Pantangan Makanan

Tatkala seseorang sakit, apapun sakitnya, hampir selalu yang ditanyakan adalah “pantangan” makanan dan minuman. Pertanyaan-pertanyaan seperti: apa yang gak boleh dimakan, apa pantangannya dan sejenisnya, kerap meluncur dari pasien atau keluarganya ketimbang menanyakan penyakitnya.

APA SALAH ?
Tidak sih, tidak selalu salah dan juga tidak selalu benar. Tidak semua penyakit berhubungan dengan apa yang dimakan, artinya tidak semua penyakit ada pantangannya. Justru jika seseorang kondisinya sangat lemah karena sakitnya plus gak mau makan beberapa hari, melarang makanan ini dan itu adalah tindakan yang kurang bijak. Sebaliknya, pada kondisi tersebut lebih utama memperbaiki kondisi si sakit daripada melarang sederet daftar makanan. Kecuali untuk kasus-kasus khusus yang memang berhubungan langsung dengan penyakitnya.

Sebelum kita lanjutkan, kita akan bahas sedikit tentang “diet” yang seringkali dihubung-hubungkan dengan penyakit.

DIET … DIET … DIET
Kayaknya istilah ini salah kaprah, terutama jika dikaitkan dengan makanan. Mungkin kebanyakan orang akan membayangkan pengurangan jumlah makanan ketika mendengar kata “diet”. Ya iya lah, kalo istilah ini dipakai untuk seseorang yang ingin berat badannya turun. Lha kalo untuk orang yang perlu tambahan kalori, maka orang tersebut akan diatur pola makannya sesuai kebutuhan, arinya ditambah jumlah atau frekuensinya atau kualitas nilai gizinya.

So, pengertian “diet” adalah mengatur makanan, bisa mengurangi bisa pula menambah.

Nah, sekarang sudah jelas bahwa “diet” tidak selalu berarti mengurangi makanan tertentu, namun bisa juga menambah komponen makanan atau minuman tertentu.
Bagaimana faktanya ?

Ok, di kebanyakan Rumah Sakit, kita akrab menyaksikan makanan serba terbatas, umumnya lunak, atau bubur yang diberikan kepada semua pasien.
Tentu ini kurang tepat jika semua pasien diberi makanan serba lunak. Emangnya semua pasien gak perlu makanan biasa ?
Andai seorang pasien memang tidak bisa makanan biasa lantas bisanya hanya makanan lunak, pemberian makanan lunak adalah pilihan logis. namun ketika ia sudah bisa dan mau makan nasi, maka pemberian makanan lunak sangat tidak logis jika tidak ada hubungan dengan penyakitnya, apalagi jika si sakit memerlukan makanan ekstra untuk memulihkan kondisinya.

Inilah perlunya koordinasi “dinamis” antara dokter dengan pihak pengelola gizi. Maaf, kata “dinamis” sengaja diberi tanda petik dengan maksud bahwa pengetahuan gizi untuk pasien di RS perlu update terus menerus, tidak statis hanya mengandalkan referensi belasan tahun yang lalu.

Bagaimana di kalangan masyarakat luas ?
Sama saja !!!
Kita masih kerap mendengar bahwa jika seorang bayi, misalnya mengalami gangguan buang air besar dimana kotorannya mengeras, kontan para tetangga ataupun kerabat melarang si ibu makan ini itu karena si bayi masih menyusu ASI dan dianggap berhubungan dengan makanan ibunya.

Demikian pula jika seseorang mengeluh pegal-pegal kepada temannya, maka tak jarang si teman memberi advis agar tidak makan sayur ini, buah itu, makanan ini, gorengan … dll. *emangnya siapa yang mau makan gorengan, kan gorengan artinya wajan…hehehe, guyon mode:ON*
Dan masih banyak lagi … ingat kan … tulisan sebelumnya tentang: Typhus, tidak harus makan bubur ?

PENTING DIINGAT !!!
Hanya satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan, baik yang sehat maupun yang sedang sakit. Hanya satu ! Apa itu ?
Tidak boleh makan yang bukan haknya, alias KORUPSI !!! … hahahaha.. merdeka !!!

About these ads

33 Responses to “Pantangan Makanan”


  1. 1 zulharman Desember 1, 2007 pukul 12:53 pm

    PENTING DIINGAT !!!
    Hanya satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan, baik yang sehat maupun yang sedang sakit. Hanya satu ! Apa itu ?
    Tidak boleh makan yang bukan haknya, alias KORUPSI !!! … hahahaha.. merdeka !!!

    Saya menambahkan Cak, yang ngak boleh dimakan yang haram. Kalau korupsi aja, ntar duit hasil aborsi, buat kwitansi palsu, buat surat sakit palsu, dll lolos Cak.

  2. 2 Anang Desember 1, 2007 pukul 1:03 pm

    mantab sekali kalimat terakhir itu…. cocok buat para pemimpin kita yang doyan menjelma menjadi tikus2 kantor

  3. 3 sibermedik Desember 1, 2007 pukul 2:26 pm

    he..he..justru ada “oknum” pasien yang “bangga” disuruh pantangan makan..
    “Jeng..jeng..aduh kemarin saya ke Singapore cek up…hmm..obatnya import lho…makanya ke singapore aja..bisa jalan-jalan..oia, dokternya ngasih banyak pantangan.nggak boleh bla..bla..”

    Nah ngadepin pasien neurosis macem gitu kadang makan ati..

    Sebenarnya perlu suatu “format” tentan pantangan.

    Misal: “Bu makan kuning telurnya dikurangi untuk mengontrol kolesterol”….emang kuning telur dikurangi tapi makanan2 yg mengandung kuning telur macam Cake, Roti,etc masih dimakan..kan sama juga bo’ong?

  4. 4 mataharicinta Desember 1, 2007 pukul 2:44 pm

    cak, kalo tumor payudara ada pantangannya gak?
    ato boleh makan semuanya?

  5. 5 Rini Desember 1, 2007 pukul 5:53 pm

    Salam kenal cak,
    memang semua makanan adalah karunia, jadi tentusaja boleh dimakan (asal halal dan bukan hasil korupsi ya..). Hanya … bagi yang sudah punya gejala … misal seperti yg ditanyakan “mataharicinta”, sebaiknya mengeliminer makanan2 yg diawetkan, yg ada zat pewarna. Misal masih pengen makan bakso, nuget, dll … ya… bikin sendiri. Biar aman.

  6. 6 cakmoki Desember 2, 2007 pukul 2:31 am

    @ Zulharman,
    ohhh !!! iya ..itu lebih tepat, gak boleh makan yang haram … pakai kecuali enggak ? … kalo pakai ntar masih diplintir kali, wong gak pakai kecualai saja diembat ..hehehe
    Trims ;)

    @ Anang,
    Tikus kantor ? hahahaha … istilah ini mengasyikkan, pura-pura nyumbang 100 juta, nggerogotinya 100 milyar, trus dipuja puja bak malaikat penyelamat masyarakat … hahahaha

    @ Sibermedik,
    Tenang … sabarrrr *nepuk-nepuk pundak sibermedik* …
    banyak hal yang dipertimbangkan saat “harus” mengurangi kandungan tertentu. Bisa jadi berakhir dengan “sama aja boong” bisa pula berakhir dengan “lunglai” saking takutnya.

    AD juga tuh yg over pantangan, misalnya kadar kholesterol hanya meningkat dikit, trus 1 halaman daftar pantangan diberikan kepada penderita, wuaaaaaa

    Tentang format, mo mulai ? asyikkkk :)

    @ mataharicinta,
    Tumor payudara gak ada pantangan apapun, boleh makan semuanya :)
    Mo nraktir tho … ;)

    @ Rini,
    Salam kenal juga :)
    hehehe, gak semua makanan menakutkan koq … dan gak semua “gejala” harus eliminer, bergantung gejala apa dulu.
    Kalo yg diserita adalah gejala ke arah penyakit yang mengharuskan tambahan kalori, maka solusinya bukan “eliminer”sebaliknya malah “menambah” yang diperlukan.
    Tris telah berbagi :)

  7. 7 telmark Desember 3, 2007 pukul 11:31 am

    Cak banyak warga kita yg menderita kanker. pantangannya apaan tuh ?
    ampe sekarang kok kaga sembuh2 juga. padahal udah berapa kali ganti kabinet. kasihan kan cak…
    kanker = kantong kering.

  8. 8 Shinta Desember 3, 2007 pukul 1:03 pm

    Cakmoki,

    berdasarkan hasil lab dokter ktr ku bilang kalo kholesterolku lumayan tinggi (155), trus aku dikasih 2 pilihan, minum obat atau mengatur pola makan. Karena males minum obat aku pilih mengatur pola makan, trus sama dokternya aku dilarang makan makanan yg mengandung santan, trus goreng2an, terlebih gorengan dari abang2 yg jualan di pinggir jalan cak, trus fried chiken juga gak boleh, daging yg berlemak gak boleh, keju gak boleh, susu boleh asal yg non fat. Dduuhh bisa lemes niiyyy…bingung mau makan apa. Lama-lama bisa menderita gizi buruk …trus jadi bodoh… :)

  9. 9 calonorangtenarsedunia Desember 3, 2007 pukul 1:14 pm

    kata ibuku, diet itu makan dikit aja. trus 2x aja sehari.

    lha kalo pengangguran ga ngapa2in sih mending, tinggal lemes diem di rumah. lha kalo aku? aktivitas di luar mulu. mati aku, Pah.

  10. 10 Astri Desember 3, 2007 pukul 2:02 pm

    hidup makan sedikit tapi sering, gak pake gajih, jeroan, gak pake kulit ayam, gak digoreng, minum air putih minimal 8 gelas sehari (kalo di Surabaya tambah lagi dong…), makan sayur n buah yang banyak, dan olahraga :D

  11. 11 GuM Desember 3, 2007 pukul 7:35 pm

    So, pengertian “diet” adalah mengatur makanan, bisa mengurangi bisa pula menambah.

    bodohnya saya, baru sekarang tau pengertian diet sebenarnya.
    matur nuwun infonya, pak :D

  12. 12 cakmoki Desember 3, 2007 pukul 11:48 pm

    @ telmark,
    kalo yang ini mah, pantang makanan selama setahun atau sekalian 5 tahun nunggu Pilpres, hahaha

    @ Shinta,
    Kolesterol normal = 50-200 mg/dl ..lha kalo 155 kan normal tho yo, …so menurut saya sih semua yang dilarang itu : sikaattttt !!!
    Tubuh kita juga perlu Kolesterol lho, untuk kelenturan kulit, bantalan lemak, penghangat tubuh *halah :P * dll … dll

    @ calonmantu,
    oh !!! gini deh, tolong sampaikan salam ama calon besan, gak usah terlalu ketat … ntar kalo calon mantuku loyo gimana dong ;)
    Kali 2x maksudnya 2×2= 4 kali makan :P

    @ Astri,
    hahaha, pantesan langsing banget, rupanya lagi ogah makan belut goreng dan Mie Restu ya :)

    @ GuM,
    sama-sama … sekarang dah nambah belum?

  13. 13 Dee Desember 4, 2007 pukul 12:15 am

    Cak, aku lagi diet nih, dietung-etung, wong sangune wis meh entek.

  14. 14 Astri Desember 4, 2007 pukul 7:39 am

    Wakakak… bukan langsing banget tapi kepengen langsing :D

  15. 15 Shinta Desember 4, 2007 pukul 2:30 pm

    aaahh…senaanggnyaaa …cakmoki jadi dokter di kantorku aja yuk … :)

  16. 16 dani iswara Desember 5, 2007 pukul 1:40 am

    lha kalo kos2an..gak usah disuruh pantang..nasi+sayur 3 macem/tahu tempe cukup 2 ribuan ala vegetarian lumayan gak bikin loyo.. :D

    hukumnya gak pake pantangan, apalg kalo ditraktir.. :D

  17. 17 cakmoki Desember 5, 2007 pukul 10:54 am

    @ Dee,
    hehehe, kalo gitu nyari tambahan amunisi, pakdhe :;)

    @ Astri,
    hah ? masih mau lebih langsing lagi ? ntar kena angin melayang lho :D

    @ Shinta,
    gak mauuuuu … enakan di rumah :) gajinya lebih gede …hehehe

    @ dani iswara,
    hahaha, sekali-sekali pakai jas trus masuk hotel yang ada acara pengantin, pura-pura jadi tamu, dijamin asyik :)
    …ini jurus ala kost-kostan ala mahasiswa

  18. 18 Astri Desember 5, 2007 pukul 11:09 am

    Iya Dan… setuju ama Cak Moki :D

  19. 19 Shinta Desember 5, 2007 pukul 1:10 pm

    Langsung ditolak bro…hehhehhe

    tapi kan listriknya sering lupa menyala, trus jalannya banyak yg belum diaspal, dah gituu thn 2008 kepala daerahnya baru lho .. (gak ada hubungannya ya cak ..hihihi )

  20. 20 Iyas Desember 5, 2007 pukul 4:03 pm

    Cakmoki
    hahaha, sekali-sekali pakai jas trus masuk hotel yang ada acara pengantin, pura-pura jadi tamu

    waduh pengalaman pribadi yach cak hahahahha
    strategi waktu jaman kuliahku dulu cak diajamin manjurrrr buat perbaikan gizi anak kos

  21. 21 almascatie Desember 5, 2007 pukul 5:49 pm

    artinya makan sesuai dengan kebutuhan yah :) kurang bisa berakibat parah, lebih pun sama :)

  22. 22 cakmoki Desember 6, 2007 pukul 12:52 am

    @ Astri,
    Tosss … :)

    @ Shinta,
    hehehe, walau deket tetep tidak bersedia mbak, … soalnya gak mau terikat. Di sini juga ada beberapa perusahaan kayu dan pertambangan yg minta, alasannya sama, gak mau terikat. Ada alasan lain ding, itu lho … lebih suka ngumpulin ribuan yg agak-agak bau minyak goreng dan kadang bau keringatnya be-ha … :D

    @ Iyas,

    waduh pengalaman pribadi yach cak hahahahha

    yahhhh, ketahuan deh … emang iya, koq tahu? :P

    @ almascatie,
    Nah, supaya porsinya pas, kayaknya emang perlu pendamping ya … kan ada yg masakkan, atau setidaknya ngatur, asal gak terjerambab menjadi pemain “PSTI” Persatuan Suami Takut Istri … hahahaha

  23. 23 Shinta Desember 6, 2007 pukul 10:07 am

    Hahahahaaa…. be-ha emang tempat paling aman buat nyimpen ribuan cak ..hahhahah….. :))

  24. 24 cakmoki Desember 6, 2007 pukul 12:04 pm

    @ Shinta,
    ..ohhh, ternyata … :roll:
    kalo ribuannya banyak apa nggak mbendol ya *sambil mbayangkan*..hahaha

  25. 25 ndarualqaz Desember 6, 2007 pukul 1:58 pm

    GAK BOLEK MAKAN MAKANAN DI WARUNG …??? KALO GAK PUNYA DUIT. kakaka… *becanda mode : on*

    kalo lagi diare kok gak boleh makan mie itu kenapa cak???

  26. 26 suandana Desember 6, 2007 pukul 2:48 pm

    Tapi, kalau bodi saya kok agak aneh ya, Cak… Padahal makannya 2x sehari, begadang sampai subuh (pokoknya kerja keras gitu…), eh, berat badannya tetap aja. Paling cuma turun 2 kilo gara-gara kebanyakan makan sambel… :?

  27. 27 Manika Juni 19, 2008 pukul 10:49 am

    Setujuh bgt sm cak Moki.

    Tukeran link boleh g cak?
    Makasih.

  28. 28 cakmoki Juni 19, 2008 pukul 1:05 pm

    @ Manika
    boleh, … dengan senang hati.
    makasih :)

  29. 29 nivea September 18, 2008 pukul 11:16 am

    salam cak,

    temenku habis dikuret karena hamil anggur..
    disuruh cek darah sama DSOG nya dan 1 bulan lagi dicek apakah sudah “bersih” untuk bisa hamil lagi.
    katanya kalo “gk bersih” akan diberikan terapi kemo (?)

    dia stres banget, dan kebetulan DSOG nya pelit ngomong.
    mau tanya ya cak, apakah ada pantang makanan setelah hamil anggur tsb ? atau sebaliknya apakah ada makanan yg dianjurkan untuk dapat “bersih” dan segera hamil ?

    saya juga tidak mengerti apa definisi “bersih” ini.

    tolong dijawab ya cak, terima kasih banyak

  30. 30 cakmoki September 24, 2008 pukul 1:29 am

    @ nivea:
    Maaf, kelewatan :)
    Gak ada pantangan makanan apapun … bahkan sebaiknya makan makanan nergizi untuk pemulihan kondisi.
    Yang dimaksud bersih adalah gak ada sisa hamil anggur. So, kontrol diperlukan secara berkala agar kita yakin gak ada sisa lagi supaya ntar gak beresiko berkembang lagi kalo ada sisa-sisa hamil anggur dan supaya dapat hamil secara normal.
    Tentang hamil anggur, silahkan baca dan download posting yang pernah saya tulis di sini.
    Dengan pengobatan dan follow up berkala, hamil anggur dapat diatasi hingga bersih.
    Trims

  31. 31 nivea September 25, 2008 pukul 10:07 am

    OK cak.. hatur nuhun…

  32. 32 Ira Juli 18, 2009 pukul 12:11 pm

    Salam kenal Mas..
    Aku mau cerita & tanya..
    Hari Selasa ini Aku makan pedas plus air jeruk. Emang itu awal bikin diare ya? Karena besok paginya Aku diare. Sampai 4 kali bolak-balik kamar mandi. Siangnya Aku makan telur asin karena katanya bisa ngobatin diare, sampai sore memang mampet. Tapi malamnya kambuh, Aku minum Normudal, mampet sampai Kamis siang. Kamis sore kambuh tambah parah karena ada rasa mual, bibir kering & gak nafsu makan. Kamis malam Aku minum diapet & promag. Jumatnya Aku ulangi minum diapet & promag 3 kali, sampai mampet. Tapi perut masih sakit. Kenapa ya? Trus apa ada makanan yang dipantang? Ma kasih sebelumnya Mas. Ditunggu jawabannya :)

  33. 33 cakmoki Oktober 9, 2009 pukul 10:17 pm

    @ Ira:
    Salam kenal, mbak … wuaaaa … maaf, kelewatan luama banget…tapi tetap akan saya jawab.
    Keluhan tersebut (perut sakit dsb) timbul sehubungan dengan diare.
    Gak ada pantangan maknan dan promag (3-4 x 1 sehari) boleh dilanjutkan hingga sakitnya ilang.
    Trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,646,074 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: