Menghitung Jerawat di depan cermin

Kode ICD.10 : L.70.0 : acne vulgaris

Jerawat muncul cermin dibelah. Yang jerawatan ngacung * halahhh* :)
Entah kenapa, ketika akne menghampiri wajah, seolah ada magnet membawa kita ke depan cermin (menikmati indahnya akne sambil senyum?). Tak jarang, tanganpun seakan ada yang menuntun mengelus si akne, sebelll, kadang malah memencetnya. Alamak.
Sekedar mengingatkan (bukan nakut-nakuti lho), memencet akne dapat menyisakan jaringan parut (sikatrik) bahkan dapat menimbulkan keloid (bagi yang berbakat keloid)

ACNE VULGARIS

PENGERTIAN
Akne atau jerawat adalah peradangan kronis folikel sebasea, ditandai dengan adanya komedo yang timbul karena penyumbatan saluran folikel rambut (oleh sekresi sel kulit yang mati dan sebum).

Pada umumnya muncul di wajah, leher, dada, punggung dan lengan bagian atas.
terjadi (kebanyakan) pada masa puber (wanita: 14-19 tahun dan pria: 20-30 tahun). Adakalanya akne nongol lagi saat menjelang menopause. Pada kondisi tertentu akne juga dapat muncul, misalnya jika kurang tidur. Seperti penulis yang notabene baru 22 ™ *lebih* ehm-ehm, kadang kebagian akne, terutama di sekitar hidung, jika melekan dan banyak kerjaan. (faktor emosional seperti keinginan segera menyelesaikan pekerjaan ikut berperan timbulnya akne).

P E N Y E B A B
Penyebab pasti tidak diketahui. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya akne, antara lain:

  • Faktor emosi dan stress
  • Faktor keturunan
  • Faktor cuaca (musim)
  • Pengaruh makanan (masih diperdebatkan oleh para ahli)
  • Menstruasi (diperkirakan sekitar 70% wanita mengalami kemunculan kembali akne-nya 2-7 hari sebelum menstruasi)
  • Obat-obatan: misalnya: steroid.
  • Kosmetika. Pada orang tertentu, bahan-bahan tertentu pada krem dasar, pelembab, krem tabir surya dapat menyebabkan timbulnya akne.

TERJADINYA AKNE
Ditengarai ada 4 hal yang berkaitan dengan terjadinya akne, yakni:

  • Adanya kenaikan ekskresi sebum (cairan berminyak)
  • Hiperkeratinisasi (pengerasan jaringan kulit) pada saluran sebasea
  • Pertumbuhan bakteri Propinibacterium acnes
  • Peradangan oleh faktor-faktor protease (enzim proteolitik)

G E J A L A
Hampir semua orang tahu jerawat hanya dengan melihat. Awalnya adalah komedo, yakni sumbatan pada folikel rambut yang melebar, seringkali mengandung bakteri Propinibacterium acnes. Jika ada peradangan, maka nampak bintik (benjolan kecil) berisi nanah. Peradangan menimbulkan rasa gatal, nyeri dan jika pecah keluar nanah atau gumpalan lembut berwarna putih.

Pengelompokan akne ( Plewig & Kligman):

  1. Akne komedonal, yakni komedo terbuka ataupun tertutup
  2. Akne papulopustular, yakni campuran antara komedo dan peradangan
  3. Akne konglobata, yakni akne dengan peradangan yeng lebih berat

Akne tak perlu pemeriksaan laboratorium. (buang biaya)

PENGOBATAN
Prinsip pengobatan adalah mengurangi kemungkinan berulangnya akne dan mencegah timbulnya jaringat parut (sikatrik). Bukan parut untuk marut kelapa seperti bahasa jawa.

1. Akne komedonal
Cukup diberikan obat luar (topikal) untuk pengelupasan kulit.

  • Asam tretinoat 0,05% cream atau jelly dioleskan 2 kali sehari
  • Benzoil peroksida gel 2,5-5%
  • Asam salisilat 0,5-2 % cair.
  • Komedo terbuka dapat dilakukan pengambilan (ekstraksi) komedo.

2. Akne papulopustular
Ringan:
Diberikan kombinasi antara pengelupas kulit *keratolitik* (misalnya: Benzoil peroksida, tretinoin dan asam salisilat) dan antibiotika topikal (misalnya: klindamisin 15, eritromisin 2 %, dan lain-lain)

Berat:
Diberikan :
Obat pengelupas kulit (keratolitik)
Antibiotika oral (diminum):

  • Tetrasiklin 4×250 mg atau 2×500 mg per hari. Dosis tersebut diturunkan jika ada perbaikan dengan dosis maintenance 250-500 mg per hari.
  • Eritromisin (dosis dan cara sama dengan di atas)
  • Klindamisin 2×150 mg per hari

3. Akne konglobata
Pengobatan sama dengan akne papulopustular berat, ditambah kortikosteroid oral jangka pendek, misalnya prednison 10 mg per hari selama 2-3 minggu.
untuk mengurangi resiko timbulnya jaringan parut (sikatrik) dapat dilakukan dermabrasi (meratakan kulit dengan peralatan khusus).

ANJURAN
Untuk yang sedang dihampiri akne:

  • Jangan keliru, jerawat bukan berarti tidak menjaga kebersihan (lihat faktor-faktor penyebab timbulnya akne)
  • Biasakan mencuci muka (cukup dengan sabun)
  • Usahakan rambut tidak menutupi bagian wajah, karena jika kebetulan ada kotoran dapat memperburuk pori-pori yang tersumbat.
  • Sabar *enak aja* , pengobatan memerlukan waktu agak lama, sekitar 1-2 minggu, bisa lebih.
  • Jangan biasakan memencet jerawat, karena beresiko membekas (jaringan parut)
  • Usahakan menghindari keringat berlebihan
  • Gizi seimbang untuk menjaga kesehatan kulit
  • Usahakan memakai bahan kosmetik berbahan dasar air ( tanya Bu Lita, beliau sudah pernah menulis seputar pelembab)
  • Tetap enjoy, rileks.

SEMOGA BERMANFAAT
Untuk yang sedang berjuang melawan akne, semoga segera mulus kembali.

Bacaan:

  • Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, FKUI, edisi 4, 2005.
  • PDT UPF Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin RSUD dr. Soetomo, Surabaya

Istilah terkait:

Keloid adalah bejolan yang terbentuk akibat pertumbuhan berlebihan jaringan kolagen. Mungkin suatu saat akan kita bahas. * moga gak lupa *

Sebum adalah sekret (cairan) sebasea berminyak yang terdiri dari lemak dan pengelupasan lapisan luar kulit.

Folikel rambut adalah rongga seperti kantong yang membungkus rambut

Komedo adalah sumbatan sebum di dalam folikel rambut yang melebar dan dapat berisi bakteri Propinibacterium acnes, Staphylococcus albus dan Pytorosporo ovale. Komedo dibagi 2, yakni:

  1. Komedo tertutup: yakni komedo yang ujungnya tidak terbuka lebar, dapat pecah dan menimbulkan peradangan.
  2. Komedo terbuka: yakni komedo kehitaman, nampak seperti pigmen di permukaan kulit.

Download artikel PDF 74 Kb: di sini

Kolaborasi Office online sila lihat zoho writer

» ke atas

About these ads

159 Responses to “Menghitung Jerawat di depan cermin”


  1. 1 Lita April 8, 2007 pukul 11:09 am

    Yep, jerawat menandai dimulainya masa PMS saya :D

    Cak, numpang nambahin, ya.
    Untuk cuci muka, nih.
    Cuci muka (menggunakan sabun) terlalu sering dapat membuat kulit lebih kering. Untuk mengatasi kekeringan yang berlebih (dari sifat alaminya), kelenjar minyak memproduksi lebih banyak lagi minyak.

    Alhasil bukannya semakin ‘mending’, wajah malah semakin berminyak dan semakin banyak jerawat yang muncul. Melihat ini, lalu cuci muka dipergiat. Jelas tidak menyelesaikan masalah. Karena jadi mbulet suket :D Siklus tak terputus.

    Yang pas ya mencari akar masalahnya dulu, ya. Teman kuliah saya dulu punya masalah dengan jerawat yang cukup parah. Demikian parahnya hingga yang melihat wajahnya saja seolah bisa merasakan perih dan terganggu akibat jumlah dan ukurannya.

    Seperti yang saya tambahi tadi, dia lalu rajin cuci muka. Bukannya mendingan malah tambah parah. Lalu -entah bagaimana mulanya- dia berkonsultasi ke dokter. Ternyata masalahnya ada pada hormon (atau apalah gitu, semacam kelainan). Setelah diterapi, jerawatnya berkurang dan keadaan kulitnya jadi lebih baik.

    Teman yang lain lagi juga punya masalah yang sama. Malah ada rambut halus di atas bibir (kumis) dan di dagu dengan jumlah yang lebih dari kebanyakan perempuan. Kata dokter yang dijadikan rujukan, dia kelebihan hormon androgen. Wah. Setelah diterapi hormon, kulitnya jadi lebih baik. Jerawatnya juga berkurang.

    Tentu saja ini bukan rekomendasi untuk mengatasi jerawat dengan terapi hormon lho ya :D Hanya berbagi kasus, bahwa yang penting itu tahu penyebabnya, tidak sekadar mengobati yang tampak.

  2. 2 leeloos April 8, 2007 pukul 11:19 am

    Kalo jerawat ditotol-totol pake Dettol gak papa yah ..?
    jadi cepet kering soalnya :D

  3. 3 alle-lagi-males-login April 8, 2007 pukul 2:36 pm

    Koq bisa yah jerawat sampe leher dan punggung?
    ky nya cuma sekitar pipi, jidat, idung dan dagu doank
    *pengalaman*

  4. 4 grandiosa12 April 8, 2007 pukul 4:40 pm

    nyesel dulu suka dipencet2 jerawat.. jadinya kulit muka aga kasar gitu.. hiks hiks hiks

  5. 5 Rizma Adlia April 8, 2007 pukul 5:45 pm

    @leeloos
    Ga perih gitu,,???

    kebanyakan estrogen juga ngaruh ga sih cak??

  6. 6 fertobhades April 8, 2007 pukul 7:37 pm

    Untunglah nggak ada problem jerawat. Kulit wajahku juga cenderung kering, dan tidak ada minyak berlebih :-)

  7. 7 cakmoki April 8, 2007 pukul 9:25 pm

    @ Lita,
    PMS plus jerawat *arrrghhh*
    Ya Bu. Pakai sabunnya 2 kali aja. Kalo kebanyakan ada resiko seperti itu, efek withdrawal.

    Tentang terapi (termasuk hormonal), betul, terutama berdasarkan causa (penyebab).
    Masih ada beberapa macam pengobatan yang tidak saya sertakan selain di atas dan tambahan Bu Lita, diantaranya: phototherapy, Photodynamic therapy, vitamin, injeksi steroid pada acne dan lain-lain.
    Sekaligus sebagai update ya
    Maturnuwun tambahannya *siul-siul, fifty-fifty* :D

    @ leeloos,
    Udah dijelaskan Bu Lita di atas.
    Apa bekasnya gak tambah kasar? *maap-maap* :D
    Kalo kulitnya kuat sih gak papa, kalo sensitif kan sayang kulitnya.
    Pakai sabun (2x) aja deh, tentu pakai air juga.
    Atau pakai obat luar yang ringan, urutannya seperti di atas.

    @ alle-lagi-males-login,
    Bisa dong, mau tak tunjukkan gambar daerah itu, ntar “saru” :D

    @ grandiosa12,
    Konon, para wanita senang yang agak kasar-kasar gitu, geli kali ya. Ini obrolan kita aja, ntar kalo kebaca wanita, kita bisa disambit ama sandal jepit euy *ngumpet yuk*

    @ Rizma Adlia,
    Efek gak langsung dimungkinkan, melalui keseimbangan estrogen-progesteron dan androgen. Fenomena hormonal memang unik, makanya terapi hormonal memerlukan follow-up jeli berdasarkan “yang nampak” dengan pemeriksaan kadar hormon. Contohnya pemakaian kontrasepsi oral kombinasi (cyproterone dan ethinyl-estradiol), yang disebutkan lebih efektif dibanding kombinasi lain dalam kasus akne karena hormonal. Agak rumit ya :)

    @ fertobhades,
    Mulus ya pak, kayak saya dong :D

  8. 8 aVank April 8, 2007 pukul 10:01 pm

    haduh… terima kasih infonya
    walopun saya termasuk yg cuek ama jerawat
    tapi skarang jadi makin tambah ngerti nih cara ngerawat wajah

  9. 9 gadis April 8, 2007 pukul 10:04 pm

    kebetulan kulit saya kering so jarang jerawatan, kalopun jerawat pada waktu haid or kecapean kerja

  10. 10 junthit April 8, 2007 pukul 11:11 pm

    Saya kalau mencuci muka pakai sabun malah membuat wajah kering , besoknya langsung jerawatan . makanya saya seumur-umur pakai sabun untuk mencuci muka .pakai air sudah cukup..

  11. 11 cakmoki April 9, 2007 pukul 12:25 am

    @ aVank,
    Mudah-mudahan bermanfaat.
    Pria perlu juga merawat wajah, agar nanti usia di atas 40-an masih tetap segerrrr

    @ gadis,
    Ah, aman mbak, hanya insidental saja, masih wajar. Kalo munculnya saat haid atau kecapaian, si jerawat hilang sendiri atau pakai obat ?

    @ junthit,
    Kadang ada yang kulit wajahnya sensitif. Alhamdulillah, malah enak pakai air saja sudah mulus.

  12. 12 ..:X W O M A N:.. April 9, 2007 pukul 10:58 am

    boleh OOT dikit ya cak! Aku punya kulit sensitiiiiffff banget kata orang sunda mah “amis daging” (amis dibaca : manis) jadi ga boleh bentol dikit pasti berbekas, kecipratan minyak di tangan pasti berbekas, lecet bekas jatuh dari motor berbekas. Di pipi sebelah kananku juga ada bekas cakaran tangan adikku, padahal udah 1o tahun. Gimana ya mengatasinya, katanya harus makan yang pahit2, kayak pare, dsb.
    Kalo soal jerawat sih, misal kebanyakan pakai pelembab atau dalam keadaan berminyak lupa membesihkan wajah, paginya pasti jerawatan! Sedang membiasakan diri membersihkan wajah dengan jeruk nipis sebelum tidur soalnya kulitku berminyak, pas bangun enak seger terus dicuci pake air anget suam-suam kuku ;)

  13. 13 mei April 9, 2007 pukul 1:14 pm

    wahh jerawat??gw banget!!!!huehehe….udah sekolah kesehatan selama 3 tahun tetep aja bertanya2 knp walaupun dah kawin masih jerawatan!!padahal gak ada hubungannya dengan kawin atau tidak khan cak??ya ginilah kalau kbanyakan d cekoki dengan mitos2 termasuk, kalau dah kawin jerawat gak ada lagi, karena hasrat tersalurkan*halah nggedabrus thok iku!!!

    muka aku termasuk yang “sangat”mudah terdapat jerawat golongan no 2. untuk pengobatannya, cuci muka sebelum tidur-pokoke resik. dan gak d pikirin, karena biasanya aklau kia mikirin jerawat itu, kita cenderung sering bercermin, alhasil tanganpun sering mencet sana mencet sini, bukannya jadi baik malah parah.

    oya cak, ku dapat resep nih dari teman, waktu itu benar2 sangat membantu aku, cuman sekarang kalau tak pake khok gak terlalu ngefek lagi yoo..masak rek, mukake resisten sama obat ini?? salep= ac salycyl 1%, Sulfur pp, lcd aa3%, Dalacin 2%, vitacid 0,005% I. Trus cairannya untuk pengelupasannya = Acid Salycil 1%, alkohol 70%200ml. Dulu langsung manjur, sekarang..yang ada mukaku bruntusan, jadinya sekarang yo tak tok-ke wae kalau jerawatan, toh ilang dengan sendirinya..cuman heran aja. ada penjelasan cak???Suwun…

  14. 14 Titah April 9, 2007 pukul 3:39 pm

    taun lalu aku diketawain dokter gara-gara jerawat. ceritanya, jerawatku tuh suka tumbuh di dalam lubang telinga (di wajah juga!), sakit banget kan. trus aku konsul ma dokter dekat rumah. eehh… dokternya ketawa, “ibu ini, sudah 42 taun koq masih jerawatan!!”
    lha…?!

  15. 16 cakmoki April 9, 2007 pukul 5:48 pm

    @ XWOMEN,
    ya boleh. Bekasnya gimana ya ?
    Menghitam, berubah warna lain, jadi kasar atau muncul jaringan menonjol?
    Jika bekas menghitam, mengatasinya dengan diberikan obat untuk menulihkan warna kulit, misalnya parasol, mediquin dan sejenisnya. Tidak saya anjurkan lho, soale kan gak lihat sendiri. Sebaiknya ke spesialis kulit setempat untuk memuluskan kulit lagi. Siapa tahu bisa menghilangkan atau setidaknya mengurangi. Sayang kan kalo ada bekas cakaran memanjang.
    Soal pahit-pahit dan jeruk nipis, maaf saya tidak menguasai hal tersebut.

    @ mei,
    Wah racikan yo. Pengobatan tergantung penyebabnya. Gak ngefek-nya bukan karena kulitnya yang resisten tapi bakterinya (itu kalo infeksi lho).
    Gak mengherankan koq, penjelasan tentang penyebabnya banyak, bisa karena infeksi, hormonal atau sebab insidental, misalnya berhubungan dengan siklus haid, kakehan kerjaan, kurang tidur, dll. Kalo hilang sendiri ben wae, gak usah obat. Tidak selalu harus diobati, sing penting kalo gak jerawtan tetep mulus. hehehe

    @ Titah,
    * Masih :) * 42 tahun bisa walaupun jarang. Dalam referensi disebutkan “sebagain besar” menghilang saat usia 30-40 tahun. Sebagian kecil boleh dong mencicipi jerawat. Sekarang sudah tidak kan?

    @ manusiasuper,
    Hehehe, jangan lupa ctrl + c

  16. 17 Titah April 10, 2007 pukul 12:25 am

    Ah, Cak Moki kelupaan!
    Wajah tak berjerawat bagaikan langit tak berbintang!
    Dulu waktu pacaran, pacarku hobinya “beroperasi” nyari jerawat trus mencet2 sampe keluar isinya. Sakit sih, tapi koq aku mau aja ya? Hee…

    Sekarang kadang masih muncul sih (baru mau 44 kok :-D ) tapi mantan pacarku udah bosan mencetin…

  17. 18 cakmoki April 10, 2007 pukul 5:31 am

    @ Titah,
    Ah iya saya lupa. Pantesan sayang sama jerawat ya, sampai tiap hari dielus, dipencet.
    Kalo mantan pacar bosen mencet, disenggol-senggol kan ya mau.
    Ooo baru mau 44, maaf salah. Soale saya baru 22™ *lebih dikit*, ehm

  18. 19 Evy April 10, 2007 pukul 5:55 am

    hehehehe… jadi mbak Titah cari cowo yang suka mencetin jerawat neeh… :)

    Cak kalau corticosteroid gimana efek-nya buat yg jerawatan, trus suka di pake jangka panjang tuh cak, orang2 yg kulitnya di klentekin trus sampe kayak udang rebus…katanya ntar trus diputihin pada pake tulje katanya denger2 itu apa sih cak..? Aku bingun pulang temenku pada putih2 lha klo di US tred-nya yg coklat2 jee…malah klo perlu mandi matahari biar sexeee…

    Suwun yo cak, emang standard ayu ki seje2 tiap tempat yo..

  19. 20 cakmoki April 10, 2007 pukul 7:29 am

    @ Evy,
    Untuk kasus tertentu corticosteroid disuntikkan langsung ke jerawatnya. Padahal, pemakaian corticosteroid jangka panjang malah menyebabkan jerawat, retensi natrium dan air, mulane trus edema. Di daerah kami ada beberapa yang sudah bengep.
    Pemutih yang sering dipakai preparat hydroquinone 2-5 % dan turunannya. FDA pernah ribut soale ada yang produksi melebihi batas. Di indo ada produk merkuri, wis dilarang POM.
    Kapan itu tulje (pemutih) marak, maklum namanya juga pingin kinclong-kinclong. Trus rame maneh rumpian soal resikonya.
    Lha temennya itu yang putih kan wajahnya doang, liyane tetep to mbak.
    Bayanganku, wajah putih, punggung mengisor coklat. hehehe

  20. 21 super kecil April 11, 2007 pukul 12:46 pm

    nanggepin mbak evy…
    manusia ga pernah puas ya mbak…
    yang coklat pengen putih
    ee.. yang putih pengen coklat….
    aneh tapi manusiawi je mbak…

  21. 22 mina April 13, 2007 pukul 6:23 pm

    paling sebel kalo keluar jerawat, hiks. kalo sama pasien mewanti2 jangan mencet jerawat, tapi kalo jerawat muncul, tangan gatel pengen cepet2 ngilangin.

  22. 23 cakmoki April 14, 2007 pukul 2:11 am

    @ mina,
    Kalo kebelet mencet, sembunyi atau pura-pura mbetulin stetoskop.
    Mana, mana jerawatnya :D

  23. 24 cy April 23, 2007 pukul 1:56 pm

    jerawat?
    ada yang bilang di kasih minyak bulus tiap malem…ada yang ngasi resep di kasi caladine lotion tiap malem…
    itu cara yang murah meriah…
    cara yang mahalan ya ke dokter or perawatan di kliniklinik gitu deh…
    tapi kan cocok2an yaaa…..

  24. 25 cakmoki April 26, 2007 pukul 3:19 am

    @ cy,
    Sorry, kelewatan.
    Apa nggak tambah banyak tuh jerawatnya, kesumbat ama lotion.
    Murah meriah dan yang penting jerawat bisa hilang, ya kan ? :)

  25. 26 kusuma_mlbg Juni 18, 2007 pukul 12:50 pm

    kalo masalah jerawat c aQ emg ud pengalaman bgt…
    jijai juga msk cwe jerawatan. jerawat emg bukan brarti Qta g rajin bersihin muka. tapi penilaian orang kan beda2… “iiich liat de, muka penuh jerawat!! pasti ga’pernah d bersihin” tu pnilaian ktika prtama kli org liat Qt.bener ga???… ngatasi problem jerawat menurutQ:
    1. kluarin kotoran kyk kulit mati dll dulu
    2. baru Qt tutup pori2 pake jeruk nipis dkk…
    3. perawatan biar kulit tetep sehat. kyk bnyk minum aer putih, buah, n gaya hidup yg sehat juga….

    dipikir secara logika, step 1-2 masuk akal khan…
    bayangin kalo tiba2 Qt cuci muka pake jeruk nipis. pori2 nutup, yang ada malah nyumbat kulit, kotoran g bisa kluar, alhasil muncul bentol2 yg disebut jerawat. makin parah khan….

  26. 27 cakmoki Juni 19, 2007 pukul 3:46 am

    @ kusuma_mlbg,
    iya betul, kebanyakan emang bereaksi seperti itu kalo lihat orang jerawatan. Kalo 1-2 gpp, katanya tambah manis :)
    Btw, koq link-nya gak bisa dibuka ya

  27. 28 nti Agustus 28, 2007 pukul 4:45 pm

    saya ada bekas jerawat seperi membentuk kuli parut atau tidak rata tapi bukan bolong-bolong, jd hanya kulit tidak rata, bagaimana cara menghilangkannya

  28. 29 cakmoki Agustus 28, 2007 pukul 11:43 pm

    @ nti,
    mbersihkannya pakai obat keratolitik untak meratakan atau tndakan medis khusus, misalnya cauter.
    Tapi harus ke dokter kulit, karena perlu melihat jenis kulit,dan jenis jaringan parutnya untuk menentukan tindakan medis atau obatnya dan lamanya pengobatan :)

  29. 30 nti September 12, 2007 pukul 11:12 am

    lalu obat keratolik itu apa? dapat dibeli dimana? kira-kira harganya berapa ya? terimakasih

  30. 31 ray Oktober 17, 2007 pukul 4:44 pm

    ada yg dah pernah pake minyak bulus??

  31. 32 sanjani November 11, 2007 pukul 4:28 pm

    ya nih masalah jerawat menjadi faktor fikiran utama..dgan adanya jerawat berpakaian bagus juga ga pede…….bu makasih infonya bu wajah ku rusak karena di fecel……..bu terangin donk…………. di tunggu

  32. 33 cakmoki November 11, 2007 pukul 9:06 pm

    @ sanjani,
    ibu masih masak pecel … :P … ntar kalo udah selesai baru bisa kasih jawaban, kalo gak ketiduran lho … *perasaan pakai kumis*

  33. 34 Rissa Juni 12, 2008 pukul 10:03 am

    Bisa dikatakan aku jerawat karena pemakaian cream malam yang tidak cocok, kalo mau dijelasin panjang lebar. Trus lumayan lama hampir setengah tahun, diobati pake cream apaun tidak ada yang cocok. Walhasil saat ini aku tidak pake cream apaun cuma sabun skin care, sebelumnya jerawat yang timbul merata seperti beruntusan, sekarang ini setelah pemakaian cream dihentikan yang timbul seperti bisul kecil, berpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain.
    yah ………… begitulah kisah hidup jerawatku saat ini.
    sepertinya aku mesti minum obat deh, tp obat apa yang harus kuminum, ksh tau dooooooooooooooong.
    Makasih sebelumnya
    Rissa

  34. 35 cakmoki Juni 13, 2008 pukul 1:16 am

    @ Rissa:
    ok, kalo berkenan silahkan kirim foto jerawat tersebut via email. Ntar bisa kita diskusikan lebih lanjut (termasuk pilihan obat) setelah saya melihat bentuk jerawatnya.
    trims

  35. 36 gisella Agustus 1, 2008 pukul 5:35 pm

    cak,kalo misalnya uda tlanjur dipencet n jadi berbekas hitam, gmn caranya mau hilangin bekasnya…
    kulitku kan putih jd kliatan klo berbekas hitam…='( hiks jd sedih…ntr pcar bisa kabur..hehehe=)
    minta anjuran obatnya ya cak yg aman…soalnya blum prnah pake obat muka, palingan cuma cuci muka pake sabun..soalnya kalo pake ponds gtu ga cocok..jd pake sabun mandi aja… kulitku agak berminyak si cak…

  36. 37 cakmoki Agustus 2, 2008 pukul 12:22 am

    @ gisella:
    untuk menghilangakan atau setidaknya menyamarkan noda hitam (hiperpigmentasi) bekas jerawat biasanya digunakan obat oles dengan kandungan hydroquinone 5% plus obat-obat untuk pengelupasan (eksfoliasi) permukaan kulit agar pertumbuhan kulit baru bisa sama dengan kulit sekitar noda hitam. Namun mohon maaf, saya gak berani merekomendasi jenis obat tertentu karena menyangkut kosmetik yg memerlukan pemeriksaan langsung agar obat yg diberikan sesuai dengan luasnya bercak hitam dan tekstur kulit.
    So, sebaiknya periksa ke dokter spesialis kulit :D … sayang kan kalo kulit putih ada noda hitam
    Btw, masa hanya karena bercak item pacar kabur sih :P *becanda*

  37. 38 Ri September 15, 2008 pukul 3:20 pm

    Cak, saya dah pny masalah jerawat lebih dari 6 tahun lamanya … udah nyoba ke berbsgsi dokter specialis kulit di sby dan malang *kebeltulan saya sma di mlg dan kuliah di sby* … kadang jerawat ilang … tp seringnya timbul lg .. muka dah berjerawat dlm wkt yg luaamaa … saya jd pasrah trus terbiasa… alhamdulillah skrg saya dah nikah dan tinggal di Oz… suami prihatin lihat kondisi muka saya *yg secara saya sering gak pede klo bersosialisasi* … trus akhirnya seminggu kmaren saya di beli’in Proactiv *sorry klo nyebut merek* … skrg lg masa percobaan… kt suami ada perkembangan… tp kulit saya terasa lebih kencang trus kering :( .. kadang jerawat masih suka nongol yg baru malah… hmmm ini gimana yaa solusinya? aslinya sie saya kurang srek make product itu.. secara bkn rekomendasi dokter…

  38. 39 tea September 15, 2008 pukul 7:15 pm

    cak, biasanya klo bekas jerawat kan bintik hitam, tapi kok bekas jerawatku merah?bintik2 merah gt.lama banget ilangnya.kulitku kan putih jd keliatan banget bintik2 merahnya.
    makasih sebelumnya

  39. 40 cakmoki September 15, 2008 pukul 11:10 pm

    @ Ri:
    ok, obat tersebut (Proactive) mengandung Benzoyl Peroxide (2,5%, 5%, 10%) yang biasanya dipake untuk acne (ringan hingga sedang) sebagai obat tunggal maupun kombinasi dengan obat lain. Gak papa…toh dokter kulit sering ngasih itu juga (dalam kombinasi dengan obat lain menggunakan nama generik)
    Efek samping yang biasa terjadi diantaranya: kulit memerah, kulit kering dan terasa kaku, rasa terbakar, gatal, bengkak, dll … (gak mesti semua mengalaminya)
    Jika merasa cocok, maka untuk menanggulangi kulit kering dan kencang dapat menggunakan pelembab ringan …
    Trims

    @ tea:
    Heeh, adakalanya gak berbekas, adakalanya merah adakalanya hitam, ..gak papa kok..paling hanya ngerasa kurang pe-de :)
    Hal ini terjadi karena peradangan lokal atau kadang (baca:sering) dipencet-pencet… Trims

  40. 41 Ri September 16, 2008 pukul 12:18 pm

    Wahh… thanks alot for ur response cak … you’re kinnda nice doctor … blog ini inshallah aq mo rekomendasi’in ke tmen2 yg ada di Australia sini, boleh yaa cak? :)

  41. 42 cakmoki September 16, 2008 pukul 9:07 pm

    @ Ri:
    Sama-sama … makasih juga share dan supportnya.
    Rekomendasi? … maaf, ini hanya blog ndeso™ … rasanya gak layak kalo untuk konsumsi untuk yg tinggal di Australia … lagipula bahasa yg saya pake bahasa gaul banget, gak ada ilmiahnya blas … hehehe

  42. 43 evanswandy November 9, 2008 pukul 12:37 am

    hai cak moki yang gagah,mau tanx nih keratolitik itu dapat dibeli dimana yah?kita kn sm2 tinggsl di ibu kota smarind gitu?bls yah

  43. 44 cakmoki November 9, 2008 pukul 11:01 pm

    @ evanswandy:
    Keratolitik murni (misalnya: Benzolac, Eudyna, dll) atau keratolitik kombinasi dengan antibiotik (misalnya: Medi-Klin TR, dll) dapat dibeli di semua apotik.
    Kita tetangga ya ? :)
    Thanks

  44. 45 Felany April 11, 2009 pukul 11:55 pm

    Cak.. Salam kenal. Informatif bgt blognya. Salut!
    Btw cak, mau nanya nih. Pori2 di muka saya terutama di daerah hidung besar dan jg saya berkomedo hitam di hidung dan dibwh bibir? Cara menghilangkan komedo gmn y? Saya sudah rajin facial. Tp bekas hitam2nya it masih ad. Apa karena saya berkomedo sudah lama? Trus cara memperkecil pori2 bagaimana jg?
    Tolong dijwb y cak.. Sudah desperate nih.. Thx!

  45. 46 cakmoki April 12, 2009 pukul 12:39 am

    @ Felany:
    Salam kenal,
    Kalo untuk memperkecil pori-2 kulit kayaknya ga bisa, karena pori-pori tersebut merupakan proses penyesuaian dengan kelenjar lemak di sekitarnya.
    Namun gak perlu terlalu kecil hati, pori-pori biasanya relatif mengecil kalo komedo gak sering muncul, asalkan membersihkannya gak terlalu menekan sekitar pori-pori.
    Untuk membersihkan komedo dapat dilakukan sendiri dengan membasuh wajah menggunakan sabun mandi biasa, kemudian mendorong timbunan komedo dengan ujung jari, tanpa menggunakan kuku supaya gak timbul bekas menghitam.
    Bekas menghitam bukan karena komedo yg lama, tapi karena tekanan terlalu keras pada kulit sehingga menimbulkan hiperpigmentasi.

    Untuk menghilangkan bekas menghitam sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis kulit agar dapat diberikan obat yang sesuai dengan tekstur kulit.
    Trims :)

  46. 47 srikandi September 18, 2009 pukul 12:30 am

    cak, makasih untuk saran nya minum cefadroxyl, bisul saya yang tersembunyi bs kempes dalam 2 hari…nah skrg saya mo tanya ttg jerawat. Saya keturunan dari ortu yg berjerawat dan muka saya ini ga pernah ga ada jerawatnya. Kalo cm jerawat kecil sih ga masalah, nah saya sering mengalami jerawat radang kalo menjelang/sesudah mens. Jerawat yang muncul tuh yg bernanah, infeksi gitu dok, kadang ga ada isinya cm swollen besar trus berisi nanah/darah hitam. Saya udah sering pindah2 skin care karena merasa ga ada perubahan signifikan, pada awalnya sih cocok dengan satu skin care trus lama2 dokternya kasih obat yg berganti (mungkin diubah jenis dan tingkatannya) dan kulit saya jd ga cocok, kadang jd lebih berminyak, kadang jd kering mengelupas, atau bahkan jerawat masih ada. Dokter kulit di skin care yg saya datangi selalu menuduh saya makan yg aneh2 (seafood, ayam petelor dll) padahal saya jg makanan dan kebersihan kulit…. Saya pernah baca tulisan yg menyatakan klo jerawat itu sbg hasil dr kelebihan hormon androgen, bahkan kata org di msyrkat kalo nikah nanti jerawat ilang sendiri dan kebetulan saya masih single. Jd bagaimana kira2 menurut dokter…(saya udah sering konsumsi antibiotik yang diresepkan dokter kulit tiap jerawat meradang parah, kebersihan udah saya jaga, segala macam krim/sabun dari dokter kulit jg udah saya pakai, makanan yang dipantangkan jg udah saya hindari tp kok jerawat ini masih ada aja…)mohon saran dokter…mksh.

  47. 48 niska September 28, 2009 pukul 8:28 pm

    salam kenal, blog-nya bermanfaat sekali :)

    saya juga bermasalah dgn jerawat. bekasnya susah hilang, dokter pernah ngasih resep eudyna. udah saya pake sekitar sebulan. kulit emang terlihat lebih rata, tapi tetep ada ruam2 merah dan kulit jadi kering. gimana ya cak?

    dan ada jerawat punggung juga, dokter ngasih saran pakai purol. jerawatnya ilang sih, tapi bekasnya masih ada, ngilanginnya pakai apa ya cak?

    makasih banyak ya sebelumnya :)

  48. 49 cakmoki September 29, 2009 pukul 4:03 am

    @ srikandi:
    Mohon maaf, kelewatan … soalnya pas mudik :)

    Penyebab pasti tidak diketahui. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya akne, antara lain:

    * Faktor emosi dan stress
    * Faktor keturunan
    * Faktor cuaca (musim)
    * Pengaruh makanan (masih diperdebatkan oleh para ahli)
    * Menstruasi (diperkirakan sekitar 70% wanita mengalami kemunculan kembali akne-nya 2-7 hari sebelum menstruasi)
    * Obat-obatan: misalnya: steroid.
    * Kosmetika. Pada orang tertentu, bahan-bahan tertentu pada krem dasar, pelembab, krem tabir surya dapat menyebabkan timbulnya akne.

    Menurut saya, jika emang jerawat tersebut ada infeksi sekunder, mau gak mau diperlukan antibiotik sebagimana tertulis pada bab pengobatan pada artikel ini.
    Selain itu dperlukan obat untuk menjaga tekstur kulit supaya gak mudah terjadi penimbunan lemak yg memicu timbulnya jerawat, misalnya obat Yeastafort, diminum 3×1 sehari. Obat ini dapat dikonsumsi dalam jangka panjang karena isinya hanya mineral, vitamin dan ragi.

    Adapun obat-obat topikal(krim, salep, jelly, dll) dipilih dan disesuaikan dengan kondisi jerawat setelah diperiksa secara langsung oleh dokter, atau setidaknya melalui foto jika memerlukan diskusi via internet.
    Makasih

    @ niska:
    Salam kenal :)
    Untuk kulit yang kering dapat diberikan pelembab. Ruam merah kadang lama ilanya terutama kalo sering terpapar sinar matahari atau suka dipegang-pegang atau kalo pas berkeringat.

    Bekas jerawat sebaiknya tidak terburu-buru menggunakan obat selain dari dokter, mengingat kulit baru yang tumbuh setelah sembuh masih memerlukan waktu sekitar 3 bulan untuk pematangan kulit (maturasi).

    Jika setelah 3 bulan bekasnya gak ilang, barulah dapat menggunakan obat yang jenis dan kadarnya ditentukan oleh dokter yang memeriksa, sesuai dengan luas dan tebalnya bekas jerawat serta tekstur kulit.

    Moga masalah tersebut segera dapat teratasi.
    Trims

  49. 50 srikandi September 30, 2009 pukul 6:16 pm

    makasih cak…nah faktor keturunan itu mungkin yang numpuk di saya, salah satu ortu saya beserta silsilahnya berjerawat…jd mungkin nurun ke saya jg :D btw obat Yeastafort apa bs diperoleh di apotik2 biasa? makasih sekali cak dokter…

  50. 51 cakmoki Oktober 1, 2009 pukul 12:44 am

    @ srikandi:
    hehehe, gitu ya … :)
    Yeastafort dapat dibeli di apotik tanpa resep dokter. Hanya saja mungkin agak sulit kerana produsennya hanya Kimia Farma.
    Makasih

  51. 52 iyenk November 20, 2009 pukul 12:49 am

    Malam Dok..

    Mo ikutan nanya ttg jerawat nih Cak, dulu muka ku jerawatan trus sembuh seiring waktu tapi kok belakangan ini tiba2 muncul jerawat yg gede2, meradang khususnya di bagian kedua pipi. Kata orang jgn2 krn KB, apa ngaruh Cak, soalnya KB ku IUD (kan tdk mempengaruhi hormonal ya Cak?). Sebelum pake IUD, aku pake pil KB= jerawatan, ganti ke suntik=jerawatan.

    Sekarang aku minum Dexamethason dan Klindamisin, obat itu udah bener blm Cak? utk oles nya aku pake Acne Lotion tiap malam.

    Aku cari Yeastafort rada susah ya Cak. Kalo pas nemu Yeastafort diminumnya sampai jerawatnya hilang apa terus2 an Cak? (kulitku sangat berminyak)

    Cak, apa merokok aktif bisa menyebabkan seseorang jerawatan? (Sebelumnya tdk merokok tdk jerawatan)

    Maaf ngerepotin ya Cak, Terimakasih banyak.

  52. 53 cakmoki November 20, 2009 pukul 11:03 pm

    @ iyenk:
    Met malam,
    Kalo pake IUD gak ngaruh :) sedangkan KB hormonal dimungkinkan berhubungan dengan timbulnya jerawat.
    Ya, obatnya udah bener. Jika jerawatnya gede-2 obat olesnya sebaiknya pake Erymed ato Mediklin TR.
    Yeastafort dapat diminum jangka panjang, dapat juga hingga jerawatnya hilang. Silahkan cari di apotek Kimia Farma.
    Merokok bukan penyebab langsung tapi merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat.
    Moga segera sembuh… Trims

  53. 54 Dwie Desember 11, 2009 pukul 12:26 am

    dok…nanya yah..
    usia ku sudah tidak muda lagi(30) tp jerawat senang merapat ke muka, ilang satu datang lg satu. pertanyaannya adalah?
    1. kalo lg jerawat boleh kah di facial dan mikrodermabrasi?
    2. apakah mikrodermabrasi bisa buat ngilangin bekas jerawat/flek hitam? ada rentang waktunya ga (harus berapa kali gitu)?dampak positif/negatif di mikrodermabrasi apa ya dok?
    3. berapa besar pengaruh cauter buat ngilangin bintik hitam/flek hitam? ada rentang waktunya ga/berapa kali?
    hatur nuhun dok….

  54. 55 cakmoki Desember 11, 2009 pukul 4:04 pm

    @ Dwie:
    1) Dermabrasi hanya dilakukan untuk jerawat jenis Akne konglobata, oleh dokter spesialis kulit.

    2) Dermabrasi dimaksudkan untuk mencegah timbulnya jaringan parut pada akne konglobata. Sedangkan untuk ngilangin flek hitam pada umumnya diberikan obat yg salah satunya mengandung quinolone dosis rendah (2%), sekitar 3 bulan setelah benar-benar sembuh.
    Jika dermabrasi dilakukan oleh dokter kulit, tentu sudah dilandasi indikasi medis. Namun jika tidak sesuai indikasi medis dan dilakukan bukan oleh dokter spesialis kulit, dikhawatirkan merusak jaringan kulit (secara umum, kulit terdiri 5 lapisan yang masing-masing memiliki sifat-2 khusus).

    3) Semua tindakan medis (cauter, dermabrasi,dll) untuk kulit, hanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit berdasarkan indikasi. Adapun serial cauter bergantung pada jenis penyakit kulit atau jaringan parut bekas penyakit kulit tertentu.
    Keberhasilan cauter dipengaruhi oleh luasnya jaringan yang akan dicauter dan tekstur kulit masing-masing orang. Biasanya dokter kulit akan memberi tahu jadwal cauter setelah melakukan pemeriksaan.

    Trims

  55. 56 hana habibah Desember 22, 2009 pukul 7:45 pm

    hay…gwe mw tny nih ….. resep menghilangkan jerawat apa aja sih????????

  56. 58 cakmoki Desember 23, 2009 pukul 3:33 pm

    @ hana habibah:
    Udah tercantum di bab “Pengobatan” pada artikel di atas.
    Silahkan dibaca, ntar kalo belum jelas dapat ditanyakan. Lebih bagus lagi kalo kirim foto jerawat via email: cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    …agar dapat direkomendasikan obat yang lebih tepat.
    Trims

  57. 59 Luk Desember 23, 2009 pukul 4:27 pm

    Dok, mo tanya nih….
    Saya punya bekas jerawat di idung, tapi bekasnya itu bukan flek/bopeng.
    Bekasnya tuh kaya tonjolan/bentol biasa, jadi warnanya kaya kulit biasa cm bentol/nonjol. Dan bentolnya cm terjadi pada bekas jerawat di hidung.

    Mohon pencerahannya + pengobatannya dok…
    Dah ± 3 tahun ga ilang2 nih….
    makasih

  58. 60 cakmoki Desember 23, 2009 pukul 9:56 pm

    @ Luk:
    Kalo bentol masih tpis, dapat menggunakan Madecassol cream. Jika gak ada perbaikan dalam 6 minggu, sebaiknya periksa ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan (dan tindakan medis) yang tepat sesuai hasil pemeriksaan dokter.
    Trims

  59. 61 cakmoki Desember 23, 2009 pukul 9:56 pm

    @ Luk:
    Kalo bentol masih tipis, dapat menggunakan Madecassol cream. Jika gak ada perbaikan dalam 6 minggu, sebaiknya periksa ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan (dan tindakan medis) yang tepat sesuai hasil pemeriksaan dokter.
    Trims

  60. 62 Luk Desember 25, 2009 pukul 2:18 pm

    iya bentolnya tipis (kaya jerawat biasa cm warnanya sama kaya kulit dan ga padat)

    ok de, sy coba
    Thx

  61. 63 cakmoki Desember 25, 2009 pukul 3:07 pm

    @ Luk:
    ok, coba dulu ya…
    Thx

  62. 64 Andiz Januari 2, 2010 pukul 10:48 am

    Dok mo tanya bli madecassol cream tuh bli di apotek ya ?.. Kbetulan jerawatku mgkin persis kek ma luk.. Ada bbrpa jrawat yang tumbuh di hidung besar sgede hmpir seukuran bji jgung wkt kls 1 sma dan sekarang udah kls 3 sma jrawatx msh mendok di idung ga ilang2 ga sprti di pipi ato jidat, warnax juga menyamakan warna kulitku kek bunglon so jd bentol2 deh di idung… Tmen2 blg sih tu dh jd daging.. Apa bner dok? Trus cara menanganix ga harus operasi kan dok??..

  63. 65 cakmoki Januari 3, 2010 pukul 12:24 pm

    @ Andiz:
    iya, madecassol bisa dibeli di apotek.
    Jika bekas jerawat menebal (hiperplasia) menyerupai tonjolan, mungkin gak bisa pake madecassol tapi memerlukan tindakan medis oleh dokter spesialis kulit secara bertahap, misalnya dermabrasi, dll sesuai dengan bentuk dan tebanya bekas jerawat… bukan dengan operasi.
    Trims

  64. 66 Lisa Januari 13, 2010 pukul 10:54 am

    Alo..slm knl,Cak…msh mslh jerawat+bekas2nya,kl jerawat sy skrg munculny cmn kl mau mens aja,biasa 1 biji tp merah agak gede.Kl kaya gt dikasih obat apa yah,Cak?saya oles pake Vitacid kok malah agak perih di muka.Kl dioles Garamycin gt tepat ga?soalnya kata tmn,jerawat model gitu manjur pake Garamycin.Trs untuk bekasnya,lbh bagus mana Vitaquin ato Mederma? Yg cepet dan efektif tp aman gt,Cak..hehe..mksh bny atas pnjlsannya..

  65. 67 cakmoki Januari 14, 2010 pukul 12:24 am

    @ Lisa:
    Alo .. salam kenal juga..
    iya, kalo dah infeksi gak bisa pake Vitacid. Lebih tepat pake Garamycin or Erymed.
    Ngilangin bekasnya sebaiknya nunggu 3 bualn agar lapisan kulit pulih secara alami. Paling cepet 6 minggu untuk meminimalisir bekasnya. Kalo terlalu cepat gak dianjurkan soalnya kulit masih sensitif.
    Mederma jauh lebih aman ketimbang Vitaquin.
    Trims

  66. 68 tio Februari 9, 2010 pukul 9:22 pm

    bagus ni artikelnya dan sangat menarik,,,ijinkan aku berbagi informasi d sini…ni aku nemu web gratisan..semuanya serba gratis,download mp3 gratis,download video gratis,software gratis..malah ada jasa pembuatan web gratis bagi yang ingin punya web tapi gak bisa buatnya..kunjungi aja http://www.pelanginada.co.cc semuanya gratis

  67. 69 cakmoki Februari 10, 2010 pukul 1:41 am

    @ tio:
    ok…
    Makasih kunjungannya :)

  68. 70 Framz Maret 22, 2010 pukul 4:24 pm

    ass. cak
    saya mohon bantuannya nih cak, saya punya masalah jerawat di bagian punggung dan sering saya pencet-pencet gitu, akibatnya daerah sekitar punggung jadi ada noda bintik-bintik hitam.. saya butuh saran obat untuk menghilangkan jerawat dan menghilangkan noda bintik-bintik hitam akibat jerawat cak? temen saya menyarankan ketokenasol! apa benar itu bisa menyembuhkan/meminimalkan jerawat yang ada di puggung saya ?
    terima kasih cak.

  69. 71 cakmoki Maret 23, 2010 pukul 12:46 pm

    @ Framz:
    assalamu’alaikum…
    Ketoconazole adalah obat jamur, bukan untuk jerawat.
    Sedangkan obat untuk jerawat bergantung pada jenisnya, sebagaimana tertulis pada artikel.
    Tahap pertama: menghilangkan jerawat. Kalo ada infeksi sekunder, perlu antibiotika. Kemudian dilanjutkan dengan pengobatan untuk meratakan jerawat.
    Tahap kedua: meminimalisir bekas jerawat. Tahap ini dilakukan sekitar 2-3 bulan setelah jerawatnya sembuh.

    Nah, untuk menentukan jensi obat, harus dilihat jerawatnya. Atau setidaknya dengan foto. Untuk itu, jika berkenan, silahkan kirim foto jerawat tsb via email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Makasih

  70. 72 shella Mei 6, 2010 pukul 9:49 am

    Wahh snasiB niyh,,
    Sy sklwrga ud ktrunan puny jrawat.
    Adek sy mlah parah bged, bekasx nutupin skujur punggung.
    Brhubung sy cwek, sy rutin kskin care. Alhmdulillah, muka sy mulus.
    Cmn, punggung sy mulai berjrawat tpy g sparah adek sy soaLx jrang sy pencetin.
    kdang, cream siang n mlam yg shrusx utk wjah sy pakai utk pnggung. :(
    Pdhal creamx mHal. Hikzz ..
    Kadang jg sy brsihkan punggung sy dg pmbersih dr skin care.
    Bahaya g dok?
    Ap prlu sy krim foto jg??

  71. 73 daniela faras Mei 14, 2010 pukul 10:14 pm

    mbak mbak mamas mamas, hehehe :) aku yela umur ny masih 12 thun
    waktu dulu yela sering ngejek mbak karna jerawatan trus dimuka yela pas masuk haid numbuh 2 jerawat. karna yela cuek jadi yela biarin. nah lama2 yela jadi gak pede so dalam usia belasan pasti ada yang ditaksir kan? :) jadi yela pake segala cara alhasil sih berhasil tapi numbuh lagi contohnya di kening semua tuntas yela pake ponds eh numbuh lagi di pipi udah tuntas ngegerembel ke dagu. nah dikasi saran temen yela sih pake sabun dettol tapi yella gatau yang mana. yela pake yang biru.
    yang yela mau nanya nih
    kalo pake ponds trus berenti ke dettol ada efeknya gak ya?
    trus dettolnya apa?

  72. 74 cakmoki Mei 15, 2010 pukul 2:12 pm

    @ shella:
    Maaf keleawatan
    ya, kirim foto :)

    @ daniela faras:
    perpindahan dari ponds ke dettol gak ada efeknya … dettolnya bebas, toh hanya antiseptik.

  73. 75 alya Mei 24, 2010 pukul 1:32 pm

    obat yang harus saya pakai yang mana dok?

  74. 76 cakmoki Mei 25, 2010 pukul 3:39 am

    @ alya:
    jerawat ada beberapa jenis. Obatnya bergantung pada jenisnya.
    Kalo bisa kirim fotonya, via email kayak yang lain.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  75. 77 daniela faras Juni 11, 2010 pukul 2:59 pm

    o gitu ya, mbak tau gak obat jerawat yang cocok buat anak seumuran yela?

  76. 78 cakmoki Juni 11, 2010 pukul 3:35 pm

    @ daniela faras:
    mbak ? saya kumisan tuh :D
    Seperti tertulis di artikel bahwa jerawat ada beberapa bentuk dan jenis (silahkan baca lagi). Obatnya tentu beda-beda.
    Emangnya umurnya berapa ?

  77. 79 daniela faras Juni 15, 2010 pukul 6:13 pm

    masih 12 tahun om :D

  78. 80 cakmoki Juni 16, 2010 pukul 3:29 pm

    @ daniela faras:
    Berat badannya berapa mbak ?
    Kalo bisa silahkan kirim foto jerawatnya via email supaya dapat direkomedasikan obat yang tepat sesuai jenis jerawatnya. Minta tolong papa untuk attach fotonya ya…
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  79. 81 cr Juni 18, 2010 pukul 5:18 pm

    asalamualaikum.
    mau nanya nih.
    kalo pke buah lemon itu bisa ilangin jerawat sama bekas jerawat gk?
    please balas yaa…
    thank you !

  80. 82 cakmoki Juni 19, 2010 pukul 6:03 am

    @ cr:
    Assalamu’alaikum…
    Gak bisa :)
    Thank you
    Wassalam

  81. 83 theuleck Juni 23, 2010 pukul 4:57 pm

    cak moki,,,
    kalo ngilangin bekas jerawat di punggung gimana tuch,,,

    n kalo sering ada bentol2 di pantat dan akhirnya bekasnya kayak luka kenapa juga tuk cak moki,, kadang bentolnya tu kalo dipegng perih kayak luka, tapi g luka n juga g gatal…
    tolong dung penjelasan dan pengobatannya,,
    maksayi ya cak moki,,,

  82. 84 cakmoki Juni 24, 2010 pukul 4:19 pm

    @ theuleck:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  83. 85 cakmoki Juli 14, 2010 pukul 5:08 pm

    @ wekwek:
    maaf, saya hapus karena tidak mendidik masyarakat :)
    makasih atas komentarnya

  84. 86 lisa Juli 31, 2010 pukul 12:06 am

    Alo,Cak…maap neh nanya lg..ada tmn sy yg jrwtan parah bgt ampir semuka gt..nah kmrn sy ktmu dia udh bersihan bgt mskp blm total.Pas sy tanya,dia blg cmn diobatin pake krim Decoderm 3.Sbnrnya krim ini buat apa ya,Cak?apa betul utk jerawat/bekasnya?tp emg bnr ‎​(•͡. •͡) tmn sy jd bersihan bgt..

  85. 87 cakmoki Juli 31, 2010 pukul 12:29 am

    @ lisa:
    Decoderm 3 adalah kombinasi anti-infeksi dan steroid…. biasa digunakan untuk Dermatitis Alergi yang disertai infeksi. Kadang bisa mengurangi jerawat, tapi tidak spesifik. Kalaupun berkurang dengan obat tersebut, biasanya gak bisa tuntas.

    Ibaratnya orang memancing Ikan Layang di laut, umpannya pake serpihan kain atau benang yang mengkilat…mesti dapetnya … tapi bukan berarti makanan ikan layang adalah serpihan kain. :)

    Pengobatan bukan sekedar menghilangkan penyakit, tapi juga harus mempertimbangkan tepat tidaknya obat dan keamanan untuk jangka panjang.

    Makasih..

  86. 88 anita Agustus 12, 2010 pukul 3:20 pm

    cak mau nanya nih, madecassol bisa gak buat ngilangin bekas jerawat yang berupa warna kemerahan gt? dan buat nutupin bolong2 bekas jerawatnya itu pake apa ya? sekalian juga mau nanya, madecassol buat ngilangin bekas cacar kira2 keliatan hasilnya setelah pemakaian brp bulan ya? terima kasih..

  87. 89 cakmoki Agustus 13, 2010 pukul 12:19 am

    @ anita:
    Bisa untuk meminimalisir terbentuknya jaringan parut bekas jerawat dan bolong-2 bekas cacar.
    Pemakaian awal perlu waktu 6 minggu, dan dapat dilanjutkan hingga 2-3 bulan.
    Makasih

  88. 90 vika Agustus 16, 2010 pukul 4:19 pm

    cak minta sosusi dongggggg !!!
    aku punya jerawat di jidat, yaaaa bisa di bilang banyak sih karena nutupin jidat aku (mungkin karena sering aku pencet jidat aku ada bekas jerawat ny). tapi sekarang jerawat ny udah agak menghilang tapi ada bekas ny, dan sekarang muai timbul di pipi. nah biar jerawat ny bisa aku cegah pake apa ya cakk ??
    ngilangin bekas jerawat ny pakai apa ??
    biar jerawat ny pergi pake apa ??

    thank’s :D

  89. 91 cakmoki Agustus 17, 2010 pukul 12:12 am

    @ vika:
    Jerawat ada 4 jenis yg obatnya berbeda-beda.
    Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Adapun untuk ngilangin atau meminimalisir bekasnya sedikitnya menunggu 3 bulan pasca kesembuhan agar kulit berkesempatan memulihkan diri dan agar tidak iritasi.
    Idealnya periksa ke dokter kulit setempat agar diberikan obat yg sesuai dengan tekstur kulit, supaya aman.
    Trims

  90. 92 anita Agustus 19, 2010 pukul 8:23 pm

    oh oke deh.. makasih ya. terus mau nanya lagi nih, apa setelah make madecassol bisa ilang sepenuhnya bekas cacar+bekas jerawatnya atau masih akan meninggalkan bekas?-trims

  91. 93 cakmoki Agustus 20, 2010 pukul 2:47 am

    @ anita:
    Kalo yang tipis bisa ilang, kalo yang cekungnya dalam gak bisa lang sepenuhnya, tapi setidaknya bisa diminimalisir.. ntar lambat laun kulit akan memulihkan dirinya sendiri sehingga bekas cacar makin samar.
    makasih

  92. 94 ewi September 2, 2010 pukul 10:15 pm

    ehmm…
    saya udah dua tahun jerawatan semenjak kuliah.
    ga tau itu karena pengaruh hormon atau perubahan cuaca di daerah yang lama sama yang baru sekarang. sebelumnya saya ga pernah jerawatan tuh.
    udah coba berbagai macam cara tapi tetep aja nol…nongol aja tu jerawat apalagi di jidat..OMG.
    kalo saya mau beli obat2 yang anda sarankan saya bisa dapet dimana yah?
    makasih ya mas!

  93. 95 cakmoki September 3, 2010 pukul 1:00 am

    @ ewi:
    ehm…
    Bisa didapat di apotek.
    Kalo berkenan, kirim foto jerawat via email supaya saya bisa mengidentifikasi jenis jerawatnya dan merekomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

    Makasih

  94. 96 ewi September 4, 2010 pukul 9:28 am

    makasih banyak ya mas..

  95. 97 idam September 4, 2010 pukul 11:22 am

    cak cak.. jerawat saya ni kebangeten.. munculnya di punggung n jumlahnya gak kira2.. udah ke dokter trus dikasih obat cair yg baunya kayak2 sulfur gt.. hampir 2 bln takpake tetep ndak ada perubahan.. saya ke dokter lg n obatnya dikombinasikan dg salep vitacid (klo g salah yg 0.05%).. berkurang dikit sih.. tp klo dihentikan pemakaiannya ya muncul lg.. akhirnya tkpletosin aja jerawatnya, jdnya punggung sy sekarang buruk rupa deh. malu ma suami hehehe pdhl wajah sy cenderung ga berjerawat sama sekali.. nyuwun pencerahannya enaknya diapain jerawat saya.. matur suwun sanget

  96. 98 cakmoki September 5, 2010 pukul 12:09 am

    @ ewi:
    sama-sama

    @ idam:
    Mengingat jerawat ada 4 jenis, sebaiknya kirim fotonya via email agar dapat direkomendasikan obat yang tepat sesuai dengan jenis jerawatnya.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  97. 99 rikki Oktober 10, 2010 pukul 2:38 pm

    cak ada gk cream/salep/gel yg bs ngilangin flek hitam bekas jerawat ? saya uda k dokter dan dokternya ngasi evalen gel tpi uda 1 bulan blom ilang jg bekas hitamnya, tolong yh cak :)

  98. 100 cakmoki Oktober 10, 2010 pukul 3:08 pm

    @ rikki:
    Ada dong …. tapi harus dilihat dulu flek hitamnya seperti apa dan seberapa luas dan terletak dimana agar pemilihan jenis obat dan kadarnya lebih tepat.
    Untk itu, kalo berkenan, silahkan kirim foto flek hitam tersebut melalui email.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  99. 101 rikki Oktober 11, 2010 pukul 3:20 pm

    cak saya penasaran ni binggung mw nanya kmn ,saya baca2 d situs katanya elocon cream + vitacid cream bisa ngilangin bekas jerawat dan bekas luka yg menghitam cak ,apa bener cak ?

  100. 102 cakmoki Oktober 11, 2010 pukul 3:35 pm

    @ rikki:
    ya, benar… krim tersebut digunakan kalo emang ada hiperpigmentasi… tapi saya tidak merekomedasikan pada bekas jerawat sampeyan karena berpotensi iritasi.
    Makasih

  101. 103 rikki Oktober 11, 2010 pukul 3:44 pm

    klo bekas luka di tangan boleh di gunakan cak ?
    saya punya bekas luka cak di tangan ,saya uda gunain bleaching cream kyk refaqun dan mediquin tapi blom hilang jg cak .Kira2 ada gk yh cak obat yang ampuh buat ngilangin bekas luka yang menghitam di tangan .

  102. 104 cakmoki Oktober 11, 2010 pukul 4:15 pm

    @ rikki:
    udah bener pake mediquin… cuma hasilnya gak bisa ilang sama sekali, setidaknya bisa meminimalisir.

  103. 105 rikki Oktober 11, 2010 pukul 4:44 pm

    oke ,mksi yh cak ?!

  104. 106 boby fahlevi November 7, 2010 pukul 6:41 pm

    Salam kenal mau sharing aja saya udah buat review lengkap tentang vitacid ni obat jerawat terdasyat bisa ngeratain bopeng juga lg. Mampir ya http://bobyfahlevi.wordpress.com/2010/02/20/vitacid-si-obat-jerawat-multi-fungsi/

  105. 107 andi Desember 8, 2010 pukul 11:13 am

    asalamualaikum….
    cak… Gua pnya masalah dg jerwat yg sebesar jagung ne (kata teman sich jerawat batu)….
    trus ada yg nyarani minum obat Thimelon 4 (mf nyebutin Merkna) trus mang hilang cak….
    pi kalau gua gk minum obat trsebut muncul lagi dah perhiasan wajah gua (Jerwat batu mksdna hehehe)…..
    apa gua mesti ketergantungan ma obat tersbut?????
    MOHON PETUNJUKNYA ……

  106. 108 cakmoki Desember 8, 2010 pukul 1:20 pm

    @ andi:
    Wa’alaikum salam…
    Untuk mengetahui jenis jerawat harus dilihat atau setidaknya melalui foto, soalnya ada 3 jenis jerawat yang obatnya berbeda-beda. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  107. 109 cakmoki Desember 10, 2010 pukul 5:21 pm

    @ andi:
    Jawaban udah saya kirim via email…silahkan cek.
    Makasih

  108. 111 rikki Desember 18, 2010 pukul 1:19 am

    cak jerawat itu memang selalu ada bekasnya y cak ?
    padahal sya uda pke salep dri dokter cak, namanya climadan agne gel..
    klo mnurut saya produk ini sistem kerjanya ngeringin jerawat gitu cak pling ampuh buat bekas jerawat yg bernanah gtu cak,
    tpi klo untuk bekas jerawat yg merah pasti ninggalin bekas merah cak ..,
    tp saya udh klop cak sma salep ini cak krn cra kerjanya cepet cmn 2 ato 3 hari da kering tu jerawat …
    sebenarnya penanganan yang tepat supaya gak meninggalkan bekas cmn cak apa ada tambahan cream2 laen cak ?
    coz slma ini saya klo jerawatan cmn pke salep ini..

  109. 112 cakmoki Desember 18, 2010 pukul 1:27 am

    @ rikki:
    Ga semua jerawat ninggali bekas. Kalo yg jenis acne papulopustuler, bakal ninggalin bekas.
    Obat tersebut udah oke untuk menanggulangi infeksi pada acne. Cuma untuk ngurangi bekasnya perlu obat lain, misalnya: benzolac cream.
    Makasih

  110. 113 rikki Desember 18, 2010 pukul 11:31 am

    klo vitacid bs jg gk dok,
    saya perna gunain benzolac cream dngk cocok dok,,
    efeknya kulit saya jdi hitam dan terkelupas…..,

  111. 114 rikki Desember 18, 2010 pukul 12:07 pm

    klo vitacud bs gk cak,
    saya perna gunain benzolac cream tp kulit saya jdi hitam dan terkelupas cak ,,

  112. 115 cakmoki Desember 18, 2010 pukul 11:36 pm

    @ rikki:
    Bisa.

  113. 116 cherry Desember 25, 2010 pukul 8:49 pm

    dok, kalo cauter flek2 wajah berapaan ya? di muka ku banyak banget, ada kali ya 20 bijian.
    sampe 1 juta kah dok?

  114. 117 cakmoki Desember 25, 2010 pukul 11:26 pm

    @ cherry:
    Maaf, saya tidak tahu biayanya… soalnya tiap dokter memasang tarip berbeda.
    Silahkan langsung bertanya ke dokter kulit :)
    Makasih

  115. 118 andi Januari 2, 2011 pukul 10:43 pm

    Malam Cak…..
    Terapi obat yg cak sarani kemarin sukses hampir 90% jerawatnya clear pi masalh baru muncul lg cak muka jadi kering & mengelupas……
    Apakah ini efek obat yg sifatna sementara atau permanen cak????????
    Kasih solusina lagi dunk cak cara mngatasinya…..

    O ya cak yastafort dapt dbeli dmn ya????
    trus hargana berapa cak???????????

    TRIMS CAK……………….

  116. 119 cakmoki Januari 2, 2011 pukul 11:13 pm

    @ andi:
    Met malam
    Obatnya permanen… tapi penyakitnya yang kadang gak hilang permanent, soalnya bisa tumbuh lagi kalo terpapar pemicunya :D
    Untuk yeastafort, kabar dari produsennya ternyata gak diproduksi lagi… dulu harganya cuma 300 perak per dragee.
    Kalo ntar mucul lagi, obatnya sama dengan yg sebelumnya.
    Makasih

  117. 120 ica Januari 3, 2011 pukul 11:52 am

    assalamualaikum cak..
    saya mau tanya obat ato krim apa yang bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat,,udah 1 th ini udah coba ini itu tapi bekas jerawat saya gak ilang – ilang juga..mohon solusinya ya cak.Terimakasih

    salam,
    ica

  118. 121 ica Januari 3, 2011 pukul 2:39 pm

    cak moki ayo donk kasih tau obat apa yang bisa saya gunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat saya,,,,tak tunggu

  119. 122 cakmoki Januari 3, 2011 pukul 11:52 pm

    @ ica:
    Wa’alaikum salam
    Sudah saya jawab pada pertanyaan di halaman penyakit kulit
    Wassalam

  120. 123 Laras Januari 10, 2011 pukul 3:52 pm

    Cak moki..
    Sy sdh jrawatn dr umur 14th s.d.skarang 25th..sdh coba cara a-z blm ad yg bs mbasmi scr smpurna..biasany jrawat bhenti tumbuh jk dberi resep antibiotik,jk lpas..dtang kmbali si jrawat..
    Prtanyaanny :jrawat sy apakah pnyebabny klebihn hrmon androgen?sy dnger ad pil kb diane35 yg bs mngurangi jrawat?apakah aman mkonsumsi pil kb sblm pny anak?skedar info,bpk sy wkt muda jg jrawatn..
    Trims y dok atas jwbanny

  121. 124 cakmoki Januari 11, 2011 pukul 1:28 am

    @ Laras:
    Gak mesti kelebihan androgen… dan sebaiknya jangan pake pil KB diane35 ..
    Untuk mengetahui jenis jerawat harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis jerawatnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  122. 125 Laras Januari 15, 2011 pukul 7:13 am

    Cakmoki..trims sdh mjawab..
    Kalo skrng jrawat lg mhilang,coz lg prawatan dklinik kcantikan, dberi antibiotik sbulan..
    Masalahny jrawan bkn cm dmuka,dada,perut n punggung jg ad,sgt mganggu..
    Jerawatny biasany bsar tp pny bbrp mata n bnanah,truz g prnah smpai smuka..tp mnyakitn,pegal rasany..
    Mohon pencerahanny biar g ktergantungn antibiotik..
    Trims jwbnny y cakmoki :)

  123. 126 cakmoki Januari 15, 2011 pukul 1:37 pm

    @ Laras:
    iya, adakalnya jerawat tumbuh di badan, dll, namanya Acne vulgaris.
    Makanya kirim fotonya supaya dapt diberikan obat yg tepat mengingat jeawat ada 3 type dengan pengobatan yg berbeda sebagaimana tertulis di artikel (kyknya bloom baca semua ya :P )
    Kalo boleh tahu, selama ini di Klinik Kecantikan diberi obat apa aja ?
    Makasih

  124. 127 vixs Februari 16, 2011 pukul 1:51 pm

    dok, jerawat saya cukup parah.. uda pake berbagai cara, saya mu mu konsul lwat email ya dok.. tolong dibantu.. trims..

  125. 128 cakmoki Februari 16, 2011 pukul 4:21 pm

    @ vixs:
    ya, jangan lupa fotonya ya… setidaknya resolusi 800 x 600 dari 2-3 sudut pengambilan foto. Trims

  126. 129 sanny Februari 19, 2011 pukul 6:41 pm

    Dok, obat minum yg tetrasiklin bisa di minum maksimal smpe brpa lama?? Jerawat saya sudah mulai menghilang tp takutnya pas saya ga minum obat lagi, jrwtnya muncul lagi..
    Thq b4

  127. 130 vixs Februari 19, 2011 pukul 8:55 pm

    dok, kok email sy blum dibals ya? dari Taopik Kurrohman.. trims

  128. 131 cakmoki Februari 20, 2011 pukul 10:35 am

    @ sanny:
    Sampai jerawat mengering. Kalo udah menghilang, penggunaan obat harus dihentikan supaya ga resisten (kebal). Kalo muncul lagi karena berbagai sebab, barulah digunakan lagi
    Makasih

    @ vixs:
    Semua email yg masuk sampai kemarin pagi rasanya udah saya balas semua… ntar sy cek

  129. 132 anita Februari 21, 2011 pukul 7:41 pm

    dok, saya sudah kirimkan email dgn foto2nya di ms word soalnya email yg kemaren ga bsia diliat gbrnya. mohon dibantu. trims

  130. 133 cakmoki Februari 22, 2011 pukul 2:50 pm

    @ anita:
    udah saya jawab via email, silahkan cek… maaf terlambat menjawabnya.
    makasih

  131. 134 jessy Maret 16, 2011 pukul 10:07 pm

    Assalamuallaikum..

    dok, ada yang saya mau tanyakan. di wajah saya itu ada beruntusan kecil2 menyerupai komedo tertutup tetapi bukan jerwat. beruntusannya di jidat dan di pipi bagaimana cara menghilangkannya ya dok ??

    terima kasih

  132. 135 cakmoki Maret 17, 2011 pukul 1:53 pm

    @ jessy:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih
    Wassalam

  133. 136 kiki Maret 27, 2011 pukul 6:58 pm

    cak saya mau konsul ni udah putus asa ma jerawat

    udah kluar masuk dokter spesialis kulit
    tapi kebanyakan kok buat ketergantungan ma obat ya
    udah perawatan ma dokter slama 4bulan hasil kulit mulus eh waktu brenti langsung d serbu jerawat lagi

    minta solusi dong
    cara mengatasi jerawat yg meradang hebat
    trus menghilangkan komedo di wajah…..

    tolong cak aku da putus asa ma jerawat nih

  134. 137 cakmoki Maret 27, 2011 pukul 10:21 pm

    @ kiki:
    Jangan pernah putus asa :)
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit, termasuk jerawat, harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  135. 138 kiki Maret 30, 2011 pukul 8:33 am

    cak moki aku udah kirim fotonya
    mohon balasannya yah….

  136. 139 victoria April 2, 2011 pukul 5:08 pm

    Dok , saya sudah jerawatan dari 4 tahun lalu. Jerawatnya z awalnya masih kecil” dan dikid terus gampang sembuhnya.
    Tapi dari 2 tahun lalu jerawatnya jadi makin banyak. Awalnya z di pipi kanan doank tp seminggu kemudian di pipi kiri.
    Terus gara” rambut aq t da poninya jerawatnya jadi keluar di dahi. Sekarang dah gak berponi tapi jerawatnya masih ada. Di dagu jg byk jerawatnya. Tapi jerawatnya bukan jerawat batu. Jerawatnya kecil” gitu. Kata orang z jerawatnya gara” debu ja. Tapi dah make berbagai macam cara tetap ja gak sembuh”. Jadi kangen ma kulit wajah yg dulu. TT

    Da make berbagai macam obat dari obat salon mpe yg alami jg dah dicoba tp perubahannya dikid ja. Kalo da sembuh dikid bbrp hr kemudian muncul lg jrwt baru ato jrwtnya makin merah. Sampe sekarang saya cuci muka make air aja. Soalnya da pernah make pembersih wajah. Alhasil wajah jadi kasar gitu. Jadi serem makanya sampe sekarang make air aja.

    Awalnya z mau ke dokter.
    Tapi tante aq yg jerawatan ke dokter spesialis kulit gitu.
    Emank z jerawatnya sembuh tapi obatnya menimbulkan ketergantungan. Kalo misalkan belom dipake obatnya. Kulit wajahnya bakal terkelupas gitu kayak ular. Serem liatnya makanya jadi batal ke dokter :(

    Minta solusi donk cara nyembuhin jerawat sampe ke akar”nya.
    Soalnya lagi masa remaja.
    Kan minder. Teman” gak jerawatan. Aq jerawatan.
    Hiks”.

  137. 140 cakmoki April 3, 2011 pukul 7:59 pm

    @ kiki:
    semua pertanyaan via email udah saya jawab…silahkan cek :)

    @ victoria:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit, termasuk jerawat, harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  138. 141 victoria April 7, 2011 pukul 4:28 pm

    Saya dah kirim email tapi kok gak dibales” yaah TT

  139. 142 cakmoki April 8, 2011 pukul 4:27 am

    @ victoria:
    udah dijawab tanggal 5 april 2011 …silahkan cek :P

  140. 143 Budiman April 21, 2011 pukul 1:14 pm

    dok,, sy putus asa krn jerawat hikz… 4 thn ga bs sembuh…

  141. 144 cakmoki April 22, 2011 pukul 3:01 pm

    @ Budiman:
    maksudnya udah berobat ke dokter 4 tahun ? Obat apa aja yg udah diberikan dokter ?
    Jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  142. 145 ira nurika April 28, 2011 pukul 9:06 am

    dok
    saya memiliki jerawar bernanah cukup banyak,lalu saya pergi ke dokter kulit,mendapat obt pembersih muka seperti alkohol antibiotik doxicor 100mg sama climadan acne,,tapi knapa ya tiap hari tmbuh 1 1 padahal semuka sudah saya olesin climadan acne,
    saya juga keturunan dr ayah saya yg berjerawat apakah jerawan karena gen tidak bisa disembuhkan?melihat dari cara saya mmbersihkan dan merawat muka sudah benar tp ttp saya tumbuh saya stress..

  143. 146 ira nurika April 29, 2011 pukul 8:19 pm

    saya tggu jwbnya dok

  144. 147 cakmoki April 30, 2011 pukul 12:14 am

    @ ira nurika:
    obatnya udah tepat… hanya saja, untuk jerawat bernanah (acne papulopustuler), memerlukan pengobatan bertahap.
    Tahap pertama:
    Adalah meredakan infeksi dengan obat-2 di atas, selama sedikitnbya 2-4 minggu. Itupun bisa dioperpanjang jika masih ada jerawat baru yang tumbuh.
    Tahap kedua:
    Jika sudah mengering dan tidak tumbuh jerawat baru, dilanjutkan dengan obat untuk mencegah timbulnya jaringan parut dan menghaluskan nbekas jerawat… tahap ini memerulkan waktu lebih lama dari tahap pertama.

    kalo boleh tahu, sudah berapa lama menggunakan obat-2 tersebut?
    tentang faktor penyebabnya, silahkan baca aryikel di atas pada bab penyebab.
    Makasih

  145. 148 mimi April 30, 2011 pukul 7:06 pm

    dok, cara ngilangin bekas jerawat yg berupa flek kemerah2an sama ada bolong2nya gimana ya? terus juga ngilangin jerawat di punggung pake apa? apa bisa pake obat jerawat kaya yg spt artikel di atas? tolong bgt ya dok. aku ga pede bgt nih gara2 jerawat :'(

  146. 149 cakmoki April 30, 2011 pukul 11:25 pm

    @ mimi:
    obat-2 diatas bukan untuk mengobati bekas jerawat.
    adapun obat untuk meminimalisir bekas jerawat yg berupa bercak atapun yg bolong , akan dipilih oleh dokter setelah memeriksa… kalo hanya omong-omongan gini, saya tidak akan merekomendasikan obat tertentu karena gak lihat bercak dan bolongnya :D … untuk itu, sebaiknya periksa ke dokter.
    makasih

  147. 150 sanny Mei 1, 2011 pukul 6:55 pm

    Dok, maw nanya.. Kemarin saya dah berhasil sama resep pembasmi jerawatnya kan (thq anyway^^,) .. Trus skg bermasalah sama bekas jerawatnya… Bagusan pk apa yah? Vitacid ato medi-klin TR, ato ada yg lebih bagus??
    Thankyou b4 …
    Regards………..

  148. 151 cakmoki Mei 1, 2011 pukul 7:04 pm

    @ sanny:
    jangan pake vitquin, ntar malah iritasi… Mediklin-TR bukan untuk meminimalisir bekas jerawat.
    Untuk memeinimalisir bekas jerawat dapat menggunakan krim Benzolac 2,5% atau 5%… pake dosis rendah aja.
    Masalahnya bukan mana yg lebih bagus, tapi mana yang lebih tepat dan aman untuk kedepannya
    makasih

  149. 152 ira nurika lendra sari Mei 3, 2011 pukul 12:55 am

    dok saya memakai climadan acne dan doxicor itu pada tnggal 21 APRIL 20011,tpi sblm sya mmkain itu saya mnggunkan obt racikan,sempet hilang namun kemudian bbrapa hri kmudian jadi gg mempan,,jai sakit,perih dan gatal,makannya saya mmtuskan untuk kmbali ke dokter kulit dan diberilah saya doxicor dan climadan acne tersebut,tapi dokter ktika jerawat say kering,ada titik putih di jerawat itu harus dikeluarkan ataw dibiarkan?mningat jika jerawat tidak boleh dipencet,namun jika tidak dikeluarkan akan ttp mnjadi jerawat dilain wktu,,itu gimana ya dok ngatasinya???
    hupftt andaikan adaobat yg cespleng sehari lngsung smbuh,,hikz…stress akuuw:)

  150. 153 cakmoki Mei 3, 2011 pukul 2:02 am

    @ ira nurika lendra sari:
    titik putih tersebut dibiarkan aja.. ntar mengering sendiri dengan obat minum dan climadan acne yg diberikan dokter… obat minumnya dapat diulang
    ga ada obat yg langsung cespleng, kecuali iklan.. hehehe

  151. 154 ira nurika Mei 7, 2011 pukul 12:39 pm

    cak jerwat saya yg nanah bin gede2 ini kmrn saya kontrol lagi k dokter kok pipi saya disuntik ya?suntikan apa y itu kira2?wrnanya putih susu,,kata dokternya c buat ngeringin,apakah ada efek sampingnya ya?dan jerawat saya emng pada kempes semua..moga ajjh gg tumbuh lagi tapi kalo tmbuh lg trus sya minta disuntik lagii bahaya gg ya??
    dikasih tamhahan obt selaen dexicor ma densira:densira buadd apa ya??

  152. 155 cakmoki Mei 7, 2011 pukul 6:19 pm

    @ ira nurika:
    kemungkina yg disuntikkan triamcinolon… ga ada efek sampingya… kalo masih ada, dapat disuntik ulang 1-2 minggu sekali… tapi kalo ga tumbuh lagi ga perlu suntik.
    yg dimaksud dansera kaleee… itu enzym untuk metabolisme lemak dan multivitamin.
    Makasih

  153. 156 ira nurika Mei 8, 2011 pukul 10:26 am

    hore!! makasiiihhh dokter,,,
    btw ibukku baca link ini katanya*masih ada dokter baik,cakep agy…*)hhheee

  154. 157 cakmoki Mei 8, 2011 pukul 11:06 pm

    @ ira nurika:
    hahaha… makasih juga :)


  1. 1 Menghitung Jerawat di depan cermin « Ngobrol Kesehatan Lacak balik pada Agustus 9, 2008 pukul 1:59 pm
  2. 2 Kumpulan Artikel Penyakit Kulit | forum.catatanku.in Lacak balik pada Februari 1, 2011 pukul 11:04 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,984,900 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: