Sakit kencing nanah, diantar istri

Yang saya maksud di sini adalah penyakit GO atau Gonore atau Kencing Nanah.
Sudah tahu kan ? Itu tuh, penyakit terkenal yang saya istilahkan sebagai padanan cucakrowo ngiler (berliur).
Mengapa penyakit yang boleh dikata sudah sangat dikenal ini saya angkat kembali, tak lain karena ada sisi menarik terkait si cucakrowo ngiler.

Biasanya, penderita cucakrowo berliur datang sendirian malam hari, atau minta masuk belakangan. Sekilas tak nampak sakit, segar bugar dari luar. jika ditanya sesama penderita biasanya mengatakan sakit pilek atau penyakit lain.
Demikian pula saat sudah di dalam, pemilik cucakrowo berliur minta bicara dengan saya, saat ditanya istri (kami praktek bareng) ngga mau ngomong. Ada juga sih yang ngomong langsung di depan kami berdua, tapi jarang.

Ternyata ada juga yang tidak biasa, tidak umum.
Beberapa kali seorang suami sakit Kencing Nanah diantar istri tercinta untuk berobat penyakit tua tersebut. Kasus datang berdua begini sudah tidak milih-milih lagi. Maksudnya mereka menceritakannya kepada kami berdua.
Ekspresi sang istri macam-macam dong. Ada yang tetap bertutur lemah lembut sambil senyum (kecut), menceritakan penyakit suaminya.
Lainnya, bergitu masuk langsung nyas nyis nyus, sambil menumpahkan rasa kesal, marah. Rasakan !!!
Uniknya, pada kasus suami diantar istri ini tidak satupun si suami menceritakan penyakitnya. selalu istri yang bercerita.
Barulah ketika di kamar periksa si suami cerita sambil berbisik.

Di daerah kami, ada salah kaprah dalam menamakan penyakit kencing nanah. Mereka mengatakan Sifilis, padahal Gonore, ingat sekali lagi Gonore. Rupanya sudah kompak diantara sesama penikmat PSK.
Ada juga yang datang tidak sekali, mereka tahu Gonore, bukan Sifilis karena sudah diberi tahu, pakai PDA *promosi* (Sebelum punya PDA, pakai gambar laminating)

Kembali pada kasus suami gonore diantar istri.
Mereka pada umumnya terbuka perihal hubungan intim. Adakalanya istri mengetahui sebelum berhubungan intim dengan suami yang sakit GO, lalu berobat, mungkin di rumah sudah perang duluan sebelum berobat.
Adapula istri tak tahu, menjadi curiga dan akhirnya tahu ketika istri merasa tertular karena ada keluhan nyeri kencing dan keputihan.
Kasus demikian dua-duanya harus diobati supaya tidak terjadi fenomena “ping-pong”. Istilah apalagi ?
Fenomena ping-pong maksudnya terjadinya penularan imbal balik suami istri.
Contohnya begini:
Misalnya seorang suami hari Sabtu malam Minggu pamit rapat, lalu me-rapat-lah suami kepelukan PSK, dan seterusnya *sensor*. Minggu pagi suami pura-pura cerita urusan “rapat-rapatan” sambil bawa oleh-oleh. Malamnya berhubungan intim dengan istrinya,
Jika suami sudah tertular waktu “rapat” dengan PSK, ( Sabtu malam Minggu) berarti sudah kemasukan kuman Neisseria gonorrhoeae. Nah ketika esok malamnya (Minggu malam Senin) mereka berhubungan intim, maka suami sudah menyumbangkan kuman tersebut kepada istrinya.
Bila beberapa hari kemudian suami menderita kencing nanah lalu berobat, maka suami akan sembuh, tapi istri masih menyimpan kuman tersebut. Jika suami yang sudah sembuh lalu berhubungan intim lagi dengan istri yang notabene menyimpan kuman GO, maka suami ketularan lagi, beberapa hari kemudian nyeri kencing lagi, keluar nanah lagi.
Bila tidak diobati dua-duanya (suami-istri) kejadian tersebut berulang dan berulang.
Inilah yang disebut “fenomena ping-pong”. Jelas ? *hih panjang banget prolognya*
Belum gamblang ya, oke kita kupas dikit demi dikit.

GONORE ( KENCING NANAH )

Ringkasan:
(maaf untuk menghindari kesan vulgar, gambar tidah disertakan, yang bergambar ada di edisi cetak, di bagian akhir tulisan)

Definisi:
Gonore atau Kencing Nanah adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang berlangsung dalam tempo singkat (akut). Penyakit ini disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae, yakni kuman berbentuk mirip kopi (diplococcus).

Penularan:
Gonore ditularkan melalui hubungan seksual, termasuk lewat anal (dubur) dan oral (mulut).
Jadi bila seorang pria mengatakan kepada pasangannya bahwa ketularan saat kencing di toilet tempat umum atau melalui handuk temannya, bohong tuh.
Alasan tersering para penderita datang ke PSK sehingga terjangkit Gonore, katanya sih karena diajak teman-nya. Hampir selalu begitu, betul tidaknya belum ada penelitian.

GEJALA dan TANDA

Gonore pada Pria.
Seorang pria dapat tertular melalui hubungan (seksual) dengan wanita penderita gonore (coitus suspektus). Masa tunas berlangsung antara 2-10 hari dengan rata-rata 3 hari.

Gejala uretritis (gonore):

  • Nyeri waktu kencing, terutama saat awal kencing.
  • Permukaan saluran kencing bawah (orifisium uretra) membengkak (oedema) dan kemerahan (eritematus).
  • Keluar cairan (sekret) nanah (purulen) dari saluran kencing.

Penulis pernah menemukan (di praktek) penderita termuda 16 tahun dengan nanah yang menetes-netes, kuning kehijauan dan berjalan seperti orang disunat. Adapun penderita tertua usia sekitar 60 tahun (hebat ya).

Komplikasi atau penyulit pada gonore pria, antara lain:

  • Infeksi kelenjar cowperi (cowperitis), kelenjar di bawah saluran kencing pangkal penis.
  • Infeksi prostat (prostatitis), kelenjar di bagian paling ujung saluran kencing berbatasan dengan kandung kemih.
  • Infeksi kelenjar epidedimis (epididimitis), dan lain-lain.

Gonore pada Wanita.
Pada umumnya penderita gonore wanita tidak menimbulkan gejala, disebut asimtomatis. Paling sering mengenai leher rahim (serviks), dengan gejala keputihan. Jika mengenai saluran kencing, maka dapat terjadi keluhan nyeri kencing (disuri) ringan, dan dapat juga mengenai kandung kemih, ditandai dengan sering kencing (jawa: anyang-anyangen), nyeri perut bagian bawah dan adakalanya nampak darah bersamaan dengan kencing (hematuri)

Komplikasi atau penyulit pada gonore wanita, antara lain:

  • Infeksi kelenjar Bartolin (bartolinitis), kelenjar di seputar bibir kemaluan. Rasanya amat nyeri, so si penderita jadi sulit jalan. Terjadi pembengkakan di bibir luar vagina (labium mayus), bisa bernanah, timbul abses dan jika sampai pecah, duhhh, bisa menimbulkan krowok (ulkus)
  • Infeksi jaringan pelvis ( Pelvic Inflamatory Diseases), radang rahim, indung telur dan sekitarnya.
    Ditandai dengan rasa nyeri saat menstruasi, saat berhubungan intim, dan umumnya menampakkan gejala ringan, sehingga kurang begitu diperhatikan.

Gonore di luar genital (ekstra genital)

  • Gonore rongga mulut (oropharyngeal gonore), sebagai akibat oral seks. tandanya mirip radang tenggorokan.
  • Gonore rektum (proktitis gonore), yakni infeksi gonore di rongga rektum (bagian dalam anus), sebagai akibat hubungan intim lewat anus. (ceritakan rasanya dong)
  • Gonore mata (gonoblenore), diderita bayi baru lahir karena si ibu menderita gonore. Penularannya saat persalinan. Beberapa hari setelah melahirkan, mata si bayi membengkak, saat dibuka keluarlah nanah. Hiyyyy kasian.
    Dapat juga terjadi pada dewasa jika penderita ngucek-ngucek mata sehabis megang organ kelaminnya yang sedang terinfeksi gonore. (huek, jorok ah).

Pemeriksaan Laboratorium

Merupakan salah satu pemeriksaan penunjang di dunia medis. Jenis pemeriksaan didasarkan atas indikasi. (nggak semua diperiksa dong)

Bahan pemeriksaan kasus gonore diambil dari:
Pria: nanah dari saluran kencing bawah (uretra) atau diplotot (pijat) batang pinesnya (eh maksudnya penis) untuk mengeluarkan cairan atau nanah.
Dapat pula dengan memeriksa urin (sedimen urine) atau cairan yang dikeluarkan dengan pijat prostat (siapa yang mijet, hayo)

Wanita: dari muara saluran kencing bawah (uretra). Ssst, tahu tempatnya belum ?
Dapat juga diambil cairan dari muara kelenjar Bartolin, leher rahim atau rektum.

Mata: dari cairan nanah mata.

Singkat cerita, semua bahan tersebut dioleskan pada gelas kaca lalu dilakukan pengecatan dengan pewarnaan Gram (cara atau metode pewarnaan), diintip melalui mikroskop dengan pembesaran 100 kali.
Nah, bila ditemukan kuman berbentuk seperti biji kopi (diplococcus) Gram negatif, di dalam ataupun di luar sel darah putih, maka hasil pemeriksaan POSITIF.

Metode pengecatan Gram:
(sekalian aja, siapa tahu dibaca bagian laborat atau ahli kimia untuk dikoreksi)
Langkah-langkah singkat, sebagai berikut:
Setelah bahan siap, fiksasi dengan pengeringan (api), lalu dilakukan pewarnaan dengan:
Pewarnaan Gram pertama, yaitu:

  • Karbol gentian violet (30 detik), lalu bilas dengan air.
  • Lugol selama 30 detik, bilas lagi.
  • Aseton alkohol selama 2-3 detik, lalu bilas dengan air.

Berikutnya pewarnaan Gram kedua, dengan;
Larutan safranin selama 30 detik, bilas lalu keringkan. Siap diperiksa.
Gram positif bila warnanya ungu dan negatif bila hasil pemeriksaan berwarna merah.

Biaya Pemeriksaan di Rawat Inap Palaran: Rp 22.000,- (dua puluh dua ribu rupiah).
Mahal ngga ya. Soale swakelola sih.
Di Kota lain berapa ? Serius lho ini, bukan mancing-mancing.

Halo laborat dan ahli kimia, tolong dibetulin bila salah.

Cara lain adalah dengan pembiakan kuman (biaya mahal) menggunakan media selektif.

DIAGNOSA

Wawancara (anamnesa)
Rangkaian “pengobatan” diawali dengan wawancara atau dalam bahasa medis disebut anamnesa. (diingat-ingat ya, anamnesa)
Pada umumnya, penderita gonore nggak usah digali sudah ngomong sendiri penyakitnya. Namun perlu juga ditanya hubungan intim sebelumnya.
Bila sudah berkeluarga, pertanyaan ini penting untuk mengetahui apakah sudah terjadi penularan pada pasangan atau tidak.
Bila ada dugaan gonore rongga mulut (oropharyngeal gonore) perlu juga nanya “ngoral” … hehehe ngerti tho. Ho-oh.
Demikian pula jika dugaan proktitis gonore (gonore rektum), perlu ditanya aktifitas “nganal’.

Pemeriksaan (fisik diagnostik)
Oke kita kenalan dengan rangkaian “pemeriksaan” medis yuk.

Inspeksi (melihat)
Pada kasus ini kebanyakan sudah dapat mendiagnosa dengan melihat (inspeksi), tentunya setelah wawancara (anamnesa).
So, yang dilihat adalah ada tidaknya bercak cairan nanah di celana dalam tepat di tempat cucakrowo. Biasanya ada bercak disitu. Atau melihat tanda peradangan di ujung kemaluan, ada tidaknya cairan nanah, bila perlu disuruh mijat si cucakrowo.
Lha terus gimana jika wanita ?
Agak sulit memang, namun bisa dilihat atau mencocokkan keluhan dengan tanda peradangan pada kemaluan. Jika masih meragukan, ya periksa laboratorium.

Palpasi (memegang)
Untuk kasus gonore tidak begitu banyak diperlukan kecuali bila ada penyulit atau dugaan komplikasi.
Siapa mau megang-megang cucakrowo berliuran nanah, hayo.

Perkusi (menepuk)
Gak perlu dilakukan. Ini hanya perkenalan lho, mengenalkan rangkaian pemeriksaan medis. Nggak mungkin kan, nepuk-nepuk cucakrowo.

Auskultasi (mendengarkan dengan stetoskop)
Blas tidak perlu. Emangnya untuk apa nempelkan stetoskop di kepala cucakrowo berliur nanah? Nggak mungkin kan.

Nah, sudah tahu kan rangkaian pemeriksaan medis yang disebut diagnosa fisik ?
Untuk mendiagnosa penyakit, tidak semua pemeriksaan dilakukan. Misalnya penyakit kulit bongso Cutaneus larva migrans, cukup dengan melihat (inspeksi).
Kalo meriksa keluhan sesak nafas, perlu mendengarkan dengan stetoskop (auskultasi).
Artinya, pemeriksaan bisa hanya salah satu dari di atas, salah dua, atau semua perlu dilakukan.
Dah paham kan, pahammmm.

PENGOBATAN

Ini dia yang ditunggu-tunggu.
Biasanya para penderita sudah minum obat duluan, obatnya macem-macem, dari mulut ke mulut antar penikmat PSK.
Jarang sih yang langsung ke dokter, ini di tempat penulis lho, entah di tempat lain.
Mereka (penderita gonore) pergi ke dokter jika dengan obat yang diminum tidak kunjung sembuh.
Adakalanya seperti yang penulis ceritakan diatas, berobat saat ketahuan istri.

Dulu di Indonesia, umumnya sudah bisa disembuhkan dengan:
Penisilin prokain dikombinasi probenecid injeksi, atau ampisilin injeksi dikombinasi probenecid atau tiamfenikol 3,5 gram diminum (per-oral) dosis tunggal (artinya sekali minum saja)
Jika ada komplikasi, selain obat di atas masih ditambah dengan obat minum selama 7 hari.

Sedangkan untuk kuman kebal (resisten) terhadap penisilin, diberi obat lain, contohnya:
injeksi Kanamisin.

Dalam perkembangannya, pengobatan saat ini menggunakan golongan quinolon atau turunannya misalkan ciprofloxacin, contohnya : enggak usah ah, nanti dikira promosi obat. Pengobatan lain dengan menggunakan golongan Doksisiklin.
Ada pula golongan sefalosporin misalnya ceftriaxone.
Maaf ya, semua obat ditulis dengan nama generik bukan nama paten (nama dagang).
Oh ya sekalian aja, yang disebut nama paten bukan berarti obatnya hebat, bukan. Maksud nama paten adalah nama dagang.

Contoh:
Andai penulis memiliki pabrik obat, lalu ingin memasarkan obat golongan amoksisilin dalam bentuk kaplet 500 mg, penulis misalnya (atas pertimbangan market) membuatnya dengan merk cakmokisilin atau misalnya cakmokimox.
Nah, nama generik obat tersebut amoksisilin sedangkan cakmokisilin atau cakmokimox adalah nama paten. Oke ?

Lanjuttttt.

Perlu diketahui, bahwa dibeberapa daerah kuman penyebab gonore sudah resisten atau kebal atau gak mempan lagi dengan obat-obat di atas.

Sebuah jurnal Indian J Med Res 123, May 2006 ( Sunil Sethi, Dharmendra Sharma, S.D. Mehta, Bhupinder Singh, Manu Smriti, Bhushan Kumar & Meera Sharma: Departments of Medical Microbiology, STD Polyclinic,Department of Dermatology & Venerology Postgraduate Institute of Medical Education & Research, Chandigarh, India) menyebutkan bahwa pemakaian ciprofloxacin pada kasus gonore mengalami resistensi 77,8 %. (35 dari 45 kasus)
Sedangkan pemakaian penisilin mengalami resistensi 47 %, tetrasiklin 51 % dan ceftriaxone 0 %.
Wah, bisa makin mahal nih pengobatan Kencing Nanah.

Canadian Medical Association or its licensors, melaporkan bahwa dari tahun ke tahun resistensi terhadap ciprofloxacin makin meningkat berdasarkan penelitian sejak 1991 hingga 2001. (lihat edisi cetak)

East of England Regional Epidemiology Unit melaporkan bahwa resistensi terhadap ciprofloxacin pada tahun 2001 sebesar 11,19 % dan tahun 2005 menunjukkan resistensi 28,12 %.

Bagaimana di Indonesia ?
Mungkin lebih parah. Betapa tidak, dokter sendiri begitu senangnya memberikan ciprofloxacin kepada pasiennya untuk beragam penyakit. Booming ciprofloxacin seolah bukan ancaman. Hal ini diperparah dengan perilaku pemberian Antibiotika yang membabi buta. Paramedis samimawon dan masyarakat juga tidak berbeda.

Lalu, bagaimana nanti pengobatan Gonore bila terjadi resistensi (gak mempan) ?

Semoga bermanfaat.

edisi cetak PDF bergambar (197 Kb) klik di sini

Topik terkait:

Gonococcal Infections
San Diego ( Fluoroquinolone-Resistant )

About these ads

354 Responses to “Sakit kencing nanah, diantar istri”


  1. 1 tito Februari 12, 2007 pukul 2:52 am

    horee..ada blog asik. lengkap dengan obatnya. Walaupun saya dokter hewan, tapi seperti begini ini penting. Salam kenal pak

  2. 2 cakmoki Februari 12, 2007 pukul 3:21 am

    @ tito,
    Horee, bolo-bolo bisa ketemu.
    Salam kenal juga Mas.
    Terimakasih telah berkunjung.

  3. 3 Dani Iswara Februari 12, 2007 pukul 6:32 am

    ada dokter hewan komik (urutannya gemana ya..) terkenal (tito) mampir.. :D

    kawasan PSK di daerah cakmoki ada pengawasan rutin dokter jg ya cak..pernah maen (eh visite) kesana ngga cak..

    di jogja, residen kulit-kelamin yg nge-post rutin di kawasan nikmat tsb..

  4. 4 helgeduelbek Februari 12, 2007 pukul 7:45 am

    Suwon cak, nambah 1 pengetahuan lagi. Kalau di tempat saya PSK malah gentanyangan mulai subuh hingga jam 11 siang, anehnya itu selalu ditunggu ibu-ibu. Penjaja Sayur Keliling. :D

  5. 5 cakmoki Februari 12, 2007 pukul 11:36 am

    @ Dani Iswara,
    Beliaunya (tito komik) pinter nggambar.
    Di kec kami dulu pernah ada, saya tahunya setelah bubar.
    Gak sampe 2 bulan dibongkar sama warga, jadi nggak sempat visite.
    Untung juga telat tahu, kalo sampai visite omongannya di luar: “pak dokter ke sono”, bisa dikira pelanggan. hehehe
    Di tempat lain ada, terkenal dengan nama SMA 10 karena letaknya di km 10. TS yang ngurusi tempat tsb saya juluki “papi” :D

    @ helgeduelbek,
    Untung tulisan pendek, kalau agak panjang bisa tertipu, dikira PSK mewabah koq sampai siang.
    Aman dong Pak :)

  6. 6 senyumsehat Februari 12, 2007 pukul 1:22 pm

    Pasiennya di anter istri …masa dokternya aja yg praktek berdua istri :-)

    Diajak temen..>>> alasan tukang nuding 1 jari nuding temen 4 jari nuding diri sendiri, ga gentle (muarah…)

    Yang aku heran si PSK cak, udah sakit pelvis dan jd sumber penyakit kok ya masih bisa praktek…itu langganan suntik cak?

    Cakmokisilin…? wakakakakak…sanbe kalah ntar ada pesaing…

  7. 7 passya Februari 12, 2007 pukul 2:16 pm

    aduh…mbacanya lebih masuk daripada baca buku…
    makasih dok…btw, kenapa sih dokter spesialis kelamin selalu bareng dengan kulit?

  8. 8 cakmoki Februari 13, 2007 pukul 2:55 am

    @ senyumsehat,
    Praktek berdua uenak lho, bisa nggol-senggolan, ya nggak ya nggak. Bendahara harus cewek biar rapi. hehehe. *rahasia, rahasia*

    Sabar Mbak, sabaaarrrrr, waduh toleransi sesama para istri.
    PSK ngga ada yang ke praktek, mbuh sih, wong gak pernah nanya.
    Lha nanyaknya piye hayo.
    cakmokisilin hihi, aku dewe kudu ngguyu.

    @ passya,
    kenapa sih dokter spesialis kelamin selalu bareng dengan kulit?
    itulah saya juga nggak tahu pak.

    Tapi kalo kami reuni, yang spesialis kulit dan kelamin suka jadi bahan guyonan.
    Bilangnya temen-temen, kalau spesialis kulit saja nanti kelamin jadi iri karena juga punya kulit. Sementara kalo kelamin saja terlalu sempit, karena hanya ngurusi di balik “resluiting” bawah doang.
    Mungkin ini jawaban yang agak tepat.
    Ada jawaban lain ? :D

  9. 9 Dani Iswara Februari 13, 2007 pukul 2:59 am

    » to passya:

    kl kelamin aja..’jatahnya’ kurang pak.. :D

  10. 10 Arif Kurniawan Februari 13, 2007 pukul 4:57 am

    Yaa ampun, kasian banget eta teh ibu-ibu yang ketularan suaminya, gara-gara sang suami tercinta yang dicintai-dipuja-dihamba ternyata doyan ‘jajan’ yang tidak sehat.

    Cak… kasusnya banyak nih di daerah anda? Saya mbaca klasifikasi berdasarkan usia saja.

  11. 11 cakmoki Februari 13, 2007 pukul 5:46 am

    @ Arif Kurniawan,
    Di daerah saya jarang pak, mungkin malu, sebagian besar saya kenal karena penduduknya hanya sekitar 43 ribu.
    Kebanyakan yang berobat dari daerah lain (kecamatan lain or perbatasan kota). Itupun mungkin pakai nick name. Soalnya pernah ada yang berobat pakai nama “x” berikutnya dia pakai nama “z”. hehehe

  12. 12 laras Februari 13, 2007 pukul 9:38 am

    dr.spesialis kulit kelamin…, dulu waktu kecil tak pikir dokter spesialis kulitnya kelamin lho…hi..hi..

    Saya heran lho kenapa ya kalo di tempat dugemnya PSK kummannya begitu banyak shg mudah sekali tertular, apa karena masalah ganti2 pasangannya itu aatau kenapa…
    Padahal orang yang gonta ganti pasangan dng “wanita baik2″ juga seabreg,tapi kok nggak timbul penyakit tersebut…atau saya nggak dilapori yak?

    btw istilahnya nggilani..cucakrowo ngiler..:D

  13. 13 mei Februari 13, 2007 pukul 10:12 am

    booming-cyprofloxacin, sepertinya emang bener deh kang…ak pernah berobat karena keputihan dan d obatinya juga itu…hm tapi dulu cuman d kasih selama 3 hari, dan karena belum sembuh juga, tak teruske dewe selama 3 hari lagi*lha antibiotik boleh sampai seminggu khan??..dan ya sembuh..hihi

    suami senang, sayapun senang..keh keh

  14. 14 kangguru Februari 13, 2007 pukul 12:04 pm

    walah kudu di intip nih, ikutan ngintip pak dokter

  15. 15 mina Februari 13, 2007 pukul 4:39 pm

    huahahaha, pernah saya jaga, kebetulan seluruh garda perawat hari itu perempuan semua. yang datang cowok 2 orang dengan gaya salah tingkah pas lihat saya. lah saya sudah bisa duga macam yang gini-gini. karena saya sebal dengan yang gini-gini (karena biasanya pasien bolak-balik gak nyesal-nyesal, sama kayak yang datang sakit dada habis pake ecstasy), saya suka gangguin dulu sebelum kasi obat :D obatnya juga saya kasi mahal, wong dia minta yang mahal kok. gitu aja masih dilakukan. ada juga suami yang katanya punya cewek di sini karena istri jauh. ah, dokter masak gitu aja gak ngerti, waktu saya pura2 bego pas dia bilang sakit itu tu nah dok, katanya sambil mengedip2 pada saya, huh menyebalkan.

    mengenai booming siprofloksasin ini, saya teringat ngobrol saya sama teman saya waktu tahun 2001 kalo gak salah, pas habis ikut simposium bersama permi, dan perkumpulan lain di jogja. waktu itu kita pindah2 ruang simposium kecil, dan semua bawa nama obat yang sama. Tifoid: siprofloksasin. TBC: siprofloksasin. Pneumonia: siprofloksasin. ISK: siprofloksasin. GO: siprofloksasin. kami ketawa2 pas pulang, kalo gitu semua penyakit kita obati sipro aja, gak usah mikir2 mendiagnosis hehehehe….

    OT: wah pak dokter tito muncul juga!

  16. 16 cakmoki Februari 13, 2007 pukul 5:20 pm

    @ laras,
    PSK mungkin memang sarangnya kuman GO, lha kalo 1 hari seorang PSK dapat mangsa 3 pria berarti kalo 6 hari kerja (ada liburnya nggak ya) seminggu 18, berapa sebulan dan setahun ? hiyyy.
    Kecuali kalo dilakukan pengobatan rutin oleh Dinas Kesehatan di tempat tersebut.
    Kalo yang kedua, satu lelaki beberapa wanita gitu ya. Sebetulnya ada resiko juga jika salah satunya punya tabungan kuman GO.
    Yang ini jelas gak laporan Bu.
    Cucakrowo ngiler, hehehe. Silahkan download aja deh, ada kontes cucakrowo ngiler.

    @ mei,
    Padahal keputihan belum tentu infeksi lho, ada koq di halaman download, sila baca deh.
    Kalaupun infeksi, idealnya periksa keputihannya dulu, gak sampai satu jam ketemu penyebabnya. Lha kalo jamur obatnya anti jamur dong.
    So, di “sono” juga bisa jamuren lho :D

    @ kangguru,
    Boleh, boleh ngintip. Download aja pak, ada yang mgiler, tapi jangan tunjukkan murid lho
    Maaf belum sowan ke “Catatan Kecil Seorang Guru”.
    Trims telah sudi mengintip :D

    @ mina,
    Ehm ehm, ngedipnya sambil senyum nggak. Gitu ya diplorot juga mbak?
    *halah gini koq ditanyakan, jelas dong, jelassss*
    Sipro, sipro, sipro monggo sak keping gak sampai 4 ribu diskon-diskon. Seperti jualan jajan waktu numpak sepur yo.
    Sama pengalamannya, tonsilitis=sipro, faringitis=sipro.
    Pas ngobrol dengan ts, akhirnya gak betah saya bilang:”sinau tah rek”
    Hahaha berarti booming sak Indonesia, semoga cepat resisten kayak di kamboja.

  17. 17 senyumsehat Februari 13, 2007 pukul 6:06 pm

    Dulu waktu kuliah SP jadi inget ada temen residen IPD, abes gara2 geraham bungsu bengkak, minum sipro ga sembuh2 katanya, ya jelas aja wong bukan drug of choice…

  18. 18 cakmoki Februari 13, 2007 pukul 6:41 pm

    @ senyumsehat,
    Lho, berarti merata ya.
    Tempo hari ada bidan minta sipro, saya tanya untuk apa, dia menjawab:” boyok pegel “, walah tambah parah nih.

  19. 19 prayogo Februari 14, 2007 pukul 9:09 am

    Cak, ditunggu tulisan-2 yang lain seputar kesehatan.
    Karena ini sangat berguna sekali. Makasih…

  20. 20 cakmoki Februari 15, 2007 pukul 8:20 am

    @ prayogo,
    Oke, sudah siap tayang, sabar ya

  21. 21 Nananging Jagad Februari 15, 2007 pukul 4:23 pm

    Ini mungkin virus leluhure Plu manuk itu yo Dok?

    Berarti paling banyak ya di Tangerang itu yo, hingga ada Kebun Nanah segala….

    Numpang lewat, nuwun…..

  22. 22 oon Februari 15, 2007 pukul 4:28 pm

    kalo diobatin wis gak mempan yo di amputasi wae dok!…lidahnya sekaliyan ben kuapok…
    tapi gonore gak menyerang jari kan cak dok? wakakakakakaka….

  23. 23 juliach Februari 16, 2007 pukul 2:36 am

    Waktu pertama dgn ex-suami & partnerku sekarang ini, aku minta mereka ke dokter utk minta pengantar test laboratorium lengkap termasuk AIDS. Sebelum hamil pun kami berdua juga sama-sama test.

    Kalau aku aplikasi di Indonesia, kali semua cowok pada kabur, ya? Resek nih cewek satu ini.

  24. 24 juliach Februari 16, 2007 pukul 2:37 am

    Omong-omong, pemakaian kondom bisa ngak ya mencegah penularan penyakit ini?

  25. 25 cakmoki Februari 16, 2007 pukul 9:50 am

    @ oon,
    Hehehe, kalo amputasi, ntar gantinya beli dimana ?
    Gak ada yang jual “cucakrowo”.
    Jari, amannnnnn :D

    @ juliach,
    Ya mestinya begitu, di Indonesia sudah ada kampanye untuk cek semacam itu, tapi masih sebatas kampanye. Ada sih yang karena kesadaran sendiri minta pemeriksaan seperti yang disampaikan ibu, tapi masih sedikit.
    Entah karena nggak biasa, … atau mendingan kaburrrr :)

    Kondom bisa mencegah Bu.
    Asalkan kalo selesai segera “dicabut” (maaf), kalo keburu “mengkeret” (maaf lagi), masih ada kemungkinan kumannya masuk di sela kondom yang kendor :D

  26. 26 Mbah Dipo Februari 16, 2007 pukul 10:11 am

    Simbah punya pengalaman dengan pasien GO di sini dan juga di sini . Tapi yang jelek jangan dicontoh ya… hehehehe… :D

  27. 27 cakmoki Februari 17, 2007 pukul 3:43 am

    @ Nananging Jagad,
    Wah maaf Mas, ketangkep akismet.
    Bukan koq, nggak ada hubungan silsilah sama si plu burung walaupun sama-sama burungnya.
    Di Tangerang banjir nanah to :D

    @ Mbah Dipo,
    Sudah saya baca postingannya Mbah. Hiyyy :D

  28. 28 birulaut Februari 21, 2007 pukul 9:25 am

    menarik juga baca artikelnya the cak. pake bahasa yg begini nih yang gampang disimak. Skalian mo nanya donk cak, klo pembengkakan kelenjar bartolin itu, emang krn ketularan misua juga? or mungkin ga, terjadinya krn ada jamur juga (trus ke’white’an gitu)..
    Jelasin dooonk..sejelas-jelasnya gitu..
    matur nuwuuuunn…

  29. 29 cakmoki Februari 21, 2007 pukul 11:20 am

    birulaut,
    Oke, kita bahas ringkasannya ya.
    Bartholinitis (bartolinitis) atau infeksi kelenjar bartolin dapat ditimbulkan oleh berbagai sebab. Menurut salah satu penelitian terhadap 220 pasien disebutkan bahwa infeksi tersebut dapat disebabkan oleh 5 kelompok mikro-organisme yang melibatkan 35 jenis mikro-organisme. (banyak juga ya)
    Hasil isolasi menunjukkan bahwa penyebab terbanyak adalah kuman Escherichia coli (E. coli)= 77 kasus, dst.
    Penyakit tersebut dapat juga karena ketularan misua secara tidak langsung. Maksudnya ke-white-annya di vagina lalu jalan-jalan ke kelenjar bartholin, terjadilah Bartholinitis hingga abses. Jumlah kasus tersebut hanya 4 dari 220 pasien.
    Jamur begitu juga, selain menimbulkan ke-white-an, dapat menjalar menuju kelenjar bartholin, kemudian menumbulkan infeksi sekunder, maka terjadilah bartholinitis. Kasusnya 3 dari 220 pasien bartholinitis.
    Oya variasi angka kejadian atau persentase sangat bervariasi. Namun ada kesamaan benang merah, bahwa yang ditanyakan tersebut dapat menyebabkan bartholinitis hingga timbul abses kelenjar bartholin.
    Obatnya tidak sulit koq, tinggal menyesuaikan dengan penyebabnya.

    Selain penyebab di atas dapat juga karena lecet waktu hubungan intim (misalnya terburu-buru atau lama tak jumpa), kemudian lecet kecil tersebut dapat juga menimbulkan infeksi dan menjalar ke kelenjar bartholin.
    Sekali lagi banyak penyebab. Jika seorang wanita mengalami bartholinitis tidak serta merta ketularan misua.
    Semoga agak jelas :D

  30. 30 birulaut Februari 21, 2007 pukul 1:52 pm

    Alhamdulillah..ternyata ‘bukan karena bawaan misua aja’ yah, penyebab terjadinya bartholinitis. Soale beberapa bulan yl, saya pernah ngalamin itu, dan akhirnya kudu dibedah dan dibuang oleh dokter. Sesaat stlh baca artikel nya the cak di atas, saya langsung dag dig dug, n ber??, apa beneeeerr ketularan dari ‘misua yg abis jajan’..soale misua saya tuh ga mungkin banget begitu..rada2 kuper sama yg kyk2 gitu.

    N stlh baca penjelasan barusan ini, wah luuueeeggaaa pisaaannnn.. kyk nya soal ‘lecet2′ itu yg pernah saya alamin..trus ga lama jadi membengkak gitu deh. Tengs banget penjelasannya nih dokter cak.

    Sebenernya sih ada lagi yg mo saya tanyain, ya mungkin penjelasannya juga secara general kali yah, soale kan ga periksa langsung.

    Gini, bulan mei 2006, saya keguguran waktu umur kandungan 7 minggu. N dokter di RS ‘anu’ di Kelapa Gading, menyarankan kuret. Ya kuret lah saya (dramatis n komersil banget deh pokoknya mah)… trus, slesai..

    Nop 2006 (3 bulan stlh saya ‘diserang’ si ‘bertran antolin alias bartolin), saya hamil lagi. trus 30 dec 2006 pada saat usia 9 minggu, saya keguguran lagi. Duh gusti.. rasanya sedih ga karuan ( :) jadi curhat deh)..

    Apa ini ada hub sama si bertran antolin itu ya dokter cak?

    Sampe saat ini sih, saya n misua blom cek soal darah2an and penyebab lainnya apa. Soale saya udah sempet ngerasa putus asa n kuciwa beraaattt…

    Tengs lagi yaaak.. :)
    N ditunggu juga sharingnya dari rekan2 netter… ciiiaaaooo…

  31. 31 cakmoki Februari 21, 2007 pukul 3:04 pm

    birulaut,
    Maaf ya, postingannya kurang lengkap hingga bikin deg-deg serrr.
    Tentang keguguran sepertinya tidak berhubungan dengan si bartholin jika melihat riwayat kehamilan (mei 2006 keguguran, sekitar agustus bartolin, nop hamil lagi, 30 dec 2006 keguguran kedua). Terlebih saat dokter ngambil si bartolin nggak ada bilang apa-apa kan. Dan tentunya sudah periksa laboratorium.
    Biasanya jika mengalami keguguran berulang dianjurkan hamil lagi sekitar 6 bulan agar rahim cukup kuat saat hamil berikutnya. Selain itu juga diberi obat penguat kandungan sejak dini.
    Bagus juga bila cek up berdua untuk melihat kondisi fisik.
    Menurut saya sebaiknya konsul ke dokter kandungan sejak sebelum hamil berikutnya. Jika dokter mengatakan boleh hamil 3 bulan setelah keguguran, monggo dijalani. Yang tak kalah penting adalah faktor fisik dan psikis, maksudnya tidak kerja berat dan diusahakan enjoy.

    Semoga berhasil sesuai harapan berdua. Amin
    ciiiaaaooo :)

  32. 32 amel Juli 4, 2007 pukul 11:53 am

    cak,,,,,,pemeriksaan PMS itu sharusnya dilakukan berapa bulan skali seh?.ada sumber bukunya ga???????

  33. 33 cakmoki Juli 4, 2007 pukul 12:36 pm

    @ amel,
    Kalo gak pernah sakit dan gak resiko tertular, gak perlu periksa.
    Untuk yang memiliki resiko tertular PMS, dianjurkan periksa setidaknya sebulan sekali.
    Bukunya banyak, Ilmu penyakit Kulit dan Kelamin, tebal-tebal tuh bukunya. Atau bisa download artikel tentang Pedoman Penatalaksanaan PMS di www [dot] dekpes [dot] go [dot] id.

  34. 34 telmark Juli 4, 2007 pukul 11:10 pm

    kumannya mirip kopi ? itu sih cucakrowonya nyeruput kopi sembarangan. :)
    amit2, baru kenal ama nama penyakit ini, sudah dibilangin penyakit ini telah mengebal. (yg saya tahu di kalangan psk, ya sip(F?)ilis itu cak).

  35. 35 cakmoki Juli 5, 2007 pukul 1:32 am

    @ telmark,
    hihihi, kopi susu kali ya ;)
    Bagi kalangan pelanggan (bukan pelanggan juga) penyalik kencing nanah atau GO dianggap s1filis. Mungkin tahunya hanya itu berdasarkan cerita dari mulut ke mulut :P

  36. 36 Yadiee September 9, 2007 pukul 12:54 am

    mau tanya nih..
    klo’ penyakit kencing nanah…
    ada efek berkepanjangan ga???
    misalkan kita prnh ngalamin itu setahun yg lalu..
    dan sekarang ngerasa sembuh krn ga pernah “jajan”,
    trus tahun ini kita baru menikah…
    kira2 ada efek berkepanjangan terhadap istri kita dan anak kita
    yang lahir nanti??? misalnya cacat fisik atau lainnya???
    atau penyakit ini ga sembuh total??
    maksasih

  37. 37 cakmoki September 9, 2007 pukul 9:16 am

    @ Yadiee,
    penyakit ini (kencing nanah/gonore) akan sembuh total jika udah diobati dan tidak akan menyebabkan efek apapun pada pasangan maupun anak nanti.
    So, tenang aja deh :)

  38. 38 zun Februari 6, 2008 pukul 8:55 pm

    menarik juga artikel nya…tapi asal muasal nya itu dari apakah psk ada yang tertinggal spermnya trus dipake lagi ma cowo lain ato gimana?????balasan ditunggu sejelas jelasnya zeny_purnama@yahoo.com terima kasih banyak

  39. 39 cakmoki Februari 7, 2008 pukul 3:55 am

    @ zun:
    sperma selalu tertinggal kecuali ditumpahin di luar saat akan ejakulasi.
    Yang jadi biang adalah: mikro-organisme, dalam hal ini bakteri atau kuman. Bakteri itulah yang tersebar (menular) melalui hubungan seksual :)

  40. 40 sigit angriawan Februari 22, 2008 pukul 2:50 pm

    Kereeeennnn….
    artikelx kerennn banget, bahasanya mudah dipahami
    makashi ya dok.
    Tp, yg ingin sy tanyakan adlh: apa sih hubungannya gonore dg
    porin protein????

  41. 41 zaini Mei 24, 2008 pukul 11:50 pm

    kalo kita terserng penyakit tersebut, yang kita lakukan ntuk pertama kalinya apa pak dokter???

    @ zaini:
    Yang pertama harus dilakukan adalah segera berobat ke dokter dan menyampaikan terus terang agar dapat diberikan obat yang tepat dan cepat sembuh, sehingga tidak nular ke pasangan (jika udah berkeluarga)

  42. 42 cakmoki Mei 25, 2008 pukul 5:53 pm

    @ sigit angriawan:
    wah sori…kelewatan ..
    Gak ada hubungannya.

    @ zaini:
    Yang pertama harus dilakukan adalah segera berobat ke dokter dan menyampaikan terus terang agar dapat diberikan obat yang tepat dan cepat sembuh, sehingga tidak nular ke pasangan (jika udah berkeluarga)

  43. 43 zacx Desember 5, 2008 pukul 12:50 am

    dok sya terkna kncing nanah
    trus langkah prtma sya hrs gm dok?
    mnum obt ap dlu?
    nanah nya kluer sdik2 dok, trus skit pas sya buang air kcil,
    sy takut dok, tolong sya donk, sya hrus mnum obt ap
    klo k dokter sy siap dok

  44. 44 cakmoki Desember 5, 2008 pukul 1:02 am

    @ zacx:
    Mestinya injeksi kanamycin 2 gram dan obat minum cyprofloxacin 500 mg.
    Langkah pertama dapat menggunakan cyprofloxacin 500 mg diminum 2×1 sesudah makan sedikitnya selama 3-5 hari. Adapun untuk mengurangi sakit, dapat digunakan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri hilang.
    Moga segera sembuh.
    Trims

  45. 45 Ben Desember 14, 2008 pukul 4:06 pm

    Cak, blog nya keren.
    Saya juga lagi kena apes nih. Karena ‘sesuatu sebab’ cucakrowo saya ngiler, sekitar 10 tetes setiap 6 jam. Udah pake Cipro 3X500mg empat hari terus berenti. eh 2 hari kemudian ngiler lagi. Saya terusin 4X500mg 4 hari belum berenti juga. setelah 2 hari istirahat obat, saya bom pake amox 3 gram sekali minum. Masih saya lanjutin pake cipro 4X500mg plus urotractin setiap 12 jam sekali. rencana sih maunya sampai 1 minggu. Ini masih hari ke 2.
    Sebetulnya sih di setiap akhir 4 hari pake cipro, sudah mendingan, tapi karena masturbasi, ngilernya jadi banyak lagi. Minta saran pengobatan dong cak, sekarang saya kuapok nggak mau jalan2 sama purel karaoke. :(

  46. 46 Ben Desember 15, 2008 pukul 3:44 pm

    waa..cakmoki kesuwen..
    gakpopo wis, tak update wae. sekarang hari ketiga, ngilernya udah mampet. Mungkin karena bom amox plus cipro plus urotractin yang saya ceritain kemaren (iki ambek tanganku nduding mendhuwur..post nang ndhuwure post iki maksude..) oh iya, urotractin isinya asam pipemidat (iyo ta cak? tulisane pipemidic acid..lha mosok aku ngerti). Kayaknya itu yang membantu kesembuhan juga. Plus sekarang cucakrowone takbunthel perban, jadi kemana2 nggembol perban. Tapi gak papa masih lebih efisien dan ‘bersihan’ dibanding ganti2 CD sehari 5 kali..ribet bok..tiap habis pipis dibuang, ganti baru. beres. Oke begitu Cakmoki dan kawan2 pembaca blog ini. You are encouraged to post any comments lohh…
    Regards,
    Ben.

  47. 47 cakmoki Desember 15, 2008 pukul 7:12 pm

    @ Ben:
    Maaf,seharian sibuk banget … gak sempat buka blog.
    Idealnya, pengobatan cucakrowo ngiler (GO) adalah:
    1) injeksi Kanamicin 2 gram.
    2) obat minum:
    > Quinolone, berarti udah bener pake cypro 3×500 mg. Kalo dengan cypro gak berkurang dalam 5-7 hari, dapt digunakan golongan quinolone jenis lain.
    Pipedemic acid juga salah satu jenis golongan quinolone yang paling awal ditemukan, sebenarnya gak dipake lagi untuk GO. Pun dengan cara booming amok 3,5 gram atau thiamphenicol 3,5 gram udah gak dipake. Kalopun diduga resisten, kombinasi untuk mendampingi cypro biasanya doxycycline 100 mg 2×1 selama 5-7 hari.
    > Golongan sefalosporin. Digunakan jika dengan quinolone gak ada respon, tapi sebaiknya tes lab dan sensitivitas dulu agar dapat diketahui antibiotika yg tepat.

    Moga cucakrowo gak ngiler lagi :D … sehingga gak harus dibunthel perban koyok lemper … *guyon* hahahaha
    Tur nuwun

  48. 48 dee Desember 18, 2008 pukul 10:53 am

    Cak, aku kena CN (cucakrowo ngiler)…
    nekat ke dokter, pas dokternya itu dokter cew…wuih…malu banget…

    aku di kasih ciprofloxacin 500 mg, mesol 4, ama nonflamin….
    bener gak seh dok….

    secara medis, kalau saya teratur minum obat itu, terjadi perubahan (cucakrowo udah gak ngiler…) itu kira2 berapa hari??

    ini masih hari pertama, cuma agak pusing….
    efek sampingnya apa seh dok?

    matur nuwun dok….

  49. 49 cakmoki Desember 18, 2008 pukul 2:51 pm

    @ dee:
    Bener … lebih sip kalo kombinasi dengan injeksi kanamicin 2 gram.
    Biasanya 3-5 hari udah sembuh, kecuali ngiler yang berulang, bisa sampai 5-7 hari.
    Efek samping cipro: mual, muntah, kembung, gak nyaman di peut, pusing, sakit kepala, sulit tidur, dll.
    Maturnuwun

  50. 50 dee Desember 18, 2008 pukul 6:10 pm

    thanx cak…
    aku salut sama dokter online kayak gini…
    coz terkadang, kita malu utk ke dokter tuk urusan ini….

    berkat cak moki, aku bisa lega…

    kemaren tuh, kata dokternya juga mau di injeksi…
    tapi harus ada tes kulit ato apalah
    jadi sama dokternya gak di suntik…

    kalo pengobatan oral aja, bisa sembuh kan dok…

    satu lagi, selama 3-5 hari itu, gak bisa beraktifitas uh-ah itu gak dok?

    matursembahnuwun….

  51. 51 cakmoki Desember 18, 2008 pukul 11:34 pm

    @ dee:
    Dengan pengobatan oral aja bisa sembuh juga … Kalo misalnya belum sembuh, dapat digunakan obat golongan quinolone jenis lain.

    satu lagi, selama 3-5 hari itu, gak bisa beraktifitas uh-ah itu gak?

    selama si cucakrowo masih ngiler, dengan berat hati … gak boleh uh-ah maupun hohohihe :D … so, nunggu sampe bener-bener sembuh supaya gak nular … sabar aja deh.

    Maturnuwun

  52. 52 YO Januari 1, 2009 pukul 4:47 pm

    CAK Saya kena si cicak ngeces ud ampir 1 bulan n dokter cuma kasih ofloxacin 200 MG sama Urispas 200 MG tapi sampe sekarang ga sembuh2 si cicak ngecesnya.. tolong ksh tau resep manjur nya donk cak n klo bisa nm obatnya ga singkatan biar aq bisa beli d apotik,,kapokkk tenan cicak ku nemplok d dinding…

  53. 53 cakmoki Januari 1, 2009 pukul 10:17 pm

    @ YO:
    Wah kelamaan tuh ngecesnya :D
    Sebaiknya ke dokter untuk diperiksa Lab sekaligus tes sensitivitas agar diketahui penyebabnya sekaligus antibiotik yg paling sensitif terhadap mikro-organisme penyebabnya.
    Biasanya dengan injeksi Kanamicin 2 gram dan obat minum ofloxacin 2×200 mg ato cyprofloxacin 2×500 mg udah sembuh dalam 7 hari dan paling lama 10 hari.
    Kalo pake ofloxacin 200 mg maka dosisnya: 2×200 mg (400 mg sehari) selama sedikitnya 7 hari.
    Moga gak ngeces lagi.
    Trims

  54. 54 budi Januari 20, 2009 pukul 4:23 pm

    Dok, numpang tanya nih.
    sy temukan lendir jrnih/ cairan sdh hampir 2 minggu, pd waktu pertama x ada rasa tdk enak waktu berkemih. tp skrg tdk lagi tp masih berlendir jernih. Kadang waktu pagi cairannya keruh. Keluhan lainnya tdk ada, hanya ada cairan/lendir jernih sj. cucakrowonya normal. Obatnya apa ya dok?

  55. 55 cakmoki Januari 21, 2009 pukul 11:46 am

    @ budi:
    Cyprofloxacin 500mg 2×1, selama 3-5 hari.
    Kalo masih tetep gak hilang, sebaiknya periksa Lab.
    Trims

  56. 56 budi Januari 21, 2009 pukul 2:20 pm

    Obatnya bs kita beli di apotik khan cak?…

  57. 57 cakmoki Januari 21, 2009 pukul 4:37 pm

    @ budi:
    biasanya bisa, silahkan dicoba ke apotik :)

  58. 58 budi Januari 22, 2009 pukul 10:56 am

    Makasih infonya Cak….

    Semoga Cak diberikan kemudahan atas segala urusan Cak.

    Wass

  59. 59 cakmoki Januari 23, 2009 pukul 12:08 am

    @ budi:
    amiiin… demikian pula sebaliknya, moga sehat selalu.
    Trims …Wass

  60. 60 surya Februari 1, 2009 pukul 1:02 pm

    Cak dokter,

    terima ksih banyak…, sangat bermanfaat artikel anda….
    saya stay di LN, sudah 2 hari ngiler terus nih…
    memang saya pernah main tanpa sarung….

    lagi bingung…
    akhirnya memutuskan ke dokter… setelah baca artikel anda….

    salam

  61. 61 cakmoki Februari 2, 2009 pukul 1:19 pm

    @ surya:
    Moga gak ngiler lagi :)

  62. 62 rudy Februari 10, 2009 pukul 10:56 am

    pak dokter, barusan saya mengidap penyakit kelamin.
    setiap kencing penis saya terasa sakit sekali
    sampai saya takut kalau mau kencing.
    diujung lubang penis saya,seperti bengkak sedikit
    tapi tidak mengeluarkan cairan.
    diobatin apa ya?
    terima kasih sebelumnya.

  63. 63 cakmoki Februari 10, 2009 pukul 1:58 pm

    @ rudy:
    Kalo misalnya GO, obatnya:
    1) injeksi kanamicin
    2) Obat minum: cyprofloxacin 500 mg, atau ofloxacin 400 mg.
    3) Jika nyeri, dapat ditambahkan asam mefenamat 500 mg

    Moga segera sembuh … Trims

  64. 64 Thanks Februari 13, 2009 pukul 10:00 pm

    thanks….
    thanks….
    thanks….

    ‘dan semoga saya bisa sembuh’

    juga semoga penyakit ini terus tertular pada kami dan mereka yang masih BERZINA sebagai pengingat bahwa TUHAN itu benar-benar MAHA ADIL…

    Somoga sakit ini juga menjadi jalan taubat saya….

    Makasih dok….

  65. 65 cakmoki Februari 14, 2009 pukul 2:49 am

    @ Thanks: :)

  66. 66 adi_darwis Maret 7, 2009 pukul 11:55 pm

    caaakkk…..

    mohon petunjuk…. hari 3 setelah cucakrowoku ngiler… aku ke dokter… dikasih obat yang ga tau namanya (karna udah parno mo cepet sembuh) 2 butir 1 x 1…. trus 2 hari kemudian disuruh balik lagi ke dokter… dikasih lagi obat 2 butir langsung minum… trus dikasih doxycycline 100 mg untuk minum 2 butir per harinya….

    yang mau ditanya.. klo masih ngiler.. piye cak…??
    n obat yg udah di kasih dokter aku bener ga ya…????

    thanks before….

    god bless you..

  67. 67 cakmoki Maret 8, 2009 pukul 12:55 pm

    @ adi_darwis:
    Obatnya udah oke tuh… mungkin yg diberikan dokter adalah obat golongan ofloxacine ato cyprofloxacin.

    Kalo setelah dikombinasi dengan doxycycline 100 mg masih ngiler juga, mau gak mau injeksi pake kanamycin 2 gram dan obat minum.
    Moga gak ngiler lagi :)
    Thanks

  68. 68 adi_darwis Maret 12, 2009 pukul 11:31 pm

    Ccaakkk….
    Mohon petunjuk kembali…. Kayaknya udah mampet n kering neh ngilernya… Thanks banget infonya…
    Trus indikasi sembuh total tuh apa..?? Apa klo udah ga ngiler lagi brarti dah sembuh or ada tanda” lain..??
    Trus klo udah kering lagi brarti dah bisa aiueO-aiueo sama istri lagi donk neh n ga bakal ada tragedi pingpong kan ya ??
    Mohon petunjuk… Thanks before…

  69. 69 cakmoki Maret 14, 2009 pukul 2:55 pm

    @ adi_darwis:
    Indikasi sembuh:
    a) kalo udah gak ngiler lagi
    b) tidak nyeri di ujung dan badan cucakrowo ™

    udah bisa hohohiheh dg istri….
    Met berakhir pekan ya :D
    Thanks

  70. 70 wong jakarta April 4, 2009 pukul 3:15 am

    cak mau tanya, saya minggu lalu kena go, langsung ke dr spesialis go , lansgung dibom , dan 4 hr mampe dan ga skait,trus priksa lab, spilis dan go negatif, tapi ditemukan cocus 1 lektosit tinggi, skrng dah ahri ke 7 , ga sakit pas kencing, ga ada nanah dah ilang sjk hr ke 3 terapi, tapi hari ini ketika ejakulasi trasa sakit, apa karena si cocus gram itu yah? musti di nuklir jg si cocus?? trus pengobatanya beda ma go ga? soalnya go kmrn dikaish resep dokternya gila2an takut od jg hehehe, senen mau ke dr lg seh cak, jadi mank si cocus yg nyebabin sakit ketika ejakulasi ya, trus si cocus ini mank ngikut sama GO ya, apa emang udah ada, gara2 ada go dia jadi superpoewer hehe , trims ya cak

  71. 71 cakmoki April 4, 2009 pukul 5:40 pm

    @ wong jakarta:
    Penyebab GO adalah kuman N. gonorrhoeae berbentuk diplococcus (kayak biji kopi), sedangkan kalo bentuk coccus (tanpa diplo) bisa jadi non-specific urethritis. Biasanya obatnya sama tapi durasi penggunaannya lebih lama, sekitar 7 hari.
    Moga nanti hari senin dapat penjelasn yang lebih lengkap dari dokter spesialis kulit dan kelamin dan moga cepet sembuh. :D
    Trims

  72. 72 vi April 6, 2009 pukul 1:51 pm

    mau tanya kalau dimungkinkan terjadi fenomene ping pong pada istri yang swaminya “jajan” di luar, bagaimana pengobatan untuk istrinya cak?walaupun istrinya tidak ada keluhan apakah harus diobati juga trus diobatinya bgmn? trims…ditunggu jawabannya secepatnya ya cak

  73. 73 cakmoki April 7, 2009 pukul 12:17 am

    @ vi:
    Sama dengan pengobatan untuk swaminya.
    Tapi harus dilakukan pemeriksaan Lab (sekret vagina) untuk membuktikan ketularan apa enggak. Menurut sy, sebaiknya periksa Lab walau ga ada keluhan. Kalo hasilnya normal, gak perlu obat.
    Trims

  74. 74 ri-2 April 8, 2009 pukul 10:53 am

    Dok..
    Kalo bru sehari maen (td malem maen misalnya) kira2 kpn bisa keliatan ciri2nya ? Ato kalo buat pencegahan sebaiknya pake/minum obat apa ? Bisa gak diminum pagi ato sore besoknya ? Cuma buat jaga2 gitu. Trus kpn lagi bisa berhubungan ama istri ? Trims dok.

  75. 75 hendr@ April 8, 2009 pukul 11:26 am

    mau tanya ni ?! Tolong dijawab ya dok…
    Saya maen hu-oh ni. Tp bkn ama psk si. Ama temen deket pacar. Cma katanya dia kadang2 doang bisa dibawanya. Nah… Yang pengen saya tanyain, kira-kira kalo emang dia bersih (ato gak nularin pms ke saya), kondisi saya kira2 gimana yak ? Ato memang musti nunggu beberapa hari dulu biar keliatan indikasinya ? Saya jadi paranoid ni dok. Soalnya pas maen lupa pake karet. Maklum udah keburu nafsu. Trims dok atas infonya.
    Mohon balesan secepatnya.

  76. 76 cakmoki April 8, 2009 pukul 3:41 pm

    @ hendr@:
    ya, mesti nunggu … :)
    kalo setelah 3 hari setelah ho-ho-hi-he gak ada keluhan, biasanya aman.
    Trims

  77. 77 cakmoki April 8, 2009 pukul 10:01 pm

    @ ri-2:
    Gejala klinis (keluhan) timbul sesuai masa tunas, yakni: 2-20 hari dengan rata-rata 3 hari.
    Sebaiknya ga minum obat pebcegahan karena beresiko resistensi.
    Kalo misalnya udah terlanjur kena, maka berhubungan dengan istri diperkenankan setelah bener-bener sembuh (yang aman, sekitar 5-7 hari setelah pengobatan)
    Trims

  78. 78 Marpudy Mei 22, 2009 pukul 4:34 pm

    cak moki.. mo nanya karena agak bingung neh..
    sy berasumsi kena cungil (cucakrowo ngiler) karena gejalanya sama, tp saya sma skali gk pernah ke prostitusi, sekitar sminggu yg lalu sy berhubungan dgn pasangan, dia pake spiral trus karena mngkin terlalu hot ujung mr hapy sy luka2 smpe bbrpa hari tiap kencing agak sakit, sy masih ngira itu disebabkab krn luka tsb, tapi lama2 jadi kayak nanah.. taunya sy buntel cucakrowo saya pake tisue dan slalu ada nanahnya… hari ini dah jelas bgt kl itu nanah karena brwarna kuning, sebelumnya cuma getah bening gitu… stelah sminggu yg hot itu sy udah berhubngan lg sm pasangan yg sama…
    yang mmbuat sy bingung.. slama apakah kuman penyebab itu bs brada dlm tubuh tanpa mnimbulkan gejala2 ngiler… soalnya pasangan sy terdahulu pernah terkena GO dan dia bilang ke sy utk cek, tp gk saya lakukan krn sy gk ada gejala sm skali.. terakhir berhubungan dgn pasangan terdahulu itu dah lebih dari stahun yg lalu… fyi miss cheerful pasangan sy memang agak berbau, tp dia bilang itu bau biasa, bukan krn the white-an ….
    apakah miss cheerful yg terkena bakteri GO berbau ato gak? selama sy sm pasangan sy skarang sy pernah slingkuh dn berhub dgn perempuan lain tp miss cheerfulnya sama skali gk bau krena sy smpt mngoralnya… (maaf bahasanya)
    jadi dari siapa sy terkena bakteri GO ini cak, kalo benar sy terkena cungil..

    mohon pencerahannya… rencana saya sore ini mo priksa ke dokter skdk

    thanks berattt….

  79. 79 donn Mei 23, 2009 pukul 8:49 am

    dok

    kalo sudah minum cipro 4 hari terus ganti ofloxacin 5 hari… nanahnya masi blum ilang , gimana ya

  80. 80 cakmoki Mei 23, 2009 pukul 12:24 pm

    @ Marpudy:
    Masa tunas kuman penyebab GO sekitar 2-10 hari. Untuk mengetahui sumber penularan, monggo ditelusuri, sama siapa dalam kurun waktu tersebut berhubungan. Jika dengan pasangan yang sekarang, sebaiknya periksa keduanya. Pada wanita, adakalanya GO asimptomatis, artinya gak menimbulkan keluhan.
    Walah, maaf…rupanya saya udah telat menjawab ya … hahaha.
    Moga setelah periksa ke dokter, mendapatkan obat dan segera sembuh.
    Trims

    @ donn:
    Sebaiknya periksa sedimen Urine untuk melihat penyebabnya. Selanjutnya, pemilihan jenis obat disesuaikan dengan penyebabnya berdasarkan hasil Lab.
    Trims

  81. 81 Rudy Mei 27, 2009 pukul 12:37 pm

    Dok sudah 10 hari saya kena GO dan sudah 5 hari ini saya minum ampicilin 500mg 3 x 1/2,tp belum sembuh juga dok.rasa nyeri dan nanahnya sudah agak berkurang,apa yg harus saya lakukan terus minum ampicilin atau ganti obat trus kalo ganti obat,obat apa yg harus saya minum.trims

  82. 82 cakmoki Mei 28, 2009 pukul 1:44 pm

    @ Rudy:
    Ampisilin dan Amoksisilin udah gak mempan sejak akhir 1980-an. Saat ini setidaknya menggunakan Cyprofloxacin.
    Nah, mengingat udah cukup lama, sebaiknya menggunakan Cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 sehari, selama 5-7 hari.
    Trims

  83. 83 Rood Juni 2, 2009 pukul 11:27 pm

    Cak aku mo nanya,kalo brciuman ama orang yg kena GO apa bisa ketularan.thanks

  84. 84 cakmoki Juni 3, 2009 pukul 1:33 am

    @ Rood:
    Penularan melalui kontak seksual, kecuali kalo lawan ciumannya menderita Gonore Orofaringitis.
    Trims

  85. 85 Wid Juni 12, 2009 pukul 8:20 pm

    Cak tolong di jelasin ttg penyakit NSU dan bgaimana pengobatannya.trims

  86. 86 cakmoki Juni 14, 2009 pukul 6:49 pm

    @ Wid:
    Pada NSU, penyebab terbanyak adalah: Clamydia, Ureaplasma dan mycoplasama.
    biasanya perlu pengobatan dengan waktu yg lebih lama, sekitar 7 hari.
    Obat ug lazim digunakan:
    > Doxycyclin 100 mg, diminum 2×1 selama 7 hari,atau:
    > eritromisin 500 mg, diminum 3×1 selama 7 hari,atau:
    > Azithromycine, diminum 1 gram dalam dosis tunggal
    Trims

  87. 87 Arya Juli 3, 2009 pukul 8:30 pm

    dear dok,
    saya menderita GO sudah 4 hari saya mau tanya untuk Cyprofloxacin 500 mg bisa didapat dimana ya?dan untuk nama obat tersebut yang lebih terkenal apa ya?
    thx before.

  88. 88 cakmoki Juli 4, 2009 pukul 2:53 pm

    @ Arya:
    bisa didapat di apotik melalui resep dokter :) (kenyataannya dapat dibeli langsung).
    Nama dagang cyprofloxacin, diantaranya: Ciflos, Girabloc, Interflox, Kifarox, Lapiflox, dll … dll…
    thx

  89. 89 arie Juli 10, 2009 pukul 11:10 pm

    malam cak moki yang baik,
    perkenalkan nama saya ari, 30 tahun. beberapa hari yang lalu saya sempat terkena GO atau kencing nanah. Saya tau itu karena saya baca artikel cak moki tentang GO. saya sudah berobat, dan alhamdulillah saat ini saya sedang dalam masa penyembuhan. Tiga hari yang lalu saya sudah disuntik dan sekarang nanahnya sudah tidak keluar lagi. tapi masih sakit kalau pipis.
    Yang jadi masalah adalah istri saya. Dia sedang mengandung anak kami yang pertama. Sehari setelah saya berhubungan dengan PSK ( yang sampai saat ini saya sesali seumur hidup) saya melakukan hubungan dengan istri saya. dan kemungkinan besar istri saya juga tertular penyakit yang sama. Bagaimanakah caranya agar penyakit ini bisa disembuhkan dari istri saya, apakah melalui pengobatan yang sama dengan saya atau ada cara lain? dan bagaimana mengetahui bahwa istri saya itu masih sakit atau sudah sembuh? dan bagaimana dengan bayi kami?
    Terima kasih cak moki yang baik. Tolonglah saya yang sedang susah ini. semoga Tuhan membalas kebaikan anda. Amin
    Saya tunggu jawabanya di email saya.

  90. 90 cakmoki Juli 12, 2009 pukul 2:20 pm

    @ arie:
    maaf, terlambat menjawab.
    Istri dapat diobati sampai sembuh dengan obat yang aman untuk kehamilan, yakni obat-obat antibiotika kategori B, dimana antibiotika jenis ini aman untuk kehamilan maupun janin yang dikandungnya.
    Sebenernya pengobatan GO sangat mudah, obatnyapun banyak pilihan.
    So, sebaiknya periksa ke dokter agar mendapatkan obat yang tepat (sebaiknya tidak mengobati sendiri berdasarkan artikel).
    Sedangkan janin gak akan terpengaruh jika segera diobati dengan tepat, baik jenis maupun lamanya pangobatan.
    Moga segera sembuh :)
    Trims

  91. 91 untung Juli 17, 2009 pukul 12:01 pm

    salam cak moki yang budiman
    beberapa waktu yang lalu saya terkena go, melalui beberapa tulisan di blog ini saya sudah minum antibiotik ciprofloxacin begitu juga dengan istri, setelah itu ngiler di anu saya berhenti, tetapi istri saya mensnya menjadi tidak teratur, badanya demam, tetapi keluar darahnya tidak sakit dan bau, dan beberapa hari berhenti, tetapi beberapa hari kemudian keluar darah lagi…. gimana cak, kenapa istri saya

    terima kasih

  92. 92 Yudhi Gejali Juli 18, 2009 pukul 2:11 pm

    @ Untung: Darah? Tidak sakit? disertai keputihan. dan berbau…
    hemmm sebaiknya berhati-hati…mungkin saja ada penyakit lain yang lebih serius..apalagi kalo berdarahnya terutama setelah berhubungan intim (post coital bleed). Waspada pak, terutama kalau istri anda sudah diatas 30 tahun…

  93. 93 cakmoki Juli 18, 2009 pukul 2:39 pm

    @ untung:
    Menurut saya, istri perlu pemeriksaan Lab sekret untuk memastikan penyebabnya sehingga dapat diberikan obat yang tepat.
    Kadang wanita lebih lama menderita GO karena beda pada anatomy organ genital…
    Ato, bisa juga mengganti obat untuk istri dengan obat lain…
    Moga segera sembuh…Trims

  94. 94 untung Juli 18, 2009 pukul 10:47 pm

    salam lagi buat cakmoki
    terimakasih atas jawaban yang sudah diberikan, kemarin istri berobat di dr. kandungan, di usg rahim normal tidak ada tanda2 keanehan, oleh dr. diberi obat penambah hormon cyclo-progynova, apakah betul obat yang diberikan dr. tersebut, seandainya cyprofloxacin tidak ampuh obat apa lg yang kira2 bisa digunakan tks. cak

  95. 95 cakmoki Juli 19, 2009 pukul 4:52 pm

    @ untung:
    Salam,
    Ya, obat tersebut untuk stabilisasi siklus menstruasi.
    Untuk obat GO yg lebih kuat adalah ofloxacin.
    tapi sebaiknya periksa sekret lebih dahulu, apakah benar masih ada kuman GO ataukah sebab lain, sehingga kita dapat mengobatinya dengan lebih tepat.
    Trims

  96. 96 untung Juli 21, 2009 pukul 4:35 pm

    salam,
    maaf cak semoga tidak bosan dengan pertanyaan saya, benar nggak injeksi ceftriaxone akan lebih menuntaskan penyakit go, soalnya bila dilihat dari gejala2 nya gonore yang ada pada istri saya telah berkomplikasi, seperti keluhan demam dll
    tks cak

  97. 97 ady Agustus 6, 2009 pukul 12:55 pm

    Salam kenal cak moki tolong dibantu ya…
    by the way Aku juga perna kena tapi pas minum cyfroli..dosis tunggal, itu berhenti pnyakitnya..tapi pas ga minum obatnya beberapa hari, datang lagi..memang berapa lama sih kita harus minum obatnya..padahal aku udah komsumsi sudah banyak dan dosis yang pasnya berapa kali ya..makasih ya sebelumnya

  98. 98 cakmoki Agustus 7, 2009 pukul 12:29 am

    @ untung:
    duhhh, maaf..kelewatan…
    Ya, pada yg telah mengalami komplikasi, injeksi ceftriaxon merupakan salah satu pilihan pengobatan.
    Trims

    @ andy:
    Lam kenal :)
    Jika ga ada penyulit (komplikasi), cukup dengan dosis tunggal 500 mg. Dalam praktek sehari-hari, kebanyakan udah gak mempan lagi dengan dosis tunggal. Untuk itu perlu disertai injeksi kanamycin 2 gram dosis tunggal.
    Tapi kalo gak sembuh, ada kemungkinan kecampuran infeksi clamydia, maka ditambahkan doxycycline 2×100 mg selama 7 hari.
    Trims

  99. 99 nayoan Oktober 11, 2009 pukul 12:22 pm

    cak moki yang baek…
    makasih sebelumnya. sy simak smua blog anda..sy simak forum ty jwb, tp kok sampe agustus 09 thok, apa dah nggak terima konsul lagi nih….
    cak..akhirnya kena go jg nih..dah 2 mingu lebih…pe judeg saya..
    critane 3 hr pertama di amoksilin 3 hr masih meler juga dok…tak tambah lagi 3 hari mashi nekad juga cak…trus 3 hr lalu setelah baca smua py cak moki ke poli umum rs di solo…uisiiin dok dokterna cewek cantik muda….tapi demi si kecil ya udah terus terang aja cak…..
    ma si dok cantik dikasih kanamicin 250grm 2×1 ma urogetix 3×1 untk 3 hari….
    tapi dok….nggak tau nih apa pengaruh obatna ato laen….:
    * melerna tambah banyak n lebih pekat pe meh kehijauan cak
    * cak…yang bikin takut nih….urine kesempatan pertama warnane kemerahan selanjutna kecoklatan…
    dok saat ini hari ke 3 minum obt tsb….
    cak moki please pripun niki…solusine.. jadi parno nih
    ats solusina buanyak terimaksh..smoga Thn melimpahkan kesehatan n riski yang byk min…….

  100. 100 cakmoki Oktober 11, 2009 pukul 1:12 pm

    @ nayoan:
    masih terima koq… tanggal tersebut diskusi tentang GO di artikel ini… selebihnya tersebar di masing-2 artikel dan di halaman tanya jawab :)

    Obat tersebut, yg dari si dok cantik adalah untuk ISK (Infeksi Saluran Kemih)….
    Pada kondisi yang masih baru, sebenarnya cukup dengan cyprofloxacin 500 mg dosis tunggal, atau ofloxacin 400 mg dosis tunggal, atau cefixime 400 mg dosis tunggal, atau ceftriaxone 125 mg dosis tunggal…. ini kalo masih baru lho …

    Adapun untuk GO yang udah segitu lama (2 minggu lebih):
    Injeksi Kanamycin 2 gram plus obat minum, atau bisa juga hanya dengan obat minum kombinasi, yakni:
    1) Cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 sesudah makan selama 5 hari
    2) Doxycyclin 100 mg, diminum 2×1 sesudah makan selama 7 hari.
    Keduanya diminum bersamaan.
    Kalo ada rasa nyeri, dapat menggunakan obat pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat (merk dagang bebas memilih), diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.

    Ditunggu laporan perkembangan si kecil 5-7 hari kemudian.
    Moga segera sembuh :D
    Trims

  101. 101 nayoan Oktober 12, 2009 pukul 7:17 pm

    cak moki…..
    laporan………
    makasih bangt responnya n dah tak laksanaken petunjukna……
    uuueeeedaaaaan………muanjur tenan rek……
    baru 1 hari aja dah kerasa khasiatna……makasih ya cak….
    trus apa ya harus tetep 5 hr obatna cak…biar tuntas…tas….tas gitu ya cak….

    tengkyu peri mat…..

    salam hormat tuk cak moki n kel
    murah sandang n pangan

    salam…..
    cah solo…

  102. 102 cakmoki Oktober 13, 2009 pukul 12:27 am

    @ nayoan:
    Laporan diterima …roger …
    He-eh, obatnya diterusin hingga 5 hari supaya gak terjadi resisten (kebal) dan gak rekuren (kumat alias kambuh)
    Teng kyu juga atas do’nya…demikian pula sebaliknya.
    Moga sehat selalu.
    Salam

  103. 103 Mueler Oktober 18, 2009 pukul 9:54 pm

    Cak moki…
    numpang konsultasi…

    Setelah hari kamis tanggal 15/10 sy mengalami hari 1 pilek burung. Malamnya saya bom pake zitromax 500mg x 2.
    Tp bsknya sy mengendor di tanggal 16 dan 17, masing2 saya hanya makan 500mg x 1. Tgl 18/10 saya mulai takut ada resistensi jadi saya bom lagi jadi 500mg x 2.

    Yang ingin ditanyakan, sebaiknya saya konsumsi lagi obat tsb sebanyak apa dan selama apa ya cak? Maaf nih, gara2 nurutin nasehat temen yg sok tau, jadi ngeri kalo jadi resistensi.

    Keadaan sih di tgl 16 sdh gak pilek lg, tp ketika dosis saya kendorkan, kok ada rasa pegel2 di pangkal telor (padahal gak ada yg mancal sy). Apakah ada hubungannya apa cuman sugest saya sj?

    Matursuwun sanget….

  104. 104 cakmoki Oktober 18, 2009 pukul 11:18 pm

    @ Mueler:
    Pemakaian Azithromycin (zithhromax, dll) pada Penyakit Menular Seksual dapat menggunakan 3 cara, yakni:
    1) Diminum 1 gram ( 2 tab 500 mg) sebagai dosis tunggal, artinya hanya sekali minum 92 tablet)
    2) Diminum 500 mg per hari selama 3 hari.
    3) hari pertama 500 mg, kemudian hari ke 2 sampai hari ke 5 masing-masing 250 mg per hari.

    Kalaupun gak sesuai dengan cara yang dianjurkan gak papa… Resistensi akan terjadi kalo dosisnya kurang.
    Tentang pegal di pangkal telor dapat terjadi karena kepancal penyakitnya… :D … dimana pada saat infeksi memicu kelenjar-2 disekitar si burung untuk meningkatkan produksi lekosit dan limfosit… karena itulah pangkal telor atau area sekitar burung adakalanya berasa pegal atau kemeng atau nyeri.
    Trims

  105. 105 Joed Oktober 20, 2009 pukul 4:23 pm

    Cak..kemarin saya 3 hari lalu jajan.. Kl saya ke apotik beli Cyprofloxacin 500 mg untuk diminum 5 hari aja bole tidak cak? paling tidak untuk jaga2..karena kepikiran terus..

    terima kasih.

  106. 106 Joed Oktober 20, 2009 pukul 4:33 pm

    Tambahan cak..dulu saya pernah ileran..pertama dikasi binozyt 500mg 3 hari+ suntik. Setelah obat habis saya balik ke dokter dikasi binozyt 500mg + Doxycyclin 200mg diminum seminggu..Alhamdulillah sembuh cak..Namun beberapa hari yang lalu gak bisa nahan…lalu kayak comment saya diatas deh jadinya…

    Mohon bantuannya cak.

    Salam

  107. 107 cakmoki Oktober 20, 2009 pukul 11:47 pm

    @ Joed:
    Obat tersebut sebenarnya bukan untuk pencegahan (pofilaksis), melainkan untuk pengobatan (kuratif) ketika terinfeksi gonore. Tapi jika ada riwayat “ileran” sebelumnya di tempat yang sama, maka pemakaian obat tersebut dapat dimengerti… gak masalah :)
    Trims

  108. 108 Joed Oktober 21, 2009 pukul 10:14 am

    Terima kasih cak…

  109. 109 cakmoki Oktober 21, 2009 pukul 12:13 pm

    @ Joed:
    Sama-sama

  110. 110 secondchance Oktober 28, 2009 pukul 4:11 am

    cak moki yang baik,

    tanggal 19 oktober yang lalu saya berhubungan dengan seorang teman saya. hari minggu-nya tanggal 25, saya baru menyadari ada bercak2 di celana dalam saya. setelah saya cari info2 tentang penyakit GO, saya tahu bahwa saya terkena penyakit GO.

    karena saya sedang tinggal di luar kota, saya kontak teman saya seorang dokter dan dia memberi saya resep ofloxacin 400mg. saya diminta meminumnya sehari sekali, dan saya membeli 5 butir.

    di hari selasa, 27 oktober, saya melihat bercak2 itu masih ada sehingga teman saya meminta saya untuk meminum obatnya menjadi 2 kali sehari.

    hari ini, 28 oktober dini hari, saya lihat bercak itu masih ada dan obat saya tinggal satu. apa saran cak moki bagi penyakit yang saya alami ini?

    terimakasih sekali atas penjelasannya.

  111. 111 secondchance Oktober 28, 2009 pukul 4:42 am

    oya, sebagai tambahan cak moki,

    saat ini kondisi badan saya sedang nggak fit… sedang batuk dan pilek, juga cukup stress karena pekerjaan dan sakit ini… apakah ini juga berpengaruh pada lamanya penyembuhan?

    terimakasih…

  112. 112 cakmoki Oktober 29, 2009 pukul 2:43 pm

    @ secondchance:
    Saran pengobatan dari teman dokter tersebut sudah tepat.
    Jika hingga saat ini masih ada bercak, sebaiknya periksa sekret bercak tersebut di Lab untuk memastikan penyebabnya.

    Jika hasil pemeriksan menunjukkan diplococcus saja, maka perlu injeksi Kanamycin 2 gram (intramuskular=lewat bokong) dan dikombinasi dengan obat di atas.

    Andai hasil Lab menunjukkan adanya infeksi campuran dengan clamydia, maka selain obat di atas, masih perlu ditambahkan obat lain, misalnya Doxycyclin 100 mg, diminum 2×1 selama 7 hari bersama obat yang pertama.

    Flu dan stress pada penyakit ini tidak mempengaruhi penyembuhan.
    Sekian dulu penjelasan saya, selanjutnya silahkan periksa sekret urethra di Lab Klinik.

    Terimakasih

  113. 113 thom November 10, 2009 pukul 12:34 am

    dok mau tanya,
    jika mengkomsumsi doxycycline 100 mg aman ngga ?
    apa ada efek samping nanti nya ?

  114. 114 cakmoki November 10, 2009 pukul 2:14 pm

    @ thom:
    asalkan sesuai indikasi (peruntukannya), maka doxycycline aman dikonsumsi.
    Efek samping yang dapat terjadi pada umumnya: mual, rasa gak nyaman di lambung, dll. Karenanya dianjurkan diminum sesudah makan.
    Trims

  115. 115 Cah gobloxx November 11, 2009 pukul 12:45 am

    Dox lam knal,sy kena GO dah tak kasih obat kifarox + asam mefenamat skrng tinggal nunggu perkembangannya yg jd mslah stelah sy jajan lusanya sy ah..uh ma istri apakah istri sy jg tertular? Klo dikasih obat yg sama manjur gak dok?satu lg dok diawal pernikahan kami istri sangat hot stelah 2th dan punya anak dia SANGAAAT dINGIN mkane sy jajan,ada gk obat yg bikin dia hot lg..mohon bantuannya & trimakasih

  116. 116 cakmoki November 11, 2009 pukul 3:21 am

    @ cah gobloxx:
    lam kenal …
    Ya, sebaiknya keduanya diobati kalo udah sempat ah-uh.
    Wajar pada wanita yang punya anak mengalami penurunan gairah seksual dikarenakan berbagai faktor, salah satunya lebih ngopeni anak kandung ketimbang anak mertua (suami) :)
    Untuk mengembalikan seperti semula sebaiknya dirembug berdua secara terbuka. Kalo perlu disempatkan rekreasi agar fresh. Tapi sekali lagi sebaiknya dirembug berdua.
    Trims

  117. 117 Cah gobloxx November 12, 2009 pukul 3:47 am

    Trimakasih bgt cak,sesudah minum obat diataz 3kale ilernya lgsung mampet tp klo pipIs masih nyeri sih..
    istri orange keras kpla & gak mau ngalah jd sy deh yg harus sabar & ngalah.
    Oya istriku tak kasih obat yg sama kok anehnya dia mual,pusing & di wajah dan kulitnya bentol merah2 pdhal sy tidak.
    Apakah itu efek sampingnya cak?skali lg matur sembah nuwun

  118. 118 Cah gobloxx November 12, 2009 pukul 3:59 am

    Maaf ganggu terus(mumpung ada konsultasi gratis)
    Cak kakak(laki2) sy umur 31th dia mengidap epilepsi sejak remaja sampai sekarang dia belum sembuh,
    Yg mau sy tanyakan apakah penyakit tsb tidak bs sembuh pdhal dah diperiksa kemana mana tp msh aja kumat trus biar cepet smbuh solusinya apa cak?
    Satu lg pantangan bagi penderita tsb apa aja ya cak?
    Trimakasih

  119. 119 cakmoki November 12, 2009 pukul 4:38 pm

    @ Cah gobloxx:
    Obtanya dilanjutin …dan untuk mengatasi nyerinya dapat melanjutkan minum asam mefenamat.
    Keluhan pada istri tersebut kemungkinan efek samping salah satu dari asam mefenamat or kifarox. Untuk itu sebaiknya istri menghentikan obat tersebut.

    Tentang kakak yg menderita epilepsi, pada umumnya memerlukan obat terus menerus, jika epilepsi nya merupakan jenis “general epilepsi”.
    Karena itu, gak perlu keliling-keliling kemana-mana lagi untuk pemeriksaan jika udah jelas-2 epilepsi dan tidak ditemukan kelainan yang lain.
    Meski begitu, gak ada salahnya periksa ke dokter spesialis bedah saraf untuk memastikan ada tidaknya kelainan di area kepala melalui pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Jika ternyata sudah ke spesialis bedah saraf dan gak ada kelainan, maka yang diperlukan adalah kontrol teratur ke dokter yg selama ini merawat.
    Gak ada panytangan makanan apapun untuk penderita epilepsi.

    Trims

  120. 120 Cah gobloxx November 12, 2009 pukul 9:59 pm

    Thanx 1000 kaleeeeee cak/dok

  121. 121 cakmoki November 13, 2009 pukul 3:57 pm

    @ Cah gobloxx:
    sama-sama… makasih juga telah berbagi

  122. 122 didi Desember 9, 2009 pukul 12:29 pm

    salam Cak Moki, lgsung aja yah…kemarin(8des) sy positif GO (kata dokterx) tapi gejalax udah terasa 3hri sebelumnya seperti ‘body mr. happy’ agak geli2 gatal dari dalam. Nah kemarin pagi cucakrowox mulai meler, malamx lagsung ke dokter trus dikasih obat sy g tau obatx apa tapi obatnya diracik tuh 2 jenis obat dosis 200gr + 250 grm digabung jd 1 kapsul trus ada kode angka XV di resepx (itu apa yah?). oh iya kronologisx waktu tgl 22Nov ‘kebablasan’ trus besokx main ama pasangan saya. – apa pasangan saya ketularan juga, gejalax gimana? – trus obat yg diberi itu kira2 apa yah? thx

  123. 123 Lookman Januari 18, 2010 pukul 10:26 am

    hi cak, maaf menggangu saya ada pertanyaan nih.
    Jumat kemarin saya jajan diluar cak, setelah selesai menyalurkan ternyata lawan main saya memakai tampon cak…ada darah+semacam lendirnya disana (selama bermain saya curiga karena ybs bolak balik ke wc terus) setelah itu saya takut banget cak. Sebagai informasi saya memakai kondom terus. Aman kah saya cak? setelah baca2 blog ini saya ikuti beli ciprofloxacin untuk jaga2…
    Mohon bantuannya.

    Terima kasih.

  124. 124 cakmoki Januari 19, 2010 pukul 4:01 am

    @ didi:
    Maaf kelewatan, Mas…
    Meski begtu tetap akan saya jawab.

    XV dalam resep artinya jumlah obat 15. Jika kode tersebut dimaksudkan untuk merahasiakan obat, tentu yg tahu hanya dokternya dan pihak apotik. Dan jika benera begitu, cara-2 tersebut tidak dibenarkan ditinjau dri sudut manapun.

    Ya, pasangan bisa tertular. Hanya saja pada wanita seringkali tidak menunjukkan gejala (asimptomatis). Kalaupun ada keluhan, gejalanya antara lain: perih saat kencing dan keputihan.
    Andai pasangan tertular, obatnya sama aja, sebagaimana tertulis di artikel pada bab pengobatan.
    Trims

    @ Lookman:
    Kondom cukup aman. Namun sekecil apapun, jika si lawan main terinfeksi penyakit kelamin, kemungkinan tertular tetap bisa terjadi.
    Sejauh tidak ada keluhan sebagimana gejala-2 pada artikel di atas, berarti aman.
    Trims

  125. 125 Lookman Januari 19, 2010 pukul 12:29 pm

    Terima kasih cak..semoga tidak terjadi apa2…

  126. 126 cakmoki Januari 20, 2010 pukul 2:04 am

    @ Lookman:
    ya, semoga tidak terjadi apa-2…
    Moga sehat selalu

  127. 127 rendy Februari 28, 2010 pukul 8:01 am

    wah Dok, kalo gitu bisa juga donk istri nya yang nularin GO. Kalo istri selingkuh ma orang yang suka jajan berarti suami bisa ketularan donk…

    oh yah dok, jika selesai oral istri, hari itu juga atau berikutnya terkadang tenggorakan saya sakit… seperti radang tenggorokan. Apakah karena istri saya ada penyakit? atau memang oral seks itu tidak sehat?

    mohon bantuannya.
    Terima Kasih

  128. 128 cakmoki Februari 28, 2010 pukul 9:29 pm

    @ rendy:
    ya, bisa…
    keluhan sakit pada tenggorokan pasca oral sex belum tentu karena istri sakit…. bisa juga karena faktor lain yg berhubungan dengan hygiene.
    Terimakasih

  129. 129 CurutAir Maret 8, 2010 pukul 1:01 pm

    Dok,mau tanya negh
    saya terkena GO dan dah berobat ke dokter
    diberi obat ciprofloxacin 500mg untuk 5 hari
    setelah hari ke 5 tidak ada lagi rasa nyeri saat pipis dan iler yg keluar juga dah sedikit.masalahnya apakah saya harus sambung minum obat tersebut atau perlu ganti obat yg lain. Makasi ya dok.

  130. 130 cakmoki Maret 9, 2010 pukul 4:52 am

    @ CurutAir:
    Jika masih ada keluhan, dapat dilanjutkan hingga 7-10 hari. Ga perlu ganti obat.
    Makasih

  131. 131 chika Maret 19, 2010 pukul 9:34 am

    Dear Cakmoki …

    Aku mau tanya2 nih … Kalo pasangan hanya melakukan dgn pasangannya masing2 mungkin ga terkena CN ini ?

    Kalo ada kemungkinan dari apa terjangkitnya ?

    Terimakasih Cak ..

  132. 132 chika Maret 19, 2010 pukul 9:44 am

    Dear Cakmoki …

    Aku mau tanya2 nih … Kalo pasangan hanya melakukan dgn pasangannya masing2 mungkin ga terkena CN (cucakrowo ngiler) ini ?

    Kalo ada kemungkinan dari apa terjangkitnya ?

    Terimakasih Cak ..

  133. 133 chika Maret 19, 2010 pukul 10:00 am

    Soalnya Cak, ada kejadian spt itu Cak, ga pernah jajan dua2nya tiba2 suaminya kena “ngiler” gitu , gimana terjangkitnya ya Cak ?

    Kemungkinan2nya spt apa Cak bisa kena cucakrowo ngiler ini ?
    Terimakasih Cak ..

  134. 134 cakmoki Maret 19, 2010 pukul 5:02 pm

    @ Chika:
    Gak mungkin…. sejauh ini GO hanya ditularkan melalui hubungan kelamin…
    Tapi, Cucakrowo Ngiler bukan hanya GO, bisa sebab lain yg gak berhubungan dengan “jajan”, misalnya infeksi jamur … untuk membuktikannya perlu periksa Lab. Dengan begitu akan keliatan penyebabnya, apakah penyakitnya berasal dari “jajan” ataukah karena masalah hygiene.
    Makasih

  135. 135 chika Maret 19, 2010 pukul 9:10 pm

    Oh gitu ya Cak …. Jadi Cucakrowo Ngiler itu beda ya sama GO , maaf nih Cak kalo aku nanya terus krn aku blank masalah kayak begini …

    Kalo Cucakrowo ngiler itu sama ama Sipilis gitu ?

    Treatmentnya untuk “ngiler” ini cukup dgn cypro (antibiotik yg diminum) atau harus disuntik juga ?

    Maaf ya Cak nanya mulu :)

    Makasih …

  136. 136 cakmoki Maret 20, 2010 pukul 1:18 am

    @ chika:
    Bukan beda, tapi gak selalu GO …
    Lah, koq sifilis ? ga segitunya lah..
    treatment nya bergantung pada jenis penyebabnya… kalo disebabkan kuman, salah satunya pake cypro … sedangkan penyebab lain diobati sesuai penyebabnya.
    Makasih

  137. 137 chika Maret 20, 2010 pukul 9:12 am

    Kalo sifilis beda lagi ya Cak hehehe ok ..ok …

    Makasih ya Cak infonya ..

    Hv a nice weekend ..

  138. 138 cakmoki Maret 20, 2010 pukul 3:20 pm

    @ chika:
    iya, beda :)
    Met berakhir pekan juga …

  139. 139 tika Maret 23, 2010 pukul 9:17 am

    Dokter,

    Adik saya ke CN, tadinya dia ngobatin sendiri pk supertetra, trus krn ga sembuh2 baru cerita … Trus di kasih baquinor 500 2×1, udah berkuranglah …

    Ini udah hari ke 3, kira2 proses penyembuhannya dgn minum obat ini, biasanya berapa hari ya Dok ?

    Terus apa perlu dikombinasi dgn obat yang lain? Kalo iya, obat pendampingnya apa Dok ?

    Terima kasih Dok …

  140. 140 cakmoki Maret 23, 2010 pukul 3:08 pm

    @ tika:
    Kalo CN disebabkan go murni dan belum ada komplikasi, biasanya sembuh dalam 3-5 hari.
    jika ternyata ada kuman lain, misalnya clamydia, maka perlu obat kombinasi, misalnya:
    1) Cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 selamanya 7 hari.
    2) Doxycycline 100 mg, diminum 2×1 selamanya 7 hari.
    Makasih

  141. 141 tika Maret 23, 2010 pukul 7:17 pm

    Dokter …

    Makasih banyak ya …

  142. 142 cakmoki Maret 24, 2010 pukul 12:46 pm

    @ tika:
    sami-sami … terimakasih telah berbagi :)

  143. 143 Sampali Maret 25, 2010 pukul 1:16 am

    Cakmoki yg baik hati.mohon bantuannya ya
    saya cowo 29 thn.14 hari yg lalu saya dinyatakan terkena GO.semula saya diberi obat ciprofloxacin sama dokter untuk 5 hari.karena g sembuh saya ke dokter yg lain dan diberi obat doxicor untuk 5 hari juga.ternyata masi ngiler juga.akhirnya setelah tanya sana sini akhirnya dapat prof xxx.spkk.dari prof tersebut saya disuntik g tau apa dan di beri doxicor,urispas,dan satu macam obat lagi lupa namanya.di hari ketiga sicucak g ngiler lagi.cuma masalahnya di bagian kepala dari cucak muncul bintik merah.kena penyakit apakah saya cakmoki yg baik.dan apakah dengan papsmear bisa dideteksi adanya go?soalnya setelah saya tau kena GO istri saya langsung saya suruh papsmear dan tidak ada kelainan kata dokter kandungannya.

  144. 144 tika Maret 25, 2010 pukul 8:52 am

    Dokter,

    Mau tanya satu lagi kalo obat sudah diminum selama 7 hari, sudah membaik tapi belum sembuh total, apakah obat itu diteruskan ? Kalo diteruskan sampai berapa lama ?

    Kalau pengobatan melalui penyuntikan, apa betul dilakukan di Mr.P ? Dan dilakukan berapa kali menyuntikan dok ?

    Terima kasih Dok …

  145. 145 cakmoki Maret 26, 2010 pukul 12:30 am

    @ Sampali:
    Menilik kronologinya dan obat yg diberikan, kemungkinan emang GO. Suntikan yg diberikan biasanya Kanamycin 2 gram.
    Untuk memastikan jenis penyakitnya, dapat dilakukan pemeriksan Lab. Jenis pemeriksaannya ditentukan oleh dokter yg memeriksa secar langsung supaya terarah dan tidak hanya pake perkiraan belaka. Bintik merah yg tersisa, bisa jadi karena GO yang cukup lama. Bisa pula sebab lain yang dapat diketahui melalui pemeriksaan oleh dokter.
    Makasih :)

    @ tika:
    Kalo belum sembuh total, sebaiknya periksa lab, yakni Urine lengkap, Pemeriksaan sekret dan kalo perlu serologi. Tapi pemilihan jenis pemeriksan ditentukan oleh dokter setelah pemeriksaan fisik. Tidak bisa hanya melalui media online seperti ini. Namun hasilnya dapat kita bahas melalui media ini.

    Suntikan dilakukan di pantat, bukan di Mr. P :D
    Jenis obat suntik ditentukan berdasarkan jenis penyakitnya. Demikian pula jumlah suntikan.
    Makasih

  146. 146 Sampali Maret 26, 2010 pukul 1:42 am

    Makasi banyak atas infonya ya cak moki.
    Mengenai istri saya apakah perlu periksa lab lagi walaupun telah papsmer?
    Apakah ada kemungkinan bintik merah tuh gejala sifilis?
    Maaf ya banyak tanya soalnya takut dan bingung serta setress karena penyakit ini dan rada horor kalau mau balik ke tempat prof xxx tersebut.soalnya saya liat tempatnya agak jorok dan mungkin karena profnya dah tua jadi rada susah konsultasi, belum lagi jam prakteknya cuma dari jam 6 sore ampe jam 8 malam.bentrok sama jam kerja saya.
    sekali lagi makasi banyak cak moki

  147. 147 tika Maret 26, 2010 pukul 9:32 am

    Dokter,

    Terima kasih ya informasinya …

    Takut ke dokter soalnya kabarnya yang di suntik Mr.P nya … Hadooh ga kebayang …

    Matur nuwun ya Dok …

  148. 148 cakmoki Maret 26, 2010 pukul 11:58 pm

    @ Sampali:
    Menurut saya gak perlu. Soalnya kalo diperlukan pemeriksaan Lab, tentu dokter sudah memberikan pengantar Lab.
    Lagipula, sifilis diawali dengan pembesaran kelenjar yang tidak nyeri di sekitar organ tersebut, dan tanda-2 lain yg tentu akan diketahui oleh dokter yg meriksa.

    oiya, mudah dan tidaknya konsultasi bukan dilihat dari usia dokter, tapi dari kebiasaan dokter masing-masing :D

    Makasih

    @ tika:
    sami-sami, maturnuwun juga telah berbagi :)

  149. 149 wong ndableg April 10, 2010 pukul 7:20 pm

    Cak Moki, tulisan njenengan benar2 bermanfaat. Langsung aj, begitu saya baca obat untuk GO, saya langsung beli di apotik sesuai anjuran pemakaian. Tapi saking kesusunya, yang saya beli malah cyprofloxacin dan ofloxacin (bukankah ini sama saja ya cak?). Dan begonya lagi, saya terburu minum untuk pertama kalinya 1 butir cyprofloxacin dan 1 butir ofloxacin sekaligus. Tp berikutnya cm sebutir cyprofloxacin. Apa ini bahaya kelebihan dosis? Efek samping? MAturnuwun cak, ditunggu jawabnya.

  150. 150 cakmoki April 11, 2010 pukul 12:32 pm

    @ wong ndableg:
    Gak papa, Mas … toh hanya sekali aja… Tidak bahaya dan tidak kelebihan dosis. Efek samping, kalaupun ada, biasanya hanya mual.
    Mturnuwun

  151. 151 latoel April 12, 2010 pukul 12:03 pm

    cak moki..mau tanya apa beda tanda2 GO dengan chlamydia? oh ya bila terinfeksi GO tpi di tenggorokan apa juga obatnya? apakah bisa menular hingga ke organ pencernaan?
    Thx sebelumnya cak.

  152. 152 cakmoki April 12, 2010 pukul 3:07 pm

    @ latoel:
    Tanda-2 dari keduanya tidak bisa dibedakan hanya dari keluhan dan penampakan. Untuk membedakannya adalah dengan pemeriksaan Laboratorium sekret (cairan).
    GO di organ lain, obatnya sama saja. Tidak akan menjalar ke pencernaan jika diobati dengan tepat.
    Makasih

  153. 153 jeng rumit April 19, 2010 pukul 1:36 pm

    cak moki ,,,,
    salam hangat ,,,,
    mas saya melakukan sex sama calon suami saya …
    3 hari setelah itu dia telpon saya dan bilang sakit ,,, dia langsung ke dokter dan sembuh …
    begitu main lagi dengan saya terjadi hal yg serupa .
    saya ingin berobat takut ….
    dan bajet dompet, saya anak kuliahan .
    saya sering keputihan dan kekuning”an n bau ,
    dan terkadang hbngan sex saya ska keluar darah sedikit .
    dan pinggang sama perut saya suka sakit ,
    tapi perut bagian bawah ,
    itu kenapa ya ???
    sumpah saya baca semua blog nya …
    horor buat saya jd gga nafsu makan !
    saya takut tolong kasih tau kenapa ck ,,
    SAYA MOHON .
    apa ada obatnya dan apa ?

  154. 154 cakmoki April 20, 2010 pukul 12:03 am

    @ jeng rumit:
    Salam hangat ..
    Obatnya tentu ada …
    Adapun penyebab keputihan dapat dengan mudah diketahui melalui periksa lab, yakni pemeriksaan sekret vagina, dengan mengambil sedikit sampel cairan keputihan di permukaan vagina. Hasilnya dapat diketahui dalam 1 jam.

    Jika hasil pemeriksaan menunjukkan infeksi kuman, maka diobati dengan antibiotka yang sesuai dengan penyebabnya. Jika disebabkan jamur, maka diobati dengan obat anti jamur. Jika disebabkan parasit, maka diobati dengan anti parasit. Jika disebabkan campuarn kuman dan jamur, maka diobati dengan antibiotika dan anti jamur hingga sembuh.

    Untuk itu, periksa ke dokter adalah langkah bijak untuk menanggulangi dan menyambuhkan penyakit tersebut berdasarkan pemeriksaan dokter dan pemeriksaan Lab.

    Makasih

  155. 155 jeng rumit April 21, 2010 pukul 1:27 pm

    thnx 4 all cakmoki,,
    sebelum nya aq mau nanya lagi ,,
    maaf ya ..

    aq udah berobat ke dokter ,,,,
    aq di periksa n di kasih obat ,,
    3 macem obat terutama

    1.betadin sal yg di pake dudu sambil berendam ,,,
    2.clindamicyn 300
    3.flagystatin vagina

    karna berhubung aq lagi mens ,, aq di suruh pakai smua itu setelah mens ,
    karna ga ada evek .
    aq pun ” USG TRANSVG INTIP”
    dokter bilang ga ada apa” karna aq takut terjadi kangker rahim,,tapi dokter bilang kalo di diam kan smakin lama akan terjadi kemandulan, karna smakin lama bakhteri menyerang sel telur . . .
    masalah na memang gejala keputihan saya dari saya kelas 5 SD ,saya kelebihan hormon atau kelainan ???
    tolong beri tahu masalah evek obat yg dokter saya kasih n tolong kasih solusi masalah kangker rahim yg buat saya takut .
    makasih sebelum nya cakmoki .

  156. 156 cakmoki April 22, 2010 pukul 12:44 pm

    @ jeng rumit:
    Kalo dokter udah meriksa USG Trans dan bilang ga ada apa-2 berarti gak ada kanker… untuk itu, gak perlu lagi membahas kanker rahim, lha wong DSOG yg meriksa secara langsung udah bilang ga ada apa-2.
    Untuk keputihannya, silahkan melanjutkan obat dari dokter. (obat antibiotik dan anti jamur)
    Kalo seteah obat habis tapi masih keputihan, sebaiknya periksa sekret vagina untuk menentukan obat selanjutnya.

    Makasih

  157. 157 jeng rumit April 26, 2010 pukul 4:01 pm

    makasiiiih ya cakmoki …
    maaf kalo boseeen sama jeng ,,,
    calsuami saya udah periksa n di suntik ..
    tapi kenapa dia ngeluarin seperma masih sakit iiah ????

    aq kasian dan aq bleeh minta resep obat dari cakmoki , aq percayaya n aq mohon bgt .
    aq gga tega ….

    maaf ya cakmiko.

  158. 158 cakmoki April 28, 2010 pukul 12:15 am

    @ jeng rumit:
    gini, agar obatnya tepat, calsuami sebaiknya periksa sekret urethra di Lab Klinik.
    Ntar bisa sy rekomendasikan obat yang tepat berdasarkan hasil Lab.
    Makasih

  159. 159 brema Mei 7, 2010 pukul 5:21 pm

    selmat sore pak
    3 hari yg lewat saya melakukan hubungan intim sama pacar saya
    keesokan nya alat vital saya gatal²,teus sekarang kalau saya buang air kecil sakit dan mengerluar kan nanah
    tolong beri tahu saya nama obat nya yg dapat di beli di apotik.
    kalau kedokter saya malu

    terima kasih
    salam

  160. 160 cakmoki Mei 7, 2010 pukul 5:59 pm

    @ brema:
    Selamat sore …

    Obatnya:
    1) Cyprofloxacine 500 mg, diminum 2×1 sesudah makan selama 5 hari.
    2) Asam mefenamat 500 mg, untuk meredakan nyeri, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.
    Moga segera sembuh.
    Trims

  161. 161 orang Palu Mei 20, 2010 pukul 8:14 pm

    Aslm…
    Cak, mohon pencerahannya..

    minggu lalu, sekitar hari jumat, saya merasakan sakit pada saat kencing, nyeri disertai nanah.. kemudian hari senin, saya ke dokter Spkk, di beri obat macam2. Alhamdulillah setelah sehari minum, perihnya sdh hilang dan nanah pun sdh gak keluar.. obatnya sy konsumsi selama 1 minggu.. sehari setlah obatnya habis, saya cek ke prodia tuk pemeriksaaan GO.. hsilnya “ditemukan diplococcus gram negatif”..
    1. maksud diplococcus gram negatif tuh apa yah dok??
    2. kira2 diplococcus gram negatif itu bisa hilang gak??
    3. trus GO bisa sembuh total gak Dok??

    mohon pencerahannys Dok…

    waslm…

  162. 162 orang Palu Mei 20, 2010 pukul 8:32 pm

    oia dok, boleh mnta nomor telpon gak?? pengen banget konsultasi… mohon dengn sangat dok..

  163. 163 cakmoki Mei 21, 2010 pukul 5:18 am

    @ orang Palu:
    Assalamu’alaikum, wr, wb…
    1) Diplocoocus Gram Negatif adalah kuman Neisseria gonorrhoeae, yakni kuman penyebab Gonore.

    2) Bisa dong.

    3) Bisa. Lha selama gak ada yg gak sembuh, semuanya sembuh asal diobati dengan tepat.
    Obatnya udah tertulis pada diskusi sebelumnya :) .. silahkan dibaca lagi

    Mohon maaf, selama ini saya tidak memberikan nomor telpon karena sy hanya punya waktu sangat sedikit.
    Jika dirasa sangat private, silahkan via email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih
    Wassalam

  164. 164 orang Palu Mei 21, 2010 pukul 10:16 am

    Makasih Dok..
    kemarin waktu pertama kali ke dokter, dikasih obat Urispas, Nanflamin dan Biolhycol (sama dgn Tyamicin). sehari sesudahnya, kencing sdh gak sakit, trus nanahnya juga sdh gak keluar.. obatnya sy konsumsi selama 7 hari.. hari ke 8, saya cek ke prodia.. hasilnya masih ditemukan diplococcus gram negatif.. trus sy konsultasi ke teman, disarankan minum cefixime 100mg 4 x 1 selama 10 hri.. sy sdh konsumsi cefixime selama 3 hari.. kira2 saran dokter gimana??

    mohohn penjelasannya.. apakah saya harus minum Cyprofloxacine 500 mg juga??

  165. 165 cakmoki Mei 22, 2010 pukul 2:35 am

    @ orang Palu:
    ok, obat pilihannya ada beberapa jenis.
    Boleh pake cefixime, bisa juga pake cyprofloxacine.
    makasih

  166. 166 orang Palu Mei 22, 2010 pukul 12:56 pm

    Cefixime tanpa kombinasi obat lain gak pa2 yah Dok??

    tks..
    semoga Allah membalas Dokter dengn kebaikan dan keberkahan..

  167. 167 cakmoki Mei 22, 2010 pukul 2:08 pm

    @ orang Palu:
    ya, tanpa kombinasi.
    Kalo disertai nyeri, dapat menggunakan obat pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.
    Makasih atas do’anya, semoga demikian pula sebaliknya.

  168. 168 Joni Mei 23, 2010 pukul 2:40 pm

    dok, selama masih terinfeksi GO, apa boleh masturbasi??
    soalna saya jauh dari istri, dan masih ada bakteri penyebab GO di tubuh saya…

    tks

  169. 169 cakmoki Mei 23, 2010 pukul 4:22 pm

    @ Joni:
    Sebaiknya nunggu sembuh dulu, toh hanya beberapa hari :)
    Tks

  170. 170 marpudy Juni 23, 2010 pukul 10:00 pm

    cak… kayaknya kena cungil lagi ni… ini yg ketiga
    ada bercak di celdam 3 hari trakhir ini
    tp gak sebanyak pas kena dulu, dan perasaan saya dan pasangan dah bersih karena dah brobat … apa mungkin gara2 pasangan saya pake spiral? jg kumannya sembunyi dsana ya?
    kalo saya setia pd pasangan dan pasangan saya juga kok bisa kena lagi ya?..
    memang pasngan sy tiap berhub ngeluh sakit, dan kadang2 pas lg mens km melakukan jg .. dan tiap saya masukin sampe mentok kdlm trus tertusuk ujung spiral, setelah itu baru kena gjala ngiler ini cak..

    mohon pencerahan… soalnya habis ribut gara2 saling curiga ada affair neh :(

    thanks berats

  171. 171 cakmoki Juni 24, 2010 pukul 5:00 pm

    @ marpudy:
    Spiral tidak menyebabkan cungil dan bukan tempat bersembunyi mikro-organisme.

    tentang cucuk mencucuk …. ujung spiral berada di dalam rahim, gak mungkin si tole cucak rowo bisa kluyuran sampai ke dalam rahim. Sedangkan ujung tali spiral dililitkan di cekungan leher rahim, atau dipotong sehingga berada di dalam serviks, gak mungkin kecucuk, kecuali ujung talinya kliwar-kliwir :D
    Saya menulis di wall fesbuk sola ini:
    seorang ibu muda berbincang dg temannya: “mbakyu, apa benar sih kalo pake spiral itu suami brasa kecucuk spiral saat berhubungan intim?” Lanjutnya: “suamiku bilang gitu. Katanya dia dikasih tahu temannya, makanya aku gak pasang spiral”. Teman ibu muda menjawab: “walah Jeng, wong masih katanya koq didengerin. Emangnya temen suami sampeyan itu pernah ngicipi orang yg pake spiral apa?” *saru ah*

    Ngiler kan banyak sebabnya, gak selalu hasil dari luar pasangan… andaikata jamur atau kuman bentuk batang, bisa jadi karena masalah hygiene atau sebab lain.
    Untuk itu, supaya gak saling menyalahkan, sebaiknya keduanya periksa sekret vagina dan sekret urethra… ntar hasilnya kita diskusikan.

    Thanks :D

  172. 172 helli_ Juni 25, 2010 pukul 4:19 pm

    asw, cak mo konsultasi neh sekalian minta resep.

    gini cak saat ini,, saya kena GO ato nggak soalnya saat pipis tidak nyeri, cucokrowo agak gatal, keluaran cairan tapi nggak terlalu seperti nanah dan sedikit itupun klo dipijit. mohon saran untuk keluahan saya ini,,

    untuk obat thiamphenicol 500mg itu bisa digunakan untuk gejala GO nggak,,? terima kasih

  173. 173 cakmoki Juni 25, 2010 pukul 5:29 pm

    @ helli_:
    Assalamu’alaikum…
    ok, nampaknya GO… atau bisa juga Non Spesifik Urethritis.
    Obatynya: cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 sesudah makan selama sedikitnya 5 hari.
    Untuk gatalnya, dapat menggunakan : loratadine 10 mg atau citerizine 10 mg, diminum 1×1 hingga gatalnya hileng.
    Jika 5 harii tidak sembuh, sebaiknya periksa sekret urehtra untuk memastikan penyebabnya. Hasil pemeriksaan sudah bisa didapat setelah sedikitnya 1 jam.

    thiamphenicol bisa untuk GO. Obat ini digunakan pada masa lalu, sekarang saudah sangat jarang digunakan. Dosisnya adalah 3,5 gram ( 7 capsul 500 mg) sekali minum dan hanya diminum sekali saja.
    Sebaiknya pake cyprofloxacin saja.

    moga segera sembuh.
    makasih…wassalam

  174. 174 meissa Juni 28, 2010 pukul 12:29 pm

    met siang cak..
    saya mw konsultasi ne..

    saya jd parno ne cak gra2 bca coment2 diatas..msalahnya saya jd ngerasa2 gtu cak..saya ngelakuin hubungan tu ama cewek saya,terus pacar saya ngalami gejala kalo da kencing t skit,tapi setelah kencing……terus pas pertama kaya ada lendir berwarna kecklatan yaang klar dr sluran kencing cewek saya..terus pas kencing lagi ada yang keluar kayak keputihan tapi lebih cair n gak berbau…dan itu cuma sehari…skrang gak lagi cm masih sakit kalo kencing..ni da 3hari..trus perut bagian bawah sakit,perih kayak maag gtu..n setelah oral sek..cew saya jadi skit tenggorkan nya..tu gimana ya..

    trus kalo saya..saya gak ngerasa apa2..cuma pas kmren kencing ada lendir gak bewrna ..sedikit..dan itu pun gak sakit..sama sekali..
    itu knapa ya cak..tlng balasan nya cak..

    makasih ya cak

  175. 175 cakmoki Juni 28, 2010 pukul 6:41 pm

    @ meissa:
    Met sore …
    itu tanda-2 penyakit kelamin dan keduanya harus segera diobati hingga sembuh…
    Silahkan baca diskusi di atas dan obat-2 nya.
    makasih

  176. 176 meissa Juni 28, 2010 pukul 8:10 pm

    met mlm.

    gni cak,hari ini udah ga lg setelah pacar saya mens..udah ga nyeri lg klo kencing(mav cak bhasanya blak2n)..:)
    apa tanda2nya itu belum semuanya keluar tu cak?..ap kita harus tunggu 2-10 hari dlu?..
    terus ga ap kita ga perlu priksa lab?..

    mv cak,bs dksih tw obat yg cocok buat kita?..
    ap sma obat cwo/cwenya?..

    sebelumnya mav bngt y cak bnyak tnya..
    mslhny saya dah sngt parno..

    makasih y cak.

  177. 177 cakmoki Juni 29, 2010 pukul 1:55 pm

    @ meissa:
    Met siang…
    Ya, idealnya periksa la dulu, yakni sekret vagina untuk cewek dan sekret urethra untuk cowok.
    Lha… obatnya dah ada tuh pada diskusi-2 di atas… :D
    Cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 sesudah makan, selama sedikitnya 5 hari.
    Ditunggu laporannya 5-7 hari ke depan.
    Makasih

  178. 178 hutagalung Juni 29, 2010 pukul 8:36 pm

    selamat malam
    ass mualaikum

    saya cowok 27 th, sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan diatas keluhan saya yaitu keluar nanah di penis dan bercak di CD warnah kuning kehijauan (nanahnya) dan buat kencing nyeri apa benar saya kena GO, seberapa parah tingkat penyakit saya itu ya…???
    yang saya tanyakan…???
    1. apa yang bisa menyembuhkan nya ya….????
    2. bagaimana mengetahui kalau pasangan kita juga mengidap penyakit tersebut supaya kita tidak tertular lagi…????

    trimakasih sebelumnya…….

  179. 179 meissa Juni 29, 2010 pukul 9:50 pm

    iya cak..
    ntar dkabari cak..tpi skrq uda nqqak laqi..baik2 aja…
    makasih ya cak….makasih bnqet.
    :)

  180. 180 marpudy Juni 30, 2010 pukul 1:30 am

    lapor cak tadi sore cucakrowo dah dimasukin bengkel
    dokternya bilang mungkin kuman bs smbunyi d benang spiral karena ada infeksi ato apa gt.. soalnya pasangan saya sering keluar darah gt tp bkan mens.. mngkin itu yg dimaksud infeksi ya?
    dan skarang saya dikasi cefixime 100mg 4 kapsul sm doxicor 100buat seminggu..
    berdasarkan track record saya ( 3 times KO ) itu dah manjur apa blm cak?
    takutnya ni kuman dah resistant sm anti biotik… takut kena lagi :(
    ibarat kata pepatah, kalo ada dua kali pasti ada tiga, empat, lima dst..
    wahh serem mbokdeee..

    mohon sarannya cak

    thanks beratsss

  181. 181 marpudy Juni 30, 2010 pukul 1:35 am

    satu lagi cak.. lha cucuk cucakrowo saya pernah tergore benda keras di dalem itu brarti apa kalo bukan ekor spiral?????? lha malah sampe luka trus ngiler itu.. jangan2 masangnya ngawur ya cak???? pernah menemui kjadian sperti itukah???

    thanks berat

  182. 182 hello_ Juni 30, 2010 pukul 1:04 pm

    cak trus untuk anak yg baru lahir yg kena kuman GO dengan inikasi mata bernanah gt pengobatannya gimana cak, mengingat anak baru berusia < 1 minggu.

    bisa pake Gentamicin nggak cak, trus dosisnya kira – kira berapa ?

    terima kasih..

  183. 183 cakmoki Juli 1, 2010 pukul 1:44 am

    @ hutagalung:
    Assalamu’alaikum… met malam…

    1) obatnya silahkan baca diskusi sebelumnya.
    2) Cukup dengan periksa sekret vagina di Laboratorium klinik. Dalam 1-2 jam udah ada hasilnya.
    Makasih

    @ meissa:
    ok, moga segera sembuh sesuai skedul.
    Makasih

    @ marpudhy:
    Obatnya dah oke….kombinasi obat tersbut biasa digunakan untuk cucak rowo ngiler yang berulang.. biasanya manjur.

    Benang spiral tidak keras, tapi lunak banget dan monofilament. Lagipula, ujung benang spiral dipotong sehingga tidak melebihi portio serviks (lekukan pada leher rahim (dijamin gak bisa mbayangkan, hehehe)

    Luka pada umumnya disebakan iritasi, sehingga kesenggol dikit aja serasa tercucuk linggis :D :D :D

    Moga segera sembuh
    Makasih

    @ hello:
    ya, bisa pake gentamicin atau garamycin tetes mata. Dosisnya 3-4 kali 2 tetes selama 1-2 minggu.
    Makasih

  184. 184 hutagalung Juli 1, 2010 pukul 7:49 pm

    alhamdulilah baru diminum 2 hari aja udah agak berkurang, tapi kok kayake didalam saluran kencing kok gatal ya dok…??? trus dibuat kencing jadi panas penise itu kenapa ya dok….????? apakah tidak berbahaya….???? obat lanjutanya apa kira-kira ya dok…???

  185. 185 cakmoki Juli 2, 2010 pukul 2:26 pm

    @ hutagalung:
    Keluhan tersebut dikarenakan proses peradangan di saluran kencing pada penis (urethra). Obatnya diminum sedikitnya 5-7 hari… ntar kita tunggu hasilnya setelah 5-7 hari.
    Makasih

  186. 186 esa Juli 12, 2010 pukul 7:51 pm

    cak,,,saya mo nanya
    ada ga sihc GO yg menahun..?

  187. 187 cakmoki Juli 13, 2010 pukul 5:11 am

    @ esa:
    gak ada… GO adalah penyakit akut… so, kalo terulang lagi berarti tertular lagi atau ada komplikasi ke organ lain atau ada campuran infeksi yang lain yg tandanya mirip GO.
    makasih

  188. 188 esa Juli 13, 2010 pukul 3:41 pm

    makasih ya cak,,,
    tp 2 hari y lalu cow blg dy positif GO stelah b’hubgan ma sya,,,tp sy t’akhir b’hub ma cow laen 1 thun yg lalu,,,trus sya jg ga da kluhan apa2,,,mang da kputihan tp ga berbau,,,kira2 knp ya cak,,,?

    makasih ya cak atas informasinya,,,

  189. 189 cakmoki Juli 14, 2010 pukul 1:49 pm

    @ esa:
    Untuk memastikan penyebab keputihan sangat mudah, yakni dengan periksa sekret vagina di Laboratorium Klinik setempat. Dalam 1-2 jam udah ada hasilnya. Jika emang ada infeksi mikro-organisme, seyogyanya segera diobati sesuai dengan penyebabnya.
    Makasih

  190. 190 Freddie Juli 21, 2010 pukul 2:33 pm

    Salam cak moki,
    perkenalkan , saya fredy, usia 23 thn .

    cak, saya mau tanya dan saya sangat membutuhkan jwbn cak .

    sekitar 1minggu yg lalu, saya terkena penyakit aneh.. suatu malah mr.p saya sangat sakit, dalam satu malam, saya bisa buang air kecil lbh dari 30x, sampai saya tidak bs tidur.. tp kencing saya sangat aneh, krna hanya keluar setetes 2tetes, tp sngt sakit dan perih , dan jg mr.p sya mengeluarkan darah (tp hanya setetes 2tetes). saya kmudian ke dokter,dan dikasih obt ciprofloxacin 500mg,paracetamol 500mg,dan jg renax 700mg.. dan alhamdulilah kencing saya sudah normal lg dan tdk sakit, darah pun sudah tdk keluar, tp anehna skrg terkadang cicakrowo saya ngiler(keluar nanah), dan pinggang saya sering nyeri .. di pangkal paha saya sperti ada batu .
    saya blm memeriksakan ke dokter , rencna na saya mw ke lab untk cek urine . saya takut kalo saya terkena GO .

    Menurut cak , penyakit apa yg saya derita ? knp pada pemeriksaan awal, dokter mendiagnosis saya batu ginjal ? dan apakah GO bs dsembuhkan ? kira2 membuthkan brapa lama untk sembuh total ? dan apa obtna ?

    sekian cak dari saya, saya sangat brharap cak bs membntu saya .

  191. 191 cakmoki Juli 22, 2010 pukul 11:55 pm

    @ Freddie:
    Salam kenal…
    Jika menilik keluhan pertama: sering kencing dikit-dikit dan ada darah, itu menandakan ISK ( infeksi saluran kemih)… namun jika menilik adanya nanah, itu menandakan urethritis… sebabnya ada beberapa penyakit yg keluhannya seperti itu… salah satunya GO.
    Obat yg diberikan tersebut sudah tepat, baik untuk ISK maupun untuk GO.
    Pada ISK, memerlukan penyembuhan rata-2 1-2 minggu, sedangkan pada GO biasanya gak sampai seminggu udah sembuh, kecuali kalo kecampuran infeksi clamydia… Kalaupun misalnya tercampur infeksi Clamydia, obatnya mudah, cukup dengan menambahkan doxycycline 100 mg , diminum 2×1 selama 1-2 minggu, bersamaan dengan Cyprofloxacin.
    Semoga segera sembuh
    Makasih

  192. 192 freddie Juli 23, 2010 pukul 11:24 am

    matur nuwun cak atas informasinya ,,
    saya mau nanya lagi cak ,, kalau obat super tetra menurut cak gimna ???

    kemudian kl tekena GO , apa aja yg gak boleh dimakan ato diminum ????

  193. 193 cakmoki Juli 24, 2010 pukul 2:11 am

    @ freddie:
    Supertertra sudah gak mempan sejak 20 tahun yang lalu :) … tapi kalangan awam meyakini bahwa tetracycline (supertetra) masih mempan, padahal sebenarnya gak mempan blass… kalaupun seseorang mengatakan GO dapat sembuh dengan minum tetracycline, pasti gak bener lha wong mereka faktanya ke dokter dalam keadaan gak sembuh setelah minum tetracycline.

    Gini…. yang paling penting diingat bahwa GO disebabkan oleh kuman, bukan oleh makanan …. begitu juga infeksi-2 yang lain… jadi, gak ada hubungannya dengan makanan. Tentu saja tidak ada pantangan makanan.
    Makasih

  194. 194 agiswibowo Juli 24, 2010 pukul 3:26 pm

    mas saya ne bingung sya kencing nanah sejak saya kerja jadi tukang tagih setiap hari saya naik motor terus dengan jalan yang gak rata selalu berbatu terus…
    jadi klo saya tiba2 sakit kencing nanah gmana apa itu karena spilis atau ada penyakit laen mas????
    soalnya sudah saya suntikkan saya berhenti seh sakitnya tapihabis itu saya sakit lagi dan yang parahnya lagi telursaya sekarang bengkak mas…. dan keluar nanah lagi. saya wktu muda sering gonta ganti asangan seh tapi saya gak pernah sama sekali maen sama psk mas apa saya ini kena spilis mas dan gmana mas cara ngobatnya yang paten banget….

  195. 195 cakmoki Juli 24, 2010 pukul 3:45 pm

    @ agiswibowo:
    untuk memastikan penyebabnya adalah dengan pemeriksaan sekret urethra, yakni diperiksa sampel nanah yg keluar di ujung saluran kencing… dari hasil pemeriksaan tersebut akan kita ketahui mikro-organisme penyebabnya sehingga dapat diketahui jenis penyakitnya. Dengan demikian dapat direkomendasikan obat yg tepat sesuai hasil pemeriksaan.
    Jika telornya membengkak dan nyeri, kemungkinan besar Orchitis, yakni infeksi testis yang disebabkan berbagai faktor..bisa jadi berhubungan dengan kencuing nanah, bisa juga karena sebab lainnya.
    Untuk semenatara, dapat menggunakan Cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 sesudah makan, selama sedikitnya 7-10 hari dan dapat dilanjutkan hingga telor mengempis.

    adapaun untuk meredakan nyeri dan pembengkakan telor, dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga si telor mengempis.

    Makasih

  196. 196 kapok Juli 31, 2010 pukul 1:39 pm

    Siang Cakmoki yang baik, saya laki laki, kemarin saya melakukan oral sex dengan psk, yaitu (maaf) si psk mengulum Mr.P saya, hingga saya ejakulasi. Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa terkena GO..? hari ini saya merasakan belum ada gejala apa apa.
    Bagaimana dengan penyakin lain seperti sipilis, herpes, hepatitis bahkan HIV Cak..? apakah bisa juga lewat oralsex..?

    Mohon dengan sangat dijawab Cak, sebab saya sangat khawatir. ini pertama kalinya saya oral sex dan dengan PSK.

    Terima kasih Cak, semoga Cakmoki selalu diberikan berkat melimpah.

  197. 197 cakmoki Juli 31, 2010 pukul 3:47 pm

    @ kapok:
    Met sore …
    Seperti tertulis di artikel bab Penularan, yg paling banyak penularan lewat hubungan seksual, tapi bisa juga lewat anus (anal sex) dan mulut kalo emang di mulut pasangan ada kuman Neisseria gonorrhoeae.
    Penularan:
    Gonore ditularkan melalui hubungan seksual, termasuk lewat anal (dubur) dan oral (mulut).

    Makasih

  198. 198 kapok Agustus 1, 2010 pukul 12:16 am

    cakmoki, makasih banget jawaban nya ya, wah moga moga saya tidak ketularan apa apa, tapi kalau ternyata ketularan GO, saya mohon petunjuk dari cakmoki tentunya…(sambil menunggu was was 3 hari kemudian). Aseli, mendingan kapok lah, sekali mencoba nikmat, resikonya 1000 kali sengsara. makasih cak, blog nya mantab, gamblang dan jelas. Prinsip-prinsip nya Cak dalam dunia kedokteran, jg patut ditiru dokter dokter lainnya.

  199. 199 cakmoki Agustus 1, 2010 pukul 12:30 am

    @ kapok:
    ya, moga gak tertular … jangan khawatir, kalo ada apa-2 tentu saya bantu semampu saya :)
    Makasih atas supportnya.

  200. 200 Priya Agustus 8, 2010 pukul 1:20 am

    salut buat Dr Cakmoki yg rajin update blog nya dan mau berbagi ilmu penyakit(kedokteran) dg awam yg ga ngerti banyak tentang seluk beluk penyakit. Dr Cakmoki ini harusnya jadi panutan buat dokter2 yg lain untuk ga pelit2 kasih informasi seputar penyakit yg di derita masyarakat.
    Salut sama Dr Cakmoki karena sementara dokter kebanyakan memanfaat kan pasien dengan konsultasi yg biaya nya ga murah per jam nya, anda malah memberi konsultasi gratis dan tanpa pamrih.Padahal belum tentu yg sudah sembuh kemudian ingat pada jasa anda pak dokter,tapi anda tetap eksis sampai hari ini.
    Semoga amal yg pak dokter sudah berikan akan mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa Gusti Allah.

  201. 201 cakmoki Agustus 8, 2010 pukul 3:01 am

    @ Priya:
    Wah…wah… wah… saya jadi tersanjung :) Saya menikmati aktifitas ini, saling belajar dengan sesama … dan tentu saya juga banyak belajar dari para pembaca yang berkenan untuk diskusi di Blog ini.
    Maturnuwn atas support dan do’anya, semoga demikian pula sebaliknya…amiin

  202. 202 yuli Agustus 9, 2010 pukul 12:53 am

    Salam kenal

    Tadi tuh saya nyari info tentang ventolin, trus ketemu blog yang sangat menarik yang membuat saya betah berlama2 di depan komp. Gini lho cak, suami saya lagi kambung asmanya…kalo biasanya sih cuma minum jahe anget + habbatussauda (Nigella sativa) trus bisa plong.
    Nah, kemarin itu dia abis kehujanan trus dalan kondisi capek, dan juga lagi ada masalah, akhirnya asmanya kumat. Karena obat biasanya nggak mempan, saya beli obat batuk plus asma…eh saya toko obatnya di kasih Baquinor forte katanya anti biotik plus pereda sesak. Saya terima aja tuh obat. setelah searching di inet yang saya dapat ternyata obat ini anti biotik buat GO ya… Trus yang saya tanya, apa asma perlu dikasih antibiotik ? dan kalau memang perlu, apa tepat kalau antibiotiknya Baquinor alias Cyprofloxacine

  203. 203 cakmoki Agustus 9, 2010 pukul 2:09 pm

    @ yuli:
    Salam kenal …
    Baquinor alias Cyprofloxacine adalah salah satu antibiotika golongan Quinolone, yang lazim untuk GO, Infeksi Saluran Kemih (ISK), Vaginits oleh kuman, dan berbagai penyakit infeksi kuman yg peka terhadap Cyprofloxacine.
    Asma gak perlu antibiotika kecuali disertai infeksi sekunder di saluran nafas atau tenggorokan.
    Perlu dipahami bahwa pegawai toko obat, petugas apotek bukan dokter sehingga tdk tahu seluk beluk obat kecuali hannya berdasarkan kebiasaan yg diketahui dari resep dokter…. adapun resep dokter (obat) bersifat individual yang diberikan oleh dokter berdasarkan hasil pemeriksaan …so, gak mesti tepat untuk semua orang.
    Kalaupun asma disertai infeksi sekunder oleh kuman, antibiotiknya cukup dengan amoksisilin, atau erythromycin atau cefadroxyl.
    Makasih

  204. 204 ALFIN Agustus 10, 2010 pukul 5:42 pm

    cak mau nanya ni, klo penyakit std kaya GO, chlamdia(salah nulis ga ya) n yg lainnya bisa keliatan dari hasil cek urin rutine ga cak ato untuk istri dari hasil pap smear.

    terima kasih cak

  205. 205 cakmoki Agustus 11, 2010 pukul 1:18 am

    @ ALFIN:
    Penyakit tersebut bisa kelihatan dengan pemeriksaan sekret vagina (pada wanita) dan sekret urethra (pada pria)… bukan dengan PAP Smear.
    Makasih

  206. 206 hutagalung Agustus 16, 2010 pukul 4:25 pm

    dok udah 1 bulan lebih aku kosumsi cipro dengan berbagai merek (contoh bimaflog) tapi bawah penis masih rasa gatal dan perih waktu kencing serta masih mengeluarkan nanah walau cuma sedikit (tidak seperti dulu) di celana dalam, dok tolong beri resep untuk tuntaskan semua ini, rasanya tersiksa banget dok…

    apakah obat yang tak minum udah resistan ya dok seperti yang dokter infokan diatas, trus apa yang harus saya perbuat dok untuk nuntasin semua masalah yang saya alami ini. tolong dok kasih solusi yang tepat dan mujarap, terimakasi sebelumnya dok..

  207. 207 cakmoki Agustus 17, 2010 pukul 12:08 am

    @ hutagalung:
    Tidak bisa main tebak-tebakan, terlebih penyakitnya sudah berlangsung lama.
    Untuk mengetahui obat yang tepat dalam menuntaskan penyakit tersebut perlu pemeriksaan Sekret Urethra dan test sensitivitas. Dari hasil pemeriksaan tersebut akan kita ketahui mikro-organisme penyebabnya dan obat yg paling sensitive memberantas penyebabnya.
    So, silahkan periksa ke lab klinik setempat terlebih dahulu.
    Makasih

  208. 208 Hasan Busri September 30, 2010 pukul 1:15 am

    Salam kenal dok sebelumnya…

    Wah… blog nya bermanfaat banget dok buat orang awam seperti saya ini…

    gini dok, sudah 3 hari ini saya kena GO (ngiler). setelah periksa ke dokter setempat, dapat resep BAQUINOR + UROTRACTIN diminum 3×1 selama 7 hari ke depan. ini hari pertama saya minum obat itu…

    menurut dokter, kira2 obat tersebut bagaimana dok? bagus tidak? apa ada efek negatif-nya? atau saya beralih dengan obat2 yg dijelaskan / direkomendasikan oleh dokter diatas?

    mohon pencerahan dari dokter… harap maklum ya dok…

  209. 209 cakmoki September 30, 2010 pukul 1:32 am

    @ Hasan Busri:
    Obatnya udah oke… sama dengan penjelasan di artikel ini pada bab pengobatan…hanya saja yang saya tulis adalah nama generiknya, yakni ciprofloxacin… Baquinor isinya adalah ciprofloxacin.
    Silahkan dilanjutkan hingga habis walaupun sembuh sebelum obat habis.
    Obat-2 tersebut gak ada efek negatifnya.
    Kalo gak diobati, barulah banyak efek negatifnya :D
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  210. 210 ratna September 30, 2010 pukul 4:19 pm

    sungguh mulia hati seorang dokter ini
    tanpa harga rela mmberikan info bwat orng yg mmbutuhkan.

  211. 211 cakmoki Oktober 1, 2010 pukul 2:07 am

    @ ratna:
    Terimakasih atas supportnya :D

  212. 212 teeswe Oktober 3, 2010 pukul 5:14 pm

    Saya didiagnosis kena klamidia, keluar cairan bening encer dari kemaluan ( cowo ), kadang gatelll banget,
    Sudah diberikan antibiotik doxycycline(interdoxin) 100mg 2×1 untuk 7 hari, tapi ini sudah hari ke 6, dan tidak ada perubahan yang berarti, apakah saya harus ganti obat dengan yang lebih bagus dari yang diberikan ? atau ada kendala lain…

    Saya sudah tes lab dan memang hanya itu penyakit nya, dan juga saya tanyakan apakah istri sering keputihan yang sangat bisa mengakibatkan klamidia di diri saya ?
    soalnya saya blum pernah berhubungan selain dengan istri saya dok, umur pernikahan
    kami baru 3 bln

    Trus bedanya atau samanya “klamidia” dan “Gonore” itu apa ya Cak..??
    untuk petunjuknya saya ucapkan terima kasih

  213. 213 cakmoki Oktober 3, 2010 pukul 5:31 pm

    @ teeswe:
    Kalo klamidia, obatnya emang doxycyclin. Namun jika belum ada perubahan, dapat menggunakan obat kombinasi cyprofloxacin 500 mg dan doxycyclin 100 mg, keduanya diminum 2×1 sesudah makan selama sedikitnya 7 hari.
    Lebih bagus lagi kalo periksa sekret urethra di Lab Klinik, yakni dengan mengambil sampel cairan, kemudian diperiksa dengan mikroskop.
    Dengan begitu akan ketahuan penyebanya sehingga dapat diberikan obat yang paling tepat.
    Klamidia beda dengan Gonore.. namun bisa terjadi infeksi campuran dari keduanya.
    Persamaannya, sama-sama keluar cairan dari urethra, dan perbedaannya dengan pemeriksaan sekret urethra sehingga ketahuan jenis kumannya.
    Makasih

  214. 214 teeswe Oktober 3, 2010 pukul 5:41 pm

    Saya sudah tes lab dan memang hanya itu penyakit nya, dan juga saya tanyakan apakah istri sering keputihan yang sangat bisa mengakibatkan klamidia di diri saya ?

    maaf penyakit apa ajah cak yg mirip sama gonore, klamidia….

    terimakasih yang banyak cak..

  215. 215 teeswe Oktober 3, 2010 pukul 5:43 pm

    oh ya cak nambahin dikit yg terlewat…
    saya terapi sendiri dirumah pake di rendem “PK”, ngaruh ga..??
    terimakasih lagi cak.

  216. 216 cakmoki Oktober 3, 2010 pukul 5:59 pm

    @ teeswe:
    Kalo udah tes Lab berarti emang klamidia. Obatnya dilanjutkan dan dapat diperpanjang hingga 10-14 hari.
    Benar…keputihan dapat menular ke pasangan. Untuk itu, keduanya harus diobati.
    Yang mirip Gonore: klamidia, trichomonas, jamur, non-spesifik gonore.
    PK gak ngaruh apapun….namun gak papa untukmembersihhkan cairan.
    Makasih

  217. 217 Rio Oktober 13, 2010 pukul 1:18 pm

    Salam kenal dok….
    waah,,, bagus banget nih forum…dokter cak juga bahasa nya mudah dimengerti sekali (pake) banget..!!

    pernah kena nih 2 bulan lalu..bis gitu uda di bom pakai Zibramax 500mg selama 7hari dok…. Emang sih bener2 top cer… g ada ngiler n gatal2 lagi sampai skg…. tapi kan tetep ada dag dig dug ser dikepala (walau uda tobat dok)…

    saya sekarang jd Parno ama bercak di celana dalam….
    ada bercak sih tp tdk seperti “iler” kemaren yg sangat jelas terlihat KUNING N kentalnya…n “tole” saya jg nggak ngileran kok…walau dipijet2 n dipaksa2 haha…tetep g ada iler kok..

    ini bercak kencing kuning n jauh lebih samar (agak susah di lihat kalo gk di sinar matahari)..tp tetap aja dok PARNO mampus lihat bercak warna kuning..hehe…tp normal y kalo kencing kita lg kuning(mgkin kurang minum n lagi minum vitamin) n bis kencing mgkin netes di celana dalam n membercak begitu? y mgkin cm kencing yg netes aja y dok?

    Parno kan dok?? makanya kita mau cek di lab untuk kepastian bersih/tidak totalnya,,,,
    kita bilang nya cek apa dok? “mau cek GO” gitu aja? atau ada sebutannya?

    n kalo emg udah tuntas…tertulis apa?
    n kalo tnyata GO/NSU/jamur belum tuntas, tertulis apa ntar?

    thkx dok atas waktunya…
    God bless all of your kindness,,,
    all d best..

  218. 218 cakmoki Oktober 13, 2010 pukul 2:00 pm

    @ Rio:
    Salam kenal :)
    Untuk mengetahui apakah bercak tersebut normal ato enggak, sekaligus menghilangkan ke-parno-an… emang baiknya periksa Lab.

    Kalo emang tuntas, gak ditemukan mikro-organisme, artinya: gak ada kuman, gak ada parasit dan gak ada jamur.

    Kalau GO, tertulis: kuman bentuk diplococcus
    Kalau NSU, tertulis kuman bentuk batang
    Kalo Jamur, tertulis Candida
    Makasih

  219. 219 Rio Oktober 13, 2010 pukul 2:16 pm

    tp bisa aja bercak kencing doank yg lg kuning..

    siapp dok …ntar mmg mau lgsg meluncur ke lab…

    tp obat zibramax 500mg dr dokter sebelumnya uda oke gk tuh?
    n kita bilangnya apa ma petugas lab untuk tes GO atau Bakteri atau NSU ato sekaligus semua jd satu tes?

    nanti hasil tes saya konfirm lg ke dokter,,,
    terimakasih atas balasannya yg cepat dok

  220. 220 cakmoki Oktober 13, 2010 pukul 2:43 pm

    @ Rio:
    Bisa aja hanya bercak kencing… kalo ada hasil Lab kan enak…seandainya negatif, gak parno lagi.
    Zibramax dah ok.
    Bilang ke Petugas Lab untuk periksa Sekret Urethra dan Sedimen Urine.
    Hasilnya kita tunggu.
    Makasih

  221. 221 Rio Oktober 13, 2010 pukul 2:47 pm

    yup..
    mantap dok…siip…
    matur nuwun sanget rek…!!

    God bless

  222. 222 cakmoki Oktober 13, 2010 pukul 3:04 pm

    @ Rio:
    Sami-sami

  223. 223 Rio Oktober 15, 2010 pukul 3:18 pm

    Dok,
    ini hasil Lab PR*DIA
    uNTUk sedimn URine and Sekret Urethra…
    (sangat tidak nyaman melakukan sekret dok…)apalagi tidak ada lendir yg keluar walau diurut2 15menit …udah deh masukin aja batang kapasnya (kapasny doank yg masuk),,,biar kena didalam…sangat tidak enak!!Ampun deh..

    PAGE 1

    URINALISA Hasil Nilai Rujukan Satuan
    Urine Rutin
    Makroskopis :
    .Warna Kuning
    .Kejernihan Jernih

    Kimia :
    .Berat Jenis 1.010 1.003-1.035
    .pH 7.0 4.5-8.0
    .Leukosit Esterase Negatif Negatif /ul
    .Nitrit Negatif Negatif
    .Albumin Negatif Negatif mg/dL
    .glukosa Negatif(normal) Negatif (normal) mg/dL
    .Keton Negatif Negatif mg/dL
    .Urobilinogen Normal Normal <==1 mg/dL
    .Bilirubin Negatif Negatif mg/dL
    .Darah (blood) 10(+1) Negatif /uL

    Sedimen Mikroskopis :
    .Eritrosit 0-2 0-2 /LPB
    .Leukosit 0-1 0-5 /LPB
    .Silinder Negatif Negatif /LPK
    .Epitel Gepeng 0-1/LPK < 10
    .Bakteri Negatif Negatif /LPB
    .Kristal Negatif
    .lain2 Negatif LPB

    PAGE 2

    Pewarnaan Gram – sekret Urethra
    .Batang gram negatif (-)
    .Batang gram Positif (-)
    .Coccus Gram Negatif (-)
    .Coccus gram Positif (-)
    .Lekosit -
    .Epitel -
    .Lainnya -

    Trichomonas – Sekret Urethra Tidak ditemukan Trichomonas
    Jamur (NaCL) – sEkret Urethra Tidak ditemukan Sel Ragi dan Hyphae/Pseudohyphae

    Jadi gimana dok dengan hasil di atas menurut dokter?
    terimakasih atas waktunya dok Cak….
    sedimen Mikroskopis yg "gepeng" itu normal dok?

  224. 224 Rio Oktober 15, 2010 pukul 3:26 pm

    URINALISA Hasil NilaiRujukan satuan
    Urine Rutin
    Makroskopis :
    .Warna Kuning
    .Kejernihan Jernih

    Kimia :
    .Berat Jenis 1.010 1.003-1.035
    .pH 7.0 4.5-8.0
    .Leukosit Esterase Negatif Negatif /ul
    .Nitrit Negatif Negatif
    .Albumin Negatif Negatif mg/dL
    .glukosa Negatif(normal) Negatif (normal) mg/dL
    .Keton Negatif Negatif mg/dL
    .Urobilinogen Normal Normal <==1 mg/dL
    .Bilirubin Negatif Negatif mg/dL
    .Darah (blood) 10(+1) Negatif /uL

    Sedimen Mikroskopis :
    .Eritrosit 0-2 0-2 /LPB
    .Leukosit 0-1 0-5 /LPB
    .Silinder Negatif Negatif /LPK
    .Epitel Gepeng 0-1/LPK < 10
    .Bakteri Negatif Negatif /LPB
    .Kristal Negatif
    .lain2 Negatif LPB

    PAGE 2

    Pewarnaan Gram – sekret Urethra
    .Batang gram negatif (-)
    .Batang gram Positif (-)
    .Coccus Gram Negatif (-)
    .Coccus gram Positif (-)
    .Lekosit -
    .Epitel -
    .Lainnya -

    Trichomonas – Sekret Urethra Tidak ditemukan Trichomonas
    Jamur (NaCL) – sEkret Urethra Tidak ditemukan Sel Ragi dan Hyphae/Pseudohyphae

    Jadi gimana dok dengan hasil di atas menurut dokter?
    terimakasih atas waktunya dok Cak….
    sedimen Mikroskopis yg "gepeng" itu normal dok?

  225. 225 Rio Oktober 15, 2010 pukul 5:56 pm

    wah kok g bisa di buat kolom yah diatas…maksudny begini dok urutan HASIL, NILAI RUJUKAN ,dan SATUANnya….

    Urobilinogen……. Normal(hASIL), Normal <==1(NILAI RUJUKAN), mg/dL(satuan)

    Darah (blood)…… 10(+1)(Hasil), Negatif(nilai rujukan), /uL(satuan)

    Epitel ………….Gepeng 0-1/LPK (hasil), < 10(nilai rujukan)

    apakah normal?

  226. 226 Rio Oktober 16, 2010 pukul 1:45 pm

    cak, uda diterima balasan e-mailnya..
    terimakasih banyak…

    berarti udah bersih total ya?
    sudah g perlu PARNO lg…?
    berarti cuma bekas kencing yah….siiip

    selamat menempuh perjalanan cak…aman dan selamat sampai tujuan..
    termakasih banyak atas petunjuknya..
    God bless…

  227. 227 cakmoki Oktober 16, 2010 pukul 3:53 pm

    @ Rio:
    di halaman komen emang gak bisa dibuat kolom.. mungkin perlu kita usulkan ke WP

    Ya, udah bersih total dan gak perlu parno :D
    Udah tujuan dinihari…
    Terimakasih atas do’anya :)

  228. 228 Antoe-dun Oktober 17, 2010 pukul 2:43 pm

    Cak Dok, saya kena keputihan, istri saya juga, tp dia diobati pake B******* Vaginal Douche, selama bbrp hari dan skrg g ada keluhan.
    Nah masalahnya saya udah habis 2 lempeng Doxy dan 2 lempeng Cipro tp blum sembuh juga… hampir 14 hari nih. :(

    pas kemaren berendem ke kolam belerang, pulangnya ada bagian kepala penis dan kulit batang penis yg melepuh, sekarang malah jadi luka, perih dan basah… wadooh.. ada lagi nih.. :(

    berobat ke dokter sunat, dikasih cotrimoxazole 3hari sama salep kostikosteroid yg katanya pereda perih. nah cipro dan doxy suruh brenti dulu biar lukanya sembuh dulu katanya.

    la ini saya takutnya kalo “iler” sampe ngalir ke yg luka apa ga bahaya…?? ada komplikasi dll gitu.
    Hari ini Cotri habis, luka sudah ada kemajuan walaupun SEDIKIT. masih basah. trus keputihan nya juga masih ada walaupun sangat sedikit dan kentel banget. Kadang malah keluar kaya sperma gitu bening agak putih lengket… (maaf), apa karna hampir 3 minggu g di”pake” ya..??
    Sebaiknya gimana ya Cak Dok?? Ada temen menyarankan minum ofloxacin 400 sekali saja, baru nanti cipro dan doxy dihari berikutnya.. gimana tuh?? Trimakasih.

  229. 229 cakmoki Oktober 18, 2010 pukul 12:49 am

    @ Antoe-dun:
    sebaiknya periksa sekret urethra di Lab klinik untuk mengetahui penyebabnya sehingga dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Saya tunggu.
    Makasih

  230. 230 Rewa Oktober 22, 2010 pukul 7:21 pm

    Selamat malam dok cakmoki :) saya kena cucakruwo ngiler, trus sy bilang sama teman saya yg dokter di kasi kanimisin injeksi 2x kiri dan kanan + ciprofloxacin 500 mg XX dosis 3×1. 2 hari gejala hilang tp yg buat saya bingung 2 minggu berlalu kok saya masih meraskan agak sakit di batang. (Maaf) apa sy kebal? Lalu bagusnya sy minum obat apa? Makasih dok

  231. 231 Rewa Oktober 22, 2010 pukul 7:24 pm

    Maaf dok, ada satu lagi, sy pernah kena GO sblmnya tahun lalu. Thanks

  232. 232 cakmoki Oktober 24, 2010 pukul 1:12 am

    @ Rewa:
    Met malam…
    Kalo masih ada keluhan, cyprofloxacin dilanjutkan 2×500 mg selama 5-7 hari…dan untuk mengatasi nyerinya dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan.. bukan kebal, tapi bumbunya (maksudnya obatnya) kurang lengkap :D
    Moga segera sembuh
    Makasih

  233. 233 aan November 25, 2010 pukul 2:39 pm

    salam kenal cakmoki

    ijinkan saya untuk bertanya..
    sekitar 17 hari yg lalu saya ada temanin minum sama klien. karena ga kuat minum saya sempat pusing dan ijin istirahat di sofa. pas bangun celana saya uda kebuka dan cucakrowo saya uda diemut sama Ladies companion yg ada disana.
    lgs saya shock terus bangun dan cuci terus pulang naik taksi.

    sekarang sudah 17 hari berlalu, dan saya merasa kurang enak. tidak ada tanda2 nanah dan demam. hanya kalau dipikirkan merasa panas disekitar batang. setiap hari saya cek celana dalam tidak ada nanah ataupun tanda2 GO. tapi jadi kepikiran setiap hari..

    menurut cakmoki saya kena penyakit atau cuma pikiran saya aja?
    karena saya bukan orang yg senang jajan. masih lebih cantik istri saya biar bagaimanapun.

  234. 234 cakmoki November 25, 2010 pukul 2:46 pm

    @ aan:
    Salam kenal :)
    Kalau gak ada keluhan yang mengarah ke GO, mungkin karena kepikiran :)
    Untuk sementara, silahkan minum air sedikitnya 1,5-2,5 liter per hari. Jika masih ada keluhan, gak ada salahnya cek Lab… dan jika hasil Lab gak ada kelainan, berarti ga papa.
    Moga sehat selalu
    Makasih

  235. 235 aan November 25, 2010 pukul 3:01 pm

    terimakasih atas perhatiannya cakmoki

    saran dan sugesti yang sangat membantu.
    saya memang sering duduk agak lama. tapi minum tetap 2 liter sehari. kencing saya normal. tanpa warna dan bau. tapi karena kejadian kemarin saya takut sekali. setiap kencing selalu periksa celana. air kencing ditampung dan diperiksa.

    moga2 cuma pikiran saya aja. rasanya trauma sekali kalau mikir kejadian itu. sampe saya jadi kurang bergairah sama istri. karena takut terkena penyakit kotor dan mengakibatkan istri jg ikut sakit.. amit2 saya tidak mau hal itu terjadi.
    tapi syukur istri saya tidak ada keluhan apapun.

    kalau mau cek lab saya harus ambil tes apa saja?

    semoga anda sukses dan sehat selalu :)

  236. 236 cakmoki November 25, 2010 pukul 3:44 pm

    @ aan:
    Gak perlu buru-2 cek…kalao dalam seminggu ke depan gak ada keluhan lagi, berati gak masalah.
    Kalaupun mau cek, sebagai screening cukup dengan cek sedimen urine mengingat keluhannya hanya brasa panas tanpa ada lesi di organ genital. :D
    Makasih

  237. 237 aan November 25, 2010 pukul 3:52 pm

    terimakasih atas bantuannya cakmoki

    sampai sekarang dari tanggal 8/11/10 saya tidak ada lesi ataupun nanah maupun demam. cuma diare saja pada hari pertama (kebiasaan saya kalau takut yg berlebih)

    satu2 nya penyakit kulit yg pernah saya alami adalah herpes simplex dibagian wajah. itupun waktu saya masih sma.

    hanya mental saya yg down, maklum baru kali ini cucakrowo saya diemut sama orang lain..:(

  238. 238 cakmoki November 25, 2010 pukul 4:14 pm

    @ aan:
    Kalo gitu gak usah dipikirin, dibuat santai aja … semangat :D

  239. 239 aan November 29, 2010 pukul 1:31 pm

    21 hari berlalu..
    masih sehat tanpa gangguan.
    sekarang ga pernah duduk lama lg.
    takut kencing batu jg dok..

  240. 240 cakmoki November 29, 2010 pukul 2:23 pm

    @ aan: :D .. siip

  241. 241 latoel Desember 2, 2010 pukul 11:40 pm

    cak mau minta tolong,sebelumnya saya sudah ke dokter spkk utk memeriksakan istri saya yang di karenakan cairan vaginanya bau dan dokter menyatakan hanya bakteri saja, kemudian di beri obat (sicudon 2*1, sanprima forte 2*1, akilen 400gr 2*1)selama 5 hari dan lactacyd FH 150ml 3*seminggu.kemudian stelah obat yang di beri dokter abis kok cairan vaginanya tetap bau. kmudian dia saya suruh mencoba test sekret vagina. dan hasilnya :

    #Preparat Basah
    – lekosit…………..: ++(>50)
    – erytrosit…………: + (2-3)
    – epithel…………..: + (POS)
    Jamur/Yeast cell…….: – (NEG)
    Trichomonas Vaginalis..: + (POS)
    Bakteri…………….: + (POS)
    #Direct Preparat
    – Coccus gram Positif….: + (POS)
    – Diplococcus gram Neg…: – (NEG)
    – Batang gram Negatif….: + (POS)
    – Batang gram Positif….: – (NEG)
    – Lekosit…………….: + (POS)
    Menurut Cak Moki apa yang terjadi dengan istri saya? mohon Informasi Cak. Terimakasih sebelumnya.

  242. 242 cakmoki Desember 3, 2010 pukul 2:11 am

    @ latoel:
    ok…itu infeksi campuran…obatnya:
    Obat minum:
    1. Cyprofloxacin 500 mg, diminum 2×1 sesudah makan, selama sedikitnya 7 hari.
    2. Doxycycline 100 mg, diminum 2×1 sesudah makan, selama sedikitnya 7 hari.
    3. Metronidazole 500 mg, diminum 2×1 sesudah makan, selama sedikitnya 7 hari.

    Obat topikal (dimasukkan vagina)
    Naxogin complex atau vagizol, dimasukkan vagina (dibasahi elbih dahulu) sekali sehari pada malam hari sebelum tidur, selama 6 hari.

    Moga segera sembuh.
    Makasih

  243. 243 latoel Desember 3, 2010 pukul 11:01 pm

    trima kasih cak atas penjelasan ada obatnya.
    oh ya.. tdi pagi saya langsung mencari obat yg cak moki berikan. tpi untuk naxogin complex atau vagizolnya tidak ada yg jual di apotik katanya uda tidak di produksi lagi. apakah ada saran obat yang laen cak? trima kasih sebelumnya

  244. 244 cakmoki Desember 4, 2010 pukul 2:15 am

    @ latoel:
    hahaha… itu alasan apotek kalo gak tersedia obatnya.
    Kalo emang gak nemu, cukup dengan obat minum aja.
    makasih

  245. 245 latoel Desember 4, 2010 pukul 2:44 am

    oh begitu cak… trimakasih ats bantuannya.

  246. 246 cakmoki Desember 4, 2010 pukul 2:51 am

    @ latoel:
    sama-sama… moga segera sembuh dalam 1-2 minggu ke depan.

  247. 247 NN Desember 10, 2010 pukul 6:13 pm

    gini cakmoki,,,
    saya dulu (2thn lalu)kena “CucakrowoNgiler” , ke dokter, di kasi obat apa lupa, cuman 1 biji terus sembuh,,
    lah ini gara2 jajan sembarangn kena lagi, saya bliin cyprofloxacin 500mg, minum 2×1, dan asam mefenamat 3×1, sudah 5 hari ini, tapi nanahnya masih kluar dikit2,
    trus ini saya coba bliin doxycycline apa bisa kira2, trus apa perlu saya lanjutkan cypro nya di tambah doxycycline lagi gt?
    aturan minumnya gimana?
    terima kasih sebelumnya

  248. 248 cakmoki Desember 11, 2010 pukul 2:06 am

    @ NN:
    kalo masih baru dan murni GO, cukup dengan i butir obat (cypro, ofloxacin) dosis tunggal. Namun cucakrowo ngiler gak selalu GO. jika dengan cypro gak mempan, kemungkinan clamydia…perlu kombinasi Cypro 500 mg dan doxycyclin 100 mg, keduanya diminum 2×1 sesudah makan selama 1 minggu.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  249. 249 aan Desember 13, 2010 pukul 3:20 pm

    1 bulan 5 hari tanpa tanda2 GO.

    puji syukur saya ucapkan..

    terimakasih atas segalanya cakmoki.

    semoga sukses. tetap eksis untuk membantu yang lain.

  250. 250 cakmoki Desember 13, 2010 pukul 5:30 pm

    @ aan:
    makasih juga atas kunjungannya :)

  251. 251 latoel Desember 16, 2010 pukul 12:45 pm

    cak.. saya mau menanyakan setelah seminggu minum obat yg cak moki berikan kemudian istri saya sya suruh test sekret lgi dan hasilnya :
    #Preparat Basah
    – lekosit…………..: + (0-1)
    – erytrosit…………: + (0-1)
    – epithel…………..: + (POS)
    Jamur/Yeast cell…….: – (NEG)
    Trichomonas Vaginalis..: – (NEG)
    Bakteri…………….: + (POS)
    #Direct Preparat
    – Coccus gram Positif….: – (NEG)
    – Diplococcus gram Neg…: – (NEG)
    – Batang gram Negatif….: + (POS)
    – Batang gram Positif….: – (NEG)
    – Lekosit…………….: – (NEG)

    jadi kira2 dari hasil lab di atas dpt di ambil kesimpulan gmana cak?

  252. 252 cakmoki Desember 16, 2010 pukul 2:16 pm

    @ latoel:
    Berarti udah bagus dibanding dengan pemeriksaan sebelumnya.
    Kalo gak ada keluhan, bakteri Gram Negatif yg ditemukan pada sekret kemungkinan bakteri non-patogen alias bakteri yang normal ada dalam vagina.
    Makasih

  253. 253 NN Desember 19, 2010 pukul 8:47 am

    Cak,ne cucakrowo saya kok ngiler lagi ya, setelah saya kasih cipro+doxy selama satu minggu sesuai saran, pas hari ke-7 memang berhenti dan tidak keluar lagi, namun hari ke 9 kok ngiler lagi ya cak, harus di ulangi lagi obatnya atau bagaimana?
    nb:hari ke-5 sempat masturbasi sih karena gak nahannnnn,hhehehe
    apa pngaruh ya
    terima kasih sebelumnya,sukses slalu cak

  254. 254 cakmoki Desember 19, 2010 pukul 10:00 pm

    @ NN:
    Masturbasi gak ngaruh ..
    Bisa diulang untuk 1 minggu lagi.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  255. 255 ryk Desember 22, 2010 pukul 2:57 am

    gini cak…sy udah sebulan kena go..10 hr minum cypro ama doksi,gejalanya udah hilang sama sekali….minggu ketiga mulai muncul lg…apa kah bakterinya udah resissten,atau harus minum obat yg lain,sperti zitromax…..terima kasih sebelumnnya

  256. 256 cakmoki Desember 22, 2010 pukul 12:32 pm

    @ ryk:
    boleh menggunakan zithromax.
    Namun, mengingat udah berlangsung 1 bukan, sebaiknya periksa tes sensitivitas dan kultur sekret urethra agarpengobatan lebih akurat.
    Makasih

  257. 257 AV Desember 27, 2010 pukul 4:26 pm

    Dokter Cak..Gini saya (pria) gak tau kenapa bisa kena cucakrowo ngiler /GO. coba saya jelaskan yah supaya org lain bisa tau juga supaya gak kena. Kami suami istri tdk pernah “jajan” dan prilaku sex kami yg agak tdk baik adalah oral dan rimming. bisa dijelaskan dok apa mungkin terkena dari aktivitas sex tersebut. Saya sudah ke dokter dan diberikan obat: Urotractin 400mg (2×1 utk 10 hari) dan Doxycylin 100 mg (2×1 utk 10 hari) dan utk pasangan saya (wanita) diberikan Cravit 500 mg (1×1 utk 6 hari) apa obat tersebut bagus dan tepat untuk kami berdua? dan bagaimana supaya virus ini hilang seluruhnya dan tidak menjangkit antara kami berdua.. Terima kasih untuk bantua dan response dokter..Semoga Tuhan membalas kemabikan dokter. Terima kasih

  258. 258 cakmoki Desember 27, 2010 pukul 4:43 pm

    @ AV:
    GO bukan disebabkan virus, tapi oleh kuman Neisseria gonorrhoeae.
    Obat tersebut sudah tepat.
    Silahkan dilanjutkan hingga habis. Jika masih ada keluhan, sebaiknya kontrol ke dokter hingga penyakitnya benar-2 sembuh.
    Makasih

  259. 259 AV Desember 29, 2010 pukul 3:22 pm

    Dok..saya sudah hari ke tiga minum obat Urotractin 400mg (2×1 utk 10 hari) dan Doxycylin 100 mg (2×1 utk 10 hari) masih 3 hari sih, cuma masih belum ada tanda2 kemajuan yang memuaskan, apakah memang baru bereaksi setelah 10 hari di minum atau biasanya brp hari baru bisa buang air tidak sakit lagi atau nanahnya bisa hilang semua..

    Terima kasih..

  260. 260 cakmoki Desember 30, 2010 pukul 4:33 am

    @ AV:
    sedikitnya 7-10 hari…setelah itu barulah dilakukan follow up jika emang belum ada kemajuan. :)
    …silahkan baca lagi diskusi-2 sebelumnya :D
    Makasih

  261. 261 Pakne Bhamakerti Januari 16, 2011 pukul 12:49 am

    (kan MALU..plus “kok bisa?” padahal emprit ini ga kenal jajan ga kenal titip parkir gak kenal nangkring di lain kandang..hayoo..?!)

    Assalamualaikum… itulah intro saya dari topik PekTay..

    saya seumur-umur g pernah “jajan, Ngemil, ngecer…dsb” istri saya pun InsyaAllah adalah ibu Rumah Tangga yg solihah…amiin.. Tp kok bisa kena kuman macam itu..? apa ada media lain selain berkelamin..?? dan sumbernya itu lho…darimana??

    memang higienitas pribadi saya terbilang JOROK : sering bbrp hari ga ganti CD :D , trus kadang 2 harig mandi hanya Raup/sibin/cucimuka tok… huahaha… hanya itu kok. Kalo pipis paastilah cebok :)

    istri saya memang setengah taun ini sering sekali keputihan tapi ga berbau hanya kadang gatal kemriyik…. muncul-ilang.. pas kering kaya tepung.. perut bawah bagian kiri diatas V kadang terasa sakit/sengkil kemeng.. kaya “suduk-en”..

    Ini cak hasil Lab (g jadi cek Kultur ah… KELAMAAN) pindah lab, soalnya bbrp minggu yg lalu cek hasilnya NEGATIF alias SEHAT. nih pas Ngiler lagi sy cek dgn hasil sbb:

    Urin:
    - keruh
    - Epitel +
    - Leukosit ++ (30-40) dari 0-5/LPB
    - Erotrosit 1-3 dari 0-2/LPB
    - Kristal Ca.Oxalat 0-1…. ini apa Cak..?? :(
    - Bakteri +

    Mikrobiologi:
    - Pengecatan Gram : POSITIF COCCUS
    - Mikroskopik GO : Diplococcus Positif – ekstraselluler
    - Bakteri : POSITIF

    TingTong…. :( hwalah.. istriku tercinta harus di periksa juga nih…!!

    Langsung Ke dokter jaga yg numpang praktek di Lab tsb :
    info dr pak dokter tsb ( sambil senyam-senyum): daerah sy tinggal, termasuk yg sudah resisten thdp Ciprofloxacin… Nah.. yg diobatin tuh daerahnya apa emprit Orangnya yg sakit didepannya ini.. Hmmm.. :(

    trus saya di kasih
    - cefixime 100mg 2X1 3hari
    - Methylprednisolon 4mg 2X1 5hari
    - Asam mefenamat jika masih kemeng
    - Vitamin mecobex.

    Kira-kira gimana tuh cak..?? terutama sumber bakteri itu darimana…?? :(

    Maturnuwun, wassalam..

  262. 262 cakmoki Januari 16, 2011 pukul 7:21 am

    @ Pakne Bhamakerti:
    (kan MALU..plus “kok bisa?” padahal emprit ini ga kenal jajan ga kenal titip parkir gak kenal nangkring di lain kandang..hayoo..?!)
    …. bisa saja, emangnya mikro-organisme gak boleh dlusupan nyambangi emprit tanpa jajan dan ngemil ? :P

    Diskusi:
    Pertama, krital oxalat 0-1 amasih dalam batas normal, terutama kalo kurang minum.

    Kedua:
    Istri sebaiknya juga periksa sekret vagina atau kultur.

    Ketiga:
    Resistensi terhadap obat tertentu hanya bisa dipercaya dengan tes sensitivitas, bukan dengan opini :D
    Biasanya, kalo periksa kultur sekalian satu paket dengan tes sensitifitas untuk menentukan jenis obat yang paling tepat. (sensitif).
    Saya kudu ngguyu…itu tes kultur tah ? Diskripsi tes kultur tidak seperti itu… yg begitu adalah diskripsi tes urine rutin dan sekret urethra…. walah, masa tes semacam itu seminggu sih.

    Keempat: saya tidak komentar tentang jenis obat…hanya dalam hati bertanya-tanya, kenapa diberi methyl-prednisolon ?
    Monggo diminum obatnya hingga habis.

    Kelima: penularan bakteri “pada umumnya” melalui hubungan intim … namanya pada umumnya, berarti sebagian kecil bisa pula didapat dari faktor hygiene.

    Moga segera sembuh :D
    Maturnuwun … Wassalam

  263. 263 Pakne Bhamakerti Januari 16, 2011 pukul 2:55 pm

    Assalamualaikum,

    Maturnuwun cak…
    Tentang hasil lab yg saya laporkan, itu bukan test kultur, tp test rutin biasa saja. Wong saya disuruh kultur ga mau kok, soale kelamaan. jd pindah laborat untuk test urin n sekret biasa saja. :D siapa yg bilang itu test kultur hehehe :p

    Tentang Opini resistensi.. Saya SETUJU sama panjenengan… terus terang agak anyel karo doktere.. (wis mriksane karo ngguya-ngguyu ngenyek n crito terus ga ada pedote.. lha kapan saya mau konsul…??) Mungkin beliau melakukan pengobatan terhadap saya dengan metode yg dinamakan “BIASANYA”… :D maksude biasane pake cipro ga manjur.. biasane pake amox ga mempan dan “biasa” lain-lain.. heheh..

    semoga cakmoki2 lain segera saya temukan dikota sekarang saya tinggal ini… :) hmmm Matursuwun dan Wassalam..

  264. 264 cakmoki Januari 16, 2011 pukul 4:58 pm

    @ Pakne Bhamakerti:
    ooo gitu ya…berarti saya yg keliru, kelewatan baca yg dlm kurung … :D ..nyuwun pangapunten.
    Moga segera sembuh :)
    Maturnuwun… Wassalam

  265. 265 Mas Putra Januari 21, 2011 pukul 5:18 pm

    Pak Dokter Cakmoki…

    sebelumnya terima kasih atas pencerahan Bapak untuk penyakit ini…sangat lengkap dan jelas kebetulan saya baru saja mengidap penyakit ini 2 hari yang lalu (maxudnya baru saja keluar nanah’nya

    Saya seorang mahasiswa berumur 24 (belom lulus2), mengalami penyakit GO ini (untuk pertama kali) karena berhubungan tanpa memakai pengaman.. berhubung saya seorang mahasiswa (anak kos) saya minta saran obat apa yang saya harus konsumsi ?

    apakah ofloxacin dan cyprofloxacin saja sudah cukup ? seperti penjelasan pak dokter sebelumnya…apakah saya dapat membli langsung d apotek ? dan kira2 berapa harga’nya…

    saya berencana akan k dokter hari ini, tapi saya malu dan takut kalau biaya pengobatan akan sangat mahal, saya sempat baca beberapa situs dan blog, bahwa katanya untuk suntik seftriakson, dikenakan biaya berkisar 300 rb ++ ??

    Mohon bantuannya ya pak, terima kasih banyak :D

  266. 266 cakmoki Januari 23, 2011 pukul 1:11 am

    @ Mas Putra:
    Kalo hanya GO tanpa penyulit yg lain dan kumannya belum resisten, cukup dengan obat-2 di atas. Harga obatnya paling hanya 15-20 ribuan.
    Mestinya obat-2 semcam itu ga bisa dibeli tanpa resep dokter…namun kenyatannya dapat dibeli di apotek dengan mudah :D
    Makasih

  267. 267 rezha Januari 23, 2011 pukul 3:38 pm

    cak mo tanya donk……..”raja singa itu apa sih”(saya mau denger langsung aja dari ahlinya) apa itu udah termasuk level terberat dalam hal penyakit kelamin karena jajan…..trus apa bisa disembuhkan……..trus gimana ciri2nya…..parahan mana GO dengan RAJA SINGA……TKS

  268. 268 cakmoki Januari 24, 2011 pukul 1:39 am

    @ rezha:
    penyakit Raja Singa = Sifilis … semuanya bisa disembuhkan, hanya saja sifilis terbagi 4 stadium… dan memerlukan pengobatan jangka panjang.
    sifilis jauh lebih berat dari GO
    Makasih

  269. 269 NN Januari 25, 2011 pukul 9:01 am

    gini cak moki,mneruskan posting saya yang dahulu, kena cucak rowo ngiler, saya beri Cypro 500 mg dan doxycyclin 100 mg, keduanya diminum 2×1 sesudah makan selama 1 minggu,berhubung masih blm smbuh saya ulangi lagi selama 1 minggu, dan karena tidak sembuh jg maka saya ke dokter dan di beri cefixime 100mg sebanyak 4 butir yg diminum skaligus(diminum smua langsung)+ cypro 500 mg yang diminum selama 7 hari
    pasangan saya jg di beri cypro 500 mg diminum slama 7 hari
    dan langsung tidak kluar lagi
    1. sebelum ke dokter saya bli cypro dan doxy yg generik (harga hanya ribuan)
    2. resep dari dokter cypro harga puluhan ribu yg notabene habis 400rb untuk cefixime+cypro dan bukan obat gnerik
    3. dua minggu setelah sembuh saya kembali berhungan dengan pasangan, dan baru hari ini tiba2 kluar lagi nanahnya

    yang ingin saya tanyakan:
    1.apa beda kualitas obat generik dengan yg bukan generik
    2. solusinya gimana ne cak kok saya kluar nanah lagi, padahal saya ML hanya dengan pasangan saya ini slama pengobatan dan sembuh

  270. 270 NN Januari 25, 2011 pukul 9:05 am

    sekedar koreksi cak, saya ML nya itu setelah saya sembuh (2 minggu setelah obat habis) jadi selama masa pengobatan saya tidak ML dengan pasangan saya
    mohon pencerahannya, terima kasih cak

  271. 271 cakmoki Januari 25, 2011 pukul 2:23 pm

    @ NN:
    1) Gak ada bedanya kalo kualitas bahan dasarnya sama. Yang membedakan antara obat generik dengan obat bermerk adalah biaya-biaya non produksi yg dibebankan kepada pasien.
    Buktinya, walau udah beli obat ratusan ribu, toh masih ngiler lagi setelah ML kan ?

    2) Solusinya, periksa kultur dan tes sensitifitas untuk penjenengan berdua agar diketahui dengan pasti penyebabnya dan diketahui pula obat yang masih sensitif terhadap hasil kultur sehingga penyakitnya bisa bener-2 tuntas tas tasss :D
    Untuk itu, ga ada salahnya kontrol ke Dr SpKK.
    Makasih

  272. 272 brother Januari 31, 2011 pukul 3:32 pm

    cak, sy sdh baca webnya…manfaat banget..kebetulan sy jg kena go, keluar nanah hari kamis, terus sekarang sih udah berenti, tapi kayanya masih ada yang keluar2 sedikit walaupun berwarna (bening)..kemaren dikasi obat duramycin 500, diminum 4 kali sehari sama prostanac 50 diminum 2 kali sehari..itu obat dan dosis antibiotiknya udah bener dan kebanyakan tdk? trus klo sdh tdk keluar nanah lagi meskipun yang keluar bening sdh bisa dikatakan sembuh?makasih berat..

  273. 273 cakmoki Januari 31, 2011 pukul 5:30 pm

    @ brother:
    Obat dan dosisnya dapat digunakan… banyak pilihan obat untuk GO :) … bergantung pada hasil pemeriksaan dokter.
    kalo masih keluar cairan, walaupu bening, artinya belum sembuh.
    Kalo dengan Duramycin gak membaik dalam seminggu, sebaiknya diganti dengan ofloxacin 400 mg single dose. Jika belum sembuh juga, kemungkinan tercampur dg clamydia, maka perlu pengobatan kombinasi keduanya (ofloxacine dan duramycin or dg doxycycline 100 mg diminum 2×1 sesudah makan selama 7 hari.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  274. 274 brother Februari 1, 2011 pukul 8:29 am

    cak, maksudnya ofloxacin 400 mg single dose tu apa? saya kurang mudeng..hehe..maklum awam..terus berapa lama minumnya? meski keluarnya sedikit dan bening juga masih indikasi ada bakterinya ya cak? terus yg pertanyaan pengidap bisa dikatakan sembuh itu seperti apa?
    maka perlu pengobatan kombinasi keduanya (ofloxacine dan duramycin or dg doxycycline 100 mg diminum 2×1 sesudah makan selama 7 hari.
    itu contoh realnya kaya apa cak?ofloxacine brp mgram dan duramycin brp mgram?
    (ni orang kebanyakan terus..terus..hehehe..) makasih ya cak..

  275. 275 cakmoki Februari 1, 2011 pukul 6:12 pm

    @ brother:
    Single dose atau dosis tunggal maksudnya hanya minum sebutir aja.
    Itu untuk yg masih awal… kalu udah berhari-hari gak bisa lagi pake single dose, terlebih kalo ada campuran dengan clamydia.
    Dikatakan sembuh kalo gak ngler donggggg :D
    Kalo masih keluar cairan, walau sak icrit, jelas belum sembuh.
    Adapaun tentang kombinasi obat, monggo dibaca diskusi-2 sebelumnya … semuanya terjawab pada diskusi-2 di atas… kayaknya belum baca semua ya :D
    makasih

  276. 276 widi Februari 22, 2011 pukul 1:04 pm

    Cak,saya mohon konsultasi dan masukkannya dok.. banyak baca membuat saya jd semakin takut.

    singkat cerita, saya pernah ‘jajan’ diluar dan 3 hari setelahnya. Jujur saya memakai kondom cak, namun sebenarnya memang ada oral melalui mulut psk.

    kemudian selama 3 hari celana dalam saya terlihat ada bekas nanah, dan seperti gejala lainnya, ketika kencing terasa panas. Saya pernah berasa gatal didalam uretra tapi itu hanya berlangsung selama bbrapa jam saja (hanya di hari ke-3)habis itu sudah tidak berasa lagi.

    Nah, mulai hari ke-4, nanah yang keluar semakin dikit dan nyeri mulai berkurang, padahal saya tidak minum obat apa2 dok.. Karena takut akhirnya saya pergi ke dokter dan di cek lab, tapi karena sulit mengeluarkan sampel nanah (tidak keluar2) akhirnya kaca untuk sampel ditempelkan saja dan dapatlah sedikit sampel (menurut saya sgt sedikit sekali). namun karena dokter masih bilang bisa dicek jadi saya percaya saja. namun apa dikata hasilnya malah GO negatif.. itu yg bikin sya bingung, saya sakit apa??

    Kemudian saya dikasih suntik dan resep obat. Injek kanamycin 1gr, trus dikasih ciprofloxacin 250 mg (4 tablet) 2×1 dan disusul untuk diminum lusanya Doxycycline 100mg (6 tablet) 2×1.

    Setelah minum obat di hari pertama, penis saya malah banyak mengeluarkan lendir bening encer di siang hari (namun tidak begitu berbekas) saya berasumsi ini efek dari suntik obat, kemudian pagi hari ketika tidur baru keluar lendir berwarna putih yang bekasnya terlihat ketika saya bangun tidur, namun tidak begitu banyak.

    Sekarang sudah hari kedua sejak saya berobat dan saya masih punya 1 tablet ciprofloxacin dan 6 tablet doxyciline.. Lendir bening di siang hari juga sudah hampir tidak keluar, namun masih keluar sedikit sesekali.

    Pertanyaan saya:

    1. apakah obat yang diberikan sudah benar?? sebab sy drtd membaca, cak menganjurkan kanamycin injek 2gr sedangkan yang diberikan ke saya hanya 1gr..

    2. apakah ini tanda-tanda penyakit saya sudah membaik? bila ya, saat obatnya sudah habis, apakah saya harus melanjutkan kembali obat tersebut, sebab drtd sy baca obat minum rata2 diminum 1 minggu gt sedangkan obat yang diberikan ke saya tidak banyak.

    3. apakah mungkin tertular dari oral melalui mulut psk?

    4. 2 hari setelah saya berhubungan dengan WP terakhir, saya ada oral dengan wanita lain (ttm), tapi tidak sampai berhubungan seks. Apakah kuman penyebab penyakit saya sudah tertular dan bersarang di mulut nya? saya takut akan terjadi efek pingpong

    5. bila menular, apakah ada tanda-tanda/gejalanya? dan bagaimana penyembuhannya?

    Maaf kalau banyak sekali pertanyaannya dan mohon dijawab selengkap-lengkapnya yah cak.. saya sgt berterimakasih..

    jujur saya bener2 kapok dan merasa menyesal bngt cak, bermain dengan kondom saja bisa seperti ini =( mohon bantuannya.

  277. 277 widi Februari 22, 2011 pukul 1:10 pm

    sedikit lagi yang saya mau tanyakan cak.. kira-kira saya terkena penyakit GO atau bukan yah? apakah berbahaya? sebab dari fisik luar, penis saya masih normal dan tidak ada bengkak/merah-merah..

    2. apakah GO yang tertular dari alat kelamin dengan GO yang tertular dari mulut adalah jenis GO yang berbeda dan perlu pengobatan berbeda?

  278. 278 cakmoki Februari 22, 2011 pukul 4:57 pm

    @ widi:
    Met sore,
    1) Obat tersebut tepat… gak masalah dengan kanamycin 1 gram, toh suadah kombinasi obat oral cypro dan doxy.

    2) Menilik keluhan saat ini, tanda-2 oenyakitnya udah membaik… silahkan dilanjukan obatnya hingga habis walaupun udah gak ada keluhan.

    3) Tertularnya melalui kelamin… walau pake kondom masih bisa tertular karena sekret bisa nempel di pangkal penis, kemudian bisa menyebar saat kondom dilepas.

    4) Kemungkinan bisa menular.

    5) Jika menular, belum tenatu ada tanda klinis pada wanita. Untuk mmemastikannya periksa sekret..namun sebaiknya periksa secara fisik lebih dahulu ke dokter terdekat.

    GO atau bukan tidak bisa dipastikan soalnya waktu periksa hanya nempelkan obyek glass.
    Pada dasarnya, kalo udah diobati hingga sembuh, tentu gak bahaya.
    Makasih

  279. 279 widi Februari 23, 2011 pukul 10:53 am

    makasih jawabannya cak.. sy mau update perkembangan sy skrg..

    hari ini obat cypro saya sudah habis karena hanya dikasih 4 tablet, dan hanya tinggal doxy yang diminum mulai hari ini 2x sehari (total ada 6 tablet). pagi ini juga saya sudh tidak mengeluarkan nanah berwarna putih yang menimbulkan bekas, palingan yang keluar hanya cairan bening saja sesekali. tapi kok masih perih di ujung tmpt pengeluaran ketika saya berkemih yah dok..

    kemarin juga di celana dalam tidak ad bercak,hanya namun saya masih perih ketika berkemih (perihnya tidak begitu parah tp terasa), di ujung saja ketika awal keluar air seni..

    1.apakah ini pertanda masih belum sembuh total?

    2.bagaimana dengan obat, apakah harus saya beli lagi tambahannya atau tunggu obat saya yang sekarang ini habis? sebab saya disuruh minumnya doxy nya setelah cypro habis..

    3.Kira-kira dengan kondisi saya yang belum begitu parah (keluar nanah sedikit, belum bengkak) kemudian berobat, berapa lama biasanya waktu untuk sembuh total? apakah setelah obatnya habis saya diamkan saja dan lihat dalam beberapa hari kedepan?

    4.karena dengan TTM ada oral melalui mulut dan tidak berhubungan seks. kemarin dapat kabar dia batuk dan pilek, apakah itu tanda ada bakteri penyebab GO di tenggorokannya?

    5. Kalau masih nyeri di ujung ketika awal berkemih, apakah saya harus membeli asam mefenamat 500 mg? obat itu untuk menghilangkan rasa sakit atau menyembuhkan?

    6. Apakah penyakit lain seperti NSU jg bisa disembuhkan dengan cypro dan doxy?

    mohon bngt pencerahannya yah cak, saya kapok dan takut, serem nih.. sekalinya bandel-bandel eh malah begini..

  280. 280 widi Februari 23, 2011 pukul 11:41 am

    cak, satu lagi yang sy lupa tanya.. apakah penis yang terkena GO/klamidia yang kemudian dioral melalui mulut wanita, sudah pasti wanita itu akan tertular meski tidak ada gejala? atau belum tentu tertular? siapa tahu kumannya mati gitu..

    sebenarnya kasus oropharyngeal gonore itu seberapa sering terjadi bila dibandingkan dengan gonore alat kelamin?

    apakah kalau berciuman dengan penderita oropharyngeal gonore juga bisa tertular terkena oropharyngeal gonore?

    bagaimana cara penyembuhan oropharyngeal gonore? obat apa yang harus dibeli atau disuntik?

    mohon pencerahannya

  281. 281 cakmoki Februari 23, 2011 pukul 1:23 pm

    @ widi:
    1) Untuk memastikan sembuh tidaknya, dapat periksa ulang sekret urethra dengan mengambil sampel cairan bening. Namun sebaiknya nunggu hingga obbat habis

    2) Obat silahkan dilanjutkan hingga habis sesuai saran dokter.

    3) Pada umumnya sembuh dalam 1-2 minggu dengan obat-2 di atas.

    4) Itu dapat dilihat dengan periksa ke dokter atau swab.

    5) Ya, adsam mefenamat untuk meredakan nyeri, bukan untuk menyembuhkan dan bukan untuk memberantas penyebabnya.

    6) Bisa. Pilihan antibiotiknya disesuaikan dengan hasil kultur dan tes sensitivitas.

    7) Penularan bergantung pada : ada tidaknya mikro-organisme yg masuk mulut, banyak sedikitnya miktro-organisme, dll.

    Sy belum menemukan angka kesakitan (insidens rate) oropharyngeal gonore di Indonesia.
    Penularannya jelas melalui kontak langsung: berciuman, dan sejenisnya…
    Pilihan obatnya banyak… bergantung pada pemeriksaan fisik oleh dokter. :D

    Makasih

  282. 282 riansure Februari 23, 2011 pukul 6:10 pm

    ada yang mau saya tanyakan nih…

    setahun yang lalu saya pernah terkena GO. Kedikter 3 hari langsung sembuh.

    nah beberapa minggu yang lalu saya terkena GO lagi, karena malu ke dokter lagi akhirnya nekat aja minum ciprofloaxacin 500mg 2x sehari selama 5 hari masih tetep keluar juga. lalu hari berikutnya minum ofloxacin 400mg 2x sehari selama 5 hari masih tetep keluar juga. sekarang udah 2 hari gak minum obat lendirnya maskin kental hijau gitu.

    kira2 obat apa ya yang manjur?

    thx

  283. 283 cakmoki Februari 24, 2011 pukul 12:37 am

    @ riansure:
    Obat yang manjur adalah obat yang sesuai dengan penyebabnya dan sesuai dengan hasil tes sensitivitas.
    Nah, mengingat saat ini mengalami infeksi ulang dan tidak sembuh dengan kedua obat di atas, sebaiknya periksa ke dokter atau periksa kultur dan tes sensitivitas agar tidak berkepanjangan.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  284. 284 widi Februari 24, 2011 pukul 11:31 am

    oo, begitu yah.. jadi kasus penyakit oropharyngeal gonore itu sangat jarang terjadi di Indonesia? Berarti kemungkinan besar tidak akan menular gitu, jadi kemungkinan TTM saya terkenal oropharyngeal gonore itu kecil kan cak?

    Jadi hanya radang tenggorokan dan batuk biasa saja yah.. apakah tidak akan terjadi efek pingpong ketika meng-oral lagi?

    trus mengenai sekret urethra, td cak bilang diambil sampel cairan bening? ini mksdnya apa yah.. apakah yang dimaksud mengambil sampel air seni kemudian diperiksa lab?

    soalnya kalau cairan bening skrg sudah tidak keluar lagi, tapi kenapa yah bawaannya kayanya ada air seni yang mendesak keluar, meski tidak parah namun berasa bawaannya kepingin pipis.. apakah ini normal?

    thx cakmoki yang baik, semoga bisa menjelaskan saya yang orang awam ini..

  285. 285 cakmoki Februari 24, 2011 pukul 2:21 pm

    @ widi:
    Kemungkinan kecil bukan berarti dapat dipastikan tidak ketularan…sebagaimana jawaban saya seblumnya, untuk memastikannya periksa ke dokter.
    Tentang sekret urethra:…sampeyan nulis begini:
    saya sudh tidak mengeluarkan nanah berwarna putih yang menimbulkan bekas, palingan yang keluar hanya cairan bening saja sesekali.
    kalo udah gak keluar, bisa juga tes kultur dan tes sensitivitas air seni, mengingat hingga saat ini masih ada keluhan (bawaannya kepingin pipis)
    So, silahkan kontrol ke dokter yg merawat selama ini.
    Makasih

  286. 286 widi Februari 24, 2011 pukul 8:48 pm

    oo, sekret urethra itu berarti bukan air seni yah. iya cak, kalau lendir bening sih udah ga keluar lagi, paling keluhannya yah cuma kadang bawaannya kepengin pipis gt, apakah itu termasuk keluhan? apa cuma perasaan saya aja yah cak, atau emang ada keluhan penyakit yang gejalanya seperti ini?

    alhamdulilah, skrg udah ampir ga ada keluhan lagi, rasa nyeri ketika berkemih pun sudah hampir hilang. nah sekarang yang perlu dikhawatirkan TTM saya itu cak. terakhir tanya sih, ktnya radang tenggorokan dan batuknya sudah agak mendingan.

    nah rencananya saya mau langsung kasih obat ke dia cak biar 100% diberantas bakterinya. apakah obatnya sama saja cak (cypro dan doxy)? soalnya sy ga mau bilang ke dia soal penyakit ini dan ga mungkin suruh dia ke dokter.

    dan terakhir, misalnya dia tidak tertular dan hanya murni sakit batuk dan radang tenggorokan biasa. setelah saya sembuh dan dia sembuh dr batuknya, apakah kita boleh memulai aktifitas oral kembali?

    ciri-ciri/gejala oropharyngeal gonore apa yah cak? biar sy semakin yakin.. apakah bila dia tidak terkena oropharyngeal gonore sekalipun, tetap menyimpan kuman GO ditubuhnya, misalnya ke aliran darah atau malah menyebar ke alat kelaminnya? Sebelumnya kami tidak berhubungan seks selain oral seks melalui mulut yang sy ceritakan.

    makasih cak..

  287. 287 cakmoki Februari 25, 2011 pukul 9:12 am

    @ widi:
    Ga perlu dia dikasih obat tersebut. Tentang ciri-2 oropharyngeal gonore , 90% tanpa gejala (asymptomatis), sebagian kecil mirip dengan ciri infeksi pernafasan, radang tenggorokan…untuk memastikannya dengan swab rongga mulut. Adapun penyebarannya tidak sampai sejauh itu.
    Makasih

  288. 288 widi Februari 25, 2011 pukul 10:10 am

    makasih cak atas penjelasannya, saya kurang paham mengenai tanpa gejala (asymptomatis), berarti bahaya dnk cak kalau tertular bakteri tapi tidak ada gejalanya.. kumannya ga hilang-hilang dnk kalau ga diobatin.. trus apakah bisa menular ke orang lain lagi melalui oral?

    kalau obatnya bukan itu dan berbeda, apa yah cak obatnya?

  289. 289 cakmoki Februari 25, 2011 pukul 10:31 am

    @ widi:
    bisa nular kalo ada kuman GO-nya..sebaliknya gak nular kalo ga ada kuman GO-nya…asymptomatis maksudnya ada penyakitnya tapi ga ada tandanya.
    Obat tersebut bukan obat untuk Batuk pilek. Kalo diberikan pada org yang batukl pilek dengan dugaan Go tapi ternyata bukan GO, sama aja membuat orang tersebut menjadi kebal terhadap antibiotika.
    Makanya, penggunaan dan pilihan antibiotika sebaiknya ke dokter agar tidak terjadi resistensi.

  290. 290 widi Februari 26, 2011 pukul 10:35 am

    cak, perkembangan sy terakhir.. sudah tidak mengeluarkan lendir bening selama 3 hari terakhir dan sudah tidak ada bekas ketika saya bangun tidur di pagi hari, begitu juga nyeri ketika berkemih..

    obat saya sudah habis cak mulai hari ini.. tapi malah di hari terakhir saya pas tidur tiba2 terbangun karena saya merasa hampir ngompol, eh ternyata celana dalam saya sudah basah dan ada lendir bening dan bercampur dengan air seni..

    ini yg buat saya jadi takut, apakah tandanya saya msh belum sembuh? trus saya kemarin itu pas tidur aja terbangun terus karena beser ada sekitar 3x pipis. soalnya setiap habis pipis saya selalu minum air 1 gelas dok, tapi biasanya ga sebeser ini..

    apakah beser itu salah satu gejala GO cak? atau gejala kalau sudah mau sembuh? trus bagaimana dengan obat, apakah saya lanjutkan dengan membeli di apotik?

    kok ga kelar-kelar yah penyakitnya =(

  291. 291 cakmoki Februari 26, 2011 pukul 12:41 pm

    @ widi:
    Supaya tuntas dan supaya gak kepikiran terus, sebaiknya kontrol ke dokter :D untuk memastikan apakah hanya gejala sisa atukah masih ada penyakitnya.
    Makasih

  292. 292 widi Februari 26, 2011 pukul 1:16 pm

    cak, karena ingin benar-benar tuntas, akhirnya saya melakukan kunjungan kedua ke dokter yang sama.. dan karena tidak ada sekret jadinya saya disuruh tes sedimen urine..

    hasilnya:

    Lekosit : hasil 2 rujukan 1-6 (satuan /LPB)
    Eritrosit : hasil 0 rujukan 0-3 (satuan /LPB)
    Epitel : hasil positif rujukan positif
    Bakteri : hasil negatif rujukan negatif
    Kristal : hasil negatif rujukan negatif

    Silinder
    Granular : 0
    Hyalin : 0
    Trichomonas.v : hasil negatif
    jamur : hasil negatif
    lain-lain : negatif rujukan negatif

    Kata dokternya udah ga ada masalah, namun sy sampaikan keluhan kadang seperti ada desakan mau keluar dr urethra, namun tidak ada yang keluar dr urethra, begitu juga jd beser..

    dokternya blg mungkin karena kedinginan. dan saya hanya dikasih 1 resep yaitu urotractin 400mg sebanyak 10 caps selama 5 hari.. yang ingin saya tanyakan fungsi obat ini untuk apa yah? apakah sejenis antibiotik?

    menurut cak, hasil sedimen urine saya bagaimana, apakah sudah sembuh? berarti yang kemarin di celana dalam itu apa yah, apakah mimpi basah? yang jelas saya tidak ada mimpi asik seperti itu.. nah biasa di celana dalam menimbulkan bekas nanah, yang tadi pagi tidak menimbulkan bekas, tapi malah mengeras (membuat kain katun celana dalam menjadi keras).. dan memang benar kemarin ac kamar saya berasa dingin banget, dan mungkinkah karena saya gelisah karena tidak bisa tidur jadi setiap 2 jam saya pipis trus (sehabis pipis saya minum air segelas)..

    mohon pencerahannya cak, karena saya tidak tau harus tanya siapa.. dokter (cewe) yang tadi periksa saya dingin-dingin aja tuh.. saya tanya namun jawabannya hanya ala kadarnya. makasih

  293. 293 cakmoki Februari 26, 2011 pukul 1:30 pm

    @ widi:
    Sebagaimana jawaban-2 saya sebelumnya, keluhan tersebut merupakan gejala sisa (sequelae), menilik tidak ada lagi penyakitnya.
    Urotractin adalah antiseptik saluran kemih.
    Berarti udah gak papa… kalaupun ada keluhan, ntar akan hilang dengan sendirinya. Bisa jadi keluhan tersebut karena cuaca dingin seperti kata dokter, bisa pula karena cemas or stress.
    Enjoy aja :D lha buktinya udah gak ada penyakitnya sama sekali.
    Makasih

  294. 294 widi Februari 26, 2011 pukul 1:51 pm

    jujur sebenarnya saya lega ngeliat hasil tes sedimen urine dan jawabab cak yang sudah mengarah ke sisi positif.. emang saya bawaannya jadi paranoid nih, apalagi sebelum ke dokter saya udah banyak baca mengenai GO dan Klamidia..

    Baca ke bagian komplikasinya malah tambah serem, langsung ga bisa tidur dan gelisah.. Kalau diceritakan bisa panjang.. semoga memang benar tinggal gejala sisa, aminn.. berarti saya tinggal urusin TTM saya itu yah cak, saya jga ga mau dia sakit gara2 saya. tapi mengingat ga ada keluhan/asymptomatis saya jadi bingung.. sebagian kecil ciri2nya kan kaya radang tenggorokan/infeksi saluran pernapasan, nah kalau dia cuma batuk/pilek aja 2 hari trus sekarang udah sembuh, bagaimana yah? apa saya tunggu hingga 1 minggu kedepan liat perkembangannya, apakah tenggorokannya bermasalah atau tidak..

    jadi urotractin itu buat bersihin saluran kemih yah, antibiotik bukan cak? saya harus habiskan obatnya?

    jika sembuh sukurlah saya masih diberikan kesempatan dan kepengen bertobat.. masih banyak hal positif yang bisa saya lakukan daripada harus cari penyakit sendiri :(

    makasih, salam hangat..

  295. 295 cakmoki Februari 26, 2011 pukul 4:05 pm

    @ widi:
    Ya, urotractin untuk bersihin sal. kemih… habiskan aja urotractin walaupun nantinya ga ada keluhan.

    Tentang TTM gak usah terlalu dipikirin, toh sampeyan gak ada penyakitnya.. mungkin dia hanya kena Infeksi Pernafasan saja.

    Moga sehat selalu :)
    Makasih telah berbagi

  296. 296 widi Februari 28, 2011 pukul 12:15 am

    iya cak.. tapi saya baca lagi dari artikel atas.. katanya penularan penyakit ini bisa juga dari oral kan? sedangkan 2 hari setelah jajan saya ada oral dengan TTM saya..

    kira2 kemungkinan TTM saya tertular dan menderita penyakit oropharyngeal gonore itu berapa persen yah?? apakah kemungkinan sangat besar tidak akan tertular karena penularannya tidak semudah itu? atau bagaimana. mohon penjelasan yang mudah dimengerti cak.

    makasih

  297. 297 cakmoki Februari 28, 2011 pukul 4:03 am

    @ widi:
    Sebenarnya sudah saya jelaskan panjang lebar pada jawaban-2 sebelumnya..yang bikin kurang jelas karena cemas yg berlebihan… ibarat orang takut hantu, walaupun dijelaskan sampai berbusa-busa bahwa hantunya ga ada, tapi tetep ketakutan saat ada kucing lewat :D
    Makasih

  298. 298 widi Februari 28, 2011 pukul 12:22 pm

    perumpamaannya bisa aja nih cak, hehehe. udah paham deh cak, berarti hantunya sebenernya ga ada kan. jadi akan aman-aman saja bila beberapa hari lagi saya oral dengan TTM saya,

    makasih atas pencerahannya cak. bener2 blog yang berguna karena semakin membuka mata orang awam didunia kedokteran.

  299. 299 cakmoki Februari 28, 2011 pukul 3:29 pm

    @ widi:
    hahaha… syukurlah kalo udah paham.
    Moga sehat selalu.
    Makasih telah berbagi

  300. 300 jony Maret 15, 2011 pukul 11:41 pm

    salam kenal cak moki………saya pria berumur 27 thn. sebulan yg lalu saya pernah terkena kencing nanah,,stelah berobat alhmdlh smbuh. tpi saya sekarang terkena lagi.yang ingin saya tanyakan gonore dan sfilis itu apa perbedaannya, dari ciri2, penyebabnya, dan cara pengobatannya trims

  301. 301 cakmoki Maret 16, 2011 pukul 6:10 pm

    @ jony:
    salam kenal,
    Kalo Gonore, ciri-2 nya seperti tertulis di artikel. Orang awam sering mengatakan sifilis pada penyakit gonore.
    Kalo sifilis, ciri-2 nya terbagi menjadi 4 stadium.
    Singkatnya:
    Stadium pertama: ditandai dengan bercak-2 di sekitar kemaluan tanpa kencing nanah, tanpa rasa nyeri… hanya bercak mirip luka tapi ga nyeri, ga gatal.
    Stadium kedua ditandai dengan pembesaran kelenjar di sekitar kemaluan, tanpa rasa nyeri. Kadang disertai juga bercak luka di mulut tanpa nyeri, dan pembesaran kelenjar di dalam mulut.
    Stadium 3 dan 4 ditandai dengan penyebaran infeksi ke organ lain, termasuk ke tulang.
    Makasih

  302. 302 ayon Maret 20, 2011 pukul 10:45 pm

    dok saya bulan kemarin terkena penyaki GO trus saya berusaha cari informasi dari internet trus saya meminum obat yg saya baca dri internet (ofloxsacin cuma wktu mau bli d apotik obatx lg kosong trus katanya apotekerx ada obat yg sejenis ofloxsacin cmn saya lupa obatx coz tdk berani tunjukin d ortu saya, seminggu minum langsung sembu namun tiga hari sesudanya GOx sama nanax kembali lg saya mimum lg untuk minggu selanjutx n sembu tp klo obatx habis nanax keluar lg, trus skara saya uda bosan n rada putus asa sih..
    makanya uda ga lg minum obat skarang uda 2 minggu tp nana masih keluar cmn uda ga sakit lg…..SAYA MAU NANYA DOK kira2 skarang solusi untk saya apa yah…..?atau da obat kusus coz da dua minggu ga minum obat lg niiii…………..plizzzzzzz…….

  303. 303 cakmoki Maret 21, 2011 pukul 2:32 pm

    @ ayon:
    Menilik udah minum ofloxacin tapi belum sembuh, maka solusi terbaik adalah mencari tahu penyebabnya, yakni dengan pemeriksaan sekret urethra dan tes sensitivitas. Dari kedua pemeriksaan tersebut akan diketahui penyebabnya secara pasti dan diketahui obat yang paling sensitif sehingga obatnya lebih tepat dan ga buang-2 waktu.
    Makasih

  304. 304 parno April 1, 2011 pukul 7:02 am

    salam kenal cak moki..dok saya mau konsultasi saya sakit apa yah penis saya keluar cairan bening…saat buang air kecil TIDAK SAKIT..gejalanya sendi sendi saya jadi sering berbunyi,,,

  305. 305 parno April 1, 2011 pukul 8:06 am

    oia cak penyakit kelamin bisa menular sekaligus gak????semisal langsung tertular sipilis dan gonore atau GO dan HIV???

    penis saya keluar cairan bening tetapi TIDAK sakit saat berkemih..dan sendi2 saya jadi sering berbunyi dan terkadang pinggul terasa pegal…saya jadi horor sekali sampe pusing dan gak bisa tidur sering terbangun…hal ini terjadi stlah 2minggu saya berhubngan dgn pcr saya..
    apa ini gejala gonore atau klamidia cak atau gejala penyakit lain???obatnya apa y cak???

  306. 306 cakmoki April 2, 2011 pukul 9:54 am

    @ parno:
    Gak perlu menduga-duga… untuk memastikannya silahkan periksa csekret urethra dan urin di Lab Klinik setempat…dengan begitu akan ketahuan penyebanya sehingga dapat diobati dengan obat yang tepat berdasarkan penyebabnya
    makasih

  307. 307 parno April 2, 2011 pukul 10:08 pm

    dok utk tes yg cak sarankan kira2 biayanya skrg brpa y cak??? cos sya seorg mahasiswa biar bs perkiraan..td sya mncoba beli obat cypro n doxy..oia cak selain keluhannya yg sdh sys ceritakan skrg bawaannya pengen berkemih trus n kyk kesemutan dipinggul n telapak kaki cak..

    oia cak penyakit kelamin itu bisa menular sekaligus gak??semisal go n sipilis??

    makasih

  308. 308 cakmoki April 3, 2011 pukul 7:21 pm

    @ parno:
    kalo di ndeso kami hanya 22 ribu, tapi kalo di kota konon di atas 100 ribu.
    Penyakit kelamin menular kalo emang punya beberapa jenis penyakit kelamin. Lha yg bilang GO + sifilis sapa ?
    makasih

  309. 309 hendra April 13, 2011 pukul 11:41 pm

    Cak, mau tanya, aku kena proktitis (radang rectum), sudah dikolonoskopi, banyak sariawan di rectumnya,perut bawah mulas2 sudah hampir 1 bulan,aku sudah diinfus cipro cairan 2 botol, sekarang makan obat interflox 500 mg, 4x 1/2 tablet sehari, sekarang sudah hari ke 4, tapi perut bawah masih terasa mulas, harus berapa lama lagi biar sembuh total, aku takut sekali Cak, mohon penjelasan dari Cak, terima kasih

  310. 310 cakmoki April 14, 2011 pukul 3:10 pm

    @ hendra:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Obatnya diterusin… sedangkan untuk mulesnya, dapat menggunakan Buscopan Plus, diminum 3×1 sesudah makan hingga mulsenya hilang.

    Untuk mengetahui berapa lama sembuhnya, mau gak mau kontrol ke dokter untuk follow up melalui kolonoscopi.
    Moga segera sembuh
    Makasih

  311. 311 Evan April 14, 2011 pukul 10:26 pm

    Ass…
    Boz Aku kna Flue Cicakrowo nich (GONORE) gmn nich… kta Psangan sya sruh minum Amoksisilin + Supertetra sekali minum…… bner ngak tuch obatnya???? jgan2 aq d racuni lagi….kwkwwkkwkw
    Thankz
    Wass…

  312. 312 cakmoki April 15, 2011 pukul 3:45 pm

    @ Evan:
    wa’alaikum salam
    gak bener
    obatnya ada di artikel dan diskusi sebelumnya…silahkan baca
    wassalam

  313. 313 Evan April 16, 2011 pukul 10:11 pm

    Trims y Pak….semoga Orang baik seperti anda selalu di lindungi dan di beri rezeki yang lancar oleh Allah SWT……Amien :-)

  314. 314 Emiel April 17, 2011 pukul 3:33 pm

    Salam kenal dok.! Udah 3 hari sy kena go,sy sdh minum ciproploxacin 2×1, dan ilernya udah mereda,tapi muncul penyakit lain,mata sebelah kanan sy jadi merah,bengkak dan keluar lendir,apakah ada pengaruh alkohol sebab malam sebelum mata sy merah, sy minum banyak., jadi gimana nih dok,apa sy terusin minum obat yg sama atau ganti obat lain.Dibantu ya dok.

  315. 315 cakmoki April 17, 2011 pukul 5:53 pm

    @ Evan:
    sama-sama… makasih do’anya , semoga demikian pula sebaliknya :)
    Wassalam

    @ Emiel:
    salam kenal,
    Obatnya silahkan diterusin hingga 7 hari.
    Tentang mata bengkak, bisa jadi pengaruh alkohol, bisa pula kerna sebab lain.
    Makasih

  316. 316 Emiel April 17, 2011 pukul 6:13 pm

    Tanks dok.! Semoga cakmoki dlm keadaan sehat selalu.

  317. 317 cakmoki April 17, 2011 pukul 9:50 pm

    @ Emiel:
    Sama-sama, makasih do’anya…semoga demikian pula sebaliknya

  318. 318 jurek sxsi April 18, 2011 pukul 3:56 pm

    salam kenal dok..
    pertengahan maret 2010 saya kena go
    dan sudah berobat ke dokter dari dokter umum sampai dokter Sp.KK
    kemaren tanggal 09/04/2011 saya cek lab (preparat gram) hasilnya ditemukan kuman diplokokus gram (-) negatif ekstra dan intra seluler. padahal saya sudah minum obat yang diresepkan oleh dokter
    obat yang pernah saya minum
    Doxycycline 100mg 2×1 5 hari
    Cafixime 100mg 2×1 5 hari
    Spiramycin 500mg 2×1 7 hari
    levofloxacin 500mg 3×1 7 hari
    Cafotian 200mg 3×1 5 hari
    Thiamphenicol 3grm/hari 6 hari
    Azithromycin 1grm/hari 3 hri
    juga pernah disuntuk dan dikasih 2 macam obat.
    dan saya juga ada gejala GO direktum tapi cak lab Feses lengkap kesimpulannya normal.
    apa masih ada harapan buat saya sembuh dok ???
    tolong beri saya saran and pendapan dokter..

    jujur saya sudah putus asa !!!, sampai2 saya tes anti HIV (VIDAS)
    antibodi HIV1/HIV2 = non reaktif TV:013 – reaktif bila TV>0,25
    antigen p24 = non detected – positif bila TV>0,25

    hee he…. untungnya saya masih bisa ketawa.
    Makasih……

  319. 319 cakmoki April 20, 2011 pukul 4:19 am

    @ jurek sxsi:
    Salam kenal :)
    Bisa sembuh dong … obatnya sudah lengkap tuh :D
    kalo dengan obat-2 tersebut masih ada keluhan, maka sebaiknya periksa tes sensitivitas untuk mengetahui jenis antibitika yang paling sensitif (manjur) untuk memberantas kuman diplococcus.
    Dengan tes sensitivitas tersebut, maka akan diketahui antibiotika mana yang sudah resisiten, dan antibiotika mana yang masih sensitif sehingga pengobaatannya lebih akurat.
    moga segera sembuh
    makasih

  320. 320 jurek sxsi April 20, 2011 pukul 8:44 pm

    Amin…..

    trimaksih ya pak dokter walaupun anda sibuk namun anda ttp meluangkan waktu untuk memberikan saran kepada saya,

    nanti saya pstng lagi hasil tes nya.

  321. 321 bryan April 25, 2011 pukul 2:17 pm

    dok saya brian mau nanya kyanya saya dah kna yang namanya go.dah sekitar seminggu.gejala perjama cm gatel2 doang ta[i selang beberapa hari kalo pas kencing terasa perih..nah baru kemeren saya liat ada cairan putih yang keluar.pas saya liat celana dalam keliatan ada fleck2 bekas cairan itu. kalo misalnya pengobatan langsung saya minum obat2 yang sudah disebutkan bro2 yang udah kena sebelumnya bisa ga? trus kalo bila obatnya di apotik bsa khan.kya zibramax bisa ga di bli di apotik. kalo misalnya ada obat yang bisa dibeli di apotik obatnya apa aja.dan dosisnya gmana. trimakasih cak

  322. 322 cakmoki April 25, 2011 pukul 2:45 pm

    @ bryan:
    bisa…obat-2 nya silahkan baca pada bab pengobatan dan diskusi-2 sebelumnya :D
    Makasih

  323. 323 xxx April 29, 2011 pukul 6:18 am

    om cak, saya seorang mahasiswa. saya pengen tanya dong. dulu sekitar 1 tahun yang lalu( kalo ga salah ) saya pernah kena penyakit GO ini, terus saya biarkan karena dulu saya tidak tahu sama sekali soal penyakit GO ini dan penyakit ini hilang/sembuh (saya tidak tahu) begitu saja.. dan yang aneh nya baru beberapa hari yang lalu saya berhubungan seks. saya baru tahu setelah mencari info kalo saya terkena GO lagi.
    nah yang ingin saya tanyakan yaitu:
    1. apakah penyakit saya ini belom sembuh ? atau sudah sembuh, tapi terinfeksi GO lagi ?
    gejala saya ketika pertama kali kena GO, cairan nanah bau dan warna nya seperti sperma cuma agak sedikit putih dan sedikit nyeri. cuma itu saja gejala saya. dan yg kedua ini atau sekarang ini gejala nya hampir mirip dengan yg pertama. tapi tidak sebanyak yg pertama, kalo sekarang cuma saya bingung mau mengungkapkan dengan kata apa yang tepat. dia seperti setetes air tapi tidak sebanyak itu.
    2. apakah orang yang meng oral saya bisa tertular juga ?
    sebelumnya terima kasih atas waktu nya dan jawabanya saya ucapkan terima kasih :)

  324. 324 xxx April 29, 2011 pukul 6:51 am

    oh ya satu lagi om, kalo saya konsul ke puskesmas terdekat bisa ga ya ? apa pengobatan nya berbeda dari dokter spesialis ?
    menimbang saya seorang mahasiswa om..
    terima kasih banyak :)

  325. 325 zzz April 29, 2011 pukul 10:55 am

    dok,saya mau nanya kalo GO itu kuar nanah di air kencing hanya pagi hari saja??penis saya sekarang kl kencing sakit pada ujung kulit yg belom di sunat….saya liat2 memang ujung kulitnya memar karena saya garuk sewaktu gatal…jd kalo kencing sakit pada kulitnya (karena saya belom sunat jd saat kencing terkena kulit air kencingnya jd perih panas)….apakah itu gejala GO??apakah gejala GO karena oral sama dengan gejala GO karena berhubungan intim??terimakasih

  326. 326 zzz April 29, 2011 pukul 11:24 am

    oh iya dok tambahan lagi….saya coba kencing dengan menurunkan ujung kulit yg belum di sunat sehingga bentuknya jd seperti di sunat dan tidak sakit pada saat kencing…apa ini hanya karena luka memar karena saya garuk??atau gejala GO??
    makasih dok…blog nya bener2 sangat membantu…..

  327. 327 cakmoki Mei 1, 2011 pukul 2:17 am

    @ xxx:
    1) Terinfeksi lagi
    2) Bisa tertular
    3) Bisa ke puskesmas… obatnya sama.
    makasih

    @ zzz:
    nanah keluar setiap saat, bisa pagi, siang sore, malam..dll
    untuk memastikan GO atu bukan harus diperiksa dokter.. namun kalo bernanah, walaupun sedikit, kemungkinan besar emang GO.
    Makasih

  328. 328 zzz Mei 1, 2011 pukul 2:34 am

    ooohhh..makasih yah dok….ternyata gag kenapa2,,,,pas kencing ga pernah keluar nanah…cm rasa takut aja kayanya….makasih banyak dok….tp kl GO kencing sakit kan dok yah??sekarang dah ga sakit sepertinya kemaren ini sakit karena memar..makasih banyak jawabannya dok…

  329. 329 cakmoki Mei 1, 2011 pukul 5:06 am

    @ zzz:
    ok, moga ga ada apa-2

  330. 330 xxx Mei 3, 2011 pukul 3:40 am

    waahh makasih banyak ya om cak..
    tapi saya ada pertanyaan lagi nih, dulu GO ini saya biarkan saja dan hilang begitu saja tanpa pengobatan sama sekali ( ga tahu sembuh atau ga ) dan tidak pernah muncul nanah atau rasa perih ketika kencing.
    nah kalo sekarang ini saya biarkan saja seperti pengalaman2 yang seperti dulu lagi dan sembuh/ hilang tanpa pengobatan gimana ?
    apakah itu aman buat saya atau kalau saya diam kan justru tambah berbahaya ?
    terima kasih untuk mau direpotkan hehe :)

  331. 331 iwan Mei 3, 2011 pukul 8:33 pm

    Cakmoki yg budiman..sy udah setaon kena go krn berhubungan dgn ttm…pertama x minum cipro selama seminggu,gejalanya hilang,nggak ngiler lg tp 2 bln kemudian kambuh lg..terus minum cipro lg,kambuh lg…terus minum bermacam antibiotik spt ofloxacin,cefixime ama dosisiklin…tiap minum antibiotik pasti ngilernya berhenti..skrg kambuh lg,kadang pg ms morning drip..cak apa mesti disuntik yah,apa kumannya udah resisten..trus apa bs infeksi soalnya ini udah berlangsung setaon lebih..kalo sy cek ke lab,yg harus diperiksa apa aja,sedimen urine ama sekret uretra,apa blg jg ama petugas lab cek sensivitas,jd 3 yah yg mesti di cek,biayanya berapa..

  332. 332 cakmoki Mei 4, 2011 pukul 12:07 am

    @ xxx:
    Sebaiknya diobati karena kita gak pernah tahu efeknya kalo ga diobati. namun keputusan akhir ada pada masing-2 :)
    makasih

    @ iwan:
    menilik kronologosnya kemungkinan resisten terhadap antibiotika yg sudah digunakan.
    Untuk itu diperlukan pemeriksaan seperti yang sampeyan sampaikan, yakni: Sekret Urethra, Kultur (biakan) kuman dan Tes Sensitivitas.. kalo sedimen urine gak begitu penting, namun ga ada salahnya diperiksa juga.
    Tentang biaya pemeriksaan masing-2 kota, saya gak tahu… bisa langsung bertanya kpd pihak Laboratoriun setempat.
    Makasih

  333. 333 leony Mei 4, 2011 pukul 2:36 pm

    cak saya mau tanya, 2 bulan yang lalu suami saya mengalami gatal dan panas pada kelaminnya, terus satu minngu kemudian keluar nanah,terus ke apotik di beri obat bonotal 500,padahal sejak saya menikah belum pernah mengalami seperi itu,apakah GO manular setelah sekian lama melakukan hubungan sex, atau karena suami saya melakukan hubungan dengan wanita lain ya?
    terimakash cak

  334. 334 cakmoki Mei 4, 2011 pukul 2:48 pm

    @ leony:
    jika benar GO, penularannya tidak selama itu, mengingat masa tunasnya hanya 2-10 hari.
    Adapun pertanyaan yg menyangkut hal-2 pribadi, silahkan bertanya langsung kpd suami secara bijak atau ke dokter yang memeriksa langsung :)
    Makasih

  335. 335 leony Mei 5, 2011 pukul 5:01 pm

    terimakasih cak atas jawabannya
    saya sudah tanya cak, tapi katanya ga pernah tuh melakukan hub sama perempuan lain,saya jg percaya karena dimata saya dia laki2 yang setia.awalnya gini cak
    bulan januari saya melahirkan tp prematur karena ada myom nya, sampai harus dirawat dirumah sakit selama 1 bulan
    selama 3 bln kami tdk pernah melakukan hub karena masih pendarahan terus, kata dokter karena myom blm dioperasi.
    Nah saat melakukan hub pertama kali setelah 3 bulan libur, suami saya merasa panas n gatal2 di kelaminnya, apakah karena myom saya ya cak yang menyebabkan seperti itu.atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

  336. 336 cakmoki Mei 6, 2011 pukul 3:45 pm

    @ leony:
    Eamg keluhan panas dan gatal bukan tanda GO..
    kalau begitu lebih mudah… cukup dengan pemeriksaan sekret urethra suami untuk mengatahui secara pasti penyebabnya… pemeriksaan ini mudah dan murah… hanya diambil atau dioles permukaan ujung urethra, kemudian diperiksa… dalam beberapa jam udah kettahuan hasilnya. Dengan hasil pemeriksaan tersebut akan lebih akurat dalam memilih obatnya.
    Makasih

  337. 337 yuri Mei 9, 2011 pukul 4:53 am

    halo cak,
    saya mau nanya nih. Dua minggu lalu saya bhubungan sama pasangan saya. Besoknya saya mens. Sesudah 4 hari mens bhenti. Nah, dari situ sampe skrg setiap buang air kecil terasa perih n panas. Kemudian ada benjolan disebelah kiri vagina (tapi di bagian dalam cak). Dan ada juga benjolan di pangkal paha sbelah kiri. Yang ini agak cenat cenut cak. Trus di cd selalu ada cairan kuning gitu cak. Apa saya kena GO cak? Soalnya pasangan saya ketauan pake PSK dua minggu sebelum kami bhubungan terakhir. Tolong dibantu ya cak. Oh iya cak, obat supertetra itu buat penyakit apa ya cak? Soalnya pasangan saya beli obat itu, katanya untuk obat luka dikaki krn kecelakaan. Apa benar bisa cak. Makasih banyak cak…

  338. 338 cakmoki Mei 9, 2011 pukul 5:38 pm

    @ yuri:
    halooo :D
    Rasanya pertanyaan yg sama ada di mailbox, dan sudah saya jawab… silahkan cek :)
    Makasih

  339. 339 aldo Mei 14, 2011 pukul 1:57 pm

    Salam sejahtera cakmoki yang gaul…

    langsung aja saya cerita kronologi…

    tgl 24 april terakhir saya “ah uh” sama istri

    tgl 29 april saya bermesraan dg teman wanita, ga sampe “ah uh” sih, cuma cucakrowo saya di oral (maaf..) sampai ejakulasi dan saya memainkan sarangnya cucakrowo teman wanita saya menggunakan jari. Kemungkinan ada kontak cairan melalui tangan saya dari situ ke cucakrowo saya.

    tgl 1 atau 2 mei, saya lupa. Kencing agak sedikit perih di akhir kencing, tapi tidak mengeluarkan nanah. Agak sedikit perihnya ini berlangsung kurang lebih 2 hari, tapi gak di setiap kencing.

    Tgl 6 kencing pagi agak perih tapi siang dah enggak lagi. Tapi tiap abis kencing kayanya enggak tuntas gitu, kaya jadi pengen kencing lagi.

    Tgl 7, baru tersadar kalo cucakrowo saya ada rembesan cairan berwarna bening, encer seperti air kencing dan tidak berbau. Dia keluarnya sedikit demi sedikit seperti rembesan di muara saluran kencing kemudan menetes kalo udah banyak. perkiraan 1 jam 1 tetes mungkin. Dan itu berlangsung hingga hari ini. Tapi kencing sudah ga kerasa lagi sedikit perihnya. Saya pikir itu sisa air kencing cuma merembes terus SAMPAI SEKARANG.

    Tgl 13 malam, gak tau kenapa tiba-tiba saya ereksi, terus iseng2 saya urut dari pangkal cucakrowo sampe ke kepala, eh keluar setetes cairan encer (gak lengket) berwarna putih agak kuning (gak tau nanah apa bukan). Wah panik saya, saya urut lagi gak keluar lagi. Masih penasaran, ya udah saya masturbasi ternyata yg kelur sperma aja, gak ada cairan putih kekuningan encer itu lagi.

    Tgl 14 pagi tadi, pas bangun tidur kan biasanya cowo “bangun” tuh, saya urut lagi dari pangkal ampe kepala, eh keluar lagi tuh cairan encer putih kekuningan. Wah panik…. Tapi cuma keluar setetes sedikit aja, diurut lagi gak keluar.

    Nah kalo yb bening kaya air gak berbau, setiap 1 jam mungkin 1 tetes kecil, mirip banget air kencing terus ada ampe sekarang.

    Yang saya tanyakan?
    Apakah saya kena GO? atau Klamidia? atau Infeksi Saluran Kemih lainnya?

    Saya baru bisa ke berobat ke dokter senin malam besok. Mohon maaf kalo kepanjangan dan agak vulgar kata-katanya. Terima kasih cak

  340. 340 cakmoki Mei 15, 2011 pukul 12:29 pm

    @ aldo:
    salam sejahtera, :)
    Menilik kronolagi dan berlangsungnya keluhan, kemungkinan bukan GO.
    Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan sekret urethra dan pemeriksaan urine.
    Untuk itu, mau ga mau menunggu senin… dan sementara itu gak usah mengurut-urut cucak rowo :D
    Makasih

  341. 341 aldo Mei 15, 2011 pukul 1:02 pm

    Makasih cak advise nya…

    Perkembangan lagi,
    Tgl 15 pagi ini, masih penasaran, aku urut lagi tuh cucakrowo pas bangun tidur, dari pangkal sampai ke kepala. eh keluar cairan encer bening tapi ada putih2 di dalamnya cak…

    Kalo cairan bening encer yang merembes terus rembesan menetes sampai saat ini keluar terus cak…

    Oh ya kalo mau pemeriksaan sekret urethra sama tes urin bilangnya apa ya ke lab nya? bilang cek GO sama klamidia? terus kalo metode bukan kultur bisa sehari beres ga cak biasanya?

    Sorry nih cak pertanyaannya kebanyakan.. maklum kalo udah urusan cucakrowo emang bikin panik

  342. 342 cakmoki Mei 15, 2011 pukul 1:10 pm

    @ aldo:
    Bilangnya begini:
    Maaf mbak, mau periksa sekret urethra dan sedimen urine… :D
    dalam beberapa jam dah ada hasilnya … kalo di ndeso sisni 2 jam udah kelar.
    Untuk kultur dan tes sensitiviatas ditunda dulu… nunggu hasil pemeriksaan di atas.
    Iyalah, kalo urusan cucak rowo tentu bikin panik… soanya ciucak rowo yg itu ga ada yg jual :D :D pissssss
    Makasih

  343. 343 aldo Mei 15, 2011 pukul 1:26 pm

    Makasih cak…

    oh ya cak, sekret urethra sama tes urine ini bisa deteksi bakteri klamidia juga?

  344. 344 cakmoki Mei 15, 2011 pukul 1:31 pm

    @ aldo:
    dapat diperkirakan dengan melihat bentuknya dan pengecatan Gram

  345. 345 aldo Mei 15, 2011 pukul 1:42 pm

    oke cak… makasih ya.. salam sejahtera

  346. 346 aldo Mei 17, 2011 pukul 12:43 am

    Tadi pagi cek sedimen urin dan sekret urethra

    Penyebab GO nihil, tapi hasil sekret nilai lekosit 0-1/lpi, terus ke dr Sp.KK. kata dokter Sp.KK harusnya (-) jadi di suspect klamidia. Dikasih obat mezatrin dosis tunggal 4 hari

  347. 347 cakmoki Mei 17, 2011 pukul 6:07 pm

    @ aldo:
    ok, kita dtunggu respon pengobatan 3-4 hari ke depan.
    Moga segera pulih kembali
    Makasih

  348. 348 aldo Mei 17, 2011 pukul 6:18 pm

    thanks atas advise nya cak ttg tes urine n sekret urethra… setidaknya gak bikin panik duluan.. hehehe

  349. 349 cakmoki Mei 17, 2011 pukul 6:38 pm

    @ aldo:
    iya … bener..dengan begitu aman dan damai.. hehehe
    makasih

  350. 350 Rab Mei 20, 2011 pukul 12:59 pm

    salam kenal Bp. Cakmoki,, sebelumnya mohon maaf krn menggunakan bahasa jawa,
    langsung mawon, kulo 2 minggu winggi keno sifilis stadium I, alhamdulillah akhir2 niki sampun nunjukaken perkembangan engkang luweh leres, mugo2 mawon sebab kulo mundut obat sejenis Cac1, butylosar, lan dycepcin lan obat kekebalan lain (kulo mboten sumerep naminipun) sakeng dokter…nangeng akhir2 niki kulo ngadahi gejala2 aneh sak sekitaripun ”cucak” kulo,,sampun tiga dinten samben isok2 tangi turu wonten cairan kuning,kental nangeng namun sekedek buanget, kadang mboten ketinggal, baru ketingalan pas ”cucak” kulo,,,kulo urut(plirit spt onani),,mboten wonten rasa nyeri saat pipis, tp wonten pembengkakan agak gatel diujung ”cucak”..lan kulo dereng mlakukan ”ah ih oh” semenjak ningali gejala sifilis kulo,,
    Maaf sebelumnya jk memang kurang paham bahasa jawa saya, hanya yang mau saya tanyakan apakah itu adlah benar penyakit gonore padahal kata dokter obat2 yg dikonsumsikan pd sy itu sebanding lurus dng obat dan kekebalan u pengobatan sifilis dan gonore,,?? Saya benar tidak ada rasa nyeri saat pi2s, ?? Matur swun sak derengipun…salam

  351. 351 cakmoki Mei 21, 2011 pukul 3:29 pm

    @ Rab:
    salam kenal,
    Kagem minastekaken jenis penyebab ingkang njalari cucak ngedalaken iler kuning naliko dipun plirit, monggo diaturi perikso sekret urethtra, utawi kultur kuman (biakan kuman)… saking hasil pemeriksaan bakalan ngertos menopo penyebab-ipun.. saklajengipun diobati ngantos saras babar blass :)
    Mugi enggal saras
    Maturnuwun

  352. 352 G18c Mei 30, 2011 pukul 9:41 pm

    Salam kenal cak, saya mau bertanya soal GO
    Apakah barang2 pribadi (celana dalam, handuk, alat2 makan, dll) orang yg terkena GO boleh dipakai kembali olehnya? (setelah dicuci bersih tentunya)

    Apakah bisa menular ke orang lain? (handuk, selimut, alat2 makan, closet/wastafel yg umumnya dipakai bersama)

    Apakah gatal2 dibagian tubuh lain (tangan, kaki) disebabkan oleh GO pada orang yg sedang terkena GO?

    Makasih cak, tolong share infonya..


  1. 1 Bahasa Tarsan « cakmoki Blog Lacak balik pada Januari 11, 2008 pukul 1:14 am
  2. 2 Kumpulan Artikel Penyakit Kulit | forum.catatanku.in Lacak balik pada Februari 1, 2011 pukul 11:11 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,941,503 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: