Darah Kotor

Darah kotor, bagi kebanyakan orang dewasa diartikan sebagai darah haid atawa darah menstruasi . Ini terkait dengan masalah peribadatan (khususnya bagi kaum muslim), yang mana dalam kondisi menstruasi, seorang wanita terikat oleh batasan-batasan.
Dalam kehidupan sehari-hari, ada juga yang mengaitkannya dengan penyakit ataupun keluhan seseorang, misalnya: bisul, jerawat dan gatal-gatal. Masih ada yang lain gak sih?

Oke deh, kita tak perlu mencari darimana asal muasal perbedaan pemahaman darah kotor. Enakan membahasnya berdasarkan keilmuan. Setuju ? … *maksa, mode ON*

:: :: :: DARAH HAID :: :: ::
Sesuai prolog di atas, darah kotor pada menstruasi (haid), menurut penulis adalah terminologi yang berhubungan dengan peribadatan bagi kaum muslim (khususnya wanita). Mohon maaf, penulis tidak akan membahasnya dalam lingkup fiqih (hukum), melainkan mengajak pembaca memahami pengertian antara bidang fiqih (hukum) dengan bidang medis.

Ketika menyebutkan darah kotor pada menstruasi, kira-kira apa yang terpikir di benak kita ?

  • Apakah warna darah yang berbeda dengan darah lain semisal darah luka?
  • Apakah darahnya memang mengandung “kotoran tubuh” ?
  • Apakah lantaran darahnya keluar melalui vaginun (vaginem juga) ? *lirik peserta konferens dini hari*
  • Atau … atau … apalagi ya ?

Darah, berdasarkan pengertian medis, dari manapun asalnya: sama saja. Kandungan dalam darah terdiri dari: air, serum, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (lekosit), sel limfosit, sel monosit, mineral, vitamin, karbohirat, lemak, protein, asam urat, hormon, dan lain-lain … banyak deh.

Lha, darah menstruasi itu isinya sama persis dengan darah dari tempat lain. Bedanya, pada darah menstruasi ada kandungan lain yakni: sisa-sisa peluuhan dinding rahim, sisa-sisa pembuluh darah kapiler dan sisa sel telur yang tidak dibuahi karena tidak ada proses pembuahan. Bersih juga koq, gak ada kotorannya, aromanyapun sama, anyir … Gak percaya ? Coba aja dicium … *bercanda, mode ON*

:: :: :: DARAH BISUL DAN LAINNYA :: :: ::
Penjelasan terhadap anggapan darah kotor pada penyakit tertentu semisal: bisul, sama saja. Orang yang sakit bisul menganggap darah dalam tubuhnya kotor, … tentu tidak.
Kalo yang dimaksud adalah darah pada bisulnya (abses), memang terdapat sisa-sisa miroorganisme dan sel darah yang mati karena adanya “pertempuran” antara mikroorganisme dan komponen darah sebagai upaya perlawanan. Selebihnya sama.

Anggapan darah kotor pada kondisi lain semisal jerawat, gatal-gatal atau … apalah, menurut penulis, salah kaprah. Yang kotor apanya, hayo … :P

Kalo cuci darah atau hemodialisis ? …. hehehe, yang ini mah bahasan khusus gagal ginjal, darahnya gak kotor juga koq, cuman ada mineral tertentu yang jumlahnya meningkat karena gangguan fungsi ginjal.

:: :: :: KORBAN IKLAN :: :: ::
Penulis sering mengatakan bahwa bidang kesehatan sangat mudah dijadikan lahan iklan. Dengan memanfaatkan kekurang pahaman khalayak, maka iklanpun berjejalan mempengaruhi benak kita. Tak pelak, segala merk “pencuci darah” bermunculan. Anehnya, walau gak masuk akal, banyak juga pembelinya … terbukti “pencuci darah” masih tetap ada di pasaran. Andai ada doorprize atawa hadiah menggiurkan, mungkin lebih seru.

Analogi:
Untuk mempermudah pemahaman, coba kita perhatikan tatkala mencuci pakaian, kotorannya jelas dan pencucinya juga jelas. Pun misalnya kotoran yang menempel pada alat dapur, kotorannya jelas dan pembersihnya juga jelas.

Darah kotor, … kotorannya gak jelas, pencucinya tambah gak jelas, … tapi jelas lakunya, jelas pula pangsa pasarnya.
Pemberi ijin juga jelas lho … hehehe, halo yang memberi ijin. Gimana bos ?
Waduh, gimana nasib anak cucu kita nanti, kalo setiap saat dijejali pemahanan keliru. Sekolah bisa tinggi sih, trus daya nalarnya gimana … :roll:

:: :: :: KESIMPULAN :: :: ::

Darah kotor seperti anggapan orang selama ini sebenarnya gak ada, semua darah bersih.

Semoga bermanfaat.

:: :: :: selingan :: :: ::

About these ads

69 Responses to “Darah Kotor”


  1. 1 almascatie Agustus 9, 2007 pukul 6:54 am

    pencuci darah? darah kotor dicuci?
    apa pas darahnya hitam-hitam gitu berarti kotor makanya dicuci.. dibersihkan yang hitam trus dibiarin yang merah ya?
    *binun saya cak*

  2. 2 cK Agustus 9, 2007 pukul 9:21 am

    kalo mimisan enggak termasuk darah kotor khan?

  3. 3 itikkecil Agustus 9, 2007 pukul 10:19 am

    cak nanya nih,
    Waktu saya masih jadi penyuluh dulu, mbak-mbak itu sering tanya (bukan saya loo…) mereka rata-rata pernah berhubugan s*ks dengan tamu yang pas ejakulasi yang keluar malah darah alih-alih sperma. Itu masuk darah kotor bukan ya????

  4. 4 Joerig™ Agustus 9, 2007 pukul 10:47 am

    berarti ngga ada dong yg namanya “darah kotor”, yg ada darah tercemar/tercampur beberapa partikel …

    *bingung mode : ON*

  5. 5 tyas Agustus 9, 2007 pukul 10:54 am

    wah lama ga maen ke sini ternyata banyak postingan bagus :)

    mo tanya pakde, saya kalo menstruasi itu keluar darahnya banyak banget. Apakah itu berhubungan dengan anemia saya? Dulu pernah masuk RS karna HB saya cuman 8,5.
    Matur nuwun :D

  6. 6 dokterearekcilik Agustus 9, 2007 pukul 3:35 pm

    Setuju dengan posting an cak moki….masyarakat kadung gandrung dengan istilah darah kotor… yang bisa nyuci darah ya cuman alat hemodialisa (mesin cuci darah untuk pasien gagal ginjal)… Memang istilah dari para “dukun” sering dipake masyarakat trus ditanyakan ke dokter. Menurut saya darah kotor itu darahnya koruptor …. atau lebih cocok disebut pikiran kotor… :D

  7. 7 gies Agustus 9, 2007 pukul 8:40 pm

    Cak, banyak sedikitnya darah menstruasi dipengaruhi oleh usia apa tdk?
    apa semakin bertambah usia semakin sedikit darah menstruasinya yg keluar? trus byk sedikitnya berpengaruh dgn kesuburan atw tdk Cak?
    *maatur suwun Cak*

  8. 8 vend Agustus 9, 2007 pukul 11:12 pm

    lha kalo dulu pas SMU dapet plajaran biologi :
    kalo darah kotor itu darah yang lewat vena, balik ke jantung, bawa sisa2 oksidasi, itu darah apa cak? :roll:
    ato gurunya salah njelasin? ato cuma analogi aja biar mudah diapalin? :roll:
    mohon pencerahan :mrgreen:

  9. 9 peyek Agustus 9, 2007 pukul 11:53 pm

    kebetulan cak, ternyata kandungan cholesterol 336, LDL tinggi,
    setengah krenyeng-krenyeng cak!

  10. 10 cakmoki Agustus 10, 2007 pukul 11:19 am

    @ almascatie,
    yang item-item bukan kotoran … gumpalan darah karena proses oksidasi saat keluar tubuh atau adanya jaringan tubuh yang tercampur.

    @ ck,
    enggak.

    @ itikkecil,
    Koq tahu ya, padahal ejakulasi nyembur di dalam vag1na saat berhubungan intim, kecuali dicabut saat mo ejakulasi.
    Kalaupun yg nyemprot darah, tetep bukan darah kotor.
    … guyon mode ON* … p3nis kepluntir vag1na saat 0rgasm3 trus ada pembuluh darah kapiler yg pecah kali :lol:

    @ Joerig™,
    iya Teh, darah tetep bersih. Posting ini sebenarnya sebagai pemanasan agar nanti ketika publish istilah medis yang berkaitan dengan darah dan segala partikelnya bisa lebih spesifik.

    @ tyas,
    ok, Hb 8,5 gr% dah termasuk anemia. Penyebabnya banyak. Salah satunya bisa karena menstruasi yang berkepanjangan atau bisa pula menstruasi dalam jumlah amat banyak.

    @ dokterearekcilik,
    iya, hehehe … sekarang malah udah banyak yang pinter, istilah medis dipakai “doekoen” tapi sering salah tempat.
    “pikiran kotor” para koruptor enake dibersihkan pakai apa ya …

    @ gies,
    Tidak selalu. Lebih tepatnya dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen dan progesteron. Jumlah mens tidak teratur (sedikit kadang banyak) saat awal mengalami menstruasi dan premenopause.
    Kesuburan tidak berhubungan dengan sedikit banyaknya menstruasi, namun pada kualitas sel telur (ovum).
    Jumlah mens dan kesuburan dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti faktor psikis, penyakit lain yg diderita seseorang, dll.

    @ vend,
    Bener, analogi aja supaya mudah diapalin.

    @ peyek,
    Waktunya membatasi yang berlemak tinggi dan olahraga teratur cak peyek.

  11. 11 Kang Adhi Agustus 10, 2007 pukul 11:36 am

    cak moki piye kabarnya? lama gak jumpa ooy. tulisan terbarunya (gempa)kok gak bisa dikasih koment. any how makasih masih menjenguk blog saya yang lama gak keurus.

  12. 12 cakmoki Agustus 10, 2007 pukul 3:56 pm

    @ Kang Adhi,
    Halo Kang Adhi, … kabar baik.
    waduhhh kangen nih lama gak ketemu, moga sukses Kang
    hehehe, iya … gempa gak buka komen, soale isinya sebagai ungkapan simpati saja, mohon maaf :)
    Btw, udah selesai dan balik ke tanah air ya …

  13. 13 niar-kun Agustus 10, 2007 pukul 10:07 pm

    Bener-bener, top deh buat cak moki.. wah besok ngajari anak tu darah haid / darah menstruasi aja…. darah ya darah… keren cak moki…

  14. 14 cakmoki Agustus 11, 2007 pukul 12:04 am

    @ niar-kun,
    weh koq harus saya, ya enggaklah … bareng-bareng dong :D

  15. 15 Qeong Ungu Agustus 11, 2007 pukul 9:07 pm

    Pak, kalo darah haid kan pekat warnanya trus sering ada gumpal gumpal gitu hampir kek daging kepotong-potong hiiyy… Itu apaan dong? Setau saya darah ga segitunya deh (meskipun juga ga selalu cair, kan darah dr gusi saya jg kalo kebanyakan keluarnya ya nggumpal juga tapi ga begitu)

  16. 16 cakmoki Agustus 11, 2007 pukul 11:28 pm

    @ Qeong Ungu,
    itu peluruhan dinding rahim yang tidak dibuahi dan kapiler pembuluh darah, makanya menggumpal dan warnanya lebih gelap.

  17. 17 jejakpena Agustus 13, 2007 pukul 1:35 am

    Ngomong-ngomong tentang `pencuci darah` yang dijual bebas di pasaran, kayanya kasian ya Cak kalau masyarakat suka beli sembarangan tanpa tahu bener-bener gimana obat itu bekerja dan fungsinya…

    Dulu ada obat kaya gitu dan pernah disuruh minum, karena ga jelas tujuannya apa, dan ga yakin, saya nolak, :P.

  18. 18 Qeong Ungu Agustus 13, 2007 pukul 11:55 am

    Gimana kalo bapak nulis buku. Isinya tentang mitos mitos, pendefinisian sebenarnya, dan bagaimana cara mengatasinya. So.. ‘pencerahannya’ (cieehhh..) bisa lebih luas ga hanya di blogsphere aja. Besides that,..kampanya melawan pendoktrinan ‘masuk angin’ amit amit deh susahnya. Kalo bapak bikin buku (dengan gaya bahasa nan lucu itu) keknya bakal memudahkan deh.

  19. 19 cakmoki Agustus 13, 2007 pukul 12:27 pm

    @ jejakpena,
    he eh mbak, laris manis … kalo sebelumnya banyak dikonsumsi wanita, sekarang pria juga minum, gak tahu untuk apa :)
    Eh, mbak jepe disuruh minum emangnya untuk apa katanya ?

    @ Qeong Ungu,
    yeeee, saya gak bakat bikin buku, bisanya baca doang … hehehe
    Gimana kalau Qee aja yang bikin, saya kali bisa kasih bahannya, setuju !!!

  20. 20 Qeong Ungu Agustus 13, 2007 pukul 2:05 pm

    Idih..bapak kan bakat nulis, so what to say to a book, bisa ah. Kalo Qee yg nulis ya nda relevan bah, bukan bidangnya ko..ntar diragukan keabsahannya hehehehe.

  21. 21 cakmoki Agustus 14, 2007 pukul 1:23 am

    @ Qeong Ungu,
    Qee kan lebih bakat tuh, bu guru je :)
    saya bagian kata sambutan aja … hehehe

  22. 23 Bunda_nanay Agustus 14, 2007 pukul 12:20 pm

    daripada Darah Kotor mendingan Darah Muda atau Darah Biru .. (ngeyel) :P

  23. 24 cakmoki Agustus 15, 2007 pukul 3:56 am

    @ Qeong Ungu,
    Semangat !!!

    @ Bunda_nanay,
    Darah Muda=Merdeka !!! *terbawa suasana 17 agustus*
    Darah Biru, contohnya adalah: Raden Mas Pangeran Haryo cakmoki, halah gak cocok blasss :lol:

  24. 25 dwi Agustus 18, 2007 pukul 3:52 pm

    Kl gt, obat ‘pencuci darah’ yg srg diiklanin tu bwt ap si dok?
    Yg bikin org prcya tu, kdg2 kbtulan, stlah mkn obat itu, jrwtny bnrn ilang.

    Yg pling srg wi dgr tu, cewek yg lg haid g blh sholat krn lg kotor..
    Dan anggapan itu memasyarakat skli kn??

  25. 26 cakmoki Agustus 18, 2007 pukul 11:47 pm

    @ dwi,
    Buwat cari keuntungan Wi :D
    Kebetulan aja klo jerawatnta ilang, maslah psikis bisa juga kan? lha yang gak ilang banyak tuh…

    “Darah kotor” pada peribadatan karena ada hubungannya dengan larangan (fiqih), bunyinya begini (CMIIW): … wa yahrumu bil haidh … … maksudnya hal-hal yang dilarang tatkala haid dalam hal peribadatan.
    Iya emang sih, soalnya dah turun temurun, makanya tugas kita untuk meluruskannya supaya masyarakat tambah pinter.

  26. 27 mei Agustus 21, 2007 pukul 1:36 pm

    ya ampunnn cak….ternyata aku kemakan iklan…*geleng-geleng kepala tanda tak percaya-halah..hehe*

    aku tuh sering banget beli jamu bersih darah..hanya agar jerawatku seng ngayelke ati bikin ngamuk ini pergi…trus kalau simbah kasih wejangan banyakin minum pahitan itu gimana cak??ngaruh juga gak??

    oiya, kalau donor darah itu yang rutin bagus ya buat refresh sel-sel darah cak??

  27. 28 cakmoki Agustus 21, 2007 pukul 10:40 pm

    @ mei,
    hehehe, iklannya ada hadiahnya gak mbak?
    Pahitan gak terbukti ada manfaatnya mbak, kecuali kalo dah diteliti secara ilmiah.

    ya, transfusi bisa dikatakan refresh, usia eritrosit rata-rata untuk mencapai matang sekitar 120 hari.

  28. 29 funkshit Agustus 24, 2007 pukul 8:11 pm

    berarti kesimpulan nya minum obat yang katanya pembersih darah kotor, ngga mengurangi jerawat donks

    trus ngilangin jerawat gimana caranya >

  29. 30 cakmoki Agustus 25, 2007 pukul 11:50 pm

    @ funkshit,
    betul. gak bisa.

    ngilangi jerawat bergantung penyebabnya, bisa pakai obat oles (cream) atau kombinasi dengan obat minum.
    Ada kalanya pakai antibiotik lokal (jika ada infeksi sekunder), ada pula yg pakai obat keratoitik (untuk meratakan jerawat), sekali lagi bergantung penyebabnya.

    Lebih jauh tentang jerawat dan diskusinya, silahkan lihat tulisa saya terdahulu @ di sini

    moga berguna :)

  30. 31 Triniz Februari 18, 2009 pukul 5:09 pm

    Eh mbk mbk dn mas mas, jamu itu bnyak manfaatx.jamu dibuat tidak asal2an dn tentux dibuat dr bahan2 herbal.jd jamu mengandung banyak vitamin dn manfaat.
    Kal0 untk jerawat aja c pazti ada jamux

  31. 32 Tyo Maret 18, 2009 pukul 2:49 pm

    Pak Cak Moki, berarti klu bisulan ga ada kaitannya dengan darah kotor atau ga ?

    Oya, gimana dengan darah yang dikeluarkan dari proses bekam pak cak moki ?
    apa jenis darah tersebut ?
    apakahd arah kotor atau bukan..

  32. 33 cakmoki Maret 19, 2009 pukul 12:13 am

    @ Tyo:
    Gak ada darah kotor, semua darah sama aja. Kalo bisul, yg keluar saat dibedah adalah campuran darah dengan nanah yg merupakan sisa kuman serta sisa jaringan yang mati, sedangkan darah secara keseluruhan tidak kotor.

    Darah bekam sama aja, bersih, bukan darah kotor.
    Trims

  33. 34 ayu paddoca September 10, 2009 pukul 7:43 am

    klw gatal2, trus bintik2 merah yng ngk b’henti2 gmn tuh??ktanya sih akibat darah kotor makax di suruh minum bersih darah…trus klw emg ngk ada obatX apa dong??trus penyakitQ ini t’masuk apa???thx….

  34. 35 cakmoki September 11, 2009 pukul 12:16 am

    @ ayu paddoca:
    Maksudnya bintik-2 merah di kulit ??? Kalo emang bener ada bintik merah di kulit sekitar kemaluan tentu salah satu jenis penyakit kulit (dermatitis, jamur, dll…dll) yang pengobatannya memerlukan pemeriksaan oleh dokter.
    Sebaiknya periksa ke dokter (wanita) agar mendapatkan obat yg tepat sesuai dengan jenis penyakitnya.
    Trims

  35. 36 qneta September 30, 2009 pukul 8:20 pm

    berArti darah kotor gag da donk???

  36. 37 cakmoki Oktober 1, 2009 pukul 12:46 am

    @ gneta:
    gak ada :)

  37. 38 vika November 9, 2009 pukul 8:13 pm

    hampir saja saya pts asa nyari kandungan darah menstruasi…….
    akhirnya dapat disini,,,,,,,thx bangeeeeeeet yaaaaaaaaa…..

  38. 39 cakmoki November 10, 2009 pukul 2:11 pm

    @ vika:
    sama-sama… thanks juga yaaaaa …

  39. 40 Nurjaman Januari 2, 2010 pukul 10:41 pm

    klo misalnya racun dalam tubuh menyatu dengan darah apa akibatnya?
    apa darah kotor bisa nyebabin mudah capeee,,
    carabagus merawat darah gimana eaaa??

  40. 41 cakmoki Januari 3, 2010 pukul 12:57 pm

    @ Nurjaman:
    Racun yang masuk tubuh (melalui makanan, pernafasan, kulit, dll) akan didetoksikasi alias dihilangkan zat racunnya di liver.
    Jika liver dan organ penyaring zat racun tidak mampu mendetoksikasi zat racun maka zat racun tersebut masuk ke pembuluh darah dan akhirnya ke organ-2 lain sesuai dengan jenis zat racunnya. Namanya intoksikasi, bukan darah kotor.
    Contoh: bila seseorang minum minuman beralkohol melebihi batas kemampuan organ tubuh untuk detoksikasi, maka alkohol beredar dalam pembuluh darah hingga ke liver dan otak. Namanya intoksikasi alkohol.
    Mudah capek dapat disebabkan banyak faktor, misalnya: kurang istirahat, kurang olah raga, kurang asupan makanan bergizi, dll.
    Untuk merawat darah sama dengan perawatan tubuh secara umum, yakni dengan makan makanan bergizi, cukup istirahat, menghindari stress dan olah raga teratur.
    Trims

  41. 42 Thoufik Februari 27, 2010 pukul 12:05 am

    Slm sjhra, lngsng sj sy mo tanya knpa istri sy sdh 7th menderi skt di persendian kaki terutama di mata kakinya bengkak, pdhal sdh brobat kmn-mn tp blm smbuh. Apakah penyakit yg di drta istri sy termasuk akibat darah kotor..? Mhn penjelasannya trim’s.

  42. 43 cakmoki Februari 28, 2010 pukul 12:23 am

    @ Thoufik:
    Tanda tersebut kemungkinan salah satu jenis rematik (rematik ada 150 jenis lebih). Jika udah periksa ke dokter dan emang benar rematik (rheumatoic arthritis), biasanya kambuh kalo kena hawa dingin.
    Bukan darah kotor…. :) …semua darah manusia bersih, pak

  43. 44 Sabjan Badio Juni 22, 2010 pukul 7:09 pm

    Jamu brsih darah itu, kira2 pakai deterjen g, cak?

  44. 45 cakmoki Juni 22, 2010 pukul 11:37 pm

    @ Sabjan Badio:
    pake bumbu rawon…hahaha

  45. 46 may Juli 31, 2010 pukul 12:42 pm

    salam kenal,dulu saya sering baca2 artikel cakmoki wktu saya sakit paratypus.dr st sy bnyk dpt advice.sekarang sy mo tny,apa sih penyebab darah mens dihari pertama berwarna tdk begt merah,terima kasih atas jawaban nya.

  46. 47 cakmoki Juli 31, 2010 pukul 3:38 pm

    @ may:
    Salam kenal….
    Pertanyaan yg sangat bagus … saya jamin sebagian besar wanita Indonesia tidak terpikirkan pertanyaan semacam ini.

    Darah mens adalah pelepasan permukaan dinding bagian dalam uterus (rahim).
    Saat terjadi ovulasi (pembentukan sel telur), dinding bagian dalam uterus (rahim) menebal (proliferasi) disertai pembentukan pembuluh darah kapiler dalam rangka persiapan kalau-kalu terjadi pembuahan.
    Jika tidak terjadi pembuahan, maka penebalan dinding bagian dalam uterus tersebut akan terlepas. Nah, saat awal terlepas (awal mens), otomatis yang benayk keluar adalah darah segar berwarna merah disertai jaringan yang menebal tadi. Selanjutnya, kapiler akan berangsur menutup, sehingga yang keluar adalah sisa penebalan permukaan uterus (rahim) yg menebal. Itu sebabnya mengapa darah mens pertama berwarna merah dan selanjutnya makin gelap.

    Makasih :)

  47. 48 suntea September 16, 2010 pukul 6:30 am

    tetep aja bingung…obat bersih darah tetep bisa buad jerawat ga boz?

  48. 49 cakmoki September 16, 2010 pukul 3:41 pm

    @ suntea:
    gak bisa bos … :D
    jerawat harus diobati dengan obat jerawat sesuai jenis jerawatnya (ada 4 jenis jerawat), silahkan baca srtikel tentang Jerawat di Blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/04/08/menghitung-jerawat-di-depan-cermin/

    Makasih

  49. 50 rinrin qoriyani Oktober 11, 2010 pukul 6:48 pm

    mo nanya akhir akhir ini ko ada seperti bisul kadang ada nanah sedikit pada maaf ( bokong/pantat ) terus nambah lagi -nambah lagi ganggu banget kalo duduk sakit kaya bisulan aja gitu… padahal ga di garuk …. saya kira si itu darah kotor tadi ….. kalo kata dokter ga ada darah yang kotor, terus yang saya alamin apa …. minta penjelasannya saya mohon dan obat apa yang mesti saya pakai ….. terima kasih

  50. 51 cakmoki Oktober 12, 2010 pukul 12:01 am

    @ rinrin qoriyani:
    Bisul disebabkan oleh kuman… wajar daerah tersebut mudah infeksi karena lembab.
    Obatnya:
    Cefadroxyl 500mg, diminum 3×1 sesudah makan, sedikitnya selama 7-10 hari, hingga sembuh.
    Kalao nyeri ato sakit, dapat ditambahkan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri dan bengkaknya reda.

    Adapaun obat luarnya, dapat menggunakan salep Fucidin, dioleskan 3 kali sehari hingga sembuh.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  51. 52 joko Oktober 30, 2010 pukul 10:28 pm

    klau menurut saya, darah bekam itu termasuk darah yg kotor alias rusak.karena itu adalah sel darah merah yg sudah rusak/tidak berfungsi lagi sehingga apabila tdk di buang maka akan menjadi sumbatan di pembuluh darah dan akan memperberat kerja organ2 di dalamnya. Coba anda baca referensi tentang darah bekam dan penelitian ilmiah mengenai darah bekam..

  52. 53 cakmoki Oktober 31, 2010 pukul 1:15 am

    @ joko:
    Maaf, saya ingin mencerdaskan bangsa Indonesia. :D

  53. 54 joko Oktober 31, 2010 pukul 7:07 am

    jadi tolong,anda jangan menggeneralisir bahwa semua darah yang ada di tubuh manusia itu adalah darah yg bersih semua.kaji dan dalami dulu pemahaman anda mengenai darah dengan benar dan lengkap.
    itu namanya penyesatan,bukan mencerdaskan..

  54. 55 koliq Oktober 31, 2010 pukul 2:14 pm

    benar apa yg diungkapkan @joko.
    memang tdk semua darah yg ada pd diri kt adl bersih,ada darah yg kotor jg.seperti nanah pada bisul/jerawat, itu mrpkn darah kotor yg harus dikeluarkan dr dalam tubuh manusia baik scr langsung(melalui bedah minor)maupun melalui proses pengangkutan oleh darah itu sendiri yg kmd di buang.karena nanah mrp sel drah putih yg telah brcampur dg bakteri2 yg tlah mati yg tdk boleh dan tdk bisa bersarang di dlm tubuh manusia.
    informasi ini sy dapatkan dr artikel kesehatan.

  55. 56 cakmoki Oktober 31, 2010 pukul 9:33 pm

    @ joko:
    wehh, hebat bener udah main hakim mendakwa menyesatkan… silahkan baca hematologi Mas :D

    @ koliq:
    kalo yg itu gak ada yg membantah, karena itulah doktrinnya bukan obat cuci darah karena bisul dan sejenisnya bersifat lokal. Gitu lho… silahkan baca lagi artikel di atas :)

  56. 57 joko November 1, 2010 pukul 9:35 am

    @cak,anda sudah baca belum penelitian ilmiah kedokteran tentang darah bekam?
    apakah “darah bekam” itu merupakan darah bersih?
    kalau jawaban anda “ya”,berarti anda salah besar…
    dan itu yg ingin saya koreksi dari anda.
    kalau anda tdk percaya bahwa darah bekam itu “kotor”,silakan anda bawa sampel drh bekam kmd anda bawa ke Laboratorium,dan lihat bgm bentuk,warna dan kualitas sel2 darah merahnya,semuanya dalam kondisi sangat buruk.sangat berbeda jauh dg darah yg diambil/keluar dari vena.
    OK,jadi saya hanya ingin meluruskan statemen anda bahwa”semua darah itu bersih dan tidak ada darah kotor”,dan itu adl pernyataan yg salah.

  57. 58 cakmoki November 1, 2010 pukul 12:54 pm

    @ joko:
    wah, makanya mempelajari ilmu dasarnya lebih dulu…
    Gini Mas Joko, kalo penjenengan hanya membaca darah bekam saja dan berujung pada bentuk usaha yang berhubungan darah bekam, apapun informasi dari luar, sudah barang tentu sulit penjenengan terima… di daerah sinipun dulu begitu… berpendapat kayak penjenangan, dan sempat marak … :D tapi alhamdulillah sekarang gak ada lagi.
    Lagipula, jika merasa pendapat penjenengan paling benar, gak perlu memaksa saya untuk mengikuti penjenengan.
    Kalau menyalahkan ilmu hematologi, monggo silahkan , gak ada yang melarang.
    Statement tersebut adalah universal untuk memberikan pemahaman dasar kepada khalayak. Tidak dilandasi keinginan untuk mencari keuntungan.

  58. 59 joko November 1, 2010 pukul 1:30 pm

    ya sdhlah, kalau pendapat anda begitu..
    saya hanya ingin meluruskan sebagian pemahaman anda yg keliru,karena anda menyampaikan ini pada khalayak dan saya jg tdk akan memaksakan pendapat saya, cuma berusaha untuk mengingatkan saja.dan kalaupun tidak mau jg tdk apa2,itu hak anda..

  59. 60 cakmoki November 1, 2010 pukul 1:55 pm

    @ joko:
    Silahkan anda mengatakan keliru..tidak dilarang :)
    BTW, terimakasih atas kunjungannya

  60. 61 montok November 2, 2010 pukul 2:36 am

    @joko
    Anda dokter ato ahli bekam ?

    @cakmoki
    Temen sy sering donor (4-5 blan sekali), ktnya sich darahnya agak kental,jd gampang sakit. jd ama dokternya di sarankan utk donor, biar darahnya fresh lg…

    Dan emang, semenjak rajin donor jd lebih rajin msuk kerja (sorry ya coy) hehehe….

    Trus penyebabnya apa pakpo?
    Apa bener darah ada tingkat kekentalannya ?
    Klo emang kental apa jlnnya cm donor aja ?

    Suwun yo pakpo….

  61. 62 helmy November 2, 2010 pukul 6:59 am

    hallo cak…
    menarik juga baca koment2 di atas..jadi tmbah seru..hehehe..
    tapi saran saya,lbh baek kt juga hrs bs berlapang dada n mau mnerima klau ada yg salah dr kt…gt kan cak??jgn marah lho!!!!
    masalahnx dit4ku ada org yg skit lumpuh n dia berobat dg bekam scr rutin dn akhirnx dia sembuh..
    kata ahli bekamnx ada darh kotor dlm tubuhnx n hrs dikeluarin…
    klu drh kotornx dak keluar,mk akn membuat sakit pasiennx…
    gt katanx..
    suwun

  62. 63 bens November 2, 2010 pukul 2:54 pm

    salam kenal cakmoki..

    sebagai seorang muslim,tentunya cakmoki juga meyakini akan kebenaran isi Al Quran dan tdk meragukannya sedikitpun,walau akal dan logika belum bisa menjangkau maksud yg terkandung dalam kitab suci tersebut.

    lalu bgm pendapat cakmoki ttg darah haid?,dimana dalam Al Quran disebutkaan bahwa darah haid itu adl darah yg kotor?

    kalau darah darah haid itu bersih,kenapa kok tdk bisa diprgunakan utk transfusi?

    trimakasih

  63. 64 cakmoki November 2, 2010 pukul 11:31 pm

    @ helmy:
    Monggo, silahkan saja kalo mempercayai hal itu :)
    Beda pendapat boleh, dan saya tidak penah marah… yang uring-uringan kan orang lain…hehehe
    Makasih

    @ bens:
    Salam kenal..
    Seperti tertulis di artikel, kaidah tersebut merupakan kaidah Fiqqiyah, dan jelas saya mempercayainya. Pun tentang penjelasan ..takbir ayat: wa yahrumu bil qoiti, pada kitab-kitab klasik para Fuqaha. Di dalam kitab-kitab Fiqih tersebut disebutkan bahwa kekotoran darah haid berkaitan masalah ubudiyyah dan dengan larangan berhubungan badan karena resiko emboli dan perdaahan, dimana saat haid terjadi peluruhan epitel dan kapiler rahim yang menebal saat terjadi proses ovulasi.
    Jadi, ilmu medis sama sekali gak bertentangan dengan Qur’an dan hadits, karena Qur’an dan Hadits merupakan sumber ilmu dari segala macam ilmu.
    Trus, mana yan bertentangan Mas ? gak ada kan ?
    Monggo silahkan baca syarah dan hafiyah takbir ayat tersebut serta azbabul nuzul dan asbabul wurud. Baca juga Kitab Fiqih dasar : Fathul Muin I & II

    Adapun perbedaan pendapat atau khilafiyah di kalangan para ulama, khususnya ulama Fiqih (fuqoha) terkait tafsir masing-2 takbir ayat maupun makna yang tersurat maupun yang tersirat, adalah hal yang sangat lumrah… dan dawuh Kanjeng Nabi, perbedaan pendapat merupakan rahmat

    Sedangkan mengapa darah haid gak dipake transfusi, karena darah haid merupakan peluruhan sel darah, kapiler dan epitel permukaan bagian dalam dinding rahim.. tentu saja tidak memenuhi syarat untuk darah. Lha transfusi darah merupakan sel darah dan plasma darah.Itupun masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian berdasarkan keperluannya. Ada whole blood, trombosit beku, dll…dll.
    Adapun sel-sel darah dalam darah haid sendiri merupakan darah yang bagus..yakni sel-sel darah yang keluar dari kapiler yang rupture. Jika darah haid diambil dari kapiler dalam rahim, sama kualitasnya jika di saat yang sama diambil sel-sel darah orang yang sedang haid dari pembuluh darah vena di lengannya. Yang berbeda adalah pada sel darah haid terikut juga sel-sel epitel dindig rahim yang rusak dan darah haid melalui area najis. Nah, di sini sudah menyangkut masalah ubudiyah.

    Makasih :)

  64. 65 cakmoki November 3, 2010 pukul 12:01 am

    @ montok:
    hehehe, udah..ngalah aja :)
    Biarkan semua berpendapat menurut sudut pandang maing-masing.. gak papa. Toh tulisan singkat ini akan dibaca oleh bgenerasi berikutnya, seperti halnya salah kaprah tentang “masuk angin” :D

    Tentang kekentalan darah,jika berimplikasi pada kondisi tubuh sehingga mudah sakit, saran dokter tersebut merupakan langkah yang tepat.. dengan begitu akan terbentuk sel-sel darah baru (masa hidup sel darah, terutama sel darah merah berkisar 120 hari), dan terbentuk plasma darah (media sel darah) yang lebih fresh seperti yang penjenengan ceritakan.

    Benar, darah ada tingkat kekentalannya. Parameter kekentalan darah (viskositas) diukur, salah satunya dan yang paling sederhana, dengan pengukuran hematokrit. Kemudian dikonfirmasi dengan item pemeriksaan darah yang lain, misalnya Hemoglobin (Hb), Hitung jenis sel darah lekosit (diff count), dll… ini untuk membantu menegakkan diagnosa , kemudian untuk memutuskan langkah penangulangannya.

    Kalo viskositasnya (kekentalan) meningkat, maka penanggulanganya dipilih berdasarkan penyebabnya. Andai gak ada penyebab yang spesifik, maka donor darah merupakan langkah untuk menanggulangi peningkatan kekenataln tersebut.
    Adapun peningkatan kekentalan darah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain: Dehidrasi alias kekurangn cairan tubuh oleh berbagai sebab atau hipovolemia, Diare, asidosis (plasma darah cenderung asam…bukan kecut lho), polisistemia vena (pembuluh darah balik yang meningkat), dan lain-lain..akeh :D
    Maturnuwun

  65. 68 cakmoki November 11, 2010 pukul 2:49 pm

    @ farid:
    Tentu saya sudah banyak membaca hal-2 semacam itu… sebaliknya, kenapa sampeyan gak membaca ilmu dasar hematologi ?
    Maaf, nampaknya kita lain jurusan :D
    Makasih


  1. 1 Darah kotor « Kuliah Bidan Lacak balik pada Juli 21, 2008 pukul 1:23 am
Comments are currently closed.



Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,984,505 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: