Makan Bergizi pasca Operasi

Artikel Akhir Pekan.

Makanan apa saja yang tidak boleh dimakan pasien pasca operasi setelah pulang dari Rumah Sakit ?
TIDAK ADA LARANGAN !!!
Kita masih kerap mendengar adanya larangan makan makanan tertentu bagi pasien pasca operasi setelah berada di rumah. Macam-macam larangan dilontarkan oleh para kerabat dan tetangga ketika menjenguk pasien pasca operasi di rumahnya. Keluarga yang satu melarang makan ini, tetangga melarang makan itu.

Pengaruh dari pihak keluarga dan tetangga adakalanya membuat pasien bingung kendati saat pulang dari Rumah Sakit sudah dipesan oleh dokter bahwa tidak ada larangan makanan apapun alias bebas.
Sepanjang tidak ada pesan khusus dari dokter sehubungan dengan jenis penyakit dan jenis operasinya, maka pasien bebas makan makanan apapun sesampainya di rumah.

Contoh Kasus:

Seorang ibu muda menjalani operasi cesar (sectio caesaria) untuk melahirkan bayinya. Ketika masih di Rumah Sakit, si ibu diberi makan yang enak-enak seperti daging, telor, sup, buah, snack dan lain-lain. Eh, begitu sampai di rumah, para kerabat melarang makan ikan, daging, sayur berkuah, dan seabreg larangan lainnya. Ngenes deh.

Tak perlu heran jika kemudian si ibu muda masih lemas dan pucat kendati operasi sudah berlangsung 2 minggu sebelumnya. Padahal setelah kurun waktu tersebut mestinya si ibu sudah bisa jalan-jalan ke Mall.

Dalam praktek sehari-hari, kejadian semacam ini masih ada. Ketika ditanya mengapa para kerabat atau tetangga melarang makan makanan tertentu, jawabannya nyaris seragam, yakni: takut luka operasi lambat kering, takut gatal dan lain-lain.
Kadang pasien atau pihak keluarga bertanya:

  • Bolehkah makan daging, ayam, ikan ?
  • Bolehkan makan makanan yang digoreng (berminyak)
  • Bolehkan makan sayuran bersantan ?

Jawab: Boleh !!! Bahkan sangat dianjurkan makan makanan bergizi agar mempercepat penyembuhan luka operasi dan kondisi tubuh segera pulih kembali.

Pernahkan kita mencangkok pohon buah ? Ketika kita mencangkok pohon buah, kulit pohon diiris melingkar, kemudian diberi tanah paling subur di sekeliling irisan dan disirami setiap hari. Mengapa? Supaya segera tumbuh akar di sekeliling irisan kulit pohon.

Nah, seperti itulah gambaran pasca operasi. Jika ingin cepat proses penyembuhan dan tubuh bugar kembali, maka pasien pasca operasi harus makan makanan bergizi.

:: :: :: TIPS PERAWATAN PASCA OPERASI :: :: ::
Secara umum, untuk mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan kondisi pasien pasca operasi, perlu kita perhatikan tips di bawah ini:

  • Makan makanan bergizi, misalnya: nasi, lauk pauk, sayur, susu, buah.
  • Konsumsi makanan (lauk-pauk) berprotein tinggi, seperti: daging, ayam, ikan, telor dan sejenisnya.
  • Minum sedikitnya 8-10 gelas per hari.
  • Usahakan cukup istirahat.
  • Mobilisasi bertahap hingga dapat beraktivitas seperti biasa. Makin cepat makin bagus.
  • Mandi seperti biasa, yakni 2 kali dalam sehari.
  • Kontrol secara teratur untuk evaluasi luka operasi dan pemeriksaan kondisi tubuh.
  • Minum obat sesuai anjuran dokter.

Bagi pasien yang jauh dari kota, dapat minta ijin dan petunjuk tatacara merawat luka kepada dokter untuk merawat sendiri luka operasi.

Semoga bermanfaat.

About these ads

57 Responses to “Makan Bergizi pasca Operasi”


  1. 2 Lita Agustus 11, 2007 pukul 12:21 pm

    Hlaah pertamax-nya diambil sendiri :lol:
    *komen gak mutu, soale pernah operasi minor tapi gak dapet ‘pesen’ larangan dari dokter*

  2. 3 timbuktu2003 Agustus 11, 2007 pukul 12:34 pm

    makanan jenis TKTP (tinggi Kalori Tinggi Protein) Oke juga cak

  3. 4 gies Agustus 11, 2007 pukul 8:02 pm

    hihihi saya sih setelah operasi, paling gk tahan gak boleh makan sambal:p

  4. 5 passya.net Agustus 11, 2007 pukul 8:42 pm

    operasi? hiiii… serem…
    btw, nanya doang dok, kenapa sih orang klo abis operasi pasti ditanyain mulu sama perawat : udah kentut blom?

  5. 6 Astri Agustus 11, 2007 pukul 10:48 pm

    itu termasuk pesan tetangga, saudara, dan entah siapa laginya pasien yang menyesatkan setingkat ama minum obat anti hipertensi atau diabetes mellitus gak boleh lama2 nanti ketergantungan :( sebel mode: ON
    padahal gara2 mereka kemeruh, bisa bikin pasien tambah sengasara…

  6. 7 almascatie Agustus 12, 2007 pukul 12:29 am

    semua jenis operasi bisa ya cak..
    bapak saya operasi ginjal kok dilarang tuh makan-makanan berminyak dll
    *dll nya sayah lupa cak, moon maap*

  7. 8 dokterearekcilik Agustus 12, 2007 pukul 8:28 am

    Ada larangannya cak moki….jangan makan kasur, batu, keset…he..he Emang paling susah ngrubah pendapat masyarakat yg asalnya gak jelas. Kalo ditanya : itu katanya siapa? jawab: tukang sayur or pokoknya orang-orang yang datang besuk…. wualaaah. Kalo lagi iseng (+kesel) saya tanya tukang sayurnya dokter ya bu :) Buat pengunjung blog ini harap juga nyampein ilmu dari cak moki ke masyarakat sekitarnya (bantu cak moki) minimal pada keluarga dekat.

  8. 9 telmark Agustus 12, 2007 pukul 8:31 am

    Salah cak !!!
    kalo abis operasi itu banyak pantangannya. contoh, operasi ginjal : dilarang makanan berminyak, seperti kompor, lampu minyak atau patromak.
    harus banyak makanan berserat seperti: kesetan kaki, handuk atau sapu ijuk juga boleh. jangan banyak makanan keras seperti batu karang, besi baja atau serpihan beton.
    *berjalan dgn gontai, spt layaknya Dokter habis ngoperasi. bedanya, dikepala masih mengenakan topeng Batman*

  9. 10 Kang Adhi Agustus 12, 2007 pukul 10:02 am

    Selain nasehat “jangan makan ini itu” nasehat lain yang datang paska operasi adalah: “makan obat tradisional ini itu”. Tentu dengan tambahan iklan: biar lukannya cepat sembuh. Sampai pusing mana yang harus dituruti? bagaimana cak?

  10. 11 cakmoki Agustus 12, 2007 pukul 10:56 am

    @ Lita,
    test, soale isian komen kemarin bermasalah.
    iyalah, dokter gak pernah pesen larangan .. kalo perintah sih iya :P

    @ timbuktu2003,
    oke, TKTP untuk kalangan medis, kalo di khalayak kita menyebutnya “makanan bergizi”

    @ gies,
    apalagi ditambah lalapan, hmmm segerrrr

    @ passya.net,
    untuk mengetahui apakah fungsi sistem pencernaan sudah pulih seperti sediakala atau belum. Itu ditulis di lembar laporan suster, terutama di awal-awal pasca operasi. Kalo sudah kentut maka pola makan akan dirubah bertahap sehingga saat keluar RS udah bebas.

    Sip, rumah baru nih ye :D

    @ Astri,
    hihihi ..iyo. Kalo ada 10 orang yg bezoek maka larangannya lebih sepuluh. Ada yg hanya makan nasi plus tempe bakar doang lho mbak

    @ almascatie,
    garis besar gak ada larangan. Pada kasus tertentu bisa jadi ada larangan tertentu berdasarkan jenis penyakit dan kondisi pasien. Yg beginian perkecualian, dikit. Kalo yg bikin larangan bukan dokter, berarti gak bener :D

    @ dokterearekcilik,
    hehehe … saya sering kadang guyon seperti itu, biar inget.
    Katanya siapa? … katanya orang-orang tua, walah … omongan orang tua sakti banget ya …
    Maturnuwun

    @ telmark,
    huahaha .. di tempat kami ada salah seorang dokter bedah yang suka memberikan doktrin semacam ini sebelum pasien pulang dari RS.
    Pasien-pasien bakalan inget deh :lol:

    @ Kang Adhi,
    ah iya, repotnya kalo berhadapan dengan para sesepuh dalam keluarga.
    Yang dituruti omongan dari yang ngoperasi aja *ngiklan juga* :D

  11. 12 suandana Agustus 12, 2007 pukul 12:35 pm

    Oooo… begitu toh, Cak. Baru paham saya…

  12. 13 Anang Agustus 13, 2007 pukul 12:07 am

    habis operasi usus buntu saya langsung makan makanan bergizi.. hehe btw thanks tipsnya….

  13. 14 jejakpena Agustus 13, 2007 pukul 1:42 am

    Ahihihihi… bener lho Cak, masih sering dapat dan dengar kejadian kaya gitu. Kasian ya, agaknya ini ada hubungannya sama pengetahuan masyarakat kita tentang hal-hal kaya gitu masih kurang. Masih bertahan dengan asumsi-asumsi yang secara medis enggak terbukti kebenarannya. Kasi penyuluhan Cak, biar ter-apgred wawasan mereka… :)

  14. 15 writingimpromptu Agustus 13, 2007 pukul 11:03 am

    Thank you for stopping by my blog. Come back anytime! :)

  15. 16 writingimpromptu Agustus 13, 2007 pukul 11:05 am

    The wrong blog is under my screen name.

    http://lifelistsblog.wordpress.com

    Thanks for stopping by this one! :)

  16. 17 superkecil Agustus 13, 2007 pukul 12:32 pm

    pokokna cuman maw ngabarin ajah
    kalo -kecil- uda balik dari tempat semedi
    okeh okeh???

    dikasi kerjaan ya cak…
    biar dapet duit……..

  17. 18 Lily Agustus 13, 2007 pukul 12:49 pm

    Oh gtu.. sering tuh aku denger kaya gtu.. *roll*

    Jadi sambel sekalipun boleh ya Cak? Menyenangkan sekali! :)

    Klo pasca-operasi gak boleh makan sesuatu yang mengandung gas bener gak Cak? Katanya bisa kembung.. *roll*

    Thx before Cak! :)

  18. 19 itikkecil Agustus 13, 2007 pukul 3:48 pm

    makasih infonya cak…
    tapi kok waktu saya masuk rumah sakit gara-gara GE (bener gak sih?) gak boleh makan yang enak-enak gitu ya…
    *belagak bodoh….*

  19. 20 Fa Agustus 13, 2007 pukul 6:00 pm

    ooo gitu tho Cak? tapi, moga2 gak ngalamin operasi deh :D

  20. 21 deking Agustus 13, 2007 pukul 7:10 pm

    Jadi ingat waktu dikhitan dulu… (khitan bisa dikategorikan operasi gak cak?)
    Dulu saya dilarang makan telur oleh para sesepuh, tapi saya ngeyel karena ingat pelajaran IPA yang menyatakan bahwa telur mengandung protein yang berguna untuk membentuk sel2 baru.

  21. 22 cakmoki Agustus 14, 2007 pukul 12:29 am

    @ suandana,
    sip, semangat !!! :D

    @ Anang,
    jo lali ayam goreng Jl Darmawansa cak Anang, sip

    @ jejakpena,
    iya mbak jepe …
    makasih supportnya ya …

    @ writingimpromptu,
    thanks :)
    ya, i’ll visit your blog again …
    sorry, i write my posts in indonesian.

    @ superkecil,
    ya Cil, net dateng kembali …
    kerjaan apa ? …

    @ Lily,
    Gas? … gas apa gerangan ? padahal dalam usus kita selalu ada gas tuh, … semua makanan akan diolah dan sebagian jadi gas, so … semua boleh, … sate, rawon, sop buntut, semur, bakso, lontong balap, walah apa lagi ya … boleh :)

    @ itikkecil,
    hehehe … iya nih belagak. Justru yg enak-enak itu yg bikin cepet sembuh …

    @ Fa,
    ho-oh mbak, … moga gak ngalami operasi, operasinya sih gak sakit, dompetnya itu lho yg bikin ngelu …

    @ deKing,
    khitan termasuk operasi kecil …
    hehehe kalo gak ngeyel ra keduman iwak pithik :lol:

  22. 23 Lily Agustus 14, 2007 pukul 10:52 am

    Oh gtu.. asik2… eh, moga2 jangan sampe butuh untuk dioperasi deh, ngeriii… ;p

  23. 24 ndarualqaz Agustus 14, 2007 pukul 11:11 am

    makan aja tape yang banyak, jadi cepet kentut, kan katanya kalo habis operasi baru boleh makan kalo udah kentut, jadi makan tape yang banyak biar bisa cepet makan…????? :)

  24. 25 cakmoki Agustus 15, 2007 pukul 4:10 am

    @ Lily,
    Ihhh, iya mbak, moga jangan ngalamin deh …

    @ ndarualqaz,
    tape ketan apa tape singkong mas?
    Sssst, kliniknya ada Ok gak?

  25. 26 ana Januari 9, 2008 pukul 4:28 pm

    gimana kalo makanan ibu bersalin normal dan sesar apa perlu makanan khusus?

  26. 27 cakmoki Januari 9, 2008 pukul 11:23 pm

    @ ana:
    gak perlu makanan khusus, sikat semua deh :) aman dan itu perlu untuk pemulihan ibu bersalin and untuk bayinya jika menyusui ASI.

  27. 28 een Juli 2, 2008 pukul 6:11 pm

    wah, terima kasih banyak atas artikelnya Pak, kebetulan saya baru menjalani operasi appendix, infonya sangat membantu

  28. 29 cakmoki Juli 2, 2008 pukul 11:21 pm

    @ een:
    sama-sama, moga cepat sembuh :)

  29. 30 alifsq Desember 28, 2008 pukul 3:58 pm

    mau tanya tentang hamil setelah 3 bulan pasca operasi??
    apakah sangat berbahaya????

  30. 31 cakmoki Desember 28, 2008 pukul 6:29 pm

    @ alifsq:
    gak bahaya … gak pap :)

  31. 32 muhammad hasyim Januari 25, 2010 pukul 12:42 pm

    ealaa tiwas aku bingung ape mangan opo pas muleh teko operasi. sampek seng nili’i tak kandani ojo gowo pakanan lan buah seang enak sak iki, sok ae lek aku wes waras,gowonen rene kabeh pakanan seng uenak-uenak. berarti iki padune wong-wong seng waras tur rakus ben panganan seng enak di pangan dewe. yowes cakcuwon wong-wong tak kandanane maneh ben gowo pakanan seng enek-enak maneh tak pangane kabeh cekne dang waras. wes semene ae tolong nyuwon tambahe dongo…… suwon.

  32. 33 cakmoki Januari 26, 2010 pukul 2:03 am

    @ muhammad hasyim:
    nggih, monggo wong-2 dikandani supoyo nggowo panganan dobel sing huenak-huenak … Mugi enggal saras.
    Maturnuwun

  33. 34 Uceng Februari 1, 2010 pukul 12:40 am

    Klo abis oprasi prostat gmn? Biar luka jahitan cpet kering gtu..
    Kakek sya yg oprasi..

  34. 35 cakmoki Februari 2, 2010 pukul 2:48 am

    @ Uceng:
    sama aja, makan makanan bergizi dan tidak ada pantangan makanan.

  35. 36 rahma Maret 13, 2010 pukul 4:06 pm

    Assalammualaikum Wr Wb
    Pasca operasi usus buntu, luka ibu belum kering padahal sudah 10 hari.adakah yang salah???dan ada rembesan tapi tidak bau.kata dokter ibu kurang makan bergizi.benar Mas Had?perlu diketahui usia ibu 68th.Terima kasih atas infonya

  36. 37 cakmoki Maret 14, 2010 pukul 3:57 am

    @ rahma:
    ya, benar… mungkin ibu kurang makan makanan bergizi dan kurang gerak.
    Saran saya, monggo dilanjutkan minum obat dari dokter, makan makanan bergizi dan beraktifitas secara bertahap.
    Semoga ibu segera sembuh.
    Terimaksih

  37. 38 lia Mei 14, 2010 pukul 4:24 pm

    mau tanya sama yg pernah dioperasi usus buntu
    rasanya apa sih??
    1. sakit kah setelah dioperasi ?
    2. apakah merasa ketakutan sebelum dan saat menjalaninya
    3. bius total or local
    4. trus bagaimana setelah menjalaninya apakah masih tkt

    maaf mau berbagi informasi aja
    krn g mau oprasi tapi g ketakutan sampai saat ini
    secara g tkt bgt sm jarum suntik and yang berhubungan dengan alat2 rumah sakit deh

    thanks

  38. 39 azu data Mei 28, 2010 pukul 3:13 pm

    terima kasih atas ifonya, azu jadi bisa buat brosur KMBBBBB…..BIAR NILAINYA CEPEQ…

  39. 40 ARIF SYAHFITRA Mei 28, 2010 pukul 3:16 pm

    kampret lah zu! sok dramatis riko>>>>
    wes tak enteni teko mau… ngantuk iki zu…
    brosur blum siap lagi… merongos!!!!!!!!!

  40. 41 aya_jadoel Agustus 13, 2010 pukul 1:19 pm

    Gan gw baru 1 minggu operasi appendix nich,,…!
    weleh2….ngiler banget klo liat org makan pake sambel terasi.

    blh gak gan gw mkan ky gtu, sumpah mati rasa klo tanpa sambel terasi…!

    :)))

  41. 42 cakmoki Agustus 14, 2010 pukul 5:12 am

    @ aya_jadoel:
    Boleh…lha yang ngelarang sapa ?
    kalo gak mau, bawa kesini :D

  42. 43 kucir Agustus 28, 2010 pukul 3:01 pm

    Bener kata dokter ,ga ada larangan /pantangan makanan.klo yg bergizi akan lebih baik.
    Saya habis operasi kanker kandung kemih dirawat 21 hari di rs di bandung, pulang dirumah gak ada pantangan ,sambal mulai sedikit2 dicobain asal gak terlalu pedas dan banyak.
    kandung kemih ku diganti dgn memotong usus halusku juga .
    sekarang tinggal melatih menahan pipis karena blm bisa terkontrol.

  43. 44 cakmoki Agustus 28, 2010 pukul 6:01 pm

    @ kucir:
    Makasih telah berbagi.
    Moga segera sembuh :)

  44. 45 Ezza November 24, 2010 pukul 9:42 am

    Om, stelah pasca operasi pengangkatan ginjal 6 bulan yang lalu, kondisi ayahq blm membaik juga. Udah bolak balik k RS untuk kontrol, tapi dokter cuma bilang ‘gak apa2′ padahal tiap malem ayahq slalu mengeluh sakit. Dokter juga melarang ayah untuk mengkonsumsi smua jenis makanan yang mengandung ragi, minyak, santan, susu, sayur bayam, kacang, dll termasuk makanan yang mengandung kalsium. La terus ayahq arep makan opo? Kasih saran ea Om Dokter, syukron katsir.

  45. 46 Ezha November 24, 2010 pukul 9:57 am

    Wataw…, nickq aq klik kok jadi muncul situs parno??? :’(

  46. 47 cakmoki November 24, 2010 pukul 4:50 pm

    @ Ezza:
    Lha iya … saya juga heran, trus beliau dahar opo ??? :D
    Gini aja, ntar kalo kontrol lagi, yang ditanyakan bukan pantangan, tapi yang boleh dimakan… bilang juga sama dokternya, kalo pantangannya seperti yg terulis tersebut, trus makan apa, dok ? :D

    Gak tuh…udah sy klik..bukan situs parno..mungkin salah klik yg lain.
    Syukron

  47. 48 julie Desember 17, 2010 pukul 5:41 pm

    aku habis operasi tulang punggung trus sm mertuaku di larang makan daging sapi,kacang2an,telor trus entah apalagi gt katanya tar lukanya bisa bernanah…masa iya sih???jd aku ga bs makan apa2 donk :(

  48. 49 cakmoki Desember 17, 2010 pukul 11:37 pm

    @ julie:
    Makanan bebas… malah dianjurkan makan bergizi. Kalo gak boleh makan daging sapi, silahkan kirim kesini aja :D :D
    Makasih

  49. 50 Nancy Desember 22, 2010 pukul 7:01 pm

    Makasih panduannya, saya baru mau opersi usus buntu tapi kok takut banget…

  50. 51 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 1:14 am

    @ Nancy:
    Takut operasi adalah hal yg wajar dan manusiawi :)
    Gak perlu khawatir, operasi usus buntu termasuk operasi ringan. Yang berat hanya onkosnya :D
    Biasanya 2-3 hari udah boleh pulang ke rumah
    Makasih

  51. 52 julie Desember 26, 2010 pukul 9:00 pm

    eh cak aku ikutin sarannya buat makan yg bergizi hasilnya….tadaaaa nikmat bgt tuh ga ada pengaruh spt yg ditakutin sm mertuaku dan byk org, skrg aku bs makan apa aja tanpa takut yummy….makasih yaaa :D

  52. 53 cakmoki Desember 27, 2010 pukul 1:59 pm

    @ julie:
    ada pengaruhnya, yaitu: segerrr, nikmats, yummy :D

  53. 54 andy k Januari 31, 2011 pukul 9:51 pm

    sya baru 5 hari operasi usus buntu, tiap hari mkanya slalu bubur trus, padahal pgn makanan yg enak2 juga …
    ada gk pantanganya stlah operasi usus buntu ‘ cz saya blm konsultasi lg k dr. bedahnya … thanx infonya

  54. 55 cakmoki Februari 1, 2011 pukul 12:19 pm

    @ andy k:
    Gak ada pantangan makanan, justru dianjurkan makan makanan bergizi yang enak-enak agar segera pulih.
    Makasih

  55. 56 Oelien Mei 25, 2011 pukul 7:50 pm

    Istriku hbs operasi luka+jahitan dh kering tp setelah obt dokter habis lha kok peruty kerasa perih pha gara2 luka dalamnya msh blm kering..

  56. 57 cakmoki Mei 25, 2011 pukul 11:20 pm

    @ Oelien:
    rasa perih bukan karena luka dalam belum kering, tapi karena peregangan otot akibat aktifitas
    Makasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,631,240 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: