Ketika Menstruasi Berkepanjangan

ada saatnya menstruasi tak lagi kompromi
Betapa gelisahnya ketika seorang wanita mengalami menstruasi tidak seperti biasanya. Bayangkan, ketika darah haid menetes (mengalir) melebihi bilangan minggu, bahkan lebih sebulan. Bagaimana kegundahannya ? Tanyakan rasanya …

Kata kunci:
Menometrorrhagia, menorrhagia, metrorrhagia, Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB).
Kode ICD.10 (International Statistical Classification of Diseases):
N92: Menstruasi berlebihan dalam jumlah banyak, berulang dan tidak teratur. Tidak termasuk: postmenopausal bleeding (N.95.0)
Varian: N.92.0-N.92.6 . Sila lihat kodenya di sini.

Seorang gadis SMU didampingi ibundanya, tertunduk malu ketika menceritakan bahwa menstruasinya berlangsung hampir 3 minggu. Tidak seperti biasa, yang rata-rata berlangsung sekitar 5-7 hari. Sebelumnya, si gadis mulai gelisah saat menstruasi tidak berhenti hingga menginjak minggu kedua. Curhat kepada teman sebaya tidak melegakan lantaran sama-sama tidak mengerti seluk beluk menstruasi. Seperti biasa, beragam anjuran diterima si gadis sebagai “usaha” menghentikan menstruasi yang kali ini tak mau kompromi.

Wanita muda kinyis-kinyis berusia sekitar 25 tahun mengeluh:
Menstruasi saya sudah 3 minggu lebih, hampir sebulan. Selama itu tidak berhubungan :( dengan suami, sampai-sampai tidak sholat :((. Kami belum punya anak. Apakah ada kelainan kandungan misalnya tumor ? Apakah kandungan turun ? Apakah bisa punya anak ?

Jawaban singkat:
1. Belum tentu (sebagian besar tidak), sebaiknya tetap periksa.
2. Tidak. Kandungan tidak turun. Turun kemana ?
3. Bisa, jika keduanya subur dan atas ijin Tuhan YME

Ibu muda menggendong bayi masuk ruang praktek, lalu berujar:
Saya mengalami menstruasi 19 hari, kadang sedikit kadang banyak. Sebelumnya tidak pernah mengalami seperti ini. Sudah ke spesialis kandungan dan periksa USG (ultrasonografi), bilang dokter kandungan tidak ada kelainan. Waktu saya tanya, katanya gangguan keseimbangan …*lupa*. Dan saat saya tanya lagi apakah ada hubungannya dengan spiral, dokter kandungan mengatakan mungkin iya mungkin tidak. Kalau setelah minum obat masih perdarahan, rencananya kuret. Yang benar yang mana?

Jawaban singkat:
Benar semua. Memang demikianlah urutannya.

Seorang ibu berusia sekitar 55 tahun panik ketika menstruasi berkepanjangan hampir 6 minggu (wuih, 1,5 bulan) :(( dan beliau mengatakan bahwa sebelumnya menstruasi tidak teratur, sedikit dan singkat.
Setelah pengobatan masih perdarahan, dilakukan kuret oleh dokter spesialis kandungan sampai 2 kali. Kuret pertama menunjukkan hasil pemeriksaan patologi anatomi (pemeriksan mikroskopis) tidak didapatkan tanda-tanda keganasan. Ketika masih perdarahan, dilanjutkan dengan kuret kedua.
Alhamdulillah, perdarahan berhenti.

Empat contoh kasus di atas menunjukkan bahwa menstruasi berkepanjangan bisa menimpa wanita mulai remaja (sudah menstruasi) hingga pre-menopause (menjelang berakhirnya masa menstruasi).
Sekitar 20% bisa dialami oleh wanita remaja dan wanita muda, sedangkan 40% pada wanita paruh baya (usia lebih 40 tahun) *by Alien*
Obesitas (terlalu gemuk), pekerjaan berat dan stress diduga ikut berperan terjadinya menometrorrhagia (menstruasi berkepanjangan)

Gambaran Umum.
Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB) adalah penyebab tersering terjadinya perdarahan rahim abnormal pada wanita di usia reproduksi. Diagnosa Dysfunctional Uterine Bleeding dapat ditegakkan bila tidak ditemukan kelainan organ.

PENGERTIAN

Dysfunctional uterine bleeding (DUP) atau perdarahan uterus disfungsional adalah perdarahan abnormal yang dapat terjadi di dalam siklus maupun di luar siklus menstruasi, karena gangguan fungsi mekanisme pengaturan hormon (otak-indung telur-rahim), tanpa kelainan organ.

SIKLUS NORMAL
Siklus menstruasi normal terjadi setiap 21-35 hari dan berlangsung sekitar 2-7 hari.
Pada saat menstruasi, jumlah darah yang hilang diperkirakan 35-150 ml, biasanya berjumlah banyak hingga hari kedua dan selanjutnya berkurang sampai menstruasi berakhir. *Nedra Dodds, MD, 2006*

BAGAIMANA TERJADINYA ?
Secara garis besar, kondisi di atas dapat terjadi pada siklus ovulasi (pengeluaran sel telur/ovum dari indung telur), tanpa ovulasi maupun keadaan lain, misalnya pada wanita premenopause (folikel persisten).
Sekitar 90% perdarahan uterus difungsional (perdarahan rahim) terjadi tanpa ovulasi (anovulation) dan 10% terjadi dalam siklus ovulasi.

Pada siklus ovulasi.
Perdarahan rahim yang bisa terjadi pada pertengahan menstruasi maupun bersamaan dengan waktu menstruasi. Perdarahan ini terjadi karena rendahnya kadar hormon estrogen, sementara hormon progesteron tetap terbentuk.

Pada siklus tanpa ovulasi (anovulation)
Perdarahan rahim yang sering terjadi pada masa pre-menopause dan masa reproduksi. Hal ini karena tidak terjadi ovulasi, sehingga kadar hormon estrogen berlebihan sedangkan hormon progesteron rendah. Akibatnya dinding rahim (endometrium) mengalami penebalan berlebihan (hiperplasi) tanpa diikuti penyangga (kaya pembuluh darah dan kelenjar) yang memadai. Nah, kondisi inilah penyebab terjadinya perdarahan rahim karena dinding rahim yang rapuh. Di lain pihak, perdarahan tidak terjadi bersamaan. Permukaan dinding rahim di satu bagian baru sembuh lantas diikuti perdarahan di permukaan lainnya. Jadilah perdarahan rahim berkepanjangan.

G E J A L A
Perdarahan rahim yang dapat terjadi tiap saat dalam siklus menstruasi. Jumlah perdarahan bisa sedikit-sedikit dan terus menerus atau banyak dan berulang.
Kejadian tersering pada menarche (atau menarke: masa awal seorang wanita mengalami menstruasi) atau masa pre-menopause.

FAKTOR PENYEBAB
Hingga saat ini penyebab pasti perdarahan rahim disfungsional (DUB) belum diketahui secara pasti. Beberapa kondisi yang dikaitkan dengan perdarahan rahim disfungsional, antara lain:

  • Kegemukan (obesitas)
  • Faktor kejiwaan
  • Alat kontrasepsi hormonal
  • Alat kontrasepsi dalam rahim (intra uterine devices)
  • Beberapa penyakit dihubungkan dengan perdarahan rahim (DUB), misalnya: trombositopenia (kekurangan trombosit atau faktor pembekuan darah), Kencing Manis (diabetus mellitus), dan lain-lain
  • Walaupun jarang, perdarahan rahim dapat terjadi karena: tumor organ reproduksi, kista ovarium (polycystic ovary disease), infeksi vagina, dan lain-lain.

D I A G N O S A
Untuk menegakkan diagnosa, langkah-langkahnya dalah sebagi berikut:

Wawancara atau anamnesa (sudah dibahas, masih ingat kan?).
Wawancara harus cermat nih. Pertanyaan yang perlu diajukan: kapan usia mulai menstruasi (menarche), siklus setelah mengalami menstruasi, jumlah dan lamanya menstruasi, dan … maaf, sambil menilai status emosinya. oleh karena itu, bagi wanita yang mengalaminya dianjurkan untuk menceritakan apa adanya. Wis to, jangan malu-malu.

Pemeriksaan (masih ingat juga kan, jenis-jenis pemeriksaan?) *kayak ujian aja* :)

  • Pemeriksaan umum. Ditujukan untuk mengetahui berbagai kemungkinan penyebab terjadinya perdarahan rahim.
  • Pemeriksaan organ reproduksi (ginekologis)

Pada pemeriksaan khusus ini, ditujukan untuk:

  • Menyingkirkan kemungkinan kelainan organ sebagai penyebab perdarahan abnormal, misalnya: perlukaan, polip leher rahim, infeksi, abortus, tumor, dan lain-lain.
  • Menegakkan diagnosa dengan kuret (gadis TIDAK lho) :lol:

P E N G O B A T A N
Setelah menegakkan diagnosa (diagnosis?, mohon koreksi) dan setelah menyingkirkan berbagai kemungkinan kelainan organ, teryata tidak ditemukan penyakit lainnya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan prinsip-prinsip pengobatan sebagai berikut:

  1. Menghentikan perdarahan.
  2. Mengatur menstruasi agar kembali normal
  3. Transfusi jika kadar hemoglobin (Hb) kurang dari 8 gr%.

Menghentikan perdarahan.
Langkah-langkah upaya menghentikan perdarahan adalah sebagai berikut:

Kuret (curettage).
Hanya untuk wanita yang sudah menikah. Tidak bagi gadis dan tidak bagi wanita menikah tapi “belum sempat dicicipi”. *halah, mesum* (begini lho, misalnya sudah dijadwalkan menikah, ndilalah sebelum menikah koq ya datang menstruasi dan berkepanjangan. Apa ya rela dikerok pakai sendok istimewa eh kuret ding)

O b a t (medikamentosa)
1. Golongan estrogen.
Pada umumnya dipakai estrogen alamiah, misalnya: estradiol valerat (nama generik) yang relatif menguntungkan karena tidak membebani kinerja liver dan tidak menimbulkan gangguan pembekuan darah. Jenis lain, misalnya: etinil estradiol, tapi obat ini dapat menimbulkan gangguan fungsi liver.

Dosis dan cara pemberian:

  • Estrogen konyugasi (estradiol valerat): 2,5 mg diminum selama 7-10 hari.
  • Benzoas estradiol: 20 mg disuntikkan intramuskuler. (melalui bokong)
  • Jika perdarahannya banyak, dianjurkan nginap di RS (opname), dan diberikan Estrogen konyugasi (estradiol valerat): 25 mg secara intravenus (suntikan lewat selang infus) perlahan-lahan (10-15 menit), dapat diulang tiap 3-4 jam. Tidak boleh lebih 4 kali sehari.

2. Obat Kombinasi
Obat golongan ini diberikan secara bertahap bila perdarahannya banyak, yakni 4×1 tablet selama 7-10 hari, kemudian dilanjutkan dengan dosis 1×1 tablet selama 3 hingga 6 siklus. *wuih, lamanya*

3. Golongan progesteron
Obat untuk jenis ini, antara lain:

  • Medroksi progesteron asetat (MPA): 10-20 mg per hari, diminum selama 7-10 hari.
  • Norethisteron: 3×1 tablet, diminum selama 7-10 hari.

Mengatur menstruasi agar kembali normal
Setelah perdarahan berhenti, langkah selanjutnya adalah pengobatan untuk mengatur siklus menstruasi, misalnya dengan pemberian:
Golongan progesteron: 2×1 tablet diminum selama 10 hari. Minum obat dimulai pada hari ke 14-15 menstruasi.

Transfusi jika kadar hemoglobin kurang dari 8 gr%.
Yang ini, mau tidak mau nginap di Rumah Sakit atau klinik. Oya, hampir ketinggalan, sekedar diketahui, sekantong darah (250 cc) diperkirakan dapat menaikkan kadar hemoglobin (Hb) 0,75 gr%. Ini berarti, jika kadar Hb ingin dinaikkan menjadi 10 gr% maka kira-kira perlu sekitar 4 kantong darah.

PRAKIRAAN HASIL PENGOBATAN (Prognosis)
Hasil pengobatan bergantung kepada proses perjalanan penyakit (patofisiologi)

  • Penegakan diagnosa yang tepat dan regulasi hormonal secara dini dapat memberikan angka kesembuhan hingga 90 %.
  • Pada wanita muda, yang sebagian besar terjadi dalam siklus anovulasi, dapat diobati dengan hasil baik, or sukses.

Istilah seputar perdarahan abnormal
Beberapa istilah penting terkait Perdarahan abnormal rahim, antara lain:

  • Menorrhagi: perdarahan rahim lebih 7 hari atau jumlah perdarahan yang berlebihan (lebih dari 80 ml per hari)
  • Metrorrhagia: perdarahan rahim (biasanya dalam jumlah normal) yang terjadi dengan interval waktu tidak teratur atau lebih panjang.
  • Menometrorrhagia: perdarahan rahim yang berlebihan dalam jumlah dan lamanya perdarahan, dapat terjadi dalam periode menstruasi maupun di antara periode menstruasi.
  • Intermenstrual bleeding (spotting): perdarahan rahim yang bervariasi dalam hal jumlahnya (biasanya sedikit) pada periode menstruasi.
  • Polymenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval kurang dari 21 hari.
  • Olygomenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval antara 35 hari hingga 6 bulan.
  • Estrogen: hormon reproduksi wanita, yang selama siklus menstruasi menghasilkan lingkungan yang sesuai untuk fertilisasi, implantasi dan pemberian zat makanan pada permulaan embrio.
  • Progesteron: hormon yang berfungsi mempersiapkan rahim untuk menerima dan mengembangkan sel telur.

PERMASALAHAN
Mengingat perdarahan rahim bagi wanita muslim berkaitan erat dengan masalah peribadatan, khususnya dalam hal fiqih (hukum), maka perlu keterlibatan berbagai pihak terutama kalangan medis dan ahli fiqih untuk membahasnya.
Perlu diingat bahwa pembahasan fiqih akan memunculkan khilafiyah (perbedaan pendapat), terkait soal waktu suci. Maksudnya, “waktu” (kapan sih?) seorang wanita dengan perdarahan rahim sudah dianggap wajib melaksanakan ibadah kendati yang bersangkutan masih mengalami perdarahan.
Sengaja penulis mengangkat masalah ini agar kita dapat saling memahami jika terjadi perbedaan soal masa suci (waktu mandi wajib). Bukankah hal ini adakalanya ditanyakan pasien ? Monggo dibahas.
Bagaimana soal berhubungan intim ? Silahkan dibahas juga ya …

Kepada segenap pembaca wanita (pria juga), silahkan berbagi pengalaman dan pengetahuan. Monggo tanya jawab sendiri.
Kepada mbak Mina, dr Lakshmi Nawasasi yang ahli bedah, drg Evy SpBM, mbak Dwi Susanti, mbak Graz, mbak Mei dan semua para blogger wanita dari kalangan kesehatan atau pemerhati kesehatan yang belum tersebut namanya, dimohon berbagi.
Pria boleh juga lho, bebas aja koq.
Penulis akan menyaksikan jalannya talkshow online diskusi sebagai peserta saja.

Selamat berbagi, semoga bermanfaat.

Bacaan:

  • Pedoman Diagnosis dan Terapi Lab Ilmu Kebidanan dan Kandungan, RSUD dr. Soetomo, Surabaya
  • Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB), Nedra Dodds. MD, Emory Adventist Hospital, 2006

Catatan penting:

  • Penulisan obat, dosis dan cara pemberian, dimaksudkan sebagai sharing informasi dan sedikit tambahan pengetahuan. Bukan untuk mengobati diri sendiri.
  • Jika mengalami masalah semacam ini (moga tidak), dianjurkan konsultasi dan memeriksakan diri kepada dokter setempat atau dokter ahli kandungan (jika ada).

» back to top

About these ads

396 Responses to “Ketika Menstruasi Berkepanjangan”


  1. 1 Lita Maret 18, 2007 pukul 10:35 am

    Wuih, teknis banget ya, cak. Sempet bingung mencernanya nih.

    Setelah pasang IUD, saya mendapati keluarnya flek kecoklatan sampai 3 minggu. Nyaris sampai hari pertama haid berikutnya (padahal pasang IUD pada haid hari ke-7). Sempat bingung. Setelah haid itu, haid berikutnya jadwalnya maju. Kali ini jadi persis 30 hari, sebelumnya 40 hari.

    Eh… sekarang molor lagi. Sudah 30 hari, belum haid. Jadi binun :D Memang penggunaan alat kontrasepsi wajar punya dampak begini kan, ya?

  2. 2 Helgeduelbek Maret 18, 2007 pukul 12:00 pm

    Sama istri saya kalau pakai kontrasepsi suntik sering kacau jadwa M-nya, jadi gak bisa bebas nih… :D

  3. 3 Titah Maret 18, 2007 pukul 1:17 pm

    makasih infonya cak, sering-sering aja ya bikin artikel begini, biar orang indonesia tambah pinter. adikku juga ngalami tuh, mulai usia 32-an mens-nya jadi 3 minggu setiap bulan, sudah ke DSOG tapi tetep aja….

    omong2 ICD-nya menimbulkan kesan “berat”, soalnya teknis & gak dimengerti awam (baca: saya :-) ). mungkin sebaiknya dikenalkan dulu aja, misal diupload list-nya.

  4. 4 cakmoki Maret 19, 2007 pukul 2:23 am

    @ Lita,
    Sebagai pemerhati kesehatan yang intens menulis masalah kesehatan, saya yakin tulisan ini bukan hal asing bagi Bu Lita.
    Buktinya, alinea bawah itu pernyataan kan ? :D
    Ya, pemakaian IUD adakalanya begitu

    @ helgeduelbek,
    Kadang saya mendapatkan keluhan semacam itu dari para suami.
    Sudah siap ke medan laga, nggak tahunya ada lagunya Gombloh: “merah darahku …” :D

    @ Titah,
    Biasanya, kalau 2-3 kali diberi obat belum berhasil, diganti jenisnya atau di-kuret (jika sudah menikah). Atau pindah ke DSOG lain.

    Soal ICD, memang terkesan sangat serius dan medis abis. Ada misi sosialisasi terutama bagi kalangan kesehatan (suatu saat saya posting alasannya).
    Usulannya bagus, terimakasih. Mungkin nanti enaknya dipisah gitu ya, ada link ICD bagi yang memerlukan.
    ICD masih asing bukan saja bagi khalayak, bagi kalangan kesehatanpun masih seperti “jajan aneh”. hehehe

  5. 5 Evy Maret 19, 2007 pukul 10:54 am

    Aku dulu dismenorhea sm berlama2 gitu gara2 endometriosis, obate rabi, hamil :)

  6. 6 passya Maret 19, 2007 pukul 12:56 pm

    pak…sebaiknya artikel2 ini didaftarkan biar gak di-copy paste sama yg tdk bertanggungjawab…kereeen….

  7. 7 cakmoki Maret 19, 2007 pukul 2:00 pm

    @ Evy,
    Obat paling ampuh: Rabi. Bener Mbak
    Lha endometriosisnya gimana ? dibiarkan atau ditiup ?

    @ passya,
    Daftar ke pak passya aja ya
    Gak apa-apa koq, kalau memang ada yang berminat, saya ikut senang jika dapat memberi manfaat.
    Kalau ada yang memanfaatkan untuk kepentingan komersial *apa ya laku?*, saya juga tidak keberatan.
    Tenang Pak, saya punya edisi jurnal-nya.
    Terimakasih perhatian dan sarannya :)

  8. 8 ..:X W O M A N:.. Maret 19, 2007 pukul 3:49 pm

    cak (atau siapapun yang mungkin tahu), bener ngga sih kalo daun sirih diseduh air mendidih terus diminum itu bisa membersihkan dari dalam saat menstruasi datang! Terus kenapa rata-rata wanita yang sedang kedatangan “tamu” rata-rata perutnya mengembang?
    Terima kasih sebelumnya :)

  9. 9 deKing Maret 19, 2007 pukul 6:45 pm

    Gak apa-apa koq, kalau memang ada yang berminat, saya ikut senang jika dapat memberi manfaat.

    Cakmoki memang keren dan baik hati, semoga semua dapat bermanfaat dan cakmoki mendaptkan balasan langsung dari Tuhan….
    BTW artikel bagus cuma gak bisa komen, maklum belum menikah jadi gak tahu apa2 :D
    Tapi bagus juga untuk bekal masa depan…
    Terima kasih cak

  10. 10 fertobhades Maret 19, 2007 pukul 8:22 pm

    Pak, pacar saya sih siklus mens-nya teratur dan tidak “aneh-aneh” alias normal-normal saja.

    Tapi yang bikin bingung itu PMS-nya itu lho…. (bukan Penyakit Menular Seksual lho… :-) ) Mens normal, tapi orang-orang terdekatnya kena “badai” :-P

    makasih infonya pak… (TOP)

  11. 11 Titah Maret 19, 2007 pukul 11:03 pm

    @ cakmoki
    wah.. iya cak… pms-nya diupload sekalian dong! sekalian cara nyegah/ngurangin-nya gimana, gitu. soalnya itu “agenda” rutinku tiap bulan. di aku sifatnya psikis, bawaannya suntuk n pengin ngamuk mulu, kasian kan orang2 di sekitarku? kasian aku juga ding, hehe..

    @ evy
    wah, obate kok enak mbak… aja-aja sing wis rabi njur kepengin rabi maneh merga pengin mraktekke resepe mbak evy… :-D

  12. 12 prayogo Maret 19, 2007 pukul 11:34 pm

    Saya kadang sebel, kalau pas pacar dapat (men) bawaaannya mau marah-2 aja. Salah ngomong dikit langsung tersinggung..

  13. 13 cakmoki Maret 20, 2007 pukul 1:19 am

    @ ..:X W O M A N:..,
    Sebenarnya menstruasi akan bersih sendiri, karena meluruhnya penebalan dinding rahim akan diikuti dengan menutupnya ujung-ujung pembuluh darah kapiler (vasokonstriksi, vaso=pembuluh darah, konstriksi=menyempit). Proses ini alamiah koq.
    Kaitannya dengan daun sirih saya tidak tahu. Mungkin mbak Mina bisa jawab, karena beliau bilangnya pernah penelitian soal kandungan daun sirih.

    Perut mengembang saat menstruasi ?
    Hehehe, yang ini para wanita dipersilahkan berdiskusi duluan ya

    @ deKing,
    Amin, trims do’anya Mas.
    Walaupun belum kawin bisa untuk nggaya lho. Misalnya punya pacar, terus pacar mengeluh seperti itu (moga tidak), bisa nerangkan ke pacar, wuih pacar akan tambah suayang. Dah punya belum ?

    @ fertobhades,
    Saya ikut senang jika “badai” PMS berupa pelukan *apa ada?*
    Repot berhadapan dengan PMS Pak. Mendekat kena badai, menghindar badainya tambah hebat. *jangan diomongkan ke pacar ya*
    Kayaknya perlu dibuat posting pendek soal pms nih.

    @ Titah,
    Saya sudah pernah bikin brosur seputar pms, saya cari belum ketemu.
    Kapan-kapan dibahas via postingan pendek aja ya
    Wanita yang menyadari bahwa pms terkait psikis-pun masih sulit menghindari “badai” (istilah pak fertob, bukan saya lho).
    Pada saat pms datang, yang diperlukan adalah toleransi para orang dekat. Maksudnya siap-siap menghadapi dengan kesabaran, toh jika pms nya hilang, kemesraan datang lagi. Ehm ehm

    @ prayogo,
    Ya, saya paham Pak. Sama dengan di atas: siap-siap menghadapi dengan kesabaran, toh jika pms nya hilang, kemesraan datang lagi. Ehm ehm. Betul apa betul ? :D

  14. 14 antobilang Maret 20, 2007 pukul 9:25 am

    yah..artikel dewasa nih…simpen dulu ah…
    ntar bacanya kalo udak nikah…

    hahaha

  15. 15 venus Maret 20, 2007 pukul 11:15 am

    dok, saya pernah baca, ada terapi hormon untuk menunda menopause. aman gak sih? umur berapa biasanya seseorang perlu terapi ini? saya 38, tapi kyknya menopause masih jauuuhhh…soalnya libido masih normal, blm pernah ngalamin ‘hot flush’ ( eh bener ini gak istilahnya? ) dan gejala2 awal menopause/premenopause.

    wah, iki konsul apa curhat ya? hehehe…

    makasih banyak, dok :)

  16. 16 Evy Maret 20, 2007 pukul 12:35 pm

    Endometriosis di obatin pake endometril, tadinya mau di tiup tapi udah keburu hamil soale di kasih profertil :D

  17. 17 kangguru Maret 20, 2007 pukul 12:41 pm

    saya juga sebel cak kalo istri M nya kelamaan hehehheheheh

  18. 18 Lintang Maret 20, 2007 pukul 3:23 pm

    O gitu yah…penjelasannya detil banget. Saya hrs beberapa kali baca baru mudheng :D Makasih pak atas infonya…jd kl ada yg nanya2 sy punya referensinya. Kalo temen saya malah 2 bulan sekali menstruasinya. Udah konsultasi ke dokter dan diberi obat…tp tetep aja g da perubahan.

  19. 19 cakmoki Maret 20, 2007 pukul 3:24 pm

    @ antobilang,
    Mosok sih Mas, padahal soal gini saya suka diundang ke SMU.
    Wuihhh ramai lho kalo mbahas gini di kalangan gadis-gadis, 1 jam bisa molor, soale banyak yang nanya-nanya, apalagi ada bannernya eh maksudnya gambar ding

    @ venus,
    Saya kalo dipanggil (ditulis) dok, jadi agak nggliyeng, hehehe
    Terapi hormon untuk premenopause aman koq. Usia 40-an masih kinyis-kinyis. Berkualitas dan lebih matang *halah, opone to*
    Iya, masih lama, sekitar 17 tahun lagi kalau diukur rata-rata usia menopause wanita indonesia (sekitar 55 tahun). Secara psikis adakalanya libido malah meningkat saat menopause karena gak khawatir hamil, lebih enjoy.
    Tanda premenopause secara singkat: mens mulai tidak teratur, makin pendek, makin sedikit, lama-lama berhenti.

    @ Evy,
    Parsial endometriosis mungkin Mbak
    Cihuy, profertil sak seri langsung dadi, bakat subur.
    Nambah lagi ben rame. hahaha

    @ kangguru,
    puasa puanjangggg dong Pak.
    Jalan keluarnya gampang, jam ngeblog makain panjang. hehehe

  20. 20 cakmoki Maret 20, 2007 pukul 3:33 pm

    @ Lintang,
    kalau tertarik dicopy aja, atau download.
    Untuk temennya, kalau tidak ada kelainan, biasanya diberi obat “pancingan” beberapa kali, nama obatnya: gynecosid. Diminum sehari 1 tablet selama hanya 2 hari, lalu ditunggu sekitar seminggu. Bisa diulang jika tamu belum datang. Atau cara lain dengan obat hormonal secara serial, tentu dokternya lebih tahu.
    Maaf kalo tulisannya kurang bersahabat ya :)

  21. 21 Kang Adhi Maret 20, 2007 pukul 7:18 pm

    Saya bolak-balik mau comment kok gak masuk2 ya Pak Dokter. Cuma mau taunya: kalau masalahnya terbalik. menstruasi yang datang tidak teratur kenapa? Malah ada seorang teman yang usianya di atas 30 belum pernah menstruasi. Cowok? Hehe, perempuan atuh!

  22. 22 peyek Maret 20, 2007 pukul 8:28 pm

    wuih nggak dong biar baca bolak-balik, tak print out aja deh, biar istri yang baca.

  23. 23 cakmoki Maret 21, 2007 pukul 1:52 am

    @ Kang Adhi,
    aduhhh maaf Pak Adhi, saya buka blog sendiri kadang keluar “time out”.
    Dan saya tidak paham blas masalah per-konek-an, bisanya ngeblog.

    Menstruasi tidak teratur, tidak saya posting secara khusus karena spesialistik dan rumit. Pertanyaan di atas mendorong saya untuk menulisnya secara khusus (link dan komen sudah saya copy) *tidak janji waktunya lho*

    Masalah tersebut mengacu kepada alur “pengendalian hormon” yang melibatkan otak-indung telur (ovarium)-rahim(uterus).
    Faktor keseimbangan hormon (kadarnya terbalik dengan tulisan di atas) ikut berperan selain faktor organ reproduksi.
    Kalau ketidak teraturan tersebut karena kadar hormon estrogen yang naik turun di luar siklus, masih ada peluang untuk “diatur” dengan obat-obatan (jika tidak ada kelainan organ reproduksi).

    Nah, teman cewek 30 tahun belum pernah menstruasi, ini baru langka. Perlu periksa secara detail, di Belanda jauh lebih maju soal instrumen pemeriksaan, mereka sudah menggunakan USG 3 dimensi dan pemeriksaan hormon yang canggih.

    Tahun 2005 yang lalu, saya menemukan seorang gadis usia 20-an tidak pernah menstruasi, ternyata selaput dara tidak ada celah sama sekali (hymen imperforata). Artinya tetap menstruasi tapi tidak keluar dan tertampung di selaput dara yang tertutup (kasus ini sangat jarang).
    Bila ini yang terjadi, tindakannya mudah, tinggal membuat irisan selaput dara untuk mengeluarkan tumpukan menstruasi yang mengeras, dan selanjutnya menstruasi akan berjalan normal.

    Untuk teman 30 tahun tersebut, saya mohon maaf tidak dapat menjelaskan lebih jauh.
    Saya yakin beliau sudah periksa. Kemungkinan juga sudah tahu penyebabnya dari penjelasan dokter yang merawatnya.

    wuihhh, 2 pertanyaan pendek di atas perlu jawaban panjang, sayangnya saya bukan ahlinya, untuk itu sekali lagi mohon maaf *tiga maaf* :)

    @ peyek,
    maaf Pak, berarti saya salah mengemas, hehehe.
    Selanjutnya diperbaiki biar lebih mudah dan tidak banyak istilah “aneh”
    Monggo diaturi download, moga istri ngerti.

  24. 24 junthit Maret 21, 2007 pukul 2:35 am

    Setelah baca artikel ini nanti saya bisa agak gaya nerangin masalah mens ke istri nih..?
    btw makasih,artikelnya top abis!ditunggu artikel lainnya..Jangan bosen nge-blog ya cak?

  25. 25 cakmoki Maret 21, 2007 pukul 4:44 am

    @ junthit,
    ya, selamat nggaya di depan istri, besok dapet sarapan nasi goreng istimewa. hehehe
    Trims supportnya, bosen sih enggak, hanya kadang harus atur-atur waktu

  26. 26 siNung Maret 21, 2007 pukul 12:00 pm

    dengan adanya pms dan menstruasi berkepanjangan,
    1. apabila yg bersangkutan menjadi pemimpin/pengambil keputusan, apa ada kaitan dengan kebijakan yg diputuskan oleh yg bersangkutan ?
    2. apa perlu syarat menopause untuk menjadi pemimpin/pengambil keputusan (terkait pms/menstruasi berkepanjangan) ?

    btw,link icd ke depkes sama sekali belum ada yach ?
    :)

  27. 27 mei Maret 21, 2007 pukul 3:06 pm

    masalah dengan menstrasi???anak2 disini cuman satu mas pertanyaannya, kenapa bisa telat??haha

  28. 28 cakmoki Maret 21, 2007 pukul 3:36 pm

    @ siNung,
    1. Belum nemu penelitian soal itu sih, lagian pengambilan keputusan kan variabelnya kompleks. Menurut pendapat saya (mungkin subyektif), tidak ada kaitan dengan kebijakan yang diputuskan. Bukankah keputusan tidak ditentukan sendiri?

    2. Seorang wanita tidak perlu menunggu menopause untuk menjadi pemimpin, usia produktif menurut saya lebih bagus.

    Di depkes nggak ada ICD nya, piye ?
    Ada di Litbangkes, sudah kadaluwarsa, ICD 9, itupun cuman beberapa item.
    Nggak usah nunggu, kelamaan dan gak tahu kapan jadinya. Gimana kalau dibikin keroyokan (maksud saya diterjemahkan). Sama-sama nggak jelas kapan jadinya, mending kita berbuat (di sela-sela kesibukan lain). Upload per Bab, lama-lama kan jadi juga. Gimana ?

    @ mei,
    Wahhh, yang itu njenengan aja yang njawab ke muridnya. Bilangnya sih “telat ngangkat”. hehehe

  29. 29 Lintang Maret 22, 2007 pukul 9:06 am

    Pak nanya lagi…temen saya kalo tiap kali habis mens beberapa hari kemudian keluar lendir bening. Itu berlangsung beberapa hari aja dan setelah itu bersih. Apakah itu termasuk keputihan? Biasanya kalo abis mens aja keluar lendirnya. Apakah perlu diobati?

  30. 30 cakmoki Maret 22, 2007 pukul 3:58 pm

    @ Lintang,
    Ya, termasuk keputihan yang bukan penyakit (non-patologis). Menurut saya tidak perlu diobati, cukup diberi “pembalut” saat lendir keluar.
    Diskusi seputar keputihan dibahas di sini

  31. 31 Lita Maret 23, 2007 pukul 2:22 pm

    Pertanyaan ini tidak berhubungan langsung dengan panjangnya waktu haid. “Apa ada hubungannya antara minum soda dengan jumlah darah haid yang keluar, cak?”.
    Saya dapat ‘resep’ ini dari ibu. Waktu dicoba, lha kok iya, habis minum minuman berkarbonat itu jadi lebih ‘deras’ daripada sebelumnya (di hari yang sama). Sampai sekarang kok ya belum nemu penjelasan logisnya. Piye, cak?

  32. 32 cakmoki Maret 24, 2007 pukul 12:27 am

    @ Lita,
    Minuman yang beruap or soft drink itu ya
    Hampir dimana-mana ada keyakinan seperti itu. Sama Bu, sampai saat ini saya belum menemukan korelasi antara karbonat dengan menstruasi. Karenanya, saya tidak dapat menjelaskan lebih jauh soal ini.
    Tantangan bagi ahli kimia dan farmakologi klinis nih :D

  33. 33 yanti Maret 30, 2007 pukul 10:12 am

    sehabis kuret, saya berdarah hampir 40 hari. DSOG saya waktu itu bilangnya, ini agak di luar kewajaran. tapi alhamdulillaah ga ditemukan kelainan apa2.

    salam kenal Cak, loncat2 dari tempat Lita :)

  34. 34 cakmoki April 3, 2007 pukul 1:22 am

    @ yanti,
    ya saya sependapat, perdarahan pasca kuret selama itu diluar kewajaran.
    Dan saya ikut gembira, tidak ditemukan kelaian.
    Salam kenal juga, trims telah berkunjung :D

  35. 35 KINO April 3, 2007 pukul 11:37 pm

    DEAR HELPER,
    SAYA WANITA BER USIA 22 TAHUN..DAN SUDAH MENIKAH,TAPI SAYA DAN SUAMI BELUM MEMUTUSKAN UNTUK MEMILIKI ANAK NAMUN SELAMA INI TIDAK ADA SATUPUN
    CARA KEDOKTERAN YG KAMI GUNAKAN UNTUK MENCEGAH KEHAMILAN.YANG INGIN SAYA TANYAKAN,BULAN INI SAYA SUDAH HAID,NAMUN MENGAPA SAYA MENDAPAT HAID LAGI SETELAH BEBERAPA HARI KEMUDIAN..APAKH ITU TANDA SAYA AKAN HAMIL.TERIMA KASIH SEBELUMNYA

  36. 36 cakmoki April 4, 2007 pukul 1:09 am

    @ KINO,
    Haid susulan bisa terjadi pada siapa saja. Bisa karena faktor keseimbangan hormonal, atau penyebab lainnya.
    Jika yang ditanyakan kemungkinan kehamilan, langkah terbaik adalah menunggu. Kemungkinan tersebut tetap ada jika haidnya sedikit dan siklus berikutnya terjadi kelambatan. Bila hal itu terjadi, maka seminggu setelah terlambat siklus yang akan datang dapat dilakukan test kehamilan untuk memastikan.
    Andaikata hasilnya negatif berarti gangguan menstruasi.
    Semoga membantu.

  37. 37 starflake April 6, 2007 pukul 12:47 pm

    wah wah…saya juga kalo m lama bener lho cak…sampe hampir 2 minggu…kalo bulan puasa jadi banyak utangnya…tapi sepanjang gak ada gangguan gpp kan??…kalo sakit di hari2 pertama sih biasa…selebihnya nggak..tapi nunggu sampe bersihnya itu lho..crat-critnya lama betul…

  38. 38 cakmoki April 6, 2007 pukul 2:39 pm

    @ starflake,
    ya, sepanjang gak ada gangguan gpp.
    Hehehe, crat-crit-crut ya

  39. 39 LILIANA YUNI KRISTIANI Mei 22, 2007 pukul 1:12 pm

    sebulan yang lalu saya melahirkan dan bulan ni sudah haid tapi koq sampai hari ini blm berhenti,pendarahan lumayan banyak, ni sudah hari yang ke 12,gimana donk?apa karena kb suntik ya?mohon infonya, thanks

  40. 40 cakmoki Mei 23, 2007 pukul 1:51 am

    @ LILIANA YUNI KRISTIANI,
    Ok Bu Lili, kondisi tersebut sudah masuk kategori “berkepanjangan”, penyebabnya bisa karena KB bisa juga bukan.

    Menurut saya, jangan berlama-lama, sebaiknya Ibu berkonsutasi kepada dokter SPOG untuk mendapatkan pengobatan.
    Pada umumnya pengobatan diberikan dalam 7-10 hari dengan obat hormonal atau bukan hormonal, tentu setelah pemeriksaan.
    Sekiranya nanti diberikan obat kemudian misalnya 3 hari sudah berhenti, obat seyogyanya diminum hingga habis.

    Semoga penjelasan singkat ini membantu, dan mudah-2-an segera sehat kembali.

  41. 41 telmark Juni 15, 2007 pukul 7:23 pm

    saya jadi senyum2 sendirian pas baca tulisan dibagian “kuret”. :)

  42. 42 cakmoki Juni 16, 2007 pukul 12:37 am

    @ telmark,
    Kenapa pak? Ingat sesuatu ya :)

  43. 43 rinni Juli 15, 2007 pukul 3:48 pm

    Cak, mo nanya lagi nih…….
    1. Ada ga hubungannya antara flek2 yang tjd jauh hari seblm menstruasi, dengan benjolan di ketek kiri (getah bening letaknya disitu yha?) sama sariawan yang nomaden a.k.a pindah2…. little worry..
    2.my age sudah sekitar sperempat abad, blom nikah, whekekekeee….
    3. NUwun sanget, makasih sebelumnya.

  44. 44 cakmoki Juli 15, 2007 pukul 11:27 pm

    @ rinni,
    boleh, monggo …
    1. Flek gak ada hubungan dengan benjolan di ketiak ataupun sariawan.
    2. :)
    3. Sami-sami

  45. 45 rinn Juli 19, 2007 pukul 1:39 pm

    Ola, cak moki….
    Serviks tu apa ya?????

  46. 46 cakmoki Juli 19, 2007 pukul 2:14 pm

    @ rinn,
    serviks itu = mulut rahim, hehehe … maaf, di artikel tidak disebutkan

  47. 47 Lino Agustus 15, 2007 pukul 4:41 pm

    Cak …. bantuin dong …
    Saya lagi bingung nih ….. menstruasi dari tanggal 21 juli sampai sekarang, pernah berhenti selama 2 hari tapi kemudian mens lagi selama seminggu. Setelah itu berhenti lagi selama 2 hari dan mens lagi sampai sekarang. Kasusnya begini : saya bekerja di sebuah NGO / LSM yang sering melakukan pekerjaan2 diluar kota dan pekerjaan saya memang memiliki tekanan yang cukup berat. Dari menikah sampai sekarang tidak pernah menggunakan alat kontrasepsi apapun ( suami yang menggunakan kondom tapi sekarang sudah tidak menggunakan karena sedang memasuki program hamil ). Yang ingin saya tanyakan adalah sebagai berikut :
    1. Apakah ada masalah dengan kandungan saya?
    2. Apakah ini mempengaruhi kesuburan saya?
    3. Saya belum ke dokter, waktu SMP pernah mengalami kasus seperti ini, sama ibu saya dibawa ke dokter. Waktu itu dokter bilang tidak ada masalah hanya masalah kecapekan dan stress karena tingginya aktifitas saya. Apakah kondisi seperti ini bisa terulang hingga dewasa?
    Ma kasih ya cak ….

    Salam

    Lino

  48. 48 cakmoki Agustus 16, 2007 pukul 1:04 am

    @ Lino,
    Ok mbak Lino,

    Kebanyakan kasus semacam ini karena gangguan keseimbangan hormon or hormonal imbalance, sebagai akibat banyak faktor diantaranya tekanan fisik maupun psikis.
    Jika pada pemeriksaan dokter kandungan dikatakan gangguan keseimbangan hormon, berarti gak papa. Maksudnya, gak papa dari segi kandungan dan fungsinya walaupun sangat mengganggu.

    Jawaban singkat:
    1. secara organik (organ reproduksi) belum tentu ada masalh, bergantung pada penyebabnya.

    2. Saat mens berkepanjangan iya, ada pengaruh. Ini karena masa subur menjadi pendek. Namun biasanya reversibel, artinya kesuburan tidak terpengaruh ketika menstruasi normal kembali.

    3. Ya, bisa jadi karena faktor tersebut. sebaiknya ke dokter agar menstruasi dapat diupayakan normal kembali sesuai siklus.

    Moga membantu, dan semoga sehat seperti sediakala :)

  49. 49 ika sari Agustus 18, 2007 pukul 4:15 pm

    saya cewek umur 17 th,cak aku mau tanya aku kok sering banget mens ga teratur kdg 3 bln bs ga mens..saya g pernah lho hubungan intim,,dari umur 13 saya ud mens tp mulai SMA jd g teratur gitu,,awalnya si aku nyante aj cz pasti mens lagi ta skrg saya mulai cemas!kira2 apa pnybabnya?ap ad klainan pada rahim saya?pliss jawab ya

  50. 50 cakmoki Agustus 18, 2007 pukul 7:00 pm

    @ ika sari,
    ok ika, ntar dulu ya, soalnya mo praktek :) … ntar malam saya jawab deh

  51. 51 cakmoki Agustus 18, 2007 pukul 11:09 pm

    @ ika sari,
    ok ika,
    Gangguan seperti yang dialami tersebut belum tentu ada kelainan rahim.
    Gangguan keseimbangan hormonal, faktor psikis bisa juga lho :)
    So … jika ingin mengetahui lebih lanjut, sebaiknya periksa ke ahli kandungan, ntar akan diperiksa pakai USG (ultrasonografi).
    Nah, jika misalnya hasil pemeriksaan gak ada kelainan, tenang aja.

  52. 52 hafisa Agustus 27, 2007 pukul 10:52 am

    dear cak,

    Mau tanya niy saya sdh terapi hormon selama 3 bulan dng cyclo-progynova krn BUD, selama 3 bulan haid saya teratur , setelah selesai haid di bulan ketiga tdk minum obat hormon itu lg , tapi baru 1 mg setelah haid selesai , ada flek lg keluar, tdk banyak siy. perlu diketahui sebelumnya haid saya memeang tdk teratur dan dari sebelum menikah sdh pernah BUD juga tapi tidak terapi hormon, baru setelah menikah saya ke dokter kandungan kira 4 bulan lalu. Mohon penjelasannya, apakah perlu terapi kembali, karena dari dokter kandungan hanya menyarankan silahkan kembali ke dokter klo dlm satu tahun setelah menikah belum juga hamil.

  53. 53 cakmoki Agustus 27, 2007 pukul 3:03 pm

    @ hafisa,

    apakah perlu terapi kembali

    ya, perlu ke dokter lagi untuk follow up. Tidak selalu terapi hormon ulang, bergantung hasil pemeriksaan dokter.
    Jika beliau menentukan terapi hormon ulangan, maka akan dibuat program terapi hormon ulangan.

    moga membantu, dan semoga sukses :)

  54. 54 adin Agustus 30, 2007 pukul 7:42 pm

    cak,
    saya gadis 22 th, jg lg bingung nih,
    pasalnya dlm sebulan ini haidnya 3x, selang cm seminggu, saya dah periksa ke dokter ahli kandungan,baru dikasih obat u menghentikan perdarahannya n mengatur hormonnya dulu.
    kejadiannya abis aku mendaki gunung lawu & demam sampe seminggu. tapi pas haid ini, sakit terutama sebelah kiri&darahnya menggumpal.ada kemungkinan kista kah?
    nek doktere bilang msh praduga yg positif dulu, gangguan hormonal ajah. tp aku ya khawatir nek ternyata kista, waktu di usg nampaknya ada _ kurang cermat e ngamatinya_
    mohon keterangannya
    maturnuwun…

  55. 55 cakmoki Agustus 31, 2007 pukul 6:54 am

    @ adin,
    mengingat kejadian tersebut baru sebulan terakhir dan dibuktikan tiak adanya kelainan pada pemeriksaan USG, saya sependapat dengan dokter ahli kandungan tersebut, yakni Gangguan Keseimbangan Hormonal (dan ini emang kejadian terbanyak). Kondisi ini bisa berulang atau berlangsung lama karena berbagai faktor pemicu, antara lain kelelahan fisik ataupun kelelahan psikis.
    Tenang aja deh, kan di USG gak ada kelainan tho … ntar kalo masih keluar darahnya, pengobatan bisa diulang.
    Moga segera sembuh ya :)

  56. 56 echi September 11, 2007 pukul 2:48 pm

    pak dokter,

    masih ditunggu nih postingan ttg PMSnya.. hehehe :)

  57. 57 cakmoki September 12, 2007 pukul 9:06 am

    @ echi,
    PMS udah posting…. :) silahkan lihat di:
    PMS Datang Badai Mengguncang

  58. 58 hafisa September 26, 2007 pukul 10:42 am

    Dear cak,

    mau tanya lagi niy..evaluasi dari pertanyaan sebelumnya, masih mengenai BUD yang saya alami. setelah satu bulan dr jadwal haid terakhir minum cyclo-P, ternyata haid nya telat dan keluar darahnya tidak banyak hanya flek2.saya pikir mungkin hamil krn sdh telat dan keluar nya hanya flek saja tapi setelah di tes negatif. menurut dokter kandungan harus dilihat dulu satu bulan lagi, krn biasanya dengan cyclo-P haid nya harusnya normal kembali, dan disarankan untuk tes hormon. yang saya ingin tanyakan apakah perlu untuk tes hormon mengingat usia perkawinan baru berjalan 5 bulan .dan saat ini saya diberi transamin untuk menghentikan perdarahan/flek2 tsb krn itu diluar periode haid, apakah transamin ada efek sampingnya?
    terimakasih untuk jawabannya

  59. 59 cakmoki September 26, 2007 pukul 11:32 pm

    @ hafisa,
    Dear hafisa,
    ya benar, mengingat usia perkawinan masih 5 bulan dan gangguan haid tidak menunjukkan kelainan organ reproduksi, maka saya sependapat bahwa pemeriksaan hormon tidak diperlukan.
    Foloow up bisa berlangsung hingga 3-6 bulan, kalo sebulan menilai haid menurut sy koq terlalu dini.

    Transamin berfungsi untuk stabilisasi or hemostabilizer, gak ada efek sampingnya koq, aman.

    Trims share-nya, moga bermanfaat.

    » ke atas

  60. 60 emak Oktober 26, 2007 pukul 5:53 am

    cak, punya data yang pasti tidak tentang penggunaan KB yang menimbulkan haid berkepanjangan sehingga aktivitas seksual menjadi terganggu. terimakasih sebelumnya yaaa….

  61. 61 cakmoki Oktober 26, 2007 pukul 10:10 am

    @ emak,
    maaf, saya gak punya data tentang itu

    » ke atas

  62. 62 itha November 3, 2007 pukul 7:56 pm

    saya mau menenyakan tentang penyakit yang diderita teman saya,,,dia menstruasi terus-menerus dan keluhannya adalah sakit pada perutnya,,terkadang ulu hatinya terasa nyeri,,,apakah ada hubungannya antara nyeri pada ulu hati dan menstruasinya yang tidak berhenti itu???lalu kira-kira teman saya itu mengidap penyakit apa ya???saya curiga dia terkena kanker rahim karena pendarahannya itu,,,terima kasih,,,

  63. 63 cakmoki November 3, 2007 pukul 11:50 pm

    @ itha,
    mestruasi berkepanjangan dan sakit ulu tidak ada hubungan langsung. Namun bisa saja sakit ulu hati muncul karena rasa cemas akibat menstruasi yg berkepanjangan.

    saya curiga dia terkena kanker rahim karena pendarahannya itu

    lho lho lho, koq malah nakut-nakutin ..hehehe, tidak semudah itu … kanker rahim banyak tandanya, dan perlu pemeriksaan untuk menentukan jenis maupun penyebabnya…
    so, sebaiknya periksa ke dokter ahli kandungan… belum tentu ada penyakit serius koq … ini lebih bagus daripada hanya menduga-duga, apalagi dugaan yg menakutkan

    Moga bermanfaat :)

  64. 64 Cathy November 7, 2007 pukul 8:02 pm

    eh cak, aku mau sharing aja nih. dulu sbelum merit setiap mens pasti kena PMS terutama kram di perut bagian bawah (nyeri banget selama 2 hari pertama). After merit sakitnya sedikit berkurang, tapi masih terasa nyeri. Darah haid sering menggumpal pada hari pertama-kedua.
    After punya baby (persalinan normal) semua nyeri2 PMS itu langsung mak blas.. hilang lang lang , dan darah haid juga lancar car.. Enak sih, seneng banget saya.
    Apa ada penjelasan ilmiah untuk kasus saya ini? Karena rupanya teman saya juga mengalami hal yang sama. Apakah kalau dulu saya melahirkan secara caesar, hal yang sama bisa terjadi pada saya? Thanks ya cak atas penjelasannya

  65. 65 Cathy November 7, 2007 pukul 8:08 pm

    satu lagi cak, dulu sblm punya baby jadwal haid sering tidak teratur, kadang sebulan 2 x, kadang 2 bulan sekali, malah terkadang darah haid berwarna coklat tua (medheni ya cak). Sekarang jadwal haid cukup teratur untuk ukuran saya,rata-rata siklus saya 30 hari sekali. paling hanya telat 3-4 hari kalau lagi banyak tekanan hidup (pekerjaan, maksudnya, krn belum program hamil hehehe).. Kok bisa ya Cak?

  66. 66 Cathy November 7, 2007 pukul 8:18 pm

    nanya lagi ya Cak.. halah ga habis-habis..
    Budhe saya (single, 50 tahun) didiagnosa kanker serviks stadium 3, saat ini sedang kemoterapi. saya baca di literatur kanker serviks lebih banyak menyerang wanita yang sexually active karena major cause nya adalah virus HPV yang ditularkan via sex.
    Heran saja saya kenapa Budhe bisa kena, padahal beliau:
    – single, dan imannya cukup tebal
    – tidak merokok/minum miras yang menurut literatur meningkatkan resiko kanker serviks
    – tidak bekerja di lingkungan yang banyak terpapar zat kimia (almarhum teman saya, single, meninggal karena kanker, diduga penyebab kankernya adalah terpapar zat kimia di lingkungan kerja – almarhum adalah seorang analyst kimia)
    – beliau menjaga makan dengan baik,jarang stress, tidur cukup dan lumayan suka berolahraga.

    Ini sebenarnya bukan nanya tapi curhat.. mohon pendapat cak moki ya kok bisa si Budhe kena. Dan mohon doa semoga pengobatan Budhe berhasil.

  67. 67 cakmoki November 9, 2007 pukul 2:49 pm

    @ Cathy,

    1. tentang PMS
    ya, ini dapat dimaklumi mengingat salah satu sebab terjadinya PMS adalah faktor psikis selain faktor perubahan hormonal. So, ketika merit lalu punya baby, segala keluhan PMS menghilang mungkin karena hidupnya lebih tenang and enjoy … tapi tidak semua gitu lho, soalnya kondisi psikis seseorang berbeda untuk setiap keadaan. Ada juga yg malah menghebat PMS-nya saat punya baby karena merasa ribet … :)
    PMS tidak ada hubungan langsung dengan operasi Caesar. Kalaupun sang teman mengalami hal yg sama, ini hanya kebetulan semata.

    2. tentang haid
    penjelasannya sama dengan yang pertama … lebih kepada pengaruh psikis. Pada dasarnya, seseorang yang kondisi psikisnya bagus, enjoy, ..maka banyak keluhan “psikosomatis” (keluhan fisik karena pengaruh psikis) akan menghilang dengan sendirinya.

    3. tentang kanker serviks
    Penyebab primer dari semua kanker (termasuk kanker serviks) hingga kini, tidak diketahui. Adapun major cause di literatur hanya hipotesa berdasarkan penelitian kohort (kilas balik) para penderita di wilayah tertentu dan dalam kurun waktu tertentu. Tidak semua daerah dan tidak semua negara sama. Di daerah yang menganut faham seks bebas, bisa jadi faktor pencetus terbanyak adalah virus HPV, sedangkan di negara yang masih memegang erat budaya ketimuran serta tidak menganut faham seks bebas, tentu major cause nya berbeda.
    Sayang di negara kita belum ada penelitian menyeluruh seputar kanker serviks ala Indonesia. Kalau ada, niscaya hasil penelitian major cause-nya beda.
    AKhirnya, semoga pengobatan Budhe tercinta berhasil …

    NB: mohon maaf atas keterlambatan jawaban, karena kebetulan ada kesibukan.

    » ke atas

  68. 68 Cathy November 9, 2007 pukul 7:28 pm

    Dok… eh Cak… makasih banyak atas penjelasannya. saya maklum kok kalo banyak kesibukan.. heheh,nek gak ngono dapure gak ngebul yo Cak. Sekarang ada vaksin kanker rahim yang sedang dipromosikan (anaknya Sophia Latjuba katanya sudah divaksin juga). Kalo ndak salah itu isinya virus HPV yang sudah dilemahkan (bener tidak cak?). Jadi mikir, kalo di Indo ternyata major cause kanker serviks bukan HPV, percuma juga divaksin (mahal pisan)..

  69. 69 cakmoki November 10, 2007 pukul 3:02 am

    @ Cathy,
    hehehe, selamat mengebulkan dapur :)
    Soal vaksin untuk kanker rahim sementara saya gak komentar dulu, maklum…promosi model begini di Indonesia terlalu sarat dengan masalah niaga … kita tunggu aja penelitian lokal Indo supaya lebih afdhol :)

  70. 70 ienk November 11, 2007 pukul 10:58 am

    Numpang nanya ya cak..
    Kebetulan aq juga baru pulang dari opname. Ceritanya gini bulan September aq ngalami mens yang lamanya 26 hari (sebelumnya juga pernah sih umur 14 taon = 32 hari, & 19 taon 29 hari, sekarang keulang lagi di umur 24 taon, kaya Pelita yaa).Pas hari ke 24 aq ke dokter, trus dikasi endometril utk menghentikan pendarahan&baru berhenti di hari ke 26.Eh ternyata tgl 5 mens lagi sampe tgl 13 Okt. Karena biasa banyak aktifitas, aq cuekin rasa gampang capek. Trnyata pas periksa tgl 22 Okt aq dinyatain kena anemia&tifus, dengan hb 8,0, hematokrit 25 & eritrosit 3,61&harus opname. Besoknya diminta cek darah lagi & USG, hasilnya Fe Serum aq 11&ferritin 4,6, yang terus diharuskan infus Venofer sebanyak 3botol. setelah diberi Venofer, Fe serum naik jadi 54&ferritin 162,3, tapi hb malah turun jadi 7,6&hematokrit 24. Akhirnya aq ditranfusi sebanyak 4 kantong. Sementara itu dari hasil USG disebutkan Uterus sedikit membesar (39,8×69,3×40,1mm), struktur inhomogen, tampak modul hiperekhoik, batas cukup tegas,ukuran 14,4×14,9 mm pada posterior serviks.
    yang ingin aq tanyakan, kenapa setelah penambahan besi via Venofer (yang kata dokternya akan memancing hb krn fungsi besi adalah mengikat hb), hb aq malah turun & apa maksut dari hasil USG itu cak (krn mama gak bilang sama aq).
    Terima kasih untuk jawabannya ya cak.

  71. 71 ienk November 11, 2007 pukul 11:02 am

    Oya cak, saat ini aq masih terusin obatnya yang diresepin untuk 30hari, yaitu folavit 1000mcg 1tablet sehari & maltofer 1 tablet sehari. kalo sebelumnya pas masih opname aq dikasi cravox 500mg 1tablet shari, folavit 1000mcg 1x sehari 2tablet, & maltofer 2x sehari 1 tablet (pola minum obat ini sampai tanggal 6 nov kemarin).
    Terimakasih sebelumnya..maaph curhatanq panjang he he…

  72. 72 cakmoki November 11, 2007 pukul 8:31 pm

    @ ienk,

    kenapa setelah penambahan besi via Venofer (yang kata dokternya akan memancing hb krn fungsi besi adalah mengikat hb), hb aq malah turun & apa maksut dari hasil USG itu

    menurut saya, lebih efektif pakai whole blood alias transfusi darah segar, karena semua komponen darah ada di situ dan gak 2 kali kerja, 2 kali bayar …

    Adapun hasil USG gak papa tuh, bahasanya aja yang keliatan aneh … kalo perdarahan emang biasanya sedikit membesar karena ada penebalan dinding rahim … kira-kira gitu deh bahasa sederhananya.

    Moga sehat kembali :)

  73. 73 ienk November 12, 2007 pukul 8:38 am

    oooo gtoo…
    Yak setuju banget cak, kalo gak perlu Venofer, gak perlu ngilu 9 jam sampe tangan bengkak he he…habisnya Venofer botol pertama pas masuk nyiksa banget. sampe bikin aq perang dingin/ngambek ma dr Doxx SpPD(nama dirahasiain yaa..)toh akhirnya aq harus jadi draculla juga habisin 4 kantong darah..
    Jadi yg hasil USGnya aman2 aja ya cak..syukur deh…coz kemarin pas jadwal kontrol, sama dr Hardxxxxx SpOG (nama dirahasiain lagi yaa…) malah disuruh cepet2 nikah&hamil…wduh…bakal hilang deh kebebasan aq… ;(

    Thanx banget jawabannya ya cak (^_^)

  74. 74 cakmoki November 12, 2007 pukul 1:37 pm

    @ ienk,
    hehehe, saya sependapat dengan dr SPOG … cepetan nikah, kebebasan bisa diatur kali :)

  75. 75 ienk November 13, 2007 pukul 4:23 pm

    weks tidaaaaakkk!!!!!…gak dalam waktu dekat deh (kan masih keciill…he he )…..wduh critanya seprofesi trus seiya sekata nih… ;(
    O iya cak, jawaban cak moki dah aq print (kurang kerjaan banget yaa kayanya…demi..sih) & aq kasi ke Mom, & aq jelasin klo im fine&i’ll be OK & cuekin aja ketr di bagian bawah yang tulisannya “Kesan:myoma uteri” (coz tu yang sering jadi pikiran Mom) and…beliau dah mulai (agak) ayem (kalo org jawa bilang) biarpun aq dapet *PLETAKKK!!* sebuah jitakan di jidat & omelan yang panjangnya 4 halaman HVS (mending2 omelannya ditulis/diketik dulu ntar aq baca sendiri deh…he he..)

    Tengkyu buanget yaa…

  76. 76 cakmoki November 15, 2007 pukul 1:07 am

    @ ienk,
    itu ntar bisa diulang usg-nya kalo ada keluhan, soalnya kesan yg tertulis meragukan kalo dibandingkan dengan besarnya uterus.
    ok, moga aja hanya hiperplasia karena penebalan saja :)

    weks tidaaaaakkk!!!!!

    maksudnya tidak nolak nikah kan ? …hahahaha, tanya mom deh, dijamin beliau setuju :P

  77. 77 zha November 15, 2007 pukul 1:30 pm

    cak,
    selama pertengahan agustus lalu saya DUB, sdh terapi dg dokter spesialis kandungan. sy diberi obat,lutenyl&cyclo progynova.terakhir pendarahan 2 mgg lalu( saya skrg susah membedakan mana pendarahan mana haid) sebelumnya siklusnya normal.yg ingin saya tanyakan,perlukah saya terapi ulang/konsultasi lagi?mengingat belum pendarahan lagi :P kayaknya tanda-tanda sudah mulai sembuh..tapi ya memang sih, masih sering sakit perut bagian bawah.
    terimakasih sebelumnya..

  78. 78 cakmoki November 16, 2007 pukul 1:56 pm

    @ zha,
    Menurut saya, perlu periksa dan konsultasi ulang, mengingat masih ada rasa nyeri di perut bagian bawah.
    Bila ternyata gak ada kelainan, berarti aman :)
    Sedangkan untuk membedakan perdarahan dengan haid emang sulit karena siklusnya akan berubah. Nah supaya gak repot, yang berikutnya bisa dianggap haid jika dirasa seperti haid sebelumnya. Saya memaklumi hal ini karena mungkin terkait dengan masalah peribadatan.
    Thanks :)

  79. 81 maya November 17, 2007 pukul 12:32 am

    Cak, kalo mens nya 3 mgg, tp cuma netes2 aja ( dr tgl 28 okt – 12 nov).. trus pas tgl mens nya ( 13 nov ) keluar tp tdk begitu byk, itu knpa ya? setelah melakukan aktivitas seks, darahnya menetes sampai tgl 12 nov, itu knapa ya? saya bingung deh cak.. saya takut tar ga berhenti mens nya gara2 ‘itu’.. sebelumnya ga prnh begini cak..
    Balas ya cak..

  80. 82 cakmoki November 17, 2007 pukul 1:15 am

    @ maya,
    hai juga :)
    Sebaiknya diobati, bisa jadi karena DUB sedangkan aktifitas seks hanya sebgai pemicu belaka.
    Tentu bisa diobati, gak perlu khawatir.
    So, silahkan periksa and konsul ke dokter ahli kandungan terdekat.
    Moga segera pulih kembali :)

  81. 83 maya November 17, 2007 pukul 2:43 pm

    Kok bisa terjadi pendarahan ya cak?
    Jadi gmn dong biar bs kembali normal?
    Emangnya habis ‘berhub seks’ keluar darah ya..

  82. 84 maya November 17, 2007 pukul 2:44 pm

    Ciri” DUB sakit d perut bagian bawah ya cak..
    Saya ga begitu..

  83. 85 cakmoki November 18, 2007 pukul 9:42 pm

    @ maya,
    ntar diobati bisa normal kembali koq :)
    DUB gak mesti sakit perut bagian bawah, bergantung pada masing-masing orang. So, gak sama tiap orang

  84. 86 ciez November 19, 2007 pukul 1:10 pm

    mba q mo nanya
    q sedang mengalami haids tp kok dah 1 bulan ga selesai jg
    trus q pernah mangalami gangguan…
    setiap kali q buang air besar kok selalu ada darahnya ya?
    yg ni terjadi mulai 1,5 th yg lalu….terakhir baru bbrp bulan yg lalu
    kira2 q knp ya trus gmn solusinya??
    please jwb ya ke alamat email q
    sebelumnya terima kasih

  85. 87 cakmoki November 20, 2007 pukul 12:49 pm

    @ ciez,
    walah, pakai kumis koq mba sih … emang saya cantik ya … hehehe *becanda*

    Jawabnya di sini aja ya …
    Mens berkepanjangan apalagi sampai sebulan hendaknya diobati, so silahken periksa ke ahli kandungan atau dokter terdekat.

    Trus tentang buang air besar berdarah, jika darahnya darah segar and netes-netes, salah satu kemungkinannya : hemoroid or wasir.
    Coba baca artikel tentang ini di sidebar kanan atas yang ada gambarnya itu lho … ntar bisa didiskusikan lebih lanjut jika ada yg kurang jelas setelah membaca artikel dan diskusinya.

    Thanks

  86. 88 ienk November 23, 2007 pukul 8:57 am

    Cakmokiiii…, need ur help nih.. ;(
    Lagi phuyenk nih. Gini cak, pas kontrol ke DSPD & DSOG minggu lalu, aq diwarning supaya jangan sampe ntar dalam 1 bulan ketemu 2 periode mens, ato mens lagi yang luamaaa buangeth lagi (gimana caranya, kan out of my control ya..).
    Nah masalahnya, ni kejadian cak. Jadi mulai September ni sampe November “tamu” aq bener2 pada gak sopan semua, ada yang lama, ada yang 1 bulan 2 periode.
    Kalo bulan Sept mulai mens tanggal 2-28, setelah dikasi endometril & adona bisa brenti, habis tu mens lagi tanggal 5-13 Oktober (cuma lowong 6 hari aja), habis itu aq kena anemia deh. Trus dapet lagi tanggal 30 Okt – 6 Nov, nah tau-tau si “tamu” dateng lagi cak, kemarin mulai tanggal 22 Nov, jadi cuma lowong 15 hari.
    Yang terakhir tu gak pake permisi, maksutnya gak pake flek kaya yang biasanya, tapi langsung darah gitu & volumenya juga langsung banyak. Setiap mens aq juga gak pernah ngerasain yang namanya sakit perut, paling cuma pegel aja di punggung (heran deh, padahal temen kantor aq setiap mens pada mules sampe pingsan&opname, tapi jangan sampe deh aq ngrasain kaya gitu).
    Mo aq brentiin, tapi DSOG aq masih belum ijinin aq pake endometril saat ini, tapi kalo pake adona waktunya utk brenti lebih lama, ato malah kadang gak ngefek alias gak brenti juga. Saat ini aq juga masih ngabisin resep Folavit 1000mcg & maltofer 100mg
    Trus gimana dunk ni cak? what sould i do now? Hiks…bisa2 aq diomelin ma tu dokter berdua ntar, dikroyok deh, apa lagi kalo sampe kena anemia lagi. Padahal dah susah payah naikin hb dari 7,6 ke 13,9 setelah tranfusi 4 kantong kemarin dulu :(

    Thanx b4 yaa cak (^_~)

  87. 89 oliveoile Januari 1, 2008 pukul 1:43 pm

    Kalo endometril atau prometril (kalo ga salah) apa tu bisa dibeli di apotik? Teman saya kena endometriosis dikasi Azol. Tapi ketika dah sembuh, dia hamil trus keguguran. Trus ga lama endometriosisnya tumbuh lagi.

  88. 90 cakmoki Januari 1, 2008 pukul 2:56 pm

    @ ienk,
    sorry…kelewatan, duuh koq bisa ya …padahal tiap hari buka blog.
    Ok, :)
    Yang paling penting adalah pemakaian endometrin minimal 7-10 hari, maksudnya obat tersebut dilanjutkan walau mens berhenti dalam 3 hari.
    Dan jika setelah minum endometrin 7-10 hr masih perdarahan, maka obat tsb bisa dilanjutkan hingga berhenti.

    yg lain juga diminum dong dan makan banyak protein supaya gak anemi.

    Nah, langkah selanjutnya adalah maintenance or follow up. Jika mens datang sebelum jadwal, segera ke SPOG.
    Ini penting agar SPOG bisa menilai dan menentukan langkah selanjutnya, apakah tetap pakai endometrin berkala or pakai hormonal.
    Moga segera teratasi :)

    @ oliveoile,
    bisa… cuman gak semua kota sih…ada yg bisa ada yg enggak, soalnya perlu pertimbangan dan pemeriksaan untuk menentukan jenis dan lamanya pengobatan.
    kalo endometriosis sebaiknay dilakukan “dilatasi” (pelebaran dengan ditiup *ini istilah awam* atau pengobatan berkala)
    Thanks share nya ya :)

  89. 91 linae Januari 3, 2008 pukul 2:17 pm

    Hi Cak, salam kenal ;)
    langsung aja ke permasalahan saya nih
    saya abis pasang hormonspiral (sesuai anjuran dokter) dari mirena yang katanya paling bagus tapi juga mahal (sekitar 300euro lebih). pemasangan spiral dilakukan tgl 15 november 2007. setelah pemasangan itu keluar lendir selama semingguan (lebih) dan sakit dibagian perut bawah yang kadang datang dan pergi, trus tanggal 25 november nya sempat berhubungan badan dengan suami saya, setelah itu datang bulan terus menerus sampe sekarang :(

    waktu awal desember sempat melakukan pemeriksaan, tapi mungkin terlalu dini? (karena dokter nya cuti di bulan Januar), dan hasilnya semua OK. Karena waktu itu masih dalam masa normal period jadinya saya ngga banyak tanya soal haidnya karena menurut saya itu masih dalam batas normal saja (semingguan), memasuki waktu 2 minggu saya pikir mungkin masih waktu adaptasi benda asing itu dalam tubuh, ealah…kok sampe sekarang haidnya ga brenti². hiks…bikin ga enak saja, karena ngga bisa melakukan ibadah dan kebutuhan suami tak tercukupi, hehehe..

    apa memang begitu abis pasang hormonspiral? apa saya ngga cocok pake hormonspiral? ato ada hal lain sebagai pemicunya? sampe berapa lama kira2 ya cak haidnya ini? sudah ngga tahan :( apa saya harus buru² konsultasi ke dokter? (jadwal pemeriksaannya lagi 6 bulan setelah pemasangan). emm…tanya apalagi ya? hehehe… bingung dewe :p

    bales ya cak :) terimakasih sebelumnya ;)

  90. 92 cakmoki Januari 3, 2008 pukul 11:52 pm

    @ linae:
    hi, salam kenal juga :)
    Sebenarnya prinsip KB adalah “yang paling nyaman bagi akseptor”, bukan karena mahalnya. Selain itu perlu dipertimbangkan reversibilitasnya jika nanti ingin punya anak. So, boleh dibilang “cocok-cocokan”. Setiap orang gak sama. Orang lain cocok dengan alat kontrasepsi A belum tentu A cocok digunakan yg lain.
    Emang teoringa, spiral paling bagus, pakai hormonal maupun tidak.

    Bisa jadi kasus tersebut: DUB (gangguan keseimbangan hormonal) karena alat kontrasepsi tersebut. Sebaiknya konsultasi ke dokter yg masang tanpa nunggu jadwal berikutnya, jika menstruasi sudah melebihi seminggu, untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan.
    Hubungan badan, menurut saya bukan pemicu. Bisa jadi ada faktor lain kalau spiral hormon tersebut bukan sebagai penyebeb.
    So sekali lagi konsultasi tanpa harus menunggu jadwal.
    Oya, konon kalo soal KB, para petugas Indonesia jagonya … hahahaha …ini kata orang sono lho :)

    Moga segera teratasi
    Thanks :)

  91. 93 nona Februari 9, 2008 pukul 4:03 pm

    cak..ikutan nimbrung yah..aku mensnya gak teratur kadang 2 bulan , 3 bulan pernah juga 4 bulan sekali itu pun aku pergi ke dokter di kasih obat gynecosid baru deh keluar. Trus selama datang bulan aku minum jamu terus biar banyak keluar darahnya. karena kalo hanya mengandalkan obat saja memang keluar tapi kadang2 hanya sedikit banget. Ada efek samping gak ya kalo tergantung sama obat itu ? perut aku juga tambah kembung trus kalo lagi dapat bawaannya mual, dan uring2an. Sering disangka orang rumah aku hamil.(beneran lho!!) Dan membuat aku sedih..Tolong dong cak gmn caranya biar aku dapat mens teratur apa aku minum obat kb tapi yang untuk keluar mens saja? sejak minum obat itu badan ku jadi tambah melar…tlg di jwb yah cak..mks!

  92. 94 nona Februari 9, 2008 pukul 4:21 pm

    oh ya cak sebagai info tambahan aku punya jenggot , bulu di atas bibir, bulu kaki dan tangan yang tumbuh subur. Aku perhatikan setiap aku mau datang mens ( setelah minum gynecosid) bulu jenggot seperti tidak tumbuh tapi kalo tidak lagi mens pertumbuhannya cepat. trus sebelum mens kok gatal2 ya dan selama mens juga sam sampai selesai mens. Kenapa ya cak ?…

  93. 95 cakmoki Februari 13, 2008 pukul 1:44 am

    @ nona:
    hmm … ini hypomenorrhea. Ada beberapa cara or upaya agar mens manjadi teratur.
    Pertama udah ok, yakni menggunakan gynecosid 1×1 selama 2 hari lantas ditunggu hingga mens. Cara ini bisa diulang pada siklus berikutnya atas petunjuk dokter.

    Kedua, jika cara pertama kurang memberikan respon yg bagus, sebaiknya konsul dan periksa lagi ke dokter spesialis kandungan. Ntar DSOG akan memeriksa secara teliti penyebab lamanya interval mens yg satu dengan mens berikutnya.
    Jika tidak ada kelainan apapun biasanya DSOG akan menetapkan skedul pengobatan agar mens teratur.
    Tentang jenggot dan bulu lain, kemungkinan ada hubungannya dengan mens yg ga teratur. Dengan pemeriksaan hormonal akan diketahui kadar hormon pemicu bulu-bulu tersebut dan DSOG akan memberikan obat yg sesuai.

    Moga bermanfaat :)

  94. 96 nona Februari 18, 2008 pukul 8:51 am

    Pagi cak moki!.. makasih banget ya masukannya. Tapi cak, kok belum di jawab efek samping dari obat itu? aku juga pernah di saran kan minum pil KB tapi untuk yang mensnya saja, trus pil KB yang tidak membuat badan gemuk apa ya ? …

  95. 97 maswie Februari 18, 2008 pukul 10:40 am

    Cakmoki mo nanya nih,
    Saya kebetulan punya “temen deket”, dia tu punya keluhan sakit saat haid. Kejadian ini baru berlangsung sekitar satu tahun belakangan ini sebelumnya tidak. Kalo lagi sakit haid kadang sampai pingsan dan darah haid menggumpal, rasa sakit itu si hanya sekali saja dalam satu kali haid, dan rasa sakit berlebih itu terjadi saat keluar darah yang menggumpal itu. Siklus haid dia normal. Mohon penjelasannya, saya khawatir dia terkena endometriosis. Trus apakah pola makan berpengaruh? soalnya dia tu susah banget buat makan, sehari paling 2 kali itu juga sedikit banget N kadang klo habis makan langsung pengen buang air( kaya bebek wae, bisa de ingu). Saya suruh periksa ke dokter tetapi dia enggan dan keliatannya dia tidak begitu khawatir dengan sakitnya itu. Aduh puyeng nih, apa karena saya saja yang terlalu khawatir ya.
    Tolong kasi penjelasan n solusinya dong…..
    Opo de RABI wae yo? jerene mba @Evy

  96. 98 cakmoki Februari 19, 2008 pukul 12:36 am

    @ nona:
    oh iya, maaf…
    efek samping yang bisa timbul pada umumnya: mual dan rasa melayang.

    Salah satu efek Pil KB adalah perubahan Berat badan, biasanya naik. Namun efek ini sangat individual, artinya tidak semua orang mengalaminya. Misalnya, seseorang minum pil KB jenis A, berat badannya naik sedangkan orang lain minum obat yg sama tapi berat badannya ga naik, inilah yg disebut individual. So ga ada jaminan pil KB tertentu tidak menimbulkan kenaikan berat badan

    @ maswie:
    nyeri haid disebut dismenore, yang bisa timbul menjelang haid atau hari pertama haid atau saat dalam siklus haid.
    Penyebabnya macam-macam, bisa karena masalah hormonal, psikis atau bisa juga ada gangguan organ reproduksi, dll.

    Solusi:
    Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis kandungan melalui pemeriksaan fisik atau dengan USG.
    Jika ternyata gak ada kelainan setelah diperiksa oleh DSOG, berarti aman… kadang perlu obat pereda nyeri haid sebelum nyeri datang, mengingat si temen sampai pingsan.

    Atau … rabi wae … hahahahaha

  97. 99 @ndhie Ortega Maret 12, 2008 pukul 11:00 pm

    Dear Cakmoki,

    Cak aku mau nanya, aku punya adik perempuan sekarang dia duduk dikelas 3 SMP, pada saat pertama kali dia menstruasi mengalami pendarahan hebat, maksudnya darah yang keluar sangat banyak sekali sama seperti orang melahirkan (sampai pake pembalut yg biasa dipake org melahirkan) dan waktu menstruasinya yang panjang sampai 1,5 bulan hingga dia makin kurus & lemas karena kehilangan banyak darah dan yang lebih parahnya lagi dia terpaksa tidak masuk sekolah (padahal hampir mendekati ujian) selama masa mens itu karena dia malu & minder dengan banyaknya darah yang membasahi seragam sekolah sama tasnya. Sekarang dia baru mendapat menstruasi yang keduanya setelah hampir 4 bulan kosong. Untuk menstruasi yang kedua ini sudah berjalan hampir 2 bulan tidak berhenti malah lebih parah lagi dengan makin banyak jumlah & frekuensi darah yang keluar, sudah berbagai cara sudah saya coba (pengobatan alternatif) dan obat-obatan diminumnya namun belum berhenti juga. Pernah dibawa ke spesialis kandungan dan di USG tapi katanya tidak ada masalah pada rahimnya dan pas ditanya apa hasil analisa dokter katanya cuma masalah sedikit pada hormon saja jd tdk ada solusi sampai skrg. Cak! saya dan keluarga sudah hampir putus asa disamping karena kendala masalah biaya juga keadaan ekonomi keluarga yang kurang baik jadi mungkin usaha saya mungkin belum maksimal. Apakah ini karena ada kemungkinan kanker rahim ?? Thanks sebelumnya atas responnya, saya berharap bgt dapat respon dari cakmoki ttg hal ini!

    Thanks Bgt,
    @ndhie Ortega

  98. 100 cakmoki Maret 13, 2008 pukul 5:32 pm

    @ @ndhie Ortega:

    Apakah ini karena ada kemungkinan kanker rahim ??

    sepertinya enggak, mengingat dokter kandungan udah periksa usg dan beliau mengatakan ga ada masalah dengan rahimnya, karena kanker rahim akan terdeteksi saat pemeriksaan oleh dokter kandungan.
    Lagipula beliau menyebutkan masalah hormon, yang dimaksud adalah gangguan keseimabngan hormon atau hormonal imbalance.

    Menurut saya, jika masih menstruasi hingga lama banget, sebaiknya berobat ulang atau jika faktor biaya menjadi kendala, bisa periksa ke RSUD. Ntar akan diperiksa secara menyeluruh untuk mengetahui penyebabnya. Selain itu mungkin akan diperiksa juga ada tidaknya gangguan darah melalui pemeriksaan darah lengkap (hematologi)

    Moga bermanfaat dan mudah-mudahan adinda segera pulih kembali.
    Trims

  99. 101 Fanny Maret 17, 2008 pukul 12:10 pm

    halo …makasih banget yah atas infonya kebetulan sekarang saya lagi ngalamin spot gitu udah 13 hari belum berhenti masalahnya mulai dari sejak kita coba buat anak karena udah 2 tahun safe pake kondom setelah nyampur udah lewatin haid sekali trus berikutnya spot gini(dengan jumlah darah yg sedikit trus warnanya kecoklatan aja ) sebenrnya agak worried tapi tanya sana sini katanya sih kecapekan saya gak berani ke dokter soalnya di luar negeri jadi agak riskan walau saya agak worried juga tapi kaya nya pas baca artikel ini cukup membantu loh makasih banget ya …oh ya saya mau tanya kalau mens yg berkepanjangan ini gak tentu ya hilang nya kapan? trus trus saya mens nya gak pernah teratur malah sering 2 bulan sekali apa itu mengganggu kesuburan saya ? trus saya kok sejak gemuk sering kena bisul ya ? padahal ga pernah alergi sama telur tapi sejak 4 tahun yg lalu bisul nya wara wiri di tubuh ku hiks…i hope you can help me thank you …God bless

  100. 102 cakmoki Maret 17, 2008 pukul 3:31 pm

    @ Fanny:
    halo

    …kalau mens yg berkepanjangan ini gak tentu ya hilang nya kapan?

    iya, gak bisa diprediksi. Mens ga teratur tidak serta merta mengganggu kesuburan, tapi emang perhitungan masa suburnya jadi meleset. Kalo kena pas masa subur tentu bisa hamil.

    Tentang bisul, bener tuh…adakalanya lebih mudah timbul pada saat gemuk. Ini terjadi karena pembuntuan saluran kelenjar lemak trus terjadi infeksi or peradangan kalo pas ada mikroorganisme ikutan nimbrung di situ… gak mesti alergi telur lho, kan bisul beda ama alergi
    Moga membantu :)
    God bless

  101. 103 Winnie April 5, 2008 pukul 2:49 pm

    Mm…artikelny cukup bagus…wawasan saya jadi bertambah.
    Mau tanya… Kalau terjadi keputihan, lalu beberapa hari kemudian ad perdarahan pervaginal (di luar siklus M)…kira2 kenapa,y? Mengobatinya gimana? (NB: kalau M juga ad nyeri…apa ada hubungannya?) Trims.

  102. 104 cakmoki April 5, 2008 pukul 5:23 pm

    @ Winnie:
    Trims

    ok, keputihan yg disertai perdarahan pervaginal bisa disebaban berbagai hal, diantaranya: infeksi. Namun bisa pula merupakan 2 kejadian yang berbeda mengingat bahwa perdarahannya (seberapa banyak) terjadi beberapa hari setelah keputihan. Dan keputihan tersebut (kalo sembuh sendiri tanpa diobati) nampaknya bukan keputihan karena penyakit (non patologis)

    Mengobatinya gimana?

    Untuk keputihannya, silahkan baca dulu artikel sebelumnya di sini
    Sedangkan untuk perdarahannya, bergantung kepada penyebabnya. Jika gak ada sebab lain (gak ada infeksi or gangguan lain), cukup diobati dengan obat pereda perdarahan, misalnya: Adona, Danochrom dan sejenisnya.
    Jika diduga berhubungan dengan masalah hormonal atau infeksi, maka perlu pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan diagnosa dan mendapatkan obat yang sesuai.

    Adapun nyeri saat menstruasi (dismenore) tidak berkaitan dengan masalah tersebut di atas, obatnya: kombinasi antara Analgesik (pereda nyeri) dan ergotamin-coffein, diminum sebelum nyeri haid (biasanya sehari menjelang haid bergantung kebiasaan datanya nyeri).

    Moga berguna
    Trims :)

  103. 105 Rianto April 12, 2008 pukul 6:05 pm

    capricorn,

    cak mgp kalo lg dapat menstruasi, keluarnya selalu sedikit2, agak kecoklatan dan wktnya lama, apa ada hbnya dgn kb spiral yg saya pakai, siklus haid saya hanya 20 hari, apa itu tdk apa2 , tq

  104. 106 anna April 16, 2008 pukul 12:27 pm

    Cak, saya juga ngalamin hal di atas, ini kali kedua saya ngeflek-ngeflek hampir sebulan dengan darah warna hitam, saya pakai IUD, dicek masih bagus, USG baik, pernah pake metil ergometrin kombinasi dengan adona seminggu lebih, tapi gak berkurang. Trus sama dokter sekarang diberi norethisteron (Regumen).Pas minum Regumen dapat 2 hari fleknya stop, lalu saya stop obatnya,eh besoknya keluar lagi
    Apakah Regumen ini harus diminum terus? Sampai berapa hari Cak?Apakah saya akan tergantung terus dengan hormon ini (jika tidak minum maka akan keluar flek lagi)?6 bulan lalu saya pernah seperti ini tapi flek darah hitamnya cuma 2 minggu lalu lanjut darah segar.Kenapa ya yang sekarang hitam terus?Saya jadi takut nih…
    Memang sih sebulan terakhir banyak pikiran dan kerjaan.
    Mohon penjelasan farmakoterapinya ya cak…maklum saya apoteker jadi nggak ngerti banget ilmu kandungan….makasih banyak

  105. 107 cakmoki April 17, 2008 pukul 2:34 am

    @ Rianto:
    lamanya seberapa ? kalo masih kisaran 3-10 hari (rata-rata 7 hari) gak papa, sedangkan siklus normal kisaran 21-35 hari (rata-rata 28-30 hari), selisih dikit gak papa. Gak ada hubungannya dengan spiral karena spiral gak mengandung hormonal yg mempengaruhi siklus haid.

    @ anna:
    ok, metil ergometrin bekerja dengan cara menstimulir uterus dengan harapan dapat menutup kapiler di dinding uterus, sedangkan adona bersifat hemostatik yg mempertahankan permiabilitas kapiler. Pilihan kombinasi ini merupakan pilihan pertama karena tidak mengandung hormonal.
    Namun jika dalam seminggu atau 10 hari belum menunjukkan hasil memuaskan maka dipiluhlah pilihan kedua yakni pengobatan menggunakan hormonal.

    Minum Norethisteron mestinya sampai habis (biasanya 7-10 hari) walaupun misalnya mampet dalam 3 hari, obat tetap diteruskan hingga habis. Kalo dihentikan akan mengakibatkan withdrawl, yakni reaki feedback mechanism yg memicu produsi hormon melalui hypothalamus, trus berefek ke rahim dan akan mengalami perdarahan lagi.

    Gak akan menimbulkan ketergantungan koq…hormon tersebut bekerja reversibel, ntar keseimbangan hormon estrogen dan progesteron akan kembali normal.

    Masalah warna lebih dipengaruhi oleh proliferasi (penebalan) dinding rahim saat menjelang ovulasi hingga masa menstruasi. Jika proses proliferasi terganggu, maka penebalan dinding rahim tidak disertai dengan makin banyaknya pembuluh darah kapiler dalam rahim sehingga lebih banyak jaringan ikat penunjang yang keluar ketimbang sel-sel darah, serum dam pembuluh darh kapiler. Inilah mengapa warnanya menjadi lebih hitam dibanding biasanya.
    So, gak papa sepanjang hasil pemeriksaan fisik dan penunjang (USG, dll) gak menunjukkan adanya kelainan.

    Moga penjelasan singkat ini berguna
    Trims :)

  106. 108 arini April 21, 2008 pukul 2:21 pm

    saya masih berstatus mahasiswa d sby,mau nanya nih ttg kelainan menstruasi.beberapa bulan ini jika saya lg mens slalu pingsan dan nyerinya hebat bgt.kata dokter yg jaga klinik kampus, saya suspect endometriosis,saya sempat usg juga d rs bersalin, kata dokternya ada endometriosis 1,9 cm.
    yang mau saya tanyakan endometriosis itu apa y?sejenis tumorkah?apakah berbahaya bgt?karena waktu d beri penjelasan oleh dokter saya masih kurang paham.trus bagaimana cara pengobatannya?karena sampai saat ini saya hanya minum obat anti nyeri setiap mens datang.thanx a lot

  107. 109 diana April 23, 2008 pukul 1:04 pm

    cak moki,maaf aku datang lg dengan pertanyaan baru..langsung aja ya cak…cak,bln ini menstruasiku sepertinya rd kacau ga seperti bln2 sebelumnya.lama menstruasinya untuk bln ini 8 hari..bsnya 10 an hari.darah yg keluar jg ga seperti bsnya.sedikit dibandingkan bln2 sebelumnya.pada saat hari k-7 mash terdapat darah merah(dari pg-siang aja).hari k-8 dari pg-sore udah ga keluar lg.aku pikir udah selesai kr dr pagi-sore udah ada tanda keluar (maaf)cairan keputihan yg biasanya menandakan aku selesai mens.(maaf)kr dpikir udah selesai km melakukan hub sex.ga berapa lm setelah berhub sex aku keluar darh lg cak 2X tp cm dikit bgt dan warnanya merah segar.saat darh mau klr pert bawahku trs sedkit skit..setelah itu ga keluar2 darh lagi.kira2 darah yg keluar tp dikit itu sisa darah mens bkn ya cak…kr aku bc2 di internet kl habs campur ama suami ada bercak darah bs menandakan ada sesuatu yg ga beres..dan bsnya cak kl aku mens mau selesai ga berhenti langsung..hari7/8-10 ditandai dengan bercak coklat dl baru selesai..untuk bln ini ga pk sikls klr coklat2 gt cak..langsung berenti di darh mensku yg mash merah.aku jd takut mau hub ama suami lg cak..kl menurut cak moki gmna??kira2 menstruasiku masih dikatakan normal ga ya cak dan darh yg keluar saat aku melakukan ML kira2 masih darh sisa mens bkn ya cak???…untuk pertanyaan kedua cak(maaf cak panjang banget)..td pg abs mandi di ulu hatiku keluar benjolan kers seperti tulang…aku ga tau itu tulang atau benjolan yg harus diperiksain k dokter..munculnya pas perutku ga sengaja aku kempesin..tempatnya pas ditengah2 bget atau tepat dbawah tulang tengah/di ulu hati atas muncul benjolanny.. keras kayak tulang bentuknya bulat kl dilht dan diraba..ga sakit..tp kl aku dalam posisi berdiri biasa tanpa ngempesin perut ga timbul tuh cak benjolanny cm kl aku tekan terasa keras dan bulat..duh aku takuuuut bagt cak…takut tumor atau penyakit lain yg aku udah ngeri mikirnya..amit2 smoga dijauhkan..pas aku lihat di gambar rangka tulang manusia..ditulang bag tengah yg paling bawah, dekat ulu hati, tulangnya terliht gantung(seperti kuku panjang)..duh cak aku g sekolah kedokteran jd ga tau namanya apa itu..kira2 benjolanku tulang yg aku maksud td bkn ya cak..tp kok hilang timbul ..suamiku n anak2ku kl ngempesin perut kok ga timbul benjolan kayak aku ya cak…hik222..cm terasa keras`aja tp ga krsa bulat..mohon penjelasannya ya cak..kira2 benjolan apa tuh cak???terima kasih banget cak atas jawabannya & mohon maaf sekali lg kr terlalu panjang nulisnya…

  108. 110 anna April 23, 2008 pukul 2:07 pm

    Cak Moki tanya lagi. Terapi kedua dengan norethisterone digunakan selama 15 hari ya?Setelah itu tidak usah minum lagi ya? Jika masih keluar darah lagi setelah hari ke 15 apa perlu minum lagi norethiteronnya? Apa ada terapi lanjutan jika hormon ini belum berhasil? Apa saya harus melepas IUD?Makasih banyak

  109. 111 cakmoki April 26, 2008 pukul 7:15 pm

    @ arini:
    Endometriosis adalah gangguan atau penyimpangan dari pembentuk jaringan endometrium (rahim). Berdasarkan letaknya dibagi 2 yakni, eksternal dan internal. Endometriosis bisa juga terjadi di indung telur (endometriosis ovarium).
    Pengobatannya bergantung pada hasil pemeriksaan dokter ahli kandungan. Bisa dengan obat atau dengan tindakan medis. So sebaiknya periksa ke dokter ahli kandungan agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai.
    Moga bermanfaat dan mudah-mudahan masalah tersebut segera teratasi. trims :)

    @ diana:
    ok, langsung juga ya :)
    1. Bisa jadi itu sisa darah menstruasi. Kalo gak ada keluhan lain sih kemungkinan gak papa. Lamanya mestruasi normal sekitar 3-10 hari. So, menurut saya, hubungan dengan suami teruskan aja kalo saat ini emang ga ada keluhan… kalo kelamaan puasa, pusing dong *bercanda :) *

    2. Tulang rawan yang menonjol tersebut namanya xyphoideus, yakni tulang rawan di ujung bawah sternum (tulang dada bagian tengah). Semua orang punya, hanya saja ada yang lebih menonjol ada pula yang tidak :) Seperti halnya tulang rusuk, ada yang keliatan ada yang tidak, pun bentuknya berbeda-beda….

    Thanks

    @ anna:
    biasanya 7-10 hari atau bisa juga dokter ngasih sampai 15 hari berdasarkan hasil pemeriksaan fisik.
    Jika masih keluar, dokter kandungan akan menilai kembali apakah perlu dilanjutkan ataukah istirahat sementara selama seminggu untuk kemudian dilanjutkan kembali. Ini semua ditentukan oleh dokter yang meriksa.
    Jika belum berhasil ada beberapa pilihan terapi lanjutan, misalnya:
    1. ganti obat
    2. kuret.
    3. melepas IUD
    Moga berguna :)

  110. 112 m4tha April 29, 2008 pukul 6:08 pm

    cak…salam kenal ya…artikelnya membantu bgt, secara aku juga lagi cari-cari info soal perdarahan yang terus menerus. Saat ini, aku lg ngalamin perdarahan dah hampir 6 minggu(38 hari). Gini lho ceritanya ; 7 bulan lalu(tgl 21 sept 2007), aku melahirkan. Lalu Nifas -+40hr. Setelah nifas, aku ga pernah haid lagi. Karena khawatir hamil, bln desember 2007, aku KB pake KB suntik yang 3 blnan. Setelah itupun aku ga haid lagi. Trus, karena KB suntik bikin Berat Badan aku jadi naik, akhirnya tgl 22 maret 2008 aku putuskan pake IUD(Pasangnya di Bdg, oleh Dr. S…, yg udah senior masalah bongkar pasang alat KB. Jenis KBnya, beliau buat sendiri. Karena Pasiennya banyaak n aku tanya2 banyak yang cocok dengan KB tsb, ya udah…ta coba pasang). Namun cak,setelah pemasangan itu, darahnya ga berhenti-berhenti, kadang volumenya banyak, kadang sedikit. 3 Minggu setelah pasang itu, aku dah konsul lagi ke Dr. S, ktnya perdarahan tsb akibat KB suntiknya, krn KB pasangnya bagus. Dia kasih 3 mcm obat, utk anti KBnya, adona ama vit K. Krn obat itu, Sempat 1 minggu kemudian darahnya berhenti,trus aku berhentiin juga obatnya. Kmdn aku coba berhubungan ma suami, n ternyata…setelahnya aku pendarahan lagi…sampai skrg masih begitu. Mohon penjelasannya dong cak… apa bener pendarahan itu karena KB suntiknya n bukan krn KB pasang yg tidak cocok/penyakit tertentu?Kalo krn KB suntik, trus berapa lama KB suntik itu mempengaruhi hormon?obatnya sudah habis tp masih pendarahan, apa sebaiknya kembali ke Dr.S ato cek ke DSOG lain n apakah perlu dilakukan USG?Trus, boleh ga pada saat pendarahan itu, melakukan hubungan (krn itu darah diluar jadwal mens), efeknya sejauh apa? Duh, maaf pertanyaannya banyak ni…semoga cak berkenan menjawab :-)

  111. 113 cakmoki April 30, 2008 pukul 3:25 pm

    @ m4tha:
    Salam kenal juga :)

    Pertama: Tentang Perdarahan
    Menilik penjelasan dr. S dan rentang waktu antara berhenti KB suntik dengan mulainya perdarahan (beberapa bulan), bisa jadi karena efek hormonal dimana pada saat berhenti KB suntik akan terjadi withdrawal atau “negative feedback mechanism” yang mengganggu keseimbangan hormonal (hormonal imbalance). Inilah yang menyebabkan perdarahan. Tidak semua akseptor KB mengalami efek tersebut, so efeknya individual, maksudnya bergantung pada reversibilitas (pemulihan kembali) keseimbangan hormon estrogen dan progesteron masing-masing orang.
    Kemungkinan lain tetep ada. Bisa karena perdarahan or DUB (dysfunctional Uterine bleeding) yang berdiri sendiri, yakni tidak ada hubungannya dengan suntik KB yang kebetulan terjadi beberapa bulan pasca penghentian suntik KB.
    Pun demikian kemungkinan efek pemasangan Alat KB. Walau kemungkinannya kecil, tapi tetap ada kemungkinan karena faktor tersebut, langsung maupun tidak langsung. Dan masih ada kemungkinan lain yang belum kita ketahui sebabnya.

    Oleh karena itu, apapun kemungkinannya, menurut saya sebaiknya kembali ke dr. S atau ke DSOG lain untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan kalau perlu pemeriksaan USG.

    Kedua: Tentang Berhubungan Saat Perdarahan
    Dari sudut pandang medis, sebaiknya tidak berhubungan saat perdarahan, apapun penyebabnya, karena dikhawatirkan terjadi perdarahan lebih banyak dan emboli (masuknya gelembung udara ke pembuluh darah). Untuk memenuhi hajat suami gak harus berhubungan kan ?..eh *blethak-blethak* .. hehehe, moga ngerti maksudnya.

    Dari sudut pandang fiqih (agama islam) memang ada disebutkan bahwa tidak dilarang berhubungan di luar jadwal haid. Masalahnya, jadwal haid udah kabur dan kita gak bisa memastikannya. Selain itu bukan tidak mungkin masih ada silang pendapat (khilafiyah) terkait “batasan waktu” di luar jadwal haid. So, menurut hemat saya, gimana kalo pilih jalan aman aja? Artinya gak berhubungan untuk sementara waktu. Namun hendaknya masalah ini dibicarakn dengan suami dan ahli fiqih.

    Semoga penjelasan singkat ini cukup membantu, teriring do’a mudah-mudahan segera pulih seperti sediakala.
    Trims

  112. 114 melz Mei 2, 2008 pukul 3:00 pm

    ak cw 23 thn.blm menikah.ak mau tanya nih. ak dpt haid dr bln january lalu sampe skrg blm berenti jg. dktr kasih ak pil kb dan dktr srh minum selama 3 bln. sampe skrg ak minum udh di bln yg ke 3 jd sampe skrg ak msh minum pil kbnya. dari hasil usg ternyata terdapat kista kecil2 di dlm rahimku dan dktr bilang sih ktnya ga knp2. tp yg bwt ak khawatir kok haidku ga berenti jg yah? kadang bbrp hari keluar darah banyak kaya yg sdg haid gt tp setelahnya keluar sediki-sedikit. tp klo ak mengejan (ngeden) darah bisa keluar gt aja.dan biasanya klo pagi(bangun tidur) darah keluar agak banyak dibandingkan siang – mlm hari dan terkadang darah keluar disertai darah gumpalan kecil gt.
    kira2 apakah haidku ini bisa berenti ya?
    ak stress mikirinnya nih…
    thanks yah.

    kalo bisa tolong kirim ke emailku juga yah…
    pleaseeeeee
    camelia_3010@yahoo.com

  113. 115 cakmoki Mei 3, 2008 pukul 1:02 am

    @ melz:
    Mohon maaf, jawabannya besok malam via email ya, soalnya lagi ada tugas yang harus segera diselesaikan.
    Thanks atas pengertiannya :)

  114. 116 melz Mei 7, 2008 pukul 7:06 pm

    kok blm dijwb jg yah…
    i still waiting lho jwbannya
    soalnya msh deg2an jg nih

  115. 117 cakmoki Mei 9, 2008 pukul 1:26 am

    @ melz
    hehehe, maaf lagi nyiapain simposium.
    Udah tak kirim via email, ntar kalo masih belum jelas, boleh kita diskusikan lagi.
    Sekali lagi mohon maaf yaaaa

    Thanks :)

  116. 118 diana Mei 9, 2008 pukul 9:54 am

    cak moki terima kasih atas jawabannya…Semoga Allah membalas segala kebaikan cak moki…Amin

  117. 119 cakmoki Mei 9, 2008 pukul 10:37 am

    @ diana:
    sama-sama, terimakasih support dan do’anya …Amin.

  118. 120 diana Mei 17, 2008 pukul 12:17 pm

    Ass..cak moki,maaf aku mau nanya lg..ngerepotin lg ya cak..langsung ya cak..cak,masalahku after intercourse aku ada darah dikit..bingung,takut ya pk nangis segala akhirnya maksa suami pergi k dokter lg..ama dokter akhirnya aku herus menjalani tes darah,pap smear dan usg trans vaginal..dr tes darah, pap smear normal hanya aku anemia..dari tes trans vaginal ini yg akhirnya aku dirujuk k dokter obgyn..dan aku ga ngerti bangt dengan penyakitku ini.kr kt dokter keluhan/keadaan sakitku ini tdak sesuai dg umurku yg 29 th.aku tulis disini smua ya cak hasilny.dan aku minta tolong cak moki untuk menjelaskan k aku ya..
    the uterus is slightly bulbous in shape and contains multiple small fibroids.these are all from approximately 1 to 1.4 cm in maximum diameter.the endometrial thickness is increased to 1.6 cm..this is prominent even given the patient’s age.it may be menstrually related..her last normal menstrual period 4/10/08.followup after the patient’s next normal menstrual cycle may be useful.both right and left ovaries are identified .the right ovary measures 2.1×2.9×3.5cm.the left ovary measures 2.1×2.8×3.3cm. both ovaries contain multiple small hypoechoic areas consistent with cysts or follicles,all less than 1cm in diameter..
    Impression:
    1.mildly lobular uterus with multiple hypoechoic areas consistent with small fibroids 1.4 cm or less in diameter.
    2.thickned endometrium which may be related to the patient’s menstrual cycle. her last normal menstrual period was 4/10/08. thickness 1.6cm. followup after next menstrual cycle is suggested.
    cak,abs di usg aku ada vlek..apa krna luka atau darah menstruasi ya..kr besoknya aku mens…dan kenapa ya cak,menstruasiku udah 2 bln ini dikit ga seperti bln2 sebelumya yg smp 10 hari..2 bln ini darahnya cm dikit..apa bs krena pengaruh hormon ya cak kr aku sepertinya banyak pikiran dan bs dibilang stress.mungkin disini ga da kegiata ibu2 arisan atau main tenis jdnya kok ngerasa ga sehat trs.aku sejak baca2 penyakit di internet jd phobia..pikiran kok smua jd jangan2 aku kena..jangan2..pokoknya yg buruk2 aja yg dipikir..bs krena itu ga ya cak..atau kr penyakitku yg udah aku tulis diatas.berbahaya ga ya cak..oya cak aku di usg tgl 05/12/08..besoknya lgsung dapat mens..cak,aku kadang masih suka anyeng2..kira2 waktu di usg bs kelihatan ga ya cak kandung kemihku..tks banyak ya cak moki atas bantuan jawabanya…semoga Allah membalas kebaikan cak moki…amin..wass

  119. 121 cakmoki Mei 17, 2008 pukul 5:17 pm

    @ diana:
    wa’alaikum salam,
    Setelah membaca kronologi dan kesan dari hasil pemeriksaan di atas, nampaknya gangguan menstruasi dan keluarnya darah after intercourse berhubungan dengan:
    Penebalan (oleh jaringan ikat or fibroid) dinding endometrium (rahim) yang diduga berhubungan dengan siklus menstruasi. Lazimnya, penebalan dinding rahim diikuti dengan proliferasi (makin banyaknya) kapiler pembuluh darah di permukaan dinding rahim sehingga keluar darah cikup banyak saat menstruasi. Namun karena penebalan tersebut lebih didominasi jaringan ikat maka menstruasi menjadi sedikit (fleks).
    Artinya, kondisi di atas berhubungan dengan keseimbangan hormonal.

    Di sisi lain, keseimbangan hormon dipengaruhi (diantaranya) oleh “kecemasan”. Selain itu tentu bisa juga oleh faktor lain yg belum kita ketahui.
    So, cemas (khawatir, phobia, banyak pikiran, stress atau apapun istilahnya) berhubungan dengan hormonal yang bisa pula menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal (hormonal imbalance).
    Kalo dokter obsgyn gak menyatakan apapun, biasanya sih gak bahaya.
    Biasanya dokter akan memberikan obat secara bertahap sambil melakukan follow up untuk menormalkan siklus menstruasi dengan menggunakan obat-obat golongan hormonal.

    Adapun tentang anyang-anyangen, mungkin karena ISK (infeksi saluran kemih). Kalo infeksi, gak akan kelihatan dengan USG, kalo batu atau benjolan akan kelihatan dengan USG, sedangkan USG gak menunjukkan adanya kelainan di kandung kemih. So, kandung kemih boleh dikatakan aman.

    Moga penjelasan singkat ini dapat membantu mengurangi rasa khawatir yg berlebihan, teriring do’a mudah-mudahan masalah tersebut segera dapat teratasi.

    Wass

  120. 122 diana Mei 18, 2008 pukul 12:07 am

    terimakasih banyak atas penjelasannya cak moki…aku jadi paham sekarang…

  121. 123 cakmoki Mei 18, 2008 pukul 1:09 am

    @ diana:
    makasih kembali :)

  122. 124 LieZmaya Mei 19, 2008 pukul 11:32 am

    Yah emang faktor kejiwaan sangat mempengaruhi, beberapa tahun yang lalu ketika saya masih sekolah…stress dengan berbagai tumpuk pr sama pelajaran yang bikin rambut botak, nah setelah keluar sekolah jadi agak berkurang pikiran, siklus haid jadi lancar, setiap bulannya.
    tapi yang jadi pertanyaan kalo haid hanya terjadi dalam kurun waktu 2-3 hari saja gimana tuh pak?
    apa ada yang perlu saya khawatirkan?

    terima kasih sebelumnya :)

  123. 125 uki Mei 26, 2008 pukul 12:11 pm

    Bulan ini aku juga ngalami yg namanya mens berkepanjangan,sebulan 3 kali, jadi hanya seminggu free. Sampai umur saya sekarang 27th, baru sekali ini saya mengalami hal ini, apa karena penggunaan IUD, karena jujur saya jarang periksa ke dokter, hanya awal2 saja rajin :-), sekarang sudah satu tahun lebih saya pakai IUD, saya juga tdk merasakan gejala atau sakit, tiba2 aja “tamunya” datang. Ada comment atau suggest gak dok, saya berniat periksa ke dokter kandungan saya, tapi saya pikir baru bulan ini seperti ini, saya mau tunggu bulan depan saja.
    By the way, blognya bagus dan informatif sekali lho dok, saya baru pertama kali ini buka.
    Terima kasih sebelumnya.

  124. 126 cakmoki Mei 27, 2008 pukul 2:53 am

    @ LieZmaya:
    duhhh …sorry ya..kelewatan
    Mens 2-3 hari … gak papa, masih normal koq :)
    Dan gak ada yg perlu dikhawatirkan.

    @ uki:
    Menurut saya sih bukan karena pemakaian IUD, mengingat pemakaian IUD udah 1 tahun lebih sedangkan haid yg berkepanjangan baru bulan ini.
    Sebaiknya periksa ke dokter kandungan, ntar akan diberikan obat untuk menormalkan kembali siklus haid.
    Biasanya hal tersebut terjadi karena gangguan keseimbangan hormonal (hormonal imbalance) yg dipicu oleh berbagai faktor.

    Andaikata gak ada kelainan apapun, dapat menggunakan Methylergometrin 3×1 selama 7-10 hari hingga obat habis. Maksudnya, jika setelah minum obat ternyata dalam 4 hari sembuh (misalnya), maka obat dilanjutkan hingga habis, gak boleh berhenti.

    Obat lain yg biasa digunakan adalh obat hormonal. Namun pemakaian obat jenis ini seyogyanya dengan resep dokter berdasarkan hasil pemeriksaan.

    Moga sedikit penjelasan ini bermanfaat, teriring do’a mudah-mudahan segera pulih kembali.
    Trims :)

  125. 127 Lilies R H Mei 28, 2008 pukul 8:39 pm

    ass…mlm cak moki.aku dah mgalami menstruasi berkpanjangan brkali kali.aku mlai mens brkpnjangan sjak kls 3 SMP, smpe skrng.skrng usiaku dah 20 thn.aku juga pernah transfusi darah 4x.smpe dokter hafal ma aku….bolak balek kRS ja.klo wktunya kambuh g tanggung tanggung bisa 1bln lebih, tu pun g cuma sedikit.bisa-bisa 1 hari ganti pembalut 5-10x.aku dah pernah di USG,tes urine, tapi tetep hasilnya nihil.dokter g bisa nemuin penyakitku.saat aku opname k3 kalinya,aku dah bener-bener nyerah n akhirnya dokter kasih jln untuk kuret…sebenarnya aku g bleh lakuin tu karna aku masih gadis lom pernah terjamah.tapi apa bleh buat aku dah bener-bener pasrah.tapi kata doktr kuret yg aku jlni g mrusak selput daraku,bener g sich…???trus pa besok klo aku dah nikah aku bisa punya keturunan??? smpe sekarang aku masih mengalami menstruasi berkepnjangan.gimana caranya biar penyakit ni g datang lagi???? paling g ada cara pencegahannya????
    trim’s sbelumnya.

  126. 129 cakmoki Mei 30, 2008 pukul 1:51 am

    @ Lilies R H:
    wa’alaikum salam, … hmmm, sebenarnya langkah yang ditempuh mbak Lilies selama ini dah sesuai prosedur. Kalo hasil pemeriksaan gak menunjukkan adanya kelainan apapun, biasanya emang dilakukan kuret (curretage).
    Dengan teknologi terkini, apa yang dikatakan dokter tersebut sangat mungkin dapat dilakukan. Sehingga nantinya diharapkan dapat diatur siklus menstruasinya agar menjadi normal melalui skedul pengobatan yang ditetapkan dokter.
    Masalah keturunan tetep bisa kalo emang semuanya normal.

    gimana caranya biar penyakit ni g datang lagi???? paling g ada cara pencegahannya????

    tuh, dokter yang merawat selama ini dah memberikan alternatif kuret sebagai langkah pengobatan dan pencegahan agar ga datang lagi.
    So, menurut saya sebaiknya bicarakan lagi dengan dokter yang merawat atau dapat juga konsultasi ke dokter spesialis kandungan lain sebagai second opinion dengan menceritakan kronologisnya dan membawa semua hasil pemeriksaan maupun pengobatan selama ini.

    Moga penjelasan ini membantu, teriring do’a mudah-mudahan masalah tersebut segera teratasi.
    Trims :)

  127. 130 Lilies R H Juni 1, 2008 pukul 12:28 am

    Asslm… Trim’s Cak atas balasanya,aku sudah periksa ke dokter dan alhamdl.. sekarang udah mampet cak. dokter kasih obat 4 macem yaitu : 1.Prenamia cap
    2.Cyclo-Pro6gnova
    3.Plasminex Tab
    4.Mevinel Tablet 500 mg
    Aku juga harus balik ke Dokter kalau obat tu habis, cak apakah obat tersebut bisa menormalkan siklus mensku. Mungkin sekarang udah G keluar ttpi kedepanya aku takut??? terutama aku TRAUMA sekali kalau sampai di Opname lagi…..!!! cak apakah mengkonsumsi suplemen (sangobion,sakatonik) bisa menabah HB..?mungkin ada yang lebih manjur selain itu,buat nambah HBku?mohon saran bila saya mau konsults ke speclis kandungan mungkin cak moki punya Nama+Almt, aku sekarang dicikarang/di daerah jakarta. cak,apakah ada pengobatan terapi ALTERNATIFnya thoo…???
    terimakasih atas bantuanya,maaf jika pertanyaanku banyak.
    Wasslm..

  128. 131 cakmoki Juni 1, 2008 pukul 11:03 pm

    @ Lilies R H:
    wa’alaikum salam,
    Alhamdulillah, sip :)
    Ya, obat tersebut emang untuk menormalkan siklus mens, dan sebaiknya kontrol teratur hingga benar-benar mens dapat dikendalikan sesuai siklus normal.
    Menurut saya, bulan berikutnya tetap konsultasi walaupun udah normal dan mungkin tidak diperlukan obat. Ini sebagai langkah antisipasi agar tidak terulang opname … :)

    Obat yang diberikan dokter dah cukup koq, kalo mo sangobion boleh aja..dan kalo dah makai sangobion gak perlu lagi sakatonik dan sebangsanya.
    Kalo pengobatan alternatif saya ga tahu, dan kalo boleh ngasih saran sebaiknya gak perlu, ..ntar malah runyam.
    Maaf, alamat dokter di Jkt saya ga tahu, lha saya tinggal di pinggiran Kaltim nun jauh di pelosok ndeso ™ … hehehe

    Ok, moga sehat selalu :)
    Wass

  129. 132 Rizka Juni 7, 2008 pukul 2:18 pm

    Cak, aku mau nanya nih. Tolong dibantu ya. Usiaku 23 tahun, menikah Januari 2008. Sebelumnya aku belum pengen punya anak, tapi kami tidak KB cuma spermanya dikeluarkan di luar. Mulai bulan ini aku udah pengen hamil, jadi sperma suami sudah mulai dimasukkan. Pada saat pertama kali melakukannya, saya baru 1 hari selesai mens tapi sudah bersih. Sekitar 4 hari kemudian kok saya keluar darah lagi dan banyak selama 1 minggu? setelah selesai mens yang kedua ini, kira-kira 1 minggu kami berhubungan lagi dan seminggu kemudian saya keluar darah lagi tetapi sedikit. Kenapa ya cak? apa karena stress? perlu diketahui saya dan suami berhubungan jarak jauh karena tempat kerja kami yang berjauhan jadi kami cuma ketemu 2 minggu sekali. Saya pengen keluar kerja tapi belum bisa. Saya sering stress dan sedih memikirkan caranya. Trims ya atas bantuannya

  130. 133 cakmoki Juni 8, 2008 pukul 2:30 pm

    @ Rizka:
    ya, bisa jadi karena stress or cemas…
    Mohon maaf…saya ga bisa memberi saran, itu masalah yang rumit.
    Paling poll saya hanya bisa mengatakan…. harap bersabar, setidaknya mbak berdua bisa sms-an, tilpon … 2 minggu lumayan lama untuk pengantin baru…hehehehe
    Perlu diketahui, kacaunya siklus menstruasi dapat disebabkan kelelahan fisik maupun psikis, misalnya stress, cemas, sedih…dll.

    Moga masalah tersebut segera berlalu dan dapat menikmati masa pengantin baru walau ketemunya 2 minggu sekali :)

    Thanks

  131. 134 heru Juni 11, 2008 pukul 4:40 pm

    saya mau nanya ni….cewe saya menstruasinya cuma 3 hari doang…itu tandanya apa ya???

    tolong balas secepatnya….

    atau kirim email ke

    heru.death@yahoo.co.id

    thanks…

  132. 135 cakmoki Juni 22, 2008 pukul 7:20 pm

    @ heru:
    sorry, saya pas ke surabaya mulai 11 juni hingga tanggal 21 juni, so kelewatan, jarang buka blog.
    Mens 3 hari ga papa, masih normal… so ga perlu khawatir
    Thanks :)

  133. 136 indah Juni 23, 2008 pukul 4:46 pm

    Mohon bantuan,
    Saya seorang ibu(26thn) dgn 1 anak,setelah mengalami mens pertama pasca melahirkan saya langsung pasang IUD,5-6 bln pertama tdk ada masalah mens juga teratur (1 bln pasti Mens sampai skrg)tapi bulan ke 7 mens-nya jadi 20 harian tapi bisa berhenti,nah sekarang ini sudah 1 thn (umur IUD) dan dan saya mens sudah 25 hari blm juga berhenti sampai sekarang, kadang ada rasa nyeri di(maaf) selakangan sebelah kanan.
    Pernah saya kontrol ke Bidan tapi di bilang nggak pa..pa..,ada juga yg bilang Alatnya Hilang,pernah saya di sarankan untuk USG tp blm saya coba, pinginnya nunggu ijin dr kantor dulu baru saya ke dokter.
    Apakah masalah seperti saya ini harus di Kuret?
    Mohon saran dan Jawaban. Trimakasih

  134. 137 cakmoki Juni 23, 2008 pukul 7:00 pm

    @ indah:
    gak mesti kuret koq… bergantung pada hasil pemeriksaan USG.
    Jika menometorargi (mens berkepanjangan, lebih dari seminggu) disebabkan gangguan keseimbangan hormonal, biasanya dokter akan memberikan obat (hormonal ataupun non-hormonal) selama sekitar seminggu untuk menghentikan menstruasi.
    Pengobatan tersebut akan diulang 2-3 kali jika masih menstruasi.
    Sedangkan kuret adalah pilihan terakhir, jika dengan obat belum berhasil.
    Trims

  135. 138 Maya Dian Juli 7, 2008 pukul 12:51 pm

    salam kenal,
    cari2 tentang haid yg berkepanjangan diinternet, akhirnya dapet penjelasan yg cukup lengkap, tp bolehkan bertanya…:D
    saya menikah 6 bulan lalu, krna kontrak dikerja yg mengharuskan gk boleh hamil dulu akhirnya saya memutuskan pake KB suntik selama 2 kali
    setelah aq gk KB lagi ternyata mentruasi ku langsung telat sebulan, aq kira hamil dan cek ke dokter kandungan, ternyata dr hasil USG ada kista sebesar 2.8 cm, ada pelebaran rahim dan dokternya menyarankan ditunggu satu bulan lagi, saya hanya diberi vitamin untuk wanita hamil. Bulan berikutnya haid ku datang terlambat dan lama smape 15 hari, dan bulan berikutnya kembali normal tepat 28 hari dan lamanya cuma 7 hari. Haid bulan juni datangnya tepat 28 hari tetapi lamanya 15 hari sudah berhenti dan setelah 3 hari datang lagi haidnya dan jumlahnya lumayan banyak…yg aq tanyakan:
    1. kista yng ada gara2 KB suntik itu ato bukan krna sebelum menikah gk ada keluhan haidnya sakit dan haid normal2 aja.
    2. apakahkah pendarahannya itu krna kista
    3. kista 2.8 itu harus operasi apa bisa dihilangkan dengan obat
    4. aq masih bisa hamil kan, dengan adanya kista (udah pengen banget punya baby :D)
    thanks ya bisa share dan ditunggu jawabannya…

  136. 139 cakmoki Juli 8, 2008 pukul 1:39 am

    @ Maya Dian:
    Salam kenal,
    1. Penyebab primer kista hingga kini belum diketahui. Adapun berbagai faktor pemicu yang dikemukakan para ahli masih bersifat hipotesa.

    2. Bisa jadi perdarahan tersebut berhubungan dengan kista, bisa pula berhubungan dengan KB suntik (hormonal) atau faktor lain. Kepastian dari keduanya sulit untuk dibuktikan. Mungkin dokter yang meriksa lebih paham soal itu.

    3. Berdasarkan ukurannya, operasi lebih baik. Namun dokter yang merawat (DSOG) akan mempertimbangkan berbagai hal untuk memutuskan apakah dengan obat atau dengan operasi.

    4. Jika kista udah teratasi dan keduanya subur serta tidak ada masalah lain yang menghambat terjadinya pembuahan, maka bisa hamil.

    Thanks :)

  137. 140 bazz Juli 10, 2008 pukul 9:23 pm

    Met pagi/siang/sore/malem
    Mau ikut nanya…
    Istri saya (usia 35th; menikah sudah 8 tahun; belum dikaruniai anak) mengeluh hari ini mens-nya kok aneh (warnanya coklat). Beberapa tahun yang lalu pernah tes (HSG ya) kata dokternya nggak ada kista.
    1. Kira2 kenapa ya?
    2. Apakah ini sesuatu yang serius dan harus cepat penanganannya?
    3. Kalau harus periksa dokter, periksa ke dokter spesialis apa?
    Tambahan info : minggu kemaren istri kecelakaan dan harus rawat inap 2 hari (kepala benjol dan tulang punggung retak 1 ruas)… apakah ada hubungannya?

    Thanks in advance

  138. 141 cakmoki Juli 13, 2008 pukul 4:29 pm

    @ bazz:
    met sore :)
    langsung jawab aja yaa…
    1@2: Mungkin ada hubungannya dengan kecelakaan (tulang punggung retak 1 ruas), mungkin juga bukan. Untuk itu sebaiknya periksa. Belum tentu serius sih, namun periksa lebih cepat lebih baik agar segera tahu.
    3. ke dokter obsgyn or dsog (dokter spesialis kandungan)

    Thanks :)

  139. 142 win Juli 16, 2008 pukul 9:03 am

    Assalamualaikum wr.wb

    Salam kenal cak!
    matur suwun ya tulisannya
    membuatku agak tenang, krn skrg saya lagi mengalami spt ini dan baru kali ini.(apa istilahnya DUB?) yang pengen aku tanya. kalau dah kayak gini sholatnya gimana ya? sebab walau sudah lebih 14 hari mau sholat kok ya ga tega..hicks hicks..
    tapi benernya ya cak ga mesti langsung kuret kan ya? (masih trauma ni dulu pernah di kuret dan ngilunya masih terbayang)

    oiya umurku 41, apa ini ciri2 menopause..(ya masa baru umur segini dah mau menopause ya..sedih deh)

    terimakasih ya cak! ditunggu balasannya

    Wassalam.

  140. 143 cakmoki Juli 16, 2008 pukul 3:21 pm

    @ win:
    wa’alaikum salam,
    Salam kenal juga.. makasih :)
    Maaf, masalah fiqih terkait menstruasi berkepanjangan (istihadhoh) saya ga kompeten ngasih pandangan dan pendapat apapun, itu terpulang kepada keyakinan masing-masing.

    Gak mesti kuret kok Mbak … pada umumnya akan diberi obat, satu serial sekitar 7-10 hari, ntar diulang kalo masih mens … sampai berhenti. Kuret tuh pilihan terakhir … :)

    Pada umur segitu sih belum memasuki masa menopause untuk ukuran orang Indonesia. Lagipula tanda menopause bukan hanya dilihat dari menstruasi… ntar kapan-kapan saya nulis soal ini (moga sempet)
    Makasih …
    Wass

  141. 144 lina Juli 21, 2008 pukul 4:48 pm

    Ytk Pengasuh Rubrik
    Terimakasih dengan adanya rubrik ini
    Saya mau bertanya seputar menstruasi, Dari masa remaja saya selalu teratur menstruasi dan berjalan normal. Tapi sekarang (usia 35 tahun) setelah minum obat prednison menstruasi saya jadi tidak teratur, pernah sampai 6 bulan tidak datang dan setelah itu sudah 10 bulan terakhir menstruasi saya tidak berhenti. Sempat berhenti 2 minggu karena diberi obat oleh dokter tapi setelah itu pendarahannya kembali
    Mohon bantuan dan sebaiknya pengobatan apa yang harus saya jalani karena sampai saat ini saya tidak bisa berhenti minum prednison. Terima kasih

  142. 145 cakmoki Juli 22, 2008 pukul 2:22 pm

    @ lina:
    Yth, ibu Lina,
    Salah satu faktor pemicu terjadinya DUB adalah pemakaian obat hormonal,sedangkan prednison yg ibu pakai sekian lama adalah hormon steroid yang bisa jadi berhubungan dengan masalah menstruasi saat ini.
    Menurut saya, sebaiknya ibu datang ke dokter Obsgyn kembali untuk pemeriksaan lebih lanjut dan kemungkinan akan diberikan obat jenis lain (non hormonal) sekaligus akan dilakukan follow up hasil pengobatan.
    Selain itu sebaiknya ibu menyampaikan ke dokter tentang pemakaian obat prednison yang tidak bisa ibu hentikan, sehingga dokter diharapkan dapat memberikan jalan keluar terbaik untuk mengatasi masalah menstruasi dan memberikan petunjuk tatacara pemakaian prednison yang aman, misalnya dengan cara tappering off…
    Thanks

  143. 146 anggiet Juli 31, 2008 pukul 12:29 pm

    dear cak.. aku mo nanya boleh ya..
    siklus haidku selama ini teratur 28-29 hari selama 5-7 hari, jarang melenceng, tapi hampir selalu disertai dismenorea berat. kata dokter ada endometriosis, sudah di laparoskopi setaun lalu, sekarang ga ada keluhan sakit yg berarti lagi.
    tapi bulan ini haidku maju seminggu (yg ga biasanya) n sudah hampir 3 minggu ga berhenti, darahnya warna gelap tapi jumlahnya sedikit” (ga biasanya juga).
    kira” kenapa ya? apa ada hubungannya dengan program bayi tabung yang saya lakukan (tp tak berhasil hamil) akhir mei lalu? maksudku apakah haid berkepanjangan ini krn msh ada efek dari obat”an hormonal yg saya dapat sewaktu program invitro seperti (gonal-f, cetrotide, cyclogest, pregnyl, proluton)? atau ada kemungkinan lain? agak” takut nih..

    saya belum sempat datang ke dokter krn agak sibuk n agak” parno :P

  144. 147 cakmoki Juli 31, 2008 pukul 3:01 pm

    @ anggiet:
    dear anggiet,
    secara umum dinamakan DUB (Dysfunctional Uterine Bleeding) dengan berbagai faktor penyebab. salah satu kemungkinannya pemakaian obat hormonal, selain faktor lain (misalnya endometriosis dll).
    Untuk memastikan faktor-faktor penyebab timbulnya DUB sebaiknya periksa ke DOSG … mungkin perlu USG ulang, MRI atau pemeriksaan penunjang lainnya… Thanks :D

  145. 148 dyan Agustus 3, 2008 pukul 2:04 pm

    ui cak,,mo nanya,,koq mensq malah 3 hari dah selesai yah,,padahal dulu 7 hari loh baru selesai,,tlg di jawap yak,thx ^^

  146. 149 cakmoki Agustus 3, 2008 pukul 2:41 pm

    @ dyan:
    menstruasi yg normal berkisar: 3-10 hari, rata-rata 7 hari, so ga papa … thx :)

  147. 150 Fine Agustus 6, 2008 pukul 11:48 am

    Salam kenal,
    Saya menikah 1 tahun yang lalu. 2 bulan sejak menikah siklus haid saya menjadi tidak teratur. Awalnya mundur 1 minggu, 2minggu, lama-lama haidnya jadi 3bulan sekali. Kemudian saya datang ke Obgyn, dilakukan USG transvaginal dan didiagnosa PCOS. Saya dikasih obat Metformin 3×500 untuk 30 hari. Tetapi selama konsumsi Metformin saya menjadi mual, sehingga tanpa seizin Obgyn yg bersangkutan saya mengurangi dosis menjadi 2×500, bahkan kalau mualnya makin menjadi seharian saya tidak konsumsi. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah dengan mengkonsumsi Metformin saja sudah tepat? Apakah efek mual itu wajar? Atau haruskah saya men-stop konsumsi obat tsb?
    2. Akankah siklus haid saya menjadi normal kembali?
    3. Adakah harapan bagi saya untuk hamil? Bagaimana saya bisa menentukan masa subur saya jika siklus haid saya tidak normal seperti ini?

    Sekian dulu. Terima kasih.

  148. 151 tisna September 9, 2008 pukul 2:10 pm

    salam kenal ya cak….

    saya mahasiswa 20 th, saya mulai mens sejak kelas 5 SD (umur brp saya lupa cak….)
    sejak pertama mens seingat saya cuma 6 bulan thok yang teratur. sampai sekarang tetap g bisa teratur.
    pernah 6 bulan penuh nggak mens cak…tapi sering juga baru dua hari udah keluar lagi. mens sebulan penuh juga udah beberapa kali.
    kebetulan kakak saya bidan cak, saya pernah disuruh minum obat namanya kalo g salah ADONA karena mens sebulan g berhenti juga
    akhirnya wantu saya kelas 3 SMA dulu saya periksa ke dokter obsgyn, tapi g di USG katanya gangguan hormonal aja akhirnya di kasih obat cyclo proginova itu. 4 bulan cak saya terapi minum itu obat tiap bulan.
    kata dokternya insya Allah normal lagi habis terapi jadi jangan stress kalo stress malah g lancar. Kalo NIKAH sembuh katanya, tapi itu kan masih lama cak…..
    tapi cak, begitu obatnya berhenti mens-nya kumat lagi cak….sekarang juga saya mens udah dari tgl 13 agustus cak….tadinya cuma dikit2 dan cuma flek aja tapi dua hari ini kok jadi tambah banyak ya cak…apa ini masih tetap karena hormonal aja cak…kalo gini terus kan saya jadi takut juga cak…
    gimana dong cak…?apalagi sekarang lagi puasa, saya kan juga jadi bingung puasa atau g…
    ditunggu sarannya ya cak…matur nuwun

  149. 152 cakmoki September 10, 2008 pukul 3:19 am

    @ Fine:
    Salam kenal… Maaf banget nih, kelewatan dari pengamatan saya sehingga sangat terlambat.
    Namun demikian tetap akan saya jawab secara singkat dengan harapan dapat sebagai tambahan informasi bagi yang lain.

    (1) Ada beberapa cara pengobatan terhadap PCOS, yakni hormonal, pengelolaan resistensi insulin dan operasi.
    Pengobatan hormonal digunakan untuk menstimulir terjadinya ovulasi secara normal agar siklus menstrasi menjadi normal kembali, dengan demikian diharapkan terjadi kehamilan.
    Adapun Metformin digunakan agar tidak terjadi resistensi insulin yang diduga sebagai salah satu pemicu gangguan menstruasi sekaligus sebagi penunjang keberhasilan pengobatan.
    Efek samping Metmormin diantaranya mual. Jika ini terjadi (mual), mestinya datang ke DSOG agar diberikan obat mual yang sesuai, tanpa merubah dosis Metmorfin.

    (2) Normal tidaknya siklus haid bergantung pada respon pengobatan. Pada umumya haid bisa normal kembali jika skedul pengobatan dari DSOG dipatuhi dan datang kembali jika ada efek samping yang tidak diinginkan, misalnya mual dll, karena pengobatan tidak hanya dengan sekali datang.
    Idealnya, pengobatan difollow up secara berkala untuk memantau keberhasilan dan respon pengobatan Untuk itu sebaiknya kontrol ke DSOG sesuai jadwal.

    (3) Harapan hamil. Karenanya, sekali lagi silahkan kontrol ke DSOG yang merawat selama ini untuk mendapatkan pengobatan lanjutan agar siklus haid dapat diatur menjadi normal kembali.

    Trims

    @ tisna:
    Salam kenal …

    Berdasarkan riwayat menstruasi sejak SMA dan pemeriksaan dokter obsgyn yang menyatakan bahwa gangguan hormonal, kayaknya emang gangguan keseimbangan hormonal (DUB=dysfunctional uterine bleeding) yang pemicunya diantaranya adalah stress fisik (kelelahan) maupun psikis (cemas, dll) …

    Jika berulang seperti kejadian sebelumnya, maka sebaiknya periksa lagi ke dokter obsgyn untuk mendapatkan obat yang tepat agar menstruasi menjadi teratur kembali.
    Lazimnya akan diberikan obat (hormonal ato non hormonal, tergantung keputusan dokter) selama 7-10 hari dan dapat diulang jika masih timbul flek.

    Moga penjelasan singkat ini bermanfaat teriring do’a mudah-mudahan masalah tersebut segera teratasi.
    Trims

  150. 153 iyan September 11, 2008 pukul 10:50 am

    cak mau tanya..
    Umur saya 36 tahun, Alhamdullilah selama ini haid lancar siklus 26-28, mens 7-8 hari dengan jumlah darah yang normal…

    tapi 2 bulan ini ada perubahan, siklus haid saya jadi pendek bulan juli 25 hari , lalu bulan agustus 20, bulan september ini lagi harap-harp cemas 20 hari perut udah mulas dan bertanda akan keluar saya bingung belum pernah seumur-umur mengalami haid seperti ini. pertanyaan :
    1. Apakah ini termasuk pendarahan dan tidak normal?
    2. Apakah perlu periksa ke dokter? papsmear atau usg?
    3. Dulu dokter kandungan saya pernah bilang kalo tiba2 siklus
    berubah maka wajib diperiksakan ada kemungkinan ada yang gak
    beres…seperti kangker, kista dll bagimana menurutmu cak

    terimakasih jawabannya

  151. 154 cakmoki September 12, 2008 pukul 2:57 am

    @ iyan:
    (1) Siklus haid dikatakan normal jika berada dalam periode 21-35 hari.

    (2) Kalo kondisi tersebut dirasa mengganggu gak ada salahnya periksa ke DSOG.
    PAP smear bagus sebagai screening tanpa menunggu adanya keluhan.

    (3) Gak selalu ada yg gak beres, tapi emang sebaiknya periksa kalo ada gangguan siklus haid. Gak langsung ke kanker lah … gak semengerikan itu … :)
    Meski demikian, sikap waspada tentu lebih bijak ketimbang mengabaikan keluhan berkenaan dengan haid.

    Thanks

  152. 155 viola September 12, 2008 pukul 12:28 pm

    pertama kali saya mengalami menstruasi, siklusnya 2 mggu skali
    lama2 siklus haid saya menjadi normal
    namun saat menginjak tahun pertama saya tidak haid selama 2 bulan
    lalu saya langsung haid selama 2 bulan lamanya dgn darah yg kadang sedikit kadang banyak……
    saya sangat takut sekali
    ada apa dgn siklus haid sy???
    tolong jelaskan semuanya!!!!!!!!!

  153. 156 viola September 12, 2008 pukul 12:35 pm

    pertama kali sy mngalami menstruasi stiap 2 minggu skali
    lama-kelamaan siklus haid sy mnjdi normal
    namun ketika menginjak thn pertama sy tdk haid slama 2 bln
    lalu sy haid slama 2 bln lamax dgn darah yg kdng sdkit kdng bnyak
    ada apa dgn siklus haid sy??
    kelainan ap i2??
    bgnma cra mngobatinya??
    mohon dijelaskan….

  154. 157 cakmoki September 13, 2008 pukul 12:01 am

    @ viola:
    Maaf, semua pertanyaan terkait dengan siklus haid dan pengobatan udah terjawab dalam artikel :)
    Langkah selanjutnya adalah periksa ke dokter umum terdekat atau ke dokter spesialis kandungan (DSOG) agar mendapatkan obat yang tepat untuk mengatasi gangguan tersebut.
    Moga masalah tersebut segera teratasi … Trims

  155. 158 tisna September 13, 2008 pukul 10:06 am

    assalamu’alaikum
    makasih cak untuk penjelasannya.
    saya mau tanya lagi sebenarnya pengaruh menikah sama masalah haid yang seperti ini apa sih? dulu waktu dokter saya bilang gitu saya kira cuma bercanda, tapi ternyata juga sudah ada yang membuktikan kalo obat ‘menikah’ itu memang manjur. pengaruhnya itu lebih secara psikis atau hormonal sih cak?

    trus saya juga punya temen yang punya masalah seperti saya, tapi kalo saya kan haid bisa sampe sebulan, kalo dia itu malah kebalikannya. katanya sudah 4 bulan ini dia g haid cak, tapi dia belum pernah coba periksa. kalo yang seperti itu apa juga karena pengaruh hormon cak?

    makasih

  156. 159 pow Oktober 16, 2008 pukul 10:18 pm

    Saya remaja berusia 19 thn,Saya mau tanya,saya biasanya haid rutin dari tanggal 23.tapi bulan ini dari tanggal 10,saya sudah mengalami gejala- gejala haid;susu saya terasa sakit.tanggal 10,dari vagina saya sempat keluar darah sepaerti orang MENS.hari kedua gak keluar lagi,begitu jg selanjutnya lagi keluar lagi enggak tapi sedikit2.sempat saya periksa ke dokter,dokter nanya apakah km sudah pernah kumpul ma cow,sayqa jawab ya.lalu dikasi obat aja.yang ingin saya tanyakan :
    1.sebenarnya gangguan apa yang terjadi pada saya?
    2.apakah yang saya alami ada karna pengaruh saya melakukan seks?

  157. 160 cakmoki Oktober 17, 2008 pukul 12:41 am

    @ tisna:
    wa’alaikum salam
    duhhhhh, maaf banget, sy gak tahu ada pertanyaan di sini…kelewatan sampe sebulan… :)
    Mohon maaf lahir dan batin ya.

    Pengaruh psikis :D

    Soal temen yg kebalikannya, sama, pada umumnya masalah hormonal, cuman manifestasinya beda.

    Trims

    @ pow:
    Kalo boleh tahu, dokter dah ngasih obat apa aja?

    1. Maaf, saya belum bisa memastikan hal itu. Bisa jadi masalah gangguan keseimbangan hormonal, namun mengingat bahwa sudah melakukan hubungan intim, tidak tertutup kemungkinan berhubungan dengan aktifitas seks, dengan catatan jika saat melakukannya pada masa subur dan tidak menggunakan pengaman. Maaf, lho…ini hanya kemungkinan-kemungkinan berdasarkan keluhan di atas terkait dengan hubungan intim.
    Kepastiannya ditunggu hingga siklus berikutnya.

    2. Jika gangguan tersebut merupakan gangguan keseimbangan hormonal, gak ada hubungan dengan hubungan intim. Kemuungkinan lain seperti jawaban poin 1.

    Makasih.

  158. 161 Kotaklagu Oktober 22, 2008 pukul 10:53 pm

    Mau download lagu mp3 terbaru???
    Gratisss loch…

    Klik ajah

    http://www.kotaklagu.com

    Dijamin puasss dechhhh…

  159. 162 rheina Oktober 24, 2008 pukul 9:25 am

    cakmoki yang baik, saya mau nanya…
    saya dah ke USG rahim, dan kata dokter saya nggak punya kista, letak rahim normal, tapi ada penebalan dinding rahim, penebalan itu sama nggak ya dengan endometriosis? soalya saya baca artikelnya tetang endo itu sama persis dengan gejala saya, saya jadi takutttt … tapi kalo iya kok dokternya nggak tahu ? karena saat ini saya program hamil sama dokter saya diberi profertil dan parlodel diminum sehari 1, pas hari pertama haid sampai 5 hari. Oh ya saya siklus haidnya 27-29 hari, hari pertama kadang-kadang nyeriiii banget selama 1 hari penuh, obatnya satu, TIDUR sambil kakinya ditekuk.besoknya dah nggak sakit lagi. Terus, kalo pas hubgn sama suami, rasanya nyeriii banget, kayak ditusuk2. Padahal foreplay dah lama, 10-15 menit. Tapi kalo pas posisi saya diatas nggak sakit.Kaya endometriosis kan??? Tolong dijawab yah yang lengkap, thank you

  160. 163 cakmoki Oktober 25, 2008 pukul 5:22 am

    @ rheina:
    Penebalan dinding rahim beda dengan endometriosis.
    Kalaupun ada tanda yang sama dengan endometriosis, seperti: nyeri haid (dismenore), nyeri saat berhubungan intim (dispareunia), bukan berarti lantas menderita endometriosis.
    Ada baiknya menanyakan langsung kepada dokter yang merawat agar mendapatkan penjelasan yang lebih akurat.

    Pada pemeriksaan dengan USG, endometriosis akan terdeteksi, yakni ditemukannya jaringan endometrium (jaringan rahim) di luar rahim. Sedangkan penebalan dinding rahim akan nampak sebagai hiperplasi (penebalan) pada dinding bagian dalam rahim dengan pemeriksaan USG.

    Siklus haid normal adalah 21-35 hari. Berarti normal kan? :)
    Profertil adalah salah satu obat yg lazim digunakan untuk program kehamilan.
    Thanks

  161. 164 mei November 1, 2008 pukul 3:53 pm

    Cak,
    Aku mau tanya apa premolut N itu bisa buat menghentikan mens yang lama ? Apa efeknya sampingnya ?
    Mohon dibalas ya
    Tremakaseeh..

  162. 165 cakmoki November 2, 2008 pukul 10:23 am

    @ mei:
    iya, bisa. Jarang menimbulkani efek samping. Kalaupun terjadi, maka efek sampingnya mual.
    Trims

  163. 166 boim November 3, 2008 pukul 2:40 pm

    Assalamualaikum cak..
    cak…saya punya pacar..yg 2 bulan belakangan ini haid nya agak kurang teratur..
    siklus haidnya terjadi pada 5-7 hari terakhir cak.
    Tapi beberapa hari kemudian haidnya datang lg cak,setelah siklus haid normalnya selesai.dan itupun kadang cuma 2-3 hari saja cak.
    Kira-kira ada gejala apa itu cak?
    dan bagaimana cara pengobatannya?
    terimakasih banyak ya cak sebelum dan sesudahnya…
    wassalam…

  164. 167 cakmoki November 4, 2008 pukul 2:29 pm

    @ boim:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Adakalanya wanita mengalami seprti itu. Ntar kita tunggu pada siklus kerikutnya. Kalo masih gitu sebaiknya periksa ke dokter spesialis kandungan. Kalo ternyata gak ada kelaianan, kemungkina hanya gangguan keseimbangan hormonal yang bersifat temporer.
    Cara pengobatannya sesuai dengan tatacara di atas pada bab pengobatan, hanya saja pemberiannya (jenis obat, dosis dan lamanya pemberian) atas saran dokter yang meriksa.
    Moga sang pacar pulih kembali seperti sediakala.
    Wass

  165. 168 santa November 26, 2008 pukul 4:56 pm

    Cak, mo nanya juga nih
    sejak sept kmaren saya haidnya ga normal, tapi teratur.
    setiap dapet (mulei hari rabu) lamanya dua minggu (brenti slasa). seminggu berenti, trus dapet lagi (hari rabu lagi) 2 minggu lagi ampe slasa. berulang sampe 4 kali sampe awal november kmaren. trus saya ke DSOG dikasih hormon progesteron sama obat penghenti pendarahan untuk 10 hari. baru enam hari makan obat, eh, ko malah jadwalnya jadi kacau ya? biasanya baru mulai hari rabu, ini hari senin udah pendarahan lagi. kira-kira knapa ya?
    jadwal kontrol dokter lagi masih minggu depan. gimana dong?
    eh iya, biasanya saya haid sekitar 6 hari.

    makasih buanyaaaaaaaaaaak atas jawabannya.

  166. 169 cakmoki November 26, 2008 pukul 10:25 pm

    @ santa:
    Obatnya harus diminum sampai habis walaupun di pertengahan minum obat haid berhenti atau ada keluhan lain. Ini untuk menghindari kekacauan siklus haid.
    Jika setelah obat habis masih haid, sebaiknya ke DSOG lagi tanpa menunggu jadwal kontrol, agar dilakukan pemeriksaan ulang dan diberikan obat jenis lain.
    Moga segera pulih kembali :)
    Trims

  167. 170 irma November 27, 2008 pukul 9:47 am

    aduh… cak moki emg laris manis kendang kimpul. hehehe…. oya cak, saya ijin link y. sy link dulu, ijin kemudian (lupa). kayaknya saya kena yg ‘Polymenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval kurang dari 21 hari.’ seminggu bersih, sminggu mens. udah k dokter, d usg gpp, y udah dibiarin. katanya sih gara gara kb suntik yang 1 bulanan itu (cyclofem, suntik cm sekali bln juni 08) sekarang sih udah g mens 3 mgg. jd khawatir. jangan jangan????? (mata melotot backgroundnya sinetnya pun*abi).hahaha…. cm crita aja cak. ikut meramaikan blognya cak moki. biar klo disearch sm om google, blognya cak moki kluar no 1.

  168. 171 cakmoki November 27, 2008 pukul 1:53 pm

    @ irma:
    Monggo silahkan nge link kalo emang dianggap layak :)
    ooo, rupanya itu ya … hehehe

    Makasih ikut meramaikan :P

  169. 172 dian Desember 4, 2008 pukul 10:39 am

    cak,mens sy jg tdk teratur dan berkepanjangan..
    dan hal it terjadi sejak pertamakali mens dulu pe skr.. dulu sdh pernah konsul k dokter dan sy diberi obat primolut-N.. tp kok..gak sembuh2 yo cak??
    skr sy sdh menikah.. kan kasihan suami sy?? sering libur..
    hehe..
    ap yg harus sy lakukan saat ini ya cak? ap harus k dokter lg?

  170. 173 cakmoki Desember 4, 2008 pukul 4:25 pm

    @ dian:
    Pemakaian Primolut-N minimal 7-10 hari dan dihabiskan walau sebelum 7 hari udah mampet.
    Sebaiknya periksa ke DSOG lagi agar mendapatkan obat yang tepat.
    Moga segera pulih kembali dan gak kebanyakan libur…hehehe
    Trims

  171. 174 rina Desember 9, 2008 pukul 10:30 am

    saya mau tnya apkah terpengaruh dengan mens saya setelah saya minum obat tiap hari??

  172. 175 cakmoki Desember 10, 2008 pukul 4:40 am

    @ rina:
    maaf, obat apa ya?

  173. 176 janah Desember 10, 2008 pukul 1:20 pm

    Cak mau tanya

    20 september 2008 saya dikuret karena bayi meninggal di dalam kandungan dengan usia kandungan 3 bulan, saya haid lagi setelah kuret pada tanggal 5 november 2008-11 november 2008, setelah itu saya keluar flek pada tanggal 20 november 2008 sampai sekarang, flek yang berwarna coklat, tetapi flek nya keluar jika saya kecapean.

    mohon penjelasan kira2 flek ini berbahaya atau tidak?

  174. 177 cakmoki Desember 11, 2008 pukul 12:42 am

    @ janah:
    Adakalanya sesudah kuret , haid tidak sesuai siklus, bisa maju atau mundur. Hal ini biasanya karena masalah keseimbangan hormonal (hormonal imbalance) yang dipicu oleh bebagai faktor, misalnya: kelelahan fisik maupun psikis serta sebab lainnya.
    Jika gak ada keluhan lain, gak papa. Kita tunggu aja siklus berikutnya.
    Andaikata pada 1-2 bulan ke depan masih suka keluar flek, sebaiknya periksa ke DSOG agar dapat diketahui penyebabnya dan dapat diberikan obat yang tepat untuk menormalkan siklus haid.

    Moga sehat selalu.
    Trims

  175. 178 yudi Desember 15, 2008 pukul 10:42 am

    sangat berguna untuk tambah pengetahuan bagi suami-suami yang mencintai intrinya degan jujur.
    membantu pengetahuan akan kekurangan dan keterbatasan kesehatan kaum istri. salud sekali jreng…..

  176. 179 rika Desember 15, 2008 pukul 5:18 pm

    cak, mo nanyain keluhan temenku. dia tuh mens bisa lama bgt bisa sampe 2 bulan ga berhenti. Pernah periksa katanya ada polip di leher rahim trus sudah dilakukan operasi untuk membersihkan polipnya. setelah operasi normal 2 bulan, tapi sekarang kambuh lgi. kira2 kenapa ya cak? dia sudah menikah 2 th blm punya anak.
    kirain cakmoki disurabaya mo konsultasi langsung gtu. ada referensi dokter di surabaya ga?tolong ditanggapi. terimakasih…

  177. 180 cakmoki Desember 16, 2008 pukul 1:36 am

    @ yudi:
    Makasih kunjungan dan supportnya :)

    @ rika:
    Kalo polyp di leher ahim udah dioperasi, bisa jadi gangguan menstruasi yg berkepanjangan (menometrorhagia) tersebut disebabkan oleh faktor lain.
    Untuk memastikannya emang sebaiknya periksa ke DSOG agar dapat diletahui penyebabnya dan dapat diberikanpengobatan yang tepat, termasuk pengobatan terhadap masalah belum punya anak.

    Iya, saya dari Sby tapi udah loncat ke Kaltim … hehehe

    Dokter di Sby, silahkan periksa ke Poliklinik RS Husada Utama, deket FK Unair.
    Trims

  178. 181 deeann Desember 19, 2008 pukul 3:18 pm

    cak, aku baru married 3 bulan. Udh 4 bulan ini tiap abis mens aku pendarahan 3-4 hari, tp bulan desember ini abis mens aku pendarahan ampe 2 minggu ga bhenti2, darahnya encer n terang (ga seperti darah mens_red). Aku udah 2 kali USG, hasilnya emang ada kista sebesar 2,5 cm seh, tapi kata dokter gpp, pendarahan bukan karena kista tapi karena hormonal aja, udah dkasih obat tp kok ga mampet2 y? Kan kasian suamiku, puasa terus (padahal aku jg pengen, hehehe)

  179. 182 deeann Desember 19, 2008 pukul 3:31 pm

    kelupaan cak, pas pendarahan ini sering sakit dia daerah kanan bawah. Btw kistaku juga di daerah kanan bawah (kista ovarii dexter)

  180. 183 cakmoki Desember 20, 2008 pukul 2:08 pm

    @ deeann:
    Obat untuk perdarahan biasanya diminum 7-10 hari dan kalo belum mampet dapat diulang atao kontrol ke dokter, siapa tahu obatnya diganti.
    Sekalian menyampaikan keluhan nyeri agar diberikan obat pereda nyeri.
    Rasa nyeri tersebut nampaknya berhubungan dengan letak kista (kista ovarii dexta). Dextra artinya kanan, kalo sinistra sebelah kiri.
    Moga masalah tersebut segera berlalu… *supaya gak kelamaan puasa, hehehe*
    Trims

  181. 184 kania Desember 27, 2008 pukul 11:43 am

    cak, kalo pendarahan karena hormonal itu udah mampet ketika diberikan obat untuk menghentikan pendarahan, apa ada kemungkinan bisa kumat lagi?

  182. 185 cakmoki Desember 27, 2008 pukul 4:37 pm

    @ kania:
    Kemungkinan untuk mengalami lagi tetep ada, cuman gak tahu seberapa kemungkinannya. Enjoy aja :)

  183. 186 dian Desember 31, 2008 pukul 3:57 pm

    cak, tanggal 29 Nopember 2008 aku menstruasi sampe tanggal 4 Desember 2008 ga mampet, trus aku periksa ke dokter, di USG emang ada kista 2,4cm tapi kata dokter bukan kistanya tai karena hormon inbalance aja, aku dikasih obat LUTENYL (NOMEGESTROL ACETATE) untuk 4 hari, tanggal 5-8 Desember 2008 mampet, tapi tanggal 8 Desember 2008 sore pendarahan lagi mpe hari ke-14. Dikarenakan teman suami pake obat sinshe bisa sembuh, akhirnya aku ga kontrol ke dokter lagi. Sampe tanggal 27 Desember 2008 tetep ga mampet, akhirnya aku kembali ke dokter lagi, dikasih lagi obat LUTENYL (NOMEGESTROL ACETATE) + KALNEX 500 (TRANEXAMIC ACID) untuk 10 hari. Udah agak berkurang pendarahannya, tapi 3 hari ini flek2 aja tapi kalo siang masih keluar darah warnanya hitam diiringi nyeri di rahim. Ini udah hari kelima aku minum obat itu. Gimana ne Cak…. aku malah makin stres neh, karena aku bener2 pengen punya anak.

  184. 187 cakmoki Desember 31, 2008 pukul 8:38 pm

    @ dian:
    Obatnya (Lutenyl dan Kalnex 500) diterusin sampai habis walaupun misalnya sudah mampet sebelum obat habis agar siklus menstruasi normal kembali.
    Andaikata setelah obat habis tapi belum mampet (moga enggak), sebaiknya kontrol lagi ke dokter.
    Moga segera pulih… Trims :)

  185. 188 dian Januari 1, 2009 pukul 5:13 pm

    cak, mw nanya lagi, menyambung pertanyaanku diatas. Meski pendarahanku belum selesai, tapi 2 hari ini, darah yang keluar kental dan ada yang berwarna hitam (seperti darah menstruasi tapi tidak sebanyak menstruasi). Itu darah apa ya Cak??? apakah saya lagi menstruasi (mengingat masa suci saya sebagai seorang muslimah untuk beribadah)???

  186. 189 cakmoki Januari 1, 2009 pukul 10:22 pm

    @ dian:
    Darah dari uterus (rahim), hanya saja kalo dari segi fiqiyyah, bergantung pada keyakinan masing-2 apakah darh tersebut masih darah haid ataukah darah istihadhoh.
    Dalam hal ibadah juga bergantung pada keyakinan, kalo Safi’iyyah setelah 15 hari udah harus beribadah. Tapi yg beginian sebaiknya tanya pada ahli Fiqih :)
    Trims

  187. 190 rheina April 4, 2009 pukul 9:45 am

    aslkm dok, terima kasih karna dokter udah selalu jawab pertanyaan saya, sekarang saya mau tnya lagi, begini beberapa waktu lalu saya divonis penebalan dinding rahim setelah USG, tapi pas pindah dokter lain katanya POLIP (emang sama ???) terus kemudian saya di kuret. hasil PA nya seperti ini:
    MIKROSKOPIK: SEDIAAN BERASAL DARI ENDOMETRIUM MENUNJUKKAN JARINGAN BERBENTUK POLIPOID BERLAPISKAN EPITEL TOAK RENDAH SELAPIS. STROMA MERUPAKAN JARINGAN ENDOMETRIUM YANG MENUNJUKAN FASE PROLIFERASI.

    KESIMPULAN : HISTOLOGIK SESUAI DENGAN POLIP FUNGSIONAL ENDOMETRIUM. TIDAK TAMPAK TANDA GANAS.

    Saya bersyukur karena tidak ganas, tapi selbeihnya saya gak ngerti maksudnya apa. karena sya belum sempat konsul ke dokter yang nguret, karena dokternya cuti dan saya harus pindah rumah ke luar kota, hasil PA itu saya dapat dari susternya. Jadi dokter cakmoki, saya mohon banget tolong dijelaskan ya ….

    Satu lagi, saya mens tidak teratur kadang maju 2 hari atau mundur 5 hari, sekarang saya minum obat herbal FEMONA,hasilnya saya tidak kena PMS lagi tapi menurut anda obat itu aman gak dengan kasus saya diatas ??? terima kasih ya atas bantuanya. jawaban anda sangat menolong saya.

  188. 191 cakmoki April 4, 2009 pukul 1:53 pm

    @ rheina:
    Berikut ini adalah jawaban dari temen saya: DR. dr. Aditiawarman, SpOG (K):
    Penebalan endometrium dapat terjadi ( paling sering) oleh karena gangguan hormonal (imbalance). Saat USG tampak gambar penebalan. Tetapi penebalan ini juga bisa disebabkan oleh polyp atau oleh keganasan yang dengan USG rutin tampak sama. Kedua duanya akan dilanjutkan dengan kuret dan jaringan yang dikuret dikirim untuk analisis PA.
    Bila hasilnya Polyp (sesuai hasil PA), tentu kuret ini berfungsi ganda untuk pengobatan juga.
    Bila analisis PA hasilnya selain polyp, tentu ada terapi lanjutan.

    Obat herbal kami tidak ngerti blasssss. Mohon maaf :D

    Jawaban saya sama, yakni: kalo PA menunjukkan polip fungsional dan gak ada keganasan, maka kuret berfungsi untuk ngilangin polip sekaligus untuk menanggulangi gangguan menstruasi.
    Kalaupun masih gak teratur, maka dokter akan memberikan obat hormonal untuk menormalkan siklus menstruasi.
    Jika siklus menstruasi masih berkisar 21-35 hari, maka siklus tersebut masih normal… :)
    Semoga sehat selalu… Trims

  189. 192 rheina April 5, 2009 pukul 1:17 pm

    thanks cak atas sarannya, btw, perlu gak sih aku periksa lagi ke dokter kandungan (lain) soalnya kan aku dah pindah rumah, buat konsul hasil PA nya itu ????

    Kalo gak konsul, bahaya gak ya …. (mengakibatkan keganasan nantinya gitu … )

    Oh ya, kata orang kalo keterusan minum obat peenyubur kimia bisa kena kista, benar nggak sih, itu bidan lo yang bilang. makasih ya cak infonya.

  190. 193 cakmoki April 6, 2009 pukul 12:03 pm

    @ rheina:
    Kalo ada keluhan, perlu konsul ke dokter manapun. Kalo gak ada, gak perlu.

    kalo keterusan minum obat peenyubur kimia bisa kena kista, benar nggak sih

    Tidak benar :)
    Thanks

  191. 194 estu April 19, 2009 pukul 8:16 pm

    sugeng ndalu dok…
    dok saya mau tanya..
    saya menikah 4 bulan yang lalu. bulan maret saya tidak haid kemudian bulan april saya haid dari tanggal 6 april dan berhenti haid sekitar 5 hari. tetapi setelah berhenti kadang keluar flex, saya pikir sudah seminggu lebih dan saya putuskan untuk berhubungan sex tetapi ketika saya berhubungan sex, saya mendapati darah (hanya sedikit) bercampur lendir keluar dari vagina. dan nampak jelas ketika saya sapu vagina saya dengan kapas putih. dan samapi sekarang punsudah 10 hari setelah haid tetep saja keluar campuran flex, darah atau lendir berwarna kuning / orange karena bercampur darah ketika berhubungan. saya takut dok.., apa yang terjadi pada diri saya. saya pingin sekali cepet punya baby.mohon penjelasannya. dan semoga tidak ada hal buruk menimpa saya. terima kasih sebelumnya.

  192. 195 cakmoki April 19, 2009 pukul 11:47 pm

    @ estu:
    Sugeng dalu…
    Flek berkepanjangan biasanya DUB (dysfunctional uterine bleeding) yang kebanyakan disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormonal dengan berbagai faktor pencetus.
    Untuk memastikannya, sebaiknya periksa ke dokter spesialis kandungan (SPOG) sekaligus konsultasi terkait keinginan untuk cepet punya baby.
    Andai ga ada kelaianan apapun saat pemeriksaan, SPOG mungkin gak akan buru-buru memberikan obat sehubungan dengan keinginan cepet punya baby mengingat masih 4 bulan menikah.
    Moga sehat selalu.
    Trims

  193. 196 devi Mei 19, 2009 pukul 1:47 am

    dok….saya mau tanya..saya udah 2 minggu lebih menstruasi gak selesai2…di minggu pertama mens hanya sedikit2 dan disertai dengan sakit di pinggang,,,minggu berikutnya sampai sekrg lumayan banyak keluarnya…ada apa ya dok dengan saya..saya blm menikah tapi sdh pernh melakukan hubungan seks..apa mungkin saya kena kanker serviks..mohon dibalas ya dok…terima kasih sebelumnya..

  194. 197 cakmoki Mei 19, 2009 pukul 2:00 am

    @ devi:
    Seperti tertulis di artikel dan diskusi sebelumnya, menstruasi berkepanjangan or DUB (dysfunctional uterine bleeding), kebanyakan disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormonal dengan berbagai faktor pencetus.
    gak gitulah, masa lantas kanker serviks … hehehe.
    Silahkan baca lagi bab “Faktor Penyebab” pada artikel ini.
    Sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

  195. 198 feby Juli 10, 2009 pukul 1:31 am

    saya mw tanya, kurang lebih sejak 2thn yg lalu saya mengalami haid sampai 2 minggu. 5 hari pertama itu banyak tapi selanjutnya hanya flek2 saja. alhamdulillah saya tidak mengalami sakit yg berarti selama haid. apa haid dgn waktu selama itu normal? saya belum menikah dan khawatir tidak dapat punya anak. mohon jawabannya. trimakasih.

  196. 199 cakmoki Juli 10, 2009 pukul 2:20 pm

    @ feby:
    siklus haid normal adalah 21-35 hari. Sedangkan lamanya haid normal 3-10 hari dengan rata-rata 7 hari. Kalo 2 minggu berarti ada gangguan haid. Untuk itu sebaiknya periksa ke dokter untuk diperiksa dan diberi obat agar haid kembali normal.
    Trims

  197. 200 hana Juli 22, 2009 pukul 9:29 pm

    cak, salam kenal..
    saya mau tanya neh. saya ce 28th, belum menikah.
    beberapa bulan yg lalu saya mengalamai haid 2bulan/3bulan sekali.
    saya pergi ke SPOG, USG ktnya normal2 saja, mgkn pengaruh stres. dikasi obat, cm saya lupa obatnya apa.
    setelah itu haid sempat teratur sampai 4 bulan yang lalu siklus mulai maju 8hari – trahir 12hari maju dr jadwal biasa. dan yg trakhir sampai hari ini hari ke8 menstruasi masih keluar banyak bgt spt hari ke2 di siklus biasanya. dan ini terjadi sejak hari pertama. apa yang terjadi?
    apa perlu usg lagi??
    sy memang mengalami kenaikan berat badan 2-3kg akhir2 ini.
    terima kasih banyak…
    salam,

  198. 201 cakmoki Juli 23, 2009 pukul 3:37 am

    @ hana:
    mengingat gak ada kelainan saat USG, mungkin gangguan keseimbangan hormon yg dipicu oleh banyak faktor, diantaranya kelelahan fisik maupun psikis, dan berbagai faktor lain. Kalo berat badan cuma naik segitu sih gak ngaruh pada siklus menstruasi.
    Menurut saya, sebaiknya periksa ke DSOG agar dibarikan obat yg tepat … dan gak harus USG lagi.
    Trims :)

  199. 202 mpd September 10, 2009 pukul 10:48 pm

    cak mau numpang nanya niih..
    saya wanita usia 22 sdh menikah.. 7 bulan yang lalu saya pernah keguguraan kemudian akhirnya di kuret. lalu 2 bulan setelahnya mulai muncul keputihan. saya masih membiarkan karena saya kira hanya keputihan menjelang datang bulan, ternyata keputihannya mulai terasa tidak nyaman dan terus-terusan tidak hanya ketika akan datang bulan saja dan kadang berbau tidak sedap.
    pernah ketika sedang melakukan hubungan intim kemudian keluar darah dan menyebaban siklus haid saya tidak teratur selama tiga bulan ini hingga lebih dari 14 hari..
    apakah ada hubungannya antara pasca saya kuret dan timbulnya keputihan pada diri saya??
    dan apa penyebab darah yang keluar ketika berhubungan intim??
    dan bagaimana penyembuhannya??

    nb: saya blum memeriksakan diri ke dokter, tetapi sekarang saya mulai takut. mohon bantuannya, terima kasih..

  200. 203 cakmoki September 11, 2009 pukul 1:17 am

    @ mpd:
    Menilik bahwa munculnya keputihan sekitar 2 bulan pasca kuret, tentu tidak ada hubungannya dengan kuret.
    Keputihan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Jika berbau tak sedap, kemungkinan infeksi oleh mikro-organisme (jamur, bakteri, virus, parasit, dll).
    untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan sekret vagina (sampel keputihan) di Lab Klinik.
    Setelah diketahui penyebabnya, barulah diberikan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.
    Keluarnya darah saat berhubungan intim bisa jadi ada hubungannya dengan “keputihan” tesebut.
    Penyembuhannya adalah dengan mengobati keputihannya.
    Gak perlu terlalu khawatir, yg penting segera periksa ke dokter untuk mendapatkan obat yg tepat.
    Moga segera sembuh.
    Trims

  201. 204 muthia September 11, 2009 pukul 4:28 am

    cak,numpang tanya nih,
    ak tu taun lalu pernah haid selama sebulan,
    wktu periksa ke dokter kandungan smpet di usg gtu,dinding rahimku penuh darah,ktny sih krna stres,jd ak disuruh mnum obat penghenti haid,stelah itu haid nya emg lgsung brenti, yg sku takutin itu,klo darah yg masih bnyk di dinding rahim dan dihentikan mendadak gitu,apa bs menyebabkan kista ? nah skrg ini,stelah seminggu ak haid,suka keluar darah segar gitu,cuma dikit kek bercak2 gitu,itu darah menstruasi atw gimana? krna bln puasa ini sy terganggu sekali,hrus sering mandi bersih pdhl drh yg kluar cm sedikit.. ditunggu jwabannya ya csk.. makasih..

  202. 205 cakmoki September 11, 2009 pukul 4:51 pm

    @ muthia:
    ya jelas dong, semua wanita kalo lagi haid pasti banyak darah dalam rahim. Saat haid normal maupun saat haid berkepanjangan.
    Ketika haid berhenti maka darah tersebut udah ga ada lagi dalam rahim. Pengobatan pada menstruasi berkepanjangan gak ada hubungannya dengan kista. Lagipula, kista belum diketahui sebabnya hingga kini.
    Tentang hubungan antara puasa dengan fleks setelah seminggu haid, bergantung pada keyakinan masing-2 dalam mengikuti ajaran fiqih. Pada umumnya, setelah 15 hari, fleks tersebut dianggap sebagai darah istihadhoh sehingga ygs wajib melakukan ibadah, termasuk puasa. Sekali lagi, masalah peribadatan bergantung pada ajaran fiqih yg diikutinya.
    Trims

  203. 206 nanda September 24, 2009 pukul 9:37 pm

    cak mau nanya nihh,,,
    saya wanita 20 thn belum menikah. siklus mens saya ga karuan banget nih…dr kelas 2 smp alias 14 thn….waktu ngeluarin darah lamaaaaa banget sampe 2 bulan. trus sempet kontrol dan usg tp g apa2. kemudian hbs diobatin..g keluar2 lg sampai 6 bulan,,,kemudian keluar lagi sampai 2 bulan,,begitu seterusnya…apakah ada efeknya kelak dikemudian hari ketika saya menikah??pertama kali mens saya berusia 10 thn…atas jawabannya terimakasih ya cak yang baik…

  204. 207 cakmoki September 25, 2009 pukul 6:02 pm

    @ nanda:
    Menilik kronologi dan hasil USG, kemungkinan hanya gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance). Kondisi tersebut dapat diobati hingga siklus menstruasi menjadi normal.
    Jika siklus menstruasi dikendalikan dengan obat hingga normal, maka gak ada pengaruh kelak ketika menikah.
    Jika tidak dikendalikan, maka akan berpengaruh ketika kelak menikah.
    Untuk itu, menurut saya sebaiknya berobat ke dokter spesialis kandungan agar menstruasi dapat dikendalikan sehingga tidak berpengaruh kelak ketika menikah.
    Trims

  205. 208 novi Oktober 10, 2009 pukul 5:53 pm

    selamat sore..saya ingin berkonsultasi masalah menstruasi.
    dari pertama saya mengalami menstruasi, siklusnya tidak teratur.awal menstruasi saya berusia 11 tahun.saya sudah pernah chek up ke dokter 3 kali.saya juga pernah USG 2 kali.dokter mengatakan bahwa rahim saya bersih dan saya mengalami menstruasi yang berkepanjangan disebabkan siklus yang belum normal.Pernah saya diberi obat oleh seorang dokter.saya meminum obat itu, dan beberapa hari kemudian menstruasi saya lancar.namun bulan berikunya menstruasi saya kembali tidak lancar.dokter memberikan waktu hingga saya berumur 17 tahun.dan sekarang saya berumur 16 tahun.
    saya penasaran sebenarnya apa yang sedang saya alami?
    tolong bewri jawabannya.terima kasih.

  206. 209 cakmoki Oktober 11, 2009 pukul 12:27 pm

    @ novi:
    Kalo hasil USG gak ditemukan kelainan, berarti rahim dan indung telur serta organ reproduksi lainnya emang gak ada kalainan.
    Sesuai artikel di atas, pada umumnya menstruasi bekepanjangan disebabkan gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance), yang dipicu oleh banyak faktor
    Gak papa … ntar dapat dinormalkan dengan obat, jika emang diperlukan sepert halnya yg pernah diberikan oleh dokter.
    Moga sehat selalu :)
    Trims

  207. 210 ari November 12, 2009 pukul 6:15 pm

    wah akhirnya menemukan ttg DUB ^_^ *senengnya …*

    ini sekarang aq lagi alamin yg namanya DUB …
    awalnya pada pertengahan 2009 sekitar bulan Juli, awal mens tgl 22 mei kemudian bulan juninya g mens eh tnggl 15 juli mensnya dtng, da gitu ngeluarin darah beku yg gedhe [2-3hr] disertai sakit pada perut bag bawah dan pinggang,setelahnya ngeluarin darah biasa tp itu berlangsung selama hampir satu bulan, lalu ke DSOG di USG sampe test urine[hasilnya negatif] dikasih obat plasminex sama gitaramin[kalo g salah sebut], dikasih obat ini masih pendarahan trus ke DSOG lagi dikasih cyclo proginova dan plasminex, tp pendarahannya g berhenti, akhirnya aq ganti DSOG dan diberitahu kalo aq kena DUB, rahim sama endometriumnya ktnya bagus, normal,trus dikasih estro [ lupa namanya tp ktnya untuk menghentikan pendarahan akut] plus plasminex sama cyclo proginova, alhamduillah akhirnya g pendarahan, sampe skr udah 3 bulan menjalani perawatan, trus dua bulan terakhir haidnya lancar jaya

    berdasarkan penyebabnya [artikel di atas] ada faktor kejiwaan, memang akhir2 ini aq cepet banget stress dan capek mungkin itu juga pemicu aq kena DUB, mk DSOGku nganjurin jgn capek dan stress, tapi kok ya susah heheheheh

    cuma knp yah cak selama mengalami perawatan aq sering kena keputihan, padahal udah g pernah kambuh lagi,dulu sekitar thn 2006 aq kena keputihan [berbau, berwarna keruh tp tdk gatal dan panas] yg skr juga sama[agak bau, berwarna keruh seperti susu dan kentel banget] dan terakhir dikasih fermico sama lactacid,

    1. apa ada pengaruhnya sih antara kena DUB sama keputihan?
    2. untuk DUBnya apakah bisa kambuh lagi cak?
    3. dan untuk keputihannya, selain yg diatas prosedur pengobatan apa lagi yg hrs dijalanin biar g kambuh2 lagi?

    huaaaaaa *baru nyadar kalo panjang bener curhatnya*

    makasih cak …

  208. 211 cakmoki November 13, 2009 pukul 1:59 pm

    @ ari:
    1. Secara langsung gak ada hubungannya. Naum faktor stress dan kelelahan fisik dapat memicu timbulnya keputihan (yg non patologis)
    2. Bisa. Terutama kalo ada faktor pencetusnya.
    3. Untuk keputihan, sebaiknya periksa sekret vagina untuk mengetahui penyebabnya. Setelah sembuh, diperlukan perawatan organ intim secara teratur. Meski begitu, kadang masih mengalami keputihan (yg jenis non patologis) walaupun udah merawat organ intim dg baik. Selengkapnya tentang perawatan vagina, silahkan baca artikel pendek berjudul : Agar Miss V Tetap Kinclong, di blog ini.
    Trims

  209. 212 wida November 29, 2009 pukul 1:48 pm

    ikut nimbrung dong,aku baca komentar-komentar ada yang ga aku ngerti PMS & DUB itu apasih.
    aku cuga mau tanya:aku habis melahirkan 3 bulan yg lalu dgn cesar baru mendapat haid november ini padahal aku ngak KB haid ku udah 10 hari ngak berhenti dan banyak sekali aku belum kedokter sih,apa ini darah 3 bulan yang lalu yang gak keluar ya,trus obat apa ya yang dijual bebas untuk menghentikan pendarahan sebelum aku kedokter.
    makasih ya Cak….

  210. 213 cakmoki November 29, 2009 pukul 10:13 pm

    @ wida:
    PMS adalah Pre Menstrual Syndrome, yakni kondisi psikis yang dialami sebagian wanita saat menjelang haid, misalnya: mudah terseinggung, gampang murang-muring tanpa sebab yang jelas, dll.

    Sedangkan DUB (dysfunctional uterine bleeding), seperti tertulis di artikel adalah perdarahan uterus disfungsional adalah perdarahan abnormal yang dapat terjadi di dalam siklus maupun di luar siklus menstruasi, karena gangguan fungsi mekanisme pengaturan hormon (otak-indung telur-rahim), tanpa kelainan organ.

    Gak haid pasca melahirkan hingga 3-6 bulan adalah hal yang wajar jika menyusui. Kalaupun gak menyusui, haid yang keluar 3 bulan setelah melahirkan bukan kumpulan darah haid selama 3 bulan. Haid merupakan pelepasan sel-2 darah dari dinding rahim jika tidak ada pembuahan setelah ovulasi (pembentukan sel telur). Ovulasi dalam keadaan normal terjadi setiap bulan. Karena itulah mengapa seorang wanita umumnya mengalami haid setiap bulan. Beda dengan pasca melahirkan.

    Obat untuk menghentikan haid yang berlebihan tidak dijual bebas, tapi harus dengan resep dokter mengingat pemilihan jenis obat dan lamanya penggunaan obat tersebut didasarkan pada hasil pemeriksaan dokter.
    Trims

  211. 214 olin Desember 7, 2009 pukul 12:53 pm

    salam kenal ya pak…!!!
    saya mau nanya ne…,saya punya teman.Teman saya itu setiap masa menstruasinya selalu lama dan berkepanjangan,kadang bisa sampai 3bln gitu, dan pernah juga sampai 9-10 bulan dan setiap harinya itu dia selalu mengeluarkan darah seperti menstruasi gitu…. Dia ngalami penyakit seperti ini kira-kira sudah 8 tahunan. Dia juga dah sering melakukan pengobatan dan nyoba berbagai macam obat yang disarankan oleh dokter. Tapi yang sangat di sayangkan tak satu obat dokterpun yang membuat dia sembuh dari penyakit tersebut hingga saat ini…!! kira-kira apa ya pak penyebabnya dan solusinya….????
    trims…

  212. 215 cakmoki Desember 8, 2009 pukul 1:03 am

    @ olin:
    Salam kenal…. hmmm ada beberapa nama yang sama sebelum ini… :)

    Penyebab terbanyak pada menstruasi berkepanjangan adalah Gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance). Sedangkan penyebab lain dapat diketahui melalui pemeriksaan USG oleh dokter ahli kandungan.

    Menurut saya, solusinya seyogyanya berobat ke salah satu dokter secara kerkesinambungan agar dapat dinilai hasil pengobatannya. Kalo terlalu sering gonta-ganti dokter, dikhawatirkan gak nyambung antara riwayat pengobatan sebelumnya dengan pengobatan yang sedang dan evaluasi hasil pengobatan.
    Trims

  213. 216 rina Desember 9, 2009 pukul 8:52 pm

    malam cak moki, mau nanya nih,Mengapa setiap selesai hubungan sm suami selalu ngeplek coklat, ini terjadi setelah saya selesai operasi kista dan kuret karna polip serviks,misal saya bersih dari mens tgl 3, tgl 5 saya hubungan, besok siangnya ngeplek coklat, tgl 7 hubungan begitu juga, terakhir tgl 10 hubungan, saya bantu ngeluarkan penis suami dengan waslap sesudah selesai ejakulasi karna biasanya cairan pelumas akan tumpah jadi biar tidak tumpah ke sprei, karna gelap jadi saya tidak memperhatikan warna cairan itu apa, tapi besoknya waslap itu penuh flek coklat. Kenapa ya cak ? saya jadi takut, tapi sya tidak mengalami sakit, saya pernah menjumpai setelah hub,paginya keluar lendir berwarna merah (darah, memang setelah hubungan saya langsung tidur krn kelelahan jadi baru dibersihkan plus mandi paginya. Tolong ya cak, makasih ….

  214. 217 cakmoki Desember 10, 2009 pukul 1:38 am

    @ rina:
    Met malam…
    Kondisi begitu dapat disebabkan berbagai faktor. Biasanya berhubungan dengan hormonal yg bersifat insidental, atau pengaruh dari kontraksi organ reproduksi saat berhubungan intim. Namun menilik adanya riwayat operasi kista dan kuret polyp serviks, gak ada salahnya kontrol ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya. Jika ternyata gak ada kelainan apapun, biasanya dokter akan memberikan obat (turunan estrogen atau progesteron atau kombinasi keduanya) untuk mencegah terjadinya flek pasca berhubungan intim.
    Moga masalah tersebut dapat segera teratasi.
    Trims

  215. 218 wida Desember 12, 2009 pukul 5:23 pm

    makasih cak atas jawabanya PMS dan DUB nya,dua minggu yang lalu saya sudah kedokter untuk menghentikan menstruasi berkepanjangan ini KATANYA ADA PENEBALAN PADA DARAH HAID sempat berhenti,e..sekarang masih keluar lagi,obat yang dikasih kalinex 500 dan primolut,langkah apalagi cak yang harus aku lakukan..?aku takut kalau di kuret.jenis makanan (sayuran/buah)apa ya yang harus aku konsumsi…sebagai obat, makasih atas jawabannya

  216. 219 cakmoki Desember 13, 2009 pukul 7:01 pm

    @ wida:
    Obatnya dah oke. Penebalan (hiperplasi) pada uterus (rahim) bukan sesuatu yg serius. Kalo berulang biasanya diperlukan obat yang sama untuk menanggulanginya.
    Gak ada makanan khusus, untuk menanggulangi masalah tersebut. Meski begitu, dianjurkan makan makanan bergizi untuk mencegah penurunan kondisi tubuh. Semua buah dan sayuran bagus untuk dikonsumsi, tapi bukan sebagai obat melainkan sebagai zat penunjang yang kaya vitamin dan mineral untuk membantu metabolisme (pengolahan makanan)dan untuk meningkatkan kondisi tubuh.
    Makasih

  217. 220 cicum Februari 5, 2010 pukul 5:28 pm

    patofisiologi spotting kb ap y??

  218. 221 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 6:22 pm

    @ cicum:
    kb apa dulu mbak ?

  219. 222 heni Februari 6, 2010 pukul 6:32 pm

    cak, saya mau tanya, saya laparoscopy kista bulan sep 2009, dilanjutkan dengan suntikan tapros selama 3 bulan, selama suntikan tapros saya tidak mendapatkan haid, baru mulai haid tgl 28 jan 2010, tapi sampai sekarang belum berhenti haidnya normal ga’ dok?

  220. 223 cakmoki Februari 7, 2010 pukul 1:02 am

    @ heni:
    Haid yang lebih panjang dari biasanya setelah gak haid, biasanya karena gangguan keseimbangan hormonal. Normalnya 7-10 hari. Jika sampai 10-14 hari masih haid, seyogyanya kontrol ke dokter untuk mendapatkan obat menghentikan haid.
    Makasih.

  221. 224 lelly Februari 12, 2010 pukul 1:34 pm

    maaf cak, mo tanya kali aja dapat pencerahan. bulan lalu aku mens tgl 12, trus dikasi obat ama dokter kandgn primrose n regumen. regumen diminum mulai tgl 27 1×1 selama 10hr. sekarang aku mens tgl 10. tapi kok ya cuma ngeflek2 gitu ya…padahal biasanya hari kedua udh bentuk darah, tapi ini masih ngeflek tebel tipis gitu. kenapa ya cak??? apa karna minum regumen itu? lagian sempet jg dlm 10hr minum, aku lupa minum sehari, pengaruh nggak ya??? trus tuh ngeflek masuk kategori mens nggak ya??? mohon di jelasin cak. makasih banyak.

  222. 225 cakmoki Februari 12, 2010 pukul 4:19 pm

    @ lelly:
    kadang, jumlah dan lamanya menstruasi tidak berlangsung sebagaimana biasanya. Hal ini dapat terjadi oleh banyak faktor, misalnya: hormonal (internal maupun eksternal), kelelahan fisik maupun psikis, dll..dll.
    Namun, walau hanya flek dan berlansung 3-10 hari, berarti masih normal.
    Menurut saya, itu masih normal. Kalaupun lupa gak minum regumen 1 hari, gak ngaruh terhadap menstruasi.
    Makasih :)

  223. 226 icha Februari 16, 2010 pukul 1:08 pm

    usia saya sudah 18 tahun..
    ktka menstruasi pertama saya nggk mengalami nyeri..
    tp ketika lama kelamaan saya mengalami nyeri yg sangat hebat,dan mulai saat itu haid saya sudah nggk teratur..
    saya periksakan ke dookter,dn jawbannya saya kelebihan hormon.
    saya sudah mium berbagai macam obat untk meugurangi rasa nyerinya,tetapi percuma.
    nyerinya belum hilang juga.
    hampir 4thun saya mengalami nyeri haid yg tidak kunjung sembuh..
    dn ketika saya melakukan hubungan suami istri..
    rasanya saya selalu merasakan kesakitan bukan kenikmatan.
    tp setelah saya melakukan hubungan badan itu,haid saya sudah teratur.
    tetapi nyeri haidnya yg tidak kunjung reda.
    saya harus bagaimana?
    tolong berikan solusinya?

  224. 227 cakmoki Februari 16, 2010 pukul 2:19 pm

    @ icha:
    dear icha…
    Nyeri haid dalam dunia medis disebut dengan dysmenorrhoea ato dismenore.
    Yang paling penting adalah mengetahui penyebanya melalui pemeriksaan dokter dan pemeriksaan penunjang, misalnya USG, dll.
    Jika udah pernah periksa dan tidak ditemukan kelainan organ reprodulsi, maka pengobatannya hanya bersifat simptomatis, yakni meredakan nyeri saat haid atau sehari sebelum nyeri datang agar gak banget-2 nyerinya. Jika misalnya rasa nyeri timbul pas hari H siklus haid, maka obat bisa diminum sehari sebelum hari H setelah mengenali tanda-tanda bakal munculnya nyeri.

    Obat-obat pereda nyeri haid yg lazim digunakan diantaranya: pyronal, novalgin, dan sejenisnya. Sedangkan jika nyeri disertai dengan tegang di perut bagian bawah, dapat menggunakan visceralgin. Obat-2 tersebut diminum 3×1 sesudah makan di saat nyeri saja.

    Selengkapnya tentang Nyeri Haid, silahkan baca artikelnya di blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2009/01/21/nyeri-haid/

    Selanjutnya, jika nyeri masih berlangsung, ga ada salahnya kontrol kembali ke dokter.
    Moga masalah tersebut sembuh.
    Makasih.

  225. 228 nana Februari 20, 2010 pukul 12:16 pm

    Tanya …

    Saya terlambat haid yang harusnya jatuh tgl 18 ini. Tapi saya ada kegiatan tgl 24. jadi saya minum primolut N tgl 18 3x sehari. tapi hari ke 2, keluar cairan kental warna coklat seperti wanita yang sudah hampir selesai menstruasi. hari 3 keluar juga tapi lebih sedikit.

    Pertanyaan saya : apakah primolut N nanti masih bisa berhasil menunda haid saya pada tanggal 24 nanti? Dan penundaan haid walaupun sudah tanggalnya apakah akan menjadi masalah?

  226. 229 cakmoki Februari 20, 2010 pukul 6:18 pm

    @ nana:
    1) ya, masih bisa. Kalaupun keluar cairan kental seperti yang dialami pada hari kedua, darah tersebut bekan darah mens tapi darah withdrawl oleh pengaruh hormonal.

    2) Tidak masalah

    Makasih

  227. 230 Dewi Wulandari Februari 23, 2010 pukul 11:02 am

    Ass.

    Saya 35 th dan sdh mempunyai anak. Dari sejak nov 09 haid saya bermasalah dan berkepanjangan sampai dgn skrg, sdh ke DSOG berkali-kali dan USG transvaginal tdk ditemukan apapun shg diagnosa DSOG gangguan hormonal dan diberi transamin, vit E dan anti prostaglandin. Hampir tiap bulan saya konsumsi obat tsb dan hasilnya sama, haid keluar lg setelah obat habis.DSOG beralasan tidak memberi obat hormonal krn khawatir tambah lebih gemuk dan haid malah menjadi tdk teratur…..
    Yg saya tanyakan apakah memang spt itu? krn saya sangat merasa tdk nyaman dgn keadaan spt ini.

    thanks be4 :)

  228. 231 cakmoki Februari 23, 2010 pukul 3:55 pm

    @ Dewi Wulandari:
    Assalamu’alaikum…
    Alasan yang disampaikan DSOG ada benarnya. Namun menurut saya, obat hormonal gapapa digunakan, terlebih jika gangguan menstruasi tersebut dirasakan mengganggu. Kalaupun ada efek samping, misalnya mual atau perubahan berat badan (bisa naik bisa pula turun, sifanta hanya reversible. Artinya, efek samping (kalau ada) akan berangsur hilang setelah obat dihentikan.
    Makasih

  229. 232 lenny widyawaty Februari 28, 2010 pukul 3:16 am

    pa dokter saya mau nanya Mengapa saat menstruasi saya merasakan nyeri di perut bagian bawah ketika BAB (Buang Air Besar)?kenapa yach dan apa penyebabnya jga klu ada penyembuhannya memakai apa?mohon dikirim jawabannya melalui email yach pa dokter,terima kasih

  230. 233 cakmoki Februari 28, 2010 pukul 8:39 pm

    @ lenny widyawati:
    ok, tentang Nyeri saat Menstruasi, silahkan baca artikel di blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2009/01/21/nyeri-haid/

    di artikel tersebut udah ada penjelasan tentang faktor-2 penyebabnya dan pengobatannya.
    Makasih

  231. 234 maimun Maret 1, 2010 pukul 9:28 am

    dear cak Moki,, mau nanya lagi ^_^ maaf klo salah kamar..

    periode terakhir saya dapet tgl 16 Feb telat dari jadwal yg seharusnya tgl 4 Feb, alhmd normal aja (kecuali efek keputihannya..). insyaAllah nanti tgl 14 Maret saya akan berangkat umroh, jadi pingin menunda mens dulu. klo dari pertanyaan di atas sebelum saya, ada yg menyebutkan primolut N untuk menunda mens-nya, apakah obat ini dijual bebas, atau harus menurut resep dokter? akan ada pengaruhnya tidak ke kesuburan saya? soalnya saya sedang dalam program hamil (masih meneruskan profertil di periode yang ke-2). pas terakhir ke SPOG lupa bilang ttg mau umroh :D

    makasih banget sebelumnya ya Cak..

  232. 235 cakmoki Maret 1, 2010 pukul 3:09 pm

    @ maimun:
    Primolut-N mestinya harus dengan resep dokter..tapi kadang ada apotik yg menjual bebas. Menurut saya, mengingat mbak dalam program kehamilan, seyogyanya konsultasi ke DSOG (selagi masih ada waktu sebelum umroh) agar dapat diatur jadwal penggunaannya sehingga tidak menganggu jadwl minum profertil.
    Makasih

  233. 236 Cory Maret 5, 2010 pukul 6:47 am

    Cak saya mau tanya neh..saya umur 33 thn..udah berkeluarga tp belum ada nikah..baru nikah 7 bulan,saya menstruasi tgl 2 cuman bercak sedikit bgt,trus tgl 3 keluarnya banyak bgt sampe2 harus sering ganti pembalut trus skrg tgl 4 tinggal bercak2 coklat berarti saya mens cuman sehari ya..yg mau saya tanyakan normal kah apakah klo pengen punya jd penghambat cak.oia siklus mens saya kadang 27 hari kadang 28 hari.

  234. 237 cakmoki Maret 5, 2010 pukul 1:58 pm

    @ Cory:
    itu artinya mens 3 hari dan normal.
    Siklus mens normal adalah 21 s/d 35 hari dengan rata-rata 28-30 hari.
    Makasih

  235. 238 Rima Maret 9, 2010 pukul 12:33 am

    cak mo tnya nh,.. q dri pertama haid kels 2 smp mpe skrng haidnya tdk teratur kdng 2 mpe 3 bln sekali,..dan dlu pernah mpe 8 bln bru haid,.sya udh pernah cek 3x, kdokter kandngn 2x and doktr pnyakit dlm 1x,.ktax sich horman aj n gk pa2. sya blum berkeluarg,.. mhn infox y,..thx

  236. 239 cakmoki Maret 9, 2010 pukul 1:34 pm

    @ Rima:
    Kalo hasil pemeriksaan Dokter meyatakan gakpapa, berarti aman, artinya gak ada kista, gak ada tumor, gak ada infeksi.
    Ketidak teraturan haid, yang terbanyak disebabkan gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance).
    Biasanya diberi obat agar haid menjadi teratur.
    Makasih

  237. 240 icha Maret 23, 2010 pukul 12:18 pm

    halo cakmoki…
    aq mo nanya nih…skrg ni q lg mens tp kok cuma crat crit y..g bsa bnter gt..smpe skrg dah 3 mggu lbh pa gara2 q pke IUD y…cz tgl 24feb kmrn qbaru psg IUD’y smggu stlh psg IUD c kluar flek2 gt tp abis tu bersih,smggu stlh psg (tgl 3-3-10)kn kontrol & posi2’y bgus eh siang’y lgsg mens smpe skrg..prtma’y c bnter tp lma2 cma crat crit ja..trus ntr kntrol sbulan lg(jdwal kontrol 3-4-10)gmna nih cak knp kok mens’y smpe lma?sblm’y q pke KB suntik 3blnan n prtma2’y mens 3 bln skli trs lma2 g mens sama skli akhir’y q memutuskan untuk gnti KB tsb.gmn q bgung nih tlg bntu jwbn’y y…mkcih

  238. 241 cakmoki Maret 23, 2010 pukul 3:12 pm

    @ icha:
    Itu bukan karena IUD, tapi kemungkinan karena gangguan keseimbangan hormonal, sebagaimana penjelasan dalam artikel..
    Untuk memastikannya, mau gak mau periksa ke dokter. gak harus menunggu jadwal berikutnya…
    Makasih

  239. 242 komariah Maret 24, 2010 pukul 10:08 pm

    saya usia 32th.yang mengalami m berkepanjangan setiap pakai alat kontrasepsi.dulu pake suntik tp sekarang udah diganti pake inflan.rupanya mengalami hal yang sama.saya pake inflan dari bln januari dan dtng m pertengahan maret sampai serang blm berhenti2 M nya.kenapa ya cak…….

  240. 243 cakmoki Maret 25, 2010 pukul 12:21 am

    @ komariah:
    Kondisi tersebut karena implant dan suntik sama-sama alat kontasepsi hormonal. Ini artinya akan mengalami hal yang sama jika menggunakan alat kontrasepsi hormonal (pil KB, suntik, implant). Untuk itu sebaiknya pake alat kontrasepsi yang lain.
    Adapun menstruasi yang berkepanjangan dapat diatasi dengan obat sesuai resep dokter.
    Makasih

  241. 244 Kinayungan Community Maret 30, 2010 pukul 1:04 pm

    Salam Kenal Cak…

    Sy Ibu rumah tangga usia 35th. sudah 2bl ini saya pasca operasi pengangkatan kista (jenis kista coklat). Bulan Pertama saya dikasih obat Lutenyl dan 1bl tsb say tdk mendapat haid (dokter bilang emang diistirahatkan),dan pada bulan kedua sy dikasih obat yang sama tp bulan tsb sy mendapat haid (26maret) dan sampai sekarang haid tsb kok belum berhenti ya…sy balik ke dokter (17maret) kata dokter itu pengaruh hormonal & gpp – dikasih obat PLASMINEX utk menghentikan pendarahan (utk 5hr) Obat sdh habis tp kok sampe sekarang kok belum berhenti juga ya haid tsb.Yang ingin sy tanyakan:
    1. Apakah itu pengaruh obat atau sebab lain?
    2. Pandarahan (haid) yang tidak berhenti2 karena pengaruh hormon itu bahaya apa nggak? Apa yg harus sy lakukan?
    3. Agar kista coklat tsb tidak kambuh pantangan apa yang hrs sy lakukan.
    Itu dulu cak, maaf kalo terlalu panjang. Terimakasih sebelumnya atas info yang diberikan (tolong cepat dibalas ya cak…please)

  242. 245 Kinayungan Community Maret 30, 2010 pukul 2:45 pm

    Ralat :

    Maaf cak ada kesalahan tulis:
    Saya haid dari tanggal 06 maret sampai denga sekarang 30 maret 2010
    Terimakasih

  243. 246 Coko Maret 30, 2010 pukul 7:30 pm

    Pak dokter yang terhormat..
    Ijin bergabung ya Pak.. Sekalian mau konsul.
    Begini, saya suami dari seoang istri yang 3 tahun lalu melahirkan cesar. Setelah operasi ternyata perdarahan yang dialami tidak berhenti. Kemudian saya konsul dengan dr. X Sp.Og (dokter yang menangani cesar) dan dinyatakan harus di kuret. Setelah di bius, ternyata kuret dibatalkan karena diketahui bahwa rahim istri saya ada 2, jadi si dokter tidak bisa menentukan mana rahim yang harus di kuret. Karena saya khawatir maka saya konsul dengan dokter lainnya sebutlah dr. Y Sp.Og, oleh beliau diperiksa dan dilakukan lah kuret, dan dikatakan bahwa rahimnya hanya satu, cuma ada sekat diantaranya. Kemudian setelah kuret dilakukan ternyata perdarahan belum berhenti (pada saat itu istri saya mengikuti program KB suntik 3 bln)hingga akhirnya saya melarang istri untuk ikut KB lagi dengan harapan agar tahu apakah perdarahan itu karena suntik KB. Ternyata perdarahan tetap berlangsung.Hingga kemudian suatu saat saya mengajak istri untuk periksa pada dr. Z Sp.Og di kota Kudus, setelah minum obatnya, ternyata perdarahan berhenti. Karena kekawatiran hamil lagi, maka istri memutuskan untuk Suntik KB lagi, selama hampir 1 tahun selama KB istri tidak pernah mens. Hingga bulan Februari 2010 tidak ikut KB lagi, dan semenjak itu istri saya mengalami mens berkepanjangan hingga sekarang. Paling berhenti 1 hari terus keluar lagi. Oleh dokter diberikan resep obat pengatur hormon, tetapi juga masih belum sembuh. Pertanyaan saya :
    1. Kelainan fisik apa pada rahimnya, adakah pengaruh pada mens atau perdarahan?
    2. Bagaimana pengobatan yang terbaik?
    3. Masihkah bisa hamil lagi? mengingat anak baru 1.

    Terimakasih atas jawaban jawabannya….

    Salam,
    Coko

  244. 247 cakmoki April 1, 2010 pukul 2:23 pm

    @ Kinayungan Community:
    Salam kenal…. mohon maaf terlambat menjawab :)
    1) ya, pengaruh obat dan keseimbangan hormonal pasca operasi.
    2) Menstruasi yang berkepanjangan (sejak 6 Maret hingga sekarang), tidak bahaya, tapi tetap harus diobati agar siklus menstruasi menjadi normal kembali.
    Yang harus dilakukan adalah kontrol ke DSOG setidaknya 2 minggu sekali untuk evaluasi hasil pengobatan.
    3) Tidak ada pantangan makanan. Lagipula, penyebab timbulnya kista hingga saat ini belum diketahu secara pasti. Kista yang sudah diangkat tidak akan kambuh kecuali timbul kista baru. Untuk itu, biasanya DSOG menganjurkan kontrol berkala pada 6 bulan hingga 1 tahun pasca operasi.

    Moga segera pulih kembali.
    Terimakasih

    @ Coko:
    Mohon maaf, terlambat menjawab… :)

    1) Berdasarkan kronologi dari pasca caesar hingga pemeriksaan oleh dr. Z Sp.Og di kota Kudus, nampaknya tidk ada kelainan fisik dalam rahim. Perdarahan tersebut kemungkinan karena gangguan keseimbangan hormonal. Kemungkinan ini diperkuat dengan timbulnya perdarahan lagi setelah berhenti KB pada Pebruari 2010.
    Untuk itu, menurut saya, tak ada salahnya periksa ke DSOG atau RS dengan fasilitas yg lebih lengkap, misalnya di Semarang atau kota besar terdekat.

    2) Pengobatan terbaik dipilih oleh DSOG berdasarkan penyebabnya. Jika dulunya sembuh saat berobat ke dr. Z Sp.Og di kota Kudus, seyigyanya kembali periksa ke beliau dan meminta saran tindak lanjutnya.

    3) Menurut saya, sejauh siklus menstruasi dapat dikendalikan, tentu masih bisa hamil, karena sudah pernah hamil dan punya anak. Sedangkan pada pemeriksaan ketiga DSOG tidak ditemukan adanya kelainan dalam rahim.

    Semoga masalah tersebut segera teratasi.. :)
    Maturnuwun

  245. 248 Ratna April 5, 2010 pukul 2:20 pm

    pernah cek e dokter d kasi obat sembuh tp koq sekarang keluar lag dikit@ tapi lama ….
    gmn ya …

  246. 249 cakmoki April 6, 2010 pukul 2:39 pm

    @ Ratna:
    Diobati lagi hingga sembuh :)

  247. 250 Liza April 19, 2010 pukul 2:10 am

    Selamat malam Dok..
    Sebelumnya maaf jika pertanyaan saya agak melenceng dari topik.

    Putri saya 8 tahun 4 bulan mengeluh payudaranya sakit. setelah saya ‘cek’ sepertinya kedua payudaranya agak keras dan seperti ada benjolan. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah putri saya mulai memasuki masa pubertas?
    2. Usia berapakah normalnya anak perempuan mulai mengalami pubertas?
    3. Apakah putri saya tidak terlalu dini mengingat usianya 8 tahun 4 bulan?

    Demikian pertanyaan saya. Terima kasih sebelumnya.

  248. 251 cakmoki April 19, 2010 pukul 3:01 pm

    @ Liza:
    Selamat sore :)
    1) ya, bisa jadi mengalami Pra-pubertas
    2) Usia rata-2 11-14 tahun, tapi bisa lebih awal dan lebih lambat.
    3) Tidak. Pra-pubertas bisa dimulai pada usia tersebut, dan itu normal. Lagipula, pubertas tidak hanya ditandai denan perubahan fisik, namun juga perubahan emosional. Hanya saja, perubahan fisik dan emosional seringkali tidak bersmaan.

    Makasih

  249. 252 anne April 20, 2010 pukul 10:02 am

    Salam kenal..sy ibu RT usia 35th mempunyai 2 anak,slm 3,5th ini berKB suntik 1 bln sekali..slm ini haid lancar tiap bln dan berlangsung antara 5-7 hr keluarnyapun normal cenderung sedikit..mslh timbul bln kmrin haid yang keluar banyak dan ada gumpalannya berlangsung 9hari..nah bln ini selain banyak jg lbh lama 12hr..setelah bersih 2 hari muncul lg bercak merah dgn gumpalan darah, dikit si..smp hr ini msh ada bercak dikit,knp ya cak koq bs smp bgt..oya dr bln bln lalu setiap bangun tidur aku sakit di pinggang..bengkek kl bhs jawa sy..setiap telungkup kl mo ganti posisi terasa ngilu,kira2 ad hubungannya nda?makasih ya atas jwbanya

  250. 253 cakmoki April 20, 2010 pukul 3:39 pm

    @ anne:
    Salam kenal …
    Kondisi tersebut sama seperti yg tertulis di artikel, kemungkinan gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance) yang dapat dipicu oleh berbagi faktor, diantaranya: kelelahan fisik maupun psikis, faktor hormonal, dll.
    Keluhan pada pinggang bisa jadi berhubungan dengan gangguan menstruasi yg dialami saat ini, bisa juga tidak.
    Untuk itu, sebaiknya periksa ke DSOG untuk memastikan penyebabnya dan agar diberikan obat yg tepat.
    Moga segera pulih kembali.
    Terimakasih :)

  251. 254 lestari April 29, 2010 pukul 12:33 pm

    Siang cak…

    saya mau tanya…(*sedikit curhat :D)
    umur saya 20th (bulan depan 21 ^^) saya punya masalah siklus menstruasi saya tidak lancar kadang sampai berbulan2 saya ga *dapet* dan sekarang sudah hampir 3 bulan ini saya *dapet* (mens) ga berhenti2, pertamanya keluar sedikit2 makin lama makin banyak sampai2 satu hari saya bisa ganti pembalut sampai 4 kali saking banyak nya, tapi tidak ada keluhan sakit, perut kembung atau apapun dan berat badan saya sekarang menurun. ini kali ke dua nya saya mengalami hal ini (pertama waktu umur 18th). pernah periksa ke dokter (ga mau lagi) katanya saya kekurangan hormon *lupa hormon apa*.. kira2 cak/bapak/mas/pak dokter bisa kasih saya masukan apa yg harus saya lakukan dan apa kira2 penyebab nya??
    terimakasih banyaak sebelum nya…

  252. 255 cakmoki April 29, 2010 pukul 3:12 pm

    @ lestari:
    Penyebab terbanyak adalah Gangguan keseimbanganhormon (hormonal imbalance) yg dipicu oleh banyak faktor, misalnya: kelelahan fisik maupun pskis, stress, dll…dll.
    Untak memastikannya, sebaiknya periksa ke dokter kandungan agar diketahui secara pasti penyebabnya dan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat berdasarkan hasil pemeriksaan.

    Mohon maaf, saya tidak merekomendasikan obat tertentu untuk mengatasi hal tersebut karena gak meriksa secara langsung :)
    Makasih

  253. 256 fenny Mei 2, 2010 pukul 7:24 am

    dok.maaf mau nanya.vagina saya kok keluar darah coklat ama lendir gitu ya?padahal lagi masa subur.dan gak waktunya mens.mens saya sebelumnya 16 april dan ini keluar darah tgl 1 mei.ada sakit apa ya dok?saya takut sekali..apa hal tersebut bisa bikin susah hamil gak dok?maaf dok.sebelumnya saya ada nulis di situs dokter di lain.abis saya baru menemukan situs ini.hehe.help me.trims dok.

  254. 257 cakmoki Mei 4, 2010 pukul 4:11 pm

    @ fenny:
    Udah saya jawab di halaman lain :)
    makasih

  255. 258 adek Mei 14, 2010 pukul 8:52 pm

    Selamat malam dokter,…
    Saya telah memakai kb iud selama 6 bulan,… 2bulan yg lalu ( 1 April) saya haid selama 15 hari dan jumlah darahnya banyak, setelah saya periksa ke dokter dan di usg,… dokter mengatakan rahim saya tak ada masalah.Tapi setelah seminggu kemudian (tgl 23 April ) saya haid lagi, ttpi darahnya sedikit dan hanya flek2 berlangsung slama 8 hri, ttpi 2 kemudian haid lagislama 2 hari kemudian 3 hr kmudian haid lagi slama 2 hari, dan sekarang 5 hari kemudian (14 Mei) haid lagi ttpi darahnya sedikit. Bagaimanakah ini dok??? Saya takut karena 6 tahun yg lalu saya pernah kena kista ttpi sudah sembuh dan saya sudah punya anak…. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih..

  256. 259 cakmoki Mei 15, 2010 pukul 2:16 pm

    @ adek:
    Selamat siang…
    Jika hasil USG menunjukkan gak ada kelainan sebagaimana yg disampaikan DSOG, berarti gak ada kista da gak ada kelainan organ reproduksi.
    Sebagian besar menstruasi berkepanjangan (menometrorargia) disebabkan gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance) yang dipicu oleh banyak faktor, misalnya: kelelahan fisik, cemas, stress, dll.
    Cukup diobati dengan obat-obat untuk menstabilkan siklus haid. Sy yakin DSOG sudah memberikannya.
    Makasih

  257. 260 adek Mei 19, 2010 pukul 11:01 pm

    Selamat malam dokter…

    Terima kasih atas jawban yg lalu,… Tanggal 17 Mei kmaren saya brobat lagi ke dokter,… karena haid saya masih keluar.. Saya diberi obat flagistatin, Govazol dan Bicrolid . Klo stelah 2 hari haidnya nggak berhenti saya disuruh minum regumen. Dokter tersbut kurang memberi penjelasan kepada sya. Obat govazol dan bicrolid belum saya minum hanya flagistatin saja yg saya gunakan. Apakah tak mengapa jika belakangan saya minum govazol dan bicrolidnya berhubung harga kedua obat ini sangat mahal. Adakah obat generik dri obat jenis ini??? Kemudian yg ingin saya tanyakah apakah saya terkena infeksi akibat IUD ? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih..

  258. 261 cakmoki Mei 20, 2010 pukul 1:09 am

    @ adek:
    Selamat malam…
    Ga papa minum govazol dan bicrolid belakangan.
    Nama generik Govazol adalah Fluconazole, anti jamur.
    Sedangkan nama generik Bicrolid adalah Clarithromycin / Klaritromisin. Keduanya sangat mahal. :)
    IUD tidak menyebabkan infeksi.
    Makasih

  259. 262 naa Juni 15, 2010 pukul 10:15 am

    ass..

    duh cak sy kok msh mumet aja mikir haid yg kelewat sering datang.. :(
    kpengen bgt cpt hamil lg,tp gmn bs tau masa suburnya lha siklus haidnya amburadul gitu.apa krn kebanyakan dipikir jd tambah stres sy ya cak???
    mumet.com

  260. 263 cakmoki Juni 15, 2010 pukul 12:09 pm

    @ naa:
    Assalamu’alaikum,
    Ya, banyak kepikiran dan stress merupakan salah satu pemicu timbulnya Menstruasi berkepanjangan.
    Untuk itu, menurut saya sebaiknya berobat ke DSOG agar haid dapat dikendalikan sehingga lebih mudah memonitor masa subur.
    Moga segera pulih kembali :) , menjadi sehat dot com
    Makasih

  261. 264 nila Juni 24, 2010 pukul 6:32 am

    aq mau bisa nanya,aq haid ga teratur…bebrapa hari yang lalu sehari semalam ga ada yang keluar,mikirnya pasti udah berhenti haidnya trus berhubungan…eh tau-tau subuhnya haid lg….itu gimn dalam pandangan medis,kejadiannya baru pertama kali kaya gitu…sekedar info..kb pake suntikan 1 bulan….pusiiiing,takut efeknya ga bagus…mohon solusinya

  262. 265 cakmoki Juni 24, 2010 pukul 5:10 pm

    @ nila:
    Gak masalah…hal itu sering terjadi dikarenakan gangguan keseimbangan hormon ( hormonal imbalance), yang dipicu oleh banyak faktor, misalnya: cemas, kelelahan, aktifitas yg berlebihan, kb hormon, stress, dll.
    Makasih

  263. 266 dinda ita Juli 5, 2010 pukul 4:20 am

    Salam sejahtera…

    Dok,langsung aja ya mau nanya…mohon penjelasan nya..
    Saya mengalami flek yg berkepanjangan sudah sekitar 2 mingguan lebih
    Gak berhenti2…karena memang saya baru pulang dari umroh dan ketika di
    Sana saya mengkonsumsi obat penunda haid – lutenyl –
    Yang saya tanyakan,apakah ini wajar ?? Atau memang efek dari obat tersebut
    Atau ada penyebab lain..karena terus terang saya agak khawatir sebaba sebelum nya
    Mens saya teratur tiap bulan nya

    Mohon infonya,dan terima kasih sebelum nya

  264. 267 cakmoki Juli 6, 2010 pukul 12:17 am

    @ dinda ita:
    Salam sejahtera..
    Met datang dari Umroh … :)
    Itu wajar dikarenakan pemakaian obat… maksudnya wajar adalah flek tersebut dapat terjadi karena : a) efek withdrawl dari pemakaian lutenyl, b) faktor aktifitas fisik (termasuk perjalanan jauh)… gak masalah dan tidak perlu khawatir.
    Makasih

  265. 268 iin Juli 13, 2010 pukul 11:36 am

    Yth Dokter, sebelumnya saya bersyukur sekali dapat menemukan blog uini. Yang mau saya tanyakan, saya ibu beranak 1, umur 27 tahun, setelah melahirkan, saya KB suntik 3 bulan, efeknya saya mens berkepanjangan dan semakin lama setiap kali saya selesai berhubungan dengan suami juga mengalami pendarahan banyak bahkan pada waktu foreplaypun saya sudah pendarahan.Apakah ini efek Kb ataukah penyakit Dok?Terimakasih atas jawabannya.Dan juga saya harus periksa kemana dok?

  266. 269 cakmoki Juli 13, 2010 pukul 2:22 pm

    @ iin:
    th, mbak iin…
    Menstruasi berkepanjangan (menometroragi) dapat disebabkan oleh berbagai faktor pencetus, salah satunya pemakaian KB hormonal (suntik, pil, KB susuk). Untuk itu sebaiknya periksa ke dokter umum terdekat atau ke dokter spesialis kandungan (DSOG) untuk mendapatkan pengobatan dan advis konversi (penggantian) alat kontrasepsi yang sesuai.
    Moga sehat selalu.
    Makasih

  267. 270 Vava Juli 19, 2010 pukul 2:55 pm

    selamat siang Dok,
    Terbalik dengan isi artikel ini, sejak menggunakan IUS (spiral hormon?) sekitar bulan Maret 2009,saya boleh dibilang tidak lagi mengalami menstruasi (entah tidak mengalami, atau tidak ada pendarahan menstruasi). tetapi saat buang air kecil sering (tidak selalu) mendapati adanya lendir putih (keputihan) di urine nya. keputihan ini tidak atau sangat jarang sampai ke pakaian dalam (pakaian dalam selalu bersih dan kering kecuali pada periode tertentu tiap bulannya) hanya ada tercampur dengan urine (suka saya perhatikan dulu sebelum “flush”).
    normalkah?
    dan beberapa (sekitar 2) bulan belakangan ini, kadang setelah selesai berhubungan dengan suami, perut kiri bagian bawah terasa kembung dan saat buang air kecil terdapat titik darah (setitik jarum biasanya di tisu saat mengeringkan). apakah ada yang salah dengan rahim/leher rahim saya?
    saat ini kami sudah memiliki 2 anak usia 4 th dan 2 thn, keduanya lahir normal.

    mohon bantuan informasi dari bapak karena hal ini membuat saya jadi takut untuk berhubungan.

    terima kasih dan salam.

  268. 271 cakmoki Juli 20, 2010 pukul 12:27 am

    @ Vava:
    Selamat malam…
    Ya, adakalanya pengguna IUS tidak mengalami menstruasi.

    Tentang keputihan, terbagi menjadi 2, yakni (a) keputihan Non Patologis (bukan karena penyakit ) dan (b) keputihan patologis (karena penyakit).
    Manilik lendir putih tersebut jarang dialami atau hanya pada periode tertentu saja, maka digolngkan Keputihan Non Patologis, yang dapat terjadi oleh berbagai sebab, misalnya: kelelahan, cemas, hormonal, celana dalam terlalu ketat, dll…dll. Dengan kata lain: Normal.

    Adapun titik darah yang timbul pasca berhubungan intim, kemungkinan hanya karena iritasi saja.
    Kalau masalah kembungnya bisa terjadi oleh banyak faktor, terutama faktor psikis (cemas dan sejenisnya, dalam referensi disebutkan 80%). Kembung, jika mengganggu, dapat ditanggulangi dengan obat yang mengandung enzim pencernaan, misalnya: Pankreoflat, Vitazym, Enzimplex, dan sejenisnya, diminum 3×1 di saat kembung saja.

    Moga sehat selalu.
    Makasih

  269. 272 serly Juli 20, 2010 pukul 11:35 am

    semoga Alloh memberikan yang terbaik untuk kita
    tidak ada yang tidak mungkin didunia ini.Alloh pasti tau kekuatan hamba yang sedang diujiNYA.semoga kita termasuk orang-orang yang sabar.amien

  270. 273 Vava Juli 20, 2010 pukul 1:03 pm

    terima kasih dok atas informasinya.
    semoga dokter selalu diberkati Tuhan.

    salam.

  271. 274 cakmoki Juli 20, 2010 pukul 1:56 pm

    @ serly:
    Saya sependapat…. Makasih :)

    @ Vava:
    Sama-sama, mbak…. terimakasih juga telah berbagi..

  272. 275 zeinitza Juli 26, 2010 pukul 6:15 pm

    cak mau tanya nih..

    bulan ini kan saya mens tanggal 13 itu hanya flek-flek saja baru derasnya tanggal 14 terus tanggal 16 an nggak keluar lagi kayaknya udah bersih eh ternyata tanggal 18 keluar lagi yang bentuk flek-flek juga. Abis itu bersih. Elhadalah tadi pagi tanggal 26 kok ada flek-flek coklat tipis lagi.

    duh gimana ni cak?! panik berat nih T_T soalnya saya belum pernah begini biasanya lancar.. car.. car nga pake mandeg-mandeg begini

    masak iya saya mens lagi padahal baru tanggal 18-an berentinya gak mungkin kan?

    tolong advisenya dong cak apa yang harus kulakukan *halah*

    info saya single dan masih perawan ting-ting ^_^
    kalau mau periksa ke mana ya? apa saya tunggu dulu besok kluar lagi nga?

  273. 276 cakmoki Juli 27, 2010 pukul 11:35 pm

    @ zeinitza:
    wajar lah … adakalanya seseorang mengalami gangguan keseimbangan hormon oleh berbagai faktor sebagaimana tertulis di artikel..
    Pemicu tersering gangguan siklus menstrusi pada wanita yang masih gadis diantaranya: kelelahan, kecemasan, stress, dll..dll.
    Gak papa..ntar akan normal seperti semula… Seandainya masih begitu, gampang, berobat ke dokter … :D
    Makasih

  274. 277 zeinitza Juli 29, 2010 pukul 4:35 pm

    thanks cak jawabanya ternyata emang bener 1 hari kemudian gangguan itu nga muncul lagi gye he he saya udah keburu panik duluan kemarin abisnya nga pernah-pernahnya begitu

    untung deh lega hatiku.. thanks yah cak jawabannya menambah pengetahuan

  275. 278 cakmoki Juli 30, 2010 pukul 12:50 am

    @ zeinitza:
    syukurlah kalo dah gak muncul lagi :)
    thanks juga …

  276. 279 angga Agustus 17, 2010 pukul 1:51 am

    istri saya mengalami keguguran, setelah itu mens tdk berhenti-henti bahkan sampai saat ini jg mash tetap saja yang saya khawatirkan kok lebih dari 1 bln lho…….gmn cara menormalkan/menghentikan pendarahan, apakah ada pengaruhnya dengan kemandulan kejadian ini atau efek lain….tlg penjelasannya….thks

  277. 280 cakmoki Agustus 17, 2010 pukul 12:55 pm

    @ angga:
    untuk menormalkan siklus haid tentu dengan obat yang tepat setelah diperiksa oleh dokter kandungan (DSOG)
    Mandul gak mesti ada hubungannya dengan mesntruasi berkepanjangan… kalo udah diobati trus siklusnya normal dan suamin juga subur, maka bisa hamil … lha kalo mens terus-terusan dibiarkan saja, tentu gak bisa hamil, soalnya tidak terjadi pembentukan sel telu..ini bukan berarti mandul.
    Untuk itu, menurut saya seyogyanya periksa ke dokter spesialis kandungan agar diberikan obat yg sesuai dengan hasil pemeriksaan.

    Makasih

  278. 281 angga Agustus 17, 2010 pukul 1:35 pm

    biasanya apa aja obat yang dijual diapotik yang berfungsi untuk menghentikan menstruasi terus-menerus…….

  279. 282 cakmoki Agustus 17, 2010 pukul 11:18 pm

    @ angga:
    Banyak jenisnya… bergantung pada faktor pemicunya …. contohnya Primolut-N, Methovin, dll… tapi harus pake resep dokter dan penggunaannya juga disesudaiakn dengan hasil pemeriksaan oleh dokter.. gak bisa menentukan dosis sendiri… tapi kalo methovin, setidaknya diminum 3×1 selama minimal 1-2 minggu, disertai dengan adona or danochrom 3×1 selama sedikitnya 1 minggu.
    Maaf, contoh obat yg saya sebutkan hanya sebagai pengetahuan, bukan pengganti resep.
    Makasih

  280. 283 pooh September 16, 2010 pukul 12:55 am

    wah … ketemu post ini kok baru skrg sech …
    skrg dah normal lagi, sblm nya sampe 5 th loh … 1.5 bln ada, 3 hari stop, 2 bln ada 7 hari stop, 7 hari ada 1 hari stop.
    kalah sama bayi yg pake pampers.
    da coba alternatif lain dari tumbuhan obat, … terakhir coba primolut cuma berani 1 strip en 1 hari 1x tok (gak tiap hari) pas dah lemes. gimana gak lemes, kalo pas aktif2nya, 1 jam bisa 3x ganti pampers. pure gangguan hormon. cape dech. strezz dech.
    2 th terakhir rutin minum rebusan umbi nya rumput teki (itu tuh yg tumbuh di lapangan bola) and sukses.
    kalo post2 ini pop up dari dulu dulu, akan berguna untuk ku.

  281. 284 cakmoki September 16, 2010 pukul 4:18 pm

    @ pooh:
    makasih telah berbagi :)

  282. 285 suriani September 16, 2010 pukul 9:09 pm

    cak, saya mau nanya, saya seorang istri berusia 49 tahun. biasanya menstruasi saya normal2 aja sampai februari 2010. dari maret sampai juli tidak menstruasi dan mulai pertengahan juli menstruasinya datang lagi. dan berlangsung sampai 1 bulan baru selesai(darahnya banyak dan bergumpal). setelah minum lutenil(obat) akhirnya berhenti dan 15 hari kemudian menstruasinya datang lagi(darahnya banyak dan bergumpal). sampai saat ini udah 12 hari dan darahnya masih tetap bergumpal dan tambah banyak. jadi mohon informasinya apa yang harus saya lakukan.

  283. 286 cakmoki September 17, 2010 pukul 12:52 am

    @ Suriani:
    Yang perlu dilakukan adalah periksa ke DSOG… mungkin gangguan keseimbangan hormonal, mungkin juga premenopause ato sebab lain yang kepastiannya dapat diketahui setelah diperiksa DSOG. :)
    Kalo hasil pemeriksaan ga ada kelainan, biasanya akan diberikan obat hormonal untuk mengatur siklus haid.
    Moga segera pulih kembali
    Makasih

  284. 287 maya September 17, 2010 pukul 7:01 pm

    cak moki saya mohon bantuannya,,,saya pernah telat haid selama sebulan dan mulai frustasi takut kalau saya hamil,,maka saya mengkonsumsi obat xytotec pada malam hari sebelum tidur 1 tablet saya minum dan 1 tablet lagi saya masukkan lewat vagina,,dan akhirnya darah haid saya keluar besok paginya dalam bentuk bergumpal-gumpal. yang saya takutkan adalah darah haid saya ini sudah sebulan lebih tidak berhenti,,awalnya haid hanya muncul di saat petang dan malam hari (pagi dan siang tidak ada sama sekali) kemudian minggu berikutnya sampai dengan sekarang (sudah 2 bulan lebih) haid saya datang dari pagi hingga malam dan masih sangat banyak. yg ingn saya tanyakan apa yang terjadi pada saya ini?? berbahayakah?? karena saya takut sekali…terima kasih sebelumnya atas penjelasannya…

  285. 288 cakmoki September 18, 2010 pukul 11:50 am

    @ maya:
    suapaya gak berkepanjangan, sebaiknya periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan diberikan obat yang tepat untuk menormalkan siklus haid…. gak perlu terlalu takut, ada obatnya koq, tapi harus periksa lebih dulu.
    Moga segera pulih kembali
    makasih

  286. 289 ika September 20, 2010 pukul 2:26 pm

    mhon btuan jg ya, saya belum menikah, 23 th,kurang lebih 6 bulan ini saya haid 1 bulan 2 kali(klo haid 8-11hari),dan bnr klo ganggu aktifitas ibadah / gampang futur(lemah iman) jadinya, trs krn khawatir sm ibu disuruh ke dokter,di USG kata dokter gpp, trs dikasih obat namaya Lutenyl+obat tambah darah, Lutenyl tu obat apa ya?fungsinya apa ya?kmrn gak nanya dokternya cuma ya ya aja soalnya pusing dah 11 hari msh mens jg(krg darah kyknya),mhon dibantu ya,terima kasih

  287. 290 cakmoki September 20, 2010 pukul 5:41 pm

    @ ika:
    Lutenyl adalah salah satu hormon yg mengatur siklus menstruasi… fungsinya untuk menormalkan kembali siklus menstruasi.
    Seandainya belum dikasih tahu cara minumnya, obat ersebut diminum terus hingga habis walaupun mens mampet sebelum obat habis.
    Moga segera pulih kembali.
    Makasih

  288. 291 frie September 23, 2010 pukul 5:30 pm

    cakmoki,,,,,,,aku butuh bantuan…..
    aku siswa sma yang mengalami menstruasi tidak teratur,,,,,
    2 bulan akhir akhir ini aku mengalami menstruasi berkepanjangan sampai 3 minggu……….
    apakah ini bersangkutan dengan badan aku yang bisa dikatakan obesitas??????
    apakah ini kelainan??????
    apakah nanti bisa normal kembali??????????
    bagai mana cara menormalkan kembali siklus menstruasi ku cak moki????????????
    mohon di balas,,,,,,trim;s……..

  289. 292 cakmoki September 24, 2010 pukul 12:44 am

    @ frie:
    seperti tertulis di artikel dan diskusi-diskusi sebelumnya, kondisi tersebut pada umumnya karena gangguan keseimbangan hormonal yang dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya obesitas (gemuk).

    Jika gangguan menstruasi tersebut gak ada kelainan organ reproduksi, berarti gak ada kelainan.. namun hanya kelainan menstruasi saja.
    Tentu bisa normal, carnya dengan obat berdasarkan pemeriksaan oleh dokter.. untuk itu, sebaiknya periksa ke dokter terdekat agar diberikan obat untuk menormalkan siklus menstruasi.
    Moga segera pulih kembali.
    Makasih

  290. 293 frie September 24, 2010 pukul 8:45 pm

    malam cak moki……
    tapi aku takut periksa ke dokter…..nanti ketemu pula penyakit yang aneh-aneh cak moki…….
    teman aku obesitas juga, tapi menstruasix gak lama,malahn sebntar bgt cuma 3hari,,,,,,,,gimana crax lagi cakmoki supaya mens aku normal kembali siklusnya……….
    klo menstruasinya bagi anak remaja yang siklusx sampe 3minggu ato hampir sebulan itu wajar cakmoki??????????
    awalnya aku mens seminggu,,kemudian aku udah menyucikan diri,, dua hari setelah itu mens aku keluar sampe sekarang cakmoki,,,,jadinya aku aku jadi gak bisa sholat
    ow y,,aku kan mensnya lama,,yg keluar darah itu darah kotor ato baghaimana cak????aku boleh sholat ato gak?????……..mohon di balaz ya cak moki…..trim’ yg kemaren udah d blz…

  291. 294 cakmoki September 25, 2010 pukul 1:05 am

    @ frie:
    met malam …
    setiap orang memiliki siklus mens yang berbeda-beda… karena itu bisa saja orang obesitas yang lainnya gak mengalami menstruasi berkepanjangan.. lagipula, obesitas hanya salah satu pemicu saja…ada faktor-2 lain seperti yang tertulis di artikel.
    Yang pasti, menstruasi lebih 2 minggu jelas merupakan gangguan, baik usia remaja, dewasa ataupun usia masa subur lainnya. Artinya, gak wajar dong.

    Tentang darah mens dan darah istihadhoh, ada khilafiyah diantara para ulama…untuk itu saya serahkan sepenuhnya kepada masing-masing orang dalam mengikuti fatwa ulama. Sebagai gambaran, sebagian besar muslim di asia tenggara menganut pandangan para ulama syafi’iyyah, dimana jika lebih 15 hari, pada hari ke 16 sudah wajib sholat walaupun masih keluar darah, karena dianggap darah istihadhoh dan bukan darah haid.
    Makasih

  292. 295 vivi September 27, 2010 pukul 10:32 pm

    slamat mlm cak moki….
    salam kenal dari saya.Saya baru menikah 1 tahun n saya da pgen bgt punya anak.Bln yg lalu saya divonis endometriosis dsbelah kiri disarankn u op tp saya ga mau.Akhirnya dkter ksh obat u saya minum namanya ENDOMETRIL 5 MG slma 1 mggu minum 2×1 n slnjtunya minum 1×1 smpai obat hbis.sblum minum obat itu haid sll tpat wktu dgn siklus 28 hri.Nah hri ini aku da telat 7 hri,yg aku mo tanyakan apa itu krn efek smping obatnya? apa bisa hamil stlah minum obat itu? saya bnr2 btanya dlm hati ada apa ya? soalnya tmen saya kasusnya sma spt saya dan kita ke dokter yg sma temanku itu minum obat endomtril jg n haidnya telat jg n ga brpa lama dia hamil.Apa kemungkinan saya bs hamil jg ya (bharap bgt niy),tp saya ga mersakn apa2 dlm tubuh saya.Makasih sblumnya yaa

  293. 296 cakmoki September 28, 2010 pukul 12:35 am

    @ vivi:
    Selamat malam & salam kenal
    Ya, bisa jadi pengaruh Endometril, dan bisa juga karena faktor lain.
    Tentu bisa hamil kalo tuba yang satunya bagus dan spermatozoa sehat.
    Untuk memastikannya bisa dilakukan test kehamilan.
    Moga segera hamil :)
    Makasih

  294. 297 Chita September 28, 2010 pukul 3:18 pm

    salam kenal Cak,

    aku sudah >1th mens +/- 2 minggu. Sudah bbrp kali ke DSOG, berhenti 2 hari trus keluar lagi flek.

    Apa mungkin karena steril? Anakku sdh 3 dan semua-nya sectio dengan jarak msg2 2th.

    O iya, apa ada pengaruh juga dengan rasa perih di perut bagian bawah?

    Makasih sebelumnya ya

  295. 298 cakmoki September 28, 2010 pukul 11:08 pm

    @ Chita:
    Salam kenal…
    Bukan karena steril.
    Bisa jadi keluhan perih di perut bawah berhubungan dengan kondisi tersebut.
    Kalau saat periksa ke DSOG tidak ditemukan kelainan organ reproduksi melalui USG, berarti gak papa.
    Makasih

  296. 299 angga Oktober 16, 2010 pukul 12:28 am

    numpang nanya OM.. istri saya dah hampir 2 bulan mens nya ga udah2.. ada apa ya?? tp pada bulan agustus lalu kami melakukan aborsi.. apa berpenagruh thadap mens yg tidak kunjung berhenti di 2 bulan terakhir ini.. mohon bantuannya OM.. kalau paun ada obatnya,obat apa yang harus istri saya konsumsi..??
    trima kasih atas bantuanya…. :) :)

  297. 300 angga Oktober 17, 2010 pukul 12:55 am

    ko blm bales OM..??? sekali lg deh ak mau tanya,klo hamil di luar kandungan tuh berhenti mens atau tetap mens sih??? ak takutnya istri saya hamil di luar kandungan,masalahnya saya liat di artikel2 “hamil di luar kandungan” ciri2nya sama seperti yg istri saya rasakan.. tetapi bedanya istri saya mens nya kluar terus udah hampir mau 2 bln ini… tolong bantuanya OM,saya bingung.. kami blm brani ke dokter,kami takut ada apa2,paling tidak klo sudah dapet info dr OM moki kami aga sedikit tenang.. sekali lg trima kasih,dan mohon bantuanya.. TQTQ

  298. 301 cakmoki Oktober 17, 2010 pukul 1:44 am

    @ angga:
    maaf…saya lagi di luar kota sejak tgl 15 okt tanpa koneksi internet. Kalaupun tidak keluar kota, saya tidak selalu bisa menjawab tepat waktu karena mempunyai banyak tugas lain…untuk itu sekali lagi mohon maaf.

    Seperti tertulis pada artikel diatas, menstruasi berkepanjangan pada umumnya disebabkan gangguan keseimbangan hormon yg dipicu oleh banyak faktor, misalnya: stress, kelelahan , dll. *silahkan baca lagi*
    Untuk memastikannya, sebaiknya periksa ke dokter.
    Tentu ada obatnya dong… :D … namun jenis obatnya ditentukan dan dipilih oleh dokter setelah diperiksa.

    kalo hamil di luar kandungan, syarat pertama harus ada kehamilan… lha bilangnya dikuret bulan agustus…berarti gak hamil kan? …dan berarti pula bukan kehamilan di luar kandungan.

  299. 302 angga Oktober 17, 2010 pukul 5:09 pm

    oh,gtu ya OM.. iy makasi bnyak dah di respon.. iy memang di kluarin tp tidak dngan kuret OM,malah efeknya jd mens terus ga udah2.. mau tnya lg ya OM.. heheh.. brarti istri saya tiadak hamil di luar kandungan kan??? klo hamil di luar kandungn tuh,mens nya berhenti atau tetap mens sih OM??? klo saya menggunakan primulut untuk menghentikan mensnya bahaya ga ya OM??? makasi makasi bgt ya OM.. dah bantu,saya aga lebih sedikit tenang.. TQTQ :) :)

  300. 303 cakmoki Oktober 18, 2010 pukul 1:32 am

    @ angga:
    Jelas bukan Hamil di luar kandungan dong… :D
    Selengkapnya tentang hail di luar kandungan, silahkan baca artikel di Blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/02/07/hamil-di-luar-kandungan/

    …supaya tahu dan gak gampang panik :)
    Primolut dapat digunakan.
    Namun jika masih mens, sebaiknya periksa ke dokter kandungan agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan obat yg tepat.
    Makasih

  301. 304 nisa Oktober 18, 2010 pukul 11:33 am

    Pagi Cakmoki
    Dua minggu kebelakang saya baru saja selesai melakukan oprasi usus buntu. Yang mau saya tanyakan berapa lama masa pemulihan sehingga sampai benar-benar sehat kembali masalahnya setelah dua minggu ini ditempat jahitan selalu mengeluarkan cairan berwarna aga kecoklatan apakah itu efek bekas oprasi atau bagaiman ? kata dokternya ada sedikit infeksi, terus disekitar perut bekas oprasi otot-otot terasa tegang dan sedikit sakit dan perih. Kiranya cukup sekian dulu yang saya tanyakan dan terimakasih atas perhatiannya.

  302. 305 libra Oktober 18, 2010 pukul 2:56 pm

    salam kenal…

    dok sy libra, sy mau ty….
    bulan ini saya mengalami haid yang berkepanjangan yaitu kurang lebih 2 bulan lebih sy mengalami haid dan ini yang pertama yang saya alami,,,,,,,,,,
    haidnya pun melebihi batas wajar dan kadang keluar gumpalan darah,,,,,
    apa penyebab dari haid saya itu dok dan mungkinkah ada penyakit yang berat dok…….
    sy mengharapkan sekali jawaban dari dokter d’email saya,

    trims sembelum’y

  303. 306 cakmoki Oktober 19, 2010 pukul 12:13 pm

    @ nisa:
    Met pagi…
    Operasi usus buntu adalah operasi kecil yg pemuihannya sekitar 1-2 minggu.
    Cairan yg keluar di bekas jahitan tersebut adalah tanda infeksi, untuk itu perlu obat antibiotika hingga sembuh.
    Pada area sekitar bekas operasi emang ototnya menebal, tegang dan kadang nyeri kaloo untuk aktifitas agak berat… gak papa… itu normal aja.
    Moga segera pulih kembali.
    Makasih

    @ libra:
    salam kenal…
    Haid berkepanjangan pada umumnya karena gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance) yg dipicu oleh banyak faktor, misalnya: kelelahan, stress, dll…dll…dll… untuk memastikannya sebaiknya periksa ke dokter kandungan agar diketahui penyebabnya dan diberikan obat yang tepat.
    Makasih

  304. 307 joanna Oktober 19, 2010 pukul 11:29 pm

    met malem pak dokter :)

    mampir lagi..kebetulan punya problem disini..biasanya nih saya haid normal, ga sampai 7 hr dah berhenti..pernah suatu kali saya haid lebih dari 2 mgg..nah sekarang saya alami lagi lho..ini dah mgg ketiga..hiks..jd ngeri sendiri..kok ga berhenti2..
    Oh ya, saya pake KB spiral..juga saya aktif berolahraga, spt fitness dan senam..hmm..gmn ya cak ? apa ditunggu sampe sebulan dulu ? soalnya agak mengganggu sih..saya jd ga bs olahraga dng lancar, krn tiba2 berkunang2 atau pusing mendadak..mau periksa ke dokter kandungan, kok malu ya..hehe..malu dan takut..

  305. 308 cakmoki Oktober 20, 2010 pukul 2:29 am

    @ joanna:
    Met malem… :)
    Seperti tertulis di artikel, pada umumnya disebabkan gangguan keseimbangan hormon hormonal imbalance) yang dipicu oleh berbagai faktor misalnya: kelelahan, stress, hormonal, dll… kalo spiral gak ngaruh.
    Kalo mengganggu sebaiknya diobati…artinya, monggo diaturi periksa ke DSOG :)
    Moga segera normal kembali.
    Makasih

  306. 309 rina Oktober 20, 2010 pukul 9:10 am

    pagi cak, saya mau nanya nih, saya telat mens 6 hari, pas bulan kemarin saya konsumsi FERTIN hari k5 selama 5 hari, tapi selama telat ini saya gak mengalami tanda-tanda mens, seperti pusing, mual, pegal2 dll. biasa aja, hanya perut bagian kiri bawah kadang-kadang suka nyeri. (oh ya indung telur saya tinggal sebelah kiri, krn yang kanan dah dipotong krn kena kista), saya juga mengalami keputihan tapi gak banyak, warnanya putih kekuning kuningan dan jumlah sedikit. Pertanyaan saya,
    1. apa saya hamil ? belum berani pake test pack, tunggu 2 minggu
    2. apa FERTIN menyebabkan jadwal mens mundur ?

    makasih cak, atas jawabannya.

  307. 310 cakmoki Oktober 21, 2010 pukul 1:04 am

    @ rina:
    Met malam…
    1) Hamil hanya dapat dipastikan dengan pemeriksaan, minimal dengan tes kehamilan.
    2) Fertin adalah obat untuk membantu ovulasi dengan harapan dapat terjadi ovulasi normal dan bisa hamil.
    Adapun jadwal mens mundur dapat disebabkan berbagai faktor. :)
    Makasih

  308. 311 rina Oktober 25, 2010 pukul 10:28 am

    pagi cak, tgl 21 okt saya beranikan test pack, dan Alhamdulillah hasilnya positif. Dua garis merah terang sekali. Pas ke bidan, beliau agak bingung, krn terakhir saya mens tgl 20-27 september, pas periksa tgl 23, dah positif, tapi kemudian beliau maklum, dan menetapkan usia kandungan saya 4 minggu ???? (kok dah lama ya cak??) . Sekarang cak keluhan saya, setiap hari saya mengalami keputihan (sebelum hamil memang tiap hari keputihan) warna putih (seperti tepung kena air) sampai kekuningan dengan jumlah kadang sedikit kadang agak banyak. Gak sampai banjir sih :-). Perut bawah kiri kadang juga terasa nyeri. dan kalo buat ndodok atau tertekan agak lama, bangun2 langsung kram, apakah bahaya? Kenapa setelah minum susu ibu hamil, 30 menit kemudian suka mual ? Menjelang malam, juga mual dan nafsu makan berkurang tapi kalo pagi, siang baik2 aja, apa normal? Satu lagi, kapan kira-kira janin bisa terdeteksi lewat USG ? makasih, cak,maaf banyak.

  309. 312 cakmoki Oktober 25, 2010 pukul 2:30 pm

    @ rina:
    keluhan-2 tersebut bisa jadi berhubungan dengan kehamilan… tidak bahaya sejauh gak ada gangguan yang serius.
    Mual, nyeri pinggang, perut, nafsu makan berkurang, dll… adalah keluhan yang berkaitan dengan kehamilan.
    Adapun tentang keputihan , ada 2 jenis: a) keputihan yang bukan karena penyakit (non patologis) dan (b) keputihan yang disebabkan penyakit (patologis).
    Jika gak banyak, gak berbau anyir, kemngkinan besar berkaitan dengan kehamilan, bukan karena penyakit.
    Untuk USG, rata-2 dapat dideteksi pada usia sekitar 7 minggu.
    Makasih

  310. 313 maria Oktober 26, 2010 pukul 10:56 am

    slm knl cak.. Sy umur 28 th mau tny ttg apa yg sy alami. Pd bln Okt ini sy mens tgl 13-18 & mlm tgl 20 sy melakukan hub dgn suami tp stlhnya kok keluar darah lg smpe smggu kedpn. Ga byk sih cm setetes2 aja & ga ada keluhan lain. Sy hny periksa bidan blkg rmh & diksh obat. Sy khawatir aja cak tkt knp2 aplg sdh nkh 3 th sy blm pny anak.. Mhn ptnjknya cak.. Trs trg sy sgt cemas menghantui pkran sy. Oya akhir2 ini sy jg sering kencing. Smlm bs bgn 3-4 kali utk ke kmr mandi. Ada apa ya? Trm ksh byk sblmnya.. Mhn jwbn dikrm ke email aja..

  311. 314 cakmoki Oktober 26, 2010 pukul 9:45 pm

    @ maria:
    Salam kenal …
    Kondisi tersebut kebanyakan karena gangguan keseimbangan hormonal yg dipicu oleh: cemas, stress, dll…sedangkan hubungan intim hanya faktor pencetus saja.
    Namun demikian, kalo penjenengan merasa cemas, gak ada salahnya periksa ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya, seklaigus untuk pengobatan agar bisa segera hamil.

    Tentang kencing…jika hanya 3-4 kali dlm semalam dan gak ada keluhan lain, kemungkinan gak ada kelainan, atau bisa juga ISK ringan (ISK=Infeksi Saluan Kencing) yg dipicu oleh kurang minum dan sering menahan pipis. Itupun mudah diobati. :D
    Maaf, jawaban via halaman ini saja biar dibaca yg lain juga untuk menambah sedikit pengetahuan.
    Makasih

  312. 315 maria Oktober 27, 2010 pukul 2:22 am

    trm ksh byk cak atas jwbnnya.. Ada lg ni yg blm jls.. Apakah hal spt ini msh dikatakan normal/wajar? Dan jika tdk ditangani dokter bisakah disembuhkan? Obat yg dr bidan (grafazol metronidazole,yusimox amoxicilin dan tblt orange dgn tlsan MEf) dah separo sy mnm tp msh aja keluar darah (sdkt dan hny sesekali).. Ttg kencing sy dah tenang krn mmg tdk ada keluhan.. Maaf ya cak jd tny2 trs. Hbsnya kl konsult ke dokter pelit info c..

  313. 316 cakmoki Oktober 27, 2010 pukul 2:55 am

    @ maria:
    Hal tersebut masih wajar… obat yg dari bidan dapat dilanjutkan, namun obat tersebut bukan untuk menghentikan darah yg keluar.
    Kalo untuk menghentuikan darah, obatnya hanya 2 jenis:
    1. Methovin, berfungsi stabilisasi fungsi hormon rahim, diminum 3×1 selama sedikitnya seminggu.
    2. Danachrom, berfungsi stabilisasi darah dan menghentikan keluarnya darah, diminum 3×1 hingga mampet.
    Moga segera pulih kembali. :)
    makasih

  314. 317 maria Oktober 27, 2010 pukul 8:43 pm

    Wah sy lega skrg.. Skli lg sy b’trm ksh atas penjlsannya cak.. Rublik ini sgt membantu n menmbh wawasan.. Oiya apakah obat tsb bs dibeli tnp resep dokter? :-)

  315. 318 cakmoki Oktober 28, 2010 pukul 12:39 am

    @ maria:
    Untuk danachrom dapat dibeli bebas sedangkan untuk methovin pake resep dokter, namun biasanya bisa dibeli di apotek :)
    Makasih

  316. 319 maria November 1, 2010 pukul 9:55 pm

    Mlm cak.. Saat ini pkrn n prsaan sy cmpr aduk antara sng n jg khwtr. Obat yg panjenengan sarankan ga sy temukan di semua apotek tmpt sy. Akhirnya td sy ke DSOG n melakukan USG jg test urine. Hslnya sy lht adanya kantung di rahim sy n stlh melakukan testpack t’dpt 2 grs yg 1 jls n 1 samar. Sy diberi obat plasminex,folaplus n pregtenol. Yg ingin sy tnykan : 1. Apakah bnr sy hml? 2. Bnrkah kantung itu adlh kantung janin? Knp flek coklat msh keluar jg? 3. Hrskah sy bedrest? 4. Apa guna dr obat2 tsb. Mhn dgn sgt pencerahannya cak.. Sy ga bs lps mkrkan hal ini. Matur suwun..

  317. 320 cakmoki November 2, 2010 pukul 1:23 am

    @ maria:
    Met malam …
    1 & 2. Kemungkinan besar hamil, berdasarkan tes kehamilan dan diperkuat dengan terlihatnya kantong janin.
    Adapun flek yang keluar dapt terjadi karena pengaruh hormonal, kelelahan, cemas, dll.
    3. Gak perlu bedrest kalo DSOG tidak menyarankan bedrest
    4. Plasminex sejenis dengan danachrome, yakni untuk meredakan flek dan mencegah perdarahan. Folaplus adalah multivitamin dan mineral. Pregtenol adalah obat untuk memperkuat rahim dan kehamilan.

    Gak perlu cemas, ntar malah bikin kondisi tubuh melemah… kalo DSOGnya diem aja, berarti gak papa. :)
    Maturnuwun

  318. 321 maria November 2, 2010 pukul 3:32 pm

    Gini cak.. Fleknya jd makin byk n ada spt darah b’arti dah 10harian flek ga b’henti. Kdg perut bag bwh jg trsa nyeri spt mau mens. Td pg sy testpack lg grs yg 1 samar2. Utk mengatasi rasa cemas n kekecewaan sy seandainya sy ga hml,bgmn? Pkran sy jgn2 kantong yg ada pd rahim itu bkn janin tp suatu penyakit. Tp dktr blg itu gejala awal org hml n yg sy lht gmbr di internet ttg hsl usg janin 1 minggu ya spt yg sy alami kmrn itu. Sm persis.. Yg sy tktkan knp fleknya ga b’henti jg? Ya Allah…. Mhn pencerahannya cak.. Cak moki dah byk bantu sy n jgn kapok utk sll memberikan pengarahan ya cak….

  319. 322 cakmoki November 3, 2010 pukul 12:24 am

    @ maria:
    Untuk mengatasi rasa cemas, dengan meyakini hasil pemeriksaan dokter :) … dan tentu harus dilawan oleh dirinya sendiri.. Adapun dokter bertuga memberikan support, sebagimana yg telah dilakukan oleh DSOG.
    Cemas adalah perasaan yang sangat manusiawi, sangat wajar… namun kita bisa mengatasinya dengan keyakinan, berdo’a, supaya rasa cemas tersebut tidak mempengaruhi kondisi tubuh secara umum. Perlu waktu untuk berlatih mengatasi cemas… tapi yakinlah bahwa cemas tersebut dapat diatasi… terlebih DSOG sudah jelas menyatakan bahwa kantong tersebit merupakan tanda kehamilan… Makanya, kalo search di internet, cari yang membuat support, bukan malah yang membuat cemas :D .. Semangat !
    Selain itu, gak ada salahnya sekali-sekalai menyempatkkan diri rileks atau rekreasi supaya pikiran menjadi fresh.
    Makasih

  320. 323 maria November 3, 2010 pukul 8:56 am

    Iya cak alhamdulillah sy sgt lega skrg krn kmrn stlh mengalami skt perut luar biasa,sy ke rs diprksa dgn Dsog yg sm n hsl lab jg tes urine menunjukkan positif nmn hrs bedrest total krn posisi janin agak trn. Tp sy lega krn bnr2 hml. Setdknya sbg perempuan sy bs hml.. Itu mnjdi jwbn bg semua org yg sll mencibir sy. Apapun hslnya nanti sy hny b’pkr positif janin ini tumbuh sht.. Maksh byk support n doanya cak.. Sy sgt bahagia.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah..

  321. 324 cakmoki November 3, 2010 pukul 3:22 pm

    @ maria:
    Alhamdulillah ….. semoga penjenengan dan janin senantiasa diberikan kesehatan, demikian pula segenap keluarga….amiin :)
    Makasih

  322. 325 maria November 13, 2010 pukul 3:23 pm

    met sore cak… Tiada kata yg bs sy ucap selain kesedihan.. Akhirnya sy dikuret pd tgl 9 Nop krn mengalami pendarahan lg. Alhmdllah proses b’jln lncr tp dokter blm bs pstkan pnybb kantung sy spt pecah (sy liat wkt USG). Kira2 apa pnybbnya ya cak? Sy br check up 3 hr lg tp ada kecemasan kalo2 infeksi ato apalah.. Trs sy jg bingung apakah pasca kuret lgsg blh sholat ato spt nifas? Mhn jwbnnya ya cak…. :-(

  323. 326 cakmoki November 13, 2010 pukul 5:15 pm

    @ Maria:
    Met sore, mbak…
    Kalo emang begitu, kuret adalah jalan terbaik. Penyebab dari pecahnya kantung bisa beragam, misalnya: kelelahan fisik maupun psikis, dan berbagai faktor lain.
    Untuk sholat, nunggu hingga bersih, bisanya 1-2 minggu pasca kuret… kalo gak salah sama dengan masa nifas namun durasinya pendek.
    Moga sehat selalu :)
    makasih

  324. 327 petrick November 23, 2010 pukul 1:43 pm

    hai cak, adik q hamil di luar nikah. dia mau nglanjutin kuliahnya dulu. usia kandunganya baru 1,5 bulan. dia gugurin pakai obat cytotec. tahap pertama sempat gagal. karena ga ada darah yg keluar. kemudian di kasih lagi, akhirnya keluar, , setelah keluar, adik q mestruasi selama 17 hr sampai skr pun masih. adikku ini kenapa ya cak? ada ga obat yang bisa menghentikan mens nya itu? darah yg keluar sedikit.

  325. 328 cakmoki November 23, 2010 pukul 9:56 pm

    @ petrick:
    Penyebabnya bisa karena hormonal, bisa juga karena akibat pengguguran tersebut.
    Dalam hal kasus sepeti itu, sebaiknya periksa ke dokter kandungan agar dapat diberikan obat yang tepat.
    Kalo obat simptomatis (meredakan keluhan) keluarnya darah, dapat menggunakan : Danachrom, diminum 3×1 selama 4-7 hari.
    Makasih

  326. 329 petrick November 26, 2010 pukul 12:15 pm

    makasih ya cak….kalau di beri obat kalnex bagaimana?

  327. 330 cakmoki November 26, 2010 pukul 4:46 pm

    @ petrick:
    bisa diberi Kalnex :)
    Makasih

  328. 331 petrick November 27, 2010 pukul 8:10 pm

    mlm cak, kmaren aq dah priksa in adik q ,,ternyata masih ada yg tertinggal. trus sama dokternya di suntik apa, aq ga tau. trus di kasih obat premaston, 2 hr kemudian dr vagina adik q keluar seperti gumpalan lemak + darah. itu apa ya cak?
    kalo aq baca artikel, premaston itu obat penguat kandungan. trus tujuannya dokter q apa ya cak? kalo misal obat premastonnya aq ganti kalnek gmna cak? mksih

  329. 332 cakmoki November 28, 2010 pukul 12:35 am

    @ petrick:
    Premaston, selain untuk penguat kandungan, juga bisa untuk stabilisasi keseimbangan hormonal agar siklus menstruai menjadi normal, sekaligus menghentikan perdarahan.
    Kalnex boleh digunakan tapi premaston jangan diganti, karena cara kerjanya beda.
    Kalnex berkerja melalui proses hemostatik (hanya bersifat simptomatik alias meredakan keluhan tanpa mengobati penyebabnya), sedangkan Premaston bekerja melalui jalur keseimbangan hormon yang lebih kausatif alias merujuk pada penyebabnya.
    Makasih

  330. 333 vivi Desember 26, 2010 pukul 8:12 pm

    malam..cak..slm kenal
    putri sy berumur 16 thn, aktif dlm olahraga basket.. menstruasi tdk teratur…sdh 8 bln ini (maret-des 2010) tidak mens..thn lalu sm sprti ini. lalu sy ke dok ter kandungan dan di beri genaecosyd dan pil kb..lalu di suruh periksa hormon.. hslnya sbb : (21 nov 2009)
    hb 14,7
    ca 125 12,5 u/ml
    fertilitas : LH 12,57
    FSH 6,34
    prolactin 8,33 ng/ml
    estradiol 52 pg/ml
    apa sbnrnya yg menjadi penyebab terhentinya/ketidaklancaran mensrtuasi putri sy? mohon penjelasannya.. tolong sy cak..

    salam

  331. 334 cakmoki Desember 27, 2010 pukul 1:21 pm

    @ vivi:
    Met siang…
    Jika pada pemeriksaan fisik oleh DSOG tidak ditemukan kelaianan pada organ reproduksi, pada umumnya karena gangguan keseimbangan hormonal yang dipicu oleh berbagai faktor.
    Gynecosid dapat diulang untuk stimulasi kelancaran siklus menstruasi.
    Makasih

  332. 335 efa Januari 17, 2011 pukul 1:41 am

    dok saya sudah menikah, karna kesibukan kerja saya tunda keinginan punya momongan dengan KB suntik…..

    sekarang saya berhenti KB suntik, di karenakan suami menginginkan punya keturunan…

    yang jadi keluhan dok…setelah saya berhenti KB suntik, menstruasi saya jadi tidak teratur dan tidak kunjung berhenti…kira-kira hampir 3 mingguan, meskipun hanya flek dan ga banyak tetapi sangat mengganggu…gimana solusinya ya dok…trima kasih

  333. 336 cakmoki Januari 17, 2011 pukul 4:28 pm

    @ efa:
    Pada awal penghentian KB hormonal kadang mengalami gangguan menstruasi karena Gangguan Keseimbangan Hormonal (hormonal imbalance). Untuk mengatasinya adalah dengan pengobatan hingga siklus menstruasi menjadi normal.
    Untuk itu, seyogyanya ke DSOG (dotker kandungan) untuk mendapatkan skedul pengobatan.
    Mohon maaf, saya tidak merekomendasikan obat merk tertentu pada halaman ini karena pilihan obatnya harus didasarkan pada hasil pemeriksaan .
    Makasih

  334. 337 Rie Januari 28, 2011 pukul 1:40 am

    salam kenal Cak…. saya umur 30th, ibu 1 orang anak umur 3,5th. saya melahirkan melalui operasi cesar, dan baru mengalami menstuasi setelah bayi saya 9 bulan (konon katanya karena intensitas pemberian ASi yang saya berikan sampai anak 2th.
    saya juga pernah mengalami BO dan di kuret 2 x, 2005 dan 2009. yang saya ingin tanyakan sejak BO yang terakhir menstruasi saya banyak hanya 2 hari saja, hari ke3 hanya bercak2, dan bisa berlangsung bebrapa hari hanya bercak saja. siklusnya normal biasanya maju 3hari dari mens terakhir, tapi hari ini saya merasakan sakit di perut kiri bawah (saat ini hari ke 4 menstruasi saya, yang hanya sdkt bercak) selainitu payudara kiri sakit, seperti orang hamil (biasanya jika mens saya tidak pernah sakit payudara), apakah keadaan saya normal? karena saya berencana hamil lagi, tapi belum juga.

  335. 338 cakmoki Januari 28, 2011 pukul 1:47 am

    @ Rie:
    salam kenal,
    Gambaran menstruasi dan siklus yg tertulis diatas tersebut adalah normal.
    Siklus normal berkisar 21-35 hari, sedangkan lamanya haid (mulai sedikit, deras, kemudian berangsur bersih) berlangsung rata-rata 3-7 hari….berarti normal kan ..
    Adapun keluhan nyeri pada perut bawah dan payudara, bisa dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya: keseimbangan hormonal, aktifitas fisik yg melelahkan, faktor psikis, dll.. untuk memastikannya gak ada salahnya periksa ke DSOG.
    makasih

  336. 339 siska Februari 8, 2011 pukul 1:27 pm

    siang cak..
    sy mw nanya mengenai mentruasi sy sdh 1.5 blm tidah berhenti jg. anehnya stlh dberi obat profertil dan dalfarol, darah sy makin banyak keluar. perlu diketahui haid sy selalu teratur, krn mau program hamil maka pd bulan oktober 2010 sy melakukan USG dan papsmear, hasilnya normal. mohon informasinya mengapa mentruasi sy tdk berhenti juga ya cak?.. terima kasih

  337. 340 cakmoki Februari 8, 2011 pukul 2:29 pm

    @ siska:
    Met siang,
    Kalo hasil pemeriksaan normal, berarti Gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance) yg dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya: cemas, stress, kelelahan fisik, dll.
    Dapt menggunakan obat untuk meredakan mens yg gak berhenti tersebut, misalnya: Adona or Danachrom or sejenisnya, diminum 3×1 selama sedikitnya 7 hari.
    Kalo masih mens, gak ada salahnya kontrol ke DSOG.
    Moga segera pulih kembali.
    Makasih

  338. 341 eyes Februari 22, 2011 pukul 1:29 pm

    Ass.wr Cak…
    Mohon Penjelasannya Mengenai Masalahku ini,
    Aku berusia 24th saat ini bru menikah sekitar 1th 10bln,kami belum dikaruniai anak,sebelum nikah haid saya tdk teratur kdng 2-3 bln baru haid,setelah menikah juga sama tp beberapa bulan yg lalu aku kosultasi ke dokter spesialis kandungan,krna kami pgn sekali pnya anak jd mau menanyakan knp sdh 2 bln blm haid (yg kami pikir Hamil tp hikss.. ternyata engga ) nah sm docter aku di USG katanya ada penebalan dinding rahim,jdinya aku diksh obat yg ktnya biar haid,setelah obat habis aku langsung haid selama 7hri,kata dokter setelah haid hri pertama aku disuruh dateng ke docter lg and aku dikasih obat profertil dan lain2 aku lupa nama obatnya hehe : ), dan disuruh ngitung 14hr dri pas pertama haid,and disuruh rajin berhub intim,tp krna kesibukan kami kami berdua bs dibilang jarang sekitar 1minggu sekali,nah setelah haid itu aku dua bulan ga haid lagi trus aku haid tp lama sekali sampai 25hrian pertama flek and mens trs,(apa karna aku kecapean ya soalnya belakangan ini kegiatanku hiper bgt) bulan beriikutnya begitu juga aku haid dri tgl 24 january sampe hri ini 22 February belum selesai juga,tdi mlm sya ke docter utk periksa.. katanya aku obesitas,hormon ga seimbang dll,aku disuruh akupunture td mlm,and dikasih obat Danochrom,methylergometrine,vibramox,
    Duhh takutt bgt klo ada apa2…, ni halangan lumayan juga banyaknya,jd kdng2 bikin lemes,dok please help me..apa yg harus saya lakukan.. ?,sya ingin sekali punya anak dan saya takut mslh saya ini mengganggu kesuburan saya ?,apakah saya sdh bisa shalat wlw msh bnyk keluar darah ?apakah ada kemungkinan klo saya ada penyakit kista dan penyakit serem lainnya ?
    dan klo bs jgn sampe dikurett,,seremm bgt,,
    Please mohon bantuannya… Trimakasiy sebelumnya
    semoga Allah Membalas kebaikan Docter Amin..

  339. 342 cakmoki Februari 22, 2011 pukul 5:17 pm

    @ eys:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Lho, koq jadi serem sendiri ? :D …padahal udah jelas bahwa hasil USG terdapat penebalandinding rahim, tidak ada kista, dan tidak ada yang lainnya.
    memng kalo lagi panik, akal sehat bisa hilang… hehehe.. untuk itu, sebaiknya mengikuti skedul yang sudah ditetapkan dokter agar keinginan punya nak dapat terpenuhi… misalnya: menghindari stress or cemas yg ditimbulkan dari dirinya sendiri, menghindari kelelahan fisikk maupun psikis, berhubungan intim secara teratur (ini syarat mutlak)… walaupun gak ada kelainan, kalo gak berhhubungan intim teratur terutama di masa subur, apa ya bisa milha? (hamil :D )
    Tentang menstruasi berkepanjangan, sebaian besar karena gangguan keseimbangan hormon yang dipicu oleh banyak faktor, diantaranya: cemas, stress, kelelahan fisik maupun psikis, dll…dll…dll.
    Adapun kapan mulai sholat, bergantung kepada kaidah Fiqih yang dianut masing-masing orang.
    Makasih
    Wassalam

  340. 343 eyes Februari 22, 2011 pukul 6:04 pm

    Ass.wr Makasiy bgt ya penjelasannya,paling ga buat aku lega klo tdk ada hal yg membahayakan,mudah2an dgn obat2an yg dikasih dokter td mlm bisa memberhentikan haidku,biar cepet punya momongan heehe : ), senengny bs nemuu blog ini,jgn bbosen ya,klo aku sering2 nanya, wass.wr

  341. 344 cakmoki Februari 22, 2011 pukul 10:44 pm

    @ eyes:
    Ya, silahkan dilanjutkan obat yang dari dokter hingga mampet :D
    Moga sehat selalu dan segera hamil.
    Makasih. Wassalam

  342. 345 riema Maret 2, 2011 pukul 5:24 pm

    siang cakmoki…

    itu klo yg mens berkepanjangan ..nah klo saya tdk mens yg berkepanjangan
    ceritanya gini …
    saya wanita berumur 28 th, mempunyai 2 orang anak setelah melahirkan anak ke 2 saya lsng KB suntik yg 3 bln sekali..setelah 1 th lebih saya memutuskan untuk melepas KB karna bikin mens saya ga beraturan dan bikin bercak2 puith dimuka. setelah lepas KB beberapa hari kemudian saya mens .. lumayan lama saya mens hampir 1 bln tp itu jg keluarnya kadang banyak kadang cuman bercak coklat aja . setelah 1 bln itu baru mens nya selesai dan yg bikin saya khawatir sekarng saya jd malah ga mens lagi klo ga salah dah hampir 3 or 4 blnan.dan yg bikin saya tambah khawatir lg sekarang saya pake KB kondom ..pernah 2 bln yg lalu saya main setelah selesai ternyata kondomnya tertinggal di dlm dan udah di ambil.nah berarti spermanya berantakan di dlm dung … saya takut klo saya hamil lg trus besokannya saya minumin obat pelancar haid …tp ga mens jg . 2 minggu kemudian sy pake tespek dan hasilnya negatif pe 2 kali minggu berikutnya jg saya tes masih negatif … tp kenapa saya masih lum haid jg ya pe sekarng …saya takut nantinya malah jadi penyakit … tolong saya ya cak

    tks
    riema

  343. 346 cakmoki Maret 2, 2011 pukul 6:17 pm

    @ riema:
    Met sore,
    kalo udah tes dan hasilnya negatif, kemungkinan besar gak hamil.
    Adapaun gangguan haid tersebut, dalam hal ini tidak haid sesuai siklus normal, banyak falktor penyebabnya. Tentu dapat diobati supaya siklusnya normal kembali.
    Untuk itu, sebaiknya periksa ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya dan agar diberikan obat yang tepat untuk menormalkan siklus menstruasi.
    Moga sehat selalu
    Makasih

  344. 347 ayu Zees Maret 5, 2011 pukul 3:27 pm

    Dokter,

    kakus saya seprti ibu yang berusia sekitar 55 tahun panik ketika menstruasi berkepanjangan. Bedanya saya baru 46 thn dan sudah di kuret sekali. sekarang saya haid sudah 16 hari dan belum ada tanda-tanda berhenti. Ini kejadian yang kedua kalinya. Yang pertama persis 2 minggu saya ke dokter dianjurkan di kuret tanggal 29 Desember dan Langsung berhenti dan haid lagi tgl 18 pebruari dengan lama dan jumlah yang banyak dan belum berhenti. Apakah saya harus kuret lagi. Periksa lab Patologi pada kuret januari tidak ada tanda keganasan.
    Apa yang harus saya lakukan. Saya malas ke dokter karena harus diperiksanya itu lho dok.
    Sementara ini saya hanya minum herbal dan multivitamin
    Mohon sarannya

  345. 348 cakmoki Maret 5, 2011 pukul 3:50 pm

    @ ayu Zees:
    ga harus kuret, mbak … dapat diobati dengan obat untuk stabilisasi siklus mens yang jenisnya ditentukan dokter
    Ada 2 methode, a) menggunakan obat selama 1-2 minggu, b) dengan obat selama 4 minggu untuk menyesuaikan dengan siklus rata-2
    Mohon maaf, saya tidak merekomendasikan obat merk tertentu di sini :)
    untuk itu, mau gak mau ke dokter :D
    Atau sementara dapat menggunakan obat untuk mengehntikan perdarahan dengan transamin atau danochrom atau sejenisnya, diminum 3×1 selama sedikitnya 1 minggu… tapi ini hanya obat untuk membantu menghentikan perdarahan lho, bukan obat hormonal untuk mengatur siklus mens.
    Moga segera normal kembali.
    makasih

  346. 349 zeinitza Maret 8, 2011 pukul 12:45 pm

    Dok moki.. lama nih nggak mampir ke blognya..

    mau nanya nih.. soal mens yang angot-angotan he he
    gini ceritanya mens saya yang terakhir kan tanggal 19 dan kira-kira selesai tanggal 23 (nggak lama m-nya)

    eh tau-tau tanggal 7 Februari kemarin kok keluar flek2 hitam lagi yah kayak mau M-lagi???

    sebelumnya saya pernah kayak gini juga tahun kemarin tuh bulan Juni kalo nggak salah tapi kalo dulu nggak flek2 tau2 keluar aja tuh merah-merah. ^_^ emang setelah 2 hari ilang. abis itu nggak pernah ngalami lagi.

    eh tau2 sekarang kejadian lagi. tapi yang sekarang flek2 dulu dan rasanya di Vagina clekit2 bener2 kayak mau M .

    kenapa bisa gituh ya dok moki? jadi takut nih. soalnya saya pernah juga tahun lalu bulan september M-nya telat ampe 1,5 bulan.

    kira-kira kenapa ya dok moki? kalau mau periksa ke dokter mana?
    pst.. saya masih ting-ting nih ^_^ jadi takut kalo siklus M yang suka nga jelas mempengaruhi kesuburan kalo menikah ntar he he he

    ditunggu jawabannya

  347. 350 cakmoki Maret 8, 2011 pukul 5:33 pm

    @ zeinitza:
    DUB pada umumnya karena gangguan keseimbangan hormonal yang dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya: kelelahan fisik maupun psikis, stress, dll… untuk memastikannya dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan DSOG … DSOG bukan hanya meriksa wanita yang udah berkeluarga, tapi semua masalah kesehatan wanita, baik ting ting maupun ting-tong-ting-tong… :D
    moga segera pulih kembali.
    makasih

  348. 351 Puput Maret 10, 2011 pukul 12:11 pm

    Assalamu’alaikum.wr.wb

    met siang cakmoki..saya mau tanya niiiiihhh
    saya gadis berusia 27 thn..
    gini loh dok,bln februari kmrn kan saya M dr tgl 11 s/d 15 ya,truz setelah itu selama seminggu udah bersih tuh,,eh tgl 25 feb keluarlah flek2 berwarna coklat yg sampai sekarang blm berhenti2 juga,udah gtu d sekitaran Mrs.V rasanya gataaalll bngt,smpe bingung deh…sebelumnya saya jg sudah pernah mengalami hal yg sama sih dok d thn 2008 lalu,tp setelah berobat k bidan,,bidannya bilang saya nggak boleh kecapean sama nggak boleh stress,,tp tetap aja saya khawatir dgn kejadian yg terulang lg saat ini..
    mau periksa k dokter tp saya takut,soalnya saya kan masih gadis (malu sama dokternya sih,,,hehe)
    kira2 saya harus bagaimana ya dok,agar flek2 ini bisa berhenti..mohon jawabannya….,. ^_^
    wassalamu’alaikum.wr.wb

  349. 352 cakmoki Maret 10, 2011 pukul 1:34 pm

    @ Puput:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    Sebagaimana tertlis di artikel dan diskusi sebelumnya (silahkan baca lagi), DUB or menstruasi berulang pada umumnya karena gangguan keseimbangan hormonal yang dipicu oleh banyak faktor, misalnya: stress, kelelahan fisik maupun psikis, dll.
    Agar siklus mens manjadi normal tentu dapat diobati. Untuk itu silahkan periksa ke dokter terdekat.. kalo malu ke dokter pria, cari dokter wanita :P
    Makasih
    wassalam

  350. 353 aris Maret 22, 2011 pukul 12:27 am

    mau tnya dok,,,setelah minum obat cytotec,,,1 di minum,,2 di masukan k dlm vagina (maaf),,,smpai sekarang darah masih keluar terus,,,sudah sebulan ga berenti2,,,tp kondisi badan fit,,,cuma darahnya ga brenti2,,,harus ap ya dok,,,minum obat apa ya biar darah nya brenti,,,trmkasih sebelumnya,,,

  351. 354 cakmoki Maret 22, 2011 pukul 5:19 pm

    @ aris:
    Kalo dengan obat tersebut masih belum mampet, sebaiknya kontrol ke DSOG.
    Ada beberapa pilihan obat untuk menghentikan perdarahan… namun perlu diperiksa lebih dahulu dengan USG untuk menilai ulang kondisi organ reproduksi.
    Makasih

  352. 355 Tie Maret 30, 2011 pukul 4:49 pm

    assalamu’alaikum wr,wb.
    saya berusia 27 thn,saya sudah mempunyai anak satu,setelah saya melahirkan saya memakai KB suntik 1 bulan sekali,selama 4 thn.sekarang saya mau program punya anak lagi dan saya lepas KB.setelah saya lepas KB sudah 4 bln ini saya menstruasi terus sampe sekarang,yang dlm sebulannya 1 mgg tdk haid dan 3 mggnya lagi haid dan banyak,itu terus menerus sampe 4 bln.saya sudah ke dokter katanya itu akibat dari KB suntik,tp dokter tdk menyarankan untuk di kiret,apa yang harus saya lakukan???
    mohon sarannya,,,terima kasih.
    wasallamu’allaikum wr,wb.

  353. 356 cakmoki Maret 31, 2011 pukul 6:41 pm

    @ Tie:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    Kalo DSOG menyarankan kuret, berarti langkah tersebut adalah yg terbaik agar menstruasi kembali normal sehingga siap untuk hamil lagi… kalaupun nanti adi kuret, hanya perlu pemulihan beberapa hari.. dengan begitu akan terbentuk sel-sel dinding rahim yang lebih fresh dan sehat.
    Namun, jika belum siap untuk kuret, ga ada salahnya pindah ke DSOG lain agar diberikan obat hormonal agar mens menjadi normal.
    Makasih

  354. 357 udin April 4, 2011 pukul 10:55 pm

    pak,pacar saya sudah mens seminggu lalu,tetapi sekarang keluar darah lagi katanya,darahnya lebih kental,kenapa ya?

  355. 358 cakmoki April 5, 2011 pukul 12:49 pm

    @ udin:
    Pada umumnya karena gangguan keseimbangan hormon yg dipicu oleh: cemas, stress, kelelahan fisik, dll… namun jika berlanjut, gak ada salahnya periksa ke dokter agar diberikan obat untuk memulihkan siklus menstruasi.
    Makasih

  356. 359 olivia oktaviani April 9, 2011 pukul 11:19 am

    Pa q mw tanya q dh hmpir 1 bln g brhenti mensny?blm smpt k dkter krna blm da wktu.knp bs bgtu y??dan darah yg kluar tu cma sdkit.

  357. 360 olivia oktaviani April 9, 2011 pukul 11:38 am

    Tolong d jwb..
    Tq…

  358. 361 cakmoki April 10, 2011 pukul 10:32 pm

    @ olivia oktaviani:
    maaf, saya tidak selalu di depan komputer dan tidak selalu online.
    Jawabannya ada di artikel bab Penyebab dan diskusi-2 sebelumnya :)
    silahkan baca.
    Untuk menanggulanginya, sebaiknya periksa ke dokter terdekat agar diketahui penyebabnya dan diberikan obat yang tepat sehingga siklus mens kembali normal.
    Makasih

  359. 362 weebee April 11, 2011 pukul 3:04 pm

    cak ak 27 thn,mau nanya..
    saya ko kl mens bsa smpe 2 or 3x y dlm 1 bln.ne trjadi slth merit.sya periksa k dokter dan d usg,tp kta dokter tidak ada apa-apa.tp dokter nyaranin dperiksa saluran vagina nya krn takut terjadi infeksi.tp wktu it saya takut.jd saya memilih tdk dpriksa,dan dokter pun blg tidak apa2 jika tidak mau,wktu it saya cm dkasih vitamin aj.1bln slma saya minum vitamin it,menstruasi hanya 1x.tp stlah habis vitamin nya,menstruasi berkali2 lg,darah yang keluar jg sdkt ga sperti biasanya. mohon dbalas ke e-mail say ya cak pliiiissss….

    geisha_azhura@yahoo.co.id
    makasih banyaakkkkk

  360. 363 cakmoki April 12, 2011 pukul 1:01 pm

    @ weebe:
    Maaf, jawabannya di sini aja , soalnya udah ditanyakan berulangkali sebagimana diskusi-2 sebalumnya (silahkan baca) :P
    kalo USG ga papa berarti hanya gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance), yang dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya: cemas, stress or faktor psikis lainnya, kelelahan , dll.
    Untuk itu sebaiknya kontrol ke dokter agar diberikan obat untuk menormalkan siklus haid.
    Makasih

  361. 364 sofi April 16, 2011 pukul 2:29 pm

    salam kenal dok, mau nanya nich….
    kebetulan saudara saya habis kuret karena keguguran (bunga x y gugur, he..he…) kemudian setelah itu haid tidak teratur dan bahkan 1 bulan terakhir ini haid tidak terhenti sam sekali. apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal tersebut cak?. Maturnuhun sakderengipun

  362. 365 cakmoki April 17, 2011 pukul 6:03 pm

    @ sofi:
    salam kenal,
    untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan minum obat agar siklus menstruasi menjadi normal kembali.
    namun mohon maaf, saya tidak merekomemdasikan obat tertentu kecuali yang bersabngkutan menceritkan secara langsung kondisinya dan obat yg pernah diminum di halaman ini. :)
    menurut saya, sebaiknya saudara tersebut dianjurkan kontrol ke dokter yang melakukan kuret untuk mendapatkan obat yg tepat.
    Makasih

  363. 366 eyes April 20, 2011 pukul 6:06 pm

    Ass.aku lagi niy cak nanya.. hehe jgn bosen ya jawabnya sebelumnya aku pernah nanya ,aku mens lamanya 1 bulanan.. nah ke dokter berhenti soalnya dikasih obat abis itu bulan depan cuma 7hrian, nah sebulan kemudian maju,nah skrng aku mau tanya bulan ini aku mulai halangan tgl 31 Maret sampe tgl 10(termasuk flex)nah kmrn tgl 18 april aku keluar flex coklat bnyk campur darah sdikit.. haduhh piee to ?? knp lagi ya dgn siklus ku… Hikss… kyknya ga pernah berjalan teratur… pdhl pgn bgt punya Bayi… gmna ngitung tgl suburnya klo bgni… Pleaseeee Helpppp me.. ya Cak
    Sebelumnya trimakasiy atas Jawabannya…
    Wass.wr.wb

  364. 367 sundari April 30, 2011 pukul 1:20 pm

    kalau saya kelas 3smp dan saya kalau haid itu sangat parah kalau malam susah tidur terkena serangan masa menstruasi. sudah berkali-kali periksa jg tdk sembuh2 juga…………….

  365. 368 cakmoki April 30, 2011 pukul 11:19 pm

    @ eyes:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    maaf kelewatan :D
    Untuk menormalkan siklus haid, mau gak mau periksa ke dokter agar diberikan obat yang tepat dan kontrol hingga menstruasi menjadi normal kembali.
    Makasih. Wassalam

    @ sundari:
    maksudnya parah gimana ? :D

  366. 369 senja Mei 2, 2011 pukul 4:11 pm

    weleh2 lagi asiik cari jawaban dari mslh kewanitaan di mbah google koq ujung2nya ketemu sm cak moki lg niih…Cak Moki mmg TOP bgt dehh…mdh2an kali ini cak moki bs mengatasi kegundahan saya pst biasa hehehe…
    begini cak, sy sdh 2bln ini berhenti KB pil diane 35, dan beralih ke sistem KB kalender krn haid sy sdh mulai teratur. nah bln kemarin sy haid tgl. 21 maret, dan bln berikutnya haid tgl 16.april jd siklus saya kira2 sekitar 26-28 hari.
    spt biasa sy haid bln ini sekitar 1minggu trus berhenti. namun kemarin tgl. 1 mei, stlh brhubungan intim dg suami, sy koq spt haid lg (keluar darah brwarna merah brcampur coklat pekat).
    apa ini termasuk sisa2 haid yg baru keluar disebabkn krn adanya gesekan dlm berhub.intim/ krn faktor stress (krn akhir2 ini sy sdg byk pikiran) atw mmg itu adalah gejala suatu penyakit??
    oya, sblm menikah dl ketika haid sy kerap mengalami keram perut.
    mohon advise ya cak :)

    maturnuwun

  367. 370 cakmoki Mei 2, 2011 pukul 11:14 pm

    @ senja:
    Siklus normal adalah 21-35 hari… berarti siklus di atas termasuk normal.
    Adapun keluarnya darah pasca berhubungan intim, kemungkinan benar dugaan penjenengan, yakni: faktor gesekan, stress atau bisa juga faktor lain. Untuk memastikannya tentu dengan periksa USG.
    namun gak perlu buru-buru..ntar kalo sembuh sendiri dalam seminggu berarti gak papa.
    Belum tentu menunjukkan adanya penyakit, kecuali kalo pernah ditemukan penyakit melalui pemeriksaan oleh DSOG.
    Sedangkan riwayat kram perut saat haid, disebut dismenore, pada umumnya dipicu oleh faktor hormonal, stress, kelelahan fisik, dll.
    Maturnuwun

  368. 371 zig Mei 3, 2011 pukul 1:42 pm

    ASLM….apakah kanker darah merupakan salah satu penyebab uteris disfungsional??saya msh awam,….mohon penjelasannya…

    one more…apakah ada hubungannya antara pendarahan dengan seringnya BAB??

    terima kasih…mohon penjelasannya

  369. 372 cakmoki Mei 4, 2011 pukul 12:43 am

    @ zig:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Kedua pertanyaan tersebut dapat terjawab dengan copy paste bab Faktor penyebab pada artikel di atas:

    FAKTOR PENYEBAB
    Hingga saat ini penyebab pasti perdarahan rahim disfungsional (DUB) belum diketahui secara pasti. Beberapa kondisi yang dikaitkan dengan perdarahan rahim disfungsional, antara lain:

    Kegemukan (obesitas)
    Faktor kejiwaan
    Alat kontrasepsi hormonal
    Alat kontrasepsi dalam rahim (intra uterine devices)
    Beberapa penyakit dihubungkan dengan perdarahan rahim (DUB), misalnya: trombositopenia (kekurangan trombosit atau faktor pembekuan darah), Kencing Manis (diabetus mellitus), dan lain-lain
    Walaupun jarang, perdarahan rahim dapat terjadi karena: tumor organ reproduksi, kista ovarium (polycystic ovary disease), infeksi vagina, dan lain-lain.

    Makasih

  370. 373 endang tri Mei 12, 2011 pukul 5:37 am

    mo tnya nich dok,sya wnita usia 31 thn, sya sdh berumah tangga dan punya 1 anak bru usia 12,5 bulan,berat badan sya 65 kg.sya msih menyusui.sudah 24 hri ini sya mens g berhenti-henti,pdhal biasanya siklus mens sya normal dan teratur, sya g pakek kb apa-apa,cmn klu berhubungan intim pakek alat pengaman.kluar darah mens jg g banyak,cmn di hari ke 7-11 darah keluar memang lumayan banyak,dan sebelumnya hanya sedikit bahkan bisa dikatakan tidak netes sama sekali ke celana dalam tpi klu diusap ada bercak coklat, dan pas di tgl 25 april sya sempat mengaami rasa sakit pada perut padahal sebelumnya sya g pernah ngrasain sakit perut ketika mens.mens yg saya alami ini dari tgl 19 april dan smpek krg tgl 12 mei dan belum ada tanda-tanda mau selesai,,gmna ya dok itu disebabkan karena apa?mohon jawabannya….

  371. 374 cakmoki Mei 12, 2011 pukul 2:10 pm

    @ endang tri:
    Sebagaimana tertlis di artikel dan diskusi sebelumnya (silahkan baca lagi), DUB or menstruasi berkepanjangan pada umumnya karena gangguan keseimbangan hormonal yang dipicu oleh banyak faktor, misalnya: stress, kelelahan fisik maupun psikis, dll.
    Agar siklus mens manjadi normal tentu dapat diobati. Untuk itu silahkan periksa ke dokter terdekat atau Dokter Kandungan agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan obat yang tepat.
    Makasih

  372. 375 endang tri Mei 16, 2011 pukul 3:48 pm

    cak moki,,nglnjutin pertanyaan yg kpn hari itu, sya hri jumat 14 mei 2011 dah periksa k dokter kandungan dan di tes lab,hri senin tgl 16 mei sya ambil hasil ab n ternyata hasil lab menyatakan klu sya hamil dan krna mens udah 27 hri ni g berhenti2,dinyatakan saya mengalami keguguran. dokter menyrankan harus dikiret.apakah memang harus dikiret dan tidak ada pengobatan lain selain di kiret?dan meski mens tiap bulan tidak pernah telat apakah bisa hamil?mohon penjelasannya cak moki….terima kasih

  373. 376 cakmoki Mei 17, 2011 pukul 5:49 pm

    @ endang tri:
    Mungkin pertimbangan dokter menganjurkan kuret karena perdarahannya berlangsung lama. Langkah tersebut dimaksudkan untuk membersihkan sisa- kehamilan dan sekaligus menghentikan perdarahan untuk mencegah terjadinya anemia.
    Jika perdarahannya kurang dari 2 minggu, maka boleh jadi dokter akan memberikan obat lebih dahulu.
    moga segera pulih kembali
    makasih

  374. 377 tya Mei 19, 2011 pukul 10:15 am

    dok, saya sedang khawatir.

    Saya pengguna pil kb merk yasmin.
    kalau di aturan penggunaan, saya harus minum pil selama 7 hari. kemudian jeda 7 hari. Tapi, karena saya benar-benar nda pengen hamil, saya kalau minum pil itu terus-terusan tanpa jeda. Saya hanya Jeda 2-3 hari kalau darah mens saya sudah keluar. Selama ini mens saya normal. walaupun minum pil kb tanpa Jeda, dan hanya jeda kalau darah mens sudah keluar.

    Bulan lalu (April 2011), saya mens tanggal 17 sd 22, bulan ini Mei 2011 saya mens sejak tanggal 8 sd sekarang tanggal 19 Mei belum selesai.

    Saya tetap minum pil kb saya. darah yang keluar sedikit sih, berwarna merah segar dan ada juga yang gelap tebal..

    kira kira bagaimana ya dok? apa tidak normal? solusinya bagaimna?

    mohon reply emailnya ke anti.tiara@gmail.com secepatnya kalau dokter punya waktu.
    terimakasih dok

  375. 378 tya Mei 19, 2011 pukul 10:18 am

    dok bales didini dan copy nya dikirim ke email nda apa apa juga. soalnya saya mobile, sering nda sempat buka blog . tks dok

  376. 379 cakmoki Mei 19, 2011 pukul 3:14 pm

    @ tya:
    ok, ntar malam akan saya jawab via email kalo ada waktu luang
    Makasih

  377. 380 Mina Mei 23, 2011 pukul 6:37 pm

    dok saya mau nnya..

    sya gadis brumur 15 thn.. saat ni saya mngalami mens yang mnrut saya tdk wjar.. stlah 5 hari mens, mens saya brhnti tp saat bsoknya sore hri, drah itu kluar lg smpai skrng (sdh 2 hri) ..

    apakah itu normal??
    klo tidak normal apa penyebabnya dan sya hrus bgimana???

    tlong jwab k email sya.. nhaz.ebizz@gmail.com
    sya cemas dok..

  378. 381 cakmoki Mei 24, 2011 pukul 6:15 pm

    @ Mina:
    Pada usia remaja, adakalanya siklus mens dan lamanya menstruasi tidak selalu sama persis dengan batsaan yg ada di buku-2.. itu wajar saja mengingat masih dalam masa transisi ke arah usia dewasa.
    So, gak perlu khawatir…. kalo cemas malah bikin mens menjadi kacau…. ntar akan berjalan normal seiring dengan proses pematangan organ reproduksi
    Makasih

  379. 382 puput Mei 24, 2011 pukul 8:03 pm

    malam cak moki,,lama nggak mampir k blog nya nih ^_^
    cak,saya mau tanya nih sudah 2 bln ini saya mens lebih dari 3 minggu sampe bingung deh cari cara untuk memberhentikan darah yg keluar (volume darah yg keluar kadang banyak,kadang sedikit)
    ada tidak referensi obat untuk menghentikan mens yang tidak mau berhenti ini?? mohon bantuannya ^_^
    terima kasih

  380. 383 ummi Mei 25, 2011 pukul 11:04 am

    cak moki mw nanya klw…..setelah haid…..seminggu kmudian haid lge tapi warna haid coklat itu normal tidak……terimakasih

  381. 384 cakmoki Mei 25, 2011 pukul 2:18 pm

    @ puput:
    met siang,
    Jelas ada obatnya donggg :d jenisnya buanyaakk , namun untuk menentukan pilihan obat yg tepat mau gak mau periksa ke dokter :D .. soalnya kalo sy rekomendasikan obat hanya dengan kira-2, ntar dimarahi oleh bapak dan ibu guru :D
    Makasih

    @ ummi:
    apapun warnanya, kalo seminggu setelah haid kemudian haid lagi, dokategorikan tidak normal.. namun tentu dapat diobati :)
    Makasih

  382. 385 puput Mei 25, 2011 pukul 3:39 pm

    tenang dok,saya ini ibu guru,nggak akan saya marahi kok..hehehe
    seminggu yg lalu saya konsultasi lagi k bidan (karna seperti kejadian yg lalu,saya malu kalo k dokter,karna blm nemu dokter kelamin dan kandungan yang wanita…hehe mungkin dokter punya referensi??) lalu oleh bidan saya d beri obat Transamin/Tranexamic Acid 250mg (3 x 1 hari, untuk 3 hari) kata bidan itu obat untuk menghentikan mens,,tetapi setelah obatnya habis,tetap saja mens saya nggak berhenti jg dok??bagaimana ya??

  383. 386 cakmoki Mei 25, 2011 pukul 10:39 pm

    @ puput:
    makasih bu guru :D
    DSOG wanita emang masih jarang kecuali di kota besar. Ke DSOG pria ga papa, wong cuma diperiksa perutnya..abis itu DSOG nya gak akan mengingat-ingat perut orang :P
    Transamin hanya untuk membantu meredakan perdarahan, bukan untuk mengatur mens.. kalo untuk mengatur manstruasi, obatnya adalah obat hormonal, misalnya: primolut, methergin, dll… adapaun tambahan obat transamin dan sejenisnya hanya membantu obat utamanya doang.
    Nah, pilihan obat-2 untuk menormalkan menstruasi itulah yg perlu beberapa pertimbangan berdasarkan pemeriksaan…apakah pake yg 1 minggu, 2 minggu atau 1 bulan. Lagipula, yg lebih penting dari irtu adalah periksa untuk mengathui penyebabnya.. kalo hasil USG ga ada kelainan, berarti hannya gangguan keseimbangan hormonal.. ini penting supaya ga cemas….gitu bu guru :)

  384. 387 puput Mei 26, 2011 pukul 5:22 pm

    ya ampun dok,iya ya saya nggak kepikiran untuk USG d bidan dok,tapi nggak papa kan ya kalo saya konsultasinya d bidan (krn rata2 bidan itu wanita,jd saya nggak risih kalo d periksa..hihihi) baiklah nanti saya akan coba melakukan USG d bidan…
    terima kasih bnyk dok untuk sarannya (kapan2 bu guru boleh mampir lagi k blog ini kan ya dok??) ^_^

  385. 388 cakmoki Mei 26, 2011 pukul 11:07 pm

    @ puput:
    USG bukan di bidan :D tapi ke dsog or poliklinik kandungan
    boleh mampir dong, bu guru :)

  386. 389 lintang Mei 28, 2011 pukul 12:14 am

    cak mau nanya nih. aku baru 15 thn tp akhir2 ini menstruasi ku lama banget. biasanya cuma 5-7 hari, tp skrg udah 2 minggu lebih gk selesai jugaa. keluarnya juga gk sebanyak biasanyaa. ini kenapa ya? aku jadi takut duluaan

  387. 390 cakmoki Mei 28, 2011 pukul 6:12 am

    @ lintang:
    sebagaimana tertulis di artikel dan diskusi-2 sebelumnya, pada umumnya karena gangguan hormon (hormonal imbalance) yg dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya; cemas , stress, kelelahan fisik, dll..
    Untuk itu sebaiknya diobati dengan periksa ke dokter terdekat
    moga segera pulih kembali
    Makasih


  1. 1 Ketika Menstruasi Berkepanjangan « Ngobrol Kesehatan Weblog Lacak balik pada Agustus 6, 2008 pukul 10:10 pm
  2. 2 cerita dari titin » Blog Archive » Fitomaternal Lacak balik pada Agustus 26, 2008 pukul 4:16 pm
  3. 3 cerita dari titin » Blog Archive » Diagnosa ke 2 Lacak balik pada Agustus 26, 2008 pukul 4:51 pm
  4. 4 cerita dari titin » Blog Archive » Tes Laboratorium Lacak balik pada Agustus 26, 2008 pukul 4:55 pm
  5. 5 cerita dari titin » Blog Archive » Sindrom Haid Lacak balik pada September 10, 2008 pukul 3:43 pm
  6. 6 Ketika Menstruasi Berkepanjangan « kesehatan Wanita's Blog Lacak balik pada September 18, 2010 pukul 10:55 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,981,856 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: