lagi: Vertigo, bumi serasa berputar

Tiba-tiba !!!

Bumi serasa berputar
Lantai seolah tak dapat dipijak
Kepala bagai bergoyang
Benda-benda berterbangan
Mual tak dapat ditahan
Keringat dingin bercucuran
Lemas, lunglai, tiada daya
Derita tak tertahankan
Ada apa gerangan ?

Seperti itulah kira-kira gambaran umum yang dirasakan seseorang penderita vertigo. Keren tuh namanya ! Emang iya, rangkaian kalimat di atas adalah sekumpulan gejala yang dinamakan VERTIGO.

Meski banyak artikel atau milis membahas vertigo, penulis tak kuasa menahan hasrat untuk menulisnya lagi. Lagi ? Iyalah, lantaran sebelumnya sudah menulisnya dalam bahasa yang medis banget. Anggap saja sebagai versi kedua. Hehehe, kayak film bersambung.
Karenanya, setelah mempertimbangkan jumlah kasus dalam praktek sehari-hari dan keinginan mempermudah pemahanan, maka penulis memutuskan menulis ulang dalam bahasa sederhana, dengan harapan lebih mudah dimengerti, tidak terkesan eksklusif.
Tentu ada juga sedikit istilah medis yang sengaja penulis sosialisasikan untuk pembaca. Sedikit saja koq, itupun sudah sering didengar.

Bagi yang pernah mengalami, boleh dong berbagi. Eh maaf, semua boleh berbagi pengalaman koq, pengalaman apa aja berkenaan dengan vertigo. Mungkin pengalaman pribadi, orang-orang dekat, teman, tetangga atau pengalaman dari baca-baca buku.
Ups, jika pertama mengalaminya, dijamin kaget deh.
Mari kita simak beberapa contoh keluhan penderita vertigo, khususnya di praktek sehari-hari. Penulis menghimpunnya berdasarkan penuturan penderita.

  • Seorang istri guru tiba-tiba merasa berputar, kemudian jatuh dan muntah ketika sedang enak-enaknya memilih buah di supermarket. Sejak itu berulang kali ke RS, periksa CT Scan, periksa macam-macam, tidak ditemukan kelainan apapun. Semuanya normal. Tapi vertigo tetap krasan, jutaan rupiah sudah melayang. Akhirnya jarang kambuh.
  • Pria paruh baya pemilik beberapa toko besar di kecamatan kami, tak kuasa bangun dan takut membuka mata karena setiap membuka mata, benda sekelilingnya berputar, disertai mual dan muntah. Badan lemas, keluar keringat dingin.
    Sebelumnya, bapak tersebut berjam-jam mencari-cari surat penting sambil jongkok di laci. Surat belum sempat ketemu, keburu mengalami vertigo yang membuatnya lunglai.
  • Wanita muda terhuyung-huyung masuk ke kamar periksa dengan mata terpejam dipapah keluarganya. Begitu ditidurkan di tempat tidur periksa wanita tersebut sontak muntah-muntah, keringat dingin, lunglai.
    Setiap berusaha menoleh dan membuka mata, wanita tersebut mengeluh berputar, lalu muntah lagi.
  • Dini hari menjelang subuh, seorang satpam digotong teman-temannya ke UGD Rawat Inap. Salah seorang pengantar mengatakan bahwa Satpam tersebut tiba-tiba muntah tiada henti hingga pingsan. Ketika penulis memeriksa, ternyata sadar, tidak pingsan, karena bulu matanya masih bergerak-gerak. Setelah sebelumnya meminta kepada pak satpam yang lunglai agar tetap menutup mata dan tidak menoleh saat nanti menjawab pertanyaan, maka penulispun menanyakan keluhannya sebelum pak satpam ambruk. Berikut penuturannya sambil terbata-bata:
    ” Inggih pak, tadi enak-enak nonton tivi, tiba-tiba sekeliling saya berputar, kepala terasa melayang-layang dan waktu mau berdiri, lantai ikut bergoyang, terus muntah-muntah. Sekarang lemas sekali “.
    Pemeriksaan fisik menunjukkan semuanya normal, hanya kondisinya yang lemah sehingga kami infus sambil tetap berpesan bahwa untuk sementara tidak usah membuka mata dan tidak menggerakkan kepala.Tak lama kemudian rombongan keluarga datang. Salah seorang diantaranya adalah seorang wanita hamil yang ternyata istrinya. Melihat suami tercinta terbaring lemah dan mata tertutup, sang istri menubruk dengan cucuran air mata. Kaget mendengar suara istrinya, pak satpam tadi membuka mata dan menoleh. Maka adegan huek-huekpun berulang hingga belasan kali.

Empat contoh di atas setidaknya menggambarkan sedikit diantara beragamnya keluhan vertigo. Adakah pembaca atau kerabat atau teman yang mengalami gambaran mirip di atas?

B a t a s a n :
Vertigo adalah penyakit dengan gangguan keseimbangan yang ditandai dengan: perasaan berputar, dunia serasa gergoyang, benda sekeliling berputar (vertigo obyektif), dirinya sendiri merasa puyeng (vertigo subyektif), rasa mau jatuh bahkan adakalanya jatuh beneran, disertai dengan mual, muntah, telinga berdenging, keringat dingin, dan badan terasa lemas.

Adakalanya merasa lebih baik jika berbaring, tapi ada juga vertigo terus berlanjut meski tidak bergerak sama sekali, kadang merasa enak bila tutup mata dan vertigo berulang saat mata dibuka.
Vertigo dapat pula terjadi ketika berganti posisi, misalnya dari berbaring lalu duduk, dari duduk lalu berdiri dan sebaliknya. Terkadang hanya menoleh sedikit saja vertigo muncul lagi.

Berbagai penyebab gangguan keseimbangan

Penyebab gangguan keseimbangan (yang mengakibatkan vertigo) sangat beragam. Agar mudah diingat, penulis mengutip salah satu referensi yang mengelompokkannya menjadi 6 kelompok, yakni:

1. Gangguan telinga:
Sekitar 50% kasus vertigo berkaitan dengan penyakit-penyakit atau gangguan telinga bagian dalam.

2. Kecemasan:
Disebutkan bahwa sekitar 15 % vertigo disebabkan faktor kecemasan, panik dan berbagai macam phobia, termasuk beban pekerjaan.

3. Gangguan otak:
Sekitar 5 % diperkirakan berhubungan dengan kelainan di otak, misalnya: stroke, migrain, penyempitan pembuluh darah otak (multiple sclerosis), penyakit Parkinson dan tumor.

4. Kondisi tubuh:
Diperkirakan 5 % vertigo berhubungan dengan kondisi tubuh, misalnya: tekanan darah rendah (hipotensi), hipertensi, penyakit infeksi, kekurangan gula darah (hipoglikemia), gangguan jantung. Obat-obat tertentu yang memiliki efek samping terhadap keseimbangan (ototoksik), dapat juga mengakibatkan vertigo.

5. Faktor lain:
Vertigo dapat disebabkan berbagai faktor selain faktor-faktor di atas, misalnya: pengaruh alkohol, marijuana dan sejenisnya. Berada dalam ruangan tertutup yang terlalu panas, bisa juga menyebabkan vertigo.

6. Tidak diketahui:
Disamping faktor-faktor di atas, vertigo tidak diketahui sebabnya, artinya tidak ditemukan kelainan apapun.

PEMERIKSAAN
Mengingat vertigo adalah akibat dari adanya gangguan keseimbangan yang melibatkan banyak faktor, maka perlu pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan tekanan darah, dan lain-lain.
Tak kalah penting adalah mencari faktor pencetus timbulnya vertigo.
Bila perlu dilakukan pemeriksaan telinga atau test pendengaran, laboratorium bahkan rekam otak (elektro ensefalografi), pemeriksaan aliran darah ke otak (angiografi) maupun CT-scan.
Pemeriksaan dengan CT-scan seringkali dapat membantu menegakkan diagnosa jika vertigo diduga berhubungan dengan gangguan di otak.
Setidaknya pemeriksaan CT scan mempunyai 2 keuntungan, jika ditemukan kelainan di otak, dapat dilakukan pengobatan dini untuk mengatasinya, sedangkan jika tidak ada kelainan dapat membuat lega penderita bahwa otaknya tidak bermasalah.
Tentu tidak semua vertigo lantas diperiksa CT-scan.

PENGOBATAN

Pada dasarnya, pengobatan tergantung kepada penyebabnya.
Dapat juga diberikan pengobatan untuk meredakan gejala vertigo (asimptomatis).
Jika penyebabnya infeksi telinga bagian dalam, maka diberikan antibiotika yang sesuai.
Kadang penderita vertigo perlu opname jika berhubungan dengan penyakit serius, namun dapat juga penderita terpaksa opname karena kondisi lemah akibat muntah yang hebat.
Obat-obat yang lazim diberikan untuk meredakan vertigo antara lain:

  • Dimenhidrinat 50 mg (antimo, dramamine, dramasine)
  • Prometazin 25 mg (avopreg)
  • Sinarizin 25 mg (perifas, vertizine )
  • Betahistin 8 mg (merislon, mertigo)

Obat lain:

  • Obat anti cemas (penenang)
  • Obat golongan skopolamin
  • Dan lain-lain

Adakalanya obat-obat di atas diberikan secara kombinasi.

DATA DAN FAKTA
Di praktek sehari-hari, rata-rata dalam seminggu didapatkan penderita vertigo dengan beragam keluhan vertigo.
Bekas benturan kepala di masa lalu (misalnya jatuh) kendati tidak ada kelainan di otak, adakalanya menyebabkan keluhan vertigo.
Sejak dibangunnyanya Rawat Inap di kecamatan kami, sebanyak 26 penderita vertigo opname di Rawat Inap pada tahun 2005. Sebagian diantaranya dilakukan rujukan konsul ke praktek spesialis syaraf dan pada pemeriksaan rekam otak ataupun CT scan tidak ditemukan kelainan otak.

Catatan:
Kebijakan rujukan di Rawat Inap kecamatan kami:
Rujukan konsul, adalah rujukan ke praktek spesialis (bukan poliklinik RS) sesuai spesifikasi penyakitnya. Penderita diantar ambulance, didampingi petugas dan keluarga, setelah mendapatkan advis dan resep lalu kembali ke rawat inap. Obatnya kami yang belikan via order langganan untuk menghemat biaya sekitar 30-40 %.

Rujukan perawatan, adalah rujukan perawatan lanjutan ke RS untuk penganan khusus spesialistik kasus-kasus tertentu.

Rujukan langsung, adalah rujukan kasus yang memerlukan penanganan cepat dan spesialistik setelah dilakukan stabilisasi sesaat setelah penderita datang ke UGD, misalnya cedera kepala berat, patah tulang dan lain-lain.

Apakah selama ini ada penderita vertigo yang serius ?
ADA.
Penulis pernah menemukan seorang wanita paruh baya dengan vertigo disertai gangguan kesadaran, setelah dirujuk ternyata ditemukan tumor otak. Karena ketika itu di kota kami belum ada spesialis bedah syaraf, penderita dianjurkan ke Surabaya.
Ketidak mampuan ekonomi menyebabkan penderita tidak sanggup ke Surabaya, hingga yang bersangutan meninggal dunia. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.

PESAN bagi pelaku kesehatan di layanan tingkat pertama:
Ketika seseorang datang dengan keluhan kepala, maka anamnesa (wawancara) jenis keluhan kepala mutlak diperlukan.
Yang perlu ditanyakan apakah rasa berat, nyeri kepala, tegang otot leher, rasa hanyut, rasa berputar atau bergoyang saat ganti posisi atau saat buka mata.
Hal ini penting karena sangat menentukan dalam diagnosa dan pemilihan jenis obat. Tatkala penderita mengeluh pusing lalu langsung diberi analgesik, maka tak usah heran bila penderita tidak berkurang keluhannya. Selain itu tentu mencari penyebab primernya, apakah gangguan organik gigi, mata, telinga, hidung dan lainnya.
Harap diingat bahwa setiap penderita mempunyai bahasa sendiri dalam menyampaikan keluhannya, dan seringkali maknanya berbeda dengan bahasa si dokter. Karenanya diperlukan sikap bijak dan sabar untuk mengurai keluhan penderita, sehingga apa yang diharapkannya sesuai dengan keputusan dokter dalam menegakkan diagnosa dan pemberian obatnya.
Di tempat kami, keluhan pusing bisa berarti melayang-layang, bisa sakit kepala, bisa rasa gelap saat ganti posisi dari duduk ke berdiri. Lha, tiap orang berbeda cara mendiskripsikan keluhannya kan.
Gak ngajari lho friends

P E S A N untuk umum
Bagi penderita vertigo yang jelas-jelas tidak ada kaitannya dengan kelainan organik atau penyakit lain, sebaiknya membekali diri dengan obat vertigo, baik di rumah maupun ketika bepergian.
Selain itu, perlu melakukan latihan-latihan sesuai anjuran dokter masing-masing.

Semoga bermanfaat

Link terkait:

Definition of Vertigo

Dizziness and motion Sickness

Vestibular balance disorders

About these ads

213 Responses to “lagi: Vertigo, bumi serasa berputar”


  1. 1 passya Maret 4, 2007 pukul 1:24 pm

    wah….berarti saya juga potensial kena vertigo ya…kepala saya pernah sangat sakit bahkan harus dipegangin hanya untuk sekedar tegak. segala pemeriksaan medis sampe kepala saya dipasangin kabel2 kecil yg banyak. tapi gak ditemukan apa2…ternyata analisa akhir…stress yang berlebihan…
    makasih dok atas ulasannya…

  2. 2 cakmoki Maret 4, 2007 pukul 5:31 pm

    @ passya,
    Yang penting hasil akhir rangkaian kabel-kabel mengatakan: tidak ada kelainan, dan disadari oleh yang bersangkutan berarti aman Pak.
    Konon, maaf belum punya data empirik, hipotesa diskriptif dari seorang psikolog ibukota menyebutkan bahwa para eksekutif muda potensial yang rata-rata sukses dalam prestasi kerja, sebagian diantaranya mengalami seperti itu. Banyak tanggung jawab ya

  3. 3 Helgeduelbek Maret 4, 2007 pukul 9:32 pm

    mula pertama mbaca judule, tak kiro sampean mbahas pemain sepak bola cak.
    Saya dulu sempat punya gejala semacam itu. tapi sesaat saja dan gak sampai muntah. tapi itu mungkin bukan vertigo kali yah?

  4. 4 siNung Maret 4, 2007 pukul 10:23 pm

    cakmoki,
    bisa minta ditambahkan di (tiap) artikel :
    1. kode/nama klasifikasi ICD 10 untuk penyakit; dan
    2. ICD 9-CM untuk prosedur tindakan

    terima kasih sebelumnya :)

  5. 5 deKing Maret 4, 2007 pukul 10:32 pm

    Waduh saya jadi takut nih Pak, kepala saya sering sakit sampai saya jambak rambut saya.
    Saya pernah kehilangan kesadaran saat naik sepeda (untung di sini cuma naik sepeda)

  6. 6 dani iswara Maret 4, 2007 pukul 10:43 pm

    nah pas cak..kmrn2 ada temen sms mslh ini..saya kasi taut nanti.. :D
    nuwun cak..

  7. 7 senyumsehat Maret 5, 2007 pukul 8:40 am

    Bumi gonjang ganjing…cak Moki lewat…hahaha

    OOT Cak, gara2 masang banner korupsi blog-ku ditekani wong KPK…panjenengan yaopo cak? Padahal ayas ga tahu posting korupsi, opo mergo arep nontok Brithney yo…hahaha?

  8. 8 mei Maret 5, 2007 pukul 11:27 am

    dsini, kalau ada yang vertigo aku selalu nyaranin buat di kasih painkiller setalgin, dan mereka bisa membelinya bebas d apotik.

    vertigo bisa jga karena stress khan cak??

  9. 9 chielicious Maret 5, 2007 pukul 11:31 am

    Jadi vertigo itu salah satu kelainan otak yah? koq bisa jadi tumor otak?

    btw makasi pak dokter atas ulasannya.. saya dulu mengira klo vertigo ini semacem migrain tapi di bagian otak..setelah saya pikir lagi..otak cuma ada kiri kanan hi3.. *untung ga jadi dokter*

  10. 10 chielicious Maret 5, 2007 pukul 11:38 am

    hu3 maksut saya begini “saya dulu mengira klo vertigo ini semacem migrain tapi di bagian otak belakang”

    ketinggalan ‘belakang’nya

  11. 11 ndarualqaz Maret 5, 2007 pukul 12:06 pm

    kalo habis nongkrong kelamaan (biasa lagi bab sambil baca buku ato bawa laptop keenakan ngetik) trus pas berdiri langsung pusing sampe nggliyeng2 itu termasuk vertigo gak ya?

  12. 12 panca Maret 5, 2007 pukul 1:37 pm

    saya jadi tau tentang vertigo. pantesan video clip U2 yang berjudul vertigo visual bumi dibikin muter2. saya jadi tau alasannya :)
    gak lupa saya ucapin terimakasih

  13. 13 prayogo Maret 5, 2007 pukul 1:58 pm

    Seperti biasa, tulisan Cak Moki selalu detail dan sangat jelas. Mulai dari pendahuluan, pengalaman, sebab akibat, dan sampai pengobatannya.

    Cak apakah kalau lama di depan komputer, dan ketika bangun pandangan berkunang-kunang, dan kepala pusing, apakah ini juga termasuk vertigo.

    Di tunggu tulisan-2 yang lain

  14. 14 cakmoki Maret 5, 2007 pukul 2:49 pm

    @ helgedeulbek,
    Kalu hanya sesaat mungkin yang dimaksud perasaan melayang, bukan termasuk vertigo Pak. Ada juga sih yang ringan-ringan, biasanya minum obat di atas dah sembuh.

    @ siNung,
    Wowww, masukan bagus.
    Oke deh, untuk selanjutnya saya tampilkan kode penyakit berdasarkan ICD.10 versi 2007.
    ICD 9-CM oke juga, link-nya merambat tuh, hehehe.
    Terimakasih sarannya :)

    @ deKing,
    Belum tentu menakutkan Pak. Hanya insidental kan ? Bisa jadi hanya syncope atau semaput atau pingsan aja, kali lupa sarapan. Buktinya sekarang nge-Blog, ya nggak ?

    @ Dani Iswara,
    Kalau ada yang kurang tolong tambahin Mas Dani, soale tulisan ini sangat singkat.
    Saya tidak menguraikan masing-masing faktor pencetusnya.

    @ senyumsehat,
    Mosok sih wong KPK sempat selancar, ngurusi berkas wae mblenger.
    Mbuh kalo mau lihat Jeng Britney.
    Kali penasaran koq gak ada gambar full body si Britney. hahaha

    @ mei,
    maaf, painkiller perlu ditambah obat di atas Bu, jika vertigonya disertai nyeri kepala. Misalnya cetalgin ditambah dimenhidrinat.
    Ya betul, bisa karena faktor kecemasan (maaf Bu, saya mengganti kata stress dengan cemas, biar gak medeni). Di praktek saya selalu mengganti dengan cemas jika pasien mengatakan stress, sebagai bentuk support. hehehe

    @ chielicious,
    hehehe udah dibetulin sendiri.
    vertigo itu salah satu kelainan otak yah?
    Vertigo tidak selalu mencerminkan kelainan otak, adapun pemeriksaan otak kadang diperlukan untuk penunjang diagnosa.

    koq bisa jadi tumor otak?
    Maaf penjelasan tulisan saya kurang lengkap.
    Begini, vertigo tidak menjadi tumor otak.
    Tapi tumor otak, salah satunya bisa memunculkan gejala-gejala vertigo sebagai gejala ikutan ditambah tanda-tanda lain.
    Satu kasus tumor otak yang saya tulis di atas, gejala utamanya adalah nyeri di bagian kepala tertentu yang amat sangat sampai-sampai yang bersangkutan merintih-rintih saking sakitnya dan berlangsung terus menerus berkepanjangan. Adapun vertigo yang dialaminya adalah gejala ikutan mengiringi rasa nyeri yang luar biasa tersebut.
    Jadi jika seseorang mengalami vertigo, tidak serta merta mengarah ke tumor otak. Banyak faktor lain kan ? :)

    @ ndarualqaz,
    Ada yang mengelompokkan vertigo berdasarkan “nggliyengnya” ada yang tidak. Kondisi tersebut disebut “postural hypotension”, artinya saat berdiri dari duduk yang kelamaan menimbulkan kurangnya aliran darah ke otak untuk sesaat. Nah itulah yang bikin nggliyeng.
    Itu normal aja Mas

    @ panca,
    Suka lagunya vertigo ya
    Sama-sama Pak.

  15. 15 chielicious Maret 5, 2007 pukul 3:06 pm

    Ho~ya ya ya -manggut2-

  16. 16 cakmoki Maret 5, 2007 pukul 3:26 pm

    @ prayogo,
    Yang itu postural hypotension. Normal Pak, hanya pengaruh visual dan posisi yang bersifat insidental.
    Ya ntar nulis lagi, seperti biasa diselingi otokritik :)

    @ chielicious,
    *saya manggut-manggut juga Mbak*

  17. 17 siNung Maret 5, 2007 pukul 9:36 pm

    saya belajar dari sampeyan lho :)

    cakmoki86-wordpress-com_2006_11_19_aplikasi-informatika-kedokteran

  18. 18 panca Maret 5, 2007 pukul 10:01 pm

    cakmoki bisa tanya tentang masalah kehamilan ?
    atau mungkin cak punya referensi alamat bloggernya ?
    nuhun cak

  19. 19 Lita Maret 5, 2007 pukul 10:08 pm

    Pusing lalu diberi analgesik, emang rada gak nyambung ya, pak? Pusing dan sakit kepala memang beda kan?

    Oh, jadi vertigo itu gejala toh. Saya kira penyakit.
    Wah, belakangan ini saya beberapa kali mengalami pusing ngga jelas itu. Lagi jalan kok tiba-tiba miring sampai hampir jatuh. Sedang berdiri lalu tiba-tiba goyah seperti pijakan bergoyang. Bingung. Tapi ya ngga diapa-apakan, biasanya lalu badan ini diajak tidur saja.

    Ya pusing saja, tidak pakai mual-muntah. Ibu dan suami berpendapat, mungkin tekanan darah saya sedang rendah. Tapi waktu terakhir kontrol ke dokter (untuk keperluan pasang IUD, waktunya setelah pusing-pusing itu berlalu sudah beberapa lama), tekanan darah saya normal saja. Kisaran 110/80 – 130/90. Eh, normal kan ya? hehehe…

  20. 20 cakmoki Maret 6, 2007 pukul 1:43 am

    @ siNung,
    Ya itu untuk rekam medis institusi layanan kesehatan. hehehe.
    Tahun ini di Samarinda ada Puskesmas mulai pakai. Walau terbatas nggak apa, saya ikut senang, yang penting sudah berani memulai.
    Untuk postingan kayaknya perlu juga ya, sekalian sosialisasi.
    ICD 9-CM nya bantuin dong :D

    @ panca,
    Link khusus diskusi dan tanya jawab kehamilan banyak koq Pak, dipersilahkan menuju link berikut:

    http://www.ibuhamil.com/

    http://www.ayahbunda-online.com/main/default.asp

    Di situs tersebut ada forum khusus hamil dan tanya jawabnya.
    Semoga membantu

    @ Lita,
    Betul, memang iya, gak nyambung jika pusing (yang dimaksud: vertigo) diberi analgesik. Karenanya seorang dokter perlu mendiskripsikan keluhan pasiennya supaya nyambung.
    Seperti di daerah kami, keluhan pusing bisa berarti sakit kepala (cephalgia), migrain, tegang otot leher, vertigo, rasa gelap saat berdiri dari duduk, perasaan hanyut.

    Yang bu Lita alami, termasuk ringan, tidak selalu mual.
    Hehehe, soal hilangnya keluhan saat berbaring tidak saya uraikan di kalimat terakhir bab pesan untuk umum, yakni “latihan”. Berbaring adalah salah satunya.
    Kebanyakan khalayak beranggapan bahwa pusing berhubungan dengan tekanan darah. Makanya seringkali ketika seseorang mengeluh pusing kemudian saat diperiksa ternyata tekanan darahnya normal, maka yang bersangkutan berkata: “tekanan darah normal koq pusing ya, kenapa?”
    Walah, yang ini juga belum tertulis di postingan.
    Maturnuwun Bu :)

  21. 21 oon Maret 6, 2007 pukul 3:14 pm

    wah..saya pernah juga tuh, kalau merem, langsung berasa dunia berputar, kalau dipaksa merem terus langsung muntah. apa termasuk vertigo cak?

  22. 22 siNung Maret 6, 2007 pukul 10:29 pm

    googling :

    Pindex07.zip atau Ptab07.zip

    semoga linknya muncul :)
    di nchs_publications_icd9-cm_2006

    http://ftp.cdc.gov/pub/Health_Statistics/NCHS/Publications/ICD9-CM/2006/

  23. 23 cakmoki Maret 7, 2007 pukul 12:43 am

    @ oon,
    Ya berdasarkan tanda tersebut, termasuk vertigo

    @ siNung,
    Muncul, siiip.
    Berarti ICD 9 saya perlu upgrade nih.
    Terimakasih ya :)

  24. 24 alle Maret 8, 2007 pukul 10:28 pm

    wah si Arab mesti berbagi pengalamannya nih! hehehe,..

    Dulu temen satu kontrakanku itu (si arab) gak tau napa tiba2 ngerasa pusing, gak bisa tegak, muntah2.. ngeliat gitu, aku yang cuma ada di rumah selain dia, ngajak ke IGD RS Sardjito, malam minggu kelabu,.. dimana harusnya pria2 berkunjung ke kost2 putri ini malah nggotong seorang pria pula,.. ups sorry ri! :) diagnosa dokter katanya Vertigo,.. dulu sempet bengong beberapa saat “Hah? Vertigo? gak salah yah dok? ky judul lagu aja” dan gak terlalu ngeh juga apa yang diomongin dokter kala itu hehehe,..

    pengalaman tak terlupakan deh :D

  25. 25 cakmoki Maret 9, 2007 pukul 12:23 pm

    @ alle,
    Hehehe, jadinya nggak gerilya ke kost-2 para gadis gara-gara nggotong si arab ya.
    Emang sih, kalau ada yang kena penyakit “judul lagu”, maka temen atawa keluarganya bisa ikutan panik.

  26. 26 cakmoki Maret 9, 2007 pukul 12:25 pm

    @ alle,
    Hehehe, jadinya nggak gerilya ke kost-2 para gadis gara-gara nggotong si arab ya.
    Emang sih, kalau ada yang kena penyakit “judul lagu”, temen atawa keluarganya bisa ikutan panik.

  27. 27 pinkina Mei 23, 2007 pukul 3:05 pm

    sudah 2 kali ini saya mengalami vertigo…
    sekeliling rasanya berputar2, dan kl mo jalan, jalannya sempoyongan kayak orang mabok, and pegangan tembok. Gak sampek muntah sih Pak, tp mual2 , gak enakkkk bangettttt, thanks infonya Pak. Sangat bermanfaat :)

  28. 28 cakmoki Mei 23, 2007 pukul 5:43 pm

    @ pinkina,
    Ok, sama-sama, moga bermanfaat.
    Trims kunjungannya ya :)

  29. 29 soffi Juni 11, 2007 pukul 5:55 am

    duhh.. cak moki infonya membantu banget,
    saya mengalami vertigo.kira2 udah 8 bulan sampe saat ini.
    setiap hari,dr awal bangun tidur kepala saya berat banget, harus miring2 dulu baru bisa tegak, leher blakang tegang, liat ke kiri/kanan pusing..ampun deh gak kuat…
    dulu sempet dirawat inap juga, krn saya mengalami muntah2 hebat.

    oiya sy udh priksa ke dokter THT dan dokter syaraf.
    saya utarakan ke dkter tht ,kl saya mengorek telinga(bagian kiri) memakai jari,saya mengalami goyangan.
    lalu kt dokter sy ada gangguan telinga bag dalam,lalu sy di beri obat merilson,analsik atas anjuran dr dokter syaraf juga.
    waktu itu saya periksa ke dokter syaraf jg.

    semua obat udh saya habiskan, sampai terapi alternatif juga, tp vertigo saya blom sembuh2 juga..
    stiap hari sy selalu pusing,muterrrrrrrrrrrrr…

    ada saran buat saya cak moki?
    bisa email langsung di lost_hurts@yahoo.com

    sebelum dan sesuduahnya saya ucapkan terimakasih.
    wassalam.

  30. 30 cakmoki Juni 11, 2007 pukul 6:53 am

    @ Soffi,
    Ya kadang sampai dirawat kalo muntah hebat dan lemas. Yang penting pada pemeriksaan THT dan neurologi (syaraf) tidak ada kelainan. Untuk kepala belakang atau leher tegang bisa dilanjutkan dengan analsik, sedangkan untuk vertigo selain merislon perlu dicoba tambahan Bellapheen (harus pakai resep dokter).
    Obat lain untuk menanggulangi keluhan vertigo adalah kombinasi dari: dimenhidrinate 50 mg (misalnya: dramamine, dramasine, antimo) dengan ekstraks belladona, diminum 3×1.
    Ekstraks belladona sebenarnya murah meriah hanya agak sulit, padahal obat tersebut penting sebagai kombinasi untuk mengatur peredaran darah.
    Maaf, tidak ada saran lain mengingat syaraf dan THT tidak ada kelainan.
    Coba evaluasi pekerjaan sehari-hari, misalnya banyak terpaku pada suatu pekerjaan, dapat menimbukan vertigo.
    Oh ternyata web designer ya. Hehehe, jangan-jangan terlalu lama di depan komputer. Kalo itu yg terjadi, sebaiknya istirahat sertiap 2 jam. Obat tetap diteruskan aja.
    Moga sedikit penjelasan ini membantu dan moga segera sembuh.

    NB:
    Lihat juga artikel ini, ada hubungan dengan kaku dan nyeri leher.

  31. 31 soffi Juni 11, 2007 pukul 4:30 pm

    waduhh cak moki,makasih banget udah dibales lagi keluhan saya,cepet banget mas..hehe..

    ya ya,pekerjaan saya selalu membuat saya harus berjam2 didepan PC/lptop.

    oyah, saya minum dramasine skg, atas anjuran dr teman saya yg mengidap vertigo juga, tp ga bgitu ampuh buat saya,Tp atas saran cak moki saya akan coba obat2 yg dituliskan tadi.sy akan coba juga cari Ekstraks belladona, umm.. apa ini semacam daun2an,akar2an?

    sebelum dan sesuduahnya saya ucapkan terimakasih.
    wassalam.

  32. 32 cakmoki Juni 11, 2007 pukul 5:28 pm

    @ soffi,
    Ekstrak belladone adalah tablet, harganya murah meriah sekitar 100 perak, hehehe. Bisa dikombinasi dengan Dramasine atau merislon.
    Ok, mungkin salah satu pencetusnya masalah pekerjaan.
    Sukses ya :)

  33. 33 soffi Juni 11, 2007 pukul 11:25 pm

    waduhh.. makasih banget cak moki!
    besok2 hunting obat deh hehe..
    td pagi saya minum dramasin dan merilson aga lumayan jg kombinasinya..

    wassalam.

    *aku ingin sembuh*

  34. 34 cakmoki Juni 12, 2007 pukul 12:04 am

    @ soffi,
    eh? ntar ntar. Maksudnya kedua obat tersebut diminum salah satu saja, hehehe, bisa ngantuk tuh. Jadi, salah satu aja yang dikombinasi dg ekstrak belladona, misalnya merislon dengan ekstrak belladona, atau dramasin dengan ekstrak belladona.
    Jangan keliru ya, ntar ngantuk malah gak bisa lembur.
    Met berburu :D

  35. 35 soffi Juni 12, 2007 pukul 2:19 am

    owhh gituh..pantes saya minum dramasine+merilson , langsung tidur..hahaha..

    tp jadinya effek ko malah mendingan loh..
    salah yah, kl saya minum dramasine+merilson barengan?
    tp gpp jg sih, sl nya saya susah tidur juga.

    thx info nya..

  36. 36 cakmoki Juni 19, 2007 pukul 4:02 am

    @ soffi,
    hehehe, gpp … paling cuman ngantuk

  37. 37 tesa Maret 12, 2008 pukul 9:21 pm

    dok, aku tertarik banget baca tulisannya dokter…kereen bgt, dan kebetulan aku juga pengidap vertigo,ga terlalu sering si serangannya, dari smp sampai sekarang umur saya 25th kurang lebih dah 7x, yang terberat 2 bulan yang lalu,sampai mata saya ga bisa liat karena putarannya trlalu cepat,biasanya saya istirahat hilang keesokan harinya, sebelumnya saya tidak pernah mengkonsumsi obat2an,sekitar 6 hari yang lalu saya kena vertigo lagi, trigernya sepele, hanya karena posisi berdiri saya tiba2, dari membungkuk lalu berdiri, seringkali vertigo yang saya alami karena posisi,lalu saya pergi ke sp.THT, diberi merislon,dramamine,clobazam, setelah 6 hari vertigo belum sepenuhnya pulih,tapi derajatnya mulai berkurang,namun saya masih kesulitan jika saya tidur, saya juga melakukan latihan khusus vertigo 10 menit tiap hari, bahkan berkali2.menurut dokter THT tidak ada yang salah dengan telinga saya, yang saya ingin tanyakan,bagaimana prosedur pemeriksaan telinga bag. tengah? karena waktu saya diperiksa, hanya melihat telinga luar saya saja,apakah bisa kena sasaran ke bag, media? rasanya itu berada jauh didalam, ataukah mungkin krn dokter THT berpengalaman?jadi melihat dari luar saja cukup?kemudian step2 apalgi yang harus saya lakukan?perlukah ke sp.syaraf untuk pemeriksaan otak,dll?beberapa dokter yang saya temui menghentikan tindakan sampai pemberian medikasi aja,beliau bilang tidak ada masalah. vertigo saya biasanya pulih tanpa obat2n, hanya istirahat, tidur besoknya juga mendingan/hilang, tapi knp ya dok kali ini lama?oh ya saya juga migrain hampir tiap bulan, dari semenjak saya kuliah, biasanya saya tidur dan esok harinya pulih.kemudian apakah vertigo bisa berhubungan dengan kehamilan trimester pertama?apakah obat2 yang saya ajukan tadi aman untuk ibu hamil?sebelumnya terimakasih banyak ya dok..sukses bt dokter

  38. 38 cakmoki Maret 13, 2008 pukul 5:07 pm

    @ tesa:
    Mengingat frekuensinya jarang (7x dalam kurun waktu belasan tahun) kemungkinan ga ada yang salah dengan telinga bagian tengah. Emang disebutkan bahwa penyebab vertigo karena gangguan keseimbangan yg pusatnya terletak di telinga bagian tengah, namun bukan berarti ada kelainan di telinga bagian tengah. Dokter THT tentu bisa memprediksi ada tidaknya gangguan telinga bagian tengah dengan memeriksa dari lubang telinga menggunakan otoskop.
    Kebanyakan vertigo dipicu oleh faktor fungsional, diantaranya perubahan posisi mendadak, dll …jarang karena gangguan organik.
    Jadi para dokter yang didatangi selama ini bener aja, cukup diberikan medikasi jika pada pemeriksaan ga ditemukan kecurigaan yang mengarah pada kelainan organik, misalnya telinga, otak, dll …setelah melihat triggernya.

    Pada kondisi ringan, biasanya ga perlu obat, cukup istirahat, namun adakalanya perlu obat beberapa hari hingga berminggu-minggu walau ga ada kelainan.
    Obat-obat di atas cukup aman untuk ibu hamil untuk pemakaian jangka pendek. Dan bisa pula vertigo ada kaitannya dengan kehamilan trimester pertama.
    Adapun tentang migrain bisa pula bersamaan dengan vertigo dan saling terkait, bisa pula berdiri sendiri-sendiri.

    Menurut saya, bisa periksa ke dokter sp syaraf untuk pemeriksaan lebih lanjut, tapi ga mesti periksa otak (ct-scan), perlu tidaknya ct-scan tergantung hasil pemeriksaan fisik oleh dokter sp syaraf.

    Moga bermanfaat dan mudah-mudahan vertigo segera hilang :)
    Trims

  39. 39 venny (bandung) Mei 1, 2008 pukul 5:08 pm

    ass.dok, saya seorang pelajar SMA kelas 2, saya sering menderita sakit kepala yang luar biasa, sampai saya pingsan. hal itu sering saya alami tiba-tiba, ataupun jika saya berfikiran yang berat, misalnya masalah-masalah di sekolah.saya berobat ke 3 dokter yang berbeda, dokter yang pertama mengatakan “jangan terlalu stress, jadinya seperti ini”, dokter kedua mengatakan “ini diakibatkan karena lensa mata terganggu” saya langsung di beri rujukan ke RS mata di kota saya, setelah saya memakai kacamata berlensa, gangguan pusing itu berkurang.akan tetapi beberapa bulan kemudian pusing hebat tersebut mengganggu saya lagi, dan saya pergi k dokter yang ketiga.dokter tersebut mengatakan “ada 3 kemungkinan penyakit yang ade alami adalah, 1.kelainan otak,2.gegar otak,3.gangguan psikologi.”,saya kaget sekali dengan pernyataan dokter ketiga.namun saya tidak bisa berkata tidak tentang gangguan psikologi, saya sering berbicara sendiri seperti orang gila.hal itu membuat saya sangat minder,termasuk pada keluarga saya.saya periksa ke dokter 1&3 tidak bersama orang tua, karena terpaut ekonomi yang cukup sulit, jadi saya mengumpulkan uang untuk periksa ke dokter. yang saya tanyakan, saya menderita penyakit apa?sebelum/setelah memakai kacamata hanya mengurangi pusing sebentar,mengapa?apa yang harus saya lakukan karena saya kurang mampu untuk periksa ke dokter lagi?saya ingin sembuh dok.bantulah saya.saya harapkan balasan dari dokter kirimkan ke yahoo saya, juliet_adinda@yahoo.com, makasih sebelumnya.wass

  40. 40 cakmoki Mei 2, 2008 pukul 5:52 am

    @ venny (bandung):
    wa’alaikum salam,
    ok, ntar jawabannya via email ya
    Thanks
    wass :)

  41. 41 NaNA Udayana 07 Juni 6, 2008 pukul 3:45 pm

    mohon informasi, obat Dimenhidrinate itu oabat golongan apa? apakah termasuk obat golongan antimuskarinik atao apa?mohon di balas… =) bisa dikirim juga ke 081858290, gBu ^^

  42. 42 cakmoki Juni 7, 2008 pukul 4:19 am

    @ NaNa Udayana 07:
    golongan antihistamin :)

  43. 43 kudzi Juni 12, 2008 pukul 8:51 pm

    maaf pak, boleh nanya 2 ?

    makanan yang baik buat penderita vertigo apa aja ya ?

    thanks berat…

  44. 44 cakmoki Juni 13, 2008 pukul 1:06 am

    @ kudzi:
    maaf…boleh nanya koq… :)
    Gak ada pantangan makanan apapun, semua boleh dimakan, bebassss.
    Thanks juga

  45. 45 djunaedird Agustus 7, 2008 pukul 8:43 pm

    Teman saya kena vertigo, sekitar 4 bulan lalu. Kini sudah agak mendingan. Tapi tak bisa pulih seperti sedia kala…..

  46. 46 cakmoki Agustus 8, 2008 pukul 4:12 pm

    @ djunaedird:
    Insya Allah, kalo gak ada kelainan organik, bisa pulih seperti sedia kala :)

  47. 47 tania Agustus 27, 2008 pukul 4:55 pm

    Thank u buat ulasan ttg vertigonya cak.
    cak,apakah vertigo bisa berpengaruh saat melahirkan? (apakah harus operasi caesar?) krn saat ini kehamilan saya sdh memasuki 31 minggu & 2 hari lalu vertigo saya kambuh.
    Dokter beri saya obat dramamamine tapi vetigonya masih belum pergi juga. Vertigo saya muncul saat saya tidur balik kanan atau balik kiri.
    Saya penginnya sich melahirkan normal krn kepala bayi juga sudah ada di bawah. Mohon jawabannya ya cak.
    Matur nuwun..

  48. 48 cakmoki Agustus 28, 2008 pukul 1:33 am

    @ tania:
    Vertigo gak berpengaruh terhadap proses kelahiran… dan vertigo bukan indikasi untuk operasi caesar … :)

    Obat vertigo banyak jenisnya, …pada tahap awal dimana vertigo gak sampai membuat muntah yang hebat, biasanya diberi obat golongan dymenhidrinat 50 mg ( Dramamine, Dramasine, dll) selama beberapa hari hingga sekitar 1-2 minggu. Kalo gak ngaruh, ntar dokter akan mengganti dengan obat lain, misalnya: perifas, merislon, mertigo, stugeron, ..dll..dll. Bahkan kalo diperlukan, dokter akan memberi kombinasi 2 ato lebih jenis obat untuk menanggulangi vertigo tersebut. Itupun adakalanya vertigo muncul lagi saat perubahan posisi tertentu seperti tertulis di artikel di atas.

    Moga segera sembuh … thanks :)

  49. 49 citra September 6, 2008 pukul 11:41 am

    Cak,

    Setelah membaca ulasan Cak ttg Vertigo, kayaknya gejala vertigo sama dengan gejala yang saya alami. Kira2 5,5 bln lalu (2 bulan setelah melahirkan cesar) ketika bangun tidur saya melihat plafon kamar berputar.Kira2 dua jam setelah itu saya muntah. Setelah minum teh manis saya baikan. Empat bulan kemudian ketika sedang memilih barang di supermarket saya agak pusing dan agak limbung perasaan seperti mau jatuh lalu saya berusaha sampai di mobil. Setelah beristirahat 5 menit di dalam mobil saya merasa baikan, saya mengemudi mobil sendiri kembali ke rumah. Tapi Cak 5 hari yang lalu ketika sedang ngantri di depan kasir supermarket tiba2 saya puyeng lagi. Setelah membayar di kasir saya segera kembali ke mobil istirahat 3 menit kemudian saya merasa puliah saya segera pulang dengan mengemudi mobil sendiri.

    Cak, bener nggak saya mengidap vertigo?
    Apa bisa penderita vertigo sembuh total?

    Terima kasih banyak atas jawabannya.

    Citra

  50. 50 cakmoki September 6, 2008 pukul 6:37 pm

    @ citra:
    (1) iya, kayaknya vertigo.
    (2) tentu vertigo bisa sembuh, hanya saja adakalanya vertigo sering muncul pada saat-saat tertentu yang tidak bisa kita duga.

    Thanks

  51. 51 Tiniz Oktober 12, 2008 pukul 8:08 pm

    Cak Moki salam kenal, mo ikutan nimbrung soal vertigo, sy 2x ngalamin vertigo yang parah sampe gak bisa buka mata, kalo buka mata semua beterbangan kayak puting beliung. Yang I kejadiannya pas sholat subuh…sholatnya kurang thumaninah kali ya..?!, yang II lagi jalan-jalan di pasar. Saya umur 41, T/BB 160/70, hasil test darah bulan lalu semua normal kecuali uric acid sedikit diatas normal (gak sampai 10 poin) Mo nanya nih ada hubungannya gak kadar kolestrol, trigliserid, kekentalan darah dan vertigo? Indikator darah kental itu apa sih..bisa kelihatan dari hasil test darah gak?
    Bapak saya tahun 2006 masuk RS karena stroke ringan, jauh sebelum2nya ada keluhan vertigo juga.
    Keponakan bapak saya meninggal karena stroke, dr hasil pemeriksaan bagian yang terkena yang berhubungan dgn keseimbangan sama seperti bapak saya.
    Jadi serreeemmm….mungkinkah ada faktor genetis?
    Ada hubungan sebab akibat gak antara vertigo dan stroke?
    Matur nuwun atas penjelasannya…

  52. 52 cakmoki Oktober 12, 2008 pukul 8:28 pm

    @ Tiniz:
    Salam kenal,

    Vertigo gak ada hubungannya dengan seperti yang disebutkan (kadar kolestrol, trigliserid, kekentalan darah). Kekentalan darah atao hematokrit bukan untuk pemeriksaan penunjang dalam menegakkan diagnosa vertigo … meriksannya mudah dan murah, ga sampai 10 ribu. Hematokrit salah satunya dipake untuk follow up demam berdarah bersama dengan pemeriksaan trombosit.
    Pada kenyataannya, kebanyakan penderita vertigo gak ditemukan kelainan apapun. Hal ini sesuai dengan salah satu referensi dalam artikel bahwa vertigo yang berhubungan dengan otak hanya sekitar 5%. Itupun ditunjang dengan pemeriksaan CT-scan dan keluhan gangguan kesadaran berulang.
    Kalo faktor genetik sih engga… gak ada disebut-sebut dalam referensi yang saya baca (entah kalo kelewatan) :)

    Vertigo gak menyebabkan stroke, tapi ada beberapa penderita stroke yang mengalami vertigo sebelum terjadi stroke. So pada keadaan ini bukan hubungan sebab akibat.

    Maturnuwun :)

  53. 53 Toni S Oktober 29, 2008 pukul 11:28 am

    Ternyata banyak juga ya menderita vertigo, saya mengalami kemarin siang, mulanya sedang menghadiri pertemuan koperasi, kebetulan kena sentor kipasa angin, awalnya mata tidak enak kalau melihat rasanya lantai agak berputar, pusing, achirnya sadar mau muntah lari ke toilet, di toilet muntah sebanyak-banyaknya, setelah itu keluar dan pamit sama temen-2 minta ijin pulang duluan karena sakit,sambil berjalan ke mobil kebetulan sedang hujan lebat, eh di mobil muntah lagi dan sepertingya dunia terputar-putar, untungnya ada sopir yang mengantar, diperjalanan kalau mata tidak dipejamkan jalan seperti terbalik-balik dan arah mobil tidak terkendali sambil keringat dingin bercucuran. Sampai dirumah duduk sebentar dikasih air teh rada mendingan, tapi setelah beberapa menit dunia berputar lagi achirnya muntah lagi, karena takut barangkali ada apa-apa minta untuk dipanggilkan dokter,jawaban dari penerima telpon dokter baru siap 2 jam lagi.Achirnya pindah ke tempat tidur sambil ganti baju yang ke tiga, karena baju sebelumnya basah oleh keringat dingin,tadinya berpikir kalau bisa untuk tidur barangkali lebih enak ternyata dari posisi duduk lalu tidur merubah posisi kepala tidak meredakan justru memicu perputaran yang lebih hebat, achirnya muntah lagi,ruangan seperti berputar dan rasanya akan terpental jatuh,achirnya harus posisi duduk mata terpejam posisi kepala tidak boleh berubah.Karena gejala belum juga sirna, saya minta obat antangin, katanya bisa meredakan, ternyata setelah saya minum beberapa menit kemudian dunia berputar lagi dan habislah isi perut karena muntah-muntah lagi.Setelah menunggu hampir dua jam dokter achirnya datang ditanya sana sini achirnya dikasih obat Alium 5mg, merislon 6mg dan analsik dalam kondisi perut kosong obat diminum dan disuruh tidur dengan merebahkan ketempat tidur pelan-2 sambil narik nafas, achirnya lumayan bisa tertidur, bangun kira-2 jam 7 malam dengan kondisi yang sudah agak lumayan walaupun masih akan terjatuh.Obat diminum lagi dan tidur malam, paginya sudah lumayan baik tidak berputar lagi, walaupun begitu masih harus cukup istirahat dan minum obat. Kalau saya amati kenapa saya terkenan vertigo, pertama beberapa hari sebelumnya suasana gerah,panas,sehingga badan cepet capek, kualitas tidur tidak bagus pada saat mau tidur gerah dan pada malam harinya dingin, hampir setiap mau tidur malam harus mandi dulu walau tengah malam.

  54. 54 cakmoki Oktober 30, 2008 pukul 10:50 am

    @ Toni S:
    wah lengkap banget pengalamannya … ini sangat berguna bagi yang lain.
    Pemicunya dah bener, yang disebutkan di atas emang beberapa dari pemicu timbulnya vertigo.
    Kalo boleh usul, sebaiknya selalu siap merislon di saku atau di mobil. Sedangkan Analsik adalah obat pereda nyeri, misalnya untuk sakit kepala. Kalo untuk vertigo, minum analsik gak ada manfaatnya,kecuali jika vertigo disertai dengan nyeri kepala atau kaku dan nyeri kuduk.
    Makasih share-nya ya :)

  55. 55 y12n November 27, 2008 pukul 4:47 pm

    Sejak SD, yang kuinget, kejadiannya sekali2 tiba2 pusing, keringat dingin n berasa mau pingsan. Untuk ngatasinnya biasanya, duduk istirahat beberapa menit sampai mulai terjadi perbaikan.
    Tapi ketika magang dulu, pernah ngalamin gini, keluar dari lift, tiba2 rasanya oleng. Dari lift sampe ruangan, aku harus merayap pegangan dinding. Begitu sampe ruangan, duduk, (lupa sih ngapain aja waktu itu sampe akhirnya membaik, soalnya kejadiannya dah 8-9 thn lalu).
    Pernah juga, tiba2 pusing, badan lemas, sudah coba duduk, masih tetep aja, sampai keluar keringat dingin, terasa mau muntah, minum teh manis, agak lumayan, tapi tetep berasa mau muntah, sampe akhirnya muntah. Trs minum teh anget lagi, sampe akhirnya terasa membaik.
    Memang sih sebelum kejadian, biasanya sudah terasa kalau badan rasanya kurang vit. Apakah itu termasuk vertigo? Bagaimana pencegahannya?

  56. 56 cakmoki November 27, 2008 pukul 11:57 pm

    @ y12n:
    iya, termasuk vertigo.
    Sampai saat ini gak ada cara efektif untuk mencegah vertigo. Ada sih panduan latihan berjalan melingkar, dll…tapui ternyata gak banyak membantu.
    Menurut saya, pencegahan nampaknya bergantung pada pemicunya.
    Yang penting, sebaiknya sedia obat vertigo.
    Trims

  57. 57 Ardie Desember 2, 2008 pukul 4:56 pm

    Saya mau nanya dok,
    saya sudah lama merasakan keluhan rasa seperti gamang, tubuh rasanya ga mantap kalo jalan, duduk, dll. apalagi kalo dari duduk lama, trs berdiri, pasti merasa muyeng dan pandangan jadi kabur. apakah itu termasuk vertigo dok? trs bagaimana cara mengatasinya?
    tambahan dok, apakah ada pengaruhnya dari akar gigi graham yang tertinggal sewaktu dicabut? ataukah mungkin dari gangguan telinga? karena telinga saya juga sudah lama kayaknya ada gangguan karena mendengar juga sudah kurang. tapi tidak begitu parah. apakah mungkin ada gangguan dari kebiasaan dulu sering begadang, minum kopi, dan perokok berat? dan sekarang saya sudah berhenti begadang, merokok, dan juga minum kopinya. tapi keluhan gamang tadi masih juga ada. sudah kurang lebih 1 tahun ini dok. dan dikepala juga terasa kayak yang berat.
    saya mohon penjelasan dan saran dari dokter.

  58. 58 cakmoki Januari 21, 2009 pukul 12:50 pm

    @ Ardie:
    Maaf terlambat banget.
    Kemungkinan berhubungan dengan:
    1) sisa akar gigi.
    2) gangguan telinga.
    Menurut saya, sebaiknya ke dokter THT agar dapat diketahui penyebabnya dan mendapatkan obat yang tepat.

    Trims

  59. 59 dini Februari 10, 2009 pukul 3:28 pm

    wah infonya berguna banget buat saya pak. kebetulan saya hampir 10 hari ini merasakan ketidaknyaman dikepala saya. dibilang berputar tidak terlalu. mungkin lebih tepatnya perasaan hanyut jika melakukan gerakan kebelakang kepala. kalau menunduk tidak terasa ketika kembali tegak baru terasa. intinya kalau gerakan kepala kearah belakang. Atau tiba-tiba kalau mata terbuka penglihatan seperti goyang….

    saya saat ini konsumsi trinordiol-28. apakah ada hubungannya? apakah ini termasuk vertigo secara saya tidak mengalami yang ekstrim sampe muter-muter, muntah dan keringat dingin. seingat saya, sudah 3 kali saya mengalami ini sejak 7 tahun yang lalu. dan semuanya terjadi menjelang haid sampai haid berlangsung. apakah ada hubungannya dengan hormonal?

    dan saya akui akhir-akhir ini saya sedang dilanda kecemasan karena tanggungjawab yang besar dirumah maupun di kantor. bisa kasih saran pak dokter? atau resep sekalian kalau perlu..semoga bapak mendapat balasan dari allah swt atas kemurahan membagi ilmu dan pengetahuannya…
    trimakasih..

  60. 60 cakmoki Februari 10, 2009 pukul 11:47 pm

    @ dini:
    Keluhan tersebut termasuk vertigo.
    Kemungkinan berhubungan dengan faktor hormonal dan kecemasan.
    Obatnya udah saya tulis di artikel bagian Pengobatan, silahkan pilih salah satu, misalnya: dramasine, dramamine, mertigo, perifas, dll, diminum 3×1 saat ada keluhan aja.
    Jika dengan salah satu obat, keluhan tidak berkurang, dapat menggunakan kombinasi, misalnya: perifas dengan dramamine.

    Trims support dan do’anya, moga demikian pula sebaliknya.

  61. 61 Nita Februari 12, 2009 pukul 10:33 am

    Selamat pagi,

    Salam kenal dari saya, sebenarnya saya sudah pernah baca blog ini mulai tahun 2007.
    Itulah awal saya menderita vertigo. Saat itu saya baru saja memegang jabatan baru di perusahaan dengan posisi merangkap sekaligus beberapa jabatan dengan tingkat stressing yang tinggi.
    Awal mulanya waktu saya mandi, terasa bumi berputar, sampai saya panik saat itu berusaha untuk mencari sandaran takut jatuh karena sudah tidak ada kekuatan untuk berdiri. Selanjutnya hampir tiap minggu gejala itu muncul lagi. Pernah waktu itu lagi nyetir mobil, tiba tiba mobil yang saya bawa terasa berputar dan terombang ambing seakan-akan kena ombak. Saya waktu itu berusaha tenang. Alhamdulillah pas di lampu stopan. sehingga saya punya waktu untuk memejamkan mata. selanjutnya saya nyalakan lampu hazard, dan pelan-pelan minggir. Kemudian saya istirahat sebentar di mobil baru kemudian sudah mendingan saya pelan-pelan jalan lagi. saya sudah konsultasi ke dokter menurut beliau kemungkinan sakit vertigo dan saya diminta istirahat.
    Setelah saya minum obat biasanya agak mendingan. Dan kejadian tersebut hampir tidap minggu sampai saat di supermaket juga demikian. Akhirnya saya berusaha mencegah stress dan tidak berada di keramaian / orang banyak, serta sementara tidak mengemudikan mobil.
    Beberapa waktu yg lalu , suami saya membelikan gelang magnet amega, dan saya coba pakai, alhamdulillah tidak kambuh.

    Saat ini saya sedang hamil 5 bulan, bayi kembar. Terakhir ini saya mengalami gangguan vertigo lagi. BUMI BERPUTAR-PUTAR. saya takut nanti akan berpengaruh terhadap janin saya. Perlu diketahui bahwa gelang maginit yang biasanya sy pakai sudah hilang beberapa bulan yang lalu. saat ini saya mau konsultasi apa ada obat yang aman un tuk vertigo bagi ibu hamil ?? dan sebenarnyanya sejauh mana sih pengaruh gelang magnet tersebut ?

    TERIMA KASIH.

  62. 62 Nita Februari 12, 2009 pukul 11:46 am

    Selamat pagi,

    Salam kenal dari saya, sebenarnya saya sudah pernah baca blog ini mulai tahun 2007.
    Itulah awal saya menderita vertigo. Saat itu saya baru saja memegang jabatan baru di perusahaan dengan posisi merangkap sekaligus beberapa jabatan dengan tingkat stressing yang tinggi.
    Awal mulanya waktu saya mandi, terasa bumi berputar, sampai saya panik saat itu berusaha untuk mencari sandaran takut jatuh karena sudah tidak ada kekuatan untuk berdiri. Selanjutnya hampir tiap minggu gejala itu muncul lagi. Pernah waktu itu lagi nyetir mobil, tiba tiba mobil yang saya bawa terasa berputar dan terombang ambing seakan-akan kena ombak. Saya waktu itu berusaha tenang. Alhamdulillah pas di lampu stopan. sehingga saya punya waktu untuk memejamkan mata. selanjutnya saya nyalakan lampu hazard, dan pelan-pelan minggir. Kemudian saya istirahat sebentar di mobil baru kemudian sudah mendingan saya pelan-pelan jalan lagi. saya sudah konsultasi ke dokter menurut beliau kemungkinan sakit vertigo dan saya diminta istirahat.
    Setelah saya minum obat biasanya agak mendingan. Dan kejadian tersebut hampir tiap minggu sampai saat di supermaket juga demikian. Akhirnya saya berusaha mencegah stress dan tidak berada di keramaian / orang banyak, serta sementara tidak mengemudikan mobil.
    Beberapa waktu yg lalu , suami saya membelikan gelang magnet amega, dan saya coba pakai, alhamdulillah tidak kambuh.

    Saat ini saya sedang hamil 5 bulan, bayi kembar. Terakhir ini saya mengalami gangguan vertigo lagi. BUMI BERPUTAR-PUTAR.dan disertai dengan mual hebat. Saya takut hal tersebut nanti akan berpengaruh terhadap janin saya. Perlu diketahui bahwa gelang magnit yang biasanya sy pakai sudah hilang beberapa bulan yang lalu. saat ini saya mau konsultasi apa ada obat yang aman untuk vertigo bagi ibu hamil ?? dan sebenarnyanya sejauh mana sih pengaruh gelang magnet tersebut ???

    SEBELUMNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS JAWABAN BAPAK.

  63. 63 cakmoki Februari 12, 2009 pukul 6:27 pm

    @ Nita:
    Met sore (maaf, ngejawabnya sore :) …)
    Adakalanya Vertigo datang tak terduga, bisa kapanpun dan dimanapun *kayak coca-cola*. Sebenernya upaya Mbak udah bener, yakni dengan menghindari faktor stress, tapai mungkin sulit mengingat beban pekerjaan dan jabatan yang berjibun.
    Obat vertigo rata-rata kategori B pada kehamilan maupun janin yang dikandungnya, yakni kategori yang aman seperti halnya obat mual dan vitamin, misalnya: dramamine, dramasine, dll.
    Adapun gelang dan sejenisnya mohon maaf saya gak tahu tentang efeknya terhadap vertigo, mungkin hanya memberikan rasa aman sehingga secara gak langsung mengurangi kecemasan.
    Trims

  64. 64 reerey Februari 20, 2009 pukul 3:27 am

    cakmoki,
    mau tanya nih..
    kalau misalny bbrp hari pusing di dekat mata, trus setelah itu kadang2 serasa melayang, termasuk vertigo ga ya?kadang2 terasa benda yg di sekitar bergerak..walaupun sedang berdiri atau sedang duduk, tp tidak bergerak.
    sebelum itu memang sedang banyak noise, orang ngomong dgn keras2 (hampir teriak lah) dan sering bnyk noise jg krn alat2.
    mohon diagnosa nya ya cak..
    terimakasih

    -reerey-

  65. 65 cakmoki Februari 20, 2009 pukul 1:57 pm

    @ reery:
    Termasuk vertigo … obatnya silahkan pilih salah satu dari pilihan pada bab pengobatan.
    Trims

  66. 66 raihan Februari 21, 2009 pukul 4:49 am

    salam kenal cak…aku alumni yang sama dengan njenengan sejak SD Pagah-SMA I Jember
    Aku juga pernah kena vertigo sekitar setahun yang lalu dan sampai saat ini sering mengganggu dan sudah pernah berobat ke spesialis syaraf dan THT yang diberi obat merislon, stugeron dan neurobion 5000. aktivitas kerjaku menuntut aku harus apel pagi dan sore yang itu membuatku trauma menghadapinya karena aku selalu gemetar jika berdiri terlalu lama bumi serasa terjadi gempa namun sampai saat ini aku masih bisa bertahan. awalnya aku suka berenang bahkan setiap hari armada aku selalu mengikuti lomba renang selat madura namun sejak menderita keluhan vertigo aku jadi takut berenang dan berolahraga lainnya..kalau sudah kambuh aku sering banyak di kasur karena kalau berjalan badan jadi limbung apalagi kalau memasuki tempat keramaian..bahkan karierku jadi terhambat seperti kmrn aku terpaksa mengundurkan diri dari ujian kedinasan karena aku khawatir jika aku lulus apa aku sanggup penyelesaikan pendidikan dengan jadwal yang bersifat wajib seperti lari pagi senam pagi apel pagi apel malam dan kegiatan yang lain yang membutuhkan kondisi fisik prima.
    Tulungen aku cak…demi adikmu yang sebenarnya kariernya sedang menanjak ini..

  67. 67 cakmoki Februari 21, 2009 pukul 6:45 pm

    @ raihan:
    Salam kenal :)
    wah ternyata satu perguruan ya …

    Sebenernya obatnya udah oke…
    Kalo dengan Merislon (betahistine) dan Stugeron (cinnarizine) gak membaik, kayaknya perlu kombinasi.
    Misalnya: Stugeron dengan obat golongan dimenhydrinate (misalnya: Dramasine, Dramamine)
    Keduanya diminum bersamaan saat mulai terasa vertigo.
    Hanya saja, obat golongan dimenhydrinate memiliki efek samping ngantuk.

    Atau bisa juga kombinasi obat golongan dimenhydrinate (Dramasine, Dramamine) dengan Ekstract Belladona (golongan scopolamine). Keduanya diminum 3×1. Sayangnya ekstract belladona sulit didapat. Padahal sebenernya cukup bagus untuk kombinasi dan harganya murah meriah.

    Kalo neurobion sih gak mutlak, gak dipake gak papa.

    Adakalanya vertigo berulang dan memerlukan penyembuhan lama. gak papa, ditelateni aja…hehehe
    Moga segera sembuh.

  68. 68 raihan_boys2001 Februari 22, 2009 pukul 3:16 pm

    bagaimana cak dokter cara belinya…obat itu khan harus pake’ resep dokter kalau datang ke dokter hanya untuk minta resep apakah etis…?? Suwun cak….

  69. 69 cakmoki Februari 22, 2009 pukul 3:43 pm

    @ raihan_boys2001:
    Silahkan gerilya ke apotik…di Patrang, Jl Raya Sultan Agung, Jl. PB. Sudirman, dll :) … moga bisa
    Wah sayang gak bisa ngirimi resep …hahaha

  70. 70 Greeny Februari 23, 2009 pukul 12:35 am

    Nanya lagi dsini ya cak….

    Sebulan lalu sempet ngerasain yg namanya lantai yg sedang dipijak tau2 rasanya kaki ini gak napak gitu, limbung, tapi gak ampe jatuh seeeeeeeeh, alhamdulillah.. Dalam sehari bisa terjadi 3x an gitu tapi durasi nya memang gak lama, masih dibawah 10 detik gitu.
    Trus diminumin Merislon cuma 1×1, pas malem aja & selama 3 hari, Alhamdulillah sekarang dah gak terasa lagi deh….

    Kemaren ini mulai ada rasa bgitu lagi, tapi cuma ngerasa 1x dalam sehari & gak setiap hari seperti kejadian bulan lalu.

    1. Apa meningkatnya aktivitas secara dadakan bisa menimbulkan vertigo??
    2. Kapan sebaiknya kita memutuskan untuk minum obat vertigo?? Jika keluhannya masih seperti yg kemarin saja apa sudah harus meminumnya??
    3. Salah y jika meminum obatnya seperti yg sy lakukan sebelumnya??

    maaf kepanjangan cak…., suwun…. ‘met malem…

  71. 71 cakmoki Februari 24, 2009 pukul 2:39 am

    @ Greeny:
    1) bisa juga hal tersebut sebagai pemicu timbulnya vertigo
    2) saat mulai brasa vertigo
    3) gak harus 3 hari, cukup saat vertigo aja dan dapat dihentikan jika vertigo ga mampir lagi :D

    suwun..met malem

  72. 72 keishka Maret 13, 2009 pukul 9:05 am

    kakek.. makasih infonya.. ^^

  73. 73 cakmoki Maret 14, 2009 pukul 3:42 pm

    @ keishka:
    sama-sama ^^

  74. 74 Fransisca Juni 28, 2009 pukul 10:12 pm

    Dok,
    tahun 2005 saya pernah terserang vertigo hingga tak bisa gerak sama sekali, dipapah ke rumah sakit, 3 hari ngga bisa buka mata dan 2 minggu leher ga bisa digerakkan. Sampai sekarang saya sehat, ngga pernah kena vertigo lagi, paling2 hanya pusing2 biasa. Namun, semenjak itu ada dengingan di telinga saya setiap bulan sekitar 1-2 kali, kayaknya maksimal 3 kali. Dengingannya sama sekali ngga mengganggu. Mengingat vertigo/tinitus (atau tinititus??) ada hubungannya dgn telinga bagian dalam, apakah saya diperbolehkan untuk berenang ? Terima kasih.

  75. 75 cakmoki Juni 29, 2009 pukul 1:40 pm

    @ Fransisca:
    ya, dengin di telinga dinamakan tinitus. gak mesti ada kelainan di telinga bagian dalam. Adakalanya tintus menyertai keluhan vertigo. Sebagian besar bersifat fungsional, artinya gak ada masalah di organ telinga.
    Namun untuk memastikannya, gak ada salahnya periksa ke dokter THT.
    Kalo vertigo gak pernah kambuh lagi, tentu boleh berenang.
    Moga sehat selalu…Trims :)

  76. 76 Annisa Juli 1, 2009 pukul 9:37 am

    Salam Kenal Dok,
    Saya ibu rumah tangga baru melahirkan, kurang lebih 20 hari setelah melahirkan saya mengalami pusing berputar-putar, lemas, keringat dingin ngak lama kemudian muntah2. Trus saya istirahat, besoknya sisa pusing masih ada, tapi tangan agak kaku ngak seperti biasanya. Trus tmen menyarankan minum mertigo sama neurobion, hasilnya pusing berkurang dan tangan mulai pulih.
    Akan tetapi setelah itu saya selalu merasa pusing mau jatuh (tidak berputar). Berjalan serasa mau jatuh, ini berulang ulang sampai hari ini (2 bulan setelah kejadian). Minum obat hanya waktu itu saja selama seminggu. Tolong bantu cara mengatasinya dok.

  77. 77 cakmoki Juli 1, 2009 pukul 4:57 pm

    @ Annisa:
    Salam kenal…
    Bener, keluhan tersebut adalah tanda-tanda vertigo. Salah satu obatnya adalh mertigo (betahistine). Neurobion gak perlu.
    Jika dengan obat tersebut gak berkurang, dapat diganti dengan obat lain, misalnya cinnerizine (contoh merk dagang: perifas). Obat ini dapat dikombinasi dengan obat golongan lain misalnya: dymenhydrinate (contoh merk dagang: dramasine, dramamine, dll).

    Karena itu, setidaknya menyiapkan diri dengan kedua obat tersebut (misalnya perifas dan dramamine) untuk diminum saat vertigo mulai datang.Keduanya dapat disimpan dan digunakan lagi jika vertigo kambuh.
    Trims :)

  78. 78 Annisa Juli 1, 2009 pukul 7:51 pm

    Terima kasih dok atas sarannya.
    Kira-kira apa penyebabnya dok? soalnya selama ini (sebelum kejadian vertigo) saya tidk pernah ada keluhan masalah pusing dan mau jatuh, mual dan lain-lain. Memang dulu pernah diklaim dokter THT ada sinusitis, tapi sekarang normal-normal saja. Saya pingin sembuh seperti semula dok, takut mengganggu kegiatan saya. Terima kasih.

  79. 79 cakmoki Juli 1, 2009 pukul 11:25 pm

    @ Annisa:
    Penyebab pasti dari vertigo hingga kini belum diketahui secara pasti. Pada artikel di atas, tertulis berbagai faktor penyebab yg diduga berhubungan dengan keluhan vertigo.
    Sejauh ini, di praktek pribadi, rata-rata penderita vertigo tidak ditemukan kelainan apapun setelah dirujuk dan dilakukan pemeriksaan CT-scan. Namun srtidaknya, hasil pemeriksaan tersebut dapat mengurangi kecemasan penderita manakala tidak didapatkan kelainan.
    Oleh karenanya, pengobatan vertigo lebih banyak bersifat simptomatis, yakni untuk mengurangi keluhan saat vertigo kambuh.
    Trims

  80. 80 aris fajar September 14, 2009 pukul 3:47 pm

    makasih bgt… berumur 23 thn… sudah 2 tahun mengalami ahl serupa… sepat masuk rumah sakit dan dinyatakn aku ter kena vertigo… sudah hampir 6 bulan aku tidak pernah men konsumsi Obat vertigo pemberian resep dokter..
    dan baru satu minggu ini vertigo ku kambuh … lagii…
    apa obat yg baik buat aku… dan mudah didapat di apotik…
    trima kasi mohon bantuan nya

  81. 81 aris fajar September 14, 2009 pukul 4:20 pm

    kalo vertigo itu ber hubungan dengan sakit lambung tidak… karena sejak aku keluar dari rumah sakit…. aku pantang yang sama namanay minuman bersoda… dan juga buah- buahan yang terlalu asam … seperti manggah, nanas… dll… apa itu ber pengaruh ke pertigo…. kalo telat makan pun terkadang suka kambuh… apa betul… mohon balasan nya… trimakasih

  82. 82 cakmoki September 18, 2009 pukul 1:39 am

    @ aris fajar:
    Maaf telat menjawab karena lagi keluar kota…
    Pertama, vertigo gak ada hubungannya dengan keluhan lambung.
    Kedua, obat vertigo dapat dipilih sesuai rspon yg paling nyaman dipakai.
    Silahkan pilih salah satu atau kombinasi: Dramasine, Dramamine, Perifas, Stugeron, Mertigo, dll…
    Jika dengan salh satu gak memberikan respon memuaskan, dapat menggunakan kombinasi, misalnya: dramamine dan perifas, diminum saat vertigo kambuh aja.
    Trims

  83. 83 firawati September 18, 2009 pukul 7:24 am

    blh ikut jg kan pak????sy jg pernah mngalmi vertigo…( ptgs kshatan jg kena neh pak) he…skt seh g…bputar2..smpe muual &muntah…sy pkir hipotensi..g tw bis cek sdr Td hslny N..sy cb jg cek GD,hslnya N..mkan obt???hm..paling malas…he..krn g ada berkurang jg..smpe konsul ke spesialis mata..lg2 N..konsul lg k spesialias neuro..tp g sy tebus obtnya..soalnya dosisnya pd tinggi smua..sy bc jg artikel..ktnya seh krn makanan..hm..akhrnya sy cb hntkan mkanan yg mngandung pengawet ( coklat,keju,cemilan ringan) slma 1 bln ngemil sy cm mkan roti tawar…he…alhamdulillah skrg g ada kmbuh lg…smg aja g kmbuh2…

  84. 84 cakmoki September 18, 2009 pukul 2:41 pm

    @ firawati: :) moga gak kambuh-kambuh lagi…. biasanya ntar kalo suatu ketika mencari sesuatu di tempat yg agak gelap, adakalanya vertigo muncul… tapi moga enggak..
    Trims udah ikutan

  85. 85 firawati September 19, 2009 pukul 4:13 pm

    lho kok gitu pak????mang ada hubungannya dgn gelap jg???soalnya serangan pertama sy malam hari.tp g wkt lg mati lampu..

  86. 86 cakmoki September 20, 2009 pukul 12:51 am

    @ firawati:
    ya, salah satu pencetusnya adalah kegelapan atau kurang cahaya

  87. 87 firawati September 20, 2009 pukul 10:32 am

    slmt idul fitri ya pak..maaf lhr btin…o..gitu ya pak…tq infonya…

  88. 88 cakmoki September 20, 2009 pukul 8:33 pm

    @ firawati:
    Sama-sama… demikian pula sebaliknya… met idul fitri, mohon maaf lahir dan batin

  89. 89 firawati September 23, 2009 pukul 4:26 pm

    klu kblikannya,brati panas jg ,gtu pak??cm klu dah kena matahari lgsung sy suka skt kpala…ya biasanya sy than dlu utk mkan obt…tp klu dah dibw tdr g ilang jg br mkn PCT..hm..lg2 dosisnya cm 1/2..he…tkt gtu sm efek smping obt pak..alhmdllah vertigo g mncul klu kena sinar mthri lgsung pak….

  90. 90 gebleg Oktober 19, 2009 pukul 5:34 pm

    dok istri saya sudah bertahun-tahun kena vertigo.kadang kambuh.pd saat periksa ke dr specialis syaraf katanya ada jarak yg terlalu dekat antara syaraf 6 dan 7.apa ini ada hubunganya dgn fertigo.trims

  91. 91 cakmoki Oktober 20, 2009 pukul 2:08 am

    @ gebleg:
    Saya gak tahu pasti apakah hal tersebut berhubungan dengan vertigo yg dialami apa enggak. Pada umumnya vertigo berhubungan dengan saraf 8 (keseimbangan). Namun, dokter sp saraf lah yang lebih paham tentang hal itu karena beliau yg memeriksa dan melakukan penilaian secara langsung berdasarkan rangkaian pemeriksaan.
    Trims

  92. 92 rudy Oktober 31, 2009 pukul 12:52 pm

    cak moki yg baik,
    saya merasa limbung jk berdiri diam agak lama atau duduk dlm kondisi tegang tp hilang jk bersandar atau tidur
    saya sdh operasi gigi geraham bungsu tp keluhan tetap ada
    sdh rontgen leher ga ada mslh,dg traksi cervical mmg bisa sembuh tp sementara saja
    berbagai obat jenis cinarizine,betahistyn,dimenhidrynat,flunarizin ga ada efeknya jutru agal mending stl diberi lapibal
    sdh ke sp syaraf,mata dan THT tp blm ada kemajuan
    gimana nih apa ada saran?
    terima kasih sebelumnya,mohon saran

  93. 93 cakmoki November 1, 2009 pukul 1:53 pm

    @ rudy:
    Menilik upaya yang dilakukan, pemeriksaan, traksi dan obat, berarti udah bener dan optimal.
    Penanggulangannya udah disebutin sendiri tuh, yakni dengan bersandar dan tidur saat serangan limbung datang.
    Jika pemicunya “berdiri lama dalam posisi diam” dan “duduk tegang”, maka penanggulangannya sedapat mungkin dengan meminimalisir pemicunya.
    Duduk bersandar dan tidur termasuk penatalaksanaan vertigo. Artinya, vertigo tidak selalu menggunakan obat.
    Selain itu, jika pekerjaan sehari-hari mengharuskan duduk lama, dianjurkan untuk bersandar dan rileks setiap 2 jam sekali.
    Adapun tentang penggunaan obat, dapat mengkombinasi lebih dari satu obat vertigo, misalnya kombinasi cinarizine dengan dimenhydrinate. Keduanya dimunum hanya saat vertigo aja.
    Trims

  94. 94 rudy November 2, 2009 pukul 1:17 pm

    terimaksh atas jawabannya,
    tetapi saya ingin hidup normal krn skrg saya merasa terbatasi tidak bisa aktivitas spt org normal
    oh ya,bag belakang telinga saya terasa sakit saat limbung itu datang
    apa ada mslh dg telinga dalam ya,tetapi kok dokter THT ga bilang apa2 ktnya meniere ringan,sdh diksh obat tp tdk ada efeknya
    saya mmg sering korek2 telinga dg logam bahkan smp berdarah
    apa perlu 2nd opinion ke dokter THT lain?
    mohon sarannya, terima kasih byk
    maaf merepotkan

  95. 95 cakmoki November 2, 2009 pukul 2:16 pm

    @ rudy:
    ya, saya sependapat, sedapat mungkin tetap berusaha untuk menghilangkan keluhan tersebut.
    Jika emang ada Meniere dan sering korek-2 telinga hingga berdarah, gak ada salahnya periksa lebih lenjut ke dokter THT.
    Moga masalah tersebut segera teratasi.
    Trims

  96. 96 Ratih Morgan Desember 6, 2009 pukul 12:59 am

    dulu saya pernah jatuh dari angkot, sampai tidak sadar, dan kejang-kejang.
    setelah sadar saya sempat berjalan ke sekolah yang jaraknya 700m, dan harus menyebrangi jalan raya. setelah sampai di sekolah saya muntah2. sebanyak 3 kali, dan yang keluar cairan kental berwarna kuning pekat. setelah di bawa ke RS dokter memutuskan untuk operasi karena gegar otak.
    setelah operasi sempat vertigo hebat, tapi sempat menghilang selama 3 tahun, dan setelah 3 tahun hingga sekarang vertigo itu muncul lagi. yang sangat menyebalkan adalah saat membuka mata setelah tidur, serasa di putar-putar.
    dokter sempat menawarkan untuk CT-Scan lagi, untuk memastikan penyebab vertigo, tapi saya tidak mau.
    ohhhh,,, vertigo, nama mu indah tapi perbuatan mu kejam sekali.

  97. 97 Ratih Morgan Desember 6, 2009 pukul 1:06 am

    beberapa teman menyarankan untuk mengatasi datangnya sang Vertigo adalah dengan meminum air putih hangat sebanyak mungkin.
    dan setelah di coba memang betul.
    karena vertigo, saya takut nonton bioskop. setelah keluar dari ruang studio yang gelap, vertigo datang dan membuat keringat dingin, mual, dsb.
    apa merislon bisa meredakan vertigo???
    kenapa setelah vertigo,,, tulang2 kepala belakang sangat nyeri sekali ya???
    ~trim’s~

  98. 98 cakmoki Desember 6, 2009 pukul 9:14 am

    @ Ratih Morgan:
    hehehe, iya… namanya indah tapi membuat seseorang tersiksa.
    Merislon dan obat-obat anti vertigo yang lain (seperti: Perifas, Dramamine, Dramasine, Stugeron, dll) dapat meredakan vertigo.
    Adakalanya vertigo disertai dengan nyari atau tegang di kuduk (tulang leher belakang), bahkan kadang hingga menjalar ke bahu. Untuk menanggulanginya dapat menggunakan obat pereda nyeri sekaligus untuk merelaksasi otot leher belakang, misalnya dengan obat : metaneuron, neurodial, hedix, proneuron dan sejenisnya. Tapi obat-obat ini harus menggunakan resep dokter.
    Makasih telah berbagi. :)

  99. 99 Ratih Morgan Desember 7, 2009 pukul 8:32 pm

    matur nuwun cak,
    sebenernya yang manjur itu kalo udah di suntik di leher bawah, tapi sakit banget kalo sudahannya.
    mulai dari merislon, neurotam, pumpitor, semua cuma sekejap reaksinya…

  100. 100 cakmoki Desember 8, 2009 pukul 1:29 am

    @ Ratih Morgan:
    Sami-sami mbak.
    ya bener … adakalanya suntikan kombinasi analgetik, anestetik dan neurotropik dilakukan untuk meredakan keluhan.
    Seebenernya ada suntikan untik di pantat, yakni kombinasi diphenhydramin HCl dan obat golongan scopolamine, sakit juga… tai cukup membantu meredakan keluhan.

    Kalo dengan merislon dan saudara2-nya gak membantu, biasanya dikombinasi engan dramamine ato dramasine, tapi ngantuk banget…hehehe.
    Maturnuwun atas share-nya.

  101. 101 Ratih Morgan Desember 8, 2009 pukul 6:02 pm

    masa sih!!!!
    ada yang di suntik di pantat, kan gak ada hubunganya!
    kalo obat2 yang cakmoki kasih tau itu aku belum pernah dikasih.
    wah,, kalo efeknya ngantuk gak bisa kerja dong… tar makan gaji buta,, tidur dikantor deh.
    cakmoki juga pernah mengalaminya?? sepertinya tahu banyak. apa DOkter ya?
    ~trim’s~

  102. 102 cakmoki Desember 9, 2009 pukul 3:59 pm

    @ Ratih Morgan:
    Ya ampuuuunnn…. haduhhh, berarti kami-2 yang kurang memberikan informasi nih… lha orang sakit perut (colic abdomen) masa disuntik di perut…. hehehe. Ok, saya jelaskan dikit yaa…

    Pantat merupakan salah satu tempat yang lazim digunakan untuk injeksi intramuskuler (im).
    Contoh, orang yg mengalami serangan asma berat (status asmatikus), akan diinjeksi subcutan (di bawah kulit) di lengan denga obat golongan adrenergik untuk segera melapangkan sesaknya, kemudian diinjeksi intramuskuler di pantat dengan obat golongan steroid untuk meredakan sesak dalam jangka panjang. Bukan di saluran nafas kan? :) Begitu pula penyakit lain yang memerlukan injeksi intranmuskuler.

    Saya tidak pernah mengalami vertigo, tapi hampir setiap hari ada pasien vertigo.
    Trims

  103. 103 Ratih Morgan Desember 12, 2009 pukul 8:55 pm

    cak, tanya ya…
    kalo aku abis minum merislon, terus agak lama makan, perut ku jadi sakit. apa itu magh ya.. bahaya dong ya.. jadi serba salah ya.. gak diminum kepala yang sakit kalo diminum perut yang sakit.
    ~thank’s~

  104. 104 cakmoki Desember 13, 2009 pukul 6:56 pm

    @ Ratih Morgan:
    Merislon gak menimbulkan efek samping perut sakit. Maag atau dispepsia sebagian besar (lebih 80 %) dipicu oleh fakstor “kecemasan” atau psikis. Gak papa, hanya perlu obat maag untuk menanggulangi keluhan tersebut. Tidak bahaya.
    Trims

  105. 105 Ratih Morgan Desember 20, 2009 pukul 11:07 pm

    hallo cak apa kabar??
    cak, kenapa ya… beberapa gigi saya tanggal semenjak habis operasi kepala. ada hubungannya gak ya sama saraf2 yang mati pasca operasi.
    sudah 5 yang tanggal, dan semua nya gak ada tanda2 sakit gigi, kadang sedang makan nasi yang lunak2 pun juga copot sendiri, dan mata kanan seperti mau keluar dan sangat kering rasanya.
    cakmoki praktek dimana ya?? kalau boleh tau…
    ~thank’s~

  106. 106 cakmoki Desember 21, 2009 pukul 2:15 am

    @ Ratih Morgan:
    halo, kabar baik…
    kalo boleh tahu, jenis operasinya apa dan apa yang menyebabkan operasi kepala?
    Belum tentu berhubungan dengan operasi kepala, kecuali jika operasinya berhubungan dengan rahang atas (maxilla) dan rahang bawah (mandibula). Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan secara team work, setidaknya oleh dokter sp bedah saraf, dokter sp neurologi dan dokter gigi.
    Sy praktek di ndeso, pinggiran Samarinda :)
    thanks

  107. 107 cecep ridwan Desember 21, 2009 pukul 3:08 pm

    mau tanya untuk pengobatan alterternatif pertifgo di bandung ?

  108. 108 cakmoki Desember 22, 2009 pukul 2:32 am

    @ cecep ridwan:
    Maaf, saya tidak tahu mengenai pengobatan alternatif. Lagipula saya tinggal di Samarinda.
    Trims

  109. 109 Ratih Morgan Desember 29, 2009 pukul 3:46 pm

    merry X-Mast
    cuma operasi gegar otak di otak kecil.
    waktu abis operasi sudah dikasih tau kalo nanti pengelihatan gak seperti biasa lagi, bisa berkurang.
    tapi gigi gak pernah terprediksi sebelumnya, dan gigi ku sudah 5 yang tanggal, jadi malu. untung bagian rahang semua.
    mau ke dokter lagi takut, terakhir disuruh ct-scan lagi, tapi saya gak mau takut nanti kelihatan yang jelek-jelek.
    oh,,, prakteknya di samarinda.
    kalimantan… jauh sekali… saya pikir masih di jakarta.
    asli samarinda!
    makasih banyak ya.. cak <<<…

  110. 110 cakmoki Desember 29, 2009 pukul 4:24 pm

    @ Ratih Morgan:
    Merry Xmas :)
    Kalo gitu, bisa periksa ke dokter gigi spesialis ortho. Ntar akan diperiksa dan kemungkinan ditawarkan solusi untuk mengganti gigi yang tanggal dengan gigi implant atau cara lain.
    Makasih

  111. 111 Ratih Morgan Januari 8, 2010 pukul 11:02 pm

    happy new year
    jangan bosan ya… kalau tanya terus
    om, kalo telapak tangan panasssss sekali, meskipun diruangan dingin, penyakit bukan??? tapi cuma telapak tangan aja yang panas.
    trims~

  112. 112 cakmoki Januari 9, 2010 pukul 3:54 am

    @ Ratih Morgan:
    Happy new year juga..
    Bukan penyakit… Itu merupakan reaksi normal tubuh kita, terutama suhu bagian acral (ujung), misalnya telapak tangan, untuk menyesuaikan dengan suhu sekitar. Pada suhu dingin, aliran darah akan lebih banyak menuju bagian acral (ujung) dengan tujuan agar bagian tersebut menjadi hangat. Hanya saja, gradasi suhu di bagian tersebut berbeda-beda bagi setiap orang.
    Trims :)

  113. 113 Herlina Januari 9, 2010 pukul 7:25 pm

    Hallo Dok, saya mau tanya Dok,
    1 minggu lalu, 2 dokter menyatakan saya hamil, setelah melihat hasil testpack saya. Tapi kok sampai sekarang saya gak keluar flek, setau saya tanda2 kehamilan ada flek pink/coklat di cd.Dan saya tidak mengantuk n lelah, katanya ibu hamil cepat ngantuk n lelah. Saya belum ke dokter lagi untuk konsultasi karena saya pikir perut saya belum besar. Tapi pinggang saya kadang merasa pegel2 seperti mau haid.
    Saya hamil tidak Dok?
    Kapan baiknya saya ke dokter untuk periksa lagi?
    Terima kasih

  114. 114 cakmoki Januari 10, 2010 pukul 2:23 am

    @ Herlina:
    Kalo dokter udah menyatakan hamil, berarti Hamil.
    Tanda hamil pada setiap orang gak sama… Lagipula, flek bukan tanda kehamilan… :)
    Kontrol ke dokter sebaiknya sebulan sekali sampai bulan ketujuh, selanjutnya setiap 2 mingu.
    Trims

  115. 115 ratih morgan Februari 4, 2010 pukul 11:35 pm

    om, kenapa ya beberapa minggu ini saya sakit kepala dan mual.kadang saat berjalan kaki kanan saya tiba-tiba sulit untuk melangkah.
    dan beberapa hari ini jari-jari tangan di bawah kuku berwarna cokelat tua. bukan penyakit kan? cuma ingin sekedar tau saja kok om moki.
    trim’s ya om moki..

  116. 116 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 2:54 am

    @ ratih morgan:
    Sakit kepala, mual dan keluhan penyertanya bisa disebabkan banyak faktor. Pada umumnya berhubungan dengan aktifitas (fisik maupun psikis) sehari-hari. Kalo keluhan tersebut mengganggu, ga ada salahnya periksa ke dokter. Begitu pula dengan warna coklat tua pada jari tangan di bawah kuku. Coklat tua apa merah tua ? Kalo merah tua sih ga papa. kalo oleh tahu, udah minum obat apa aja ?
    Trim’s

  117. 117 Ratih Morgan Februari 5, 2010 pukul 12:15 pm

    beberapa minggu ini saya gak minum obat2an, saya berniat untuk donor darah, jadi gak saya tahan. warna cokelat tua, memang kenapa om? maka dari itu saya tidak periksa dulu, demi niat untuk donor darah. cokelat tua sama merah tua bedanya apa? apa itu penyakit?
    trim’s ya… om.

  118. 118 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 5:08 pm

    @ Ratih Morgan:
    Warna coklat tua gak mesti penyakit … Kalo gitu silahkan donor darah dulu. Sebenernya ga papa minum obat sakit kepala walaupun mau donor darah.

  119. 119 moko Februari 5, 2010 pukul 8:15 pm

    salam
    dok,klo wanita yg usia’a 55 th,dengan keluhan leher bergoyang2 7x/menit,bicara bergetar,mulut komat kamit,kesadaran tidak terganggu,itu termasuk dalam kategori yg mana ya dok,
    tq sblm’a ..

  120. 120 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 11:43 pm

    @ moko:
    Salam
    Bukan termasuk vertigo. Keluhan tersebut bisa jadi merupakan gangguan extrapiramidal dimana otot-otot wajah dan lehar bergerak tanpa dapat dikendalikan. Salah satu penyakit yang mirip dengan keluhan tersebut adalah penyakit Parkinson. Untuk memastikannya sebaiknya periksa ke dokter spesialis neurologi (neurolog).
    Makasih

  121. 121 ratih morgan Maret 10, 2010 pukul 11:22 pm

    apa kabar om moki? om moki, saya mau tanya, kalau suplement yang bisa dikonsumsi untuk penderita diabets dan hipertensi apa ya? ibu saya ada diabets, dan ayah saya hipertensi. menurut om apa yang bagus? trims ~

  122. 122 nia Maret 11, 2010 pukul 1:40 pm

    ass…

    thanks dok ilmunya berguna skl, sy jd tau yang saya derita skrg adalah vertigo. sy mau tanya dok.. sy sering nggiliyeng, mata berkunang2, keseimbangan kadang terganggu tiba2 terasa mau jatuh, mata perih dan gatal, telinga dlm kanan nyeri. dan terkadang saya jadi takut sendiri apalagi klo lg on the way di jln nyetir mbl atau naik motor terkadang mersakan seakan mau jatuh. selain itu sy juga merasakan leher dan bola mata bergoyang sendiri apalagi klo sy lg konsentrasi. memang sblmnya sy pnya infeksi telinga bangian dalam dan sudah kronis krn sdh berlubang, ini sdh tjd sejak 13 thn yg lalu sampai skrg. tp gejala diatas saya alami baru 1 th ini, dan belum sampai mual muntah kecuali klo pas ada serangan migren.sempat saya bawa ke dokter dan diberi obat mertigo tp jarang saya mium krn sy takut juga ketergantungan obat. yang saya tanyakan apa benar yang sy derita itu vertigo atau ada kombinasi penyakit lain? dan sebaiknya apa yang saya lakukan? obat apa untuk menyembuhkan keluhan saya diatas? demikian dok, mohon penjelasannya. terimakasih sebelumnya.

  123. 123 cakmoki Maret 11, 2010 pukul 1:40 pm

    @ ratih morgan:
    Suplemen adalah multivitamin dan mineral, yakni zat penambah untuk membantu metabolisme (pengolahan makanan dalam tubuh) dan pemeliharaan kondisi tubuh.
    Untuk diabet, dianjurkan multivitamin yang mengandung vit.B1, B.2 dan B.12, misalnya neurobion, methycobal, dll. Obt ini dapat digunkan terus menerus dalam jangkan panjang. Fungsi utamanya adalah untuk memelihara dan memperbaiki fungsi saraf tepi.

    Adapun untuk hipertensi, dapat juga mengunakan multivitamin yang sama dengan diabet.

    Yang terpenting bagi diabet dan hipertensi adalah: kontrol setidaknya setiap bulan untuk mengendalikan kadar gula dan tekanan darah agar tetap dalam batas normal.
    Makasih

  124. 124 cakmoki Maret 11, 2010 pukul 1:45 pm

    @ nia:
    Benar, vertigo, berdasarkan keluhan-2 dan kronologi yang dialami sebelumnya.
    Obatnya udah oke, mertigo adalah salah satu obat untuk meredakan dan mengendalikan vertigo. Obat tersebut tidak menimbulkan ketergantungan.
    Jika dengan mertigo udah dapat meredakan vertigo, maka gak perlu obat lain.
    Vertigo dapat dialami siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Untuk itu sebaiknya membekali diri dengan obat vertigo dimanapun berada, sebagaimana tertulis pada bagian akhir artikel.
    Makasih

  125. 125 ratih morgan April 2, 2010 pukul 10:44 pm

    om dokter, mau tanya lagi.. ibu saya 5 hari yang lalu ikut terapi yang pake batu inframerah, saya belum lihat cara terapinya. sudah 3 kali terapi. bukannya membaik justru tambah gak sehat, padahal sebelum terapi sehat. dan sekarang kepalanya pusing, mual, badannya sakit sama berat badannya turun 3 kg. gak mau ke RS. menurut om dokter apa ya obat yang bisa saya beli??? trims ya om dokter~

  126. 126 cakmoki April 3, 2010 pukul 1:06 pm

    @ ratih morgan:
    Sementara dapat menggunakan obat untuk meredakan keluhan beliau.
    1) pereda nyeri, misalnya: natrium diclofenak 50 mg (nama dagang, misalnya: divoltar, voltaren, klotaren), diminum 3×1 sesudah makan hingga rasa sakit di badan mereda.
    2) anti mual, misalnya: dimenhydrinate atau domperidon, diminum 3×1 sebalum makan.

    Moga beliau segera sembuh… Makasih

  127. 127 nisa Mei 6, 2010 pukul 1:29 pm

    om dokter..saya juga merasa kalo saya vertigo,ini udah saya rasakan lama hampir 6 bulanan, saya merasa kadang2 bergoyang2 sendiri kalo lg duduk,kalo berdiri lama juga gak tahan pengen nya senderan terus dan leher terasa berat juga karena harus menjaga terus keseimbangan..dulu setaun yg lalu saya sempet membersihkan telinga, dan kena lah titik syaraf keseimbangan yang bikin saya mau pingsan..dan dengan berbaring alhamdulillah keadaan normal kembali..tapi sekarang saya jd merasakan keluhan terus tiap hari,kalo dibawa berbaring agak mendiingan dan kalo duduk ato aktifitas lg kembali merasakan vertigo lagi dan itu sangat menggangu aktifitas saya..saya harus gimana ya om..?? ditambah lagi skrng saya sering berkedut diotot mana saja dan gak bisa di kontrol,saya harus gimana ya om dokter ?? apa itu juga ngaruh ke vertigo saya?? oia kalo frego apakah salah satu obat vertigo bukan sih??

  128. 128 cakmoki Mei 8, 2010 pukul 12:05 am

    @ nisa:
    …..setaun yg lalu saya sempet membersihkan telinga, dan kena lah titik syaraf keseimbangan yang bikin saya mau pingsan
    Pasti tidak akan kena saraf keseimbangan karena letaknya di dalam rongga telinga bagian dalam. Gak mungkin bisa dicapai dengan alat pembersih telinga tanpa menembus kendang telinga (membran tympani)… apa ada alat pembersih yang lebih dari 10 cm ? :D
    Jika keluhan vertigo datang, frego dapat digunakan. Kalo dah sembuh disimpan dan digunakan lagi jika vertigo muncul lagi.
    Adapun otot berkedut, tidak menandakan penyakit tertentu. Cukup menggunakan obat neurotropik (vitamin B), misalnya: nervitone, Neurobion dan sejenisnya. Obat ini dapat digunakan jangka panjang.
    Makasih

  129. 129 Rini Mei 16, 2010 pukul 6:56 am

    Kluhan yg sy alami:d telinga sy trasa nyeri jk dgambrkn bgini thuing…thuing…thuing…Trus brhenti. Tp kmbuh lg gak tentu wktny,kdang cm bbrpa jam,kdang shri bru kmbuh,kdang 1bln,kdang 9 bln gak kmbuh sm skli wkt hmil.Sy sdh priksa ke doktr THT ktny tlnga sht wal afiat,k doktr syarf d EEG jg norml,k doktr dlam sy dksih obt otot,Gak ngaruh.wkt kmbuh jk sy puny pikrn berat.tp kdg wkt pnya pkran brt gak kambuh jg tp dahi sy bengkak mlebar n ilang sndri.mnglami ini sdh 10thn.mnrut doktr moki sy skt apa?trims

  130. 130 Rini Mei 16, 2010 pukul 7:07 am

    Mf ya dok sy nulis lg, sbb yg d atas gak cukup walaupun sdh sy singkt2 tlisnnya(smg gak ksulitan baca). Dan mf sy nulis d artkel ini sbab sy cari2 d artkel laen blm ketemu yg cocok. Trimakasih skli lg dan jgn bosan ya doktr moki dg keluhan2 sy. Smga malesnya gak kambuh… He…he…he..

  131. 131 cakmoki Mei 17, 2010 pukul 2:37 am

    @ Rini:
    Kalo hasil pemeriksaan THT dan Neurolog gak ada kelainan, berati aman… keluhan tersebut namanya tinitus, yakni telinga berdenging atau semacamnya, kadang disertai rasa nyeri.
    Obatnya biasanya hanya obat simptomatis, yakni obat untuk meredakan keluhan.
    Untuk meredakan nyeri, dapat mengggunakan analgesik, misalnya: asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, saat nyari saja.
    Sedangkan untuk meredakan keluhan thuing..thuing di telinga, dapat menggunakan cinnarizine, misalnya: Stugeron, diminum 3×1 saat timbul keluhan saja. Setelah itu obat dapat disimpan dan digunakan lagi jika keluhan muncul.
    Moga sehat selalu.
    Makasih :)

  132. 132 darah tinggi Mei 27, 2010 pukul 10:51 am

    darah tinggi : merubah gaya hidup sehat…. dan mengkonsumsi makanan segar dan organik…yang bebas dari bahan-bahan kimia…

  133. 133 cakmoki Mei 27, 2010 pukul 6:23 pm

    @ darah tinggi:
    lho, sampeyan ini gimana tho…organik artinya berbahan kimia :D
    lha wong air aja berbahan kimia, sayur berbahan kimia … semua makanan segar ataupun tidak segar, berbahan kimia.

  134. 134 aric Juni 21, 2010 pukul 3:44 pm

    pak dokter,

    kasus saya mirip dengan kasus mbak nisa diatas, ini terjadi tahun 2007, setelah vertigo terus, akhirnya 2009 january dan febuary ( 2 kali ) saya dioprasi karena hasil rontgen dan CT scan memperlihatkan tumpukan nanah di mastoid. dokter saya sering bilang dengan nama colesteatum.

    setelah dioperasi, hal yg saya rasa sbb :
    1. sebelum operasi, pusing yg saya rasa adalah object yg saya lihat bergerak secara horizontal.
    2. setelah operasi 1, pusing malah gak karu-karuan, bola mata bergerak muter2, terutama saat posisi tidur ke duduk.
    3. setelah operasi 2, kembali lagi ke object bergerak secara horizontal. namun lama2 ini membaik, hanya saja sejak saat itu sampai sekarang, sy sering mengalami BPPV, lalu gangguan keseimbangan , seperti kalau berdiri agak susah, duduk di kursi berbahan busa juga seperti mau jatuh kekiri, kepala belakang jadi suka sakit.

    saat ini, sy masih sering konsul ke dokter yg mengoperasi saya, dan saya sering dikasih obat stugeron dan betaserc, yg saya mau tanya, apakah obat ini aman jika dikonsumsi lama ??, memang saya makannya tidak setiap hari, tapi jika sudah 7 hr kadang 15 hr saya stop dulu, tapi jika masalah keseimbangan td muncul, saya makan lagi obatnya.

    kemudian di telinga yg dioperasi, sering timbul jamur, apa penyebabnya ya?, lalu bagaimana solusinya?

    Terima kasih banyak untuk penjelasan pak dokter

    Tuhan memberkati.

  135. 135 cakmoki Juni 21, 2010 pukul 4:18 pm

    @ aric:
    Dear Mas Aric …
    Dari kronoligisnya, nampaknya penyebab timbulnya vertigo adalah Mastoiditis, yakni infeksi di rongga-2 tulang mastoid di belakang telinga.

    Stugeron dan betaserc gak papa diminum dalam jangka panjang. Lagipula menggunakannya hanya saat vertigo datang saja.
    Cara minum yang dilakukan selama ini sudah benar :)

    Tentang jamur, coba silahkan kirim foto kulit yg terkena jamur melalui email, ntar akan saya rekomendasikan obatnya jika emang benar jamur.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

    Makasih

  136. 136 aric Juni 21, 2010 pukul 7:56 pm

    Dear pak Dokter,

    Terima kasih atas penjelasannya, mengenai jamur yg di photo, sy rasa agak sulit ya pak, soalnya ini didalam rongga telinga, jadi biasanya setiap 1 bulan, terjadi seperti gumpalan lembek didalam liang telinga kiri ( yg dioprasi ) saya. dan saat prosesnya langsung disedot pakai alat vacum. ini adalah salah satu penghambat terbentuknya epitel di dalam area yg dioprasi ( menurut dokter sy ).

    pertanyaan saya berikutnya, apakah sy masih bisa sembuh ( dalam masalah keseimbangan tadi ), lalu sy pernah lihat juga di internet untuk therapy gerak seperti branddorf atau empley manuver ( maaf … tulisannya agak salah mungkin ), apakah latihan jenis ini bisa membantu menyeimbangkan sensor keseimbangan tadi?, atau pak dokter punya saran lain, mengingat jamur yg tumbuh diliang telinga sy benar2 menghambat proses perbaikannya ?

    terima kasih atas kebaikan pak dokter.

  137. 137 cakmoki Juni 22, 2010 pukul 2:27 pm

    @ aric:
    Dear Mas Aric,
    Benar, kalo masih ada jamur di dalam saluran telinga, akan menghambat terbentuknya epitel baru (re-epitelialisasi). Meski begitu, gangguan ini dapat disembuhkan jika pencetusnya dapat diatasi dengan tuntas.
    Kalaupun suatu saat kambuh, biasanya karena dipicu oleh perubahan posisi yang tiba-tiba atau bisa juga jika sedang berkonsentrasi menatatap sesuatu dalam jangka lama.

    Adapun berbagai metode Latihan dapatdicoba sejauh tidak memberatkan. Hanya saja, kadang vertigo muncul pada awal latihan.
    Makasih

  138. 138 Eka.P Juni 30, 2010 pukul 2:00 pm

    Assalammualaikum Cak,

    Salam kenal sebelumnya..saya lelaki umur 28 thn tinggi 174 cm berat 84 kg, begini cakmoki..awalnya terjadi sekitar 3 atau 4 bulan lalu, awalnya leher saya seperti terasa cenut2 dibagian belakang dan terasa berat terus lama2 badan kalau jalan terasa seperti ada “gempa” meskipun tidak sampai muter2 ataupun muntah2, banyak yg bilang itu karena tensi sedang naik atau kolesterolnya sedang naik (kebetulan saya adalah penyuka makanan seafood seperti cumi,udang,kepiting)..waktu itu saya msh cuek dan tdk ada keinginan utk cek ke dokter tp lama kelamaan intensitasnya makin sering dan “gempanya” makin sering terjadi tp tidak sampai muter2 dan menyebabkan muntah2 tetapi sepertiada rasa “nyeezz” dari dada ke lambung sampai akhirnya saya cek ke dokter dan tensi saya waktu itu menyentuh 134/114, saya kemudian diberi obat utk menurunkan tekanan darah (lupa namanya) dan satu obat lagi utk “kelenyengannya” yaitu Histigo yg notabene utk penyakit vertigo, saya bingung,perasaaan saya..saya ga punya vertigo,krn tidak puas dengan jawaban dokternya dan obatnyapun hanya saya minum 1 x krn buat jantung debar2 kenceng,akhirnya saya coba konsultasi kedokter lain 2 bulan kemudian..dan jawabannya pun hampir sama..banyak pikiran!! dan tensinya waktu itu mencapai 154/94 dan kemudian dikasih obat yg kembali tidak saya minum krn saya tidak puas dengan jawabannya, akhirnya sekitar 3 minggu lalu saya cb cek ke lab krn badan saya makin lama makin ga enak ,”gempanya” makin terasa dan kepala terasa berat terutama dileher belakang dan dada sesekali suka cenat cenut, setelah cek lab ternyata hasilnya kolesterol jahat saya mencapai 168 dan kolesterol totalnya 218,kekentalan darah Alhamdulillah normal berikut gula darah normal dan tensi saya turun menjadi 120/95, kemudian saya bawa hasil labnya ke dokter ke 3 dan kata dokternya “gempa” yg saya rasakan krn pengaruh kolesterolnya yg tinggi, akhirnya saya diberi obat lipitor utk kolesterolnya dan utk “gempanya” saya dikasih Histigo..obat yg sama dengan dokter yg pertama, sya bingung kembali kok dikasih obat utk vertigo, dan terakhir sehari yg lalu ketika dikantor rahang mulut saya terasa seperti kram dan kepala terasa ada yg tekan disamping,saya lgsg ke klinik dikantor dan kata dokternya aliran darah saya ke otak tdk lancar dan saya diberi obat stugeron. yg mau saya tanyakan dok, apakah saya mengidap vertigo?atau “gempanya” itu krn kolesterol saya yg tinggi? perlu dokter ketahui obat histigo itu akhirnya saya minum jg, tp ternyata sampai sekarang masih terasa, apakah stugeron bisa membantu menyembuhkan?krn sampai terasa kerahang mulut saya seperti kram. Mohon maaf sebelumnya apabila ungkapan hati saya ini terlampau panjang dan menjenuhkan, ini karena semata2 saya bingung dengan tubuh saya sendiri ada apa..sampai2 saya suka “terserang” oleh rasa panik yg membuat saya keringat dingin, badan terasa “gempa” dan jantung debar2, mudah2an dokter bisa bantu permaslahn saya ini. Wassalam

  139. 139 cakmoki Juli 1, 2010 pukul 1:10 pm

    @ Eka.P:
    Assalamu’alaikum
    Dear mas Eka…
    Keluhan tersebut menunjukkan Vertigo… tidak ada hubungannya dengan kolesterol dan hasil lab lainnya. Vertigo berhubungan dengan aktifitas sehari-hari yang dapat dipicu oleh berbagai faktor, misalnya: terlalu lama menatap sesuatu (dokumen, komputer, dll), posisi duduk yang cenderung menetap dalam jangka lama, kurang istirahat, cemas, banyak beban kerja, stress, dll… Vertigo, seperti halnya keluha kepala yg lai, dapat dialami oleh siapa saja. Jadi, jika seseorang mengalami vertigo, bukan berarti sebelumnya punya vertigo yang menetap.
    Mohon maaf, pernyataan ” perasaaan saya..saya ga punya vertigo”, adalah kurang tepat. Ini karena penyakit vertigo dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja.

    Tentang obat.
    Semua obat-2 yang diberikan tersebut adalah obat vertigo, hanya beda jenisnya.
    Masing-2 orang memiliki respon yang berbeda terhadap obat. Jika seseorang nyaman dengan obat tertentu, tidak selalu obat tersebut nyaman juga untuk orang lain.

    Dalam praktek sehari hari, setiap hari dapat dijumpai pasien dengan keluhan-2 vertigo.
    Pada vertigo yang bandel, saya biasa memberikan obat kombinasi, misalnya: Stugeron dengan Dramasine atau dramamamine. Jika disertai sakit kepala atau kaku leher, dapat ditambahkan analgesik, misalnya: panstop, neurodial, analsik dan sejenisnya.

    Obat-2 vertigo hanya digunakan saat kambuh saja, dan dapat disimpan jika sudah sembuh.
    Bagi orang-2 yang pekerjaannya menuntut konsentrasi tinggi dan suka mengalami vertigo, sebaiknya selalu menyediakan obat dimanapun berada agar dapat segera minum obat ketika mulai terasa kleyengan, dll… ini penting agar tidak tersiksa meskpun vertigo adalah penyakit yg tidak bahaya
    Makasih
    Wassalam

  140. 140 Eka.P Juli 1, 2010 pukul 2:09 pm

    Assalammualaikum Dok,

    Sebelumnya saya terima kasih dokter dah mau bls keluhan saya (hanya Allah yg bisa membalas)..mungkin ada yg mau saya tanyakan/keluhkan lg dok..boleh kan??? kalo rasa kram/kebas dirahang mulut saya itu knp ya dok? apakah dari vertigonya jg? dan jika merasakan “gempanya” itu setiap hari dan setiap saat apakah wajar dok? (pada saat duduk atau tidur saja tidak terasa, tp pada saat berdiri yg agak lama atau berjalan pasti terasa tetapi tidak pernah sampai tahap muter2 tujuh keliling apalagi sampe muntah2..amit2 jng sampe deh dok), dan apakah saya perlu ke dokter THT berkaitan dengan vertigo saya ini? Jujur dok, saya bingung apa yg menjadi penyebab saya terserang “gempa” ini krn baru saya rasakan 3 atau 4 bulan ini pada saat saya tensi dan kolesterol saya sedang tinggi, krn sebelumnya sama sekali tidak pernah..makanya saya berperasaan kalo saya ga punya vertigo krn memang sebelum2nya tidak pernah terjadi pada saya. dan sekedar informasi tambahan..saat ini saya sedang menjalani diet utk kolesterol saya dan meminum suplemen GARLITE utk tensi dan kolesterol saya (krn obat kolesterolnya sdh habis, disamping stugeronnya masih tetap saya minum dan pekerjaan saya mengharuskan saya bekerja hampir setiap saat didepan komputer. Saya khawatir apabila terlalu banyak minum obat malah nanti merusak hati saya. makasih ya dok sebelumnya, kalo nanti saya tanya lagi..masih berkenan kan dokter utk menjawab

    Wassalam

  141. 141 cakmoki Juli 1, 2010 pukul 5:38 pm

    @ Eka.P:
    Assalamu’alaikum..
    Obat-2 tersebut tidak akan merusak hati sejauhsesuai dengan indikasinya.
    Jika ingin ke THT boleh… namun lebih bagus ke dokter spesialis neurologi.
    Keluhan-2 kaku rahang dan lan-2 adalah keluhan karena vertigonya.
    Makasih
    Wassalam

  142. 142 Eka.P Juli 2, 2010 pukul 8:51 am

    Assalammualaikum,

    Makasih ya cakmoki atas infonya…sukses selalu buat cak, Insya Allah selalu diberi kesehatan. Kalo nanti mau diskusi atau tanya2 lg masih boleh ya cak?! Matur Nuwun

    Wassalam

  143. 143 cakmoki Juli 2, 2010 pukul 1:45 pm

    @ Eka.P:
    Assalamu’alaikum…
    Sama-sama .. terimakasih juga telah berbagi.
    Ya, kita bisa diskusi di sini.
    Wassalam

  144. 144 joanna Agustus 11, 2010 pukul 9:52 am

    ini dia artikel yang saya cari..termasuk saya ini penderita vertigo (begitu sih menurut dokter yg memeriksa)..saya kambuhnya biasanya nih cak, berkunang-kunang, terus kepala rasanya berputar2..untuk itu saya mesti memejamkan mata atau tiduran..kadang susah juga sembuhnya klo ga dibawa ke dokter..mual sih iya..tapi blm sampai muntah. Dateng tiba2 gt, tanpa permisi..hehe..seringnya sih pas saya lagi deadline kerjaan di kantor, agak stress juga..lg konsentrasi tiba2 vertigo datang..buyar jadinya :) nice artikel..thanks cak moki.

  145. 145 cakmoki Agustus 11, 2010 pukul 1:54 pm

    @ joanna:
    Mungkin kalau deadlinenya disertai bonus dan ekstra bonus, bisa jadi vertigonya gak datang .. :D
    Menurut saya, gak ada salahnya menyediakan obat vertigo dan dibawa kemanapaun pergi..
    makasih telah berbagi cerita

  146. 146 joanna Agustus 12, 2010 pukul 3:53 pm

    hahaha..pak dokter bisa aja..bonus datang vertigo hengkang..iya nih, hrs nya sering2 dikasih bonus biar ga vertigo an karyawannya..ehh..pak dokter, saya termasuk penggemar blog anda lho..:) yg saya heran, pasiennya banyak bener tanya jawab gitu..apa ga bosen, pak ? saya daftar jadi pasien juga yah :)

  147. 147 cakmoki Agustus 13, 2010 pukul 12:24 am

    @ joanna:
    Saya setuju dengan: bonus datang vertigo hengkang..obat yg paling ampuh tuh…hahaha.
    Makasih telah menjadi penggemar Blog ini, walaupun sangat sederhana dan diskusinya nyantai.
    Tanya Jawab adalah salah satu bentuk untuk menambah pengetahuan bagi saya, jadinya gak pernah bosen… dan semoga juga bagi para pengunjung yang berminat.
    Di sini gak ada pasien, mbak … yang ada adalah sesama peminat diskusi masalah kesehatan :D

  148. 148 aldo Agustus 17, 2010 pukul 6:12 pm

    saya mau berbagi nih… vertigo bisa terjadi karena kolesterol yang tinggi dan bisa juga disebabkan karena gigi yang berlubang tapi didiamkan terlalu lama (walaupun gigi tersebut tdk sakit). Oleh karena itu, bila sdh melakukan segala macam pemeriksaan vertigo tapi tidak ditemukan juga sumbernya, saran saya coba periksakan ke dokter gigi dan ke lab utk periksa kolesterol.

  149. 149 cakmoki Agustus 17, 2010 pukul 11:59 pm

    @ aldo:
    Maaf, saya ingin meluruskan bahwa kholesterol ga ada hubungannya dengan vertigo… kalaupun kolesterolnya tinggi saat vertigo, itu hanya kebetulan belaka… ini perlu saya tulis supaya masyarakat tidak keliru menginterpretasikan hasil Lab. :)
    Kalo gigi emang adakalanya berhubungan dengan keluhan kepala.
    Makasih

  150. 150 nur izzi Agustus 20, 2010 pukul 2:04 pm

    dokter, anak laki2 saya 9 th mengalami pusing pagi sampai nangis dengan keringat dingin pada kaki dan tangan, badan kelihatannya lemas sekali dan ngantuk dan bisa tertidur pada awal mei 2010 .Anak saya sering kambuh tyfusnya jadi pada saat itu dibawa ke dr anak diminta tuk cek lab, hasilnya tifus + 1/160 dirawat dan sehat. Tanggal 20 agustus 2010 badannya panas tinggi diberi parasetamol turun dan baik, minggu pagi 15 agustus 2010 anaknya lesu dan tidur seharian. Senin, selasa dan rabu pagi pusing berulang dg tngan kaki berkringat dingin dibawa ke dr, cek lab hasilnya widal + 1/80. Benarkah pusing pagi hari tsb karena tifusnya? Obat tifusnya msh diberikan sampai hari hari ini 20 agustus 2010 dan pagi tadi saya coba tdk memeberinya paracetamol, ternyata sekitar jam 8 mulai mengeluh pusing dg tangan kaki berkeringat dingin dan spt anak ngantuk dg mata agak memerah. trus saya beri paracetamol, berangsur pusingnya menghilang tapi kelopak mata spt bendul . Mohon penjelasan apa yg terjadi dg anak saya dan apa yg harus kami lakukan? Terimakasih

  151. 151 cakmoki Agustus 21, 2010 pukul 12:04 am

    @ nur izzi:
    Diagnosa typhus ditegakkan atas dasar pemeriksaan klinis dan ditunjang Lab…
    Seseorang dinyatakan typhus jika memenuhi syarat setidaknya sebagi berikut:
    1) demam lebih seminggu yangmakin hari makin panas… artinya, hari pertama hingga hari ketujuh demamnya naik terus walaupun sudah diobati.

    2) Tes Widal hanya dapat dipercaya hasilnya jika dilakukan pada m,ingu kedua demam dengan hasil > 1/200 … dan meningkat 2 hingga 4 kali lipat saat konfirmasi setelah beberapa hari kemudian. Lha kalao cuma 1/160, jelas gak memenuhi syarat. Artinya, diagnosa typhus patut diragukan kebenarannya.. bahkan kalo menurut saya, pasti salah. Maaf, kalo saya jawab dengan cara tegas, supaya masyarakat luas memahami hal ini dan gak dikit-dikit didiagnosa gejala typhus.
    Lagipula, pemeriksaan widal akurasinya sangat rendah, hanya kurang dari 30%.. bahkan beberapa teman ayng ahli dibidang itu mengatakan bahwa test widal adalah tes jaman Ken Arok.. udah kuno dan sering salah … :D

    3) selain itu, tentu ada tanda-tanda lain berdasarkan pemeriksaan fisik, diantaranya: gerakan usus melambat, relatif bradukardi (frekuensi denyut jantung berkurang) , dll…

    So, keluhan yang dialami anak, belum tentu typhus.. banyak penyakit yang seperti itu… misalnya: enteritis (infeksi saluran cerna) dan berbagai penyakit lain yang dapat diketahui dengan pemeriksaan teliti dan Lab penunjang lainnya.
    Lebih baik periksa trombosit dan hematokrit kalo demam gak turun-2 ketimbang tes widal… tes tersebut bisa aja positif tinggi pada orang yg sehat, kalo dulunya pernah kemasukan kuman salmonella thypi dan terbantukk aglutinin walaupun orang tersebut gak sakit dan si kuman tidak berkembang alias musnah.

    Sekali lagi, untuk mengetahui penyakit anak di atas, gak bisa hanya dengan diskripsi melalui halaman ini.. untuk itu, gak ada salahnya ganti dokter yang lebih terpercaya dan bisa diajak diskusi.

    Sebagai bacaan, silahkan baca beberapa artikel yg berkaitan dengan tifes pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2008/05/19/dok-saya-punya-gejala-tifes/

    Silahkan baca juga link-2 posting terkait dengan tifes di bagian bawah artikel.

    Makasih

  152. 152 aldo Agustus 28, 2010 pukul 8:44 pm

    Maaf, yang saya katakan adalah “bila sudah melakukan segala macam pemeriksaan vertigo tapi tidak ditemukan juga sumbernya”, artinya, orang tersebut telah diperiksa, tapi sumber tidak ditemukan, toh tidak ada salahnya kan,,, memeriksakan kolesterol di Lab, masyarakat tidak akan mungkin salah menginterpretasikan hasil Lab bila hasilnya dikonsultasikan ke dokter (hasil lab jangan dibaca sendiri bila tidak mengerti).
    Menurut pendapat saya, masyarakat juga harus tau bahwa Vertigo juga menjadi tanda-tanda gejala penyumbatan darah ke otak. Penyumbatan pembuluh darah pada otak ini menyebabkan otak kekurangan oksigen. Gangguan sirkulasi darah pada pembuluh juga bisa ditandai dengan vertigo. Gangguan sirkulasi ini bisa dipicu oleh banyak faktor, antara lain timbulnya plak di dinding pembuluh darah, meningkatnya kekentalan darah, atau mengerasnya dinding pembuluh darah. Gangguan sirkulasi darah ini disebabkan beberapa penyakit, seperti gula darah atau diabetes melitus, darah tinggi atau hipertensi dan KOLESTEROL TINGGI.
    Maaf, bila kurang berkenan dengan pernyataan ini, karena saya hanya memberi saran saja berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri. Thx.

  153. 153 cakmoki Agustus 29, 2010 pukul 6:13 pm

    @ aldo:
    Memberi saran gak ada yang melarang … kalo sampeyan bicara di tempat lain, silahkan saja. Tapi pernyataan sampeyan di Blog ini harus saya luruskan karena logika yang anda pakai adalah logika anda pribadi yang tentu sangat terbatas karena tidak dilandasi pengetahuan kedokteran. :)
    Meski begitu, gak perlu segan untuk ikut beropini di blog ini.

    Makasih

  154. 154 ratih September 1, 2010 pukul 4:24 pm

    om moki mau tanya obat moxam fungsinya apa ya? kalau pumpitor itu untuk apa?
    bagu mana antara merislon atau moxam.. ulu saya dikasih merislon, sekarang di kasih moxam sama pumpitor
    makasih ya… om

  155. 155 cakmoki September 2, 2010 pukul 2:06 am

    @ ratih:
    Moxam (meloxicam) adalah pereda nyeri, sedangkan pumpitor untuk menghambat peningkatan produksi asam lambung… kalo sesorang diberikan moxam dan pumitor, maksudnya supaya lambung gak perih saat minum moxam.
    Merislon lazim digunakan untuk vertigo dan moxam untuk pereda nyer.. so, gak bisa dibandingkan lha wong fungsinya beda :D
    Kalau misalnya keluhannya vertigo, lebih tepat pake merislon.
    Makasih

  156. 156 fafa September 24, 2010 pukul 1:02 am

    saya mEngalami dengung di telinga,,saya pun konsul k THT tp menurut specialist,,telinga saya tidak ada masalah.saya tidak tau harus dengan cara apa ataupun konsultasi ke mana…?
    saya daerah bandung mohon bantuan ny.
    kepala saya rasa ny berputar,saya sudah makan obat vertigo serta resep yg sudah dokter berikan,tp tidak ada perkembangan pada pendengaran saya,sekarang rasa berputany sudah sedikit berkurang,namun jika saya tidur miring sebelah kiri,rasa berputar itu terasa kembali.apa dengan therapy ETC bisa mengembalikn pendengaran saya?

  157. 157 cakmoki September 24, 2010 pukul 1:36 am

    @ fafa:
    Untuk telinga berdenging dan vertigo, dan gak ada kelainan telinga sebagaimana hasil pemeriksaan dokter THT, dapat menggunakan:
    Stugeron dan Dramasine… keduanya diminum 3×1 hingga keluhan hilang.
    Kalo dalam seminggu gak ada perbaikan, sebaiknya periksa ke dokter spesialis neurologi.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  158. 158 Azimar Rusydi September 30, 2010 pukul 5:44 pm

    Cak Moki (Mohon maaf memanggilnya ngikutan yang lainnya)
    Salam kenal
    Semalam gejala yang tersebut di atas benar-benar (dunia seakan berputar, mutah-mutah dll) saya alami
    Kaget, Bingung dan Stress
    Dunia seakan mau kiamat
    Dan akhirnya saya langsung pergi ke dokter terdekat dan kebetulan yang paling dekat dokter spesilis bedah dan dokter mem-vonis saya terkena Gejala VERTIGO. Tetapi dokter tetap menyarankan untuk periksa di RS, dan pagi harinya saya periksa di RS (kebetulan yang menangani dokter spesialis dalam.
    Mohon informasinya apakah VERTIGO bisa disembuhkan secara total ?
    Apakah selain obat-obatan ada obat alami/herbal yang dapat dipakai sebagai obatnya ?
    Apa pantangan makanan/minuman bagi penderita VERTIGO
    Terima kasih informasinya

  159. 159 Azimar Rusydi September 30, 2010 pukul 5:46 pm

    Tambahan Info :
    Setelah periksa di RS, dokter (spesialis dalam) juga men-vonis saya terkena Gejala VERTIGO

  160. 160 anie gustiyani September 30, 2010 pukul 10:47 pm

    memang vertigo datang secara tiba2,ketika sudah lama tidur secara seketika membuka mata tiba2 ruangan berputar,benda di sekeliling pun serasa berguncang disertai lemas dan berkeringat dingin,itu semua yg aku alami,apakah vertigo bisa sembuh tanpa harus kambuh lagi,,?

  161. 161 cakmoki Oktober 1, 2010 pukul 2:20 am

    @ Azimar Rusydi:
    Salam kenal… ya, saya lebih suka dipanggil gitu, supaya lebih akrab dan santai :)

    Vertigo dapat dipicu oleh berbgai faktor sebagaimana tertulis di artikel pada Bab Penyebab. Jika diketahui penyebabnya, maka vertigo dapat diobati hingga sembuh.
    Kalo obat herbal saya gak tahu… menurut saya, lebih baik pake obat yang sudah pasti, supaya gak buang-2 uang dan waktu…
    Misalnya dengan: Perifas, Dramasine atau kombinasi keduanya…atau obat antivertigo golongan lain sebagaimana tertulis di artikel pada bab pengobatan..
    Gak ada pantangan makanan apapun :)

    Sebagai gambaran, di ndeso sini setiap hari ada saja pasien datang dengan vertigo… gak masalah tuh… yang penting diberi penjelasan dan diobati hingga sembuh.
    Pasien vertigo biasanya saya kasih brosur singkat untuk bacaan di rumah supaya gak stress… silahkan download pada link berikut:

    http://www.docstoc.com/docs/55522225/Vertigo

    Makasih

    @ anie gustiyani:
    Bisa sembuh kalo kita mengenali pemicunya dan berusaha menghindarinya :)
    Kalupun suatu saat kambuh dan sudah terbiasa mengalami vertigo berulang, langkah terbaik adalah selalu menyediakan obat anti vertigo kemanapun bepergian, supaya ga tersiksa ketika vertigo datang… moga vertigo ga datang lagi.. :)
    Makasih

  162. 162 Azimar Rusydi Oktober 2, 2010 pukul 11:10 pm

    Terima kasih informasinya !!!

    Nanya lagi boleh kan ?
    Mohon maaf berhubung saya buta terhadap istilah-istilah dalam dunia kedokteran/farmasi, sekali lagi saya mohon penjelasan (kegunaannya) tentang obat yang saya terima ketika saya periksa pertama(dokter spesialis bedah) :
    1. ROTAVER (Betahistine Mesylate)
    2. BRAXIDIN
    3. TOMAAG
    Oleh dokter di RS (spesialis dalam) dianjurkan agar obat no. 2 dan 3 dihentikan dan diberi tambahan obat :
    1. ASAM MEFENAMAT
    2. SOHOBION
    Apakah obat-obat tersebut sesuai dengan yang tertulis dalam artikel di atas ?

  163. 163 cakmoki Oktober 3, 2010 pukul 2:42 am

    @ Azimar Rusydi:
    1. ROTAVER (Betahistine Mesylate) adalah salah satu golongan obat anti vertigo

    2. BRAXIDIN, fungsinya relaksasi otot polos.. dalam hal ini dimaksudkan agar perut tidak brasa sakit , sekaligus sebagai kombinasi betahistin untuk menguatkan daya kerja anti vertigo.

    3. TOMAAG, adalah antasida plus anti kembung… biasa dikenal sebagai obat maag, agar perut gak brasa perih atau kembung. Obat ini sekaligus berfungsi untuk menetralisir asam lambung akibat dari vertigo.

    Kalo asam mefenamat, fungsinya pereda nyeri, misalnya sakit kepala, atau kepala terasa berat. Kalo gak ada keluhan tersebut, gak perlu minum asam mefenamat.
    Sohobion adalah vitamin….gaka ada fungsi apapun dalam meredakan vertigo.

    Jadi, 3 obat pertama lebih sesuai dengan vertigo. Kalo ada keluhan nyeri kepala atau sakit kepala atau kepala terasa berat, barulah 3 obat pertama tersebut dapat ditambahkan asam mefenamat.
    Makasih

  164. 164 ratih Oktober 14, 2010 pukul 10:45 am

    om moki, apa kabar?
    mau tanya, teman saya tiba2 gigi nya banyak yang tanggal tanpa sebab lalu belakangan ini dia mengeluh matanya sering kabur dan saya lihat di sekitar pipinya ada bercak merah. saya tanya gatal atau tidak, dia jawab tidak… saya mau tanya apa itu tanda2 sistemik atau lupus bukan???
    makasih ya om moki…

  165. 165 cakmoki Oktober 15, 2010 pukul 1:55 am

    @ ratih:
    alhamdulillah, kabar baik…
    untuk memastikan SLE ato bukan, sebaiknya periksa ke dokter terdekat..ntar akan diperiksa Lab sesuai hasil pemeriksaan dokter.
    Makasih

  166. 166 wiwiek maryani Desember 1, 2010 pukul 10:37 pm

    slmt mlm cak Moki.saat ini baru kali pertama saya membaca blog anda. sy sangat tertArik dg blog ini krn baru 1 minggu ini sy terserang vertigo yg bikin sy trauma banget. ciri2 nya semua sama dg yg dialami teman lain juga sama dg yg cak moki paparkan. sy sampai hrs dirwt inap di RS.sy ditangani 2 Dokter Sp.Pd dan THT. menurut Sp. THT di telinga bagian dlm sy ada sejenis jamur yg menempel dan itu membuat telinga kiri sy sampai saat ini tdk bs mendengan alias tuli. sy diberi obat beberapa jenis yg nampaknya sesuai yg anda sarankan.menurut dokter tsb perlu waktu yg agak lama utk penyembuhan telinga sy ini. waduh cak.. sy saat ini rasanya sengsara sekali. jalan aja msh gak balance. apalagi kuping yg budeg gini. sdh seminggu ini sy gak bs msk kantor. tolong dong cak saran pengobatan utk kuping sy yg tuli ini. utk diketahui bhw sy memang sering migrain tp gak pernah kena vertigo seperti saat ini. dan migrain sy itu datangnya pra menstruasi s.d menstruasi. ma kasih cak sebelumnya… salam…

  167. 167 cakmoki Desember 2, 2010 pukul 12:21 am

    @ wiwiek maryani:
    met malam ..
    kalo boleh tahu, obat-2 apa saja yang telah diberikan selama ini ?
    Jika penyebab vertigo tersebut karena jamur, maka vertigo akan berangsur membaik jika penyebab utamanya terberantas… rata-2 pengobatan jamur memerlukan waktu sedikitnya 2-4 minggu.
    Makasih

  168. 168 Aan Desember 23, 2010 pukul 10:08 am

    Dok,2 hari ini vertigo saya kambuh. Jika saya inget2 memang 2 minggu ini tenaga pikiran saya terforsir untuk pekerjaan saya. dan saat ini saya masuk sakit flu dan radang tenggorokan dan disertai perut kembung karena maag. apakah hal2 ini ya dok yang menjadi sebab vertigo saya kambuh lagi ? mkasih

  169. 169 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 2:54 pm

    @ Aan:
    bener…kondisi tersebut merupakan salah satu pemicu timbulnya vertigo…
    Untuk itu, selain ngobati flu, dll…juga diobati vertigo-nya.
    Makasih

  170. 170 ria Desember 23, 2010 pukul 9:15 pm

    *gatelpengenkomenefekkampusliburannatal* hahahaha.. :D

    hummm.. kalo gejala- gejala yang cak moki tulis diatas.. aku biasanya lebih suka mendefinisikan itu sebagai hipoglikemia.. entah lagi kalo masuk vertigo karena hipoglikemia :D
    kalo aku sih lebih condong ke hipoglikemia.. nyadar soalnya.. kalo udah keasyikan aktivitas biasanya makan 3hari sekali ya pas hipoglikemia itu :P

    tapi kalo tension headaches.. suka dapetnya pas lagi sebel sama rekan atau atasan.. wah.. kalo dah gini.. hanya relaksasi lah kuncinya, minum obat? wahh.. gak bagus kayaknya.. soalnya sehari bisa mpe 10x neh, apalagi pas musim tunjangan caer.. beuhhh :) kecuali beberapa kali agak konyol.. enak2 nyupir motor (untung kok ya mesti pas cuma 40km/jam) atau pas pendakian gunung.. mendadak ‘wuutttttt’ sakit memuncak di kepala tanpa disangka dan dikira.. sukses ngglundung deh kalo dah gini :D

    tapi ada juga tipe sakit kepala yang mbencekno.. yang kata dokternya sih masuk tipe cluster headache.. soalnya kalo dah gini mau minum obat apapun atau relaksasi model apapun juga dah gak ngefek.. sakitnya banget.. di salah satu kepala (mirip migrain) tambah lama tambah sakit.. ngomong sakit, denger orang ngomong (apalagi kalo teriak).. wuiihhh.. langsung tambah sakiittt.. apalagi kalo mpe harus nggerakin kepala (meskipun dikit).. beuhh.. mendadak nangis T.T.. tapi gak mpe mual.. cuma sakitnya bikin nangis.. kalo dah gini berasa pengen pake penyangga kepala untuk orang yang patah tulang leher.. untuk fiksasi kepala ajah.. hahahahah :D

    obatnya? kata dokter untuk tipe terakhir yah analsik, istirahat (plus ngomel2 apalagi kalo mpe tahu aku tidur juga seringnya 3hari sekali) dan juga rajin mengkonsumsi vitamin B kompleks (hedehhh… makin lama suplementku kok makin banyak ya?? *garuk2 kepala*)

  171. 171 ria Desember 23, 2010 pukul 11:10 pm

    oh ya.. analsik lebih kepada fungsi diazepamnya kata dokternya.. biar aku bisa bubuk.. secara saya tipikal insomnia berat juga.. huahahaahaahah :D
    *padahal diazepam saya sudah ‘kebal’ juga.. gak ngefekk.. tapi gak bilang sama dokternya.. di hoohin aja pas diresepin analsik.. yang ditebus dan diminum cuma vit.B nya aja* :P

  172. 172 cakmoki Desember 24, 2010 pukul 12:39 am

    @ ria:
    Hipoglikemia hanya salah satu penyebab yang bersifat reversible. Bukan satu-satunya penyebab… jadi, kalo eluhan di atas didefinisikan hanya sebagai hipogikemia tentu tidak tepat :D

    Tentang analsik, dalam hal penggunaan untuk tension headache, adalah kombinasi yg bersifat sinergi untuk meredakan nyeri dan meredakan tegang otot, sekaligus anti anxietas, bukan ditujukan sebagai obat tidur.
    Pada dasarnya, sakit kepala diobati sesuai derajat masing-2 orang. Ada yng cukup dengan rileks, ada yg sembuh dengan ngandok makan bakso :D …ada yang merasa nyaman hanya dengan minum vitamin, dan ada pula yang perlu obat dengan berbagai gradasi.

  173. 173 ria Desember 25, 2010 pukul 10:14 am

    i’m backkk.. ke peradaban maya :D
    *lumayannn… walking2 ke ndeso sejenak nikmatin liburan*

    akhhh.. enakan dibilang hipoglikemia aja..
    soalnya biasanya kalo perut dah keisi (asal pelan- pelan loh ya.. bertahap.. gak pake asal ngemplok).. biasanya sudah buaaaaaaaaanyak jauh berkurang sampe akhrinya lappp.. hilang sama sekali :D

    huuuaaa.. ya karena itu aku heran juga..
    dibilang untuk yang sakit tipe terakhir itu mo dikasih obat macam apa juga gak bakal bisa ngeringanin tu sakit.. tetep ae dokternya ngasih tu obat.. ya emoh.. namanya konyol.. dah tau gak ngefek kok diminum.. hehehhe.. akhirnya dia bilang untuk fungsi diazepamnya.. anti depresant trus biar tidur.. weleh.. kalo aku depresi ya jadinya tension headache.. pake relaksasi otot dan indra aja dah cukup *jelek2 gini certified donk saya buat dua jenis terapi ini* :D

    ngomongin tidur juga.. ntar kalo udah waktunya kan juga tidur (bukan narkolepsi loh ya.. cuma distorsi kognitif ajah. hihihihihihihi) :P

  174. 174 cakmoki Desember 25, 2010 pukul 11:12 pm

    @ ria:
    hiperglikemi juga bisa menimbulkan keluhan vertigo…
    hipo atau hiperglikemi, pembuktiannya hanya dengan periksa gula darah… tanpa itu, gak bisa dikatakan hipo atau hiperglikemi… lha kalo keluhannya karena gak keisi, namanya hipokalori :D

  175. 175 dimas Desember 31, 2010 pukul 4:21 pm

    semalam, sekitar pukul 01.00WIB, penykit vertigoku kmbuh. berhubung tidak ada obat yang byasa saya minum, akhiry saya hrus menanggung “puyeng” yg luar biasa semalamn.esok pagiy saya dibawa k RS, tp dokter hnya menyarankan opnam (jawabn prktis dan singkt yg sering di ucpkan dokter). tp kemudian kaka saya membelikan obat yg biasa saya minum. selang beberapa menit, puyeng pun hilang. bahkan saya bisa beraktifitas seperti biasay. dan obat yg biasa saya minum adalah MERISLON.

  176. 176 cakmoki Januari 1, 2011 pukul 3:04 pm

    @ dimas:
    ya…salah satu obatnya Merislon… untuk itu, sebaiknya selalu menyediakan obat yang paling cocok kemanapun bepergian agar tidak repot saat vertigo datang :D

  177. 177 dea eka putri Januari 2, 2011 pukul 10:53 am

    om cak ,
    temen saya mengalami vertigo , tapi umurnya masih 17 tahun.
    bener ga sih kalau vertigo itu ga boleh terlaku keras mikir atau terlalu banyak pikiran ?
    apa temen saya bisa sembuh total om ?
    ada cara cepat buat nyembuhin vertigo ga sih om ?
    trmksh

  178. 178 cakmoki Januari 2, 2011 pukul 10:35 pm

    @ dea eka putri:
    vertigo dapat dialami oleh siapa saja pada usia berapapun, termasuk anak-anak.
    Tentu bisa sembuh dongg… hanya saja kadang vertigo muncul lagi kalo ada pemicunya… gak selalu karena dipicu oleh mikir.. lha kalo gak boleh mikir, repot dong :D
    Untuk nyembuhin vertigo mau ak mau berobat ke dokte terdekat. Ntar akan diberi obat yg tepat, dan dilakukan follow up untuk menilai respon terhadap masing-2 oat sehingga dapat diketahui obet ynag paling nyaman untuk mengobati vertigo si temen.
    Makasih

  179. 179 tri Januari 9, 2011 pukul 7:10 pm

    Yth cak dokter,
    Saya setiap thn sekali dua kali pasti kambuh vertigo. Saya tau punya penyakit ini 8 thn terakhir, bahkan yg terparah sy sampai blakout trus pingsan di kamar mandi, yg terbaru minggu lalu dalam waktu kurang 1 jam muntah sebanyak 5x, dan umumnya pusing berputar saat berbaring (miring kiri/kanan). Berbagai macam obat sdh minum tapi tdk pernah sembuh total. Bagaimana cara mengatasinya? Pendengaran sy normal, dan tidak mengalami/ada benturan. Apakah bs disembuhkan? Saya pernah menolak rawat inap sewaktu berobat..apa ini menyebabkan kambuh akibat proses penyembuhan yg tdk tuntas. Mohon pencerahannya yo cak?
    Suwon rek’…

  180. 180 cakmoki Januari 10, 2011 pukul 11:33 pm

    @ tri:
    Kambuh 2 kali dalam setahun termasuk sangat jarang kambuh. :D
    Menurut saya sih gak masalah kalo hanya 2 kali kambuh dalam setahun.
    Tentang obat, banyak pilihannya… tinggal pilih yang paling nyaman. Wajar saja kalo suatu saat kambuh mengingat vertigo biasanya kambuh kalo ada perubahan posisi secara mendadak. Yang penting, sedia obat di rumah sehingga jika suatu saat kambuh gak bingung lagi.
    Suwun , rek :D

  181. 181 tri Januari 15, 2011 pukul 8:59 am

    Terima kasih cak, jadi 2x setahun masih normal ya…saya kira parah..seminggu lalu saya ke spesialis syaraf, tapi obatnya kurang manjur (saya lupa namanya), sewaktu baca blog cak dokter saya putuskan hanya beli “merislon” di apotik terdekat dan Alhamdulillah sekarang bablas vertigonya…

  182. 182 cakmoki Januari 15, 2011 pukul 1:40 pm

    @ tri:
    siip… kalo cocok dengan merislon, pake itu aja…dan sebaiknya selalu tersedia kemanapun berpergian, sapa tahu vertigo datang saat asyik milih buah di Mall :D

  183. 183 Linda Januari 17, 2011 pukul 4:13 pm

    cak, saya beberapa kali terkena vertigo (kalo saya bandingin gejalanya sama yang di artikel)…yang terakhir ini menyerang bahkan waktu saya lagi nyebrang jalan…(wuih pokoknya ngeri…mau jalan takut, diem di tengah pembatas jalan juga repot, takut jatoh..) Yang mau saya tanyain saya kan baru melahirkan, kalo saya mau minum obat buat vertigo yang paling aman apa ya? soalnya takutnya berpengaruh ke bayi saya…maklum masih menyusui ….makasih ya,dr..

  184. 184 cakmoki Januari 17, 2011 pukul 5:53 pm

    @ Linda:
    Obat-oabt vertigo yang disebutkan di artikel dan pada diskusi-2 sebelumnya adalah obat “kategori B” pada kehamilan dan menyusui, yang artinya aman
    Menurut saya, sebaiknya selalu tersedia obat vertigo di rumah dan kemanapun bepegian untuk jaga-jaga kalo sewaktu-waktu vertigo datang tanpa diundang :D
    Makasih

  185. 185 hadi kiswanto Februari 16, 2011 pukul 12:06 am

    ass. cakmoki……..
    prtama trims atas ulasan ttg vertigo.alhna ustri sy baru mngalaami hal ini
    prtayan saya..
    1.apakh vertigo itu tdk bisa smbuh permanen.?
    2.apakh obt2an utk vrtigo bs d knsmsi jngk pnjg?
    3.trmasuk brbhayakah vertigo ini?
    4.stingkat sakit flu kah vertigo ini?
    matur suun sngt ats jwbnny……

  186. 186 cakmoki Februari 16, 2011 pukul 1:59 am

    @ hadi kiswanto:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    1) Bisa. Setidaknya diobati agar gak mudah kambuh.
    2) Obat vertigo dapat dipake dalam jangka panjang kecuali kalao dikombinasi obat penenang.
    3) Tidak. Tersering adalah jenis BPPV, yakni vertigo benign atau dengan kata lain tidak bahaya
    4) Beda … tingkatannya tidak bisa disamakan dengan penyakit flu, soalnya keluhannya beda dan pemicunya juga beda
    Makasih

  187. 187 hadi kiswanto Februari 16, 2011 pukul 7:10 am

    assalamu ‘alaikum wr wb cakmoki.
    prtma trima ksh ats jwbnny di atas..sgt mmbntu.
    prtnyaan sy.
    stlh k puskesmas istri sy dbri 5jnis obt.neurodx(vit).ranititidi(?).lexacrol(?).denalgim metampiron diazem(.?)
    .histigo…dantra obat trsbt mn yg trmsk obt penenang.?
    stlh mendingann dr vertugo.?obt apa sbaikny yg dgunakn untk berjaga2?
    trima kasih atas jawabannya.

  188. 188 cakmoki Februari 16, 2011 pukul 12:45 pm

    @ hadi kiswanto:
    Wa’alaikum salam,
    1) Ranitidine adalah obat untuk menhambat peningkatan produksi asam lambung.
    2) Lexacrol adalah antasida + obat kembung, untuk mengurangi keasaman lambung, alias obat maag.
    3) Danalgin adalah kombinasi untuk meredakan sakit kepala (methampyron) dan penenang (diazepam).
    4) Histigo adalah obat vertigo.

    Yang mengandung penenang adalah Danalgin, sedangkan yang wajib ada adalah Histigo… jika dengan Histigo masih mual, dapat diotambahkan dimenhydrinate (merk dagang: antimo, dramasine, dll).
    Untuk itu menurut saya, cukup menyediakan Histigo dan Antimo saja. Selama ini khalayak hanya mengenal antiomo sebagai obat anti mabuk, padahal isinya dimenhydrinate yang dapat digunakan untuk vertigo atau kombinasi dengan obat vertigo golongan lain.. hanya saja, dimnehidrynate memiliki efek samping ngantuk, karenanya pemakaiannya hanya kalo di rumah.

    Makasih
    Wassalam

  189. 189 hadi kiswanto Februari 16, 2011 pukul 4:33 pm

    assamualaikum cakmoki..
    terima ksih byk ats penjelasan dr cakmoki.smga ilmu yg cakmoki brikn dbalas dgn pahala yg berlipat ganda oleh ALLAH SWT.amin

  190. 190 susi ismayanti Februari 16, 2011 pukul 7:37 pm

    selamat malam cak moki…
    saya ingin bertanya….setelah ke klinik suami saya (28thn)terserang vertigo..tekanan drh normal.6thn lalu prnh luka di kepala bgian belakang hingga harus di jahit.

    saat mau tidur kepala pusing 7 kliling.posisi tidur menoleh ke kanan ato kiri pun demikian pusing yg teramat parah..dr duduk ke berdiri pun mengalami hal yg serupa….sdh hari ke 4 mnum obat doketr..yg mau sy tanyakan..
    1.brp lama biasanya pusing nya akan mereda? mengingat suami sy cuti dr pkrjaannya skrg..
    2.ke dokter spesialis mana sy harus memeriksa keadaan suami saya..
    trima kasih sebelumnya….

  191. 191 cakmoki Februari 17, 2011 pukul 5:05 am

    @ hadi kiswanto:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Sama-sama, terimakasih juga telah berbagi.
    Moga sehat selalu
    Wassalam

    @ susi ismayanti:
    Met malam,
    1) gak akan mereda kalo gak diobati… :D
    kalaupun udah diobati, lamanya vertigo tidak bisa diprediksi, bergantuung pada jenis obat dan respon masing-2 orang terhadap obat.

    2) Ke dokter spesialis neurologi

    Makasih

  192. 192 yant Februari 17, 2011 pukul 5:35 am

    met pagi cak,
    mau konsul cak. saya pernah vertigo 2 kali, peristiwa nya waktu itu tidur pakai kipas angin yg nyorot ke badan. badan terasa meriang banget waktu berdiri semuanya berputar. termasuk vertigokah saya?
    Oya cak, tensi saya nggak stabil. Dari bujangan sudah sering diatas 130/80. sekarang umur 40 th. kalau pas capek/stress tensi bisa 140/90. Tapi kalau minggu kan olah raga tensi bisa turun sendiri 120/80. Perlukah tensi darah saya dikendalikan obat2an. Saya pingin normal dan sembuh cak. Saya takut efeksamping dari tekanan darah tinggi.
    Mohon pencerahanya cak. atau cakmoki ada artikel masalah darah tinggi. tambahan cak, orang tua juga punya tekanan darah tinggi. trims yg banyak sekali.

  193. 193 cakmoki Februari 17, 2011 pukul 12:44 pm

    @ yant:
    Met siang,
    Ya, termasuk vertigo.
    Tensi segitu gak perlu pake obat.
    Untuk artikel Hipertensi, silahkan baca pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2008/08/08/hipertensi/

    Trims :)

  194. 194 susi ismayanti Februari 17, 2011 pukul 6:25 pm

    met sore cak moki…
    sy mau bertanya lagi…
    biasanya pemeriksaan di tempat spesialis syaraf itu meliputi apa saja…mengingat suami saya pernah jatuh dan terluka di kepala…dan apakah biayanya mahal…?
    lalu ttg pemeriksaan CT-scan apa ada efek sampingnya,,?
    apakah cakmoki bisa memberitahu terapi yg tepat untuk mengobati/meringankan vertigo ini?

  195. 195 cakmoki Februari 18, 2011 pukul 12:33 am

    @ susi ismayanti:
    met malam,
    1) Pemeriksaa yng paling utma adalah rekam otak EEG sebagai screening dan THT untukmenilai fungsi keseimbangan da ada tidaknya kelainan di telinga bagian dalam.
    Biayanya berbeda-beda di masing-masing kota dan masing-2 RS. Supaya lebih ringan, silahkan periksa di Poli Neurologi RSUD setempat.

    2) CT-Scan gak ada efek sampingnya kecuali mengurangi isi dompet :D

    3) Untuk meredakan keluhan, sementara dapat menggunakan obat kombinasi: cinnarizine dengan dimenhydrinate: misalnya: Perifas dengan Dramasine or Dramamine.

    Makasih

  196. 196 vanny Maret 22, 2011 pukul 11:42 am

    aq mauu naya ?
    kalo penyakitt vertigo bisa d sembuhkan gg ya . ?

    . cara yang paling mudah apa . ?
    . makasih .

  197. 197 novi April 13, 2011 pukul 11:48 am

    cak moki, sy tuh sdh mengalami gejala spt itu 1 thn ini dgn frekuensi yg lumayan lama, tapi sekarang ko agak sering. Dlm minggu ini sdh 3x kambuh. Memang pusing spt gempa tanpa sakit kepala disertai mual tpm ga smp muntah sih. Kalo kepala lurus sih ga terlalu kerasa, tp kalo udh nengok, wah…matanya ky muter2 gitu. Akhirnya sy mau nyoba obat ibu sy yaitu merislon. Ibu sy bilang kalo ilang pusingnya berarti betul vertigo. Ga apa2 gitu makan merislon tanpa resep dokter?

  198. 198 cakmoki April 13, 2011 pukul 5:29 pm

    @ vanny:
    sorry kelewatan :D
    bisa dong…caranya minum obat dari dokter
    makasih

    @ novi:
    ya, keluhan tersebut adalah tanda vertigo
    obatnya udah bener dan ga papa minum obat tersebut tanpa resep dokter
    makasih

  199. 199 novi April 15, 2011 pukul 10:22 am

    cak moki,
    akhirnya sy ke dokter juga. Menurut dokter sementara penyebabnya dianggap berasal dr telinga aja, Dikasih obat gratizin 2×1, gramasine 2×1 sama corsel 1×1. Dia menganjurkan sy utk olah raga juga. Kalo dlm 5 hari ga ada perubahan berarti hrs cek lab katanya. Tapi sekarang minum obat2an itu sy malah spt melayang, kaya makan obat flu yg bikin fly. obat yg mana tuh yg bisa bikin fly. trus perubahan spt apa yg diharapkan, tdk kambuhkah atau gmn?

  200. 200 cakmoki April 17, 2011 pukul 9:50 pm

    @ novi:
    yang kedua
    Untuk itu, pilih obat yang paling nyaman dan gak menimbulkan efek samping.
    Supaya ga kambuh, usahakan sedapat mungkin mencari pemicunya dan menghindarinya.
    Makasih

  201. 201 gustina Mei 3, 2011 pukul 2:26 am

    cakmoki saya mau tanya apa saya bisa minum merislon untuk meredakan vertigo yg saya alami?? sudah 2hri,tp saya belum bisa periksa ke dokter karna tidak sanggup berdiri dan menahan rasa pusingnya..
    terimakasih.

  202. 202 cakmoki Mei 3, 2011 pukul 12:59 pm

    @ gustina:
    Bisa

  203. 203 liena Mei 4, 2011 pukul 10:06 pm

    Cak Moki,
    Apakah obat2an yang disebutkan di artikel Anda semuanya merupakan obat bebas? Menurut Anda, mana yang paling efektif untuk vertigo yang lumayan berat? Saya sudah mencoba marislon dan ngga ngefek apa2.
    Tenkiu

  204. 204 cakmoki Mei 5, 2011 pukul 2:28 pm

    @ liena:
    Bukan obat bebas kecuali golongan dimenhidrynate… namun obat-2 tersebut dapat diperoleh di apotek dengan mudah.
    Obat vertigo, seperti obat-2 simptomatis (meredakan keluhan) yg lain bersifat individual, artinya obat yang cocok dengan orang lain belum tentu nyaman untuk yg lainnya.
    Jika berat, dapat menggunakan obat kombinasi, misalnya: Perifas or stugeron dengan dramamine or dramasine. Keduanya diminum bersamaan… hanya saja ada efek samping ngantuk.
    Makasih

  205. 205 Nda Mei 6, 2011 pukul 9:10 am

    cak,
    saya mau tanya… dua bulan terakhir ini saya terkena vertigo, saya konsultasi ke dokter penyakit dalam awalnya dikatakan kalo tensi saya rendah 85/60 tetapi sebulan kemudian kambuh lagi, saya sudah cek darah hasilnya menurut dokter kolesterol dll bagus begitu juga dengan tensi darah saat ini 130/80. yang saya ingin tanyakan kenapa sudah 1 minggu ini vertigo saya tidak kunjung hilang, padahal sudah dikasih obat mertigo, betaserc dan stugeron. kemana saya harus berkonsultasi selain ke dokter penyakit dalam? mohon pencerahannya cak, karena saya bingung dan ingin tau apa penyebab vertigo yang saya derita saat ini.
    terima kasih sebelumnya.

  206. 206 ekaqren Mei 6, 2011 pukul 11:14 am

    baru 2 hari yg lalu saya juga terkena vertigo kepala dan apa yg saya lihat terasa berputar, saat ini saya sedang hamil 3 bulan, dulu memang saya pernah vertigo tapi sudah sekitar 7-8 tahunan yg lalu, kira2 apa ya dok penyebabnya?

  207. 207 cakmoki Mei 6, 2011 pukul 11:51 pm

    @ Nda:
    yang lebih tepat periksa ke dokter neurologi.
    moga segera sembuh
    Makasih

    @ ekagren:
    penyebabnya silahkan baca lagi Bab Beberapa Faktor Penyebab pada artikel di atas :)
    Obat-2 vertigo pada umumnya kategori B pada kehamilan yang artinya aman.
    Makasih

  208. 208 ekaqren Mei 9, 2011 pukul 8:46 am

    iya cuma kalo lagi hamil gini bahaya ga dok? apa ada kaitannya dengan baby yg sedang dikandung?

  209. 209 cakmoki Mei 9, 2011 pukul 5:32 pm

    @ ekagren:
    jawaban sebelumnya:
    Obat-2 vertigo pada umumnya kategori B pada kehamilan yang artinya aman. … aman artinya tidak bahaya.
    makasih

  210. 210 kim Mei 12, 2011 pukul 10:09 pm

    misi cak moki :
    apakah Vertigo memang menyebabkan gangguan pada daya ingat dan penglihatan ? karena babeh aye setelah beberapa bulan lalu sempat vertigo dan sampai muntah2, menurut beliau penglihatannya jadi kabur. dan sampai sekarang klo untuk menginggat sesuatu itu susah.
    kadang, baca tulisannya sendiri agak kesulitan.
    apakah ada terapi atau solusi lainnya cak ?
    thank’s

  211. 211 cakmoki Mei 12, 2011 pukul 11:58 pm

    @ kim:
    keluhan tersebut bukan karena vertigonya, tapi karena faktor lain.
    Untuk terapi dan solusi yang tepat adalah dengan mengetahui penyebabnya…dan untuk mengetahui penyebabnya adalah dengan periksa ke dokter neurologi..
    Nah, setelah itu dokter neurologi akan memberikan terapi an solusi yang tepat berdasarkan hasil pemeriksaan .
    Makasih


  1. 1 VERTIGO « klikharry Lacak balik pada April 28, 2007 pukul 8:41 pm
  2. 2 Vertigo , bumi serasa berputar « Ngobrol Kesehatan Weblog Lacak balik pada Agustus 6, 2008 pukul 9:33 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,966,497 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: