Rambut Rontok

Artikel Akhir Pekan :
:: :: Mencegah Rambut Rontok :: ::

Mencegah Rambut RontokRambut rontok ?
Wajar, jika jumlah rambut yang rontok kurang dari 100-120 helai rambut setiap harinya. Menjadi masalah ketika kerontokan rambut lebih dari 120 helai setiap hari bahkan jauh lebih banyak dari jumlah tersebut.

Bagi wanita muda, rambut rontok ibarat prahara. Adakalanya, kerontokan rambut yang berlebihan menimbulkan rasa kurang percaya diri dan kecemasan. Betapa tidak, rambut adalah mahkota bagi wanita. Tak heran jika para wanita memperlakukannya dengan istimewa agar nampak indah. Rela meluangkan waktu dan menyisihkan anggaran untuk memelihara mahkotanya.

Manakala seseorang menyaksikan helai-helai rambut berserakan di permukaan sarung bantal saat bangun tidur atau memenuhi celah-celah sisir saat merapikan rambut, maka rasa penasaranpun berbisik di relung hatinya. Ada apa dengan rambutku ?

:: :: PENYEBAB RAMBUT RONTOK :: ::

Di dunia medis, kerontokan rambut disebut efluvium, yakni kehilangan rambut lebih dari 120 helai per hari yang dapat terjadi secara merata ataupun di bagian kepala tertentu saja. Kerontokan rambut dapat berlangsung sementara, dan dapat menetap karena kerusakan folikel rambut.Pada umumnya, kerontokan rambut disebabkan oleh berbagai kondisi, antara lain:

  • Rudakpasa (trauma) pada rambut normal, misalnya: pengeritingan, pelurusan, ikatan rambut yang berlebihan.
  • Pasca melahirkan. Kerontokan rambut berlebihan bisa juga dialami oleh para ibu pasca melahirkan. Kondisi ini berlangsung sekitar 2-6 bulan, setelah itu pertumbuhan rambut normal kembali.
  • Faktor psikis dapat pula menyebabkan kerontokan rambut, adakalanya berulang dan berlangsung lama.
  • Panas. Beberapa penyakit dengan demam lebih 39 derajat celcius, misalnya: Tifus, Pnemonia biasanya akan menimbulkan kerontokan rambut setelah 2-3 bulan.
  • Penyakit lain dapat juga mengakibatkan rambut rontok, misalnya penyakt kulit di kepala.
  • Pengobatan pada penyakit tertentu, misalnya penyakit kanker, tak jarang dapat menimbulkan kerontokan rambut terutama pemakaian obat antimetabolik dosis tinggi. Namun demikian pada umumnya pertumbuhan rambut akan normal kembali setelah obat dihentikan.
  • Kekurangan gizi (malnutrisi) dan kekurangan zat tertentu seperti vitamin B12, asam folat, zat besi bisa berpengaruh pada pertumbuhan rambut dan pada gilirannya menimbulak kerontokan rambut.

Selain itu, penyebab kerontokan rambut dipengaruhi oleh faktor hormonal, metabolisme, asupan makanan (nutrisi) dan peredaran darah kulit kepala serta kondisi folikel rambut.

:: :: TIPS MENCEGAH RAMBUT RONTOK :: ::

Bagi seseorang yang rambutnya cenderung mudah rontok, tak ada salahnya mencoba mencegahnya dengan tips berikut:

  • Menggunakan shampoo kaya krim. Conditioner dapat digunakan paling banyak seminggu sekali. Hindari shampoo yang bisa menyebabkan iritasi kulit kepala.
  • Mencuci rambut sesuai jenisnya. Pada rambut berminyak dapat dicuci lebih sering dibanding rambut kering, karena rambut berminyak cenderung cepat kotor. Sedangkan pada rambut kering, cuci sedikitnya seminggu sekali.
  • Memakai sisir berujung tumpul (bulat) dan bergigi jarang. Menyisir secara perlahan agar rambut tidak tertarik.
  • Menggunakan pengering dengan suhu minimal jika terpaksa memakai pengering, dengan jarak sekitar 15 cm atau lebih.
  • Menata rambut sesuai kebutuhan. Pertimbangkan dengan matang jika akan “memperkosa” rambut dari keriting menjadi lurus atau sebaliknya. Hal yang sama berlaku untuk pewarna rambut.
  • Memijat kulit kepala dengan ujung jari untuk memperlancar peredarah darah.
  • Mengkonsumsi makanan sumber protein dan sayuran hijau untuk mencegah kekurangan vitamin dan mineral.

Apabila dengan langkah-langkah sederhana tersebut rambut-rambut kita masih rontok berhamburan, maka konsultasi kepada dokter kulit adalah tindakan bijaksana.

Semoga artikel pendek ini bermanfaat.

Bacaan:

  • Ilmu Penyakit Kulit, Prof. Dr. Marwali H, hal.159-172, 2000
  • Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, FKUI, edisi IV, hal.301-309, 2005

Topik Terkait:

:: :: cakmoki :: ::

About these ads

65 Responses to “Rambut Rontok”


  1. 1 Neo Forty-Nine Juni 30, 2007 pukul 3:11 pm

    Makasih Cak, artikelnya saya bawa pulang ya. kebetulan rambut saya juga sering rontok…………..

    OOT dikit: PERTAMAX kah??????

  2. 2 Neo Forty-Nine Juni 30, 2007 pukul 3:12 pm

    Yeah, emang pertamax

    *joged joged kegirangan*

  3. 3 mybenjeng Juni 30, 2007 pukul 3:44 pm

    kalo jarang sisiran bisa ngurangi rontok kan…
    *halah emang males sisiran*

  4. 4 wiku Juni 30, 2007 pukul 3:47 pm

    Kalo jarang mandi juga ngurangin rontok dong? :mrgreen:

  5. 5 anas Juni 30, 2007 pukul 5:00 pm

    kalau make’ samphoo dengan conditioner lebih dari sekali dalam seminggu justru nggak baik ya cak ?

  6. 6 indra kh Juni 30, 2007 pukul 6:29 pm

    kalau rambutnya cepak, jadi jarang nyisir gak akan rontok kali ya, cak :D

  7. 7 Fa Juni 30, 2007 pukul 7:42 pm

    wah, coba ntar aku itung dulu rontokan rambutku :D

  8. 8 wulan Juni 30, 2007 pukul 8:22 pm

    4-5 bulan setelah melahirkan saya selalu mengalami kerontokan rambut. Yang paling parah waktu anak pertama,hanya diraba aja rambut udah rontok…ngeri, jadinya botak di sana sini, akhirnya dengan berat hati rambut dipendekin banget. Tapi beberapa bulan kemudian udah numbuh lagi, malah lebih lebat dari semula.

  9. 9 cK Juni 30, 2007 pukul 10:22 pm

    cakmoki sendiri, rambutnya rontok ga?? :mrgreen:

    *siyul siyul* :roll:

  10. 10 Dani Iswara Juni 30, 2007 pukul 10:51 pm

    keramas rambut kepala dgn air hangat [kl panas..mateng.. :D ] berlebihan sptnya jg ngefek..

  11. 11 andalas Juni 30, 2007 pukul 11:18 pm

    kalo kramas pake teh tawar yang udah di diemin semalaman katanya juga bisa mengurangi rontok ya cak? bener gak sih cak?

  12. 12 GuM Juli 1, 2007 pukul 12:08 am

    wah, pak. postingan njenengan kok sehati sama kondisi saya yah? :D

    kalo saya, jumlah helai yang rontok sih mungkin ndak sampai 100an. tapi karena sudah berlangsung lama, sekarang keliatan makin menipis. sepertinya memang karena masalah psikis dan kurang nutrisi.

    – di usia seperti saya (>25) masih bisa tumbuh rambut baru ndak pak?

    – ada rekomenasi contoh menu makan yang harus saya perbaiki?

    matur nuwun sak derengipun.

  13. 13 cakmoki Juli 1, 2007 pukul 1:57 am

    @ Neo Forty-Nine,
    ya, silahkan . Eh betul, petromaks :D Maaf, gak sempat bikin PDF-nya

    @ mybenjeng,
    dari segi mengurangi resiko rontok, betul. Dari segi penampilan silahkan tanya para gadis aja ya …

    @ wiku,
    tanmbah mudah rontol, soale rambut lengket, hehehe
    Sssst, ngomong jarang mandinya bisik-bisik dong

    @ anas,
    untuk pemakaian shampo gpp sering kalo jenis rambutnya berminyak, … conditonernya seminggu sekali aja deh

    @ indra kh,
    langkah bagus untuk menghindari rontok berlebihan.
    Rontok juga sih, kalau sedikit masih alami koq

    @ Fa,
    Sediakan 2 kalkulator mbak, 1 di samping bantal satunya di depan cermin, hehehe

    @ wulan,
    cocok dengan teori fisiologinya ya … Berarti postingan ini sangat terlambat. Ah, kelupaan anjuran untuk potong pendek, maturnuwun :)

    @ cK,
    Rontok alami Chik, dikit-dikit … normal :P
    Tuh lihat fotonya, lebat kan … *siyul-siyul juga sambil bergaya*

    @ Dani Iswara,
    Wah iya, gak ketulis hehehe, makasih tambahannya Mas :)

    @ andalas,
    Saya juga pernah baca, cuman referensi ilmiahnya gak nemu *maaf*
    Kalo berdasarkan kandungan teh (xanthin), dimungkinkan efek terhadap aliran darah lokal, itu kalo mengacu pada cara kerja xanthin lho, …saya gak berani menyimpulkan

    @ GuM,

    di usia seperti saya (>25) masih bisa tumbuh rambut baru ndak pak?

    Maaf maaf, saya tidak melengkapi pertumbuhan rambut normal dan faktor yg mempengaruhinya. Kapan-kapan posting “mengenal rambut kita”, selain itu masih ada sambungan soal rambut, sabar ya … dan makasih diingatkan ;)
    ok, sementara jawaban pendek: kerontokan rambut secara alamiah dimulai pada usia 30-an, dikatakan normal kalo kurang 100 helai/hari.
    Untuk kasus rambut menipis, dianjurkan potong pendek.

    Soal makanan yang penting banyak mengandung protein (ikan, daging, tahu, tempe dan sejenisnya) ditambah sayuran ijo royo-royo, … tidak ada menu khusus koq. Andaikan karena suatu hal, jarang makan sayuran, bisa menggunakan vitamin lengkap yg mengendung biotin, misalnya: Supradex atau supertin sehari sekali *nekat nyebut nama obat* :D
    Sebaiknya diusahakan makan+sayuran setiap hari

  14. 14 manusiasuper Juli 1, 2007 pukul 9:24 am

    ———————–
    Memijat kulit kepala dengan ujung jari untuk memperlancar peredarah darah.
    ———————–

    Kalau minta pijatkan ‘seseorang’ boleh ga dok..? Atau pijat-pijatan?

    Eh pak, kalau obar penyubur rambut atau semacamnya itu, memang manjur ga?

  15. 15 cakmoki Juli 1, 2007 pukul 11:55 am

    @ manusiasuper,

    Kalau minta pijatkan ’seseorang’ boleh ga dok..? Atau pijat-pijatan?

    asyik dong :P … kasihan yg belum punya, merana :(
    eh? ntar .. maksudnya pijat-pijatan sambil keramas ya, hiy sereeem

    kalau obar penyubur rambut atau semacamnya itu, memang manjur ga?

    obat-obat penyubur disebutkan hasilnya kurang memuaskan. Pakai penanaman rambut (cangkok) bisa :P

  16. 16 jhonrido Juli 1, 2007 pukul 3:53 pm

    Tapi kalo rambutnya keriting..kayaknya jarang rontok ya? hehehe

  17. 17 aisalwa Juli 1, 2007 pukul 4:05 pm

    ehem…
    numpang mejeng ah
    boleh khan ?

    kenalan dunk
    boleh juga tuh informasinya, tQ ……

  18. 18 cakmoki Juli 1, 2007 pukul 8:13 pm

    @ jhonrido,
    ooo, jadi rambutnya keriting ya, hehehe
    Kemungkinannya sama ;)

    @ aisalwa,
    silahkan, boleh koq, bukan hanya mejeng, tiduran juga boleh :D
    oke, salam kenal juga, makasih atas per-mejengannya ya

  19. 19 peyek Juli 2, 2007 pukul 12:23 am

    asal nggak rontok semangatnya buat tumbuh kembali, hehehehe

  20. 20 triesti Juli 2, 2007 pukul 12:29 am

    hmm.. seingatku, tiap habis under general narcose selalu rontok hebat. kata mereka2 yg sekolah nata rambut sih sering gitu. tapi dokter kayaknya ngga ada yg pernah bilang gitu.

    btw, tau white piedra ngga? di Ind. banyak ngga sih?

  21. 21 cakmoki Juli 2, 2007 pukul 2:36 am

    @ peyek,
    iya cak, semangat !!! :D … lho sing tumbuh opone cak?

    @ triesti,
    Hubungan rambut rontok dan general narcose kayaknya belum pernah dengar dibahas resmi, referensi kulit belum nemu, entah di anesthesi. Kalo penata rambut darimana tinjauannya ya, apa dari anesthesinya? Kapan-kapan tak carinya, kalo sempat, hehehe

    White piedra pernah ada kasusnya di praktek, terutama para karyawan perusahaan kayu lapis. Kemungkinan karena lembab, bekeringat, kerja 12 jam sehari … dll.
    Hanya ketemu beberapa selama sekian tahun, angka pastinya gak nemu di indonesia. Entah karena tidak dilaporkan atau karena dikelompokkan penyakit jamur. Belum serentak pakai ICD sih

  22. 22 triesti Juli 2, 2007 pukul 4:56 am

    kalo penata rambut ceritanya daku abis narcose, trus rambut rontok. langganan bilang kliennya suka komentar gitu. mungkin dokternya ngga perhatian kali..(kata salah satu dokterku: ah rambutnya masih banyak, ngga masalah), atau pasiennya ngga lapor. kayak kalau pasien cerita abis operasi betulin malocclusions beratnya jadi stabil.. kata dokternya: iya pasien suka bilang gitu tapi ngga pernah ada laporan di journal. so why dont you write that paper ;)

    oya, kayaknya cuaca juga pengaruh lho.. soalnya banyak kenalan di sini (yg kering ini) muda2 udah mulai botak, tapi pas jalan2 ke Indonesia (yg humid) rambutnya tumbuh. bisa jadi airnya disini terlalu ‘keras’, mandi terlalu panas juga sih.

  23. 23 cakmoki Juli 2, 2007 pukul 5:27 am

    @ triesti,

    kata salah satu dokterku: ah rambutnya masih banyak, ngga masalah

    Ungkapan ini koq bernuansa ada indikasi hubungan antara rambut rontok dan pasca anestesi ya …
    Mungkin efek ikutan obat anestesi yg beberapa diantaranya mempengaruhi peredaran darah dan sekresi kelenjar, selain itu kemungkinan efek obat pasca anestesi tidak dapat disingkirkan.

    Barusan sy baca sepintas (sepintas lho) :) tidak menemukan efek langsung yg berhubungan dengan rambut. Bisa jadi jika memang significant, hubungannya tidak langsung. Tanpa kasus tercatat (berdasarkan laporan pasien)dan data pendukung, saya rasa gak ada yg berani nulis di journal.

    Ya, cuaca disebutkan sbg salah satu faktor yg mempengaruhi, namun kayaknya tetap bergantung pada aktifitas.

    Mandi air panas, iya sih, lebih mudah rontok. Selalu ada plus minusnya ya :)

  24. 24 Joerig Juli 2, 2007 pukul 11:33 am

    aha … artikel top … langsung print :D

  25. 25 chielicious Juli 2, 2007 pukul 5:46 pm

    Heheh sama ama teh joerig..langsung tak kupi bawa pulang :D tararengkyu .. btw cak..gimana taunya rambut kita rontoknya berapa helai..diitungin satu2? cape donk :lol:

  26. 26 orido Juli 2, 2007 pukul 6:37 pm

    rambut..
    itu sih masalah cewek..

    klo cowok.. yg penting udh dapet pendamping hidup sih.. abis itu gak sutress dgn masalah rambut.. :D

  27. 27 laksono Juli 2, 2007 pukul 6:55 pm

    ini rambut bagian mana ya cak yang rontok???

    saya gak rontok tape ketombean
    * sambil garuk-garuk kepala*

  28. 28 ndarualqaz Juli 3, 2007 pukul 12:05 am

    huaaaaaa, rambut saya rontok banyak banget, baru kemaren, gara2 temen sayah sih, mengadu rambut saya sama ghunting… (hehehehe, baru potong rambut…)

  29. 29 Anang Juli 3, 2007 pukul 1:40 am

    bagus banget nih tulisannya…

  30. 30 cakmoki Juli 3, 2007 pukul 5:11 am

    @ Joerig,
    silahken Teh, … maaf gak bikin PDF-nya

    @ chielicious,
    hihihi, akhirnya ada yg nanya cara ngitungnya, padahal sy dah senang gak ada yg nanya itu.
    Kalo rontoknya keliatan banyak, biasanya gak nyadar dikumpulin trus ngitung Chie. Kira-kira aja apaki jumputan.
    Btw, kalo ngitung uang koq gak cape ya … :P

    @ orido,
    ketahuan nih, sebelum dapet pendamping suka bercermin ngurusi rambut, hehehe … biasanya sih ada aja para istri yg suka ngingatkan suami soal kerapian rambut.

    @ laksono,

    ini rambut bagian mana ya cak yang rontok???

    eh? rasanya udah nulis rambut kepala, kalo kurang lengkap dikoreksi: “rambut kepala”, gak perlu ditambah “atas”, soalnya untuk semua jenis kelamin :D

    Walah, nyindir ya … ok deh, ntar nulis masalah ketombe (kapan-2)

    @ ndarualqaz,
    hehehe, sekarang udah pendek n rapi ya, sip …

    @ Anang,
    Maturnuwun mas :)

  31. 31 superkecil Juli 5, 2007 pukul 8:40 am

    buka salon yah cak???
    hue hue |o|
    OOT ah…

    baidewei cak…
    seta saia conditioner tu buat memeperhalus rambut n supaya mudah diatur
    n pemakaiannya tidak boleh mengenai kulit kepala karena bisa menyebabkan kulit kepala kering kaya’ encak bilang… tapi, iya yah ga bole dipake lebih dari 1 kali dalam seminggu kalo penggunannya hanya pada rambut bagian bawah saja? karena lebih banyak kasus rambut bagian bawah yg kering daripada rambut panjang dg basehat seutuhnya (haiah),jadi membutuhkan pembasah… yg mengkondisikan supaya mudah diatur..
    *cerewet ah cil!!!*

  32. 32 cakmoki Juli 5, 2007 pukul 12:07 pm

    @ superkecil,
    Rambut bagian bawah ? … *mikir*
    eh iya, ngerti maksudnya, rambut ujung (gak ujung banget sih) bisa pakai conditioner spy mudah diatur, …
    hehehe, sy hampir salah persepsi *halah* :P

  33. 33 saRe' baru bali~~k Juli 5, 2007 pukul 9:22 pm

    hmmmmmm,, let’s see, yang kayaknya menghawatirkan tuh….

    # Faktor psikis dapat pula menyebabkan kerontokan rambut, adakalanya berulang dan berlangsung lama. —> maksudnya yang kayak gimana???

    # Penyakit lain dapat juga mengakibatkan rambut rontok —> kulit kepala agak kering banget termasuk penyakit???

    # Kekurangan gizi (malnutrisi) dan kekurangan zat tertentu —> sara emang suka jarang makan, males makan gitu.. bisa jadi faktor rambut rontok ya???

    gimana ya cak,,?? soalnya mulai sebel ngeliatnya??? :(
    tengkyu,, :D

  34. 34 cakmoki Juli 6, 2007 pukul 2:11 am

    @ saRe’ baru bali~~k,
    sabar Sar, gak usah sebel dulu … eh ini sebel sama saya apa sebel sama rambut rontok? ;)

    Faktor psikis, misalnya: syok psikis, trauma (pikiran), stress.
    Penyakit lain, misalnya: diabetes, lepra.
    Males makan? … makan dong, kalo lagi males minta suapin ka’ Ma :P

  35. 35 Lily Juli 6, 2007 pukul 5:28 pm

    Aku juga menderita rontok Cak,
    terutama klo lagi keramas,
    padahal umurku belum sampai 30,
    tapi kayanya sih gak sampe 100 helai per hari jadi ya masih santai2 aja.. ;p

    Kebetulan aku juga jilbaban,
    kayanya ngaruh ya Cak kondisi rambut yang terus ditutup sama rontoknya rambut.. *rolleyes*

    Iya, hair tonic gak gtu pengaruh kayanya..
    Malah aku khawatir efeknya terhadap rambut berhubung baunya (zat kimia kan itu.. ;p) santer bgt.. ;p
    Katanya penata rambut sih makenya harus sambil dipijat-pijat kulit kepalanya supaya meresap,
    klo gak, gak akan pengaruh, tapi males deh mijetnya.. enaknya serahin sama mba2 di salon aja, hehe.. ;p

    Thx ya Cak artikelnya! ;)

  36. 36 cakmoki Juli 6, 2007 pukul 11:27 pm

    @ Lily,
    gak pp kalo cuman dikit atau masih gak sampai 100 helai.
    Jilbab gak ngaruh asalkan pakai bahan yg menyerap keringat, misalnya katun. Toh di rumah dibuka juga kan …

    iya tuh mbak, mijet kepala secara rutin kebanyakan males apalagi kalo pas buru-buru ;)

  37. 37 Lily Juli 10, 2007 pukul 3:42 pm

    Yup betul.. mijat kepala sendiri tuh gak enak,
    abis mijetin kepala, gantian tangannya yg pegel.. ;p

    Enaknya dipijetin mba2 di salon, atau sama pasangan, hehehe.. ;p

  38. 38 windi Juli 11, 2007 pukul 1:23 pm

    rambutku skrg sehat dan ga rontok lg..klo toh rontok msh di bawah standar…di bawah cepek maksudna…tp yg bikin kesel neh…rambutku tuh suka ngedel(ga disisir bentar aja dah kek benang kusut).kdg liat rambut cew2 lain kalo naik motor ga beterbangan kemana2..tp klo rambutku kok suka kemana2..pas abis naik motor aja..susahna minta ampun klo disisir..jdnya suka di iket…bagus ga seh kalo rambut sering di iket?tp kalo mau bobo emang di lepas seh iketannya :D

  39. 39 cakmoki Juli 11, 2007 pukul 2:17 pm

    @ Lily,
    setuju, enak pijet-pijetan ama pasangan hehehe *lirak-lirik yg belum punya, takut dilempar soalnya*

    @ windi,
    style ikal kali ya :)
    eh, normalnya kan rambut cewek beterbangan kalo kena angin atau naik motor, kecuali rambut pendek.
    gpp koq diiket, asal tidak terlalu kencang

  40. 40 maira Juli 30, 2007 pukul 11:04 am

    taw rontok sratus ato gak dari mana ya? masalahanya aku juga lagi rontok.. tampaknya berlebihan,, tapi gak tw juga.. gonta ganti sampo menyebabkan rontok gak c??

  41. 41 cakmoki Agustus 1, 2007 pukul 3:37 am

    @ maira,
    itu mah kira-kira ajah, gak mungkin kan kita ngitung? hehehe
    Iya bener Maira, gonta-ganti dapet menyebabkan rambut rontok.
    Pilih yang mild aja deh, … moga g rontolk lagi ya :)

  42. 42 yanti Maret 25, 2008 pukul 4:30 pm

    Cak, sorry kalau saya kelewat bacanya. Sebetulnya rambut rontok itu patah krn batang rambutnya rapuh (jadi ingat iklan Unbreakable-nya Sunsilk) atau tercabut dari akarnya?

    kalau krim2 seperti yang dipakai saat krimbat di salon itu, membantu mengatasi rambut rontok nggak? Kan ada yang dari wortel, seledri, ginseng, sampai stroberi. Yang jelas kalau saya baca2 dari tulisan di atas, pemijatan kepala saat krimbat memang berguna sekali ya? Gimana dengan steam atau mengompres kepala dgn es batu setelahnya, apa secara medis ada khasiatnya?

  43. 43 cakmoki Maret 26, 2008 pukul 2:02 am

    @ yanti:
    dalam hal ini yang dimaksud rontok adalh rambut yg tercabut dari akarnya secara alamiah (bukan termasuk dicabuti :D )

    Krimbat menggunakan tumbuhan seperti di atas, saya gak tahu kegunaannya secara langsung ataupun gak langsung, kecuali yang sudah terbukti khasiatnya secara ilmiah.

    iya, pijat berguna untuk memperlancar peredaran darah sehingga kebutuhan makanan sel-sel rambut dan penunjangnya tercukupi. Pun demikian pula dengan steam dan kompres setelahnya.
    Trims :)

  44. 44 yanti Maret 26, 2008 pukul 11:03 am

    makasih ya cak ;)). jadi tambah mantep pengen krimbat nih, udah lama ga nyalon… hihihi..

  45. 45 nuniek September 16, 2008 pukul 12:42 pm

    dok,niek mu tya dlu waktu rambut saya tebaltp sekarang rmbt saya menipis krn rontok trus,saya sering ganti-ganti shampoo agar rmbt saya gak rontok lg,tp mlah tambah byk+rmbt saya bketombe.dan skarang ketombe saya dah gak ada lg coz memakai shampoo anti ketombe.tp rbt saya msh tetap rontok mskpun sdikit.dan kendala saya yang sekarang rambut saya kliatan kulit kepala tp bukan karena faktor keturunan.tlg jelaskan penyebabnya dan cara mengatasi agar rambut saya kembali normal.

    nuniek

  46. 46 cakmoki September 17, 2008 pukul 3:24 am

    @ nuniek:
    Penyebab dan Tips mengatasi rambut rontok dah ada tuh di artikel…silahkan baca lagi yaa…
    Kalo dengan perawatan sendiri seperti di atas belum berhasil, sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Biasanya akan dilakukan pemulihan secara bertahap, so gak bisa sekali dateng tapi perlu beberapa kali hingga didapatkan hasil yang optimal.
    Trims

  47. 47 gea Oktober 18, 2008 pukul 1:26 pm

    idih……….. informasi yang di tampilkan kurang lngkap nech. lbih diperlengkap donk………………………………………..
    masak gak bisa memuaskan pelanggan sech………………………………………………………..

  48. 48 cakmoki Oktober 18, 2008 pukul 10:14 pm

    @ gea:
    hahaha, …sy jadi bingung, ada yang minta lengkap, ada yang bilang artikelnya kepanjangan.
    ok, trims sarannya…ntar sy sediakan edisi lengkapnya yg bisa didownload untuk artikel mendatang.

  49. 49 vina Agustus 1, 2009 pukul 3:09 pm

    justru gara-gara sering creambat disalon rambutku tambah rontok parah. sekarang sudah berkurang semenjak berhenti nyalon

  50. 50 cakmoki Agustus 2, 2009 pukul 1:58 am

    @ vina:
    ya, adakalanya creambath malah bikin rambut rontok.
    Makasih telah berbagi

  51. 51 ary Desember 21, 2009 pukul 3:08 pm

    cak lanjut pertanyaan saya di artikel mengatasi ketombe…
    apakah klo tekanan darah rendah bukan berarti distribusi darah ke kepala juga g maksimal, sehingga rambut tidak memperoleh cukup asupan gizi dan kemudian menyebabkannya rontok?
    Trus lagi cak, apakah klo misal pori2 di kepala sudah terlanjur nutup berarti sudah g ada harapan lagi buat rambut untuk tumbuh?
    terima kasih banyak buat infonya :)

  52. 52 cakmoki Desember 22, 2009 pukul 2:52 am

    @ ary:
    Tekanan darah rendah tidak menyebabkan rambut rontok. Logikanya tidak seperti itu. Beda dengan anemia. Yang dimaksud tekanan darah adalah pressure, tidak ada sangkut pautnya dengan nilai gizi yang dialirkan darah. Adapun asupan gizi dipengaruhi oleh asupan makanan. :)
    Pori-pori yang menutup, tetap bisa tumbuh rambut sepanjang masih ada akar dan folikel rambut yang sehat.
    Trims

  53. 53 ary Desember 22, 2009 pukul 1:24 pm

    makasih banyak cak :))

  54. 54 cakmoki Desember 22, 2009 pukul 1:49 pm

    @ ary:
    Sama-sama. Makasih juga, telah berbagi :)

  55. 55 ria Maret 18, 2011 pukul 11:29 pm

    weee..
    saia sudah 5tahun jilbapan..
    dan 6bulan ini ngerasain rambut rontok yang ‘kebacut’..
    saya sih nggak pernah ngitung helainya *gak kengangguran* :P
    tapi yang pasti setiap hari, setiap kali kusisir rambut ini.. baik dengan sisir ataupun jari.. dapat dipastikan yang rontok bisa terkumpul sampai segenggam tangan dan berakhir dengan yang histeris orang yang ngelihat *aku loh datar*.. hebatnya… aku gak sampe botak detik ini.. *dan gak minta, cukup sekali waktu SMP gara2 demam tinggi* :D

    iya sih, penggunaan jilbapku agak berlebihan.. bisa sampe 20jam/hari (lah aktivitasku di luar rumah memang segitu..)
    tapi kalo boleh ngeles.. 20jam ini mostly kuhabiskan dalam ruangan.. lah 3tahun lalu waktu aktif2nya berkeliling dari satu gunung ke gunung lain, dari satu hutan ke hutan lain.. keramas paling bagus sekali seminggu dan penggunaan jilbab 24jam/hari itu.. rambut gak pernah tuh bermasalah.. apalagi rontok..
    kenapa ya?

    oh ya, kalau di kulit kepala selalu muncul benjolan sebagai bentuk reaksi alergi terhadap produk telor, susu, daging, ayam dan turunannya.. enaknya diapain ya?
    benjolan ini memang tidak mengganggu secara penampilan.. karena tokh tertutupi rambut+jilbab *kalaupun mengganggu juga gak ngurus* :P.. hanya saja benjolan ini menimbulkan rasa pusing dan sakit yang sangat.. dan setelah seminggu akan ‘pecah’ sendiri namun juga dengan meninggalkan luka terbuka pastinya.. *ini alasan kenapa aku jarang sisiran pake sisir.. kena tangan aja bisa bikin nangis.. apalagi kena sisir*

    oleh keluarga yang sebagian besar juga dokter.. saya sih ‘dididik’ untuk ‘dilatih’ dengan terus mengkonsumsi semua produk makanan diatas.. memang sih secara kwalitas sudah banyak perubahan, tak separah dulu.. tapi proses ini sudah ‘memakan’ 25tahun hidup saya.. kadang kalau enggan karena teringat rasa sakit dan kebutuhan untuk saya berpikir jernih tanpa harus terganggu oleh rasa pusing dan nyeri ini saya memilih untuk menghindari semua makanan yang mengandung semua bahan yang telah kusebutkan diatas *sebuah ‘penderitaan’ lain soalnya, karena saya juga alergi ikan tawar dan seafood.. kacang2an selalu membuat lengan ngilu*

    nah, mungkinkah ada cara lain untuk mengatasi benjolan/rambut rontok ini? lagi males ke dokter soale ntar paling disuruh menghindarin triggernya yang berakhir pada kekesalanku karena bingung mau makan apa pada akhirnya.. berujung aku gak makan sama sekali.. seminggu kemudian pendarahan pada lambung *sigh*..

  56. 56 cakmoki Maret 18, 2011 pukul 11:54 pm

    @ gelangkalungwanita:
    Thanks atas kunjungannya

    @ ria:
    Emang beda antara di ruangan dengan udara terbuka… itu sebabnya saat beraktifitas di udara terbuka rambut ga rontok karena tubuh kena sinar matahari langsung, dg begitu vit D terbentuk secara aktif sehingga rambut lebih kuat :P

    Jika pekerjaan memaksa harus berlama-lama di ruangan, rambut rontok dan benjolan dapat dikurangi dengan:

    > menyempatkan keluar paling sedikit 30 menit terutama pagi dan sore.
    > usahakan memijat kulit kepala dengan ujung-2 jari saat mau berwudhu, dimana jilbab sedang dilepas.

    Selebihnya udah bener, yakni tetap makan makanan bergizi dan sisiran pake tangan … pelan-pelan tentunya :D

  57. 57 ria Maret 19, 2011 pukul 10:50 am

    well, kalo keluar pagi sore.. sih udah
    kan jam set7 otw ke kantor trus jam 3 sore otw ke kampus.. perjalanan ke kantor skitar 45menit, ke kampus skitar 30menit.. jadi.. pas kan? hehehhe..
    tapi gak tau, tetep aja rontok *sigh*

  58. 58 cakmoki Maret 19, 2011 pukul 4:20 pm

    @ ria:
    beda dong… relax dengan perjalanan kan beda :P
    moga ntar kalo semuanya udah normal gak begitu rontok lagi

  59. 59 yudha April 28, 2011 pukul 6:35 pm

    mau tanya ni soal rambut rontok

    pada awalnya aku ketombean lalu tak priksakan ke dokter sp kulit diberi obat sampo fungasol ama salep cream topcort desoxymethasone udah ku pakek obatnya and sembuh….
    pas waktu ketombenan rambut ku rontok jg pada pangkal rambut yang rontok ada seperti lemak kuning yg menggumal bisa dikatakan kaya komedo….apa ya penyebabnya?

    solusinya pas waktu priksa ke dokter dikasih obat rontok rambut
    seperti ini
    Ca Pantotenat 150mg
    riboflavin 25mg
    pyridexin 25 mg

    sebenar nya ini obat ap?

  60. 60 cakmoki April 28, 2011 pukul 11:38 pm

    @ yudha:
    gumpalan kuning tersebut kemungkinan lemak atau dermatitis seboroik di kelapa yg suka mengakibatkan rambut rontok.
    Ketiga obat terakhir adalah vitamin dan mineral…dimaksudkan untuk memperkuat kulit dan jaringan bawah kulit (subdermis)… silahkan dilanjutkan.
    Makasih

  61. 61 yudha April 30, 2011 pukul 4:26 pm

    obat obat tersebut udah aku gunakan selama 2 minggu tp aj gak ada perkembangan , tetep aj rambut ku rontok……kalau ketombenya udah ada perkembangan tp rambut rontok dan gumpalan kuningnya ttp aj…ad.

    mungkin ada saran obatnya yg lain? buat rambut gk rontok lg.

    tolong sarannya….

  62. 62 cakmoki April 30, 2011 pukul 11:28 pm

    @ yudha:
    obat-2 tersebut gak cukup hanya dengan bilangan minggu :D .. untuk memimalisir rambut rontok akibat dermatitis diperlukan waktu lama dan pengobatan secara bertahap yang jenis obatnya dipilih oleh dokter berdasarkan hasil follow up…
    mohon maaf, saya tidak merekomendasikan obat tertentu tanpa melihat kondisi kulit kepala.
    untuk itu sebaiknya kontrol ke dokter agar diberikan obat sesuai skedul dan respon terhadap pengobatan
    Makasih

  63. 63 yudha Mei 1, 2011 pukul 7:01 am

    kalau masalah rambut rontoknya itu bisa tumbuh lg ?

    kalau butuh waktu dan bertahab berarti rambutku banyak yg rontok .

    menurut anda kalau rambutku di potong habis agar mudah pengobatanya luar seperti pengolesan salep gimana?

    trimakasih

  64. 64 cakmoki Mei 1, 2011 pukul 6:08 pm

    @ yudha:
    jika penyebab utama nya karena seboroik dermatitis or jamur, dan penyebabnya udah ditanggulangi hingga sembuh, maka rambut dapat tumbuh kembali sejauh akar rambut dan kelenjar rambut masih sehat.
    Ya, bener… idealnya rambut dipotong agar mudah pengobatannya.

    Lha kalo ramnbut bisa tumbuh instan namanya sulapan lak-an…sampeyan ini ada-2 saja :D
    Makasih


  1. 1 Rambut Rontok « Ngobrol Kesehatan Lacak balik pada Agustus 16, 2008 pukul 11:47 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,985,031 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: