Kuku-kuku Kaki Kita

Kode ICD 10: L03.0

Kuku KakiCatatan: walaupun membahas kuku, penulis tidak memasukkan ke dalam kode ICD.10: L60 (kelainan kuku) karena pokok bahasan lebih kearah infeksi kuku (paronikia atau paronychia).
Pilihan materi mempertimbangkan keluhan pasien di ruang praktek dan kehidupan sehari-hari terkait masalah kuku. Untuk itu penulis mohon maaf.

Pernahkan pembaca (muslim) iseng-iseng menajamkan penciuman ketika berada di hamparan sajadah saat melaksanakan kewajiban ibadah (sholat) ?
Maaf, bukan bermaksud mengangkat soal agama, melainkan masalah aroma tak sedap yang kadang kita jumpai terkait kebersihan kaki.

Kita akan membahas “aroma khas” di hamparan sajadah yang mungkin disebabkan kurang teraturnya membersihkan dan menjemur sajadah, akibat sumbangan aroma kaki-kaki yang pernah menapak di atasnya (sajadah).

Menurut penulis, aroma tak sedap kaki, dikarenakan kurang bersih saat membersihkan kaki, sela-sela jari dan kuku. Kadang kita mendapati seseorang membuka kaos kaki, lalu diikuti aroma sreng … sedaaappp. Mual.
(maaf lagi) Bau kaki pada umumnya lebih sering dijumpai pada pria, sedangkan pada wanita penulis belum pernah menjumpainya ( soalnya belum pernah nyium-nyium kaki wanita :P ) Mungkin ada juga sih, entahlah.

Oke deh, kita fokuskan ngobrol seputar kuku kaki.
Kuku jari kaki adakalanya tidak mendapatkan perlakuan sebaik perawatan kuku jari tangan. Hal ini dapat dimaklumi lantaran kuku kaki tidak atau jarang terlibat dalam interaksi dengan orang lain. Beda dengan kuku tangan yang selalu nampak, tak heran jika kuku tangan mendapatkan perhatian lebih dari si empunya kuku. Padahal kaki lebih sering kontak dengan tanah, lantai dan sejenisnya yang lebih beresiko menyimpan kotoran walaupun tidak nampak.

KAKI (KUKU) BERBAU
Selain kurang bersihnya kaki (terutama daerah tumit dan sela-sela jari), bau tak sedap dapat bersumber dari kuku dan ujung jari.
Kuku yang menyebarkan aroma tak sedap pada umumnya disebabkan oleh infeksi mikro-organisme, terutama kuman (bakteri) dan jamur.

Penyakit kuku yang paling sering berperan menyebarkan bau, adalah:

  • Paronikia (paronychia)
  • Kandidiasis (jamur kandida)
  • Onikomikosis(jamur tinea dan ragi)

Jika ada infeksi mikro-organisme pada kuku, maka pengobatan diarahkan pada upaya pemberantasan penyebabnya. Selain itu, upaya pencegahan patut mendapatkan perhatian agar kita terhindar dari infeksi kuku.

TIPS PERAWATAN KUKU KAKI

  • Potong kuku kaki secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas kuku bebas (ujung kuku) dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku (hiponikium)
  • Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi (bisa bengkak dan bau).
  • Jaga kuku kaki tetap kering. Bagi seseorang yang pekerjaannya menuntut selalu berada di air, usahakan mengeringkannya segera setelah tidak bersentuhan dengan air.
  • Bersihkan kuku kaki setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih.

Tambahan upaya perawatan:

  • Jika langkah di atas tidak menghilangkan bau, dapat dipertimbangkan serbuk (bedak) pengering, sepanjang tidak menimbulkan iritasi dan efek samping.
  • Usahakan alas kaki (sepatu, sandal) tetap kering untuk menghindari kelembaban yang beresiko menimbulkan bau.
  • Jangan biarkan kaos kaki tak tercuci, hiks bau ahhh !!! :lol:

Ada tips lain ? Monggo berbagi.
Selamat bersih-bersih kuku kaki.

Semoga bermanfaat.

Bersambung: salah potong kuku menuai operasi (operasi kecil koq, bentar, gak sakit)

About these ads

150 Responses to “Kuku-kuku Kaki Kita”


  1. 1 aroengbinang Mei 15, 2007 pukul 8:10 am

    betapa indahnya struktur dan bagian2 tubuh manusia, dan betapa banyak yang bisa diperbuat dengannya, ketika sehat, ketika sakit, oleh diri maupun orang lain; dan betapa banyak rezeki diri dan orang yang bergantung padanya; luar biasa.

    smoga syukur selalu mampir di hati kita. salam.

  2. 2 mei Mei 15, 2007 pukul 9:34 am

    Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi (bisa bengkak dan bau).
    —–
    u/ part yang di atas, tetap bisa di lakukan dengan catatan, sebelumnya kuku di rendam dulu dengan air hangat di campur garam sedikit. supaya kuku kaki lunak. setelah itu baru di bersihkan bagian dalamnya. setelah bersih, silahkan kalau mau di kasih warna sesuai selera(halah malah nyalon..haha)

  3. 3 iway Mei 15, 2007 pukul 11:05 am

    pak dokter, kalo kering tapi masih bau gimana?? baunya khas lho, ga dijual di toko parfum manapun :D

  4. 4 andreas sun Mei 15, 2007 pukul 11:27 am

    Pak Cakmoki :)

    Kuku jempol kaki saya (nail plate) lepas dari bawahnya (nail bed?). Jadinya kukunya terlihat berwarna putih gitu pak, bukan merah muda. Penyebabnya sepertinya gara-gara saya pake sepatu olahraga yang ngepas waktu tenis. Jadinya waktu kuku saya panjang sedikit aja, jadi kedorong-dorong gitu pak.

    Kondisinya sekarang bawahnya sudah sedikit kebuka gitu pak. Saya takutnya jadi kena kuman ato gimana di bagian yang nyelip itu Pak. Jadi sebaiknya dibiarkan lepas secara natural ato dioperasi saja ya?

    Terima kasih sebelumnya Pak :)

  5. 5 n0vri Mei 15, 2007 pukul 12:32 pm

    Kalo ditempat saya dikenal dengan istilah “Bau Jempol” Cak… :D
    tips nya sih paling cuma ganti kaos kaki setiap hari, n yang namanya sajadah sering-sering dicuci atau di laundry biar kalo sujud gak bersin :)

  6. 6 xwoman Mei 15, 2007 pukul 2:11 pm

    kk-ku cak (laki2) dia kalo pake sepatu pasti bau deh kakinya, udah direndem pake rinso, digosok sabun mandi, dikasi lotion atau disemprot parfum tetep aja nempel (udah sindrom kali). Tapi kalo pake sandal ga pernah bau kenapa ya? dan orang itu sepertinya ga bisa kalo dikasi barang mahal, misalnya sandal mahal (dari kulit) pasti bau, kalo dikasi sandal jepit yang cuma 10.000 ga bau tuh kakinya. Dasar wong ndeso :lol:

    @iway

    pengalaman pribadi ya? :lol:

  7. 7 Lintang Mei 15, 2007 pukul 2:19 pm

    oh ya pak…kadang ada orang yg selalu berkeringat. baik telapak tangan maupun telapak kaki selalu mengeluarkan keringat yg tdk sedikit. apalagi kl org tersebut selalu pake kaos kaki…sewaktu dibuka pasti deh bau banget. kl gitu gmn cara ngatasi?? ato mungkin apa sih penyebab knp kok telapak tangan dan telapak kaki selalu berkeringat meskipun badan gak berkeringat??

  8. 8 prim Mei 15, 2007 pukul 5:22 pm

    Baru masuk nih… ! salam kenal pak dokter..! kalau kuku kesandung terus kebongkar gimana tuh…! sakitnya walah …banget..! nah gimana cara ngatasinya…! ato sembuhinnya.. masalahnya.. kukunya udah mau kecabut… !!!!!

  9. 9 chielicious Mei 15, 2007 pukul 5:49 pm

    Kaki ku gampang keringetan itu gimana donk cak? klo di bersihin sieh rajin..kukunya juga rapi heheh..soalnya aku paling gak betah klo kuku kaki gondrong ^ ^

  10. 10 klikharry Mei 15, 2007 pukul 7:36 pm

    sekedar sumbang info…
    bila memang terdapat banyak kotoran dikuku kaki…
    bersiinnya jangan dicongkel-congkel…
    bersiinnya pake sikat gigi…
    fungsinya sama seperti bersiin kotoran di sela-sela gigi

    tapi sebaiknya
    sikat gigi yang dipake untuk kaki jangan di pake buat gigi lagi, he..he..

  11. 11 calonorangtenarsedunia Mei 15, 2007 pukul 9:15 pm

    SEBELAX™!!!

    Kakiku sih harum mewangi sepanjang hari..cak, kapan bahas bau badan? idungku sensitif bgt sm bau2an..

  12. 12 koecing Mei 15, 2007 pukul 9:24 pm

    *bcanda mode: ON*

    perempuan juga ada yang bisa punya bau kaki lho dok… bahkan berkat itu jadi ketemu jodoh…

    tadi pagi waktu sarapan di warung deket kosan, acara tv yang ditonton judulny casper. trus diending film casper itu, ada cerita ttg cinderela. dstu diceritain klo cinderela kakinya bau. tapi justru itu yang bikin pangeran menemukan cinderela. waktu sepatu cinderela ketinggalan, pangeran ngambil sepatu itu, trus bau kaki cinderela tercium. gara2 itu, pangeran mencari cinderela berdasarkan bau kaki yang dikenalnya.

  13. 13 kikie Mei 15, 2007 pukul 9:25 pm

    pak, aku pernah baca tips yang menganjurkan untuk pakaikan bedak ke kaki sebelum pake kaos kaki …
    menurut bapak gimana?

  14. 14 peyek Mei 15, 2007 pukul 11:16 pm

    cak tips dari teman, kasih tissue sebelum pasang kaos kaki, opo bener cak? tapi katanya berhasil he cak!

  15. 15 junthit Mei 16, 2007 pukul 5:14 am

    kuku kaki kalau motongnya kependekan bikin infeksi ya cak ? kuku kaki saya ini repot , kalau dibiarkan agak panjang dikit saja langsung nembus daging jadinya infeksi . kalau dipotong pendek juga suka infeksi karena kependekan..
    huuh..

  16. 16 Anang Mei 16, 2007 pukul 12:59 pm

    thanks dah berbagi tips

  17. 17 cakmoki Mei 16, 2007 pukul 4:21 pm

    @ aroengbinang,
    Amin, amin, amin.
    Trims telah sudi mampir

    @ mei,
    hahaha, salon perawatan tubuh nih. Trims tambahannya.
    Habis itu pakai pijet-pijet *halah* :D

    @ iway,
    Kalo sudah cuci dan ganti kaos kaki serta menjemur alas kaki teratur tapi masih bau, dapat diberi bedak penghilang bau misalnya: powder MBK atau sejenisnya (maaf, merk lain gak hapal), diusapkan disela jari dan sela kuku.

    @ andreas sun,
    Sebaiknya biarkan lepas secara alamiah. Biasanya kuku baru akan mendorong kuku lama hingga terlepas sendiri.
    Kalo khawatir kontaminasi kuman, bisa dioles bethadin setiap habis mandi untuk mencegah infeksi.

    @ n0vri,
    oke pak, sip.
    Tips untuk pengurus tempat ibadah nih, agar rajin mencuci dan menjemur hambalnya *moga takmir masjid ada yang baca*
    Trims :)

    @ xwoman,
    Timbulnya bau disebabkan kontaminasi mikro-organisme atau karena sisa-sisa kulit akibat lembab. Ok, langkah pertama udah betul, dicuci pakai sabun (gak perlu parfum). Selanjutnya taburi (dikit aja) dengan bedak penyerap keringat sekaligus penghilang bau, misalnya: powder BMK, Bliksem (yang ini agak sulit didapat) atau sejenisnya.
    Sampaikan sama kk-nya ya, selamat mencoba.

    @ Lintang,
    Telapak tangan atau telapak kaki berkeringat TIDAK selalu menggambarkan penyakit tertentu seperti yang disangka banyak orang.
    Penyebabnya bisa faktor psikis atau kinerja berlebihan kelenjar keringat. Gak papa koq. Masalahnya risih aja, kadang bau kalo di kaki. Cara mengatasi (khusus untuk kaki), dapat digunakan bedak penyerap keringat, misalnya powder MBK atau sejenisnya. Selain mengurangi keringat sekaligus untuk menghilangkan bau.

    @ prim,
    Monggo silahkan masuk dan mencicipi hidangan, hehehe.
    Salam kenal juga, trims telah berkunjung.

    Kalo kesandung kemudian kukunya “mangap” atau kebuka, perawatannya adalah:
    Beri antibiotika jika ada tanda-tanda infeksi (bengkak, merah, nyeri dan bernanah), misalnya: amoksisilin 500 mg 3×1 sehari sedikitnya selama 3 hari atau sampai infeksi hilang.

    Kalo memar cukup diberi obat pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg (ponstan, molasic, stanza, dll)
    Selanjutnya bebat dengan kasa atau perban dan biarkan sampai lepas sendiri agar kuku terganti dan tumbuh dengan sendirinya.

    @ chielicious,
    Bisa dicoba pakai bedak penyerap keringat, misalnya: powder MBK atau sejenisnya. Selama ini hasilnya bagus berdasarkan follow up dari orang-orang yang kami anjurkan memakainya.

    @ klikharry,
    Bisa juga tuh. Berarti perlu dikasih label “khusus kuku”
    Tengkyu, tambahan infonya :)

    @ calonorangtenarsedunia,
    wuih, asyik. Ntar sang pacar gak repot pakai parfum, cukup nempel-nempel di kaki udah wangi *bletak*
    Bau badan? Boleh juga, gak janji lho, takut ditagih, hehehe 49x

    @ koecing,
    hahaha, kaki cinderella baunya wangi kali. Kalo sebaliknya ada enggak? Misalnya sang putri ngambus-ngambus sepatu pangeran lalu ketemu jodohnya ;)

    @ kikie,
    iya, betul. Wanita biasanya lebih cermat soal beginian.

    @ peyek,
    Bisa juga sebagai pencegahan untuk menyerap keringat agar tidak lembab. Asalkan setelah selesai tissuenya tidak dikantongi, cak :D

    @ junthit,
    yang begitu biasanya (dulunya) waktu motong sudut kuku bagian atas kependekan, jadinya potongan tersebut tajam sehingga menusuk kulit kuku. Repot ya, soalnya sedang nun jauh di sana.
    Baiknya dilihat. Kalo memang berulang, terpaksa ganti kuku, maksudnya operasi kecil, agar tumbuh kuku baru.
    Berikutnya mbahas ini pak.

    @ Anang,
    Sami-sami pak.

  18. 18 Nany Mei 16, 2007 pukul 8:09 pm

    Cak Dokter, maap OOT nih, saya boleh konsultasi japri ndak? terkait masalah saya kmrn, saya sudah tes lab, dan sekedar pengen second opinion nih dari dokter Moki yang sudah begitu banyak pengalaman *halah, ngerayu critanya*, klo boleh, saya perlu kirim pertanyaan kemana ya Dok? makasih sebelumnya…

  19. 19 Dani Iswara Mei 16, 2007 pukul 10:45 pm

    ada jg yg menyarankan potong kuku asal rata saja (memudahkan aktivitas terutama olahraga), tdk perlu mengikuti ujung tepi jari???

    ada jg produsen kaos kaki yg mengklaim ‘anti bakteri’.. :D

  20. 20 cakmoki Mei 17, 2007 pukul 12:54 am

    @ Nany,
    Silahkan via email:
    cakmoki2006@yahoo.com
    Maaf baru buka, nyelesaikan kewajiban rutin :)

    @ Dani Iswara,
    ya, bisa juga begitu.
    Kaos kaki “anti bakteri” bahannya dari apa Mas.
    Jangan-jangan anti bakteri, ramah lingkungan jamur :D

  21. 21 Roffi Mei 17, 2007 pukul 3:23 am

    kuku² kaki kakekku kaku² kekekekeke

    waduh kaki saya kadang bau gara² pake sepatu terus seharian cak..

  22. 22 cakmoki Mei 17, 2007 pukul 4:11 am

    @ Roffi,
    Sssst, bisik-bisik aja ah :D Masa sih pak, di Belgi kan dingin, kecuali kalo lembab. Atau pilih kaos kaki katun, kalo perlu bawa cadangan, hehehe.

  23. 23 Rizma Adlia Mei 17, 2007 pukul 10:17 am

    Hualah, anti bakteri, jamur friendly,, ga banget!!

    Ma harus pake kaos kaki terus sih,, jadi kaki-nya harus sering dibersiin,, ckckck,,

  24. 24 Evy Mei 17, 2007 pukul 12:07 pm

    Dok klo meni pedi, bisa nularin penyakit ga, aku paling anti tuh ke salon meni pedi, takut hepatitis C, mending dikerjin sendiri atau bawa alat sendiri klo pun mau di salon, abis mereka khan ga di steril alatnya, BTW, keren euy gambar hati ;) tuing…tuing…

  25. 25 alle Mei 17, 2007 pukul 3:42 pm

    minta pedi-meni ah ma bu evy,.. gratis kan bu? hehehe.. :P

  26. 26 rakiyatendonesya Mei 17, 2007 pukul 4:10 pm

    denger-denger kalau miara kuku itu sama saja ngikutin setan.
    tapi Rakiyat mikir, siapa yang pernah liat kuku setan ya?
    hehehe OOT

    nice article!

  27. 27 kurt Mei 17, 2007 pukul 10:02 pm

    waduh benar juga postingan ini sangat bermanfaat. Jadi ingat waktu sholat di masjid berjamaah ketika ruku jadi bau. betapa malu pas sujud Cak. Soalnya kuku kakiku pas buat sujud orang dibelakang… waaah pasti yang dibelakang g khusu’… wah ini sangat bermanfaat untuk para santri. Izin ngerlink ya Cak buat situs ini
    Makasih..

  28. 28 superkecil Mei 17, 2007 pukul 10:59 pm

    berarti manicure pedicure itu perlu ga cak?

  29. 29 faiq Mei 17, 2007 pukul 11:06 pm

    Cak…, …
    Nggak jadi komen ah… soalnya sudah no. 28. Nanti aja nunggu pertamax… hehehe :D

  30. 30 faiq Mei 17, 2007 pukul 11:08 pm

    Eh.. rankingnya turun lagi.., jadi 29…, keduluan super kecil… nasib :cry:

  31. 31 mina Mei 18, 2007 pukul 8:29 am

    kebanyakan kaki bau karena tu kaos gak diganti2 atau dibiarkan basah. atau pake sepatu basah *huekkk…*

  32. 32 bangaiptop Mei 18, 2007 pukul 3:43 pm

    Dulu, waktu kaki saya masih bau. Di taburi kopi. Terus baru deh pake kaus kakinya.
    Praktik ini saya hilangkan, sejak ibu saya ngedumel, ketika kopi di rumah, setoples gede, habis dalam waktu seminggu. Dan saya tertangkap basah sebagai oknum penyalahgunaan kopi.

    Sejak saat itu… Saya selalu make sendal.

  33. 33 cakmoki Mei 18, 2007 pukul 6:29 pm

    @ Rizma Adlia,
    Udah dapet mata kuliah ini Ma? Nulis juga dong, kali nemu kaki temen mhs yg bau :D

    @ Evy,
    anu Dok *bletak* Bawa potong kuku sendiri aja :)
    iya, kalo menimbulkan luka bisa beresiko penularan, kecuali jika habis pakai langsung disterilkan.
    Gambar atinya Forza Milan koq Dok *tuing-tuing*

    @ alle,
    dah dapet kakinya bu Evy belum?

    @ rakiyatendonesya,
    Kayak kukunya Mak Lampir gitu ya? Eh saya belum pernah ketemu mak Lampir ding.
    Makasih Rakiyat :)

    @ kurt,
    Hehehe, salam untuk para Santri Pak, moga berguna :)

    @ superkecil,
    ya perlu. Bisa dilakukan sendiri pada saat mandi *jadi lama* atau di waktu luang.

    @ faiq,
    hehehe, pertamax dapat hadiah handuk.

    @ mina,
    Koq muntah, berarti sering dapet bau kaki nih :D

    @ bangaiptop,
    hahaha, untungnya nggak sama gulanya Pak.
    Lha kalo shooting gimana tuh sandalnya :D

  34. 34 calonorangtenarsedunia Mei 18, 2007 pukul 9:42 pm

    tak tagih sampe stress..akhirnya kan konsultasi ke psikolog jg kalo stress..

  35. 35 cakmoki Mei 18, 2007 pukul 10:48 pm

    @ calonorangtenarsedunia,
    hiyaa, belum janji udah mau ditagih ;)
    Konsultasi? Mau…mau, nggak nunggu stress. Ntar pulang konsul dikasih sangu ya … *siul-siul*

  36. 36 calonorangtenarsedunia Mei 19, 2007 pukul 12:51 pm

    oow…kayak anak kecil kalo ke dokter ya?
    selesai periksa boleh milih mau pensil apa iket rambut..

  37. 37 cakmoki Mei 19, 2007 pukul 4:00 pm

    @ Hana,
    hehehe, asyik kan ? :P

  38. 38 calonorangtenarsedunia Mei 20, 2007 pukul 10:25 pm

    asyik bgt…
    di dokter gigi deket rumahku cm blh sampe umur 17,,tp waktu nganter adekku kmrn, aku pasang tampang melas terus boleh ngambil iket rambut…

  39. 39 cakmoki Mei 20, 2007 pukul 11:50 pm

    @ Hana,
    Hahaha, bisa akting jadi imut juga ya ;)
    Di tempat saya, kalo melas tak kasih obat anti nangis …

  40. 40 superkecil Mei 21, 2007 pukul 11:39 am

    saia kalo mandi lama
    tapi bukan mani pedi
    hehe…

    ciblon! :D

  41. 41 cakmoki Mei 21, 2007 pukul 12:44 pm

    @ superkecil,
    Lama? jebar-jebur. Tapi gak ketiduran kan? ;)

  42. 42 anas - dah nga' login Juni 8, 2007 pukul 12:59 am

    Oh gitu ya pak makasih infonya lanjut ke posting berikutnya ah.

  43. 43 cakmoki Juni 8, 2007 pukul 1:22 am

    @ anas – dah nga’ login,
    ok, ntar ngikuti langkah

  44. 44 achi_35 Agustus 6, 2007 pukul 4:38 pm

    Cak, aku punya kasus yang sama dengan junthit jadi karena dulu potonganya terlalu pendek, saat akn tumbuh lagi terasa sakit karena menembus daging dan jadinya bengkak. Oleh beberapa teman saya disarankan untuk operasi, tapi saya bingung ke bagian apa ya? makasih..

  45. 45 cakmoki Agustus 7, 2007 pukul 12:54 am

    @ achi_35,
    ke dokter umum bisa, sy biasa melakukannya, paling hanya 30 menit, bentar aja koq dan ga sakit jika anestesinya benar.

    Bisa juga ke Puskesmas, atau ke RS (Poli Bedah). Operasi tersebut adalah operasi ringan … so tenang aja bos :D

  46. 46 mlk Februari 15, 2008 pukul 6:18 pm

    cak! kuku jempol kakiku sering kemasukan kotoran krn daging jempol melebar kesamping coz hrs dicongkel tuh kotorannya. ada ngak cara buat daging jempol ngak melebar lg?

  47. 47 cakmoki Februari 16, 2008 pukul 2:49 am

    @ mlk:
    sudah ada di Tips Perawatan Kuku kaki, sila baca :)

    Untuk langkah selanjutnya:
    Biarkan kuku tumbuh melewati garis batas lengkungan ujung jempol kaki, trus setelah itu potong sejajar dengan lengkungan ujung jempol kaki.
    Adapun kotoran di sela-sela bagian samping kuku jangan dicongkel, tapi cukup dibersihkan dengan washlap dan sabun agar kulitnya tidak melebar.

  48. 48 bie Juli 28, 2008 pukul 9:17 am

    klo d keluarga saya bau jempol kaki dibilangnya bau “keong” heheheh

    jd klo jempolnya cantengan bilangnya “keongan” .. tau tuh dr mana

    keluarga saya bisa bilang gtu.. mungkin karna baunya yg khas kali yach

    hehehe….

  49. 49 cakmoki Juli 28, 2008 pukul 10:31 pm

    @ bie:
    mungkin untuk memudahkan aja ato mengingatkan sesuatu yang berhubungan dengan “keong” … kayaknya sih keong gak bau, malah sedep dimasak oseng-oseng … hehehe

  50. 50 rara Agustus 28, 2008 pukul 9:12 am

    gmna sc cara ngatasin kuku yg kena rastum????

  51. 51 Dhia Agustus 28, 2008 pukul 2:27 pm

    Biasanya setelah operasi cabut kuku, berapa hari kuku akan tumbuh kembali? trus gimana caranya kalo operasi kuku biar gak sakit, pasti sakit ya?????
    menyedihkan amat sih Pak….

  52. 52 Aul Aul Agustus 28, 2008 pukul 2:35 pm

    temen nyaranin aq untuk cabut kuku jempol kaki, kanan dan kiri…tumbuhnya jelek banget, keriput2 gitu. awalnya sejak kami pindah rumah, di rumah yg baru blom ada air PAM (sekarang sih ada) jadi dalam setahun kami pakai air sumur di campur VAC (penjernih air) wah wah…kuku cantikku jadi kacau….lama2 jadi mengkerut, bernanah dan sakit kalo mau tumbuh baru ( jadi gak bisa di cat lagi…sedih!!!). aq udah eneg banget ama masalah ini. kata temen, bisa dioperasi tuh kuku nya, tapi kan pasti menyakitkan sekaliiiii ya gak sih pak???? apa ada solusi lain sebelum memutuskan untuk pergi operasi???? misalnya dikasih apa gitu kukunya….please…..

  53. 53 tea Agustus 28, 2008 pukul 4:08 pm

    cak..mau tanya nih…klo ilangin kutikula di kaki gmn?soalny kuku kelingking sering ada kutikula, kan pake sepatu trus seharian, jd kadang kukunya pun menhitam.itu gmn?ga bs di bersihin itamnya.sepertinya dari dalam tuh, gmn ya?

  54. 54 cakmoki Agustus 29, 2008 pukul 3:10 pm

    @ rara:
    Rastum?…maaf, apaan tuh?

    @ Dhia:
    Pertama, penyembuhan pasca potong kuku sekitar 7-10 hari, setelah itu kuku akan mulai tumbuh (tapi belum nampak dengan mata telanjang). Setelah sebulan, pertumbuhan kuku udah nampak.

    Gak sakit. Hanya saat dibius lokal aja sakit, saat kuku dilepas gak terasa apapun dan hanya berlangsung 5-10 menit.
    Tatacara operasi lepas kuku agar tidak sakit, silahkan baca artikel tentang Salah Potong Kuku dan di bagian bawah ada edisi lengkap yang dapat didownload… Trims

    @ Aul Aul:
    Jawaban yang sama lihat di atas.
    Operasi lepas kuku gak sakit kalo tekniknya benar dan akan tumbuh kuku baru yang lebih bagus..

    @ tea:
    Diperiksa duluan, apakah bener dari dalem ato karena jamur, ato karena sebab lainnya.
    Sebaiknya periksa ke dokter deh … :) supaya mendapatkan solusi terbaik…

  55. 55 stefany Desember 15, 2008 pukul 11:30 am

    kalo kaki kita bau apa klo di sabun langsung baunya ilang ya?

  56. 56 cakmoki Desember 15, 2008 pukul 11:40 pm

    @ stefany:
    Kalo bau kaki bukan karena infeksi, cukup disabun udah bisa hilang. Tapi kalo gak bisa, mungkin di sela-sela jari, dan sela-2 kuku perlu diperhatikan ada tidaknya gangguan.

  57. 57 admin April 12, 2009 pukul 6:45 pm

    berabe lg kalo psoriasis kena kuku cak.. mo diobati Loprox satu galon jg lum tentu sembuh,haha.
    .indonesia yg kucinta surga infeksi,oh nestapa,bersabarlah. .

  58. 58 cakmoki April 12, 2009 pukul 7:53 pm

    @ admin:
    hehehe…iya :)
    makasih kunjungannya dan juga link-nya. Ntar sy link juga ya…
    Met berkarya…

  59. 59 sylvia Juni 20, 2009 pukul 1:41 pm

    hallo dok.. salam kenal nie..

    dok gawat darurat nie!! (lebay mode on)

    dok, waktu ntu saya pake sepatu kekecilan (huhu keadaan mendesak!)
    agak lama juga tuh pakenya, ampe terasa linu..
    nah pas saya liat, sehari kemudian jempol kaki saya membiru agak hitam pudar dan memarnya itu bukan di kukunya tp DIBAWAH KUKU dan ngilu jika di tekan.
    yang mau saya tanyakan apa itu termasuk cantengan?
    lalu bagaimana menyembuhkannya? untuk menghilangkan lebam itu.. ada resepnya ato cara tradisional gak?
    menurut dokter luka saya ini parah gak?
    apa bisa sembuh sendiri ato harus cek k dokter?
    satu lagi dok, kuku jempolnya apa mesti di copot jg?? (aduh serem..!!)

    plizz ya dok bantuannya !!!
    makasih dok…

  60. 60 cakmoki Juni 20, 2009 pukul 3:04 pm

    @ sylvia:
    Kemungkinan udah infeksi.
    Silahkan diobati dengan antibiotika dan pereda nyeri.
    Cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama 5 hari, sedangkan untuk nyerinya dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg (merk dagang bebasa memilih), diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.
    Ntar kita lihat setelah 5 hari (setelah cefadroxyl habis).
    moga segera sembuh … trims

  61. 61 mulaidariyangkecil Agustus 18, 2009 pukul 12:48 pm

    sy juga punya masalah dengan kuku dok.. sudah yang kedua kali kuku jempol kaki kanan saya mengalami ‘ganti kuku’. nah yg kedua kalinya ini sedang sy alami. Kukunya terlihat karatan warna putih dari dalam dan bau. Karena 90% sudah hampir terkelupas maka sy putuskan untuk memotongnya dengan menyisakan sedikit bagian yang memang masing menyatu dengan daging. Kuku yang baru sy lihat jg seperti ada kesan karatan diujunganya, sy khawatir kuku baru ini juga akan ‘ganti kuku’ nantinya. Apa yg harus sy lakukan dok? mohon bantuannya. Oia, kuku jempol kaki kanan sy juga banyak kotoran hitam disisi2nya yg sulit dihilangkan. Terimakasih. Sy tunggu jawabannya.

  62. 62 cakmoki Agustus 20, 2009 pukul 11:39 pm

    @ mulaidariyangkecil:
    Yang harus dilakukan adalah mengikuti Tips sesuai artikel di atas:

    TIPS PERAWATAN KUKU KAKI

    > Potong kuku kaki secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas kuku bebas (ujung kuku) dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku (hiponikium)
    > Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi (bisa bengkak dan bau).
    > Jaga kuku kaki tetap kering. Bagi seseorang yang pekerjaannya menuntut selalu berada di air, usahakan mengeringkannya segera setelah tidak bersentuhan dengan air.
    > Bersihkan kuku kaki setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih.
    > Jika langkah di atas tidak menghilangkan bau, dapat dipertimbangkan serbuk (bedak) pengering, sepanjang tidak menimbulkan iritasi dan efek samping.
    > Usahakan alas kaki (sepatu, sandal) tetap kering untuk menghindari kelembaban yang beresiko menimbulkan bau.
    Trims

  63. 63 Givan Oktober 26, 2009 pukul 9:56 pm

    Assalamu’alaikum pak cakmoki….
    Pak,pas aqu lagi latihan karate,aqu jatuh,teruz kuku jempol kakiku kena,truz jadinya kuku jempol kakiku agak longgar,berdarah,stlah 1 hri,jadinya bengkak,truz memar diatas jempolnya,kaya ada darahnya,n jempol susah digerakin n sakit kalo melangkah dngan normal…
    Obatnya apa?
    Truz haruz dgimanain?
    Mohon jwbanya scpatnya…
    Trima kasih
    wassalam..

  64. 64 Givan Oktober 26, 2009 pukul 10:00 pm

    Oh iya?
    Kira2 smbuhnya kpan?
    N pantanganya apa aja?
    Pokoknya cara penanganan n pnjelasan yg lengkap lah…Pak cakmoki yg baik hati dan cantik…Eh ganteng deh….

  65. 65 cakmoki Oktober 27, 2009 pukul 1:24 am

    @ Givan:
    Ass, wr, wb…
    Gambaran di atas menunjukkan kemungkinan adanya infeksi.

    Obatnya: Antibiotika dan pereda nyeri serta bengkak, misalnya: Cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan sedikitnya 4-5 hari atau hingga sembuh. Dan Asam mefenamat 500 mg, untuk meredakan nyeri danbengkak, diminum 3×1 sesudah makan hingga bengkak dan nyerinya hilang.
    Tentang lamanya pengobatn bergantung pada infeksinya. Saya gak bisa memperkirakan tanpa melihat langsung.
    Moga segera sembuh .. :)
    Trims…. Wass

  66. 66 mirza Oktober 27, 2009 pukul 1:57 am

    Pooh..slamat malam..

  67. 67 cakmoki Oktober 27, 2009 pukul 2:35 am

    @ mirza:
    met malem… met istirahat ;)

  68. 68 Givan Oktober 27, 2009 pukul 9:09 am

    Thx bgt pak dokter yg baik hati….. :-)

  69. 69 cakmoki Oktober 27, 2009 pukul 3:44 pm

    @ Givan:
    Sama-sama … makasih juga telajh berbagi :)

  70. 70 iyenk November 4, 2009 pukul 11:46 pm

    Malam dok..

    sebelumnya saya udh pernah konsul mengenai infeksi di jempol kaki anakku (3th),Alhamdulillah udah sembuh Cak. Terima kasih banyak.

    Cak, sekarang giliran ibunya nih yg sakit (30th), maaf Cak mau minta tolong lagi.

    3 hari yg lalu kaki saya kesandung, kena kuku jempol duluan, jadi aja rada keangkat kukunya. Aduuh Cak, sakit banget, sekarang jempolnya rada bengkak, keluar cairan, kadang berdarah. Saya obati pake betadine dan rivanol. Kalo keluar rmh saya bebat perban.

    - Apa saya perlu ke dokter utk cabut kukunya apa biar secara alami aja Dok ? (kalo di cabut..ih syereem)
    - Kalo secara alami, berapa lama sih Dok sembuhnya?
    - Saya baca diatas, antibiotik utk saya baiknya Cefadroxil atau amoxisilin ya Dok?

    Makasih ya Cak…

  71. 71 cakmoki November 5, 2009 pukul 11:13 pm

    @ iyenk:
    Met Malam …
    Gak perlu buru-buru cabut kuku. Menurut saya diupayakan kuku pulih secara alami.
    Pengobatannya cukup dengan cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 selama 5-10 hari dan asam mefenamat 500 mg, diminum 3 x 1 sesudah makan hingga bengka dan nyerinya hilang.
    Setelah gak infeksi, biarkan kuku tumbuh memanjang dan memotongnya setelah melewati ujung ujung jari.

    Moga segera sembuh. Trims

  72. 72 iyenk November 6, 2009 pukul 8:23 pm

    Alhamdulillah kuku ku engga harus dicabut. Jawaban Cak Moki menenangkan hatiku nih. Makasih banyak ya Cak..

  73. 73 cakmoki November 7, 2009 pukul 11:21 pm

    @ iyenk:
    Makasih juga telah berbagi :)

  74. 74 nasution Desember 28, 2009 pukul 8:30 pm

    kukuku sekarang tidak bau lagi, caranya mudah ; oleska lem alteko pada selah kuku yg sungapan dan panjangkan kuku sampai melewati parit sela kuku.

  75. 75 ranti Maret 18, 2010 pukul 10:36 pm

    cak…. kuku kakiku yg kiri pojok renggang ma daginge/kulit nah aku pergi ke dr… stlaah itu katanya hrs d operasi… aku nurut aja jadi daging smpg kuku d bersihkan trus kukune d potong n d jahit jd berkurang 0,5 cm lah dr kuku aslinya, yang jd masalah setelah operasi kukunya tumbuhnya malah nggak bgs bgts( jd nyesel d… aku sdh minta d cabut aja tp dr maunya operasi dpotong n d jahit) kukunya itu jad nggak nempel gitu… gmana cak carane biar kukuku bagus lagi… krn tumbuhnya kukuku geradakan / tidak rata dan warna pllg atas ndak putih gitu!!! apa perlu d jahit lagi antara kuku n kulit krn benar2 tidak nyatu yg atas kukune ma dagingnya… please ya cak soluusine piye….

  76. 76 ranti Maret 18, 2010 pukul 10:37 pm

    cak…. kuku kakiku yg kiri pojok renggang ma daginge/kulit nah aku pergi ke dr… stlaah itu katanya hrs d operasi… aku nurut aja jadi daging smpg kuku d bersihkan trus kukune d potong n d jahit jd berkurang 0,5 cm lah dr kuku aslinya, yang jd masalah setelah operasi kukunya tumbuhnya malah nggak bgs bgts( jd nyesel d… aku sdh minta d cabut aja tp dr maunya operasi dpotong n d jahit) kukunya itu jad nggak nempel gitu… gmana cak carane biar kukuku bagus lagi… krn tumbuhnya kukuku geradakan / tidak rata dan warna pllg atas ndak putih gitu!!! apa perlu d jahit lagi antara kuku n kulit krn benar2 tidak nyatu yg atas kukune ma dagingnya… please ya cak soluusine piye….tolong jawabane secepatnya cak…. tengkiyu…

  77. 77 ranti Maret 18, 2010 pukul 10:40 pm

    cak…. kuku kakiku jempol yg kiri pojok renggang ma daginge/kulit nah aku pergi ke dr… stlaah itu katanya hrs d operasi… aku nurut aja jadi daging smpg kuku d bersihkan trus kukune d potong n d jahit jd berkurang 0,5 cm lah dr kuku aslinya, yang jd masalah setelah operasi kukunya tumbuhnya malah nggak bgs bgts( jd nyesel d… aku sdh minta d cabut aja tp dr maunya operasi dpotong n d jahit) kukunya itu jad nggak nempel gitu… gmana cak carane biar kukuku bagus lagi… krn tumbuhnya kukuku geradakan / tidak rata dan warna pllg atas ndak putih gitu!!! apa perlu d jahit lagi antara kuku n kulit krn benar2 tidak nyatu yg atas kukune ma dagingnya… please ya cak soluusine piye….tolong jawabane secepatnya cak…. tengkiyu

  78. 78 desi Maret 18, 2010 pukul 10:43 pm

    cak jempol kananku kuku e uelek yang pojok dkt kulite kukune grepes gmn cara penyembuhannya tiap bangun tidur kukunya sakit sekali…. apa kukunya bs nggak gerepes lagi… gmn caranya biar kuku keliahata cantik tdk gerepes dan sakit. tx cak.

  79. 79 cakmoki Maret 19, 2010 pukul 4:38 pm

    @ ranti:
    Mestinya tidak dipotong sebagian, tapi diambil semuanya agar terganti kuku baru yang sehat dan mulus…
    Operasinya hanya operasi kecil, pake bius lokal, dan selesai dalam 1 jam… setelah itu akan sembuh dalam 10 hari… selanjutnya silahkan merawat kuku sebagaimana tips di atas hingga kuku tumbuh sempurna…

    Pembahasan tentang Tatacara operasi kuku, silahkan baca artikel di blog ini pada link berikut:
    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/05/19/salah-potong-kuku/

    Makasih

    @ desi:
    Tips perawatan kuku udah tertulis di bagian akhir artikel….yakni:

    TIPS PERAWATAN KUKU KAKI

    * Potong kuku kaki secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas kuku bebas (ujung kuku) dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku (hiponikium)

    * Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi (bisa bengkak dan bau).

    * Jaga kuku kaki tetap kering. Bagi seseorang yang pekerjaannya menuntut selalu berada di air, usahakan mengeringkannya segera setelah tidak bersentuhan dengan air.

    * Bersihkan kuku kaki setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih.

    * Jika langkah di atas tidak menghilangkan bau, dapat dipertimbangkan serbuk (bedak) pengering, sepanjang tidak menimbulkan iritasi dan efek samping.

    * Usahakan alas kaki (sepatu, sandal) tetap kering untuk menghindari kelembaban yang beresiko menimbulkan bau.

    * Jangan biarkan kaos kaki tak tercuci, hiks bau ahhh !!!

    Kalo masih belum jelas, boleh ditanyakan :)
    Makasih

  80. 80 asri Maret 26, 2010 pukul 3:21 am

    Dok,penyebab jempol kaki bau karena apa?palagi klo dlam keadaan basah bau banget kaya bau “keong mati” harus diobati pke apa dok??trims y….

  81. 81 asri Maret 26, 2010 pukul 3:43 am

    oya dok…tp jempol kaki ku ga sakit,biasa aja tp ko bauna ga ilang2 yah,pdhal sering aku gosok pke sikat ma sabun..mmg pinggirannya item2 tp klo aku congkel2 kaya pasir2 gitu…bau bgt…help me yah dok,, :’( makacih….

  82. 82 cakmoki Maret 27, 2010 pukul 12:30 am

    @ asri:
    Silahkan baca lagi penyebab kuku bau dan tips perawatannya pada artikel di atas :)
    Makasih

  83. 83 nurbayani Maret 30, 2010 pukul 5:22 pm

    pak dokter,bagaimana kalau kuku kaki nya sudah rusak,bagaimana cara ngobatinnya/

  84. 84 cakmoki Maret 31, 2010 pukul 12:39 pm

    @ nurbayani:
    Bisa diobati dong…Jenis obat yang digunakan bergantung penyebabnya. Jika rusaknya oleh jamur, maka diobati anti jamur selama 6-8 minggu, dst….
    Nah, selama pengobatan, biarkan kuku tumbuh memanjang hingga bagian yg rusak tergantikan (terdorong) oleh kuku yg baru. Pemotongan kuku dilakukan jika ujung kuku sudah melewati ujung jari.
    Untuk itu, sebaiknya ke dokter terdekat untuk mengobati penyebab rusaknya kuku. Adapun perawatannya, silahkan ikuti Tips di atas.
    Trims

  85. 85 nurbayani April 4, 2010 pukul 1:47 pm

    kalaw obat anti jamur itu misalnya kayak apa ya dok,,??

  86. 86 cakmoki April 4, 2010 pukul 5:12 pm

    @ nurbayani:
    salah satu contohnya: Ketoconazole 200 mg, diminum 1×1 sehari selama sedikitnya 4-6 minggu.
    Adapun obat luarnya Ketoconazole juga, Krim Ketoconazole 2%, dioleskan 2-3 kali sehari selama sedikitnya 4-6 minggu.
    Makasih

  87. 87 sylvia Mei 10, 2010 pukul 10:37 pm

    dok, anak saya berumur 5 thn. kuku tangan dan kakinya mau tumbuh kuku baru. jujur saya baru mengetahui kalau kuku itu bisa tumbuh lagi seperti yg terjadi pd anak saya. kuku barunya tumbuh di bawah kuku lamanya. bagian bawah kuku lamanya mulai copot dari kulit sehingga menimbulkan jedah antara kuku baru dan lama. apa penyebab bisa terjadinya masalah ini, apa dikarenakan anak saya suka mencuci tangan? solusi apa yg terbaik? kalau ke dokter, dokter bagian apa ya? thx buat infonya.

  88. 88 cakmoki Mei 12, 2010 pukul 2:40 am

    @ sylvia:
    Hal semacm itu kadang terjadi pada anak yang kukunya mengalami infeksi jamur dan sebab lain yang memicu pergantian kuku. Menilik anak suka main air, salah satu kemungkinannya pergantian kuku tersebut karena jamur.
    Kalo gak ada keluhan dan gak ada tanda infeksi sekunder oleh kuman (ditandai dengan adanya nanah area sekitar kuku), gak perlu ke dokter. Cukup diberi bethadine di area jedah antara kuku baru dan lama, hingga kuku yang baru tumbuh sempurna menggantikan kku lama. Namun bila ibu khawatir, bisa ke dokter umum atau dokter anak.
    Makasih

  89. 89 fuji Mei 22, 2010 pukul 8:40 am

    cak mo nanyanih..
    kuku jempol kaki kanan aq dah dari 6 bulan yang lalu kena jamur teruz waktu berobat k dokter kulit bulan januari kemarin dikasih loprox… nah sekarang tuh loprox dah abis and kondisi kuku kaki ku sama sekali gak ada kemajuan… masih suka ada strip-strip putih di bagian yang tumbuh kuku baru dan mudah patah jadinya… pertumbuhan kukunya juga lambat baru disekitar pinggiran kuku…

    nah aq mo nanya kenapa bisa begituyah cak, apa ada infeksi lanjutan or salh obat???
    thanks y cak

  90. 90 cakmoki Mei 22, 2010 pukul 11:41 am

    @ fuji:
    Obatnya bener. Kemungkinan ada infeksi lanjutan karena faktor kelembaban.
    Makasih

  91. 91 asha Agustus 1, 2010 pukul 4:08 pm

    dok,kuku jempol kakiku udah agak lama tumbuhny g bagus.keriput gitu.terakhir ini malah pangkal kukuny kaya pecah n ada lapisan yg mau lepas.apa bisa diobati pake obat dokter atw hrus operasi?

  92. 92 cakmoki Agustus 1, 2010 pukul 5:53 pm

    @ asha:
    Bergantung pada penyebab gangguan kuku tersebut. Jika karena jamur, cukup diobati dengan obat anti jamur selama sedikitnya 6-8 minggu, hingga tumbuh kuku baru yg lebih sehat. Jika karena infeksi, maka terlebih dahulu diobati dengan anti-infeksi.
    Untuk menentukan jenis gangguan kuku tersebut, seyogyanya periksa ke dokter.
    Namun, jika dengan obat dirasa terlalu lama, mending operasi aja… hanya perlu sekitar 1-2 minggu untuk penyembuhan. Kemudian merawat kuku baru yang tumbuh pasca operasi.
    Makasih

  93. 93 hary Agustus 25, 2010 pukul 2:19 am

    cak moki, sy pernah kesandung beberapa bulan lalu, kena kuku jempol kaki kanan terasa sakit sekali, tp lama2 sakitnya hilang sendiri dan sebagian kuku agak berwarna coklat. kira2 seperempat bagian kuku, bagian atas dan samping yg deket kulit. lama2 warna coklatnya ilang, skrg ternyata bagian coklatnya ilang tapi jadi putih menebal dan mulai mengelupas dikit2. Ini cuma seperempat pinggir, sisanya bagus. Selain itu sy ga ada keluhan lain, ga sakit, ga bau, ga berair, ga bernanah dll. Nah ini baiknya gimana ya cak, dibiarkan copot sendiri sampai bagian samping yg deket kulit juga, bisa gak cak. Atau jdi ga pernah akan rata lagi kukunya? tpi bagian 3 perempatnya bagus kenceng bener jadi rasanya sayang kalau diangkat semua, cuma sy heran juga kok ini udah makan waktu berbulan2 kyknya hampir setaun, ga sakit cak hanya penampilan kukunya jadi aneh krn ada putih yg mengeras dan ada kroak yang sudah mulai mengelupas. gimana tanggapan cak moki? trimakasih cak

  94. 94 hary Agustus 25, 2010 pukul 2:21 am

    tambahan cak, waktu dulu sempet berwarna coklat itu selama berbulan2, itu mksdnya spt coklat karena berdarah di dalem, jdi bukan kukunya coklat tp krn di kulitnya mungkin ada darah, jdi smpt berwarna coklat, dan kondisi skrg spt yg sy ceritakan di atas cak.

  95. 95 hary Agustus 25, 2010 pukul 2:27 am

    tambah lagi cak. jdi maksudnya kukunya spt retak gitu cak. Maaf post berulang krn takut kurang jelas menggambarkannya. trimakasih cak moki yang baik…

  96. 96 cakmoki Agustus 25, 2010 pukul 11:58 pm

    @ hary:
    Kalo udah berbulan-bulan, apalagi udah hampir setahun, mestinya kuku akan tergantikan oleh kuku baru… namun jika ada bagian yang retak dan hanya 3/4 yang lengket ke dasar kuku, sebaiknya diangkat untuk membersihkan bagian dasar yang mengeras supaya tumbuh kuku baru yang bagus.
    Menurut saya, seyogyanya periksa ke okter terdekat untuk memastikan apakah perlu diangkat atau enggak.
    Makasih

  97. 97 hary Agustus 27, 2010 pukul 4:15 am

    cak, kalau tdk ada keluhan, apakah berbahaya jika didiamkan, atau hanya mengganggu estetika saja? trimakasih cakmoki

  98. 98 cakmoki Agustus 27, 2010 pukul 4:38 pm

    @ hary:
    bener, hanya mengganggu estitika saja… tidak bahaya.
    Trims

  99. 99 Ratna September 5, 2010 pukul 3:03 am

    Dok,kuku jempol kaki sy kena standar mtr,jd lepas smua smp pangkalnya… Sdh d beri antibiotik n stanza,sebaiknya d balut perban pa ga?skrg perbannya sy buka agar kering..bs tumbuh lg ga?

  100. 100 cakmoki September 5, 2010 pukul 3:25 pm

    @ Ratna:
    Kalo masih infeksi sebaiknya dibalut pake perban.
    Bisa tumbuh seperti semula

  101. 101 mnabiku Oktober 2, 2010 pukul 3:40 pm

    halo,,,salam kenal..
    saya ingin bertanya bagaimana cara menghilangkan noda2 di tepi-tepi kuku kaki, sudah saya potong tapi masih saja ada.
    Mohon sarannya..

  102. 102 cakmoki Oktober 3, 2010 pukul 1:59 am

    @ mnabiku:
    halo…salam kenal…
    Cukup dibersihkan dengan washlap setiap mandi… yg jelas gak bisa langsung bersih, …ntar akan bersih seiring dengan dorongan pertumbuhan kuku… Hindari mencongkel-congkel kotoran di tepi kuku karena bisa menimbulkan infeksi dan justru gak akan bisa bersih akibat terbentuknya cekungan di tepi kuku.
    Makasih

  103. 103 selly Oktober 18, 2010 pukul 8:00 pm

    Slmt malam Dok..

    Dok..ikut bertanya ya..sy puny amasalah dgn kuku jempol kaki..ke-2 nya :( sudah 4 x saya operasi kuku..diangkat seluruhnya dan tumbuh baru…tapi..problemnya sama..tiap tahun saya operasi kuku,krn kuku kaki sy yg baru tumbuh tidak menempel pd dagingnya ..warnanya jdi kuning/keruh…akhirnya bau..padahal sy sdh rawat hati2…minum antibiotik,betadine,dlsb…sy tanya ke dokternya jnp kuku sy begini lagi..dokternya bilang krn faktor genetik…waaaaahhhh masa iya sih bau kuku dan kuku tidak menempel krn fakrot genetik??????? sy bingung hrs gimana lg nih Dok…ini udah mau ke 5 cabut kuku lagi….ya ampuuuuunnnn…..tolongin dong dok bgm solusinya…biar sy ga cabut kuku terus iap tahun……cabut yg terakhir sy nyaris PINGSAN! karena sakit sekali……….tolong ya Dok…obat apa yg ampuh untuk membuat kuku saya menempel kembali pd dagingnya dan tdk berbau……toloooooooong banget Dok…maksih ya Dok…..

  104. 104 cakmoki Oktober 19, 2010 pukul 12:21 pm

    @ selly:
    selamat siang…
    ini saya copy paste tips Perawatan kuku pada artikel di atas:

    TIPS PERAWATAN KUKU KAKI

    > Potong kuku kaki secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas kuku bebas (ujung kuku) dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku (hiponikium)
    > Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi (bisa bengkak dan bau).
    > Jaga kuku kaki tetap kering. Bagi seseorang yang pekerjaannya menuntut selalu berada di air, usahakan mengeringkannya segera setelah tidak bersentuhan dengan air.
    > Bersihkan kuku kaki setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih.

    Tambahan upaya perawatan:

    > Jika langkah di atas tidak menghilangkan bau, dapat dipertimbangkan serbuk (bedak) pengering, sepanjang tidak menimbulkan iritasi dan efek samping.
    > Usahakan alas kaki (sepatu, sandal) tetap kering untuk menghindari kelembaban yang beresiko menimbulkan bau.

    Biasanya timbulnya infeksi paronikia karena motong kukunya terlalu pendek dan suka mencongkel tepi kuku yg berbatasan dengan kulit…bukan faktor herediter.

    Makasih

  105. 105 selly Oktober 19, 2010 pukul 7:36 pm

    Malam Dok…terimakasih atas solusinya…sy sudah jalankan semua tips spt yg dokter sampaikan, tapi kuku baru saya tumbuh dgn tidak menempel lagi bagian atasnya..yg bawah masih,sy takut lama kelamaan bagian bawahnya juga akan terlepas dari dagingnya..apa ada obatnya untuk kuku kaki jempol sy tsb yg sdh terinfeksi dokshg tdk menyebar kedaerah yg lain?kalau ada – mungkin salep atau apa – apa namanya dok dan bisakah kuku kaki saya kembali menempel pd dagingnya..atau memang sy harus kembali cabut kuku?mohon sarannya Dok…

  106. 106 cakmoki Oktober 20, 2010 pukul 12:22 am

    @ selly:
    Bagian bawah kuku (dasar kuku) gak akan tercabut dari dagingnya, karena bagian tersebut merupakan satu kesatuan dengan jaringan penyangga kuku yang berfungsi untuk pertumbuhan kuku, terutama di bagian pangkalnya.
    Agar tumbuh kuku baru yang bagus, sebaiknya cabut kuku lagi jika emang dianjurkan oleh dokter yang memeriksa. :)
    Makasih

  107. 107 selly Oktober 24, 2010 pukul 3:40 pm

    MAkasih ya Dok….hiks…(butuh ekstra ketabahan lagi NIH Dok..)

  108. 108 cakmoki Oktober 24, 2010 pukul 3:49 pm

    @ selly:
    makasih juga telah berbagi :D

  109. 109 Mamat November 23, 2010 pukul 7:58 pm

    Dokter yg terhormat, saya sudah pernah cabut kuku jempol kaki dua kali. Hal tersebut dikarenakan kuku yang ada di dalam daging terus tumbuh hingga menusuk daging jempol saya. Sepertinya infeksi dan mengeluarkan nanah setiap saat. Sejarahnya dulu jempol kaki saya terkena kotoran kucing dan saya biarkan saja karena tidak tahu. Meskipun sudah dicabut dan kembali normal, tapi saat ini saya merasa jempol kaki saya masih sakit, sepertinya ada kuku yang tumbuh lagi ke dalam. Tapi nanah belum keluar, hanya saja bengkak sedikit dan terasa sakit jika tersentuh. Saya mau cabut lagi, tapi takut akan rasa sakitnya, saya juga takut langsung mati, apalagi sekarang zamannya malpraktik. Bagaimana solusinya?

  110. 110 cakmoki November 23, 2010 pukul 11:17 pm

    @ Mamat:
    Lho, yang bilang jamannya Malpraktek siapa ? Mal praktek adalah tindakan medis yang tidak sesuai prosedur… dokter selalu melakukan tindakan sesuai prosedur karena emang sudah kerjaanya… adapun istilah mal praktek yang sering diberitakan di media itu tidak selalu benar :D .. namanya juga berita, kalo gak seru gak dapat duit …hahaha.
    Untuk paronikia (infeksi kuku), kalo gak mau dicabut, dapat menggunakan obat:

    1) Antibiotika, misalnya Cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan selama sedikitnya 1 minggu.
    2) Pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.

    Makasih

  111. 111 Lamris November 28, 2010 pukul 2:31 pm

    Assalamualaikum. Dok, jempol kaki saya mengkriput, timbul bintil2 berair. Berasa kebas, Kl d tekan kukunya terasa lunak. Pernah bintilnya berairnya mengering. Tp selang 2 mggu bintil2 berair muncul lg, kuku n dagingny terasa lunak dan ktk hampir mengering, jempol tsbt kejatuhan sound system, kuku agak terangkat, berdarah. Kini keluar nanah, dr bwh kukunya. Pengobatan saya beri betadhine aja. Apakah perlu di balut dan di hindarkan dari air smp sembuh? Brp dosis antibiotik bwt saya umur 30 thn? Saya khawatir ada efek samping thdp bintik berair tsbt, kr kelihatan muncul lg. Kejadian 1 mgg yg lalu. Wasalam

  112. 112 cakmoki November 28, 2010 pukul 4:51 pm

    @ Lamris:
    Wa’alaikumsalam…
    Ya, perlu dibalut agar gak sakit sat gak sengaja terantuk benda atau saat jalan.
    Obatnya:
    1) antibiotika misalnya: cefadroxyl 500 mg, diminum x1 sesudah makan selama sedikitnya 7 hari.
    2) Pereda nyeri, misalnya asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, kalo nyari saja.
    Moga segera sembuh.
    Makasih…. Wassalam

  113. 113 rudi Desember 22, 2010 pukul 8:30 pm

    dok,bagaimana dengan kasus kuku tangan yang tidak tumbuh-tumbuh.padahal masi dalam masa pertumbuhan (6 tahun).
    terima kasih dokter.

  114. 114 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 1:15 am

    @ rudi:
    Maksudnya anak usia 6 tahun ?

  115. 115 rudi Desember 23, 2010 pukul 3:14 pm

    ya,anak usia 6 tahun.tapi kuku jari kaki tetap tumbuh seperti biasa.hanya kuku jari tangan saja,yang tidak tumbuh-tumbuh.. terima kasih dokter.

  116. 116 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 3:46 pm

    @ rudi:
    coba kirim foto kuku yg ga tumbuh tersebut via email kalo berkenan..
    Makasih

  117. 117 maiza Januari 1, 2011 pukul 10:54 pm

    dok, kuku jempol kaki kananku tidak tumbuh dengan baik, ditepi kiri kukunya gak nempel lagi dengan daging dan jadi kelihatan putih2 cream gitu dan berbau. apa yan gharus dilakukan dok, haruskah kau mengoperasinya, biasanya mahal gak dok?

  118. 118 cakmoki Januari 1, 2011 pukul 11:57 pm

    @ maiza:
    ya, sebaiknya operasi… cuma bentar koq.
    Tentang biaya, masing-masing dokter gak sama biayanya. saya gak tahu persis tarip operasi kuku setiap dokter.
    Bisa langsung ditanyakan ke dokternya… kalo mahal, batal :D

  119. 119 antie Januari 18, 2011 pukul 6:58 pm

    dok, klw kuku ibu jari kaki putih dan rapuh apa obat nya? sebab kdua2 jempol saya bgtu dok. trimakasih…….

  120. 120 cakmoki Januari 19, 2011 pukul 5:51 am

    @ antie:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit, termasuk kuku, harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  121. 121 Vera Februari 4, 2011 pukul 11:26 pm

    Aslkm.
    Dok sy mau tny. Bgmn merawat kuku yang br di cabut. Udah 3 bulan, tp skrg ud tmbuh n trasa skt n denyut gmn ya dok. Apa hrz di cabut lg

  122. 122 cakmoki Februari 5, 2011 pukul 10:57 pm

    @ Vera:
    Wa’alaikum salam,
    Kalo hanya untuk mengatasi nyeri tanpa infeksi, dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg (merek dagang bebas memilih), diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri hilang.
    Namun kalo ada infeksi, mau ga mau pake antibiotika.
    Gak harus dicabut lagi jika masih bisa diobati.
    Trims. Wassalam

  123. 123 kikii Februari 20, 2011 pukul 11:37 am

    Assalam cak..
    udah beberapa tahun ini kuku kaki jempolku (kiri-kanan) gak rata, agak keriput, bau, ada garis2 putihnya..
    trus dikulit sekitarnya merah, terlihat membengkak, terkelupas, gatal dan banyak gelembung2 airnya.. rasanya pengen garuk terus..
    skrang malah mulai menjalar di jari telunjuk.. kondisinya mengkhawatirkan.. jadi gak pernah PD pake sendal..
    aku rada pusing sebenarnya ini penyakit apa alergi?? dan bagaimana cara mengobatinya sampai tuntas?? apa aku harus cabut kuku juga??
    dulu bbrp kali sempat ke dokter tapi hasilnya nihil..
    rasanya pengen banget pake sendal kayak cewek2 lainnya :(

    mohon bantuannya ya cak :)

  124. 124 cakmoki Februari 20, 2011 pukul 1:21 pm

    @ kikii:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit dan kuku harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  125. 125 Dee Februari 20, 2011 pukul 7:50 pm

    Halo dok,
    Kalau jempol (kaki/tangan) di pinggir kuku agak bengkak n nyeri (cantengan) itu karena apa ya ? apakah digigit serangga atau krn kotor/bakteri ?
    Kuku kaki insya Allah ga bau, tp di perbatasan ama kulit suka kemasukan kotoran jd suka dibersihin, apa krn itu ya dook… ?
    Trus kalo kuku yg tumbuh ada semacam garis lengkung (mirip spt keratan)di hampir semua kuku itu kenapa ya dok ? karena biasanya ga muncul keratan tersebut…

  126. 126 cakmoki Februari 20, 2011 pukul 10:04 pm

    @ Dee:
    Cantengen terjadi karena infeksi oleh kemasukan kuman akibat suka diotak-atik , kadang dicongkal-congkel :D
    Untuk mengetahui seputar kuku cantengen, silahkan baca artikelnya di blog ini pada link berikut:
    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/05/19/salah-potong-kuku/

    Tentang garis lengkung, sya ga bisa mbayangkan soalnya gak lihat langsung :D
    Makasih

  127. 127 M. Irfan Februari 27, 2011 pukul 8:49 pm

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. dok,,,
    Kuku kaki ku lepas gara2 gak sengaja nendang batu, udah 3 hari, sekarang kuku nya udah lepas tapi keluar nanah dan bau,,,

    antisipasi nya gmna ya dok ??
    bingung nihh

  128. 128 cakmoki Februari 28, 2011 pukul 1:56 am

    @ M. Irfan:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    ok, bukan antisipasi tapi perlu obat untuk menyembuhkannya.
    Ga usah bingung , wong obatnya mudah :D

    1) Antibiotika untuk memberantas infeksi (ditandai dengan bernanah), salh satu pilihannya: Cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama sedikitnya 7 hari, hingga sembuh.

    2) Obat pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang. Obat ini digunakan kalo nyeri atau nyut-2.. kalao enggak, maka ga perlu pake pereda nyeri.

    Jika seminggu masih belum sembuh, onat dapat dilanjutkan hingga sembuh.
    Moga segera sembuh.
    Makasih
    Wassalam

  129. 129 puisti Maret 2, 2011 pukul 6:54 pm

    Baru gabung nih pak dok. waaah, saya gak beneran paling care sama kuku kaki…

    hal-hal kecil itu emang petut diperhatikan …
    Sip tulisannya!!!

  130. 130 cakmoki Maret 2, 2011 pukul 9:52 pm

    @ puisti:
    makasih telah bergabung :)

  131. 131 ida Maret 10, 2011 pukul 3:39 pm

    hallo dok,
    kuku jempol kaki kiri saya udah tiga bulan ini cantengan,
    bengkak dan berwarna agak kemerahan kalo kesenggol sedikit sakit banget.
    awalnya karena pas potong kuku terlalu dalem jadinya kena daging,sekarang jadinya dagingnya sedikit keluar.saya udah sering kasih revanol, betadine trus juga obat tetes khusus buat kuku tapi ga sembuh-sembuh juga
    gimana dok?tolong solusinya…
    makasih

  132. 132 cakmoki Maret 11, 2011 pukul 5:16 pm

    @ ida:
    untuk mengatasi infeksinya, dapat menggunakan:
    1) antibiotika, setidaknya dengan: cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan selama sedikitnya 7-10 hari hingga sembuh.

    2) pereda nyeri, misalnya asam mefenamat 500 mg , diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.

    Kalo udah gak infeksi, sebaiknya kukunya diperasi sehingga tergantikan oleh kuku baru
    Modga segera sembuh
    makasih

  133. 133 anggun Maret 17, 2011 pukul 9:46 am

    dok , kuku saya baru terkena infeksi. Ada kuku yang menancap kedalam daging dan tepi kuku jadi bengkak dan menghitam. Kata dokter itu harus di cabut. Akhirnya saya bersedia untuk mencabut kuku trsbt . Kira2 brp lama ya dok agar kuku tumbuh seperti semula ? Saat ini saya duduk di bangku SMA. Jika ke sekolah apa diperbolehkan memakai sepatu atau bagaimana ? Lalu apakah ada kemungkinan kuku tumbuh tidak normal seperti semula ? Misal kuku tidak menempel daging dsb .

    Trims dok .

  134. 134 cakmoki Maret 17, 2011 pukul 2:37 pm

    @ anggun:
    Penyembuhan oeprasi rata-2 7-14 hari, sedangkan untuk tumbuh kuku sempurna , yakni kuku baru yang lebih fresh, memerlukan waktu lebih 6 bulan.
    Setelah 2 minggu pasca operasi sudah bisa pake sepatu.
    Makasih

  135. 135 akik April 5, 2011 pukul 2:57 am

    allo dok…saya baru aja gabung nih…
    dok saya punya problem nih…
    di kuku jempol kaki saya ada kotoran menghitam..
    sudah banyak dan dalam..
    kdang saya bersihkan dengan mencongkelnya..namun sebelumnya merendam kuku kaki agar lebih lunak…
    tapi jempol saya malah cantengan..
    padahal kotoran kukunya mudah sekali masuk dan menumpuk sampai kedalam…
    bagaimana ya solusinya…??
    trimakasih…

  136. 136 cakmoki April 5, 2011 pukul 12:06 pm

    @ akik:
    cantengen atau paronikia adalah infeksi jaringan di bawah tepian kuku akibat congkel-mencongkel.
    Obatnya:
    1) antibiotika, misalnya: cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 selama sedikitnya 1 minggu.
    2) asam mefenamat 50o mg, untuk meredakan nyeri, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri mereda.

    Jika dengan kedua obat tsb belum memberikan perbaikan atau infeksinya udah membengkak, maka dapat dilakukan operasi kecil.

    moga segera sembuh
    Makasih

  137. 137 akik April 5, 2011 pukul 3:26 pm

    kalo buat ngilangin kotoran kaki yg dh terlanjur banyak gimana dok…, dh menumpuk banyak dan dalam…., saya takut kalo saya korek2 jadi cantengan lagi….

  138. 138 krisna paramaramya April 19, 2011 pukul 5:39 pm

    sore dok… saya baru aja bergabung..
    saya punya masalah dengan kuku kaki saya dok.
    dulu kuku kaki saya sehat, trus karena saya sering naik gunung dan pernah satu kali saya salah memakai sepatu (alias ujung sepatunya terlalu keras), setelah itu kedua kuku saya ujungnya itu sedikit menganga dan sakit sekali, saya hanya kasih betadine (karena banyak yg bilang nanti bisa copot sendiri). ternyata benar dok ngga terlalu lama.. 2 kuku saya copot dengan sendirinya. dan sekarang sudah tumbuh, tapi tumbuhnya itu jadi ngga bagus banget dok. yg sebelah kanan tumbuhnya agak lambat dan sisi sebelah kirinya itu mengeras dan tidak rata serta dibagian ujung tersebut tidak menempel pada dagingnya dan sisi sebelah kanannya bagus menempel didaging. nah yg kuku kaki kiri agak sedikit lebih bagus tumbuhnya hanya saja sisi sebelah kirinya tumbuhnya sedikit kedalem sehingga kadang sakit.. gimana solusinya dok.. mohon bantuannya. thx

  139. 139 cakmoki April 20, 2011 pukul 3:39 am

    @ akik:
    membersihkannya dengan washlap setiap mandi… ntar lama-lama akan bersih sambil membiarkan tumpukan kotoran tersebut terdorong oleh pertumbuhan kuku.
    bener, jangan dicongkel-congkel supaya ga infeksi.
    Makasih

    @ krisna:
    met pagi,
    Solusinya adalah dengan membiarkan kuku tumbuh terus dan memotong hanya ujungnya , melebihi di arah luar batas kuku dan kulit. Ntar lama kelamaan kuku yang gak sehat akan terdorong oleh kuku yang lebih fresh.. hanya saja pertumbuhan kuku memerlukan wakyu berbulan-bulan.
    selain itu, hendaknya menghindari sepatu yang sempit dan keras.
    Jika upaya di atas belum menampakkan hasil yang memuaskan, ga ada salahnya periksa ke dokter terdekat untuk mengetahui perlu tidaknya tindakan medis.
    Makasih

  140. 140 krisna paramaramya April 20, 2011 pukul 10:12 am

    pagi… masih binun neh dok. hehehehe…
    karena kuku ini sudah setahun dok jeleknya, kira2 tindakan medisnya apa ya? karena saya paling takut berurusan dengan kata “operasi” lagi.. apa ga ada obatnya dok :D…
    thx

  141. 141 cakmoki April 20, 2011 pukul 1:26 pm

    @ krisna:
    tindakan medis maksudnya “diambil” kukunya ….agar tumbuh kuku baru yg lebih fresh..itupun kalo emang diperlukan setelah diperiksa dokter. :D
    Kalo kukunya ga ada penyakit, ga ada obatnya
    Makasih

  142. 142 ega April 21, 2011 pukul 10:20 am

    alo dok.. boleh tau alamat dan nomor telp tempat prakteknya dok? trims

  143. 143 cakmoki April 22, 2011 pukul 1:35 pm

    @ ega:
    halo :)
    saya praktek nun jauh di ndeso Palaran, pinggiran Samarinda.
    Maaf, kami tidak diperkenankan mempublikasi no tilp karena Etika :)
    Trims

  144. 144 rarang Mei 18, 2011 pukul 9:52 pm

    malem dok..
    kuku kelingking tangan saya divonis teman saya yang udah co-as kena jamur karena ada bintik kuning yang menyebar kecuali di bagian pangkal.
    setelah itu saya segera ke puskesmas terdekat,
    yang sedih saya langsung mendapat vonis “cabut kuku”. saya tanya ada apa dengan kuku saya, karena saya awam, saya hanya dijawab dengan kalimat ini:
    “ketotok apa mbak?”
    “tidak ketotok bu…”
    “ya mungkin jamur, wah ini kukunya sudah mati, di cabut yaaa..”
    “wah….dicabut? kalo ga dicabut bisa ga?”
    “ga dicabut? biar bosok!”
    “…..” (saya akhirnya cuma bisa manut dok, habis..mau cepat sembuh, ngeri sendiri saya liat kuku kuning2 begitu…, padahal sebelumnya saya berbekal pernyataan teman saya kalo jamur itu bisa hilang dengan salep dan obat minum.

    tadi pagi kuku saya sudah dicabut, dok..
    sekiranya memang benar jamur (saya jadi tidak yakin, karena tidak ada pemeriksaan mendetail), apa setelah kuku dicabut, jamur tidak akan kembali tumbuh dengan kuku baru? atau perlu penanganan yang lain…?
    atau saya harus ke spkk nih dok…? (heee…saya parno dok, pembiusannya tadi rada ga yakin sih mbak eksekutornya, untuk saya ga pingsan…heee)

    makasih banyak ya dok. maaf saya banyak nanya… :-)

  145. 145 cakmoki Mei 19, 2011 pukul 1:47 pm

    @ rarang:
    met siang,
    kalo udah dicabut, ga akan ada jamur lagi kecuali kalo terinfeksi jamur akibat lembab.
    gak perlu ke SpKk, lha wong udah dicabut gitu.. diminum obbatnya dan ditunggu aja sampai sembuh sekitar 1-2 minggu… kemudian kuku yg lebih sehat dan fresh akan tumbuh bertahap selama beberapa bulan hingga lengkap
    Selanjutnya, silahkan merawat kuku sebagimana Tips-2 nya tertulis pada artikel.
    Moga segera pulih kembali.
    makasih

  146. 146 alisa Mei 20, 2011 pukul 9:45 pm

    dok, kok di kuku jempol kanan saya ada garis memanjang ya, warnanya agak hitam. terus tmbuhnya gitu terus..

    apa itu penyakit? gimana supaya kuku saya warnanya normal lagi?

  147. 147 cakmoki Mei 21, 2011 pukul 3:00 pm

    @ alisa:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit, termasuk kuku, harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih


  1. 1 Bau Badan, hmmm « cakmoki Blog Lacak balik pada Juni 3, 2007 pukul 1:49 pm
  2. 2 Salah potong kuku « Ngobrol Kesehatan Lacak balik pada Agustus 14, 2008 pukul 1:02 am
  3. 3 Kuku-kuku Kaki Kita « Ngobrol Kesehatan Lacak balik pada Agustus 14, 2008 pukul 1:09 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,630,846 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: