah mencoba ??
    mohon infonya

  19. 19 cakmoki Oktober 13, 2008 pukul 3:05 pm

    @ VIN:
    gak ada …
    yang udah pake macem-macem toh akhirnya berobat juga atu sembuh dengan sendirinya (kalo betah sakit) :)

  20. 20 Susy Oktober 13, 2008 pukul 6:05 pm

    Cak… tny lwt sini y… anak sy pernah tergigit (karena tanpa disengaja pastinya) tawon pas dia lg maen sm tmn2nya di lapangan kira2 2 thn lalu. gak ngerti gimana ceritanya, tau2 dia pulang sambil meringis (mugkin malu kalo nangis, byk tmn2nya). krn gak ngerti mesti gimana jadi yg saya lakuin cuma sy kompres, alhamdulillah gak sampai membuat dia demam, hanya saja gak sy ksh sekolah dulu karena bengkaknya agak melebar. nyoba telp dokter anak yg biasa ngehandle tp lg gak di indo, jd cuma sy ksh celestamine aja (salah ya???), 5 hr an dia udah gak gitu ngerasa terganggu lg. tp sampai skrg bekas gigitan nya msh ada, sdh tidak ada rasa gatal pastinya cuma msh membekas bulatan hitam gitu cak, letaknya di pangkal paha kiri nya. kondisi saat waktu tersengat dia pakai celana panjang tp bukan jeans jd tidak bgitu tebal, tembus jg y… bisa hilang gak bekasnya? kalo bisa, pakai apa ya? mksh cak….

  21. 21 cakmoki Oktober 14, 2008 pukul 12:57 am

    @ Susy:
    Bener dikasih celestamine :)
    Bekasnya kemungkinan gak bisa pulih seperti semula … sementara dibiarkan aja sapa tahu bisa makin samar seiring dengan perkembangan anak. Ntar kalo menjelang lulus SD masih membekas dapat diperiksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan obat untuk menyamarkan.
    Makasih

  22. 22 Lisna Januari 1, 2009 pukul 10:19 pm

    aluw..q ru ja ksengat lebah pas pulg maen, dbagian leher, ga jelaz jg taw0n na jenis ap,tw2 dah suakit gt lah,dn hasilna bengkak,buat nelen mkanan rda sakit,ma bwt gerak2 jg rda skit.. trz drtd cm q balsemin ja,qr2 gmana?smbuhna brapa hri, malu dunk,ta0n bru kq dah ksengat lebah…hiks

  23. 23 cakmoki Januari 2, 2009 pukul 12:17 am

    @ Lisna:
    aluw… kasih obat:
    1) kombinasi steroid dan antihistamin, misalnya: dextamine, celestamin, alegi, allerdex, dan sejenisnya
    2) pereda nyeri dan bengkak, misalnya: asam mefenamat 500 mg.

    Keduanya diminum 3×1 sesudah makan … biasanya sembuh dalam 3-5 hari.
    Moga segera sembuh :)

  24. 24 agus hilman Januari 21, 2009 pukul 11:26 am

    kenapa disengat lebah madu ko seperti yang pada ketakutan……..
    apa lebih baik disengat sama saya.. he.he
    orang banyak berduyun duyun ketempat pengobatan alternatip sengat lebah madu, untuk berbagai macam pengobatan penyakit, dan setelah disengat malah tidak boleh mengkonsumsi atas pakai obat apapun
    apakah ini benar dan aman menurut medis,mohon penjelasan dari teman2 yang mengerti…. wass.

  25. 25 agus hilman Januari 21, 2009 pukul 11:32 am

    tidak boleh mengkonsumsi atau pakai obat apapun, selagi terapi sengat lebah madu………. kata tiem pengobatannya loh…….

  26. 26 Zallie April 7, 2009 pukul 6:25 pm

    Salam kenal mas….

    Mo bagi pengalaman aja….Kebetulan 2 minggu lalu, tepatny hr Minggu tgl 29 Maret pukul 7 pagi…..Kebetulan saya sedang mengerjakan proyek di gunung Kareumbi, daerah Bandung timur…. saya disengat lebah tanah, besar2ny seruas jempol tangan warna belang seperti lebah madu tipe serangan hinggap dan menusuk beberapa kali…..

    Pengalaman yang sangat dramatis dan cukup menakutkan, kami (10 orang tim) diserang (mungkin ada sarang yg tdk sengaja terganggu)…..saya mendapat 17 tusukan….
    7 di kepala, 3 di tangan, 3 di lengan atas, 2 di leher, 1 di dahi, 1 di punggung…..Rasany…..Ga bs diungkapkan…..
    hahahaha….sakit skali tentuny…..

    Setelah mendapat pertolongan pertama (sengat dikeluarkan dari kulit & diberi minyak tawon), kami dilarikan ke rumah sakit setempat…..
    Meriang dan ga bs gerak slama 2 hr, krn badan bengkak smua, hr k 3& 4 badan msh sakit2 seperti habis olahraga berat (mungkin krn obat penahan sakitnya udah abis)….sampe 1 minggu rasa gatal msh ada d sekitar bekas gigitan…..Bekas gigitan jd seperti bekas cacar air….

    Menurut penjelasan Ayah saya(kebetulan beliau bekerja d bid, peternakan&pertanian), agar bekas sengatan tdk meradang, kita harus mematikan salah satu lebah, perutny diputus, oleskan cairanny k bekas sengatan, bekas sengatan tidak akan terasa gatal sakit maupun membengkak, krn cairan itu berfungsi sbagai penawar racun sengat….

    Ada cara menghindari sengatan lebah kalo lg diserang ga?hehehehe….

  27. 27 cakmoki April 8, 2009 pukul 12:42 am

    @ Zallie:
    Salam kenal …
    Hahaha, masih sempat-sempatnya menghitung jumlah sengatan :D

    Kalo pas lagi diserang, rasanya udah gak sempat lagi, keburu ketusuk sengat. Kalo tips menghindari sebelum keroyokan lebah makin banyak sy ga tahu. Tips-tips di TV luar negeri mungkin gak cocok dengan kita karena kita ga biasa pake jaket dalam keseharian.

    Makasih share-nya :)

  28. 28 Ratna Sulis April 24, 2009 pukul 7:54 am

    Salam kenal…
    Saya pendatang baru, Putri Sunda Asli Tasikmalaya,, Jawa Barat githu,,
    Cak, dah seminggu lebih saya disengat lebah, itu lho, yang alat penyengatnya tertinggal, di kaki saya tepatnya. Waduh, susah banget dilepasinnya. Sampe2 saya minta bantuan temen,,,
    Emang sih, agak sakit pas hari pertama disengat teh, tapi gak terlalu ditanggapi tuh, orang sakitnya juga gak serius-serius amat!!! Tapi,,, sekarang tuh yang kerasa GUATAL be-ge-te, “NGUDEK ateulna teh” kalo basa sundanya mah.
    Gimana dong Cak,, kalo bisa saya mah pengen obatnya yang alami.. Ada info tentang itu kan?
    Syukran…

  29. 29 cakmoki April 24, 2009 pukul 11:38 pm

    @ Ratna Sulis:
    Salam kenal :)
    Kalo obat alami saya gak tahu … mending pake obat yang lazim digunakan sebagaimana tertulis di artikel.
    Syukran …

  30. 30 Ratna Sulis April 25, 2009 pukul 8:28 am

    Kalo mau beli antihistamin, itu teh dipilih salah satu atau harus semuanya, kan Cak nulisnya “( misalnya: loratadine 10 mg 1×1, Terfenadine 60 mg 2×1, mebhydrolin napadisilate 50 mg 3×1, chlorpheniramine maleate 4 mg 3×1, cetrizine diHCl 10 mg 1×1, fexofenadine HCl 60 mg 1×1, dll )”…

  31. 31 cakmoki April 26, 2009 pukul 11:59 am

    @ Ratna Sulis:
    Salah satu aja :)

  32. 32 Ratna Sulis April 27, 2009 pukul 4:57 pm

    Makasih, cak…

  33. 33 cakmoki April 27, 2009 pukul 11:01 pm

    @ Ratna Sulis:
    Sama-sama :)

  34. 34 sidharta Mei 14, 2009 pukul 11:43 pm

    Help Cak…
    Anak laki2ku (3 tahun) tadi pagi disengat lebah madu (pas nonton Donald diserang lebah di disney channel) :-D Yang disengat ruas jari tengah bagian dalam. Hingga malam ini bagian punggung tangannya bengkak, dia mengeluh gatal (minta digarukin), sakit perut (minta oles minyak kyputih) dan pucing… demamnya 38°c. Pada saat disengat cuma dikasih betadine aja trus kami tinggal ke kantor. Apakah normal pada anak seumuran itu?
    apakah perlu diberi obat? apa nama dan dosisnya? istri dah mulai panik nih… Trims Cak.

  35. 35 cakmoki Mei 15, 2009 pukul 12:03 am

    @ sidharta:
    Kalo manifestasi klinisnya demem dan bengkak, perlu dikasih obat yang berfungsi untuk meredakan demam dan bengkak, misalnya: ibuprofen syrup 100 mg per 5 cc(merk dagang: Proris, Febryn, Arthrifen). Dosisnya: 10 mg per kg berat badan setiap dosis dan diberikan 3-4 kali sehari.
    Misalnya berat badan 20 kg, maka dosisnya: 3-4 kali sendok takar sehari.
    Trims

  36. 36 idalebah Juli 14, 2009 pukul 5:12 pm

    ALHAMDULILLAH YANG PERNAH TERSENGAT LEBAH…PENGALAMAN YANG LUAR BIASA. INSYAALLAH SETELAH MERASAKAN SAKIT,GATAL,BENGKAK DLL KESEHATAN ANDA AKAN LEBIH PRIMA. SELAMAT……

  37. 37 cakmoki Juli 14, 2009 pukul 11:13 pm

    @ idalebah: :)

  38. 38 Hartanto Agustus 27, 2009 pukul 4:29 pm

    Pernah juga tersengat lebah yang besar dan hitam yang sarangnya dapat sebesar buah nagka besar, ceritanya memang mau menghilangkan sarangnya karena di atap rumah sebelah depan. Saya udah pakai jaket, helm dengan kaca dan tempat bernafas cuman ada yang fatal cuman pakai kaos tangan kain yang tembus sengat lebah bukan kaos tangan kulit. Solusi saya minum air kelapa hijau muda yang dan yang tersengat lebah saya baluri dengan remasan daun binahong yang dicampur garam biar meredakan rasa panas, sakit dan kejang. Alhamdulillah cocok dan dapat sembuh setelah 2 hari menikmati rasanya disengat lebah. Jangan lupa jaga stamina badan dengan makan walaupun harus disuapin bila parah tempat yang disengat jadi kejang dan susah digerakan. Syukur daun binahong sejumlah 7 lembar dicuci, direbus dengan 2 gelas air selama 5 menit ditunggu dingin terus diminum buat stamina badan melawan rasa sakit. Semoga bermanfaat sekaligus tempat/media jurhat.

  39. 39 cakmoki Agustus 28, 2009 pukul 3:51 am

    @ Hartanto:
    Makasih telah berbagi

  40. 40 Abdul Malik Azir September 28, 2009 pukul 6:56 pm

    cak Moki Yth.

    Terimakasih atas sharingnya. Artikel di atas adalah informasi yang berharga dan berguna. Mohon sertakan kalau ada resep tradisional bagi saudara-saudara kita yang jauh dari jangkauan obat medis.

    Salam kenal Dokter

  41. 41 cakmoki September 29, 2009 pukul 3:48 am

    @ Abdul Malik Azir:
    Salam kenal :)
    Sayangnya saya tidak memiliki kompetensi soal obat tradisional.
    Terimakasih atas kunjungannya :)
    Sy udah liat Blog nya… gambarnya bagus-bagus.
    Met berkarya

  42. 42 Borneo Desember 28, 2009 pukul 9:02 am

    Salam kenal…

    Kemaren saya br disengat tawon tanah di bagin pi2, uh sakitnya.. Gejala awal
    1. Sakit bgt..senat senut smp dkepala.
    2. 1 menit stlh gigitan, wajah saya memerah, dan mulai gatal2 di daerh daun telinga kmudian menjalah k seluruh tubuh. 2 menit kmudian kulit sluruh tubuh saya dari kaki hingga kepala memerah dan muncul bentol2 besar dan gatalnya sgt luar biasa..
    3. 5 menit brselang saya mulai batuk2 dan sulit utk brnafas (sesak nafas)

    Saya lgsg dlarikan ke igd krna mlht kondsi yg spt itu.. Disana sy mendapat 2 suntikan utk menghlangkan rasa gatal dan nyeri.. Alhasih obtnya bkrja.

    Hingga hari ini wajah saya bgian kiri msh bengkak, dari daerah mata, pipi(daerah sengatan) (kondisi seperti hbs di tonjokin), dan daerah daun telinga.
    Obat tablet yg dberikan : LAMESON – 4 dan HISTAPAN.. Apakah obt2 ini bisa untuk mengurangi bengkat dan nyeri di daerah sengatan.. Bekas sengatan biru- kehitaman..
    Mohon penjelasannya.. Terima kasih..

  43. 43 cakmoki Desember 29, 2009 pukul 3:16 pm

    @ Borneo:
    Salam kenal ..
    Kedua obat tersebut untuk mredakan reaksi alergi yg ditimbulkan sengatan lebah., yakni untuk menanggulangi bengkak, merah dan gatal. keduanya diminum hingga sembuh.
    Sedangkan untuk mengurangi nyeri, dapat menggunakan Asam mefenamat 500 mg (merk dagang, misalnya: ponstelax, opistan, dll) diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.
    Moga segera sembuh. Terimakasih

  44. 44 feel's el-hasby Januari 31, 2010 pukul 10:45 am

    ciiiiiiiiiiiiip!!!!!!!!!

  45. 45 cakmoki Januari 31, 2010 pukul 6:32 pm

    @ feel’s el-hasby:
    makasih kunjungannya

  46. 46 DIAN April 1, 2010 pukul 10:21 pm

    salam knal saya baru di sengat lebah kmarin sore , trus timbul bentol kecil, lama2 membesar membengkak d bagian tangan antisipasi sy slama ini hanya di kompres pke es batu saja.
    apa ini efektif trus kapan pembengkakakn ini mulai kembali mengcil? trm ksh/

  47. 47 cakmoki April 2, 2010 pukul 2:33 am

    @ DIAN:
    Salam kenal…
    Sementara bisa dikompres es batu, tapi kurang efektif. Sembuhnya hanya menunggu mengecil dengan sendirinya.
    Untuk itu, supaya lebih cepat, dapat menggunakan obat-2 seperti tertulis pada artikel di atas.
    1) kombinasi steroid dan antihistamin, misalnya: celestamine atau dextamin, diminum 3×1 hingga sembuh.
    2) jika disertai nyeri atau kemeng, dapat ditambahkan pereda nyeri sekaligus meredakan bengkak, misalnya: ibuprofen 400 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri dan bengkak sembuh.

    Makasih

  48. 48 ohim April 19, 2010 pukul 10:48 am

    baru tadi pagi saya kesengat lebah, secara tidak sengaja terinjak tanpa alas kaki
    enggak bengkak, cuma sekarang terasa meriang, demam, rasa linu menjulur ke seluruh tubuh
    bahaya ga yah?
    mau ninggalin kerjaan ga enak sama mbos

  49. 49 cakmoki April 19, 2010 pukul 3:57 pm

    @ ohim:
    Gak bahaya, tapi tentu sangat mengganggu.
    Sementara dapat diobati:
    1) Pereda nyeri dan bengkak, misalnya: Ibuprofen 400 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga bengkan dan sakitnya reda.
    2) Kombinasi steroid dan antihistamin untuk menanggulangi reaksi allergi, misalnya: Celestamine atau dextamine, diminum 3×1 sesudah makan hingga sembuh.

    Moga segera sembuh.
    Makasih

  50. 50 letty cozin April 20, 2010 pukul 8:07 pm

    ” da ga obat tradisional’y? “

  51. 51 cakmoki April 21, 2010 pukul 12:29 pm

    @ letty cozin:
    ga ada :)

  52. 52 Doyok April 30, 2010 pukul 12:21 am

    kemarin malam saya tersengat lebah di lengan, setelah semalam an ternyata pagi mengalami pembengkakan dan terasa keras, gatal tentunya,pegel le sampe ke area ketiak, sudah 1 hari masih meluas.
    saya mau tanya, pda hari keberapa rata2, titik puncak pembengkakan, ato mulai mengecil. saya consultasi ke apotik hanya di beri pgnhilang rasa nyri (cargesik) obt apa yang bs meminimal kan pembengkak an. (kulit serasa ketarik karena pembengkakan)
    terimakasih

  53. 53 cakmoki April 30, 2010 pukul 4:41 pm

    @ Doyok:
    cargesik (asam mefenamat 500 mg) dapat dilanjutkan hingga seminggu or hingga bengkanya hilang. Selain itu perlu tambahan kombinasi steroid dan antihistamin, misalnya: Tablet Celestamine atau Dextamine, diminum bersamaan dengan cargesik, 3×1 sesudah makan hingga bengkak dan nyerinya hilang.
    Jika berat, masa puncak pembengkakan pada hari 3-5, kemudian akan berangsur mengempis dengan 2 obat di atas.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  54. 54 Bagus Mei 25, 2010 pukul 5:28 pm

    nais inpo…, tapi tindakan begini harus ke dokter kali ya…

  55. 55 cakmoki Mei 26, 2010 pukul 12:02 am

    @ Bagus:
    iya, ke dokter :)
    Makasih kunjungannya

  56. 56 niiiyy Mei 30, 2010 pukul 6:04 pm

    klo bwt ibu hamil kira2 8 bulan pke obat ap y????

  57. 57 cakmoki Mei 30, 2010 pukul 9:27 pm

    @ niiiy:
    semua yang tertulis di atas boleh untuk ibu hamil, misalnya: salah satu dari : loratadine 10 mg 1×1, Terfenadine 60 mg 2×1, mebhydrolin napadisilate 50 mg 3×1, cetrizine diHCl 10 mg 1×1, fexofenadine HCl 60 mg 1×1, dll
    Makasih

  58. 58 abet Juni 3, 2010 pukul 4:43 pm

    2 minggu lalu apes bgt lg bawa motor tangan saya di sengat lebah.
    bengkaknya terasa slama 4 hari gt. stelah itu mulai trasa gatal” nih, ada bintik” merah berair dan semakin banyak dan melebar.
    obatnya apa ya cak? apa sperti yg diatas itu? yg paling bagus yg mana ya cak?

  59. 59 cakmoki Juni 4, 2010 pukul 1:28 pm

    @ abet:
    Obat minumnya : loratadine 10 mg (merk dagang bebas memilih), untuk meredakan gatal, diminum 1×1 hingga gatalnya ilang.
    Untuk obat topikal (obat luar), mengingat mulai berarir, dapat menggunakan kombinasi anti-infeksi dan steroid, misalnya: Krim Desolex-N atau Krim Gentasolon. Salah satu dari obat tersebut dioleskan 3 kali sehari hingga sembuh.
    Jika dalam seminggu ga ada perubahan atau ada tanda-2 infeksi sebelum seminggu, mohon memberi kabar.
    Moga segera sembuh.
    Trims

  60. 60 abet Juni 4, 2010 pukul 9:10 pm

    ok dicoba dulu, mksi bnyk ats sarannya mas.
    ntar dikabarin lg.

  61. 61 cakmoki Juni 4, 2010 pukul 11:20 pm

    @ abet:
    Ok :)

  62. 62 abet Juni 16, 2010 pukul 11:23 am

    cak, trims ya atas sarannya.. sblmya saya udah makan obt cetrizine ketika cakmoki kasih resep yg baru itu. bintik” gatal tsb udah sembuh.
    trimakasih bnyk ya cak, krn blog cak ini sgt bermanfaat bwt saya.

  63. 63 cakmoki Juni 16, 2010 pukul 4:25 pm

    @ abet:
    ok, citerizine sekelas dengan loratadine, biasanya para dokter memberikan resep salah satu dari kedua obat tersebut.
    Makasih telah berbagi :) moga bermanfaat untuk yg lain.

  64. 64 ITA Juni 28, 2010 pukul 3:05 pm

    salam kenal, q ita kemarin sore pas lagi naik motor tiba2 ada hewan masuk ke dalam helem menyengat pipiku yang manis ini, gak jelas lebah atau bukan, sudah tak kasik minyak tawon terus(kering kasik kering kasik), bangun pagi ngaca pipiku jd keliatan tumpuk 2 alias bengkak, dah tak bawa ke dokter dikasik resep obat,tapi ada obat darah tinggi juga krn ditensi tinggi. skr kerja ngantuk. ada gak obat yang cepat ya 1 atau 2 hari aja sembuh n gak bikin ngantuk?

  65. 65 cakmoki Juni 28, 2010 pukul 6:28 pm

    @ ITA:
    Salam kenal…
    Yang bikin ngantuk mungkin karena diberi obat yang mengandung antihistamin…. kalo boleh tahu obatnya apa ? … ntar bisa saya rekomendasikan obat-2 yang gak bikin ngantuk, tapi sy perlu tahu obat yg ada lebih dahulu.
    Makasih

  66. 66 Yudo Prayitno Juli 8, 2010 pukul 4:59 pm

    Salam kenal…
    kang mo bagi cerita aja Sama ma temen2 yang lain n Sekalian cari info kali aja ada info yang baguS….Sekitar 4 taun lalu Saya juga pernah di keroyok tawon endaS…kata wong jowo mah…Sekandang nyerang kepala n tangan pada Saat mo latian Rafeling dah diataS tower..ternyata ada rumah tawon,ngeraSa terganggu nyerang dehhh..padahal tali belum empat dipaSang,jadi tempur dulu,,dah pada kenyang baru balik mundur..alhamdulillah ga panik jadi Sempat paSang tali n ngeluncur langSung kabur ke PuSkeS trdekat,karena demamnya baru dilarikan ke Rumah Sakit n 1 minggu baru boleh pulang.
    Nah kemaren tgl 07 juli 2010 terSengat lagi tuh ma kang tawon tapi cuman 1 yang nyuntik di tangan, dah ke puSkeS n dikaSi obat anti bengkak,antibiotik,anti nyeri n Salep HydrocortiSone…nah tapi yang maSih teraSa gatalnya ini…..ga kuaaaat kang cak, nah makanya untuk ngilangin gatalnya teh kumaha…kali ada reSep lain…
    matur nuwun kang Cak

  67. 67 cakmoki Juli 8, 2010 pukul 10:41 pm

    @ Yudo Prayitno:
    Salam kenal …
    Obatnya diterusin… sedangkan gatalnya dapat menggunakan: Celestamine atau Dextamine, diminum 3×1 sesudah makan hingga sembuh. Obat ini diminum bersamaan dengan obat yang sudah ada.
    Makasih

  68. 68 ida September 16, 2010 pukul 2:42 am

    maaf numpang nanya untuk gejalah yg menyeluruh tu apa ajah ya obatnya? makasihhhhh

  69. 69 cakmoki September 16, 2010 pukul 3:26 pm

    @ ida:
    untuk yg menyeluruh: ceestamine atau dextamine, diminum 3×1 higga sembuh.
    Makasih

  70. 70 Lery September 17, 2010 pukul 1:17 am

    Salam Kenal..
    Senang + sangaat berterimakasih dgn adanya info ini,, sekitar 1bulan yg lalu ibu saya d sengat tawon hingga seluruh bdn jd gatal2,lalu gak bisa napas dan kejang2 rasanya dunia da kiamat dah.. dn stlah 15 menit kemudian ia munta dan terkencing2, gak lama dr itu br sadar namun demam smp 1 mgg.. saya ingin tanya cak, obat apa yg bgusnya d siapkan drmh untk pertolongan pertama supaya PERNAPASANnya gak tersumbat, hanya napas itu yg bkin PALING PATAL. takut nya tersengat lg saat ia sendiri drmh,krn kjadian ini uda 4 kali trjdi. Sblmnya TERIMASIH BANYAK..

  71. 71 cakmoki September 17, 2010 pukul 1:25 am

    @ Lery:
    Salam kenal…
    Untuk yang mengalami sesak nafas, sebaiknya menyiapkan obat bronkodilator (obat sesak or obat melonggarkan nafas), misalnya: Euphylline Retard Mite, Salbutamol 2 mg, dan sejenisnya.
    Selain itu juga perlu obat antihistamin dan steroid anti-inflamasi atau kembinasi dari keduanya, misalnya: celestamine atau dextamine atau sejenisnya.
    Makasih telah berbagi :)

  72. 72 Lery September 17, 2010 pukul 2:24 am

    Cak,, itu obatnya pilih salah satu ajah ya,, maaf sblmnya boleh gk d kasih rincianya,,
    soalnya biasanya setelah ibu saya di sengat tawon langsung,,
    1.Gatal gatal seluruh badan,, obatnya yg mn ya?
    2.penglihatan langsung gelap ato tdk sadarkn diri,,
    3.kejang2 krn saluran penapasan mungkin tersumbat,, obatnya yg mana y Cak?. hehe ngerepotin jdnya.. makasih banyak ya cak..

  73. 73 cakmoki September 17, 2010 pukul 2:01 pm

    @ Lery:
    Obatnya:
    a) untuk gatal: pilih dextamine atau celestamine
    b) untuk sesak: euphylline ratard mite, diminum 2×1… jika minum obat ini terasa berdebar, dosis diturunkan menjadi 2×1/2.
    Obat (a) dan (b) seyogyanya selalu tersedia di rumah.
    makasih

  74. 74 Ulama Pewaris Nabi November 3, 2010 pukul 11:25 am

    Salam ziarah blog yg banyak info & petua.

  75. 75 cakmoki November 3, 2010 pukul 3:55 pm

    @ Ulama:
    Salam … terimakasih atas kunjungannya :)

  76. 76 Sarwings November 6, 2010 pukul 6:34 pm

    Wah komentar opo yo ? , wong hpku ngger nggo mbukak photo langsung coid/mati , lha nek om iso ngobati tulung diobati yo om !

  77. 77 cakmoki November 6, 2010 pukul 11:24 pm

    @ Sarwings:
    lha itu obatnya udah tertulis di artikel :D

  78. 78 joe November 8, 2010 pukul 3:09 pm

    halo, Cak…..!
    salam kenal…aku joe. tadi pagi lagi kenceng-kencengnya bawa motor, ada binatang entah apa, menyengat kulitku di dekat pergelangan. rasanya seperti terbakar dan membengkak. langsung aku cari minyak tawon.
    sekarang bengkaknya berkurang. tapi senut-senutnya kok masih ada…? apa bisa sembuh sendiri tanpa obat dokter? berbahaya atau tidak, yaaa…?

  79. 79 cakmoki November 8, 2010 pukul 3:16 pm

    @ joe:
    Salam kenal…
    Untuk meredakan cenut-2 nya, dapat menggunakan Asam Mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga cenut-2 dan bengkaknya hilang.
    Gak bahaya
    Makasih

  80. 80 shera Desember 19, 2010 pukul 12:50 am

    klo kena sengatan nya mlam2 di kosan sendrian. trus gak ad es dan gak mungkin ke apotek malam2, gmn donk cak??

  81. 81 cakmoki Desember 19, 2010 pukul 12:55 am

    @ shera:
    kan ada apotek 24 jam :D

  82. 82 tuhfa Desember 23, 2010 pukul 12:03 pm

    ada tips pengobatan tradisional ga ya? sy bru sja kesengat lebah besar di enam titik…

  83. 83 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 3:01 pm

    @ tuhfa:
    gak ada tips tradisional… pake obat yg udah nyata dan jelas aja :D

  84. 84 ani Januari 2, 2011 pukul 1:16 am

    anak saya 3 thn,sekitar seminggu lalu bawah matanya di sengat tawon.keesokan harinya matanya bengkak selama 3 hari,setelah itu kempes.tp pagi tadi tiba2 bengkak lg,berarti bengkak lg setelah kempes 3 hari.kenapa ya dok.jadi takut dan was was lg..selama ini cm saya olesi minyak tawon..mhn jawabannya..wassalam

  85. 85 cakmoki Januari 3, 2011 pukul 12:30 am

    @ ani:
    Jangan dikasih minyak tawon soalnya deket mata… untuk meredakan bengkak dapat menggunakan pereda nyeri dan bengkak, misalnya: Sirup Febryn or sirup Proris (obat ini selain untuk demam juga untuk meredakan bengkak dan nyeri).
    Dosisnya minimal 10 mg per kg berat badan per dosis, dapat diberikan 3-4 kali sehari hingga bengkaknya ilang.
    Andai berat badan 15 kg, dosisnya 3 x 1 1/2 sendok takar sehari…jika 20 kg, dosisnya 3×2 sendok takar per hari, hingga bengkak ilang.
    Adapaun untuk reaksi alergi akibat sengatan tawaon, dapat ditambahkan sirup dextamine, dosisnya 3×1/2 sendok takar… kedua sirup tersebut diberikan bersamaan hingga sembuh.
    Makasih

  86. 86 zetwap Januari 4, 2011 pukul 1:34 pm

    Kalo bibirnya yg tkena gmn?

  87. 87 cakmoki Januari 5, 2011 pukul 4:39 am

    @ zetwap:
    bibirnya, hidungnya, kupingnya atau bagian tubuh yang manapaun, kalo terkena sengatan lebah, obatnya sama :D

  88. 88 rehan Februari 17, 2011 pukul 11:27 am

    barysan saya tersengat tawon dan seluruh mata saya benkak
    bagai mana cak untuk mengatasi sengatan lebah ini,,,

  89. 89 rehan Februari 17, 2011 pukul 11:29 am

    salam knal cakmoki
    lebah apakah cakmoki yng hoby di pohon jengkol,,

  90. 90 rehan Februari 17, 2011 pukul 11:33 am

    apa obatnya cakmoki..

  91. 91 cakmoki Februari 17, 2011 pukul 12:59 pm

    @ rehan:
    Salam kenal,
    Lebah bisa di mana saja, bukan hanya hobi di pohon jengkol.
    Obatnya:
    1) Pereda nyeri dan bengkak: Asam Mefenamat 500 mg (merk danganag bebas memilih), diminum 3×1 sesudah makan hingga bengkaknya hilang.
    2) Kombinasi anti-inflamasi steroid dan antihistamin, misalnya: Dextamin atau Celes, diminum 3×1 sesudah makan.
    Kedua obat di atas diminum bersamaan sesudah makan hingga sembuh.
    Makasih

  92. 92 Hendro DT Maret 3, 2011 pukul 6:08 pm

    Cak, istriku baru saja (3 jam yll) tersengat lebah laki (soalnya ngentup di betis, he he he), mulai bengkak dan nyut-nyutan. saya suruh minum asam mefenamat dan oleskan es batu. sudah bener atau perlu tambahan yang lain? mohon pencerahannya, matur suwun.

  93. 93 cakmoki Maret 3, 2011 pukul 11:52 pm

    @ Hendro DT:
    Ya, udah bener. Kalo disertai gatal, perlu tambahan Dextamine or celetamine, diminum 3×1 hingga gatl dan merahnya hilang.
    Moga segera sembuh.
    Maturnuwun

  94. 94 henky Maret 26, 2011 pukul 5:14 pm

    Cak, istri saya (sedang hamil) kena sengatan lebah. Mo nanya, obat2 diatas berbahaya gak ya utk janin? Solusi alternatif?
    Makasih.

  95. 95 cakmoki Maret 27, 2011 pukul 10:51 am

    @ henky:
    Obat-2 di atas adalah obat “Kategori B” pada kehamilan dan menyusui yang artinya aman bagi janin..sama amannya dengan vitamin yg biasa diminum ibu hamil.
    Makasih

  96. 96 wawan Maret 30, 2011 pukul 7:04 pm

    selamat sore cak..saya br aja disengat lebah di perut kiri saya..gak tau jenis apa..yg saya tau lebah itu warna item..disengat waktu bersih2 di pohon sawo..tp kok gak ada sengatnya yg tertinggal ya..apa itu jenis yg msh bs nyengat lg?

  97. 97 cakmoki Maret 31, 2011 pukul 6:20 pm

    @ wawan:
    selamat sore,
    lebah cenderung menyengat lagi walaupun udah meninggalkan sengat, terlebih yang ga meninggalkan sengat… belum lagi temen-2 nya lebah yang lain

  98. 98 wawan April 1, 2011 pukul 11:38 am

    maksud saya, saya tidak menemukan sengat si lebah tertinggal di tubuh saya…..apakah memang si lebah tidak meninggalkan sengat atau sengatnya tertanam dalam tubuh saya…

  99. 99 cakmoki April 2, 2011 pukul 8:47 am

    @ wawan:
    walah, ternyata jawaban saya belum dimengerti :D
    Lebah bisa meninggalkan sengat dan bisa juga gak meninggalkan sengat… kalo meninggalkan sengat tentu mudah dilihat, gak akan masuk ke dalam tubuh, hanya di permukaan kulit, dan itu sangat mudah dilihat dengan mata telanjang, sedangkan kalo ga ada sengat berarti gak meninggalkan sengat

  100. 100 sabrina Mei 28, 2011 pukul 12:04 am

    Pernahkah anda2 sekalian disengat lebah yg sudah mati?
    Saya pernah (-__-)

    Ceritanya, saya pesen susu cokelat madu di warung. Tanpa babibu langsung saya minum. Ternyata ada lebahnya (mungkin sudah mati soalnya pasti direbus dulu oleh penjual). Saya tidak tau itu lebah. Saya gigit2 saja rasanya seperti tape hehee…tapi kok rasanya aneh saya muntahkan keluar. Ternyata LEBAH!

    Alhasil mulut saya (rahang dan gusi) bengkak dan sakit luar biasa, sakitnya hingga ke kepala.

    Apa ya obatnya? T__T *nangis

  101. 101 cakmoki Mei 28, 2011 pukul 6:13 am

    @ Sabrina:
    Jawabannya silahkan baca diskusi-2 sebelunya … silahkan scrol ke atas…lengkap tuh :D

  102. 102 Zindhy Arianda Mei 29, 2011 pukul 12:36 pm

    Salam kenal Cak moki….
    Infonya semua sngat b’manfaat… terimakasih.

  103. 103 derry sandy Mei 29, 2011 pukul 2:00 pm

    misi…
    knp y udh 2 hari ini bengkak ny gk ilang”
    sampai kapan ilang bengkak n gatal” ny..
    klo sengat ny msh di tubuh saya apakah berbahaya??
    trimakasih..

  104. 104 cakmoki Mei 29, 2011 pukul 2:29 pm

    @ Zindhy Arianda:
    salam kenal :)
    makasih juga atas kunjungannya

    @ derry sandy:
    diobati dong biar bengkaknya hilang… gak bahaya, tapi mengganggu kan?
    So, silahkan baca obat-2 yg perlu digunakan pada diskusi-2 sebelumnya….dah lengkap koq
    makasih

  105. 105 Zindhy Arianda Mei 30, 2011 pukul 2:14 am

    Mlm cak…
    Oalahh kasian suamiku,kmrn dah di sengat lebah tangan kanannya-bengkak & nyeri,trus kita cari info di blog cakmoki, ndelalah sore td di sengat lg dengkul kirinya…kita dah gak bingung dah tau resep obat dr cakmoki di diskusi sblumnya,tp yg bikin ngakak ya lebahnya ini lho kok ngentap-ngentup ae…wkwkwkwk!:-D:-D:-D:-D

    *coz d atas rmh bnyk sarang lebah-madu liar.Dasar rmh ndeso d blitar cak…wkwkwkwk

  106. 106 cakmoki Mei 30, 2011 pukul 2:02 pm

    @ Zindhy Arianda:
    met siang …. hahaha, mungkin lebahnya sangat bersahabat :D
    tenang… sama-sama ndeso-nya… sy malah lebih ndesit :P

  107. 107 derry sandy Mei 30, 2011 pukul 6:02 pm

    bengkak ny udh ilang..
    tpi rasa gatal ny msh ad..
    gmn ini mas..

  108. 108 Zindhy Arianda Mei 30, 2011 pukul 9:53 pm

    @ derry sandy :
    (maaf) bs baca di diskusi cakmoki sblumnya-scrool aja ke atas,lengkap kok…..
    (Hehehe…jd asistenya cakmoki…wkwkwkwkwk)


  1. 1 Lebah « A Sort of Homecoming Lacak balik pada Februari 22, 2010 pukul 11:22 pm
  2. 2 DASAR TAWON SIALAN « Yopattaroom's Blog Lacak balik pada Agustus 27, 2010 pukul 11:01 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,985,048 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: