ISK: kencing menetes, air matapun berlinang

Rencana tayang jam 07.00 wita gagal, akhirnya mundur hingga sore akibat listrik mati mulai pagi sampai jam 17.40 wita.
Kode ICD.10: N.39.0 (mohon koreksi)

Cuplikan episode di ruang praktek:

Episode 1:
Seorang pria masuk ruang praktek dengan wajah meringis menahan sakit, memegangi perut bagian samping sambil merintih. Kerabatnya memapah lalu membantunya naik ke tempat tidur periksa.

Menurut penuturan sang istri, sebelum ini suaminya mengeluh anyang-anyangen (bhs jawa, artinya: kencing sedikit-sedikit dan sering) disertai rasa nyeri saat kencing (dysuri) terutama pada akhir kencing. Kencing serasa tidak tuntas, dikencing-kencingkan tetap terasa ada sisa. Awalnya tidak begitu dirasakan, lantaran dianggap biasa, hanya diikat karet pada jempol kakinya. (kabar dari tetangga)


Sedang enak-enaknya nonton TV, tiba-tiba perut terasa sakit luar biasa hingga serasa tembus ke pinggang. Kencing tidak lancar, sedikit-sedikit mau kencing dan nyeri. Keringat dingin bercucuran, air mata ikut meleleh saking sakitnya.

Episode 1:
Seorang wanita dipapah 2 orang kerabatnya sembari memegang erat perutnya. Badan agak terbongkok, pucat, wajah memelas menahan sakit, seakan berkata: “cepat tolongin dong !”.

Menurut penuturannya: perut terasa kaku dan nyeri, makin lama makin nyeri serasa tembus, disertai anyang-anyangen (bhs jawa, artinya: kencing sedikit-sedikit dan sering). Pokoknya ™ nyeri sekali, sulit digambarkan saking nyerinya. Tak ayal, keringat dingin keluar, air matapun berlinang. Duhhhh
Kencing tidak lancar, kadang nyeri, kadang tidak.

Ilustrasi di atas dialami oleh seseorang saat menderita: Infeksi Saluran Kemih (ISK). Pada umumnya orang awam mengidentifikasi sebagai penyakit Ginjal. Nggak salah-salah amat sih, hanya perlu sedikit pelurusan.

Masa sih segitu menderitanya ? Jawabannya beragam. Ada yang tidak sesakit gambaran di atas, ada pula yang mirip-mirip episode di atas. Konon nyerinya seperti saat melahirkan. Ada lho yang sampai terguling-guling, merangkak menahan rasa nyeri alang kepalang.

Tindakan awal
menghadapi kondisi seperti di atas, diperlukan tindakan cepat dan kepekaan klinis seorang dokter.
Jika yakin infeksi saluran kencing (kemih) berdasarkan wawancara dan pemeriksaan fisik, maka tindakan awal adalah menanggulangi penderitaan pasien dengan injeksi analgetik (pereda nyeri) dan antispasmodik (mengurangi ketegangan otot polos, misalnya: saluran kencing, saluran cerna)
Bukannya periksa laboratorium, rontgen atau USG ? Ho-oh, itu nantilah, kelamaan, pasien sudah meringis kesakitan nih.

Nah, barulah setelah rasa nyeri berkurang dapat dilanjutkan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, rontgen atau USG, jika diperlukan.

Maaf, prolognya kepanjangan, bagi yang mau skip silahkan download artikel ISK format pdf di bagian akhir, atau silahkan baca offline.

INFEKSI SALURAN KEMIH ( ISK )

PENGERTIAN
Infeksi Saluran Kemih adalah adanya infeksi oleh mikro-organisme dalam saluran kemih. Mikro-organisme sebagai penyebab ISK kebanyakan bakteri aerob. Selain itu ISK dapat disebabkan oleh virus dan jamur.

ISK tidak pandang bulu, dapat menimpa semua umur, pria maupun wanita. Angka kesakitan pada wanita lebih banyak dibanding pria. Proporsinya variatif, tidak ada angka pasti yang menyatakan perbandingan antara wanita dan pria selain disebutkan bahwa wanita lebih banyak menderita ISK daripada pria.
Hal ini dapat dipahami mengingat saluran kencing wanita bagian bawah dihuni bakteri yang makin kurang jumlahnya ke arah kandung kemih.

David S Howes, MD (University of Chicago, 2005) memperkirakan sekitar 20% wanita mengalami masalah saluran kemih selama hidupnya.

Keberhasilan penatalaksanaan ISK bergantung kepada pemeriksaan dini para penderita, penilaian laboratorium, ketepatan pemilihan jenis antimikroba (termasuk dosis dan lama pemberian), faktor kondisi penderita dan follow up selama masa pengobatan.

Kendati ISK disyaratkan adanya bakteri dalam urine dalam jumlah bermakna, tidak menutup kemungkinan tanpa bakteri dalam urine. Hal ini dapat terjadi pada keadaan sebagai berikut:

  • Tempat infeksi tidak dilalui urine sehingga bakteri tidak ditemukan dalam urine
  • Adanya bendungan pada saluran yang terinfeksi
  • Pemberian antibiotika, sehingga bakteri dalam urine tersamarkan.

Kondisi lain yang patut diperhatikan dan beberapa istilah yang juga digunakan dalam klinik antara lain:

  • Asymptomatik Significant Bacteriuria, yakni ISK dengan bakteri dalam urine bermakna tanpa disertai gejala.
  • Bacterial cystitis, yakni suatu kumpulan gejala yang terdiri dari: sakit waktu kencing dan sering kencing.
  • Abacterial cystitis (urethra syndrome), yakni suatu kumpulan gejala yang terdiri dari: sakit waktu kencing dan sering kencing tanpa disertai bakteri dalam kandung kemih.

PENYEBAB
Mikro-organisme terbanyak sebagai penyebab ISK adalah Escherichia coli sebanyak 50-90%, lalu berturut-turut disusul Klebsiella atau Enterobacter, Proteus, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus epidermidis, Enterococci, Candida albicans dan Staphylococcus aureus. ( L. Barth Ruller )

Adapun jenis virus yang dapat menyebabkan ISK adalah Adenivirus (diduga sebagai penyebab infeksi kandung kemih)

PERJALANAN PENYAKIT
Bagaimana mikro-organisme masuk ke saluran kencing hingga menimbulkan infeksi ? Kadang penderita ISK merasa heran, mengapa bisa terjangkit padahal dirinya bukan tipe jorok. Ok, mikro-organisme masuk ke saluran kencing melalui beberapa cara, yakni:

  • Penyebaran langsung dari tempat infeksi terdekat.
  • Penyebaran mikro-organisme melalui aliran darah (hematogen)
  • Penyebaran mikro-organisme melalui saluran getah bening
  • Dari luar, misalnya karena pemakaian kateter, dan lain-lain.

Faktor pencetus
Selain beberapa cara penyebaran di atas, ISK mudah terjadi karena kondisi-kondisi di bawah ini:

  • Bendungan aliran urine
  • Kembalinya urine dari kandung kemih ke saluran kencing bagian atas ( refluks vesiko-ureter)
  • Adanya sisa urine dalam kandung kemih
  • Gangguan metabolisme
  • Peralatan medis, misalnya kateter
  • Wanita hamil, karena bendungan dan ph urine yang tinggi.

G E J A L A
Tanda-tanda ISK tidak khas, sebagian diantaranya bahkan tanpa gejala. Biasanya, keluhan yang sering dijumpai antara lain:

  • Nyeri saat kencing (disuria)
  • Kencing sedikit-sedikit dan sering (polakisuria) *bhs jawa: anyang-anyangen*
  • Nyeri di atas tulang kemaluan atau perut bagian bawah (suprapubik)

Tanda-tanda tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan bagian saluran kencing yang terinfeksi.

  1. ISK bagian bawah: biasanya ditandai dengan keluhan nyeri atau rasa panas saat kencing, kencing sedikit-sedikit dan sering, rasa tidak nyaman di atas tulang kemaluan (suprapubik)
  2. ISK bagian atas: ditandai dengan keluhan nyeri atau rasa tidak nyaman di pinggang, mual, muntah, lemah, demam, menggigil, sakit kepala.

Catatan penulis:
Biasanya kalau membaca tanda atau gejala penyakit, pembaca ada kecenderungan mencocok-cocokkan. Tidak salah sih, sebagai langkah waspada. Di sisi lain tidak perlu terlalu risau jika mendapati ada salah satu gejala yang kebetulan dialaminya. Tidak lantas berpikiran “jangan-jangan” menderita ini dan itu.
Eit, ntar dulu. Catatan ini bukan berarti menutup pintu diskusi lho. Kita tetap terbuka dengan semangat berbagi.

PEMERIKSAAN
Bagi yang mampu (banyak uang cak), bisa jadi pemeriksaan lengkap tidak menjadi masalah berarti. (hiks, tetap masalah kalo terlampau mahal ya) Masalah besar jika ISK menimpa pasien tak mampu, mahal sih, alih-alih mau periksa nan lengkap dengan biaya aduhai, untuk makan saja sudah teramat berat.
Pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang lainnya adalah sebagai berikut:

  • Analisa Urin (urinalisis)
  • Pemeriksaan bakteri (bakteriologis)
  • Pemeriksaan kimia
  • Tes Dip slide
  • Pemeriksaan penunjang lain meliputi: radiologis (rontgen), IVP (pielografi intra vena), USG dan Scanning. Pemeriksaan penunjang ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya batu atau kelaianan lainnya.

Analisa Urin (urinalisis)

  • Leukosuria (ditemukannya leukosit dalam urin). Dinyatakan positif jika terdapat 5 atau lebih leukosit (sel darah putih) per lapangan pandang dalam sedimen urine.
  • Hematuria (ditemukannya eritrosit dalam urin). Merupakan petunjuk adanya ISK jika ditemukan eritrosit (sel darah merah) 5-10 per lapangan pandang sedimen urin. Hematuria bisa juga karena adanya kelainan atau penyakit lain, misalnya batu ginjal dan penyakit ginjal lainnya.

Pemeriksaan bakteri (bakteriologis)
Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan secara mikroskopis dan biakan bakteri.

  • Mikroskopis. Bahan: urin segar (tanpa diputar, tanpa pewarnaan). Positif jika ditemukan 1 bakteri per lapangan pandang.
  • Biakan bakteri. Ditujukan untuk memastikan diagnosa ISK.

Pemeriksaan kimia (tes kimiawi)
Tes ini dimaksudkan sebagai penyaring adanya bakteri dalam urin. Contoh, tes reduksi griess nitrate, untuk mendeteksi bakteri gram negatif. Tingkat kepekaannya mencapai 90 % dengan spesifisitas 99%.

Tes Dip slide (tes plat-celup)
Berguna untuk menentukan jumlah bakteri per cc urin. Kelemahan cara ini tidak mampu mengetahui jenis bakteri.

PENGOBATAN
Prinsip pengobatan adalah memberantas (eradikasi) bakteri dengan antibiotika dan koreksi terhadap kelainan organ.

Tujuan pengobatan:

  • Menghilangkan bakteri penyebab ISK
  • Menanggulangi keluhan (gejala)
  • Mencegah kemungkinan gangguan organ (terutama ginjal)
  • Upaya di atas dilakukan dengan menggunakan obat yang sensitif, murah, aman, dan efek samping minimal

Tatacara pengobatan:

  • Menggunakan pengobatan dosis tunggal
  • Menggunakan pengobatan jangka pendek antara 10-14 hari
  • Menggunakan pengobatan jangka panjang, 4-6 minggu
  • Menggunakan pengobatan pencegahan (profilaksis) dosis rendah
  • Menggunakan pengobatan supresif, yakni pengobatan lanjutan jika pemberantasan (eradikasi) bakteri belum memberikan hasil, terutama pada kasus ISK yang disertai dengan sumbatan (obstruksi) saluran kencing.

Spesifikasi pengobatan terhadap berbagai jenis ISK: pre memori aja deh (maaf, kebanyakan dan terlalu medis). Jika diperlukan boleh juga (menyusul)

P E N Y U L I T

  • Urolithiasis (batu saluran kemih)
  • Infeksi jaringan ginjal
  • ISK berulang (kambuhan)
  • Obstruksi (sumbatan) dengan segala konsekwensinya
  • Dan lain-lain

ANJURAN
Bagi penderita ISK berulang (kambuhan), hendaknya memeriksakan diri secara berkala, setidaknya 1-2 bulan sekali untuk mengetahui kepekaan bakteri terhadap antibiotika dan evaluasi fungsi ginjal.

Semoga bermanfaat

Bacaan:

  • Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II, hal 369-376, 2004
  • The Family Practice Handbook, Mark A. Grabber, MD, 3 ed, 1997
  • Urinary Tract Infection, Female, David S Howes, MD, University of Chicago, 2005
  • Urinary Tract Infection, Male, David S Howes, MD, University of Chicago, 2005

Edisi Baca file PDF ukuran 99 kb, silahkan download di sini

Coming soon, seputar jerawat berjudul: “menghitung jerawat di depan cermin“.
Ada selingan lain juga dong :)

About these ads

308 Responses to “ISK: kencing menetes, air matapun berlinang”


  1. 1 cK April 5, 2007 pukul 6:51 pm

    PERTAMAXXX….kalo nahap pipis bisa ISK ga??

  2. 2 antobilang April 5, 2007 pukul 6:54 pm

    yah…KEDUAAAXXXXXXXXX

    itu ada pengaruhnya sama kualitas ‘rudal’ tidak pak?

  3. 3 Dani Iswara April 5, 2007 pukul 9:18 pm

    dan juga minum air putih yang cukup dan teratur..apalagi banyak berkeringat.. :D

  4. 4 junthit April 5, 2007 pukul 10:23 pm

    Empaxxx..

    di keluarga saya kalau ada yang “anyang-anyangen” biasanya dakasih minum air + garam , selang beberapa menit beres.. tradisional sih , tapi ampuh..??

  5. 5 Lita April 5, 2007 pukul 10:25 pm

    Waktu hamil Daud, saya kena ISK. Tidak sakit waktu pipis, dan sekitar lokasi ginjal hanya sakit ketika ditekan. Keluhannya hanya demam tak jelas, dengan temperatur yang tidak tinggi.

    Setelah tes urin rutin, ketahuan ada infeksi E. coli. Heee??? Dari belakang datang ke depan? Wah… sepertinya ada yang ngawur dengan cara saya bebersih kali ya. Kebanyakan mikirin bahan ujian komprehensif dan menyelesaikan TA, jadi selebor di sana-sini (termasuk gastritis yang kumat karena sering lupa/males makan, jatuh di tangga karena bengong, dll).

    Kata DSOG (sekalian kontrolnya), lihat hasil hitung biakan dulu. Keluar hasil, pas di batas 100ribu. Diputuskan tak perlu pakai antibiotik. Dengan wanti-wanti keras, jangan nahan pipis dan perbanyak minum! Waks. Padahal… di Bandung kan dingin… males juga bolak-balik ke kamar mandi. Ya sudahlah. Seminggu kemudian beres :D

    Eh curhat. Gak papa ya, cak ;)

  6. 6 Yusuf wong Solo April 5, 2007 pukul 11:09 pm

    anyang-anyangan = tawar menawar… he he he becanda.. rasa anyang-anyangan pernah saya rasakan pas sakit flu minum obat flu tertentu… jadi muncul.. tapi begitu obat flu tersebut distop rasa anyang-anyangannya berhenti dengan sendirinya…

  7. 8 cakmoki April 6, 2007 pukul 2:04 am

    @ cK,
    Dah dijawab oleh dr. Dani dan Bu Lita. Enak nih saya sudah ada yang membantu.
    Penjelasannya begini:
    Tempat menampung pipis dalam tubuh adalah kandung kemih (buli-buli). Kandung kemih berfungsi juga sebagai pembilas, sehingga jika ada mikro-organisme masuk akan dibilas dan dikeluarkan. Lha, kalo pipis di tahan, fungsi pembilasan tertahan, sama artinya dengan memberi kesempatan mikro-organisme berkembang biak jika ada yang kebetulan mampir di situ. Tidak selalu menimbulkan ISK sih, masih ada faktor lain. Karenanya usahakan nggak usah nahan pipis lagi.

    @ antobilang,
    Kalo murni ISK tanpa merambat ke jeroan rudal pengatur hormon kualitas rudal, aman. Rudal tetap afdhol !!!
    Hiks, padahal lagi nyiapkan artikel “rudal loyo” alias disfungsi ereksi. Ehm :D

    @ Dani Iswara,
    Trims tambahannya :)

    @ Junthit,
    Ya, itu betul. Tanpa garam udah cukup koq.

    @ Lita,
    Maturnuwun tambahannya. Hebat tuh DSOG-nya. Biasanya main berondong antibiotik. Ya, indikasi pemberian antibiotika dengan tes reduksi lebih dari 100.000 bakteri. Adduuuhhh yang penting malah nggak saya tulis. Edisi bacanya belum upload. Hehehe, dimaapkeun ya

    @ Yusuf wong Solo,
    hiks, maaf, tidak tertulis efek obat simpatomimetik terkait anyang-anyangen. Tur nuwun mas Yusuf :D

    @ alle,
    Enggak ah, gak ngeri koq.
    Tenang aja, pria lebih jarang kena ISK dibanding wanita …

  8. 9 Evy April 6, 2007 pukul 3:43 am

    Cak Oral sex juga bisa bikin ISK, mungkin karena ganti suasana bakteri ya, tertular bakteri dr mulut ke salurang kemih :)

  9. 10 cakmoki April 6, 2007 pukul 4:42 am

    @ Evy,
    Sik, sik tak pikire. Iki nambah informasi opo nambah informasi …
    Biar dikomentari yang lain aja ya. Hehehe

  10. 11 arifkurniawan April 6, 2007 pukul 7:21 am

    Alhamdulillah, akhirnya saya mengerti anyeng-anyengan itu apa. Makasih Cak atas bagi-bagi ilmunya.

  11. 12 sibermedik April 6, 2007 pukul 9:12 am

    Wah..bgs bgt!!! Detail lg???
    Btw, mending dibuatin presentasinya format .PPT, jd bsa d dwnload buat penyuluhan..

    Btw, Cak Moki tlg kunjungi blog saya juga ya???
    Aku Yo Arek Suroboyo tapi nyasar Kuliah Nang Solo, Yek Opo iki???

  12. 13 venus April 6, 2007 pukul 1:55 pm

    waktu sma saya pernah kena ISK. aduuuuh, mau pingsan rasanya tiap kebelet pipis. saya udah ngeri, jangan2 sakit yg aneh2 padahal saya gak pernah aneh2. halah. wis, pokoke ngono. makasih banyak, cak. seneng kenal sampeyan, serasa punya dokter keluarga beneran. dan mudah2an nambah ilmu terutama buat yg ndeso2 seperti antobilang itu lho, cak…wahahahaha…

    *cepet2 mluuuayuuuu…*

  13. 14 cakmoki April 6, 2007 pukul 2:59 pm

    @ arifkurniawan,
    ok pak, sama-sama.
    Anyang-anyangen nggak sama dengan kisah Aceng vs Tince lho

    @ sibermedik,
    file presentasi ? ya deh, ntar kalo ada waktu tak link ke office online. Atau bikin sendiri aja, biar mak nyusss.
    Lha link sampeyan endi ? Lali masang yo. hehehe

    @ venus,
    Lha waktu di kelas kalo kebelat-kebelet pipis ijinnya ke guru piye?
    Ssssttt, gak ngompil kan ? *ampuuunnn*
    Hahaha, ibu iki nyindir yo, saya ndeso je.
    Tak ubeeerrrr

  14. 15 sibermedik April 6, 2007 pukul 5:44 pm

    Cak, mbok ya file rehidrasi.swf diganti backgroundnya???
    kesannya ‘Saru’ / Vulgar..
    ndak enak di nggo presentasi klo audience-nya cewek.
    Btw, coba download file saya ya?

    http://sibermedik.wordpress.com

    Maturnuwun

  15. 16 dalamhati April 6, 2007 pukul 6:31 pm

    walah panjang banget postingannya cak!

  16. 17 peyek April 7, 2007 pukul 12:38 am

    ndak kena ISK, ditunggu “Rudal Loyo”-nya

  17. 18 cakmoki April 7, 2007 pukul 3:59 am

    @ sibermedik,
    wahhh iyo, keliru upload. Ntar tak cari yang background pemandangan :D

    @ dalamhati,
    maaf, enaknya pakai edisi pendek ya. Hehehe, tempo hari ada yang minta puanjang. Tenang, selanjutnya dipertimbangkan pakai fasilitas download.
    Atau dibaca dalamhati saja

    @ peyek,
    Sik eling ae rek, ok sabar :D

  18. 19 deking April 7, 2007 pukul 5:11 am

    Ooo ternyata anyang-anyangen rada ngeri juga ya Cak?
    Kalau di desa saya orang tua bilang kalau kita minum air setengah matang (air mentah yg direbus tetapi tdk sampai mendidih) maka bisa anyang-anyangen. Benarkah begitu Cak?

  19. 20 cakmoki April 7, 2007 pukul 8:04 am

    @ deking,
    Anyang-anyangen nggak mesti ISK pak. Bisa juga karena kurang minum.
    Tentang kepercayaan seperti itu sama dengan di daerah kami.
    Mungkin sudah terlanjur salah kaprah.

  20. 21 ndarualqaz April 7, 2007 pukul 12:27 pm

    dua puluh satux heheheehhe

    pak kalo ditahan terus terusan ada efek yang lebih parah ga?

  21. 22 Kang Kombor April 7, 2007 pukul 8:46 pm

    Maturnuwun, Cak, sudah dibuatkan artikel ini. Saya punya beberapa pertanyaan lagi:

    1. Apa benar 1 dari 3 perempuan selama siklus hidupnya akan mengalami yang namanya ISK ini? Urolog RS Siloam mengemukakan hal itu.
    2. Apa benar ada Infeksi primer dan infeksi sekunder? Infeksi primer karena adanya bakteri, dll di dalam saluran kemih. Infeksi sekunder, misal disebabkan sebagai efek dari adanya batu ginjal.
    3. Kalau anyang-anyangen, apa itu pasti ISK? Orang Jawa bilang kalau minum air yang direbus tidak sampai umub (mendidih) akan menyebabkan anyang-anyangen.

    Maturnuwun.

  22. 23 santribuntet April 8, 2007 pukul 5:26 am

    cakmoki, isk sama psk beda dong yaa… tapi ada persamaanya yaitu sakitnya ke situ2 juga… nice article.. mohon izin artikelnya untuk di submit ke webnya para santri cireobn ya Cak… matur kesuwun Cak… salam

  23. 24 cakmoki April 8, 2007 pukul 9:22 am

    @ ndarualqaz,
    Kalo nggak sampai ISK, nggak ada efek. Paling efeknya senep nahan kencing dari Solo-Ponorogo. hahaha

    @ Kang Kombor,
    Sama-sama Kang, maaf terlambat upload.

    1. Tentang angka kejadian ISK secara Nasional belum ada, biasanya masing-masing RS di Indonesia punya datanya, saya salut tuh urolog di RS Siloam punya datanya. Untuk WHO datanya 1:5, artinya 1 dari 5 wanita mengalami ISK selam hidupnya. Di negara kita bisa lebih tinggi sesuai angka RS Siloam mungkin karena kebanyakan wanita indonesia kurang banyak minum atau sebab lain.

    2. Betul sekali

    3. Anyang-anyangen, belum tentu ISK. Bisa produksi urin yang kurang karena kurang minum atau pas ngempet kencing. Minum panas tidak serta merta jadi anyang-anyangen. Kalo misalnya minum kopi panas, disamping itu juga minum air putih banyak, tidak akan anyang-anyangen. Kebutuhan air tubuh kita minimal 1,5-2 liter per hari. Jika udara panas dan banyak berkeringat, perlu 2,5 liter air minum. Kalo di tempat saya, orang yang anyang-anyangen malah takut minum karena takut sering kencing, nah ini terbalik. Tapi menjelaskannya mudah. Saya biasa mengibaratkan parit, jika parit ada sampahnya maka untuk membersihkannya harus diguyur air banyak, kalo guyurnya (minum) sedikit maka alirannya kecil dan sampahnya nggak hanyut. Biasanya pasien ngerti sambil tertawa.
    Oya air yang tidak sampai umub bukan menyebabkan anyang-anyangen tapi beresiko penyakit pencernaan misalnya diare karena beresiko ada mikroorganisme yang masih hidup masuk ke perut.

    @ santribuntet,
    iya beda. Betul, sakitnya sama, melernya beda, yang psk ngiler. Sudah saya tulis di Sakit kencing nanah diantar istri.
    Monggo di download kalo berkenan. Moga bermanfaat

  24. 25 koecing April 8, 2007 pukul 3:02 pm

    pak dokter, penjelasannya ko panjang banget ya udah gtu cukup mengerikan…
    kebetulan seminggu yang lalu saya didakwa menderita ISK ini…. katan dokter yang saya tengok, gara2 ini kondisi saya jadi drop. nah, waktu saya tanya kira2 apa penyebab ISK itu, dokternya cuman bilang gini “paling kamu kecapean”.penjelasannya koq simple banget. udah gtu g’dikasi obat2 aneh. cuma disuruh lanjutin minum obat yang sebelumnya dikasi(sebelum cek lab gtu d..)
    tapi gpp d.. yang penting skrng udah sehat lg.. ^_^

    hihihi.. apa perlu cerita rincinya dok? mule dr awal kluhan saya? :D

  25. 26 cakmoki April 8, 2007 pukul 7:48 pm

    @ koecing,
    Syukurlah sudah sehat lagi. Sebenarnya, berobat boleh nanya penyakitnya sampai jelas koq.
    Kalo berkenan, boleh dong cerita-cerita. Blog ini memang untuk berbagi, untuk nambah pengetahuan, terutama bagi saya :D

  26. 27 mei April 9, 2007 pukul 1:01 pm

    @ Mbak Evy, setuju tuh kalau oral sex juga bisa menularkan..hihi

  27. 28 kangguru April 9, 2007 pukul 1:33 pm

    mirip penyakit jengkoleun kah??? efek dari makan jengkol???

  28. 29 koecing April 9, 2007 pukul 2:32 pm

    bner nih pak boleh cerita lengkap? nti ktauan cerewetnya nih… lgan suka cerewet naya ini itu k dokternya..:D
    jadi awalnya, saya kira pnyakit maag saya kambuh. krn tanda2nya emang seperti itu. maag trasa perih, diare dan muntah2. tdnya mau pake obat yang biasa saya konsumsi. tp mlihat tanda2 yang g’biasanya(rasanya sedikit berlebihan dari biasanya) akhirnya saya k dokter.

    dokternya bingung. krn wktu pemeriksaan sebelumnya, menurut dokter maag saya g’bakal kambuh lg. tp ternyata kambuh lg dan lebih parah. trus dokternya kasi obat(ingetnya yang antibiotik, baquinor) trus disuruh priksa urine+darah. klo bisa, besoknya langsung kontrol lg.

    akhirnya, besoknya saya priksa lab dan langsung k dokter lg. ternyata dari hasil lab itu.. saya didakwa kna ISK. kta dokter, gara2 ISK itu, kondisi saya jd drop. trus cuma disuruh istirahat dan abisin obat yang sehari sebelumnya dikasi.

    udah.. gtu d.. ceritanya. oya, memang sebelum kondisi saya drop, saya sering ngerasain yang namanya anyang-anyan itu. tp krn saya di kampus, dan klo make toilet sll milih2, saya sering nahan buat ke blakang. gtu ceritanya… (apa gara2 itu juga ya saya jd kna ISK?)

    abis dr dokter, saya bener2 menjalani istirahat total d kos.. g’bisa kmn2. tp alhamdulillah, setelah seminggu sudah fit kembali…

  29. 30 cakmoki April 9, 2007 pukul 5:01 pm

    @ kangguru,
    Beda pak, yang itu intoksikasi jengkol
    Wuih, kejengkolan jalan bisa kayak orang baru khitan :D

    @ koecing,
    Berarti waktu dibilang maag kambuh, udah dicugai ISK (mungkin juga sudah ditanya atau disampaikan soal anyang-anyangen), karena kalo sakit maag nggak mungkin diberi Baquinor (isinya: siprofloksasin).

    Sering menahan kencing memang bisa sebagai pencetus ISK sesuai penjelasan sebelumnya. (yang untuk mbak cK)
    Tempat menampung pipis dalam tubuh adalah kandung kemih (buli-buli). Kandung kemih berfungsi juga sebagai pembilas, sehingga jika ada mikro-organisme masuk akan dibilas dan dikeluarkan. Lha, kalo pipis di tahan, fungsi pembilasan tertahan, sama artinya dengan memberi kesempatan mikro-organisme berkembang biak jika ada yang kebetulan mampir di situ.

    Semoga nggak ISK lagi, dan kalo mau pipis angkat tangan lalu lari ke kamar kecil. Nggak usah lari ding, hehehe

  30. 31 Fa April 12, 2007 pukul 11:52 am

    hmm…klo sering2 ke sini saya bisa makin pinter deh :D matur nuwun yo Cak :D

  31. 32 cakmoki April 13, 2007 pukul 1:34 am

    @ Fa,
    monggo, saling berbagi, Diaturi mampir dan suguhannya bawa sendiri :D

  32. 33 sibermedik April 17, 2007 pukul 12:43 pm

    dah diganti belum cak rehidrasinya???

  33. 34 cakmoki April 17, 2007 pukul 4:48 pm

    @ sibermedik,
    Belum ntar tak kabari ya, sabar

  34. 35 nYam April 18, 2007 pukul 1:23 pm

    wadaw, cukup sekali kena ISK. suakitnya ampun-ampunan. demam tinggi sampe 41 C. pake acara darah pulak. terasa lebih seram karena infeksi 3 bulan sebelum nikah.

    susahnya kalo berbagi toilet. kalo pake semprotan buat dudukan toilet, bisa nurunin resiko infeksi ga?

  35. 36 cakmoki April 19, 2007 pukul 11:10 am

    @ nYam,
    hehehe, gak bisa mbayangkan 3 bulan sebelum nikah kena ISK, padahal biasanya sampai mringis saking sakitnya. Moga nggak kena lagi ah.

    Jika ragu-ragu memakai toilet “rombongan”, nggak perlu pakai semprotan, sebaiknya posisi jongkok saja, agar badan kita tidak kontak dengan toilet. Toh mikro-organisme tidak masuk melelui ai seni yang sedang mengucur.

  36. 37 Nany April 25, 2007 pukul 8:16 pm

    halo pak dokter, waduh, kok pas banget saya nemuin artikel bapak ini, kebetulan saat ini saya lagi ‘gundah gulana’ pak. Pasalnya, tadi malam, tanpa ada angin atau hujan (maksutnya gak tau kenapa) tiba2 saya merasa kesakitan saat pipis, pertama sih pipisnya normal (banyak) tapi kok serasa nggak tuntas, lalu nggak sampe 3 menit udah kebelet lagi, tapi pas ke kmr mandi pipisnya cuman dikittt (cuman setes2 gituh) dan rasanya sakiittt banget, saya bingung (panik juga), apalagi saat ke kmr mandi yg ke sekian kali ada setetes darah yg keluar, lalu ketika ke kmr mandi berikutnya malah ada serpihan kuecil berwarna kemerahan (dan sakitnya luar biasa). Dari jam 11 malam sampe sekitar jam setengah 5 pagi, hampir tiap 10 menit saya bolak balik ke kmr mandi, nyiksa banget deh pokoknya… hiks. Skrg sih udah nggak sesering tadi mlm (sktr 2 jam sekali kebeletnya) tapi di akhir acara pipis masih terasa agak sakit.

    mohon petunjuk ya pak dokter, kalau saya ingin periksa, sebaiknya saya periksa ke mana? dokter umum, dokter kandungan atau dokter kelamin? Ohya, saya wanita berumur 28 tahun dan sudah menikah tapi belum punya anak, beberapa bulan terakhir ini saya juga menderita keputihan (sampe keluar serpihan2 putih gitu). Terus, kalau periksa saya juga pengen diperiksa bener2 (pake tes lab dll itu), soalnya saya dulu pernah periksa utk keputihan saya (beberapa kali), dokternya cuman ngasih obat2an, klo nggak sembuh obatnya diganti, begitu terus sampe saya merasa kok jadi percobaan obat (makanya saya jadi berhenti berobat), gimana cara ngomong ke dokternya biar saya diperiksa di lab spt yg diuraikan pak dokter di atas? soalnya selama ini saya nggak terlalu berani usul macem2 klo pas periksa (takut dokternya tersinggung dan mengira saya ‘keminter’). Tolong jawabannya ya dok, saya mau periksa setelah ada penjelasan dr pak dokter moki. Sekalian deh, saya berdomisili di Malang, apa pak dokter bisa merekomendasikan dokter yg bisa saya datangi?

    Ohya (lagi), selama ini saya merasa nggak punya masalah berarti dg ‘dunia perpipisan’, pernah sih anyang-anyangen tapi biasanya terjadi klo udara lagi bener2 dingin dan nggak berlangsung lama. Terima kasih sebelumnya ya pak dokter, maaf kalau tulisan saya kepanjangen…

  37. 38 cakmoki April 26, 2007 pukul 2:39 am

    @ Nany,
    Dear, Ibu yang lagi gundah gulana,
    Saya memahami derita ibu. Sudah semestinya para pasien ingin mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya tentang penyakitnya.
    Saran saya, monggo periksa ke dokter Kandungan atau ke dokter Penyakit Dalam. (maaf tidak punya kenalan dokter kandungan di Malang, kalo Surabaya ada teman dan para guru saya)
    Saya lebih cenderung ke dokter Kandungan dengan pertimbangan sekalian konsultasi persiapan hamil (jika nanti menginginkannya).

    Sebaiknya ibu minta saja pemeriksaan lengkap agar penyakit tersebut dapat tuntas, dan jika karena berbagai hal kemudian mengalami keluhan seperti itu (moga tidak), data sudah terekam, jadi tidak bolak-balik periksa lab kecuali untuk follow up hasil pengobatan.

    Nggak papa koq minta pemeriksaan lengkap. Bisa saja dokter nanti menyaring urutan pemeriksaan lab berdasarkan hasil pemeriksaan fisik.
    Sepengetahuan saya di Malang sarana tersebut ada karena Malang memiliki RS Pendidikan (maksudnya RS yang ada fak. kedokterannya).

    Jangan lupa untuk bertanya sejelas-jelasnya seputar penyakit yang diderita. Mosok sih dokter tersinggung, bukankah itu hak pasien ?
    Kalau dokternya marah, ganti diomeli aja. hehehe *guyon*

    *serius lagi* Jika dokternya tersinggungan, terpaksa deh ganti dokter yang sabar dan telaten.

    Semoga cepat sembuh :D

  38. 39 Rika Juni 7, 2007 pukul 1:20 pm

    Aduhhhhhhhhhhh….. aku iseng2 browsing nyari ISK.
    saya lagi mengalami keluhan sakit di bagian pangkal paha kiri, perut bagian bawah, dan tulang kemaluan. apa iya saya ISK?
    duh… ke dokter takut? gmn nih pak dokter???
    pipisnya sih lancar, n tdk sakit pas pipis. udh 2 minggu nih kyk gini. gak nyaman banget.

    kirain masuk angin, tp selama inikah :(

  39. 40 cakmoki Juni 7, 2007 pukul 1:42 pm

    @ Rika,
    Berdasarkan keluhan yg dialami, sepertinya bukan ISK. Mohon maaf, keluhan tersebut masih bersifat umum, bisa karena memang ada gangguan, bisa pula tidak berhubungan dengan penyakit.
    Untuk memastikan, menurut saya sebaiknya periksa ke dokter terdekat. Nggak perlu takut deh, dokter nggak ada yg nggigit koq :)
    Tahap pertama bisa ke dokter umum. Jika diperlukan, dapat juga ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis kandungan.
    Sekali lagi, ini untuk mencari penyebab keluhan tersebut. Lebih baik mengetahui daripada gelisah bukan ?
    Moga keluhan ibu dapat segera teratasi :)

  40. 41 Alexandra Juli 25, 2007 pukul 5:20 pm

    Saya juga kena ISK. Emang ngak enak bolak balik toilet sehari bisa 20 kali mungkin. Sampai drop banget badan rasanya seperti kata Ibu Nani. Gimana sih biar bisa sembuh? Thanks atas dijawabnya email ini.

  41. 42 Alexandra Juli 25, 2007 pukul 5:54 pm

    Hallo, Bapak Dokter. Saya juga ingin berbagi cerita dan lebih tepatnya lagi bertanya. Mohon dijawab sebisa mungkin ya Dok. Begini, biar saya cerita lebih lengkap sedikit. Beberapa bulan yang lalu, saya mulai kencing2 terus2an. Biasanya sih cuma waktu dingin saja kencing terus2an gitu. Lalu lama2 jadi yang anyang2 itu. Jadi kadang2 mesti di toilet 1/2 jam-an karena begitu mau selesai ada lagi, ada lagi. Beberapa minggu terakhir kencing sudah tidak bisa ditahan lagi, dan sering sekali. Minum ataupun tidak, kencing juga jalan terus. Tapi yang saya baca di sini rata2 sakit atau kesakitan waktu kencing, sedangkan saya tidak. Cuma ada nyeri di bagian kiri perut bawah, seperti ada luka di dalam. Trus, mual, agak pusing sedikit. Saya rasa tidak mungkin hamil karena sudah berjalan 8 bulan sejak saya menikah belum hamil2 juga. Jadi tadi malam saya ke dokter tidak sempat bertanya macam2 juga. Saya sempat cek darah untuk liver karena merasa capek luar biasa 2 tahun terakhir ini, juga cek diabetes. Juga tes infeksi saluran kencing tadi. Hasil lab keluar dokter bilang saya kena infeksi. Saya dikasih CIPROFLOXACIN ukuran 500mg untuk 2 x sehari. Ada satu obat buat nyeri lagi yang saya lupa bawa karena saya ingin meminimalkan minum obat kalau bisa.

    Pertanyaan saya:
    1. Apa saya juga kena ISK atau yang lain, karena dokter bilang infeksi tapi kok saya ngak sakit seperti yang lain?
    Mohon dijelaskan sedikit Dok.
    2. Apa ISK bisa menyebabkan tidak bisa hamil atau saya tidak bisa hamil karena masalah lain, seperti ada masalah di kandungan atau kecapean mungkin?
    3. Apa ISK bisa menyebabkan berat badan turun dan menjadi lemah, capek luar biasa dsb nya?

    Thanks atas dimuatnya dan dijawabnya email saya ini.
    :((

  42. 43 cakmoki Juli 25, 2007 pukul 6:28 pm

    @ Alexandra,
    Maaf Bu, jawaban saya tunda ntar malam ya, mau persiapan praktek soalnya… :)

  43. 44 cakmoki Juli 25, 2007 pukul 9:38 pm

    @ Alexandra,
    Dari cerita ibu di atas, kemungkinan yang dimaksud dokter adalah ISK.
    ISK pada wanita memang cenderung berlangsung lama (tidak selalu). Adapun keluhannya bisa seperti yang tertulis di artikel bisa pula @ asimptomatis, artinya tanpa keluhan atau keluhannya ringan.

    1. ISK ataukah yang lain?
    Melihat keluhan dan obat yang diberikan, kemungkinan besar ISK. Keluhan ISK tidak selalu sama setiap orang, bergantung kepada banyak hal, jenis mikroorganisme penyebab infeksi, berat ringannya infeksi, penyebaran infeksi, dll. Bisa saja seseorang mengalami nyeri saat kencing, bisa pula tidak. Bahkan bisa juga tidak mengalami keluhan (asimptomatis). Adapun keluhan lain dapat menyertai ISK misalnya, mual dll. Inipun tidak selalu sama setiap orang.

    2. Apakah ISK menyebabkan tidak hamil?
    Pada kasus ibu, tidak. Jika menikah 8 bulan yang lalu sedangkan tanda kemungkinan ISK beberapa bulan yang lalu (setelah menikah), berarti tidak ada hubungannya. Kehamilan ditentukan oleh spermatozoa, sel telur dan kondisi rahim serta faktor-faktor lain. Sedangkan ISK berada di saluran yang berbeda. Kalaupun misalnya ada penyebaran infeksi dari saluran kencing ke organ reproduksi, belum tentu menyebabkan seseorang tidak hamil.
    Masalah belum hamil, sabar ya Bu … toh masih pengantin baru kan (baru sekitar 1 tahun)

    3. Apa ISK bisa menyebabkan berat badan turun dan menjadi lemah, capek luar biasa dsb nya?
    Efek secara langsung tidak. Secara gak langsung bisa jadi, terutama jika kesal karena penyakitnya tak kunjung hilang. Rasa cemas juga dapat menyababkan lelah, lemas, mual, nafsu makan menurun, dll.

    Mengenai Obat, sebaiknya diminum sampai habis untuk antibiotika (CIPROFLOXACIN), ini untuk menghindari resitensi (kekebalan), sedangkan anti nyeri boleh tidak diminum jika tidak nyeri.
    Dan sebaiknya diobati sampai tuntas.

    Demikian penjelasan singkat ini moga membantu dan semoga segera sembuh.
    Trims :)

  44. 45 Alexandra Juli 26, 2007 pukul 12:34 pm

    Waduh…ngak nyangka dibalas cepat juga…he..he…
    Tapi setelah saya baca2, sepertinya tidak ada dikasih tahu penyembuhannya deh Dok untuk masalah ISK ini. He2. Habis dokternya yang di rumah sakit cuma suruh banyak minum. Sedangkan kalau banyak minum pastinya banyak sekali kencing atau sering kencing. Baru minum ngak sampai 5 menit udah kencing banyak. Rasa2nya tidak ada air yang menetap di tubuh deh jadinya. Malah capek karena bolak balik toilet aja kerjaannya seharian, sampai malam juga.

    Oh, ya, Dok, pagi ini saya merasakan sakit nyut2an di bagian kanan sekarang. Apa itu masih bagian dari ISK ini? Apa anda pun mengasuh atau punya artikel buat yang hamil juga?
    Sekali lagi maaf karena banyak bertanya, he2…

    Thanks,
    Alexandra

  45. 46 cakmoki Juli 26, 2007 pukul 3:16 pm

    @ Alexandra,
    maaf, kalo berkenan, saya biasa dipanggil cak (bahasa jawa timuran: artinya mas) … hehehe, lebih friendly soalnya.

    Ya, mungkin beliau gak sempat ngasih tahu. sesuai artikel di atas, adakalanya bisa lebih seminggu, 2 minggu bahkan lebih.

    sedangkan minum banyak, yang dimaksud adalah minum melebihi kebutuhan sehari-hari, yakni lebih 2,5 liter per hari. Ahli penyakit dalam lain menyebutkan lebih 3 liter, … soal ini gak masalah yang penting lebih 2,5 liter perhari. Minumnya sedikit-sedikit dan sering. Dampaknya sering kencing (asal gak ngompil, maaf, hehehe). Ini dimaksudkan untuk membilas kandung kemih agar bersih dari mikroorganisme.

    Idealnya sih periksa kultur kuman dan sensitivitas mikroorganisme agar dapat diketahui secara pasti penyebab dan obat yang tepat untuk mengobatinya. Hanya saja di Indonesia memerlukan waktu sekitar 1-2 minggu dan bianya mahal (sekitar 200 ribu)

    sakit nyut2an di bagian kanan sekarang. Apa itu masih bagian dari ISK ini?
    Iya, bisa jadi bagian keluhan ISK.

    Artikel tentang kehamilan ada saya tulis, belum menyeluruh, … tempatnya lupa. Coba menggunakan fasilitas search di sidebar kanan.
    Kalo perawatan kehamilan hingga melahirkan sudah saya buat prosedur tetapnya, sayangnya ebook itu untuk kalangan medis atau bidan.
    Namun siapapun bolejh membacanya, ebook tentang Protap perawatan ada di halaman download. Monggo di donlot jika berkenan.

    oh ya saya bukan pengasuh rubrik, namun demikian saya menyediakan waktu untuk berdiskusi di halaman tanya jawab atau bisa juga berdasarkan artikel posting seperti ISK ini.

    Banyak tanya boleh koq, saya lebih suka ditanya ketimbang pakai bahasa kebatinan, hehehe Hanya saja sy mohon maaf, adakalanya jawaban terlambat 1-2 hari karena di daerah kami listrik padam 2 hari sekali, maklum … ndeso ™.

    Makasih ;)

  46. 47 resti Agustus 10, 2007 pukul 10:38 am

    Halo, Pak Dokter..

    Saya semalaman tidak bisa tidur gara2 kencing terus-menerus. Pagi ini saya sedang browsing2 ttg gejala yang saya alami lalu menemukan situs ini. Gejalanya ternyata sama tetapi air kencing saya jernih (tidak keruh). Baru pertama kali ini saya mengalami seperti ini. Saya sudah berusaha banyak minum air semalaman, tetapi tidak menyelesaikan masalah . Yang ingin saya tanyakan, apa yg harus saya lakukan? apakah tetap minum air sebanyak2nya?Mohon di jawab ya Pak Dok.. Terima Kasih

  47. 48 cakmoki Agustus 10, 2007 pukul 11:36 am

    @ resti,
    halo juga ….
    usul: panggil cak aja ya :)

    semalaman tidak bisa tidur gara2 kencing terus-menerus

    Jika kencingnya dikit-dikit (tidak selalu keruh), sering atau disertai tanda lain seperti dalam artikel, maka untuk tahap pertama udah bener, yakni minum banyak, sedikitnya 2,5 liter perhari.
    Bila dalam 2-3 hari keluhan masih tetap, sebaiknya periksa ke dokter terdekat untuk memastikan apakah ISK atau ada yg lain.

    Sementara ini dulu ya, ntar kita lihat perkembangannya :)

  48. 49 Rina September 11, 2007 pukul 5:12 pm

    Cak, hari ini aku alami ISK hiks…trus nemu webnya cakmoki berguna banget infonya. seharian bolak balik ke toilet tp yg keluar hanya bbrp tetes yg bikin sebel endingnya tuh nyeriii bgt :(( . Mo tanya nih , aku dapet info obat impresial 400mg bisa utk obat ISK ini. Mohon pencerahannya ya.

  49. 50 cakmoki September 12, 2007 pukul 9:47 am

    @ Rina,
    ya … Impresial 400 mg bisa dipakai kalo emang dari dokter. Diminum 2×1 selama 10 hari. Tentu ada obat lain kan ? :)
    Moga segera sembuh ya

  50. 51 Nurul Februari 22, 2008 pukul 3:35 pm

    Hi Cak Moki,

    Salam Kenal

    Boleh naya dikit ya?

    Gini sekarang aku udah telat mens 2 minggu,pas aku cek pakai test kehamilan ternyata positif. Tapi sudah 2 minggu juga , kalo buang air kecil terasa sakit.panas.Tadi pagi sakitnya terasa banget dan akhirnya ama suami aku dibawa ke dokter. setelah di cek urine ternyata mormal, tidak ada bakteri atau kelainan. Kata dokter, mungkin disebabkan hamil.dan disuruh minum air putih yang banyak aja.
    Tapi kok aku kurang yakin ya?soalnya anyang anyangannya sakit banget.walaupun terasanya kadang2 tapi sakit..

    Gimana ya Cak ya?apa harus periksa lagi ya?aku takut akan berpengaruh ke kehamilan..

    Tolong sarannya

    REgards,
    Nurul

  51. 52 Noora Maret 28, 2008 pukul 12:59 pm

    Cak mau nanya terkait ISK. terutama silent isk pada bayi.
    jika hanya tes urun rutin apakah bisa jadi screening awal silent isk? atau harus urin kultur.
    saya sedang menyingkirkan kemungkinan ISK pada anak saya.
    hasil lab urin rutin semua negatif (tmasuk silinder, kristal, lain2) kec leukosit.

    tks infonya

  52. 53 cakmoki Maret 29, 2008 pukul 12:23 am

    @ Noora:
    test urine bisa untuk screening awal silent ISK …jika klinis masih curiga ISK (misalnya yg lain normal dan leukosit menunjukkan infeksi) sebaiknya kultur sekalian test sensitivitas.
    Trims :)

  53. 54 Stefie Mei 10, 2008 pukul 8:36 pm

    Stelah malam pengantin kmrn saya anyang-anyangan. Buang air kecil berjuta kali rasanya, perut bawah nyeri, sakit gila2an pada akhir buang air kecil dan ternyata tadi setelah buang air kecil sempat ada darah pada kemaluan saya. Knp ya? Trus ngobatinya gmn?
    Makasih.

  54. 55 cakmoki Mei 10, 2008 pukul 9:37 pm

    @ Stefie

    Buang air kecil berjuta kali rasanya, perut bawah nyeri, sakit gila2an pada akhir buang air kecil dan ternyata tadi setelah buang air kecil sempat ada darah pada kemaluan saya. Knp ya?

    ISK, Infeksi Saluran Kemih, kemungkinan karena iritasi (saat pengantin baruan), so silahkan periksa ke dokter terdekat untuk mendapatkan obat yang sesuai.
    Trims

  55. 56 bundanisa Juli 9, 2008 pukul 12:27 pm

    Cak Moki, salam kenal..
    Ijin mau mengcopy tulisan tentang ISK untuk diposting di blog saya ya.. soalnya tulisan ini sempat saya jadikan referensi pada saat saya terkena ISK beberapa waktu yang lalu. Daripada tercecer di file komputer, mending saya simpen di blog saja. Thanks.

  56. 57 cakmoki Juli 11, 2008 pukul 5:45 am

    @ bundanisa:
    Salam kenal mbak :)
    Iya, monggo dipersilahkan kalo emang dianggap layak, dan terimakasih telah berkenan menyebar luaskan informasi ini…

  57. 58 Sher Agustus 11, 2008 pukul 5:48 am

    Cak, mau tanya, baru2 ini saya buang air kecil& mengeluarkan darah sedikit. Kalau baca2 hasil googling internet,itu namanya hematuria,tipe yg mikro… (betul ga?)

    waktu dulu,sekitar 4bln yg lalu,seinget sy jg pernah seperti itu.Sy pikir itu bercak darah datang bulan. Tapi setelah sy pakai pmbalut,ternyata bkn datang bulan,krn tdk ada darah lg.Karena saya tdk merasakan keluhan apa2,sy tdk tindak lanjuti ke dokter.

    Dan baru2ini kejadian itu terjadi lagi. Kali ini jam 2 pagi sy terbangun, dan sy lihat kencingnya mengeluarkan darah. Lalu sy langsung cari di internet mengenai kencing darah, dan setelah tau istilahnya hematuria, sy menemukan blog ini.

    Yg ingin sy tanyakan, apa hematuria adalah gejala isk atau malah merupakan gejala penyakit lain? Berbahayakah?

    Apa yg harus dilakukan?
    Dptkah sembuh, bila saya minum air putih sebanyak2nya,sebelum saya periksa ke dokter?

    Karena kalau memang dg minum air putih bs sembuh, stdknya sy tdk prlu ke dokter..

    Ohya, 1hari setelah kencing darah, saya datang bulan, sehingga, sy tdk dpt memastikan apa nyeri ini karena kencing darah, atau karena datang bulan.

    Sy sgt mengharapkan penjelasan dari Cak, jika berkenan. Terima kasih.

  58. 59 cakmoki Agustus 11, 2008 pukul 12:54 pm

    @ Sher:
    iya, hematuri artinya adanya darah dalam air seni (hema or haem or hemato=darah, sedangkan uri=urine).
    Kemungkinan terbanyak hematuri adalah ISK. Tidak berbahaya jika segera diatasi dan tidak ada penyakit lain yang menyertainya.
    Penanggulangan sementara, dengan minum minimal 2,5 liter sehari-semalam.
    Jika dalam 3 hari masih terjadi hematuri atau keluhan lain, misalnya: nyeri saat kencing…dll, sebaiknya periksa ke dokter..

    Moga masalah tersebut segera berlalu… Trims

  59. 60 Panda lucu Agustus 24, 2008 pukul 3:59 pm

    cakmoki..
    aku mau tanya..
    2-3 hari ini aku suka anyang-anyangen..
    kemudian setelah pipis,mulai terasa sakit nya..
    tp aku tidak merasakan sakit yg di bawah perut itu..
    yg aku rasakan hanya sakit setelah pipis..
    mungkin awalnya gara2 aku sering nahan pipis..
    aku belum tau,apakah ini sekedar anyang-anyangen yg nanti nya akan hilang sendiri atau aku sudah pasti kena ISK..
    yg mau aku tanyakan,apakan perlu aku ke dokter untuk memeriksakan ini? apakah tidak apa2 jika dipriksakan ke dokter umum?ketika di priksa oleh dokter,apakah vagina saya akan di priksa pula oleh si dokter itu?
    trimakasih unTuk info nya..

  60. 61 cakmoki Agustus 25, 2008 pukul 12:15 pm

    @ Panda lucu:
    Anyang-anyangen dan neryi pada akhir kencing merupakan tanda ISK dari beberapa tanda (gak mesti semua). Untuk memastikannya, silahkan periksa ke dokter (dokter umum boleh, dokter tidak umum juga boleh …:) )
    gak usah khawatir, dokter gak akan meriksa bagian tersebut..
    Untuk sementara minum sedikitnya 2,5 liter per hari…ntar kalo dalam 2-3 hr udah baikan, gak perlu ke dokter
    Thanks

  61. 62 Panda lucu Agustus 25, 2008 pukul 9:19 pm

    cakmokiii..
    makasi’ byk yah sarannya..
    aku jadi brani langsung ke dokter..
    td nya malah takut..
    hoho.. :P
    wakTu aku ke dokter td,aku dikasih obat amoxicillin yg 500 mg sama mefenamic acid 500 mg (analgetik – antiinflamasi)..
    *sekedar informasi*
    huehehe..
    ^_^
    oia,boleh nanya lg kaaaan..
    obat yg aku minum itu sudah betul apa bLum,!?
    =)

  62. 63 Panda lucu Agustus 25, 2008 pukul 9:27 pm

    oia,td dokter jg bilang aku ga boleh banyak minum teh sama kopi..
    apa benar itu berpengaruh,!?
    padahal aku tu’ susah bgt ngilangin kbiasaan minum teh ato kopi..
    T_T

  63. 64 cakmoki Agustus 28, 2008 pukul 1:46 am

    @ Panda lucu:
    Obatnya dah oke …
    Teh ama kopi bolehhhhhhh …. yang dimaksud gak boleh “banyak” oleh dokter, kali kalo minum kopinya banyak banget, misalnya lebih 4 gelas karena dikhawatirkan menimbuulkan mual dan mengurangi mengurangi air putih … Moga cepet sembuh ya :)

  64. 65 lenamaya September 4, 2008 pukul 1:42 pm

    Dok,tanda silent isk pada bayi apa ya?Akhtar dah beberapa hari ini bak cuma 4-5x sehari.Pipisnya berbau menyengat.Tapi dia ga demam ni..Cuma makannya agak rewel,lg gerakan tutup mulut.Tapi dikasi pisang n biskuit mau.
    Tolong ya dok..

  65. 66 cakmoki September 5, 2008 pukul 4:29 am

    @ lenamaya:
    ISK pada bayi sama dengan dewasa, yakni pipis sering tapi dikit-dikit. Selain itu acapkali USK terjadi karena refluks (aliran balik) air seni akibat adanya hambatan pada kulup (pada bayi laki). Coba dilihat apakah lubang kulupnya menyempit atu enggak…
    Sebenarnya 4-5 kali pipis bukan ukuran sih. Rewel and pipis bau menyengat bisa karena sebab lainnya…
    Trims

  66. 67 lenamaya September 8, 2008 pukul 1:50 am

    Kayaknya ga menyempit cak.Sekarang malah sy yg kena gejala isk.Pipis dikit n suakit bgt..Hiks..

  67. 68 cakmoki September 8, 2008 pukul 6:47 pm

    @ lenamaya:
    lho, koq jadi ibunya yang kena isk nih …
    Sementara coba diatasi dulu dengan minum sedikitnya 2,5 liter sehari. Kalo dalam 2-3 hari masih tetep, terpaksa pake obat.
    Moga segera sembuh ya :)

  68. 69 Michael September 11, 2008 pukul 7:44 am

    Cak mau nanya dunk..

    Aku mengalami gejala2 dari ISK bagian bawah: biasanya ditandai dengan keluhan nyeri atau rasa panas saat kencing, kencing sedikit-sedikit dan sering, rasa tidak nyaman di atas tulang kemaluan (suprapubik).

    Hal ini terjadi sejak aku dua hari setelah aku berenang. Ada 2 kolam tmpt saya berenang saat itu, yang satu kolamnya agak kotor dan kamar mandinya sangat kotor, dan yang satunya lagi bersih.

    Lalu lama saya berenang di kolam pertama sekitar dua setengah jam dan berlanjut di kolam kedua selama sekitar 3jam.

    Pertanyaan saya:
    1.Apabila saya terkena ISK, apa dokter umum bisa memberikan obat tanpa pemeriksaan laboratorium yang mahal2?
    2.Apa ada kemungkinan saya terkena ISK saat berenang di kolam renang pertama?
    3.Atau mgkn di kamar mandi di kolam renang pertama?
    (sbg info: saya hanya berganti pakaian saja tidak ada BAK atau BAB disana)

    Terima Kasih

  69. 70 cakmoki September 12, 2008 pukul 12:04 am

    @ Michael:
    (1) Bisa. Dengan wawancara (anamnesa) dan tanda-tanda klinis seperti disebutkan di atas serta pemeriksaan fisik, udah cukup untuk menegakkan diagnosa dan memberikan obat yang tepat.

    (2) Iya, bisa jadi berhubungan dengan itu.

    (3) kalo di kamar ganti hanya ganti pakaian sih gak akan menyebabkan ISK.

    Thanks

  70. 71 Michael September 16, 2008 pukul 9:36 pm

    Thanks, cak. Terhitung sudah 1 minggu dan 1 hari sejak pertama kli kencing terasa panas dan perih. Sampai sekarang blm sempat ke dokter.
    Btw, g ada rasa sakit atau gejala2 itu lagi loh.

    MASALAHNYA cuma muncul bila di hari sebelumnya aku kurang minum air. Masalah yg munculpun hanya sekali dan di pagi2 hari saat bangun.

    Apa ini kambuhan?

    Thanks

  71. 72 cakmoki September 17, 2008 pukul 4:37 am

    @ Michael:
    Siiip … :)
    Untuk keluhan ringan cukup dengan minum air minimal 2,5 liter sehari. Kalo kurang minum lantas muncul keluhan lagi bisa kambuhan, bisa pula reinfeksi.
    Thanks

  72. 73 Michael September 18, 2008 pukul 5:48 pm

    Btw, cak. Knp di edisi PDF lebih lengkap. Ada Cara2 pengobatan dosis tunggal utk kasus tertentu. Knp g ditulis disini juga?

  73. 74 petra September 23, 2008 pukul 3:47 am

    pak dokter ikut tanya ya.saya 32 tahun, menikah, belum pernah hamil sekarang sedang terapi PLI ( antibody antisperma tinggi di andrologi dan konsul dokter kandungan)

    1 hari kemarin saya mengalam gejala isk, anyang-anyangen dan sakit pas ending pipis. semalaman bolak balik ke toilet, akhirnya hari ini saya putuskan ke dokter umum dulu. sama dokternya suruh tes urin dan darah, (maaf detail ya dok)
    hasilnya dalam darah ada leukosit 14.200, di urin bj 1.025, ph 7, protein pos 2, blood pos 2, urobilin 0.2, sedangkan glukosa, billirubin, keton, nitrit, negatif.

    urine sedimen epitel pos 1, lekosit 15-20, eritrosit 20-30,untuk silinder,kristal, jamur, bakteri semua negatif.

    dari dokternya dikasih terapi ciprofloxacin 500 mg (2 x1 tablet) dan mefenamic acid 500 mg (3 x 1 tablet)

    Pak dokter, saya belum konsulkan ini ke dokter kandungan (karena tempatnya agak jauh), yang saya tanyakan,
    dari test lab, kok jamur dan bakteri negatif, apa ini berarti penyebabnya bukan mikroorganism
    perlukan saya test lab yang beruhubungan dengan kondisi ginjal?? test apa ya

    bagaimana dengan terapi antibiotika yang diberikan oleh dokter umum??

    mohon sarannya ya dok. malamk ini pipis sudah lumayan gak sakit (ada tapi dikit),dan sudah gak sesering hari sebelumnya.

    terima kasih dan maaf detail dan banyak tannyanya.

  74. 75 cakmoki September 23, 2008 pukul 7:19 pm

    @ Michael:
    Maaf, pada posting sebelumnya yg berhubungan dengan penyakit, tertulis agak lengkap, disertai dengan pengobatan. Trus ada masukan agar yang lengkap disediakan dalam bentuk PDF sedangkan yg diposting cukup dengan gambaran umum dan berhubungan dengan keseharian dan bersifat umum, karena kalo lengkap dianggap kepanjangan…hehehe
    Enaknya gimana ?

    @ petra:
    Keluhan dan hasil menunjukkan “kecocokan” bahwa ada ISK. Ini dibuktikan dengan jumlah leukosit (menandakan infeksi) dan eritrosit dalam jumlah banyak di urine (menandakan adanya iritasi).
    Adapun mikroorganisme(bakteri, virus, jamur, parasit) tidak selalu dapat terdeteksi dengan pemeriksaan urine, kecuali jika udah berlangsung lama dan gak diobati.

    Obat dah oke.
    Menurut saya perlu tambahan spasmolitik (melebarkan saluran kencing) misalnya: buscopan atau sesden dan antiseptik, misalnya nephrolit.
    Jadi, komposisi nya sebagai berikut:
    1. Cyprofloxacin 500 mg 2×1
    2. Mefenamic acid 500 mg 3×1
    3. Buscopan 3×1
    4. Nephrolit 3×2
    Setidaknya diminum 5 hari.
    Selain itu perlu minum minimal 2,5 liter perhari.

    Sebagai catatan, masalah antibiotika sebaiknya minta pendapat dokter kandungan atau dokter andrologi agar bisa sejalan dengan PLI.
    Trims

  75. 76 petra September 24, 2008 pukul 8:06 am

    terimaksih banget dok, gak nyangka jawabannya cepet banget. Pak Dokter satu ini emang beda teope begete…

    hari ini saya akan konsul ke dokter kandungan..sebelumnya pagi ini ambil evaluasi PLI….semoga semua oke…

    dokter apa isk akan mempengaruhi infertilitas dan kambuhan gak sich?? (maaf nanya lagi)

    rgrds

  76. 77 cakmoki September 27, 2008 pukul 2:38 am

    @ petra:
    Maaf, telat ngejawab soalnya saya lagi mudik :)
    ISK adakalanya bisa kambuh terutama kalo kurang minum.
    Kalo gak ada penyulit (misalnya penyebaran infeksi) or komplikasi ke organ reproduksi, maka gak akan mempengaruhi kesuburan.
    Trims

  77. 78 gun September 28, 2008 pukul 12:21 pm

    pak dokter saya juga ingin bertanya mengenai ISK yang disebabkan oleh Candida albicans pada pria. Saya sebelumnya mengalami gejala ISK persis seperti yang dibahas pada episode 1 skenario 1 diatas. Tetapi setelah mengobati diri dengan Fluconazole (merk. Diflucan) 150mg, perlahan bagian otot kemih sudah tidak perih/sakit. Tetapi rasa sakit/perih masih terasa pada saluran yang menuju kepala penis.

    Mengapa saya yakin itu candida, karena istri saya sebelumnya terserang candida dan saya mungkin tertular melalui hubungan suami istri. Tetapi istri saya sembuh hanya dengan 1 kali konsumsi kapsul Diflucan 150mg (gejala jamurnya tidak terlihat lagi). Tetapi mengapa masalah pada saya tidak kunjung sembuh(tuntas), sudah 5 kapsul Fluconazole 150mg saya konsumsi.

    Yang ingin saya tanyakan dok, berapa mg normalnya kapsul Fluconazole (diflucan) yang harus saya konsumsi untuk jenis infeksi seperti yang saya alami, mengingat harga obat jenis ini sungguh tergolong mahal bagi saya. Apakah boleh saya berhenti mengonsumsi Fluconazole melihat sakit saya sudah membaik dari sebelumnya.

    thx…

  78. 79 cakmoki September 30, 2008 pukul 4:32 am

    @ gun:
    Logikanya udah bener. Mestinya dengan Fluconazole dosis tunggal, Candida di organ genital udah bisa sembuh.
    Menurut saya sebaiknya test urine untuk memastikan penyebab ISK mengingat bahwa ISK bisa juga disebabkan oleh mikroorganisme lain.
    Selanjutnya, pemilihan obat disesuaikan dengan hasil pemeriksaan urine… Trims

  79. 80 Budi Oktober 10, 2008 pukul 9:48 pm

    Dok, mau tanya, kalau dikulturkan dan test sensitive di RS itu cukup dng air seni(urin) aja, atau gimana cara ngambilnya dok ?. Terus berapa lama tunggu hasil pembiakan dan test sensitivenya dok, thx.

  80. 81 cakmoki Oktober 11, 2008 pukul 1:26 am

    @ Budi:
    Cukup pake sampel air seni (urine) pagi hari (bangun tidur) supaya hasil pemeriksaan lebih akurat.
    Hasilnya dapat kita ketahui sekitar 1 minggu. Thx.

  81. 82 pandalucu November 12, 2008 pukul 10:10 am

    cak,aku mau tanya..
    seperti nya ISK saya kambuh lg..
    susah bagi saya unTuk tidak menahan BAK..
    banyak kegiatan yg membuat saya jd menunda unTuk BAK..
    hiexz..
    ;-( :(
    saya malas jika harus ke dokter lg..
    boleh kah saya langsung tebus obat nya saja di apotik?
    jika boleh,apakah saya harus menebus Amoxicillin 500gr dan Mefenamic Acid 500gr,?
    jika iya,berapa taBLeT harus saya beli?
    3 x sehari 1 kah?
    oia,kebetulan kemarin saya lg sakit,kemudian di beri obat oleh dokter : cortidex,tuzalos,kalmoxillin.
    karna saya jg penderita wasir,saya diberi obat Lanaven.
    nah,jika saya membeli Amoxicillin 500gr,Mefenamic Acid 500gr,apakah tidak apa-apa jika diminum secara bersamaan dengan obat” yg diberikan oleh dokter kepada saya iTu?
    apakah perlu saya membeli Amoxicillin 500gr atau saya hanya perlu membeli Mefenamic Acid 500gr nya saja?
    karena saya kan sudah punya kalmoxillin,bukan kah iTu anTibioTik jg..
    y tp tinggal 6 taBLet lg sih.. :P
    mohon saran ny,cak..

  82. 83 cakmoki November 12, 2008 pukul 10:35 pm

    @ pandalucu:
    Kalmoxillin isinya amoxycillin 500 mg. Ga perlu beli amoxycillin lagi. Kalmoxillin 500 mg diminum 3×1 selama sedikitnya 4-5 hari.
    Obat tambahannya bener tuh:
    Asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan dan Nephrolit 3×2.
    Moga segera sembuh ya
    Trims

  83. 84 anton November 24, 2008 pukul 4:52 am

    alo all
    minta bantuan nih…
    saya dah mengalami kencing terasa panas dah lama banget
    dan saya udah bolak balik dokter…periksa urine jg gpp hasilnya
    tp ini menggangu banget dah lebih 6bulan kencing saya terasa panas
    dan snut2 didaerah pubik..kadang sampe kaki kir panas banget!!!
    obat tradisional pake kumis kucing juga udah!
    kl kedokter obatnya cuma ampuh 2harian
    sesudah itu panas lg kl kencing dan daerah pubik!
    adakah obat yg ampuh selain kumis kucing dan gula jawa!
    soalnya ke dokter urologi jg udah
    tapi tetepnya hasilnya sama obat abis kencing masih panas
    sedih deh :(

  84. 85 vica November 24, 2008 pukul 8:45 pm

    Assalamualaikum…cak saya mau tanya,sejak hamil saya punya keluhan sering pipis,kadang sering nyeri di atas kemaluan trus rasanya stlh kencing msh ada sisa.Saya pikir mkn itu bawaan hamil.Tapi skrg stlh 1,5 th melahirkan pun keluhan itu msh ada.Jadi kdg kalau mau sholat,pdhl wkt mau wudhu udah pipis ya,eh..waktu sujud kayaknya ada pipis keluar dikit,jadi batal lagi.Itu bisa terjadi sampai 3-4 kali bolak balik wudhu.Kenapa ya cak?Trus kalo misalnya priksa,yg dipriksa apanya ya?Apa sampel dari urine-nya atau apa?Makasih ya cak jawabannya…

  85. 86 cakmoki November 25, 2008 pukul 9:10 am

    @ anton:
    Udah periksa IVP ?
    menurut saya, silahkan ke dokter spesialis penyakit dalam (urologi) lagi untuk follow up, agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan sehingga dapat diberikan obat yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan.
    Trims

  86. 87 cakmoki November 25, 2008 pukul 10:53 am

    @ vica:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Kemungkinan ISK atau Infeksi kandung kemih atau lainnya yang belum kita ketahui.
    Sebaiknya periksa ke dokter (spesialis penyakit dalam) atau DSOG.
    Ntar diperiksa perut bagian bawah dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan penunjang, misalnya: sampel urine, USG dll sesuai saran dokter yang meriksa.
    Trims … wass.

  87. 88 nad Desember 9, 2008 pukul 12:00 am

    Duh, bahagianya saya menemukan postingan ini. Kebetulan gejala2 yang saya alami serupa dengan penjelasan cak moki dan teman2 di atas.

    Trims banget yaaa…

    *langsung mo ambil air putih :D*

  88. 89 Tommy Januari 28, 2009 pukul 1:17 pm

    Mau ikutan nanya jg cak…

    Ada saudara (wanita) sepertinya memiliki ciri2 mengidap ISK. Perut bagian bawah kadang sampai sedikit menggembung. Jika sudah minum air putih yg banyak dan minum jamu rasa anyang2ennya hilang dan perut bag. bwhnya jg kempes. Jika kelupaan minum banyak, kambuh lagi. Pertanyaan saya: 1. Apakah ISK tdk bs sembuh? Jika sdh sekali kena apa sulit sembuh dan sering kambuh ya cak? 2. Apakah itu termasuk yg sudah berbahaya?
    Tolong penjelasannya dan terima kasih ya cak..

  89. 90 cakmoki Januari 28, 2009 pukul 7:46 pm

    @ Tommy:
    1) Bisa sembuh dan gak kambuh kalo diobati dengan tepat dan mengikuti saran dokter yang memeriksa.
    2) ISK yang diobati dengan benar, gak berbahaya
    Trims

  90. 91 tazzdeangel Januari 29, 2009 pukul 4:09 am

    pagi cak..
    ikutan nimbrung yah!!!
    cak, aq mule ngrasain anyang2en senin minggu kemaren, n sampe saat ini belum pernah ta priksake. soale aq mikirnya paling juga anyang2en biasa, g mikir sampe kalo kena ISK. tp setelah 4hari berlalu saya saya mencoba minum obat URINTER, kalo uda d minum mang sembuh. tp sekalinya menahan pipis lagi kumat lagi. bahkan kalo pas kumat, sampe2 ngluarin stetes malah yang keluar pipis warna merah????
    aq mw tnya, apakah penyakitku ini uda terlanjur parah???
    dan apakah penyakit ini ada hubungannya dengan hubungan suami istri????

  91. 92 cakmoki Januari 29, 2009 pukul 11:13 pm

    @ tazzdeangel:
    Gak parah koq,… emang adakalanya keluar darah bercampur urine sehingga warnanya kemerahan. Hal ini karena infeksi dan iritasi.
    ISK gak ada hubungannya dengan hubungan suami istri. tapi kalo sedang ISk sebaiknya libur dulu supaya gak tambah perih … hehehe.
    So, silahkan ke dokter terdekat agar mendapatkan obat yang tepat.
    Moga segera sembuh…Trims

  92. 93 2-file ( arek_nade@plasa.com) Februari 15, 2009 pukul 12:59 pm

    Dok… MO TANYA NEH. saya tempo hari nyeri & panas bila kencing. setelah saya ke PUSKESMAS di kasih Obat lumayan membawa hasil. Namun yang masih bikin saya pusing ada rasa gatal didalam ( pankal tulang kemaluan & gatal dibatang bagian bawah) terkadang bila bgn tidur kencing masih panas tp bila dikasih air putih sudah tidak lg. kemudain saya juga mengeluh kecing yang tidak lancar ato dikit-dikit. kasih saran dan obat apa yg bisa saya beli sekalian dosisnye ya dok. Thanks a lot

  93. 94 cakmoki Februari 15, 2009 pukul 9:50 pm

    @ 2-file ( arek_nade@plasa.com):
    1) Antibiotika (misalnya amoksisilin 500 mg, 3×1 selama 5-7 hari)
    2) Urotractin, 2×1 selama 7-10 hari. (antiseptik sal kencing)
    3) Buscopan Plus, 3×1 (untuk ngurangi nyeri dan melebarkan saluran kecing supaya lancar)
    Hendaknya minum air minimal 2,5 liter per hari.

    Jika dengan obat di atas belum manampakkan hasil setelah 7-10 hari, sebaiknya periksa urine untuk menentukan perlu tidaknya diberikan antibiotika yang spesifik sesauai hasil pemeriksaan.
    Trims

  94. 95 caca_jakarta Februari 26, 2009 pukul 4:14 pm

    Asslm Cak…

    Aku sdh menikah +/- 4 bulanan, dan 1 minggu lalu aku menderita anyang2an… setiap kali pipis, pasti sakit dan agak panas..
    suamiku suggest minum air putih yang banyak, tapi ngga juga sembuh… malah 2 hari yang lalu, badanku demam dan dari perut bawah, kanan kiri, kalau ditekan sakit.. menjalar sampai pinggang.. nyeri sekali..
    aku sdh ke dokter, cek Lab, urine dan darah, hasilnya :
    Urine :
    lekosit : penuh /lp
    eritrosit : 2 – 3 /lp
    bakteri : positif / +
    Darah :
    Leukosit : 11.800
    Hitung jenis leukosit /diff C :
    Bas 0 Eos 0
    Bat 2 Seg 77
    Limf 14 Mono 7
    kmudian di kasih terapi obat :
    Urispas 200
    Mecoquin (ciprofloxacin)
    dan Buscopan Plus
    yang jadi pertanyaan saya, saya kebetulan sedang merencanakan kehamilan, dan apakah obat2 tsb bs membahayakan..? krn saya lupa info ke dokternya ttg rencana kehamilan saya itu cak.. ^_^
    yang menjadi penyebab apa ya kira2? krn saya Alhmdulillah selalu menjaga kebersihan daerah intim saya, dg cara2 yg sdh banyak saya ketahui, apakah bisa juga tertular melalui hubungan seksual dg suami?
    kemudian, apa ini bisa terjadi lagi/kambuhan cak.. mohon penjelasannya dg bahasa ndeso ya cak… ;) maaf kalu banyak tanya.. Terima Kasih banyak ya cak..

  95. 96 cakmoki Februari 27, 2009 pukul 3:28 pm

    @ caca_jakarta:
    wa’alaikum salam, wr, wb,

    Menilik keluhan dan hasil lab, emang ISK dan obatnya diminum sesuai anjuran dokter.
    Jika saat ini sedang tidak hamil, maka obat tersebut aman.
    Tapi jika sedang hamil, maka Mecoquin tidak boleh digunakan dan dapat diganti dengan antibiotika jenis lain yang aman bagi kehamilan, misalnya cefadroxyl 500 mg 3×1, dll.
    ISK dapat terjadi oleh banyak faktor, internal maupun eksternal.
    Jika kebersihan bagus, bisa jadi faktor internal, misalnya kurang minum, suka nahan kencing, dll… (sudah tertulis pada artikel di bab Perjalanan Penyakit, dimana terdapat penjelasan terjadinya ISK walaupun seseorang selalu menjaga kebersihannya.

    ISK dapat terjadi lagi jika ada infeksi ulangan sikarenakan salah satu dari beberapa faktor pencetus (Bendungan aliran urine, Kembalinya urine dari kandung kemih ke saluran kencing bagian atas, Adanya sisa urine dalam kandung kemih, Gangguan metabolisme, Peralatan medis *misalnya kateter*, Wanita hamil *karena bendungan dan ph urine yang tinggi*).
    Walau begitu, gak perlu terlalu khawatir, sejauh udah diobati, insya allah aman … :)

    Anjuran: minum banyak, maksudnya lebih 2,5 liter per hari

    Moga cepet sembuh dan mudaah-mudahan penjelasan singkat ini dapat dimengerti *udah pake bahasa ndeso polll*, namun jika belum jelas, boleh ditanyakan lagi.

    Trims… Wass

  96. 97 andam Februari 28, 2009 pukul 8:00 am

    Pak dokter, mau tanya..

    selain ISK, keluhan anyeng2an bisa ditemukan pada kasus apa lagi?

  97. 98 cakmoki Maret 2, 2009 pukul 1:26 am

    @ andam:
    wihhh..banyak…, diantaranya: iritasi, batu saluran kencing (mulai dari ginjal hindda urethra *ujung bawah sal. kencing*), uretritis (penyakit kelamin), dehidrasi, tumor …dll…dll.
    Bisa juga karena kurang minum atau aktifitas berlebihan.
    Thanks

  98. 99 sweety Mei 29, 2009 pukul 3:25 pm

    wah pas bgt nec nemuin info ini.thanks ya pak dokter.soalnya sy jg uda 2 hr nec ngalamin pipis mlulu2 nec.dikit2 lg,capek ui bolak balik kmr mndi.:).karna takut sm dokter nec,jdnya keapotik sebelah nanyain obat buat ngatasin pipis ini diks obat UROGETIX PHENAZOPYRIDINE 100mg.obatnya uda bner ga..soalnya kl pipis terakhir jg ngalami agak sakit gt.oh y sy br aj hbs mens jd pas pipis sy ga tau itu drh dr pipis ap drh mens..tolong dijwb ya dok,corry kepanjangan..hehehe..

  99. 100 bhamakerti Mei 31, 2009 pukul 2:46 am

    Assalamualaikum cak Moki..
    langsung aja boleh kan..??
    – intro – Jadi gini dulu (1-2th yg lalu) saya pernah ngerasa nyeri saat pipis. trus -singkatnya- saya mau periksa ke dokter SpKK, kebetulan di RS itu beliau satu ruang sama dokter Sp Urologi( hanya jam praktek yg beda) kebetulan pas datang priksa yg lg praktek adalah Pak Urolog. Nah setelah dipriksa saya dkasih doxiciclin, katanya isk… trus sembuh.

    Nah sekarang ini malam ini…dari sore tadi saya kena anyang anyang, gak nyeri sih klo pipis, tp 2 menit pisan kudu pipis… dibawa tidur siang pas bangunnya gak kerasa lagi -tp cuman setengah jam. setelah itu anyangen jd tbh parah..kalo buat jalan nyerinya sampe ke bokong snut-snut.. trus daerah antara anus ke penis juga ikut sakit, gak kerasa nyeri cuma kalo duduk di kursi empuk, kira kira kenapa ya Cak?

    kata istri saya ini sebab dari kebanyakan duduk, kurang minum ato malah indikasi kencing kristal ato batuginjal… hiii ngeri yaw??
    trus tmn tadi bilang minum peluruh batu apa bisa ya Cak?

    wah udah panjang nih curhatnya -sepurane- yo Cak? trus Maturnuwun responne,seklangkong…

  100. 101 cakmoki Mei 31, 2009 pukul 8:11 pm

    @ sweety:
    ya, bisa menggunakan obat tersebut. Usahakan minumnya sekitar 2,5 liter per hari.
    Sulit untuk menentukan darah tersebut keluar dari saluran kencing or dari darah mens.
    Yg penting udah diobati … :)
    moga segera sembuh ya … Trims

    @ bhamakerti:
    wa’alaikum salam,
    Nampaknya ISK lagi, kayak dulu saat ke pak Urolog.
    ISK dapat dipicu oleh kurangnya minum, nahan kencing, kurang gerak (kebanyakan tojuk) …dll ..

    Bisa mengulang seperti yg diberikan pak Urolog, yakni: (a) doxycycline 100 mg, diminum 2×1 sesudah makan selama 5 hari, (b) buscopan plus ato sejenisnya (untuk melebarkan saluran kencing dan meredakan nyeri), (c) nephrolit (antiseptik saluran kemih sekaligus untuk meluruhkan kristal), 3-4 x 2 caps.

    Minum sedikitnya 2,5 liter per hari…

    Moga segera sembuh… seklangkong … Wass :)

  101. 102 bhamakerti Juni 1, 2009 pukul 11:23 pm

    Assalamualaikum….
    semoga cak Moki tetep sehat cerdas dan selalu bersedia membantu kita semua, amiinn.

    Matursuwuuun.. terimakasih cak, panjenengan sangat responsif… jadi gini cak, hari ini kian parah, 1X1menit pengen pepsi + cuman netes. trus tadi saya ketemu (eh, emang sengaja menemukan diri) dgn adik kelas waktu sma yg sekarang jadi teman seprofesi panjenengan (dokter). Beliau kasih resep buat saya amoxicilin 500, buat 5 hari + disuruh mengubah fungsi perut saya jadi bak tandon air alias minumlah yg banyak….

    masalahe amox udah saya minum satu hari, masa harus ganti doxycyclin apa ga ngaruh? apa sebaiknya saya santap habis dulu amoxnya saja?

    sekian dan terimakasih, maaf kalo saya “rewel”, Wassalamualaikum.

  102. 103 cakmoki Juni 2, 2009 pukul 6:04 pm

    @ bhamakerti:
    wa’alaikum salam
    Bisa juga dengan Amox. Antibitotika yg lazim digunakan pada ISK (mulai yg paling ringan), yakni: co-trimoxazol, amox, erythomycin, doxycycline, quinolon.
    Kalo gitu Amox selesaikan lebih dahulu hingga habis.
    Yang dimaksud minum banyak, sedikitnya 2,5 liter. Saluran kecing (ureter hingga urethra) ibaratnya parit pembuangan air, kalo ada sesuatu di parit tersebut, maka untuk mengeluarkannya dengan diguyur air. Nah, mengingat saluran kecing ga bisa diguyur secara langsung, maka pengguyurannya melalui banyak minum.
    Moga segera sembuh … Wass :)

  103. 104 bhamakerti Juni 3, 2009 pukul 9:53 pm

    assalamualaikum,
    Cak Moki yang baik, maaf semoga belum bosen sm saya.

    gini loh cak, berhubung saya sangat tersiksa dgn perpipisan ini yang dosisnya bisa sampai 1x1menit, maka saya memberanikan diri tuk bertanya kembali. Sebenarnya saya ingin kembali ke t4 praktek dokter tapi ngeri kalo antri sambil nahan pipis. terpaksa saya bersabar menjalani terapi amox dirumah saja.

    yg saya tanyakan: obat tambahan berjudul Buscopan plus amannya berapa kali sehari ya Cak?

    sudahlah itu dulu…semoga ini menjadi pertanyaan terakhir saya tentang perpipisan saya ini – maksude berharap semoga habis ini trus sembuh dan ga cerewet sama cak Moki lagi…

    gitu ya cak, terimakasiiih banget cak…
    wassalamualaikum, jazzakillah… syukron..

  104. 105 bhamakerti Juni 3, 2009 pukul 10:03 pm

    Maaf maaf loh Cak pertanyaan saya ttg buscopan plus ga usah dijawab ga papa cak, saya udah nemu di arsip blog ini, maaf ya cak kalo cuma menuh menuhi blognya. terimakasih wassalam..

  105. 106 bhamakerti Juni 3, 2009 pukul 10:56 pm

    maaf lagi dok….. buscopan ternyata paracetamol ya dok..?? walah bukannya itu untuk pereda nyeri? la ini ga ada nyerinya samasekali, tp cuma kebelet pepsi terus dan terus dan terus…. lagi lagi dan lagi….

  106. 107 cakmoki Juni 4, 2009 pukul 4:03 pm

    @ bhamakerti:
    wa’alaikum salam,
    Gini, apa yg tertera di etiket atau diskripsi daftar obat hanyalah ringkasannya saja.

    Sesuai pertanyaan di atas:

    …kalo buat jalan nyerinya sampe ke bokong snut-snut.. trus daerah antara anus ke penis juga ikut sakit,…

    Nah, berdasarkan pertanyaan tersebut, maka sy rekomendasikan obat kombinasi pereda nyeri ringan dan spasmolitik, yakni obat yg berfungsi merelaksasi otot polos di saluran kencing, dengan maksud agar pipis yang keluar menjadi lega dan tidak anyang-anyangen.
    Nah kalo emang gak senut-senut lagi, dapat menggunakan buscopan tablet tanpa plus, namun boleh tetap menggunakan obat Buscopan Plus mengingat bahwa analgesik dan spasmolitik bersifat potensiasi.

    Sebaiknya emang periksa ke dokter, sekaligus kemungkinan disarankan pemeriksaan penunjang, misalnya sedimen urine, radiologis, dll, sesuai pemeriksaan fisik oleh dokter.

    Maturnuwun :) … kalo masih belum jelas, tentu boleh kita diskusikan lagi.
    Wass.

  107. 108 bhamakerti Juni 5, 2009 pukul 1:12 am

    Cak….. TERIMAKASIH banget ya cak, Udah berkurang sinyangnyangnya setelah menyantap nephrolit + buscopan + amox insyaAllah segera sembuh amiin, kalo masalah priksa ke dokter udah pasti cak, sesuai saran panjenengan. tp nantilah klo amox udah tuntas,

    sekali lagi Maturnuwun sanget..

  108. 109 madisha Juni 5, 2009 pukul 11:31 pm

    mau tanya nih waktu itu saya ke urolog untuk mengeluhkan gejala isk, nah untuk yang pertama kalinya saya diberi obat antibiotik dan urogetix, kalo ga salah antibiotiknya TRIMETHOPRIM-SULFAMETHOXAZOLE, nah yang keduakalinya saya mengeluhkan rasa sakit ini lagi, saya lupa antibiotik ini obatnya diminum berapa kali sehari dan berapa lama? soalnya agak males balik lagi ke dokternya…
    makasih cak, anyway boleh bales via email saya ga? makasih

  109. 110 cakmoki Juni 6, 2009 pukul 5:28 pm

    @ bhamakerti:
    Nggih, sami-sami, moga sinyngnyang segera tuntas :)
    Maturnuwun

    @ madisha:
    Untuk Trimethoprim-Sulfamethoxazole, kalo yang forte, diminum 2×1 sehari selama 5-7 hari.
    Urogetix, diminum 3×200 mg sehari.
    Trims

  110. 111 madisha Juni 7, 2009 pukul 3:00 pm

    waw.. cepet juga balesnya… kemarin saya ke apotik, terus lupa aja dong nama antibiotik yang sepanjang2nya itu, lupa juga dengan obat generiknya.. tapi yang jadi saya beli adalah antibiotik amoksilin 500mg yang sebanyak 15.. asumsi konsumsi selama 5 hari, dengan dosis 3xsehari, dan amoksilin itu bisa juga kan? soalnya saya liat diatas pake amoksilin juga boleh… dan emang sih rasa sakitnya udah perlahan hilang dan saya akan mengkonsumsinya selama 5 hri ini.. gpp kan cak? makasih..

  111. 112 cakmoki Juni 7, 2009 pukul 4:39 pm

    @ madisha:
    Gak papa, itu juga bener :)
    wah…udah pinter … Moga segera sembuh ya … makasi

  112. 113 KMP (Ksatria More Profit) Juni 22, 2009 pukul 3:08 am

    hmmm….makasih infonya yah bos…penting buat si kecil nih ;)

  113. 114 cakmoki Juni 23, 2009 pukul 12:52 pm

    @ :KMP
    Makasih juga kunjungannya ;)

  114. 115 James Juni 30, 2009 pukul 2:36 pm

    cak, mau tanya…
    kemaren2 saya sakit sekali pada bagian perut. Tepatnya di dekat puser ditarik garis lurus ke kanan… Dan kencingnnya sempat ada darah. Kemudian saya ke dr ahli ginjal dan hipertensi. Dia kasih obat Baquinor Forte 500mg (2×1), dan urogetix 100mg (3×1). Yang saya rasakan, saya sering mual dan juga sering ke wc untuk buang air kecil. Tapi saya merasakan hampir sama dengan kemarin2, tidak ada perubahan yang berarti. Malah kadang saya agak panas badannya..seperti panas dalam…
    Apakah tepat obat tersebut? hasil analisanya
    USG : tidak ada batu ginjal
    eritrosit : 3-5
    lekosit 8-10
    darah di urine positip 1

    saya belum test kultur urine dan BNO IVP. terimakasih atas jawabannya yah cak

  115. 116 cakmoki Juli 1, 2009 pukul 12:48 pm

    @ James:
    Menilik keluhan, tanda dan hasil lab, emang ISK, dan obat tersebut udah tepat. Selain itu perlu ganyak minum, sedikitnya 2,5 liter per hari.
    Jika dalam 5-7 hari setelah minum obat masih belum membaik, sebaiknya kontrol ke dokter lagi.
    Menurut saya gak perlu buru-2 IVP dan kultur urine.
    Biasanya akan ditambah obat hingga 10-14 hari untuk kemudian dilakukan follow up … Moga segera sembuh. Trims

  116. 117 PK Agustus 2, 2009 pukul 2:47 pm

    Temen – temen tolong gw donk, kemaren gw ML tapi lupa pake pengaman, trz masalahna sekarang klo gw kecing sering terasa sakit, terkadang masih sisa air kencing na, tapi penis gw gak bengkak, tolong donk apa ya obatna, klo mau kedokter ga ada duit, maklum anak Kos, tank’s ya.

  117. 118 cakmoki Agustus 4, 2009 pukul 2:19 am

    @ PK:
    yaaaah… kalo ga punya duit, bisa ke RSU …. ato sementara dapat menggunakan cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 sehari selama 5 hari. adapun untuk menanggulangi sakit, dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga rasa sakitnya reda. Moga segera sembuh.
    Thanks

  118. 119 Ha Ge September 14, 2009 pukul 11:52 am

    cak mau tanya nih…
    kenapa yah saya kalo sehabis buang air kecil terasa agak2 perih (waktu pipisnya gak terasa/biasa saja dan lancar) kalo seringnya sih gak juga tergantung minumnya, kalo banyak jadi agak sering…
    kadang2 terasa juga agak2 sakit disaluran/penis bagian bawah padahal tdk sedang pipis (atau diantara anus & testis). Mohon informasinya….Tks.

  119. 120 Ha Ge September 15, 2009 pukul 8:45 am

    eh kayaknya bukan diantara anus & testis….cuma penis bagian bawah/salurannya saja yg kadang terasa

  120. 121 cakmoki September 15, 2009 pukul 11:51 pm

    @ Ha Ge:
    Rasa perih atau nyeri di saluran ujung penis (urethra) biasanya disebbkan iritasi akibat berbagai faktor. Salah satunya kurang minum atau suka ngempet kencing.
    Untuk sementara dpat dapat diatasi dengan antiseptik ringan untuk saluran kemih, misalnya: nephrolit capsul ato sejenisnya, diminum 3×2 sehari. Selain itu kalo bisa diusahakan banyak minum, sedikitnya 2-2,5 liter sehari.
    Trims

  121. 122 Ha Ge September 16, 2009 pukul 2:51 pm

    Terima kasih tanggapannya Cak…
    Kalo disebabkan kurang minum ya mungkin juga sih sebab selama puasa ini kan siang gak minum sama sekali, malam pun gak begitu banyak sebab perut kyknya sdh full :D
    Untuk nephrolit capsul ntar kalo keluhan masih terasa saya coba cari di apotik deh, trus kalo diminum 2×2 sehari gimana cak ? sebab siang kan puasa gak bisa minum obat…

  122. 123 cakmoki September 16, 2009 pukul 5:30 pm

    @ Ha Ge:
    Ya, saat-saat puasa keluhan semacam ini emang cenderung meningkat di praktek dokter.
    Kalo bisa sedikitnya 3×2 kapsul, yakni saat buka puasa, malam, dan saat menjelang imsak. Tapi kalo emang gak bisa minum malam hari sebelum tidur, boleh juga 2×2.
    Trims

  123. 124 evi September 28, 2009 pukul 5:11 pm

    cak saya evi dan selama setahun ini saya sudah menderita isk 5kali. yg pertama bulan januari, kedua bulan maret, ketiga bulan mei, keempat bulan juni dan terakhir bulan juli kemarin….
    yg ingin saya tanyakan mengapa isk tersebut kambuh terus menerus. terakhir saya diberikan antibiotik ciplovaxacin dan urotractine selama 3hari.hingga bulan september tidak terjadi isk lagi…namun skr perut bagian bawah terasa sakit mirip seperti gejala isk sebelumnya..apa yg harus saya lakukan?perlukah pemeriksaan batu saluran kemih atau bno ivp?karena harganya mahal sekali.
    saya sudah kultur urine hasilnya tidak ditemukan bakteri dan hasil urinalisa saya terakhir normal…
    bagaimana saran cak moki?

  124. 125 cakmoki September 29, 2009 pukul 3:43 am

    @ evi:
    Menilik hasil kultur urine tidak ditemukan kuman dan analisa urine normal, mungkin emang gak ada gangguan yang spesifik. Namun ga ada salahnya dilakukan pemeriksaan IVP untuk memastikannya.
    Jika hasil IVP normal, boleh jadi ISK yang dialami diakibatkan oleh faktor lain, misalnya suka nahan kencing, kurang minum, dll.
    Moga sehat selalu
    Trims

  125. 126 mah September 29, 2009 pukul 2:43 pm

    cak moki,,, help mi pliss
    semalem ga bisa tidur gara2 isk ini,,
    stelah baca postingan ini aku langsung minum air 3liter, langsung mancurrr, ga kyak td mlem. td mlm cuman minum 1gelas bisa sampe pagi nongkrong di wc, ini udah telanjur 3liter aq minum langsng, sampe kapan coba terus2an ke wc,, hiks..
    katanya pria jarang kena isk, tp kog aq kena yah (nasebbb..2x)
    apa hanya dengan minum air banyak + amoksisilin udah bisa menyembuhkan penyakit ini? kalo iya berapa hari? (jgn lama2 dong, dikejar deadline nih)
    mohon resepnya dong cak moki, kalo ke dokter kyaknya susah, lha wong 2menit skali ke wc, ngetik ini aja udah berkali2 ke wc, hiks..

    thansk a lot cak moki….

  126. 127 cakmoki September 29, 2009 pukul 5:40 pm

    @ mah:
    udah bener… minum minimal 3 liter sehari semalam (bukan sekali minum…hehehe).
    ISK biasanya dipicu oleh kurangnya minum dan suka nahan kencing.
    Obat yang lazim digunakan untuk ISK:
    1) Antibiotika, misalnya: amoksisilin 500 mg, diminum 3×1 sehari, selama sekitar 4-5 hari.
    2) Buscopan Plus (untuk relaksasi otot polos pada salutran kencing dan anti nyeri. Kalo gak disertai nyeri, pilih Buscopan, tanpa Plus), diminum 3×1.
    3) ANtiseptik salurankemih, misalnya Nephrolit, diminum 3×2 setidaknya selama 3 hari.

    Moga segera sembuh.
    Trims

  127. 128 evi September 29, 2009 pukul 8:41 pm

    cak bila harus melakukan pemeriksaan ivp apakah yg cak maksud bno ivp yang disuntikan serum untuk melihat ginjal?atau hanya usg perut biasa sudah bisa menegakan diagnosa?
    satu lagi saya mau tanya bukankah pemeriksaan bno-ivp tidak bagus untuk kondisi ginjal ke depan? bagaimana menurut cak moki?
    bagaimana saran cak moki agar isk saya tidak kambuh lagi?
    terima kasih banyak cak…saya hampir stress karena penyakit ini

  128. 129 cakmoki September 30, 2009 pukul 12:22 am

    @ evi:
    BNO-IVP. Dengan cara ini akan nampak semua saluran sistem ekskresi saluran kemih, mulai ginjal hingga urethra (saluran kemihbagian paling bawah).
    BNO-IVP cukup aman, soalnya yang disuntikkan hanya kontras yang akan segera hilang bersama ekskresi urine.

    Pencegahan kekambuhan ISK bergantung kepada penyebabnya. Namun secara umum dianjurkan :
    > Minum sedikitnya 1,5 lter per hari (dalam keadaan tidak kambuh)
    > Biasakan tidak menahan kencing.

    Trims

  129. 130 evi September 30, 2009 pukul 3:23 pm

    cepat sekali balasannya hehe…untung ada cak moki jadi saya bisa konsultasi…
    cak sebelum mengadakan bno-ivp apakah ada pantangan dan kapan saat yg tepat untuk tes?dan perlukan surat rujukan dari dokter?dan apakah bno-ivp juga bisa menghetahui adanya neurologic bladder?
    terkadang saya masih suka merasakan anyang-anyangan dan tidak nyaman pada bagian kelamin apalagi bila menjelang mens, apakah kondisi tersebut merupakan bentuk gejala sisa? adakah obat yang aman untuk mengatasi hal tersebut?
    perlu cak ketahui saya pernah cek kondisi creatinin dan ureum ginjal hasilnya normal.
    terima kasih atas balasannya semoga isk saya tidak kambuh lagi dan kebaikan cak moki dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa
    maaf sebelumnya bila terlalu bnyk tanya hehhee

  130. 131 cakmoki Oktober 1, 2009 pukul 12:06 am

    @ evi:
    Pada prinsipnya BNO-IVP dapat dilakukan kapan saja dan tak ada pantangan sebelum pemeriksan. Hanya saja, pemeriksaan ini memerlukan rujukan dokter berdasarkan ada tidaknya indikasi atau alasan untuk pemeriksaan. Jika seorng dokter tidak memandang perlu dilakukan BNO-IVP, maka gak akan memberikan rujukan.
    BNO-IVP tidak bisa melihat ada tidaknya neurologic bladder.

    Bener, boleh jadi keluhan anyang-ayangen pada saat-2 tertentu hanya merupakan gejala sisa (sequele). Biasanya gak diperlukan obat. Paling-2 dokter hanya memberikan antiseptik saluran kemih.

    Jika BUN dan serum creatinin normal berarti fungsi ginjal normal.

    Terimaksih juga telah bersedia berbagi. Pengetahuan semacam ini bermanfaat untuk kita dan juga untuk yang lain. :)
    Moga sehat selalu.

  131. 132 evi Oktober 1, 2009 pukul 11:54 am

    cak moki berapa lama biasanya gejala sisa akan benar2 hilang dan sembuh total?
    menilik hasil urinalisa terakhir saya normal dan hasil kultur urine tidak ditemukan bakteri dan pemeriksaan fungsi ginjal ureum dan kreatinin normal menurut cak moki perlukan saya bno-ivp? karena saya kemarin coba cari informasi biaya bno-ivp kira2 sebesar 1,1 juta…mahal sekali hehehe
    sudah dua hari perut bagian bawah saya di atas tulang kemaluan sakit namun kadang hilang timbul, saya juga merasakan mual…menurut cak moki apakah ini berhubungan dengan isk?terima kasih banyak atas jawabannya cak
    GBU

  132. 133 cakmoki Oktober 1, 2009 pukul 1:02 pm

    @ evi:
    Lamanya gejala sisa gak sama pada setiap orang. Kalo cukup minum air (minimal 1,5-2,5 liter perhari) dan tidak menahan kencing, biasanya sangat jarang timbul gejala sisa, kadang hanya 1-2 kali dalam setahun. Disamping itu, faktor kecemasan (stress) dapat memicu peningkatan frekuensi kencing.

    Menurut saya, gak perlu periksa BNO-IVP.

    Keluhan tersebut nampaknya berhubungan dengan ISK.

    Makasih :)

  133. 134 evi Oktober 2, 2009 pukul 3:00 pm

    mungkin saya stress yah cak jadinya segala terasa hehhee…
    bila buang air besar saya seringkali kencing lebih dari satu kali dan setelahnya akan timbul rasa perih/kurang nyaman pada bagian kelamin namun paling hanya berlangsung setengah jam setelah itu hilang. Apa itu pertanda masih ada luka/radang sisa isk?obat apa yg harus saya minum untuk menyembuhkannya?
    terima kasih cak atas sarannya…
    sakit di bagian perut bawah saya sudah hilang dan tidak mual lagi.

  134. 135 cakmoki Oktober 3, 2009 pukul 3:11 am

    @ evi:
    Bisa juga itu…kayak orang yang nunggu ujian, bolak balik pingin kencing…hehehe.
    Keluhan perih/kurang nyaman pada bagian kelamin saat buang air besar belum tentu menandakan adanya kelainan. Terlebih jika hilang dengan sendirinya dalam tempo setengah jam. Menurut saya gak perlu obat apapun.
    Trims

  135. 136 tony Oktober 4, 2009 pukul 11:11 pm

    cak moki…saya udah 1 bulan ini terasa nyeri saat kencing…nyerinya sih cuman nggak sampe sedetik..jadi kalo kencingnya 12 detik..nyerinya cuman 1/2 detik aja di tengah2 kencing..n rasa nyeri itu terasa di daerah antara anus dengan testis….
    Saya udah foto BNO,USG n urine lengkap..semuanya normal..
    Kira2 sakit apa ya aku cak?
    thx

  136. 137 cakmoki Oktober 5, 2009 pukul 1:47 pm

    @ tony:
    Menilik bahwa daerah nyeri di daerah antara anus dan testis serta rasa nyeri tersebut hanya belangsung dalam hitungan detik, kayaknya bukan ISK. Kemungkinan hanya gangguan otot dan jaringan ikat yang menghubungkan anus dan testis atau dikenal dengan daerah perineum. Biasanya keluhan tersebut timbul akibat tekanan berkepanjangan daerah perineum, misalnya duduk terlalu lama tanpa jeda, tekanan sadel sepeda motor, dll.
    Jika nyeri tersebut mengganggu, cukup menggunakan obat pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg (merk dagang bebas memilih), diminum sesudah makan saat nyeri aja. Tapi kalo gak mengganggu, gak perlu obat apapun.
    Moga masalah tersebut segera teratasi.
    Terimakasih.

  137. 138 evi Oktober 10, 2009 pukul 6:10 pm

    Bagi penderita ISK berulang (kambuhan), hendaknya memeriksakan diri secara berkala, setidaknya 1-2 bulan sekali untuk mengetahui kepekaan bakteri terhadap antibiotika dan evaluasi fungsi ginjal.
    cak ini maksudnya bagaimana?
    perlukah saya juga periksa?
    pemeriksaan apa yg saya harus jalani?
    trims

  138. 139 cakmoki Oktober 11, 2009 pukul 12:33 pm

    @ evi:
    Itu diperuntukkan bagi penderita yang nyata-nyata ditemukan mikro-oganisme pada pemeriksaan kultur.
    Kalo semuanya baik, pemeriksaan tersebut gak diperlukan, kecuali jika ada saran dokter yang memeriksanya secara langsung, dengan tujuan menegakkan diagnosa ataupun menyingkirkan diagnosa terhadap kemungkinan penyakit lain.
    Trims

  139. 140 evi Oktober 17, 2009 pukul 11:39 am

    cak moki apa kabar?
    cak saya ingin tanya mengapa saat menjelang menstruasi saya sering merasa anyang-anyangan? apakah pertanda ada isk lagi?namun kencing saya lancar dan tidak sakit..urine yg keluar juga cukup banyak tidak menetes…apakah solusinya cak?karena bila mens selesai biasanya keluhan menghilang.
    apakah ada obatnya cak?
    terima kasih

  140. 141 cakmoki Oktober 18, 2009 pukul 3:11 am

    @ evi:
    halo… di sini kabar baik, moga demikian pula sebaliknya.
    kalo keluhan tersebut hilang dengan sendirinya setelah selesai menstruasi, berarti gak papa…. Gak perlu obat, cukup dengan minum dalam jumlah banyak, sedikitnya 1,5-2 liter per hari sebagai kebutuhan pokok cairan bagi tubuh kita.
    Trims

  141. 142 evi Oktober 18, 2009 pukul 2:32 pm

    memang sih cakmoki keluhan tersebut hilang namun kadang akan datang kembali..apa penyebabnya yah cak anyang-anyangan itu?bentuk gejala sisa? karena rasanya sangat tidak nyaman dan terganggu…
    apakah dengan minum dalam jumlah cukup 1,5-2liter anyang-anyangan tersebut akan hilang dengan sendirinya?
    trims

  142. 143 cakmoki Oktober 18, 2009 pukul 3:47 pm

    @ evi:
    Nampaknya bukan gejala sisa, karena kalo gajela sisa keluhan tersebut gak akan hilang pasa menstruasi.
    Faktor pencetus yang paling logis adalah bendungan pada kandung kemih (vesic urinaria) dikarenakan PH yang tinggi pada saat menstruasi, dimana kadar estrogen meningkat.

    Disamping itu, faktor stress (yang nyata maupun terselubung) saat menstruasi dapat memicu keluhan tersebut melalui proses konstriksi intermitten pada otot polos, termasuk salurran kemih, sehingga dapat memicu keluhan anyang-anyangen (polakisuria).

    Pada kondisi demikian dianjurkan minum dalam jumlah cukup seperti tertulis di atas atau bisa juga menggunakan antiseptik saluran kemih misalnya Nephrolit diminum 3×2 sehari hingga keluhan hilang.
    Trims :)

  143. 144 evi Oktober 18, 2009 pukul 10:07 pm

    cak terima kasih atas jawabannya…itu sangat membantu sekali..
    Apa saran cak moki agar pada saat mens di kemudian hari anyang-anyangan tersebut tidak timbul lagi?atau ada makanan yg harus dihindari?saya bingung karena selama ini saya selalu minum banyak cak minimal 2liter sehari.
    obat nephrolit apakah termasuk antibiotik?apa ada efek sampingnya?dan apakah aman diminum jika sering?
    cak anyang-anyangan saya sudah berkurang hehhee sesuai saran cakmoki saya hanya minum air puth yg banyak…
    terima kasih ya cak atas pertolongannya…

  144. 145 cakmoki Oktober 18, 2009 pukul 10:15 pm

    @ evi:
    Gak ada kiat khusus dan gak ada pantangan makanan untuk menghindari anyang-anyangen di kemudian hari selain minum dalam jumlah yg cukup. Sabar aja ya.. :) keluhan tersbut ga papa… masalahnya hanya sering ke kamar kecil…hehehe
    Nephrolit adalah antiseptik, bukan antibiotik, gak ada efek samping dan aman digunakan untuk jangka panjang.
    Makasih

  145. 146 tony Oktober 24, 2009 pukul 11:35 pm

    maaf ganggu lagi cak…
    kalo emang itu gangguan otot perineum..gak ada obatnya ya? cuman pereda nyeri aja? sebab sampe sekarang saya masih belon ada perubahan berarti..paling kalo dulu nyeri saat kencing itu terjadi sehari 2-3 kali sehari..sekarang berkurang jadi sekali dalam sehari..jadi nyeri saat kencing itu tidak terjadi tiap kali kencing..hanya kadang2 saja.
    Saya udah ke dokter urologi..di test mulai urine,BOF,darah,sampai sistoskopi…semua hasil normal..kecuali pemeriksaan sistoskopi dokternya bilang ada pasir2 kecil bekas ESWL yg tertinggal di uretra…tapi pasirnya hanya beberapa n kecil2 banget..so dokternya sendiri nggak yakin itu sakit saya apakah disebabkan oleh pasir2 itu or sebab lainnya.

  146. 147 cakmoki Oktober 25, 2009 pukul 4:41 pm

    @ tony:
    Rupanya pernah ESWL ya…
    Mengingat ga ada kelainan apapun dengan pelbagai macam pemeriksaan, boleh jadi emang bekas butiran-2 pasir bekas ESWL… mungkin dokternya juga udah nyaranin untuk minum sedikitnya 2,5 liter untuk membersihkan saluran kencing.

  147. 148 tony Oktober 25, 2009 pukul 6:21 pm

    iya..saya memang sering menderita sakit batu ginjal sejak 12 thn lalu…hampir tiap tahun selalu ada batu kecil yg keluar spontan..pernah di ESWL 2x…yg pertama kali di china sukses..habis diESWL langsung keluar pasir2 sewaktu kencing n jumlahnya emang banyak..tapi pas ESWL yg kedua awal tahun lalu di sby…pasir2 nya jarang keluar…makanya saya nggak yakin..tetapi pas di BOF emang tidak ada batu lagi di ginjal saya..jadi saya pikir udah selesai..mungkin batunya dipecah sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat oleh mata..
    pas minggu lalu saya habis di sistoskopi..n kata susternya emang ada batu2 kecil bekas pecahan ESWl..tapi katanya tidak perlu diambil sebab terlalu kecil..terus next weeknya saya ke dokternya..si dokter bilang batunya emang ada kecil2 kayak pasir tapi udah dibersihkan..Saya jadi bingung sendiri omongan suster or dokternya yg bener nih? :D n anehnya si dokter tidak memberi saya resep untuk melancarkan kencing ..resep yg diberikan abis sistoskopi adalah:

    -Urispas
    -Mecox
    -Sporetik

    That’s all…yg saya bingung kalo emang itu ada bekas2 pasir yg jadi penyebab sakit saya..mengapa susah sekali bagi pasir2 itu untuk keluar dari uretra? or ada kemungkinan nggak bekas2 pasir itu nyantol di ginjal or ureter yg bisa menyebabkan sensasi nyeri di perineum saat kencing?
    Kadang sehari nyeri bisa berkali-kali..kadang 1 hari cuman sekali nyeri..kadang 2 hari sekali..nggak pasti.

  148. 149 cakmoki Oktober 26, 2009 pukul 2:14 pm

    @ tony:
    Batu kecil, tidak semua nampak oleh peralatan secanggih apapun karena setiap pencitraan (pemeriksaan penunjang) memiliki keterbatasan deteksi. Menilik riwayat penyakitnya, bisa jadi memiliki kecenderungan terbentuknya batu (mulai ukuran debu yg tak terlihat hingga yang terlihat). Meski sangat kecil, kristal-2 batu tersebut memiliki tepi yang tajam (dalam pemeriksaan mikroskopis), sehingga adakalanya menimbulkan rasa gak nyaman hingga nyeri.
    Kalo nyantol sih enggak, soalnya batu-2 kecil akan keluar bersama air seni, kecuali jika batunya besar.
    Kemungkinan lain, batu udah bersih dengan ESWL, namun menimbulkan iritasi ringan sehingga suatu saat timbul nyeri, namun biasanya akan hilang setelah seminggu hingga beberapa minggu.

    Obat-2 tersebut memiliki fungsi sebagai berikut:
    Urispas, adalah spasmolitik, yakni obet yg berfungsi untuk relaksasi saluran kencing yang secara gak langsung akan melancarkan kencing.
    Mecox (meloxicam) adalah pereda nyeri dosis tunggal, sedangkan Soporetik adalah antibiotik.
    Menurut saya obat-2 tersebut sangat bagus dan lebih dari cukup.

    Walaupun jarang, masalah gangguan kencing pada Urolithiasis (batu ginjal dan saluran kemih) adakalanya dapat dialami pasca operasi ataupun pasca ESWL.
    Jika hanya sekali dua kali dalam sehari, biasanya gak perlu obat, atau boleh juga menggunakan antiseptik saluran kencing dan pencegah timbulnya batu, misalnya calcusol 3×2.
    Makasih

  149. 150 titis Desember 9, 2009 pukul 10:14 am

    Numpang tanya cak…,dulu saya pernah kena ISK juga trus obatnya dikasih urispas dan urotractin, sekarang saya kayaknya kena lg nih, anyang anyangen gitu, obatnya bisa minum obat yg saya sebutkan tadi nggak? kalau saya beli sendiri di apotek beli berapa ya/untuk diminum selama berapa hari? itu aman nggak buat ibu menyusui?
    trimakasih, ditunggu informasinya

  150. 151 lucky Desember 9, 2009 pukul 12:06 pm

    cak moki.. tlng dong!!! sptnya si penisku terkena ISK,, kl kencing sering sakit n d celana dlm selalu terdapat flek2 nanah pada minggu2 ini… obatnya dong ap???(generik).tq

  151. 152 ujang85 Desember 9, 2009 pukul 10:16 pm

    saya mau tanya knapa di ujung penis saya terasa panas dan kalau duduk sering tidak nyaman tersa sekali rasa panas di kepala penis sakit apa saya tolona obatnya…

  152. 153 ujang88 Desember 9, 2009 pukul 10:34 pm

    pak dokter saya mau tanya,kenapa di ujung kepala penis saya terasa panas dan tidak nyaman,seperti mau kencing tapi tidak, dan ini sudah terasa selama 4 bulan, kalau kencing normal2 aja tidak ada rasa sakit, tolong dok apa obatnya saya, terasa sangat menyiksa apa lagi kalau sedang berdiri atau duduk.saya tunggu jawabanya sekalian obatnya?…………

  153. 154 cakmoki Desember 10, 2009 pukul 2:25 am

    @ titis:
    Bisa. Diminum selama 5-10 hari. selain itu dianjurkan untuk : (a) minum lebih dari 2,5 liter per hari dan (b) tidak manahan kencing.
    Keduanya aman untuk ibu menyusui maupun ibu hamil.
    Trims

    @ lucky:
    kalo ada flek nanah kemungkian Gonore, bukan ISK.
    Jika masih tahap awal dan belum ada penyebaran penyakit, maka obatnya: Ofloxacin 400 mg atau Cefixime 400 mg atau Ceftriaxone 125 mg… salah satu dari obat-2 generik tersebut dimini single dose, artinya hanya 1 biji doang.
    Jika gak sembuh, sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikan penyakitnya mengingat sudah terjadi dalam hitungan minggu.
    Trims

    @ ujang88:
    kemungkinan ISK ringan.
    Obatnya sama dengan jawaban untuk mbak Titis, yakni: urispas 3×1 dan urotractin 2×1, diminum selama 5-10 hari.
    Jika belum sembuh setelah 10 hari, mau gak mau periksa ke dokter terdekat.
    Trims

  154. 155 feiby Desember 11, 2009 pukul 1:27 pm

    mau tanya.. bayiku umur 10 bulan kalo kencing suka keluar kayak pasir warna kuning dan mengkilap.. apa dia mengalami gangguan kencing? kenapa bisa keluar pasir begitu ya..? tolong pencerahannya…….

  155. 156 jenni Januari 3, 2010 pukul 10:12 pm

    cak semenjak melahirkan via caesar di th,2006 saya udah 8 kali kena uti saya pikir itu karena pemakaian kateter dan saya udah resisten sama beberapa antibiotik yg ingin saya tanyakan kenapa ya kalau lagi kena serangan uti perut saya mulas sekali seperti akan bab tp ngak keluar kaya diremas2 sampai saya ke ugd, tapi lama lama saya malu juga kalau sering sering ke ugd cak apa ponstan bisa buat menahan mulas sementara karena saya pernah makan buscopan plus tapi ngak mempan atau ada analgesik lain yg bs nahan nyari sampai bagian bawah dan apakah uti bs sembuh total waktu saya ke urolog terkahir sih kt dr,nya bagian labia mayora saya kotor mungkin itu yg menyebabkan uti saya akui memang saya jarang cebok kemarin itu karena say takut air karena kultur lalu ada kuman e colinya tolong ya cak jawabanmu sangat saya harapkan.hatur nuhun

  156. 157 cakmoki Januari 5, 2010 pukul 12:35 am

    @ feiby:
    wah maaf, mbak…kelewatan… gak ada yg ngingatkan :)
    Tapi tetep saya jawab sebagai diskusi kita.

    iya, keluhan semacam itu merupakan tanda gangguan kencing or ISK.
    Pasir yg keluar bersama air kencing adalah kristal yg terbentuk oleh ekskresi (fungsi pengeluaran air seni) sisa metabolit (sisa pengolahan makanan dan minuman).
    Jika tanpa disertai rasa nyeri (pada bayi ditandai rewel atau menangis saat kencing), obatnya cukup dengan antiseptik saluran kencing, misalnya sirup batugin eliksir.
    Trims

    @ jenni:
    Mulas pada perut seperti diremas-remas saat serangan UTI disebut dengan colic ureter. Hal ini terjadi karena spasme (peregangan) saluran kencing sebagai akibat infeksi pada saluran kencing. Jika dengan buscopan plus gak memapn, boleh pake postan, diminum 3×1 sesudah makan untuk meredakan nyeri.
    Andaikata masih gak mempan, dapat menggunakan pereda nyeri yang dimasukkan dubur (supposutoria), misalnya: Pronalges supposutoria, dan sejenisnya.

    Saya sependapat dengan dokter urolog bahwa penyebab seringnya UTI dikarenakan jarang cebok sehingga memudahkan kontaminasi kuman ke dalam saluran kencing.

    Trims

  157. 158 nutz Februari 8, 2010 pukul 12:10 am

    wah permisi cak,
    saya mau tanya nie.. udah beberapa hari mengganggu pikiran banget.. Jadi 4hari belakangan saya menderita kencing sakit di bagian akhir.. agak sedikit panas.. tp kencingnya tidak terlalu sering sie..
    Yang aneh adl, saya merasa kencingnya berbau agak aneh.. seperti bau sirih?? dan agak menusuk.. apa ini jg salah satu gejala isk? dlu pernah jg kencing berbau aneh tsb (cm sekali pas minum semacam teh, saya pikir itu krn tehnya.. dan tidak disertai rasa sakit)
    Tolong yah cak, say bingung jadinya..
    Lalu kalau mau periksa, sebaiknya ke dokter apa? ke dokter umum apakah ngerti?
    Makasih yah cak sebelm dan sesusahnya :)

  158. 159 nutz Februari 8, 2010 pukul 12:12 am

    oh iya cak, saya lupa memberitahukan.. saya wanita/24 tahun dan sudah menikah..
    apa bau tsb ada hub dgn pemakaian alat kontrasepsi (kondom) atau krn makanan? krn skrg tiap kencing, baunya aneh gt..
    sekali lg thanks yah dok

  159. 160 cakmoki Februari 8, 2010 pukul 1:16 pm

    @ nuts:
    ya, keluhan tersebut merupakan tanda ISK atau bisa juga cystitis (infeksi kandung kemih). Untuk memastikannya, bisa periksa ke dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis urologi.
    Bau yang timbul bersamaan dengan keluhan kencing, bukan karena makanan dan bukan karena kondom. Kalaupun kondom menimbulkan iritasi kemudian mengakibatkan infeksi, pemicunya adalah iritasi, sedangkan kondom bukan penyebab langsung.

    Moga segera sembuh. Makasih.

  160. 161 nutz Februari 10, 2010 pukul 12:54 am

    wah terima kasih banyak ya cakk.. Bsk saya lgsg ke dokter umum aja dlu. Baunya si udah ga aneh. Tp kencingnya msh agak sakit..

  161. 162 cakmoki Februari 10, 2010 pukul 2:33 am

    @ nutz:
    Sama-sama… moga segera sembuh :)

  162. 163 Kesasar Maret 3, 2010 pukul 6:30 pm

    cak sepurane, mo ngrepotin lagi ,,,
    Sengaja konsultasi sebelumnya aku pindah ke sini ya ,,,

    Setelah kunjungan terakhir ke dokter (pertanyaan tgl 14 feb), aku diberi resep cypro. Tp setelah obat selesai maka timbul gejala kayak dulu lagi (penis gatal dan muncul bercak nanah).

    Akhirnya aku beli sendiri cypro + doksisiklin + urotractin masing2 utk 7 hari. Hasilnya bercak hilang sudah berasa enak(gak nyeri ato gatal).

    Tp setelah obatnya habis koq ujung penis kerasa gak enak lagi ya cak ? Setelah kencing ujung penis terasa nyeri dan kemerahan (kayak kambuh lagi) ?? Berapa lama diperbolehkan mengkonsumsi anti biotik tsb ?? hiks ,,, hiks gimana lagi ya ,, tobat2 sudah hampir 1 bulan cak ,,, tolong

    Note posting sebelumnya :
    Cak mau bertanya nih …
    Rasanya saluran kencing di alat kelaminku, terasa gatal2 (tidak terasa panas saat buang air seni). Ini setelah beberapa hari sebelumnya aku berhubungan dengan pacarku.
    Hasil uji lab tertera :
    – Diplococcus Gram Negatif : tidak dijumpai
    – Coccus Gram Positif : dijumpai
    – Batam Gram Negatif : tidak dijumpai
    – Spora : tidak dijumpai
    – Yeast cell : tidak dijumpai
    – VDRL Kwalitatif : Non reactive
    – TPHA Kwalitatif : Non reactive
    Tp aku lihat di celana dalam ada bercak2 berwarna hijau kayak
    ingus gitu.
    Pertanyaannya :
    1. Apakah hasil laboratorium di atas menunjukkan satu
    jenis penyakit tertentu ?
    2. Apakah timbulnya bercak2 di celana dalam itu menunjukkan aku
    kena GO ?
    3. Apakah pacarku juga ikut tertular ?
    Pls jawaban dan advicenya ya cak … aku saat ini mengkonsumsi amoxicillin 500, takut sih

    • 1018 cakmoki Januari 18, 2010 pukul 4:28 am
    @ Kesasar:
    1) Menilik keluhan adanya bercak warna hijau di celana dan hasil Lab (dijumpainya kuman Coccus gram positif) , emang benar ada penyakit, yakni infeksi oleh kuman berbentuk Coccus (bulat / oval) Gram positif (pada pengecatan Gram)
    2) Bukan GO. Tidak dijumpai kuman Diplococcus gram negatif artinya bukan GO.
    3) Kemungkinan tertular. Hanya saja pada wanita seringkali asimptomatis (tanpa keluhan).

    Penyakit tersebut digolongkan Non spesifik Urethritis, bukan GO dan bukan sifilis.
    Obat yang lazim digunakan adalah obat tunggal atau kombinasi dari: cyprofloxacine 500 mg diminum 2×1 selama 7 hari dan doxycycline 100 mg diminum 2×1 sesudah makan selama 7 hari.
    Moga segera sembuh.
    Trims

    • Kesasar Februari 14, 2010 pukul 11:34 pm
    cak mo nanya lagi nih …
    Waktu kontrol, aku disuruh cek urine sama dokternya (yg lainnya normal ,,, hanya hasil sedimen yg leukosit saja yg tinggi :
    Hasil sedimennya sbb :
    – erytrosit : 1-2
    – leukosit : 10-12
    – sel epitel : 1-2
    – kristal : negatif
    – bakteri : negatif
    – silinder : negatif
    – parasit : negatif

    Trus sama dokternya diberi resep cypro lagi selama seminggu dan disuruh minum banyak air.Tp rasanya koq saluran kencing masih berasa gatal gitu ya ??

    • 1077 cakmoki Februari 15, 2010 pukul 3:44 pm
    @ kesasar:
    Dokter memberikan cypro mungkin mengacu pada keluhan dan leukosit yang agak tinggi.
    Selebihnya normal sebagimana hasil Lab sebelumnya, dimana tidak ditemukan adanya mikro-organisme.
    Menurut saya sih gakpapa.
    Untuk menanggulangi rasa gatal, sementara dapat menggunakan antihistamin, misalnya Loratadine 10 mg atau Cetirizine HCl 10 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1×1 selama gatal.

  163. 164 cakmoki Maret 4, 2010 pukul 12:51 pm

    @ Kesasar:
    Antibiotika dapat digunakan jangka lama jika emang ada indikasi. Namun biasanya dokter akan mengganti dengan antibiotika jenis lain untuk menghindari kemungkinan terjadinya efek samping.

    ok, mengingat pengobatan sudah dilakukan oleh dokter berdasarkan keluhan dan hasil Lab, tapi masih juga ada keluhan, maka seyogyanya kontrol ke dokter dan periksa Lab ulang, yakni dengan (a) pemeriksaan biakan urine dan sedimen urin, (b) pemeriksaan serologi untuk HSV, dengan tujuan untuk menyingkirkan diagnosa penyakit lain sekaligus melihat kemungkinan ada tidaknya HSV.

    Setelah itu kita diskusikan lagi setelah mendapatkan pengobatan dari dokter dan hasil lab ulang.

    makasih

  164. 165 amat Maret 30, 2010 pukul 9:22 pm

    cak

    mau tanya ne
    udah 2 minggu ini kencing sy ga lancar
    sering kencing dan suka kerasa sakit..( cekit..cekit) di daerah kmaluan, kemeng, rasa pengen kencing terus, tp krn banyak minum kencingnya ya banyak

    minggu kmaren akhirnya ke dokter n cek urin
    hasilnya
    hemoglobin ny positif, eritrosit 2-4/lpb, sel epitel positif
    lainnya negatif n normal

    apa ini isk?
    dokternya bilangnya s adah luka d stu, krn hb ny positif
    trus sy d kasih batugin elixir sama asam metefemanat 500gr

    batuginnya udah abis, awal2 se lumayan ilang rasa sakitnya
    tapi sekarang sakit lg, trus asam metafemanat nya ga saya minum, takut maag sy kumat (itu cuma untuk ngilangin rasa sakit/nyeri kan cak?)
    n pas sy tanya ko ga d ksh anti biotik, kt dokternya ga perlu

    gmn cak?
    soalnya skrg kencingnya msh krasa ga enak…
    apa perlu mengkonsumsi obat batugin lagi dok?
    apa ada hub k kencing batu?

    thx

  165. 166 cakmoki April 1, 2010 pukul 3:04 pm

    @ amat:
    ya, keluhan tersebut dan hasil tes urine mengarah ke ISK.
    Menurut saya perlu antibiotika.
    Obatnya:
    1) Antibiotika. Yang aman dan tidak terlalu kuat misalnya: amoksisilin 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama 5-10 hari.
    2) Kombinasi spasmolitik dan pereda nyeri ringan, misalnya: Buscopan-Plus, diminum 3×1 sesudah makan. Obat ini aman untuk penderita maag.
    3) Antiseptik saluran kencing, misalnya: Nephrolit capsul, diminum 4×2 cap, hingga sembuh. Obat ini aman untuk penggunaan jangka panjang.

    Anjuran:
    1) Minum sedikitnya 2,5 liter per hari
    2) Tidak menahan kencing

    Moga segera sembuh … Makasih.

  166. 167 lauren April 5, 2010 pukul 3:24 am

    Saya sdh 2minggu ini pipis tdk tuntas dan hrs sedikit di kedenin baru keluar lagi. Sama dok pertama2 dikasi cefspan100mg sehari2x. Trus blm sembuh dikasi cirpxin 500mg sehari2x selama5 hari. Masih ayeng2an pedes ga tintas,rasanya kyk ada yg luka di vagina, diberi urixin400mg 1×2. Pada hari ketiga makan urixin ditambah urispas. Overdosis obat gak sih cak? Sy sdh minum sebyk2nya sampai air kelapa hijau juga diminum tp blm tuntas2. Apa krn luka dlm vagina? Pertama2 keputihan gatal lalu isk. Skrg sdh tdk ada keputihan tp masik isk.mohon bantuannya. Thx

  167. 168 cakmoki April 7, 2010 pukul 2:40 am

    @ lauren:
    Enggaklah..gak overdosis, obat tersebut (urixin ditambah urispas) hanya obat pokok.. dan dapat dilanjutkan hingga ISK sembuh.

    ISK bukan luka di vagina, tapi infeksi di saluran kencing. Vagina dan saluran kencing berbeda. Vagina adalah bagian dari organ reproduksi, sedangkan saluran kencing adalah organ ekskresi yang dimulai dari ginjal, ureter (sepasang saluran kencing dari ginjal menuju kandung kemih) yang bermuara di kandung kemih (penampungan air seni di depan rahim), kemudian urethra, yakni saluran kencing dari kandung kemih menuju ujung urethra yang terletak di dinding vagina bagian atas, di bawah (maaf) clitoris.

    Saran saya:
    1) melanjutkan kedua obat yang diberikan dokter hingga sembuh.
    2) kontrol ke dokter jika dalam seminggu setelah minum obat tai masih ada keluhan.
    3) minum sedikitnya 2,5 liter per hari.
    4) usahakan untuk tidak menahan kencing

    Thx

  168. 169 riza April 14, 2010 pukul 1:41 pm

    ass. salam kenal cak moki! mo nanya, bapakku kena chikungunya 1 mingu yang lalu, dah priksa dokter 2 kali cuma di kasih obat n yang ke2 kali disuntik, bukannya sembuh eh 2 hari terakhir ini malah kaki n telinga pada bengkak, jd pnasaran knpa ya? pa itu bagian dari proses ksembuhan pa gmana, mohon jawabannya. maturnuwun. wassalamualaikum.

  169. 170 cakmoki April 14, 2010 pukul 2:37 pm

    @ riza:
    Assalamu’alaikum… salam kenal
    Kalo emang bener chikungunya…maka akan sembuh dalam 1-2 minggu setelah pengobatan..
    Selengkapnya tentang Demam Chikungunya, silahkan baca artikel di Blog ini berjudul: Demam Chikungunya Merebak, pada link berikut ini:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2008/02/01/demam-chikungunya-merebak/

    Makasih

  170. 171 riza April 15, 2010 pukul 4:48 pm

    thanks banget cak. jadi lega! soale bapakku orangnya ga tahanan, dah panik semua orang. aku dah baca artikel cikungunya di blog cak moki. sorry kemarin belum tau.

  171. 172 cakmoki April 15, 2010 pukul 11:48 pm

    @ riza:
    Terimakasih juga, telah berbagi…
    semoga ayahanda segera sembuh :)

  172. 173 dita April 27, 2010 pukul 10:29 am

    cak aq cewek 25 thn mo nanya ne..2 mgg lalu aq cek urine hasilnya lekosit esterase 500ul,lekosit 26,5 ul,bacteria 259.5 ul,konduktifitas 9,3mS/cm.ma dr urologi diksh ciproxin 500 buat 5 hr,trs seminggu kemudian cek urine lg hasilnya lekosit esterase 25ul,lekosit 2,7ul,bacteria 10,1ul,konduktifitas 2,3mS/cm.kt dr urologi isk nya dh sembuh,tp aq msh sering kencing,trs pas kencing seperti tertahan gt jd hrs mengejan,kencingnya terputus2 gt,trz pancaran urine lemah dan bercabang ma dr urologi diksh obat detrusitol ma harnal D buat 20 hr,trs bsk 10 hr biz mens suruh cek urine lg.sebenernya aq sakit apa ya cak?obatnya perlu dihabisin gak?trs butuh pemeriksaan apa lagi ya?

  173. 174 cakmoki April 28, 2010 pukul 4:49 am

    @ dita:
    berdasarkan keluhan , hasil lab dan obat yg diberikan dokter urologi, sakitnya: ISK, sebagaimana artikel di atas.
    Ya, obatnya dihabiskan.
    Usahakan minum sedikitnya 2,5 liter sehari dan usahakan tidak menahan kencing kalo pas brasa mau kencing.
    Pemeriksaa diperlukan untuk follow up hasil pengobatan agar bener-2 sembuh.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  174. 175 dwi April 29, 2010 pukul 1:15 am

    cak kenapa setiap kencing akhir2 ini ada keluar lendir dikemaluan saya.dan jg saya semenjak berhubungan terakhir dgn suami sdh 3 bln tdk haid saya sdh test kehamilan 2 kali hasilnya negatif knp yah bs begitu apakah krn stres.dan bs smp brp lama saya tdk haid?

  175. 176 cakmoki April 29, 2010 pukul 2:33 pm

    @ dwi:
    Kalo lendirnya jernih dan gak gatal, gak papa. Itu bisa terjadi oleh banyak faktor.
    Sedangkan lambatnya haid, salah satunya karena stress.
    Untuk memastikannya, seyogyanya periksa ke dokter spesialis kandungan. Kalo ternyata semuanya normal, maka akan diberikan obat untuk menstimulir agar haid.
    Makasih

  176. 177 rita Mei 4, 2010 pukul 4:28 pm

    saya rta 18 thn…
    saya mau nanyak kenapa y dr dlu SMA sampai sekarang kuliah saya susah x tidur….terima kasih

  177. 178 cakmoki Mei 5, 2010 pukul 1:45 am

    @ rita:
    selama ini tidur berapa jam sehari dan jam berapa mulai tidur ?

  178. 179 bona Mei 17, 2010 pukul 1:46 am

    dok numpang tanya nie,..
    udh 2minggu ini kq kenapa biji di kemaluan saya kq terasa nyeri ya / senep gt tp yg bagian sebelah kiri aja (ntah lah nama ilmiah nya -.-‘) kalo pas buang air seni tidak berasa sakit baik batang penis maupun biji testis nya, trus kalo ereksi tidak maksimal gl gt (tidak keras dan lama) sebelumnya saya memiliki latar belakang pernah terkena penyakit cucakrowo meler tp udh di beri obat oleh dokter spkk dan saya merasa sudah sembuh total karana cucak rowo saya tidak meler lg, tdk berasa perih maupun gatal2 lg penisnya,
    yg mw saya tanyakan nyeri di area biji testis saya itu penyebabnya apa ya??

  179. 180 bona Mei 17, 2010 pukul 1:52 am

    dok numpang tanya nie,..
    udh 2minggu ini kq kenapa biji di kemaluan saya kq terasa nyeri ya / senep gt tp yg bagian sebelah kiri aja (ntah lah nama ilmiah nya -.-’) kalo pas buang air seni tidak berasa sakit baik batang penis maupun biji testis nya, trus kalo ereksi tidak maksimal gl gt (tidak keras dan lama) sebelumnya saya memiliki latar belakang pernah terkena penyakit cucakrowo meler tp udh di beri obat oleh dokter spkk dan saya merasa sudah sembuh total karana cucak rowo saya tidak meler lg, tdk berasa perih maupun gatal2 lg penisnya,air seni pun jernih dan tidak berbau yg aneh2 pkknya.
    sampai sekarang saya blon konsultasi ke dokter krn saya pikir mungkin ini hanya sugest aja kali -.-‘
    dan krn skrg saya sedang berada diluar kota,

    yg mw saya tanyakan:
    -nyeri di area biji testis saya itu penyebabnya apa ya??
    -bahayakah keluhan saya ini?
    -apakah bisa di dembuhkan?

  180. 181 cakmoki Mei 17, 2010 pukul 6:56 am

    @ bona:
    nyeri pada testis bayak sebabnya. untuk memastikannya harus diperiksa secara langsung, yakni dengan memegang testis dan jaringan sekitarnya.

    1) Jika gak ada benjolan dan gak ada mrengkel di bagian atas testis, kemungkinan bukan penyakit. Bisa jadi karena tekanan pada testis oleh celana yg terlalu ketat atau aktifitas yang berlebihan.

    2) kalau tidak ada kelainan yg serius pada testis, berdasarkan pemeriksaan dokter, tentu tidak bahaya. kalaupun misalnya testis infeksi (orchitis), ditandai dengan testis membengkak, merah dan sangat nyeri (untuk duduk sakit, untuk jalan kayak orang baru khitan), itupun dapat diobati hingga sembuh dalam 1-2 minggu, dan tidak bahaya.

    3) yakinlah, penyakit (jika bener ada penyakit di testis yg menimbulkan nyeri), tentu ada obatnya, dan bisa disembuhkan.

    Makasih

  181. 182 nur alfisah rida Juni 1, 2010 pukul 2:09 pm

    Saya mau tnya,umur saya 25 thn blum menikah.Saya sering kencing,kl mo ngeluarin kencing/ngeden perut bawah sebelah kanan nyeri,setelah kencingpun perut kanan bawah masih nyeri.Kadang sampai lemas.Ini sering terjadi kl saya kelelahan.Saya sudah periksa k dokter bag dalam, diberi obat ciprofloxacin.Memang sembuh tp setiap kelelahan,kambuh lagi.Sekarang ja lg kambuh karena capek perjalanan.Apakah ISK bs disebabkan karena capek?apalagi saya saya duduk d tmpt kerja 5 jam tiap hari.Lalu bagaimana agar sakit ini tidak berulang2 dan nyeri perut kanan bawah bisa hilang?Terima kasih.

  182. 183 cakmoki Juni 1, 2010 pukul 3:57 pm

    @ nur alfisah rida:
    Jika dokter penyakit dalam yg memeriksa menyatakan tidak ada kelainan lain selain ISK, bisa jadi faktor kelelahan merupakan pemicunya, bukan penyebab. adapun penyebabnya adalah infeksi oleh mikro-organisme sebagaimana tertulis pada artikel di atas, yang dapat dipicu oleh berbagai faktor.
    kalaun nyata-2 pemicunya kelelahan, untuk menghindari terulangnya ISK tentu dengan meminimalisir faktor kelelahan tersebut.
    Selain itu, hendaknya minum sedikitnya 1,5-2 liter per hari agar fungsi ekskresi urine lancar, dan usahakan untuk tidak menahan kencing.
    Makasih

  183. 184 mas thomas Juni 3, 2010 pukul 3:56 pm

    dear cak moki,

    saya kena isk dan setelah dikasih anti biotik jadi sembuh. tapi setelah satu ato dua minggu kambuh lagi. dokter menyarankan saya untuk selalu olah raga atau jogging dan sudah saya jalani. bolehkah ketika kita sedang terkena isk untuk tetap aktif olah raga?

  184. 185 cakmoki Juni 4, 2010 pukul 12:17 am

    @ mas thomas:
    Boleh tetap berolah raga. Justru bagus untuk fungsi ekskresi urine.
    Moga sehat selalu
    Makasih

  185. 186 siany Juni 21, 2010 pukul 5:06 pm

    Dear Cak Moki,

    saya ibu menyusui, dan sepertinya saya ada infeksi saluran kencing. Boleh tau obat apa yang aman utk ibu menyusui?

    Makasih

  186. 187 cakmoki Juni 21, 2010 pukul 7:04 pm

    @ siany:
    Dear Mbak siany,
    Yang tidak dianjurkan hanya Obat Antibiotika golongan cyprofloxacin dan Doxycycline… selebihnya aman.

    Obat yang ringan dan aman adalah sebagi berikut:
    1) Antibiotika: amoksisilin 500 mg atau cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan sedikitnya selama 5-7 hari. (untuk tahap awal..kalo dah sembuh, cukup segitu saja)

    2) Kombinasi Spasmolitik dan analgesik-antipiretik (untuk merilekskan saluran kemih dan meredakan rasa nyeri atau gak nyaman saat kencing), misalnya: Buscopan Plus, diminum 3×1 sesudah makan.

    3) Antiseptik saluran kemih, misalnya: Kapsul Nephrolit, diminum 4×2 kapsul hingga sembuh.

    Anjuran:
    a) Minum sedikitnya 2,5 liter sehari
    b) Usahakan tidak menahan pipis.

    Moga segera sembuh.
    Trims

  187. 188 Siany Juni 24, 2010 pukul 6:45 pm

    Dear Cak moki,

    Makasih atas balasannya. Tapi kemarin ini sy sdh minum baquinor forte dan sekarang sdh sembuh. beberapa hari ini sy stop menyusui.
    Yang sy mau tanyakan, kapan sy boleh menyusui lg yah cak? sy terakhir minum baquinor forte tadi pagi jam 5.

    Makasih yah cak.

  188. 189 cakmoki Juni 25, 2010 pukul 4:20 pm

    @ Siany:
    Dear Mbak Siany,
    Saat jawaban ini saya tulis, sudah boleh menyusui. Idealnya, 8-12 jam setelah minum obat tersebut terakhir kali mengingat masa kerja obat tersebut 8-12 jam.. dan sisanya langsung dikeluarkan melalui urine.
    Makasih

  189. 190 elly Juli 23, 2010 pukul 6:09 pm

    Sore Dok,

    Maaf saya mau minta tolong sarang atau pendapat, atau anjuran harus kemana berobatnya.

    Keponakan saya 11 thn, 4 hr tidak bisa buang air besar tapi pipis dol terus menerus, jadi pakai pampers, perutnya gendut, dia wanita kls 1 smp.
    Orang tuanya sudah pasrah karena dibawa ke dokter mana2 dan i MRI dan CT scan katanya nggak apa2, tapi kadang2 dia meregangggg jerit dibelakang pantat dan paha belakang seperti ketarik2, saya perhatikan kalau dia makan banyak dia sampai setengah hari nggak meregang, tapi dia sangat malas makan, jadi kurus tinggi.

    Orang tuanya sudah lelah, katanya ada dokter yg bilang dia kena lazy blader, mau buang air besar ngeden sampai nangis dan sambil di korek oleh ibunya di keluarkan kotorannya itu…duhhh kasihan dan sedih liatnya, itu selalau sambil nangis keras diaaa…badan selalu anget terus, yg anehnya dari beberapa rumah sakit kog nggak ada yg periksa darahnya ya dok, padahal dia 38, 37,5 c panansnya.

    Dok, mohon saran kemana ya yg tepat berobatnya, hasil mri katanya nggak apa2 terus di ct scan lagi…jadi bingung sendiri, di rongten paru2 segala…anak tsb sampai menjerit2 waktu di suntik di tangannya kontras apa tuhhh…terus waktu di bius untuk masuk ke mri dia udah ketakutan..duhhhh kasihan banget…

    Ada yg bilang biar bisa fungsi tuh otot2 buang air besar dan kencingnya di refleksi, sudah, terus gimana ya dokkk…kasihan banget dia.

    Sepertinya lambungnya juga bermasalah, dia memang nggak suka makan, kalau makan siang dan sore, otot yg dikaki itu nggak menarik2 katanya, tapi pipis itu tetap aja ngalir.

    Ada beberapa dokter yg bilang disebut lazy bladder katanya, sudah 4 rumah sakit dokkk…
    Tolong dok kemana ya berobat yg tepat, karena orang tuanya sudah kehabisan duit berobat sana sini…
    Dan anak itu seperti agak kesal kenapa kog dia sakit sepeti itu , karena mau sekolah malu pakai pampers dia.
    Tolong ya pak kemana ya berobatnya….kita sudah bingung sekali.

    Terima kasih banyak atas bantuannya.

    Elly
    alfariaria@yahoo.com.sg

  190. 191 cakmoki Juli 24, 2010 pukul 2:35 am

    @ elly:
    Met dini hari :)

    Maaf, tinggalnya di mana ?

    Jika ada fasilitasnya di kota tersebut, idealnya diperiksakan ke Poliklinik Bedah Anak RSUD setempat, sehingga tidak terlalu berlarut-larut dan segera dilakukan pilihan tindakan medis terbaik secara team work bagi anak berdasarkan penyakitnya dan bidang-2 yang terkait dengan gangguan tersebut.

    Makasih

  191. 192 elly Juli 24, 2010 pukul 5:12 pm

    Makasih dok,
    Dia tinggal di bintaro, yg saya binung kog kalau di bilang salah satu dokter bawaan dari lahir kenapa dia dari bayi sampai umur 11 thn nggak ngompol dan nggak kencing dol gitu, baru terjadi 4 bln ini kan bingung banget dokk…
    Caranya gimana dok, apa kita yg ngajarin dokternya di bawa ke rsud dulu dll gitu? Ini udah ke rs besar2 gitu malahan suruh pasang kateter permanen dulu..???
    Apa dokter pernah nangani pasien seperti ini? ada solusinya nggak? apa ini bisa balik seperti biasa lagi ya dok?
    RS mana ya dok yg bisa nangani ini dan bisa sembuh?
    terima kasih

  192. 193 cakmoki Juli 25, 2010 pukul 8:47 pm

    @ elly:
    Semua dokter tentu berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan hasil analisa masing-masing. di dunia kedokteran, perbedaan pendapat adalah sangat lumrah demi untuk menentukan skedul pengobatan yang paling ideal terhadap penyakit.
    Kelaianan bawaan (conginetal), lazimnya menimbulkan manifestasi klinis pada usia dini, jiika gradasinya berat…namun bisa saja mengalami delayed jika seiring dengan tumbuh kembang anak dan aktifitas anak. Yang membuat pasien atau keluarga pasien bingung biasanya karena kurangnya komunikasi dokter-pasien.

    Dokter gak perlu diajari…apalagi oleh orang awam yang tidak mengerti liku-liku dunia medis… satu hal yang paling penting diingat bagi penderita ataupun keluarga penderita adalah kesabaran.

    Ya, saya pernah merujuk pasien semacam itu ke dokter bedah urologi, tetapi usia dini (umur 2 minggu), dengan tingkat kelainan spincter yang berat. Setelah dioperasi, fungsi ekresi menjadi normal, hingga sekarang.
    Namun ini tidak bisa dijadikan perbandingan karena saya tidak tahu persis jenis penyakitnya kecuali hanya berdasarkan diskripsi di atas yang tidak spesifik.

    Menurut saya, sebaiknya diperiksakan ke RSUP Dr Cipto Mangunkusumo, supaya dapat ditangani secara team work. Nah, hasil pemeriksaan team work tersebut akan didiskusikan oleh dokter pada forum khusus. Ini dimaksudkan untuk menentukan langkah-2 pengobatan dan pilihan tindakan medis ditinjau dari berbagai aspek.
    Selain itu, hendaknya selalu berdo’a, karena hanya Tuhan YME-lah yang maha penyembuh…sedangkan kita dan para dokter adalah bentuk upaya mencari kesembuhan sesuai ilmu pengetahuan yang dianugerahlan Tuhan kepada ummat manusia, sebagaimana yang diperintahkan Tuhan YME.

    Terimakasih

  193. 194 ega Agustus 27, 2010 pukul 12:09 am

    dok saya laki-laki umur 23thn saya punya semua gejala yang dokter paparkan diatas.
    awalnya saya nahan kencing karena sudah malam dan sangat ngantuk… ehh taunya malah ngompol hehe… karena ngantuk berat saya cuma ganti celana dan celana dalam saja tanpa dibersihkan sisa ngompol tadi hehe.. keesokan paginya ternyata daerah celana saya jadi lembab… sore harinya saya mengalami sakit kencing di bagian akhir dan keluar sedikit darah..

    pertanyaannya, apa mungkin bakteri penyebab ISK bisa terjadi karena hal itu?

    pada malam harinya saya mengalami demam hebat… keesokan harinya kencing saya mulai normal kembali dan saya periksakan ke dokter..
    saya dikasih obat urinter dan ciprofloxacin… sesampainya dirumah saya mengkonsumsi obat penurun demam (parasetamol)

    apakah parasetamol boleh dikonsumsi berbarengan dengan ciprofloxacin dan urinter?

    keesokan harinya.. demam mulai turun, karena sudah merasa sehat kebetulan hari itu saya ada kerjaan yang memacu fisik, sambil saya mengkonsumsi ke 3 obat tadi + minum yang banyak.

    keesokannya lagi pinggang saya terasa sakit, dan mual serta lemas dan kadang menggigil…
    padahal saya sudah tidak merasakan sakit lagi saat kencing

    apa itu pengaruh obat? atau karena kecapean saja?

    mohon penjelasanya ya dok… terima kasih sebelumnya :D

  194. 195 cakmoki Agustus 27, 2010 pukul 12:34 am

    @ ega:
    ya, nahan kencing bisa menyebabkan refluks (aliran balik urine) sehingga urinyg mestinya dikeluarkan akan tertahan dan menimbulkan infeksi… ini mudah dimengerti karena urine merupakan produk buangan yang mengandung sisa metabolisme dan mikro-organisme (kuman, parasit, jamur, dll)…. nah, kalo mikro-organisme yg mestinya dibuang antas tertahan, maka akan berkembang dan mengakibatkan ISK.

    Parasetamol dapat digunakan bersama obat diatas… kalo ingin lebih bagus, gunakan Buscopan plus, isinya parasetamol dan obat spasmolitik untuk relaksasi otot polos) sehingga urine lebih mudah keluar dengan lancar.

    Lemas, menggigil yg diraskan tersebut merupakan perjalanan penyakit, bukan karena pengaruh obat dan bukan karena kecapaian… ISK pada umumnya memerlukan pengobatan sedikitnya 1-014 hari … kalo masih kurang dari 10 hari, tentu saja masih ada berbagai keluhan akibat ISK.
    Makasih

  195. 196 permana Agustus 29, 2010 pukul 10:50 pm

    sakit ngilu ketika kencing dan sering kencing ??
    cara mengatasinya ?
    obat herbal ???

  196. 197 cakmoki Agustus 29, 2010 pukul 11:21 pm

    @ permana:
    obatnya silahkan baca diskusi-2 sebelumnya….makasih

  197. 198 Cah Bagus September 16, 2010 pukul 2:18 am

    permisi cak saya mau konsultasi…
    kenapa setelah BAK bagian pangkal (maaf) kemaluan saya terasa nyeri???
    pada saat BAK, ada semacam lendir kecil kemerahan yang keluar bersamaan dengan air seni…
    dan saya sering kali ingin melakukan BAK namun tidak keluar2 terutama pada saat rebahan…
    apakah saya terkena ISK ?
    soalnya ini pertama kalinya saya mengalami hal ini…
    sekiranya obat apa aja yang cakmoki sarankan untuk dapat menyembuhkan apa yang saya alami ini…
    matursuwun atas bantuannya….

  198. 199 cakmoki September 16, 2010 pukul 2:55 am

    @ Cah Bagus:
    Ya, keluhan tersebut merupakan tanda ISK.
    Obatnya udah tertulis pada diskusi-2 sebalumnya…tinggal pilih :D
    Saya ulang lagi ya…
    1) Cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 selama sedikitnya 5-10 hari.
    2) Buscopan Plus, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.
    3) Nephrolit diminum 3-4 x 2 hingga sembuh.

    selain itu, usahakan minum sedikitnya 2,5 liter per hari dan usahakan tidak menahan kencing.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  199. 200 Cah Bagus September 16, 2010 pukul 9:07 am

    Terima kasih Cak sudah menjawab semua pertanyaan saya…
    Namun timbul 1 pertanyaan lagi cak…
    “Obatnya udah tertulis pada diskusi-2 sebalumnya…tinggal pilih :D”
    apa pilih salah satu atau ketiga obat itu yang di konsumsi…??
    matursuwun

  200. 201 cakmoki September 16, 2010 pukul 3:46 pm

    @ Cah Bagus:
    Yang diminum adalah 3 jenis obat yang saya tulis semua :)
    Makasih

  201. 202 sha September 20, 2010 pukul 11:41 am

    Ass cak…stelah melakukan hub dg suamiku beberapa jam kemudian sy jd anyang2an..panas dan sakiit..apakah ini isk?sebelumnya sy tdk pernah merasakan skt spt ini..
    Atau adakah kemungkinan sy hamil??krn awalnya (sblm melakukan hub) sy sering buang air kecil skitar 2jam skali,tp td skt..

  202. 203 cakmoki September 20, 2010 pukul 5:39 pm

    @ sha:
    salah satu kemungkinannya ISK karena iritasi saat berhubungan intim… kalo untuk mengetahui hamil apa enggak, periksa dengan tes kehamilan :)
    Makasih

  203. 204 evha September 29, 2010 pukul 4:05 pm

    .adh ckrg aku ngalamin hal sptii itu,, emh… rasanya sungguh tdak nyaman,,
    .dan klau aku kelamaan berdiri pasti penyakitnya kambuh…
    .rasanya pengen teriak z klu penyakitnya udh kambuh th..

  204. 205 evha September 29, 2010 pukul 4:06 pm

    .adh ckrg aku ngalamin hal sptii itu,, emh… rasanya sungguh tdak nyaman,,
    .dan klau aku kelamaan berdiri pasti penyakitnya kambuh…
    .rasanya pengen teriak z klu penyakitnya udh kambuh th…
    .

  205. 206 cakmoki September 29, 2010 pukul 11:28 pm

    @ evha:
    silahkan berobat :D

  206. 207 Yankusha September 30, 2010 pukul 6:16 pm

    Salam..

    Cak, mohon informasinya apakah kegunaan dari antibiotik co amoxiclav? apakah itu diperuntukkan utk ISK juga?

    Terima kasih sebelumnya cak..

  207. 208 cakmoki Oktober 1, 2010 pukul 2:37 am

    @ Yankusha:
    iya, co amoxiclav bisa digunakan untuk ISK yang disebabkan kuman pengasil beta-laktamase sehingga diharapkan lebih efektif.
    Obat tersbut juga sering digunakan untuk penyakit-2 lain yang diduga disebabkan kuman penghasil enzim beta-laktamase.
    Makasih

  208. 209 Yankusha Oktober 1, 2010 pukul 11:04 am

    terima kasih cak atas balasannya..

    kemarin itu saya jg sempet 2hr merasakan ke kamar mandi terus, perut bagian bawah agak kencang dan di akhir setiap pipis agak sdikit nyeri n rasa2 masih ada pipis yang mau keluar padahal tidak..

    akhirnya memutuskan ke dokter tp dokter yg dikunjungi sangat minim informasi, gak jawab klo gak ditanya, klo ditanya pun jawab seadanya, hehe..

    pas ke dokter hanya di suruh tiduran dan di pencet perut bag bawah sakit atau tidak.. setelah itu dia lgsg kasih resep antibiotik co amoxiclav 3×1 dan diminum slama 5hr..

    fyi, saya baru nikah di bulan juli yang lalu dan kmrn itu saya cek ke dokter spesialis kandungan bukan umum (karna khawatir ini efek dr “campur” dengan suami)

    di resep di tulis co amoxiclav 500mg tapi dr apotek diberikan co amoxiclav 625mg, sama sajakah cak? hehe, agak parno jdnya..

  209. 210 cakmoki Oktober 1, 2010 pukul 3:19 pm

    @ Yankhusa:
    Yang bener: Co-Amoxiclav 625 mg, terdiri dari Amoxicyllin 500 mg dan Clavulanic acid 125 mg … co-amoxiclav artinya kombinasi (co) antara amoxicyllin (amoxi) dan Clavulanic acid (Clav).

    Kalo masih sakit, bisa ditambahkan kombinasi pereda nyeri ringan dengan obat untuk merelaksasi otot, misalnya: Buscopan Plus, diminum 3×1 sesudah makan bersama-sama dengan Co-Amoxiclav.
    Tapi kalo sedang hamil tidak dianjurkan minum Buscopan Plus, cukup dengan Co-amoxiclav dan pereda nyeri.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  210. 211 Yankusha Oktober 1, 2010 pukul 5:01 pm

    hmm klo begitu mungkin dokternya salah nulis kali yaa cak, harusnya 625mg tp yang ditulis 500mg, hihihi.. Alhamdulillah pada saat dipencet di bag perut sey tidak ada rasa sakit, cm ada rasa kyk mau pipis..

    ini udah hari ke dua saya minum co amoxiclav, dan sudah jauh lebih baik dan kembali normal.. jadi tinggal menghabiskan sisa antibiotik saja..

    sebelumnya terima kasih utk doa dan penjelasannya..

    doain jg ya cak, smoga saya bisa cepet hamil… maklum, suami dtg dr keluarga yang smua laki2, dan anak pertama pula, jd mertua mengidam2kan cucu juga, especially perempuan..

    insya Allah bisa jumpa lg, klo ada pertanyaan yang terkait dengan topik2 di blog ini.. (slalu rutin nyimak lhoo..)

    Wassalam..

  211. 212 cakmoki Oktober 2, 2010 pukul 12:49 am

    @ Yankusha:
    Ya, tinggal melanjutkan hingga habis
    Saya do’akan semoga cepat hamil dan sehat selalu…amiiin :)
    Wassalam

  212. 213 Pakne Bhamakerti Oktober 24, 2010 pukul 8:25 pm

    Assalmlm Cak, Jumpa lagi dan saya mau nanya lagi :)

    1. sehat kan cak..?? Amin…
    2. saya beberapa hari ini air pipisnya kok berbusa ya, g peduli pagi siang malam.. trus harus diguyur berkali kali baru ilang busanya. Gejala apa nggih..? warna kuning biasa.. baunya g begitu pesing :) masih biasa saja..
    Apa karna saya “ngucurinnya” sambil berdiri dan jatuh pas di air wc jongkok… jd berbusa ya… kaya soda kalo dikocok gitu..

    umur saya 33th, 50 kg, 171cm. Adakah hubunganya dgn gagal ginjal :(

    gejala lain belum ada, ya paling biasa sih musim hujan gini bibir kering dan getir plus sedikit sariawan.
    konsumsi kopi, teh sudah tidak satu bulan ini. tapi merokok masih… :)

    minum air putih saya sehari paling cuma 2 botol Akua 600ml. apa karenaa kurang minum saja ya?

    trus kalo mau cek lab apa aja yg perlu di priksaken ya Cak?

    Matursuwun, Wassalamualaikum.

  213. 214 cakmoki Oktober 25, 2010 pukul 12:11 am

    @ Pakne Bhamakerti:
    wa’alaikumsalam….
    Alhamdulillah kabar baik dan sehat…moga demikian pula sebaliknya.
    Normalnya air seni emang berbusa…hanya saja, kadang busanya lebih banyak dari biasanya kalo kurang minum.
    Tanda tersebut bukan tanda Gagal Ginjal … lha mosok tiba-tiba gak ada angin gak ada hujan trus gagal ginjal…. :D

    Untuk itu, kalo bisa usahakan minum sedikitnya 1,5-2 liter per hari sebagai kebutuhan normal air minum untuk kita yg tinggal di negara tropis.
    Jika seminggu ke depan masih berbusa, gak ada salahnya periksa sedimen urine.

    Maturnuwun….wassalam.

  214. 215 pakne Bhamakerti Oktober 28, 2010 pukul 11:16 pm

    Assalmlm Cak, Jumpa lagi dan selalu saya mau nanya lagi.

    belum sempet nyruput kopi karena takut konsul (facebook) eh malah sekarang sudah kangen lagi sama CakMoki.

    Gini lho cak semenjak kencing berbusa, lha ini saya rasakan setiap habis pipis, (5menit setalah pipis, wis katokan.. wis sarungan) kok selalunya ada yg terasa “mengalir’ gitu lho cak (menetes) dan itu sangat terasa banget di ujung mulut Cucakrowo. tp ga sakit, la kan repot ya secara kalo mau solat kan itu najis..??
    masa cebok lagi dan lagi.. ganti Cd lagi.. pernah saya ga pake apapun selain sarung, trus tersa begitu, langsung saya liat, eeee yg keluar ciran bening kaya pipis gitu cak..:(
    lha kira kira ini penyakit bukan…? diagnosanya mengarah apa ya cak..?? apa karena pipis ga tuntas, ato sumbatan ya….?? deg deg deg…

    terimakasih wassalam…

  215. 216 cakmoki Oktober 29, 2010 pukul 12:08 am

    @ pakne Bhamakerti:
    Wa’alaikum salam…
    Menilik keluhannya, kemungkinan ISK ringan
    Untuk memastikannya ga ada salahnya periksa Urine.
    Monggo diaturi periksa kalo ada waktu :D
    Maturnuwun
    wassalam

  216. 217 pakne Bhamakerti Oktober 29, 2010 pukul 12:20 am

    Siaap…!! Laksanaken cek lab..!!
    tapi nunggu gajian dulu ding, takut kurang sangune…hehehe :)

  217. 218 cakmoki Oktober 29, 2010 pukul 12:50 am

    @ pakne Bhamakerti:
    hehehe…
    Kalo gitu, dan kalo setuju, sementara daapat menggunakan Nephrolit, diminum 3×2 selama sedikitnya 5 hari …sambil nunggu gajian :D

  218. 219 Ratnayani November 8, 2010 pukul 10:53 am

    Cak, maaf ya aku ceritanya panjang sekali…aku sdh menderita sakit waktu kencing, waktu jalan di tulang vagina sakit & kencing2 terus & berasa tdk tuntas, terasa nyeri berdenyut-denyut, waktu duduk berasa ada ganjalan & sakit, keluhannya sdh lama sekali, lebih kurang ada 2 tahun..tapi sakitnya gak seberapa maksudnya masih bisa aku tahan..pertama aku ke dokter penyakit dalam terus dikasih obat tapi tetap saja sakit, akhirnya aku diamin tdk ke dokter lagi..tgl. 25 mei 2010 aku usahain ke dokter lagi di RS Mitra Int. lalu aku periksa urine yg hasilnya warna kuning, keruh, berat jenis 1.021, ph 7, protein, glukosa, keton, billirubin, nitrit & silinder negatif,darah samar positif 1, urobilinogen normal, leukosit 3-4, eritrosit 0-2, epithel positif 1, kristal ca.oxalat + terus dikasih obat levofloxacin tablet 500mg 3 tablet, urispas 200mg 15 tablet, vesicare 5mg 10 tablet..tgl.5 juni 2010 balik lagi diberi obat vesicare 5mg 15 tablet..tgl.14 agust 2010 balik lagi tes urine hasilnya warna kuning agak keruh, berat jenis 1.007, ph 5, protein, glukosa, keton, billirubin, nitrit & silinder negatif, darah samar positif 1, urobilinogen normal, leukosit 5-7, eritrosit 0-2, epithel positif 1, kristal negatif dan diberi obat levofloxacin 500mg 5tablet, urispas 200mg 15 tablet, vesicare 5mg 20 tablet & di suruh kalau masih sakit obat vesicare tambah 20 tablet..hasilnya tetap tdk sembuh..waktu lebaran aku pulang ke Medan tiba2 sakitnya bikin aku sampai nangis lalu aku ke dokter lalu tgl. 14 Sep 2010 periksa urine hasilnya warna kuning keruh, ph 5, urobilinogen normal, berat jenis 1.005, leukosit 10-15, eritrosit 1-2, sel epithel 2-3 tapi tdk diberi obat cuma disuruh banyak minum,tgl 15 sep 2010 balik lagi tes urine warna kuning jernih ph 6 urobilinogen normal, berat jenis 1.005, eritrosit 0-1, leukosit 5-7, sel epithel 1-2 tetap tdk dikasih obat padahal masih sakit & tgl 16 sep 2010 aku periksa cysloscopy tapi hasilnya tdk diberitahu ada apa cuma dikasih obat urotractin 10 tablet..lalu aku pulang jakarta dgn masih menahan sakit..tgl. 3 Nov 2010 aku periksa lagi ke RSPP lalu aku tes urine & dibiakin hasilnya tunggu seminggu & aku diberi obat Voxin 500mg 15 tablet, pronalges CR 200mg 15 kapsul, detrusitol 2mg 15tablet, Laz 30mg 15 kapsul..aku pingin tanya kenapa ya aku tdk bisa sembuh2 padahal sdh berobat terus, apa yg hrs aku lakukan lagi atau penyakitku tdk bisa disembuhkan, terima kasih atas perhatian Cak

  219. 220 cakmoki November 8, 2010 pukul 2:31 pm

    @ Ratnayani:
    Menilik keluhan yang diderita, hasil Lab dan obat-2 yang diberikan, nampaknya amang ISK yang type reccurent (kambuhan).
    Obatnya sudah sangat lengkap dan mulai yang pertama hingga yang terakhir gak jauh beda… hanya beda merk dagangnya saja, namun obat utamanya sama.
    Pada umumnya, ISK dipicu oleh 2 faktor, yakni: kurang minum dan suka menahan kencing. Untuk itu, dianjurkan minum sedikitnya 2,5 liter per hari agar ekskresi saluran kencing berfungsi dengan bagus.

    Menurut saya, yang belum dilakukan adalah pemeriksaan IVP (pielografi intra vena) dan bakteriologis (biakan kuman). Denagn begitu akan nampak apakah ada penyempitan saluran kencing ataukah hanya infeksi kuman, sehingga penobatannya lebih akurat.

    Untuk itu, gak ada salahnya kembali ke dokter (kalo bisa jangan pindah-pindah) untuk kontrol sekaligus minta kedua pemeriksaan tersebut.
    Semoga segera sembuh.
    Makasih

  220. 221 Ratnayani November 8, 2010 pukul 3:30 pm

    Cak, terima kasih atas penjelasannya..tapi aku gak ngerti ivp (pielografi intra vena) itu utk apa & bagaimana cara dokter memeriksanya? apa keluhan seperti aku begini (kambuhan) susah disembuhkan

  221. 222 Ratnayani November 8, 2010 pukul 3:43 pm

    Oh ya, Cak kenapa ya aku tdk bisa nahan kencing sama sekali..kalau minum sedikit saja sdh mau pipis & rasanya di vagina ada yg dorong2 mau keluar & rasanya sakit..

  222. 223 cakmoki November 8, 2010 pukul 10:05 pm

    @ Ratnayani:
    IVP adalah pemeriksaan radiologi yang pake kontras. Namun jika dokternya tidak memandang perlu periksa IVP, maka beliau
    tidak akan menganjurkannya.
    Keluhan ISK seperti ini pada umumnya mudah disembuhkan.. yang penting minum dalam jumlah minimal 2,5 liter per hari, dan tidak menahan kencing.

    Mengapa kalau minum sedikit saja sdh mau pipis & rasanya di vagina ada yg dorong2 mau keluar & rasanya sakit ? .. Karena ada peradangan alias infeksi pada saluran kencing sehingga muncullah keluhan-2 tersebut… Mongo dibaca lagi artikel di atas perlahan-lahan … :)
    Pada Bab anjuran, tertulis:
    Bagi penderita ISK berulang (kambuhan), hendaknya memeriksakan diri secara berkala, setidaknya 1-2 bulan sekali untuk mengetahui kepekaan bakteri terhadap antibiotika
    Ini dimaksudkan agar ISK sembuh tuntas.
    Makasih

  223. 224 Ratnayani November 9, 2010 pukul 10:15 am

    Makasih banyak Cak atas penjelasannya

  224. 225 cakmoki November 9, 2010 pukul 2:41 pm

    @ Ratnayani:
    Sama-sama … makasih juga telah berbagi :)

  225. 226 Ratnayani November 9, 2010 pukul 3:15 pm

    Cak, tadi aku sdh ke dokter lagi..hasil biakan urinenya namanya bahteri klepsiera (tapi tulis gak tahu bagaimana)..bahaya gak ya Cak bahteri begitu..dan aku disuruh periksa trans vagina..katanya hasil usgnya ada bayang2 mium..bahaya gak ya mium itu..terima kasih Cak (jangan bosan aku tanya ya Cak)

  226. 227 cakmoki November 10, 2010 pukul 1:08 am

    @ Ratnayani:
    Gak bahaya … adapun myoma uteri, masih bayang-bayang, belum pasti.. inpun gak bahaya karena jinak. Lho, masa gak tanya ama dokternya..kan bayar ? :D
    Makasih

  227. 228 Ratnayani November 10, 2010 pukul 12:36 pm

    Cak, hr ini aku sdh ke dokter kandungan..dokternya bilang tdk ada apa2 dgn kandungan saya..tapi waktu periksa trans vagina saya lihat di komputer kok dokternya ada tarik titik2 seperti mengukur di bayangan bulat ya..tapi aku gak tanya sebenarnya apa itu..jadinya sekarang bikin aku bingung sebenarnya apa penyakit saya..kenapa tdk bisa menahan pipis, kalau sdh mau pipis, aku tahan terus..pasti aku keringatan biarpun di dalam mobil dingin..Cak, bisa gak ya karna bahteri itu bikin saya jadi punya keluhan begitu

  228. 229 Ratnayani November 10, 2010 pukul 3:50 pm

    Tapi Cak bayangan apa ya sebenarnya..tapi kok Dokter kandungannya ngoceh sendiri..sdh besar juga ya..tapi ditanya tdk mau jawab katanya dia cuma wewenangnya di kandungan saja..bikin aku jadi pikiran deh

  229. 230 cakmoki November 11, 2010 pukul 12:19 am

    @ Ratnayani:
    Saya juga ga ngerti gambaran bayangan di komputer, lha dokternya kan gak bilang :D
    Mungkin ada “sesuatu” di kandung kemih sehingga dokternya bilang bukan kewenangan beliau (kandungan).
    Untuk itu, gak ada salahnya periksa ke dokter spesialis Urologi karena masalahnya terletak pada saluran kencing, bukan pada kandungan.
    Makasih

  230. 231 Ratnayani November 11, 2010 pukul 5:11 pm

    Terima kasih Cak, minggu depan aku kabarin lagi deh kalau sdh balik ke dokter urologi soalnya sekarang aku dikasih obat lagi buat seminggu yaitu Clavamox 20 tablet, piroxicam 15 tablet & vesicare 10 tablet (sebenarnya obat yg diberikan itu khasiatnya utk apa, aku juga gak tahu)

  231. 232 cakmoki November 12, 2010 pukul 12:53 am

    @ Ratnayani:
    Ok, emang sebaiknya ke dokter Urologi..lebih spesifik dan lebih terarah.
    Obat-2 tersebut adalah antibiotika dan anti nyeri.
    Makasih

  232. 233 selma November 16, 2010 pukul 12:14 am

    Selamat malam Cak Moki,
    Kebetulan saya baru saja didiagnosa ISK tadi sore oleh dokter. Lalu memang saya membiasakan untuk mem’browsing’ obat2an yang diberikan dokter utk memastikan obatnya sdh benar. Info dari cak berguna sekali, banyak memberi tambahan info, jadinya lebih lega.

    Saya diberi Pipemidic Acid 400 mg dan Ciprofloxacin 500 mg. yang ingin saya tanyakan:
    1. Saya diberi kedua obat tersebut untuk dosis 7 hari. Menurut hasil browsing saya, obat2 tersebut biasanya diberikan utk 10 hari. Apakah tidak apa2 apabila hanya 7 hari?
    2. Saya menikah kira2 1 tahun yg lalu, dan sejak itu sampai sekarang saya sering mengalami gejala ISK. Dan biasanya memang setelah berhubungan. Tapi biasanya hilang dengan banyak minum air putih, tp sering kambuh lagi. Baru skarang saya priksa ke dokter krn sakitnya sudah mengganggu. Apakah ISK memang bisa disebabkan oleh hub. suami istri? Mohon penjelasannya ya Cak.

    Trima kasih banyak. Maaf kalau kepanjangan. :)

  233. 234 cakmoki November 16, 2010 pukul 4:02 am

    @ selma:
    Selamat malam…

    1. Kedua obat tersebut bisa digunakan untuk 1 minggu hingga 2 minggu… ntar dilihat respon hasil pengobatan setelajh seminggu. Jika sebelum seminggu udah sembuh, obat tetap dihabiskan hingga seminggu.

    2. ISK, sebagaimana penjelasan pada artikel dan diskusi sebelumnya, paling banyak dipicu oleh 2 faktor, yakni: (a) kurang minum, dan (b) suka nahan pipis… untuk itu, selain obat, dianjurkan minum sedikitnya 2,5 liter per hari dan tidak menahan kencing.
    Bukan karena hubungan intim..kecuali kalo sampai iritasi dan terjadi penjalaran infeksi… lha kalo ISK dikarenakan hubungan intim, orang jadinya kan gak suka hubungan intim… :D

    Makasih

  234. 235 Denz November 23, 2010 pukul 3:42 pm

    cak saya boleh minta nomor tlp yg bisa saya hub gak cak no hp.soalnya ada yg saya mau ceritakan dan klo bisa mao tau prakteknya dimana?penting bgt cak…saya denice cak 22 thn mohon bantuannya cak

  235. 236 cakmoki November 23, 2010 pukul 10:38 pm

    @ Denz:
    Mohon maaf, saya tidak menyediakan komunikasi via HP di Blog ini… untuk itu, jika berkenan silahkan ditulis via email saja.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  236. 237 Denz November 25, 2010 pukul 1:37 pm

    ok cak trima kasih cak…saya nulis di sini bingung cak soalnya ceritanya lumayan panjang…trima kasih cak ats responenya

  237. 238 cakmoki November 25, 2010 pukul 2:42 pm

    @ Denz:
    Ok… sama-sama.. makasih juga telah berbagi.

  238. 239 elyayaa November 26, 2010 pukul 9:49 am

    Wah artikel ini bermanfat sekali. Trims dok udah posting.
    Saya juga mengalami penyakit seperti ini, udah 1 tahun saya gini terus ga ada perubahan. Dan ini sungguh menyiksa saya. Awalnya sih cuma sering pipis2 aja, ga ada nyeri waktu pipis tapi saya punya penyakit mag yg sering sekali kambuh. Kaka saya seorang dokter sewaktu, awal2 saya terkena penyakit ini dia memberikan banyak obat yg salah satunya antibiotik , namun tdk ada perubahan . Lalu saya disuruh kedokter spesialis kata dokternya sih sy gpp. Dan disuruh juga usg . Tapi katanya ga ada apa2.
    karena sudah lelah minum obat saya akirnya pergi ketukang urut saja. Katanya rahim saya turun, karna dulu saya pernah jatoh dan saya terlalu sering skiping.
    Pada awalnya saya merasa baikan setelah beberapa kali pergi ke tukang urut. Saya bisa tahan beberapa jam lebih lama dr sebelumnya (ketika saya liburan sekolah ). Namun ketika kembali sekolah saya merasakan hal tersebut kembali.
    Terkadang saya berfikir mungkin itu hanya feeling saya saja, karena kalau dirumah saya lebih rilexs dan tidak melulu ingin pipis.
    anyeng2an sayaa lebih terasa dan ingin pipis terus ketika 2 minggu sebelum menstruasi. ketika menstruasi saya jarang merasakan anyeng2an. Tp sesudah menstruasi saya bisa lebih tahan jika ingin pipis .
    Hampir setiap malam sebelum tidur saya menaikan kaki ke tembok dan badan tiduran di tmpt tidur. Karena kata orang2 awam itu bisa mengobati . Tp tetap saja tidak efektif .
    Oh iya umur saya 16 tahun dan sudah setahun seperti ini. Mohon saranya dokter , karna saya juga overweight . Saya sungguh menderita karena penyakit ini untung saja guru2 di sekolah membolehkan setiap kali saya izin ke toilet.
    Thanks

  239. 240 cakmoki November 26, 2010 pukul 4:44 pm

    @ elyayaa:
    Pertama, saya ingin meluruskan bahwa tidak mungkin rahim turun…kalo rahim turun (prolas uteri), maka rahim akan keluar dari vagina dan nampak menojol keluar dari vagina. :D ..ini bisa terjadi pada usia lanjut yang banyak anak.

    ISK, terutama yang ringan (ditandai dengan anyang-anyangen) pada umumnya dipicu oleh 2 faktor, yakni: kuarng minum dan suka nahan pipis.
    Untuk itu, hendaknya membiasakan diri minum sedikitnya 1,5-2,5 Liter per hari dan tidak menahan pipis.
    Makasih

  240. 241 elyayaa November 26, 2010 pukul 10:37 pm

    maaf bertanya lagi, saya belum periksa ke lab. dan ini sudah satu tahun cak, lagi pula saya juga rajin membersihkan miss.v dengan sabun khusus V . yang saya takutkan bakterinya masih ada. lalu bagaimana ?
    saya sudah berusa minum air putih yang banyak

  241. 242 cakmoki November 27, 2010 pukul 12:33 am

    @ elyayaa:
    Pertama, saluran kencing dan miss V berbeda.ujung saluran kencing (urethra) terletak di bagian atas miss V…sedangkan miss v arahnya ke rahim.

    Kedua, untuk membersihakn miss v, cukup dengan air bersih. Normalnya, di dalam miss V ada kuman non patogen (kuman yg tidak menimbulkan penyakit), yg bertugas menjaga keasaman miss V.
    Selengkapnya tentang perawatan miss V, silahkan baca artikel di blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2009/01/09/agar-miss-v-lebih-kinclong/

    Di situ dijelaskan bahwa kuman (non patogen) selalu ada dalam miss V … :D … Makasih

  242. 243 san November 27, 2010 pukul 4:58 pm

    Cak salam kenal yah,
    saya baru kemarin lho liat2 blog ini n sgt membantu pngetahuan ttg penyk2.
    Begini dok,saya seorang ibu usia 36 thn dgn 2 anak. Thn 1997 saya kena tbc dgn kondisi paru2 kiri yg terinfeksi, gejala yg saya rasakan batuk berdahak terus menerus selama hampir 2 blnan tp gak ada darah, keringat di mlm hari, badan tambah kurus, demam. Saya diterapi 8 bln dgn 4 mcm obat (berobat di balai pegobtan paru2 jd gratis). Saya tuntas mkn obat sampai selesai. Ketika selesai itu dktnya gak ngerontgen lg. Stlh itu saya sehat cuma lbh cepet cape & kalo sdh berbaring lgs bangun dada sebl kiri kerasa tersentak gitu jd selalu pengen dibatukin.

    Thn 2004 saya agak flu terus batuk dahak ada klr darah sdkt. Saya berobat ke dkt sp paru2 dirontgen,periksa dahak 3x, & dikasih obat reskuin, sanadryl, adona ac 17, falergi. Hsl pemeriksaan ga ada tbc. Setelah berobat saya sembuh.

    Sangat mengagetkan bln 9 kemarin saya batuk keluar darah ckp byk. Sebelumnya saya memang suka batuk berdahak tp diobatin obh aja sdh sembuhan. Terus saya ke dr sp paru2 yg dulu lg. Saya dikasih kalnex 500, longatin dan hrs bedrest. Krn saya ga bisa istirahat di rmh krn terganggu anak2 saya milih diopname 4 hari.Slm di rs diinfus adona, dirontgen, di periksa sputum 3x,jg periksa darah. Dokter mendiagnosis saya kena tbc lagi di sebelah kanan sedikit sekali & paru2 kiri saya kondisinya lbh buruk dibandingkan thn 2004 tp hsl BTA negatif semua. Kt dktnya yg klr darah itu dari paru2 kiri yg infeksi. Saya lgs diterapi min 6 bln makan obat Rimstar 3 tablet/hari. Plg dr rs sdh ga klr drh lg. Tp di rmh saya beres2 rmh, krn kecapean 5 hr kmd keluar darah lg. Terus diopname lg 5 hari dikasih kalnex suntik, antibiotik crafit lewat infus, codipront.
    Skrg ini kondisi saya membaik. Cuma tiap pagi selalu batuk berdahak berwrn kuning(kt dkt sih emang prosesnya gitu). Siang sampe mlm batuk cuma kadang2 aja. Dada suka ada bunyi krek2 kl lg berbaring gitu tp nanti hilang sendiri. Oh ya saya jg blm beraktifitas kayak dl lg msh byk diemnya msh blm berani takut batuk darah lg.

    Yg mau ditanyain:
    1. Kt dkt kejadian batuk darah itu pasti bakal terjd lg di wkt2
    nanti krn emang gitu efek dari paru2 yg sdh rusak kena tbc. Apa betul gitu Cak?

    2. Kenapa yah saya bisa kena tbc lagi?

    Maaf yah ceritanya panjang…sebelumnya makasih pisan…..

  243. 244 cakmoki November 28, 2010 pukul 12:02 am

    @ san:
    Makasi telah berbagi cerita dengan kronologis yang sangat lengkap.

    1) Tidak selalu begitu. Adakalanya seseorang yang pernah TBC mengalami batuk darah walaupun sudah sembuh.. ini karena sequllae, yakni gejala sisa akibat infeksi paru. Pada sequllae di permukaan saluan napas atau paru yang membentuk jaringan parut (sikatriks), kadang terjadi batuk darah akibat iritasi yg dipicu oleh: atifitas yg berlebihan, debu, dll. Namun persentasenya kecil. Artinya, tidak semua yg pernah TBC bakal terjadi batuk darah.

    2) Jika emang bener TBC lagi, mungkin tertular orang lain, entah dimana dan entah kapan, biasanya di tempat-2 umum, misalnya: pasar, mall, dll.
    Menurut saya, walau BTA negatif, lebih baik menjalani pengobatan 6 bulan, soalnya ada batuk darah yang berulang.

    Moga segera sembuh dan sehat kembali.
    Makasih

  244. 245 san November 28, 2010 pukul 12:56 pm

    makasih banget atas jawabannya yah….perasaan saya jd lbh tenang skrg. Maaf yah perty soal paru saya tulis di soal ISK.

    Sukses dech buat Cakmoki….Saya salut buat cak yg seorg dokter di wkt sibuknya mau berbagi info yg baik bt kita org awam yg sering takut dan dpresi duluan kl dah divonis mengidap suatu peny.

    Semoga kebaikan Cak di balas oleh Tuhan.

    Kapan2 saya boleh mampir lg yah….

  245. 246 cakmoki November 28, 2010 pukul 3:46 pm

    @ san:
    Sama-sama, terimakasih juga telah berbagi :) .. dan terimakasih atas do’anya, semoga demikian pula sebaliknya.

  246. 247 ade lesmana November 30, 2010 pukul 3:59 pm

    Ass. Wr. Wb.
    Cak moki saya mau tanya…
    Apa hubungannya konsumsi rebusan daun ungu (obat wasir) 2 kali sehari dan konsumsi vit. B komplek 50mg vit. C 500mg 1 kali sehari dengan anyang-anyangen. Secara saya setiap hari selalu minum air putih lebih dari 2 liter ( blm lagi yang bukan air putih). Dan saya juga jarang nahan kencing (tapi sekali waktu pernah juga sich hehe). O yach perlu cak moki ketahui bahwa saya konsumsi dua hal diatas sudah 2 minggu yang lalu, dan saya menderita anyang anyangen sdh 3 hari yang lalu tanpa ada tanda tanda sebelumnya. Terus pipis saya selama sakit juga selalu banyak tidak pernah setetes setetes dan sy juga tdk merasa sakit punggung.
    Anyang anyangen yang sy alami ini adalh yang pertama kali dalam hidup saya. Obat yang sdh sy konsumsi bentuknya bulat agak lonjong, berwarna orange dan berbentuk softgel. Saya tdk tahu nama obatnya cuma waktu ke apotik sy hanya bertanya obat utk pipis yg sakit apa…??
    Setelah mengkonsumsi obat tersebut sy merasakan ada perbaikan dan saat menulis ini saya msh merasakan sakit saat pipis tapi hanya samar samar saja dan belum sembuh total.
    Mohon pencerahannya dan terimakasih
    Wass. Wr. Wb.

  247. 248 cakmoki Desember 1, 2010 pukul 3:20 am

    @ ade lesmana:
    Wa’alaikum salam…
    vit C dosis tinggi bisa menimbulkan iritasi pada saluran kencing… sehingga timbul anyang-anyangen.
    Perlu diketahui bahwa kebutuhan Vit C per hari hanya 69 mg dan itu udah tercukupi dari makanan sehari-hari.
    Untuk itu, sebaiknya gak perlu mengkonsumsi Vit C 500 mg setiap hari karena salah satu efek sampinya adalah iritasi saluran kencing, anyang-anyangen. Setelah dihentikan, biasanya akan puligh dalam 4-7 hari pasaca menghentikan vit c dosis tinggi.
    Makasih
    Wassalam

  248. 249 Aldi Desember 7, 2010 pukul 10:28 am

    Yth. dr. Cakmoki,

    Saya jga mengalami sakit spt ini, terkadang mengeluarkan nanah, tapi nyeri sekali waktu kencing & sedikit2. Klo duduk terlalu lama sakit bokong sangat & rasanya mo kencing trus gt. emank sya sudah mengkomsumsi obat2an herbal china tapi belum sembuh/berkurang rasa sakitnya. pinginnya tidur trus, klo duduk bokong rasanya nyeri banget.jdi mohon saran lebih lanjut dok.

    mksh,

    Ald

  249. 250 cakmoki Desember 7, 2010 pukul 3:42 pm

    @ Aldi:
    Silahkan pake Cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 sesudah makan, selama 7 hari hingga sembuh, dan untuk nyerinya dapat ditanggulangi dengan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  250. 251 firman Februari 19, 2011 pukul 3:16 pm

    assalamualaikum,,,,
    saya ingin cerita sedikit tentang keluhan yang selama ini saya alami,,,
    mungkin keluhan saya sma dengan ciri-ciri dari penyakit ISL…
    tetapi saya ingin sekali tahu bagai mana cara pengobatan secara alami untuk pengobatan penyakit ISL tersebut,,,
    saya sangat terganggu sekali dengan penyakit yang saya alami,,,
    sudah berbagai cara saya lakukan tetapi sejauh ini belum ada peningkatan,,,
    saya sangat berharap sekali jawabanya..

    terimakasih..
    wassalam,,

  251. 252 cakmoki Februari 19, 2011 pukul 5:05 pm

    @ firman:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Mohon maaf, saya tidak punya kompetensi untuk pengobatan secara alami.
    Terimakasih :)
    Wassalam

  252. 253 dina vadia Februari 24, 2011 pukul 4:38 pm

    Selamat sore cak. Saya ingin bertanya ,2 hari ini saya mengalami seperti kejadian diatas. Jika sedang buang air kecil sangat sakit apalagi pada saat terakhir2. sebelumnya saya memang pernah menahan buang air kecil agak lama lebih dari 1 jam.setelah menahan BAK langsung paginya saya mengalami anyang2an.lalu saya minum air.dan hilang.tp tadi pagi sampai skrg saat saya menulis ini.saya mengalami anyang2an yang sangat menyiksa.dari jam 7 pagi sampai jam 9 pagi lebih dari 20 kali saya ke kmr kecil.setelah itu saya tidur jam 12 sudah agak mendingan.frekeunsi BAK nya berkurang.hanya setiap akhir pipis masih terasa sakit sekali sekitar beberapa menit. Yang ingin saya tanyakan
    1.Obat apa yang harus minum? mengingat saya mempunyai sakit maag yang sangat parah (tidak boleh minum sembarang obat)
    2.Adakah obat yang tidak harus pakai antibiotik. ( Waktu itu saya pernah minum amoxicilin langsung kambuh maagnya)
    3.apakah ini karena saya mau menstruasi ya cak?sebelumnya beberapa bulan ini.tiap mau menstruasi saya selalu anyang2an.tapi tidak separah sekarang.
    4.Bolehkan hanya minum nephrolit 1 kapsul saja?
    Terimakasih sebelumnya. Dan semoga ada waktu untuk penjelasannya.

  253. 254 cakmoki Februari 24, 2011 pukul 5:24 pm

    @ dina vadia:
    selamat sore,
    1) Obat-obat ringan yg dapat digunakan di rumah untuk meredakan keluhan tersebut, yakni:
    a) Kombinasi Obat Pereda nyeri ringan dan relaksasi otot polos saluran kemih, misalnya: Kaplet Buscopan Plus, diminum 3×1 sehari sesudah makan hingga nyeri saat akhir kencing mereda.
    b) Antiseptik sal kemih, misalnya: capsul nephrolit, diminum 3-4 x 2 capsul sehari hingga gak anyang-anyangen.

    oiya, sakit maag gak ada yang parah… kalaupun seseorang mengalami keluhan yg hebat, pemicunya adalah cemas or stress (sebagian besar) dan pola makan serta tidur yang tidak teratur.

    2) Untuk di rumah sementara gak perlu antibiotika sebagaimana jawaban no 1.

    3) Bukan karena mau menstruasi, tapi dipicu oleh: kurang minum dan suka nahan pipis.

    4) kalo sampyen usianya di bawah 14 tahun, dosis nephrolit 3-4 x 1 capsul… kalau merasa lebih 14 tahun, minumnya 3-4 x 2 kapsul :D

    Anjuran:
    1) usahakan minum minimal 2,5 liter dalam sehari semalam
    2) Tidak membiasakan menahan pipis

    Makasih

  254. 255 Lia Maret 2, 2011 pukul 4:51 pm

    Cak…
    ak juga mau nanya lah..
    kmrn ini ak kalo kencing d ahirnya tu sakit. 2 hari gitu, ku pikir biasa aj, mungkin salah posisi saat berhubungan ama suami.. tapi pada hari ketiganya, pinggang sebelah kiri tu nyeri mulai jm 5 sore.. makin malam makin sakiiiittttt, ampe g bisa tidur.. jam 3 akhirnya tertidur saking ngantuke..
    paginya udah g nyeri lagi, tapi masih sakit kalo kencing..
    sorenya, karena g kepikir infeksi itu, dan sudah lama g kontol IUD, akhirnya k bidan lah ak.. katanya bukan masalah IUD, tp lebih k ginjal nya..
    takutlah ak, trus gugling nemu blog ini (makasih banyak wis)..
    ak jd penasaran :
    1. apa ini ISK, atau perlu cek lab untuk menegakkan diagnosa ISK? memang ak sering nahan kencing, n sering kencing d toilet umum krn sering pergi2 selma 3 minggu sebelumnya..
    2. sama bu bidan dikasih : amoksilin 500mg, mefenamic acid 500mg, nonflamin 50mg, sama becom-c. cukup g obat obat itu? ato malah berlebihan??
    mohon jawabannya cak ya..
    maturnuwun sebelumnya..

    Regard,
    Lia

  255. 256 Lia Maret 2, 2011 pukul 4:54 pm

    oya,
    tambahan lagi,
    kurang minum juga.. sehari tu paling 3 gelas, sekitar 600ml.
    selama 3 hari sebelum kencing sakit tu malah kurang..

  256. 257 cakmoki Maret 2, 2011 pukul 5:54 pm

    @ Lia:
    Makasih telah menyampaikan kronologinya dengan lengkap.

    1) Tidak harus periksa urine, karena udah jelas keluhannya dan pemicunya.

    2) Berlebihan :D dan kurang tepat.
    Amoksisilin dapat dilanjutkan. yang lain gak usah, tapi diganti dengan:
    a) Buscopan Plus, diminum 3×1 (untuk relaksasi otot polos, dalam hal ini sal kencing supaya ga kencang dan ga sakit)
    b) nephrolit 3 x 2 capsul, untuk antiseptik saluran kemih.

    Dan yang penting, minum sedikitnya 2,5 liter sehari semalam, dan usahakan tidak menahan pipis.
    Moga segera sembuh
    Makasih

  257. 258 Lia Maret 2, 2011 pukul 10:42 pm

    maksh banyak infonya cak dokter..
    Hehehe, maap kepanjangan, soalnya kalo d dokter tu kalo konsultasi g bs cerita lengkap, udah main potong aj pak dokter e, krn banyak pasien.. Jd rasanya g mantep aj d diagnosa sakit X, pdhl blum lengkap cerita..
    Jd bener ISK ya..
    Tp kalo berhubungan boleh g? Ato gmana?
    Trus selain AB, obat2 tu harus sampai habis g?
    Matur nuwun sanget..

  258. 259 cakmoki Maret 3, 2011 pukul 3:33 pm

    @ Lia:
    kalo udah ga ada keluhan, tentu boleh berhubungan intim… tapi kalo masih ada keluhan sebaiknya ditunda dulu…simpan energi…:D
    Obat selain Ab gak perlu dihabiskan.
    Matur nuwun :)

  259. 260 Lia Maret 4, 2011 pukul 10:26 am

    ok cak dokter..
    1 lagi, ada g alternatif obat lain selain nephrolit? susah nyarinya di sini..

  260. 261 cakmoki Maret 4, 2011 pukul 11:19 pm

    @ Lia:
    Kalo ga ada nephrolit, dapat diganti Urotractin, diminum 2×1 selama 5-10 hari.
    Makasih

  261. 262 andi pratama Maret 12, 2011 pukul 2:15 pm

    Selamat siang Cak Moki,
    Sekitar 2 minggu ini ayang-ayangan/sering kencing, antara 1/2 – jam sekali di siang hari, tp kalo tidur malam hari, kencingnya pas bangun pagi aja, kecuali kalo terbangun sesekali malam hari, baru terasa ingin kencing. Kemarin sempat ada rasa nyeri jg, tp sudah jauh berkurang.Kalo kencing lancar & tidak sakit.
    Hasil tes urin : Kristal negatif, amorf positif1, bacteri positif1, mucus positif1.
    Sudah periksa ke dokter urologi dan diberi obat Mosardal 500, Vesicare, & mecox 7,5, @ 1 tab untuk 10 hari serta diminta USG.
    Kesimpulan hasil USG :
    VU tampak penuh premiksi 360cc, didnding rata, tak ada batu dalamnya, banyak residu urin pasca miksi (77cc), mungkin sistitis – isk,
    ada gambaran fatty liver grade 1
    struktur organ lain intra abdomen normal
    Dari dokter USG, menjelaskan salah satu penyebab ayang-ayangan krn sisa urin ybg banyak pasca miksi, sy belum ke dokter lg krn baru minum obat-obat tsbt beberapa hari.
    Yang sy tanyakan:
    1.untuk membantu mengkosongkan kandung kemih apakah ada obat-obatan atau ada terapi/tehnik terentu.
    2.ada gambaran fatty liver grade 1, maksudnya apa cak ?
    mohon sarannya, terima kasih.

  262. 263 cakmoki Maret 12, 2011 pukul 2:30 pm

    @ andi pratama:
    selamat siang,
    1) Obat-obat tersebut adalah obat untuk ISK, artinya sudah tepat.
    Adapun residu urin dalam kandung kemih pada saat diperiksa karena emang sedang ISK… normalnya selalu ada residu karena tidak mungkin Kandung kemih sama sekali kosong.
    Hanya saja, jika kurang minum dan suka nahan kencing, maka residu berpotensi menimbulkan infeksi. Untuk itu, anjurannya:
    a) minum sedikitnya 2,5 liter per hari
    b) tidak menahan kencing.

    2) Fatty livergrade 1 maksudnya ada perlemakaan ringan pada lapisan luar liver..ga apapa. Menanggulanginya dengan mengurangi konsumsi lemak (bukan tidak boleh lho), dan olah raga teratur saat sudah sehat.

    makasih

  263. 264 andi pratama Maret 12, 2011 pukul 2:59 pm

    Maksih banget infonya cak,
    tapi ada yg ketingggalan dikit nih.
    Boleh nggak obatnya diganti dengan yg generik, kebetulan habis muter2 di tulisan “antara-obat-generik-dan-obat-paten”.
    Lumayan duitnya bisa buat beli pecel didepan rmh cak moki.
    thanks banget.

  264. 265 cakmoki Maret 13, 2011 pukul 1:10 pm

    @ andi pratama:
    Boleh dong ..justru bagus pake yg generik… .bener, bisa untuk menikmati pecel depan rumah :D
    Gak harus beli obet bermerk.Bedanya jauh banget soalnya.
    makasih

  265. 266 frida c p Maret 19, 2011 pukul 2:13 am

    Dear Dokter,
    Awalnya keluhan saya ini kenapa sering kram, kesemutan Tanggal 8 Maret 2011, saya telah general check up, hasilnya general check yg di beri tanda * antara lain :
    LED 38*
    Lekosit Estarase Positif 3*
    sedimen eritrosit lain-lain Bakteri positif
    cholesterol 200*
    LDL Chol Direk 135*
    kesimpulan/saran
    1.Infeksi saluran kemih:Jaga Higiene sk dan sekitar, konsultasi ke dokter bila ada keluhan
    2. Dislipidemia: diet makanan rendah lemak, olah ragateratur
    3. Obesitas (BB 68 kg, tinggi 150), turunkan berat badan, or teratur, atur pola makan yg seimbang
    4. Anomali refraksi OS : koreksi Visus OS
    Apa arti dari hasil General checkup Parahita diatas, berbahaya tidak, penyembuhan tanpa obat bisa tidak? penyembuhannya berapa lama
    sebelumnya saya memang sering kencing, sedikit2 seperti anyang2an, saya menganggap itu biasa karena saya sering minum sedikit2, kejelekan saya adalah sering menahan kencing karena perjalanan jauh setiap hari kerja PP Jakarta-Bogor
    tranportasi Kereta pagihari dan mobil sorehari. sebelumnya terimakasih mohon komentarnya serta sarannya

  266. 267 cakmoki Maret 19, 2011 pukul 3:30 pm

    @ frida cp:
    met sore,
    keluhan dan hasil lab tersebut artinya ga bahaya.
    Dapat diatasi tapa obat sebagimana tertulis pada saran, yakni:
    > Kurangi berat badan dengan olah raga teratur dan membatasi komsumsi karbohidrat yang berlebihan, termasuk membatasi camilan yg terbuat dari tepung.

    > minum sedikitnya 2,5 liter per hari agar urine lancar.
    > tidak menahan kencing supaya tidak terjadi bendungan urine di kandung kemih

    moga sehat selalu
    makasih

  267. 268 rizky nurfauzyah April 2, 2011 pukul 10:52 pm

    ada pengobatan tradisional tidak?
    jika dibiarkan akan terjadi apa?

  268. 269 cakmoki April 3, 2011 pukul 7:23 pm

    @ rizky nurfauzyah:
    maaf, kalo bertanya obat traditional bukan disini tempatnya :D
    kalo dibiarkan, yg terjadi gak sembuh

  269. 270 ratna Juwono April 23, 2011 pukul 5:35 pm

    dear Dokter ?
    Masalah saya kalau malam sering kencing dgn jumlah cukup , dan tidak merasa sakit , sewaktu tidak sengaja saya periksa kelab hasil lab sbb: Urine Lengkap / Mikroskopi>
    Lekosit 8 – 12 < 5 / LPB
    Eritrosit 1 – 2 < 1 / LPB
    Epitel Positif : ++ Positif /LPK
    Kristal Negatif Negatif /LPK
    Silinder Negatif Negatif
    Bakteri Positif : + Negatif
    Apakah ini bahaya ? sebab ada beberapa yang lebih Lekosit & Epritrosit : juga ada yg positif Epitel & Bakteri

  270. 271 cakmoki April 25, 2011 pukul 1:26 pm

    @ ratna Juwono:
    Gak bahaya !
    Kalo ga ada keluhan nyeri kencing , lab tersebut tidak berarti apa-2.
    Lekosit dan eritrosit bisa meningkat jika ada iritasi atau infeksi.
    Epithel adalah permukaan sel, termasuk sel saluran kencing..so, wajar saja jumlahnya meningkat kalo sering kencing soalnya sel-2 tersebut normalnya luruh setiap hari dan terganti oleh sel epitel yang baru.
    Adapun bakteroi positif, belum tentu bakteri patogen (bakteri yg menimbulkan penyakit)… bisa jadi hanya bakteri non patogen (bakteri yg tidak menimbulkan penyakit), seperti halnya bakterti bacillus yang normal ada di area kemaluan yg justru membantu menjaga kesehatan area tersebut.
    makasih

  271. 272 Phoebe Mei 3, 2011 pukul 3:57 pm

    Dok,
    mau nanya….bbrp hari saya keputihan, lalu tiba2 saat kencing nyeri sekali seperti terbakar (perut bawah juga seperti nyeri ingin kencing terus) atau anyang2….dan badan meriang & sakit kepala.
    Saya mengkonsumsi amoxicillin 500mg….baru 1 biji.
    Lalu saya ke dokter kandungan untuk minta resep mengobati keputihan.
    Saya dikasi obat:
    1. Nizoral (ketoconazole 200mg)- 2 kali sehari
    2. Urogetix (phenazopyridine hcl 100mg)–> utk anyang2’nya 2 kali sehari (10 tablet)

    apakah amoxicillinnya juga perlu dilanjutkan?
    krn saya baca di internet kalo phenazopyridine hcl hanya utk penghilang rasa nyeri saja (analgesic)….bukan antibakteri. Dan apakah urogetix harus saya minum habis semua?

    Mohon dijawab. Terima kasih

  272. 273 cakmoki Mei 4, 2011 pukul 12:54 am

    @ Phoebe:
    Pasti saya jawab kalo ada kesempatan dan ada waktu luang…so, jangan khawatir.
    amoksisilin dapat dilanjutkan, sedangkan obat dari dokter hendaknya dihabiskan, kecuali urogetix yang dapat dihentikan jika tidak nyeri.
    Makasih

  273. 274 Phoebe Mei 4, 2011 pukul 10:17 am

    Untunglah saya ga harus menghabiskan urogetix-nya, warnanya serem banget. Dan si dokter yg kasi resep ga kasi warning apa2, kalo warna urine bisa jadi merah oranye gitu….shocking banget.

    terima kasih banyak dok atas jawabannya :D

  274. 275 cakmoki Mei 4, 2011 pukul 2:25 pm

    @ phoebe:
    sama-sama :)

  275. 276 dyani supriyadi Mei 9, 2011 pukul 10:12 pm

    sugeng wengi cak???

    saya mau tanya cAK … karena sering kencing malam(tanpa keluhan lancar dan bening)terus perut kanan bawah kadang linu kalo cape momong anak bayiku n tiba2 kaki saya sakit kayak keseleo saya ke dr .umum n diberi enflagen,neurobion n disuruh cek lab…2hr kaki saya gasakit lagi cuma lekosit10.100 rujukan 4000-10000 n led 1 saya 20 rujukan 0-15.generaly hasil yg lain bagus ginjal ,asam urat,gula …saya ke dr.trs n dikasih urotractin tuk 10 hr krn dr.tsb menduga krn isk…saya meminumnya 2hr ini tp sekarang jd beserrrr terus dgn vol.byk bening dan lancar tp cape dok ke toilet terus n minum kayak ada yg bocor lsg ke toilet setiap beberapa menit setelah minum jdnya bergadang….(ga bagus kt bung omakan gada artinya)kenapa ya dok harus gmana cek di web malah ngeri ktnya sering kencing dideteksi diancam kematian wahhhhh jd parno nih plsss help matur nuwun..devi gbu

  276. 277 cakmoki Mei 10, 2011 pukul 2:37 pm

    @ dyani supriyadi:
    sugeng sonten,
    enggak lah … anggapan tersebut tidak benar. wajar saja kencing menjadi banyak soalnya minum aobat untk sal kencing. Ga papa.. bukan hal yg perlu dikhawatirkan
    Makasih

  277. 278 dyani supriyadi Mei 10, 2011 pukul 6:51 pm

    cak…matur suwun sangeut….kalo bole minta ama tuhan smoga panjang umur n sehat toh kita ini anak msh bayi lg umur br 34 by the way your advice make me calm….thank for the turbo respon ya….cak spesialis apaseh dmana praktek????

  278. 279 john Mei 10, 2011 pukul 10:05 pm

    MAKASIH BUAAAAAAANGETZZZZZZZZZZZ………….
    penjelasanya cak. istilah di daerah saya ” ISO GAWE MAREM ” walaupun pas mau buka blog ni9 n mau baca rasane deg2an. walaupun masih takut tapi saya berharap dengan sangat n selalu berdoa moga kata cak Moki benar. Smua yang q aklami gak berbahaya, karena kalo harus tes2 an gak usah aja lah.selain takut juga mahal. q kan anak kampung. semoga aja q ehat n cak Moki juga sehat. amiiiin.
    oia…ju2r q katakan q jadi pengen tongkrongin trus blog ni walaupun tiap baca yang hub dg kesehatan rasanya takut bgt krn emang q takut ma orang sakit.

  279. 280 john Mei 10, 2011 pukul 10:13 pm

    eh nambah ni cak.
    tentang kakak saya, dia pernah kena batu ginjal 2x.pertama tahun 2003 terus pe keluar sendiri dan kemarin pas bulan agustus 2010 kambuh lagi dan bulan januari 2011 keluar dengan minum ramuan tradisional keji beling nh banyak air kelapa karena minum obat pelebur batu ginjal gak masah cak.
    nah langkah apa yang harus di lakuin kakak saya agar gak kambuh lagi.
    makasih lagi lho cak,.

  280. 281 john Mei 10, 2011 pukul 11:27 pm

    cak, dengan keluhan saya di atas + dengan saya baca tentang tanya jawab antara panjenengan dengan klien2 panjenengan kok malah saya jadi maklin cemis tu cak?

    emang ya sejak tahun 2003 saya emang sudah biasain mnm banyak karena kalau kurang minum dan buat olah raga pi2snya panas n kuning tapi setelah mnm banyak gak lagi.terus karena skrg saya makin cemas dengan keluhan saya maka saya tambah lagi volume minum saya dan saya makin sring pi2s dengan jumlah uri yg dikeluarkan normal n bening.5tapi perut bagian bawah jadi kaya terasa penuh terus bagian lambung agak gak nyaman kaya sedikit tertekan.
    apa ada hubunganya dengan mag, karena saya kan kadang sering asam lambun g juga kalau pas masuk angin.saya jadi gak enak makan cak, jadi males makan karena takut bgt dan yang enak cuma air aja.

  281. 282 cicik Mei 11, 2011 pukul 11:46 am

    Pagi cak…..
    Saya seorang ibu usia 50 tahun, tumit kaki saya kalau bangun tidur kok sering sakit kenapa?

  282. 283 cakmoki Mei 11, 2011 pukul 1:48 pm

    @ dyani supriyadi:
    sami-sami :)
    saya spesialis ndeso ™ …maksudnya, bukan spesialis :D
    maturnuwun

    @ john:
    Untuk kakak yg pernah batu ginjal, bisa kambuh kalo kurang minum .. utnuk itu dianjurkan minum sedikitnya 2,5 liter agar urine lancar dan gak sempat terbentuk batu… selain tu, bisa juga menggunakan kajebeling capsule or nephrolit or calcusol .. minumnya bukan saat kambuh aja , tapi dapat dikomsumsi sampai beberapa minggu hingga benar-2 ga ada keluhan.. obat-2 tersebut relatif ga ada efek samping yg berarti.

    Untuk penjenengan yg masih takut, ibarat orang takut hantu, tetep lari terbirit-birit disertai deg-degan walaupun yg lewat cuma kucing… hahaha
    Sering kencing bisa juga karena cemas… gak ada hubungannya dengan obat maag atau obat penghambat peningkatan produski asam lambung yg selama ini digunakan.
    Adapun keluhan lambung atau dispepsia atau maag, lebih 80 persen dipicu oleh cemas.. kalo makin cemas, produksi asam lambung akan meningkat, lantas timbul keluhan lambung dan sekitarnya, misalnya: kembung, mulal, perut perih, gak nyaman, mbesesek alias nyesek ulu hati, trus berdebar, keringat dingin, lemes…dll… makanya enjoy aja.. gak perlu cemas :D

    makasih

    @ cicik:
    met siang bu,
    keluha tersbut merupakan tanda salah satu jenis rematik (jenisnya ada 150-200 jenis), tidak berbahaya tapi menyiksa, terlebih jika kena hawa dingin, terutama bangun tidur pagi hari.
    Pada umumnya nyeri hilang dengan sendirinya kalo udah beraktifitas dan kena sinar matahari
    Maturnuwun

  283. 284 john Mei 12, 2011 pukul 10:11 am

    ya Allah cak maturnuwun sanget nggih. tapi untuk ngilangin cemas tu aku yang masih susah….
    aku tipenya kalo belum tau betul buktine suka kurang puas.tapi susahe cak, kalo aku harus cek lab :
    1. rs besar yang ada lab-nya jauh ada 2 jam’an ( krn aku ki orang kampung / prmitf )
    2. belum ada waktu yang mungkin untuk aku cek lab
    3.aku malu kalo ada orang yang tau tentang ini selain panjenengan

    tapi cak, knp kok aku jadi sering banget pi2s?tapi volume airnya si dalam jumlah normal,n warna bening?atau akibat aku yang minum terlalu banyak?karena saking takutnya ahir2 ni aku sering menghabiskan 1 botol bimoli 2 ltr sebelum stgah hari, dan suka minm air kelapa muda maksutnya yar pi2snya lancar gitu.
    tapi kalo tak coba minum secara normal dan tak kurangin, walaupun pi2snya bening tapi air seninya tu nk di pegang agak terlalu hangat n agak banyak asapnya, trus di ujung kemaluan agak panas gitu cak.
    eh cak, kalo aku minum ramuan tradisional kaya yang aku temuin di tmpate mbah gogle ini :
    denagn daun kumis kucing, meniran, dan alang – alang dapat mengobati batu ginjal, empedu dan isk ( anyang – anyangen .
    nah kalo aku coba buat ramuat tersebut bahaya gak buatb aku cak, terus sebenarnya kan saya sehat n gak sakit apa2 hanya paranoit, tu artinya aku gak kena isk -> nah kalo ternyata aku gak kena isk, ramuan itu bahaya gak buat saya.

    nah dengan pertanyaan serta riwayat saya jyang selalu borongan di atas, tolong di jawab dan di kasih saran lagi yo cak.tolong jangan bosan dengan pertanyaan saya, kalo njenengan bosen saya jadi bingung mau nongkrong di blog mana lagi.
    selama ini saya belum pernah nemuin blog yang kaya blog ini.
    makasih

  284. 285 cakmoki Mei 12, 2011 pukul 2:32 pm

    @ john:
    Kalo belum sempat ke RS besar, cukup dengan periksa Lab ke Puskesmas. Jaman sekarang, untuk periksa lba yg model begitu sudah ada, walau di ndeso kecepit sekalipun :D bahkan sejak bertahun-tahun yg lalu ketika sy masih aktif di puskesmas.. kalo gak ada bisa jadi dokter psukesmasnya gak kreatif … pissss *tolah-toleh*
    Kalo ipun belum sempat, kita tunggu hingga njenengan sempat supaya ada bukti nya.
    Tentang ramuan-2 tersebut, sebenernya sama saja dengan beli kapsul kejibeling atau kapsup neprolit… bedanya kalo ramuan perlu gerilya cari bahan sendiri dan nggodok sendiri… entah, ini lebih ngirit atau enggak, yaang jelas kalo bikin sendiri dosisnya gak terukur.
    Namun apapun pilihannya, mau bikin sendiri atau beli yg sudah jadi (kapsul ), gak ada efek yg merugikan jika digunakan, ISK ataupun bukan ISK. Artinya gak bahaya walaupun bukan ISK.
    Maturnuwun

  285. 286 john Mei 12, 2011 pukul 6:48 pm

    qia cak 1 lagi yang lupa.kalo kandungan dalam kapsul keji beling ato ramuan yang saya buat tu ada gunanya yang positif gak kalo buat ngobatin tu yang namanya ISK?

  286. 287 cakmoki Mei 12, 2011 pukul 11:48 pm

    @ john:
    Ada gunanya, yakni sebagai antiseptik saluran kemih.
    Maturnuwun

  287. 288 john Mei 13, 2011 pukul 10:28 am

    maturnuwun, terima kasih, thank you, gracias, hatur nuhun……………..

  288. 289 cakmoki Mei 13, 2011 pukul 4:09 pm

    @ john:
    sami-samai…matur tengkyu

  289. 290 smaile Mei 15, 2011 pukul 1:43 pm

    wkt pipis di tetesan pertama keluar kyk warna putih..
    trus saya penasaran,pipis yg berikutnya selang 4 jam saya pipis lg tp pipisnya saya tempatin wadaah mika warna bening di saya liat ad kyk benang warna putih ..
    kebesokannya saya ambil air kemih saya tempatin di wadah tp cm tetesan pertama,saya liat di wadah tenyata ad lg benang wrna putih..
    saya perhatiin ternyata benang wrna putih it keluarnya di tetesan pertama

  290. 291 smaile Mei 15, 2011 pukul 1:46 pm

    cak maksih yaa

  291. 292 cakmoki Mei 15, 2011 pukul 2:46 pm

    @ smaile:
    makasih juga

  292. 293 smaile Mei 15, 2011 pukul 10:34 pm

    cak wkt pipis di tetesan pertama keluar kyk warna putih..
    trus saya penasaran,pipis yg berikutnya selang 4 jam saya pipis lg tp pipisnya saya tempatin wadaah mika warna bening di saya liat ad kyk benang warna putih ..
    kebesokannya saya ambil air kemih saya tempatin di wadah tp cm tetesan pertama,saya liat di wadah tenyata ad lg benang wrna putih..
    saya perhatiin ternyata benang wrna putih it keluarnya di tetesan pertama..
    cakmoki dari gejala sama yang kyk gitu kira” saya sakit apa ya?

  293. 294 cakmoki Mei 16, 2011 pukul 2:16 pm

    @ smaile:
    Untuk memastikannya periksa sekret urethra dan urine. dari hasil pemeriksaan tersebut akan diketahui penyebabnya sehingga dapat diobati dengan tepat.
    Makasih

  294. 295 john Mei 16, 2011 pukul 7:22 pm

    jampa lagi cak..
    kaemarin saya konsulma dokter n cek urine ke lab, trus hasilnya kaya gini:

    protein = ( – )
    ph = 7,5
    bj = 1.005
    glukose = ( – )
    eri = 2 – 3
    leko = 0 – 1
    epi = 2 – 3

    terus dokter bilang “gak apa2 kamu cuma takut. mimik banyak lalu pipis banyak tu normal karena kalo gak pipis airnya mau dibuang kemana? tapi emang ada bakteri tapi cuma 1 dan normal n tak kasih resep aja ya di habiskan”. obatnya 5 macam aku gak tau dan yang aku tau cuma 1 yaitu ada tulisanya tablet salut selaput 500mg gtu cak.

    nah tapi rasa nyeri waktu pipis masih aja ganggu.
    sekarang aku tau cak kenapa pipis saya banyak, yaitu karena sy banyak minum, kenapa saya banyak minum karena kalo kurang dikit aja minum maka kalo sy pi2s di saluran pi2s saya daerah selangkangan terasa entah perih ato panas yang jelas gak nyaman banget.
    dari dulu emng gitu tapi biyasane cuma kalo pas habis olah raga, ato kerja berat, ato habis ML dengan kurang minum aja sy langsung gak nyaman gitu dan setelah saya habisin air pth sebanyak 1 btl bimoli smpe pengen muntah n sy posisi jongkok trus pipis terus baru sembuh.
    nah tapi minggu2 terahir ni rasa yang gak nyaman tu gak hilang2 walaupun sy minum banyak, tapi rasa gak nyaman perih atoi panas tu masih terasa cuma agak kurang gitu aja kalo saya kasih air putih banyak. nayh karena saya dah di kasih resep kemarin, dan hasil lab yang aman kan saya jadi tenang. nah semalem saya coba ML dan padahal sebelumnya saya minum banyak, tapi setelah 15mnt ml rasa nyeri tu timbul lagi, dan ahirnya saya jonkok terus n sy paksain pipis terus dikit2 sampai rasa itu berkurang, baru saya bisa tiduur. trus tadi pagi saya bawa beban berat n jauh dgn keringt banyak pe bju bsh trus sy pi2s kuning pekat n lagi2 di daerah slangkangan tu gak nyaman lagi, trus saya minum banyak dan berkurang nyerinya tapi masih agak terasa sedikit panas kalo setelah pipis ato pengen pipis. ( dan emang kalo pas fgak lagi kumat gini terus burung nlagi tegang n pengen pipis saya harus mekangkang kalo pas pipis n bokong di tarik ke belakang yar selangkangan agak terbuka n lancar, nah kalo itu gak ku lakuin pasti setelahnya nyeri walaupum lagi gak kumat ). dan sampe saat ni jam 6 masih terasa gak nyaman aja walaupun gak lagi pipis n saya raba daerah selangkangan n sara tekan2 saluran pipis di selangkangan yang hmpir pe lubang anus tu kalo aku tekan2 emang agak nyeri seperti kalo pi2s kurang minum tu, kayake ada yang lecet ato gmn gt di daerah situ cak ato kenapa sayta juga gak tau.kok dari dulu yang tersa panas emng daerah situ.

    nah dengan riwayat yang selalu borongan tadi, apa yang bisa disimpulkan panjenengan.saya sebetulnya kenapa kok gni trus dan solusinya gimana yar sakit ato gak nyaman tu hilang. sy jg kashn istri dong cak.wlpun sy msh rhsiain smuanya.
    tolong penjelasan dan solusinya ya cak, mau bales pake borongan juga gak pa2 yar sya jelas sekalian.
    terima kasih

  295. 296 cakmoki Mei 17, 2011 pukul 5:35 pm

    @ john:
    Menilik kronologi dan hasil Lab, saya sependapat dengan yg dikatakan dokter tersebut :D
    Untuk itu silahkan minum obatnya hingga habis.
    Jika setelah obat habis tapi masih ada keluhan yg dirasakan di daerah perineum (selangkangan hingga hampir ke anus) ga ada salahnya kontrol ke dokter hingga benar-2 bebas dari keluhan.
    maturnuwun

  296. 297 anita Mei 18, 2011 pukul 9:05 pm

    mw curhat dikit nih pak,
    sehabis melahirkan kandung kemih saya lunpuh shg saya hrs opname d RS dn d kateter. stlh 1mggu sy plg,, dn stlah 3hr d rmah saya mrasakan gejala isk. jauh sblm mengetahui trnyta itu isk, lalu saya k sp.kandungan tp kata Dr saya tdk apa2, tp rasa sakit saat kencing dn skt pd perut bag. bwh tmbah parah. saya tdk puas dg diagnosa yg d berkan dr kangd,.maunya dbayar mahal tapi diagnosa nya,,,,”RA NGGENAH”. saya msih merasakan gejala isk,dn smpe skr blm smbuh,kr2sdh 10 blnan. tiap k dr kand. dr nya bilang tdk ap2 teruz,, jd capek sndri mana biaya nya mahal,Jadi saya berhnti cek k dr kand.
    saya dah pernah konsumsi cefa,amox,asmef,oflo,cipro,trimetoprim+sulfametoksazol.tp kok ttep ya pak,,, kalo bukan buatan ALLAH mungkin air mata saya ini dah kering bwt nangis,tp saya memang lom cek ke lab.
    tolong bantu saya pak,, obat ap yg tepat untuk saya?? karna sdah keluar banyakk sekali biaya,,.

  297. 298 shidiq Mei 18, 2011 pukul 11:33 pm

    Cak Moki,
    Saya beruntung dapat blog ini, awalnya ingin cari informasi batuk buat teman saya yang ga henti-henti, tapi tertarik baca semua artikel dan konsultasi di blog ini. Eh malah ketemu dengan ISK yang sama persis dengan yang saya alami saat ini.

    Begini ceritanya cak,
    Dulu waktu kuliah saya pernah terasa sakit sekali di bagian pinggang perut bagian kiri disertai dengan mual dan muntah-muntah sampai tidak tertahan,kayanya mirip dengan ISK bagian atas seperti artikel diatas, saat sakit sama teman dibawa kerumah sakit dan disuntik sama dokter langsung sembuh, penasaran sih penyakit apa ya yang semacam itu….!!
    Setelah 10 tahun berlalu, saya dapat gejala yang sama hanya tempatnya bergeser dengan sakit yang tidak tertahankan, sakit terjadi di bagian pinggang sebelah kanan dengan gejala yang sama disertai mual dan muntah-muntah. Saya kejadian saya berada diatas kapal menuju ketempat kerja, akhirnya kapalnya mutar balik untuk mengantar saya ke klinik, selama dalam perjalanan teman ngerikin badan saya dan keluar keringat dingin tapi langsung sembuh. Diklinik ditekan pinggang perut bagian atas untuk memastikan adanya usus buntu, tapi tidak terasa sakit, (saya berpikir mungkin hanya masuk angin karena semalam pada saat terbangun langsung minum cocacola langsung habis dan tidur kembali, biasanya sih minum air putih, tapi saat itu dimeja tdk tersedia).
    Sama medik diklinik diambil sample urine dan menduga-duga mungkin batu ginjal, karena saya cerita pernah keluar semacam garam putih atau kristal saat pipis, tapi itu setahun sebelum kejadian. Sama medik dirujuk ke RS untuk dilakukan usg. Saat USG dokter tidak menemukan adanya batu ginjal, dan hanya bilang mungkin radang usus, bisa karena terluka atau terhantuk benda keras. Tapi karena ga sakit lagi saya biarkan saja.
    2 minggu yang lalu saat pipis air kemih saya bercampur darah dan berwarnah merah dan terasa perih. 2-3 kali saya coba untuk pipis hasilnya juga sama, saya jadi takut untuk pipis. Akhirnya saya coba minum air putih sebanyak-banyaknya dan langsung istirahat. Alhamdulillah saat malam terbangun air kemihnya kembali normal sampai dengan saat ini. Kira-kira gejala ini gejala penyakit apa ya cak, apakah ada kemungkinan ISK atau batu ginjal. Saya takut sekali kalau membayangkan tentang ginjal. Masalahnya beberapa teman saya ditempat kerja, harus cuci darah 3 hari sekali (mudahan tidak terjadi pada saya), mohon cak untuk penjelasannya agar saya bisa sedini mungkin mencegah…Terima kasih, semoga Allah membalas kebaikannya, maaf kalau terlalu panjang

  298. 299 cakmoki Mei 19, 2011 pukul 2:57 pm

    @ anita:
    met siang,
    wah obatnya udah beragam :D
    menilik kronologi yang penjenengan sampaikan, menurut saya seyogyanya periksa ke dokter urologi supaya pemeriksaan, diagnosa dan pengobatannya lebih spesifik.

    @ shidiq:
    met siang,
    Makasih telah menyampaiakn kronologinya secara lengkap bahkan sejak kejadian 10 tahun yang lalu. :)
    Berdasarkan penuturan penjenengan, keluhan, hasil lab dan USG serta riwayat pernah kencing keluar seperti butiran garam dan darah, menurut saya merupakan tanda ISK.
    > Nyeri di bagian pinggang disertai mual,gak nyaman di perut, yg kerap terjadi mendadak dan nyeri banget, kadang sampai nangis :D .. disebut colic.
    > Butiran mirip garam menandakan kristal yang menimulkan iritasi sehingga nyeri luar biasa.
    > Darah bersama urin disebut hematuria.
    Tanda-2 tersebut makin melengkapi ke arah ISK.

    Gak perlu terlalu khawatir … semua itu bukan tanda Gagal ginjal yang perlu cuci darah.. beda banget. toh hasil Lab ga ada menyebut-2 gangguan fungsi ginjal yang artinya fungsi ginjalnya bagus. namun ISk emang menyiksa.
    Pencegahanya mudah, yakni:
    1) Minum sedikitnya 2,5 liter per hari
    2) Tidak menahan pipis … soalnya kalo menhan pipis bisa terjadi bendungan urine di kandung kemih yg dapat memicu timbulnya ISK mengingat urine adalah bahan buangan yang mengandung beragam metabolit (bahan buangan sisa metabolisme)

    Moga sehat selalu.
    makasih

  299. 300 shidiq Mei 20, 2011 pukul 7:32 pm

    Cak Moki,

    Terima kasih buat balasan dari keluhan saya, ternyata tidak terlalu mengkhawatirkan, kalau minum dan tidak menahan pipis insya Allah bisa sekali, lega jadinya, thanks ya..semoga Allah memurahkan rejekinya, Amin

  300. 301 cakmoki Mei 21, 2011 pukul 3:01 pm

    @ shidiq:
    Nggih, sama-sama … makasih do’anya, semoga demikian pula sebaliknya…amiiin

  301. 302 debora Mei 27, 2011 pukul 7:35 pm

    cak moki

    saya menderita anyang”an sudah 4hari . . saya merasakan sakit(nyeri)saat pipis.. saya harus permenit bolak-balik ke kamar mandi . . meskipun saya coba mengikat jempol saya dan minum air putih tapi anyang”an ini terus berlanjut . .
    bagaimana ya cara mengatasinya agar tidak anyang”an lagi? ini sangat menyiksa saya.. saya bingung harus melakukan apa . .
    trims..

  302. 303 cakmoki Mei 27, 2011 pukul 10:14 pm

    @ debora:
    hahaha… hari gini, jaman hampir semua orang udah sekolah, masih ngiket jempol kaki… lha apa hubungannya? :P …boleh panik tapi jangn kehilangan akal sehat.
    Untuk mengatasinya:
    1) Membasmi infeksi sal kemih, misalnya dengan: Urotractin 2×1 diminum 2×1 selama sedikitnya 5 hari.
    2) Meredakan sakit, misalnya: Buscopan Plus, diminum 3×1 sesudah makan hingga sakinta hilang.
    3) Minum sedikitnya 2.5 liter per hari.
    4) Tidak boleh menahan pipis.

    Selengkapnya, silahkan baca lagi diskusi2 sebelumnya…udah lengkap :D
    Moga segera sembuh.
    makasih

  303. 304 debora Mei 29, 2011 pukul 11:07 am

    itu cari di apotek?? ea kalau membersihkan daerah kewanitaan yang paling baik pakai apa?? takut kalau banyak bakteri atau jamur . . soalnya saya sering keputihan ..

  304. 305 cakmoki Mei 29, 2011 pukul 2:20 pm

    @ debora:
    ya iyalah :D .. tentu belinya di apotek
    untuk membersihkan area vagina, yg terbaik dengan air bersih.. gak usah pake antiseptik atau apapun.
    Selengkapnya tentang Tips merawat miss v, silahkan baca srtikelnya di blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2009/01/09/agar-miss-v-lebih-kinclong/

    makasih

  305. 306 debora Mei 29, 2011 pukul 7:54 pm

    apa ada efek samping dari obat tersebut???


  1. 1 Infeksi Saluran Kemih « Ngobrol Kesehatan Lacak balik pada Agustus 9, 2008 pukul 2:15 pm
  2. 2 dirumah.tidur. sendiri. » The Pradono’s Life Lacak balik pada Januari 21, 2009 pukul 3:58 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,981,563 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: