HAMIL ANGGUR, apaan sih ?

Tulisan ini respon dari tanya jawab bu Laras saat posting Hamil di luar kandungan

Kendati dalam istilah medis tidak dikenal Hamil Anggur, ada baiknya kita bahas sekilas untuk tambahan sedikit pengetahuan. Nama penyakit tersebut sebenarnya adalah Mola Hidatidosa. Nama-nama lain lihat “kata kunci”.
Mengapa disebut Hamil Anggur ? Yah, itu kan kebiasaan manusia (indonesia?), mungkin mengaitkannya dengan bentuknya yang mirip anggur.

Kata kunci:
Mola hidatidosa, gestational trophoblastic disease, gestational trophoblastic tumors, hydatidiform mole, invasive mole, chorioadenoma destruens, choriocarcinoma, gestational trophoblastic neoplasia.

ilustrasi: Mari kita bayangkan segerombol buah anggur. Ambil satu persatu hingga habis, atau biarkan rontok dengan sendirinya. Apa yang terjadi ? Tidak ada. Tidak terjadi apapun selain habisnya buah anggur dan sisa tangkai serta dedaunan.

Penulis hanya ingin menekankan bahwa Hamil Anggur atau Mola Hidatidosa tidak seperti gambaran ilustrasi di atas. Jika ada cairan mirip anggur yang terlepas atau keluar dari rahim, maka akan ada resiko terjadinya perdarahan.

Apaan sih Hamil Anggur itu, apa seperti rahasia-rahasia sinetron di TV ?
Bagaimana bisa terjadi ? Apa penyebabnya ? Bagaimana mengobatinya ? Ganas apa tidak? Apa saja resikonya ?
Itulah mungkin pertanyaan yang ingin dilontarkan para pembaca tercinta.
Tenang, sabar, simpan dulu pertanyaan tersebut, nanti kita bahas pelan-pelan.

Sekilas pembahasan

Definisi:
Hamil anggur atau Mola hidatidosa adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi sebagai akibat kegagalan pembentukan “bakal janin”, sehingga terbentuk jaringan permukaan membran (vili) mirip gerombolan buah anggur.

Tumor jinak mirip anggur tersebut asalnya dari trofoblas, yakni sel bagian tepi ovum atau sel telur, yang telah dibuahi, yang nantinya melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta (tembuni) serta membran yang memberi makan hasil pembuahan.

Bagaimana terjadinya ?
Hamil anggur atau Mola hidatidosa dapat terjadi karena:

  • Tidak adanya buah kehamilan (agenesis) atau adanya perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan, pada usia kehamilan minggu ke 3 sampai minggu ke 4.
  • Aliran (sirkulasi) darah yang terus berlangsung tanpa bakal janin, akibatnya terjadi peningkatan produksi cairan sel trofoblas (bagian tepi sel telur yang telah dibuahi) .
  • Kelainan substansi kromosom (kromatin) seks.

Ingat ya, yang di atas ini adalah perjalanan penyakit (dalam bahasa medis disebut patofisiologi)

P e n y e b a b
Penyebab pasti belum diketahui, tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim (dr.Etisa Adi Murbawani)

G e j a l a
Layaknya orang hamil, tanda awal persis kehamilan biasa, misalnya terlambat haid, keluhan mual, muntah. Hanya saja keluhan tersebut lebih hebat. Jika diperiksa tes kehamilan, hasilnya positif juga.
Tapi bukan berarti kalo muntah-muntah hebat sampai lemes lantas tergopoh-gopoh takut bahwa itu hamil Anggur. Masih ada tanda lain dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosa.

Selain gejala umum di atas, tanda-tanda lain diantaranya:

  • Tidak ada tanda-tanda gerakan janin
  • Rahim nampak lebih besar dari umur kehamilan, misalnya terlambat 2 bulan, rahim nampak seperti hamil 4 bulan
  • Keluar gelembung cairan mirip buah anggur bersamaan dengan perdarahan

Pemeriksaan penunjang
Pada pemeriksaan radiologis atau rontgen, tidak terlihat gambaran tulang janin. Yang nampak justru gambaran mirip sarang lebah (honeycomb) atau gambaran mirip badai salju (snow storm)
Demikian pula pada pemeriksaan USG (ultrasonografi), ditemukan gambaran mirip badai salju, tidak adanya gambaran yang menunjukkan denyut jantung janin.
Pemeriksaan lain adalah dengan patologi anatomi, yakni pemeriksaan mikroskopis gelembung cairan mirip anggur.
Pemeriksaan penting lainnya, pengukuran kadar hormon korionik gonadotropin (HCG), yakni hormon untuk mengidentifikasi kehamilan. Pada Hamil Anggur kadar hormon ini (HCG) meningkat lebih tinggi dari kadar kehamilan normal.

Pengobatan
Pada dasarnya mola (hamil anggur) adalah tumor jinak, namun dapat berkembang menjadi ganas, kemungkinan menjadi ganas sekitar 20%.

Prinsip penatalaksanaan adalah:

  • Pengeluaran mola (evakuasi). Pada wanita subur dan masih menginginkan anak, dapat dilakukan kuret atau kuret hisap. Kuret ulangan dilakukan sekitar seminggu setelah kuret pertama, untuk memastikan bahwa rahim benar-benar sudah bersih. Sedangkan bagi wanita usia lanjut atau yang sudah tidak menginginkan tambahan anak, dilakukan pengangkatan rahim (histerektomi)
  • Follow up, yakni pengawasan lanjutan untuk monitor dan evaluasi pasca evakuasi. Langkah pengawasan dilakukan secara klinis, laboratorium dan radiologis. Pengawasan lanjutan dengan pemeriksaan kadar HCG. Pemeriksaan ini dilakukan 1 minggu sekali sampai kadar HCG menjadi negatif. Setelah itu masih diperiksa sampai tiga minggu berturut-turut kadar HCG tetap negatif.
    Selanjutnya masih diperiksa setidaknya sebulan sekali selama 6 bulan.
    Jika ternyata pemeriksaan HCG tidak sesuai harapan, atau dengan kata lain kadarnya tetap atau malah naik, perlu diberikan obat kemoterapi.
    Cara pengawasan lain dengan pemeriksaan radiologis, dilakukan 6 bulan sekali.

Kapan boleh hamil lagi ?
Pada dasarnya penderita mola dianjurkan tidak hamil sampai pengawasan lengkap selesai dilakukan. (Sydney Gynaecological Oncology Group)
Bagi wanita yang belum punya anak, dianjurkan memakai alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan selama 1 tahun, dan bagi yang sudah punya anak dianjurkan tidak hamil selama 2 tahun.

Angka kejadian
Berdasarkan referensi, angka kejadian mola ( hamil anggur) bervariasi.
Wanita asia umumnya memiliki kecenderungan lebih tinggi, yakni 1 dari 80-120 kehamilan, sedangkan wanita eropa 1 dari 1500-2000 kehamilan.

So, langkah bijak adalah kontrol teratur selama hamil. Bukan saja karena mola, namun untuk memastikan kehamilan tetap tumbuh normal, dan dapat diketahui secara dini bila menunjukkan adanya kelainan.
Semoga bermanfaat.

Download edisi baca (bergambar), file PDF 156 Kb, sila klik di sini
Edisi eBook standalone: file zip 272 Kb, download di sini

Bacaan:

  • PDT Lab Ilmu kebidanan dan Penyakit Kandungan RSUD dr. Soetomo
  • Sydney Cancer Center, dll

Link terkait:
BBC: Babies share womb with tumour

Oncolink
Mayo clinic

About these ads

167 Responses to “HAMIL ANGGUR, apaan sih ?”


  1. 1 prayogo Februari 16, 2007 pukul 12:17 pm

    Saya tidak bisa komentar apa2, karena terus terang saya baru tau ada yang namanya Hamil Anggur. Terima kasih sekali atas informasinya.

    Di tunggu tulisan2 yang lain.

  2. 2 helgeduelbek Februari 16, 2007 pukul 8:45 pm

    Saya dulu ngira yang namanya hamil anggur itu, isinya buah anggur. Hehehe

  3. 3 cakmoki Februari 17, 2007 pukul 2:12 am

    @ prayogo,
    Tulisan ini sebenarnya respon terhadap pertanyaan bu Laras yang nyinggung hamil anggur, waktu postingan “hamil di luar kandungan”.
    Ok, beberapa informasi akan tayang, sabar ya

    @ helgeduelbek,
    Angka kejadiannya sedikit Pak, biasanya ibu-ibu yang tahu atau pernah denger kelainan ini.
    Saya sendiri selama ini menemukan kasusnya baru 1 kali sekitar 12 tahun yang lalu.

  4. 4 senyumsehat Februari 17, 2007 pukul 6:07 am

    Pak, wong2 ga tahu ndelok badai salju…sing koyok ngopo, lha kebetulan ndik kene lagi badai salju tak fotone po piye?

  5. 5 cakmoki Februari 17, 2007 pukul 8:43 am

    @ senyumsehat,
    Yo, yo sip maturnuwun
    Aku duwe gambar “badai salju” hasil USG gak jelas

  6. 6 Evy Februari 17, 2007 pukul 5:45 pm

    Waduh cak wong aku guyon lho, badai salju temenan iku udah salju ga mandek2 mungkin karepe gambaran radio opaque totol2 ngono be’e yo
    Iki ono link gambar apik cak, duweke elsevier tapi

    http://www.netterimages.com/image/2995.htm

    karo lecture, mayan gawe ngajar :
    http://faculty.mc3.edu/Minterr/ppts/fluidelec/sld017.htm
    Suwun

  7. 7 Dani Iswara Februari 18, 2007 pukul 5:25 pm

    banyak ngga ya cak kasusnya disana?

    lbh sering dtg terlambat (perdarahan)?
    mrk yg terlambat biasanya blm kontrol ke dokter kebidanan kah (kl di kalimantan kan belakangnya sering pake ‘kah’ yaa..)? :D

  8. 8 cakmoki Februari 19, 2007 pukul 11:28 am

    @ Dani Iswara,
    Maaf, kemarin seharian lampu mati :(
    Selama ini “hanya” menemukan 2 kasus.
    Yang satu nggak terlambat, setelah dirujuk, cukup curretage.
    Satunya terpaksa histerektomi karena hasil PA ada tanda karsinoma.
    Sekarang semua ibu hamil kontrol dini, sudah banyak bidan dan ada 7 ts praktek ke palaran.
    Gimana di Jogja ?

  9. 9 Dani Iswara Februari 19, 2007 pukul 1:57 pm

    di jogja numpang belajar aja cak..jd maap gak bs ngasi info valid.. :D

  10. 10 cakmoki Februari 20, 2007 pukul 2:54 am

    @ Dani Iswara,
    Iya deh, semoga cepat selesai :D

  11. 11 cakmoki Februari 20, 2007 pukul 5:57 am

    @ Evy,
    Walah Mbak, komen link ditangkep akismet. Ono 2 link, sori yo njawabe dadi telat.
    Maturnuwun, netterimages klik kanan metu pop up, gambar gedene login, mbayar. :)
    Aku duwe image USG gambaran “badai salju”, sayange rodo kabur. Sing seri video guede, download suwe, maklum koneksi dial-up. hehehe

  12. 12 laras Februari 22, 2007 pukul 3:40 pm

    Terimakasih atas penulisannya mengenai hamil anggur. Mmm..(maanggut..manggut)..Mudeng saya sekarang.
    Ada kawan saya yg katanya hamil anggur dan sudah dikuret tapi ternyata kumat lagi. Apa memang bisa tumbuh dan tumbuh lagi ya ..karena setahu saya dia sudah tiga kali kuret.

  13. 13 cakmoki Februari 23, 2007 pukul 1:55 am

    @ laras,
    Kemungkinan berulang Hamil Anggur tetap ada. Karena itu, setelah kuret sampai bersih masih perlu follow up seperti langkah di atas.
    Itupun jika hamil lagi, masih ada kemungkinan berulang. Setidaknya kalo mau hamil lagi sebaiknya konsultasi dengan dokter yang merawat.
    Semoga sang teman tidak mengalami hamil anggur lagi :)

  14. 14 key Maret 21, 2007 pukul 4:34 pm

    Terima kasih atas infonya… 2 minggu lalu sy baru divonis Mola alias hamil anggur, & minggu lalu baru dikuret. Iya sy lihat dr hasil USG terakhir memang kelihatan jelas sekali yaa bentuk butiran saljunya…
    U/ kasus mola sepertinya sudah jarang sekali skr ini… makanya dr kemarin sempat stress jg mikir2 apa yg salah shg bisa mola dikehamilan pertama ini…
    Setelah baca artikel ini kurang lebih jd ada gambaran, tp sy malah jd ga terima kl dikatakan ternyata disebabkan krn kurang gizi :P Waduh badan udah subur gini apanya yg kurang ya… ^_^

  15. 15 cakmoki Maret 22, 2007 pukul 2:36 am

    @ key,
    Gak ada yang salah koq, wong penyebab pasti belum diketahui. Adapun kurang gizi, hanya dugaan berdasarkan penelitian dr.Etisa Adi Murbawani, bukan saya lho. hehehe

    Semoga hamil berikutnya sukses dan lancar

  16. 16 Rizki April 16, 2007 pukul 7:15 pm

    Terima kasih pak , info ini sangat berharga untuk saya dan keluarga…karena istri saya juga sedang terkena penyakit mola ini dan sedang diterapi kemo untuk penyembuhannya setelah di kuret. Dan mudah2an bisa berhasil di kehamilan berikutnya. cheerz…:)

  17. 17 rina Juni 9, 2007 pukul 5:59 pm

    saya masih bingung mengenai perjalanan penyakit(patofisiologis) mola hidatidosa ini atau yang lebih di kenal dengan hamil anggur. saya mohon ibu dapat memberikan penjelasan. terima kasih

  18. 18 cakmoki Juni 10, 2007 pukul 12:06 am

    @ Rizki,
    Ok pak, tahapan ideal memang begitu adanya. Rangkaian pengobatan mulai kuret, kemo dan follow up adalah metode untuk mempersiapkan kehamilan berikutnya sekaligus sebagai monitor ke arah kesembuhan.

    Semoga istri bapak segera sehat seperti semula, dan dapat tercapai keinginan bapak sekeluarga.

    @ rina,
    ya benar, semua artikel kesehatan di sini ditulis dalam gaya artikel populer dengan meminimalisir istilah medis yang “aneh” di mata khalayak. Inipun berdasarkan masaukan dan saran dari para pembaca agar dapat terjalin interaksi aktif.
    Tujuan utama adalah memudahkan pemahaman. Bagi sebagain kalangan medis, tidak sulit mencari padananannya. Contoh, patofisiologi dalam artikel ini saya sederhanakan “bagaimana terjadinya”. Silahkan baca paragraf tersebut.
    Ada sebagian artikel menggunakan kaidah penulisan medis di halaman download.

    oya, maaf saya bukan wanita, tapi pria, sesuai foto di atas. Ada kumisnya koq, hehehe.

    Moga gak bingung lagi.

  19. 19 Lily Juni 26, 2007 pukul 1:17 pm

    Oh gtu.. *rolleyes*
    Kebetulan aku sering denger istilah hamil anggur, Cak..
    Malah saudara (jauh tapi..) ada yg pernah mengalaminya.
    Hamil anggur ada hubungannya sama faktor genetis sehingga bisa menurun gak ya, Cak?

    Trus..,
    aku pernah denger lagi hamil yg gak jadi (apa ini yg maksudnya hamil anggur ya? ;p).
    Janin tau2 hilang begitu aja..
    Apa kasus ini memang ada dan mungkin terjadi atau aku yg kurang menyerap informasi jadinya kurang jelas (bahwa itu sebenarnya sama dengan hamil anggur.. ;p).

  20. 20 cakmoki Juni 26, 2007 pukul 2:56 pm

    @ Lily,
    iya genetik disebut sebagai salah satu faktor pencetus, adapun penyebab utama belum diketahui.

    Saya pernah dengar soal itu, sayangnya belum pernah meriksa apa yg dimaksud dengan janin hilang. Bisa jadi salah satunya hamil anggur.

  21. 21 Khoirul Burhani Mei 6, 2008 pukul 5:36 pm

    Pengalaman kami, hamil anggur juga bisa disebabkan oleh infeksi TORCH (Toxo, Rubella, CMV dan Herpes).

    Kunjungi website kami: http://www.spesialis-torch.com

  22. 22 cakmoki Mei 6, 2008 pukul 10:30 pm

    @ Khoirul Burhani:
    Terimakasih tambahan informasinya :)
    Ntar saya update dan link ke website spesialis.
    Moga berguna untuk para pembaca dan khususnya saya sendiri.
    Bravo :)

  23. 23 hadi_cml Mei 21, 2008 pukul 8:44 pm

    Assalamu’alaykum.
    Buka tulisan Cak Moki satu ini, ya setelah istriku hamil anggur.
    Anakku pertama dan kedua, semua lahir ‘polos’. Maksudnya via jasa
    bidan saja. Ndak pernah masuk RS, apalagi musti disuntik macam2.

    Nah, giliran kehamilan ketiga (yg kami harapkan menjadi anak ketiga)
    mendadak kok ada yg aneh. Utamanya: mual berat dan ukuran perut yg
    besar drpd biasanya. Setelah USG, lha ini … ‘dasar-e’ wong ndeso
    (TM=Tenanan Mas) jadi agak ‘nggumon’ ditunjukkan badai salju di perut
    istri. Langsung disarankan rawat inap dan kuret.

    AlhamduliLLah, istri saat ini sdh di-kuret, tinggal tindakan
    lanjutnya. Cuman sebelum kuret, sewaktu dirangsang dg obat (diberi
    sebanyak 3x, pemacu lahir ?) istri sempat ke kamar mandi bersama saya. Nah, sewaktu ‘pipis’ keluar 2 ‘anggur’ (ukuran setengah
    kepalan tangan). Apakah hal tsb menandakan sesuatu ?

    Saya tertarik juga untuk membuat link Cak Moki di blog-ku, biar
    nambahin wawasan. Mohon ijin-nya, trims’s atas ilmunya Cak :)

  24. 24 cakmoki Mei 22, 2008 pukul 2:51 pm

    @ hadi_cml:
    wa’alaikum salam,

    Nah, sewaktu ‘pipis’ keluar 2 ‘anggur’ (ukuran setengah
    kepalan tangan). Apakah hal tsb menandakan sesuatu ?

    iya…yang keluar itu adalah manifestasi hasil USG (gambaran badai salju). Dengan kuret dimaksudkan untuk membersihkan agar gak ada lagi sisa-sia *gambaran badai salju*

    Monggo silahkan kalo tertarik nge-link.
    Trims share-nya ya
    BTW, koq link Blog njenengan gak diaktifkan ? … saya juga mau berkunjung :)

  25. 25 obrien Mei 26, 2008 pukul 2:43 pm

    Tulisannya berguna banget mas,
    kita yang ga’ tahu jagi ngeeh..

    Tapi kalo yang udah jelas jelas hamil sampe 7 bulan
    terus tiba tiba kempis tanpa keluar jabang bayinya
    seperti yang sering terjadi di Balikpapan, Kaltim
    apakah ada penjelasan medisnya Mas ?

    Once again, thanks

  26. 26 cakmoki Mei 27, 2008 pukul 3:44 am

    @ obrien:
    ya ada, puanjang banget … intinya pembentukan janin gak sempurna karena berbagai sebab, diantaranya masalah hormonal…kondisi tersebut dikenal sebagai “hamil kosong”…bukan hilang digondhol genderuwo lho …hehehe
    Thanks

  27. 27 hadi_cml Juni 4, 2008 pukul 4:00 pm

    Maaf nih Cak Moki, saya baru kunjung lagi.
    Agak jarang memang kunjung ke Blog Njenengan.
    Tapi tetap menarik kok, soalnya nambah ilmu :)

    Blog saya ada, tapi malu … blogger pemula.
    Trus menulis Cak, tak dukung :)
    Biar semua orang “melek” ttg kesehatan.

  28. 28 cakmoki Juni 4, 2008 pukul 11:45 pm

    @ ahdi_cml:
    Maaf … saya belum komen di Blog njenengan … hehehe, ntar saya link ya … boleh? ;)

  29. 29 lussy Juni 17, 2008 pukul 11:20 am

    Penyebabnya apaan sech..penasaran dech..apa bs dari turunan

  30. 30 ali Juni 17, 2008 pukul 1:04 pm

    cak moki,lam kenal…aq suka mengakses blog cak soal info nya berguna buat aq yang masih awam tentang kesehatan,…

  31. 31 ali Juni 17, 2008 pukul 1:09 pm

    oh ya satu lagi,aq ne awam tentang dunia blog,..udah bikin blog tp belum diisi,..tolong ajarin aq ya cak moki,..alamat blog aq,www.alimail.wordpress.com thanks cak moki,sorry kalau aq msh melek teknologi…

  32. 32 cakmoki Juni 17, 2008 pukul 3:32 pm

    @ lussy:
    masih hipotesa sebagaimana tertulis di artikel :)

    @ ali:
    Lam kenal juga :) …makasih udah mampir.
    Ok ntar saya lihat ya ..
    udah saya liat… isi aja sembarang or apapun yang ada di benak…tulis melalui dasbor trus luncurkan… dijamin ntar ketagihan … hehehe

  33. 33 ali Juni 18, 2008 pukul 4:25 pm

    met siang cak,…kalau aq mau link blognya cak boleh g?terus gmana caranya ya?tolong ajarin ya…thanks cak

  34. 34 cakmoki Juni 18, 2008 pukul 4:58 pm

    @ ali:
    boleh…
    caranya, setelah log in:
    masuk ke dasbor –> klik kelola –> lantas klik taut –> trus pada menu Kelola Taut, klik tambahkan baru.
    Nah selanjutnya silahkan isi:
    Nama, misalnya cakmoki
    alamat web (blog) misalnya: http://cakmoki86.wordpress.com/
    kemudian diskripsi, misalnya isi dengan: dokter ndeso (hehehehe)

    Selanjutnya:
    klik kategori lantas isi misalnya: teman
    selanjutnya klik target, trus centang Blank, agar ketika di klik akan tampil di tab atau jendela baru

    terakhir: klik simpan
    selesai
    met mencoba :)

  35. 35 hadi_cml Juli 10, 2008 pukul 10:56 am

    Assalamu’alaykum.

    Konsultasi lagi nih Cak.
    Istriku sudah jalan perawatan 50 hari dari kuret hamil-anggur.
    10 hari pertama, dikomentari : bagus, bersih.
    10 hari kedua, dikomentari : bagus, kita lihat sebulan lagi.
    Kemarin cek-ulang dan di-USG (setelah 1 bulan).
    Dan diberi keterangan kalo kandungan kelihatan “agak besar”
    (nada suara dokter kami dengar seperti ragu2).
    Disarankan untuk periksa HCG bulan depan, sekaligus cek-ulang.

    Walaupun keterangan ini terlalu singkat, tapi mungkin Cak Moki bisa menerangkan pandangan panjenengan ttg hal ini ?

    Catatan: Istriku usia 37th. Saat ini minum jus-wortel 2x
    seminggu untuk menambah asupan vitamin dan membantu
    penyembuhan sakit. Hal ini diperbolehkan ?
    Atau ada saran makanan tambahan, Cak ?

  36. 36 dian Oktober 28, 2008 pukul 1:29 pm

    tks infonya ini sangat berarti buat say

  37. 37 cakmoki Oktober 29, 2008 pukul 2:26 pm

    @ hadi_cml:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    Mohon maaf, saya bukan ahli di bidang ini.
    namun dari uraian penjenengan, nampaknya dokter tersebut cukup cermat dan hat-hati dalam merawat istri bapak.
    Hal ini dapat kita lihat saat beliau menyarankan untuk periksa HCG bulan depan, sekaligus cek-ulang.
    Kita belum tahu, apakah kandungan “agak besar” tersebut merupakan penebalan (hiperplasi) dinding rahim ataukah ada hal lain. Ntar akan kita ketahui dari hasil pemeriksaan.

    Tentang tambahan jus gak papa…gak mengganggu pengobatan.
    Sekali lagi mohon maaf atas jawwaban saya yang tidak memuaskan.
    Semoga istri bapak segera sembuh.
    Terimakasih.
    Wassalam.

    @ dian:
    Sama-sama :)

  38. 38 shaquilla November 9, 2008 pukul 9:09 pm

    Ass Cak Moki….mau tanya, Saat ini saya sudah terlambat menstruasi selama 2 minggu…..Berarti walaupun terjadi kehamilan berarti sudah berumur 1,5 bulan. Nah yang saya mau tanyakan,,,mengapa setelah di cek di USG menurut dokter yang mencek ternyata tidak nampak apa2 baik bakal janin maupun kantungnya. padahal sebelum ke dokter saya sudah sempat tes urine melelui test kehamilan sebanyak 2x dan hasilnya positiv….Apakah ini dikarenakan over weight? sehingga janin tertutup lemak?Saat ini berat saya 72kg dan tinggi 157cm. terimakasih…mohon jawabannya, Cak….

  39. 39 cakmoki November 10, 2008 pukul 3:34 am

    @ shaquilla:
    Wa’alaikum salam,
    Bisa jadi karena faktor overweight, namun bisa pula karena sebab lain yang belum kita ketahui sehingga kehamilan belum nampak pada pemeriksaan USG.

    Ntar ditunggu aja … kontrol berikutnya moga udah nampak.

    Trims

  40. 40 Shaquilla November 17, 2008 pukul 10:54 pm

    Ass Cak…..mau tanya jika selama hamil mensuplai omega3,epa,dha terlalu banyak,apakah nantinya anak akan hiperaktif?selama ini saya minum supplement dan susu prenagen berbarengan. Oya cak, kalau beda omega 3,omega 6,omega 9?apakah saya boleh menambahkannya sbg asupan bagi kehamilan saya?thx ya Cak…..

  41. 41 cakmoki November 18, 2008 pukul 10:36 am

    @ Shaquila:
    Ass,…
    Anaknya ga akan hiperaktif, tapi pemakaian berlebihan tidak ada manfaatnya.
    Susu cukup satu jenis aja, toh kandungannya mirip, sedangkan klaim keunggulan masing-masing produk adalah hal yang lumrah, namanya juga jualan … hehehe.
    Yg penting adalah Multivitamin untuk ibu hamil yang saat ini kandungannya udah lengkap sebagai suplemen pada kehamilan.
    Trims

  42. 42 loper November 23, 2008 pukul 5:07 pm

    baru tau juga…
    makasi info nya

  43. 43 bluemochi November 23, 2008 pukul 5:51 pm

    thx atas infonya ttg hamil anggur

  44. 44 cakmoki November 25, 2008 pukul 9:05 am

    @ loper & bluemochi:
    Makasih kunjungannya :)

  45. 45 triesti Desember 14, 2008 pukul 12:46 pm

    one of my bossess is in the icu in spore at this moment… she had mola preganancy.. and it’s metastasized to her brain & lungs. I hope she could make it.

  46. 46 cakmoki Desember 14, 2008 pukul 2:23 pm

    @ triesti:
    sejauh itu metastasenya ya …

  47. 47 triesti Desember 20, 2008 pukul 10:15 am

    iya.. sekrang di chemo & radiasi.. sudah bisa senyum, selama ini ngga sadar. makanya org suka meremehkan penyakit sih. kalo sudah parah, nanti dokternya dibilang tidak kompeten

  48. 48 cakmoki Desember 20, 2008 pukul 3:47 pm

    @ triesti:
    syukurlah kalo udah baikan.
    Iya, umumnya gitu, dan maunya besok langsung sembuh walau sakitnya parah, hehehe

  49. 49 yati Desember 21, 2008 pukul 10:31 am

    mau tanya
    kemarin saya ke dokterkandungan untuk periksa kehamilan.. dokter bilang diprediksi klo saya sudah hamil 5 minggu dari penghitungan haid pertama terakhir yaitu tgl 9 november . tapi ketika di usg dan transvaginal, janinnya ga ada alias rahim saya masih kosong. kemudian dokter memberi saya obat penguat rahim dan disuruh kembali satu-du aminggu kemudian. Tapi yang bikin saya cemas dokter bilang ada 2 kemungkinan pertama janinya emang blm kelihatan atau yg kedua saya hamil diluar kandungan dan harus di operasi.
    tapi dari itungan saya saya belum hamil salam itu karena pada tanggal 30 november saya tes pake testpack dan hasilnya negatif…kemudian pada tanggal 14 desember saya tes lagi hasilnya satu garisnya tipis dan samar bgt hampir tak terlihat, kemudian hari selasanya tgl 16 saya tes lagi san garis keduanya mulai tidak samar tapi tetap tipis.
    hari sabtunya tgl 20 kemaren saya kedokter dan kata dokter seperti yg saya tulis diatas. yang mau saya tanyakan:
    1. apa benar saya hamil diluar kandungan?
    2. sebenarnya penghitungan usia kandungan itu bagaimana? apa benar patokannya salalu HPHT meskipun sudah diketahui kalau pada tanggal 30 itu saya negatif
    3. apa kadar hcg dalam rahim juga mempengaruhi usia kandungan, mis: kalo garisnya tipis berarti hcgnya masih sedikit bgt dan berarti masih baru hamilnya…atau bagaimana?
    4. apa sakit di bawah perut/keram normal (itu terjadi klo jalan terlalu lama dan kecapean)

    terima kasih sebelumnya

  50. 50 yati Desember 21, 2008 pukul 10:50 am

    tambahan

    klo sakitnya (bukan sakit di cubit tapi kaya kaku/keram/tegang agak ga nyaman gt ^_^) kadang sebelah kiri atau kanan perut, apa itu tanda hamil diluar kandungan seperti yg dokter saya bilang?

    terima kasih

  51. 51 cakmoki Desember 23, 2008 pukul 5:18 pm

    @ yati:
    Maaf, jawaban terlambat karena sy konsulkan ke temen DSOG via email dan baru pagi tadi dijawab.
    Jawaban beliau adalah sebagai berikut:

    Date: Monday, 22 December, 2008, 8:56 AM

    Pancen yo ngono Moki, wanita kadang lupa persisnya kapan haid terakhir ( hampir 70% nggak cocok) . Belum lagi hamilnya hasil kerja malam yang mana ? Tambah ruwet khan. Katakanlah haid benar dan nggak ada di rahim, cari diluar rahim atau memang dia mau atau sedang keguguran. Katakanlah haidnya yang salah, ya duiulang lagi pemeriksaan minimal 2 minggu, nanti akan nongol gambar hamilnya. Kalau mau pakai b-hcg ya baik, tapi harus yg kuantitatip yg pasti harganya lain. Gini iki salahe waktu nggae bayi, ora tahu dicatet dan diaudit.

    Maaf, saya salin sesuai aslinya, jawaban dari DR. dr. Adityawarman Sp.OG … :)
    Andai ada yang belum jelas dapat ditanyakan lagi, ntar sy konsulkan lagi… Trima

  52. 52 yati Desember 23, 2008 pukul 6:01 pm

    kok jawabannya malah bikin tambah serem ya :(…saya yakin kok klo hais terakhir itu tgl 9 … ya sudah lag gpp..makasih banyak atas jawabannya..maaf klo harus sampai ngambil waktu dokterlain juga

  53. 53 cakmoki Desember 23, 2008 pukul 7:35 pm

    @ yati:
    Tenang dulu :)
    Ntar malem sy jelaskan makna dari bahasa beliau ya….

  54. 54 cakmoki Desember 24, 2008 pukul 4:01 am

    @ yati:
    Jawaban (sesuai janji) saya:

    Pertama saya ingin meluruskan bahwa jika haid terakhir tanggal 9 Nopember maka test pack dapat diketahui hasilnya setelah sekitar 1 minggu sejak terlambat haid. Karenanya testpack pada tanggal 30 Nopember terlalu terburu-buru mengingat masa ovulasi sekitar 14 hari sebelum haid yang akan datang dengan bias sekitar 2-5 hari. Katakanlah siklus haid 30 hari, maka testpack dapat diketahui hasilnya sekitar tanggal 16 Desember (seminggu dari prakiraan haid 9 Desember), itupun kadang hasilnya masih samar.
    Hasil terbaik tentu dengan USG. Tapi USG juga dipengaruhi oleh posisi rahim dan janin. Pada rahim dengan posisi retrofleksi (menghadap ke belakang), ada kemungkinan janin sulit terdeteksi, karena USG menggunakan pantulan gelombang suara (walaupun menggunakan transvaginal).

    Kalo kita pake hitungan kasar dengan mengacu pada prakiraan masa ovulasi sekitar tanggal 23-25 Nopember (berdasarkan haid terakhir tanggal 9 Nopember), maka usia kehamilan sekitar 4 minggu.
    Keduanya (USG dan hitungan masa ovulasi) adalah prakiraan, bukan nilai absolut. So, selisih waktu tidak perlu diperdebatkan lantaran okulasi (pembuahan) tidak bisa diketahui dengan pasti kapan terjadinya.

    1) Jika DSOG mengatakan kemungkinan hamil di luar kandungan, tentu berdasarkan hasil pemeriksaan beliau. Namun perlu diingat bahwa yg beliau katakan hanya kemungkinan. Mungkin saja bukan hamil di luar kandungan, tapi hanya belum jelas terlihat melalui USG. Karena itulah DSOG memberikan obat penguat kandungan dan akan difollow up setelah 1-2 minggu.
    Jawaban temen saya juga meragukan adanya hamil di luar kandungan, karenanya dia menganjurkan cek uang 2 minggu kemudian untuk meyakinkan kehamilan tersebut.

    Tanpa mengurangi rasa hormat pada DSOG yg meriksa, saya belum yakin bahwa ibu mengalami hamil di luar kandungan (moga enggak).

    2) Perhitungan usia kehamilan sudah saya jelaskan di atas.

    3) Kadar hcg bukan mempengaruhi usia kehamilan, tapi salah satu deteksi untuk menggambarkan kehamilan. Sebenernya pemeriksaan hcg diperlukan jika curiga terhadap penyakit terkait kehamilan, misalnya hamil anggur dimana hcg meningkat tajam, jauh melebihi ukuran normal.

    4) Tentang nyeri perut bagian bawah saat hamil, normal kalo timbulnya insidental, misalnya kelelahan. Namun perlu pemeriksaan jika ada keluhan lain misalnya: perdarahan atau nyeri hebat disertai tanda-tanda syok.

    Tentang hamil di luar kandungan, silahkan baca artikelnya di sini

    Trims

  55. 55 yati Desember 24, 2008 pukul 11:00 am

    terima kasih atas jawabannya pak cak moki…sedikit membuat saya tenang :D… sebenarnya saya cuma ingin tau apa ada kemungkinan lain sebelum hasilnya 1-2 minggu mendatang.memang akan ada jawaban pasti dlm 1-2 minngu tersebut. ya namanya juga manusia saya ingin “siapa tau” ada penjelasan lain yg bikin saya tenang selama 1-2 minggu ini. karena menunggu sesyatu yg ada kemungkinan buruk itu sangat bikin stress dan tidak tenang ngapa-gapain. terima kasih atas jawabannya.

  56. 56 cakmoki Desember 25, 2008 pukul 11:16 am

    @ yati:
    sama-sama, terimaksih juga share-nya :)
    Saya salut mbak berusaha mencari info tentang informasi kesehatan terkait kondisi saat ini, setidaknya kita bisa saling menambah sedikit pengetahuan.
    Moga sehat selalu.

  57. 57 Anna Januari 31, 2009 pukul 7:13 pm

    Dear dr.cak moki.. Mo tau cak, pasca kuret hamil anggur/kosong ada yg bisa hamil normal ga’ ya? Apa ada yg punya pengalaman spt ini. Saya udh hampir 4 bln di kuret (hamil kosong) tp sampai skrg blm jg ada tanda2 hamil kembali.. Knp ya cak? Mhn pencerahannya.. Saya 25th & ingin segera punya mo2ngan.. Trima ksh..

  58. 58 cakmoki Februari 1, 2009 pukul 7:19 pm

    @ Anna:
    Bisa.
    Sejauh gak ada gangguan lain, pasca kuret hamil anggur/kosong bisa hamil lagi.
    Silahkan periksa ke DSOG untuk follow up sekaligus menjalani program kehamilan. Biasanya akan diberikan obat hormonal untuk stimulasi kehamilan…. Terimakasih

  59. 59 heni April 16, 2009 pukul 1:29 pm

    cak moki…ni mau konsul nih…
    aku pernah keguguran ( Oktober 2008 (diagnosanya kena MOLA) kita sih dah berusaha agar gak hamil dulu, jane manut dokter nih…tapi gimana, rasanya aku curiga hamil lagi, aku takut, bingung nih ada pengaruhnya gak, dulu habis di kuret diterapi MTX gimana nih aku mesti ngapain……….tolong ya cak dijawab………makasih

  60. 60 cakmoki April 16, 2009 pukul 10:08 pm

    @ heni:
    Maaf, pertanyaan ini sy teruskan ke temen SPOG melalui milis. Jawaban DR. dr. Aditiawarman, SpOG (K) adalah sebagai berikut:
    kalo sdh hamil, ya wis dimonitor aja … (ke SPOG:pen)
    Orang dng riwayat Mola yg dimonitor adalah kemungkinan belum sembuh komplit, shg dianjurkan tidak hamil dulu (dng KB), krn gejala Mola (yg tidak sembuh komplit) dan hamil sama/mirip (misal, sama2 telat, sama mual2). Hal ini akan menyulitkan monitoring perjalanan kesembuhan Mola tsb.

    Nah, kalo udah terlanjur telat bgmn?
    Ya sedapat mungkin segera memeriksa sehingga dapat ditentukan apa betul2 hamil (misalnya dengan USG ada janinnya) atawa Mola residif/belum sembuh dari Mola yg lama. Bisa juga dilengkapi pemeriksaan HCG.
    Kenapa disuruh KB? Karena kita bisa tahu kalau ada telat kemungkinan ya molla yg belum sembuh dan bukan gara2 hamil.
    Suwun.
    Aditiawarman.

    Kesimpulan:
    Berdasarkan jawaban di atas, maka yg harus dilakukan:
    1) Periksa ke SPOG untuk menentukan hamil ato enggak.
    2) Jika benar hamil, seyogyanya kontrol secara teratur untuk monitor perkembangan janin.
    Selebihnya, gak perlu terlalu risau sejauh dalam penanganan oleh SPOG selama kehamilan.
    Trims ^^

  61. 61 heni April 17, 2009 pukul 9:49 am

    cak moki……….makasih buanyak masukannya……
    ternyata aku nggak jadi hamil…… iya nih…. saya harus ekstra hati-hati lagi……suami tenang-tenang aja tuh sebel jadinya….Tapi membaca penjelasan cak Moki dan dokter-SPOG-nya gak jadi was-was, mungkin cuma telat haid aja katanya. Sekali lagi makasih cak moki, buat jawaban dan infonya, ntar kalo butuh penjelasan ke Cak Moki aja dulu, lumayan buat referensi sebelum ke dokter ……….makasih….makasih……makasih

  62. 62 cakmoki April 17, 2009 pukul 2:21 pm

    @ heni:
    moga sekarang udah ga sebel sama suami … hehehe.
    makasih juga share-nya … kita berharap bermanfaat juga bagi yg lain. :)

  63. 63 diabetesnotes Mei 6, 2009 pukul 11:23 pm

    klo yang satu ini saya belum pernah dengar….tapi klo diabetes pada masa kehamilan saya tahu

  64. 64 ruri Mei 17, 2009 pukul 10:54 pm

    Halo dok..
    Belum lama ini teman saya harus dikuret karena didiagnosa mengalami blind ovum (tulisannya bener gak,ya?).
    Apa sih,blind ovum itu?
    Apa bedanya dengan hamil anggur?

    Trims sekali utk jawabannya

  65. 65 ruri Mei 17, 2009 pukul 11:01 pm

    malam dok..
    Belum lama ini teman saya harus dikuret karena mengalami kehamilan blind ovum (tulisannya bener ga,ya?)
    Apa sih blind ovum itu?
    Apa bedanya dengan kehamilan anggur?
    Terima kasih utk informasinya,dok..

  66. 66 cakmoki Mei 17, 2009 pukul 11:56 pm

    @ ruri:
    Malam,
    Beda. Blind ovum artinya kehamilan tanpa janin karena pembuahan tidak menghasilkan janin sebagai hasil konsepsi. Gak bahaya, wong udah dikuret :)
    Sedangkan hamil anggur seprti definisi di atas.
    Trims

  67. 67 heni Mei 19, 2009 pukul 12:54 pm

    dEAR CAK………
    Ni mau konsul lagi………..
    Aku kan di kuret (karena Mola) udah 7 bulan-an, kalo nunggu masa jeda 1 tahun berarti kan kurang 5 bulan lagi…….Menurut cak Moki, kapan aku bisa mempersiapkan program kehamilan lagi, ini sudah pengen banget, tapi kok masih lama.
    Trus aku mesti gimana, untuk persiapan kehamilan ini aku mesti meningkatkan asupan apa aja, kalo divonis kurang gizi emang memalukan banget………makasih Cak Moki buat advisnya n ditunggu jawabannya……moga sukses jadi dokternya ya………

  68. 68 cakmoki Mei 19, 2009 pukul 11:54 pm

    @ heni:
    Gak ada program khusus untuk mempersiapkan kehamilan. Yang penting jaga kondisi seperti halnya orang gak hamil … :)
    Dan tentu follow up dengan kontrol ke dokter sesuai saran beliau.
    Gak perlu buru-2, kalo emang saran dokternya nunggu setahun, ntar gak terasa tahu-2 udah setahun, enjoy aja.
    Moga sehat selalu … Trims

  69. 69 Sierra Mei 21, 2009 pukul 12:15 am

    malam cak.. mo sharing & mo ngobrol2 nih..
    minggu terakhir april, saat kehamilan 12 minggu aku bleeding tp gak banyak2 banget kok & krn panik nyari DSOG yang masih praktek krn hari sudah larut malam lalu ditest pake transvaginal 2 x. Dikatakan bahwa detak jantung sudah tidak ada a.k.a mati. :(( DSOG maksa2 kuret tanpa kasih solusi obat. (matre.com deh lu!!!) Wis mangkel, pulang wae cak..
    keesokan harinya malah keguguran cak.. Apa transvaginal menyebabkan seperti itu?
    USG ulang di DSOG ke-2 katanya masih ada sisa placenta & menyarankan kuret. Memang placenta itu ada sejak kehamilan berapa minggu? kata temanku placenta itu ada pas hamil 3 bulan..
    Aku sempet USG lagi di DSOG ke-3, memang dari layar masih ada bayangan hitam kecil kurleb 1,5cm & diberi obat noprostol, hasilnya cuma mules, pendarahan sedikit saja & brenti.
    Kontrol lagi USG luar masih terlihat bayangan hitam itu, untuk lebih meyakinkan dilakukan USG transvaginal tetapi tidak ditemukan apapun alias di layar bayangan itu tidak terlihat.
    Karena DSOG-nya kurang yakin, aku diberi obat pospargin.
    Fungsi obat2 ini buat apa ya?

    Terus terang aja cak, dari awal aku sudah jiper disuruh kuret, udah daftar begitu mendekati jam-nya, yang terjadi kepala pusing sekali yang menyebabkan batal kuret & begitu jauh dari RS-nya aku sehat kembali. :D Dan hal ini sudah 2 x terjadi :) :). Makanya aku ganti DSOG yang bisa memberikan obat saja untuk mengeluarkan sisa jaringan keguguran itu.

    Apakah dengan hanya minum obat2 itu saja bisa meniadakan/membatalkan tindakan kuret?
    Pokoknya selama masih bisa mengeluarkan sisanya dengan obat pasti aku pilih daripada harus dikuret… :)

    Terima kasih mau mbaca & mau menjawabnya..

  70. 70 cakmoki Mei 21, 2009 pukul 8:01 pm

    @ Sierra:
    met malam :)
    Maaf, sy akan menjawab apa adanya ya …
    Menurut saya, mungkin DSOG pertama bener, saat bleeding merupakan bleeding keguguran. Karenanya detak jantung janin gak ada lagi. Dan menurut indikasi medis, kuret merupakan pilihan terbaik. Hal ini didasarkan pada kesehatan si ibu dalam jangka panjang dan kesehatan kandungan. Yg dikhawatirkan adalah adanya sisa konsepsi (sisa plasenta dan jaringan hasil konsepsi lainnya), dimana sisa-sisa tersebut berpotensi menimbulkan perdarahan dan gangguan reproduksi lain di kemudian hari.
    Jadi, kuret yg dianjurkan DSOG pertama merupakan indikasi medis dan merupakan pilihan terbaik. Adapun USG-Transvaginal tidak menyebabkan keguguran.

    Perlu diketahui bahwa keguguran (abortus) terdiri dari beberapa tingkatan, yakni: abortus imminens, insipien, incomplet dan complets. Pada abourtus imminens dan incipiens, darah yg keluar cuma sedikit. Nah pada kondisi ini perlu USG untuk melihat apakah masih bisa dipertahanlan ato engga. Jika pada pemeriksaan USG ga ada lagi detak jantung janin, maka dianjurkan kuret. Begitu bunyi Pedoman Penatalaksanaan pada kejadian di atas.

    Namun, pilihan terakhir ada pada yang bersangkutan, apakah bersedia kuret atau enggak.

    Tentang plasenta, sebenernya udah terbentuk sejak hasil konsepsi ber-nidasi ke dalam rahim. Plasenta tersebut tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan janin. Hanya saja pada tahap awal, bentuknya gak seperti plasenta pada usia kehamilan 3 bulan dan seterusnya.

    Mengenai bisa tidaknya obat-obat meniadakan tindakan kuret, sejujurnya saya gak bisa memastikan.

    Sekali lagi, keputusan kuret atau enggak bagi seorang dokter adalah berdasarkan indikasi medis.

    Semoga sehat selalu … Maturnuwun :)

  71. 71 Sierra Mei 21, 2009 pukul 8:55 pm

    matur nuwun sanget gih cak..
    cak, praktek di mana? kalo di jkt, mau jadi pasien no.1- nya neh..
    pasti. :D :D
    it helps me so much..
    keep in tiuch & jangan bosen2 kl aku tanyain ya.. :D
    Thank you & GBU.

  72. 72 cakmoki Mei 21, 2009 pukul 10:08 pm

    @ Sierra:
    Sami-sami, maturnuwun juga telah berbagi.
    Sy praktek dan tinggal nun jauh di Ndeso ™Palaran di pinggiran Samarinda :) … kali gak ada di peta … hahaha.
    Thanks

  73. 73 heni Mei 26, 2009 pukul 9:11 am

    dear cak dokter yang Moki abiz…

    Makasih udah kasih jawaban atas pertanyaan ku kemaren, nih aku baru ingat…….waktu aku kena mola kemaren kata dokter sakah satu penyebabnya karena aku kekurangan asam Folat, itu betul gak ya, padahal aku dah minum susu untuk ibu hamil lho. Trus sekarang aku mulai minum susu untuk ibu hamil lagi, katanya untuk persiapan mempersiapkan kehamilan. Menurut cak Moki gimana?

    Cak Moki, ternyata praktiknya deket om-ku donk, tapi om-ku guru, di Palaran juga……….ternyata ya ternyata…….kalo ketemu omku salam ya….(kalo kenal hehehehehe)

    Cak ditunggu ya jawabannya, makasih buanyak moga lancar jadi dokternya, n salut soalnya mau praktik di luar jawa…….tp Palaran gimana sekarang, rame kan……….

  74. 74 cakmoki Mei 26, 2009 pukul 12:09 pm

    @ heni:
    Penyebab pasti belum diketahui, tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim (dr.Etisa Adi Murbawani).
    Jadi, semuanya masih dugaan-dugaan … :)
    Kalo soal susu, pada dasarnya sama aja. Begitu juga untuk kehamilan maupun persiapan kehamilan, bedanya hanya sedikit perubahan pada kandungan mineral terutama zat besi dan kalsium.

    Emangnya punya om di Palaran ya … rasanya saya kenal semua guru di sini. Ya gak bisa kirim salam dong, lha nama beliau aja gak tahu, yeeeeeeeee :P
    Alhamdulillah, di sini sekarang udah rame.

  75. 75 heni Juni 1, 2009 pukul 1:01 pm

    OK Matur tengkyu ya cak, infonya sangat membantu, mohon do’anya juga aku bisa hamil lagi (cepet) soalnya udah ngebet punya momongan nih. Oh ya, jadi konsumsi susu hamil pengaruhnya cuma dikit, tapi gak apalah, namanya juga usaha ya gak. alam buat teman-teman cak moki juga yang udah kasih masukan(jawaban) moga sukses, and salam buat smua yang ada di Palaran.

  76. 76 cakmoki Juni 2, 2009 pukul 4:01 pm

    @ heni:
    maturnuwun juga, moga segera dapat momongan :)

  77. 77 conserius Juni 22, 2009 pukul 2:38 pm

    salam kenal cak moki…

    berdasar latar belakang istriku yg kena hamil “anggur” ku mencoba cari tau mbah gugel…apa sih sebenarnya hamil “anggur” itu…ternyata dan ternyata ku menemukan wordpressnya cak moki…wuih..komplik tenan penjelasane.

    critanya begini…istriku divonis dokter..klo hamilnya hamil “anggur” dan disarankan untuk kuret…akhirnya di kuret juga untuk kuret pertama kali tanggal las-lasan bulan juni ini.

    setelah kuret pertama…istriku masih merasakan rasa nyeri di perut n sekitar kema*uan.ini disebabkan apa yah??FYI…setelah kuret..istriku sering over aktifitas.

    tindakan apa yg harus kmi lakukan, biar hamil “anggur” ini bisa tuntas [baca: gak kambuh lagi] dari rahim istriku??sejauh ini istriku sering kontrol per 2 minggu.

    aktifitas apa yg harus dihindari biar gak kambuh??makanan apa yg baek dikonsumsi biar gak kumat lagi tuh “anggur” bila kami ingin punya momongan lagi??

    matur tengyu…mangap bila tulisannya buuuuaaannyyyaakkk.

  78. 78 cakmoki Juni 23, 2009 pukul 4:08 pm

    @ conserius:
    Langkah yg dilakukan selama ini udah oke…
    Kalaupun masih nyeri, dpat menggunakan pereda nyeri, misalnya asam mefenamat 500 mg (merk dagang bebas meilih), diminum 3×1 sesudah makan, hanya sat nyeri saja. Keluhan nyeri tersebut bisa jadi karena spasme (regangan) otot perut bagian bawah yg dipicu oleh aktifitas sehari-hari.

    Tindakan selanjutnya silahkan baca bab Penatalaksanaan.
    Yang penting rajin kontrol untuk monitor kadar HCG dan kondisi rahim.

    Kapan boleh hamil lagi ?
    Bagi wanita yang belum punya anak, dianjurkan memakai alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan selama 1 tahun, dan bagi yang sudah punya anak dianjurkan tidak hamil selama 2 tahun.
    Matur tengkyu juga :)

  79. 79 yulia Juni 30, 2009 pukul 8:15 pm

    lam kenal ya cakmoki

    sy berusia 25 thn,3 bln yang lalu sy dikuret karena kena “mola partialis” baru hari senin kemarin sy kontrol lagi ke dokter kandungan sy dan dinyatakan rahim sy sehat (Alhamdulillah)tapi masih harus KB selama 3 bln kedepan,mau tau dong apa sih mola partialis itu??makasih ya sebelumnya

  80. 80 cakmoki Juli 1, 2009 pukul 1:01 pm

    @ yulia:
    lam kenal juga :)
    ya, emang harus menunda kehamilan sambil monitor pasca kuret.
    Mola partialis maksudnya mola yang ringan dan mudah diobati dan gak perlu menunda kehamilan hingga 1 tahun.
    Moga sehat selalu … Makasih

  81. 81 conserius Juli 30, 2009 pukul 9:47 pm

    matur thanks..atas jawaban yg dulu cak
    sekrang kondisi istri saya sudah membaik..kada B-HCGnya udh turun banyak [kata dokter kami] tapi tetep aja masih positif hamil…ini maksudnya gmn yah??

    biar bener2 bersih dan negatif..langkah apa yg harus kami tempuh??

    matur thanks lagi…:-)

  82. 82 tata' Agustus 31, 2009 pukul 7:14 pm

    hamil anggur tu berbahaya gak kalo untuk penderita hypertensi???

  83. 83 cakmoki September 1, 2009 pukul 12:38 pm

    @ conserius:
    Maaf kelewatan :)
    ah sy juga gak ngerti maksud kalimat “masih positif hamil”. Mungkin maksudnya kadar HCG masih postif (walaupun rendah) seperti layaknya orang hamil.
    Agar bener-bener negatif, diperlukan follow up dan evaluasi hingga sedikitnya 6 bulan.
    Trims

    @ tata’:
    Enggak

  84. 84 tri September 3, 2009 pukul 1:40 pm

    assalamuallaikum…

    saya anak SMA kelas XI,saya ingin tanya soal hamil anggur,,
    jadi,saya punya teman belum lama ini orang tuanya hamil anggur tapi katanya sudah di operasi, dan katanya ibunya gejalanya timbul lagi sekarang-sekarang ini…
    hamil anggur itu bisa menyebabkan kematian gak sich..???
    dan apa bisa tumbuh lagi…???
    tolong jawabannya ya..!!!
    makasih sebelumnya

  85. 85 cakmoki September 3, 2009 pukul 6:07 pm

    @ tri:
    wa’alaikum salam,
    Enggak. Tidak menyebabkan kematian jika diobati sesuai prosedur dan sesuai saran dokter yang merawat.
    Adapun perubahan kearah keganasan sangat jarang terjadi.
    Trims…wass

  86. 86 Dian Noviani Oktober 19, 2009 pukul 1:37 pm

    Aslm Cakmoki…

    Saya boleh ikutan nanya juga kan,,
    Februari 2009 saya sudah di kurek dari mola di badan saya yg tlh berumur kira2 2’5 bln. Berturut2 hingga 2 bln kemudian kadar HCG di darah saya pun terus menurun. 4 bln stlh kurek hingga bln ini( september) haid saya pun kembali lancar,,
    awal bln okt kami(saat berhubungan) tidak menggunakan alat kontrasepsi (kondom) spt biasany, dan hari itu bertepatan hari kemarinny saya selesai mens,,

    Apakah kami berhubungan di masa subur saya yg akan mengakibatkan kehamilan?
    Apakah aman bila saya hamil kembali sedangkan saya di kurek belum setahun lamanya??

    Dan akhir2 ini saya sering mengalami rasa nyeri di perut saya, darimanakah rasa nyeri itu berasal, apakah sedang ada masalah di perut saya pasca hubungan kami 2 minggu yg lalu?

    dan sebagai tambahan, telah 2 minggu ini saya juga rutin mengkonsumsi susu kedelai organik,, apakah ada pengaruhny thd yg sedang saya alami?

    Mohon jawabany,, sebelumny saya ucapkan terimakasih ^_^

  87. 87 cakmoki Oktober 19, 2009 pukul 2:58 pm

    @ Dian Noviani:
    Ass, wr, wb…
    Jika berhubungan intim sehari setelah mens bersih, pada umumnya gak menimbulkan kehamilan.
    Pasca hamil anggur dianjurkan menunda kehamilan selama 1 tahun bagi yang belum punya anak dan 2 tahun bagi yang sudah punya anak.
    Adapun masalah nyeri perut bagian bawah yg dialami, sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikan penyebabnya.
    Mohon maaf, sy gak komen soal susu kedelai organik … :)
    Makasih … Wass

  88. 88 Dian Noviani Oktober 20, 2009 pukul 11:42 am

    Makasi bgt jawabanny Cakmoki ^^

    Setelah saya USG ke Dokter,, spt yg Cakmoki saranin,, lalu hasilny rahim saya telah kosong ^_^ Rasa nyari yg saya alami itu akibat saya kurang minum.. (apa iya? perasaan saya sudah cukup minum air putih)
    lalu kata Dokternya saya sudah boleh langsung hamil lagi. Apalagi siklus mens saya sudah teratur,, sedangkan di banyak artikel disebutkan bahwa sebaikny menunda kehamilan dulu,, saya jadi bingung mana yg benar,,
    Anak pertama saya sudah berumur 8 th,, jadi wajar saja rasanya kami ingin cepat2 menambah momongan lagi ^^ Tapi kami juga ingin yg aman…dan masih saya ada rasa takut. Trims..

  89. 89 cakmoki Oktober 20, 2009 pukul 3:20 pm

    @ Dian Noviani:
    Sy juga ikut bersyukur hasil USG-nya menunjukkan ga ada apa-2.
    Tentang kapan boleh hamil, semuanya bener… panduan pada artikel, termasuk pada artikel ini, adalah panduan yg bersifat umum, sedangkan keputusan kapan boleh hamil (secara medis) dapat ditentukan oleh dokter yg memeriksa secara langsung berdasarkan hasil pemeriksaan dan riwayat penyakit. Adapun keputusan akhir sepenuhnya diserahkan kepada yang bersangkutan.
    Trims

  90. 90 Dian Noviani Oktober 21, 2009 pukul 9:38 am

    Hmmm… Terimakasih Cakmoki atas infony yang telah membuat saya lega ^_^
    Kapan2 saya boleh nanya2 lagi kan? jgn bosen lho sama saya ^_^
    Sukses selalu ya Cakmoki,, Wassalam …

  91. 91 cakmoki Oktober 21, 2009 pukul 11:46 am

    @ Dian Noviani:
    Sama-sama, terimakasih pula telah berbagi ^_^
    Moga sehat selalu … Wass

  92. 92 aprillins Oktober 25, 2009 pukul 10:52 am

    gile sadis juga nih penyakit… kalo cowo ga ada penyakit yang sadis2 gini yah.. kalo cewe ada keputihanlah, hamil anggurlah, kanker payudaralah, kanker rahimlah, kista dan lain lain… tapi kalo cowo penyakitnya ya itu.. suka lirik sana sini.. wkwkwkkwkw..

  93. 93 cakmoki Oktober 25, 2009 pukul 5:07 pm

    @ aprillins:
    ga sadis tuh, kan bisa diobati… Sapa bilang cowo ga ada penyakit yg sadis-2, ada juga lah …. yang Disfungsi Ereksi lah … yang Penyakit Prostat lah …. dan yang lebih serem lagi, menurut statistik cowo lebih cepat mati … hahaha.

    tapi kalo cowo penyakitnya ya itu.. suka lirik sana sini.. wkwkwkkwkw..

    hehehe… bener kaleee …. kalo cewe engga gitu jg ya ? :D

  94. 94 heni Februari 3, 2010 pukul 12:45 pm

    Assalaamu ‘Alaikum cak moki…….

    lama kita gak sharing ya, maklum masa penantian kapan aku hamil lagi setelah kuret terakhir sekitar Oktober 2008 karena mola.

    lama ya, tapi emang sengaja dalam kurun satu tahun kata dokterku aku gak boleh hamil.

    kabar barunya, Januari pertengahan kemarin, aku tes sendiri pake tes instan. Dan hasilnya positif.

    Cak Moki, aku takut banget, tapi juga seneng.
    takutnya, kalau-kalau aku nanti dikuret lagi kaya temenku sudah tiga kali. Trus senengnya, ternyata aku subur juga ya, sebenarnya gampang hamil, tapi ada aja masalahnya.
    cak moki gimana dong, sampai sekarang aku belum berani periksa ke dokter, aku takut banget sama vonis yang tak kuinginkan.

    kalau udh kuret sampai tiga kali, masih bisa hamil lagi gak, trus untuk kasusku ini, yang lagi hamil ini, gimana, apa yang mesti dilakukan?????

    Suwun lo atas masukannya, ditunggu komennya.
    Sukses untuk cak moki dan dokter lain yang kasih masukan

  95. 95 cakmoki Februari 3, 2010 pukul 12:53 pm

    @ heni:
    Assalamu’alaikum…
    Selamat, Mbak :)
    Ternyata cepet banget hamil, hehehe.

    Tentang temen yg kuret 3 kali, sejauh dia subur dan suaminya tokcer, maka bisa hamil lagi.

    Untuk penjenengan, kalu belum berani ke dokter gapapa, ntar kalo udah berani seyogyanya periksa ke dokter untuk memantau perkembangan janin dan ibunya.

    Moga sehat selalu. Makasih…
    Wassalam

  96. 96 heni Februari 4, 2010 pukul 8:43 am

    Assalaamu ‘Alaikum Cak Moki…………

    Matur suwun dukungan dan do’anya.
    Smoga pad kehamilan ketiga ini gak ada apa-apa lagi.
    Makasih sekali lagi, dan sukses buat haring nya.

    Ntar kalo dah ke dokter, pasti deh laporan ke cak moki…….
    Aduh kaya komandan aja…….

    Skali lagi matur suwun.

    wassalaamu ‘Alaikum Wr. Wb

  97. 97 heni Februari 20, 2010 pukul 10:29 am

    Assalaamu ‘Alaiku Wr Wb.
    Apa kabar Cak dokter, smoga selalu baik.

    Matur suwun sebelumnya atas saran dan dukungannya.
    Akhirnya tadi malem aku berani periksa ke SpOg. Dokterku ganti ama yang sebelumnya, maklum aku masih agak sedikit trauma.

    And hasilnya…………….
    Kehamilanku kali ini bagus. Syukurku tak terkira. Awalnya sih aku gak berani liat monitor USG, tapi setelah dinyatakan bagus aku baru berani. Kebayang kan rasanya, dari trauma, stress, jadi seneeeeng banget.

    Cak dokter, makasih ya saran dan masukannya, itu benar-benar menguatkan aku dan suamiku. Makasih and sukses selalu. jangan pernah bosen mendengar curhat pasien jauhmu ya.

    Sukses selalu.
    Salam untuk dokter-dokter relasi yang juga kasih masukan.
    Wassalaamu ‘Alaikum Wr Wb.

  98. 98 cakmoki Februari 20, 2010 pukul 6:13 pm

    @ heni:
    Assalamu’alaikum..
    Kabar baik, mbak.
    Alhamdulillah, saya ikut senang mendengar berita membahagiakan ini.
    Sekali lagi selamat untuk penjenengan berdua dan segenap keluarga termasuk adik kecil yang sedang tumbuh.

    Terimakasih atas support dan do’anya, semoga mbak sekeluarga sehat selalu.
    Wassalam :)

  99. 100 dhee2n April 29, 2010 pukul 3:15 pm

    siang cak moki…mau tanya yah…, biasa nya hamil anggur itu muncul tanda-tandanya pada saat kehamilan berapa bulan/minggu yah..

    trims cak…saya tunggu balasannya..

    =dhee2n=

  100. 101 cakmoki April 29, 2010 pukul 3:50 pm

    @ dheen2:
    Met siang..
    Pada usia kehamilan minggu ke 3 sampai minggu ke 4, sebagaimana tertulis pada artikel :) .. tapi pada umumnya tanda-2 nya dirasakan oleh yng bersangkutan setelah minggu ke empat.
    Makasih

  101. 102 dhee2n April 29, 2010 pukul 4:01 pm

    satu lagi cak moki…itu kekurangan asam folat atau malah kelebihan asam folat yah yang menyebabkan terjadinya hamil anggur…trus tanda2 awalnya apa ya langsung pendarahan bgtu cak…
    trimakasih banyak yah cak n jangan bosan2 klo trima konsultasi dari saya ya cak….

    heheheheh…matursuwun…
    wasalam
    :)

  102. 103 cakmoki April 30, 2010 pukul 2:12 pm

    @ dhen2:
    Sebagaimana artikel di atas:
    Penyebab pasti belum diketahui, tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim (dr.Etisa Adi Murbawani)

    Gejala:
    •Tidak ada tanda-tanda gerakan janin
    •Rahim nampak lebih besar dari umur kehamilan, misalnya terlambat 2 bulan, rahim nampak seperti hamil 4 bulan
    •Keluar gelembung cairan mirip buah anggur bersamaan dengan perdarahan
    Makasih :) … wassalam

  103. 104 neyza Mei 10, 2010 pukul 12:31 pm

    mw tanya,apa telat 2 hari bsa dnyatakan hmil?pdahal kmrn ak tes hsilny negatif…
    gmn ya tip2 biar cpt hmil…
    trima kasih…

  104. 105 cakmoki Mei 10, 2010 pukul 3:49 pm

    @ neyza:
    ukuran hamil bukan semata dilihat dari jumlah hari telat, tapi setidaknya ddengan tes kehamilan. Pada umumnya tes kehamilan dilakukan setidaknya setelah 7 hari telat.
    Gak ada tips khusus agar cepet hamil. Yang penting enjoy …. :) Kalo keduanya (suami-istri) gak ada gangguan, nisacaya akan hamil.
    Makasih

  105. 106 meri Juli 2, 2010 pukul 8:22 pm

    emmm….aku baru telat 2 bln 28 hari dan ini kali pertama aku hamil ….kl begitu besok ke dokter sering2 cek kehamilan …biar aman …

  106. 107 cakmoki Juli 3, 2010 pukul 1:51 am

    @ meri:
    bener :)

  107. 108 chi-chi Juli 7, 2010 pukul 10:14 pm

    penderita hamil anggur jika sudah dikuret,apakah pasti bisa hamil normal??????

  108. 109 cakmoki Juli 8, 2010 pukul 2:16 am

    @ chi-chi:
    Bisa hamil !!!! Kepastian hamil normal atau tidak normal, tidak ada satupun yang bisa menjamin.
    Makasih

  109. 110 putri Juli 12, 2010 pukul 9:01 pm

    malam cak moki……..aku berumur 24 tahun.10 bln lalu aku hamil untuk pertama kalinya.resanya senang sekali.tapi dibulan yang ke-2 ada darah yang keluar di “V’ aku.langsung saja aku kaget dan memeriksakan kedokter kandungan,dan setelah di USG ternyata aku hamil anggur.
    baru kali itu aku mendengar yang namanya hamil anggur.aku langsung dikuret.dan hasil Lab nya menyatakan Mola hidatidosa(ga tau nulisnya benar / salah).
    aku dikasih obat Folapus, lefloksasin, dan yang satu lg mensipox.
    kata dokternya 3 – 4 bln lg reproduksiku bisa kembali normal dan bisa hamil lagi, tapi dengar2 kalau hamil anggur kita harus menunggu kira2 1 tahun untuk hamil lg.
    alhasil aku coba lakuin buat ga hamil duluan,tapi aku ga pake KB.
    tapi masalah yang timbul kali ini yaitu aku mengalami keputihan yang sangat mengganggu aku cak.
    apalagi setelah aku Haid,daerah “V’ ku gatal sekali bahkan sampai terdapat gumpalan putih seperti keju.
    sampai aku coba masukkan jariku kedlmNya.banyak terdpat gumpalan putih.aku coba menyembuhkannya dengan memakai bethadine feminime.gumpalan agak mengurang tapi tidak hilang.
    aku takut sekali cak.aku harus bagaimana?
    apakah keputihan ini ada hubungannya dengan hamil anggurku dulu?
    dan apakah keputihan itu berbahaya.maaf ya cak aku bicara terlalu panjang lebar,semoga cak moki bisa membantu saya.

  110. 111 heni Juli 14, 2010 pukul 11:56 am

    Assalaamu ‘Alaikum Cak Moki
    Sudah lama ya gak ketemu lewat blog ini. Moga Cak Moki dekaka sehat selalu and senantiasa bisa jawab pertanyaan dari kami pasien-pasien gratisan ya. Tapi Makasih buanget lo, ilmunya bermanfaat buat kita-kita yang tidak tau apa-apa masalah kesehatan ini.

    Untuk ibu-ibu yang mengalami hamil anggur jangan khawatir, kalau-kalau ndak bisa hamil. itu cuma isu bin gossip. Aku juga dulu kena Mola, and sekarang sudah hamil sekitar 7 bulan.

    Emang sih khawatir itu ada, tapi yang penting tetep doa dan berusaha. Jangan lupa patuhi nasihat dokter. Aku dulu juga disarankan untuk tidak hamil selama 1 tahun, dan aku ikut anjurannya. Nyatanya sekarang juga bisa hamil. Jangan lupa tetap berserah pada Tuhan.

    Untuk cak Moki and friend, makasih banyak. Jawaban san srannya sangat membantu. Semoga Sukses ke depannya.

    Wassalaamu ‘Alaikum Wr. Wb.

  111. 112 cakmoki Juli 14, 2010 pukul 2:23 pm

    @ putri:
    Pada dasarnya, pasca hamil anggur diperkenankan hamil lagi setelah 1 haun sebagaimana tertulis pada artikel di atas bab: ” Kapan Boleh Hamil Lagi ? ” … ukuran tersebut bersifat umum. Keputusan kapan boleh hamil lagi ditentukan oleh dokter yang mememeriksa.
    Jika dokter yg melakukan kuret mengatakan boleh hamil lagi setelah 3-4 bulan, hal itu tentu didasarkan kondisi klinis sesuai pemeriksaan beliau.

    Tentang keputihan gak perlu kuatir.. kemungkinan gak ada hubungannya dengan hamil anggur. Untuk mengetahui penyebanya sangat mudah, yakni dengan periksa Sekret vagina di Laboratorium Klinik setempat. Dalam 1-2 jam sudah diketahui hasilnya. Obatnya disesuaikan dengan hasil pemeriksaan Sekret vagina. Andaikata disebabkan jamur, maka diobati anti jamur. Jika disebabkan kuman, maka diobati dengan antibiotika. Jika disebabkan parasit, maka diobati dengan jenis parasitnya (trichomonas).. dan jika disebakan oleh lebih dari 1 jenis mikro-organisme, maka diobati dengan obat kombinasi… Mudah kan ? :)

    Sekilar tentang keputihan, silahkan download brosur sederhana yg saya buat, pada link berikut ini:
    http://www.box.net/shared/z5s1h3xf8s

    Sedangkan selengkapnya tentang keputihan, silahkan baca artikel tentang keputihan di Blog ini dengan menuliskan Keputihan pada kolom pencari di sidebar sebelah kanan halaman Blog.

    Makasih

    @ heni:
    Assalamu’alaikum …
    Makasih share-nya Mbak … alhamdulillah, saya ikut bersyukur .. saya percaya, support penjenengan untuk penderita Mola yang lain sangat bermanfaat.
    Moga sehat selalu

    Wassalam

  112. 113 hafid Agustus 12, 2010 pukul 3:00 pm

    dear..
    mo numapang sharing nih..hamil anggur bs kambuh lg gak..??

  113. 114 cakmoki Agustus 13, 2010 pukul 12:01 am

    @ hafid:
    Hamil anggur bukan penyakit kambuhan, namun bisa saja terjadi lagi kalo pencetusnya gak ditanggulangi. Untuk itu diperlukan kontrol teratur ke DSO agar dapat dimonitor kondisi organ reproduksi.
    Makasih

  114. 115 ichis Agustus 16, 2010 pukul 3:28 am

    saya pernah kuret karena hamil anggur… pernah hamil tp anak saya pengen lahir sebelum waktunya, jd dia lahir ketika usia kandungan 5bln shg dia meninggal setelah 3jam. lalu saya KB, setaon pas saya copot, langsung dung lg… nah kali ini saya di vonis mola krn janin gak berkembang. apa mgkn krn pengaruh hormonal KB suntik cak? lalu setelah kuret saya lgsg hamil lg tanpa ada masalah kecuali anak saya lahir beratnya 4,75kg ha.ha… wah2 mgkn dilempar kolor dah bs hamil ya…
    jd jgn takut bila ada yg kena mola..
    betul to cak dokter moki?

  115. 116 cakmoki Agustus 16, 2010 pukul 3:12 pm

    @ ichis:
    Penyebab pastinya belum diketahui (idiopathik), kalo pencetusnya bisa beragam, namun saya belum menemukan referensi yang menyebutkan faktor hormonal sebagai salah satu pencetus.

    wah…bener…makasih telah ikut memberikan semangat bagi yg lain.
    Saya sependapat dengan penjenengan, kalo emang keduanya subur, mgkn dilempar kolor dah bs hamil :D

    Maturnuwun

  116. 117 Jabon Agustus 28, 2010 pukul 11:51 am

    oh ternyata seperti itu ya .. terimaksih ya melalui blog ini saya mnjadi banyak tau … .

  117. 118 cakmoki Agustus 28, 2010 pukul 5:51 pm

    @ Jabon:
    Sama-sama

  118. 119 sha xheya September 8, 2010 pukul 1:03 pm

    setelah baca dan sedikit tau tentang hamil anggur tersebut, saya jadi merasa takut untuk hamil, secara jadi cewe tuh banyak bangettt yang harus diperhatiin n dijaga.

  119. 120 cakmoki September 9, 2010 pukul 5:59 pm

    @ sha xheya:
    gak segitunya lah…. semua orang yang hidup, tentu mengahadapi banyak hal, termasuk penyakit…masa kita lantas takut hidup gara-gara takut ama penykit ?

  120. 121 ndutyke Oktober 28, 2010 pukul 9:46 pm

    wuah serem ya? naudzubillah, gn sampai saya kena hamil anggur deh. pasti bakalan sedih banget, udah positif segala macem, gak taunya bukan hamil tp hamil anggur.

    trims info-nya, cak!

  121. 122 cakmoki Oktober 28, 2010 pukul 11:48 pm

    @ ndutyke:
    Makasih juga atas kunjungannya :)

  122. 123 Ricci November 1, 2010 pukul 12:48 am

    Ass.cak…1th yg lalu sy d vonis mola smp d kuret 2x dan d kemoterapi 3 seri…alhamdulillah,stlh kontrol hcg terus,akhirnya april’10,hcg sy sdh normal..trus dktr suruh sy ga blh hamil dl slm 1 th.skr sy lg d terapi hormon utk mengatur siklus haid sy yg panjang lbh dr 40hr & darahnya sedikit.yg ingin sy tny,klo sy mo program hamil lg,perlu tes tokso,rubela,dll ga?krn ada yg blg jg,hamil anggur penyebabnya dr tokso,rubela,dll..bener ga tuh cak?makasih lho,buat jwbnnya..sukses slalu buat cakmori

  123. 124 cakmoki November 1, 2010 pukul 2:02 pm

    @ Ricci:
    wa’alaikum salam…
    Boleh tes TORCH sebagai langkah prevensi.
    Penyebab Hamil anggur hingga kini belum diketahui… jadi, kalau ada yang bilang gitu, mungkin hanya pendapat yg bersifat individual.

    saya copy paste… sebagian artikel di atas yaaa..
    Hamil anggur atau Mola hidatidosa dapat terjadi karena:

    •Tidak adanya buah kehamilan (agenesis) atau adanya perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan, pada usia kehamilan minggu ke 3 sampai minggu ke 4.

    •Aliran (sirkulasi) darah yang terus berlangsung tanpa bakal janin, akibatnya terjadi peningkatan produksi cairan sel trofoblas (bagian tepi sel telur yang telah dibuahi) .

    •Kelainan substansi kromosom (kromatin) seks.
    Ingat ya, yang di atas ini adalah perjalanan penyakit (dalam bahasa medis disebut patofisiologi)

    P e n y e b a b
    Penyebab pasti belum diketahui, tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim (dr.Etisa Adi Murbawani)


    Makasih
    Wassalam

  124. 125 radhiaty November 7, 2010 pukul 8:57 pm

    Assalamu’alaikum…. cak moki. Alhamdulillah akhirnya saya ketemu blog

    ini, sangat bantu dan support saya banget. Secara saat ini saya sedang

    menunggu untuk di kuret hari selasa tgl 9 Nov 2010 karena mola

    hidatidosa. Mau share aja nih cak, usia kandungan saya ini baru 7

    minggu. Saat cek pertama ke DSOG ke-1, janin belum terlihat diliat dr

    hasil USG (saat itu kandungan saya berusia 5 minggu). Trus disuruh dtg

    2minggu lg, tp sblm 2 minggu ada flek coklat, akhirnya krn panik saya

    langsung ke DSOG 1 lagi. Dan saat itu diperiksa melalui transvaginal,

    dan hasilnya kata dokter aneh. Hamilnya ga bagus katanya dan hrs

    dikuret. Disitu saya langsung shock,pusing,lemes,pgn pingsan

    dengernya. Trs dikasih obat buat dipake di vagina sblm dikuret. Tp

    saya dan suami, mencoba second opinion, cari DSOG ke-2. Dan diperiksa

    melalui transvaginal lg dan jawaban dokter sama hrs dikuret. Dan smw

    dokter ga da yg tau alesan pastinya knp bs terjadi mola. Akhirnya,

    saya browsing2 di internet, smw dijelasin di bbrp artikel. Sehari sblm

    saya dikuret, saya dpt info dr tmn katanya,ada yg ga perlu dikuret

    cuma minum obat aja. Jujur sebernya saya blm siap utk dikuret, takut

    bgt denger namanya aja udah syerem. Jd saya lbh milih klo bisa pake

    obat mending pake obat aja deh. Alhasil, saya coba datengin DSOG ke-3,

    dan analisanya sama yaitu hrs dikuret jg. Krn ini case nya mola, bukan

    BO. Kalo BO katanya baru bs pake obat. Yadah akhirnya saya pasrahin

    aja semuany, mungkin ini yg terbaik yg Allah kasih klo emang hrs

    dikuret. Saya mau tanya,dikuret itu sakit ga ya? *jujur saya takut

    bgt* Trs persiapan sblm dikuret itu sprt apa? Katanya dimasukin obat

    di dalem vagina kita, bener ga sih? Trus kata dokter jg emg ga boleh

    hamil slm 1 thn dlu dan baru boleh berhubungan dg suami stlh 3bln

    habis dikuret. Jadi harus KB donk? KB apa yg cocok ya cak dokter? Krn

    ini kehamilan pertama saya, jd saya blm pernah merasakan melahirkan.

    Maaf bgt jd nya curhat panjang nih cak. Saya butuh support dan advise

    dr cak moki? Matur suwun….

  125. 126 cakmoki November 8, 2010 pukul 3:21 pm

    @ radhiaty:
    Wa’alaikumsalam…
    Kuret adalah tindakn medis yang sederhana dan ringan… tujuannya untuk membersihkan penyakitnya sekaligus agar rahim kembali fresh, sehingga nantinya siap untuk hamil lagi.
    Gak perlu khawatir, kuret tidak sakit dan tidak seseram yang didengar dari orang :D
    KB yang paling cocok adalah yang paling nyaman digunakan oleh masing-masing akseptor.. Pilihannya: kondom, Pil KB dan suntik KB..
    Semoga segera pulih.
    Maturnuwun.
    Wassalam

  126. 127 Ricci November 9, 2010 pukul 1:19 am

    Ass dok…sy lg terapi cyclo progynova buat mengatur siklus haid kt dktr sy buat 2x siklus.apakah slm mengkonsumsi cyclo progynova sy bs hamil ga ya?krn kt dktr d tunda dl smp selesai terapi 2 siklus dp cyclo nya.
    Trimakasih dok atas jwbnnya.wass

  127. 128 cakmoki November 9, 2010 pukul 2:32 pm

    @ Ricci:
    Wa’alaikum salam…
    Engak dong… sebagaimana penjelasan DSOG, selama minum obat tersebut gak bisa hamil soalnya masih dalam pengaruh hormonal untuk pengaturan siklus haid.
    Ntar kalo udah siklusnya teratur sesuai harapan, barulah bisa hamil.
    Makasih
    Wassalam

  128. 129 Radhiaty November 21, 2010 pukul 3:29 am

    Assalamu’alaikum wr.wb. cak moki… Alhamdulillah saya sudah melakukan kuret dan berjalana lancar. Bener kata cak moki, emg dikuret itu ga sakit krn kita dibius total jadinya ga berasa. Tapi justru sakitnya sblm dikuret, krn dikasih obat yg diminum dan melalui vagina, dan mengalami kontraksi hebat krn kata dokter utk ngebuka rahim. Yowess… saya melalui tahap demi tahap itu. Yg ingin saya tanyakan cak,,, gmn caranya yah supaya hamil anggur itu ga terjadi lg pd diri saya? Apa yg hrs saya lakukan? Dan kpn sebaiknya utk bs hamil kembali? Terima kasih cak…

  129. 130 cakmoki November 21, 2010 pukul 11:43 am

    @ Radhiaty:
    Wa’alaikum salam…
    Alhamdulillah.
    Hamil anggur tidak diketahui sebabnya, sehingga tidak ada cara khusus untuk menghindarinya.
    meski begitu, sebagimana tertulis di artikel ini pada bab angkla kejadian, dianjrukan untuk kontrol teratur saat hamil.

    Adapun tentang kapan boleh hamil lagi, bagi wanita yang belum punya anak, dianjurkan memakai alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan selama 1 tahun, dan bagi yang sudah punya anak dianjurkan tidak hamil selama 2 tahun.
    Makasih
    Wassalam

  130. 131 nai Desember 4, 2010 pukul 8:53 pm

    Hello cak dokter,

    Saya nikah okt (HPHT 27 or 29 sept), tanggal 4 nov positif hamil. Seneng banget ga nyangka cepet bener. Eh tanggal 6 nov mulai flek2 terus terusan. tapi sampe 5 minggu, 7 minggu ga ada apa2 di uterine wall nya. Pas 18 nov dsog saya suruh tes urin setelah transvag u/s lagi tetep kosong. Kalau negatif udah keguguran atau BO, kalau positif mola. Positif. Dia suruh kuret. Saya ganti dokter (soale kesannya buru2 amir.. Meski dsog saya profesor).

    Nah flek dan kosong itu berlanjut, dsog baru bilang bukan mola karena ga ada snowstorm/honeycomb di rahim saya. Ga ada juga gambaran tropoblast. Setelah bolak balik ke dsog baru yang ramah ini, bolak balik transvag us sampe rada trauma liat monitor u/s, plus tespack di rumah berkali-kali (tanggal 1 des masih dark positive dan endometrium nambah ke 26cm dari 22cm dua hari sebelumnya) tanggal 2 des kemarin saya haid. Masya allah sakitnya. The worst cramp I’ve ever had in my life. Baru kali itu saya teriak2 sakitnya.

    Dokter bilang abortus spontan. Tadi diperiksa endometriumnya dah menciut ke 17cm

    Pertanyaan saya: apakah yang saya alami? Kok bisa ya haid padahal sehari sebelumnya masih positif (dark positive ya bukan samar). Apa ini chemical pregnancy? Setau saya kalau chemical pregnancy luruh sendiri di minggu ke 5-6 ga bakal berlarut-larut ampe minggu ke 9 gini. Apa jangan2 saya mola? Karena hcgnya masi tinggi meski deket haid (eh apa itu bukan haid tapi keguguran?)

    Kemarin ada keluar gumpalan sedikit. Saya ga yakin itu jaringan apa darah, tapi dah dibawa suami ke rs untuk diperiksa lab patologinya. Ga keluar buliran kek anggur sih

    Dokter kasi pospargin/metargin sekarang katanya untuk bersihin

    Ini bakalan affecting future pregnancies ga ya? Terus.. Kasus saya ini apa dan penyebabnya apa ya

    Terima kasih banyak ya cak dokter. Maaf panjang banget

    Semoga kebaikan cak dokter dibalas Tuhan dengan kebaikan berlipat

  131. 132 cakmoki Desember 5, 2010 pukul 12:07 am

    @ nai:
    halo juga :)
    Menilik kronologinya dimana gak ada gambaran tropoblast, gak ada honeycomb, kemungkinan abortus complete.
    Jika benar, penyebabnya bisa oleh berbagai faktor. DSOG yang meriksa tentu lebih tahu. Kalo beliau gak bilang apa-2, berarti gak ada kelainan organ reproduksi.
    Namun untuk memastikan kondisi rahim, gak ada salahnya kontrol setelah obat habis.
    Andaikata ketika kontrol berikutnya rahim udah benar-benar bersih dan kembali normal, gak akan mempengaruhi kehamilan berikutnya.

    Moga sehat selalu.
    Makasih

  132. 133 Nai Desember 5, 2010 pukul 9:03 am

    Hello Cak dokter

    Makasi banyak ya atas balasannya. Ya dokternya si bilang organnya ga ada yang salah. Ya sud terima saja jadi stat 30 persen kehamilan berakhir di miscarriage

    Makasih ya

    Wassalamualaikum

  133. 134 cakmoki Desember 5, 2010 pukul 3:23 pm

    @ nai:
    Makasih juga telah berbagi :)
    Wassalam

  134. 135 Radhiaty Desember 12, 2010 pukul 5:15 pm

    Assalamu’alaikum cak moki… Udah lama jg ga buka blognya cak moki. Mau sharing lg nih cak, jgn bosen2 ya dengerin curhatan kita2. Hehe..maklum msh sdkt pengalaman nih. Mau tanya cak, kapan ya boleh berhubungan intim dg suami pasca dikuret akibat mola??? FYI,saya udah sebulan yg lalu dikuretnya dan smpe skrg blm berani melakukan hubungan intim. 2 minggu pasca kuret, saya kontrol lg ke dokter stlh diperiksa katanya gelembung2 nya msh ada sdkt, msh ada sisa2nya. Koq bisa ya cak? Padahal kan udh dikuret, bukannya harusnya udh bersih ya??? Akhirnya saya dikasih obat lg utk bersihin rahim dan dsruh cek B-HCG nya. Oia, Hasil lab saya didiagnosa mengidap mola partialis, katanya sbnrnya ada janin tp ga berkembang akibat adanya mola tsb dan lama kelamaan janin tsb mati. Oia cak, dr bbrp artikel yg saya baca katanya mola itu trjd krn pembuahan yg tdk sempurna, jadi katanya 2 sperma membuahi 1 ovum. Bener ga ya cak?? Makasih byk ya cak atas jawaban nya nanti. Wasalam….

  135. 136 cakmoki Desember 12, 2010 pukul 6:25 pm

    @ Radhiaty:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Kalo udah gak ada keluhan, boleh melakukan hubungan intim.
    Logikanya, pasca curet mestinya bersih, namun bisa saja masih ada sisa … seperti halnya kita menendok nasi, kadang ada sisanya karena berbagai faktor.

    Terjadinya mola , sebagaimana tertulis di artikel, adalah sebagai berikut:
    Hamil anggur atau Mola hidatidosa dapat terjadi karena:

    * Tidak adanya buah kehamilan (agenesis) atau adanya perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan, pada usia kehamilan minggu ke 3 sampai minggu ke 4.

    * Aliran (sirkulasi) darah yang terus berlangsung tanpa bakal janin, akibatnya terjadi peningkatan produksi cairan sel trofoblas (bagian tepi sel telur yang telah dibuahi) .

    * Kelainan substansi kromosom (kromatin) seks.

    Penyebab mola hingga kini belum diketahui.. kalaupun ada yang menulis sperti itu, mungkin hanya pendapat pribadi penulisnya, gak bisa dijadikan dasar karena ilmu kedokteran harus berbasis evidence.
    Makasih
    Wassalam

  136. 137 tika Desember 16, 2010 pukul 1:00 pm

    Assalammualaikum
    aq tika aq baru di kuret sekitar 1 minggu yg lalu, kenapa rasa mules nya masih ada ya?
    memang klo hamil anggur setelah kuret karus kuret ulang ya?

  137. 138 cakmoki Desember 16, 2010 pukul 2:13 pm

    @ tika:
    Wa’alaikum salam…
    Kadang emang masih terasa mules karena spasme (kencang) pada otot-otot penyangga organ reproduksi. Biasanya dokter membekali dengan obat pereda mules, misalnya: Buscopan Plus, dan sejenisnya.
    Gak harus kuret ulang, kecuali kalo belum bersih dengan sekali kuret.
    Makasih
    Wassalam

  138. 139 nai Desember 18, 2010 pukul 9:47 pm

    Cak moki,
    Hello lagi

    Episode saya ternyata belum berakhir di spontaneous abortion!

    Setelah dibilang chemical pregnancy, terus mola terus karena menstruasi dibilang spontaneous abortion, hari minggu malam 12 dec perut saya sakit luar biasa, terus mual luar biasa, muntah2 ga lama keringat dingin banjir, perut berasa kram hebat, pusing banget. Ga bisa jalan kaki digerakin dikit spasm di perut

    Setelah susah payah dibawa ke mobil (untung ada kursi roda) midnite dibawa ke rs, ugd bilang kolik. Di situ dah sukar napas, hb turun ke 10, bp 70/40. Ga bisa pipis tapi bisa pup. Mulai dari jam 3 spasm hebat tiap 2 menit.

    Jam 7 usg transvag dengan penuh kesakitan karena ga bisa atur napas dan badan disentuh dikit aja udah soakit banget. Disuruh pipis ga bisa, akhirnya dengan penuh perjuangan kateter. Masih positif hamil.

    Jam 10 emergency laparatomy dan ternyata oh ternyata… Ektopik di tuba kiri dah sudah rupture! Jadilah saya di salpingectomy tuba kiri huhuhuhuhuhu

    Gila yah! 4 dsog dari minggu ke 6 (kurang parno apa saya nemuin 4 dsog), ga ada yang bisa detect. Kata dokter yang operasi saya (make him dsog no 5), letak rupturenya memang sangat tersembunyi

    Huhuhuhu sedih banget.

  139. 140 nai Desember 18, 2010 pukul 10:21 pm

    Oh iya lupa.. Kemarin internal bleedingnya keknya mayan parah. Mungkin karena darah saya yang encer (saya O pos dan suka minum fish oil) jadilah hb saya di akhir operasi tinggal 4 (gubrax)

    Saya sempet tanya dokter apa saya sempet hypovolemic shock dia bilang si enggak…. Tapi hb 4 getu…

  140. 141 cakmoki Desember 19, 2010 pukul 12:01 am

    @ nai:
    Hello :)
    Ternyata oh ternyata ….
    Pada kasus kehamilan ektopik dimana letaknya tersebunyi, sulit terdeteksi kecuali ketika rupture yg ditandai dengan keluhan seperti yg penjenengan alami. Nyeri hebat disertai penurunan Hb dan tensi.
    Dapat dimaklumi kenapa sebelumnya beda-2.
    Sungguh, ini sangat bermanfaat untuk kita semua, terutama para ibu.
    oiya … hb 4 gak mesti hypovolemic shock.
    Moga segera pulih kembali.

  141. 142 ricci Desember 21, 2010 pukul 10:07 pm

    Ass.cak moki…sy mau tny lg niy…sy udh minum obat pengatur siklus haid “cyclo progynova” selama 3 siklus…trus berat bdn sy semakin naik,sy mrasa susah utk kontrol pola mkn sy,bs d katakan nafsu mkn sy bertambah cak,apa ini pengaruh dr obat cyclo yg sy konsumsi bs bkin gemuk gitu?lalu dktr sy blg,stlh siklus yg terakhir siklus 3,lalu pas saat haid,sy mau d suntik hormon,fungsinya apa ya cak suntik hormon itu?apa suntik hormon bisa bkin gemuk jg?krn susah skali sy menurunkan berat bdn cak.mohon pencerahannya cak…terimakasih atas jawabannya…wass.sukses slalu buat cak moki

  142. 143 cakmoki Desember 22, 2010 pukul 12:29 pm

    @ ricci:
    Wa’alaikum salam…
    Obat Hormonal, diminum atau suntikan, dapat mempengaruhi Berat Badan, yakni bisa naik dan bisa juga turun.
    Mengingat bahwa penggunaan cyclo progynova baru berlangsung 3 bulan, pengaruhnya kecil. Kemungkinan penambahan berat badannya karena sebab lain :D
    Makasih
    Wassalam

  143. 144 benben Februari 11, 2011 pukul 9:39 am

    salam kenal dokter cakmoki.. terima kasih atas info pentingnya mengenai hamil anggur ini, sungguh sangat membantu..
    saya ingin menambahkan pengalaman pribadi saya sekaligus ingin minta pendapat dokter..
    sudah 8 thn saya menikah setahun yll saya BO dan dikuret.. bulan desembel lalu saya dpt haid pd harinya tp sehari kemudian bersih lg, kemudian besoknya keluar darah lg, dan bersih lg, sy periksa pake test sendiri di rmh ternyata positif.. krn khawatir pagi itu jg sy jumpa dokter.. dokter bilang klo test positif artinya anda hamil tp usg belum nampak apa2.. saya diberi obat penguat diharus makan 4tablet sekaligus dan seterusnya 3x sehari merk duphaston dan asam folat 1x sehari.. seminggu kmdn jumpa dokter hasi usg sudah nampak kantung kehamilan, karena dalam seminggu masih ada keluar flek2 darah maka dokter masih memberikan obat yang sama plus obat penguat trasn’V’ pada waktu malam.. merk cygloscys selama 2 minggu.. namun dalam waktu 12 hari saya mengalami pendarahan banyak sekali hingga mesti dirawat di ugd namun hasil usg kantung hamil masih bagus dan janin dah berbentuk terlihat bentuk kepala dan kaki serta serat putih sepertinya tulang rusuk dibadannya.. saya diberi penguat lagi 4 tablet sekali makan saat itu juga.. namun hasil usg janin tak ada terdeteksi jantung.. akhirnya dokter memberi saran utk menunggu 1 minggu lg untuk melihat perkembangannya.. setelah satu minggu kemudian saya datang lg hasil usg janin sudah tidak berbentuk walau kantung masih ada.. dokter bilang harus dikeluarkan dikuret atau tunggu keluar sendiri.. karena saya ada pengalaman satu tahun yll dikuret maka saya memilih utk mencoba agar keluar sendiri.. dokter bilang akan membutuhkan waktu agak lama katanya mungkin dalam seminggu.. dalam seminggu itu saya banyak berolah raga, tracking, naik turun tangga, aerobic, jg berenang namun saya masih merasakan mual hingga susah makan dan minum namun tetap saya paksakan tapi tak kunjung keluar hanya bleeding sekali2 saja.. akhirnya 10 hari kemudian krn cuti umum saya baru bisa bertemu dokter kembali.. hasil usg dinyatakan kantungnya bertambah besar dan harus dikeluarkan segera.. dokter menyatakan kemungkinan mola dan hasil cek darah hormon saya 75.000 padahal katanya batas normalnya tidak boleh lebih dari 5.. saya lesu mendengar penjelasan dokter tentang mola ini yang bisa menjadi ganas.. Bagaimana bisa terjadi mola dlm waktu 10 hari padahal sebelumnya hamil saya dinyatakan bagus? apakah karena obat penguat? Saat ini saya sudah dikuret dokter bilang pendarahannya sangat banyak.. saya menunggu hingga minggu depan untuk cek hormon lg.. saat ini perut saya masih agak besar dan kalo sehabis makan suka tegang perutnya.. kadang saya merasakan sakit di ngilu di suatu titik dalam tubuh dan berpindah2.. mohon pendapat dan saran dari dokter..
    terima kasih sebalumnya

  144. 145 cakmoki Februari 12, 2011 pukul 5:37 pm

    @ ben-ben:
    Makakasih atas kronologinya yang sangat lengkap.
    Menurut saya, tindakan dokter tersebut adalah panduan baku untuk panatalaksanaan perdarahan dan Mola sebagaimana penjelasan pada artikel di atas.
    Mola tidak terbentuk dalam 10 hari tapi sejak terjadinya kelainan pertumbuhan janin… hanya saja kerap tidak terdeteksi melalui USg jika masih minimal. Sebagian besar mola bersifat jinak.

    Pasca kuret, follow up dilakukan seminggu sekali hingga kadar hormonal normal, kemudian 1 bulan sekali hingga 6 bulan berturut-turut.
    Adapun keluhan yang dirasakan saat ini sebaiknya disamapaikan ke DSOG saat kontol minggu depat agar diberikan obat yang tepat sesuai hasil pemeriksaan beliau.
    Untuk saat ini ridak ada saran khusus karena apa yang penjenengan lakukan selama ini sudah benar.
    Moga segera pulih kembali.
    Makasih

  145. 146 sari Februari 19, 2011 pukul 12:38 pm

    salam sejahtera cak moki
    langsung aja saya mo konsultasi dikit
    gini nih cak moki…HPHT saya tgl 12 januari 2011. tgl 8 feb’11 dari vagina (maaf jorok) saya keluar lendir trus di susul dengan adanya flek kadang warnanya coklat muda kadang coklat agak gelap kadang kuning..sampe sekarang (tgl 19 feb’11) miss V saya masih mengeluarkan flek begitu..saya udah 2x tespack tapi hasilnya negatif, saya lom berani ke dokter karna takut nanti bikin stress. oya haid saya juga gak teratur sih..itu kira2 haid ato apa ya? kenapa setiap hari keluar flek bukannya darah haid?
    mohon bantuannya cak moki..trims

  146. 147 cakmoki Februari 19, 2011 pukul 12:54 pm

    @ sari:
    Salam sejahtera,
    Flek tersebut dapat disecbabkan oleh banyak faktor.
    Tersering adalah gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance) yang dipicu oleh: kelelahan fisik dan psikis, cemas, stress, dll.
    Untuk memastikannya sebaiknya periksa ke dokter (DSOG) sehingga dapat diketahui penyebabnya dan diberikan obat yang tepat.
    Moga gangguan tersebut segera teratasi :)
    Makasih

  147. 148 Radhiaty Maret 6, 2011 pukul 8:30 pm

    Assalamu’alaikum cak… Pa kbr nya? Mudah2n sehat sllu. Kira2 udh 2 bln blm sempet sharing lg nih sm cak moki. Oia, cak.. pasca kuret qu di bln nov 2010 aq sllu follow up 2 minggu sekali ke dokter dan dikasih vitamin trs. Dan alhmadulillah, kadar B-HCG qu turun terus, menurut dokter sih tunggu smpe 3x menstruasi baru boleh planning utk hamil lg. FYI, skrg ini udh 2x menstruasi jd tinggal nunggu 1x mens lg baru balik ke dokter utk program hamil lg. Jadi totalnya psca kuret 6bln baru boleh program hamil lg. Nah,,,, sbnrnya saya msh bingung apakah saya hrs nunggu 1 thn (menurut artikel2 yg saya baca) atau 6bln ya cak..? Kayanya lama bgt kalo nunggu 1 thn. Hehehe… udh kepengen bgt pny momongan nich. Soalnya jujur aja saya takut bgt kalo kena mola lg. Katanya yg saya pernah dnger dan baca, mola bs kambuh dan berulang2. Bener itu ya cak? Makasih cak atas jawabannya.

  148. 149 cakmoki Maret 6, 2011 pukul 10:05 pm

    @ Radhiaty:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    Jarak 1 tahun adalah pedoman yang bersifat umum. Adapun yang paling berwenang menentukan jarak untuk program kehamilan adalah DSOG yang merawat selam ini.
    Moga program tersebut berjalan lancar dan sehat selalu… amiiin
    Wassalam

  149. 150 penyesalan April 18, 2011 pukul 6:33 am

    assalamualaikum dok
    maaf pertanyaan saya agak menyimpang
    saya laki2 umur 21 thun ingin bertanya apakah klo cew menelan sperma bisa hamil???
    krn sprti yg anda tw si dy menunjukkan tanda2 hamil padahal kmi cm oral saja tidak berhubungan seks??
    dan dgn tdak berharap si dy terkena hmil anggur ini apakah bisa terjadi??
    krn bru 2 mggu setelah sy cuti dy menunjukkan tanda2 hamil??
    dan saat si dy diinjak2 adek krn pegal d bgian prut terasa ad yg mengganjal sprt ad sesuatu mnurut si dy
    apakah itu janin??
    bknkah menurut artikel yg sy bc janin brumur 5 mggu sja bru brukuran 1,27mm???
    tlong bantuanx
    sy dy akn sgra sy nikahi tp mnuggu cuti selanjutx
    klw dokter menggangap si dy trkna hmil anggur ini akan sy percepat cuti saya
    terima kasih

  150. 151 cakmoki April 20, 2011 pukul 4:44 am

    @ penyesalan:
    wa’alaikum salam,
    kehamilan tidak terjadi dengan menelan sperma di mulut :D
    Untuk mengetahui penyebab tanda-2 yg disebutkan di atas, harus periksa ke dokter, tidak bisa menduga-duga hanya lewat tulisan.
    untuk itu, silahkan periksa ke dokter terdekat.
    makasih
    wassalam

  151. 152 penyesalan April 21, 2011 pukul 7:40 pm

    makasih dok akan segera dilakukan

  152. 153 asti April 22, 2011 pukul 2:53 am

    asalamualaikum
    mau tanya lagi ni dokter…

    gini dok…
    24 maret yang lalu saya keguguran dan masih ada sisa janin di rahim saya kemudian saya kuret dgn cara di vakum dan selama 2 minggu jarang2 keluar darahnya sekalinya keluar suka banyak dan pernah 2 kali keluar seperti gel sebesar jempol bewarna merah kehitam2an ditekan agak keras,setelah 2 minggu saya kedokter lagi tuk usg trans v dan hasilnya sisa jaringan sudah tidak ada tapi terdapat darah beku di rahim,dan dokter kasih obat pospargin dan cefila dan sudah 2 minggu ini cuma keluar flek2 aja dok… dan itu juga jarang2

    kalo masih ada darah beku bisa pake obat ngga dok?
    apakah harus di kuret?

    sampai saat ini perut bagian bawah saya dan pinggul suka sakit dok tapi dateng2 sakitnya terutama sehabis aktifitas
    itu kenapa ya dok?

    apakah rahim saya infeksi dok?
    pospargin bisa ngeluarin darah beku ngga dok?

    maaf dokter cakmoki banyak tanya…
    terima kasih
    wassalam

  153. 154 cakmoki April 22, 2011 pukul 3:07 pm

    @ penyesalan:
    sama-sama

    @ asti:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Ya, bisa pake obat aja… obet-obat tersebut membantu membersihkan sisa darah beku…. gak perlu kuret lagi..toh sisa-sisa darah beku tersebut akan diserap oleh dinding rahim hingga bersih.
    Keluhan nyeri sehabis aktifitas tersebut berhubungan dengan aktifitas yg berlebihan, bukan tanda infeksi rahim… kalo tidak terlalu mengganggu gak perlu obat, namun jika mengganggu dapat menggunakan obat pereda nyeri.
    Makasih
    wassalam

  154. 155 asti April 24, 2011 pukul 3:56 am

    makasih ya dokter cakmoki.. atas jawabanya
    oh iya dok kalo kalo sering2 minum obat pereda nyeri boleh ngga seperti asam mefenamat?
    trus boleh ngga minum jamu kunyit?

  155. 156 cakmoki April 24, 2011 pukul 6:59 pm

    @ asti:
    Ga papa minum asam mefebamat di saat diperlukan… lagipula makainya gak terus menuerus hingga berbulan-bulan.
    Kunyit boleh diminum, gak ada efek smaping yg merugikan.
    Makasih

  156. 157 asti April 25, 2011 pukul 8:53 am

    makasih ya dokter atas jawabanya yang sangat membantu
    sukses selalu tuk dokter cakmoki

    wasalam

  157. 158 cakmoki April 25, 2011 pukul 2:02 pm

    @ asti:
    sama-2 … makasih do’anya, semoga demikian pula sebaliknya :)
    Wassalam

  158. 159 a_sti Mei 10, 2011 pukul 1:44 pm

    asalamualaikum dokter cakmoki
    gimana keadanya dok mudah2an sehat selalu ya.. dokter

    dokter mau tanya2 lagi ni dok…

    saya copi paste dulu yang dok kejadian sebelumnya

    ( gini dok…
    24 maret yang lalu saya keguguran dan masih ada sisa janin di rahim saya kemudian saya kuret dgn cara di vakum dan selama 2 minggu jarang2 keluar darahnya sekalinya keluar suka banyak dan pernah 2 kali keluar seperti gel sebesar jempol bewarna merah kehitam2an ditekan agak keras,setelah 2 minggu saya kedokter lagi tuk usg trans v dan hasilnya sisa jaringan sudah tidak ada tapi terdapat darah beku di rahim,dan dokter kasih obat pospargin dan cefila dan sudah 2 minggu ini cuma keluar flek2 aja dok… dan itu juga jarang2

    kalo masih ada darah beku bisa pake obat ngga dok?
    apakah harus di kuret?

    sampai saat ini perut bagian bawah saya dan pinggul suka sakit dok tapi dateng2 sakitnya terutama sehabis aktifitas
    itu kenapa ya dok?

    apakah rahim saya infeksi dok?
    pospargin bisa ngeluarin darah beku ngga dok? )

    dokter dah jawab pertanyaan saya semua

    yang mau saya tanyaiin dokter setelah 44 hari setelah kejadian keguguran saya baru berhubungan sabtu kemarin dan setelah berhubungan esok harinya keluar darah tapi sedikit, dan di hari senin perut bawah saya sakit banget seperti kram dan keluar darahh banyak sekali sampai saat ini,keluar darahnya warnanya aga segar tidak seperti biasa sebelum saya keguguran.yang ingin saya tanyakan
    apakah saya sedang mendapatkan menstruasi dokter?
    apakah akibat dari berhubungan dengan suami?

    makasih sebelumnya dokter cakmoki
    wasalam

  159. 160 cakmoki Mei 10, 2011 pukul 4:22 pm

    @ a_sti:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    alhamdulillah kabar baik..semoga demikian pula sebaliknya. Amiin.

    Darah yg keluar saat ini, bisa jadi darah menstruasi, bisa juga karena faktor lain yang kepastianya dapat diketahui dengan periksa ke DSOG.
    Menurut saya ga ada salahnya kontrol ke DSOG, mengingat ada keluhan nyeri perut bagian bawah.
    Moga segera pulih kembali dan sehat selalu.
    Makasih

  160. 161 asti Mei 12, 2011 pukul 10:51 pm

    makasih ya dokter cakmoki atas jawabanya

    wasalam

  161. 162 cakmoki Mei 12, 2011 pukul 11:51 pm

    @ asti:
    sama-sama… Wassalam


  1. 1 Hamil Anggur, Apaan Sih? « Bibi Lung Lacak balik pada Oktober 21, 2007 pukul 9:24 pm
  2. 2 HAMIL ANGGUR , apaan sih ? « Ngobrol Kesehatan Weblog Lacak balik pada Agustus 6, 2008 pukul 9:20 pm
  3. 3 Dunia WoeLaN! » Blog Archive » new mother wanna be ga jadi….. Lacak balik pada September 16, 2008 pukul 11:52 am
  4. 4 Hamil Anggur ? « Mbramantya's Blog Lacak balik pada Juni 13, 2009 pukul 11:10 am
  5. 5 » Hamil Anggur ? Apaan sih ? | Family & Children Guidance | Baby Cares Lacak balik pada Desember 14, 2009 pukul 12:49 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,623,610 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: