Pilek, Bersin, Hidung Buntu

RINITIS ALERGI ( Kode ICD 10: J.30.1: Allergic Rhinitis )

Adalah reaksi berlebihan (hipersensitif) pada rongga hidung karena kontak dengan bahan alergen yang ditandai dengan pilek, bersin-bersin (kadang bersin berkepanjangan) dan hidung buntu.

Di daerah kami ( ndeso ™ kecamatan Palaran, Samarinda ) kasus ini relatif cukup banyak (maaf ga ada angka kesakitannya). Sekitar 3-5 orang (dalam seminggu) pasien Rinitis alergi datang ke praktek untuk berobat atau sekedar ambil obat lanjutan. Kondisi ini mungkin ada hubungannya dengan kelembaban, debu pabrik atau faktor pencetus lainnya.

FAKTOR PENYEBAB:

  • Bahan hirupan (inhalan), misalnya: debu (debu rumah, debu kasur), bulu binatang, jamur, tepungsari, dll.
  • Bahan makanan-minuman (ingestan), misalnya: buah tertentu, telur, ikan laut, susu, kacang-kacangan, dll.
  • Suhu dingin (cuaca), misalnya: hujan, ruang ber AC, dll

TANDA TANDA (gejala):

Pilek, bersin-bersin (bhs jawa: gebres-gebres) dan hidung buntu muncul jika seseorang kontak dengan faktor penyebab (bahan alergen)

  • Ganggan hidung tersebut diawali dengan gatal di hidung atau sekitarnya. Kemudian diikuti dengan pilek, bersin-bersin dan hidung buntu.
  • Dapat terjadi kurangnya daya penciuman (pembauan), mata berair dan adakalanya sakit kepala.
  • Kadang disertai reaksi alergi di bagian lain ( misalnya: kulit ) saat terjadi pilek, bersin, hidung buntu.
  • Kemungkinan memiliki riwayat alergi dalam keluarga dengan berbagai bentuk, misalnya: biduran, asma, dermatitis kontak, dll.

PENGOBATAN:

Menghindari faktor penyebab (bahan alergen) kalau bisa. Langkah ini sangat sulit ditempuh karena seringkali bahan alergen yang harus dihindari justru ada di sekitar penderita terkait pekerjaan atau kesehariannya.

Obat simptomatis (mengurangi gejala):

  • Antihistamin (anti alergi). Digunakan saat terjadi Rinitis alergi, misalnya: loratadine 10 mg 1×1, Terfenadine 60 mg 2×1, mebhydrolin napadisilate 50 mg 3×1, chlorpheniramine maleate 4 mg 3×1, cetrizine diHCl 10 mg 1×1, fexofenadine HCl 60 mg 1×1, dll
  • Kortikosteroid (deksametason, prednison, betametason). Obat golongan ini diberikan secara tappering off, yakni penurunan dosis secara bertahap, misalnya: minggu pertama 3×1, minggu kedua 2×1 dan minggu ketiga 1×1, untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.
  • Obat lokal dekongestan: tetes hidung. Penggunaan obat ini sebaiknya tidak lebih seminggu berturut-turut.
  • Obat minum dekongestan: misalnya: pseudoefedrin 30 mg, diminum 2-3 x sehari. kombinasi pseudoefedrin dan tripolidin, diminum 2-3 kali sehari, dll.

Upaya meningkatkan daya tahan dan kondisi tubuh:

  • Olah raga teratur (pagi atau sore)
  • Cukup istirahat, hindari stress dan cukup makan.

CATATAN:

Biasanya pasien atau keluarganya bertanya:” lho, koq ga sembuh-sembuh sih…?”.
Pertanyaan yang sangat wajar lantaran setiap orang maunya ga punya penyakit atau kalo menderita suatu gangguan (penyakit) maunya penyakit tersebut langsung hilang dari peredaran.

Nah pada Rinitis alergi (atau beberapa penyakit lain sejenisnya), gangguan ini dapat dikendalikan namun tidak bisa hilang sama sekali. Rinitis alergi akan datang lagi ketika seseorang kontak dengan bahan alergen penyebab Rinitis alergi yang ga mesti sama setiap orang.

Semoga bermanfaat

 

 

 

 

About these ads

127 Responses to “Pilek, Bersin, Hidung Buntu”


  1. 1 ibejeki Februari 13, 2008 pukul 12:13 am

    trims atas semua informasinya.

  2. 2 Juliach Februari 13, 2008 pukul 12:39 am

    Aku lagi pilek juga. 1 hari keluar jalan-jalan 1 minggu sakitnya. Achum…..hiks…

  3. 3 sibermedik Februari 13, 2008 pukul 11:08 am

    ad libitum….
    Hindari minum es bukan hanya dikarenakan Es nya yang dingin merangsang sekresi bronkus, tapi juga karena di dalam Es batu beberapa produsen masih mengandung mikroorganisme (bakteri hingga virus) sehingga memacu sistem imun tubuh dengan munculnya demam (kalor).

  4. 4 sibermedik Februari 13, 2008 pukul 11:10 am

    eh sory cak..tak kirain flu..he..he..
    *batal comment*

  5. 5 evi Februari 13, 2008 pukul 11:46 am

    lah…ini penyakit yang akrab dengan saya sejak jaman SMA dulu sampai sekarang. apalagi sejak tinggal di ibukota, makin parah. dulu saya selalu minum obat anti alergi dari dokter, tapi udah lama saya tinggalkan karena tidak mau jadi ketergantungan.

    kalo kedinginan, bau yang kurang sedap, asap, debu langsung deh…bersin-bersin 10 kali baru deh berhenti.
    apalagi sekarang musim hujan, di ruangan tempat kerja makin dingin, huh…makin parah.

    jadi lama-lama saya makin tersiksa dgn kondisi ini, apa tidak bisa di sembuhkan?

  6. 6 Thamrin Februari 13, 2008 pukul 2:46 pm

    Banyak istilah yang justru bikin saya tambah pilek…. :)
    Namun tetap terima kasih atas paparannya Mas.

  7. 7 itikkecil Februari 13, 2008 pukul 3:01 pm

    cak, sekalian konsultasi :oops:
    saya kok pilek gak sembuh-sembuh gitu ya cak. saya juga kalo lagi posisi berbaring pasti langsung batuk.
    Apa ada kemungkinan kalo saya alergi juga cak?

  8. 8 cakmoki Februari 13, 2008 pukul 11:15 pm

    @ ibejeki:
    sama-sama

    @ Juliach:
    emang suhu di sana masih minus ya mbak? Moga pilek bersin segera hilang… haaaaaaching :D

    @ sibermedik:
    ..hehehe batal jawab

    @ evi:
    ya, kalo bisa menghindari makai obat dalam tempo lama. Olahraga teratur (kalo sempat sih) adakalanya membantu mengurangi serangan bersin.
    Hilang sama sekali sih ga bisa. Kalo sangat mengganggu, gak papa koq pakai obat yg hanya digunakan saat-saat tertentu saja untuk menghindari efek samping.

    @ Thamrin:
    terimakasih juga Mas, moga istilah yg bikin pusing ini gak bikin tambah pilek

    @ itikkecil:
    ya mbak Ira, ada kemungkinan alergi … gak papa asal ga terlalu mengganggu

  9. 9 Fa Februari 14, 2008 pukul 11:03 am

    cak, utk meningkatkan daya tahan tubuh katanya bisa juga dg banyak menkonsumsi vit. C, bener nggak sih?

  10. 10 cakmoki Februari 14, 2008 pukul 1:33 pm

    @ Fa:
    ya, itu hanya salah satu. Kebutuhan vit C bagi kita gak lebih dari 100 mg perhari dan itu sudah tercukupi jika kita makan sayur, buah dan beberapa makanan yg biasa kita makan sehari-hari.

  11. 11 oliveoile Februari 15, 2008 pukul 9:51 am

    Adik saya kalo tiap pagi selalu bersin-bersin, kacian deh.
    kalo saya ngelembur sampe larut malam, hidung saya sering terasa berair, seperti orang flu.
    Kenapa ya cak ?

  12. 12 dokterearekcilik Februari 15, 2008 pukul 11:30 pm

    Saya juga penderita rhinitis alergi kok cak, mendingan sangat berkurang gejalanya setelah olah raga pagi rutin. Setelah jarang kambuh ….males olah raga lagi sekarang :D

  13. 13 shinobigatakutmati Februari 17, 2008 pukul 3:04 am

    hihihi thx :)
    tapi shino lebih senang minum wedhang jahe… :lol:

  14. 14 cakmoki Februari 17, 2008 pukul 11:51 am

    @ shinobigatakutmati:
    hahaha, asyiik tuh, anget…apalagi ada pisang goreng sebagai pendamping wedhang jahe :D

  15. 15 suandana Februari 17, 2008 pukul 1:10 pm

    Lah, kalau pileknya itu rutin terjadi setiap bulan tertentu (setahun sekali), gimana Cak? Padahal dak ada debu atau kehujanan atau bagaimana… Tahu-tahu pilek, gitu aja :?

  16. 16 sibermedik Februari 17, 2008 pukul 5:07 pm

    Tumben g da postingan baru?

  17. 17 sibermedik Februari 17, 2008 pukul 5:08 pm

    Tumben g da postingan baru? kalo butuh inspirasi dolan mawon k blog saya..siapa tau ketiban pangsit..eh wangsit cak!

  18. 18 cakmoki Februari 17, 2008 pukul 7:07 pm

    @ suandana:
    pilek yang begitu gak papa Mas, …bisa saja bagian dari siklus ISPA (infeksi saluran pernafasan atas) yang terjadi 4 kali setahun berdasarkan epidemiologi di Indo.
    atau mungkin ketularan pacar kalo pas pulang kampung pada bulan tertentu *asli guyon* :D

    @ sibermedik:
    iya, kebetulan lagi nyiapkan sesuatu dan ada rapat panitia Konas Penyakit Menular … trus kangen mancing di tepian Mahakam … hehehe

  19. 19 calonorangtenarsedunia Februari 18, 2008 pukul 1:12 pm

    Papah, tau aja aku alergi. :mrgreen:

    Masih batuk2 nih, Pah.. :cry:

  20. 20 cakmoki Februari 19, 2008 pukul 2:00 am

    @ calon mantu:
    sama calon mantu harus tau dong *padahal dikasih tau* :D
    eh, masih batuk ? … moga segera sembuh ya

  21. 21 smartkoko Februari 19, 2008 pukul 12:38 pm

    saran saya (sebagai tambahan), bagi orang yang sering menderita gejala seperti itu, coba lakukan tes alergi di sentra pelayanan kesehatan terdekat yang dapat anda jangkau. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi alergen, kemudian dapat kita hindari. Ok.

  22. 22 alle Februari 19, 2008 pukul 5:44 pm

    *br nyadar*
    Ya Tuhan,udh hmpr setahun kamar ini tdk dibersihkan,. Hehe,.pantas suka bersin. Bnyk debu

  23. 23 gadis Februari 19, 2008 pukul 9:41 pm

    aduh mas, kalo aq pilek lama bgt sembuh :( pernah di cek katanya sinus

  24. 24 myg Februari 19, 2008 pukul 9:43 pm

    saya kalo sakit pilek, biasanya minum obat beli diwarung en antibiotik, lgs tidur dech :)

  25. 25 cakmoki Februari 20, 2008 pukul 1:21 am

    @ smartkoko:
    ok, trims
    sekarang test alergi udah jarang dilakukan karena hasilnya bisa macem-macem, mulai alergi nasi, roti, … dll…dll sampai lebih 40 macam alergi terhadap alergen yang sehari-hari digunakan, kan berabe :)

    @ alle:
    ajakin pacar untuk bersih-bersih berdua, asyiiik lho ;)

    @ gadis:
    maksudnya sinusitis?

    @ myg:
    kalo bisa ga usah antibiotik deh, cukup obat pilek aja supaya ga resisten. Setuju?

  26. 26 nitnit Februari 22, 2008 pukul 4:20 pm

    dear om dokter, saya mau nanya ya ?
    – kalau vaksinasi flu untuk orang dewasa, sebenarnya seberapa pentingnya, urgent atau cuman optional aja?
    – kalau vaksinasinya di PUSKESMAS bisa nggak yaa?
    – kalau untuk orang dewasa, sebenarnya vaksinasi yang disarankan apa aja ?
    – kalau di PUSKESMAS bisanya vaksinasi apa aja?

    makasih ya om atas penjelasannya.

  27. 27 Tari Februari 25, 2008 pukul 5:29 pm

    Salam kenal cak…

    Saya adalah penderita alergy rhinitis, semenjak saya tinggal di dekat perkebunan… dari ndeso kembali ke ndeso ladi… alergi ini semakin terasa dari musim semi sampai musim gugur…Malah anak sayapun menuruni alergi saya yang rupanya saya dapat dari ibu saya.

    Untungnya.. dasar wong jowo…. antihistamin ( Zycal) di tempat saya tinggal dapat gratis dari pemerintah dimana saya tinggal.

  28. 28 cakmoki Februari 27, 2008 pukul 5:32 am

    @ nitnit:
    – vaksin flu optional aja soalnya virus flu mudah mutasi, so masih bisa kena flu oleh virus lainnya.

    – vaksin flu hingga kini belum ada di Puskesmas
    – untuk orang dewasa, yang paling penting vaksin Hepatitis B sebanyak 3 kali dengan interval tertentu untuk mencapai kekebalan yg optimal, tapi harus periksa lab lebih dulu. Perlu tidaknya vaksin Hepatitis B bergantung pada hasil lab.

    – vaksinasi dasar di Puskesmas saat ini adalah: BCG, DPT, Polio, Campak, Hepatitis B (untuk bayi). Dan TT untuk ibu hamil, siswi SD klas VI dan calon pengantin wanita.

    Moga bermanfaat

    @ Tari:
    salam kenal juga :)
    Trims share-nya, enak banget tuh

  29. 29 bambang Maret 1, 2008 pukul 2:31 pm

    Saya mau ucapin terima kasih banyak buat pak Dokter. Saya telah mencoba resep obat (buat kulit muka saya yang sensitif dan suka kelupas) yang disarankan dan alhamdulillah sembuh. Sekali lagi terima kasih.

  30. 30 Teddy Maret 5, 2008 pukul 1:09 am

    Malam Cak Moki, salam kenal, skalian mau ngelink nich, bisa tukeran yach….

  31. 31 cakmoki Maret 5, 2008 pukul 1:53 am

    @ bambang:
    Alhamdulillah, sama-sama :)
    Moga selalu sehat

    @ Teddy:
    malam, salam kenal juga, maksih…sip tuh kolom kesehatn… :)
    met berkarya, ntar sy link juga ya

  32. 32 suzi April 7, 2008 pukul 2:51 pm

    Cak, mau tanya nih, aku 5 tahun yg lalu pernah sakit TB tapi udah diobati 6 bulan , trus sekarang kok aku sering pilek sembuhnya lama bisa satu bulan. padahal udah minum antibiotik, tapi tetep aja lama sembuhnya, terus baru 2 minggu sembuh pilek lagi. yg mau aku tanyain apa sakit tbku kambuh lagi? atau dulu belum tuntas pengobatannya
    trims ya cak

  33. 33 cakmoki April 8, 2008 pukul 3:05 pm

    @ suzi:

    yg mau aku tanyain apa sakit tbku kambuh lagi? atau dulu belum tuntas pengobatannya

    gak ada hubungannya dengan TB.. biasanya 6 bulan dah tuntas koq.
    Adpun pilek berkepanjangan pada umumnya karena alergi yg bisa muncul kapan saja… menurut saya sih gak perlu minum antibiotik, kecuali ada infeksi sekunder. So cukup obat pilek, baik yg lokal (di hidung) ataupun yg diminum (hanya kalo perlu, misalnya obat yg mengandung tripolidine seperti: actived, valved, mecoved…dan sejenisnya)…

    Jika masih terus berlanjut, sebaiknya periksa ke dokter THT, dan jika dokter THT menyatakan alergi, berarti suatu saat akan muncul lagi kalo terpapar dengan faktor pemicu, misalnya: debu, asap, hawa dingin, dll.

    Thanks :)

  34. 34 daniel Agustus 28, 2008 pukul 2:33 pm

    Ha…Ha… Akhirnya saya tau juga kenapa tiap pagi saya gebres2
    Pas dipriksain, kata dokter alergi..trus di tes alergi ternyata alergi saya buanyaaaaaaaak buanget….
    Plus saya sering sariawan…
    Apa dengan minum vit C dan multivitamin apa menyelesaikan masalah???

  35. 35 cakmoki Agustus 29, 2008 pukul 12:00 pm

    @ daniel:
    ha…ha..udah terlanjur test ya…
    Vit. C dan multivitamin gak menyelesaikan masalah sariawan karena kebanyakan sariawan dipicu oleh stress fisik (baynak melekan, kurang istirahat, dll) maupun stress pekerjaan (tanggungan perkerjaan, ngurus anak buah, sibuk ngejar target, dll) … Albothyl kali bisa dikit membantu, tapi kalo pemicu utamanya seperti di atas, biasanya sariawan tetep muncul, sedangkan untuk menghindari “faktor pemicu” tidak mudah…

  36. 36 treesha Oktober 18, 2008 pukul 9:27 am

    saya juga gi flu nich,..pilek bersin2 trus n batuk. Tiap musim pancaroba kaya gini saya selalu terkena penyakit kaya gini. Gimana ya cara mencegah penyakit ini datang lagi di kemudian hari??
    oya.. berbahaya kah penyakit seperti ini?

  37. 37 cakmoki Oktober 18, 2008 pukul 9:40 pm

    @ treesha:
    iya, musim gini di indonesia banyak yang kena.
    Gak ada cara efektif untuk mencegahnya, kita hanya bisa berupaya meningkatkan daya tahan tubuh seperti tertulis di artikel.
    Gak bahaya koq, …tersiksa sih iya, hehehe
    Trims

  38. 38 rey Oktober 20, 2008 pukul 11:08 am

    ass..
    saya rey. .saya ingin bertanya
    kepada smua nya kalo misalnya
    saya mengalami gejala hidung
    mengeluarkan cairan yang bau tertentu
    semacam nana tapi cair terkadang kalo padamalam hari
    cairan itu keluar sendiri dan itu bukan pilek .
    saya mengalami nya sudah 1bulan . .
    kalo bapak atau ibu yg tau masalah ini tol0ong yah
    penjelasan nya ? makasih

  39. 39 Greeny Oktober 20, 2008 pukul 8:21 pm

    Cak….mohon bantuan ny tuh….
    sepertiny sy gak bisa bantu, lha wong sy aja dibantu oleh anda kok ya… sampai akhirny nurut jg untuk cari second opinion ke THT di JKT.
    Makasih cak….

  40. 40 cakmoki Oktober 21, 2008 pukul 12:19 pm

    @ rey:
    wa’alaikum salam,
    silahkan periksa ke dokter spesialis THT…
    salah satu kemungkinan adalah sinusitis.
    Trims

  41. 41 cakmoki Oktober 21, 2008 pukul 8:50 pm

    @ Greeny:
    Uda tuh :)

  42. 42 hehehe Desember 16, 2008 pukul 4:59 pm

    kalo saya g cuma itu aja. selain bersin, pilek, mata juga gatal. wuih, kepengen rasanya ngegaruk mata sampe gatalnya hilang. alhasil, semakin digaruk bukannya hilang rasa gatalnya tapi matanya jadi merah dan agak bengkak.
    yg bikin penasaran, apa y penyebabnya? di kasi obat tetes dr dokter tp g manjur…

  43. 43 cakmoki Desember 17, 2008 pukul 2:13 am

    @ hehehe:
    Penyebabnya adalah alergi ato faktor imunologis… pemicunya sy copy paste deh:

    FAKTOR PENYEBAB:
    * Bahan hirupan (inhalan), misalnya: debu (debu rumah, debu kasur), bulu binatang, jamur, tepungsari, dll.
    * Bahan makanan-minuman (ingestan), misalnya: buah tertentu, telur, ikan laut, susu, kacang-kacangan, dll.
    * Suhu dingin (cuaca), misalnya: hujan, ruang ber AC, dll.

    Dikasih obat tetes aja gak cukup, tapi perlu obat minum … hehehehe :)

  44. 44 hehehe Desember 23, 2008 pukul 4:57 pm

    wah, trims jawabannya. tappppi… alergi itu baru belakangan ini aja (dah dr 2005 mungkin), g dari kecil maksudnya. bukannya, kalo memang alergi thdp sst itu akan ketauan dari dulu… kenapa baru alergi skrg???

  45. 45 cakmoki Desember 23, 2008 pukul 10:35 pm

    @ hehehe:
    iya, alergi bisa timbul kapan saja, gak selalu dari kecil.
    Reaksi alergi timbul karena faktor imunologis yang dipicu oleh alergen (bahan pencetus alergi), artinya reaksi alergi akan muncul ketika suatu alergen dianggap sebagai “musuh” oleh tubuh kita, dan memicu tubuh kita mengeluarkan (release) antibodi sehingga terbentuk antigen-antibodi kompleks. Nah, antigen-antibodi kompleks inilah sebagai pencetus pengeluaran histamin yang mengakibatkan reaksi alergi, walaupun sebelumnya alergen tersebut tidak menyebabkan alergi. Lagipula daya tahan kita dapat berubah seirang dengan waktu.
    Trims

  46. 46 pove Januari 29, 2009 pukul 9:24 pm

    maaf,saya lagi pilek selama 3 hari, tapi pilek saya sedikit aneh, ada kelenjar yang tidak biasa.
    saya tidak ngeti apa karena ada radang di gusi atas / gangguang lainnya, karena mengeluarkan bau tidak sedap dan rasanya seperti nanah. tolong sarannya. terimakasih.

  47. 47 cakmoki Januari 30, 2009 pukul 12:32 am

    @ pove:
    Mungkin ada infeksi di sinus ato sekitarnya. Sebaiknya berobat ke THT.
    Kalo belum sempat, sementara dapat menggunakan Cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 selama 4-5 hari. Jika ada rasa nyeri ato bengkak, dapat ditambahkan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan.
    Trims

  48. 48 pr14o Februari 16, 2009 pukul 3:30 am

    Cak.. sama mo nanya.

    Ceritannya gini, awal januari saya pilek trus nggak lama sembuh (2 minggu-an lah) tapi saya merasa di tenggorokan saya itu masih ada sisa dahak-nya (sisa pilek kemaren yang nggak bisa keluar), dan kalo terpicu dikit (misal ketawa, bicara agak keras, bahkan pura-pura batuk aja malah keterusan batuknya) saya bisa batuk-batuk nggak berhenti. Rasa guatelnya itu lho nggak nahan untuk batuk tapi dahaknya tetep nggak keluar-keluar.

    Gimana yah cara ngeluarin dahak yang ada di tenggorokan itu biar nggak gatel lagi, soalnya sudah menganggu banget (batuknya kayaknya batuk kering soalnya nggak ada gluduk-nya, ini yang bikin nyiksa).

  49. 49 cakmoki Februari 16, 2009 pukul 4:46 am

    @ pr14o:
    Kalo gak ada sesak, untuk ngeluarin dahak dapat menggunakan:
    ambroxol 30 mg (merk apapun boleh) diminum 3×1 sampe sembuh. atau bromhexin 8 mg (merk apa aja).
    Obat ini boleh digunakan jangka lama.
    seandainya dalam seminggu belum sembuh, sebaiknya ke dokter, mungkin perlu obat bronkodilator dan anti alergi sebagai tambahan obat yg saya sebutkan.
    Trims

  50. 50 pr14o Februari 16, 2009 pukul 7:46 am

    Trima kasih atas jawabannya. :)
    Nggak ada sesak nafas sich! Cuman guatelnya itu nggak nahan (Rasanya kaya pengen nelen biji kedondong). :D

  51. 51 cakmoki Februari 16, 2009 pukul 12:03 pm

    @pr14o :
    kalo emang guatel banget, dapat ditambahkan kombinasi steroid+antihistamin, misalnya celestamine, dextamin dan sejenisnya, tapi ada efek samping ngantuk dan dahak menjadi lebih kental.
    Sama-sama, trims juga sharenya ya :)

  52. 52 Shinta Februari 18, 2009 pukul 10:58 am

    Cakmoki yang baik…

    Besok rencananya di kantorku, akan diadakan penyuntikan Vit. C untuk semua karyawannya, dengan alasan beberapa minggu ini banyak karyawan yang sakit Influenza, batuk, pilek dan demam…. perhatian buat karyawan siyy bagus.. tapi..seberapa perlu siy cak suntik vit.C? trus sebanding nggak sakitnya disuntik vit. C dengan manfaatnya…??? Duuuhh suntik vit c kan sakiitt….. :(

  53. 53 cakmoki Februari 18, 2009 pukul 12:06 pm

    @ Shinta:
    ihhh, macem-macem aja. Kirain hanya di pedesaan aja yg bisa dibo’ongi kayak gitu …hehehe.
    Gak usah, kalo pengen vit C dan daya tahan tubuh bagus, cukup dengan: makan sayur (tiap hari) dan buah (tinggal pilih, jeruk, apel, dll), istirahat yg cukup, dan naikkan insentif… hahaha.
    Yg jelas manfaatnya patut dipertanyakan mengingat keperluan vit C tubuh kita udah tercukupi dengan makanan kita sehari-hari. Lagipula, kelebihan vit C tidak lantas ditabung, tapi dikeluarin lewat air seni… kesimpulah: *kayak makalah aja* gak usah suntik vit C :P

  54. 54 Shinta Februari 18, 2009 pukul 1:13 pm

    hahahhaa….ternyata di ktr ku di jakarta masih bisa cak dibo’ongin. dokter yg bo’ongin lawyer atau ..lawyer yg bikin dokter jd pembohong yaa…. hehhe… Terima kasih cakmoki…. :))

  55. 55 cakmoki Februari 18, 2009 pukul 3:45 pm

    @ Shinta:
    wah gak tau, sapa mbo’ongi sapa :)

  56. 56 azaviana April 26, 2009 pukul 2:58 pm

    saya sudah sedari sma pilekk-pilekk terus sampai sekarang saya bekerja masih bersn2 terus tiap hari…
    sampai menyiksa bagiku

  57. 57 cakmoki April 26, 2009 pukul 5:39 pm

    @ azaviana:
    ya, adakalanya rhinitis alergika berlangsung terus dalam waktu lama, terutama jika terpapar alergen, misalnya dingin, debu, asap, dll.
    Untuk mengurangi agar rhinitis tidak terlalu sering, dapat dicoba tips di atas, yakni: (1) olah raga teratur, (2) Cukup istirahat, hindari stress dan cukup makan.
    Kalo gak betah, dapat menggunakan obat seperti tertulis di artikel ato obat yg paling nyaman yg selama ini digunakan.
    Trims sharing-nya :)

  58. 58 ellaene Juni 18, 2009 pukul 9:04 am

    smangat pageee, cak moki..:))
    saya mbalik nanya lagi yah..*setelah kemarin nanya ttg urtikaria*

    1. cara bedain pilek + bersin + hidung buntu nya apakah gara2 rintis alergi ato ISPA *biasanya sering nyebut “flu” doang gt yah, cak? he3x*, gimana?

    2. anak laki2 saya, usia 21 bulan dengan BB 15kg, 2 hari ini sedang pilek. awalnya hr selasa pagi kemaren bersin2, sorenya sudah rada ‘meler’ dengan cairan yang masih bening n cair, malam badannya agak anget. Mulai hari rabu, cairan yang keluar sudah agak mengental tapi warnanya tetap bening. Rabu malam, mulai deh hidungnya buntu :(( *yg abis begadang karena si kecil rewel*

    3. mulai selasa sore saya berikan Triaminic pilek dengan dosis 3 x 2,5ml, n saat badannya anget saya kasi Panadol sirup 3,75ml, plus saya baluri dadanya dengan Vicks Vaporub saat dia tidur dengan harapan agak mengurangi hidung buntunya.

    4. Apakah obat yang saya berikan sudah (boleh dibilang) benar, cak? papanya sering komplen karena saya lebih suka beli obat bebas spt Triaminic pilek itu. Saya sendiri prefer ngasi Triaminic dulu, jika memang keadaan tidak membaik setelah 5 hari baru saya bawa ke dokter. *saya rada reluctant ke dokter soalnya kalo saya ke dokter di Kudus sini PASTI dikasi antibiotik apapun gejalanya, walo tanpa demam sekalipun*

    5. Untuk anak usia 21 bulan apakah ada dan boleh diberikan obat tetes hidung untuk membantu mengatasi hidung buntunya, cak? jka ada, namanya apa ya? dan bagaimana dosis pemberiannya?

    6. saya tertarik memberikan vaksin influenza untuk si kecil. tapi saat saya konsul ke DSA, katanya gak perlu karena gak ngefek sama sekali. dan saya jadi bingung, kemana saya bisa minta vaksin influenza untuk si kecil ini, dan apakah bener perlu ato nggak. pengalaman suami saya yang tiap tahun dapet fasilitas vaksin influenza gratis dari kantor *kalo gak salah namanya Fluarix*, ini ngefek banget, cak. biasanya suami tuh langganan flu, n gampang banget drop gara2 flunya. tapi sejak rajin vaksin, lumayan tahan n jadi jarang kena flu. perlu pertimbangan dari cak moki nih…perlu gak sih, vaksin influenza untuk si kecil? kl emang perlu, nama vaksinnya apa, n apakah perlu diberikan rutin dalam rentang waktu tertentu (setengah tahun sekali, misalnya)?

    *wih, gak krasa nulisnya udah panjang banget yah, cak…he3x…*

    thanking you in advance yah, cak moki..:))

  59. 59 cakmoki Juni 19, 2009 pukul 11:46 pm

    @ ellaene:
    Met malam, maaf lambat menjawab…listrik lagi lupa menyala.

    1) Bedanya, Rhinitis alergika terjadi di saat-saat tertentu (pagi, sore, malam, terutama berhubungan dengan cuaca, debu) dan biasanya berulang.

    2) Yg beginian: ISPA :)

    3 & 4) Udah bener, dan pinter … hehehe. Sy sependapat, gak perlu buru-buru ke dokter, dan gak harus pake antibiotika kecuali nyata-nyata ada infeksi sekunder oleh kuman. Biasanya ISPA oleh virus akan sembuh sendiri sekitar seminggu. Kalaupun perlu obat, hanya obat simptomatis untuk meredakan keluhan seperti yg udah dilakukan.

    5) Menurut saya, gak perlu obat tetes. Triaminic pilek udah ada untuk hidung buntu (pseudoephedrine) yg aman untuk anak. Lambat dikit gapapa, yg penting aman.

    6) Saya sependapat dg DSA tersebut. Efek sih ada, tapi gak lama kemudian gak ngefek ketika yang mampir adalah virus dengan varian yg berbeda dengan vaksin. Virus influenza banyak variannya dan sangat mudah bermutasi. Di sisi lain, kondisi ini (mutasi dan banyak varian virus) menguntungkan produsen vaksin … :) …soale pengguna rata-rata gak ngerti.

    Trims

  60. 60 ewith Juli 8, 2009 pukul 9:20 pm

    Cakmoki, anak saya 7 bulan udah lama banget pernafasan nya grok grok gitu. Kata DSA alergi. Dah diksh obat blm sembuh juga. Apakah gak bahaya utk baby ku, soalnya msh kecil banget, aq gak tega ngeliat nya. AC selalu pake tiap dia tidur. Gimana cara ngilangin grok grok itu y? Txs infonya

  61. 61 cakmoki Juli 9, 2009 pukul 2:57 pm

    @ ewith:
    grok, maksudnya pilek apa dahak yg terkumpul di pernafasan ?
    Kalo DSA mengatakan alergi, berarti gakpapa, gak bahaya…hanya saja perlu obat untuk ngilangi grok-2 tersebut agar tidurnya gak tersiksa.
    Tentang AC gak papa juga… belum tentu grok-2 tersebut karena AC. Ntar kalo gak dikasih AC malah makin gelisah tidurnya.
    Menurut saya, kalo udah mendapatkan obat dari DSA, silahkan dilanjutkan obatnya.
    Trims :)

  62. 62 edwin patrisce Agustus 26, 2009 pukul 8:30 pm

    thanks infonya…..
    aku dari kemarin endemis bersin2 terus cak. semoga inponya bermanfaat n manjur yia cak….. thanks

  63. 63 upi Agustus 27, 2009 pukul 4:41 pm

    saya kira saya aja yang mengalami ternyata banyak juga, ini terjadi setiap pagi rasanya sangat menyiksa dimulai dengan bersin2 pilek hidung buntu mata berair, cara saya utk menyembuhkan segera cari tempat yang hangat atau minum air hangat, itupun gak langsung sembuh, kadang sy bikin api unggun dengan kompor. cuma herannya penyakit ini kambuh waktu saya di darat kalau lagi di kapal gak pernah kambuh kenapa ya?

  64. 64 cakmoki Agustus 28, 2009 pukul 2:52 am

    @ edwin pratisce:
    thanks juga atas support dan kunjungannya :)

    @ upi:
    ya, tindakan tersebut bener. Prinsipnya dengan menghangatkan diri.
    Kekambuhan di darat boleh jadi karena adanya perbedaan kelembaban dan suasana lingkungan antara di darat dan di kapal.
    Trims

  65. 65 echi Agustus 28, 2009 pukul 11:12 am

    ada ga cara lain untuk ngobatinnya? selain minum obat atau yg di sebutin di atas…

    soalnya aku tiap pagi bangun tidur pasti bersin akhir nya flu deh
    trus tiap malem mau tidur juga gitu..
    hidung ni mampet mulu,dah gitu bersin²

  66. 66 cakmoki Agustus 28, 2009 pukul 6:55 pm

    @ echi:
    selain dengan obat, silahkan ikuti tips berikut (sesuai tips di bagian akhir tulian di atas)
    Upaya meningkatkan daya tahan dan kondisi tubuh:

    1) Olah raga teratur (pagi atau sore)
    2) Cukup istirahat, hindari stress dan cukup makan.
    Cara tersebut biasanya dapat mengurangi tingkat kekambuhan.
    Trims

  67. 67 Gupliex Agustus 29, 2009 pukul 10:25 am

    Wah.. saya salah satu penggemar anda sejak lama cak.., biarpun belum pernah berkomentar, tapi saya selalu mengikuti postingan-postingan di blog ini.. Semoga makin banyak dokter seperti anda, Cak..

  68. 68 cakmoki Agustus 29, 2009 pukul 11:56 pm

    @ Gupliex:
    Terimakasih atas support dan kunjungannya.
    Komentar gak papa koq :)

  69. 69 Meta September 6, 2009 pukul 12:51 pm

    saya kena anosmia karena rhinitis, kira-kira indra penciuman saya bisa kembali normal gaks

  70. 70 cakmoki September 6, 2009 pukul 2:06 pm

    @ Meta:
    Bergantung pada masih bagus tidaknya fungsi saraf penciuman. Jika bagus dan rhinitis dapat dikendalikan, maka indra penciuman akan berangsur membaik.

  71. 71 dwi September 8, 2009 pukul 10:06 pm

    temen2 kasih solusi dong?aku flu2 nggak sembuh2 nih….
    kata dokter cuman alergi…dah dikasih obat alhamdulillah sembuh…
    tapi setelah itu pilek lagi…..
    kalau baru kambuh , hidung di pegang agak keras ja bisa bikin bersin.da masukan nggak dari teman2?makasih sebelumnya.

  72. 72 cakmoki September 9, 2009 pukul 12:44 am

    @ dwi:
    kayaknya emang alergi, alias Rhinitis alergica, mudah kambuh terutama kalo kena dingin, angin, debu, dll.
    Untuk meminimalisir kekambuhan, silahkan baca tips di bagian akhir artikel.
    Trims

  73. 73 tari September 12, 2009 pukul 11:23 pm

    mau nanya, temen saya ko waktu lagi flu lendirnya ko air?

  74. 74 cakmoki September 13, 2009 pukul 3:47 am

    @ tari:
    bisa juga gitu, terutama di awal terjadinya flu dimana pada umumnya sekretnya masih sangat cair kayak air.

  75. 75 ade Imas September 13, 2009 pukul 3:09 pm

    temeN aku mo naNya….

    kNp ya setiap hari aku gak bisa terlepas dengan yang nama nya flu…
    kata dokter sie aku cuma alergi aja…
    tapi aneH kenapa alergi setiap hari ya…
    kalo pagi idung nie sering mampeT…

    satu lagi ada gak pengobaTan yang laEn tanpa harUs minum obat…

    tx b4

  76. 76 cakmoki September 14, 2009 pukul 12:37 am

    @ ade Imas:
    ya, bener… maksud dokter tersebut adalah Rhinitis alergika seperti tertulis di artikel.
    Untuk mengurangi kekambuhan dapat diusahakan dengan mengikuti Tips di atas, yakni dengan meningkatkan kondisi tubuh sehingga diharapkan Rhinitis alergika tidak mudah kambuh.
    Trims

  77. 77 syaiful ulum Oktober 30, 2009 pukul 3:20 am

    Aku juga ada Riwayat Rhinitis Alergika, hidung buntu setiap hari, minum obat gak ada perubahan?!!!

  78. 78 cakmoki Oktober 30, 2009 pukul 3:36 pm

    @ syaiful ulum:
    obat apa aja yg udah digunakan ?

  79. 79 linda setyawati Januari 28, 2010 pukul 3:10 pm

    setiap pagi saya bersin bersin sampai lebih dari 20 kali, bagaimana cara menyembuhkannya, terima kasih

  80. 80 cakmoki Januari 28, 2010 pukul 4:42 pm

    @ linda setiawati:
    Selamat sore…
    Pake obat, misalnya: Rhinofed, Lapifed, dan sejenisnya, digunakan saat mulai bersin-bersin.
    Selain itu, sedapat mungkin diusahakan olah raga secara teratur sebagai upaya preventif agar tubuh fit.
    Makasih

  81. 81 susan Februari 5, 2010 pukul 1:31 pm

    :D thanks sebelumnya,,,,mau nanya ni,,aku tiap mau tidur n bagun tdr slalu pilek,gmn ni,,:(
    disertai bersin lagi,menyebalan,,,kalo beersinnya agk kuat menimbulkan rasa bau dr hidung,,kok bs y???
    Thanks….:)

  82. 82 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 5:51 pm

    @ susan:
    Kalo timbul rasa bau, boleh jadi ada infeksi karena iritasi permukaan rongga hidung akibat bersin terlalu kuat.
    Thanks :)

  83. 83 susan Februari 8, 2010 pukul 6:40 pm

    o gt y dok,bahaya gak?jadi harus gmn supay gk ada rasa bau saat bersin?
    thanks y…
    slm knl…:)

  84. 84 susan Februari 8, 2010 pukul 6:51 pm

    o gt y dok,bahaya gak?jadi harus gmn supay gk ada rasa bau saat bersin?
    thanks y…
    slm knl…:)

  85. 85 cakmoki Februari 8, 2010 pukul 11:59 pm

    @ susan:
    Gak bahaya kalo diobati… supaya gak bersin, seyogyanya diobati, misalnya dengan: Lipofed ato Rhinofed dan sejenisnya, diminum maksimal 3×1 saat hidung mulai brasa gatal atu mulai pilek.
    Thanks…. slm knl juga :)

  86. 86 Bima Maret 21, 2010 pukul 1:11 am

    anak saya umur 5th.pilek kental sembhnya lama sktr 3mggu.bau mnyengat kntal,batuk mlm hari.waktu kecil pernah bronchitis,dah smbh,brt bdn 12kg,tinggi 1m.knpa anak tdk bisa gmk?apa plk bisa smbh?prlu priksa ke dokter spesialis apa?

  87. 87 cakmoki Maret 21, 2010 pukul 7:25 pm

    @ Bima:
    Bisa sembuh…penyakit semacam itu kerap dialami anak, dan mudah disembuhkan…
    Bisa berobat ke dokter umum, spepsialis anak atau THT.
    Masalah berat badan banyak faktor yang mempengaruhinya… ysang penting terus dilatih untuk soyan makan apa saja, sejauh anak suka, dan yang lebih penting anak tetap aktif.
    Makasih

  88. 88 devis Mei 9, 2010 pukul 9:27 pm

    saya sdg hamil 8-9bln tdnya terserang batuk panas dan flu,kmdn ke dokter UMUM diberi obAT,batuk dan panas sembuh tapi flu blm sembuh msh meler ga brenti2,kmdn oleh dokter kandungan diberi obat flu yg diemut aman utk ibu hamil,flunya sdh tdk meler tpi jadi mampet terus ga berenti2 sepanjang hr.krn blm sembuh juga,kmdn saya pergi ke dokter umum yg lain dikatakan krn alergi,tp tdk diberitahu alergi apa,diberi obat tetap tdk sembuh..yg mau saya tanyakan,kenapa hidung bisa mampet seharian kalo ga yg kiri,yg kanan bergiliran?sebaiknya minum obat apa kalau sstlh melairkan flunya tdk kunjung sembuh?terima kasih

  89. 89 cakmoki Mei 10, 2010 pukul 3:30 pm

    @ devis:
    Obat flu (dalam hal ini rhinitis alergika yg pada umumnya dipicu oleh cuaca, debu, dingin, dll), adalah obat Kategori B pada kehamilan dan menusui, yang artinya aman, sama amannya dengan vitamin pada ibu hamil.
    Jenis obat untuk rhinitis banyak banget, salah satunya: Telfast Plus, diminum saat mamper saja.
    Ntar setela seminggu bisa kita bahas lagi jika dengan obat tersebut masih tidak meredakan hidung mampet.
    Makasih

  90. 90 bunda hayfa Mei 15, 2010 pukul 1:30 am

    mlm cak..udh lama ga ke blog cak moki yg selalu heboh bnyk fansnya..hehe.
    Cak..aq tuh kena flu biasanya gpp smbh sndr..tp kmrn lmyn bikin nyiksa..sampe telinga asalnya ky gatel2 gt didlm smp sakkkiiit bgt..trus budek sebelah.trus aq ke THT.Ktny ada infeksi di telinga gt gr2 flu..aq kan lg menyusui dikasi amoxcilin 500mg 3×1,mucera ambroxol hcl 30mg 3×1, histapan mebhydrolin 50mg !1×1 diminum mlm hari.wkt awal2 minum ingus nya jd bewarna darah merah tua..ky kekuras gt cm sehari..sbnrny flu lmyn smbh cm budeknya msh ada ampe skrg.antibiotik blm abs seh..
    Pertanyaannya..obat2 tsb apa aman bwt ibu menyusui?
    Trus kira2 infeksi ditelinga bhy ga?
    pemakaian antibiotik apa tepat pd kasus sy?
    Trus knp telinga sy msh geli2 n budek?
    Maaf panjang..soale dibanding dr.2 laen cm cak moki yg selalu ngsh jwbn yg lugas gratis lg..coba cak moki praktek dibdg.hehe..nuhun sateuacana cak.

  91. 91 bunda hayfa Mei 15, 2010 pukul 9:14 am

    eh satu lagi cak..sbnrnya budek itu penyebabnya apa ya..aq tkt bgt budeknya ga ilang..pdhl kmrn ke THT Udh dibersihin gt tp dua2nya skrg jd gatel2 di dlm gt n budeknya dtg n pergi.apa efeknya kerasa kalo antibiotik hbs?pdhl sy paling ga mau minum antibiotik.tp dokter nya bilang harus.kira2 obatnya keminum my baby lewat asi ga.punten nambah bnyk nanya nya.

  92. 92 cakmoki Mei 15, 2010 pukul 2:39 pm

    @ bunda hayfa:
    Met siang :)

    Ya benar..infeksi telinga (OMP = Otitis Media Purulenta) dapat terjadi jika ada penjalatan infeksi dari hidung ke telinga bagian tengah. Kita tahu bahwa antara rongga telinga dan rongga hidung dihubingan oleh saluran kecil (canal) yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tekanan udara dalam telinga dan tekanan udara di luar tubuh kita. Nah, jika ada infeksi di hidung, maka kalo gak diobati infeksi tersebut dapat menjalar ke telinga bagian tengah sehingga menimbulkan keluhan: nyeri, gatal, budeg.

    Obat-obat tersebut (semuanya) merupakan “Obat Kategori B” pada kehamilan dan Menyusui, artinya aman pada kehamilan dan menyusui. Sama amannya dengan vitamin B kompleks.

    Budeg dan gatal terjadi karena ada proses peradangan (inflamasi ) pada kendang telinga (membran tympani) dan dinding telinga bagian dalam. Proses peradangan tersebut menyebabkan suara yg kita tangkap tidak dapat terdengar karena hambatan hantaran gelombang suara. Di saat yg sama, bisa timbul gatal dan nyeri.

    Menurut saya, untuk infeksi telinga, amoksisilin kurang kuat. Yang lebih bagus adalah Cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 selama sedikitnya 7-10 hari. Infeksi oleh kuman, mau gak mau harus menggunakan antibiotika. :) agar kuman terberantas hingga tuntas.
    Obat gak keminum baby via ASI… yang terminum hanya metabolitnya saja… dan itupun sangat rendah sehingga gak ngaruh ke bayi. Lagipula, obat-2 di atas semuanya Kategori B. Artinya aman.

    Untuk gatelnya udah ada obatnya, yakni: histapan.

    Hanya saja, infeksi telinga memerlukan waktu penyembuhan yang agak lama. Untuk itu diperlukan kesabaran :)

    Moga segera sembuh.
    Makasih

  93. 93 bunda hayfa Mei 15, 2010 pukul 4:54 pm

    tuh kan bener..jwbn cak moki selalu runtut,lugas dan jelas..trus gmn dgn amoxilin nya?ga ush diterusin n ganti cefadroxil aja gt?beli bwt 7 hr aja ya cak.antibiotik kalo lgsg ganti2 gpp?gada efek samping?kalo infeksi wajib diobatin ya cak ga bs smbh sndr.sbnrny mls minum obat2n.pgn pk yg alami ky propolis gt boleh ga?
    Sy pny pertanyaan.kalo aturan minum obt 3×1 tuh hitungannya 24jam:3 bukan?misal kalo yg pertama jam 9 pagi yg ke dua jam 5 sore yg ke 3 jam 1mlm dong.. Ato jam ga ngaruh. Bs jam sarapan, makan siang dan makan mlm?cara kerja antibiotik sbnrny gmn ya..soalny ada yg blg klo kelewat sekali musti dr awal lg.bener ga cak..
    Sori ya cak aq cerewet bgt nanya mulu.tp bagi2 ilmu kan pahala..hehe..

  94. 94 bunda hayfa Mei 17, 2010 pukul 7:18 pm

    cak..waduh amoxilin udh habis tp msh gatel2 ditelinga n rada budek2 gmn neh..berarti pk amox udh ga mempan ya..kalo dibiarin aja bahaya ga.bs ga seh sembuh sendiri minum vit.c aja.duh paling males minum obat2n aplg kalo pas lg hamil n menyusui..kecuali minum vitamin.

  95. 95 cakmoki Mei 18, 2010 pukul 1:50 am

    @ bunda hayfa:
    Iya, pake cefadroxyl aja. Untuk tahap petama, boleh minum seminggu, setelah itu perlu kontrol untuk menilai infeksi telinga, terutama jika masih ada keluhan. Jika ternyata masih ada infeksi, obat dapa dlanjutkan hingga infeksi tuntas.

    Aturan minum obat tidak sekaku itu. Bisa dengan mengikuti jam makan. Dosis optimal dalam serum darah tidak akan terpengaruh hanya karena beda waktu 1-2 jam. So, boleh diminum pada sarapan, makan siang dan makan malam. Kalaupun kelewatan tidak lantas mengulang dari awal.
    Tentang propolis saya gak komentar :)

    Infeksi sebaiknya tidak dibiarkan, tapi harus diobati supaya infeksinya tidak berkepanjangan dan tidak menyebar. Sebagai contoh, jika pilek mampet trus timbul infeksi di hidung maka ada kemungkinan menyebar ke sinus dan telinga… :D ..tuh kan.
    Kalo menunggu sembuh sendiri, itu kayak berjudi…untung-untungan. Lha kalo gak sembuh gimana .. hayo. lagipula vit C bukan untuk mengobati infeksi dan bukan untuk daya tahan tubuh dalam tempo instan seperti yang diiklankan.

    Menurut saya, sebaiknya jangan malas minum obat. Lha minum vitamin aja gak males walau minum berbulan-bulan, apalagi hanya minum obat lain untuk menanggulangi infeksi.
    Antibiotika tidaklah semenakutkan seperti yang sering kita dengar. Penggunaan antibiotika diperlukan untuk menanggulangi infeksi kuman, sejauh indikasi dan dosisnya tepat serta lama penggunaannya sesuai dengan penyakitnya berdasarkan pemeriksaan dokter.

    Makasih :)

  96. 96 bunda hayfa Mei 18, 2010 pukul 8:09 am

    gt ya cak..klo ga salah spog aq pernah ngsh resep cefadroxil wkt hbs melahirkan..mgkn mencegah infeksi kali ya..

    Info ttg antibiotik emg serem2 aplg klo bc tentang efek sampingnya juga…takkuuttt..

    Ga komen tkt disangka promo yah cak.hehehe

    Wkt hamil 4bln sy oprasi kista cak’dikasi antibiotik juga.kalo lahiran sih normal.jd karena perasaan sering minum antibiotik jd tkt knp2 efek ke bdn qt..aplg ama baby..

    Coba semua dokter ky cak moki ya..jd pasien tuh byr dr. Mahal2 ga minim info ttg pnyktnya.kbnykn (punten ya)dokter makin mahal tp periksa n ngmg sesingkat mungkin.aplg klo qt ga cerewet nanya2 tempo 30 detik udh beres deh.

    Aq pikir dokter yg nga pelit info ky cak moki cuma dr.spog aq..yg laen mah gt deh…
    Cm ga mgkn kan klo skt pilek ke dr.spog:))..

    Wah jd curhat neh…makasih ilmunya ya..mg2 cak moki sekeluarga selalu diberi rezeki yg berkah,diberi kesehatan,kelancaran dan keselamatan..amien..

    Note: kpn2 maen ke bandung cak..seru lho..

  97. 97 cakmoki Mei 18, 2010 pukul 3:01 pm

    @ bunda hayfa:
    iya, saya bisa memahami sikap kehati-hatian terhadap penggunaan antibiotika yg tanpa indikasi dan penjelasan yg cukup. Itu hal bagus agar tidak sembarangan minum antibiotika.
    Dulu emang sebagian dokter suka ngebom pake antibiotika, tapi sejak 10 tahun terakhir udah ga banget-2.

    Kalau pas berobat, seyogyanya para pasien (moga dibaca yg lain) tidak segan-2 menanyakan kepada dokter perihal penyakitnya dan fungsi masing-masing obat yg digunakan. Ini adalah hak pasien dan dokter wajib menjelaskannya… kadang masih ada yg gak seka menjelaskan penyakit dan obat, tapi sangat jelas ketika menyebutkan tarip… hahahaha

    Makasih telah berbagi.. dan terimakasih pula ata do’anya. Semoga demikian pula sebaliknya. Amien

    NB: sy udah lama gak nengok temen-2 di Bandung. Moga suatu saat bisa ke Bdg lagi :)

  98. 98 irwan Juli 13, 2010 pukul 5:28 pm

    dok saya sakit batuk + pilek trus saya minum obat acitaminophen trus gak lama kemudian saya suntik VIT c + kolagen..,apa efek sampingnya dok?

  99. 99 cakmoki Juli 14, 2010 pukul 2:26 pm

    @ irwan:
    kalo hanya sekali suntik dan dosisnya tidak berlebihan, gak ada efek sampingnya… untuk selanjutnya, gak perlu lagi suntik vit C dan kolagen, hanya buang-2 duit dan gak ada manfaatnya … tidak seperti yang diiklankan :)
    Makasih

  100. 100 Dayat Juli 28, 2010 pukul 7:32 pm

    Terima kasih banyak atas manfaatnya….
    semua yang anda tuliskan diatas ternyata benar semua dengan apa yang terjadi pada saya…
    sekali lagi saya ucapkan terima kasih..

  101. 101 cakmoki Juli 29, 2010 pukul 12:52 pm

    @ Dayat:
    Terimakasih atas kunjungannya dan telah membaca artikel ini, dengan harapan semoga bermanfaat :)

  102. 102 yasmin Juli 29, 2010 pukul 2:12 pm

    cak moki,
    mau tanya

    punggung atau bahasa jawanya “geger” bagian kiri saya koq sakit ya. Kata orang sich masuk angin..tapi sudah dikerok koq masih sakit. buat ketawa sakit, buat gerak sakit.

    bagusnya diobati apa ya ?

    Thanks

  103. 103 cakmoki Juli 29, 2010 pukul 2:36 pm

    @ yasmin:
    Sementara dapat diobati dengan Natrium Diklofenak 50 mg (merk dagang, misalnya: voltaren, klotaren, voltadex, dll), diminum 3×1 sesudah makan, selama sedikitnya 3-5 hari, hingga nyerinya reda.
    dapat juga ditambahkan neurotropik alias vitamin B untuk pemeliharaan otot, misalnya neurobion, diminum 2-3 x 1 sesudah makan bersama dengan obat pereda nyeri.

    Moga segera pulih kembali.
    Makasih

  104. 104 aciok September 12, 2010 pukul 1:27 am

    saya mau bertanya,

  105. 105 cakmoki September 12, 2010 pukul 4:04 am

    @ aciok:
    silahkan :)

  106. 106 eva September 20, 2010 pukul 9:03 am

    hi dok,
    aduh betapa senengnya sy tanpa sengaja ketemu blog ini .. sy emang lagi nyari2 ulasan mengenai rhinitis ini.
    sy dah lebih dari 5 taun kena rhinitis … kl lg kambuh … gejala awalnya biasanya dateng waktu bngn tidur …bangun tidur langsung idung gatel2 .. bersin yg ngg henti2nya disertai idung meler plus mampet .. tersiksa banget kl dah gitu … dan hal itu dateng tiap kl bangun tidur, mau tidur mlm apa tidur siang …. sy dah bolak balik pergi ke dokter .. dikasih obat ya sembuh .. abis itu ya kambuh lagi … malah sekarang kl dikasih obat yg disemprotin ke idung dah ngg mempan lagi :( apa hal ini ada hubungannya dengan pemakaina AC di rumah yg terus2 menerus ya dok ? kebetulan sy tinggal di negara gurun.. yg keknya AC itu wajib deh disetiap rumah .. tp kl pas pas balik ke indo.. dan di rumah tanpa AC … gejala tsb ilang dok …
    mohon penjelasannya dok .. terima kasih sebelumnya.

  107. 107 cakmoki September 20, 2010 pukul 5:30 pm

    @ eva:
    hi… mbak :)
    Menilik kronologi dan riwayat timbulnya rhinitis alergika, nampaknya emang berhubungan dengan hawa dingin, termasuk AC….ditandai dengan hilangnya keluhan saat baik ke Indo.
    Namun, mengingat penjenengan tinggal di negara gurun, dan AC hukumnya wajib ‘ain, mau gak mau sedia obat di rumah… cukup 1 macam saja, misalnya: Actifed or Telfast Plus or Rhinofed or Rhinos SR… salah satu obat tersebut dipilih yang laing nyaman dan hanya diminum saat Rhinitis timbul.
    Moga sehat selalu.
    Makasih

  108. 108 eva September 21, 2010 pukul 5:50 am

    balik lagi nih dok,
    tul dok, soalnya kalo pas musim dingin terus AC diganti pake heater si bersin2 itu ngg muncul.
    disini sy dikasih clarinase dok, itu boleh terus diminum ( bilamana kambuh ) tanpa resep dokter ?
    makasih dok atas pencerahannya.

  109. 109 cakmoki September 21, 2010 pukul 12:17 pm

    @ eva:
    Boleh diminum kalo kambuh dan emang cocok dengan Clarinase… dan bisa didapat tanpa resep dokter
    Makasih

  110. 110 bunda hayfa Oktober 9, 2010 pukul 8:35 pm

    ass.wr.wb.
    Malem cak,mo konsul lg neh..my baby hayfa br 7 bulan..lg kena batuk pilek.awalnya ketularan sy..wkt demam kan lg menyusui trus kena batuk pilek.eh nular ke si ad..gejalanya sama demam,pilek n batuk.udh ke dsa..dikasi nipe 3×0,7ml ama ambroxol 30 3×0,3 ml..udh 3 harian udh mo smbh tinggal batuknya aja dikit lg..tau tau suami kena juga virus yg sama..eeeh..udh gt hayfa ketularan lg deh..demam plus batuk pilek..untung obtnya msh ada.
    pertanyaannya..knp ya baby bs kena flu dlm wkt yg dkt pdhl klo udh smbh mstny imunnya bs menangkal si virusnya..kan udh prnh kena.apa emg ga sesederhana itu?
    trus amankan penggunaan obat pilek tsb diatas apabila digunakan lagi terus menerus dlm wkt yg berdekatan.awalnya tgl.25 ampe tgl.28 september.trus skrg tgl.5 sampe 7 oktober..
    trus barusan dikasi tetes hidung bwt bayi..apa aman ato ada jangka wkt maximal pemberian?
    cak,tips biar bayi ga ketularan apa yah.pdhl udh pk masker.tp te2p aja kena.
    Ditunggu bgt jwbnnya.thxs.

  111. 111 cakmoki Oktober 10, 2010 pukul 12:41 am

    @ bunda hayfa:
    Assalamu’alaikum, wr, wb…
    Iya, tidak sesederhana itu. Penyebab panas-batuk-pilek kan banyak… katakanlah disebabkan virus, strain (jenis) virus dan turunannya berjumlah jutaan. Terlebih pada bayi yang masih baru memasuki dunia yang penuh macam-2 penyakit.
    Penuluran batuk pilek bukan melalui ASI, tapi melalui udara pernafasan hidung dan mulut (droplets). Pada ibu menuyusui yg sedang sakit otomatis berpotensi menularkan ke bayinya karena bati selalu berdekatan dengan ibunya. Sekali lagi bukan melalui ASI.

    Obat-2 tersebut aman untuk bayi walaupun dipakai dalam jangka lama.
    Tips agar bayi gak keltularan adalah menjauhkan bayi dengan sumber penyakit. Tapi gak mungkin kan ? Terlebih bayi yang sedang lucu-2 nya…dijamin banyak yang suka mencium…lha kalo diantara yang mencium atau bersenda gurau dengan bayi ada yang membawa virus penyakit, maka bayi akan tertular.

    Masker gak membantu karena partikel virus lebih kecil dari lubang masker.
    Gak papa…. batuk pilek ringan kayak gitu adalah hal yang wajar. yang penting tersedia obat di rumah, atau berobat ke dokter jika sakit.
    Moga sehat selalu :)
    Makasih.
    Wassalam

  112. 112 bunda hayfa Oktober 11, 2010 pukul 3:31 pm

    oh ..gt ya..cak tau koq klo pnykt ga ditularin lwt asi.mkny sy te2p menyusui..tp kirain pk masker bs membantu..trnyt nga ya..kmrn smpt bimbang ngsh obt soalnya rd2 parno klo soal obat2n :)..soalnya sbnrnya virus gada obtnya kan?obt cm meringankan gejalanya.tul ga?
    Emg seh kalo pny baby aplg lucu bgt.org2 pd gemes pgn nyiumin.blm lagi kdg2 kalo dibw keluar rmh bnyk bgt polusinya sumber pnykt..blm asep rokok dimana2.akhrny qt cm bs bdoa mg2 anak qt ga knp2..pokonya mo extra ht2..tetep aja..susah..

  113. 113 cakmoki Oktober 11, 2010 pukul 3:38 pm

    @ bunda hayfa:
    obat-2 tersebut adalah obat simptomatis yang berfungsi untuk meredakan gejalanya. :) .. gak perlu terlalu parno berlebihan soal obat, toh dosisnya udah terukur dan dijamin aman.
    Moga sehat selalu
    Makasih

  114. 114 bunda hayfa Oktober 11, 2010 pukul 6:19 pm

    ok deh..makasih bnyk ya cak penjelasannya..jgn bosen ditanyain terus yah..:) kyny cakmoki pahalanya udh buanyak bgt deh abs baek bgt seh.skrg jd lebih tenang setelah nanya2 cakmoki.. Ga kuatir lagi..
    Wass..

  115. 115 cakmoki Oktober 11, 2010 pukul 11:43 pm

    @ bunda hayfa:
    sama-sama… makasih atas support dan do’anya…moga demikian pula sebaliknya. :)
    Wassalam

  116. 116 Rave Oktober 30, 2010 pukul 4:05 pm

    Salam kenal cak,saya mau nanya
    saya pilek disertai sakit kepala yang nggak sembuh2,kadang2 lendir yang keluar bercampur darah cair atau gumpalan darah,apalagi kalau di ruang ber-AC,bisa tiap hari.kira-kira apa ya penyebabnya dan obatnya?
    Thx

  117. 117 cakmoki Oktober 31, 2010 pukul 12:59 am

    @ Rave:
    Salam kenal …
    Kemungkinan Rhinitis sebagaimana tertulis di artikel. (silahkan baca lagi pelan-2) :D
    Sedangkan akit kepala bisa jadi karena pilek yg gak sembuh-2.
    Obatnya:
    Untuk Pilek : Telfast Plusatau Lapifed atau Rhinofed dan sejenisnya.
    Untuk sakit kepala: Pyronal atau Panstop, diminum 3×1 sesudah makan, saat sakit kepala saja.
    Moga segera sembuh
    Makasih

  118. 118 Mozonx November 4, 2010 pukul 1:25 pm

    Assalamu’alaikum Cak Moki …( wah wong Jawa Timur iki rek :D )

    ALhamdulillaah…tulisannya sangat membantu sekali..
    ternyata selama ini bisa jadi karena saya kena penyakit ini..
    dan udah saya kasih bermacam obat tapio nggk sembuh sembuh..
    mulai obat sampai Vit C dosis tinggi ( yang ternyata Mubazir ya hehehehe ) ..
    intinya dengan makan sehat dan Olahraga Teratur Insya ALlah pasti akan sembuh dengan sendirinya yo Cak ..:)
    sip sip sip ..
    cuman masalahnya seperti ini cak..
    kemarin kebetulan saya cek Thorax..
    terus hasil diagnosanya kok ..ada kemungkinan ” Cenderung Bronkitis “..
    waduh..gawat.,,!!!!! ( padahal ini lagi cek untuk persyaratan masuk perusahaan baru…semoga nggk masalah…amiiiiin y Allah :( )
    setelah saya cek diinternet ngeri juga ini penyakit..
    dan ada beberapa faktor yang menyebabkan..
    1, Sinusitus
    2. Debu ( udara Kotor )
    bisa jadi 2 itu penyebabnya secara saya di CIkarang ( yang notabene kota insdustri ) dan saya pilek nggk sembuh sembuh udah beberapa bulan..

    pertanyaan saya,

    apakah penyakit ini emanb bisa mengakibatkan Bronkitis yo Cak..?
    apakah bisa disembuhkan brokkitis ini cak ? :( semoga bisa..

    Matur sembah nuwon,
    dienteni yo Cak :)

  119. 119 cakmoki November 4, 2010 pukul 3:52 pm

    @ Mozonx:
    Wa’alaikum salam…
    Gak perlu takut …dan gak perlu ngeri… :D Kadang emang ada tulisan yang membuat orang takut, padahal sebenarnya gak seperti itu. Antara rhinitis dan bronkitis gak ada hubungan langsung.

    Bronkitis ada 2, yakni :
    1) bronkitis akut (berlangsung kurang dari 6 minggu), dan biasanya disebabkan oleh mikro-organisme (yg paling sering disebabkan oleh virus).
    2) bronkitis kronis (berlangsung lebih 6 minggu), pada umumnya disebabkan oleh asap rokok (tembakau), debu dan asap industri, polusi udara.
    Adapun hasil rontgen yg menyatakan “kemungkinan bronkitis”, bukanlah halangan untuk bekerja. Lagipula, itu kan masih kemungkinan.. rontgen hanya merujuk pada adanya peningkatan gambaran pembuluh darah di paru… dan namanya kemungkinan, bisa saja tidak benar. Yang paling menentukan adalah pemeriksaan fisik dan kemampuan dokter pemeriksa dalam menginterpretasikan hasil Rontgen dan hasil pemeriksaan fisik serta keluhan.

    Selengkapnya tentang Bronkitis, silahkan baca artikel di blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2010/03/26/bronkitis-akut/

    http://cakmoki86.wordpress.com/2010/04/22/bronkitis-kronis/

    Maturnuwun
    Wassalam

  120. 120 annas November 24, 2010 pukul 10:10 am

    bagus sekali artikelnya. ijin kutip beberapa paragraf untuk aneka tips kesehatan ya.

    ditunggu artikel menarik lainnya ya :))

  121. 121 cakmoki November 24, 2010 pukul 4:53 pm

    @ annas:
    Monggo :)

  122. 122 Anita Februari 11, 2011 pukul 8:13 am

    saya pilek setip pagi…
    di blang’a saya hanya flu…
    tpi, setelah saya baca ini saya alergi..
    bagaimana mengatasi’a.. :D

  123. 123 cakmoki Februari 11, 2011 pukul 11:59 pm

    @ Anita:
    Mengatasinya dengan obat-2 sebagimana tertulis di artikel pada bab pengobatan dan Tips meningkatkan daya tahan tubuh.
    Obat yg lazim digunakan diantaranya: Acifed, lapifed, rhinofed, Telfast, dll… diminum saat kambuh saja.
    Makasih

  124. 124 Ida Maret 25, 2011 pukul 6:40 am

    Dok,suamiku udah lama banget kalau malam hidungnya terasa sesak dan kalau pagi suka bersin serta flu kadang meler,tapi kemaren pada saat mengeluarkan ingusada bercak darahnya.itu apa ya dok?mksh

  125. 125 cakmoki Maret 25, 2011 pukul 1:56 pm

    @ Ida:
    Keluhan tersebut menandakan rhinitis alergika..pemicunya cuaca dingin..hal ini dibuktikan dengan mucnculnya keluhan saat pagi hari.
    adapun darah yang keluar bersama ingus akibat iritasi saat bersin. Obatnya silahkan pilih yang paling nyaman sebagaimana tertulis pada artikel.
    Makasih

  126. 126 nurul April 19, 2011 pukul 9:12 pm

    hi dok…
    saya mau ngucapin terima kasih atas tulisannya.

    dok, saya mau sedikit curhat soal bersin yang saya derita.boleh ya? =)
    saya sering sekali bersin pada saat cuaca lembab, saat hujan, dan tempat yang berdebu. hal ini saya alami sejak 2 bulan yang lalu. kalau saya bangun pagi, pasti hidung saya gatal dan langsung bersin dan hidungnya ikut meler. begitu juga pada saat hujan dan ditempat yang berdebu.
    sebelum saya membaca tulisan di blog ini saya pikir saya hanya menderita alergi biasa aja. dan ketika saya membaca blog ini, kemudian saya mencocokkan gejala penyakit Rinitis yang dokter tulis dengan gejala yang saya alami, dan saya baru tw kalau saya mengidap rinitis alergi.
    selama ini saya belum pernah periksa ke dokter tentang alergi saya ini.
    dok, apakah rinitis alergi ini penyakit berbahaya?
    trus apa dampaknya kalau tidak segera diobati?
    dan apakah alergi ini bisa sembuh total?

    terima kasih

  127. 127 cakmoki April 20, 2011 pukul 3:32 am

    @ nurul:
    hi :)
    1) Rhinitis alergi tidak berbahaya
    2) kalo gak diobati, tentu mengganggu… utnuk itu sebaiknya diobati, kecuali kalo merasa ga terganggu
    3) alergi bisa dikenadalikan dan bisa dihindari kalo kita mampu menghindari pemicunya..namun untuk menghindari pemicu semisal cuaca , asap , polutan, tentu tidak mudah.
    Makasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,967,400 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 560 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: