Salah potong kuku

Kode ICD. 10: ParonychiaL03.0

Lanjutan posting: Kuku-kuku Kaki Kita

KUKU IBU JARI KAKI
Kuku Lagi Kuku LagiAh, kuku lagi. Seseorang yang karena pekerjaan atau kegiatannya harus memakai sepatu hampir sepanjang hari, sedikit banyak beresiko timbulnya infeksi kulit dinding kuku terutama kuku ibu jari kaki. Ini karena tekanan terus menerus pada kuku. Lama kelamaan tanpa terasa kuku menancap pada kulit. Terlebih bila memakai sepatu ketat. Awalnya mungkin tidak terasa (tidak dirasakan). Lambat laun akan terjadi infeksi dan pembengkakan, diikuti rasa nyeri akibat tertancapnya kuku pada kulit di tepi kuku.

Infeksi kulit tepi kuku, selain karena tekanan (seperti ilustrasi di atas), dapat juga karena kesalahan waktu memotong kuku atau karena kebiasaan mencongkel-congkel kotoran yang nampak di bagian samping kuku.
Kadang, seseorang memotong kuku (ibu jari kaki) terlalu menjorok ke dalam. Tanpa disadari, cara ini makin mempertajam tepi kuku sehingga pertumbuhan kuku tidak hanya tumbuh ke arah ujung, namun tumbuh pula ke arah samping dan menancap ke dalam kulit di tepi kuku.
Tak jarang menimbulkan pembengkakan dan kulit yang membengkak dapat menutupi tepi kuku. Terjadilah infeksi, disebut Paronychia (Paronikia). Duhhh nyerinya.

PARONYCHIA
Kata kunci: eponychia, finger infection, fingernail infection, acute paronychia, chronic paronychia, hyponychium, nail fold.

PENGERTIAN
Paronychia (Paronikia) adalah infeksi pada lipatan kuku yang disebabkan oleh kuman (bakteri) Streptokokus, ditandai dengan pembengkakan lipatan kuku.

ANGKA KEJADIAN
Paronychia lebih sering ditemukan pada wanita dibanding pria, dengan perbandingan 3:1. Dapat dialami oleh semua golongan umur dan semua ras.
Menurut Steve Lee, MD, paronychia (di AS) sering terjadi pada infeksi tangan, kejadiannya mencapai 35%. Pada umumnya terjadi karena kontak dengan air yang lama dan terus menerus, terutama dialami oleh pencuci, pekerja bar, penanam bunga, pembuat roti, dan sejenisnya.

PENYEBAB
1. Acute Paronychia (paranokia akut).
Jenis ini biasanya disebabkan oleh trauma yang diikuti dengan masuknya mikro-organisme ke dalam jaringan kulit, kemudian menimbulkan infeksi.
Mikro-organisme yang berperan pada umumnya bakteri Stafilokokus (Staphylococcus aureus) dan Streptokokus (Streptococcus). Bakteri lain, seperti Pseudomonas, bakteri gram negatif dan bakteri anaerob dapat juga ditemukan pada infeksi lipatan kulit kuku.

2. Chronic Paronychia (paranokia kronis).
Paranokia kronis pada umumnya disebabkan oleh infeksi Jamur, terutama Candida albicans (Kandida). Kadang disebabkan oleh infeksi mycobacterial, virus, iritasi bahan kimia dan penyakit ikutan dari penyakit lain.

G E J A L A
Tanda-tanda (gejala klinis) Paronychia, antara lain:

  • Pembengkakan pada lipatan kuku. Tak jarang infeksi tersebut mengeluarkan nanah.
  • Kemerahan dan nyeri di daerah lipatan kuku dan sekitarnya.
  • Pada kasus yang kronis, dapat berlangsung 6 minggu atau lebih.

PENGOBATAN
Prinsip pengobatan ditujukan kepada pemberantasan mikro-organisme penyebab, mengurangi gejalanya dan mencegah penyulit (komplikasi).

  1. Medikamentosa, (obat-obatan) yakni pemberian Antibiotika, Anti Jamur, pereda nyeri (jika diperlukan)
  2. Pembedahan. (gak nakut-nakuti lho) Pembedahan dilakukan atas dasar indikasi, jika infeksi akut sudah teratasi. Irisan (Insisi) dapat dilakukan jika ada abses. Jika upaya di atas tidak berhasil dan kuku menancap ke dalam kulit maka dapat dilakukan pengangkatan kuku (Rossen plasty)

ANJURAN
Nasehat yang perlu untuk pasien, antara lain:

  • Tidak memotong kuku secara berlebihan
  • Tidak mencongkel-congkel tepi kuku.
  • Pada kasus pasca operasi pengangkatan kuku, hendaknya kuku dibiarkan tumbuh hingga melebihi ujung jari dan memotong ujungnya tidak melebihi ujung jari.
  • Membersihkan kuku setiap mandi.
  • Menghindari kelembaban jari agar tidak mudah infeksi.

CATATAN: (hasutan propaganda) :D
Operasi pengangkatan kuku (Rossen plasty) adalah operasi kecil, dapat dilakukan di praktek dokter umum maupun di Puskesmas. Biaya disesuaikan dengan Peraturan Daerah (perda) yang berlaku.
Mengapa ada pasien mengeluh kesakitan saat operasi pengangkatan kuku (Rossen plasty)? Menurut pengakuan penderita dan pengamatan penulis, rasa sakit karena anesthesia tidak dilakukan secara blokade. Wuih bahasanya makin aneh.

Diharapkan setiap dokter umum dapat melakukan operasi kecil ini (Rossen plasty), terlebih bagi yang bertugas di perifer (pinggiran) agar dapat membantu penderita dari segi waktu dan biaya. Bayangkan jika operasi kecil semacam ini harus merujuk pasien ke RS, waktu terbuang dan biayanya menjadi mahal.
Bagi para mahasiswa kedokteran, hendaknya sudah bisa melakukan Rossen Plasty saat masih ko-as (dokter muda). Bagaimana caranya? Magang atau minta bimbingan khusus jika ada kasusnya.

Edisi baca, format PDF ukuran 124 Kb, berisi edisi lengkap (agak lengkap ding) dan ringkasan teknik operasi pengangkatan kuku (Rossen plasty), silahkan download di sini

SEMOGA BERMANFAAT

Topik Terkait:

About these ads

54 Responses to “Salah potong kuku”


  1. 1 aLe Mei 19, 2007 pukul 2:43 am

    Pertamax!!™ :D
    wah wah wah.. gambar kuku sapa tuh om..

  2. 2 cakmoki Mei 19, 2007 pukul 2:47 am

    @ aLe,
    Waow, langsung disambar nih :D
    Itu kukunya “wong ndeso”

  3. 3 Lilik Suryanto Mei 19, 2007 pukul 9:25 pm

    Hiiiiiiiiiii..kukunya ngeri
    Lam kenal juga Om eh cakmoki, thanks udah mampir. ijin sekalian tak masukin blogroll saya yac.

  4. 5 cakmoki Mei 20, 2007 pukul 12:17 am

    @ Lilik Suryanto,
    ya … monggo diaturi, maturnuwun :)

  5. 6 gies Mei 20, 2007 pukul 2:08 am

    saya paling suka potong kuku terutama kaki setelah mandi, kuku jadi sedikit lunak, berbahaya gk Cak?

  6. 7 junthit Mei 20, 2007 pukul 4:30 am

    lihat gambar itu jadi merindiing…??hiii..??

  7. 8 aLe Mei 20, 2007 pukul 11:01 am

    cak :D nupmang nyolong link ^_^

  8. 9 Rizma Adlia Mei 20, 2007 pukul 11:17 am

    Cak, kalo kukunya ketancep tapi ga infeksi ga bakal nyampe gitu ya?? apa setiap kali kukunya nusuk ke kulit pasti infeksi??

    Ma kmaren liat Rossen plasty,, kakak residen yang operasinya,, Ma malah ga ngira itu operasi lho,, :)

    cak, kalo di ujung jari, agak susah ga sih anesesinya,, kalo di blok anestesi, mulai darimana? kalo kakak yang kemaren itu, cuma disekelilingnya aja dianestesi, lumayan kesakitan sih pasiennya,,

  9. 10 telmark Mei 20, 2007 pukul 12:02 pm

    syukurlah, saya tdk pernah kependekan kalau potong kuku.
    eh, kalau memanjangkan kuku ibu jari ? ada bahayanya gak ?
    salam.

  10. 11 cakmoki Mei 20, 2007 pukul 1:36 pm

    @ gies,
    Enggak mbak, asalkan gak terlalu pendek. Mandinya jadi luama dong :)

    @ junthit,
    Makanya liat atasnya kaki pak, keliatan nggak? :D

    @ aLe,
    Monggo silahken

    @ Rizma Adlia,
    Gak mesti Ma, tergantung ada tidaknya kontaminasi.
    Kenapa gak ikutan operasi? gak sulit koq.
    Kalo anestesi di sekelilingnya aja (infiltrsi) sakit lah. Untuk blog di os digiti proximal, bagian lateral kanan dan kiri lalu infiltrasi ke sekelilingnya. Ada gambar di edisi download.
    Kapan-2 kalo ada kasusnya langsung diminta aja.

    @ telmark,
    ikut bersyukur.
    nggak bahaya pak, mungkin risih aja, gerakan kurang bebas. kalo yg terbiasa sih gak papa ;)

  11. 12 Rizma Adlia Mei 20, 2007 pukul 1:49 pm

    wah,, yang jadi asisten koas cak, jadi cuma nonton aja,, Ma waktu itu jaga minggu kedua, bisa digorok ama kakak tingkat kalo nyerobot!!

    *bagian terbawah rantai makanan dunia kedokteran,,*

  12. 13 cakmoki Mei 20, 2007 pukul 2:05 pm

    @ Rizma Adlia,
    ah iya sih, repotnya di RS pendidikan.
    Harapan saya, ko-as sudah bisa melakukan sendiri, tapi ya itu tadi, di RS pendidikan berebut. sabar Ma ;)

  13. 14 gies Mei 20, 2007 pukul 6:53 pm

    *OOT* maap cak,link ke blog saya ditulis dua kali tuh di daftar link health-nya, hihi terimakasih yaa sudah nge-link saya

  14. 15 cakmoki Mei 20, 2007 pukul 11:53 pm

    Gies,
    Ah iya, hehehe jadi malaw, saking semangatnya :D

  15. 16 mei Mei 21, 2007 pukul 9:31 am

    eh cak, aku kalau ada kasus d sini suka tak kompres pake rivanol sama di “gunyetgunyet” (mboh bahasa indonnya apa?). Kalau canthengannya lom parah biasanya akan sembuh(mungkin pus di absorb sama tubuh)dalam jangka waktu max3harian, trus kalau makin parah ujung2nya operasi kecil, di rujuk k RSIB.

    bener gak tuh cak 1st aidnya?

  16. 17 cakmoki Mei 21, 2007 pukul 12:51 pm

    @ mei,
    1st ok, bener. Kalau udah canthengan kasih antibiotika dan pereda nyeri.
    gunyet-gunyet opo tho? Bukan digigit kan? :D

  17. 18 roisz Mei 22, 2007 pukul 7:43 pm

    kunjungan pertama,…
    topiknya bagus, gudang ilmu baru :D

    salam kenal pak dokter

  18. 19 cakmoki Mei 23, 2007 pukul 1:58 am

    @ roisz,
    hehehe, bukan gudang nih, kita belajar berbagi.
    Salam kenal juga mas roisz, trims kunjungannya ;)

  19. 20 manusiasuper Mei 23, 2007 pukul 11:09 am

    Kalo kuku dipotongin ayank, bahaya ga dok? Sambil kupingnya dikorekin…

    *merem-merem*

  20. 21 camagenta Mei 23, 2007 pukul 6:02 pm

    mantep ouy….

    kalo aku mahasiswa kedokteran, blognya cakmoki tak jadikan detikinet-nya :D

    sayang… aku gak ada tampang buat jadi dokter :D

  21. 22 cakmoki Mei 23, 2007 pukul 11:41 pm

    @ manusiasuper,
    Dipotonginnya sih enggak, asal tidak merambat. Eh terserah ding …
    Asyik tuh potong kuku ama ayank ;) *kedip-kedip*

    @ camagenta,
    Masa sih mas pakai tampang-tampangan, nasib-nasiban kali ya.
    Sama aja lah, sing penting sama-sama lancar rejekinya *halah*

  22. 23 Dee (gak login) Juni 2, 2007 pukul 2:19 pm

    Cak,
    aku wes dua kali ngalami pengangkatan kuku. Tahun 2000, yg kiri, terus tahun kemarin yg kanan. Lha kok sekarang infeksi lagi ya, dan kelihatannya kok pengin diangkat lagi. Padahal aku sudah berusaha untuk melakukan perawatan yang baik dan benar. Kenapa ya? Apa bener, kalau sudah sekali tumbuhnya menghunjam ke dalam, setelah diangkat pun akan cenderung tumbuh dengan pola yang sama?
    Sekarang, kalau terkena benturan ringan atau tertekan, jempol rasanya mak sengkrang.
    Ada saran cak? Atau langsung diangkat lagi? Padahal ngeri juga diangkat kukunya. Plus pengalaman buruk pasca operasi tahun 2000 di Surabaya, pulang naik angkot keinjak mbak-mbak pake hak tinggi :((
    ps.: kayaknya kondisi ini diperparah dulu aku sering main bola, kadang-kadang tanpa sepatu lagi.

  23. 24 cakmoki Juni 2, 2007 pukul 4:09 pm

    @ Dee (gak login),
    Sebenarnya kalo udah diangkat, akan tumbuh bagus asalkan perawatannya benar. mungkin njenengaan keburu main bal-balan sebelum kuku tumbuh sempurna.

    Kalo saat ini nyeri dan infeksi, bisa ditanggulangi dengan pemberian antibiotika dan pereda nyeri sampai sembuh, sedikitnya 4-5 hari untuk pemakain antibiotika (misalnya amoksisilin 3-4x500mg atau cefadroxyl 3x500mg).
    Bila masih sakit atau kuku menghunjam, mau tidak mau angkat lagi pak Dee. Ntar habis angkat kuku, di atas sepatu ditulisi:”dilarang injak kaki, kecuali yang cantik”, hahahaha.

    Moga cepat sembuh pak Dee ;)

  24. 25 anas - dah nga' login Juni 8, 2007 pukul 1:13 am

    Klo kuku saya malah udah sejak 3 tahun lalu lebih nyungsep kedalem kayak gitu cak, belum pernah diangkat, ato diapakan, klo sakitnya terasa harus potong lagi dalam-dalam bahkan pernah antara pangkal kuku sama ujung jari jaraknya nga sampe’ 5 mm. Sekarang udah nga’ begitu sakit tapi juga musti rajin potongnya. Apakah klo yang demikian dibiarkan nga’ akan terjadi sesuatu apapun cak ?

  25. 26 cakmoki Juni 8, 2007 pukul 1:26 am

    @ anas – dah nga’ login,
    Menurut saya, biarkan sampai tumbuh sedikit melebihi ujung jari, setelah itu dipotong sejajar ujung jari supaya tidak nyungsep menembus kulit. Kalo gak infeksi biarkan aja, gak papa koq.

  26. 27 akfirlia September 5, 2007 pukul 5:44 pm

    Cak Moki ….

    Yang pertama gimana cara bengaknya itu iso cepat kempes, ada engak obat yang dapat melunakkan kuku ?

    saya sudah coba… apa yang alami dan medic tapi sama aja
    ca…. pe ……… deh masih bengkak juga.

    yang belum saya coba cuma tinggal kasih terasi sama cabe aja yang belum

    Tolong Cak, trims yoooooooo

  27. 28 cakmoki September 6, 2007 pukul 1:08 am

    @ akfirlia,
    Melunakkan kuku ? … yang bengkak kan jaringan di sekitar kuku, so yang diobati adalah pembengkakan di sekitar kuku yang kebanyakan disebabkan infeksi berulang dan berkepanjangan di daerah tersebut.

    Jika bengkaknya karena infeksi, maka perlu diberi antibiotika sampai infeksinya tuntas. Adapun pembengkakannya (dan mungkin juga nyeri) maka diberi obat antinyeri yang sekaligus untuk anti bengkak.
    Nah penentuan jenis antibiotikan, dosis dan lama pemberian bergantung kepada kondisi pembengkakannya. Artinya pergi ke dokter untuk diperiksa. Maaf, saya tidak bisa memberikan rekomendasi jenis obatnya karena tidak melihat langsung.

    Jika dipandang tidak bisa diobati, maka pilihan kedua adalh operasi. Hanya operasi kecil koq, paling hanya perlu 30 menit, langsung pulang.
    Eh maaf, gak langsung pulang sih, bayar dulu … hehehehe

    Moga bermanfaat

  28. 29 akfirlia September 7, 2007 pukul 11:12 am

    @ Trims Cakmoki

    atas sharing.. cantengannya he he he
    saya kemarin sudah kedokter lagi yang ke 3, soalnya dokter yang sebelumnya mikirnya bisnis terus (copot kukunya), saya sudah mintan obat-obatan yang cakmoki sarankan (nama obatnya lupa soalnya ada dirumah) :

    1. Obat Anti Bengkak (kecil obatnya)
    2. Anti Biotik
    3. Anti Nyeri

    setelah minum obat tersebut baru lah … kata ibu dokter

    1. Siram jempol catengan dengan alkohol 70% agar kuman/bakteri mati
    2. Jahe diparut, kemudian di buburkan ke-jempol dan dibalut dengan
    perban. (dilakukan sebelum tidur)

    (Wah Cak…… panasnya… minta ampun, saya cuma kuat 2 jam
    saya copot deh.. tuh baluran jahe.. engak kuat panasnya tapi
    besok paginya hasil sudah terlihat… mulai kempes)

    3. Pagi s/d sore saya pakai obat luar/Salep “Tracentin Ointment”
    untuk mengantisipasi mematikan bakteri dan mencegah yang baru.

    4. Mungkin 3 atau 4 hari lagi kayaknya akan kempes apabila baluran
    jahe tersebut sering digunakan dan obat tersebut diatas diminum
    sampai habis, barulah.. alon – alon kukunya dipotong sesuai dengan
    saran Cakmoki.

    Untuk teman-teman yang mengalami hal yang sama dengan saya, mungkin dapat dicoba.. agar penderitaan tidak berlarut..larut.

    Saya belum bisa membalas amal kebaikan @Cakmoki, Semoga tabungan amal baiknya bertambah apabila ada rekan-rekan yang mempunyai masalah yang sama serta mencoba tindakan diatas yang saya lakukan

    semoga sharing ini dapat berguna bagi yang mempunyai masalah yang sama,

    Akfirlia / Gn.Putri – Bogor

  29. 30 cakmoki September 7, 2007 pukul 10:43 pm

    @ akfirlia,
    ok, sama-sama.
    trims do’anya ya … amin

  30. 31 Djuwandi Hantarbumi Januari 16, 2008 pukul 10:21 am

    saat ini gue sedang canthengen nih. Sudah ke Dokter specialis kulit. diberi obat antibiotik dan salep. tapi sudah seminggu obat sudah habis belum sembuh. bengkaknya masih gede, sakitnya kalau kesentuh dikit aja wuaduhhh. Jadi mohon kontribusi informasi apa obat penyembuh yang handal dari rekans semua. Trims.

  31. 32 cakmoki Januari 17, 2008 pukul 2:11 pm

    @ Djuwandi Hantarbumi:
    silahkan menggunakan: Cefadroxyl 500 mg diminum 3×1 sehari selama sedikitnya 5 hari dan untuk ngurangi nyeri: asam mefenamat 500 mg 3×1 sehari sesduah makan…
    Ditunggu laporannya setelah 5-7 hari :)
    Moga segera sembuh

  32. 33 Iggoz Januari 5, 2009 pukul 9:21 pm

    Om,
    Numpang lwat lg browsing ttg paronikia..
    Dok,
    Saya sudah 5x minum obat cefadroxyl, amoxicillin ma dexamethasone..
    Alias sudah 5 paket obt itu,
    Brarti sudah 1bulan lebih minum obat..
    Gag smbuh tuh absesnya…
    Gimana ya uda 3 bulan sakit kaya gini?
    Ada jalan selain operasi gak?
    Trus misal jika harus operasi sakit gag dok,
    Takut..
    Sembuhnya lama gag..
    Masalahnya saya 5 hari lagi ujian..
    Tolongin dund!

  33. 34 Iggoz Januari 5, 2009 pukul 9:25 pm

    Ada yg biar kuku lepas sendiri ga?

  34. 35 cakmoki Januari 6, 2009 pukul 1:08 am

    @ Iggoz:
    Kalo gitu sebaiknya operasi, gak sakit koq … sakit dikit saat dibius. Ntar sekitar seminggu udah sembuh.
    Sementara bisa pake cefadroxyl 500 mg dan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesuda makan. Setelah ujian lebih baik operasi daripada menderita :)
    Trims

  35. 36 Linlin Januari 6, 2009 pukul 11:00 pm

    Cakmoki,
    Rumahsakit mana nich yang bisa direkomen di jakarta.
    Paling tidak tempatnya dokter yg sudah sering menangani operasi angkat kuku.
    Thanks infonya

  36. 37 cakmoki Januari 6, 2009 pukul 11:06 pm

    @ Linlin:
    Di RS mana aja bisa atau di Puskesmas, soalnya ini hanya operasi kecil, bentar udah selesai (sekitar 30 menit), yg lama antrinya kali …hehehe.
    Dan sekitar seminggu udah sembuh :)
    Trims

  37. 38 haris April 1, 2009 pukul 4:28 pm

    cak, kalo udah oprasi, tapi kok muncul lagi…

  38. 39 cakmoki April 2, 2009 pukul 11:55 am

    @ haris:
    Kalo motongnya kependekan dan terjadi lagi maka akan terjadi lagi Paronikia.
    Silahkan baca anjuran agar gak timbul Paronikia lagi. Trims

  39. 40 hellen Desember 16, 2009 pukul 2:58 pm

    Kalo di operasi angkat kuku, sampe ke pangkal kuku dihabisin? Tumbuh lagi gak kukunya? Jari jempol saya udah 3 minggu cantengan, skrg agak kempes tp kuku mau copot. Pangkalnya setengah udah terbuka. Bisa numbuh lg gak kukunya?

  40. 41 cakmoki Desember 17, 2009 pukul 12:34 am

    @ hellen:
    iya, operasi sampai pangkal kuku tapi gak sampai akarnya. Setelah itu kuku akan tumbuh seperti biasa. Supaya pertumbuhannya bagus, dianjurkan untuk tidak menggunakan sepatu yang ketat pasca operasi hingga kuku tumbuh sempurna.
    Trims

  41. 42 Andi Februari 17, 2010 pukul 9:30 pm

    wah cak…
    kuku jempol saya da setaunan, lipatan kukunya membengkak, ampe ada daging2 merah gituan, kuku tampak ada di dalam n udah menutupi kuku jempol kira2 4mm…
    gimana ya solusinya…
    mau ke dokter, tapi awak takut, masa langsung dipotong menyilang n dijahit, serem banget cak dengernya….
    saran ke rs mana n bagian apa ya di daerah cipondoh – ciledug…

    trims, cak

  42. 43 cakmoki Februari 18, 2010 pukul 1:04 pm

    @ Andi:
    Kalo dah kelamaan dan terjadi pembengkakan sebagimana digambarkan, sebaiknya diambil kukunya (operasi kecil).
    Gak perlu dijahit, hanya dibius lokal, lantas kuku diambil, daging sekitarnya dibersihkan. Gitu aja. Ygsakit hanya suntikan bius pertama aja. selanjutnya ga brasa apa-2. Dan sembuh sekitar 10 hari.
    Ke Poli Bedah RSUD setempat.
    Makasih

  43. 44 triyono tm Maret 1, 2010 pukul 12:22 am

    nggak usah bingung,kita nikmati aja,untung kita masih canthengen,klo membusuk kayak orang diabetes akut,jemmpol kaki diamputansi,piye?…sabarr,obati aja dengan kunir dan bawang+jahe(wah jadi masakan dong)..dilembutkan,lalu di balutkan dengan perban,norak sih..ndeso..tapi nggak masalah yang penting sehat seger waras gak canthengen maneh…piye,monggo di cobi to,mboten mbayar kok,gratis infonya.

  44. 45 cakmoki Maret 1, 2010 pukul 2:32 pm

    @ triyono tm:
    makasih kunjunganya :)

  45. 46 kukucantengan Maret 28, 2010 pukul 2:24 pm

    untuk teman2 yg punya masalah dengan kukunya (potong kependekan, bengkak, bernanah, bau tidak sedap, berdarah, dll) jangan langsung di cabut..kalau kita pergi ke dokter kemungkinan solusi yg disarankan adalah cabut kuku, selain biaya yg tidak sedikit, yg pasti rasa sakitnya pula ga kebayang. ini ada obatnya.. alhamdulillah sudah banyak yg sembuh, untuk informasi silahkan kunjungi http://www.kukucantengan.wordpress.com, mudah2an informasi ini bisa berguna. wassalam

  46. 47 hobi NE April 10, 2010 pukul 11:56 am

    .dulu sy takut melakukan NE cak,sekarang karena kasusnya banyak,mau tak mau sy harus belajar dan melakukan sendiri,malu dong dokter umum gak bisa NE,lagian,cukup lumayan buat beli susu dan popok,hehehe,,

  47. 48 cakmoki April 10, 2010 pukul 12:36 pm

    @ hobi NE:
    iya, cuman sebentar, bisa disambi guyonan supaya yg di NE gak sutris… :) …selamat menikmati NE


  1. 1 Biarkan Kami Meneruskan Onani Kata-kata Ini « o m a i g a t Lacak balik pada Juni 1, 2007 pukul 3:44 pm
  2. 2 Gudang Penyakit di Tubuhku! « Nunut Ngeyup Lacak balik pada Juni 7, 2007 pukul 10:47 am
  3. 3 Bekal untuk adik « cakmoki Blog Lacak balik pada Januari 5, 2008 pukul 2:48 pm
  4. 4 ManfaaT bLog bagi siSwa… « -Hey2GeaL- Lacak balik pada Maret 6, 2008 pukul 1:59 pm
  5. 5 Gudang Penyakit di Tubuhku! « Tancep Kayon Lacak balik pada April 5, 2008 pukul 1:44 am
  6. 6 Pioderma | Kumpulan Informasi Kesehatan Lacak balik pada Juni 14, 2010 pukul 6:24 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,965,912 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: