Linu TIDAK identik dengan asam urat

Ketika seseorang merasakan nyeri, ngilu, kram, kaku, atau pegal-pegal di tubuhnya atau sebagian badan nya, hampir selalu dikaitkan dengan asam urat.
Para tetangga mengatakan Asam Urat. Jadi dokter dadakan nih … padahal ngga tau asam urat itu jajan model apa …

Asam Urat merupakan terjemahan dari Uric acid, dibentuk dari purin yang asal nya dari protein … dan apabila kadar asam urat dalam darah tinggi (melebihi batas normal) berpotensi terbentuknya kristal batu di saluran kemih … nah loh, ngga ada kaitannya dengan URAT kan, ya itulah gara-gara salah menafsirkan terjemahan atau bisa pula korban dari iklan.
Setiap manusia memiliki uric acid atau asam Urat di dalam tubuhnya.
Kadar normal asam Urat di dalam tubuh manusia 3-6 mg% bagi wanita dan 3-7mg % bagi pria.

Untuk mengetahui kadar asam urat harus periksa laboratorium. Apabila kadar asam urat meningkat di atas normal, obatnya BUKAN JAMU.
Tetapi dengan obat penurun kadar asam urat (allopurinol) yang terukur dosis dan lamanya minum obat, sambil dilakukan follow up.

Sedangkan penyakit Radang Sendi yang diikuti dengan kenaikan kadar asam urat, namanya Gouty Arthritis. Obatnya bukan jamu. Penyakit ini jarang, hanya sekitar 6 % dari semua kasus Rematik yang ratusan jenis.

Jadi nyeri sendi, linu, pegal-pegal, kram dan lainnya TIDAK SAMA dengan ASAM URAT

Iklan yang menyesatkan
Balai POM sudah melarang peredaran Jamu Asam Urat yang ternyata mengandung bahan kimia obat, tetapi masih juga dilanggar, mengapa ?
Karena bisnis yang berkaitan dengan kesehatan itu menguntungkan.
Yang namanya menguntungkan, tidak peduli merugikan orang banyak, yang penting untung.

Penjual dan pembeli tidak tau isi dan kandungan barang yang dijual, hanya untung…untung dan untung.
Pengetahuan tentang obat tidak cukup dengan membaca brosur di kemasan obat, perlu ilmu kompleks karena terkait keselamatan manusia.
Ada yang bilang setelah minum jamu linu enak. Malahan ada juga yang minum setiap hari sampai berbulan-bulan.
Lho apa ukurannya enak?
Alkohol juga enak, Narkoba enak, kok dilarang ?
Karena keselamatan saudara …

Perut manusia BUKAN kotak obat untuk coba-coba … jadi minum obat harus dilandasi ilmu dan pertimbangan manfaatnya …

Lihat public warning obat tradisional yang dilarang karena mengandung bahan kimia obat.

About these ads

167 Responses to “Linu TIDAK identik dengan asam urat”


  1. 1 helgeduelbek Januari 11, 2007 pukul 7:48 am

    Maaf agak mlenceng, saya ingin tahu saja sebab nyari di inet belum ketemu juga. Yang dimaksud bahan kimia obat itu yang mana yah? bukankah setiap obat juga mengandung bko itu? terimakasih.

  2. 2 cakmoki Januari 11, 2007 pukul 2:14 pm

    @ helgeduelbek
    Tidak melenceng koq.
    Untuk kasus di atas, yang dimaksud dan diijinkan sebagai jamu adalah ramuan yang terdiri dari tumbuhan dan bagian-bagiannya menurut standarisasi Badan POM (pengawas obat dan makanan). Tentu bahan-bahan tersebut mengandung berbagai unsur kimiawi.
    Sedangkan bahan kimia obat adalah bahan berikatan kimia yang sudah terstandarisasi menurut Daftar Obat Esensial Nasional (DOEN)dan WHO (organisasi kesehatan dunia), misalnya: antalgin, parasetamol, asam mefenamat, natrium diklofenat, piroksikam, prednison dll.
    Intinya, bko suatu ikatan kimia tertentu dengan manfaat, efek samping, penyerapan, ekskresi (pembuangan), dosis, cara pemberian tertentu pula.
    WHO dan Badan POM sebenarnya memberikan kesempatan pengembangan herbal untuk kemanfaatan bagi umat manusia.
    Sayangnya, jamu yang tadinya berbahan alami (awal ijin dan awal produk), diisi dengan antalgin dll, kadang dicampur obat sejenis dengan masa pemberian yang lama. Motifnya tak lain uang, memanfaatkan ketidak mengertian konsumen.
    Efek samping tentu ada walau jangka panjang, seperti yang ditayangkan di TV beberapa bulan lalu (beberapa orang sampel, wajahnya bengkak karena gangguan ginjal, akibat minum jamu bko yang dilarang).
    Sayangnya lagi, kasus serupa ibarat mati satu tumbuh seribu, dan YLKI sebagai lembaga perlindungan konsumen sepertinya kalah gesit.
    Maaf terlalu panjang, … tapi rasanya perlu sebagai media diskusi.
    Apalagi bapak kan ahli kimia …bisa berbagi :)

  3. 3 Qee April 4, 2007 pukul 11:51 am

    Seorang murid Qee dulu tahun 2005 sering merasa ngilu di kakinya (keduanya). anak perempuan ini dikatakan dokter terkena reumatik. Eh pas dia pulang ke medan tahun 2006 ko ya didiagnosis kanker tulang, akhirnya amputasi keduanya. Duuhhh ga kebayang. Ko bisa terlambat gitu ya pak antisipasinya?

  4. 4 cakmoki April 4, 2007 pukul 5:10 pm

    @ Qee,
    Wah saya ikut prihatin.
    Guru ya ?
    Ada perbedaan antara rematik dengan kanker tulang. Untuk singkatnya, jika ada benjolan di bagian atau sekitar yang sakit dan mempengaruhi gerakan, sebaiknya di rontgen. Kalo diketahui sejak dini, biasanya dilakukan pembedahan dan terapi sinar, tidak sampai amputasi. Kalau sudah menyebar terpaksa amputasi untuk menyelamatkan jiwa.

  5. 5 mei Juni 7, 2007 pukul 2:58 pm

    ada teman yang mengeluhkan nyeri di leher bagian belakang, merambat sampai ke tulang di tengah2 bahu. sudah ke dokter dan di beri obat arthrilox dan neurobion. dokter bilang itu asam urat, tapi waktu dia ngasih tau aku..aku khok gak yakin itu asam urat ya cak, pertama karena biasanya kalau asam urat yang di serang persendian khan…

    trus sekarang setelah 3 hari, blom juga dia merasa baikan, mungkinkah itu nervus yang kejepit cak??

  6. 6 cakmoki Juni 8, 2007 pukul 12:55 am

    @ Mei,
    ok, nyeri urat tidak identik dengan asam urat seperti anggapan orang.
    Kelebihan kadar asam urat dalam darah (Hiperuresemia) harus dibuktikan dengan pemeriksaan kadar asam urat, nilai normalnya seprti di atas.
    Obat di atas adalah obat pereda yeri dan vitamin B1, B2, B12, bukan obat untuk menurunkan kadar asam urat.
    Asam urat yg tertimbun dalam sendi disebut Gouty Arthritis, salah satu dari jenis rematik.

    Keluhan di atas kemungkinan: kaku otot atau ketegangan pada otot. Saraf kecepit kayaknya enggak. Selebihnya sesuai email, hehehe

  7. 7 m. ruhiyawan Oktober 25, 2007 pukul 7:56 pm

    mau tanya dong….
    hampir setiap malam saya susah tidur karena pinggang rasanya sakit sekali (kaku), memang saya pernah tes darah komplit di lab dan hasilnya kadar asam urat saya 9,2 dan dari hasil tes tersebut untuk ureum dan kreatinin saya normal, begitu juga hasil rontgen untuk ginjal bagus.
    yang saya tanyakan, apakah sakit pinggang saya itu penyebabnya asam urat tadi atau ada faktor lain mengingat rasa sakit yang saya rasa hanya disekitar pinggang bukan dipersendian…
    makasih cak…..

  8. 8 cakmoki Oktober 25, 2007 pukul 11:19 pm

    @ m. ruhiyawan,
    faktor lain Pak :)
    kalaupun di persendian tidak serta merta berhubungan dengan asam urat, karena urat dengan asam urat gak ada hubungannya. oke? :)

    Moga segera sembuh ya

    » ke atas

  9. 9 riri Januari 14, 2008 pukul 11:16 am

    dok..pemeriksaan darah saya tadinya kolesterol tinggi sampe hampir 280 , asam urat 6.2 …abis itu saya dikasih obat selain itu saya juga banyak makan alpukat..tahunya emang LDL saya turun sampe 210 , tapi asam urat saya naek jadi 6.8

    saya baca utk nurunin harus banyak minum, makan nasi..kalo buah harus makan sirsak. karena buah sirsak suka susah dicari..apa cukup dgn banyak minum dan memperbanyak karbohidrat utk nurunin asam urat

  10. 10 cakmoki Januari 15, 2008 pukul 12:01 am

    @ riri:
    Berarti kadar asam uratnya gak begitu tinggi, hanya naik sedikit. Kalo mau diturunkan, selain banyak minum, sebaiknya pakai yang jelas aja deh, yakni: Allopurinol 100 mg diminum 1×1 sehari selama 2 minggu, lantas setelah itu diperiksa ulang, jika masih di atas 6 mg% obat dilanjutkan dengan dosisi yg sama hingga 1 bulan.

  11. 11 michael Juni 30, 2008 pukul 11:31 am

    cakmoki ….
    mau tanya dong.
    saya 32 thn laki2
    asam urat saya 5,8.
    otot di paha saya suka khyak kaku , pegel2 nyeri juga.
    tapi diujung2 sendi gak ada rasa seperti ditusuk2 ( khayak penderita asam urat ). memang dulu kaki kanan yang sempat pegel2 dan sakit. selang 2 bln kemudian kaki kiri. wah … kalo lagi mo buang aer besar ( posisi duduk ) kalo nge-den otot paha dan pantat rasanya ketarik gitu.
    Duhh saya ini kena asam urat ? ato apa ya ?
    makasi banyakkkk ya cak.
    tolong di kasi saran dong

  12. 12 cakmoki Juli 1, 2008 pukul 12:00 am

    @ michael:
    hehehe, siapa yang bilang bahwa tanda-tanda tersebut adalah penyakit asam urat? itu kan kata iklan, … maaf, saya harus meluruskan pengertian yang salah semacam ini.
    Tuh kan, kadar asam uratnya normal.
    asam urat terjemahandari uric acid, so walaupun diterjemahkan asam urat, tidak ada kaitan sedikitpun dengan urat or otot.

    Nyeri urat dinamakan myalgia dan kalu melibatkan jaringan ikat disekitarnya disebut fibromialgia, yakni keluhan nyeri, pegal, sakit, kaku, rasa tertarik dll…pada urat kita.
    Silahkan periksa ke poliklinik rehabilitasi medis di RSUD setempat atau dokter spesialis Rehab Medik, nanti akan diperiksa dan kemungkinan akan diberi obat pereda nyeri atau fisioterapi.

    Trims

  13. 13 mariana silvania Juli 31, 2008 pukul 11:10 am

    dok, tanya dong.. lutut ku sebelah kanan suka ngilu dan klo di gerakkan suka ada bunyi nya,.. kadang hilang timbul ngilunya..itu kenapa ya? .

  14. 14 cakmoki Juli 31, 2008 pukul 2:46 pm

    @ mariana silvania:
    lutut ku sebelah kanan suka ngilu dan klo di gerakkan suka ada bunyi nya…
    itu salah satu jenis Arthritis atau kemungkinan spasme (kekakuan) pada jaringan ikat yang melingkari tulang lutut sehingga bunyi saat digerakkan atau saat awal berjalan.
    Kalo nyerinya mengganggu dapat digunakan pereda nyeri, misalnya golongan natrium diklofenat 50 mg (klotaren, voltaren, voltadex dll), diminum 3×1 sesudah makan saat nyri aja…

  15. 15 tiko Agustus 29, 2008 pukul 9:35 am

    cak numpang nanya…
    ibuku dah sekitar 2 tahun an ini mengkonsumsi obat cina (dapat info dari temannya klo bisa nyembuhin asam urat), aku ga ngerti kandungannya apa, karena obatnya bentuk kapsul… setelah berapa lama mengkonsumsi obat tsb , badan beliau tambah besar, bengkak gitu lho cak terutama dibagian perut.. tiap kali obat dihentikan rasa nyeri/ linu langsung kambuh lagi. mungkin dah ketagihan ya cak?? bengkak tubuh akibat obat itu apa bisa disembuhkan cak?? gimn solusinya cak?? mahal ga cak tes asam urat?? asam urat bisa disembuhkan cak?
    maaf cak banyak nanya..
    suwun..

  16. 16 cakmoki Agustus 29, 2008 pukul 5:15 pm

    @ tiko:
    Biasanya dalam obat-obat tersebut mengandung steroid yang mengakibatkan retensi natrium dan cairan dalam tubuh sehingga tubuh menjadi bengkak (kaki, badan, dan wajah)
    Hal semacam ini udah pernah ditayangkan di TV dan obat-obat tersebut (ada sekitar 178 jenis) udah dilarang leh BPOM, karena mengandung bahan kimia obat dengan komposisi dan dosis yang gak terkontrol. Selain itu menyebabkan ketagihan.
    Perlu diketahui bahwa nyeri, linu, pegal bukan berarti asam urat. Coba di test aja, biaya test untuk mengetahui kadar asam urat cuma 15.000-20.000 ribu rupiah.
    Lagipula jika asam uratnya tinggi, misalnya hingga 10 mg%, dapat diturunkan menjadi normal hanya dalam tempo gak lebih sebulan…

    Untuk itu, sebaiknya segera hentikan pemakaian obat tersebut. kalo enggak, akan bengkak terus dan berefek pada pengerposan tulang, ganggual fungsi ginjal dll…
    Untuk menanggulangi bengkaknya, dapat digunakan Furosemid 1×1 diminum pagi setelah sarapan (ntar kencingnya akan banyak, untuk ngeluarkan cairan yg bikin bengkak). Selain itu perlu obat pendamping yakni Aspar K agar tidak terjadi kekurangan Kalium.
    So, Furosemid diminum bareng dengan Aspar K, sedikitnya selama 1-2 minggu hingga bengkaknya berkurang.
    Adapun untuk menanggulangi nyeri sebaiknya periksa ke dokter agar mendapatkan obat yang aman.
    Thanks

  17. 17 mame_semarang Oktober 9, 2008 pukul 12:47 pm

    saya juga mau tanya nih,

    bapak saya umur 56 tahun, sebulan ini mengeluh nyeri pada kaki kanannya(pangkal paha kebawah), dan juga badan terasa lemas…
    kira-kira apa ya penyakitnya, karena hasil lab-nya bagus semua (tidak ada yang ekstrim)
    tk

  18. 18 cakmoki Oktober 10, 2008 pukul 1:06 am

    @ mame_semarang:
    Jika nyeri sendi, namanya arthralgia, jika nyeri otot disebut myalgia dan jika nyeri otot serta jaringan ikat disebut fibromyalgia.
    Jika sumber nyeri di pangkal paha bagian belakang (bokong bagian bawah) trus menjalar ke bawah adalah ischialgia.
    Obat yang lazim digunakan adalah pereda nyeri (misalnya: voltaren, klotaren, dll) dan vitamin neurotropik *untuk ngobati lemasnya* (misalnya: neurobion, nervitone, dll).
    Thanks

  19. 19 wita Oktober 28, 2008 pukul 10:18 am

    kalo hati saya yang nyeri obatnya apa ya cak?
    cak moki, ada pain killer buat fracture hepatica ga?

  20. 20 doddy November 9, 2008 pukul 12:42 pm

    cak moki mo tanya nih, aku dah sebulan lebih menderita nyeri paha kiri dari pantat bawah sampai belakang lutut. kalo bersin atau yang mendadak sifatnya, rasanya otot kaya ikut ketarik gitu, rasanya nyeri banget, saya udah cek asam urat tapi kadarnya normal 6mg%. saraf kecepit jg bukan, kira kira apa yang terjadi dengan diri saya ya cak? mohon saran
    terimakasih. oh ya kalo periksa ke dokter spesialis apa ya?

  21. 21 cakmoki November 9, 2008 pukul 11:04 pm

    @ doddy
    menilik lokasinya, kemungkinan ischialgia.
    Silahkan periksa ke dokter spesialis Rehab Medik (SpRM) atau dokter spesialis Neurologi untuk mendapatkan obat yang tepat.
    Trims

  22. 22 Dicky Desember 1, 2008 pukul 4:16 pm

    Cak, sudah 3 hari ini punggung saya nyeri sekali.
    Awalnya sih cuma pegel-pegel di leher dan bahu, kemudian suatu malam saat tidur “kipas angin” mengarah ke arah saya semalaman, Subuhnya saya menggigil dan muncullah nyeri di tulang leher, punggung dan ekor (semakin nyeri kalau sedang duduk, apalagi waktu nyetir mobil).

    Untuk menghilangkan nyeri, hari pertama saya pijat reflexy & full body, ternyata tidak ada manfaatnya. Nyerinya tetap parah.
    Sejak 2 hari lalu saya minum obat Neo Rheumacyl Neuro, tapi setiap obat efeknya hanya menghilangkan nyeri sekitar 5 s/d 8 jam saja, setelah itu nyerinya muncul lagi. Total sudah 6 obat saya minum.

    Bagaimana nih cak, supaya saya tidak tergantung sama obat, tetapi supaya saya sembuh seperti biasanya (tidak sakit punggung).
    Harus berobat kemana? Kalau ada tolong rekomendasi dokter di Banjarmasin yang bisa saya kunjungi untuk berobat.

    Suwun Cak….

  23. 23 Dicky Desember 1, 2008 pukul 4:29 pm

    O ya Cak, umur saya 33 tahun, berat badan 56 kg. Saya Akuntan, jadi kerjaannya duduk di kantor terus. Perjalanan dari rumah ke kantor saya pake kijang (2006) kurang lebih 45 menit, bisa 1 jam sih kadang.
    Menurut Cak Moki, kenapa punggung saya ini?
    Gimana supaya tidak mengalami nyeri?

  24. 24 cakmoki Desember 2, 2008 pukul 10:45 pm

    @ Dicky:
    Nyeri punggung tersebut bisa jadi berhubungan dengan aktifitas sehari-hari dalam jangka panjang. Mungkin myalgia dengan berbagai sebab yang belum kita ketahui secara pasti.

    Untuk memastikan penyebab nyeri tersebut sebaiknya periksa ke dokter spesialis neurologi atau bisa juga ke dokter spesialis rehab medik.
    Jika belum sempat ke dokter, sementara dapat menggunakan obat pereda nyeri, misalnya Natriun Diklofenat 50 mg (voltaren, klotaren) diminum 3×1 sesudah makan selama 3 hari.
    Selanjutnya periksa ke dokter seperti di atas.

    Moga segera sehat kembali.
    Trims

  25. 25 jamal Desember 16, 2008 pukul 2:54 pm

    ass….maaf cak, langsung aja…..
    beberapa bulan lalu saya memeriksakan diri kedokter karena keluhan dada suka sesak dan ternyata setelah diperiksa saya bronithis .
    tapi setelah berobat beberapa bulan terasa mendingan hanya saja sekarang saya berhenti karena saya merasa sembuh asal jangan terkena dingin….nah, klo pada suhu dingin atau angin2 an rasa itu terasa lagi. dan menjadi kebiasaan saya selalu batuk kayak orang berdehem-dehem gt,saya juga orang yang gak bisa minum air biasa cak, kapanpun selalu harus minum air dingin….pengaruh gak ya? dan mengenai bronithis saya itu bagaimana ya cak?
    menular gak sama orang lain terutama isteri saya karena sebentar lagi alhamdulillah saya akan menikah…..?
    terimakasih ya cak, maaf tulisannya terlalu panjang lebar!

  26. 26 cakmoki Desember 17, 2008 pukul 1:54 am

    @ Jamal:
    Wa’alaikum salam,
    Menilik kronolgisnya, nampaknya bronkitis yang dialami selama ini karena faktor alergi, terutama dingin (cuaca, angin, air, hujan, dll). Jadi dapat dimengerti kalo bronkitis kambuh setelah minum dingin.
    Bronkitis yg dipicu oleh alergi gak menular.
    Gak papa, gak bahaya…hanya saja akan kambuh kalo kena dingin (cuaca, angin, air, hujan, dll) atau kelelahan.
    Trims

  27. 27 ICUS Januari 7, 2009 pukul 3:19 pm

    Cak….

    Saya belakangan ini saya sering mengalami nyeri2 di kaki sebelah kiri spesifiknya di telapak kaki dan sendi2 di jari2 kaki dan lutut….

    Saat ini saya sedang mengkonsumsi obat hipertensi Acetensa 25 mg dan Normoten 5 mg.
    Dan juga saya masih berobat jalan ke dr syaraf karena terkena Bels palsy sebelah kanan.
    Tapi sekarang sudah hampir 80% sembuh (Diagnosis dokter syarafnya) Dan dikasih obat ikaneuron 5000, neurosanbe 5000 dan Q ten 100 mg.

    Apakah ada efek dari obat2an di atas yang membuat saya sering linu2 tadi ya Cak…

    Sekitar 3 minggu yang lalu udah cek asam urat di lab 6,5….

    Mohon masukannya Cak….

  28. 28 cakmoki Januari 8, 2009 pukul 12:07 am

    @ ICUS:
    Linu sendi dan jari serta lutut bukan karena obat di atas. Dan ga ada hubungannya dengan kadar asam urat.
    Untuk menanggulanginya, dapat diganakan obat pereda nyeri, misalnya: Natrium Diklofenat 50 mg (Voltaren, Klotaren, Divoltar, dll), diminum 3×1 sesudah makan, saat nyeri aja.
    Trims

  29. 29 Mimi Februari 13, 2009 pukul 12:21 am

    Salam kenal cak.tulisanx bgus,informatif bgt

  30. 30 cakmoki Februari 13, 2009 pukul 4:17 am

    @ Mimi:
    Salam kenal … terimakasih kunjungannya.

  31. 31 Bramantyo Aji Februari 18, 2009 pukul 4:31 pm

    ass.wr.wb
    sakam kenal cakmoki….
    umur saya 26,berat saya 100 kg,tinggi saya 170
    saya oadah positif asam urat kata prodi 7.3 dan kolesterol lumayan tinggi….
    keluhan saya di daerah mata kaki saya bengkak…
    udah kurang lebih 2 minggu belum sembuh pengobatan sudah yaitu purinol 300mg,1×1 ….
    yang jadi pertanyaan saya,saya takut besok saya mau di tes ginjal apakah fungsi liver juga mempengaruhi asam urat juga?
    terimakasih mohon saran untuk makanan yang boleh dikosumsi penderita asam urat …
    wassalam

  32. 32 cakmoki Februari 18, 2009 pukul 10:33 pm

    @ Bramantyo Aji:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    7,3 mg% emang naik dikit dari batas normal (3-7 mg%).
    Mata kaki bengkak mungkin emang Gouty arthritis, tapi bisa juga Reumathoic arthritis.
    Walaupun dikasih allopurinol hingga asam urat normal tapi kalo rematiknya gak diobati ya gak akan sembuh.

    Fungsi Liver gak mempengaruhi asam urat.
    Makanan yang dihindari adalah makanan yg mengandung purin tinggi, misalnya: jeroan, hati, sarden, kaldu, udang, kepiting, seafood, kacang tanah…wiiih banyak..dll

    Sebenernya yang lebih penting adalah menurunkan berat badan secara bertahap dengan pola makan seimbang dan olah raga yg bersifat aerobic secara teratur.

    Trims … Wass

  33. 33 dave Maret 7, 2009 pukul 8:59 am

    ass.Wr.wb

    dok mw tanya,,,saya sring sekali merasakan ngilu di tulang kering kaki,,,,
    itu biasanya timbul ketika saya bermain bola..
    penyebabnya apa dok?
    klo diperiksa di dokter biaya nya mahal gak?(tes asam urat)
    obat nya apa dok?
    Thanks

  34. 34 cakmoki Maret 8, 2009 pukul 12:25 pm

    @ dave:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    penyebabnya bisa jadi karena kontraksi otot yg dominan pada daerah betis (main bola) dan mobilisasi sendi berlebihan saat bermain bola.
    Kalo setelah beberapa hari rasa nyeri tersebut hilang dg sendirinya, gak papa… hal intu normal aja.

    Biaya dokter setiap kota gak sama, kalo dokter umum berkisar 25-50 ribu dan dokter spesialis rehab medik sekitar 100 ribu.
    Untuk tes kadar asam urat sekitar 15-20 ribu. Untuk apa tes asam urat?

    Jika nyeri hilang dlm beberapa hari, gak perlu obat. Yg diperlukan adalah pemanasan sebelum main bola dan relaksasi dengan menyelojorkan kaki (meluruskan kaki) setelah main bola.
    So, nyeri pasca olah raga sebaiknya tidak mengunakan obat.
    Trims

  35. 35 Humaira Maret 10, 2009 pukul 4:15 pm

    begini,ibu saya sering merasakan linu pada tulang keringnya,sakit apa yang diderita oleh ibu saya dan apa obatnya.Apabila sudah menemukan jawabannya tolong kirim ke e-mail saya di:humaira.balfast@yahoo.co.id.Terimakasih,mohon agar dibalas secepatnya.

  36. 36 cakmoki Maret 11, 2009 pukul 5:28 pm

    @ Humaira:
    Mungkin salah satu jenis dari Rematik yang jenisnya lebih 200 jenis. Sebaiknya periksa ke dokter terdekat.
    Trims

  37. 37 merry Maret 11, 2009 pukul 8:02 pm

    ass.wr.wb Cak sudah satu bulan ini saya merasakan jari tangan kanan khususnya tengah dan jari manis kaku dan nyeri. Sebelumnya ujung jari tangan kanan semutan kira2 hampir 2 bulan. Hasil lab memang asam urat 6.7, kolesterol total 315, LDL 221, HDL 54 dan trigliserida 260. Bagaimana menghilangkan rasa nyeri tersebut. Saya sudah minum obat penurun kolesterol, asam urat tapi belum tuntas sakitnya. trimakasih. Wass.Wr.Wb

  38. 38 cakmoki Maret 11, 2009 pukul 10:48 pm

    @ merry:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Kadar asam urat masih normal (naik cuman 0,2 gapapa), dan nyeri tersebut gak berhubungan dengan kadar asam urat seperti anggapan banyak orang.
    Untuk menanggulangi nyeri dapat menggunakan obat golongan Non Steroid Anti Inflamasi (NSAI), misalnya Natrium Diklofenat 50 mg (contoh naman dagang: Voltaren 50 mg, Klotaren 50 mg, dll), diminum 3×1 sesudah makan.
    Trims … Wass, wr, wb.

  39. 39 icus Maret 12, 2009 pukul 3:38 pm

    Cak ternyata diagnosa dokternya katanya terkena ischialgia. Apa ya itu cak????

  40. 40 cakmoki Maret 12, 2009 pukul 6:12 pm

    @ icus:
    ischialgia adalah nyeri otot dari daerah belakang pantat yg menjalar ke bawah.
    Gak bahaya… tapi tentu menggangu dan adakalanya agak lama sembuhnya.
    Obat yg digunakan biasanya sama dengan yg saya tulis di atas, atau sejenisnya dan kadang ditambah neurotropik (vitamin B1, B6, 12 dosis tingi).
    Trims

  41. 41 fred April 3, 2009 pukul 3:25 pm

    Cak,

    Kalo saya mencoba ciropraktik gimana dok?

    Soalnya hasil rontgen saya, kalau tulang saya mengalami kemiringan sekitar 20 derajat.

    Dok,
    Saya laki2 usia 36 tahun.
    Bulan Desember tahun lalu saya cek darah dan hasilnya adalah:

    Glukosa sewaktu 76
    Kolesterol Total 120
    HDL 26
    LDL 64
    Trigliserida 150
    Gamma GT 39
    SGOT 14
    SGPT 14
    Ureum 17
    Kreatinin 0.9
    Asam Urat 6.8
    Natrium Darah 146
    Kalium Darah 4.4
    Klorida Darah 106

    Saya sekitar bulan Agustus 2008 terkena Bels Palsy dan saat itu saya juga terkena Hypertensi. Dan saya minta untuk dirawat karena tensi saya mencapai 150/100

    Dan sejak saat itu saya diharuskan minum obat Normoten 5 mg dan Acetenza 50 mg

    Dan sekarang tensi saya sudah turun menjadi 180/78 dan karena itu oleh dokter internis saya obat Acetenzanya dikurangi menjadi 12,5 mg karena saya pernah drop tensinya di 90/60 kalau pagi hari.

    Dan untuk masukan dokter saat ini saya sudah tidak lagi mengkonsumsi daging merah, jeroan, udang, kepiting, cumi dan kerang.
    Saat ini saya hanya mengkonsumsi Ikan, Sayur, Buah2an dan sesekali ayam.

    Dan saya juga sudah menurunkan berat badan saya dari 88 kg ke 77 kg.

    Yang ingin saya tanyakan apakah obat hypertensi saya harus diminum seumur hidup Dok?
    Trus unruk menaikkan HDL gimana ya Dok?

    Terima kasih atas masukannya Dok.

  42. 42 icus April 3, 2009 pukul 3:25 pm

    Cak,

    Kalo saya mencoba ciropraktik gimana dok?

    Soalnya hasil rontgen saya, kalau tulang saya mengalami kemiringan sekitar 20 derajat.

  43. 43 fred April 3, 2009 pukul 3:26 pm

    Dok,
    Saya laki2 usia 36 tahun.
    Bulan Desember tahun lalu saya cek darah dan hasilnya adalah:

    Glukosa sewaktu 76
    Kolesterol Total 120
    HDL 26
    LDL 64
    Trigliserida 150
    Gamma GT 39
    SGOT 14
    SGPT 14
    Ureum 17
    Kreatinin 0.9
    Asam Urat 6.8
    Natrium Darah 146
    Kalium Darah 4.4
    Klorida Darah 106

    Saya sekitar bulan Agustus 2008 terkena Bels Palsy dan saat itu saya juga terkena Hypertensi. Dan saya minta untuk dirawat karena tensi saya mencapai 150/100

    Dan sejak saat itu saya diharuskan minum obat Normoten 5 mg dan Acetenza 50 mg

    Dan sekarang tensi saya sudah turun menjadi 180/78 dan karena itu oleh dokter internis saya obat Acetenzanya dikurangi menjadi 12,5 mg karena saya pernah drop tensinya di 90/60 kalau pagi hari.

    Dan untuk masukan dokter saat ini saya sudah tidak lagi mengkonsumsi daging merah, jeroan, udang, kepiting, cumi dan kerang.
    Saat ini saya hanya mengkonsumsi Ikan, Sayur, Buah2an dan sesekali ayam.

    Dan saya juga sudah menurunkan berat badan saya dari 88 kg ke 77 kg.

    Yang ingin saya tanyakan apakah obat hypertensi saya harus diminum seumur hidup Dok?
    Trus unruk menaikkan HDL gimana ya Dok?

    Terima kasih atas masukannya Dok.

  44. 44 cakmoki April 3, 2009 pukul 10:44 pm

    @ fred, icus:
    Tentang ciro, saya gak bisa memberikan komentar.
    Menurut saya sebaiknya konsul ke dokter spesialis rehab medik untuk menjalani fisioterapi berkala.

    Sedangkan komponen kolesterol (kolesterol total, LDL dan HDL) boleh dikatakan masih dalam angka normal walaupun HDL relatif rendah. Gak ada tips khusus untuk menaikkan HDL mengingat ketiga komponen kolestrol tersebut berada dalam range keseimbangan. Artinya, jika kolestrol total dan LDL dapat diturunkan maka lambat laun HDL akan naik. Dan HDL sudah dianggap bagus jika mencapai 25% dari kolesterol total.

    Pada dasarnya, antihipertensi diminum seumur hidup, namun nanti dokter akan menilai melalui follow up hasil pengobatan dan menurunkan dosisnya secara berkala. Jika dalam kurun waktu 2-4minggu tensi bisa normal dengan dosis pemeliharaan, bisa jadi dokter akan mencoba tanpa obat antihipertensi dan mengadakan follow up 2-4 minggu kemudian.
    Keputusan akhir perlu tidaknya melanjutkan obat antihipertensi akan ditentukan oleh dokter yang merawat.

    Thanks :)

  45. 45 wandi Mei 1, 2009 pukul 2:18 pm

    cak mau nanya neh…kalo asam urat kan sakit tuch trus didaerah yg terkena bengkak dan panas kalo di rendam pake air dingin or air es kenapa-napa ga yah tq

  46. 46 cakmoki Mei 1, 2009 pukul 6:39 pm

    @ wandi:
    Maksudnya Gouty Arthritis ?
    Soalnya, bengkak dan nyeri sendi sebagian besar karena Rematik (rheumatoic arthritis), kecuali dapat dibuktikan ada penumpukan asam urat di dalam sinovial sendi. Sedangkan Gouty Arthritis hanya sekitar 6% dari seluruh radang sendi.
    Keduanya gak boleh dikompres pake air dingin, tambah bengkak. Yang benar kompres pake air hangat… :)
    Trims

  47. 47 Fitra Mei 9, 2009 pukul 6:38 am

    makasih pak cakmoki atas ulasannya sy jd agak tenang,soalnya dr td subuh gak bs tdr lg gara2 pas bgn jari manis kanan sy rada kaku klu ditekuk.mgkn gak y hal ini krn sy selalu aktif pake rem tangan dan jari siaga di rem (krn istri lg hamil) trus klu mlm sy pk kipas angin yg mengarah ke badan.waduh,tktnya kena bells palsy nih.kira2 penyakitnya sm spt yg dijelaskan diatas atau gmana y cak?natrium diklofenat dan natrium diklofenak sama aja gak cak?matur nuwun sblmnya

  48. 48 cakmoki Mei 9, 2009 pukul 11:27 pm

    @ Fitra:
    ya, bisa jadi kaku pada jari manis tersebut karena faktor mekanis (dipake untuk siaga rem tangan, dll). Keluhan tersebut biasanya reversible, artinya akan pulih jika ga ada lagi faktor prncetusnya.
    Kalo Bell’s palsy, khusus mengenai wajah di salah satu sisi, bukan di badan.
    Natrium diklofenat dan natrium diklofenak sama aja
    Maturnuwun

  49. 49 Erma Mei 25, 2009 pukul 1:12 pm

    Cak Moki, saya mau tanya lagi ya.

    Bagian belakang lutut kiri saya sakit, sehingga susah ditekuk. Untuk duduk sholat jadi gak sempurna (karena jadi menumpu di kaki kanan). Seingat saya, awalnya kedua kaki di bagian yang sama, merasa sakit seperti ini. Namun setelah diberi counterpain, yang kanan sembuh tapi yang kiri enggak. Karena nyeri nya muncul setelah saya treadmill, saya awalnya juga mengira ini kelelahan biasa. Tapi ya itu tadi, kok yang kanan sembuh, yang kiri tidak?

    Saya agak ngeri sendiri karena almarhum ibu dulu ada tumor payudara, dan diangkat sebelah. Namun beberapa tahun berikutnya, kaki nya melemah. Mulai dari lutut kebawah, lalu sebelah kaki, hingga akhirnya kedua kaki gak bisa digerakkan. Saya gak sempat nanya itu tumor payudaya atau kanker payudara, atau kanker tulang. Waktu itu masih terlalu kecil untuk diberitahu informasi medis orang tua, sepertinya.

    Saran Cak Moki, saya ke dokter umum dulu saja, atau langsung ke spesialis? Spesialis Rehab Medik ya?

    Maaf kepanjangan.
    Terima kasih.

  50. 50 cakmoki Mei 26, 2009 pukul 11:30 am

    @ Erma:
    Menurut saya berbeda dengan yg dialami almarhumah ibunda. Mungkin waktu itu udah ada metastase (penyebaran) ke tulang belakang dan syaraf yg mengontrol pergerakan kaki.

    Saran saya, ke dokter umum lebih dahulu, sapa tahu hanya gangguan otot dan jaringan ikat aja (fibromyalgia). Ntar dokter umum yg akan menentukan perlu tidaknya ke spesialis.
    Tapi tentu boleh kalo ingin langsung ke dokter spesialis Rehab Medik.
    Moga segera sembuh ya :) … Makasih

  51. 51 dhia Mei 27, 2009 pukul 5:46 pm

    saya mau tanya..
    ibu saya umur 43 th suka pegel linu dan sakit di lutut kiri, cek asam urat hasilnya 3,2.. sudah periksa ke dokter spesialis dalam dibilang rematik dikasih obat ostelox (maaf menyebutkan merk) yang isinya meloksikam, viopor M forte dan obat magh (omeperazol) (kebetulan ibu saya ada penyakit mag), awalnya nyerinya bisa reda tapi lama kelamaan nyerinya gak ilang2 walopun dikasih obat yang sama (kami beli obat sendiri yang generik dengan kandungan meloksikam krn obat paten mahal), ibu saya pergi lagi ke dokter spesialis dikasih obat yang sama tapi ada tambahan obat asam urat (allopurinol) nyerinya hilang tapi kambuh lagi kalo obatnya habis..oleh karena itu ibu saya pun selalu mengkonsumsi ke 4 obat tersebut (meloksikam, viopor M, alopurinol,omeperazol) setiap hari sampai sekarang sudah 2 bulan, yang saya tanyakan apakah bahaya minum obat tersebut terus menerus ? soalnya kalo tidak minum obat nyerinya kambuh lagi
    oya ibu saya juga mengknsumsi suplemen Ester-C hampir setiap hari, apakah ada pengaruhnya ester-C tersebut dengan kondisi yang dialami ibu saya ??
    Maaf kalo kepnjangan ya cak..
    Mohon sarannya..
    Trimakasih

  52. 52 cakmoki Mei 29, 2009 pukul 5:04 am

    @ dhia:
    Maaf, terlambat menjawab karena ada gangguan koneksi…

    Perlu sy ulang lagi bahwa pegal linu tidak sama dengan peningakatn kadar asam urat (hiperuresemia).
    Kadar asam urat ibunda: Normal.
    Sy sependapat dengan dokter pertama bahwa keluhan tersebut adalah tanda umum dari rematik yg jenisnya ada 150 jenis lebih.
    Pada umumnya keluhan di atas munul lagi (kambuh) terutama kalo dingin, misalnya bangun tidur atau malam hari.
    Karenanya, pemakaian obat rematikl sebagai pereda nyeri hanya digunakan saat linu aja, kalo gak linu gak usah diminum. Hal ini untuk mengurangi efek samping terutama iritasi pada lambung. Pemakaian jangka panjang obat rematik hendaknya atas saran dokter disertai minum dalam jumlah banyak agar memudahkan ekskresi metabolit (sisa metabolisme) obat tersebut.

    Allopurinol jelas-jelas gak ada gunanya, lha wong kadar asam urat normal dan ga ada hubungannya dengan keluhan pegal linu… :)

    Ester C atau vit C dosis tinggi lainnya justru dapat menimbulkan iritasi lambung.

    Sekali lagi, pemakaian obat rematik reamtik sebaiknya hanya saat pegal linu aja, sedangkan pemakain jangka panjang sebaiknya atas saran dokter.
    Jika dengan obat di atas masih sering kambuh, sebaiknya kontrol ke dokter internist (rematologi) dengan harapan diberikan obat lain yg sesuai untuk meredakan keluhan ibunda.
    Trims

  53. 53 Shinta Juni 1, 2009 pukul 5:59 pm

    Cakmoki tolong….

    tangan kiri saya sejak tadi pagi rasanya pegal, kaku dan sakit…nggak tau kenapa… :(

    Terima kasih cakmoki…. :)

  54. 54 cakmoki Juni 2, 2009 pukul 4:30 pm

    @ Shinta:
    Untuk meredakan rasa sakit dan kaku, sementara dapat menggunakan pereda nyeri. Misalnya Natrium Diklofenak 50 mg (merek dagang: voltaren, Klotaren, Divoltar, dll), diminum 3×1 sesudah makan.
    kalo dalam 3 hari masih sakit, pegal dan kaku, mau gak mau bersedekah ke dokter … :)
    Moga segera sembuh ya…

  55. 55 icus Juni 16, 2009 pukul 3:13 pm

    Cak,

    Saya hampir 3 bulan ini menderita penyakit di kedua belah kaki saya sering linu dan pegal2.

    Setelah di MRI ternyata saya didiagnosa ischialgia…
    Lalu saya di minta untuk fisioterepi: di sinar pake infra red, lalu di ulta sound, n di getar pake listrik atau apa namanya saya gak tau dok.
    juga di tumbal traksi sudah menjalani semuanya sekitar 3 minggu (3 kali seminggu)

    Kenapa akhir2 ini linu2 itu sering timbul ya dok, terutama kalo saya jalan terlalu lama dan harus berpergian jauh….?

    Untuk meredakan sakitnya saya tempel saja koyo hangat di kaki saya, soalnya saya gak berani untuk dipijat.

    Apa yang harus saya perbuat dok, soalnya sakitnya lama2 mengganggu aktivitas saya nih dok??

    terima kasih cak…

  56. 56 cakmoki Juni 17, 2009 pukul 10:10 pm

    @ icus:
    Tindakan selama ini udah tepat, yakni dengan fisioterapi (traksi, infra merah, vibrasi) tiga kali seminggu selama sekitar 12 kali dalam satu serial (4 minggu), bergantung pada hasil fisioterapi.
    Jika setelah 4 minggu masih nyeri, fisioterapi dilanjutkan dengan frekuensi yg lebih jarang.

    Adapun untuk meredakan sakit, dapat menggunakan pereda nyeri golongan Non Steroid Anti-inflamasi, misalnya: meloxicam 15 mg (merk dagang bebeas memilih), diminum 1×1 sesudah makan saat sakit saja. Dapat juga menggunakan Natrium Diklofenak 50 mg (misalnya: voltaren, klotaren, dll), diminum 3×1 sesudah makan, saat sakit saja.
    Moga segera sembuh … Trims

  57. 57 Indra Juni 29, 2009 pukul 11:33 pm

    Cak Moki,

    mo tanya, baru kemaren saya didiagnose asam urat oleh dokter, saya sudah dikasih dua macam obat (1). Purinol 100mg dan (2) Cholcicine 0.5 mg

    apakah ada side effect dari purinol dan cholcicine, berapa sebaiknya dosis yg tepat untuk tubuh. untuk second opinion.

    Salam,

    Indra

  58. 58 Uswatun Hasanah SPD.i Juli 20, 2009 pukul 1:01 pm

    Cakmoki
    Usia saya 37th saya wanita asam urat 7.3, Lekosi 10,700, eosinofil 100, netrofil batang 173. Saya dinyatakan Hiperurecemia dan peningkatan kadar lemak darah! sebenarnya sakit apa yang saya derita cak? karena saya tidak merasa ngilu hanya kesemutan ditanggan dan kaki, saya begitu takut mendengar kata2 Hiperurecemia! Tolong yaa Cak jelaskan dan beri saran obat apa yang harus sebaiknya saya minum?….Trims

  59. 59 cakmoki Juli 20, 2009 pukul 5:10 pm

    @ Uswatun Hasanah SPD.i:
    Kadar asam urat normal pada wanita berkisar 3-6,5 mg%. Peningkatan dari nilai tersebut emang disebut hiperurecemia ditinjau dari nilai Lab. namun perlu diketahui bahwa nilai tersebut adalah nilai median dari rentang nilai Lab yang lebar, karenanya peningkatan kadar dalam jumlah kecil gak perlu terlalu dirisaukan.
    Nilai segitu dapat diturunkan hanya dengan minum air dalam jumlah banyak. Kalaupun perlu obat, cukup dengan minum allopurinol 100 mg 1×1 sehari. Ntar akan normal dalam 2 minggu.
    Sedangkan kesemutan dan pada tangan dan kaki disebut parasthesia, gak papa, gak bahaya. Semua orang pernah mengalami seperti itu.
    Trims

  60. 60 susan September 3, 2009 pukul 4:33 pm

    sore cak…
    saya ibu dng 3 putri (skrg msh menyusui), usia 31th. awal agst kmrn, saya sakit campak. suhu bdn naik, lemas, nyeri sendi dan timbul bintik merah di wajah, tangan dan kaki.obat dr dokter sengaja g sy hbskan cak, krn anak sy lgsg g mw menyusu…
    seminggu baru sy merasakan agak enakan, tapi sejak itu smpe skrg, nyeri sendi saya (ditgn+kaki) msh terus terasa. kadang smpe sulit utk digerakkan, terutama saat bangun tidur,cak.
    kmrn malah pernah, bgn tdr, tangan kanan sy kesemutan.
    stlh itu rasanya sakit skali di pergelangan tangan dan ruas2 jari tangan, sulit utk digerakkan.
    saya terapi pijat reflexi, skrg dah agak mendingan, cak.
    tapi ya itu…tetep aja gak bs kayak dulu (seblm skt campak) klo skrg, hbs bangun dr duduk atw tidur, kaki terasa sakit..
    – sebenernya sy itu skt apa ya cak ?
    – apa msh ada hubgnya sm campak ?
    – sy sengaja menghindari obt, krn msh menyusui..apakah sy bs sembuh dgn cara lain ? ex : olahraga, makan makanan yg bergizi, minum omega 3 (katanya), rutin reflexi..de el el..?

    tx atas pencerahanya, ditunggu lho cak…

  61. 61 cakmoki September 3, 2009 pukul 7:00 pm

    @ Susan:
    Met sore…
    1) Gangguan pada sendi, terutama nyeri, kaku dan sulit digerakkan disebut dengan arthralgia yang secara umum merupakan salah satu keluhan penyakit rematik yg jenisnya lebih 150 jenis. Bisa pula keluhan tersebut dipicu oleh banyak faktor, misalnya penyakit campak, rubella, demam chikungunya dan beberapa penyakit yg disertai demam tinggi.
    Sebenernya gak bahaya, namun tentu sangat mengganggu.

    2) Bisa jadi nyeri tersebut masih berhubungan dengan penyakit sebelumnya, yakni suhu badan naik, lemas, nyeri sendi dan timbul bintik merah di wajah, tangan dan kaki. Tanda- ini biasanya dijumpai pada campak, rubella dan demam chikungunya, yang semuanya tidak berbahaya. Hanya saja adakalanya rasa nyeri masih suka timbul hingga beberapa bulan berikutnya terutama pada saat bagun tidur, suhu dingin dan kelelahan.
    Selain itu, bisa pula salah satu jenis

    3) Menurut saya, jika keluhan tersebut emang mengganggu, sebaiknya pake obat. Toh banyak obat-obat yang aman untuk ibu hamil maupun menyusui, sama amannya dengan vitamin B kompleks.
    Rata-rata pereda nyeri aman untuk ibu hamil dan menyusui. Dalam indeks keamanan, termasuk kategori B, sama dengan Vit B dan vitamin-2 dalam susu.
    Obat pereda nyeri yang relatif ringan untuk keluhan sendi, misalnya: natrium diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: voltaren, klotaren, dll), diminum 3×1 sesudah makan atau saat nyeri saja.
    Cara lain adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Ini bukan untuk menyembuhkan tapi untuk meredakan sedikit rasa nyeri dan kaku sendi.
    Adapun olah raga teratur dan makanan bergisi, tentu bagus untuk siapapun, termasuk untuk ibu menyusui, bukan untuk menyembuhkan penyakit tertentu tapi lebih kepada pemeliharaan kesehatan secara umum.

    Moga sehat selalu.
    Trims

  62. 62 Juli September 5, 2009 pukul 3:41 pm

    Cak,

    Kalo asam uratnya sdh diderita lama dimana tangan dan kaki sudah kaku piye ya cak untuk ngurangi sakitnya. Pernah cek lab : asam uratnya sampe 9, kolestrol normal. Apakah tangan dan kaki yang kaku bisa pulih ?(meski gak 100%)
    Apakah konsumsi alupurinol masih bisa untuk ngurangi asam uratnya ya Cak, mengingat wes kasep.
    Saat ini obat yang didapat dari dokter voltaren tablet 50 mg(nggo opo ya iki Cak?)

    Maturnuwun bgt& met puasa ya Cak.

  63. 63 Juli September 5, 2009 pukul 3:44 pm

    Hehehe… scroling atas ternyata dah ada voltaren as natrium diklofenak as pereda sakit … yang lainnya ya Cak….maturnuwun bgt…. :)

  64. 64 cakmoki September 6, 2009 pukul 4:59 am

    @ Juli:
    Tangan dan kaki kaku masih bisa ditanggulangi, setidaknya diminimalisir dengan obat.
    Adapun kadar asam urat yg tinggi dapat diturunkan dg allopurinol. Kalo kadarnya 9 mg%, cukup dengan 2×100 mg selama sekitar 2 minggu. Setelah itu dicek ulang.
    Ok, voltaren dah terjawab… :)

  65. 65 susan September 7, 2009 pukul 11:26 am

    tq cak, atas pencerahannya,dah ada sdikit titik terang. hehehe…
    tapi…skrg sy lagi2 berada dlm kegelapan.
    begini masalahnya cak….anak sy yg bayi itu (9bl)sdh 5 hr ini panas (mulai kamis pagi), bahkan pernah smpe 40.tapi msh aktif sprti biasa.
    sehar stlh panas, sy bw ke dokter, disuruh wait en see smpe sabtu sore(krn gak ada tanda2 batuk pilek) diagnosa dokter smntara infeksi saluran pencernaan, dan ditunggu smpe keluar (maaf) mencretnya.
    sabtunya…memang pupny agak encer tapi menurut saya hal itu msh normal dan blm termsk kategori mencret.
    sabtu malam,akhirnya tes lab. dan hasilnya adlh :
    Hb 10,2
    Lekosit 6400
    Eosinofil 1
    Basofil 0
    Neutrofil Batang 4
    neutrofil Segment 58
    Limfosit 28
    Monosit 9
    Hematokrit 30
    Trombosit 205000
    kata dokternya, tdk ada infeksi yg berarti…panas yg gak turun2 akibat kurang minum aja.
    malash berikutnya cak…mule kemaren..ditubuh anak sy timbul brintik2 merah (persis biang keringat)
    – apakah dia terkena campak ? tapi setahu sy klo bintik2 kemerahan pd campak adanya dibwh permukaan kulit dan tidak timbul keluar sprti biang keringat
    – klo memang benar campak, apakah mungkin tertular saya ? mengingat saya terkena campak sudah sebulan yg lalu
    – apakah pasien penderita campak boleh dimandikan ?
    – klo bukan campak, bukan infeksi saluran pencernaan, bukan flu….trus apa dwooonkk…????(pusying)

    hehehehe….sori cak, esmosi…
    tolong ya cak, direspon secepat mungkin (maksa neh)
    tq be4

  66. 66 cakmoki September 7, 2009 pukul 3:29 pm

    @ susan:
    1) salah satu kemungkinan adalah campak (ada beberapa penyakit lain yg mirip campak, misalnya rubella, dengue klasik, dll…tapi semua itu lebih ringan dari campak dan biasanya sembuh sendiri sekitar seminggu).

    2) Ya, kemungkinan tertular.

    3) Pasien campak harus tetep mandi (pake air hangat), kecuali orang yg males mandi…hahaha.

    Seelngkapnya tentang campak, silahkan baca artikel di blog ini pada link berikut:

    Trims

  67. 67 maria September 24, 2009 pukul 12:50 pm

    Ikutan lagi nih Cak… 3 bln belakangan ini kedua telapak kaki, terutama dibagian atas telapak kaki saya sering terasa ngilu, nyeri apalagi klo baru bangun tidur. Ketika saya ke dokter 2 bln lalu saya di suruh cek asam urat, kolesterol, dan apa lagi gitu.. saya lupa:-p. Hasilnya semua normal. Kemudian saya disuruh fisioterapi dan dikasih obat penghilang rasa linu dan nyerinya. Waktu minum obat nyeri dan linunya hilang tp setelah obatnya habis nyeri dan linu lagi. Oya 3Bulan yg lalu saya pernah jatuh dari tangga dah keeleo. Waktu itu langsung diurut. Kata tkng urutnya bayak urat yg lari. Dan sejak itu telapak kakinya nyeri, dan linu. Yg mau saya tanyakan apakah nyeri dan linu itu gara2 keseleo atau emang saya rematik ya cak..? Kira2 solusinya apa ya supay nyeri dan linunya hilang soalnya klo pas lg nyeri n linu bgt sangat mengganggu sampe susah jalan. Thanks a lot ya Cak… Gbu.

  68. 68 cakmoki September 24, 2009 pukul 11:57 pm

    @ maria:
    Menilik keluhan yg dialami selama 3 bulan terakhir ini, kemungkinan besar salah satu jenis rematik.
    Untuk menanggulanginya dengan obat dari dokter, digunakan saat nyeri saja dan minumnya harus sesudah makan. Kalo suatu saat kambuh lagi, obat tersebut dapat digunakan lagi.
    Obat yg lazim digunakan misalnya: natrium diklofenak 50 mg (nama dagang: voltaren, klotaren, dll). Obat lain misalnya: meloxicam 7,5 mg dan 15 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1-2 kali sehari sesudah makan.
    Selengkapnya tentang rematik, silahkan baca Sekilas Rematik pada blog ini.
    Trims

  69. 69 Heru Subroto Desember 14, 2009 pukul 3:24 pm

    Saya umur 42 tahun

    sudah 2 minggu ini saya merasakan nyeri di sekitar persendian kaki dan telapak kaki, serta siku tangan, saya mohon informasi pencegahan dan obat apa yang harus saya beli.

    sebagai informasi tambahan saya penggemar olahraga badminton.

    Terima kasih
    Heru Subroto

  70. 70 cakmoki Desember 15, 2009 pukul 12:50 am

    @ Heru Subroto:
    Keluhan tersebut wajar terjadi pada pengemar olah raga yg termasuk berat (badminton).
    Untuk menanggulanginya, cukup dengan obat pereda nyeri golongan NSAID (Non Steroid Anti Inflamasi), misalnya: Natrium Diklofenak 50 mg (Voltaren, Klotaren, dll), diminum 3×1 sesudah makan, di saat nyeri saja. Atau, meloxicam (7,5 mg atau 15 mg), diminum 1×1 sesudah makan, di saat nyeri.
    Pencegahan terutama dengan menghindari hawa dingin dan menhindari gerakan yang berlebihan. Seandainya badminton, gak [erlu memaksa main single hingga lebih 2 set.
    Trims

  71. 71 merry Februari 8, 2010 pukul 11:00 am

    mau tanya…

    ayah saya usia 67 th, masih kuat kerja. beberapa minggu yg lalu mengeluh sakit di bagian pinggang dan daerah kaki (belakang lutut) sulit untuk berdiri setelah sehabis duduk atau melipat kaki..bahkan untuk berdiri harus dibantu dengan pegangan dinding atau yg lain, itupun rasanya sakit sekali. sebagai info tambahan sebelumnya ayah saya diurut karna badan terasa pegal2 krn memang pekerjaannya termasuk berat (perbaikan kapal besar…sepertinya ikut mengangkat barang2 berat).
    ke dokter kemudian diberi obat RANITIDIN 3×1, KETESE dexketoprofen 2×1, dan salep voltaren.

    1.yang saya mau tanyakan (karna dokter tidak mengatakan apa2) :
    dari obat tersebut termasuk sakit apa ayah saya? saya kuatir kalo itu asam urat. tp yg saya tau ranitidin itu untuk sakit nyeri lambung, apa benar?
    2.kira2 menurut cakmoki, ayah saya sakit apa kalo dilihat dari keluhan2nya?

    maaf kalo pertanyaannya banyak…
    terima kasih

  72. 72 cakmoki Februari 8, 2010 pukul 1:10 pm

    @ merry:
    1) Nyeri atau linu pada sendi bukan berarti asam urat (hyperuricemia). Untuk meredakan keluhan ayahanda, obat dari dokter udah oke, yakni Ketese (dexketoprofen) 25 mg (dosis maksimal: 75 mg per hari). Obat ini adalah salah satu golongan NSAI (Non Steroid Anti Inflamasi) yg berfungsi untuk meredakan rasa nyeri. Adapun Ranitidine adalah obat penghambat peningkatan produksi asam lambung. Obat ini diberikan oleh dokter untuk mencegah timbulnya keluhan iritasi lambung, dimana pada pemakaian obat pereda nyeri kadang menimbulkan efek samping iritasi lambung yg memicu peningkatan produksi asam lambung. Itulah mengapa dokter memberikan Ranitidin ketika memberikan obat pereda nyeri.
    Salep voltaren sama fungsinya dengan ketese.

    Jika dengan Ketese masih terasa nyeri, maka dapat dikombinasi dengan meloxicam 7,5-15 mg, diminum sekali sehari di sela-2 Ketese. Caranya: Ketese diminum setelah sarapan dan makan malam malam, sedangkan meloxicam (nama generik), diminum setelah makan siang. Obat yg lain dapat dilanjutkan.
    Jika seminggu setelah minum obat kombinasi tersebut masih nyeri, sebaiknya kontrol ke dokter atau periksa ke Poliklinik Rehabilitasi Medik untuk menjalani fisioterapi secara berkala.

    2) Menilik keluhan dan riwayat pekerjaan, kemungkinan salah satu dari penyakit rematik yang jenisnya ada 150-200 jenis.
    Seandainya yang dirasakan nyeri/pegal bukan sendi, tapi otot-otot pinggang hingga paha, belakang lutut, betis, maka keluhan tersebut merupakan tanda Fibromyalgia atau myalgia. Rematik dan fibromialgia pada umumnya gak bahaya, tapi sangat mengganggu.
    Obatnya biasanya gak berbeda dengan yg sudah diberikan dokter. Kalaupun berbeda biasanya hanya jenis kandungan obatnya saja atau dosisnya.

    Trims

  73. 73 dedy Februari 9, 2010 pukul 4:35 pm

    Dok mau tanya juga:
    saya (37thn) sekarang lagi sakit/nyeri di sekitar pinggang (posisi duduk, berdiri tetap nyeri), thn lalu pernah mengalami sakit yg sama dan sempat difoto, katanya ada masalah di tulang belakang, lalu terapi dan sembuh.
    sakit yang sekarang, rasanya sama nyeri disekitar tulang pinggang dan dekat tulang pantat. lalu saya periksa lab utk kencing dan darah: hasilnya “bakteri +” dan
    kristal amorf fosfat ++.
    mohon informasinya dan penjelasan atas sakit pinggang yg saya derita dan juga hubungannya dgn hasil lab tsb. mhn rekomendasi pengobatannya serta mungkin dokter yg bisa saya temui. terimakasih.

  74. 74 cakmoki Februari 10, 2010 pukul 1:34 am

    @ dedy:
    Bisa jadi sakit pinggang yg dialami sekarang berhubungan dengan hasil Lab. Jika disertai gangguan kencing, misalnya anyang-anyangen, ato brasa gak nyaman saat kencing, kemungkinan ISK (Infeksi Saluran Kemih). Bisa pula gak ada hubungan antara hasil Lab dengan keluhan nyeri pinggang, mengingat sebelumnya keluhan tersebut sembuh dengan terapi. Namun itu hanya kemungkinan.
    Untuk memastikannya, seyogyanya periksa ke dokter terdekat atau dokter spesialis penyakit dalam.
    Moga segera sembuh.
    Terimakasih

  75. 75 soesi Februari 11, 2010 pukul 1:29 pm

    Dok, ikut nanya dong,
    saya (41 th, pr) kalau bangun tidur atau diam agak lama, sendi2 terutama telalak kaki dan tangan nyeri dan kaku. ini sudah sekitar 1 bl. dr yg saya baca2 di internet sptnya mengarah ke rematik. sdh ke dokter umum dan diberi obat pereda nyeri (voltaren dan neuroanbe plus), cukup membantu tp ttp sakit klo tdk minum obat tsb.
    saya kmd dianjurkan ke internist, lalu cek darah dan urine, hslnya :
    Hb 11,5/Leukosit 6600/LED 50/kolesterol 180/HDL 42/LDL 127/Triglerida 85/asam urat 3.9
    Urine : Berat jns 1.025/PH 6/sedimen leukosit 0-1/eritroit 0-1/epitel 3-6
    dari hsl itu dokternya msh blm mau menyimpulkan penyakit, dan disuruh rontgen thorax.
    kmrn diberi obat Tradosik dan Samerol.
    Apakah saya benar kena rematik? knp mesti foto thorax (sy tidak batuk/demam sama sekali hanya nyeri di persendian).
    maaf panjang, trm kasih banyak dok.

  76. 76 cakmoki Februari 11, 2010 pukul 3:44 pm

    @ soesi:
    Ya benar, nyeri sendi saat bangun tidur adalah salah satu tanda rematik. Jenis rematik ada 150 lebih, sementara ahli yang lain menyebutkan lebih 200 jenis.
    Menurut saya cukup diobati dengan voltaren atau sejenisnya. Obat inidiminum saat nyeri saja dan disimpan kalao gak nyeri.
    Selain itu usahakan agar kaki terselimuti saat tidur untuk mengurangi paparan hawa dingin sehingga saat bangun tidur tidak begitu nyeri. Biasanya dengan gerakan ringan pada kaki kala bangun tidur, nyeri akan berangsur mereda.

    Hasil Lab menunjukkan dalam batas normal semua.
    Maaf, saya juga gak ngerti kenapa harus foto thorax :)

    Sekilas tentang rematik, silahkan baca rtikel pendek di Blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2008/11/15/sekilas-rematik/

    Terimaksih.

  77. 77 soesi Februari 11, 2010 pukul 4:10 pm

    terima kasih byk, dok.jawabannya super kilat. lain kali boleh tanya2 lagi.
    semoga makin banyak jg teman sejawat yg mau berbagi spt dokter.

  78. 78 cakmoki Februari 12, 2010 pukul 12:57 am

    @ soesi:
    sama-sama, mbak…. makasih juga telah berbagi

  79. 79 Anton Februari 12, 2010 pukul 12:21 pm

    Hello Dok,

    Saya Lk, 155/53, 34 th.Saya baru melakukan medical check-up tanggal 11/2 kemarin karena dada kiri sering nyeri, tapi tidak khas seperti gejala PJ. Nyerinya agak mendekat ke ketiak. Dari hasil Laboratorium, Treadmil, Echo, EKG, tidak ada ke arah penyekit Jantung. Cuma Trigliserida saya naik jadi 270, padahal November 2009 masih 147. Kemudian asam urat juga naik pada periuode yang sama, dari 7.5 ke 8. Mulai tadi malam saya merasakan semutan di tangan dan kaki kanan, dan kadang sakit di persendian antara paha dan betis.
    Kenaikan trigliseridan dan asam urat saya duga karena sebelumnya, selama 2 minggu lebih saya cuma mengkonsumsi nasi dan sop kantang+telur+ceker ayam, akibat dari asam lambung saya yang bermasalah (sudah di endoskopi).

    Apakah keluhan dikaki saya bisa disembuhkan hanya dengan Allopurinol 100 mg? Terima kasih dokter.

  80. 80 cakmoki Februari 12, 2010 pukul 3:36 pm

    @ Anton:
    Allopurinol digunakan untuk menurunkan kadar asam urat. Hal itu berhubungan dengan makanan yg dikonsumsi sebelumnya dimana banyak mengandung purin (telor, ceker ayam, yg mungkin dalam jumlah banyak) sebagai zat pembentuk uric acid (asam urat).
    Jika kadarnya 8 mg%, maka dosisnya adalah 2×100 mg sedikitnya selam seminggu, kemudian cek untuk mengetahui hasilnya. Jika masih 7, … mg%, maka allopurinol dilanjutkan dengan dosis 1×100 mg selama seminggu hingga kadarnya menjadi 3 s/d – 7 mg%.
    Adapun untuk meredakan sakit sendi, dapat menggunakan natrium diklofenak 50 mg, misalnya Voltaren atau klotaren atau divoltar, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang. adapun untuk meredakan kesemutan, dapat menggunakan neurotropik, misalnya Neurobion, diminum 2-3 x1 hingga kesemutan mereda.

    Semoga segera pulih kembali.
    Terimakasih

  81. 81 yati Februari 19, 2010 pukul 11:09 pm

    dok,

    saya ibu menyusui bayi umur 3 bln.semasa hamil dan habis melahirkan saya banyak makan bayam. akhir akhir ini saya sering kesemutan dan pegel di tangan dan jari jari sblah kiri dua hari kemudian tangan dan jari2 sblah kanan juga ikutan. sekarang kaki saya pun terasa pegel dan sakit di persendian terutama di siku tangan. apakah saya terkena asam urat ? apakah ada obat asam urat yang aman untuk ibu yang sedang menyusui?
    terima kasih dan mohon cepat di bales

  82. 82 cakmoki Februari 20, 2010 pukul 5:15 pm

    @ yati:
    Bukan Bu… kesemutan dan pegal bukan tanda peningkatan kadar asam urat, tapi gangguan hantaran saraf tepi dan otot.
    Untuk mengetahui kadar asam urat perlu periksa kadar asam urat. Nilai normal untuk wanita: 3-6,5 mg%. Jika seseorang mengalami peningkatan kadar asam urat, disebut hyperurecemia, maka berpotensi terbentuk batu ginjal atau gouty arthritis, yakni rematik yang disertai penumpukan asam urat dalam sendi. Tand a gouty arthritis diantaranya: neri pada sendi diserti pembengkakan sendi dan kadar asam urat yang tinggi.
    Sedangkan seseorang yang mengalami peningkatan kadar asam urat tapi tidak merasakan apa-2, disebut dengan Asymptomatic Hyperurecemia.
    Jika seseorang merasa pegal-pegal lantas ternyata kadar asam uratnya tinggi, itu hanya kebetulan semata.
    Untuk menurunkan kadar asam urat yg tinggi sangat mudah, obatnya allopurinol. Aman untuk kehamilan dan menyusui.
    Makasih.

  83. 83 Randiss April 8, 2010 pukul 2:43 pm

    saya belakangan ini mengalami sakit pada bagian belakang lutut kanan , awal kejadiannya sehabis main bola saya istirahat dengan meluruskan kaki, karena kaki terasa capek an pegal sekali . tetapi esok harinya saya kaki kanan saya kalo kelamaan berdiri terus ditekuk atau jongkok sakit harus pelan2, sebaliknya kalo habis jongkok mau berdiri lutut kanan saya sakit kayak lemes jadi harus perlahan-lahan diluruskannya, sempat agak mulai baikkan tapi masih sakit bila jongkok ataupun berdiri yang jelas sudah agak berkurang nyerinya, tapi setiap kali olahraga apalagi ada aktivitas larinya pasti sakitnya akan bertambah lagi keesokan harinya. Mohon kiranya ada penjelasan tentang sakit saya ini dan minta sarannya untuk tindakan pengobtannya

  84. 84 cakmoki April 9, 2010 pukul 12:25 am

    @ Randiss:
    Kondisi tersebut nampaknya berhubungan dengan kejadian pasca bermain bola. Kita pada umumnya kurang melakukan pemanasan sebalum bermain bola dan relaksasi yang kurang memadai. Sehingga suatu ketika dapat menimbulkan keluhan pada lutut. Perlu diketahui bahwa lutut merupakan salah satu sendi yg kompleks dan dinamis yg diikat oleh beberapa ligament. Itu sebabnya mengapa lutut lebih rentan mengalami cedera, saat melaukuan gerakan ataupun pasca berolah raga berat.

    Untuk sementara, keluhan nyeri dan pegal, dpat menggunakan pereda nyeri, misalnya: Natrium Diklofenak 50 mg (merk dagang, misalnya: Klotaren, Voltaren, dll) diminum 3×1 sesudah makan hingga sembuh. Atau dpat juga menggunakan Meloxicam 7,5-15 mg, diminum 1-2 x 1 sesudah makan.
    Untuk menanggulangi lemas, dapat menggunakan Neurobion, diminum 3×1 sesudah makan hingga pulih.

    Jika masih belum menampakkan hasil yg memuaskan setelah seminggu minum obat, sebaiknya periksa ke dokter spesialis Rehabilitasi Medis untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan fisioterapi.

    Terimakasih

  85. 85 linda April 25, 2010 pukul 2:40 am

    Cakmoki, setelah melahirkan, kadang saya merasa kaki agak kesemutan. Bulan2 pertama hanya terasa kadang2 tp bulan keempat setelah melahirkan, rasa kesemutan itu semakin menjadi2, terasa seperti pegal dan agak nyeri. Kadang tapijet spy mengurangi kramnya. Kira2 sakit apa saya cak ? Saya kadang minum neurobion tp blm sembuh juga. Thanx

  86. 86 cakmoki April 25, 2010 pukul 4:08 am

    @ linda:
    wajar mbak..soalnya nggendong anak, melek malam, nyebokin, dll..dll… :)
    Nah, aktifitas tersebut, ditambah hamil dan melahirkan, kadang mengakibatkan keluhan-2 yg otot dan sendi berhubungan dengan aktifitas.
    Obatnya dah bener, yakni neurobion untuk meredakan kesemutan dan bisa ditambah pereda nyeri yg diminum saat nyeri saja.
    Neurobion dapat digunakan dalam jangka panjang dan aman.
    Sedangkan pereda nyeri, dapat menggunakan Natrium Diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: Voltaren, Klotaren, Divoltar, dll), diminum 3×1 sesudah makan saat nyeri saja. Obat ini aman untuk ibu hamil maupun ibu menyusui.

    Makasih

  87. 87 emil-ms Mei 1, 2010 pukul 8:27 pm

    Cak Moki, aku mo tanya nih udah 2 bulan ini punggungku (sekitar tulang rusuk belakang) sering terasa linu dan otot-ototnya terasa kaku, trus pinggang bawah sekitar bokong terasa ngilu. Hal ini terjadi kambuh-kambuhan, kadang 2 hari tidak terasa trus hari ke 3 ngga kambuh tp hari slanjutnya begitu lagi. Aku sdh ke dokter saraf katanya cuma tegang otot dan dikasih obat myonal, voltarex tablet dan obat racikan untuk 7 hari tapi belum ada hasil. Kira-kira aku menderita apa ya cak? apa aku terkena HNP? terima kasih atas bantuannya.

  88. 88 cakmoki Mei 2, 2010 pukul 10:02 pm

    @ emil-ms:
    Menilik keluhan dan lokasi keluhan tersebut, saya sependapat dengan dokter saraf bahwa keluhan tersebut adalah kejang otot atau fibromyalgia.
    Faktor pemicunya biasanya berhubungan dengan aktifitas sehari-hari.
    Kalo HNP pasti bukan, soalnya HNP umumnya terjadi di Lumbal. Makin lama makin nyeri walaupun diobati dengan obat apapun.

    Obatnya dapat dilanjutkan hingga 2-3 minggu. Jika masih linu, obat tersebut dapat dikombinasi dengan pereda nyeri jenis lain. Tapi sebaiknya untuk sementara melanjutkan obat yg ada atau beli lagi.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  89. 89 Biher Mei 12, 2010 pukul 9:50 pm

    Dok!
    umur Saya 47, berat 43 Kg.Tinggi=175 cm. Saya mengalami penyakit asam urat hampir 18 tahun, awalnya frekensi pembengkakan kira2 1X10bln,1X9 bln, …1X1bln…hasil lab(Puasa) mei 2010 asam urat 11, gula 225. saya mengkomsumsi Allupurinol 2 X 1(100 gr)perhari, Fungsi ginjal menurun kreatin 2,8
    Apakah ada obat yang lebih ampuh supaya dapat sembuh total?
    Apa yang harus saya lakukan?

  90. 90 Biher Mei 12, 2010 pukul 10:00 pm

    Dok!
    umur Saya 47, berat 43 Kg.Tinggi=175 cm. Saya mengalami penyakit asam urat hampir 18 tahun, awalnya frekensi pembengkakan kira2 1X10bln,1X9 bln, …1X1bln…hasil lab(Puasa) mei 2010 asam urat 11, glukosa puasa 225. saya mengkomsumsi Allupurinol 2 X 1(100 gr)perhari, Fungsi ginjal menurun kreatin 2,8
    Apakah ada obat yang lebih ampuh supaya dapat sembuh total?
    Apa yang harus saya lakukan?
    Terimakasih atas bantuannya.

  91. 91 cakmoki Mei 13, 2010 pukul 5:07 pm

    @ Biher:
    Dosis Allupurinol untuk kadar 11 mg% adalah minimal 3×1 100 mg selama 2minggu. Setelah itu dicek ulang. Jika menurun antara 8-9 mg %, dosis allupurionol diturunkan menjadi 2×1 selama 2 minggu. Jika setelah itu Uric acid menurun hingga 7-8 mg%, dosis diturunkan lagi menjadi 1×1 selama 2 minggu hingga kadar uric acid menjadi 3-7 mg%.
    Masalahnya bukan pada obat semata tapi pada cara dan lamanya penggunaan.
    Makasih

  92. 92 Giarti Juli 15, 2010 pukul 2:09 pm

    Cak Moki selamat siang,

    Saya 45 tahun, hasil ronten spur di leher 5,6, asam urat 5,7
    masalah saya setiap kali bangun pagi terasa berat karena seluruh badan nyeri, tapi setelah beraktivitas ( mandi, bersih2 rumah), nyeri hilang..dan akan timbul lagi menjelang sore ( badan terasa demam..apa penyebabnya ya dok, karena asam uratnya atau spur di leher?
    obat apa yang sebaiknya diminum? ( o ya saat ini saya mengkonsumsi jinten hitam apakah ini aman dok?
    terima kasih atas jawabannya

    Salam,
    Giarti

  93. 93 cakmoki Juli 16, 2010 pukul 1:36 pm

    @ Giarti:
    Selamat siang …
    Keluhan tersebut dapat dialami oleh dsiapa saja dengan berbagai penyebab dan berbagai faktor pencetus.
    Bukan karena spur dan bukan karena kadar asam urat (kadar asam urat 5,7 mg% adalah normal).
    Obat sementara yang dapat digunakan untuk meredakan keluhan di atas adalah obat golongan NSAId (Non Sterois Anti Inflamation drugs), misalnnya Natrium Diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: Voltaren, Klotaren, Divoltar), diminum 3×1 sesudah makan hingga keluhan mereda.

    Tentang Jinten hitam atau apapun yg dikatakan orang, saya tidak percaya tanpa bukti klinis yg sudah teruji khasiatnya, efek sampingnya dan semua yg berkenaan dengan farmakologi setiap komponen yg dikandungnya.
    Seyogyanya menggunakan obat yg sudah jelas dan teruji.

    Terimakasih.
    Salam

  94. 94 iing Juli 18, 2010 pukul 1:55 am

    saya mau nanya pak, saya sering ngilu d’bagian lengan sering juga ngerasa kesemutan satu badan biasa’x terjadi kalau saya sedang kaget, dan dalam beberapa bulan terahir ini kalau saya kedinginan saya sering buang air kecil dan saya pernah d’klaim oleh dokter kalau memilikki kolesterol total…yang ingin saya tau apakah efek yang saya rasakan ada kaitannya dengan kolesterol yang saya milikki pak ?

  95. 95 cakmoki Juli 18, 2010 pukul 3:51 pm

    @ iing:
    Keluhan tersebut gak ada kaitannya dengan kolesterol. Lagipula, kalo hawa dingin lantas sering kencing adalah hal yang normal terjadi pada hampir setiap orang. Hal ini karena fungsi ekskresi melalui kencing lebih dominan ketimbang melalui evaporasi (penguapan, keringat) pada saat hawa dingin..gak mungkin kan seseorang berkeringat pada saat hawa dingin kecuali beraktifitas? … ini hanya ilmu fisik belaka., tidak terkait masalah medis.
    Makasih

  96. 96 andri Juli 31, 2010 pukul 11:17 pm

    cak, mau tny..
    bibi sy kalo kecapek’an lengannya sakit, ototnya terasa cekot2, lenganny agk bengkak, sakitny mulai pangkal lengan sampe pergelangan tangan.
    dan juga pangkal paha sampe pergelangan kaki juga sama rasa sakitny kalo kecapek’an,
    apa ini juga rematik cak? tendinitis ya cak? saya bingung, mohon bantuanny cak, trims.

  97. 97 cakmoki Agustus 1, 2010 pukul 12:10 am

    @ andri:
    Kalo yang sakit tendon, disebut tendonitis, sedangkan kalo yang sakit otot-otonya, disebut Myalgia … tidak bahaya tetapi sangat menyiksa, terutama kalau kelelahan atau pasca aktifitas berlebihan.
    Obatnya sama dengan tendonitis dan rematk, yakni obat golongan NSAI, misalnya: Meloxicam 15 mg, diminum 1×1 sesudah makan hingga cekot-cekotnya hilang. Atau Natrium Diklofenak 50 mg, diminum 3×1 sesudah makan.
    Bisa juga ditambahkan neurotropik (kombinasi vitamin B1, B6, B12), misalnya nervitone, neurobion dan sejenisnya. Kalo yg ini aman diminum jangka panjang.
    Makasih

  98. 98 andri Agustus 1, 2010 pukul 11:21 am

    kalo obat untuk menyembuhkannya ada cak??? iya dulu pernah mengkonsumsi meloxicam 15mg dan eperisone HCl 50mg, tapi hanya pereda nyeri otot, sekarang kambuh lagi. apa perlu suplemen kalsium cak???

  99. 99 cakmoki Agustus 1, 2010 pukul 3:35 pm

    @ andri:
    Kalo gitu pake meloxicam lagi…ntar akan sembuh… kalo kambuh, obat tersebut dapat diminum lagi…gak perlu pake eperisone … wajarlah kalo kelelahan timbul nyeri otot. Hampir semua orang akan mengalami hal yang sama kalo kelelahan. Gak mungkin kita selalu prima. sedangkan orang yang olah raga teratur dan disiplin dalam menganut pola hidup sehat aja, suatu saat mengalami keluhan nyeri otot ketika kelelahan.

    Gak perlu konsumsi kalsium… nyeri otot bukan karena kekurangan kalsium .. kalo iklan sih, mo bilang apa aja bisa, yg penting dagangan mereka laku :D
    Makasih

  100. 100 andri Agustus 2, 2010 pukul 12:29 am

    ok. terima kasih cak :)

  101. 101 cakmoki Agustus 2, 2010 pukul 11:22 pm

    @ andri:
    Sama-sama … makasih juga telah berbagi :)

  102. 102 fachrud Agustus 2, 2010 pukul 11:51 pm

    cak mo nanya saya umur 30 tahun .kondisi telapak kaki saya suka sakit terutama dibagin tumit,sebelumnya hanya yang sebelah kiri tapi beberapa bulan kemudian telapak kaki yang kanan terasa sakit juga dan jari jari tangan sekarang kadang kadang terasa ngilu..pernah tes darah asam urat normal dan tidak ada gangguan rhematik…mohon solusinya dan penjelasannya makasih

  103. 103 cakmoki Agustus 3, 2010 pukul 1:11 am

    @ fachrud:
    Linu tidak identik dengan asam urat .. itu kan kata iklan :D
    Keluhan tersebut, secara umum disebut dengan arthragia, yakni nyeri sendi.
    Untuk menanggulangi nyeri tersebut, dapat menggunakn obat golongan NSAI (Non Steroid Anti Inflamasi), misalnya: Meloxicam 15 mg, diminum 1-2 kali sehari sesudah makan saat nyeri saja. Atau Ntarium Diklofenak 50 mg (merk dagang, misalnya: voltaren, klotaren, dll), diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya reda.

    Makasih

  104. 104 budhe Agustus 14, 2010 pukul 1:08 pm

    cak.. maap nanyanya agak melenceng.. vit B1 dan B6 konon kabarnya bs utk mengurangi mual/ muntah ya? apa itu cm gosip saja?
    satu lagi cak.. extr belladona itu obat utk apa ya cak?
    maturnuwun sanget… met puasa… :)

  105. 105 cakmoki Agustus 15, 2010 pukul 4:02 am

    @ budhe:
    B1, B6 dan B12 merupakan vitamin neurotropik. Ketiganya biasa dikombinasi dalam bentuk jadi, misalnya neurobion, nervitome, kalbion, dll… kegunaannya terutama untuk memelihara fungsi otot (termasuk otot polos) dan saraf tepi.
    Vit B.6, selain untuk kepentingan di atas, juga untuk obat mual yg ringan, sedangkan B1 bukan untuk mual.
    Itu sebabnya vit B6 adakalanya dikombinasi dengan obat mual-muntah jenis lain pada ibu hamil dan untuk morning sickness.

    Extract belladona adalah salah satu alkaloid yg bersifat spasmolitik ringan. Digolongkan juga dalam kelompok obat skopolamin. salah satu kinerjanya adalah dengan mengurangi gerakan otot polos. Kegunaannya beragam.
    Sayangnya obat ini sudah sulit didapat, padahal obat ini merupakan salah satu DOEN ( Daftar Obat Esensial Nasional yg harus ada dan menjadi tanggung jawab negara.
    Mungkin karena harganya yg sangat murah (hanya sekitar 100 perak) sehingga dianggap tidak menguntungkan bagi produsen obat, bahkan produsen Obat BUMN.
    Padahal, extract belladona lumayan ampuh untuk mengobati vertigo (terutama jenis BPPV) jika dikombinasi dengan dimenhydrinate (dramamine, dramasine, antimo)…. extract belladona + dimenhydrinate = 300 perak… udah bisa ngobati vertigo…bandingkan dengan dramasine yg harganya lebih 2000 perak…padahal isinya dimenhydrinate dan B.6.
    Apa bener penjenengan masih menemukan extract belladona ? ..lha saya udah 5 tahun terakhir ini ke berbagai kota gak nemu extract belladona.

    Wah..kalo bicara obat ntar kepanjangan, 1 jenis obat saja sama dengan nulis posting, soalnya 1 obat bisa memiliki berbagai fungsi.

    Makasih

  106. 106 ichis Agustus 17, 2010 pukul 3:06 pm

    cak, bunda saya umurnya 52thn, kaki kiri sering kesemutan kadang malah kerasa tebal di kaki.. itu kenapa ya? apa ada obatnya? trims

  107. 107 cakmoki Agustus 17, 2010 pukul 11:46 pm

    @ ichis:
    Kesemutan, brasa tebal, kadang seperti gak brasa, disebut: parastesia…gak bahaya tapi mengganggu… hal itu karena banyak faktor penyebab.
    Obatnya cukup dengan kombinasi vitamin B1, B6 dan B12, misalnya Neurobion… obat ini dapat digunakan jangka panjang tanpa efek samping.
    Makasih

  108. 108 ichis Agustus 19, 2010 pukul 9:59 pm

    cak moki… maap tanya lg… abis ktika tau saya punya dokter hebat eh… smua nimbrung….
    bapak saya, lutut keduanya ditekuk rasanya kaku dan linu, sesekali kalo jalan ada ringtone nya… di kasih apa? oiya bpk suka bgt olahraga tennis 3x seminggu umurnya 60thn cak…
    tengkyu…

  109. 109 cakmoki Agustus 20, 2010 pukul 2:54 am

    @ ichis:
    wah… beliau hebat… usia segitu masih tenis :)
    Keluhan tersebut kemungkinan osteo-arthritis yang lazim dijumpai pada orang tua, dimana kadang lutut berbunyi kletuk saat digerakkan atau ditekuk..

    Obatnya banyak jenisnya… namun karena nampaknya beliau aktif, sementara saya pilihkan obat untuk meredakan nyeri yang praktis, misalnya: meloxicam 15 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1 kali sehari sesudah makan, di saat nyeri saja.
    Obat tersebut hanya bersifat simptomatis artinya hanya meredakan keluhan saja.. tapi setidaknya bisa meredakan keluhan.

    Pada umumnya para dokter ahli rematologi memberikan pendamping glucosamine, yang berfungsi untuk memperbaiki permukaan tulang rawan pada sendi, tapi sementara gak pake itu juga gak papa.

    Moga beliau sehat selalu

    Tengkyu

  110. 110 aprilianti Agustus 20, 2010 pukul 9:43 am

    cak moki sy ada kompresi ringan d tulang belakang, tapi lupa tulang yg mana, pokoknya agak k bawah. kl kompresi itu bisa kena k syaraf sciatic g? karena kalau kumat, sy terasa sakit dr pinggang smpai jempol. kadang kaki kanan, kadang kiri. korset jarang sy pakai krna kebesaran. apa ukuran korset yg tdk pas jg bisa memicu kumatnya linu2 itu? senam yg bagus untk orang dgn kompresi ky apa cak?

    makasih, suwun sanget..

  111. 111 budhe Agustus 20, 2010 pukul 12:09 pm

    wah jawabannya panjang dan lebar… menyenangkan sekali… makasih banyak cak…:)
    saya kerja di puskesmas kediri.. disini exbell masih ada kok cak.. cuman jarang diresepkan.. saya juga baru tau kalo exbell bs buat vertigo… seringnya dsini dipake utk obat gangguan pencernaan, dikombinasikan dg obat lain jg..
    sekali lagi makasi byk atas jawabannya cak..

  112. 112 cakmoki Agustus 21, 2010 pukul 12:26 am

    @ aprilianti:
    ya benar, kompresi bisa juga kena saraf sciatic.. :)
    ok, korset yang terlalu kencang juga bisa memicu kambuhnya linu-2.
    Yang paling bagus untuk kompresi adalah traksi di Poliklinik Rehabilitasi Medik… kalo senam, hindari senam yang terlalu banyak membungkukkan badan atau terlalu banyak gerakan tulang belakang supaya gak timbul linu-2.
    Untuk itu, pilih senam yang dominan gerakan tangan.
    Maturnuwun

    @ budhe:
    walah, bolo dewe tibak-e ….
    ya, exbell kalo dikombinasi dengan dimenhydrinate bisa untuk vertigo…. trus injeksinya … hmmmm *tolah-toleh* … difenhidramin 1/2 cc dicampur spasmolitik 1/2-1 cc …. im. :D
    Makasih

  113. 113 fauzie Agustus 21, 2010 pukul 4:06 pm

    cak mau numpang tanya …

    istriku umur 26 thn, ibu rumah tangga dan sedang menyusui, skrg ini sedang mengalami nyeri linu di tangan sampai ke punggung, kata dia mungkin karena kebanyakan menggendong anak atau kecapean, klo lg dateng sakitnya rasanya seperti tangan mau putus.
    karena mungkin kecapean aku kasih fatigon dan aku suruh istirahat yg cukup.

    sekitar 1 minggu yg lalu, di punggung istriku ada benjolan besar nya seperti ibu jari, aku tanya sakit apa ngga katanya ngga, ditekan2 juga ga sakit dan sekarang benjolan tersebut sudah hilang dengan sendirinya.

    kira2 yg diderita istriku penyakit apa ya cak ? apakah masuk ke dalam kategori asam urat ? atau kecapean biasa ?
    obat yg tepat untuk diminum apa ya cak ? karena istri sedang menyusui anak.
    lalu apakah benjolan di punggung istri berpengaruh terhadap sakit pegal linu yg diderita selama ini ?

    terima kasih dan ditunggu jawabanya cak …

  114. 114 cakmoki Agustus 22, 2010 pukul 1:19 am

    @ fauzi:
    keluhan tersebut wajar karena sedang repot ngurus bayi .. nyeri otot-2 tubuh di sebut myalgia, gak bahaya ..tapi tentu mengganggu.
    Benjolan yang hilang dengan sendirinya bisa jadi spasme otot yang berhubungan dengan linu di punggung.
    Obat yang aman adalah pereda nyeri ringan golongan natrium diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: voltaren, klotaren, divoltar, dll), diminum 3×1 sesudah makan hingga linunya hilang.
    Obat ini termasuk ketegori B pada kehamilan dan menyusui yang artinya aman).
    Makasih

  115. 115 budhe Agustus 22, 2010 pukul 6:05 pm

    hohoho…. kok pakek toleh toleh to cak… sip deh resepna… matur suwun again… met puasa :)

  116. 116 cakmoki Agustus 23, 2010 pukul 12:07 am

    @ budhe:
    Soale menyangkut teknis … hehehe.
    Maturnuwun…. Met berpuasa juga :D

  117. 117 fauzie Agustus 24, 2010 pukul 1:09 pm

    lega rasanya melihat jawaban dari cak moki …
    terima kasih sebesar2nya cak, kami doakan semoga cak moki makin sukses dunia dan akherat :D amien …

  118. 118 cakmoki Agustus 24, 2010 pukul 7:20 pm

    @ fauzie:
    Terimakasih atas supportnya dan do’anya…semoga demikian pula sebaliknya…amiiin :)

  119. 119 Jabon Agustus 26, 2010 pukul 4:22 pm

    jabon

    semoga bermanfaat artikelnya ya

  120. 120 joanna Agustus 26, 2010 pukul 5:10 pm

    Selamat sore pak dokter..berkunjung lagi :)

    Bapak saya, susah jalan normal, karena di lututnya rasanya nyeri sekali..sudah periksa asam urat..ga ada asam urat..tapi kata dokter sih, karena sudah tua, jadi kurang minyak di tulang2 nya.
    Setelah diberi resep, agak enakan..tapi begitu resep habis..terulang lagi.
    Sebenarnya apa memang orang2 tua sering terkena penyakit seperti itu ya cak ?
    Terus kalau mau beli obat di apotek..obat apa yg bisa menyembuhkan ?
    Makasih sebelumnya :)

  121. 121 cakmoki Agustus 27, 2010 pukul 12:08 am

    @ jabon:
    makasih

    @ joana:
    selamat malam …
    emang linu tidak identik dengan asam urat … bukan gak ada asam uratnya , tapi kadarnya normal ..pada pria kadar normal uric acid adalah 3-7 mg%.
    Dokter mengatakan kurang minyaknya hanya perumpamaan .. bukan berarti di sendi ada minyak pelumas kayak sepeda motor..hehehe.
    Pada orang tua yang sering adalah OA (Osteo Arthritis) dimana sendi, terutama tulang rawan di ujung persendian mengalami perubahan sehingga tidak elastis lagi. Itu sebabnya pada pergerakan suka nyeri.
    Obat-2 pada OA tidak untuk menyembuhkan tapi untuk meredakan keluhan… jenis obatnya banyak banget.. yang lazim digunakan diantaranya: natrium diklofenak 50 mg atau 75 mg (merk dagang misalnya: voltaren).. atau meloxicam 15 mg, diminum 1-2 kali sehari saat nyeri saja. Selain itu bisa juga ditambahkan Glukosamin.
    Namun sekali lagi, obat-2 tersebut adalah untuk meredakan nyeri, bukan menyembuhkan secara tuntas mengingat struktur tulang rawan pada ujung persendian mengalami kekakuan.

    Pada OA, ada juga pengobatan dengan injeksi intra-artiklualr yg disuntikkan di sendi 4 kali setahun (hyaluranic acid, triamcinolone), harganya mahal banget bowww… namun sama saja…suatu saat kembuh lagi nyerinya.
    Makasih

  122. 122 joanna Agustus 27, 2010 pukul 12:25 pm

    Makasih info nya cak..jadi kesimpulannya ga bisa sembuh nih ya ? Aduhh selama ini saya kira ada minyak2 gimana tuh di lutut..hehe..kalau ga bisa sembuh gitu..hrs mengonsumsi obat nyeri terus ya biar ga nyeri lagi ?

  123. 123 cakmoki Agustus 27, 2010 pukul 5:08 pm

    @ joanna:
    Kitapun kelak juga gitu … kelo diberi umur panjang, selalu ada fungsi organ yang berkurang… gak mungkin kayak mesin baru terus lah … hehehe
    Sembuh seterusnya sih gak bisa… namun bisa diredakan nyerinya. Obat hanya diminum saat nyeri saja… kalo gak nyeri gak perlu obat.
    Makasih

  124. 124 imonk September 2, 2010 pukul 3:04 pm

    cakmoki yth.
    Mohon penjelasan mslh penyakit istri saya, dia sering mengeluh sakit kaki, apalagi stlh kerja di dapur yg otomatis banyak berdiri

  125. 125 imonk September 2, 2010 pukul 3:18 pm

    cakmoki yth.
    Mohon penjelasan mslh penyakit istri saya, dia sering mengeluh sakit kaki, apalagi stlh kerja di dapur yg otomatis banyak berdiri,parahnya dari pangkal kaki hingga pergelangan kaki terasa sakit/ngilu dan paling enak dipijat jari jemari kakinya, sekarang muncul benjolan kecil ditulang kaki kanan (antara kelingking jari kaki dengan mata kaki, gejala penyakit apakah gerangan dan bgmna mengatasi rasa sakit ini karena hampir setiap hari. apakah obatnya yg bisa menghilangkan nyeri atau menyembuhkan sekaligus
    makasih Cak sebelumnya

  126. 126 cakmoki September 2, 2010 pukul 4:36 pm

    @ imonk:
    yth, pak imonk…
    Benjolan tersebut mungkin ganglion, mungkin jaringan ikat yang mengalami penebalan, dan berbagai kemungkian lain yang hanya dapat dipastikan dengan pemeriksaan langsung oleh dokter.
    Atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat atau tindakan medis yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  127. 127 fifah Desember 13, 2010 pukul 11:50 pm

    pak, mau tanya,
    ibu saya umur 60 tahun, sering mengeluhkan tulangnya pada sakit, apalagi kalo malam sakit semua, kalo nongkrong juga sakit. obat apa yg bisa mengurangi sakit nya pak??, saya kasihan sekali sama ibu saya, trims…

  128. 128 cakmoki Desember 14, 2010 pukul 12:34 am

    @ fifah:
    Untuk meredakan nyeri sendi, dapat menggunakan Meloxicam 7,5 mg-15 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1×1 sesudah makan saat nyeri saja. Atau Natrium diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: volatren, klotaren, divoltar, dll), diminum 3×1 sesudah makan di saat nyeri saja.
    Makasih

  129. 129 benk Desember 26, 2010 pukul 10:10 am

    salam kenal cak..
    ibu saya (59 tahun) beberapa hari terakhir ini suka mengeluhkan nyeri (linu-linu) di bagian pantat agak bawah sampai ke paha tapi hanya pada kaki sebelah kanan, yang kiri tidak sama sekali. jika diolesi voltaren krasa enak tapi nanti linu lagi..sekarang ini sedang dicoba diborehi jahe merah yang udah dihaluskan dan progressnya agak lumayan
    kira-kira apa yang dialami ibu dan bagaimana solusi medisnya?
    terima kasih..

    benk-kendal-jawa tengah

  130. 130 cakmoki Desember 26, 2010 pukul 5:06 pm

    @ benk:
    salam kenal,
    Keluhan tersebut kemungkinan ischialgia, yakni nyeri di pantat bagian belakang yg menjalar ke paha dan kadang hingga ke kaki.
    Gak bahaya.
    Obatnya udah bener, yakni voltaren gel… dan perlu ditambahkan obat minum, misalnya: Natrium diklofenak (misalnya: Voltaren, Klotaren, Divoltar), diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya berangsur menghilang.
    Makasih

  131. 131 benk Januari 1, 2011 pukul 9:35 am

    terima kasih cak atas respon cak dokter di pertanyaan saya terdahulu..
    sekalian aja kalo gitu..hehe kmaruk ya cak??
    bapak mertua saya umurnya 55tahun sering krasa kaya mau BAB tapi kalo dibawa ke WC ndak keluar, setelah saya bawa ke internist katanya gejala hemoroid,jadi yang dideteksi diujung rektum seperti feses itu adalah tonjolan wasir..tapi bapak takut buat operasi (dan konon operasi bukan solusi paripurna bagi wasir)
    sudah saya pijatkan akupresure masih kerasa dan yang terakhir ini setelah bolak balik search di internet ada yang kasih tahu coba minum jus lidah buaya dan setelah mengkonsumsi jus lidah buaya beberapa kali ada progress yang menggembirakan walopun belum total hilang keluhannya..
    mohon maaf kalo terlalu panjang curhatnya,sbab hanya ini cara saya membalas budi orang tua..mohon petunjuknya cak dokter..
    matur nuwun sanget

  132. 132 cakmoki Januari 1, 2011 pukul 8:34 pm

    @ benk:
    Selengkapnya tentang wasir dan cara perawatannya, silahkan baca artikel di blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/08/04/tips-mengatasi-wasir/

    Pilihan obat dapat dibaca pada diskusi di halaman tersebut :D
    Makasih

  133. 133 aat Januari 3, 2011 pukul 2:28 am

    asalamualaikum cak saya mu tanya saya punya ade…umur 16 tahun
    dia sering sakit di pergelangan kaki..sampai2 ga bisa jalan,sering kambuh lau abis ke capean tau ke dinginan..apa obatnya ..?makasih..

  134. 134 aat Januari 3, 2011 pukul 2:31 am

    asalamualaikum cak saya mu tanya saya punya ade…umur 16 tahun
    dia sering sakit di pergelangan kaki..sampai2 ga bisa jalan,sering kambuh lau abis ke capean tau ke dinginan..apa obatnya ..?makasih..

  135. 135 cakmoki Januari 4, 2011 pukul 12:48 am

    @ aat:
    wa’alaikum salam…
    untuk sementara, dapat menggunakan: natrium diklofenak 50 mg (merk dagang, misalnya: voltaren, klotaren, divoltar dan sejenisnya), diminum 3×1 sesudah makan kalo pas kambuh saja.
    Makasih
    Wassalam

  136. 137 ozie Januari 8, 2011 pukul 6:26 pm

    salam kenal cakmoki..
    saya perempuan usia 22 tahun, akhir2 ini saya sering mengalami nyeri pada punggung sebelah kiri, bahkan sampai ke leher dan pundak. saya sudah pakai balsem otot dan minum neo remasil atau tolak angin, tp tetap belum sembuh.
    telapak kaki juga selalu dingin dan sering buang air kecil.
    kira2 saya kenapa ya cak???
    dan sebaiknya pa yang harus sy lakukan agar tubuh sy sehat kembali.

    makasih
    wassalam

  137. 138 cakmoki Januari 9, 2011 pukul 1:03 am

    @ ozie:
    Salam kenal,
    Keluhan tersebut biasanya Myalgia, yakni nyeri otot karena bebagai faktor…pada umumnya berhubungan dengan aktifitas sehari-hari, posisi duduk yang kurang bagus, dll… gak bahaya, namun kalo mengganggu perlu diobati, misalnya dengan natrium diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: voltaren, klotaren, divoltar, voltadex, dll), diminum 3×1 sesudah makan hingga sembuh.
    Adapun kaki dingin dan sering kencing, mungkin bukan penyakit (dipicu cemas), bisa juga gangguan saluran kencing… untuk memastikannya sebaiknya periksa ke dkter terdekat.

    Agar tubuh sehat, tidak bisa dengan cara instan, namun dibangun dengan cara berkesinambuangan, yakni: makan makanan bergizi seimbang, tidur dalam jumlah cukup, menghindari stress, dan olah raga teratur sesuai kemapuan :D
    Makasih

  138. 139 anis Januari 13, 2011 pukul 1:01 pm

    Assalamualaikum Pakde,

    Pakde, sudah 3-4 hr ini lutut kanan (sepertinya) bengkak, jadi kalau lagi solat, pas sujud jadi terasa sakit krn tertekan.
    Nah, 2 hr ini lutut yg kiri jd ikutan sakit, tp nda seberapa sakitnya dibanding yg kanan. Pergelangan tangan kanan jg tiba2 bengkak (tp nda terlalu besar) trus rasanya sakit kalau ditekan sedikit. Trus diatas siku tangan kanan juga sakit (ngilu) pakde, jd rasanya tangan kanan ini kemeng semua, tapi yg kiri alhamdulillah tdk apa2.

    Pertanda apakah ini Pakde? :(
    Apakah asam urat? saya baru 26th Pakde, saya baca2 kalau asam urat itu menyerang wanita yg sudah menapouse. Apa yg harus saya lakukan Pakde?

    Terimakasih sebelumnya.

  139. 140 cakmoki Januari 13, 2011 pukul 5:56 pm

    @ anis:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    Lho…belum baca tah ? :D .. nyeri sendi atu bengkak pada sendi adalah rematik, janisnya ada 150-200 jenis. Kalo radang sendi atau rematik yang disertai peningkatan kadar asam urat (lebih dari 7 mg%), disebut dengan Gouty Arthritis… hanya sekitar 6 % dari semua jenis Rematik.
    Rematik dapat dialami oleh semua umur, bahkan pada usia balita…. rematik pada usia lanjut atau menopause biasanya jenis Osteo-Arthritis… gitu lho :D
    Kalo hanya Radang sendi disertai bengkak, kemungkinan jenis rematoid artritis …obatnya mudah :D dan banyak pilihannya.
    Nah, berhubung saya ga bisa meriksa langsung, sebaiknya ke dokter terdekat.
    Makasih

  140. 141 anis Januari 14, 2011 pukul 9:44 am

    ooohh, baca dong Pakde tp ga nyantol, hehe.. :D

    baru nyantol setelah dijelasin disini.
    Maturnuwun sanget Pakde :)

  141. 142 cakmoki Januari 14, 2011 pukul 2:31 pm

    @ anis:
    ya ya … saya paham… berarti saya nulisnya masih kurang mendetail… :D
    Maturnuwun

  142. 143 san Januari 14, 2011 pukul 2:44 pm

    Cak, saya mau nanya nih…ini ttg suami saya, ceritanya wkt bln 6 th 2010 dicek kolesterol n glukosa hslnya:
    glukosa puasa 87
    glukosa 2 jam 179 *
    cholest total 165
    cholest HDL 38 *
    triglid 178 *
    ratio chol T/HDL 4.3
    cholest LDL direk 81
    asam urat 6

    hsl lab itu sesudah berobat ke dkt spes.PD dan diberi obat kolest. Wkt dicek lab itu kondisi badan suami saya sehat cuma keluhan di jempol tgnnya sakit kl digerakkan atau lbh kerasa sakit lg kl mengangkat anak saya yg berumur 2 thn. Sampai skrg keluhan itu msh ada & memang kl ga digerakkan sih ga sakit. Sebenarnya sakit di jempol itu krn apa yah soalnya hsl asam urat msh normal. Minggu lalu pernah saya nyuruh minum meloxicam 7,5 gr tp udah 5 harian ga berkurang sakitnya. Minta anjurannya Cak hrs minum obat apa yah?
    Oh ya skrg suami jg minum obat cholest lipantil 100 gr 1×1 soalnya suka kerasa ga enak di tengkuk ama perut buncit (cholest mungkin tinggi?). Obat ini obat keras bukan Cak? Kl ga cek lab dulu minum obat cholest bahaya ga?
    Makasih yah……..

  143. 144 cakmoki Januari 15, 2011 pukul 6:10 am

    @ san:
    hahaha… lagi-lagi…masih banyak orang Indonesia yg termakan iklan :D … seperti tertulis di judul artikel: Linu tidak identik dengan asam urat :P
    Obat pereda nyeri, misalnya: Meloxicam 15 mg (merk dagang misalnya: hexcam, dll), diminum 1×1 sesudah makan hingga nyerinya ilang… atau bisa juga pake natrium diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: voltaren, klotaren, divoltar), diminum 3×1 sesudah makan… kalo ingin yg praktis, pake meloxicam.

    Kerasa ga enak di tengkuk bukan tanda kolesterol tinggi… kholesterol yg tinggi ( lebih 220 mg) ga ada tandanya..yg bilang ada tandanya hanya dicocok-cocokkan saja, namun ga ada dasar ilmunya… gitu lho :D
    Kolesterol suami kan cuma 165 mg%… untuk perut buncit, obatnya hanya atu yang paling ampuh dan menyehatkan, yakni: olah raga yg bersifat aerobik secara teratur hingga bertahun-tahun, hingga usia lanjut…disesuaikan dengan kemampuan.

    oiya, yg dikasih tanda * itu sebenarnya masih dalam batas normal (berdasarkan keilmuan)… entah kalo kalo berdasarkan bisnis :D
    Lagipula, nilai Lab normal yg tertulis di masing-2 Lab Klinik adalah nilai median, bukan nilai absolut…artinya, kalo ada penyimpangan dikit dari nilai normal (berdasarkan masing-2 Lab Klinik dengan berbagai kepentingan), bukan lantas dianggap gak normal.

    Tentang interpretasi hasil Lab rasanya udah bebeberapa kali saya tulis di Blog ini.
    Lab, paling enak untuk cari duit … terutama kalo hasilnya di luar nilai normal… dijamin pasiennya akan nurut dikasih resep demi mengejar nilai normal… tapi ini tidak mendidik.
    Akhirnya, semuanya terpulang kepada masing-2 dokter, apakah memegang teguh sumpahnya untuk mendidik pasien dengan benar sesuai integritas keilmuannya, ataukah memanfaatkan ketidak tahuan pasien untuk mengeruk isi dompetnya :D … hahahaha… pisss
    Pasienpun hendaknya tidak segan bertanya kepada dokternya agar kualitas layanan medis di Indonesia makin membaik.

    Makasih

  144. 145 san Januari 15, 2011 pukul 3:02 pm

    Makasih atas penjelasannya yah Cak..Nanti mau coba makan meloxicam yg 15 gr dech semoga jd mendingan atau bagus kl jd sembuh. Kl max pemakaian meloxicam itu berapa lama?
    Trims yah…

  145. 146 cakmoki Januari 15, 2011 pukul 3:16 pm

    @ san:
    Makainya kalo pas sakit aja… kalo sakitnya berkepanjangan, tahap pertama makai 10 hari.. trus kalo masih sakit, kemungkinan perlu kombinasi dengan obat lain.
    Moga sehat selalu :)
    Makasih

  146. 147 san Januari 17, 2011 pukul 11:58 am

    ok, makasih Cak atas penjelasannya…

  147. 148 anis Januari 17, 2011 pukul 4:30 pm

    Assalamualaikum Pakde,

    Mau tanya lagi, adakah resikonya kalau saya nda minum obat atau saya biarkan saja nyeri2 Rematik sy ini?

    maturnuwun lagi Pakde. :)

  148. 149 cakmoki Januari 17, 2011 pukul 5:45 pm

    @ san:
    Sami-sami

    @ anis:
    Resikonya hanya nyeri aja :D
    Maturnuwun

  149. 150 sella Januari 21, 2011 pukul 2:40 pm

    Halo cakmoki
    Saya sella 20 thn
    Saya mau tanya.. Udah 1 bln terakir ini saya mengalami kejanggalan diaerah payudara sebelah kiri ketiak sampai ke jari tangan, rasanya seperti kesemutan, saya sempat takut kanker payudara tetapi tidak ada benjolan atau gejala-gejala lain lalu saya ke dokter dan awalnya didiagnosa reumatik dan asam urat lalu setelah check up ternyata asam urat dan rematik saya normal dan katanya karena kurang olah raga saja, rasa kesemutannya sempat hilang tapi sekarang muncul lagi. Dulu saya pernah terkena flu tulang sih dan dulu kaki saya yg suka kesemutan kalo cuaca lg dingin, jadi sebenernya saya kenapa ya? :(

  150. 151 cakmoki Januari 23, 2011 pukul 12:38 am

    @ sella:
    kesemutan atau disebut dengan parestesia, dapat terjadi karena peredaran darah kurang lancar, yg dipicu oleh banyak faktor, misalnya: aktifitas dengan posisi yg tetap dalam jangka lama, kurang olah raga, cuaca dingin, dll… gak bahaya….ga papa.
    Makasih

  151. 152 sella Januari 23, 2011 pukul 3:38 am

    Wah begitu ya? Ohh terimakasih loh atas infonya..
    Jadi ga takut lagi sekarang :) hehe
    Makasiiiih :)

  152. 153 cakmoki Januari 24, 2011 pukul 12:43 am

    @ sella:
    sama-sama… makasih juga telah berbagi :)

  153. 154 ria Januari 24, 2011 pukul 8:52 pm

    wewww… sudah lama gak gabung disini :D
    kalo demam tinggi trus badan linu itu kan normal kan?
    kemaren habis eker2an (baca: adu pendapat) sama temen soal badanku yang demam dan ngilu semua kalo digerakin..
    bagiku.. kalo panas trus badan ngilu ya wajar ya to? bagian paket dari badan yang mang gak enak.. Sp.PD yang nanganin aku (gak boleh protes.. aku demam soalnya tipus.. bukan karena keluhan tulang.. jadi gak ke ortho..) juga gak ribut or komen apa- apa kok.. dia cuma nambahin pain killer (yang gak sudi aku minum :P) dalam resep obatku..

    eh.. lah kok sih temen nih ngotot bilang tulangku kenapa-napa..
    hedehhhhh…

  154. 155 cakmoki Januari 25, 2011 pukul 1:43 pm

    @ ria:
    iya, wajar… gak selalu menunjukkan penyakit tertentu kecuali ada tanda khusus atau pada episode tertentu berdasarkan epidemiologi.
    Setiap demam, dengan sebab apapun, hampir selalu disertai: sakit kepala, sakit otot & tulang, kadang menggigil (kalo dememnya tinggi or perubahan suhu badan)
    Cuma, yg namanya salah kaprah itu ga mudah meluruskannya, harus telaten memberikan pemahaman.. perlu waktu bertahun-tahun agar masyarakat menjadi paham walau hanya dalam lingkup se kelurahan :P

  155. 156 Phipyt Februari 15, 2011 pukul 7:58 pm

    Aku tanya donk. Apa sih perbedaan antara pegal linu dengan asam urat??
    Pengertian dari pegal linu sendiri apa??

  156. 157 cakmoki Februari 15, 2011 pukul 11:33 pm

    @ Phipyt:
    Pegal linu adalah keluhan nyeri atau pagal pada otot, sendi dan tulang yg kerap dijadikan istilah oleh khalayak.
    Sedangkan yg dimaksud asam urat adalah salah satu dari penyakit rematik yang disertai tingginya kadar asam urat dalam darajh dan sendi, disebut dengan Gouty Arthritis… silahkan baca penjelasannya pada artikel di atas :)
    makasih

  157. 158 amet Maret 15, 2011 pukul 11:25 am

    saya mu tanya…
    pacar saya umurnya 19th dia suka merasa pegal linu sampe kesemutan pada badan sebelah kiri dari mulai kaki, tangan sampai kepala…gejala atau penyakit apa itu dok?

  158. 159 cakmoki Maret 15, 2011 pukul 4:57 pm

    @ amet:
    itu myalgia (pegal linu otot) dan parestesia (kesemutan)… gak bahaya.. mungkin hanya karena kurang olah raga aja
    kalo dirasa mengganggu sebaiknya berobat ke dokter terdekat.
    makasih

  159. 160 Christine Mei 17, 2011 pukul 1:46 am

    Malam pak,
    Boleh tanya, saya pernah diukur kadar asam urat, tp bukan di lab, asam uratnya diatas 6…kalo gak salah 7 atau 8, selama ini tdk ada keluhan, tetapi td pagi tumit saya sakit sekali, samapai malam ini tdk hilang sakitnya, apakah itu termasuk slh satu tanda nya? jadi saya sakit kalau berjalan, jika untuk sementara saya olesi counterpain apakah boleh? saya tdk pernah minum obat apapun sebelumnya, sarannya gmn ya pak? terimakasih

  160. 161 cakmoki Mei 17, 2011 pukul 6:32 pm

    @ Christine:
    Met sore,
    Jika di atas 7, dapat diobati dengan allopurinol 100 mg , diminum 1×1 hingga kadarnya menjadi normal (di bawah 7 mg %)
    adapun untuk nyerinya, dapat menggunakan obat pereda nyeri sendi yg ringan, misalnya Natrium diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: voltaren, klotaren, voltadex, dll), diminum 3×1 sesudah makan saat neyri datang.. pada umumnya nyeri sendi mucul saat hawa dingin, misalnya malam atau bagun tidur.
    makasih

  161. 162 Deni Mei 24, 2011 pukul 5:22 pm

    Assalamu’alaiku, Dok
    Saya mau tanya Dok.. urat lutut kanan saya sakit sekali ketika saya bergerak khususnya ketika menekuk. Ketika diluruskan kakinya, seperti uratnya NYANGKUT. Saya harus cari pososi kaki supaya uratnya kembali lg. Kenapa itu dan obatnya apa, Dok?

  162. 163 Deni Mei 24, 2011 pukul 6:14 pm

    Assalamu’alaikum, Dok
    Maaf sblmnya..Pertanyaan ini sdh saya tanyakan dng email yg satunya Dok,cuma sy lupa passwordnya. Berikut sy tanyakan lg dgn email yg lain

    Saya mau tanya Dok.. urat lutut kanan saya sakit sekali ketika saya bergerak khususnya ketika menekuk. Ketika diluruskan kakinya, seperti uratnya NYANGKUT. Saya harus cari posisi kaki supaya uratnya kembali lg. Kenapa itu dan obatnya apa, Dok?
    Terima kasih atas perhatiannya

  163. 164 cakmoki Mei 24, 2011 pukul 6:42 pm

    @ Deni:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Untuk mengetahui penyebab dan jenis penyakitnya, mau ga mau periksa ke dokter ortopedi sehingga dapat diberikan obat atau tindakan medis yg tepat sesuai hasil pemeriksaan.
    Maaf, saya tidak merekomendasikan obat tertentu soalnya hanya bersifat sementara.
    Moga segera pulih kembali.
    Makasih
    Wassalam


  1. 1 Hangatnya Mentari « cakmoki Blog Lacak balik pada Juni 5, 2007 pukul 5:39 pm
  2. 2 Nama Penyakit yang Rancu « cakmoki Blog Lacak balik pada November 30, 2007 pukul 1:07 am
  3. 3 Linu TIDAK identik dengan asam urat « Ngobrol Kesehatan Weblog Lacak balik pada Agustus 6, 2008 pukul 2:35 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,958,663 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: